Ulangan 31:10
31:10 Dan Musa memerintahkan kepada mereka, demikian: "Pada akhir tujuh tahun, pada waktu yang telah ditetapkan dalam tahun penghapusan hutang,
yakni hari raya Pondok Daun,
Keluaran 21:2
21:2 Apabila engkau membeli seorang budak
Ibrani
1 , maka haruslah ia bekerja padamu enam tahun lamanya, tetapi pada tahun yang ketujuh ia diizinkan keluar sebagai orang merdeka,
dengan tidak membayar tebusan apa-apa.
Keluaran 23:10-11
23:10 Enam tahunlah lamanya engkau menabur di tanahmu dan mengumpulkan hasilnya,
23:11 tetapi pada tahun ketujuh haruslah engkau membiarkannya dan meninggalkannya
begitu saja, supaya orang miskin di antara bangsamu dapat makan, dan apa yang ditinggalkan mereka haruslah dibiarkan dimakan binatang hutan. Demikian juga kaulakukan dengan kebun anggurmu dan kebun zaitunmu.
Imamat 25:2-4
25:2 "Berbicaralah kepada orang Israel dan katakan kepada mereka: Apabila kamu telah masuk ke negeri yang akan Kuberikan kepadamu, maka tanah itu harus mendapat perhentian sebagai sabat bagi TUHAN.
25:3 Enam tahun lamanya engkau harus menaburi ladangmu, dan enam tahun lamanya engkau harus merantingi kebun anggurmu dan mengumpulkan hasil tanah
itu,
25:4 tetapi pada tahun yang ketujuh haruslah ada bagi tanah itu suatu sabat, masa perhentian
penuh, suatu sabat bagi TUHAN. Ladangmu janganlah kautaburi dan kebun anggurmu
janganlah kaurantingi.
Yesaya 61:1-3
Kabar selamat kepada Sion
61:1 Roh
Tuhan ALLAH
ada padaku
2 3 , oleh karena TUHAN telah mengurapi
aku; Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik
kepada orang-orang sengsara,
dan merawat
orang-orang yang remuk hati, untuk memberitakan pembebasan
kepada orang-orang tawanan,
dan kepada orang-orang yang terkurung kelepasan dari penjara,
61:2 untuk memberitakan tahun rahmat
TUHAN dan hari pembalasan
4 Allah kita, untuk menghibur
semua orang berkabung,
61:3 untuk mengaruniakan kepada mereka perhiasan
kepala ganti abu,
minyak
untuk pesta ganti kain kabung,
nyanyian puji-pujian ganti semangat yang pudar, supaya orang menyebutkan mereka "pohon tarbantin kebenaran", "tanaman
TUHAN" untuk memperlihatkan keagungan-Nya.
Yeremia 36:8-18
36:8 Lalu Barukh bin Neria melakukan tepat seperti yang diperintahkan kepadanya oleh nabi Yeremia untuk membacakan perkataan-perkataan TUHAN dari kitab itu di rumah TUHAN. --
36:9 Adapun dalam tahun yang kelima pemerintahan Yoyakim bin Yosia, raja Yehuda, dalam bulan
yang kesembilan, orang telah memaklumkan puasa
di hadapan TUHAN bagi segenap rakyat di Yerusalem dan bagi segenap rakyat yang telah datang dari kota-kota Yehuda ke Yerusalem. --
36:10 Maka Barukh membacakan kepada segenap rakyat perkataan Yeremia dari kitab itu, di rumah TUHAN, di kamar Gemarya
anak panitera
Safan,
di pelataran atas di muka pintu gerbang baru
dari rumah TUHAN.
36:11 Ketika Mikhaya bin Gemarya bin Safan mendengar segala firman TUHAN dari kitab itu,
36:12 turunlah ia ke istana raja, ke kamar panitera.
Di sana tampak duduk semua pemuka, yakni panitera Elisama, Delaya bin Semaya, Elnatan
bin Akhbor, Gemarya bin Safan, Zedekia bin Hananya dan semua pemuka
lain.
36:13 Lalu Mikhaya memberitahukan kepada mereka segala firman yang telah didengarnya, ketika Barukh membacakan kitab itu kepada orang banyak.
36:14 Kemudian para pemimpin itu menyuruh Yehudi
bin Netanya bin Selemya bin Kusyi kepada Barukh mengatakan: "Bawalah gulungan
yang telah kaubacakan kepada orang banyak itu dan datanglah ke mari!" Maka Barukh bin Neria membawa gulungan itu dan datang kepada mereka.
36:15 Berkatalah mereka kepadanya: "Silakan duduk dan bacakan itu kepada kami!" Lalu Barukh membacakannya kepada mereka.
36:16 Setelah mereka mendengar segala perkataan itu, maka terkejutlah
5 mereka dan berkata seorang kepada yang lain: "Kita harus dengan segera memberitahukan segala perkataan ini kepada raja!"
36:17 Bertanyalah mereka kepada Barukh, katanya: "Beritahukanlah kepada kami, bagaimana caranya engkau menuliskan
segala perkataan ini!"
36:18 Jawab Barukh kepada mereka: "Segala perkataan ini langsung dari mulut
Yeremia kepadaku, dan aku menuliskannya dengan tinta dalam kitab."
Lukas 4:18-19
4:18 "Roh Tuhan ada pada-Ku 6 , oleh sebab Ia telah mengurapi Aku 7 , untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku
4:19 untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang."
1 Full Life: SEORANG BUDAK IBRANI.
Nas : Kel 21:2
Sekalipun Allah tidak secara langsung menghapuskan kejahatan seperti
perbudakan atau poligami di Israel, Ia mengatur semua itu untuk
menjadikannya lebih manusiawi (bd. Im 25:39-40; Ul 15:12-18). Pada satu
pihak, perbuatan-perbuatan ini bukan cita-cita Allah. Pada pihak lain, Ia
mengizinkannya untuk sesaat karena kekerasan hati manusia (bd.
Mat 19:8;
lihat cat. --> Kej 29:28).
[atau ref. Kej 29:28]
Lagi pula, hukum-hukum Allah mengenai perbudakan lebih manusiawi daripada
kebiasaan bangsa-bangsa di sekitar itu. Akan tetapi, dalam PB, Allah
mengungkapkan standar yang lebih tinggi lagi
(lihat cat. --> Yoh 13:34;
lihat cat. --> Kol 3:22).
[atau ref. Yoh 13:34; Kol 3:22]
2 Full Life: ROH TUHAN ALLAH ADA PADA-KU.
Nas : Yes 61:1-3
Gambaran Mesias dan pengurapan-Nya ini berhubungan dengan tugas atau
pelayanan-Nya
(lihat cat. --> Yes 11:2-3
[atau ref. Yes 11:2-3]
di mana Yesaya melukiskan sifat dan keunggulan rohani-Nya dengan lebih
langsung). Ketika Yesus memulai pelayanan-Nya, Ia mengutip ayat-ayat ini
dan menerapkannya pada diri-Nya sendiri (Luk 4:18-19). Untuk menunaikan
pelayanan-Nya, Yesus diurapi oleh Roh Kudus (bd. Yes 11:2; 42:1).
Pelayanan-Nya yang terurapi mencakup
- (1) pemberitaan Injil kepada orang miskin, rendah hati, dan
tersiksa;
- (2) menyembuhkan dan merawat mereka yang secara rohani dan jasmaniah
sakit dan hancur hati;
- (3) membuka belenggu-belenggu kejahatan dan memberitakan pembebasan
dari dosa dan penguasaan Iblis; dan
- (4) membuka mata rohani orang terhilang sehingga mereka dapat
melihat terang Injil dan selamat.
Tujuan empat ganda ini menandai seluruh pelayanan Yesus Kristus, dan akan
terus digenapi oleh gereja selama berada di bumi.
3 Full Life: ROH TUHAN ALLAH ADA PADA-KU.
Nas : Yes 61:1
Ada sekilas petunjuk tentang ajaran Trinitas di dalam ayat ini:
Tuhan Allah, Roh, dan Aku (yaitu Yesus;
lihat cat. --> Mr 1:11).
[atau ref. Mr 1:11]
4 Full Life: HARI PEMBALASAN.
Nas : Yes 61:2
Yesus tidak menyebutkan frasa ini ketika mengutip nubuat ini
(Luk 4:18-19) karena "hari pembalasan" baru akan terjadi ketika Ia
datang kembali. Hukuman terakhir atas orang fasik akan terjadi pada masa
kesengsaraan besar dan ketika Kristus kembali ke bumi (pasal
Wahy 5:1-19:21; bd. Yes 34:8; Mat 24:30).
5 Full Life: SETELAH MEREKA MENDENGAR ... TERKEJUTLAH
Nas : Yer 36:16
(versi Inggris NIV -- takutlah). Rupanya para pejabat itu
mempercayai nubuat-nubuat itu sehingga mengetahui itu harus dibacakan
kepada raja; akan tetapi, karena mengetahui pertentangan raja terhadap
kebenaran dan keadilan, mereka menasihatkan agar Yeremia dan Barukh
menyembunyikan diri.
6 Full Life: ROH ... ADA PADAKU.
Nas : Luk 4:18
Lihat art. YESUS DAN ROH KUDUS.
7 Full Life: IA TELAH MENGURAPI AKU.
Nas : Luk 4:18
Yesus menerangkan maksud pelayanan-Nya yang diurapi Roh, yaitu:
- 1) Untuk menyampaikan kabar baik kepada orang miskin, papa, menderita,
hina, patah semangat, hancur hati, dan mereka yang "gentar kepada
firman-Nya"
(lihat cat. --> Yes 61:1-3;
lihat cat. --> Yes 66:2).
[atau ref. Yes 61:1-3; 66:2]
- 2) Untuk menyembuhkan mereka yang memar dan tertindas. Penyembuhan ini
meliputi segenap pribadi, baik jasmani maupun rohani.
- 3) Untuk mencelikkan mata rohani mereka yang dibutakan oleh dunia dan
Iblis agar mereka dapat melihat kebenaran kabar baik Allah (bd.
Yoh 9:39).
- 4) Untuk memberitakan saat pembebasan dan penyelamatan yang
sesungguhnya dari kuasa Iblis, dosa, ketakutan, dan rasa bersalah (bd.
Yoh 8:36; Kis 26:18).
Semua orang yang dipenuhi Roh terpanggil untuk ikut serta dalam pelayanan
Yesus dengan cara-cara demikian. Untuk melakukannya kita harus menyadari
sungguh-sungguh kebutuhan dan kesengsaraan yang diakibatkan oleh dosa dan
kuasa Iblis yang dahsyat -- keadaan perbudakan kepada kejahatan, kehancuran
hati, kebutaan rohani, dan penderitaan fisik.