1 Tawarikh 11:1-3
Daud menjadi raja atas Israel
11:1 1 Lalu berkumpullah seluruh Israel
2 kepada Daud di Hebron
dan berkata: "Ketahuilah, kami ini darah dagingmu.
11:2 Telah lama, ketika Saul memerintah, engkaulah yang memimpin segala gerakan
orang Israel. Dan TUHAN, Allahmu, telah berfirman kepadamu: Engkaulah yang harus menggembalakan
umat-Ku Israel, dan engkaulah yang menjadi raja
atas umat-Ku Israel."
11:3 Maka datanglah semua tua-tua Israel menghadap raja di Hebron, lalu Daud mengadakan perjanjian dengan mereka di Hebron di hadapan TUHAN, kemudian mereka mengurapi
Daud menjadi raja atas Israel, seperti yang difirmankan TUHAN dengan perantaraan Samuel.
Ulangan 17:15
17:15 maka hanyalah raja yang dipilih TUHAN, Allahmu, yang harus kauangkat
atasmu. Dari tengah-tengah saudara-saudaramu
haruslah engkau mengangkat seorang raja atasmu; seorang asing yang bukan saudaramu tidaklah boleh kauangkat atasmu.
Ulangan 17:20
17:20 supaya jangan ia tinggi hati terhadap saudara-saudaranya, supaya jangan ia menyimpang dari perintah
itu ke kanan atau ke kiri,
agar lama ia memerintah, ia dan anak-anaknya di tengah-tengah orang Israel.
"
Mazmur 22:22
22:22 (22-23) Aku akan memasyhurkan nama-Mu kepada saudara-saudaraku
3 dan memuji-muji
Engkau di tengah-tengah jemaah:
Ibrani 2:11-12
2:11 Sebab Ia yang menguduskan
4 dan mereka yang dikuduskan,
mereka semua berasal dari Satu; itulah sebabnya Ia tidak malu menyebut mereka saudara,
2:12 kata-Nya: "Aku akan memberitakan nama-Mu kepada saudara-saudara-Ku, dan memuji-muji
Engkau di tengah-tengah jemaat,"
1 Full Life: DAUD.
Nas : 1Taw 11:1
Pasal 1Taw 11:1-47 memulai kisah Daud; pasal 2Sam 2:1-5:25
mengisahkan secara lebih terinci bagaimana Daud menjadi raja atas Yehuda
dan kemudian atas seluruh Israel.
- 1) Perbandingan dengan kisah-kisah paralel dalam 2 Samuel menunjukkan
dengan jelas bahwa penulis Tawarikh melewati kebanyakan dari kesulitan
yang dihadapi Daud, termasuk kegagalan moral pribadinya dan rasa malunya
(pasal 2Sam 1:1-4:12; 11:1-21:22). Tidak mencantumkan hal-hal itu
selaras dengan maksud ganda penulis kitab ini:
- (a) untuk menekankan peristiwa-peristiwa bersejarah yang penting
bagi maksud Allah dalam sejarah penebusan, dan
- (b) untuk memberikan semangat kepada masyarakat pasca-pembuangan
yang kecil hati yang hendak menetap kembali di tanah air mereka.
- 2) Maksud yang sama tercermin dalam fokus penulis pada pembangunan bait
suci oleh Salomo, tetapi tidak mencantumkan kemurtadan dan penyembahan
berhala Salomo sebagaimana dibahas dalam pasal 1Raj 11:1-43.
2 Full Life: BERKUMPULLAH SELURUH ISRAEL.
Nas : 1Taw 11:1
Tujuh tahun pertama dalam pemerintahan Daud sebagai raja di Hebron
atas dua suku dianggap sudah diketahui tetapi tidak diuraikan. Kisahnya
dimulai dengan Daud menjadi raja atas seluruh Israel.
3 Full Life: KEPADA SAUDARA-SAUDARAKU.
Nas : Mazm 22:23
Ibr 2:11-12 menghubungkan ayat ini dengan Yesus Kristus; ini
menandai kemenangan salib. Yesus kini adalah Penebus agung yang
mengumpulkan "saudara-saudara-Nya" di keliling-Nya (yaitu orang-orang
tertebus yang percaya kepada-Nya dan menerima kematian-Nya karena mereka,
lih. Yoh 20:17) dan berdiri di antara mereka untuk memuji Tuhan.
Kematian-Nya mendatangkan pertolongan bagi yang tertindas (ayat
Mazm 22:25), hidup kekal (ayat Mazm 22:27), pemberitaan Injil (ayat
Mazm 22:28), pemerintahan-Nya atas semua bangsa (ayat Mazm 22:28-30)
dan pengagungan serta kemuliaan terakhir (ayat Mazm 22:31-32).
4 Full Life: IA YANG MENGUDUSKAN.
Nas : Ibr 2:11
"Ia yang menguduskan" manusia itu adalah Kristus (bd.
Ibr 10:10,14,29; 13:12) dan "mereka yang dikuduskan" adalah orang-orang
yang telah diselamatkan dari kesalahan dan kuasa dosa serta dipisahkan
sebagai umat Allah. Pengabdian Kristus untuk mati karena kita membuka jalan
bagi pengudusan kita
(lihat art. PENGUDUSAN).