1 Full Life: TABUT SERTA ORANG ISRAEL.
Nas : 2Sam 11:11
Ternyata Uria seorang yang lebih baik daripada Daud.
Tindakan-tindakannya berlandaskan pengabdiannya kepada Allah dan
kesetiakawanannya terhadap orang-orang yang ada di medan pertempuran demi
Tuhan. Ia membayar pengabdiannya ini dengan nyawanya.
2 Full Life: SUPAYA IA TERBUNUH MATI.
Nas : 2Sam 11:15
Daripada mengakui dosanya, Daud memutuskan untuk menyuruh orang
membunuh Uria dan kemudian mengambil istrinya. Kata-kata yang diucapkan
Rasul Yohanes mengenai Kain dan semua pembunuh lainnya (1Yoh 3:12-15)
juga berlaku untuk Daud kali ini, "Setiap orang yang membenci saudaranya,
adalah seorang pembunuh manusia. Dan kamu tahu bahwa tidak ada seorang
pembunuh yang tetap memiliki hidup yang kekal di dalam dirinya"
(1Yoh 3:15). Ia hanya dapat dipulihkan melalui pertobatan yang
sungguh-sungguh dan mendalam di hadapan Allah (lih. pasal 2Sam 12:1-31;
Mazm 51:1-21).
3 Full Life: TAMPAK KEPADANYA ... SEORANG PEREMPUAN.
Nas : 2Sam 11:2
Pasal 2Sam 11:1-24:25 mencatat kegagalan rohani yang serius dari
Daud dan hukuman Allah atasnya untuk seumur hidupnya.
- 1) Kisah dosa-dosa dan aneka tragedi yang menyusul dalam kehidupan
pribadi dan keluarga Daud menjadi suatu peringatan dan contoh yang
serius untuk setiap orang percaya PB, bukan hanya untuk bangsa Israel.
Mengenai aneka peristiwa yang mirip pada masa keluaran, Roh Kudus
melalui Paulus menekankan, "Semuanya ini telah menimpa mereka sebagai
contoh dan dituliskan untuk menjadi peringatan bagi kita yang hidup pada
waktu, di mana zaman akhir telah tiba" (1Kor 10:11); oleh karena itu
kita harus berhati-hati supaya tidak menginginkan hal-hal jahat,
bertindak mesum, dan mencobai Tuhan (bd. 1Kor 10:6-9).
- 2) Pengalaman Daud menunjukkan bagaimana jauhnya seorang dapat jatuh
apabila dia berbalik dari Allah dan pimpinan Roh Kudus. Ketika Allah
mula-mula memanggilnya untuk menjadi raja, Daud menjadi orang yang
berkenan di hati Allah (1Sam 13:14; Kis 13:22); akan tetapi dengan
membunuh Uria dan mengambil istrinya, Daud telah menghina Allah dan
firman-Nya (2Sam 12:9-10; bd. 1Kor 10:12).
- 3) Sekalipun Daud bertobat dari dosa-dosanya dan menerima pengampunan
Allah, Allah tidak meniadakan akibat dosanya. Demikian pula, seorang
percaya mungkin melakukan dosa-dosa yang hebat, dan kemudian melalui
dukacita menurut kehendak Allah dan pertobatan yang sungguh-sungguh
menerima kasih karunia dan pengampunan Allah. Sekalipun demikian,
pulihnya hubungan seorang dengan Allah tidaklah berarti bahwa orang itu
akan lolos dari hukuman jasmani atau dibebaskan dari dampak-dampak dosa
tertentu (ayat 2Sam 11:10-11,14).
- 4) Allah tidak memaafkan dan mengampuni dosa-dosa Daud dengan alasan
bahwa Daud itu manusia biasa, bahwa dosa-dosanya hanyalah sekedar
kelemahan atau kegagalan manusiawi, atau bahwa dapatlah dimaklumi
sebagai raja ia bisa mengambil jalan kejahatan dan kekejaman.
Peristiwa-peristiwa yang tercatat menunjukkan bahwa Daud tidak perlu
melakukan semuanya itu. Bahkan dengan penebusan perjanjian yang lama
yang belum sempurna, orang seperti nabi Samuel menunjukkan suatu
kesetiaan dan iman yang tekun kepada Allah dengan kasih karunia yang
tersedia bagi mereka (bd. 1Sam 12:1-5,23;
lihat cat. --> 1Sam 25:1).
[atau ref. 1Sam 25:1]
Penulis kitab ini dengan jelas menyalahkan dan bukan memaafkan semua
pelanggaran besar Daud.
- 5) Reaksi yang benar terhadap dosa ialah bertobat dengan
sungguh-sungguh, menghampiri Allah untuk menerima pengampunan, kasih
karunia, dan kemurahan-Nya (Mazm 51:1-21; Ibr 4:16; 7:25), serta
bersedia menerima hukuman Allah tanpa dendam atau pemberontakan. Daud
menyadari dan mengakui dosa-dosanya yang hebat, mengarahkan kembali
hatinya kepada Allah dan menerima teguran Allah dengan kerendahan hati
(2Sam 12:9-13,20; 16:5-12; 24:10-25; Mazm 51:1-21).
4 Full Life: PERJANJIAN DENGAN MAUT.
Nas : Yes 28:15
Umat itu sedang menurut kemauannya sendiri dengan menyembah
dewa-dewa lain (bd. Yes 8:19). Mereka merasa aman dengan kesepakatan
mereka bersama kuasa-kuasa jahat ini
(lihat art. SIFAT PENYEMBAHAN BERHALA),
serta berpikir bahwa kuasa-kuasa ini akan melindungi mereka dari bahaya;
tetapi sebenarnya mereka sedang mengikat suatu perjanjian dengan maut.