Ayub 21:1-34
Pendapat Ayub, bahwa kemujuran orang fasik kelihatannya tahan lama
21:1 Tetapi Ayub menjawab:
21:2 "Dengarkanlah baik-baik perkataanku
dan biarlah itu menjadi penghiburanmu.
21:3 Bersabarlah dengan aku, aku akan berbicara; sehabis bicaraku bolehlah kamu mengejek.
21:4 Kepada manusiakah keluhanku
tertuju? Mengapa aku tidak boleh kesal hati?
21:5 Berpalinglah kepadaku, maka kamu akan tercengang, dan menutup mulutmu
dengan tangan!
21:6 Kalau aku memikirkannya, aku menjadi takut,
dan gemetarlah tubuhku.
21:7 Mengapa orang fasik tetap hidup
1 , menjadi tua, bahkan menjadi bertambah-tambah kuat?
21:8 Keturunan mereka tetap bersama mereka, dan anak cucu diperhatikan
mereka.
21:9 Rumah-rumah mereka aman, tak ada ketakutan,
pentung Allah tidak menimpa mereka.
21:10 Lembu jantan mereka memacek dan tidak gagal, lembu betina mereka beranak dan tidak keguguran.
21:11 Kanak-kanak mereka dibiarkan keluar seperti kambing domba,
anak-anak mereka melompat-lompat.
21:12 Mereka bernyanyi-nyanyi dengan iringan rebana dan kecapi,
dan bersukaria menurut lagu seruling.
21:13 Mereka menghabiskan hari-hari mereka dalam kemujuran,
dan dengan tenang
mereka turun ke dalam dunia orang mati.
21:14 Tetapi kata mereka kepada Allah: Pergilah
dari kami! Kami tidak suka mengetahui jalan-jalan-Mu.
21:15 Yang Mahakuasa itu apa, sehingga kami harus beribadah kepada-Nya, dan apa manfaatnya bagi kami, kalau kami memohon kepada-Nya?
21:16 Memang, kemujuran mereka tidak terletak dalam kuasa mereka sendiri! Rancangan orang fasik
adalah jauh dari padaku.
21:17 Betapa sering pelita orang fasik dipadamkan,
kebinasaan
menimpa mereka, dan kesakitan dibagikan Allah kepada mereka dalam murka-Nya!
21:18 Mereka menjadi seperti jerami di depan angin, seperti sekam
yang diterbangkan
badai.
21:19 Bencana untuk dia disimpan Allah bagi anak-anaknya.
Sebaiknya, orang itu sendiri diganjar Allah, supaya sadar;
21:20 sebaiknya matanya sendiri melihat kebinasaannya,
dan ia sendiri minum
dari murka Yang Mahakuasa!
21:21 Karena peduli apa ia dengan keluarganya sesudah ia mati,
bila telah habis
jumlah bulannya?
21:22 Masakan kepada Allah
diajarkan orang pengetahuan, kepada Dia yang mengadili mereka yang di tempat tinggi?
21:23 Yang seorang mati dengan masih penuh tenaga,
dengan sangat tenang dan sentosa;
21:24 pinggangnya gemuk
oleh lemak, dan sumsum
tulang-tulangnya
masih segar.
21:25 Yang lain mati dengan sakit hati,
dengan tidak pernah merasakan kenikmatan.
21:26 Tetapi sama-sama mereka terbaring di dalam debu,
dan berenga-berenga
berkeriapan di atas mereka.
21:27 Sesungguhnya, aku mengetahui pikiranmu, dan muslihat yang kamu rancangkan terhadap aku.
21:28 Katamu: Di mana rumah penguasa?
Di mana kemah tempat kediaman
orang-orang fasik?
21:29 Belum pernahkah kamu bertanya-tanya kepada orang-orang yang lewat di jalan? Dapatkah kamu menyangkal petunjuk-petunjuk mereka,
21:30 bahwa orang jahat terlindung pada hari kebinasaan,
dan diselamatkan pada hari murka
Allah?
21:31 Siapa yang akan langsung menggugat kelakuannya, dan mengganjar perbuatannya?
21:32 Dialah yang dibawa ke kuburan,
dan jiratnya dirawat orang.
21:33 Dengan nyaman ia ditutupi oleh gumpalan-gumpalan tanah di lembah;
setiap orang mengikuti dia, dan yang mendahului dia
tidak terbilang banyaknya.
21:34 Alangkah hampanya penghiburanmu bagiku!
Semua jawabanmu hanyalah tipu daya belaka!
"
1 Full Life: MENGAPA ORANG FASIK TETAP HIDUP.
Nas : Ayub 21:7
Ayub mempersoalkan ketidakadilan hidup ini, khususnya kemakmuran,
keberhasilan, dan kebahagiaan banyak orang fasik. Mazm 73:1-28 membahas
masalah teologi ini. Kadang-kadang yang "murni hatinya" justru "kena tulah"
(Mazm 73:1,14), sedangkan yang fasik makmur dan "kesakitan tidak ada
pada mereka" (Mazm 73:3-5). Allah menanggapinya dengan menyatakan
kesudahan hidup orang benar dan orang jahat (Mazm 73:16-28). Pada
akhirnya, Allah akan dengan adil memperbaiki segala hal dan memberikan
kepada setiap orang sesuai dengan perbuatannya dan kasihnya akan kebenaran
(Rom 2:5-11). Yang fasik tidak akan luput dari hukuman, dan yang benar
pasti akan dibenarkan dan diberi pahala (Rom 2:5-11; Wahy 2:10).