Galatia 1:1--3:29
Salam
1:1 Dari Paulus, seorang rasul,
bukan karena manusia, juga bukan oleh seorang manusia,
melainkan oleh Yesus Kristus
dan Allah, Bapa,
yang telah membangkitkan Dia dari antara orang mati,
1:2 dan dari semua saudara yang ada bersama-sama dengan aku,
kepada jemaat-jemaat di Galatia:
1:3 kasih karunia menyertai kamu dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita, dan dari Tuhan Yesus Kristus,
1:4 yang telah menyerahkan diri-Nya karena dosa-dosa
kita, untuk melepaskan kita dari dunia jahat
yang sekarang ini
1 , menurut kehendak Allah dan Bapa
kita.
1:5 Bagi-Nyalah kemuliaan selama-lamanya! Amin.
Hanya satu Injil
1:6 Aku heran, bahwa kamu begitu lekas berbalik dari pada Dia, yang oleh kasih karunia Kristus telah memanggil
kamu, dan mengikuti suatu injil lain
2 ,
1:7 yang sebenarnya bukan Injil. Hanya ada orang yang mengacaukan
kamu dan yang bermaksud untuk memutarbalikkan
Injil Kristus.
1:8 Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari sorga yang memberitakan kepada kamu suatu injil yang berbeda dengan Injil yang telah kami beritakan kepadamu,
terkutuklah
dia.
1:9 Seperti yang telah kami katakan dahulu, sekarang kukatakan sekali lagi: jikalau ada orang yang memberitakan kepadamu suatu injil, yang berbeda dengan apa yang telah kamu terima,
terkutuklah dia
3 .
1:10 Jadi bagaimana sekarang: adakah kucari kesukaan manusia atau kesukaan Allah? Adakah kucoba berkenan kepada manusia
4 ?
Sekiranya aku masih mau mencoba berkenan kepada manusia, maka aku bukanlah hamba Kristus.
Bagaimana Paulus menjadi rasul
1:11 Sebab aku menegaskan kepadamu, saudara-saudaraku,
bahwa Injil yang kuberitakan
itu bukanlah injil manusia.
1:12 Karena aku bukan menerimanya dari manusia,
dan bukan manusia yang mengajarkannya kepadaku, tetapi aku menerimanya oleh penyataan
Yesus Kristus.
1:13 Sebab kamu telah mendengar tentang hidupku dahulu dalam agama Yahudi:
tanpa batas aku menganiaya jemaat Allah
dan berusaha membinasakannya.
1:14 Dan di dalam agama Yahudi aku jauh lebih maju dari banyak teman yang sebaya dengan aku di antara bangsaku, sebagai orang yang sangat rajin
memelihara adat istiadat nenek moyangku.
1:15 Tetapi waktu Ia, yang telah memilih aku
5 sejak kandungan
ibuku dan memanggil aku
oleh kasih karunia-Nya,
1:16 berkenan menyatakan Anak-Nya di dalam aku, supaya aku memberitakan Dia di antara bangsa-bangsa bukan Yahudi,
maka sesaatpun aku tidak minta pertimbangan kepada manusia;
1:17 juga aku tidak pergi ke Yerusalem mendapatkan mereka yang telah menjadi rasul sebelum aku, tetapi aku berangkat ke tanah Arab dan dari situ kembali lagi ke Damsyik.
1:18 Lalu, tiga tahun
kemudian, aku pergi ke Yerusalem
untuk mengunjungi Kefas, dan aku menumpang lima belas hari di rumahnya.
1:19 Tetapi aku tidak melihat seorangpun dari rasul-rasul yang lain, kecuali Yakobus,
saudara Tuhan Yesus.
1:20 Di hadapan Allah
kutegaskan: apa yang kutuliskan kepadamu ini benar, aku tidak berdusta.
1:21 Kemudian aku pergi ke daerah-daerah Siria
dan Kilikia.
1:22 Tetapi rupaku tetap tidak dikenal oleh jemaat-jemaat Kristus
di Yudea.
1:23 Mereka hanya mendengar, bahwa ia yang dahulu menganiaya mereka, sekarang memberitakan iman,
yang pernah hendak dibinasakannya.
1:24 Dan mereka memuliakan Allah
karena aku.
Paulus diakui oleh para rasul
2:1 Kemudian setelah lewat empat belas tahun, aku pergi pula ke Yerusalem
dengan Barnabas
dan Tituspun
kubawa juga.
2:2 Aku pergi berdasarkan suatu penyataan.
Dan kepada mereka kubentangkan Injil yang kuberitakan di antara bangsa-bangsa bukan Yahudi
--dalam percakapan tersendiri kepada mereka yang terpandang--,supaya jangan dengan percuma aku berusaha
atau telah berusaha.
2:3 Tetapi kendatipun Titus,
yang bersama-sama dengan aku, adalah seorang Yunani,
namun ia tidak dipaksa untuk menyunatkan dirinya.
2:4 Memang ada desakan dari saudara-saudara palsu
yang menyusup masuk, yaitu mereka yang menyelundup
ke dalam untuk menghadang kebebasan
kita yang kita miliki di dalam Kristus Yesus, supaya dengan jalan itu mereka dapat memperhambakan kita.
2:5 Tetapi sesaatpun kami tidak mau mundur dan tunduk kepada mereka
6 , agar kebenaran Injil
dapat tinggal tetap pada kamu.
2:6 Dan mengenai mereka yang dianggap terpandang
itu--bagaimana kedudukan mereka dahulu, itu tidak penting bagiku, sebab Allah tidak memandang muka
7 --bagaimanapun juga, mereka yang terpandang itu tidak memaksakan sesuatu
yang lain kepadaku.
2:7 Tetapi sebaliknya, setelah mereka melihat bahwa kepadaku telah dipercayakan
pemberitaan Injil untuk orang-orang tak bersunat,
sama seperti kepada Petrus
untuk orang-orang bersunat
2:8 --karena Ia yang telah memberikan kekuatan kepada Petrus untuk menjadi rasul
bagi orang-orang bersunat, Ia juga yang telah memberikan kekuatan kepadaku
untuk orang-orang yang tidak bersunat.
2:9 Dan setelah melihat kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku,
maka Yakobus,
Kefas
dan Yohanes, yang dipandang sebagai sokoguru
jemaat, berjabat tangan dengan aku dan dengan Barnabas
sebagai tanda persekutuan, supaya kami pergi kepada orang-orang yang tidak bersunat
dan mereka kepada orang-orang yang bersunat;
2:10 hanya kami harus tetap mengingat orang-orang miskin
8 dan memang itulah yang sungguh-sungguh kuusahakan melakukannya.
Paulus bertentangan dengan Petrus
2:11 Tetapi waktu Kefas
datang ke Antiokhia,
aku berterang-terang menentangnya
9 , sebab ia salah.
2:12 Karena sebelum beberapa orang dari kalangan Yakobus
datang, ia makan sehidangan dengan saudara-saudara yang tidak bersunat,
tetapi setelah mereka datang, ia mengundurkan diri dan menjauhi mereka karena takut akan saudara-saudara yang bersunat
10 .
2:13 Dan orang-orang Yahudi yang lainpun turut berlaku munafik dengan dia, sehingga Barnabas
sendiri turut terseret oleh kemunafikan mereka.
2:14 Tetapi waktu kulihat, bahwa kelakuan mereka itu tidak sesuai dengan kebenaran Injil,
aku berkata kepada Kefas
di hadapan mereka semua: "Jika engkau, seorang Yahudi, hidup secara kafir dan bukan secara Yahudi,
bagaimanakah engkau dapat memaksa saudara-saudara yang tidak bersunat untuk hidup secara Yahudi?
"
Yang terutama, juga untuk orang Kristen keturunan Yahudi
2:15 Menurut kelahiran
kami adalah orang Yahudi dan bukan orang berdosa
dari bangsa-bangsa lain.
2:16 Kamu tahu, bahwa tidak seorangpun yang dibenarkan oleh karena melakukan hukum Taurat,
tetapi hanya oleh karena iman dalam Kristus Yesus.
Sebab itu kamipun telah percaya kepada Kristus Yesus, supaya kami dibenarkan oleh karena iman
11 dalam Kristus dan bukan oleh karena melakukan hukum Taurat. Sebab: "tidak ada seorangpun yang dibenarkan
" oleh karena melakukan hukum Taurat.
2:17 Tetapi jika kami sendiri, sementara kami berusaha untuk dibenarkan dalam Kristus ternyata adalah orang-orang berdosa,
apakah hal itu berarti, bahwa Kristus adalah pelayan dosa? Sekali-kali tidak.
2:18 Karena, jikalau aku membangun kembali apa yang telah kurombak, aku menyatakan diriku sebagai pelanggar hukum Taurat.
2:19 Sebab aku telah mati oleh hukum Taurat untuk hukum Taurat
12 ,
supaya aku hidup untuk Allah.
Aku telah disalibkan dengan Kristus
13 ;
2:20 namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku.
Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah
yang telah mengasihi aku
dan menyerahkan diri-Nya untuk aku.
2:21 Aku tidak menolak kasih karunia Allah. Sebab sekiranya ada kebenaran
14 oleh hukum Taurat,
maka sia-sialah kematian Kristus.
Dibenarkan oleh karena iman
3:1 Hai orang-orang Galatia
yang bodoh,
siapakah yang telah mempesona kamu?
Bukankah Yesus Kristus yang disalibkan
itu telah dilukiskan dengan terang di depanmu?
3:2 Hanya ini yang hendak kuketahui dari pada kamu: Adakah kamu telah menerima Roh
karena melakukan hukum Taurat
atau karena percaya
15 kepada pemberitaan Injil?
3:3 Adakah kamu sebodoh itu? Kamu telah mulai dengan Roh, maukah kamu sekarang mengakhirinya di dalam daging?
3:4 Sia-siakah semua yang telah kamu alami sebanyak itu? Masakan sia-sia!
3:5 Jadi bagaimana sekarang, apakah Ia yang menganugerahkan Roh
16 kepada kamu dengan berlimpah-limpah dan yang melakukan mujizat
17 di antara kamu, berbuat demikian karena kamu melakukan hukum Taurat atau karena kamu percaya kepada pemberitaan Injil?
3:6 Secara itu jugalah Abraham percaya kepada Allah, maka Allah memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran
18 .
3:7 Jadi kamu lihat, bahwa mereka yang hidup dari iman,
mereka itulah anak-anak Abraham.
3:8 Dan Kitab Suci, yang sebelumnya mengetahui, bahwa Allah membenarkan orang-orang bukan Yahudi oleh karena iman, telah terlebih dahulu memberitakan Injil kepada Abraham: "Olehmu
segala bangsa akan diberkati."
3:9 Jadi mereka yang hidup dari iman,
merekalah yang diberkati bersama-sama dengan Abraham yang beriman itu.
3:10 Karena semua orang, yang hidup dari pekerjaan hukum Taurat,
berada di bawah kutuk.
Sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang tidak setia melakukan segala sesuatu yang tertulis dalam kitab hukum Taurat.
"
3:11 Dan bahwa tidak ada orang yang dibenarkan di hadapan Allah karena melakukan hukum Taurat
adalah jelas, karena: "Orang yang benar akan hidup oleh iman
19 .
"
3:12 Tetapi dasar hukum Taurat bukanlah iman, melainkan siapa yang melakukannya, akan hidup karenanya.
3:13 Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat
dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!
"
3:14 Yesus Kristus telah membuat ini, supaya di dalam Dia
berkat Abraham
20 sampai kepada bangsa-bangsa lain, sehingga oleh iman kita menerima Roh
yang telah dijanjikan itu.
Hukum Taurat atau janji
3:15 Saudara-saudara,
baiklah kupergunakan suatu contoh dari hidup sehari-hari. Suatu wasiat yang telah disahkan, sekalipun ia dari manusia, tidak dapat dibatalkan atau ditambahi oleh seorangpun.
3:16 Adapun kepada Abraham diucapkan segala janji itu dan kepada keturunannya.
Tidak dikatakan "kepada keturunan-keturunannya" seolah-olah dimaksud banyak orang, tetapi hanya satu orang: "dan kepada keturunanmu
", yaitu Kristus.
3:17 Maksudku ialah: Janji yang sebelumnya telah disahkan Allah, tidak dapat dibatalkan oleh hukum Taurat, yang baru terbit empat ratus tiga puluh tahun
kemudian, sehingga janji itu hilang kekuatannya.
3:18 Sebab, jikalau apa yang ditentukan Allah berasal dari hukum Taurat, ia tidak berasal dari janji;
tetapi justru oleh janjilah Allah telah menganugerahkan kasih karunia-Nya kepada Abraham.
3:19 Kalau demikian, apakah maksudnya hukum Taurat
21 ? Ia ditambahkan oleh karena pelanggaran-pelanggaran
--sampai datang keturunan
yang dimaksud oleh janji itu--dan ia disampaikan dengan perantaraan malaikat-malaikat
ke dalam tangan seorang pengantara.
3:20 Seorang pengantara
bukan hanya mewakili satu orang saja, sedangkan Allah adalah satu.
3:21 Kalau demikian, bertentangankah hukum Taurat dengan janji-janji Allah? Sekali-kali tidak.
Sebab andaikata hukum Taurat diberikan sebagai sesuatu yang dapat menghidupkan, maka memang kebenaran berasal dari hukum Taurat.
3:22 Tetapi Kitab Suci telah mengurung segala sesuatu di bawah kekuasaan dosa,
supaya oleh karena iman dalam Yesus Kristus janji itu diberikan kepada mereka yang percaya.
3:23 Sebelum iman itu datang kita berada di bawah pengawalan
hukum Taurat, dan dikurung sampai iman itu telah dinyatakan.
3:24 Jadi hukum Taurat adalah penuntun bagi kita sampai Kristus
datang, supaya kita dibenarkan karena iman.
3:25 Sekarang iman itu telah datang, karena itu kita tidak berada lagi di bawah pengawasan penuntun.
3:26 Sebab kamu semua adalah anak-anak Allah
karena iman di dalam Yesus Kristus.
3:27 Karena kamu semua, yang dibaptis dalam Kristus,
telah mengenakan Kristus.
3:28 Dalam hal ini tidak ada orang Yahudi atau orang Yunani, tidak ada hamba atau orang merdeka,
tidak ada laki-laki atau perempuan
22 ,
karena kamu semua adalah satu di dalam Kristus Yesus.
3:29 Dan jikalau kamu adalah milik Kristus,
maka kamu juga adalah keturunan
Abraham dan berhak
menerima janji
Allah.
1 Full Life: MELEPASKAN KITA DARI DUNIA JAHAT YANG SEKARANG INI.
Nas : Gal 1:4
Ayat ini mungkin adalah suatu pengakuan iman mula-mula yang terkenal
dalam gereja-gereja PB. Pengakuan ini menghubungkan kematian Kristus dengan
pengampunan dosa dan pembebasan dari "dunia jahat yang sekarang ini".
Pembebasan orang percaya dari kejahatan yang menguasai masyarakat dunia ini
perlu sekali untuk tujuan keselamatan Kristus. Berita Injil yang pertama
pada hari Pentakosta mengandung kata-kata, "Berilah dirimu diselamatkan
dari angkatan yang jahat ini" (Kis 2:40). Orang percaya harus hidup
bagi Allah dan menolak untuk dikuasai oleh nilai-nilai, kebijaksanaan,
pandangan, keinginan jahat, dan kesenangan yang mementingkan diri dari
orang dunia ini (bd. Tit 2:14;
lihat cat. --> Rom 12:2;
[atau ref. Rom 12:2]
lihat art. HUBUNGAN ORANG KRISTEN DENGAN DUNIA).
2 Full Life: INJIL LAIN.
Nas : Gal 1:6
Guru-guru palsu telah datang kepada jemaat Galatia sambil berusaha
untuk mempengaruhi mereka untuk menolak ajaran Paulus dan menerima "suatu
injil lain". Injil mereka mengajar bahwa keselamatan meliputi bukan hanya
percaya kepada Kristus, tetapi juga bergabung dengan agama Yahudi dengan
jalan disunat (Gal 5:2), menaati hukum Taurat (Gal 3:5), dan
merayakan hari-hari raya Yahudi (Gal 4:10).
- 1) Alkitab dengan jelas menyatakan bahwa hanya ada satu Injil yaitu,
"Injil Kristus" (ayat Gal 1:7). Injil itu telah sampai kepada kita
melalui "penyataan Yesus Kristus" (ayat Gal 1:12) dan pengilhaman
Roh Kudus
(lihat art. PENGILHAMAN DAN KEKUASAAN ALKITAB).
Injil ini diterangkan dan diungkapkan dalam Alkitab, Firman Allah.
- 2) Semua ajaran atau gagasan yang bersumber dari manusia, gereja, atau
tradisi dan tidak dinyatakan atau tersirat dalam Firman Allah tidak
boleh dimasukkan dalam Injil Kristus (ayat Gal 1:11). Mencampur isi
asli Injil dengan hal-hal itu ialah "memutarbalikkan Injil Kristus"
(ayat Gal 1:7).
3 Full Life: TERKUTUKLAH DIA
Nas : Gal 1:9
(versi Inggeris NIV menambah kata "untuk kekal" di sini). Istilah
"terkutuk" (untuk kekal) (Yun. _anathema_) berarti bahwa seseorang berada
di bawah kutukan Allah, dihukum untuk binasa dan akan menerima murka dan
kutukan Allah.
- 1) Rasul Paulus menyatakan sikap Roh Kudus yang menghukum dan memarahi
orang-orang yang berusaha untuk memutarbalikkan Injil asli Kristus (ayat
Gal 1:7) dan mengubah kebenaran dari kesaksian rasuli. Sikap yang
sama ini nyata dalam Yesus Kristus
(lihat cat. --> Mat 23:13),
[atau ref. Mat 23:13]
Petrus (pasal 2Pet 2:1-22), Yohanes (2Yoh 1:7-11), dan Yudas
(Yud 1:3-4,12-19), dan juga akan terdapat dalam hati semua pengikut
Kristus yang mengasihi Injil Kristus sebagaimana dinyatakan dalam Firman
Allah dan yang percaya bahwa itu adalah Kabar Baik dari keselamatan yang
sangat diperlukan bagi dunia yang terhilang dalam dosa (Rom 10:14-15)
- 2) Terkutuklah semua orang yang memberitakan injil yang bertentangan
dengan yang diberitakan Paulus, sebagaimana yang dinyatakan kepadanya
oleh Yesus Kristus (ayat Gal 1:11-12;
lihat cat. --> Gal 1:6).
[atau ref. Gal 1:6]
Siapa pun yang menambahkan atau mengurangi Injil asli dan yang pokok
dari Kristus dan para rasul berada di bawah kutukan Allah; "Allah akan
mengambil bagiannya dari pohon kehidupan" (Wahy 22:18-19).
- 3) Allah memerintah orang percaya untuk mempertahankan iman
(lihat cat. --> Yud 1:3),
[atau ref. Yud 1:3]
menegur dengan kasih (2Tim 2:25-26), dan memisahkan diri dari guru,
gembala, dan orang lain dalam gereja yang menyangkal kebenaran pokok
Alkitab yang diajarkan oleh Yesus dan para rasul (ayat Gal 1:8-9;
Rom 16:17-18; 2Kor 6:17). Kebenaran pokok ini meliputi:
- (a) Keilahian Kristus serta kelahiran-Nya dari seorang perawan
(Mat 1:23;
lihat cat. --> Yoh 20:28);
[atau ref. Yoh 20:28]
- (b) Pengilhaman dan kekuasaan penuh Firman Allah dalam segala
sesuatu yang diajarkannya
(lihat art. PENGILHAMAN DAN KEKUASAAN ALKITAB);
- (c) Kejatuhan Adam yang sesuai dengan sejarah (Rom 5:12-19);
- (d) Kebobrokan bawaan tabiat manusia (Kej 6:5; 8:21; Rom 1:21-32;
Rom 3:10-18; 7:14,21);
- (e) Terhilangnya umat manusia tanpa Kristus
(lihat cat. --> Kis 4:12;
[atau ref. Kis 4:12]
Rom 1:16-32; 10:13-15);
- (f) Keselamatan oleh kasih karunia melalui iman dalam Kristus
sebagai Tuhan dan Juruselamat, dikerjakan oleh kematian-Nya dan
pendamaian darah-Nya (Rom 3:24-25; 5:10;
lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA);
- (g) Kebangkitan Kristus secara fisik
(lihat cat. --> Mat 28:6;
[atau ref. Mat 28:6]
1Kor 15:3-4);
- (h) Realitas mukjizat dalam sejarah baik di PL maupun di PB
(1Kor 10:1);
- (i) Realitas Iblis dan setan-setan sebagai makhluk-makhluk rohani
(Mat 4:1; 8:28; 2Kor 4:4; Ef 2:2; 6:11-18; 1Pet 5:8);
- (j) Ajaran Alkitab mengenai neraka
(lihat cat. --> Mat 10:28);
[atau ref. Mat 10:28]
- (k) Kedatangan kembali Kristus secara nyata ke bumi ini
Kis 1:11;
(lihat cat. --> Yoh 14:3;
lihat cat. --> 1Kor 1:7;
lihat cat. --> Wahy 19:11).
[atau ref. Yoh 14:3; 1Kor 1:7; Wahy 19:11]
- 4) Bagian lain yang berisi peringatan terhadap guru-guru palsu terdapat
di Rom 16:17; 2Pet 2:17-22; 2Yoh 1:9-11; Yud 1:12-13;
lihat cat. --> 2Kor 11:13;
[atau ref. 2Kor 11:13]
lihat art. GURU-GURU PALSU).
4 Full Life: ADAKAH KUCOBA BERKENAN KEPADA MANUSIA?
Nas : Gal 1:10
Seseorang tidak dapat menjadi pelayan Injil yang sejati, dan mencoba
menyenangkan orang dengan mengurangi kebenaran Injil (bd. 1Kor 4:3-6).
Paulus menganggap kewajibannya untuk berbicara "bukan untuk menyukakan
manusia, melainkan untuk menyukakan Allah yang menguji hati kita"
(lihat cat. --> 1Tes 2:4).
[atau ref. 1Tes 2:4]
Semua pengikut Injil Kristus harus bertujuan menyenangkan Allah, walaupun
itu berarti tidak menyenangkan beberapa orang tertentu (bd. Kis 5:29;
Ef 6:6; Kol 3:22).
5 Full Life: IA, YANG TELAH MEMILIH AKU
Nas : Gal 1:15
(versi Inggris NIV -- "memisahkan"). Walaupun Paulus terutama
menunjuk kepada pelayanannya sebagai rasul, dalam satu arti setiap orang
percaya telah dipilih (dipisahkan) oleh kasih karunia supaya Allah dapat
menyatakan Putra-Nya melalui mereka. Kita sudah dipisahkan dari dosa dan
zaman yang jahat ini
(lihat cat. --> Gal 1:4),
[atau ref. Gal 1:4]
supaya kita dapat hidup dalam persekutuan dengan Allah dan bersaksi bagi
Yesus Kristus di depan dunia ini. Dipisahkan berarti dipersatukan dengan
Allah, untuk Allah dan dekat Allah -- hidup dalam iman dan ketaatan demi
kemuliaan-Nya dan penyataan Putra-Nya
(lihat art. PEMISAHAN ROHANI ORANG PERCAYA).
6 Full Life: SESAATPUN KAMI TIDAK MAU MUNDUR DAN TUNDUK KEPADA MEREKA.
Nas : Gal 2:5
Paulus bersikap toleran dan sabar terhadap banyak hal (bd.
1Kor 13:4-7), tetapi tegar dalam hal "kebenaran Injil". Penyataan yang
diterimanya dari Kristus (Gal 1:12) adalah satu-satunya Injil yang
memiliki kuasa untuk menyelamatkan semua orang yang percaya (Rom 1:16).
Paulus memahami bahwa Injil ini sama sekali tidak boleh berkompromi demi
kedamaian, kesatuan atau pendapat mutakhir. Kemuliaan Kristus dan
keselamatan orang yang terhilang itu dipertaruhkan. Dewasa ini, kalau kita
meniadakan satu bagian dari Injil menurut penyataan PB, kita mulai
merusakkan satu-satunya amanat yang menyelamatkan kita dari kebinasaan
abadi (bd. Mat 18:6).
7 Full Life: ALLAH TIDAK MEMANDANG MUKA.
Nas : Gal 2:6
Allah tidak pernah pilih kasih terhadap orang berdasarkan keturunan,
reputasi, kedudukan atau prestasinya (bd. Im 19:15; Ul 10:17;
Ayub 34:19; Kis 10:34; Ef 6:9).
- 1) Allah melihat dan menilai hati, yaitu bagian batin seorang, dan Ia
menyenangi mereka yang hatinya sungguh-sungguh berpaling kepada-Nya
dalam kasih, iman, dan kekudusan (bd. 1Sam 16:7; Mat 23:28;
Luk 16:15; Yoh 7:24; 2Kor 10:7;
lihat cat. --> 1Kor 13:1).
[atau ref. 1Kor 13:1]
- 2) Demikianlah, Allah tidak lebih memperhatikan kasih, persekutuan, dan
doa orang yang terpelajar daripada yang tidak terpelajar, yang kaya
lebih daripada yang miskin, yang berkuasa daripada yang lemah; prinsip
abadi Allah ialah bahwa Dia menerima "setiap orang dari bangsa manapun
yang takut akan Dia dan yang mengamalkan kebenaran" (Kis 10:35).
8 Full Life: MENGINGAT ORANG-ORANG MISKIN.
Nas : Gal 2:10
Tema yang disebut berkali-kali dalam Alkitab adalah pentingnya
menolong orang miskin (Kel 23:10-11; Ul 15:7-11; Yer 22:16; Am 2:6-7;
Mat 6:2-4; Yoh 13:29). Di sekitar kita senantiasa akan ada orang yang
memerlukan bantuan. Orang miskin, khususnya "kawan-kawan kita seiman"
(Gal 6:10) memerlukan bantuan jasmaniah dan doa kita
(lihat art. PEMELIHARAAN ORANG MISKIN DAN MELARAT).
9 Full Life: AKU BERTERANG-TERANG MENENTANGNYA.
Nas : Gal 2:11
Siapa pun gembala atau pimpinan rohani yang bersalah atau munafik
(ayat Gal 2:13) harus dilawan dan ditegur (bd. 1Tim 5:20). Ini
harus dilakukan tanpa pilih kasih; bahkan orang yang terkemuka seperti
rasul Petrus, yang dipakai Tuhan dengan luar biasa, memerlukan teguran
membangun (ayat Gal 2:11-17; bd. 1Tim 5:20-21). Alkitab menunjukkan
bahwa Petrus menyadari kesalahannya dan menerima teguran Paulus dengan
rendah hati dan sikap menyesal. Kemudian hari, ia menyebut Paulus "saudara
kita yang kekasih" (2Pet 3:15).
10 Full Life: TAKUT AKAN SAUDARA-SAUDARA YANG BERSUNAT.
Nas : Gal 2:12
"Saudara-saudara yang bersunat" adalah orang Kristen Yahudi,
khususnya dalam jemaat di Yerusalem, yang percaya bahwa tanda sunat dari PL
masih diperlukan untuk semua orang percaya dari perjanjian yang baru.
Mereka juga mengajar bahwa orang Kristen Yahudi tidak boleh makan
bersama-sama dengan orang percaya bukan Yahudi yang tidak mengikuti
kebiasaan dan peraturan makanan orang Yahudi. Walaupun Petrus mengetahui
bahwa Allah menerima orang percaya bukan Yahudi tanpa sikap memihak
(Kis 10:34-35), dia menyangkal keyakinannya sendiri karena takut
kecaman dan kemungkinan kehilangan kekuasaan di gereja Yerusalem.
Pengunduran dirinya dari meja persekutuan dengan orang Kristen bukan Yahudi
mendukung kesalahpahaman bahwa ada dua tubuh Kristus -- Yahudi dan bukan
Yahudi.
11 Full Life: DIBENARKAN ... OLEH KARENA IMAN.
Nas : Gal 2:16
Di sini Paulus membahas pertanyaan bagaimana orang berdosa dapat
dibenarkan, yaitu diampuni dosanya, diterima oleh Allah dan memiliki
hubungan yang benar dengan-Nya. Hal itu tidak akan terjadi dengan
"melakukan hukum Taurat," tetapi oleh iman yang hidup dalam Kristus Yesus
(lihat art. KATA-KATA ALKITABIAH UNTUK KESELAMATAN).
12 Full Life: AKU TELAH MATI ... UNTUK HUKUM TAURAT.
Nas : Gal 2:19
Teks :
Lihat cat. --> Rom 7:4
[atau ref. Rom 7:4]
mengenai arti mati terhadap hukum Taurat;
lihat cat. --> Mat 5:17
[atau ref. Mat 5:17]
mengenai hubungan orang percaya dengan hukum Taurat;
lihat art. HUKUM PERJANJIAN LAMA.
13 Full Life: AKU TELAH DISALIBKAN DENGAN KRISTUS.
Nas : Gal 2:19
Paulus menggambarkan hubungannya dengan Kristus dari segi kasih
sayang pribadi yang mendalam dan ketergantungan kepada Tuhannya. Mereka
yang beriman kepada Kristus hidup dalam kesatuan intim dengan Tuhan mereka,
baik dalam kematian maupun kebangkitan-Nya.
- 1) Semua orang percaya telah disalibkan bersama Yesus di kayu salib.
Mereka telah mati terhadap hukum Taurat sebagai jalan keselamatan dan
kini hidup untuk Allah melalui Kristus (ayat Gal 2:19). Karena
keselamatan dalam Kristus, dosa tidak lagi berkuasa atas mereka
(lihat cat. --> Rom 6:11;
[atau ref. Rom 6:11]
bd. Rom 6:4,8,14; Gal 5:24; 6:14; Kol 2:12,20).
- 2) Kita yang sudah disalibkan bersama Kristus kini hidup bersama Dia
dalam hidup kebangkitan-Nya. Kristus dan kekuatan-Nya tinggal dalam
kita, menjadi sumber segenap kehidupan kita dan pusat semua pikiran,
perkataan, dan perbuatan kita (Yoh 15:1-6; Ef 3:17). Hidup
kebangkitan Yesus terus-menerus disalurkan kepada kita melalui Roh Kudus
(Yoh 16:13-14; Rom 8:10-11).
- 3) Keikutsertaan kita dalam kematian dan kebangkitan Kristus terjadi
oleh iman, yaitu keyakinan yang kokoh, kasih, pengabdian, dan kesetiaan
kita kepada Anak Allah yang mengasihi kita dan menyerahkan diri-Nya
untuk kita (bd. Yoh 3:16;
lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA).
Hidup beriman ini dapat dilihat sebagai hidup oleh Roh (Gal 3:3;
Gal 5:25; bd. Rom 8:9-11).
14 Full Life: KEBENARAN.
Nas : Gal 2:21
Pengertian Paulus mengenai pembenaran (ayat Gal 2:16-17) dan
kebenaran meliputi lebih daripada sekadar suatu pernyataan yang sah oleh
Allah. Kebenaran yang datang melalui iman meliputi perubahan moral (ayat
Gal 2:19), kasih karunia Allah (ayat Gal 2:21), dan hubungan dengan
Kristus yang membuat kita mengambil bagian dalam hidup kebangkitan-Nya
(ayat Gal 2:20). Kenyataan ini diperkuat dalam Gal 3:21 di mana
Paulus menjelaskan bahwa kebenaran yang datang oleh iman dalam Kristus
memberikan hidup, suatu kehidupan yang dipandang sebagai menerima Roh
(Gal 3:2-3,14;
lihat art. KATA-KATA ALKITABIAH UNTUK KESELAMATAN).
15 Full Life: ADAKAH KAMU TELAH MENERIMA ROH KARENA ... PERCAYA?
Nas : Gal 3:2
Paulus menunjukkan keunggulan keselamatan karena kasih karunia oleh
iman dalam Kristus atas usaha untuk memperoleh keselamatan melalui ketaatan
kepada hukum Taurat. Oleh iman kepada Kristus kita menerima Roh Kudus dan
semua berkat-Nya, termasuk karunia hidup kekal (ayat Gal 3:2-3,5,14,21;
Gal 4:6). Akan tetapi, orang itu yang bersandar pada hukum Taurat untuk
memperoleh keselamatan tidak menerima Roh Kudus dan hidup, karena hukum
Taurat sendiri tidak dapat memberikan hidup (ayat Gal 3:21).
16 Full Life: IA YANG MENGANUGERAHKAN ROH.
Nas : Gal 3:5
Petunjuk Paulus kepada Roh (ayat Gal 3:2,5,14; 4:6) meliputi
baik baptisan dalam Roh maupun pekerjaan khusus Roh selanjutnya (bd.
Kis 1:4-5; 2:4; 8:14-17; 10:44-47; 11:16-17; 19:1-6; 1Kor 12:4-11). Hal
ini ditunjukkan oleh
- (1) penggunaan istilah "mukjizat" (Yun. _dunamis_) yang mengandung
arti bahwa rasul Paulus sedang berpikir tentang penyataan karisma
Roh Kudus dan kedatangan-Nya dengan "kuasa" (Yun. _dunamis_) pada
hari Pentakosta (Kis 1:8; bd. Kis 2:1-4);
- (2) penggunaan bentuk partisip sekarang ("menganugerahkan" dan
"melakukan"), yang menunjukkan manifestasi yang berkesinambungan
dari karunia-karunia Roh Kudus;
- (3) penggunaan ungkapan "Roh yang telah dijanjikan itu" (ayat
Gal 3:14) yang hampir sama dengan kata-kata Petrus dalam
Kis 2:33 (bd. Luk 24:49; Kis 1:4); dan
- (4) penegasan dalam Gal 4:6 bahwa pengangkatan sebagai anak-anak
Allah terjadi sebelumnya dan adalah dasar untuk pengiriman Roh Kudus
ke dalam hati orang percaya.
17 Full Life: ROH ... YANG MELAKUKAN MUJIZAT.
Nas : Gal 3:5
Karya Roh Kudus yang berkesinambungan dalam jemaat-jemaat Galatia
meliputi mukjizat. Bagi Paulus, menerima Roh Kudus bukan saja suatu
pekerjaan di dalam batin yang tidak kelihatan, tetapi suatu pengalaman yang
menyatakan diri melalui kuasa ilahi antara orang percaya. Karunia-karunia
Roh merupakan norma penentu dari kehadiran dan kekuasaan Roh Kudus (bd.
pasal 1Kor 12:1-14:40). Pertobatan dan baptisan dalam Roh Kudus harus
senantiasa menghasilkan pengadaan mukjizat dan penyataan lain dari Roh.
18 Full Life: ALLAH MEMPERHITUNGKAN HAL ITU KEPADANYA SEBAGAI KEBENARAN.
Nas : Gal 3:6
Lihat cat. --> Rom 4:3;
lihat cat. --> Rom 4:5;
lihat cat. --> Rom 4:22.
[atau ref. Rom 4:3,5,22]
19 Full Life: ORANG YANG BENAR AKAN HIDUP OLEH IMAN.
Nas : Gal 3:11
Paulus mengutip Hab 2:4 untuk menjelaskan pembenaran oleh iman
(bd. Rom 1:17). Habakuk menekankan bahwa seorang yang dibenarkan oleh
iman memiliki kebenaran batiniah, karena dia membandingkan orang yang benar
dengan orang yang tidak benar yang "tidak lurus hatinya" (Hab 2:4).
Demikianlah, Paulus percaya bahwa pembenaran meliputi suatu kebenaran
batiniah melalui Roh Kudus yang mendiami hati
(lihat art. KATA-KATA ALKITABIAH UNTUK KESELAMATAN).
20 Full Life: BERKAT ABRAHAM.
Nas : Gal 3:14
Isi dari janji Allah kepada Abraham (ayat Gal 3:8) diartikan
sebagai "janji Roh" (bd. Luk 24:49; Kis 1:4-5). Menerima Roh ialah
memiliki kebenaran, hidup, dan semua berkat rohani yang lain
(lihat cat. --> Gal 3:5;
lihat cat. --> Gal 4:6).
[atau ref. Gal 3:5; 4:6]
21 Full Life: KALAU DEMIKIAN, APAKAH MAKSUDNYA HUKUM TAURAT?
Nas : Gal 3:19
Kata "hukum" (Ibr. _Torah_;Yun. _nomos_) berarti "ajaran" atau
"pengarahan". Hukum dapat menunjuk kepada Sepuluh Hukum, Pentateukh atau
perintah apa pun dalam PL; penggunaan kata hukum oleh Paulus di sini akan
meliputi sistem persembahan korban dari perjanjian Musa. Mengenai hukum ini
Paulus menyatakan beberapa hal:
- 1) Hukum diberikan oleh Allah "karena ... pelanggaran," yaitu supaya
menunjukkan dosa sebagai pelanggaran kehendak Allah dan membangkitkan
kesadaran manusia akan perlunya belas kasihan, kasih karunia, dan
keselamatan dalam Kristus (ayat Gal 3:24; bd. Rom 5:20; 8:2).
- 2) Walaupun hukum PL itu kudus, baik, dan benar (Rom 7:12), hukum PL
tidak memadai karena tidak dapat memberikan hidup rohani atau kekuatan
moral (ayat Gal 3:21; Rom 8:3; Ibr 7:18-19).
- 3) Hukum berfungsi sebagai penuntun sementara untuk umat Allah sehingga
keselamatan oleh iman kepada Kristus datang (ayat Gal 3:22-26).
Sebagai penuntun, hukum itu menyatakan kehendak Allah untuk perilaku
umat-Nya (Kel 19:4-6; 20:1-17; 21:1-24:8), menyediakan korban darah
untuk menutup dosa manusia (lih. Im 1:5; 16:33) dan menunjuk kepada
kematian Kristus yang mendamaikan (Ibr 9:14; 10:12-14).
- 4) Hukum diberikan untuk menuntun kita kepada Kristus "supaya kita
dibenarkan karena iman" (ayat Gal 3:24). Tetapi kini setelah Kristus
datang, peranan hukum sebagai penuntun sudah berakhir (ayat
Gal 3:25). Oleh karena itu, kita tidak lagi mencari keselamatan
melalui persediaan perjanjian yang lama, termasuk ketaatan kepada
hukum-hukumnya dan sistem pengorbanan. Keselamatan kini diperoleh
menurut persediaan perjanjian yang baru, khususnya kematian yang
mendamaikan dan kebangkitan yang mulia dari Yesus, dan hak istimewa
untuk menjadi milik Kristus (ayat Gal 3:27-29;
lihat cat. --> Mat 5:17
[atau ref. Mat 5:17]
mengenai hubungan orang Kristen dengan hukum Taurat;
lihat art. HUKUM PERJANJIAN LAMA).
22 Full Life: LAKI-LAKI ATAU PEREMPUAN.
Nas : Gal 3:28
Paulus menyingkirkan semua perbedaan suku, warna kulit, bangsa,
sosial, dan seksual dalam kaitan dengan hubungan rohani seseorang dengan
Yesus Kristus. Semua dalam Kristus adalah sama-sama ahli waris dari "kasih
karunia, yaitu kehidupan" (1Pet 3:7), Roh yang dijanjikan (ayat
Gal 3:14; 4:6), dan pembaharuan menurut gambar Allah (Kol 3:10-11).
Pada pihak lain, dalam konteks persamaan rohani, laki-laki tetap laki-laki
dan wanita tetap wanita (Kej 1:27). Peranan yang ditetapkan Allah bagi
mereka dalam pernikahan dan masyarakat tidak berubah (1Pet 3:1-4;
lihat cat. --> Ef 5:22;
lihat cat. --> Ef 5:23;
lihat cat. --> 1Tim 2:13;
lihat cat. --> 1Tim 2:15).
[atau ref. Ef 5:22-23; 1Tim 2:13,15]