Galatia 5:14
5:14 Sebab seluruh hukum Taurat tercakup dalam satu firman ini, yaitu: "Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri!
"
Galatia 5:22
5:22 Tetapi buah
Roh
1 ialah: kasih,
sukacita, damai sejahtera,
kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan,
Galatia 5:6
5:6 Sebab bagi orang-orang yang ada di dalam Kristus Yesus
hal bersunat atau tidak bersunat tidak mempunyai sesuatu arti,
hanya iman yang bekerja oleh kasih
2 .
Galatia 5:13
5:13 Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka
3 .
Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa,
melainkan layanilah seorang akan yang lain
oleh kasih.
Galatia 2:20
2:20 namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku.
Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah
yang telah mengasihi aku
dan menyerahkan diri-Nya untuk aku.
Galatia 1:11
Bagaimana Paulus menjadi rasul
1:11 Sebab aku menegaskan kepadamu, saudara-saudaraku,
bahwa Injil yang kuberitakan
itu bukanlah injil manusia.
Galatia 3:18
3:18 Sebab, jikalau apa yang ditentukan Allah berasal dari hukum Taurat, ia tidak berasal dari janji;
tetapi justru oleh janjilah Allah telah menganugerahkan kasih karunia-Nya kepada Abraham.
Galatia 2:9
2:9 Dan setelah melihat kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku,
maka Yakobus,
Kefas
dan Yohanes, yang dipandang sebagai sokoguru
jemaat, berjabat tangan dengan aku dan dengan Barnabas
sebagai tanda persekutuan, supaya kami pergi kepada orang-orang yang tidak bersunat
dan mereka kepada orang-orang yang bersunat;
Galatia 6:18
6:18 Kasih karunia Tuhan kita Yesus Kristus
menyertai roh kamu,
saudara-saudara! Amin.
Galatia 3:5
3:5 Jadi bagaimana sekarang, apakah Ia yang menganugerahkan Roh
4 kepada kamu dengan berlimpah-limpah dan yang melakukan mujizat
5 di antara kamu, berbuat demikian karena kamu melakukan hukum Taurat atau karena kamu percaya kepada pemberitaan Injil?
Galatia 3:21-22
3:21 Kalau demikian, bertentangankah hukum Taurat dengan janji-janji Allah? Sekali-kali tidak.
Sebab andaikata hukum Taurat diberikan sebagai sesuatu yang dapat menghidupkan, maka memang kebenaran berasal dari hukum Taurat.
3:22 Tetapi Kitab Suci telah mengurung segala sesuatu di bawah kekuasaan dosa,
supaya oleh karena iman dalam Yesus Kristus janji itu diberikan kepada mereka yang percaya.
Galatia 4:15
4:15 Betapa bahagianya kamu pada waktu itu! Dan sekarang, di manakah bahagiamu itu? Karena aku dapat bersaksi tentang kamu, bahwa jika mungkin, kamu telah mencungkil matamu dan memberikannya kepadaku.
Galatia 1:6
Hanya satu Injil
1:6 Aku heran, bahwa kamu begitu lekas berbalik dari pada Dia, yang oleh kasih karunia Kristus telah memanggil
kamu, dan mengikuti suatu injil lain
6 ,
Galatia 3:8
3:8 Dan Kitab Suci, yang sebelumnya mengetahui, bahwa Allah membenarkan orang-orang bukan Yahudi oleh karena iman, telah terlebih dahulu memberitakan Injil kepada Abraham: "Olehmu
segala bangsa akan diberkati."
Galatia 1:3
1:3 kasih karunia menyertai kamu dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita, dan dari Tuhan Yesus Kristus,
Galatia 1:15
1:15 Tetapi waktu Ia, yang telah memilih aku
7 sejak kandungan
ibuku dan memanggil aku
oleh kasih karunia-Nya,
Galatia 4:28
4:28 Dan kamu, saudara-saudara, kamu sama seperti Ishak adalah anak-anak janji.
Galatia 4:31
4:31 Karena itu, saudara-saudara, kita bukanlah anak-anak hamba perempuan,
melainkan anak-anak perempuan
merdeka.
Galatia 5:15
5:15 Tetapi jikalau kamu saling menggigit dan saling menelan, awaslah, supaya jangan kamu saling membinasakan.
Galatia 2:21
2:21 Aku tidak menolak kasih karunia Allah. Sebab sekiranya ada kebenaran
8 oleh hukum Taurat,
maka sia-sialah kematian Kristus.
Galatia 3:15
Hukum Taurat atau janji
3:15 Saudara-saudara,
baiklah kupergunakan suatu contoh dari hidup sehari-hari. Suatu wasiat yang telah disahkan, sekalipun ia dari manusia, tidak dapat dibatalkan atau ditambahi oleh seorangpun.
Galatia 4:6
4:6 Dan karena kamu adalah anak, maka Allah telah menyuruh Roh Anak-Nya
ke dalam hati
kita, yang berseru: "ya Abba, ya Bapa
9 !
"
Galatia 4:12
Ingatlah akan hubungan kita yang semula
4:12 Aku minta kepadamu, saudara-saudara,
jadilah sama seperti aku, sebab akupun telah menjadi sama seperti kamu. Belum pernah kualami sesuatu yang tidak baik dari padamu.
Galatia 5:4
5:4 Kamu lepas dari Kristus, jikalau kamu mengharapkan kebenaran oleh hukum Taurat;
kamu hidup di luar kasih karunia
10 .
Galatia 6:1
Saling membantulah kamu
6:1 Saudara-saudara, kalaupun seorang kedapatan melakukan suatu pelanggaran, maka kamu yang rohani,
harus memimpin orang itu ke jalan yang benar
dalam roh lemah lembut
11 , sambil menjaga dirimu sendiri, supaya kamu juga jangan kena pencobaan.
1 Full Life: BUAH ROH.
Nas : Gal 5:22-23
Untuk ulasan tentang berbagai aspek dari buah Roh,
lihat art. PERBUATAN-PERBUATAN DOSA DAN BUAH ROH).
2 Full Life: IMAN YANG BEKERJA OLEH KASIH.
Nas : Gal 5:6
Alkitab mengajarkan bahwa seseorang diselamatkan oleh iman
(Gal 2:15-16; Rom 3:22; Ef 2:8-9).
- 1) Dalam bagian ini Paulus mendefinisikan sifat tepat dari iman itu.
Iman yang menyelamatkan adalah iman yang hidup kepada Juruselamat yang
hidup, iman yang begitu vital sehingga mau tidak mau akan menyatakan
diri di dalam perbuatan kasih.
- 2) Iman yang tidak sungguh-sungguh mengasihi dan menaati Kristus (bd.
1Yoh 2:3; 5:3), menunjukkan perhatian yang besar terhadap pekerjaan
kerajaan Allah (bd. Mat 12:28), dan dengan aktif menolak dosa dan
dunia (ayat Gal 5:16-17), tidak dapat memenuhi syarat sebagai iman
yang meyelamatkan (bd. Yak 2:14-16;
lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA).
3 Full Life: DIPANGGIL UNTUK MERDEKA.
Nas : Gal 5:13
Lihat cat. --> 2Kor 3:17
[atau ref. 2Kor 3:17]
mengenai kebebasan Kristen.
4 Full Life: IA YANG MENGANUGERAHKAN ROH.
Nas : Gal 3:5
Petunjuk Paulus kepada Roh (ayat Gal 3:2,5,14; 4:6) meliputi
baik baptisan dalam Roh maupun pekerjaan khusus Roh selanjutnya (bd.
Kis 1:4-5; 2:4; 8:14-17; 10:44-47; 11:16-17; 19:1-6; 1Kor 12:4-11). Hal
ini ditunjukkan oleh
- (1) penggunaan istilah "mukjizat" (Yun. _dunamis_) yang mengandung
arti bahwa rasul Paulus sedang berpikir tentang penyataan karisma
Roh Kudus dan kedatangan-Nya dengan "kuasa" (Yun. _dunamis_) pada
hari Pentakosta (Kis 1:8; bd. Kis 2:1-4);
- (2) penggunaan bentuk partisip sekarang ("menganugerahkan" dan
"melakukan"), yang menunjukkan manifestasi yang berkesinambungan
dari karunia-karunia Roh Kudus;
- (3) penggunaan ungkapan "Roh yang telah dijanjikan itu" (ayat
Gal 3:14) yang hampir sama dengan kata-kata Petrus dalam
Kis 2:33 (bd. Luk 24:49; Kis 1:4); dan
- (4) penegasan dalam Gal 4:6 bahwa pengangkatan sebagai anak-anak
Allah terjadi sebelumnya dan adalah dasar untuk pengiriman Roh Kudus
ke dalam hati orang percaya.
5 Full Life: ROH ... YANG MELAKUKAN MUJIZAT.
Nas : Gal 3:5
Karya Roh Kudus yang berkesinambungan dalam jemaat-jemaat Galatia
meliputi mukjizat. Bagi Paulus, menerima Roh Kudus bukan saja suatu
pekerjaan di dalam batin yang tidak kelihatan, tetapi suatu pengalaman yang
menyatakan diri melalui kuasa ilahi antara orang percaya. Karunia-karunia
Roh merupakan norma penentu dari kehadiran dan kekuasaan Roh Kudus (bd.
pasal 1Kor 12:1-14:40). Pertobatan dan baptisan dalam Roh Kudus harus
senantiasa menghasilkan pengadaan mukjizat dan penyataan lain dari Roh.
6 Full Life: INJIL LAIN.
Nas : Gal 1:6
Guru-guru palsu telah datang kepada jemaat Galatia sambil berusaha
untuk mempengaruhi mereka untuk menolak ajaran Paulus dan menerima "suatu
injil lain". Injil mereka mengajar bahwa keselamatan meliputi bukan hanya
percaya kepada Kristus, tetapi juga bergabung dengan agama Yahudi dengan
jalan disunat (Gal 5:2), menaati hukum Taurat (Gal 3:5), dan
merayakan hari-hari raya Yahudi (Gal 4:10).
- 1) Alkitab dengan jelas menyatakan bahwa hanya ada satu Injil yaitu,
"Injil Kristus" (ayat Gal 1:7). Injil itu telah sampai kepada kita
melalui "penyataan Yesus Kristus" (ayat Gal 1:12) dan pengilhaman
Roh Kudus
(lihat art. PENGILHAMAN DAN KEKUASAAN ALKITAB).
Injil ini diterangkan dan diungkapkan dalam Alkitab, Firman Allah.
- 2) Semua ajaran atau gagasan yang bersumber dari manusia, gereja, atau
tradisi dan tidak dinyatakan atau tersirat dalam Firman Allah tidak
boleh dimasukkan dalam Injil Kristus (ayat Gal 1:11). Mencampur isi
asli Injil dengan hal-hal itu ialah "memutarbalikkan Injil Kristus"
(ayat Gal 1:7).
7 Full Life: IA, YANG TELAH MEMILIH AKU
Nas : Gal 1:15
(versi Inggris NIV -- "memisahkan"). Walaupun Paulus terutama
menunjuk kepada pelayanannya sebagai rasul, dalam satu arti setiap orang
percaya telah dipilih (dipisahkan) oleh kasih karunia supaya Allah dapat
menyatakan Putra-Nya melalui mereka. Kita sudah dipisahkan dari dosa dan
zaman yang jahat ini
(lihat cat. --> Gal 1:4),
[atau ref. Gal 1:4]
supaya kita dapat hidup dalam persekutuan dengan Allah dan bersaksi bagi
Yesus Kristus di depan dunia ini. Dipisahkan berarti dipersatukan dengan
Allah, untuk Allah dan dekat Allah -- hidup dalam iman dan ketaatan demi
kemuliaan-Nya dan penyataan Putra-Nya
(lihat art. PEMISAHAN ROHANI ORANG PERCAYA).
8 Full Life: KEBENARAN.
Nas : Gal 2:21
Pengertian Paulus mengenai pembenaran (ayat Gal 2:16-17) dan
kebenaran meliputi lebih daripada sekadar suatu pernyataan yang sah oleh
Allah. Kebenaran yang datang melalui iman meliputi perubahan moral (ayat
Gal 2:19), kasih karunia Allah (ayat Gal 2:21), dan hubungan dengan
Kristus yang membuat kita mengambil bagian dalam hidup kebangkitan-Nya
(ayat Gal 2:20). Kenyataan ini diperkuat dalam Gal 3:21 di mana
Paulus menjelaskan bahwa kebenaran yang datang oleh iman dalam Kristus
memberikan hidup, suatu kehidupan yang dipandang sebagai menerima Roh
(Gal 3:2-3,14;
lihat art. KATA-KATA ALKITABIAH UNTUK KESELAMATAN).
9 Full Life: ROH ... YANG BERSERU, "YA ABBA, YA BAPA!"
Nas : Gal 4:6
Salah satu tugas Roh Kudus ialah menciptakan perasaan kasih anak di
dalam hati anak-anak Allah yang menyebabkan mereka mengenal Allah sebagai
Bapa.
- 1) Istilah "_Abba_" adalah bahasa Aram yang artinya "Bapa". Itulah kata
yang dipakai Yesus ketika membicarakan Bapa-Nya di sorga. Perpaduan
istilah Aram "_Abba_" dengan istilah Yunani untuk ayah (_pater_)
mengungkap kedalaman keintiman, perasaan mendalam, kesungguhan,
kehangatan, dan keyakinan yang dengannya Roh menyebabkan kita berseru
kepada Allah (bd. Mr 14:36; Rom 8:15,26-27). Dua tanda yang pasti
dari pekerjaan Roh di dalam kita adalah seruan spontan kepada Allah
sebagai "Bapa" dan ketaatan spontan kepada Yesus Kristus sebagai "Tuhan"
(lihat cat. --> 1Kor 12:3).
[atau ref. 1Kor 12:3]
- 2) Mungkin yang terutama dimaksudkan Paulus dalam ayat ini adalah
baptisan dalam Roh Kudus dan kepenuhan yang berkesinambungan (bd.
Kis 1:5; 2:4; Ef 5:18), karena hubungan kita dengan Dia sebagai anak
dijadikan Allah sebagai alasan untuk mengutus Roh Kudus. Karena kita
sudah menjadi "anak" melalui iman kepada Kristus, Allah mencurahkan Roh
Kudus ke dalam hati kita. Keadaan "diterima menjadi anak" (ayat
Gal 4:5) mendahului pengiriman Roh Kudus
(lihat cat. --> Gal 3:5).
[atau ref. Gal 3:5]
10 Full Life: HIDUP DI LUAR KASIH KARUNIA.
Nas : Gal 5:4
Beberapa anggota jemaat di Galatia telah mengganti iman mereka
kepada Kristus dengan iman kepada upacara-upacara legalistik dari hukum
Taurat (Gal 1:6-7; 5:3). Paulus menyatakan bahwa mereka sudah berada di
luar kasih karunia. Hidup di luar kasih karunia berarti terasing dari
Kristus (bd. Yoh 15:4-6) dan meninggalkan prinsip kasih karunia Allah
yang membawa hidup dan keselamatan. Hal ini berarti hubungan dengan Kristus
ditiadakan dan tidak lagi tinggal "di dalam Kristus"
(lihat cat. --> Yoh 15:6;
[atau ref. Yoh 15:6]
2Pet 2:15,20-22;
lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA).
11 Full Life: HARUS MEMIMPIN ... DALAM ROH LEMAH LEMBUT.
Nas : Gal 6:1
Kata "memimpin" dalam bahasa Yun. _katartizo_ berarti "memulihkan".
Kata ini dipakai dalam PB untuk membetulkan jaring atau jala (Mat 4:21)
atau menyempurnakan watak manusia (2Kor 13:11). Jadi, memulihkan
seorang berarti memimpin orang itu kembali kepada pertobatan yang benar dan
penyerahan sepenuhnya kepada Kristus dan ajaran-ajaran-Nya. Hal ini mungkin
meliputi tindakan disiplin
(lihat cat. --> Mat 13:30)
[atau ref. Mat 13:30]
yang dilaksanakan dengan "lemah lembut".
- 1) Paulus tidak berbicara mengenai dosa-dosa serius yang merusak citra
jemaat di hadapan umum (bd. 1Kor 5:5). Dosa-dosa semacam itu mungkin
memerlukan tindakan pengucilan sementara dari persekutuan jemaat sebelum
dipulihkan kembali (1Kor 5:11).
- 2) Pemulihan yang disebutkan Paulus di sini tidak menunjuk kepada
pemulihan kepada kedudukan pemimpin atau guru dalam gereja. Syarat dan
standar bagi mereka yang ingin melayani dalam kedudukan kependetaan
meliputi lebih daripada keadaan rohani seseorang sekarang ini. Hal ini
menuntut bakti kesetiaan yang tekun terhadap prinsip-prinsip Allah untuk
kebenaran supaya mereka dapat menjadi teladan bagi orang percaya
(1Tim 4:12;
lihat art. SYARAT-SYARAT MORAL PENILIK JEMAAT).