Daniel 8:23
8:23 Dan pada akhir kerajaan mereka, apabila orang-orang fasik telah penuh kejahatannya, maka akan muncul seorang raja dengan muka yang garang
1 dan yang pandai menipu.
Daniel 9:24--10:1
9:24 Tujuh puluh kali tujuh masa
2 telah ditetapkan atas bangsamu dan atas kotamu
yang kudus, untuk melenyapkan kefasikan, untuk mengakhiri dosa, untuk menghapuskan
kesalahan, untuk mendatangkan keadilan
yang kekal, untuk menggenapkan penglihatan dan nabi, dan untuk mengurapi yang maha kudus.
9:25 Maka ketahuilah dan pahamilah: dari saat firman itu keluar, yakni bahwa Yerusalem akan dipulihkan dan dibangun kembali,
sampai pada kedatangan seorang yang diurapi,
seorang raja,
ada tujuh kali tujuh masa; dan enam puluh dua kali tujuh masa
3 lamanya kota itu akan dibangun kembali dengan tanah lapang dan paritnya, tetapi di tengah-tengah kesulitan.
9:26 Sesudah keenam puluh dua kali tujuh masa itu akan disingkirkan
seorang yang telah diurapi
4 , padahal tidak ada salahnya apa-apa. Maka datanglah rakyat seorang raja memusnahkan kota dan tempat kudus itu, tetapi raja itu akan menemui ajalnya dalam air bah;
dan sampai pada akhir zaman akan ada peperangan dan pemusnahan,
seperti yang telah ditetapkan.
9:27 Raja itu akan membuat perjanjian itu menjadi berat bagi banyak orang selama satu kali tujuh masa
5 . Pada pertengahan tujuh masa itu ia akan menghentikan korban sembelihan dan korban santapan; dan di atas sayap kekejian akan datang yang membinasakan, sampai pemusnahan yang telah ditetapkan
menimpa yang membinasakan
6 itu."
Penglihatan Daniel di tepi sungai Tigris
10:1 Pada tahun ketiga pemerintahan Koresh,
raja orang Persia, suatu firman dinyatakan kepada Daniel yang diberi nama Beltsazar;
firman itu benar
dan mengenai kesusahan yang besar. Maka dicamkannyalah firman itu dan diperhatikannyalah penglihatan itu.
Daniel 11:27
11:27 Dan kedua raja itu bermaksud jahat,
dan sedang mereka duduk bersama-sama pada satu meja, mereka akan saling membohongi;
tetapi hal itu tidak akan berhasil, sebab akhir zaman itu belum mencapai waktu yang ditetapkan.
Habakuk 2:3
2:3 Sebab penglihatan itu masih menanti saatnya
7 ,
tetapi ia bersegera menuju kesudahannya
dengan tidak menipu; apabila berlambat-lambat, nantikanlah
itu, sebab itu sungguh-sungguh akan datang dan tidak akan bertangguh.
Kisah Para Rasul 17:26
17:26 Dari satu orang saja Ia telah menjadikan semua bangsa dan umat manusia untuk mendiami seluruh muka bumi dan Ia telah menentukan musim-musim bagi mereka dan batas-batas kediaman
mereka,
Roma 5:6
5:6 Karena waktu kita masih lemah,
Kristus telah mati untuk kita orang-orang durhaka
pada waktu yang ditentukan
oleh Allah.
Galatia 4:4
4:4 Tetapi setelah genap waktunya,
maka Allah mengutus Anak-Nya,
yang lahir dari seorang perempuan
dan takluk kepada hukum Taurat.
Efesus 1:10
1:10 sebagai persiapan kegenapan
waktu untuk mempersatukan di dalam Kristus
sebagai Kepala segala sesuatu, baik yang di sorga maupun yang di bumi.
Efesus 1:1
Salam
1:1 Dari Paulus, rasul
Kristus Yesus oleh kehendak Allah,
kepada orang-orang kudus
di Efesus,
orang-orang percaya
dalam Kristus Yesus
10 .
Titus 2:6
2:6 Demikian juga orang-orang muda;
nasihatilah mereka supaya mereka menguasai diri
dalam segala hal
Titus 2:2
2:2 Laki-laki yang tua
hendaklah hidup sederhana
9 ,
terhormat, bijaksana,
sehat dalam iman,
dalam kasih dan dalam ketekunan.
Titus 1:10
1:10 Karena sudah banyak orang hidup tidak tertib, terutama di antara mereka yang berpegang pada hukum sunat.
Dengan omongan
yang sia-sia mereka menyesatkan pikiran.
1 Full Life: RAJA DENGAN MUKA YANG GARANG.
Nas : Dan 8:23
Karena disebutkan "pada akhir kerajaan," beberapa orang beranggapan
bahwa di sini Gabriel berbicara tentang antikristus; akan tetapi, tampaknya
kemungkinan besar ia mengacu kepada masa akhir dari empat kerajaan yang
muncul dari kerajaan Aleksander
(lihat cat. --> Dan 8:5).
[atau ref. Dan 8:5]
Jadi, raja bermuka garang ini adalah Antiokhus Epifanes yang melambangkan
antikristus; acuan kepada "petang dan pagi" (ayat Dan 8:26;
lihat cat. --> Dan 8:14)
[atau ref. Dan 8:14]
menunjukkan bahwa waktu itu masih di zaman Anthiokhus.
2 Full Life: TUJUH PULUH KALI TUJUH MASA.
Nas : Dan 9:24
Di sini nubuat Daniel tentang Israel dan kota kudus sangat penting
bagi hari-hari terakhir zaman ini. Kata yang diterjemahkan "tujuh masa" di
sini berarti kesatuan tujuh tahun; jadi, "tujuh puluh kali tujuh masa"
adalah periode 490 tahun. Enam hal khusus akan terlaksana bagi Irael selama
490 tahun.
- 1) Suatu pendamaian bagi kefasikan akan diadakan, yang terlaksana dalam
kematian Yesus yang mendamaikan.
- 2) Dosa akan diakhiri. Seluruh Israel (yaitu kaum sisa) akan kembali
kepada Allah dalam kebenaran
(lihat cat. --> Rom 11:26;
[atau ref. Rom 11:26]
lihat art. ISRAEL DALAM RENCANA KESELAMATAN ALLAH).
- 3) "Kesalahan" mereka akan dihapuskan; yaitu, pelanggaran nasional
berupa ketidakpercayaan akan berhenti (bd. Yer 33:7-8;
Yeh 37:21-23).
- 4) Suatu pemerintahan "keadilan yang kekal" akan didatangkan (bd.
Yes 59:2-21; Yer 31:31-34).
- 5) Nubuat akan digenapi dan disempurnakan (bd. Kis 8:19-21).
- 6) Yesus Kristus akan diurapi sebagai Raja (bd. 1Sam 9:16; 10:1;
Yeh 21:26-27).
3 Full Life: TUJUH KALI TUJUH MASA DAN ENAM PULUH DUA KALI TUJUH MASA.
Nas : Dan 9:25
Allah menyatakan kepada Daniel bahwa enam puluh sembilan kali tujuh
masa, yaitu 483 tahun, akan berlangsung di antara saat pengumuman keputusan
untuk membangun kembali Yerusalem dan kedatangan Mesias, seorang Yang
Diurapi. Terdapat perbedaan pendapat tentang waktu tepat 483 tahun ini
dimulai. Ada yang mengatakan 538 SM ketika titah Koresy dikeluarkan; akan
tetapi, ketetapan itu adalah untuk membangun kembali Bait Suci dan bukan
kota. Sangat mungkin itu mulai pada 457 SM, ketika Ezra kembali dan mulai
membangun kembali kota itu (Ezr 4:12-13,16;
lihat cat. --> Ezr 4:11;
lihat cat. --> Ezr 4:23);
[atau ref. Ezr 4:11,23]
anggapan ini akan membuat 483 tahun itu berakhir pada tahun 27 M, kurang
lebih pada waktu Yesus memulai pelayanan-Nya.
4 Full Life: AKAN DISINGKIRKAN SEORANG YANG TELAH DIURAPI.
Nas : Dan 9:26
Setelah "tujuh kali tujuh masa" (ayat Dan 9:25) dan setelah
"enam puluh dua kali tujuh masa," yaitu sejumlah 69 "tujuh masa" (483
tahun) dua hal akan terjadi:
- 1) Mesias akan "disingkirkan" atau disalibkan (bd. Yes 53:8).
- 2) "Rakyat seorang raja" akan memusnahkan Yerusalem dan Bait Suci.
"Rakyat itu" adalah pasukan Roma yang membinasakan Yerusalem pada tahun
70 M
(lihat cat. --> Luk 21:20);
[atau ref. Luk 21:20]
"raja" mengacu kepada antikristus akhir zaman.
- 3) Perhatikan bahwa kebinasaan Yerusalem tidak langsung menyusul
penyaliban Kristus; jadi, akhir dari 69 "tujuh masa" terpisah oleh suatu
jarak waktu dari awal "tujuh masa" ke-70. Banyak penafsir mengatakan
bahwa zaman gereja adalah jarak waktu di antara "tujuh masa" ke-69
dengan yang ke-70.
5 Full Life: MEMBUAT PERJANJIAN ... SELAMA SATU KALI TUJUH MASA.
Nas : Dan 9:27
Ikatan perjanjian di antara "raja yang akan datang" (ayat
Dan 9:26) dengan Israel akan menandai dimulainya "tujuh masa" yang
ke-70, tujuh tahun terakhir masa ini. Mengenai peristiwa ini, Alkitab
mengajarkan yang berikut:
- 1) Penguasa yang akan mengikat perjanjian dengan Israel adalah
antikristus, tetapi ia tidak akan tampak saat itu (bd. 2Tes 2:3-10;
1Yoh 2:18). Rupanya suatu perjanjian damai akan dirundingkan oleh
antikristus di antara Israel dan musuh-musuh mereka mengenai sengketa
tanah (Dan 11:39).
- 2) Pada pertengahan tujuh tahun (yaitu, setelah tiga setengah tahun),
raja itu akan melanggar perjanjiannya dengan Israel, menyatakan dirinya
sebagai Allah, mengambil alih Bait Suci di Yerusalem, melarang ibadah
kepada Tuhan (bd. 2Tes 2:4) dan menghancurkan Palestina; ia akan
memerintah selama tiga setengah tahun (Wahy 11:1-2; 13:4-6;
lihat art. ZAMAN ANTIKRISTUS).
- 3) Makna nubuat dari "kekejian yang membinasakan" hanya akan diketahui
oleh orang yang percaya kepada Allah (Dan 12:10-11). Yesus
mengatakan bahwa orang percaya harus memperhatikan tanda yang sangat
penting ini karena itu akan memulaikan hitungan tiga setengah tahun
terakhir sampai kedatangan-Nya kembali ke bumi dalam kemuliaan (lih.
Mat 24:15). Dengan memperhatikan secara teliti, orang percaya dalam
kesengsaraan besar akan mengetahui bahwa kedatangan Kristus sudah dekat,
sudah di ambang pintu (Mat 24:33;
lihat art. KESENGSARAAN BESAR).
Kedatangan Mesias (2Tes 2:8; Wahy 19:11-20) akan terjadi pada akhir
tujuh tahun atau masa tiga setengah tahun yang kedua. Wahyu menegaskan
waktu itu dengan menyatakan dua kali bahwa antikristus (yaitu
"binatang") akan berkuasa hanya selama 42 bulan (Wahy 11:1-2;
Wahy 13:4-6). Daniel kemudian menyatakan lagi bahwa hal itu akan
terjadi tiga setengah tahun ("Satu masa dan dua masa dan setengah masa")
dari saat kesengsaraan besar hingga akhirnya (Dan 12:7).
- 4) Selama tiga setengah tahun yang dijatahkan kepada antikristus,
Yerusalem akan terus diinjak-injak oleh orang bukan Yahudi
(Wahy 11:2).
- 5) "Kekejian yang membinasakan" menjadi tanda yang jelas bahwa
kesengsaraan besar telah dimulai (Dan 12:11; Mat 24:15-21; bd.
Ul 4:30-31; Yer 30:5-7; Za 13:8-9).
- 6) Masa kesengsaraan dan pemerintahan antikristus akan berakhir dengan
kedatangan Kristus dalam kuasa untuk menghukum orang fasik
(Mat 25:31-46), membinasakan antikristus dan memulai
pemerintahan-Nya selama seribu tahun (Yer 23:5-6; Mat 24:27,30).
6 Full Life: KEKEJIAN ... YANG MEMBINASAKAN.
Nas : Dan 9:27
Yesus mengacu kepada penglihatan Daniel ketika mengatakan, "Jadi
apabila kamu melihat Pembinasa keji berdiri di tempat kudus, menurut firman
yang disampaikan oleh nabi Daniel" (Mat 24:15); pernyataan Yesus ini
mungkin menunjuk kepada pencemaran Bait Suci Yerusalem oleh antikristus di
masa depan (bd. 2Tes 2:3-4; Wahy 13:14-15;
lihat art. ZAMAN ANTIKRISTUS).
7 Full Life: MASIH MENANTI SAATNYA.
Nas : Hab 2:3
Penyelesaian terakhir untuk masalah Habakuk akan datang di masa
depan, pada saat yang ditetapkan Allah.
- 1) Kejahatan di dunia akan sampai pada titik akhir. Umat Allah yang
setia harus "menanti saatnya" sekalipun tampaknya begitu lama.
- 2) Seperti Habakuk, kita harus menantikan campur tangan yang benar dari
Tuhan pada akhir zaman ini. Pada akhirnya, Kristus akan mengangkat orang
benar dari bumi dan membinasakan segala kejahatan (lih.
1Tes 4:16-17;
lihat art. KEANGKATAN GEREJA).
8 Full Life: DALAM KRISTUS YESUS.
Nas : Ef 1:1
Setiap orang percaya "yang setia" memiliki hidup hanya "dalam
Kristus Yesus".
- 1) Istilah " dalam Kristus", "dalam Tuhan", "dalam Dia", dst. muncul
160 kali dalam surat-surat Paulus (36 kali di Efesus). "Dalam Kristus"
berarti bahwa orang percaya kini hidup dan bertindak dalam lingkungan
Kristus Yesus. Persatuan dengan Kristus merupakan lingkungan baru orang
tertebus. Orang percaya "dalam Kristus" secara sadar memiliki hubungan
erat dengan Tuhan mereka, dan dalam hubungan ini kehidupan mereka
dipandang sebagai kehidupan Kristus yang hidup dalam diri mereka
(lihat cat. --> Gal 2:20).
[atau ref. Gal 2:20]
Persekutuan pribadi ini dengan Kristus adalah hal yang terpenting dalam
pengalaman Kristen. Persatuan dengan Kristus diterima sebagai karunia
Allah melalui iman.
- 2) Alkitab membandingkan kehidupan baru kita "dalam Kristus" dengan
kehidupan lama yang belum diperbaharui "dalam Adam." Sedangkan kehidupan
lama itu bercirikan ketidaktaatan, dosa, keterkutukan, dan kematian,
kehidupan baru kita "dalam Kristus" bercirikan keselamatan, hidup di
dalam Roh, kasih karunia yang berkelimpahan, kebenaran, dan hidup kekal
(lih. Rom 5:12-21; 6:1-23; 8:1-39; 14:17-19; 1Kor 15:21-22,45-49;
Fili 2:1-5; 4:6-9;
lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA).
9 Full Life: LAKI-LAKI YANG TUA HENDAKLAH HIDUP SEDERHANA.
Nas : Tit 2:2
Maksud jelas dari ayat ini ialah bahwa laki-laki yang tua itu harus
menjadi teladan bagi semua orang percaya dalam hal mempersembahkan diri
kepada Allah sebagai persembahan yang hidup tanpa minum anggur yang
memabukkan (lih. 1Tim 3:2,11, di mana istilah ini dipakai untuk gembala
dan wanita). Kenyataan ini didukung oleh berbagai fakta berikut:
- 1) "Sederhana" (Yun. _nephalios_) didefinisikan dalam leksikon Yunani
PB dengan arti utama "berpantang anggur". Perhatikan definisi berikut,
"Kata ini bermula mengandung arti berpantangan alkohol" (Reinecher and
Rogers); "orang yang tidak minum anggur" (Greek Dictionary of Byzantius,
Athens, 1839); "Tanpa anggur, tuna anggur" (Liddell and Scott); "bebas
dari semua pemasukan anggur" (Moulton-Milligan); "tidak mengandung
anggur" (Kittel dan Friedrich); "tidak tercampur anggur" (Abbott-Smith);
"secara harfiah, tidak minum anggur sama sekali" (Brown, Dictionary of
New Testament Theology, Vol. 1). Brown menambahkan: "Nephalios dipakai
hanya dalam Surat-Surat Penggembalaan dan menunjuk kepada gaya hidup
berpantang yang dituntut dari para penilik (1Tim 3:2), wanita
(1Tim 3:11) dan penatua (Tit 2:2)." R. Laird Harris menyatakan
bahwa "istilah ini dipakai umumnya dalam pengertian klasiknya, yaitu
bebas dari semua anggur" (The Bible Today, hal.139).
- 2) Para penulis Yahudi, seangkatan dengan Paulus dan Petrus,
membenarkan penggunaan umum definisi utama itu. Yosefus mengatakan
berhubungan dengan para imam Yahudi bahwa "semuanya dalam segala hal
tahir dan berpantang (nephalioi) karena dilarang minum anggur ketika
memakai jubah imam" (Antiquities, 3.12.2). Philo menyatakan bahwa jiwa
yang dibaharui "berpantang (nephein) senantiasa dan sepanjang hidup ini"
(Drunkenness, 37).
- 3) Berdasarkan semua masukan itu, tidak mungkin Paulus menggunakan
istilah ini tanpa mengetahui pengertian utamanya (bd. 1Tes 5:6).