Yesaya 32:1
Raja yang adil
32:1 Sesungguhnya, seorang raja
akan memerintah menurut kebenaran
1 , dan pemimpin-pemimpin akan memimpin menurut keadilan,
Yesaya 43:1
Allah adalah satu-satunya penebus
43:1 Tetapi sekarang
2 , beginilah firman TUHAN
3 yang menciptakan
engkau, hai Yakub, yang membentuk
engkau, hai Israel:
"Janganlah takut, sebab Aku telah menebus
engkau, Aku telah memanggil engkau dengan namamu,
engkau ini kepunyaan-Ku.
Yesaya 45:13
45:13 Akulah yang menggerakkan Koresh
untuk maksud penyelamatan, dan Aku akan meratakan
segala jalannya; dialah yang akan membangun kota-Ku
dan yang akan melepaskan orang-orang-Ku yang ada dalam pembuangan, tanpa bayaran dan tanpa suap,
" firman TUHAN semesta alam.
Yesaya 49:1-3
Hamba TUHAN sebagai terang di tengah-tengah segala bangsa
49:1 Dengarkanlah
aku
4 , hai pulau-pulau,
perhatikanlah, hai bangsa-bangsa yang jauh! TUHAN telah memanggil
aku
5 sejak dari kandungan
telah menyebut namaku
sejak dari perut ibuku.
49:2 Ia telah membuat mulutku
sebagai pedang
yang tajam dan membuat aku berlindung dalam naungan tangan-Nya.
Ia telah membuat aku menjadi anak panah
6 yang runcing dan menyembunyikan aku dalam tabung panah-Nya.
49:3 Ia berfirman kepadaku: "Engkau adalah hamba-Ku,
Israel
7 , dan olehmu Aku akan menyatakan keagungan-Ku.
"
Mazmur 45:6-7
45:6 (45-7) Takhtamu kepunyaan Allah, tetap untuk seterusnya dan selamanya
8 ,
dan tongkat kerajaanmu adalah tongkat kebenaran.
45:7 (45-8) Engkau mencintai keadilan
dan membenci kefasikan;
sebab itu Allah, Allahmu, telah mengurapi
engkau dengan minyak sebagai tanda kesukaan,
melebihi teman-teman sekutumu.
Yeremia 23:5-6
23:5 Sesungguhnya, waktunya akan datang, demikianlah firman TUHAN, bahwa Aku akan menumbuhkan Tunas
adil
9 bagi Daud. Ia akan memerintah
sebagai raja
yang bijaksana dan akan melakukan keadilan dan kebenaran
di negeri.
23:6 Dalam zamannya Yehuda akan dibebaskan, dan Israel akan hidup dengan tenteram;
dan inilah namanya
yang diberikan orang kepadanya: TUHAN--keadilan kita.
Yeremia 33:15-16
33:15 Pada waktu itu dan pada masa itu Aku akan menumbuhkan Tunas
keadilan
10 bagi Daud.
Ia akan melaksanakan keadilan dan kebenaran di negeri.
33:16 Pada waktu itu Yehuda akan dibebaskan,
dan Yerusalem akan hidup dengan tenteram.
Dan dengan nama inilah mereka akan dipanggil:
TUHAN keadilan
kita!
Roma 3:25-26
3:25 Kristus Yesus telah ditentukan Allah menjadi jalan pendamaian
karena iman, dalam darah-Nya
11 .
Hal ini dibuat-Nya untuk menunjukkan keadilan-Nya, karena Ia telah membiarkan
dosa-dosa yang telah terjadi dahulu pada masa kesabaran-Nya.
3:26 Maksud-Nya ialah untuk menunjukkan keadilan-Nya pada masa ini, supaya nyata, bahwa Ia benar dan juga membenarkan orang yang percaya kepada Yesus.
Ibrani 1:8-9
1:8 Tetapi tentang Anak Ia berkata: "Takhta-Mu, ya Allah
12 , tetap untuk seterusnya dan selamanya,
dan tongkat kerajaan-Mu adalah tongkat kebenaran.
1:9 Engkau mencintai keadilan dan membenci kefasikan
13 ; sebab itu Allah, Allah-Mu telah mengurapi Engkau dengan minyak
sebagai tanda kesukaan,
melebihi teman-teman sekutu-Mu.
"
Ibrani 7:2
7:2 Kepadanyapun Abraham memberikan sepersepuluh dari semuanya. Menurut arti namanya Melkisedek adalah pertama-tama raja kebenaran, dan juga raja Salem, yaitu raja damai sejahtera.
Ibrani 7:26
7:26 Sebab Imam Besar
yang demikianlah yang kita perlukan: yaitu yang saleh, tanpa salah, tanpa noda, yang terpisah dari orang-orang berdosa
dan lebih tinggi dari pada tingkat-tingkat sorga,
1 Full Life: SEORANG RAJA AKAN MEMERINTAH MENURUT KEBENARAN.
Nas : Yes 32:1-8
Nubuat ini meramalkan pemerintahan Kristus di seluruh dunia (bd.
Yes 9:7; 11:4; 16:5), yang ditandai kebenaran dan orang-orang yang
hidup selaras dengan firman Allah.
2 Full Life: TETAPI SEKARANG.
Nas : Yes 43:1-28
Pasal ini membahas kelepasan Israel dari pembuangan di Babel karena
kasih Allah akan umat-Nya.
3 Full Life: BEGINILAH FIRMAN TUHAN.
Nas : Yes 43:1-7
Di bagian ini, Allah mengungkapkan kasih-Nya untuk Israel dan
keuntungan-keuntungannya. Semua berkat yang terdaftar di sini lebih banyak
berhubungan dengan orang yang menjadi anak Allah melalui iman kepada Yesus
Kristus. Allah telah menciptakan dan menebus kita; kita adalah milik-Nya,
dan Ia mengenal nama masing-masing kita (ayat Yes 43:1). Apabila kita
mengalami kesulitan dan kesengsaraan, kita tidak akan hancur karena Dia ada
bersama dengan kita (ayat Yes 43:2,5). Kita ini berharga dan mulia di
pandangan-Nya, sasaran kasih-Nya yang besar (ayat Yes 43:4).
4 Full Life: DENGARKANLAH AKU.
Nas : Yes 49:1-57:21
Pasal-pasal ini berisi banyak nubuat tentang "Hamba Tuhan" yang
akhirnya adalah Yesus Kristus. Pelayanan-Nya membawa pendamaian bagi dosa,
keselamatan bagi semua bangsa, pemulihan Israel, dan hukuman atas orang
fasik.
5 Full Life: TUHAN TELAH MEMANGGIL AKU.
Nas : Yes 49:1
Panggilan Yesus sebagai Mesias dilukiskan sebagai disampaikan
sebelum Ia dilahirkan dari perawan Maria (lih. Luk 1:31-33).
6 Full Life: PEDANG ... ANAK PANAH.
Nas : Yes 49:2
Kata-kata Mesias yang akan datang akan seperti sebilah pedang tajam
yang menusuk hati nurani semua orang yang mendengarkannya (bd.
Wahy 1:16; Wahy 2:12,16). Anak panah itu mungkin melambangkan hukuman
Allah atas mereka yang tidak menerima firman-Nya.
7 Full Life: HAMBA-KU, ISRAEL.
Nas : Yes 49:3
Sebutan ini tidak mungkin terbatas hanya bagi bangsa Israel, karena
tugas hamba itu ialah mengembalikan Yakub (yaitu Israel) kepada Allah (ayat
Yes 49:5). Yesus, Anak Allah yang menjadi Hamba, mewujudkan Israel
sejati, dan Dialah yang menggenapi segala sesuatu yang dituntut Allah dari
bangsa Israel.
8 Full Life: TAKHTAMU ... ALLAH, TETAP UNTUK SETERUSNYA DAN SELAMANYA
Nas : Mazm 45:7-8
(versi Inggris NIV -- Takhta-Mu, ya Allah, tetap ... selamanya).
Kedua ayat ini akhirnya digenapi dalam Yesus Kristus. Penulis surat Ibrani
menerapkan ayat-ayat ini pada pemuliaan, keunggulan, kekuasaan, dan sifat
Kristus (Ibr 1:8).
- 1) Kekuasaan Kristus akan "sampai selama-lamanya" (Wahy 1:6). Raja
Mesias disebut "Allah" dalam ayat Mazm 45:7 berbeda dengan "Allahmu"
dalam ayat Mazm 45:8 (yaitu, Bapa). Perbedaan ini sesuai dengan
ajaran PB bahwa baik Kristus maupun Bapa adalah Allah sepenuhnya.
- 2) Di dalam Mazmur ini, sifat Kristus yang paling penting dilukiskan
dengan istilah kasih dan kebencian.
- (a) Ia mengasihi kebenaran, karena itu menandakan kerajaan-Nya.
Karena sukacita-Nya ditemukan di dalam melakukan kehendak Bapa
(Ibr 10:7), Ia sangat mengasihi kebenaran di dalam segenap
perwujudannya (bd. Ef 5:26; Ibr 13:12).
- (b) Sebagaimana Ia sangat mengasihi kebenaran, begitu pula Ia sangat
membenci kejahatan. Hal ini dijelaskan-Nya dengan mati disalib untuk
menghancurkan kejahatan dan menyelamatkan umat-Nya dari dosa-dosa
mereka (Mat 1:21). Ketika berada di bumi, Ia menghadapi
bermacam-macam dosa: suatu angkatan yang jahat (Mat 12:39),
benteng pertahanan ketidakbenaran Iblis (Mr 1:34-39), dan
kemunafikan di antara umat Allah (pasal Mat 23:1-39). Pada akhir
zaman Ia akan kembali untuk menegakkan kebenaran di atas bumi (pasal
Wahy 19:1-22:21).
- 3) Karena Yesus Kristus mengasihi kebenaran dan membenci kejahatan,
Allah mengangkat Dia di atas semua orang lain dengan mengurapi-Nya.
Pengurapan ini mengacu kepada kemuliaan, kebahagiaan, dan kekuasaan yang
diberikan Allah kepada-Nya. "Minyak kesukaan" (terj. versi Inggris NIV)
mengacu langsung kepada pengurapan-Nya dengan Roh Kudus (lih.
Mat 3:16-17; Gal 5:22-23;
lihat cat. --> Ibr 1:9).
[atau ref. Ibr 1:9]
- 4) Demikian pula, pencurahan Roh Kudus secara berkelimpahan atas umat
Allah hanya akan terjadi apabila mereka ikut merasakan kasih Kristus
yang sepenuh hati akan kebenaran. Lagi pula, hak untuk melayani sebagai
pemimpin rohani umat Allah akan dilandaskan pada kasih seperti Kristus
akan kebenaran dan penolakan gigih terhadap kejahatan (1Tim 3:1-7).
9 Full Life: TUNAS ADIL.
Nas : Yer 23:5-6
Tunas (yaitu keturunan raja) Daud dipotong ketika Allah membinasakan
kerajaan Daud pada tahun 586 SM.
- 1) Tetapi, Allah berjanji untuk membangkitkan seorang raja dari
keturunan Daud yang akan menjadi Tunas adil; raja ini akhirnya dan
sepenuhnya akan melakukan apa yang benar dan adil (bd. Za 3:8).
Nubuat ini menunjuk kepada Mesias, Yesus Kristus.
- 2) Pelaksanaan hukuman sepenuhnya akan terjadi setelah kedatangan-Nya
yang kedua dan sebelum pemerintahan-Nya seribu tahun di dunia.
- 3) Ia akan disebut "Tuhan keadilan kita" (ayat Yer 23:6). Kaum sisa
yang percaya akan "berada dalam Dia bukan dengan kebenaran (mereka)
sendiri karena menaati hukum Taurat, melainkan dengan kebenaran karena
kepercayaan kepada Kristus, yaitu kebenaran yang Allah anugerahkan
berdasarkan kepercayaan" (Fili 3:9).
10 Full Life: TUNAS KEADILAN.
Nas : Yer 33:15
"Tunas" ini mengacu kepada Yesus Kristus yang akan datang dari garis
keturunan Daud
(lihat cat. --> Yer 33:17 berikut).
[atau ref. Yer 33:17]
Penggenapan pertama nubuat ini terjadi ketika Ia datang pertama kali.
Melalui kematian dan kebangkitan-Nya, Ia menjadi Raja atas seluruh umat
Allah di bumi. Penggenapan terakhir akan terjadi ketika Ia kembali untuk
kedua kalinya untuk "melaksanakan keadilan dan kebenaran" di seluruh bumi
(bd. pasal Wahy 19:1-21;
lihat cat. --> Yer 23:5-6).
[atau ref. Yer 23:5-6]
11 Full Life: DARAH-NYA.
Nas : Rom 3:25
PB menekankan beberapa kebenaran mengenai kematian Kristus.
- 1) Kematian itu suatu pengorbanan, yaitu korban darah-Nya (bd.
1Kor 5:7; Ef 5:2)
- 2) Kematian itu adalah untuk orang lain, yaitu Dia tidak mati bagi diri
sendiri, tetapi untuk orang lain (Rom 5:8; 8:32; Mr 10:45; Ef 5:2).
- 3) Kematian itu bersifat penggantian, yaitu Kristus mengalami kematian
sebagai hukuman atas dosa kita, sebagai pengganti kita (Rom 6:23;
lihat art. HARI PENDAMAIAN).
- 4) Kematian itu adalah mendamaikan, yaitu kematian Kristus demi orang
berdosa memuaskan sifat Allah yang benar dan keadaan moral-Nya, sehingga
dengan demikian mengalihkan murka Allah dari orang berdosa yang
bertobat. Integritas Allah menuntut bahwa dosa dihukum dan korban
pendamaian dibuat untuk kita. Melalui korban pendamaian oleh darah
Kristus, kekudusan Allah tetap tidak berkompromi dan Dia sanggup
menyatakan kasih karunia dan kasih-Nya dalam keselamatan dengan adil.
Harus ditekankan bahwa Allah sendirilah yang telah menetapkan Kristus
sebagai korban pendamaian. Allah tidak perlu diajak untuk menunjukkan
kasih dan belas kasihan-Nya, sebab "Allah mendamaikan dunia dengan
diri-Nya oleh Kristus" (2Kor 5:19; bd. Yoh 3:16; Rom 5:8; 8:3,32;
1Kor 8:6; Ef 4:4-6).
- 5) Kematian itu adalah penebusan, yaitu suatu korban untuk menebus atau
membayar kerugian karena dosa. Dalam pengertian ini, kematian Kristus
sebagai korban adalah dalam rangka meniadakan kesalahan akibat dosa.
Melalui kematian Kristus kesalahan dan kuasa dosa yang memisahkan Allah
dengan orang percaya ditiadakan.
- 6) Kematian Kristus itu mujarab, artinya kematian-Nya sebagai korban
pendamaian mengandung khasiat untuk menghasilkan efek penebusan penuh
yang diinginkan, bila kita menerimanya dengan iman.
- 7) Kematian itu adalah kemenangan, yaitu di salib Kristus berjuang dan
menang atas kuasa dosa, Iblis, dan segala kekuatan jahat yang
membelenggu manusia. Kematian Kristus adalah kemenangan awal Allah atas
musuh-musuh rohani Allah dan manusia (Rom 8:3; Yoh 12:31-32;
Kol 2:15). Jadi, kematian Kristus bersifat menebus. Dengan membayar
tebusan dengan hidup-Nya sendiri (1Pet 1:18-19), Dia membebaskan
kita dari musuh yang memperbudak umat manusia, yaitu dosa (Rom 6:6),
kematian (2Tim 1:10; 1Kor 15:54-57) dan Iblis (Kis 10:38),
sehingga membebaskan kita untuk melayani Allah (Rom 6:18;
lihat art. KATA-KATA ALKITABIAH UNTUK KESELAMATAN).
Semua hasil di atas dari kematian Kristus sebagai korban membuka peluang
keselamatan bagi semua orang, tetapi hanya benar-benar dialami oleh mereka
yang oleh iman menerima Yesus Kristus dan kematian-Nya bagi mereka.
12 Full Life: TENTANG ANAK ... YA ALLAH.
Nas : Ibr 1:8
Penulis sedang menunjuk kepada ke-Allahan Kristus
(lihat cat. --> Yoh 1:1).
[atau ref. Yoh 1:1]
13 Full Life: MENCINTAI KEADILAN DAN MEMBENCI KEFASIKAN.
Nas : Ibr 1:9
Tidaklah cukup bagi anak-anak Tuhan untuk mengasihi keadilan saja;
mereka juga harus membenci kejahatan. Kita melihat hal ini dengan jelas
dalam pengabdian Kristus terhadap keadilan (Yes 11:5) dan kebencian-Nya
terhadap kejahatan dalam kehidupan, pelayanan, dan kematian-Nya
(lihat cat. --> Yoh 3:19;
lihat cat. --> Yoh 11:33).
[atau ref. Yoh 3:19; Yoh 11:33]
- 1) Kesetiaan Kristus kepada Bapa selama Ia berada di bumi, sebagaimana
ditunjukkan oleh kasih-Nya terhadap keadilan dan kebencian-Nya terhadap
kejahatan, merupakan alasan bagi Allah untuk mengurapi Anak-Nya.
Demikian pula, kita akan diurapi apabila kita menyetujui sikap Pemimpin
kita terhadap keadilan dan kejahatan (Mazm 45:8).
- 2) Kasih kita terhadap keadilan dan kebencian terhadap kejahatan akan
meningkat melalui dua cara:
- (a) melalui pertumbuhan dalam kasih dan belas kasihan yang amat
sangat terhadap mereka yang hidupnya dihancurkan oleh dosa, dan
- (b) dengan mengalami kemanunggalan yang makin erat dengan Allah dan
Juruselamat kita yang "mencintai keadilan dan membenci kefasikan"
(lih. Mazm 94:16; 97:10; Ams 8:13; Am 5:15; Rom 12:9; 1Yoh 2:15;
Wahy 2:6).