Yehezkiel 5:11
5:11 Sebab itu, demi Aku yang hidup,
demikianlah firman Tuhan ALLAH,
sesungguhnya, oleh karena engkau menajiskan tempat kudus-Ku
1 dengan segala dewamu
yang menjijikkan dan dengan segala perbuatanmu
yang keji, Aku sendiri akan meruntuhkan engkau; Aku tidak akan merasa sayang dan tidak akan kenal belas kasihan.
Yehezkiel 8:7-10
8:7 Dan dibawa-Nya aku ke pintu pelataran, aku melihat, sungguh, ada sebuah lobang di dalam temboknya.
8:8 Firman-Nya kepadaku: "Hai anak manusia, perbesarlah lobang yang di tembok itu!" Sesudah aku memperbesar lobang itu, lihat, ada sebuah pintu.
8:9 Firman-Nya kepadaku: "Masuklah dan lihatlah perbuatan-perbuatan kekejian yang jahat, yang mereka lakukan di sini."
8:10 Lalu aku masuk dan melihat, sungguh, segala gambar-gambar binatang melata dan binatang-binatang lain yang menjijikkan
dan segala berhala-berhala kaum Israel
terukir pada tembok
sekelilingnya.
Yehezkiel 8:15-16
8:15 Firman-Nya kepadaku: "Hai anak manusia, kaulihatkah apa yang mereka perbuat? Engkau masih akan melihat perbuatan-perbuatan kekejian yang lebih besar lagi dari pada ini."
8:16 Kemudian dibawa-Nya aku ke pelataran
dalam rumah TUHAN; sungguh, dekat jalan masuk ke bait TUHAN, di antara balai Bait Suci dan mezbah
ada kira-kira dua puluh lima orang laki-laki, yang membelakangi bait TUHAN dan menghadap ke sebelah timur sambil sujud pada matahari
di sebelah timur.
Yehezkiel 8:2
8:2 dan aku menerima penglihatan: Sungguh, ada kelihatan yang menyerupai seorang laki-laki, dari yang menyerupai pinggangnya sampai ke bawah kelihatan seperti api dan dari pinggangnya ke atas kelihatan seperti cahaya, seperti suasa
mengkilat.
Kisah Para Rasul 21:4
21:4 Di situ kami mengunjungi murid-murid
dan tinggal di situ tujuh hari lamanya. Oleh bisikan Roh
murid-murid itu menasihati Paulus, supaya ia jangan pergi ke Yerusalem
2 .
Kisah Para Rasul 21:7
21:7 Dari Tirus
kami tiba di Ptolemais dan di situ berakhirlah pelayaran kami. Kami memberi salam kepada saudara-saudara
dan tinggal satu hari di antara mereka.
Kisah Para Rasul 23:11-12
23:11 Pada malam berikutnya Tuhan datang berdiri di sisinya
3 dan berkata kepadanya:
"Kuatkanlah hatimu, sebab sebagaimana engkau dengan berani telah bersaksi tentang Aku di Yerusalem, demikian jugalah hendaknya engkau pergi bersaksi di Roma."
Komplotan orang-orang Yahudi
23:12 Dan setelah hari siang orang-orang Yahudi mengadakan komplotan
dan bersumpah dengan mengutuk diri, bahwa mereka tidak akan makan atau minum, sebelum mereka membunuh Paulus.
Kisah Para Rasul 23:2
23:2 Tetapi Imam Besar Ananias
menyuruh orang-orang yang berdiri dekat Paulus menampar mulut
Paulus.
Kisah Para Rasul 1:4-7
1:4 Pada suatu hari ketika Ia makan bersama-sama dengan mereka, Ia melarang mereka meninggalkan Yerusalem, dan menyuruh mereka tinggal di situ menantikan
janji Bapa
4 ,
yang -- demikian kata-Nya --
"telah kamu dengar dari pada-Ku.
1:5 Sebab Yohanes membaptis dengan air, tetapi tidak lama lagi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus 5 ."
Yesus terangkat ke sorga
1:6 Maka bertanyalah mereka yang berkumpul di situ: "Tuhan, maukah Engkau pada masa ini memulihkan
kerajaan bagi Israel?"
1:7 Jawab-Nya:
"Engkau tidak perlu mengetahui masa dan waktu, yang ditetapkan Bapa sendiri menurut kuasa-Nya.
Kisah Para Rasul 1:14
1:14 Mereka semua bertekun dengan sehati dalam doa
bersama-sama
6 , dengan beberapa perempuan
serta Maria, ibu Yesus, dan dengan saudara-saudara
Yesus.
Yeremia 7:30
7:30 Sungguh, orang Yehuda telah melakukan apa yang jahat
di mata-Ku, demikianlah firman TUHAN, telah menempatkan dewa-dewa
mereka yang menjijikkan di rumah yang atasnya nama-Ku diserukan ini untuk menajiskannya.
1 Full Life: ENGKAU MENAJISKAN TEMPAT KUDUS-KU.
Nas : Yeh 5:11
Salah satu alasan utama murka Allah ditujukan kepada Yerusalem
adalah karena mereka menajiskan Bait Suci dengan penyembahan berhala (lih.
pasal Yeh 8:1-11:25). PB memperingatkan orang percaya terhadap dosa
dahsyat yang sama. Rasul Paulus menyatakan bahwa "jika ada orang yang
membinasakan bait Allah, maka Allah akan membinasakan dia" (1Kor 3:17);
di dalam nas ini, bait Allah mengacu kepada sebuah gereja lokal atau
sekelompok gereja. Orang menajiskan gereja Allah dengan mengambil bagian
dalam ibadahnya sambil hidup di dalam dosa dan kebejatan, atau dengan
memajukan ajaran yang tidak alkitabiah.
2 Full Life: OLEH BISIKAN ROH MURID-MURID ITU MENASIHATI PAULUS SUPAYA IA JANGAN PERGI KE YERUSALEM.
Nas : Kis 21:4
"Oleh bisikan Roh" artinya "karena apa yang dikatakan Roh." Roh
Kudus tidak menghalangi Paulus pergi ke Yerusalem, karena Allah menghendaki
dia pergi (lih. ayat Kis 21:14; 23:11). Namun, Allah sedang memberikan
peringatan kepada Paulus bahwa banyak penderitaan menunggu dia di sana.
Kemungkinan Roh mengatakan yang sama di Tirus seperti di Kaisarea (ayat
Kis 21:8-14). Akan tetapi, Paulus sudah menghitung harganya dan tetap
bersedia mati bagi Injil (ayat Kis 21:10-14).
3 Full Life: TUHAN DATANG BERDIRI DI SISINYA.
Nas : Kis 23:11
Paulus cemas dan gelisah mengenai apa yang akan terjadi atas
dirinya. Tampaknya dia akan dibunuh di Yerusalem sehingga rencananya untuk
membawa Injil ke Roma dan ke bagian barat yang lebih jauh mungkin tidak
akan terwujud. Pada saat genting ini Allah menampakkan diri kepadanya,
menguatkan hatinya serta meyakinkan Paulus bahwa dia akan bersaksi bagi
Allah di Roma. Alkitab mencatat bahwa Tuhan menampakkan diri tiga kali
kepada Paulus untuk meyakinkan dia (Kis 18:9-10; 22:17-18; 23:11; bd.
Kis 27:23-24;
lihat cat. --> Kis 18:10).
[atau ref. Kis 18:10]
4 Full Life: MENANTIKAN JANJI BAPA.
Nas : Kis 1:4
(Dalam versiInggris NIV, ungkapan ini diterjemahkan "karunia yang
dijanjikan Bapa"). Karunia yang dijanjikan Bapa (Yoel 2:28-29; Mat 3:11)
adalah baptisan dalam Roh Kudus
(lihat cat. --> Kis 1:5).
[atau ref. Kis 1:5]
Penggenapan janji itu dilukiskan sebagai "penuhlah dengan Roh Kudus"
(Kis 2:4). Jadi, "dibaptis dengan Roh Kudus" dan "dipenuhi dengan Roh
Kudus" adakalanya dipertukartempatkan dalam kitab ini.
Baptisan dalam Roh Kudus jangan disamakan dengan menerima Roh Kudus pada
saat pembaharuan
(lihat art. PEMBAHARUAN).
Dua pengalaman ini merupakan karya Roh yang berbeda, sering kali dipisahkan
oleh waktu
(lihat art. PEMBAHARUAN PARA MURID).
5 Full Life: DENGAN (DALAM) ROH KUDUS.
Nas : Kis 1:5
Kata depan "dengan" adalah terjemahan dari kata Yunani _en_ yang
sering kali diterjemahkan juga sebagai "dalam". Banyak orang lebih suka
terjemahan "kamu akan dibaptiskan dalam Roh Kudus". Dengan demikian,
"dibaptiskan dengan air" dapat juga diterjemahkan "dibaptiskan dalam air".
Yesus sendirilah membaptiskan orang yang percaya kepada-Nya dalam Roh Kudus
(lihat cat. --> Yoh 1:33).
[atau ref. Yoh 1:33]
6 Full Life: BERTEKUN DENGAN SEHATI DALAM DOA BERSAMA-SAMA.
Nas : Kis 1:14
Pengalaman Pentakosta senantiasa melibatkan tanggung jawab manusia.
Mereka yang membutuhkan pencurahan Roh agar berkuasa untuk melakukan
pekerjaan Allah harus menyerahkan dirinya kepada Roh Kudus lewat suatu
komitmen kepada kehendak Allah dan melalui doa (ayat Kis 1:4; 2:38;
Kis 9:11-17; bd. Yes 40:29-31; Luk 11:5-13; 24:49). Perhatikan
kesamaan-kesamaan di antara turunnya Roh Kudus atas Yesus dan turun-Nya
atas murid Yesus.
- 1) Roh Kudus turun ke atas mereka setelah mereka berdoa
(Luk 3:21-22; Kis 1:14; 2:4).
- 2) Ada kenyataan-kenyataan yang dapat dilihat dari Roh (Luk 3:22;
Kis 2:2-4).
- 3) Pelayanan Yesus dan para rasul baru dimulai setelah Roh Kudus turun
ke atas mereka (bd. Mat 3:16 dengan Mat 4:17; Luk 3:21-23 dengan
Luk 4:14-19; bd. Kis 2:14-47).