Yesaya 5:22
5:22 Celakalah mereka yang menjadi jago minum
dan juara dalam mencampur minuman
keras;
Yesaya 28:7-8
Terhadap pemimpin-pemimpin Yerusalem
28:7 Tetapi orang-orang di sinipun pening
karena anggur
1 dan pusing
karena arak. Baik imam
maupun nabi
pening karena arak, kacau oleh anggur; mereka pusing oleh arak, pening pada waktu melihat penglihatan,
goyang pada waktu memberi keputusan.
28:8 Sungguh, segala meja penuh dengan muntah,
kotoran, sehingga tidak ada tempat yang bersih lagi.
Amsal 31:4-5
31:4 Tidaklah pantas bagi raja, hai Lemuel, tidaklah pantas bagi raja meminum anggur
2 ,
ataupun bagi para pembesar mengingini minuman keras,
31:5 jangan sampai karena minum
ia melupakan apa yang telah ditetapkan,
dan membengkokkan hak orang-orang yang tertindas.
Hosea 4:11
4:11 Anggur
dan air anggur
3 menghilangkan daya pikir.
Amos 6:3-6
6:3 Hai kamu, yang menganggap jauh hari malapetaka, tetapi mendekatkan pemerintahan kekerasan;
6:4 yang berbaring di tempat tidur dari gading dan duduk berjuntai di ranjang;
yang memakan anak-anak domba dari kumpulan kambing domba dan anak-anak lembu dari tengah-tengah kawanan binatang
yang tambun;
6:5 yang bernyanyi-nyanyi mendengar bunyi gambus,
dan seperti Daud menciptakan bunyi-bunyian
bagi dirinya;
6:6 yang minum anggur
dari bokor, dan berurap dengan minyak yang paling baik, tetapi tidak berduka
4 karena hancurnya keturunan Yusuf!
Matius 24:49-51
24:49 Tuanku tidak datang-datang 5 , lalu ia mulai memukul hamba-hamba lain, dan makan minum bersama-sama pemabuk-pemabuk,
24:50 maka tuan hamba itu akan datang pada hari yang tidak disangkakannya, dan pada saat yang tidak diketahuinya,
24:51 dan akan membunuh dia dan membuat dia senasib dengan orang-orang munafik. Di sanalah akan terdapat ratapan dan kertakan gigi."
Lukas 12:45-46
12:45 Akan tetapi, jikalau hamba itu jahat dan berkata di dalam hatinya: Tuanku tidak datang-datang 6 , lalu ia mulai memukul hamba-hamba laki-laki dan hamba-hamba perempuan, dan makan minum dan mabuk,
12:46 maka tuan hamba itu akan datang pada hari yang tidak disangkakannya, dan pada saat yang tidak diketahuinya, dan akan membunuh dia dan membuat dia senasib dengan orang-orang yang tidak setia.
Lukas 21:34
Nasihat supaya berjaga-jaga
21:34 "Jagalah dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi dan supaya hari Tuhan jangan dengan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu 7 seperti suatu jerat.
Titus 1:7
1:7 Sebab sebagai pengatur
rumah Allah seorang penilik jemaat
8 harus tidak bercacat
9 , tidak angkuh, bukan pemberang, bukan peminum, bukan pemarah, tidak serakah,
1 Full Life: PENING KARENA ANGGUR.
Nas : Yes 28:7
Yesaya melukiskan dosa Israel sebagai perilaku yang memalukan dan
layak dikecam akibat minum minuman yang memabukkan (bd. Am 4:1; 6:1,6).
Baik umat maupun para pemimpin agama telah mengganti kebenaran dan keadilan
demi penyesatan yang besar dan muntah. Pesta pora yang memabukkan
menunjukkan penolakan yang nyata terhadap perintah-perintah Allah
(lihat cat. --> Ams 23:31).
[atau ref. Ams 23:31]
Orang benar harus dipenuhi dengan Roh Kudus dan bukan dengan anggur
memabukkan
(lihat cat. --> Ef 5:18).
[atau ref. Ef 5:18]
2 Full Life: TIDAKLAH PANTAS BAGI RAJA MEMINUM ANGGUR.
Nas : Ams 31:4-5
Allah memiliki standar yang tinggi sekali bagi para raja dan
pemimpin umat-Nya, khususnya mengenai minum anggur yang difermentasi dan
minuman memabukkan.
- 1) Bahasa Ibraninya secara harfiah mengatakan, "Janganlah ada yang
minum." Ayat ini sama sekali tidak memberi peluang untuk minum secara
terbatas
(lihat cat. --> Ams 20:1;
lihat cat. --> Ams 23:29-35;
[atau ref. Ams 20:1; 23:29-35]
lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN LAMA).
- 2) Alasan raja dan pemimpin tidak boleh minum minuman memabukkan ialah
bahwa mereka mungkin akan melupakan apa yang ditetapkan hukum; minuman
semacam itu akan melemahkan moral mereka dan menyebabkan mereka tidak
menaati hukum Allah dan memutarbalikkan keadilan. Ayat ini membuat para
rabi Yahudi menetapkan bahwa seorang hakim yang minum renuth (yaitu,
segelas anggur) "tidak diizinkan duduk dalam sidang pengadilan, atau di
sekolah, atau dalam keadaan yang serupa tidak diizinkan untuk mengajar"
(Koplowitz, Midrush, yayin, hal.30).
- 3) Prinsip yang sama di dalam PL diterapkan pada para imam dan suku
Lewi yang melayani di hadapan Allah untuk umat Israel (Im 10:8-11;
lihat cat. --> Im 10:9).
[atau ref. Im 10:9]
- 4) Semua orang percaya PB dianggap sebagai raja dan imam yang
memerintah kerajaan rohani Allah (1Pet 2:9). Oleh karena itu,
standar Allah bagi raja dan imam mengenai minuman yang memabukkan juga
berlaku kepada kita (lih. Bil 6:1-3;
lihat cat. --> Ef 5:18;
lihat cat. --> 1Tim 3:3).
[atau ref. Ef 5:18; 1Tim 3:3]
3 Full Life: ANGGUR DAN AIR ANGGUR
Nas : Hos 4:11
(versi Inggris NIV -- anggur lama dan baru). Roh persundalan, apakah
terkait dengan anggur yang lama atau yang baru, sedang merusak akal sehat
dan pengenalan akan jalan-jalan Allah. Air anggur baru yang tidak di
fermentasi (yaitu tirosh) itu sendiri adalah berkat
(lihat cat. --> Yes 65:8),
[atau ref. Yes 65:8]
tetapi itu berhenti menjadi berkat apabila dikaitkan dengan aneka kebiasaan
jahat seperti persundalan dan penyembahan berhala (ayat Hos 4:12;
lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN LAMA).
4 Full Life: TIDAK BERDUKA.
Nas : Am 6:6
Daripada hidup berbahagia dengan kemewahan materiel, bangsa Israel
seharusnya meratapi dosa-dosa bangsa itu dan malapetaka yang akan segera
datang. Mereka yang merasa sedih karena dosa-dosa umat itu akan lolos dari
hukuman Allah (lih. Yeh 9:4) dan malahan mengalami berkat-Nya
(Mat 5:4).
5 Full Life: TUANKU TIDAK DATANG-DATANG.
Nas : Mat 24:49
Mengenai mereka dalam gereja yang tidak setia kepada Tuhan,
kedatangan Kristus yang tidak terduga tidak dapat menjadi pendorong untuk
bersiap-siaga sekarang jikalau mereka beranggapan bahwa tidak mungkin
Kristus akan datang sekarang ini.
- 1) Setiap orang yang mengaku percaya, tetapi tetap hidup dalam dosa
karena yakin bahwa Kristus akan menunda kedatangan-Nya beberapa tahun
lagi, dapat dibandingkan dengan hamba yang jahat. Orang seperti itu
tidak akan merasa terancam bahwa kedatangan Tuhan kembali akan menimpa
dia dengan tiba-tiba
(lihat cat. --> Mat 24:44 dan
lihat cat. --> Luk 12:45).
[atau ref. Mat 24:44; Luk 12:45]
- 2) Menarik perhatian bahwa Yesus mengaitkan ketidaksetiaan dan
kemunafikan dengan kepercayaan dan keinginan bahwa Ia akan menunda
kedatangan-Nya.
6 Full Life: TUANKU TIDAK DATANG-DATANG.
Nas : Luk 12:45
Menyangkal bahwa Kristus dapat datang setiap saat untuk menghakimi
murid yang lalai dan acuh tak acuh menghilangkan kekuatan dari nasihat
Kristus untuk bertekun dalam iman mengingat kedatangan-Nya yang tak
disangka-sangka itu (ayat Luk 12:35,37-38,40). Justru karena tidak ada
kesempatan lagi untuk bertobat ketika Ia kembali, maka kedatangan-Nya
begitu berbahaya bagi orang percaya yang murtad. Dengan kata lain,
kedatangan Kristus itu seperti kematian; peristiwa itu sangat menentukan
dan dapat terjadi kapan saja
(lihat cat. --> Mat 24:42;
lihat cat. --> Mat 24:44;
lihat cat. --> Mr 13:35;
lihat cat. --> 2Tes 2:11).
[atau ref. Mat 24:42,44; Mr 13:35; 2Tes 2:11]
7 Full Life: HARI TUHAN JANGAN DENGAN TIBA-TIBA JATUH KE ATAS DIRIMU.
Nas : Luk 21:34
Yesus menyimpulkan berita nubuat-Nya dengan memperingatkan para
pengikut-Nya agar jangan begitu asyik dengan kesenangan dan kekuatiran
dunia sehingga mereka gagal untuk bersiaga bagi kedatangan-Nya.
- 1) Kata-kata ini dimaksudkan bagi seluruh umat Allah dari segala zaman,
bukan hanya bagi mereka yang hidup pada hari-hari akhir dari zaman
kesengsaraan itu. Tuntutan untuk kesetiaan rohani sangat penting
mengingat pengajaran Yesus bahwa Ia akan kembali bagi orang percaya yang
setia pada saat yang tak disangka-sangka. Karena waktu kedatangan-Nya
bagi gereja tidak dapat ditentukan, maka orang percaya harus selalu siap
(lihat cat. --> Mat 24:40;
lihat cat. --> Mat 24:42;
lihat cat. --> Yoh 14:3).
[atau ref. Mat 24:40,42; Yoh 14:3]
- 2) Pengangkatan orang setia oleh Kristus (1Tes 4:16-17)
"menyelamatkan kita dari murka yang akan datang" (1Tes 1:10), supaya
kita "beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi" di bumi
(ayat Luk 21:35-36; bd. ayat Luk 21:25-26;
lihat cat. --> Luk 21:36 berikut;
lihat cat. --> Wahy 3:10).
[atau ref. Luk 21:36; Wahy 3:10]
8 Full Life: SEORANG PENILIK JEMAAT.
Nas : Tit 1:7
Istilah "penatua" (Yun. _presbuteros_, ayat Tit 1:5) dan
"penilik" (Yun. _episkopos_, ayat Tit 1:7) merupakan istilah yang dapat
dipertukartempatkan karena menunjuk kepada jabatan yang sama di dalam
gereja. Istilah pertama menekankan kedewasaan rohani dan martabat yang
diperlukan untuk jabatan itu, sedangkan yang kedua menekankan tugas
mengawasi gereja sebagai seorang pelayan rumah Allah.
9 Full Life: HARUS TIDAK BERCACAT.
Nas : Tit 1:7
Allah menuntut standar moral yang tinggi untuk penilik gereja.
Apabila pemimpinnya saja dapat dicela, maka dengan sendirinya gereja akan
menyimpang dari kebenaran karena tidak ada teladan saleh untuk diikuti.
Untuk keterangan selanjutnya
lihat art. SYARAT-SYARAT MORAL BAGI PENILIK JEMAAT.