Kejadian 16:1-16
Hagar dan Ismael
16:1 Adapun Sarai,
isteri Abram itu, tidak beranak.
Ia mempunyai seorang hamba perempuan,
orang Mesir, Hagar
namanya.
16:2 Berkatalah Sarai kepada Abram: "Engkau tahu, TUHAN tidak memberi aku melahirkan anak
1 .
Karena itu baiklah hampiri hambaku itu; mungkin oleh dialah
aku dapat memperoleh seorang anak." Dan Abram mendengarkan perkataan Sarai.
16:3 Jadi Sarai, isteri Abram itu, mengambil Hagar, hambanya, orang Mesir itu, --yakni ketika Abram telah sepuluh tahun
tinggal di tanah Kanaan
--,lalu memberikannya kepada Abram, suaminya, untuk menjadi isterinya.
16:4 Abram menghampiri Hagar,
lalu mengandunglah perempuan itu. Ketika Hagar tahu, bahwa ia mengandung, maka ia memandang rendah akan nyonyanya
itu.
16:5 Lalu berkatalah Sarai kepada Abram: "Penghinaan yang kuderita ini adalah tanggung jawabmu; akulah yang memberikan hambaku ke pangkuanmu, tetapi baru saja ia tahu, bahwa ia mengandung, ia memandang rendah akan aku; TUHAN kiranya yang menjadi Hakim antara aku
dan engkau."
16:6 Kata Abram kepada Sarai: "Hambamu itu di bawah kekuasaanmu;
perbuatlah kepadanya apa yang kaupandang baik." Lalu Sarai menindas
Hagar, sehingga ia lari meninggalkannya.
16:7 Lalu Malaikat TUHAN
2 menjumpainya dekat suatu mata air
di padang gurun, yakni dekat mata air di jalan ke Syur.
16:8 Katanya: "Hagar,
hamba Sarai, dari manakah datangmu dan ke manakah pergimu?
" Jawabnya: "Aku lari meninggalkan Sarai, nyonyaku."
16:9 Lalu kata Malaikat TUHAN itu kepadanya: "Kembalilah kepada nyonyamu, biarkanlah engkau ditindas di bawah kekuasaannya."
16:10 Lagi kata Malaikat TUHAN itu kepadanya: "Aku akan membuat sangat banyak keturunanmu, sehingga tidak dapat dihitung
karena banyaknya."
16:11 Selanjutnya kata Malaikat TUHAN
itu kepadanya: "Engkau mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki
dan akan menamainya
Ismael
3 ,
sebab TUHAN telah mendengar tentang penindasan
atasmu itu.
16:12 Seorang laki-laki yang lakunya seperti keledai
liar, demikianlah nanti anak itu; tangannya akan melawan tiap-tiap orang dan tangan tiap-tiap orang akan melawan dia, dan di tempat kediamannya ia akan menentang semua
4 saudaranya.
"
16:13 Kemudian Hagar menamakan TUHAN yang telah berfirman kepadanya itu dengan sebutan: "Engkaulah El-Roi.
" Sebab katanya: "Bukankah di sini kulihat Dia yang telah melihat aku?
"
16:14 Sebab itu sumur
tadi disebutkan orang: sumur Lahai-Roi;
letaknya antara Kadesh
dan Bered.
16:15 Lalu Hagar
melahirkan seorang anak laki-laki
bagi Abram dan Abram menamai anak yang dilahirkan Hagar itu Ismael.
16:16 Abram berumur delapan puluh enam tahun,
ketika Hagar melahirkan Ismael baginya.
Kejadian 2:17
2:17 tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat
itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati.
"
Kejadian 3:12
3:12 Manusia itu menjawab: "Perempuan yang Kautempatkan di sisiku,
dialah yang memberi dari buah pohon itu kepadaku, maka kumakan."
Kejadian 32:29
32:29 Bertanyalah Yakub: "Katakanlah juga namamu.
" Tetapi sahutnya: "Mengapa engkau menanyakan namaku?
" Lalu diberkatinyalah
Yakub di situ
5 .
Keluaran 23:21
23:21 Jagalah dirimu di hadapannya dan dengarkanlah
perkataannya, janganlah engkau mendurhaka kepadanya, sebab pelanggaranmu
tidak akan diampuninya,
sebab nama-Ku
ada di dalam dia.
Yudas 1:18
1:18 Sebab mereka telah mengatakan kepada kamu: "Menjelang akhir zaman
6 akan tampil pengejek-pengejek yang akan hidup menuruti hawa nafsu kefasikan
mereka."
Yesaya 9:6
9:6 (9-5) Sebab seorang anak telah lahir
untuk kita
7 , seorang putera telah diberikan
untuk kita; lambang pemerintahan
ada di atas bahunya,
dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib,
Allah yang Perkasa,
Bapa
yang Kekal,
Raja Damai.
Matius 11:27
11:27 Semua telah diserahkan kepada-Ku oleh Bapa-Ku dan tidak seorangpun mengenal Anak selain Bapa, dan tidak seorangpun mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya.
Lukas 10:22
10:22 Semua telah diserahkan kepada-Ku oleh Bapa-Ku dan tidak ada seorangpun yang tahu siapakah Anak selain Bapa, dan siapakah Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakan hal itu."
1 Full Life: TUHAN TIDAK MEMBERI AKU MELAHIRKAN ANAK.
Nas : Kej 16:2
Di Mesopotamia biasanya seorang istri yang mandul membiarkan
pelayannya melahirkan anak. Anak-anak itu dianggap sebagai anak sang istri.
- 1) Terlepas dari kebiasaan ini, usaha Abram dan Sarai untuk memperoleh
anak melalui Hagar bukan merupakan cara Allah (bd. Kej 2:24).
- 2) PB menyamakan putra Hagar dengan hasil usaha manusia --
"diperanakkan menurut daging" dan bukan "menurut Roh" (Gal 4:29).
Dengan kata lain, tidak pernah dapat dibenarkan untuk mencoba mencapai
maksud Allah dengan cara-cara yang tidak sesuai dengan Roh, pengharapan
yang tekun, dan doa yang yakin.
2 Full Life: MALAIKAT TUHAN.
Nas : Kej 16:7
Sementara kisahnya berlanjut, "malaikat Tuhan" dinyatakan sebagai
Allah sendiri yang berbicara kepada Hagar (ayat Kej 16:13; bd.
Kej 18:1; Hak 6:12,14).
3 Full Life: ISMAEL.
Nas : Kej 16:11
Nama "Ismael" berarti "Allah mendengarkan" dan menandakan bahwa
Allah melihat serta menanggapi tindakan Abram dan Sarai yang tidak adil
terhadap Hagar. Nama itu adalah hukuman terhadap Abram, yang menunjukkan
bahwa Allah membenci semua bentuk ketidakadilan di dalam umat-Nya. Bahwa
Allah akan menghukum seseorang karena melakukan kesalahan terhadap seorang
anggota gereja ditekankan dalam PB
(lihat cat. --> Kol 3:25).
[atau ref. Kol 3:25]
4 Full Life: MENENTANG SEMUA.
Nas : Kej 16:12
Ismael, dan juga keturunannya, akan menjadi orang yang sering
berselisih, namun perkasa dan berani. Keinginannya untuk berselisih dapat
dipergunakan dalam pergumulan untuk Allah atau melawan Allah. Pilihan ada
di tangannya.
5 Full Life: DIBERKATINYALAH YAKUB DI SITU.
Nas : Kej 32:29
Pergumulan Yakub dengan Allah sepanjang malam berakibat berkat Allah
dalam hidupnya.
- 1) Sejak saat itu, Yakub tahu bahwa hidup dan kesejahteraannya tidak
tergantung pada akalnya tetapi pada pertolongan, bimbingan, dan berkat
Allah. Kemudian hari Allah mengingatkan keturunan Israel akan kebenaran
ini, "Bukan dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan, melainkan
dengan Roh-Ku, firman TUHAN semesta alam" (Za 4:6).
- 2) Kemenangan dan berkat dalam kehidupan seluruh umat Allah diperoleh
dengan cara yang sama. Sekalipun kita mungkin tidak bergumul secara
jasmaniah dengan Allah, kita dapat mencari Dia dengan sungguh-sungguh
dan dengan gigih di dalam doa (Luk 11:5-10), mengakui dosa-dosa kita
dan memohon pengampunan-Nya (Luk 11:4), lapar dan dahaga akan
kerajaan-Nya dan kehadiran-Nya (Luk 11:2), merindukan realitas dan
kuasa Roh Kudus (Kis 1:8; 2:4), dan mengejar hidup beriman yang
sejati dan kebenaran (Mat 6:30-33).
6 Full Life: MENJELANG AKHIR ZAMAN.
Nas : Yud 1:18
Lihat cat. --> 1Tim 4:1;
lihat cat. --> 2Tim 3:1.
[atau ref. 1Tim 4:1; 2Tim 3:1]
7 Full Life: SEORANG ANAK TELAH LAHIR UNTUK KITA.
Nas : Yes 9:5
Ayat ini menubuatkan kelahiran Mesias, Yesus Kristus (juga
lihat cat. --> Yes 7:14).
[atau ref. Yes 7:14]
Kelahiran-Nya akan terjadi pada saat dan di tempat tertentu di dalam
sejarah, dan Anak Mesianis ini akan lahir dengan cara yang unik dan
menakjubkan. Yesaya mencatat empat nama yang akan menandai tugas-Nya selaku
Mesias.
- 1) Penasihat Ajaib. Mesias sendiri akan menjadi keajaiban adikodrati
(kata Ibr. _pele'_ hanya dipakai untuk Allah, tidak pernah untuk manusia
atau pekerjaannya; bd. Yes 28:29); Ia akan menunjukkan sifat-Nya
melalui semua perbuatan dan mukjizat-Nya. Penasihat Ajaib ini akan
merupakan penjelmaan hikmat sempurna dan mempunyai kata-kata hidup
kekal; selaku Penasihat, Ia akan menyingkapkan rencana keselamatan
sempurna (bd. pasal Yes 11:1-16).
- 2) Allah yang Perkasa. Di dalam Mesias seluruh kepenuhan ke-Allahan
akan berdiam secara jasmaniah (Kol 2:9; bd. Yoh 1:1,14).
- 3) Bapa yang Kekal. Ia bukan hanya datang untuk memperkenalkan Bapa
sorgawi, tetapi Ia sendiri akan bertindak terhadap umat-Nya secara kekal
bagaikan seorang Bapa penuh belas kasihan yang mengasihi, melindungi,
dan menyediakan kebutuhan anak-anak-Nya (bd. Mazm 103:13).
- 4) Raja Damai. Pemerintahan-Nya akan membawa damai dengan Allah bagi
umat manusia melalui pembebasan dari dosa dan kematian (Yes 11:6-9;
bd. Rom 5:1; 8:2).