Amsal 1:24
1:24 Oleh karena kamu menolak
ketika aku memanggil,
dan tidak ada orang yang menghiraukan
ketika aku mengulurkan tanganku,
Amsal 2:19
2:19 Segala orang yang datang kepadanya tidak balik kembali, dan tidak mencapai jalan kehidupan.
Amsal 3:13
3:13 Berbahagialah orang yang mendapat hikmat, orang yang memperoleh kepandaian,
Amsal 3:27
Anjuran untuk berbuat baik
3:27 Janganlah menahan kebaikan dari pada orang-orang yang berhak menerimanya, padahal engkau mampu melakukannya.
Amsal 3:33
3:33 Kutuk
TUHAN ada di dalam rumah orang fasik,
tetapi tempat kediaman orang benar
diberkati-Nya.
Amsal 6:14
6:14 yang hatinya mengandung tipu muslihat,
yang senantiasa merencanakan kejahatan, dan yang menimbulkan pertengkaran.
Amsal 6:30
6:30 Apakah seorang pencuri tidak akan dihina, apabila ia mencuri untuk memuaskan nafsunya karena lapar?
Amsal 7:15
7:15 Itulah sebabnya aku keluar menyongsong engkau, untuk mencari engkau dan sekarang kudapatkan engkau.
Amsal 8:12
8:12 Aku, hikmat, tinggal bersama-sama dengan kecerdasan, dan aku mendapat pengetahuan dan kebijaksanaan.
Amsal 8:14
8:14 Padaku ada nasihat dan pertimbangan, akulah pengertian, padakulah kekuatan.
Amsal 10:6
10:6 Berkat ada di atas kepala orang benar, tetapi mulut orang fasik
menyembunyikan kelaliman.
Amsal 10:20
10:20 Lidah orang benar seperti perak pilihan, tetapi pikiran orang fasik sedikit nilainya.
Amsal 12:3
12:3 Orang tidak akan tetap tegak karena kefasikan, tetapi akar orang benar tidak akan goncang.
Amsal 13:14
13:14 Ajaran orang bijak adalah sumber kehidupan,
sehingga orang terhindar dari jerat-jerat maut.
Amsal 14:9
14:9 Orang bodoh mencemoohkan korban tebusan, tetapi orang jujur saling menunjukkan kebaikan.
Amsal 15:3
15:3 Mata
TUHAN ada di segala tempat,
mengawasi orang jahat dan orang baik.
Amsal 17:8
17:8 Hadiah suapan
1 adalah seperti mestika di mata yang memberinya, ke mana juga ia memalingkan muka, ia beruntung.
Amsal 18:21
18:21 Hidup dan mati
dikuasai lidah, siapa suka menggemakannya, akan memakan buahnya.
Amsal 20:17
20:17 Roti hasil tipuan sedap rasanya,
tetapi kemudian mulutnya penuh dengan kerikil.
Amsal 21:26
21:26 Keinginan bernafsu sepanjang hari, tetapi orang benar
memberi tanpa batas.
Amsal 23:1
23:1 Bila engkau duduk makan dengan seorang pembesar, perhatikanlah baik-baik apa yang ada di depanmu.
Amsal 23:5
23:5 Kalau engkau mengamat-amatinya, lenyaplah
ia, karena tiba-tiba ia bersayap, lalu terbang ke angkasa seperti rajawali.
Amsal 23:8
23:8 Suap yang telah kaumakan, kau akan muntahkan, dan kata-katamu yang manis kausia-siakan.
Amsal 23:22
23:22 Dengarkanlah ayahmu yang memperanakkan engkau, dan janganlah menghina ibumu kalau ia sudah tua.
Amsal 25:1-2
Amsal-amsal Salomo yang dikumpulkan pegawai-pegawai Hizkia
25:1 Juga ini adalah amsal-amsal
Salomo yang dikumpulkan pegawai-pegawai Hizkia
2 , raja Yehuda.
25:2 Kemuliaan Allah ialah merahasiakan sesuatu
3 , tetapi kemuliaan raja-raja
ialah menyelidiki sesuatu.
Amsal 26:7
26:7 Amsal di mulut orang bebal
adalah seperti kaki yang terkulai dari pada orang yang lumpuh.
Amsal 26:15
26:15 Si pemalas mencelupkan tangannya ke dalam pinggan, tetapi ia terlalu lelah untuk mengembalikannya ke mulutnya.
Amsal 27:3
27:3 Batu adalah berat dan pasirpun
ada beratnya, tetapi lebih berat dari kedua-duanya adalah sakit hati terhadap orang bodoh.
Amsal 28:21
28:21 Memandang bulu
tidaklah baik,
tetapi untuk sekerat roti
orang membuat pelanggaran.
Amsal 30:2
30:2 Sebab aku ini lebih bodoh dari pada orang lain, pengertian manusia tidak ada padaku.
1 Full Life: SUAPAN.
Nas : Ams 17:8
Suapan kadang-kadang akan menghasilkan keberhasilan dan kekayaan
sementara. Akan tetapi, menyuap adalah dosa; karena itu suap dilarang keras
dalam Alkitab sebab menghalangi terwujudnya keadilan (ayat Ams 17:23;
Ams 15:27; 1Sam 12:3; Yes 1:23; 1Tim 6:10).
2 Full Life: HIZKIA.
Nas : Ams 25:1
Hizkia memerintah Israel 200 tahun setelah Salomo (sekitar 715-686
SM); lih. pasal 2Raj 18:1-20:21; 2Taw 29:1-32:33; Yes 36:1-39:8 untuk
keterangan mengenai masa pemerintahannya.
3 Full Life: MERAHASIAKAN SESUATU.
Nas : Ams 25:2
Allah telah memutuskan untuk tidak mengungkapkan segala sesuatu
dengan jelas (bd. Rom 11:33). Ia telah merahasiakan banyak hal bagi
orang yang membaca Alkitab dengan sepintas lalu. Hal-hal itu hanya dapat
ditemukan orang yang rajin membaca Alkitab. Para pemimpin umat Allah
seharusnya dengan tekun menggali kedalaman penyataan Allah di dalam
Firman-Nya (lih. 1Kor 2:6-16).