Kisah Para Rasul 22:21
22:21 Tetapi kata Tuhan kepadaku:
Pergilah, sebab Aku akan mengutus engkau jauh dari sini kepada bangsa-bangsa lain."
Bilangan 8:11-14
8:11 dan Harun harus mengunjukkan orang Lewi itu sebagai persembahan unjukan
1 dari antara orang Israel di hadapan TUHAN, dan demikianlah mereka diuntukkan melakukan pekerjaan jabatannya bagi TUHAN.
8:12 Setelah orang Lewi meletakkan tangannya atas kepala lembu-lembu jantan
muda itu, maka haruslah yang seekor diolah sebagai korban penghapus dosa
dan yang lain sebagai korban bakaran
bagi TUHAN untuk mengadakan pendamaian
bagi orang Lewi.
8:13 Maka haruslah engkau menghadapkan orang Lewi kepada Harun dengan anak-anaknya dan mengunjukkan mereka sebagai persembahan unjukan
bagi TUHAN.
8:14 Demikianlah harus engkau mentahirkan mereka dari tengah-tengah orang
2 Israel, supaya orang Lewi itu menjadi kepunyaan-Ku.
Roma 1:1
Salam
1:1 Dari Paulus, hamba Kristus Yesus, yang dipanggil menjadi rasul
dan dikuduskan
untuk memberitakan Injil Allah.
Roma 10:15
10:15 Dan bagaimana mereka dapat memberitakan-Nya, jika mereka tidak diutus? Seperti ada tertulis: "Betapa indahnya kedatangan mereka yang membawa kabar baik!
"
Galatia 1:15
1:15 Tetapi waktu Ia, yang telah memilih aku
3 sejak kandungan
ibuku dan memanggil aku
oleh kasih karunia-Nya,
Galatia 2:8-9
2:8 --karena Ia yang telah memberikan kekuatan kepada Petrus untuk menjadi rasul
bagi orang-orang bersunat, Ia juga yang telah memberikan kekuatan kepadaku
untuk orang-orang yang tidak bersunat.
2:9 Dan setelah melihat kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku,
maka Yakobus,
Kefas
dan Yohanes, yang dipandang sebagai sokoguru
jemaat, berjabat tangan dengan aku dan dengan Barnabas
sebagai tanda persekutuan, supaya kami pergi kepada orang-orang yang tidak bersunat
dan mereka kepada orang-orang yang bersunat;
Galatia 2:2
2:2 Aku pergi berdasarkan suatu penyataan.
Dan kepada mereka kubentangkan Injil yang kuberitakan di antara bangsa-bangsa bukan Yahudi
--dalam percakapan tersendiri kepada mereka yang terpandang--,supaya jangan dengan percuma aku berusaha
atau telah berusaha.
Titus 2:2
2:2 Laki-laki yang tua
hendaklah hidup sederhana
4 ,
terhormat, bijaksana,
sehat dalam iman,
dalam kasih dan dalam ketekunan.
1 Full Life: ORANG LEWI ITU SEBAGAI PERSEMBAHAN UNJUKAN.
Nas : Bil 8:11
"Persembahan unjukan" menjadi bagian korban keselamatan untuk para
imam (Im 7:28-34). Persembahan ini diunjukkan ke arah kemah pertemuan
sebagai tanda penyerahan diri kepada Allah dan kemudian diunjukkan ke arah
orang yang mempersembahkannya atau imam, yang menunjukkan bahwa Tuhan
menyerahkan persembahan itu kepada mereka. Di sini orang Lewi sendiri
merupakan persembahan unjukan kepada Tuhan. Karena unjukan tersebut tidak
dapat dilakukan secara harfiah, maka upacara ini dilakukan secara simbolis.
2 Full Life: MENTAHIRKAN MEREKA DARI TENGAH-TENGAH ORANG.
Nas : Bil 8:14
Melalui teladan mereka, orang Lewi melambangkan pemisahan orang
saleh yang seharusnya merupakan ciri khas seluruh bangsa itu.
3 Full Life: IA, YANG TELAH MEMILIH AKU
Nas : Gal 1:15
(versi Inggris NIV -- "memisahkan"). Walaupun Paulus terutama
menunjuk kepada pelayanannya sebagai rasul, dalam satu arti setiap orang
percaya telah dipilih (dipisahkan) oleh kasih karunia supaya Allah dapat
menyatakan Putra-Nya melalui mereka. Kita sudah dipisahkan dari dosa dan
zaman yang jahat ini
(lihat cat. --> Gal 1:4),
[atau ref. Gal 1:4]
supaya kita dapat hidup dalam persekutuan dengan Allah dan bersaksi bagi
Yesus Kristus di depan dunia ini. Dipisahkan berarti dipersatukan dengan
Allah, untuk Allah dan dekat Allah -- hidup dalam iman dan ketaatan demi
kemuliaan-Nya dan penyataan Putra-Nya
(lihat art. PEMISAHAN ROHANI ORANG PERCAYA).
4 Full Life: LAKI-LAKI YANG TUA HENDAKLAH HIDUP SEDERHANA.
Nas : Tit 2:2
Maksud jelas dari ayat ini ialah bahwa laki-laki yang tua itu harus
menjadi teladan bagi semua orang percaya dalam hal mempersembahkan diri
kepada Allah sebagai persembahan yang hidup tanpa minum anggur yang
memabukkan (lih. 1Tim 3:2,11, di mana istilah ini dipakai untuk gembala
dan wanita). Kenyataan ini didukung oleh berbagai fakta berikut:
- 1) "Sederhana" (Yun. _nephalios_) didefinisikan dalam leksikon Yunani
PB dengan arti utama "berpantang anggur". Perhatikan definisi berikut,
"Kata ini bermula mengandung arti berpantangan alkohol" (Reinecher and
Rogers); "orang yang tidak minum anggur" (Greek Dictionary of Byzantius,
Athens, 1839); "Tanpa anggur, tuna anggur" (Liddell and Scott); "bebas
dari semua pemasukan anggur" (Moulton-Milligan); "tidak mengandung
anggur" (Kittel dan Friedrich); "tidak tercampur anggur" (Abbott-Smith);
"secara harfiah, tidak minum anggur sama sekali" (Brown, Dictionary of
New Testament Theology, Vol. 1). Brown menambahkan: "Nephalios dipakai
hanya dalam Surat-Surat Penggembalaan dan menunjuk kepada gaya hidup
berpantang yang dituntut dari para penilik (1Tim 3:2), wanita
(1Tim 3:11) dan penatua (Tit 2:2)." R. Laird Harris menyatakan
bahwa "istilah ini dipakai umumnya dalam pengertian klasiknya, yaitu
bebas dari semua anggur" (The Bible Today, hal.139).
- 2) Para penulis Yahudi, seangkatan dengan Paulus dan Petrus,
membenarkan penggunaan umum definisi utama itu. Yosefus mengatakan
berhubungan dengan para imam Yahudi bahwa "semuanya dalam segala hal
tahir dan berpantang (nephalioi) karena dilarang minum anggur ketika
memakai jubah imam" (Antiquities, 3.12.2). Philo menyatakan bahwa jiwa
yang dibaharui "berpantang (nephein) senantiasa dan sepanjang hidup ini"
(Drunkenness, 37).
- 3) Berdasarkan semua masukan itu, tidak mungkin Paulus menggunakan
istilah ini tanpa mengetahui pengertian utamanya (bd. 1Tes 5:6).