Keluaran 32:11
32:11 Lalu Musa mencoba melunakkan
hati TUHAN
1 , Allahnya, dengan berkata: "Mengapakah, TUHAN, murka-Mu bangkit terhadap umat-Mu, yang telah Kaubawa keluar dari tanah Mesir dengan kekuatan yang besar dan dengan tangan
yang kuat?
Ulangan 9:29
9:29 Bukankah mereka itu umat
milik-Mu
sendiri, yang Kaubawa keluar dengan kekuatan-Mu yang besar dan dengan lengan-Mu
yang teracung?"
Yesaya 63:16-19
63:16 Bukankah Engkau Bapa
kami? Sungguh, Abraham tidak tahu apa-apa tentang kami, dan Israel tidak mengenal
kami. Ya TUHAN, Engkau sendiri Bapa kami; nama-Mu ialah "Penebus
kami" sejak dahulu kala.
63:17 Ya TUHAN, mengapa Engkau biarkan kami sesat
dari jalan-Mu, dan mengapa Engkau tegarkan hati
kami, sehingga tidak takut
kepada-Mu? Kembalilah
oleh karena hamba-hamba-Mu, oleh karena suku-suku milik kepunyaan-Mu!
63:18 Mengapa orang-orang fasik menghina tempat kudus-Mu,
para lawan kami memijak-mijak
bait kudus-Mu?
63:19 Keadaan kami seolah-olah kami dari dahulu kala tidak pernah berada di bawah pemerintahan-Mu, seolah-olah nama-Mu
tidak pernah disebut atas kami.
Yesaya 64:9
64:9 Ya TUHAN, janganlah murka
amat sangat dan janganlah mengingat-ingat dosa
untuk seterusnya! Sesungguhnya, pandanglah kiranya, kami sekalian adalah umat-Mu.
Daniel 9:15-27
9:15 Oleh sebab itu, ya Tuhan, Allah kami, yang telah membawa umat-Mu keluar dari tanah Mesir dengan tangan
yang kuat dan memasyhurkan nama-Mu,
seperti pada hari ini, kami telah berbuat dosa, kami telah berlaku fasik.
9:16 Ya Tuhan, sesuai dengan belas kasihan-Mu,
biarlah kiranya murka dan amarah-Mu
berlalu
dari Yerusalem,
kota-Mu, gunung-Mu
yang kudus; sebab oleh karena dosa kami dan oleh karena kesalahan nenek moyang kami maka Yerusalem dan umat-Mu telah menjadi cela
bagi semua orang yang di sekeliling kami.
9:17 Oleh sebab itu, dengarkanlah, ya Allah kami, doa hamba-Mu ini dan permohonannya, dan sinarilah
tempat kudus-Mu yang telah musnah ini dengan wajah-Mu, demi Tuhan sendiri.
9:18 Ya Allahku, arahkanlah telinga-Mu
dan dengarlah,
bukalah mata-Mu dan lihatlah
kebinasaan kami dan kota yang disebut dengan nama-Mu,
sebab kami menyampaikan doa permohonan kami ke hadapan-Mu bukan berdasarkan jasa-jasa kami, tetapi berdasarkan kasih sayang-Mu
yang berlimpah-limpah.
9:19 Ya Tuhan, dengarlah! Ya, Tuhan, ampunilah!
Ya Tuhan, perhatikanlah dan bertindaklah dengan tidak bertangguh, oleh karena Engkau sendiri,
Allahku, sebab kota-Mu dan umat-Mu disebut dengan nama-Mu!"
Tujuh puluh kali tujuh masa
9:20 Sementara aku berbicara dan berdoa dan mengaku
dosaku dan dosa bangsaku, bangsa Israel, dan menyampaikan ke hadapan TUHAN, Allahku, permohonanku bagi gunung
kudus Allahku,
9:21 sementara aku berbicara dalam doa, terbanglah dengan cepat ke arahku Gabriel,
dia yang telah kulihat dalam penglihatan yang dahulu itu pada waktu persembahan korban
petang hari.
9:22 Lalu ia mengajari aku dan berbicara dengan aku: "Daniel, sekarang aku datang untuk memberi akal budi kepadamu untuk mengerti.
9:23 Ketika engkau mulai menyampaikan permohonan
keluarlah suatu firman, maka aku datang untuk memberitahukannya kepadamu, sebab engkau sangat dikasihi.
Jadi camkanlah firman itu dan perhatikanlah penglihatan
itu!
9:24 Tujuh puluh kali tujuh masa
2 telah ditetapkan atas bangsamu dan atas kotamu
yang kudus, untuk melenyapkan kefasikan, untuk mengakhiri dosa, untuk menghapuskan
kesalahan, untuk mendatangkan keadilan
yang kekal, untuk menggenapkan penglihatan dan nabi, dan untuk mengurapi yang maha kudus.
9:25 Maka ketahuilah dan pahamilah: dari saat firman itu keluar, yakni bahwa Yerusalem akan dipulihkan dan dibangun kembali,
sampai pada kedatangan seorang yang diurapi,
seorang raja,
ada tujuh kali tujuh masa; dan enam puluh dua kali tujuh masa
3 lamanya kota itu akan dibangun kembali dengan tanah lapang dan paritnya, tetapi di tengah-tengah kesulitan.
9:26 Sesudah keenam puluh dua kali tujuh masa itu akan disingkirkan
seorang yang telah diurapi
4 , padahal tidak ada salahnya apa-apa. Maka datanglah rakyat seorang raja memusnahkan kota dan tempat kudus itu, tetapi raja itu akan menemui ajalnya dalam air bah;
dan sampai pada akhir zaman akan ada peperangan dan pemusnahan,
seperti yang telah ditetapkan.
9:27 Raja itu akan membuat perjanjian itu menjadi berat bagi banyak orang selama satu kali tujuh masa
5 . Pada pertengahan tujuh masa itu ia akan menghentikan korban sembelihan dan korban santapan; dan di atas sayap kekejian akan datang yang membinasakan, sampai pemusnahan yang telah ditetapkan
menimpa yang membinasakan
6 itu."
1 Full Life: MUSA MENCOBA MELUNAKKAN HATI TUHAN.
Nas : Kel 32:11
Doa syafaat Musa bagi umat Israel (ayat Kel 32:11-14)
menunjukkan bahwa Allah menjawab doa-doa para hamba-Nya yang setia dan
membiarkan mereka berperan serta dalam tujuan-tujuan dan
keputusan-keputusan-Nya mengenai penebusan.
- 1) Jelas sekali bahwa Allah ingin membinasakan umat pemberontak itu
(ayat Kel 32:10). Namun Musa, yang bertindak sebagai perantara di
antara Tuhan dengan umat itu, dengan sungguh-sungguh memohon syafaat
supaya melunakkan hati Allah sehingga mengubah maksud-Nya.
- 2) Karena doa Musa yang sungguh-sungguh, Tuhan menaruh belas kasihan
(ayat Kel 32:14;
lihat cat. --> Yak 5:16;
[atau ref. Yak 5:16]
lihat art. DOA SYAFAAT).
- 3) Kebenaran akbar yang ditekankan di sini ialah bahwa Allah menjadikan
hamba-hamba-Nya rekan sekerja (1Kor 3:9). Ia menunjuk mereka sebagai
perantara dan juru syafaat bagi yang terhilang
(lihat cat. --> Rom 9:2),
[atau ref. Rom 9:2]
dan sampai batas tertentu nasib orang yang nyaris binasa ada di tangan
mereka
(lihat cat. --> Mat 9:38).
[atau ref. Mat 9:38]
Jadi, Allah telah menetapkan bahwa doa syafaat yang sungguh-sungguh dari
orang yang benar dapat menggerakkan hati-Nya untuk mengubah maksud-Nya
yang sementara dan mendatangkan penebusan bukannya hukuman (bd.
Yeh 22:30). Doa sungguh-sungguh mengubahkan keadaan (bd.
Mazm 106:44-45; Yer 18:8; 26:3,13,19; Am 7:2-6; Yun 3:10;
lihat art. DOA SYAFAAT).
- 4) Allah tidak mengabaikan doa syafaat seorang hamba yang setia selama
harapan akan penebusan masih tetap ada. Syafaat akan ditolak Allah hanya
apabila dosa sudah mencapai puncaknya (bd. Yer 15:1; Yeh 14:14,16).
- 5) Merupakan rahasia yang tak terselami bahwa Allah dapat diyakinkan
oleh doa syafaat manusia yang serba lemah untuk mengubah tindakan yang
telah dinyatakan dan berbalik dari murka kepada pengampunan. Allah
bukanlah oknum ilahi yang tak berperasaan atau takdir yang tegar, tetapi
Allah berkepribadian yang senang digerakkan oleh kasih, iman, dan doa
umat-Nya yang setia
(lihat art. PEMELIHARAAN ALLAH).
2 Full Life: TUJUH PULUH KALI TUJUH MASA.
Nas : Dan 9:24
Di sini nubuat Daniel tentang Israel dan kota kudus sangat penting
bagi hari-hari terakhir zaman ini. Kata yang diterjemahkan "tujuh masa" di
sini berarti kesatuan tujuh tahun; jadi, "tujuh puluh kali tujuh masa"
adalah periode 490 tahun. Enam hal khusus akan terlaksana bagi Irael selama
490 tahun.
- 1) Suatu pendamaian bagi kefasikan akan diadakan, yang terlaksana dalam
kematian Yesus yang mendamaikan.
- 2) Dosa akan diakhiri. Seluruh Israel (yaitu kaum sisa) akan kembali
kepada Allah dalam kebenaran
(lihat cat. --> Rom 11:26;
[atau ref. Rom 11:26]
lihat art. ISRAEL DALAM RENCANA KESELAMATAN ALLAH).
- 3) "Kesalahan" mereka akan dihapuskan; yaitu, pelanggaran nasional
berupa ketidakpercayaan akan berhenti (bd. Yer 33:7-8;
Yeh 37:21-23).
- 4) Suatu pemerintahan "keadilan yang kekal" akan didatangkan (bd.
Yes 59:2-21; Yer 31:31-34).
- 5) Nubuat akan digenapi dan disempurnakan (bd. Kis 8:19-21).
- 6) Yesus Kristus akan diurapi sebagai Raja (bd. 1Sam 9:16; 10:1;
Yeh 21:26-27).
3 Full Life: TUJUH KALI TUJUH MASA DAN ENAM PULUH DUA KALI TUJUH MASA.
Nas : Dan 9:25
Allah menyatakan kepada Daniel bahwa enam puluh sembilan kali tujuh
masa, yaitu 483 tahun, akan berlangsung di antara saat pengumuman keputusan
untuk membangun kembali Yerusalem dan kedatangan Mesias, seorang Yang
Diurapi. Terdapat perbedaan pendapat tentang waktu tepat 483 tahun ini
dimulai. Ada yang mengatakan 538 SM ketika titah Koresy dikeluarkan; akan
tetapi, ketetapan itu adalah untuk membangun kembali Bait Suci dan bukan
kota. Sangat mungkin itu mulai pada 457 SM, ketika Ezra kembali dan mulai
membangun kembali kota itu (Ezr 4:12-13,16;
lihat cat. --> Ezr 4:11;
lihat cat. --> Ezr 4:23);
[atau ref. Ezr 4:11,23]
anggapan ini akan membuat 483 tahun itu berakhir pada tahun 27 M, kurang
lebih pada waktu Yesus memulai pelayanan-Nya.
4 Full Life: AKAN DISINGKIRKAN SEORANG YANG TELAH DIURAPI.
Nas : Dan 9:26
Setelah "tujuh kali tujuh masa" (ayat Dan 9:25) dan setelah
"enam puluh dua kali tujuh masa," yaitu sejumlah 69 "tujuh masa" (483
tahun) dua hal akan terjadi:
- 1) Mesias akan "disingkirkan" atau disalibkan (bd. Yes 53:8).
- 2) "Rakyat seorang raja" akan memusnahkan Yerusalem dan Bait Suci.
"Rakyat itu" adalah pasukan Roma yang membinasakan Yerusalem pada tahun
70 M
(lihat cat. --> Luk 21:20);
[atau ref. Luk 21:20]
"raja" mengacu kepada antikristus akhir zaman.
- 3) Perhatikan bahwa kebinasaan Yerusalem tidak langsung menyusul
penyaliban Kristus; jadi, akhir dari 69 "tujuh masa" terpisah oleh suatu
jarak waktu dari awal "tujuh masa" ke-70. Banyak penafsir mengatakan
bahwa zaman gereja adalah jarak waktu di antara "tujuh masa" ke-69
dengan yang ke-70.
5 Full Life: MEMBUAT PERJANJIAN ... SELAMA SATU KALI TUJUH MASA.
Nas : Dan 9:27
Ikatan perjanjian di antara "raja yang akan datang" (ayat
Dan 9:26) dengan Israel akan menandai dimulainya "tujuh masa" yang
ke-70, tujuh tahun terakhir masa ini. Mengenai peristiwa ini, Alkitab
mengajarkan yang berikut:
- 1) Penguasa yang akan mengikat perjanjian dengan Israel adalah
antikristus, tetapi ia tidak akan tampak saat itu (bd. 2Tes 2:3-10;
1Yoh 2:18). Rupanya suatu perjanjian damai akan dirundingkan oleh
antikristus di antara Israel dan musuh-musuh mereka mengenai sengketa
tanah (Dan 11:39).
- 2) Pada pertengahan tujuh tahun (yaitu, setelah tiga setengah tahun),
raja itu akan melanggar perjanjiannya dengan Israel, menyatakan dirinya
sebagai Allah, mengambil alih Bait Suci di Yerusalem, melarang ibadah
kepada Tuhan (bd. 2Tes 2:4) dan menghancurkan Palestina; ia akan
memerintah selama tiga setengah tahun (Wahy 11:1-2; 13:4-6;
lihat art. ZAMAN ANTIKRISTUS).
- 3) Makna nubuat dari "kekejian yang membinasakan" hanya akan diketahui
oleh orang yang percaya kepada Allah (Dan 12:10-11). Yesus
mengatakan bahwa orang percaya harus memperhatikan tanda yang sangat
penting ini karena itu akan memulaikan hitungan tiga setengah tahun
terakhir sampai kedatangan-Nya kembali ke bumi dalam kemuliaan (lih.
Mat 24:15). Dengan memperhatikan secara teliti, orang percaya dalam
kesengsaraan besar akan mengetahui bahwa kedatangan Kristus sudah dekat,
sudah di ambang pintu (Mat 24:33;
lihat art. KESENGSARAAN BESAR).
Kedatangan Mesias (2Tes 2:8; Wahy 19:11-20) akan terjadi pada akhir
tujuh tahun atau masa tiga setengah tahun yang kedua. Wahyu menegaskan
waktu itu dengan menyatakan dua kali bahwa antikristus (yaitu
"binatang") akan berkuasa hanya selama 42 bulan (Wahy 11:1-2;
Wahy 13:4-6). Daniel kemudian menyatakan lagi bahwa hal itu akan
terjadi tiga setengah tahun ("Satu masa dan dua masa dan setengah masa")
dari saat kesengsaraan besar hingga akhirnya (Dan 12:7).
- 4) Selama tiga setengah tahun yang dijatahkan kepada antikristus,
Yerusalem akan terus diinjak-injak oleh orang bukan Yahudi
(Wahy 11:2).
- 5) "Kekejian yang membinasakan" menjadi tanda yang jelas bahwa
kesengsaraan besar telah dimulai (Dan 12:11; Mat 24:15-21; bd.
Ul 4:30-31; Yer 30:5-7; Za 13:8-9).
- 6) Masa kesengsaraan dan pemerintahan antikristus akan berakhir dengan
kedatangan Kristus dalam kuasa untuk menghukum orang fasik
(Mat 25:31-46), membinasakan antikristus dan memulai
pemerintahan-Nya selama seribu tahun (Yer 23:5-6; Mat 24:27,30).
6 Full Life: KEKEJIAN ... YANG MEMBINASAKAN.
Nas : Dan 9:27
Yesus mengacu kepada penglihatan Daniel ketika mengatakan, "Jadi
apabila kamu melihat Pembinasa keji berdiri di tempat kudus, menurut firman
yang disampaikan oleh nabi Daniel" (Mat 24:15); pernyataan Yesus ini
mungkin menunjuk kepada pencemaran Bait Suci Yerusalem oleh antikristus di
masa depan (bd. 2Tes 2:3-4; Wahy 13:14-15;
lihat art. ZAMAN ANTIKRISTUS).