Ayub 29:23
29:23 Orang menantikan aku seperti menantikan hujan, dan menadahkan mulutnya seperti menadah hujan
pada akhir musim.
Ayub 29:21
29:21 Kepadakulah orang mendengar sambil menanti, dengan diam mereka mendengarkan nasihatku.
Ayub 7:2
7:2 Seperti kepada seorang budak yang merindukan naungan,
seperti kepada orang upahan yang menanti-nantikan upahnya,
Ayub 30:26
30:26 Tetapi, ketika aku mengharapkan yang baik, maka kejahatanlah yang datang; ketika aku menantikan terang, maka kegelapanlah
yang datang.
Ayub 3:21
3:21 yang menantikan maut, yang tak kunjung tiba,
yang mengejarnya lebih dari pada menggali harta
terpendam;
Ayub 24:15
24:15 Orang yang berzinah
menunggu senja,
pikirnya: Jangan seorangpun melihat aku;
lalu dikenakannya tudung muka.
Ayub 6:19
6:19 Kafilah dari Tema
mengamat-amatinya dan rombongan dari Syeba
mengharapkannya,
Ayub 3:9
3:9 Biarlah bintang-bintang senja menjadi gelap; biarlah ia menantikan terang yang tak kunjung datang, janganlah ia melihat merekahnya fajar,
Ayub 21:21
21:21 Karena peduli apa ia dengan keluarganya sesudah ia mati,
bila telah habis
jumlah bulannya?
Ayub 32:11
32:11 Ketahuilah, aku telah menantikan kata-katamu, aku telah memperhatikan pemikiranmu, hingga kamu menemukan kata-kata yang tepat.
Ayub 18:12
18:12 Bencana
mengidamkan
dia, kebinasaan
bersiap-siap menantikan dia jatuh.
Ayub 35:14
35:14 Lebih-lebih lagi kalau engkau berkata, bahwa engkau tidak melihat Dia,
bahwa perkaramu
sudah diadukan kehadapan-Nya, tetapi masih juga engkau menanti-nantikan Dia!
Ayub 32:16
32:16 Haruskah aku menunggu, karena mereka putus bicara, karena mereka berdiri di sana dan tidak memberi sanggahan lagi?
Ayub 14:14
14:14 Kalau manusia mati, dapatkah ia hidup lagi
1 ? Maka aku akan menaruh harap selama hari-hari pergumulanku,
sampai tiba giliranku;
Ayub 8:7
8:7 Maka kedudukanmu yang dahulu akan kelihatan hina, tetapi kedudukanmu yang kemudian akan menjadi
sangat mulia.
Ayub 17:1
17:1 Semangatku
patah
2 , umurku telah habis,
dan bagiku
tersedia kuburan.
Ayub 31:3
31:3 Bukankah kebinasaan
bagi orang yang curang dan kemalangan
bagi yang melakukan kejahatan?
Ayub 36:2
36:2 "Bersabarlah sebentar, aku akan mengajar engkau, karena masih ada yang hendak kukatakan demi Allah.
Ayub 15:22
15:22 Ia tidak percaya, bahwa ia akan kembali dari kegelapan:
ia sudah ditentukan untuk dimakan pedang.
Ayub 17:13
17:13 Apabila aku mengharapkan dunia orang mati
sebagai rumahku, menyediakan tempat tidurku
di dalam kegelapan,
Ayub 32:4
32:4 Elihu menangguhkan bicaranya dengan Ayub, karena mereka lebih tua dari pada dia.
Ayub 7:8
7:8 Orang yang memandang aku, tidak akan melihat aku lagi, sementara Engkau memandang aku, aku tidak ada lagi.
Ayub 13:15
13:15 Lihatlah, Ia hendak membunuh aku, tak ada harapan
bagiku
3 ,
namun aku hendak membela peri lakuku di hadapan-Nya.
Ayub 15:23
15:23 Ia mengembara
untuk mencari makan, entah ke mana.
Ia tahu, bahwa hari kegelapan
siap menantikan
dia.
Ayub 24:1
Allah seakan-akan acuh tak acuh terhadap kejahatan
24:1 "Mengapa Yang Mahakuasa tidak mencadangkan masa
penghukuman
dan mereka yang mengenal Dia tidak melihat hari
pengadilan-Nya?
Ayub 30:20
30:20 Aku berseru minta tolong kepada-Mu,
tetapi Engkau tidak menjawab
4 ;
aku berdiri menanti, tetapi Engkau tidak menghiraukan aku.
Ayub 24:14
24:14 Pada parak siang bersiaplah si pembunuh, orang sengsara
dan miskin dibunuhnya,
dan waktu malam ia berlaku seperti pencuri.
1 Full Life: KALAU MANUSIA MATI, DAPATKAH IA HIDUP LAGI?
Nas : Ayub 14:14
Ayub percaya bahwa setelah mati dan memasuki dunia orang mati (ayat
Ayub 14:13), Allah akan memanggil dia keluar dari kubur (ayat
Ayub 14:15; bd. 1Kor 15:20; 1Tes 4:16-17); dengan kata lain, Ayub
mengungkapkan harapan akan kebangkitan pribadi
(lihat cat. --> Ayub 19:25;
lihat cat. --> Ayub 19:26).
[atau ref. Ayub 19:25-26]
Dasar penantian yang penuh harapan ini ialah kasih Allah yang
sungguh-sungguh bagi umat-Nya, yaitu "Engkau akan rindu kepada buatan
tangan-Mu" (ayat Ayub 14:15). Untuk sesaat, Ayub menjangkau kepada Allah
dengan ungkapan iman yang meluap-luap.
2 Full Life: SEMANGATKU PATAH.
Nas : Ayub 17:1
Sebagai orang yang sudah hancur hati, Ayub percaya bahwa sebentar
lagi ia akan mati. Ia memandang dirinya sebagai orang yang ditinggalkan
Allah dan menjadi sasaran cemoohan rekan-rekannya. Ayub tidak bisa berbuat
apa-apa selain tabah di dalam keyakinannya bahwa ia benar (ayat
Ayub 17:9), mempertahankan keyakinannya akan keadilan Allah, sekalipun
semua situasi kelihatan bertentangan (Ayub 16:19-22).
3 Full Life: IA HENDAK MEMBUNUH AKU, TAK ADA HARAPAN BAGIKU
Nas : Ayub 13:15
(versi Inggris NIV -- sekalipun Ia membunuh aku, namun aku akan
berharap kepada-Nya). Dalam ayat ini terdapat pernyataan yang paling
mengagumkan tentang iman akan kebaikan Allah yang pernah diungkapkan. Apa
pun yang diizinkan Allah terjadi atas Ayub, apa pun beban yang ditimpakan
kepadanya, bahkan sekalipun dia "dibunuh" oleh-Nya, Ayub percaya bahwa
akhirnya Allah tidak akan mengecewakan dia. Paulus mengungkapkan keyakinan
yang sama tentang kasih Allah bagi umat-Nya yang setia pasal (Rom 8:39).
Walaupun Tuhan mengambil kenyamanan demi kenyamanan, kesehatan dirusakkan
dan gelombang-gelombang kesulitan menimpa kita, melalui kasih karunia Yesus
Kristus dan kuasa kematian-Nya yang menyelamatkan, kita dapat mempercayai
Allah dengan iman yang kokoh, yakin bahwa Dia itu benar, adil, dan baik
(bd. Rom 8:37-39).
4 Full Life: AKU BERSERU ... ENGKAU TIDAK MENJAWAB.
Nas : Ayub 30:20
Semua anak Tuhan pernah mengalami hal ini pada suatu saat tertentu
dalam hubungan mereka dengan Allah, suatu saat ketika mereka berseru kepada
Allah minta pertolongan dan Dia agaknya tidak menjawab mereka. Bahkan Tuhan
Yesus pernah mengalami hal ini (Mat 27:46).
- 1) Melalui pengalaman ini iman kita diuji. Meskipun demikian, pada
saat-saat semacam itu kita harus bertekun di dalam iman (lih.
Mat 15:21-28; Luk 18:1-7; 1Pet 1:7).
- 2) Kita mengetahui dari hubungan Allah dengan Ayub dan dengan orang
percaya yang setia sepanjang sejarah bahwa tidak pernah seorang pengikut
sejati sungguh-sungguh ditinggalkan Tuhan (Ibr 13:5), dan tidak ada
doa sungguh-sungguh yang tidak terdengar (bd. Ibr 10:32-39).