Yeremia 2:30
2:30 Sia-sia Aku telah memukuli anak-anakmu, hajaran
tidaklah mereka terima; pedangmu sendiri telah memakan habis para nabimu
seperti singa muda yang memusnahkan.
Yeremia 26:21-23
26:21 Ketika raja Yoyakim,
bersama-sama dengan segenap perwiranya dan semua pemuka,
mendengar perkataan orang itu, maka rajapun mencari ikhtiar untuk membunuhnya.
Mendengar hal itu maka takutlah Uria, lalu melarikan diri
dan tiba di Mesir.
26:22 Kemudian raja Yoyakim menyuruh orang ke Mesir, yaitu Elnatan
bin Akhbor beserta beberapa orang.
26:23 Mereka mengambil Uria dari Mesir dan membawanya kepada raja Yoyakim. Raja menyuruh membunuh dia
1 dengan pedang
dan melemparkan mayatnya ke kuburan rakyat
biasa.
Yeremia 26:1
Yeremia mau dibunuh, karena menubuatkan kemusnahan Bait Suci Nabi Uria dihukum mati
26:1 Pada permulaan pemerintahan Yoyakim,
anak Yosia raja Yehuda, datanglah firman ini dari TUHAN, bunyinya:
Kisah Para Rasul 19:1-3
Paulus di Efesus
19:1 Ketika Apolos
masih di Korintus,
Paulus sudah menjelajah daerah-daerah pedalaman dan tiba di Efesus.
Di situ didapatinya beberapa orang murid
2 .
19:2 Katanya kepada mereka: "Sudahkah kamu menerima Roh Kudus
3 ,
ketika kamu menjadi percaya?" Akan tetapi mereka menjawab dia: "Belum, bahkan kami belum pernah mendengar
4 , bahwa ada Roh Kudus."
19:3 Lalu kata Paulus kepada mereka: "Kalau begitu dengan baptisan manakah kamu telah dibaptis?" Jawab mereka: "Dengan baptisan Yohanes."
Kisah Para Rasul 19:10
19:10 Hal ini dilakukannya dua tahun lamanya,
sehingga semua penduduk Asia
mendengar firman Tuhan,
baik orang Yahudi maupun orang Yunani.
Kisah Para Rasul 19:14
19:14 Mereka yang melakukan hal itu ialah tujuh orang anak dari seorang imam kepala Yahudi yang bernama Skewa.
Matius 23:34-37
23:34 Sebab itu, lihatlah, Aku mengutus kepadamu nabi-nabi, orang-orang bijaksana dan ahli-ahli Taurat: separuh di antara mereka akan kamu bunuh dan kamu salibkan, yang lain akan kamu sesah di rumah-rumah ibadatmu dan kamu aniaya dari kota ke kota,
23:35 supaya kamu menanggung akibat penumpahan darah orang yang tidak bersalah mulai dari Habel, orang benar itu, sampai kepada Zakharia anak Berekhya, yang kamu bunuh di antara tempat kudus dan mezbah.
23:36 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya semuanya ini akan ditanggung angkatan ini!"
Keluhan terhadap Yerusalem
23:37 "Yerusalem, Yerusalem 5 , engkau yang membunuh nabi-nabi dan melempari dengan batu orang-orang yang diutus kepadamu! Berkali-kali Aku rindu mengumpulkan anak-anakmu, sama seperti induk ayam mengumpulkan anak-anaknya di bawah sayapnya, tetapi kamu tidak mau.
Matius 26:47-50
Yesus ditangkap
26:47 Waktu Yesus masih berbicara datanglah Yudas,
salah seorang dari kedua belas murid itu, dan bersama-sama dia serombongan besar orang yang membawa pedang dan pentung, disuruh oleh imam-imam kepala dan tua-tua bangsa Yahudi.
26:48 Orang yang menyerahkan Dia telah memberitahukan tanda ini kepada mereka: "Orang yang akan kucium, itulah Dia, tangkaplah Dia."
26:49 Dan segera ia maju mendapatkan Yesus dan berkata: "Salam Rabi,
" lalu mencium Dia.
26:50 Tetapi Yesus berkata kepadanya:
"Hai teman, untuk itukah engkau datang?" Maka majulah mereka memegang Yesus dan menangkap-Nya.
Yohanes 7:32
7:32 Orang-orang Farisi mendengar orang banyak membisikkan hal-hal itu mengenai Dia, dan karena itu imam-imam kepala dan orang-orang Farisi menyuruh penjaga-penjaga Bait Allah untuk menangkap-Nya.
Yohanes 8:20
8:20 Kata-kata itu dikatakan Yesus dekat perbendaharaan,
waktu Ia mengajar
di dalam Bait Allah. Dan tidak seorangpun yang menangkap Dia, karena saat-Nya belum tiba.
Yohanes 11:57
11:57 Sementara itu imam-imam kepala dan orang-orang Farisi telah memberikan perintah supaya setiap orang yang tahu di mana Dia berada memberitahukannya, agar mereka dapat menangkap Dia.
1 Full Life: URIA ... MEMBUNUH DIA.
Nas : Yer 26:23
Yeremia dilepaskan dari kematian, sedangkan nabi benar lainnya,
Uria, tidak. Mengapa Allah membiarkan beberapa orang umat-Nya mati syahid
dan yang lain mati biasa tidak dijelaskan dalam Alkitab (bd.
Kis 12:1-17). Tetapi kita mengetahui bahwa Allah mempunyi rencana abadi
dalam apa yang diizinkan-Nya terjadi kepada para pengikut setia-Nya dan
bahwa di dalam segala hal Dia bekerja untuk kebaikan mereka
(lihat cat. --> Rom 8:28).
[atau ref. Rom 8:28]
2 Full Life: EFESUS ... BEBERAPA ORANG MURID.
Nas : Kis 19:1
Apakah dua belas murid di Efesus ini orang Kristen atau murid
Yohanes Pembaptis? Kemungkinan keduanya.
- 1) Beberapa orang mengira bahwa mereka adalah orang Kristen.
- (a) Lukas menyebut mereka "murid", kata yang biasa dipakainya untuk
orang Kristen. Seandainya yang dimaksudkan Lukas bahwa mereka hanya
murid Yohanes Pembaptis, bukan Kristus, maka hal itu pasti akan
dinyatakannya.
- (b) Paulus menyebut mereka sebagai sudah percaya (ayat
Kis 19:2). Kata kerja "percaya" dipakai kira-kira dua puluh kali
di dalam kitab Kisah Para Rasul tanpa menyebut pelengkap penderita.
Dalam setiap kasus yang lain, konteks menunjukkan bahwa yang
dimaksudkan adalah percaya pada Kristus untuk keselamatan
(lihat cat. --> Kis 19:2 selanjutnya).
[atau ref. Kis 19:2]
- 2) Orang yang lain lagi beranggapan bahwa murid-murid di Efesus ini
adalah murid Yohanes Pembaptis yang masih menantikan kedatangan Mesias.
Setelah mendengar tentang Yesus dari Paulus, mereka percaya kepada-Nya
sebagai Kristus yang dijanjikan dan mereka dilahirkan kembali oleh Roh
Kudus (ayat Kis 19:4-5).
- 3) Bagaimanapun kasusnya, jelas bahwa kepenuhan mereka dalam Roh Kudus
terjadi setelah mereka beriman, dibaptis dan ditumpangi tangan (ayat
Kis 19:5-6).
3 Full Life: SUDAHKAH KAMU MENERIMA ROH KUDUS?
Nas : Kis 19:2
Perhatikan fakta-fakta berikut tentang pertanyaan Paulus:
- 1) Pertanyaan Paulus ini menunjukkan dengan tegas bahwa ia menganggap
para murid di Efesus itu orang Kristen yang sungguh lahir baru yang
belum dipenuhi oleh Roh Kudus.
- 2) Pertanyaan Paulus di sini menunjuk kepada baptisan dalam Roh Kudus
untuk kuasa dan pelayanan, sama seperti yang terjadi pada hari
Pentakosta (bd. Kis 1:8; 2:4). Ini tidak bisa menunjuk kepada
kehadiran Roh yang mendiami orang percaya, karena Paulus pasti
mengetahui bahwa semua orang percaya mempunyai Roh Kudus yang tinggal
dalam mereka dari saat mereka beriman, bertobat, dan dilahirkan baru
(Rom 8:9).
- 3) Terjemahan harfiah dari pertanyaan Paulus ini adalah, "Setelah
percaya, sudahkah kamu menerima Roh Kudus?" "Setelah percaya" (Yun.
_pisteusantes_, dari pisteuo) adalah partisip aorist, yang biasa
menunjuk kegiatan yang terjadi sebelum kegiatan dalam kata kerja utama
(dalam hal ini, "menerima"). Dengan demikian, kita dapat
menerjemahkannya, "Sudahkah kamu menerima Roh Kudus setelah kamu
percaya?" Terjemahan ini sangat cocok dengan konteks karena hal itulah
yang terjadi pada para murid di Efesus ini.
- (a) Mereka sudah percaya pada Kristus sebelum Paulus berjumpa dengan
mereka (ayat Kis 19:1-2).
- (b) Mereka kemudian mendengar Paulus dan percaya semua yang
dikatakannya kepada mereka tentang Kristus dan Roh Kudus (ayat
Kis 19:4).
- (c) Paulus menganggap kepercayaan mereka dalam Kristus itu sungguh
dan memadai, karena dia membaptis mereka dalam nama Tuhan Yesus
(ayat Kis 19:5).
- (d) Pada saat itulah, setelah percaya dan menerima baptisan air,
Paulus menumpangkan tangannya atas mereka dan "turunlah Roh Kudus
atas mereka" (ayat Kis 19:6). Jadi, di antara saat mereka
percaya pada Kristus dengan kedatangan Roh Kudus atas mereka
terdapat suatu selang waktu.
Pertanyaan Paulus menunjukkan dengan jelas bahwa dia menganggap adalah
mungkin orang "percaya" pada Kristus tanpa mengalami baptisan dalam Roh
Kudus. Bagian ini sangat menentukan sebagai bukti bahwa orang bisa menjadi
orang Kristen tanpa mengalami kepenuhan Roh
(lihat art. BAPTISAN DALAM ROH KUDUS).
4 Full Life: BAHKAN KAMI BELUM PERNAH MENDENGAR.
Nas : Kis 19:2
Tanggapan para murid di Efesus tidak berarti bahwa mereka belum
pernah mendengar tentang Roh Kudus. Pastilah mereka sudah mengetahui ajaran
PL mengenai Roh, dan pastilah mereka pernah mendengar pesan Yohanes
Pembaptis tentang baptisan Roh Kudus yang akan dibawa oleh Kristus
(Luk 3:16). Mereka belum mendengar bahwa Roh Kudus dicurahkan atas
orang-orang percaya (Kis 1:5,8).
5 Full Life: YERUSALEM, YERUSALEM.
Nas : Mat 23:37
Lihat cat. --> Luk 13:34; dan
lihat cat. --> Luk 19:41.
[atau ref. Luk 13:34; 19:41]