kecilkan semua  

Teks -- Yohanes 7:1-53 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Yesus pergi ke Yerusalem untuk hari raya Pondok Daun
7:1 Sesudah itu Yesus berjalan keliling Galilea, sebab Ia tidak mau tetap tinggal di Yudea, karena di sana orang-orang Yahudi berusaha untuk membunuh-Nya. 7:2 Ketika itu sudah dekat hari raya orang Yahudi, yaitu hari raya Pondok Daun. 7:3 Maka kata saudara-saudara Yesus kepada-Nya: "Berangkatlah dari sini dan pergi ke Yudea, supaya murid-murid-Mu juga melihat perbuatan-perbuatan yang Engkau lakukan. 7:4 Sebab tidak seorangpun berbuat sesuatu di tempat tersembunyi, jika ia mau diakui di muka umum. Jikalau Engkau berbuat hal-hal yang demikian, tampakkanlah diri-Mu kepada dunia." 7:5 Sebab saudara-saudara-Nya sendiripun tidak percaya kepada-Nya. 7:6 Maka jawab Yesus kepada mereka: "Waktu-Ku belum tiba, tetapi bagi kamu selalu ada waktu. 7:7 Dunia tidak dapat membenci kamu, tetapi ia membenci Aku, sebab Aku bersaksi tentang dia, bahwa pekerjaan-pekerjaannya jahat. 7:8 Pergilah kamu ke pesta itu. Aku belum pergi ke situ, karena waktu-Ku belum genap." 7:9 Demikianlah kata-Nya kepada mereka, dan Iapun tinggal di Galilea. 7:10 Tetapi sesudah saudara-saudara Yesus berangkat ke pesta itu, Iapun pergi juga ke situ, tidak terang-terangan tetapi diam-diam. 7:11 Orang-orang Yahudi mencari Dia di pesta itu dan berkata: "Di manakah Ia?" 7:12 Dan banyak terdengar bisikan di antara orang banyak tentang Dia. Ada yang berkata: "Ia orang baik." Ada pula yang berkata: "Tidak, Ia menyesatkan rakyat." 7:13 Tetapi tidak seorangpun yang berani berkata terang-terangan tentang Dia karena takut terhadap orang-orang Yahudi.
Kesaksian Yesus tentang diri-Nya
7:14 Waktu pesta itu sedang berlangsung, Yesus masuk ke Bait Allah lalu mengajar di situ. 7:15 Maka heranlah orang-orang Yahudi dan berkata: "Bagaimanakah orang ini mempunyai pengetahuan demikian tanpa belajar!" 7:16 Jawab Yesus kepada mereka: "Ajaran-Ku tidak berasal dari diri-Ku sendiri, tetapi dari Dia yang telah mengutus Aku. 7:17 Barangsiapa mau melakukan kehendak-Nya, ia akan tahu entah ajaran-Ku ini berasal dari Allah, entah Aku berkata-kata dari diri-Ku sendiri. 7:18 Barangsiapa berkata-kata dari dirinya sendiri, ia mencari hormat bagi dirinya sendiri, tetapi barangsiapa mencari hormat bagi Dia yang mengutusnya, ia benar dan tidak ada ketidakbenaran padanya. 7:19 Bukankah Musa yang telah memberikan hukum Taurat kepadamu? Namun tidak seorangpun di antara kamu yang melakukan hukum Taurat itu. Mengapa kamu berusaha membunuh Aku?" 7:20 Orang banyak itu menjawab: "Engkau kerasukan setan; siapakah yang berusaha membunuh Engkau?" 7:21 Jawab Yesus kepada mereka: "Hanya satu perbuatan yang Kulakukan dan kamu semua telah heran. 7:22 Jadi: Musa menetapkan supaya kamu bersunat -- sebenarnya sunat itu tidak berasal dari Musa, tetapi dari nenek moyang kita -- dan kamu menyunat orang pada hari Sabat! 7:23 Jikalau seorang menerima sunat pada hari Sabat, supaya jangan melanggar hukum Musa, mengapa kamu marah kepada-Ku, karena Aku menyembuhkan seluruh tubuh seorang manusia pada hari Sabat. 7:24 Janganlah menghakimi menurut apa yang nampak, tetapi hakimilah dengan adil."
Pertentangan tentang asal Yesus
7:25 Beberapa orang Yerusalem berkata: "Bukankah Dia ini yang mereka mau bunuh? 7:26 Dan lihatlah, Ia berbicara dengan leluasa dan mereka tidak mengatakan apa-apa kepada-Nya. Mungkinkah pemimpin kita benar-benar sudah tahu, bahwa Ia adalah Kristus? 7:27 Tetapi tentang orang ini kita tahu dari mana asal-Nya, tetapi bilamana Kristus datang, tidak ada seorangpun yang tahu dari mana asal-Nya." 7:28 Waktu Yesus mengajar di Bait Allah, Ia berseru: "Memang Aku kamu kenal dan kamu tahu dari mana asal-Ku; namun Aku datang bukan atas kehendak-Ku sendiri, tetapi Aku diutus oleh Dia yang benar yang tidak kamu kenal. 7:29 Aku kenal Dia, sebab Aku datang dari Dia dan Dialah yang mengutus Aku." 7:30 Mereka berusaha menangkap Dia, tetapi tidak ada seorangpun yang menyentuh Dia, sebab saat-Nya belum tiba. 7:31 Tetapi di antara orang banyak itu ada banyak yang percaya kepada-Nya dan mereka berkata: "Apabila Kristus datang, mungkinkah Ia akan mengadakan lebih banyak mujizat dari pada yang telah diadakan oleh Dia ini?" 7:32 Orang-orang Farisi mendengar orang banyak membisikkan hal-hal itu mengenai Dia, dan karena itu imam-imam kepala dan orang-orang Farisi menyuruh penjaga-penjaga Bait Allah untuk menangkap-Nya. 7:33 Maka kata Yesus: "Tinggal sedikit waktu saja Aku ada bersama kamu dan sesudah itu Aku akan pergi kepada Dia yang telah mengutus Aku. 7:34 Kamu akan mencari Aku, tetapi tidak akan bertemu dengan Aku, sebab kamu tidak dapat datang ke tempat di mana Aku berada." 7:35 Orang-orang Yahudi itu berkata seorang kepada yang lain: "Ke manakah Ia akan pergi, sehingga kita tidak dapat bertemu dengan Dia? Adakah maksud-Nya untuk pergi kepada mereka yang tinggal di perantauan, di antara orang Yunani, untuk mengajar orang Yunani? 7:36 Apakah maksud perkataan yang diucapkan-Nya ini: Kamu akan mencari Aku, tetapi kamu tidak akan bertemu dengan Aku, dan: Kamu tidak dapat datang ke tempat di mana Aku berada?"
Air sumber hidup
7:37 Dan pada hari terakhir, yaitu pada puncak perayaan itu, Yesus berdiri dan berseru: "Barangsiapa haus, baiklah ia datang kepada-Ku dan minum! 7:38 Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup." 7:39 Yang dimaksudkan-Nya ialah Roh yang akan diterima oleh mereka yang percaya kepada-Nya; sebab Roh itu belum datang, karena Yesus belum dimuliakan. 7:40 Beberapa orang di antara orang banyak, yang mendengarkan perkataan-perkataan itu, berkata: "Dia ini benar-benar nabi yang akan datang." 7:41 Yang lain berkata: "Ia ini Mesias." Tetapi yang lain lagi berkata: "Bukan, Mesias tidak datang dari Galilea! 7:42 Karena Kitab Suci mengatakan, bahwa Mesias berasal dari keturunan Daud dan dari kampung Betlehem, tempat Daud dahulu tinggal." 7:43 Maka timbullah pertentangan di antara orang banyak karena Dia. 7:44 Beberapa orang di antara mereka mau menangkap Dia, tetapi tidak ada seorangpun yang berani menyentuh-Nya.
Yesus dibela oleh Nikodemus
7:45 Maka penjaga-penjaga itu pergi kepada imam-imam kepala dan orang-orang Farisi, yang berkata kepada mereka: "Mengapa kamu tidak membawa-Nya?" 7:46 Jawab penjaga-penjaga itu: "Belum pernah seorang manusia berkata seperti orang itu!" 7:47 Jawab orang-orang Farisi itu kepada mereka: "Adakah kamu juga disesatkan? 7:48 Adakah seorang di antara pemimpin-pemimpin yang percaya kepada-Nya, atau seorang di antara orang-orang Farisi? 7:49 Tetapi orang banyak ini yang tidak mengenal hukum Taurat, terkutuklah mereka!" 7:50 Nikodemus, seorang dari mereka, yang dahulu telah datang kepada-Nya, berkata kepada mereka: 7:51 "Apakah hukum Taurat kita menghukum seseorang, sebelum ia didengar dan sebelum orang mengetahui apa yang telah dibuat-Nya?" 7:52 Jawab mereka: "Apakah engkau juga orang Galilea? Selidikilah Kitab Suci dan engkau akan tahu bahwa tidak ada nabi yang datang dari Galilea."
Perempuan yang berzinah
7:53 Lalu mereka pulang, masing-masing ke rumahnya,
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Betlehem a town located in either Moab or Judah
 · Daud a son of Jesse of Judah; king of Israel,son of Jesse of Judah; king of Israel
 · Farisi a religious group or sect of the Jews
 · Galilea a place where Israel encamped between Jericho and the Jordan,a town between Dor and Tirza in the territory of Ephraim (YC),a town just north of Joppa, originally a military base (YC),a place 12 miles south of Shechem now called Jiljiliah (YC)
 · Musa a son of Amram; the Levite who led Israel out of Egypt and gave them The Law of Moses,a Levite who led Israel out of Egypt and gave them the law
 · Nikodemus a man who was a member of the Sanhedrin, and contributed aloes and spices for Jesus's burial
 · Yahudi the Jewish religion/beliefs
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall
 · Yerusalem the capital city of Israel,a town; the capital of Israel near the southern border of Benjamin
 · Yudea a region that roughly corresponded to the earlier kingdom of Judah
 · Yunani the language used by the people of Greece


Topik/Tema Kamus: Yohanes, Injil | Yesus | Hari | Hari Raya | Hukum, Hukum Musa | Yakub | Air | Farisi | Nikodemus | Raya, Perayaan Pondok Daun | Sunat | Lambang Roh Kudus | Orang Farisi | Firman Tuhan | Nabi | Galilea | Nubuat Tentang Kristus | Pancar, Pancaran Air Dan Mata Air | Anugerah Roh Kudus | Ajar, Pengajaran-Pengajaran Injil | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg , Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Yoh 7:2 - HARI RAYA PONDOK DAUN. Nas : Yoh 7:2 Hari raya ini memperingati perjalanan Israel setelah keluar dari Mesir dan waktu mereka mengembara di padang gurun, yaitu ketika mere...

Nas : Yoh 7:2

Hari raya ini memperingati perjalanan Israel setelah keluar dari Mesir dan waktu mereka mengembara di padang gurun, yaitu ketika mereka tinggal di dalam tenda-tenda di bawah pemeliharaan Allah

(lihat cat. --> Im 23:34-43;

[atau ref. Im 23:34-43]

Za 14:16-19).

Full Life: Yoh 7:7 - IA MEMBENCI AKU. Nas : Yoh 7:7 Yesus dibenci oleh dunia karena Dia mengatakan bahwa semua manusia tanpa Allah itu bobrok, berdosa, dan bersifat mementingkan diri se...

Nas : Yoh 7:7

Yesus dibenci oleh dunia karena Dia mengatakan bahwa semua manusia tanpa Allah itu bobrok, berdosa, dan bersifat mementingkan diri sendiri (bd. Yoh 2:14-16; 3:19-20; 5:30-47). Sepanjang pelayanan-Nya Yesus tak henti-hentinya mengecam ketidakadilan, kekejaman, dan percabulan. Kesaksian yang nyata ini tentang dosa manusia bertentangan dengan mereka yang membawa berita "Injil positif", yaitu Injil yang tidak lagi menuntut pertobatan dan kebenaran.

Full Life: Yoh 7:17 - BARANGSIAPA MAU MELAKUKAN KEHENDAK-NYA. Nas : Yoh 7:17 Iman yang sungguh-sungguh menyelamatkan serta pengetahuan yang didasarkan pada pengalaman dari ajaran-Nya menuntut adanya kerinduan ...

Nas : Yoh 7:17

Iman yang sungguh-sungguh menyelamatkan serta pengetahuan yang didasarkan pada pengalaman dari ajaran-Nya menuntut adanya kerinduan yang tulus untuk melakukan kehendak Allah. Percaya berarti membuat komitmen untuk taat

(lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA).

Full Life: Yoh 7:18 - MENCARI HORMAT BAGI DIRINYA SENDIRI. Nas : Yoh 7:18 Yesus menekankan suatu patokan yang terpenting untuk menguji apakah seorang pengkhotbah datang dari Allah atau tidak: Apakah mereka ...

Nas : Yoh 7:18

Yesus menekankan suatu patokan yang terpenting untuk menguji apakah seorang pengkhotbah datang dari Allah atau tidak: Apakah mereka mencari kehormatan atau kemuliaan mereka sendiri? Bila mengevaluasi pendeta tanyakan apakah khotbah mereka membesarkan diri mereka atau Tuhan Yesus.

Full Life: Yoh 7:38 - SEPERTI YANG DIKATAKAN OLEH KITAB SUCI. Nas : Yoh 7:38 Yesus menunjuk kepada "Alkitab" karena itulah Firman Bapa-Nya dan dengan demikian merupakan kekuasaan tertinggi untuk kehidupan dan ...

Nas : Yoh 7:38

Yesus menunjuk kepada "Alkitab" karena itulah Firman Bapa-Nya dan dengan demikian merupakan kekuasaan tertinggi untuk kehidupan dan ajaran-Nya. Alkitab juga merupakan kekuasaan tertinggi bagi orang Kristen karena Allah sendiri yang berhak menentukan standar-standar kelakuan kita. Dia telah memilih untuk melaksanakan kekuasaan ini dengan memberitahukan kebenaran-Nya dalam Alkitab. Alkitab, selaku penyataan Allah, memiliki kekuasaan yang sama seolah-olah Allah sendiri yang berbicara kepada kita secara langsung

(lihat art. PENGILHAMAN DAN KEKUASAAN ALKITAB).

  1. 1) Alkitab yang diilhamkan merupakan kekuasaan tertinggi bagi setiap orang percaya. Tradisi kegerejaan, nubuat, penyataan-penyataan yang baru, ajaran dan gagasan manusia harus diuji sesuai dengan Alkitab dan tidak pernah boleh diangkat sehingga menjadi sejajar dengan kekuasaan Alkitab (bd. Mr 7:13; Kol 2:8; 1Pet 1:18-19).
  2. 2) Mengaku kesetiaan yang sama atau lebih kepada kekuasaan lain dari Allah dan Firman-Nya yang diilhamkan berarti mengundurkan diri dari iman alkitabiah dan ketuhanan Kristus. Mengatakan bahwa ada orang, lembaga, pengakuan kepercayaan, atau gereja yang mempunyai kekuasaan yang sama atau lebih tinggi dari penyataan Allah yang diilhamkan adalah sama dengan penyembahan berhala. Jadi, semua orang yang tidak bersedia menyerahkan kepercayaan mereka kepada kekuasaan PB menempatkan diri mereka di luar kekristenan alkitabiah dan keselamatan dalam Kristus.

Full Life: Yoh 7:38 - MENGALIR ALIRAN-ALIRAN AIR HIDUP. Nas : Yoh 7:38 Apabila karunia Roh diberikan kepada orang percaya, maka mereka akan mengalami hidup-Nya yang melimpah. Kemudian "air hidup" ini aka...

Nas : Yoh 7:38

Apabila karunia Roh diberikan kepada orang percaya, maka mereka akan mengalami hidup-Nya yang melimpah. Kemudian "air hidup" ini akan "mengalir" keluar kepada orang lain dengan pesan kesembuhan Yesus Kristus (Yoh 10:10; 14:12; 15:5; juga lih. Mazm 1:3; 46:5; Yes 32:15; 44:3; Yes 58:11; Yer 31:12; Yeh 47:1-12; Yoel 3:18; Za 14:8).

Full Life: Yoh 7:39 - YESUS BELUM DIMULIAKAN. Nas : Yoh 7:39 Ayat ini menunjuk kepada kemuliaan Yesus di kayu salib (lih. Yoh 12:23-24). Roh Kudus belum dapat diberikan sepenuhnya sampai dosa s...

Nas : Yoh 7:39

Ayat ini menunjuk kepada kemuliaan Yesus di kayu salib (lih. Yoh 12:23-24). Roh Kudus belum dapat diberikan sepenuhnya sampai dosa sudah ditangani. "Roh" menunjuk kepada semua pekerjaan Roh Kudus dalam diri orang percaya, baik pembaharuan (Yoh 20:22) maupun baptisan Roh Kudus (Kis 2:4).

BIS: Yoh 7:8 - Aku tidak pergi Aku tidak pergi: beberapa naskah kuno: Aku belum pergi.

Aku tidak pergi: beberapa naskah kuno: Aku belum pergi.

BIS: Yoh 7:38 - -- Kata-kata Yesus dalam ayat-ayat 37-38 bisa diterjemahkan: "Orang yang haus hendaklah datang kepada-Ku, dan orang yang percaya kepada-Ku hendaklah minu...

Kata-kata Yesus dalam ayat-ayat 37-38 bisa diterjemahkan: "Orang yang haus hendaklah datang kepada-Ku, dan orang yang percaya kepada-Ku hendaklah minum. Seperti yang dikatakan Alkitab: 'Dari dalam hatinya mengalirlah aliran-aliran air yang memberi hidup."'

BIS: Yoh 7:40 - Nabi itu Nabi itu: Lihat Yoh 1:21.

Nabi itu: Lihat Yoh 1:21.

BIS: Yoh 7:52 - tak ada nabi yang berasal tak ada nabi yang berasal: satu naskah kuno: nabi itu tak akan berasal.

tak ada nabi yang berasal: satu naskah kuno: nabi itu tak akan berasal.

Jerusalem: Yoh 7:1 - Ia tidak mau Var: ia tidak dapat.

Var: ia tidak dapat.

Jerusalem: Yoh 7:3 - saudara-saudara Yesus Dengan arti luas: kemenakan, kaum kerabatNya, bdk Mat 12:46+

Dengan arti luas: kemenakan, kaum kerabatNya, bdk Mat 12:46+

Jerusalem: Yoh 7:3 - murid-muridMu Ialah murid-murid Yesus yang tinggal di Yerusalem dan Yudea, bdk Yoh 2:23; Yoh 3:26; Yoh 4:1.

Ialah murid-murid Yesus yang tinggal di Yerusalem dan Yudea, bdk Yoh 2:23; Yoh 3:26; Yoh 4:1.

Jerusalem: Yoh 7:6 - WaktuKu Ialah saat Yesus, bdk Yoh 2:4+.

Ialah saat Yesus, bdk Yoh 2:4+.

Jerusalem: Yoh 7:8 - belum Var: tidak.

Var: tidak.

Jerusalem: Yoh 7:12 - banyak terdengar bisikan Var: terdengar bisikan.

Var: terdengar bisikan.

Jerusalem: Yoh 7:14-52 - -- Bagian ini terdiri atas unsur yang berbeda-beda dan dipersatukan oleh sebuah pikiran bersama: keraguan tentang asal-usul Yesus: 1) Asal manusiaNya men...

Bagian ini terdiri atas unsur yang berbeda-beda dan dipersatukan oleh sebuah pikiran bersama: keraguan tentang asal-usul Yesus: 1) Asal manusiaNya menyelubungi asal ilahiNya: bagaimanakah Ia mempunyai pengetahuan sebab memang tidak berguru pada para rabi? Yoh 7:14-18; orang tahu tentang masa mudaNya, jadi mustahillah Ia Mesias, Yoh 7:25-30. 2) Orang yakin Yesus lahir di Nazaret, maka mustahillah Ia Mesias, Yoh 7:40-52. Apa yang dikatakan tentang "pergiNya" Yesus, Yoh 7:33-36, bersangkutan dengan apa yang dikatakan tentang asal ilahiNya: Manusia Kristus pergi ke tempat di mana Ia selalu tetap ada (karena keilahianNya) bdk Yoh 7:29 dan Yoh 7:34. Ayat Yoh 7:19-24 yang berupa konklusi untuk Yoh 5:1-16 ada di luar konteksnya.

Jerusalem: Yoh 7:23 - -- Yesus berpikir seperti lazimnya para rabi berpikir: sunat dianggap sebagai "penyembuhan" satu anggota badan. Kalau diperbolehkan menyembuhkan salah sa...

Yesus berpikir seperti lazimnya para rabi berpikir: sunat dianggap sebagai "penyembuhan" satu anggota badan. Kalau diperbolehkan menyembuhkan salah satu anggota badan pada hari Sabat, apa lagi diperbolehkan menyembuhkan seluruh manusia.

Jerusalem: Yoh 7:26 - pemimpin kita Var: imam-imam kepala; var lain: tua-tua; var lain lagi: mereka.

Var: imam-imam kepala; var lain: tua-tua; var lain lagi: mereka.

Jerusalem: Yoh 7:27 - dari mana asalNya Orang Yahudi tahu baik-baik bahwa Mesias harus lahir di Betlehem, bdk Yoh 7:42; Mat 2:5 dst. Tetapi menurut kepercayaan umum Mesias tinggal tersembuny...

Orang Yahudi tahu baik-baik bahwa Mesias harus lahir di Betlehem, bdk Yoh 7:42; Mat 2:5 dst. Tetapi menurut kepercayaan umum Mesias tinggal tersembunyi di tempat yang tidak dikenal, bdk Mat 24:26, (ada yang berkata: di sorga) hingga hari kedatanganNya. Karena asalNya dari sorga maka diri Yesus bersesuaian dengan kepercayaan itu meskipun orang-orang Yahudi tidak tahu.

Jerusalem: Yoh 7:28 - oleh Dia yang benar Kiranya harus dimengerti sbb: Aku benar-benar diutus oleh Dia yang tidak kamu kenal.

Kiranya harus dimengerti sbb: Aku benar-benar diutus oleh Dia yang tidak kamu kenal.

Jerusalem: Yoh 7:29 - datang dari Dia Var: (Aku) berada pada Dia.

Var: (Aku) berada pada Dia.

Jerusalem: Yoh 7:32 - orang-orang Farisi menyuruh Harafiah: mereka menyuruh. Var: orang-orang Farisi dan imam-imam kepala.

Harafiah: mereka menyuruh. Var: orang-orang Farisi dan imam-imam kepala.

Jerusalem: Yoh 7:34 - akan mencari Sama seperti Allah Yesuspun perlu dicari selama dapat diketemukan. Orang-orang Yahudi sebenarnya melewatkan "saatNya", sedangkan orang-orang bukan Yah...

Sama seperti Allah Yesuspun perlu dicari selama dapat diketemukan. Orang-orang Yahudi sebenarnya melewatkan "saatNya", sedangkan orang-orang bukan Yahudi (orang "Yunani") menerima keselamatan akan ganti orang-orang Yahudi. Bdk Yoh 12:20-21; Yoh 12:35+; Yoh 19:37+.

Jerusalem: Yoh 7:37 - hari terakhir Ialah hari ketujuh atau hari kedelapan, hari perayaan penutup

Ialah hari ketujuh atau hari kedelapan, hari perayaan penutup

Jerusalem: Yoh 7:37 - kepadaKu Sejumlah naskah tidak memuat kata-kata ini. Yesus mengajak orang datang kepadaNya sama seperti Hikmat Allah, bdk Yoh 6:35+.

Sejumlah naskah tidak memuat kata-kata ini. Yesus mengajak orang datang kepadaNya sama seperti Hikmat Allah, bdk Yoh 6:35+.

Jerusalem: Yoh 7:38 - Dari dalam hatinya Terjemahan ini mengikuti sebuah tradisi yang memisahkan (dengan pakai titik) Yoh 7:38 dari Yoh 7:37. Maka "hatinya" ialah hati orang percaya. Tetapi t...

Terjemahan ini mengikuti sebuah tradisi yang memisahkan (dengan pakai titik) Yoh 7:38 dari Yoh 7:37. Maka "hatinya" ialah hati orang percaya. Tetapi tradisi paling tua menghubungkan "Barangsiapa percaya kepadaKu" dengan Yoh 7:37:"....dan minum, ialah barangsiapa percaya kepadaKu. Seperti yang dikatakan....". Kalau demikian maka "hatinya" ialah hati Yesus

Jerusalem: Yoh 7:38 - aliran-aliran air hidup Janji ini kiranya berhubungan dengan ibadat, yang dirayakan pada perayaan Pondok-Daun. Dalam ibadat itu terdapat juga upacara mendoakan turunnya hujan...

Janji ini kiranya berhubungan dengan ibadat, yang dirayakan pada perayaan Pondok-Daun. Dalam ibadat itu terdapat juga upacara mendoakan turunnya hujan, upacara yang memperingati mujizat air di gurun dahulu, Kel 17:1-7; bdk 1Ko 10:4, dan dibacakan nubuat-nubuat mengenai mata air yang akan menghidupkan kembali Sion, Zak 14:8; Yeh 47:1 dst. Bdk Yoh 4:1+.

Jerusalem: Yoh 7:39 - Roh itu belum datang Harafiah: Roh itu belum ada. Var: Roh itu belum diberikan. Terjemahan memperlunak teks Yunani dengan ingat akan Var itu.

Harafiah: Roh itu belum ada. Var: Roh itu belum diberikan. Terjemahan memperlunak teks Yunani dengan ingat akan Var itu.

Jerusalem: Yoh 7:42 - Betlehem, tempat Daud dahulu tinggal Ada beberapa Var: sejumlah naskah tidak memuat "tempat Daud dahulu tinggal" Lain naskah: Betlehem Daud; lain lagi: tempat Ia tinggal. Rupanya kelahira...

Ada beberapa Var: sejumlah naskah tidak memuat "tempat Daud dahulu tinggal" Lain naskah: Betlehem Daud; lain lagi: tempat Ia tinggal. Rupanya kelahiran Yesus di Betlehem hanya diketahui oleh kaum kerabatNya.

Jerusalem: Yoh 7:53--8:11 - -- Bagian ini tidak termasuk dalam naskah-naskah yang paling tua, dalam beberapa terjemahan kuno, dan juga tidak dikenal oleh pujangga-pujangga Gereja ya...

Bagian ini tidak termasuk dalam naskah-naskah yang paling tua, dalam beberapa terjemahan kuno, dan juga tidak dikenal oleh pujangga-pujangga Gereja yang paling dahulu. Ada kalanya bagian ini terdapat di tempat lain dalam Perjanjian Baru. Bagian ini sesungguhnya berbau injil-injil sinoptik dan kiranya tidak berasal dari Yohanes. Barangkali berasal dari Lukas, bdk Luk 21:38+. Meskipun demikian, bagian ini termasuk Kitab Suci dan diakui demikian oleh gereja. Nilai historisnyapun tidak perlu diragukan.

Ende: Yoh 7:2 - Hari raja pondok daun-daun Ini satu ketiga hari-raja besar. Dirajakan dalam bulan September atau Oktober guna mengutjap sjukur atas panen jang diperoleh tahun itu, lagi atas pen...

Ini satu ketiga hari-raja besar. Dirajakan dalam bulan September atau Oktober guna mengutjap sjukur atas panen jang diperoleh tahun itu, lagi atas penjelenggaraan Allah jang adjaib dalam membebaskan mereka dari Mesir dan mengantar mereka ketanah terdjandji. Pesta itu dirajakan 8 hari lamanja dan waktu itu orang tinggal dalam pondok-pondok dari "daun-daun".

Ende: Yoh 7:3 - Saudara-saudara sanak keluarga dalam arti jang luas seperti kemanakan dan lain-lain. Mereka barangkali mengadjaknja sebab mereka ingin agar Ia mengadakan mukdjizat-mu...

sanak keluarga dalam arti jang luas seperti kemanakan dan lain-lain. Mereka barangkali mengadjaknja sebab mereka ingin agar Ia mengadakan mukdjizat-mukdjizat sebesar dan sebanjak di Galilea, sehingga pembesar-pembesar di Jerusalem mengerti bahwa Ia benar-benar Mesias dan mereka dapat mengangkatNja djadi "Radja Israel". Memang dalam arti politik, sebab mereka djuga tidak pertjaja akanNja (#TB Yoh 7:5), artinja akan kerohanian Keradjaan Allah jang dimaklumkanNja.

Ende: Yoh 7:7 - Sebab Aku membuktikan bahwa perbuatan-perbuatan mereka djahat Adjaran Jesus jang serba rohani, djudjur dan luhur, lagi tjara hidup Jesus jang saleh dan murni, berhubungan pula dengan mukdjizat-mukdjizat jang njat...

Adjaran Jesus jang serba rohani, djudjur dan luhur, lagi tjara hidup Jesus jang saleh dan murni, berhubungan pula dengan mukdjizat-mukdjizat jang njata-njata, merupakan selalu suatu teguran terhadap orang Jahudi dan mengganggu ketenteraman hati nurani mereka

Ende: Yoh 7:8 - Aku tidak naik jaitu sekarang tidak bersama-sama dengan mereka jang berziarah setjara resmi.

jaitu sekarang tidak bersama-sama dengan mereka jang berziarah setjara resmi.

Ende: Yoh 7:21 - Satu perbuatan jaitu penjembuhan orang lumpuh di Betseta (bab 5).

jaitu penjembuhan orang lumpuh di Betseta (bab 5).

Ende: Yoh 7:34 - Kamu akan mentjari Aku Mentjari dan menunggu "Mesias"; tetapi takkan bertemu.

Mentjari dan menunggu "Mesias"; tetapi takkan bertemu.

Ende: Yoh 7:35 - Daerah pertebaran banjak sekali orang Jahudi hidup bertebaran di seluruh kekaisaran Roma, dan merupakan umat-umat tersendiri disegala kota besar. Djadi "kedaerah perteb...

banjak sekali orang Jahudi hidup bertebaran di seluruh kekaisaran Roma, dan merupakan umat-umat tersendiri disegala kota besar. Djadi "kedaerah pertebaran" berarti keluar Palestina.

Ende: Yoh 7:38 - Berpantjaran dari batinnja Tidak terang batin siapakah jang dimaksudkan, batin manusia jang pertjaja atau batin Jesus. Kebanjakan penafsir sekarang berpegang pada tanggapan jang...

Tidak terang batin siapakah jang dimaksudkan, batin manusia jang pertjaja atau batin Jesus. Kebanjakan penafsir sekarang berpegang pada tanggapan jang kedua. Dalam pendjelasan, mereka antara lain mengingatkan 1Ko 10:4, dimana bukit-batu jang setelah dipukul memantjarkan air minum bagi orang Israel, ditafsirkan Paulus sebagai pelambang Kristus.

Ref. Silang FULL: Yoh 7:1 - orang-orang Yahudi // untuk membunuh-Nya · orang-orang Yahudi: Yoh 1:19; Yoh 1:19 · untuk membunuh-Nya: Yoh 7:19,25; Mat 12:14; Mat 12:14

· orang-orang Yahudi: Yoh 1:19; [Lihat FULL. Yoh 1:19]

· untuk membunuh-Nya: Yoh 7:19,25; Mat 12:14; [Lihat FULL. Mat 12:14]

Ref. Silang FULL: Yoh 7:2 - Pondok Daun · Pondok Daun: Im 23:34; Ul 16:16

· Pondok Daun: Im 23:34; Ul 16:16

Ref. Silang FULL: Yoh 7:3 - kata saudara-saudara · kata saudara-saudara: Mat 12:46; Mat 12:46

· kata saudara-saudara: Mat 12:46; [Lihat FULL. Mat 12:46]

Ref. Silang FULL: Yoh 7:5 - percaya kepada-Nya · percaya kepada-Nya: Mazm 69:9; Mr 3:21

· percaya kepada-Nya: Mazm 69:9; Mr 3:21

Ref. Silang FULL: Yoh 7:6 - Waktu-Ku · Waktu-Ku: Mat 26:18; Mat 26:18

· Waktu-Ku: Mat 26:18; [Lihat FULL. Mat 26:18]

Ref. Silang FULL: Yoh 7:7 - membenci Aku // pekerjaan-pekerjaannya jahat · membenci Aku: Yoh 15:18,19 · pekerjaan-pekerjaannya jahat: Yoh 3:19,20

· membenci Aku: Yoh 15:18,19

· pekerjaan-pekerjaannya jahat: Yoh 3:19,20

Ref. Silang FULL: Yoh 7:8 - karena waktu-Ku · karena waktu-Ku: Yoh 7:6; Mat 26:18; Mat 26:18

· karena waktu-Ku: Yoh 7:6; Mat 26:18; [Lihat FULL. Mat 26:18]

Ref. Silang FULL: Yoh 7:11 - mencari Dia · mencari Dia: Yoh 11:56

· mencari Dia: Yoh 11:56

Ref. Silang FULL: Yoh 7:12 - menyesatkan rakyat · menyesatkan rakyat: Yoh 7:40,43

· menyesatkan rakyat: Yoh 7:40,43

Ref. Silang FULL: Yoh 7:13 - orang-orang Yahudi · orang-orang Yahudi: Yoh 9:22; 12:42; 19:38; 20:19

· orang-orang Yahudi: Yoh 9:22; 12:42; 19:38; 20:19

Ref. Silang FULL: Yoh 7:14 - lalu mengajar · lalu mengajar: Yoh 7:28; Mat 26:55; Mat 26:55

· lalu mengajar: Yoh 7:28; Mat 26:55; [Lihat FULL. Mat 26:55]

Ref. Silang FULL: Yoh 7:15 - orang-orang Yahudi // mempunyai pengetahuan // tanpa belajar · orang-orang Yahudi: Yoh 1:19; Yoh 1:19 · mempunyai pengetahuan: Kis 26:24 · tanpa belajar: Mat 13:54

· orang-orang Yahudi: Yoh 1:19; [Lihat FULL. Yoh 1:19]

· mempunyai pengetahuan: Kis 26:24

· tanpa belajar: Mat 13:54

Ref. Silang FULL: Yoh 7:16 - mengutus Aku · mengutus Aku: Yoh 14:24; Yoh 14:24

· mengutus Aku: Yoh 14:24; [Lihat FULL. Yoh 14:24]

Ref. Silang FULL: Yoh 7:17 - akan tahu · akan tahu: Mazm 25:14

· akan tahu: Mazm 25:14

Ref. Silang FULL: Yoh 7:18 - dirinya sendiri · dirinya sendiri: Yoh 5:41; 8:50,54

· dirinya sendiri: Yoh 5:41; 8:50,54

Ref. Silang FULL: Yoh 7:19 - hukum Taurat // membunuh Aku · hukum Taurat: Ul 32:46; Yoh 1:17 · membunuh Aku: Yoh 7:1; Mat 12:14; Mat 12:14

· hukum Taurat: Ul 32:46; Yoh 1:17

· membunuh Aku: Yoh 7:1; Mat 12:14; [Lihat FULL. Mat 12:14]

Ref. Silang FULL: Yoh 7:20 - kerasukan setan · kerasukan setan: Mr 3:22; Mr 3:22

· kerasukan setan: Mr 3:22; [Lihat FULL. Mr 3:22]

Ref. Silang FULL: Yoh 7:21 - satu perbuatan · satu perbuatan: Yoh 7:23; Yoh 5:2-9

· satu perbuatan: Yoh 7:23; Yoh 5:2-9

Ref. Silang FULL: Yoh 7:22 - kamu bersunat // nenek moyang · kamu bersunat: Im 12:3 · nenek moyang: Kej 17:10-14

· kamu bersunat: Im 12:3

· nenek moyang: Kej 17:10-14

Ref. Silang FULL: Yoh 7:24 - tetapi hakimilah · tetapi hakimilah: 1Sam 16:7; Yes 11:3,4; Yoh 8:15; 2Kor 10:7

· tetapi hakimilah: 1Sam 16:7; Yes 11:3,4; Yoh 8:15; 2Kor 10:7

Ref. Silang FULL: Yoh 7:25 - mau bunuh · mau bunuh: Yoh 7:1; Mat 12:14; Mat 12:14

· mau bunuh: Yoh 7:1; Mat 12:14; [Lihat FULL. Mat 12:14]

Ref. Silang FULL: Yoh 7:26 - Mungkinkah pemimpin // adalah Kristus · Mungkinkah pemimpin: Yoh 7:48 · adalah Kristus: Yoh 4:29

· Mungkinkah pemimpin: Yoh 7:48

· adalah Kristus: Yoh 4:29

Ref. Silang FULL: Yoh 7:27 - mana asal-Nya · mana asal-Nya: Mat 13:55; Luk 4:22; Yoh 6:42

· mana asal-Nya: Mat 13:55; Luk 4:22; Yoh 6:42

Ref. Silang FULL: Yoh 7:28 - Bait Allah // mana asal-Ku // yang benar · Bait Allah: Yoh 7:14 · mana asal-Ku: Yoh 8:14 · yang benar: Yoh 8:26,42

· Bait Allah: Yoh 7:14

· mana asal-Ku: Yoh 8:14

· yang benar: Yoh 8:26,42

Ref. Silang FULL: Yoh 7:29 - kenal Dia // mengutus Aku · kenal Dia: Mat 11:27; Mat 11:27 · mengutus Aku: Yoh 3:17; Yoh 3:17

· kenal Dia: Mat 11:27; [Lihat FULL. Mat 11:27]

· mengutus Aku: Yoh 3:17; [Lihat FULL. Yoh 3:17]

Ref. Silang FULL: Yoh 7:30 - menyentuh Dia // belum tiba · menyentuh Dia: Yoh 7:32,44; Yoh 10:39 · belum tiba: Mat 26:18; Mat 26:18

· menyentuh Dia: Yoh 7:32,44; Yoh 10:39

· belum tiba: Mat 26:18; [Lihat FULL. Mat 26:18]

Ref. Silang FULL: Yoh 7:31 - percaya kepada-Nya // banyak mujizat · percaya kepada-Nya: Yoh 8:30; 10:42; 11:45; 12:11,42 · banyak mujizat: Yoh 2:11; Yoh 2:11

· percaya kepada-Nya: Yoh 8:30; 10:42; 11:45; 12:11,42

· banyak mujizat: Yoh 2:11; [Lihat FULL. Yoh 2:11]

Ref. Silang FULL: Yoh 7:33 - sedikit waktu // mengutus Aku · sedikit waktu: Yoh 12:35; 13:33; 16:16 · mengutus Aku: Yoh 16:5,10,17,28

· sedikit waktu: Yoh 12:35; 13:33; 16:16

· mengutus Aku: Yoh 16:5,10,17,28

Ref. Silang FULL: Yoh 7:34 - dapat datang · dapat datang: Yoh 7:36; Yoh 8:21; 13:33

· dapat datang: Yoh 7:36; Yoh 8:21; 13:33

Ref. Silang FULL: Yoh 7:35 - di perantauan // orang Yunani · di perantauan: Yak 1:1; Yak 1:1 · orang Yunani: Yoh 12:20; Kis 17:4; 18:4

· di perantauan: Yak 1:1; [Lihat FULL. Yak 1:1]

· orang Yunani: Yoh 12:20; Kis 17:4; 18:4

Ref. Silang FULL: Yoh 7:36 - dapat datang · dapat datang: Yoh 7:34

· dapat datang: Yoh 7:34

Ref. Silang FULL: Yoh 7:37 - puncak perayaan // dan minum · puncak perayaan: Im 23:36 · dan minum: Yes 55:1; Wahy 22:17

· puncak perayaan: Im 23:36

· dan minum: Yes 55:1; Wahy 22:17

Ref. Silang FULL: Yoh 7:38 - Barangsiapa percaya // yang dikatakan // dalam hatinya // air hidup · Barangsiapa percaya: Yoh 3:15; Yoh 3:15 · yang dikatakan: Yes 58:11 · dalam hatinya: Yoh 4:14; Yoh 4:14 · air hidup: Yoh...

· Barangsiapa percaya: Yoh 3:15; [Lihat FULL. Yoh 3:15]

· yang dikatakan: Yes 58:11

· dalam hatinya: Yoh 4:14; [Lihat FULL. Yoh 4:14]

· air hidup: Yoh 4:10; [Lihat FULL. Yoh 4:10]

Ref. Silang FULL: Yoh 7:39 - ialah Roh // akan diterima // belum dimuliakan · ialah Roh: Yoel 2:28; Yoh 1:33; Kis 2:17,33 · akan diterima: Yoh 20:22; Yoh 20:22 · belum dimuliakan: Yoh 12:23; 13:31,32

· ialah Roh: Yoel 2:28; Yoh 1:33; Kis 2:17,33

· akan diterima: Yoh 20:22; [Lihat FULL. Yoh 20:22]

· belum dimuliakan: Yoh 12:23; 13:31,32

Ref. Silang FULL: Yoh 7:40 - benar-benar nabi · benar-benar nabi: Mat 21:11; Mat 21:11

· benar-benar nabi: Mat 21:11; [Lihat FULL. Mat 21:11]

Ref. Silang FULL: Yoh 7:41 - dari Galilea · dari Galilea: Yoh 7:52; Yoh 1:46

· dari Galilea: Yoh 7:52; Yoh 1:46

Ref. Silang FULL: Yoh 7:42 - keturunan Daud // kampung Betlehem · keturunan Daud: Mat 1:1; Mat 1:1 · kampung Betlehem: Mi 5:1; Mat 2:5,6; Luk 2:4

· keturunan Daud: Mat 1:1; [Lihat FULL. Mat 1:1]

· kampung Betlehem: Mi 5:1; Mat 2:5,6; Luk 2:4

Ref. Silang FULL: Yoh 7:43 - timbullah pertentangan · timbullah pertentangan: Yoh 6:52; 9:16; 10:19

· timbullah pertentangan: Yoh 6:52; 9:16; 10:19

Ref. Silang FULL: Yoh 7:44 - berani menyentuh-Nya · berani menyentuh-Nya: Yoh 7:30

· berani menyentuh-Nya: Yoh 7:30

Ref. Silang FULL: Yoh 7:46 - orang itu · orang itu: Mat 7:28; Mat 7:28

· orang itu: Mat 7:28; [Lihat FULL. Mat 7:28]

Ref. Silang FULL: Yoh 7:47 - juga disesatkan · juga disesatkan: Yoh 7:12

· juga disesatkan: Yoh 7:12

Ref. Silang FULL: Yoh 7:48 - percaya kepada-Nya · percaya kepada-Nya: Yoh 12:42

· percaya kepada-Nya: Yoh 12:42

Ref. Silang FULL: Yoh 7:50 - Nikodemus · Nikodemus: Yoh 3:1; 19:39

· Nikodemus: Yoh 3:1; 19:39

Ref. Silang FULL: Yoh 7:52 - dari Galilea · dari Galilea: Yoh 7:41

· dari Galilea: Yoh 7:41

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Yoh 7:1 - -- 7:1 Sesudah itu Yesus berjalan keliling Galilea, sebab Ia tidak mau tetap tinggal di Yudea, karena di sana orang-orang Yahudi berusaha untuk membunuh-...

7:1 Sesudah itu Yesus berjalan keliling Galilea, sebab Ia tidak mau tetap tinggal di Yudea, karena di sana orang-orang Yahudi berusaha untuk membunuh-Nya.

Sesuai dengan apa yang diceritakan dalam pasal 5:18, mereka di Yudea sedang berusaha untuk membunuh Dia. Tampaklah dalam ayat-ayat yang berikut bahwa Dia tidak takut pergi ke sana, tetapi Dia hanya ke sana sesuai rencana Allah Bapa. Saat itu masih ada pelayanan yang harus dijalankan dalam suasana yang lebih tenang.

Injil Sinoptik lebih menekankan pelayanan Tuhan Yesus di Galilea. Dia di sana kurang lebih satu tahun. Menurut ayat yang berikut, tahun itu hampir selesai.

Hagelberg: Yoh 7:1-13 - -- 7. Keraguan (7:1-13) Perlawanan yang mengancam Tuhan Yesus menjadi semakin nyata dalam bagian ini, sampai Dia menghindari wilayah Yudea, dan usaha par...

7. Keraguan (7:1-13)

Perlawanan yang mengancam Tuhan Yesus menjadi semakin nyata dalam bagian ini, sampai Dia menghindari wilayah Yudea, dan usaha para pemimpin untuk membunuh Dia menjadi rahasia yang terbuka.

Hagelberg: Yoh 7:1 - -- 7:1 Sesudah itu Yesus berjalan keliling Galilea, sebab Ia tidak mau tetap tinggal di Yudea, karena di sana orang-orang Yahudi berusaha untuk membunuh-...

7:1 Sesudah itu Yesus berjalan keliling Galilea, sebab Ia tidak mau tetap tinggal di Yudea, karena di sana orang-orang Yahudi berusaha untuk membunuh-Nya.

Sesuai dengan apa yang diceritakan dalam pasal 5:18, mereka di Yudea sedang berusaha untuk membunuh Dia. Tampaklah dalam ayat-ayat yang berikut bahwa Dia tidak takut pergi ke sana, tetapi Dia hanya ke sana sesuai rencana Allah Bapa. Saat itu masih ada pelayanan yang harus dijalankan dalam suasana yang lebih tenang.

Injil Sinoptik lebih menekankan pelayanan Tuhan Yesus di Galilea. Dia di sana kurang lebih satu tahun. Menurut ayat yang berikut, tahun itu hampir selesai.

Hagelberg: Yoh 5:1--7:52 - -- C. Oposisi Timbul: tambah tanda, perbuatan, dan kata (5:1-7:52) Dalam bagian ini pertentangan antara Tuhan Yesus dan pemimpin-pemimpin orang Yahudi ti...

C. Oposisi Timbul: tambah tanda, perbuatan, dan kata (5:1-7:52)

Dalam bagian ini pertentangan antara Tuhan Yesus dan pemimpin-pemimpin orang Yahudi timbul. Apa yang tersirat dalam bagian yang sebelumnya, sudah menjadi nyata dalam bagian ini. Sesuai dengan pasal 1;10, mereka melawan Tuhan Yesus.

Hagelberg: Yoh 1:19--10:42 - -- II. PENYATAAN YESUS DENGAN KATA DAN PERBUATAN (1:19-10:42)

II. PENYATAAN YESUS DENGAN KATA DAN PERBUATAN (1:19-10:42)

Hagelberg: Yoh 7:2 - -- 7:2 Ketika itu sudah dekat hari raya orang Yahudi, yaitu hari raya Pondok Daun. Kira-kira setengah tahun sudah lewat sejak hari raya Paskah yang diseb...

7:2 Ketika itu sudah dekat hari raya orang Yahudi, yaitu hari raya Pondok Daun.

Kira-kira setengah tahun sudah lewat sejak hari raya Paskah yang disebutkan dalam pasal 6:4. Imamat 23:33-43 menceritakan bagaimana cara hari raya Pondok Daun dirayakan. Mereka harus tinggal di dalam pondok-pondok daun selama tujuh hari, "supaya diketahui oleh keturunanmu, bahwa Aku telah menyuruh orang Israel tinggal di dalam pondok-pondok selama Aku menuntun mereka sesudah keluar dari tanah Mesir, Akulah TUHAN, Allahmu" (Imamat 23:43). Panen anggur dan panen zaitun diketengahkan dalam hari raya Pondok Daun, yang dirayakan pada 15-21 Tishri, pada bulan September/Oktober. Upacara pencurahan air dan upacara penyalinan pelita terjadi dalam hari raya Pondok Daun. Tampaknya dua upacara tersebut menjadi batu loncatan bagi Tuhan Yesus. Antara ketiga hari raya yang wajib dirayakan di Yerusalem (Paskah, hari raya Tujuh Minggu dan hari raya Pondok Daun) yang paling meriah dan paling disukai umat Israel pada zaman itu adalah hari raya Pondok Daun.

Hagelberg: Yoh 7:2 - -- 7:2 Ketika itu sudah dekat hari raya orang Yahudi, yaitu hari raya Pondok Daun. Kira-kira setengah tahun sudah lewat sejak hari raya Paskah yang diseb...

7:2 Ketika itu sudah dekat hari raya orang Yahudi, yaitu hari raya Pondok Daun.

Kira-kira setengah tahun sudah lewat sejak hari raya Paskah yang disebutkan dalam pasal 6:4. Imamat 23:33-43 menceritakan bagaimana cara hari raya Pondok Daun dirayakan. Mereka harus tinggal di dalam pondok-pondok daun selama tujuh hari, "supaya diketahui oleh keturunanmu, bahwa Aku telah menyuruh orang Israel tinggal di dalam pondok-pondok selama Aku menuntun mereka sesudah keluar dari tanah Mesir, Akulah TUHAN, Allahmu" (Imamat 23:43). Panen anggur dan panen zaitun diketengahkan dalam hari raya Pondok Daun, yang dirayakan pada 15-21 Tishri, pada bulan September/Oktober. Upacara pencurahan air dan upacara penyalinan pelita terjadi dalam hari raya Pondok Daun. Tampaknya dua upacara tersebut menjadi batu loncatan bagi Tuhan Yesus. Antara ketiga hari raya yang wajib dirayakan di Yerusalem (Paskah, hari raya Tujuh Minggu dan hari raya Pondok Daun) yang paling meriah dan paling disukai umat Israel pada zaman itu adalah hari raya Pondok Daun.

Hagelberg: Yoh 7:3-4 - -- 7:3-4 Maka kata saudara-saudara Yesus kepada-Nya, "Berangkatlah dari sini dan pergi ke Yudea, supaya murid-murid-Mu juga melihat perbuatan-perbuatan y...

7:3-4 Maka kata saudara-saudara Yesus kepada-Nya, "Berangkatlah dari sini dan pergi ke Yudea, supaya murid-murid-Mu juga melihat perbuatan-perbuatan yang Engkau lakukan. Sebab tidak seorangpun berbuat sesuatu di tempat tersembunyi, jika ia mau diakui di muka umum. Jikalau Engkau berbuat hal-hal yang demikian, tampakkanlah diri-Mu kepada dunia."

Sepanjang Injil Yohanes, tema tanda diuraikan. Tampaknya peristiwa ini dicatat untuk menyatakan pemahaman yang keliru mengenai tanda. Tuhan Yesus tidak mengadakan tanda supaya Dia diakui di muka umum.

Sebagai orang yang belum646 percaya, saudara-saudara Yesus tidak mampu memahami apa yang ditekankan dalam pasal 6 (terutama ayat 14, 15, dan 26 dan seterusnya) yaitu bahwa perbuatan-perbuatan yang mereka tuntut, tidak menghasilkan iman yang Dia harapkan. Oleh karena itu, mereka menjadi seperti orang banyak dalam pasal 6:15, yang mau memaksa Dia menjadi raja.

Hagelberg: Yoh 7:3-4 - -- 7:3-4 Maka kata saudara-saudara Yesus kepada-Nya, "Berangkatlah dari sini dan pergi ke Yudea, supaya murid-murid-Mu juga melihat perbuatan-perbuatan y...

7:3-4 Maka kata saudara-saudara Yesus kepada-Nya, "Berangkatlah dari sini dan pergi ke Yudea, supaya murid-murid-Mu juga melihat perbuatan-perbuatan yang Engkau lakukan. Sebab tidak seorangpun berbuat sesuatu di tempat tersembunyi, jika ia mau diakui di muka umum. Jikalau Engkau berbuat hal-hal yang demikian, tampakkanlah diri-Mu kepada dunia."

Sepanjang Injil Yohanes, tema tanda diuraikan. Tampaknya peristiwa ini dicatat untuk menyatakan pemahaman yang keliru mengenai tanda. Tuhan Yesus tidak mengadakan tanda supaya Dia diakui di muka umum.

Sebagai orang yang belum646 percaya, saudara-saudara Yesus tidak mampu memahami apa yang ditekankan dalam pasal 6 (terutama ayat 14, 15, dan 26 dan seterusnya) yaitu bahwa perbuatan-perbuatan yang mereka tuntut, tidak menghasilkan iman yang Dia harapkan. Oleh karena itu, mereka menjadi seperti orang banyak dalam pasal 6:15, yang mau memaksa Dia menjadi raja.

Hagelberg: Yoh 7:5 - -- 7:5 Sebab saudara-saudara-Nya sendiripun tidak percaya kepada-Nya. Mereka mendorong supaya Dia pergi ke Yerusalem dan menyatakan diri-Nya di sana seba...

7:5 Sebab saudara-saudara-Nya sendiripun tidak percaya kepada-Nya.

Mereka mendorong supaya Dia pergi ke Yerusalem dan menyatakan diri-Nya di sana sebab saat itu mereka belum percaya bahwa Ia adalah Mesias. Mereka yakin Dia dapat melakukan keajaiban, sehingga Dia dapat mengumpulkan banyak pengikut, tetapi mereka belum menerima Dia sebagai Mesias dan Tuhan, yang kepada-Nya kita harus menyerahkan diri kita.

Hagelberg: Yoh 7:5 - -- 7:5 Sebab saudara-saudara-Nya sendiripun tidak percaya kepada-Nya. Mereka mendorong supaya Dia pergi ke Yerusalem dan menyatakan diri-Nya di sana seba...

7:5 Sebab saudara-saudara-Nya sendiripun tidak percaya kepada-Nya.

Mereka mendorong supaya Dia pergi ke Yerusalem dan menyatakan diri-Nya di sana sebab saat itu mereka belum percaya bahwa Ia adalah Mesias. Mereka yakin Dia dapat melakukan keajaiban, sehingga Dia dapat mengumpulkan banyak pengikut, tetapi mereka belum menerima Dia sebagai Mesias dan Tuhan, yang kepada-Nya kita harus menyerahkan diri kita.

Hagelberg: Yoh 7:6 - -- 7:6 Maka jawab Yesus kepada mereka, "Waktu-Ku belum tiba, tetapi bagi kamu waktunya selalu tepat.647 Tanggapan ini mirip dengan tanggapan Tuhan Yesus ...

7:6 Maka jawab Yesus kepada mereka, "Waktu-Ku belum tiba, tetapi bagi kamu waktunya selalu tepat.647

Tanggapan ini mirip dengan tanggapan Tuhan Yesus kepada ibu-Nya dalam pasal 2:4,648 namun perkataan-Nya kepada saudara-saudara-Nya lebih tajam.

Hagelberg: Yoh 7:6 - -- 7:6 Maka jawab Yesus kepada mereka, "Waktu-Ku belum tiba, tetapi bagi kamu waktunya selalu tepat.647 Tanggapan ini mirip dengan tanggapan Tuhan Yesus ...

7:6 Maka jawab Yesus kepada mereka, "Waktu-Ku belum tiba, tetapi bagi kamu waktunya selalu tepat.647

Tanggapan ini mirip dengan tanggapan Tuhan Yesus kepada ibu-Nya dalam pasal 2:4,648 namun perkataan-Nya kepada saudara-saudara-Nya lebih tajam.

Hagelberg: Yoh 7:7 - -- 7:7 Dunia tidak dapat membenci kamu, tetapi ia membenci Aku, sebab Aku bersaksi tentang dia, bahwa pekerjaan-pekerjaannya jahat. Tuhan Yesus menjelask...

7:7 Dunia tidak dapat membenci kamu, tetapi ia membenci Aku, sebab Aku bersaksi tentang dia, bahwa pekerjaan-pekerjaannya jahat.

Tuhan Yesus menjelaskan kepada mereka bahwa sebagai anggota dunia, dunia itu tidak dapat membenci mereka. Sebagai anggota dunia, waktunya selalu tepat bagi mereka, karena mereka tidak pekah terhadap kehendak Allah Bapa, dan mereka tidak mendengarkan Firman-Nya. Namun Dia tidak demikian. Dia dibenci oleh dunia, dan Dia harus memahami dan mengerjakan kehendak Allah Bapa. Oleh karena itu, Dia tidak menerima tantangan mereka untuk pergi saat itu, ramai-ramai, ke Yerusalem.

Hagelberg: Yoh 7:7 - -- 7:7 Dunia tidak dapat membenci kamu, tetapi ia membenci Aku, sebab Aku bersaksi tentang dia, bahwa pekerjaan-pekerjaannya jahat. Tuhan Yesus menjelask...

7:7 Dunia tidak dapat membenci kamu, tetapi ia membenci Aku, sebab Aku bersaksi tentang dia, bahwa pekerjaan-pekerjaannya jahat.

Tuhan Yesus menjelaskan kepada mereka bahwa sebagai anggota dunia, dunia itu tidak dapat membenci mereka. Sebagai anggota dunia, waktunya selalu tepat bagi mereka, karena mereka tidak pekah terhadap kehendak Allah Bapa, dan mereka tidak mendengarkan Firman-Nya. Namun Dia tidak demikian. Dia dibenci oleh dunia, dan Dia harus memahami dan mengerjakan kehendak Allah Bapa. Oleh karena itu, Dia tidak menerima tantangan mereka untuk pergi saat itu, ramai-ramai, ke Yerusalem.

Hagelberg: Yoh 7:8-9 - -- 7:8-9 Pergilah kamu ke pesta itu. Aku belum649 pergi ke situ, karena waktu-Ku belum genap." Demikianlah kata-Nya kepada mereka, dan Iapun tinggal di G...

7:8-9 Pergilah kamu ke pesta itu. Aku belum649 pergi ke situ, karena waktu-Ku belum genap." Demikianlah kata-Nya kepada mereka, dan Iapun tinggal di Galilea.

Mereka boleh pergi kapan saja, karena mereka tidak menantikan saat yang sesuai dengan kehendak dan rencana Allah, tetapi Tuhan Yesus selalu bergerak menurut kehendak Allah.

Hagelberg: Yoh 7:8-9 - -- 7:8-9 Pergilah kamu ke pesta itu. Aku belum649 pergi ke situ, karena waktu-Ku belum genap." Demikianlah kata-Nya kepada mereka, dan Iapun tinggal di G...

7:8-9 Pergilah kamu ke pesta itu. Aku belum649 pergi ke situ, karena waktu-Ku belum genap." Demikianlah kata-Nya kepada mereka, dan Iapun tinggal di Galilea.

Mereka boleh pergi kapan saja, karena mereka tidak menantikan saat yang sesuai dengan kehendak dan rencana Allah, tetapi Tuhan Yesus selalu bergerak menurut kehendak Allah.

Hagelberg: Yoh 7:10 - -- 7:10 Tetapi sesudah saudara-saudara Yesus berangkat ke pesta itu, Iapun pergi juga ke situ, tidak terang-terangan tetapi sepertinya650 diam-diam. Deng...

7:10 Tetapi sesudah saudara-saudara Yesus berangkat ke pesta itu, Iapun pergi juga ke situ, tidak terang-terangan tetapi sepertinya650 diam-diam.

Dengan demikian Dia meninggalkan Galilea. Dia hanya kembali ke situ setelah dibangkitkan. Seandainya Dia berangkat bersama-sama rombongan saudara-saudara-Nya,651 tidak mungkin Dia dapat pergi dengan cara diam-diam, sehingga kemungkinan besar apa yang terjadi dalam pasal 6 harus terjadi lagi.

Hagelberg: Yoh 7:10 - -- 7:10 Tetapi sesudah saudara-saudara Yesus berangkat ke pesta itu, Iapun pergi juga ke situ, tidak terang-terangan tetapi sepertinya650 diam-diam. Deng...

7:10 Tetapi sesudah saudara-saudara Yesus berangkat ke pesta itu, Iapun pergi juga ke situ, tidak terang-terangan tetapi sepertinya650 diam-diam.

Dengan demikian Dia meninggalkan Galilea. Dia hanya kembali ke situ setelah dibangkitkan. Seandainya Dia berangkat bersama-sama rombongan saudara-saudara-Nya,651 tidak mungkin Dia dapat pergi dengan cara diam-diam, sehingga kemungkinan besar apa yang terjadi dalam pasal 6 harus terjadi lagi.

Hagelberg: Yoh 7:11 - -- 7:11 Orang-orang Yahudi mencari Dia di pesta itu dan berkata, "Di manakah orang itu652?" Sikap orang banyak dibahas dalam ayat 12. Ayat 11 ini membaha...

7:11 Orang-orang Yahudi mencari Dia di pesta itu dan berkata, "Di manakah orang itu652?"

Sikap orang banyak dibahas dalam ayat 12. Ayat 11 ini membahas sikap orang-orang Yahudi, yaitu para pemimpin agama Yahudi di Yudea.653 Tampaknya pikiran mereka mirip pikiran saudara-saudara Yesus, yang berpikir bahwa Dia pasti datang, karena "tidak seorangpun berbuat sesuatu di tempat tersembunyi, jika ia mau diakui di muka umum."

Hagelberg: Yoh 7:11 - -- 7:11 Orang-orang Yahudi mencari Dia di pesta itu dan berkata, "Di manakah orang itu652?" Sikap orang banyak dibahas dalam ayat 12. Ayat 11 ini membaha...

7:11 Orang-orang Yahudi mencari Dia di pesta itu dan berkata, "Di manakah orang itu652?"

Sikap orang banyak dibahas dalam ayat 12. Ayat 11 ini membahas sikap orang-orang Yahudi, yaitu para pemimpin agama Yahudi di Yudea.653 Tampaknya pikiran mereka mirip pikiran saudara-saudara Yesus, yang berpikir bahwa Dia pasti datang, karena "tidak seorangpun berbuat sesuatu di tempat tersembunyi, jika ia mau diakui di muka umum."

Hagelberg: Yoh 7:12 - -- 7:12 Dan banyak terdengar bisikan di antara orang banyak tentang Dia. Ada yang berkata, "Ia orang baik." Ada pula yang berkata, "Tidak, Ia menyesatkan...

7:12 Dan banyak terdengar bisikan di antara orang banyak tentang Dia. Ada yang berkata, "Ia orang baik." Ada pula yang berkata, "Tidak, Ia menyesatkan rakyat."

Sikap rakyat terbagi dua. Memang, perkataan dan perbuatan Tuhan Yesus memaksa supaya orang memilih: Ia orang baik, atau Ia menyesatkan rakyat. Pernyataan perselisihan ini akan diulangi berkali-kali. Lihat pasal 7:30-31, 40-52; 10:19-21; 11:45-46; dan 12:37-43.

Hagelberg: Yoh 7:12 - -- 7:12 Dan banyak terdengar bisikan di antara orang banyak tentang Dia. Ada yang berkata, "Ia orang baik." Ada pula yang berkata, "Tidak, Ia menyesatkan...

7:12 Dan banyak terdengar bisikan di antara orang banyak tentang Dia. Ada yang berkata, "Ia orang baik." Ada pula yang berkata, "Tidak, Ia menyesatkan rakyat."

Sikap rakyat terbagi dua. Memang, perkataan dan perbuatan Tuhan Yesus memaksa supaya orang memilih: Ia orang baik, atau Ia menyesatkan rakyat. Pernyataan perselisihan ini akan diulangi berkali-kali. Lihat pasal 7:30-31, 40-52; 10:19-21; 11:45-46; dan 12:37-43.

Hagelberg: Yoh 7:13 - -- 7:13 Tetapi tidak seorangpun yang berani berkata terang-terangan tentang Dia karena takut terhadap orang-orang Yahudi. Oleh karena sikap para pemimpin...

7:13 Tetapi tidak seorangpun yang berani berkata terang-terangan tentang Dia karena takut terhadap orang-orang Yahudi.

Oleh karena sikap para pemimpin agama Yahudi sudah nyata, rakyat hanya berani berbisik. Dalam pasal 9:22 orangtua orang yang matanya dicelikkan itu "takut kepada orang-orang Yahudi, sebab orang-orang Yahudi itu telah sepakat bahwa setiap orang yang mengaku Dia sebagai Mesias, akan dikucilkan."

Hagelberg: Yoh 7:13 - -- 7:13 Tetapi tidak seorangpun yang berani berkata terang-terangan tentang Dia karena takut terhadap orang-orang Yahudi. Oleh karena sikap para pemimpin...

7:13 Tetapi tidak seorangpun yang berani berkata terang-terangan tentang Dia karena takut terhadap orang-orang Yahudi.

Oleh karena sikap para pemimpin agama Yahudi sudah nyata, rakyat hanya berani berbisik. Dalam pasal 9:22 orangtua orang yang matanya dicelikkan itu "takut kepada orang-orang Yahudi, sebab orang-orang Yahudi itu telah sepakat bahwa setiap orang yang mengaku Dia sebagai Mesias, akan dikucilkan."

Hagelberg: Yoh 7:14 - -- 7:14 Waktu pesta itu sedang berlangsung, Yesus masuk ke Bait Allah lalu mengajar di situ. Sebelum peristiwa ini (pasal 7:1) dan sesudah peristiwa ini ...

7:14 Waktu pesta itu sedang berlangsung, Yesus masuk ke Bait Allah lalu mengajar di situ.

Sebelum peristiwa ini (pasal 7:1) dan sesudah peristiwa ini (pasal 10:39-40 dan 11:54), Tuhan Yesus melayani di tempat yang sepi, tetapi di pesta ini Dia mengajar di pelataran Bait Allah, yang sedang ramai-ramai karena upacara hari raya Pondok Daun.

Hagelberg: Yoh 7:14-24 - -- a. Ajaran Yesus yang berwewenang (7:14-24) Dalam bagian ini Tuhan Yesus menanggapi dua pertanyaan, dan membela hak-Nya untuk mengajar. Mereka terpaksa...

a. Ajaran Yesus yang berwewenang (7:14-24)

Dalam bagian ini Tuhan Yesus menanggapi dua pertanyaan, dan membela hak-Nya untuk mengajar. Mereka terpaksa memilih, apakah Dia adalah nabi palsu, yang harus dihukum mati (Ulangan18:20) ataukah Dia adalah nabi yang dinubuatkan oleh Musa, yang harus ditaati (Ulangan 18:19).654

Hagelberg: Yoh 7:14 - -- 7:14 Waktu pesta itu sedang berlangsung, Yesus masuk ke Bait Allah lalu mengajar di situ. Sebelum peristiwa ini (pasal 7:1) dan sesudah peristiwa ini ...

7:14 Waktu pesta itu sedang berlangsung, Yesus masuk ke Bait Allah lalu mengajar di situ.

Sebelum peristiwa ini (pasal 7:1) dan sesudah peristiwa ini (pasal 10:39-40 dan 11:54), Tuhan Yesus melayani di tempat yang sepi, tetapi di pesta ini Dia mengajar di pelataran Bait Allah, yang sedang ramai-ramai karena upacara hari raya Pondok Daun.

Hagelberg: Yoh 7:14-44 - -- 8. Di hari raya Pondok Daun (7:14-44) Di hari raya Pondok Daun, pernyataan Tuhan Yesus menjadi sangat jelas dan terang-terangan, dan perlawanan yang m...

8. Di hari raya Pondok Daun (7:14-44)

Di hari raya Pondok Daun, pernyataan Tuhan Yesus menjadi sangat jelas dan terang-terangan, dan perlawanan yang melawan Dia juga semakin terang-terangan.

Hagelberg: Yoh 7:15 - -- 7:15 Maka heranlah orang-orang Yahudi dan berkata, "Bagaimanakah orang ini655 mempunyai pengetahuan demikian tanpa belajar!"656 Tidak mustahil orang...

7:15 Maka heranlah orang-orang Yahudi dan berkata, "Bagaimanakah orang ini655 mempunyai pengetahuan demikian tanpa belajar!"656

Tidak mustahil orang-orang Yahudi itu heran karena ajaran Tuhan Yesus begitu luar biasa, tetapi lebih besar kemungkinannya bahwa mereka heran karena apa yang mereka anggap kenekadan orang yang tak terpelajar itu.657 Mereka heran dan tersinggung. Terus-menerus mereka melawan Dia. Menurut mereka, orang itu tidak berpendidikan, dan tidak usah didengarkan lagi.

Hagelberg: Yoh 7:15 - -- 7:15 Maka heranlah orang-orang Yahudi dan berkata, "Bagaimanakah orang ini655 mempunyai pengetahuan demikian tanpa belajar!"656 Tidak mustahil orang...

7:15 Maka heranlah orang-orang Yahudi dan berkata, "Bagaimanakah orang ini655 mempunyai pengetahuan demikian tanpa belajar!"656

Tidak mustahil orang-orang Yahudi itu heran karena ajaran Tuhan Yesus begitu luar biasa, tetapi lebih besar kemungkinannya bahwa mereka heran karena apa yang mereka anggap kenekadan orang yang tak terpelajar itu.657 Mereka heran dan tersinggung. Terus-menerus mereka melawan Dia. Menurut mereka, orang itu tidak berpendidikan, dan tidak usah didengarkan lagi.

Hagelberg: Yoh 7:16 - -- 7:16 Jawab Yesus kepada mereka, "Ajaran-Ku tidak berasal dari diri-Ku sendiri, tetapi dari Dia yang telah mengutus Aku. Sesuai dengan kebiasaan seoran...

7:16 Jawab Yesus kepada mereka, "Ajaran-Ku tidak berasal dari diri-Ku sendiri, tetapi dari Dia yang telah mengutus Aku.

Sesuai dengan kebiasaan seorang rabi, Tuhan Yesus mendukung pernyataan-Nya dengan sumber ajaran yang berbobot. Dalam kasus ini sumbernya bukan seorang rabi yang terkenal, tetapi Dia yang telah mengutus Tuhan Yesus.

Hagelberg: Yoh 7:16 - -- 7:16 Jawab Yesus kepada mereka, "Ajaran-Ku tidak berasal dari diri-Ku sendiri, tetapi dari Dia yang telah mengutus Aku. Sesuai dengan kebiasaan seoran...

7:16 Jawab Yesus kepada mereka, "Ajaran-Ku tidak berasal dari diri-Ku sendiri, tetapi dari Dia yang telah mengutus Aku.

Sesuai dengan kebiasaan seorang rabi, Tuhan Yesus mendukung pernyataan-Nya dengan sumber ajaran yang berbobot. Dalam kasus ini sumbernya bukan seorang rabi yang terkenal, tetapi Dia yang telah mengutus Tuhan Yesus.

Hagelberg: Yoh 7:17 - -- 7:17 Barangsiapa mau melakukan kehendak-Nya, ia akan tahu entah ajaran-Ku ini berasal dari Allah, entah Aku berkata-kata dari diri-Ku sendiri. Ada han...

7:17 Barangsiapa mau melakukan kehendak-Nya, ia akan tahu entah ajaran-Ku ini berasal dari Allah, entah Aku berkata-kata dari diri-Ku sendiri.

Ada hanya dua kemungkinan: Dia hanya mereka-reka, atau Dia mengajar apa yang Dia terima dari Bapa-Nya. Menurut Dia sendiri, setiap orang yang rela tunduk pada kehendak Allah akan tahu, bahwa Dia mengajarkan ajaran dari sorga, dan bukan ajaran yang dibentuk oleh manusia. Jika Dia ditolak oleh orang, Dia ditolak karena mereka tidak rela tunduk pada kehendak Allah.

Mereka bertanya apa Dia layak mengajar. Sebaliknya Dia bertanya apa mereka layak belajar! Syarat ini, bahwa kita harus rela melakukan kehendak-Nya, mengingatkan kita bahwa Allah Bapa mencari penyembah-penyembah yang akan menyembah Dia dalam Roh dan kebenaran (pasal 4:23-24).

Hagelberg: Yoh 7:17 - -- 7:17 Barangsiapa mau melakukan kehendak-Nya, ia akan tahu entah ajaran-Ku ini berasal dari Allah, entah Aku berkata-kata dari diri-Ku sendiri. Ada han...

7:17 Barangsiapa mau melakukan kehendak-Nya, ia akan tahu entah ajaran-Ku ini berasal dari Allah, entah Aku berkata-kata dari diri-Ku sendiri.

Ada hanya dua kemungkinan: Dia hanya mereka-reka, atau Dia mengajar apa yang Dia terima dari Bapa-Nya. Menurut Dia sendiri, setiap orang yang rela tunduk pada kehendak Allah akan tahu, bahwa Dia mengajarkan ajaran dari sorga, dan bukan ajaran yang dibentuk oleh manusia. Jika Dia ditolak oleh orang, Dia ditolak karena mereka tidak rela tunduk pada kehendak Allah.

Mereka bertanya apa Dia layak mengajar. Sebaliknya Dia bertanya apa mereka layak belajar! Syarat ini, bahwa kita harus rela melakukan kehendak-Nya, mengingatkan kita bahwa Allah Bapa mencari penyembah-penyembah yang akan menyembah Dia dalam Roh dan kebenaran (pasal 4:23-24).

Hagelberg: Yoh 7:18 - -- 7:18 Barangsiapa berkata-kata dari dirinya sendiri, ia mencari hormat bagi dirinya sendiri, tetapi barangsiapa mencari hormat bagi Dia yang mengutusny...

7:18 Barangsiapa berkata-kata dari dirinya sendiri, ia mencari hormat bagi dirinya sendiri, tetapi barangsiapa mencari hormat bagi Dia yang mengutusnya, ia benar dan tidak ada ketidakbenaran padanya.

Hormat untuk diri sendiri adalah motivasi seseorang yang berkata-kata dari dirinya sendiri. Mungkinkah ada tuduhan yang tidak langsung dalam pernyataan ini? Sebenarnya musuh-Nya yang mencari hormat bagi dirinya sendiri, sampai mereka berusaha untuk membunuh Dia tanpa mengadili Dia sesuai dengan peraturan mereka sendiri. Dalam pasal 5:44 Dia telah berkata, "Bagaimanakah kamu dapat percaya, kamu yang menerima hormat seorang dari yang lain dan yang tidak mencari hormat yang datang dari Allah yang Esa?" Sebaliknya hormat untuk Allah Bapa adalah motivasi seseorang yang mengajarkan apa yang benar.

Hagelberg: Yoh 7:18 - -- 7:18 Barangsiapa berkata-kata dari dirinya sendiri, ia mencari hormat bagi dirinya sendiri, tetapi barangsiapa mencari hormat bagi Dia yang mengutusny...

7:18 Barangsiapa berkata-kata dari dirinya sendiri, ia mencari hormat bagi dirinya sendiri, tetapi barangsiapa mencari hormat bagi Dia yang mengutusnya, ia benar dan tidak ada ketidakbenaran padanya.

Hormat untuk diri sendiri adalah motivasi seseorang yang berkata-kata dari dirinya sendiri. Mungkinkah ada tuduhan yang tidak langsung dalam pernyataan ini? Sebenarnya musuh-Nya yang mencari hormat bagi dirinya sendiri, sampai mereka berusaha untuk membunuh Dia tanpa mengadili Dia sesuai dengan peraturan mereka sendiri. Dalam pasal 5:44 Dia telah berkata, "Bagaimanakah kamu dapat percaya, kamu yang menerima hormat seorang dari yang lain dan yang tidak mencari hormat yang datang dari Allah yang Esa?" Sebaliknya hormat untuk Allah Bapa adalah motivasi seseorang yang mengajarkan apa yang benar.

Hagelberg: Yoh 7:19 - -- 7:19 Bukankah Musa yang telah memberikan hukum Taurat kepadamu? Namun tidak seorangpun di antara kamu yang melakukan hukum Taurat itu. Mengapa kamu be...

7:19 Bukankah Musa yang telah memberikan hukum Taurat kepadamu? Namun tidak seorangpun di antara kamu yang melakukan hukum Taurat itu. Mengapa kamu berusaha membunuh Aku?"

Dalam ayat 18 di atas Dia mulai menyatakan kemunafikan para pemimpin orang Yahudi, tetapi dalam ayat ini Dia menekankan kemunafikan itu secara tajam. Mereka sangat bangga bahwa mereka menerima hukum Taurat dari Musa (lihat pasal 9:28). Mesipun hukum Taurat berkata, "Jangan membunuh", tetapi di situ sudah ada orang yang mau membunuh Dia. Dalam Roma 2:25-29 Paulus juga menekankan kepentingan perbedaan antara memiliki dan menuruti hukum Taurat.

Hagelberg: Yoh 7:19 - -- 7:19 Bukankah Musa yang telah memberikan hukum Taurat kepadamu? Namun tidak seorangpun di antara kamu yang melakukan hukum Taurat itu. Mengapa kamu be...

7:19 Bukankah Musa yang telah memberikan hukum Taurat kepadamu? Namun tidak seorangpun di antara kamu yang melakukan hukum Taurat itu. Mengapa kamu berusaha membunuh Aku?"

Dalam ayat 18 di atas Dia mulai menyatakan kemunafikan para pemimpin orang Yahudi, tetapi dalam ayat ini Dia menekankan kemunafikan itu secara tajam. Mereka sangat bangga bahwa mereka menerima hukum Taurat dari Musa (lihat pasal 9:28). Mesipun hukum Taurat berkata, "Jangan membunuh", tetapi di situ sudah ada orang yang mau membunuh Dia. Dalam Roma 2:25-29 Paulus juga menekankan kepentingan perbedaan antara memiliki dan menuruti hukum Taurat.

Hagelberg: Yoh 7:20 - -- 7:20 Orang banyak itu menjawab, "Engkau kerasukan setan; siapakah yang berusaha membunuh Engkau?" Dalam ayat 25 kita membaca bahwa "beberapa orang Yer...

7:20 Orang banyak itu menjawab, "Engkau kerasukan setan; siapakah yang berusaha membunuh Engkau?"

Dalam ayat 25 kita membaca bahwa "beberapa orang Yerusalem" sudah tahu bahwa "mereka mau bunuh" Dia, tetapi dalam ayat ini, orang banyak itu, termasuk banyak orang yang datang dari jauh karena hari raya, belum tahu mengenai usaha prara pemimpin untuk membunuh Dia. Dengan teliti Yohanes membedakan siapa yang berbicara, misalnya antara orang banyak, "orang Yerusalem", dan "orang Yahudi".

Culpepper (hlm. 93) mengamati bahwa ayat ini menolong para pembaca untuk mengerti bahwa alasan-alasan yang diungkapkan oleh mereka yang melawan Dia, sebenarnya lemah, dan hanya merupakan dalih saja. Mereka berkata, Engkau kerasukan setan; siapakah yang berusaha membunuh Engkau, tetapi para pembaca sudah mengerti bahwa sebenarnya ada orang yang mau membunuh Dia.658

Hagelberg: Yoh 7:20 - -- 7:20 Orang banyak itu menjawab, "Engkau kerasukan setan; siapakah yang berusaha membunuh Engkau?" Dalam ayat 25 kita membaca bahwa "beberapa orang Yer...

7:20 Orang banyak itu menjawab, "Engkau kerasukan setan; siapakah yang berusaha membunuh Engkau?"

Dalam ayat 25 kita membaca bahwa "beberapa orang Yerusalem" sudah tahu bahwa "mereka mau bunuh" Dia, tetapi dalam ayat ini, orang banyak itu, termasuk banyak orang yang datang dari jauh karena hari raya, belum tahu mengenai usaha prara pemimpin untuk membunuh Dia. Dengan teliti Yohanes membedakan siapa yang berbicara, misalnya antara orang banyak, "orang Yerusalem", dan "orang Yahudi".

Culpepper (hlm. 93) mengamati bahwa ayat ini menolong para pembaca untuk mengerti bahwa alasan-alasan yang diungkapkan oleh mereka yang melawan Dia, sebenarnya lemah, dan hanya merupakan dalih saja. Mereka berkata, Engkau kerasukan setan; siapakah yang berusaha membunuh Engkau, tetapi para pembaca sudah mengerti bahwa sebenarnya ada orang yang mau membunuh Dia.658

Hagelberg: Yoh 7:21 - -- 7:21 Jawab Yesus kepada mereka, "Hanya satu perbuatan yang Kulakukan dan kamu semua telah heran. Dia tidak menjawab pertanyaan mereka. Dia tidak menya...

7:21 Jawab Yesus kepada mereka, "Hanya satu perbuatan yang Kulakukan dan kamu semua telah heran.

Dia tidak menjawab pertanyaan mereka. Dia tidak menyatakan identitas setiap orang di situ yang mau membunuh Dia. Tetapi Dia menyatakan saatnya rencana mereka lahir: waktu Dia menyembuhkan orang itu di Kolam Betesda, pada hari Sabat (pasal 5). Dia mengingatkan mereka bahwa mereka heran. Mereka heran, bukan karena mukjizat, tetapi karena Dia berani melanggar hari Sabat.

Hagelberg: Yoh 7:21 - -- 7:21 Jawab Yesus kepada mereka, "Hanya satu perbuatan yang Kulakukan dan kamu semua telah heran. Dia tidak menjawab pertanyaan mereka. Dia tidak menya...

7:21 Jawab Yesus kepada mereka, "Hanya satu perbuatan yang Kulakukan dan kamu semua telah heran.

Dia tidak menjawab pertanyaan mereka. Dia tidak menyatakan identitas setiap orang di situ yang mau membunuh Dia. Tetapi Dia menyatakan saatnya rencana mereka lahir: waktu Dia menyembuhkan orang itu di Kolam Betesda, pada hari Sabat (pasal 5). Dia mengingatkan mereka bahwa mereka heran. Mereka heran, bukan karena mukjizat, tetapi karena Dia berani melanggar hari Sabat.

Hagelberg: Yoh 7:22 - -- 7:22 Jadi: Musa menetapkan supaya kamu bersunat--sebenarnya sunat itu tidak berasal dari Musa, tetapi dari nenek moyang kita--dan kamu menyunat orang ...

7:22 Jadi: Musa menetapkan supaya kamu bersunat--sebenarnya sunat itu tidak berasal dari Musa, tetapi dari nenek moyang kita--dan kamu menyunat orang pada hari Sabat!

Oleh karena suatu perintah yang mendahului hukum Sabat (karena perintah sunat berasal dari nenek moyang yang mendahului Musa), mereka menyunat orang pada hari Sabat, suatu acara yang merupakan pelanggaran hukum Sabat.

Hagelberg: Yoh 7:22 - -- 7:22 Jadi: Musa menetapkan supaya kamu bersunat--sebenarnya sunat itu tidak berasal dari Musa, tetapi dari nenek moyang kita--dan kamu menyunat orang ...

7:22 Jadi: Musa menetapkan supaya kamu bersunat--sebenarnya sunat itu tidak berasal dari Musa, tetapi dari nenek moyang kita--dan kamu menyunat orang pada hari Sabat!

Oleh karena suatu perintah yang mendahului hukum Sabat (karena perintah sunat berasal dari nenek moyang yang mendahului Musa), mereka menyunat orang pada hari Sabat, suatu acara yang merupakan pelanggaran hukum Sabat.

Hagelberg: Yoh 7:23 - -- 7:23 Jikalau seorang menerima sunat pada hari Sabat, supaya jangan melanggar hukum Musa, mengapa kamu marah kepada-Ku, karena Aku menyembuhkan seluruh...

7:23 Jikalau seorang menerima sunat pada hari Sabat, supaya jangan melanggar hukum Musa, mengapa kamu marah kepada-Ku, karena Aku menyembuhkan seluruh tubuh seorang manusia pada hari Sabat.659

Kalau Allah berkehendak supaya keperluan simbolis (sunat) dapat digenapi walaupun melanggar hukum Sabat, apa lagi keperluan yang sungguhan! Lebih dari itu, sunat hanya memperbaiki satu anggota tubuh, sedangkan Tuhan Yesus menyembuhkan seluruh tubuh seorang manusia. Kemunafikan mereka telah dinyatakan.

Hagelberg: Yoh 7:23 - -- 7:23 Jikalau seorang menerima sunat pada hari Sabat, supaya jangan melanggar hukum Musa, mengapa kamu marah kepada-Ku, karena Aku menyembuhkan seluruh...

7:23 Jikalau seorang menerima sunat pada hari Sabat, supaya jangan melanggar hukum Musa, mengapa kamu marah kepada-Ku, karena Aku menyembuhkan seluruh tubuh seorang manusia pada hari Sabat.659

Kalau Allah berkehendak supaya keperluan simbolis (sunat) dapat digenapi walaupun melanggar hukum Sabat, apa lagi keperluan yang sungguhan! Lebih dari itu, sunat hanya memperbaiki satu anggota tubuh, sedangkan Tuhan Yesus menyembuhkan seluruh tubuh seorang manusia. Kemunafikan mereka telah dinyatakan.

Hagelberg: Yoh 7:24 - -- 7:24 Janganlah menghakimi menurut apa yang nampak, tetapi hakimilah dengan adil." Oleh karena kemunafikan mereka telah dinyatakan, maka mereka disuruh...

7:24 Janganlah menghakimi menurut apa yang nampak, tetapi hakimilah dengan adil."

Oleh karena kemunafikan mereka telah dinyatakan, maka mereka disuruh meninggalkannya. Istilah menghakimi di sini mengandung konsep "membedakan yang benar dan yang salah".

Hagelberg: Yoh 7:24 - -- 7:24 Janganlah menghakimi menurut apa yang nampak, tetapi hakimilah dengan adil." Oleh karena kemunafikan mereka telah dinyatakan, maka mereka disuruh...

7:24 Janganlah menghakimi menurut apa yang nampak, tetapi hakimilah dengan adil."

Oleh karena kemunafikan mereka telah dinyatakan, maka mereka disuruh meninggalkannya. Istilah menghakimi di sini mengandung konsep "membedakan yang benar dan yang salah".

Hagelberg: Yoh 7:25 - -- 7:25 Beberapa orang Yerusalem berkata, "Bukankah Dia ini yang mereka mau bunuh? Lain dari mereka yang datang dari luar untuk merayakan hari raya, peng...

7:25 Beberapa orang Yerusalem berkata, "Bukankah Dia ini yang mereka mau bunuh?

Lain dari mereka yang datang dari luar untuk merayakan hari raya, penghuni Yerusalem lebih mengerti seluk-beluk dan maksud para pemimpin agama Yahudi. Mungkin mereka sudah mendengar kabar angin mengenai sikap para pemimpin terhadap Tuhan Yesus.

Hagelberg: Yoh 7:25-36 - -- b. Siapakah Yesus Kristus? (7:25-36) Dalam bagian ini identitas Tuhan Yeses diperdebatkan. Saat peristiwa ini penghuni Yerusalem masih belum mengambil...

b. Siapakah Yesus Kristus? (7:25-36)

Dalam bagian ini identitas Tuhan Yeses diperdebatkan. Saat peristiwa ini penghuni Yerusalem masih belum mengambill sikap yang jelas terhadap Dia. Dia akan tetap memaksakan mereka supaya mereka memihak kepada-Nya, atau mereka melawan Dia. Dia tidak membiarkan orang berkata, "Ya, Yesus itu baik saya kira, tetapi jangan keterlaluan, jangan fanatik."

Hagelberg: Yoh 7:25 - -- 7:25 Beberapa orang Yerusalem berkata, "Bukankah Dia ini yang mereka mau bunuh? Lain dari mereka yang datang dari luar untuk merayakan hari raya, peng...

7:25 Beberapa orang Yerusalem berkata, "Bukankah Dia ini yang mereka mau bunuh?

Lain dari mereka yang datang dari luar untuk merayakan hari raya, penghuni Yerusalem lebih mengerti seluk-beluk dan maksud para pemimpin agama Yahudi. Mungkin mereka sudah mendengar kabar angin mengenai sikap para pemimpin terhadap Tuhan Yesus.

Hagelberg: Yoh 7:26 - -- 7:26 Dan lihatlah, Ia berbicara dengan leluasa dan mereka tidak mengatakan apa-apa kepada-Nya. Mungkinkah pemimpin kita benar-benar sudah tahu, bahwa ...

7:26 Dan lihatlah, Ia berbicara dengan leluasa dan mereka tidak mengatakan apa-apa kepada-Nya. Mungkinkah pemimpin kita benar-benar sudah tahu, bahwa Ia adalah Kristus?

Mereka heran karena Tuhan Yesus mengajar di tempat yang umum dan terbuka. Mereka merasa bahwa ajaran-Nya menarik. Para pemimpin tidak melawan Dia. Berdasarkan fakta-fakta tersebut, mereka menduga bahwa Dia tidak diganggu oleh para pemimpin karena para pemimpin sudah tahu, bahwa Ia adalah Kristus. Wibawa dan kuasa mereka besar, dan sikap mereka terhadap Tuhan Yesus penting bagi masyarakat. Mereka dapat membuang orang dari persekutuan rumah ibadah.

Hagelberg: Yoh 7:26 - -- 7:26 Dan lihatlah, Ia berbicara dengan leluasa dan mereka tidak mengatakan apa-apa kepada-Nya. Mungkinkah pemimpin kita benar-benar sudah tahu, bahwa ...

7:26 Dan lihatlah, Ia berbicara dengan leluasa dan mereka tidak mengatakan apa-apa kepada-Nya. Mungkinkah pemimpin kita benar-benar sudah tahu, bahwa Ia adalah Kristus?

Mereka heran karena Tuhan Yesus mengajar di tempat yang umum dan terbuka. Mereka merasa bahwa ajaran-Nya menarik. Para pemimpin tidak melawan Dia. Berdasarkan fakta-fakta tersebut, mereka menduga bahwa Dia tidak diganggu oleh para pemimpin karena para pemimpin sudah tahu, bahwa Ia adalah Kristus. Wibawa dan kuasa mereka besar, dan sikap mereka terhadap Tuhan Yesus penting bagi masyarakat. Mereka dapat membuang orang dari persekutuan rumah ibadah.

Hagelberg: Yoh 7:27 - -- 7:27 Tetapi tentang orang ini kita tahu dari mana asal-Nya, tetapi bilamana Kristus datang, tidak ada seorangpun yang tahu dari mana asal-Nya." Mereka...

7:27 Tetapi tentang orang ini kita tahu dari mana asal-Nya, tetapi bilamana Kristus datang, tidak ada seorangpun yang tahu dari mana asal-Nya."

Mereka sendiri menolak dugaan tersebut, karena, menurut mereka, bilamana Kristus datang, tidak ada seorangpun yang tahu dari mana asal-Nya. Mereka bersikap seperti itu, walaupun dalam ayat 42 orang lain berkata, "Kitab Suci mengatakan, bahwa Mesias berasal dari keturunan Daud dan dari kampung Betlehem, tempat Daud dahulu tinggal."

Tampaknya zaman itu ada beberapa pendapat mengenai asal-usul Mesias. Berdasarkan Daniel 9:25 dan Maleakhi 3:1, ada yang berpikir bahwa Mesias akan timbul dengan mendadak, sehingga asal-usul-Nya tidak diketahui sebelumnya. Berdasarkan Mikha 5:2 orang lain mengerti bahwa Mesias akan datang dari Betlehem.

Sesuai dengan pola ironis Injil Yohanes, tidak disebutkan bahwa sebenarnya mereka itu tidak tahu dari mana asal-Nya!660 Namun para pembaca mengerti bahwa alasan mereka tidak dapat dibela. Para pembaca mengerti bahwa mereka menolak Tuhan Yesus oleh karena suatu alasan yang tidak benar dan tidak masuk akal.

Hagelberg: Yoh 7:27 - -- 7:27 Tetapi tentang orang ini kita tahu dari mana asal-Nya, tetapi bilamana Kristus datang, tidak ada seorangpun yang tahu dari mana asal-Nya." Mereka...

7:27 Tetapi tentang orang ini kita tahu dari mana asal-Nya, tetapi bilamana Kristus datang, tidak ada seorangpun yang tahu dari mana asal-Nya."

Mereka sendiri menolak dugaan tersebut, karena, menurut mereka, bilamana Kristus datang, tidak ada seorangpun yang tahu dari mana asal-Nya. Mereka bersikap seperti itu, walaupun dalam ayat 42 orang lain berkata, "Kitab Suci mengatakan, bahwa Mesias berasal dari keturunan Daud dan dari kampung Betlehem, tempat Daud dahulu tinggal."

Tampaknya zaman itu ada beberapa pendapat mengenai asal-usul Mesias. Berdasarkan Daniel 9:25 dan Maleakhi 3:1, ada yang berpikir bahwa Mesias akan timbul dengan mendadak, sehingga asal-usul-Nya tidak diketahui sebelumnya. Berdasarkan Mikha 5:2 orang lain mengerti bahwa Mesias akan datang dari Betlehem.

Sesuai dengan pola ironis Injil Yohanes, tidak disebutkan bahwa sebenarnya mereka itu tidak tahu dari mana asal-Nya!660 Namun para pembaca mengerti bahwa alasan mereka tidak dapat dibela. Para pembaca mengerti bahwa mereka menolak Tuhan Yesus oleh karena suatu alasan yang tidak benar dan tidak masuk akal.

Hagelberg: Yoh 7:28 - -- 7:28 Waktu Yesus mengajar di Bait Allah, Ia berseru, "Memang Aku kamu kenal dan kamu tahu dari mana asal-Ku; namun Aku datang bukan atas kehendak-Ku s...

7:28 Waktu Yesus mengajar di Bait Allah, Ia berseru, "Memang Aku kamu kenal dan kamu tahu dari mana asal-Ku; namun Aku datang bukan atas kehendak-Ku sendiri, tetapi Aku diutus oleh Dia yang benar yang tidak kamu kenal.

Dalam pasal 8:19 Tuhan Yesus menyangkal bahwa mereka mengenal Dia, maka tampaknya dalam ayat ini Dia berbicara secara ironis, atau Dia mengajukan pertanyaan661 kepada mereka. Dari satu segi, mereka mengenal Dia, dan mereka mengerti bahw Dia dibesarkan di Nazaret, tetapi dari segi yang lain, mereka sama sekali tidak mengenal Dia, dan mereka tidak mengerti bahwa Dia berasal dari Allah Bapa di sorga.

Jika mereka tidak mengenal Dia yang mengutus Tuhan Yesus, tidak mungkin mereka mengenal Tuhan Yesus sendiri, yang datang atas kehendak-Nya.

Hagelberg: Yoh 7:28 - -- 7:28 Waktu Yesus mengajar di Bait Allah, Ia berseru, "Memang Aku kamu kenal dan kamu tahu dari mana asal-Ku; namun Aku datang bukan atas kehendak-Ku s...

7:28 Waktu Yesus mengajar di Bait Allah, Ia berseru, "Memang Aku kamu kenal dan kamu tahu dari mana asal-Ku; namun Aku datang bukan atas kehendak-Ku sendiri, tetapi Aku diutus oleh Dia yang benar yang tidak kamu kenal.

Dalam pasal 8:19 Tuhan Yesus menyangkal bahwa mereka mengenal Dia, maka tampaknya dalam ayat ini Dia berbicara secara ironis, atau Dia mengajukan pertanyaan661 kepada mereka. Dari satu segi, mereka mengenal Dia, dan mereka mengerti bahw Dia dibesarkan di Nazaret, tetapi dari segi yang lain, mereka sama sekali tidak mengenal Dia, dan mereka tidak mengerti bahwa Dia berasal dari Allah Bapa di sorga.

Jika mereka tidak mengenal Dia yang mengutus Tuhan Yesus, tidak mungkin mereka mengenal Tuhan Yesus sendiri, yang datang atas kehendak-Nya.

Hagelberg: Yoh 7:29 - -- 7:29 Aku kenal Dia, sebab Aku datang dari Dia dan Dialah yang mengutus Aku." Yang penting adalah mengenal Allah, dan sebagai Dia yang datang dari Alla...

7:29 Aku kenal Dia, sebab Aku datang dari Dia dan Dialah yang mengutus Aku."

Yang penting adalah mengenal Allah, dan sebagai Dia yang datang dari Allah, dan yang diutus oleh Allah, Tuhan Yesus sungguh mengenal Allah.

Hagelberg: Yoh 7:29 - -- 7:29 Aku kenal Dia, sebab Aku datang dari Dia dan Dialah yang mengutus Aku." Yang penting adalah mengenal Allah, dan sebagai Dia yang datang dari Alla...

7:29 Aku kenal Dia, sebab Aku datang dari Dia dan Dialah yang mengutus Aku."

Yang penting adalah mengenal Allah, dan sebagai Dia yang datang dari Allah, dan yang diutus oleh Allah, Tuhan Yesus sungguh mengenal Allah.

Hagelberg: Yoh 7:30 - -- 7:30 Mereka berusaha menangkap Dia, tetapi tidak ada seorangpun yang menyentuh Dia, sebab saat-Nya662 belum tiba. Secara spontan mereka (orang-orang Y...

7:30 Mereka berusaha menangkap Dia, tetapi tidak ada seorangpun yang menyentuh Dia, sebab saat-Nya662 belum tiba.

Secara spontan mereka (orang-orang Yerusalem, tampaknya) berusaha menangkap Dia. Usaha ini lain dari usaha para pemimpin. Usaha ini bersifat spontan, karena mereka tersinggung. Namun usaha mereka gagal, karena saat-Nya belum tiba. Keadaan yang sama terjadi dalam pasal 7:44; 8:20, 59; dan 10:39. Penjelasan karena saat-Nya belum tiba juga dicatat dalam pasal 8:20. Walaupun Dia menghadapi macam-macam ancaman, Dia masih sangat aman, karena Tuhan Allah mempunyai suatu rencana bagi Dia, yang harus digenapi pada kemudian hari. Tema keamanan dalam keadaan bahaya lebih rinci diuraikan dalam pasal 11:7-10.

Hagelberg: Yoh 7:30 - -- 7:30 Mereka berusaha menangkap Dia, tetapi tidak ada seorangpun yang menyentuh Dia, sebab saat-Nya662 belum tiba. Secara spontan mereka (orang-orang Y...

7:30 Mereka berusaha menangkap Dia, tetapi tidak ada seorangpun yang menyentuh Dia, sebab saat-Nya662 belum tiba.

Secara spontan mereka (orang-orang Yerusalem, tampaknya) berusaha menangkap Dia. Usaha ini lain dari usaha para pemimpin. Usaha ini bersifat spontan, karena mereka tersinggung. Namun usaha mereka gagal, karena saat-Nya belum tiba. Keadaan yang sama terjadi dalam pasal 7:44; 8:20, 59; dan 10:39. Penjelasan karena saat-Nya belum tiba juga dicatat dalam pasal 8:20. Walaupun Dia menghadapi macam-macam ancaman, Dia masih sangat aman, karena Tuhan Allah mempunyai suatu rencana bagi Dia, yang harus digenapi pada kemudian hari. Tema keamanan dalam keadaan bahaya lebih rinci diuraikan dalam pasal 11:7-10.

Hagelberg: Yoh 7:31 - -- 7:31 Tetapi di antara orang banyak itu ada banyak yang percaya kepada-Nya dan mereka berkata, "Apabila Kristus datang, mungkinkah Ia akan mengadakan l...

7:31 Tetapi di antara orang banyak itu ada banyak yang percaya kepada-Nya dan mereka berkata, "Apabila Kristus datang, mungkinkah Ia akan mengadakan lebih banyak mukjizat dari pada yang telah diadakan oleh Dia ini?"

Tampaknya Tuhan Yesus semakin berhasil melakukan apa yang Dia usahakan dalam pasal 5, yaitu memaksakan orang untuk memilih, apakah mereka mau memihak kepada Dia ataukah mereka mau melawan Dia. Ayat 30-31 menyatakan suatu kontras, antara mereka yang percaya dan mereka yang menolak. Kontras ini diulangi berkali-kali dalam Injil Yohanes.663

Mereka percaya karena mukjizat, suatu alasan yang tidak dianggap alasan yang terbaik (lihat pasal 4:48 dan 20:29), namun lebih baik percaya karena mukjizat daripada menolak Tuhan Yesus (ihat pasal 10:38).

Hagelberg: Yoh 7:31 - -- 7:31 Tetapi di antara orang banyak itu ada banyak yang percaya kepada-Nya dan mereka berkata, "Apabila Kristus datang, mungkinkah Ia akan mengadakan l...

7:31 Tetapi di antara orang banyak itu ada banyak yang percaya kepada-Nya dan mereka berkata, "Apabila Kristus datang, mungkinkah Ia akan mengadakan lebih banyak mukjizat dari pada yang telah diadakan oleh Dia ini?"

Tampaknya Tuhan Yesus semakin berhasil melakukan apa yang Dia usahakan dalam pasal 5, yaitu memaksakan orang untuk memilih, apakah mereka mau memihak kepada Dia ataukah mereka mau melawan Dia. Ayat 30-31 menyatakan suatu kontras, antara mereka yang percaya dan mereka yang menolak. Kontras ini diulangi berkali-kali dalam Injil Yohanes.663

Mereka percaya karena mukjizat, suatu alasan yang tidak dianggap alasan yang terbaik (lihat pasal 4:48 dan 20:29), namun lebih baik percaya karena mukjizat daripada menolak Tuhan Yesus (ihat pasal 10:38).

Hagelberg: Yoh 7:32 - -- 7:32 Orang-orang Farisi mendengar orang banyak membisikkan hal-hal itu mengenai Dia, dan karena itu imam-imam kepala dan orang-orang Farisi664 menyuru...

7:32 Orang-orang Farisi mendengar orang banyak membisikkan hal-hal itu mengenai Dia, dan karena itu imam-imam kepala dan orang-orang Farisi664 menyuruh penjaga-penjaga Bait Allah665 untuk menangkap-Nya.

Perkataan "Apabila Kristus datang, mungkinkah Ia akan mengadakan lebih banyak mukjizat dari pada yang telah diadakan oleh Dia ini?" tidak dapat dibiarkan oleh para pemimpin agama Yahudi. Mereka bertindak, sesuai dengan waktu yang mereka anggap sebagai waktu yang tepat.

Hagelberg: Yoh 7:32 - -- 7:32 Orang-orang Farisi mendengar orang banyak membisikkan hal-hal itu mengenai Dia, dan karena itu imam-imam kepala dan orang-orang Farisi664 menyuru...

7:32 Orang-orang Farisi mendengar orang banyak membisikkan hal-hal itu mengenai Dia, dan karena itu imam-imam kepala dan orang-orang Farisi664 menyuruh penjaga-penjaga Bait Allah665 untuk menangkap-Nya.

Perkataan "Apabila Kristus datang, mungkinkah Ia akan mengadakan lebih banyak mukjizat dari pada yang telah diadakan oleh Dia ini?" tidak dapat dibiarkan oleh para pemimpin agama Yahudi. Mereka bertindak, sesuai dengan waktu yang mereka anggap sebagai waktu yang tepat.

Hagelberg: Yoh 7:33 - -- 7:33 Maka kata Yesus, "Tinggal sedikit waktu saja Aku ada bersama kamu dan sesudah itu Aku akan pergi kepada Dia yang telah mengutus Aku. Demikianlah ...

7:33 Maka kata Yesus, "Tinggal sedikit waktu saja Aku ada bersama kamu dan sesudah itu Aku akan pergi kepada Dia yang telah mengutus Aku.

Demikianlah tanggapan Tuhan Yesus pada keputusan untuk menangkap Dia. Dengan kata lain, Ia berkata, "Ya, kamu mau menangkap Aku. Memang tidak lama lagi Aku mati, bukan karena kamu berhasil, tetapi karena sudah tiba waktu yang telah ditentukan oleh Dia yang mengutus Aku. Dan bagi Aku, mati itu berarti kembali kepada Dia yang mengutus Aku."

Hagelberg: Yoh 7:33 - -- 7:33 Maka kata Yesus, "Tinggal sedikit waktu saja Aku ada bersama kamu dan sesudah itu Aku akan pergi kepada Dia yang telah mengutus Aku. Demikianlah ...

7:33 Maka kata Yesus, "Tinggal sedikit waktu saja Aku ada bersama kamu dan sesudah itu Aku akan pergi kepada Dia yang telah mengutus Aku.

Demikianlah tanggapan Tuhan Yesus pada keputusan untuk menangkap Dia. Dengan kata lain, Ia berkata, "Ya, kamu mau menangkap Aku. Memang tidak lama lagi Aku mati, bukan karena kamu berhasil, tetapi karena sudah tiba waktu yang telah ditentukan oleh Dia yang mengutus Aku. Dan bagi Aku, mati itu berarti kembali kepada Dia yang mengutus Aku."

Hagelberg: Yoh 7:34 - -- 7:34 Kamu akan mencari Aku, tetapi tidak akan bertemu dengan Aku, sebab kamu tidak dapat datang ke tempat di mana Aku berada." Ungkapan ini tidak dije...

7:34 Kamu akan mencari Aku, tetapi tidak akan bertemu dengan Aku, sebab kamu tidak dapat datang ke tempat di mana Aku berada."

Ungkapan ini tidak dijelaskan oleh Rasul Yohanes, tetapi mungkin Dia membahas kebangkitan-Nya. Setelah kuburan-Nya ditemui kosong, mereka mencari Dia, dan tidak menemui Dia, karena Dia berada di sebelah kanan Allah Bapa.

Hagelberg: Yoh 7:34 - -- 7:34 Kamu akan mencari Aku, tetapi tidak akan bertemu dengan Aku, sebab kamu tidak dapat datang ke tempat di mana Aku berada." Ungkapan ini tidak dije...

7:34 Kamu akan mencari Aku, tetapi tidak akan bertemu dengan Aku, sebab kamu tidak dapat datang ke tempat di mana Aku berada."

Ungkapan ini tidak dijelaskan oleh Rasul Yohanes, tetapi mungkin Dia membahas kebangkitan-Nya. Setelah kuburan-Nya ditemui kosong, mereka mencari Dia, dan tidak menemui Dia, karena Dia berada di sebelah kanan Allah Bapa.

Hagelberg: Yoh 7:35 - -- 7:35 Orang-orang Yahudi itu berkata seorang kepada yang lain, "Ke manakah Ia akan pergi, sehingga kita tidak dapat bertemu dengan Dia? Adakah maksud-N...

7:35 Orang-orang Yahudi itu berkata seorang kepada yang lain, "Ke manakah Ia akan pergi, sehingga kita tidak dapat bertemu dengan Dia? Adakah maksud-Nya untuk pergi kepada mereka yang tinggal di perantauan, di antara orang Yunani, untuk mengajar orang Yunani?

Sama seperti mereka tidak mengerti mengenai kelahiran-Nya (ayat 27), mereka juga tidak mengerti maksud perkataan Tuhan Yesus mengenai kematian-Nya. Namun ada unsur yang ironis dalam tanggapan mereka, karena memang melalui Jemaat Kristus, Dia pergi ke orang Yunani, tetapi tahap ituhanya dapat dijalankan setelah Dia dibunuh, dan pergi kepada Allah "yang telah mengutus" Dia.

Hagelberg: Yoh 7:35 - -- 7:35 Orang-orang Yahudi itu berkata seorang kepada yang lain, "Ke manakah Ia akan pergi, sehingga kita tidak dapat bertemu dengan Dia? Adakah maksud-N...

7:35 Orang-orang Yahudi itu berkata seorang kepada yang lain, "Ke manakah Ia akan pergi, sehingga kita tidak dapat bertemu dengan Dia? Adakah maksud-Nya untuk pergi kepada mereka yang tinggal di perantauan, di antara orang Yunani, untuk mengajar orang Yunani?

Sama seperti mereka tidak mengerti mengenai kelahiran-Nya (ayat 27), mereka juga tidak mengerti maksud perkataan Tuhan Yesus mengenai kematian-Nya. Namun ada unsur yang ironis dalam tanggapan mereka, karena memang melalui Jemaat Kristus, Dia pergi ke orang Yunani, tetapi tahap ituhanya dapat dijalankan setelah Dia dibunuh, dan pergi kepada Allah "yang telah mengutus" Dia.

Hagelberg: Yoh 7:36 - -- 7:36 Apakah maksud perkataan yang diucapkan-Nya ini: Kamu akan mencari Aku, tetapi kamu tidak akan bertemu dengan Aku, dan: Kamu tidak dapat datang ke...

7:36 Apakah maksud perkataan yang diucapkan-Nya ini: Kamu akan mencari Aku, tetapi kamu tidak akan bertemu dengan Aku, dan: Kamu tidak dapat datang ke tempat di mana Aku berada?"

Mereka merasa bahwa mereka mengerti segala sesuatu mengenai asal-usul Tuhan Yesus, tetapi mereka tidak dapat memahami penjelasan-Nya mengenai kematian-Nya.

Hagelberg: Yoh 7:36 - -- 7:36 Apakah maksud perkataan yang diucapkan-Nya ini: Kamu akan mencari Aku, tetapi kamu tidak akan bertemu dengan Aku, dan: Kamu tidak dapat datang ke...

7:36 Apakah maksud perkataan yang diucapkan-Nya ini: Kamu akan mencari Aku, tetapi kamu tidak akan bertemu dengan Aku, dan: Kamu tidak dapat datang ke tempat di mana Aku berada?"

Mereka merasa bahwa mereka mengerti segala sesuatu mengenai asal-usul Tuhan Yesus, tetapi mereka tidak dapat memahami penjelasan-Nya mengenai kematian-Nya.

Hagelberg: Yoh 7:37-39 - -- 7:37-39 Air dalam upacara Hari Raya Pondok Daun, dan Air dari Yesus 7:53-8:12 Terang Dunia yang lama (Taurat Musa) dibandingkan dengan Terang Dunia ya...

7:37-39 Air dalam upacara Hari Raya Pondok Daun, dan Air dari Yesus

7:53-8:12 Terang Dunia yang lama (Taurat Musa) dibandingkan dengan Terang Dunia yang baru

Hagelberg: Yoh 7:37-39 - -- 7:37-39 Air dalam upacara Hari Raya Pondok Daun, dan Air dari Yesus 7:53-8:12 Terang Dunia yang lama (Taurat Musa) dibandingkan dengan Terang Dunia ya...

7:37-39 Air dalam upacara Hari Raya Pondok Daun, dan Air dari Yesus

7:53-8:12 Terang Dunia yang lama (Taurat Musa) dibandingkan dengan Terang Dunia yang baru

Hagelberg: Yoh 7:37 - -- 7:37 Dan pada hari terakhir, yaitu pada puncak perayaan itu,668 Yesus berdiri dan berseru, "Barangsiapa haus, baiklah ia datang kepada-Ku dan minum! ...

7:37 Dan pada hari terakhir, yaitu pada puncak perayaan itu,668 Yesus berdiri dan berseru, "Barangsiapa haus, baiklah ia datang kepada-Ku dan minum!

Dia tidak menyembunyikan diri-Nya karena Dia takut. Sesuai dengan rencana Dia yang mengutus Tuhan Yesus, Dia berbicara di depan orang banyak, pada tempat dan saat yang ramai. Dia mengajak mereka untuk memikirkan keperluan rohani, dan bukan hanya yang jasmani. Secara tidak langsung, Dia berkata bahwa air yang mereka curahkan merujuk pada diri-Nya sendiri. Dia adalah penggenapan lambang-lambang yang mereka rayakan.

Hagelberg: Yoh 7:37-44 - -- c. Janji Roh (7:37-44) Pada puncak hari raya Pondok Daun, Tuhan Yesus menjanjikan Roh Allah dengan cara yang pasti sangat menantang mereka yang mau me...

c. Janji Roh (7:37-44)

Pada puncak hari raya Pondok Daun, Tuhan Yesus menjanjikan Roh Allah dengan cara yang pasti sangat menantang mereka yang mau memihak kepada Dia, dan juga sungguh mengganggu mereka yang melawan Dia. Selama tujuh hari imam-imam mengadakan prosesi dari Kolam Siloam ke mezbah di Bait Allah. Pada hari yang pertama, sampai hari yang ketujuh,666 prosesi itu diakhiri dengan pencurahan air di mezbah. Air itu dicurahkan untuk mengingatkan umat Israel bahwa TUHAN Allah menyediakan air bagi umat Israel di padang gurun, untuk minta hujan untuk tahun yang akan datang, dan mengingat janji Allah mengenai air yang berkelimpahan dan pencurahan Roh Allah.667 Namun pada hari terakhir, air tidak dicurahkan, sehingga perkataan Tuhan Yesus lebih dramatis lagi. Air yang mereka curahkan akan gagal, tetapi "air" yang akan disediakan oleh Tuhan Yesus tidak pernah gagal. Mereka memikirkan air hujan, tetapi Tuhan Yesus memakai kesempatan itu untuk mengarahkan perhatian mereka pada keperluan rohani mereka.

Hagelberg: Yoh 7:37 - -- 7:37 Dan pada hari terakhir, yaitu pada puncak perayaan itu,668 Yesus berdiri dan berseru, "Barangsiapa haus, baiklah ia datang kepada-Ku dan minum! ...

7:37 Dan pada hari terakhir, yaitu pada puncak perayaan itu,668 Yesus berdiri dan berseru, "Barangsiapa haus, baiklah ia datang kepada-Ku dan minum!

Dia tidak menyembunyikan diri-Nya karena Dia takut. Sesuai dengan rencana Dia yang mengutus Tuhan Yesus, Dia berbicara di depan orang banyak, pada tempat dan saat yang ramai. Dia mengajak mereka untuk memikirkan keperluan rohani, dan bukan hanya yang jasmani. Secara tidak langsung, Dia berkata bahwa air yang mereka curahkan merujuk pada diri-Nya sendiri. Dia adalah penggenapan lambang-lambang yang mereka rayakan.

Hagelberg: Yoh 7:38 - -- 7:38 Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya669 akan mengalir aliran-aliran air hidup."670 Dalam ay...

7:38 Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya669 akan mengalir aliran-aliran air hidup."670

Dalam ayat 37 orang diajak "datang" kepada Tuhan Yesus. Ajakan tersebut dikembangkan dalam ayat ini dengan suatu ajakan untuk percaya kepada Dia.

Tuhan Yesus tidak menjelaskan ayat (atau ayat-ayat) mana yang Dia renungkan. Mungkin Yesaya 58:11 dimaksudkan: "TUHAN akan menuntun engkau senantiasa dan akan memuaskan hatimu di tanah yang kering, dan akan membaharui kekuatanmu; engkau akan seperti taman yang diairi dengan baik dan seperti mata air yang tidak pernah mengecewakan."671

Tuhan Yesus lebih indah daripada manna, Dialah Roti Kehidupan. Demikian juga Dia lebih indah daripada air itu yang setiap tahun dicurahkan di mezbah.

Dalam Perjanjian Lama Tuhan Allah sudah menjanjikan air yang berkelimpahan bagi negara yang kering itu (Mazmur 46:4 dan Yehezkiel 47:1-12; Yoel 3:18 Zakharia. 14:8). Acara pencurahan air merujuk pada janji itu, dan dalam ayat ini Tuhan Yesus menjelaskan bahwa dalam dia janji-janji itu akan digenapi.

Hagelberg: Yoh 7:38 - -- 7:38 Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya669 akan mengalir aliran-aliran air hidup."670 Dalam ay...

7:38 Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya669 akan mengalir aliran-aliran air hidup."670

Dalam ayat 37 orang diajak "datang" kepada Tuhan Yesus. Ajakan tersebut dikembangkan dalam ayat ini dengan suatu ajakan untuk percaya kepada Dia.

Tuhan Yesus tidak menjelaskan ayat (atau ayat-ayat) mana yang Dia renungkan. Mungkin Yesaya 58:11 dimaksudkan: "TUHAN akan menuntun engkau senantiasa dan akan memuaskan hatimu di tanah yang kering, dan akan membaharui kekuatanmu; engkau akan seperti taman yang diairi dengan baik dan seperti mata air yang tidak pernah mengecewakan."671

Tuhan Yesus lebih indah daripada manna, Dialah Roti Kehidupan. Demikian juga Dia lebih indah daripada air itu yang setiap tahun dicurahkan di mezbah.

Dalam Perjanjian Lama Tuhan Allah sudah menjanjikan air yang berkelimpahan bagi negara yang kering itu (Mazmur 46:4 dan Yehezkiel 47:1-12; Yoel 3:18 Zakharia. 14:8). Acara pencurahan air merujuk pada janji itu, dan dalam ayat ini Tuhan Yesus menjelaskan bahwa dalam dia janji-janji itu akan digenapi.

Hagelberg: Yoh 7:39 - -- 7:39 Yang dimaksudkan-Nya ialah Roh yang akan diterima oleh mereka yang percaya kepada-Nya; sebab Roh itu belum datang, karena Yesus belum dimuliakan....

7:39 Yang dimaksudkan-Nya ialah Roh yang akan diterima oleh mereka yang percaya kepada-Nya; sebab Roh itu belum datang, karena Yesus belum dimuliakan.

Penjelasan-penjelasan seperti ini sungguh khas Yohanes. Dari sudut pandangan mereka, pencurahan Roh Allah di hari Pentakosta itu belum terjadi, tetapi sudah dinubuatkan.

Curahan Roh Kudus terkait erat dengan acara pencurahan air pada hari raya Pondok Daun, dan juga dengan bahasan Tuhan Yesus mengenai kematian-Nya (ayat 33-34). Dalam Injil Yohanes pasal 14:12; 15:26; dan 16:7 Dia menjelaskan bahwa Dia harus "pergi" sebelum Roh Allah dapat dicurahkan atas mereka. Menurut 1 Korintus 10:4, Tuhan Yesus adalah batu yang dipukul dalam Keluaran 17:6. Setelah Dia dipukul sekali (setelah Dia disalibkan), Dia memberikan Roh Kudus.

Hagelberg: Yoh 7:39 - -- 7:39 Yang dimaksudkan-Nya ialah Roh yang akan diterima oleh mereka yang percaya kepada-Nya; sebab Roh itu belum datang, karena Yesus belum dimuliakan....

7:39 Yang dimaksudkan-Nya ialah Roh yang akan diterima oleh mereka yang percaya kepada-Nya; sebab Roh itu belum datang, karena Yesus belum dimuliakan.

Penjelasan-penjelasan seperti ini sungguh khas Yohanes. Dari sudut pandangan mereka, pencurahan Roh Allah di hari Pentakosta itu belum terjadi, tetapi sudah dinubuatkan.

Curahan Roh Kudus terkait erat dengan acara pencurahan air pada hari raya Pondok Daun, dan juga dengan bahasan Tuhan Yesus mengenai kematian-Nya (ayat 33-34). Dalam Injil Yohanes pasal 14:12; 15:26; dan 16:7 Dia menjelaskan bahwa Dia harus "pergi" sebelum Roh Allah dapat dicurahkan atas mereka. Menurut 1 Korintus 10:4, Tuhan Yesus adalah batu yang dipukul dalam Keluaran 17:6. Setelah Dia dipukul sekali (setelah Dia disalibkan), Dia memberikan Roh Kudus.

Hagelberg: Yoh 7:40 - -- 7:40 Beberapa orang di antara orang banyak, yang mendengarkan perkataan-perkata itu, berkata, "Dia ini benar-benar nabi yang akan datang." Tuhan Yesus...

7:40 Beberapa orang di antara orang banyak, yang mendengarkan perkataan-perkata itu, berkata, "Dia ini benar-benar nabi yang akan datang."

Tuhan Yesus telah menyatakan di depat umum bahwa Dia adalah penggenapan dari hari raya Pondok Daun. Dialah sumber air, Dialah sumber Roh Kudus, Dialah yang dapat memuaskan segala keperluan mereka. Pernyataan yang begitu besar, di tempat yang ramai, harus dianggapi. Sesuai dengan pasal 1:5, "Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya." Anggapan rakyat terbagi dua.

Mereka yang ditarik kepada-Nya dapat menerima perkataan-Nya dengan baik. Mereka mengerti bahwa Dia ini benar-benar nabi yang akan datang.672 Paham mereka mengenai hubungan antara Mesias dan benar-benar nabi yang akan datang tidak dapat dipastikan.

Hagelberg: Yoh 7:40 - -- 7:40 Beberapa orang di antara orang banyak, yang mendengarkan perkataan-perkata itu, berkata, "Dia ini benar-benar nabi yang akan datang." Tuhan Yesus...

7:40 Beberapa orang di antara orang banyak, yang mendengarkan perkataan-perkata itu, berkata, "Dia ini benar-benar nabi yang akan datang."

Tuhan Yesus telah menyatakan di depat umum bahwa Dia adalah penggenapan dari hari raya Pondok Daun. Dialah sumber air, Dialah sumber Roh Kudus, Dialah yang dapat memuaskan segala keperluan mereka. Pernyataan yang begitu besar, di tempat yang ramai, harus dianggapi. Sesuai dengan pasal 1:5, "Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya." Anggapan rakyat terbagi dua.

Mereka yang ditarik kepada-Nya dapat menerima perkataan-Nya dengan baik. Mereka mengerti bahwa Dia ini benar-benar nabi yang akan datang.672 Paham mereka mengenai hubungan antara Mesias dan benar-benar nabi yang akan datang tidak dapat dipastikan.

Hagelberg: Yoh 7:41-42 - -- 7:41-42 Yang lain berkata, "Ia ini Mesias." Tetapi yang lain lagi berkata, "Bukan, Mesias tidak datang dari Galilea!673 Karena Kitab Suci mengatakan, ...

7:41-42 Yang lain berkata, "Ia ini Mesias." Tetapi yang lain lagi berkata, "Bukan, Mesias tidak datang dari Galilea!673 Karena Kitab Suci mengatakan, bahwa Mesias berasal dari keturunan Daud dan dari kampung Betlehem, tempat Daud dahulu tinggal."

Orang lain lebih jelas mengenai Tuhan Yesus, bahwa Ia ini Mesias. Namun sikap mereka masih kurang jelas. Mungkinkah sikap mereka sama dengan sikap orang yang mau memaksa Dia menjadi raja (pasal 6:14-15)?

Selain mereka yang beranggapan positif, ada orang yang menolak Dia dengan keberatan yang mirip keberatan mereka dalam pasal 6:42 dan 7:27. Penulis674 sudah mengetahui bahwa Ia lahir di Betlehem, maka keberatan ini sangat ironis.675 Bukti yang mereka kemukakan untuk membuktikan bahwa Dia bukan Mesias, justru menjadi bukti bahwa memang Dialah Mesias!

Tampaknya mereka memikirkan Mazmur 89:3-4 (takhta Daud akan tetap turun-temurun) dan Mikha 5:2 (Mesias akan berasal dari Betlehem di Yudea).

7:43 Maka timbullah pertentangan di antara orang banyak karena Dia.

Yohanes sendiri menggarisbawahi pertentangan yang dia ceritakan, suatu pertentangan yang diceritakan berkali-kali dalam bagian ini.676

Hagelberg: Yoh 7:41-42 - -- 7:41-42 Yang lain berkata, "Ia ini Mesias." Tetapi yang lain lagi berkata, "Bukan, Mesias tidak datang dari Galilea!673 Karena Kitab Suci mengatakan, ...

7:41-42 Yang lain berkata, "Ia ini Mesias." Tetapi yang lain lagi berkata, "Bukan, Mesias tidak datang dari Galilea!673 Karena Kitab Suci mengatakan, bahwa Mesias berasal dari keturunan Daud dan dari kampung Betlehem, tempat Daud dahulu tinggal."

Orang lain lebih jelas mengenai Tuhan Yesus, bahwa Ia ini Mesias. Namun sikap mereka masih kurang jelas. Mungkinkah sikap mereka sama dengan sikap orang yang mau memaksa Dia menjadi raja (pasal 6:14-15)?

Selain mereka yang beranggapan positif, ada orang yang menolak Dia dengan keberatan yang mirip keberatan mereka dalam pasal 6:42 dan 7:27. Penulis674 sudah mengetahui bahwa Ia lahir di Betlehem, maka keberatan ini sangat ironis.675 Bukti yang mereka kemukakan untuk membuktikan bahwa Dia bukan Mesias, justru menjadi bukti bahwa memang Dialah Mesias!

Tampaknya mereka memikirkan Mazmur 89:3-4 (takhta Daud akan tetap turun-temurun) dan Mikha 5:2 (Mesias akan berasal dari Betlehem di Yudea).

7:43 Maka timbullah pertentangan di antara orang banyak karena Dia.

Yohanes sendiri menggarisbawahi pertentangan yang dia ceritakan, suatu pertentangan yang diceritakan berkali-kali dalam bagian ini.676

Hagelberg: Yoh 7:44 - -- 7:44 Beberapa orang di antara mereka mau menangkap Dia, tetapi tidak ada seorangpun677 menyentuh-Nya. Dalam pasal 7:30 kita membaca, "Mereka berusaha ...

7:44 Beberapa orang di antara mereka mau menangkap Dia, tetapi tidak ada seorangpun677 menyentuh-Nya.

Dalam pasal 7:30 kita membaca, "Mereka berusaha menangkap Dia, tetapi tidak ada seorangpun yang menyentuh Dia, sebab saat-Nya belum tiba."

Hagelberg: Yoh 7:44 - -- 7:44 Beberapa orang di antara mereka mau menangkap Dia, tetapi tidak ada seorangpun677 menyentuh-Nya. Dalam pasal 7:30 kita membaca, "Mereka berusaha ...

7:44 Beberapa orang di antara mereka mau menangkap Dia, tetapi tidak ada seorangpun677 menyentuh-Nya.

Dalam pasal 7:30 kita membaca, "Mereka berusaha menangkap Dia, tetapi tidak ada seorangpun yang menyentuh Dia, sebab saat-Nya belum tiba."

Hagelberg: Yoh 7:45 - -- 7:45 Maka penjaga-penjaga itu pergi kepada imam-imam kepala dan orang-orang Farisi, yang berkata kepada mereka, "Mengapa kamu tidak membawa-Nya?" Usah...

7:45 Maka penjaga-penjaga itu pergi kepada imam-imam kepala dan orang-orang Farisi, yang berkata kepada mereka, "Mengapa kamu tidak membawa-Nya?"

Usaha orang banyak untuk menangkap Dia mengingatkan kita bahwa penjaga-penjaga Bait Allah diutus ke sana untuk menagkap Dia. Mereka gagal, dan kembali kepada imam-imam kepala.

Hagelberg: Yoh 7:45-52 - -- 9. Ketidakpercayaan para pemimpin Yahudi (7:45-52) Hampir semua pemimpin Yahudi menyatu melawan Tuhan Yesus. Adanya beberapa orang yang tidak siap mel...

9. Ketidakpercayaan para pemimpin Yahudi (7:45-52)

Hampir semua pemimpin Yahudi menyatu melawan Tuhan Yesus. Adanya beberapa orang yang tidak siap melawan (yaitu penjaga-penjaga Bait Allah dan Nikodemus) hanya berfungsi untuk menekankan kesatuan dan kehampaan mereka yang melawan Dia.

Hagelberg: Yoh 7:45 - -- 7:45 Maka penjaga-penjaga itu pergi kepada imam-imam kepala dan orang-orang Farisi, yang berkata kepada mereka, "Mengapa kamu tidak membawa-Nya?" Usah...

7:45 Maka penjaga-penjaga itu pergi kepada imam-imam kepala dan orang-orang Farisi, yang berkata kepada mereka, "Mengapa kamu tidak membawa-Nya?"

Usaha orang banyak untuk menangkap Dia mengingatkan kita bahwa penjaga-penjaga Bait Allah diutus ke sana untuk menagkap Dia. Mereka gagal, dan kembali kepada imam-imam kepala.

Hagelberg: Yoh 7:46 - -- 7:46 Jawab penjaga-penjaga itu, "Belum pernah seorang manusia berkata seperti orang itu!" Masalah ancaman atau huru hara tidak mereka kemukakan. Merek...

7:46 Jawab penjaga-penjaga itu, "Belum pernah seorang manusia berkata seperti orang itu!"

Masalah ancaman atau huru hara tidak mereka kemukakan. Mereka tidak memakai sikap orang banyak sebagai alasan atau sebagai dalih. Sebagai orang Lewi yang berpendidikan, bukan orang kasar yang dapat dipaksa, penjaga-penjaga Bait Allah kagum mendengar ajaran Rabi Yesus. Penjelasan mereka bersifat ironis. Ucapan mereka lebih besar daripada apa yang mereka maksudkan. Dialah Firman Allah!

Hagelberg: Yoh 7:46 - -- 7:46 Jawab penjaga-penjaga itu, "Belum pernah seorang manusia berkata seperti orang itu!" Masalah ancaman atau huru hara tidak mereka kemukakan. Merek...

7:46 Jawab penjaga-penjaga itu, "Belum pernah seorang manusia berkata seperti orang itu!"

Masalah ancaman atau huru hara tidak mereka kemukakan. Mereka tidak memakai sikap orang banyak sebagai alasan atau sebagai dalih. Sebagai orang Lewi yang berpendidikan, bukan orang kasar yang dapat dipaksa, penjaga-penjaga Bait Allah kagum mendengar ajaran Rabi Yesus. Penjelasan mereka bersifat ironis. Ucapan mereka lebih besar daripada apa yang mereka maksudkan. Dialah Firman Allah!

Hagelberg: Yoh 7:47 - -- 7:47 Jawab orang-orang Farisi itu kepada mereka, "Adakah kamu juga disesatkan? Teguran orang-orang Farisi bukan bahwa mereka harus menuruti perintah, ...

7:47 Jawab orang-orang Farisi itu kepada mereka, "Adakah kamu juga disesatkan?

Teguran orang-orang Farisi bukan bahwa mereka harus menuruti perintah, tetapi bahwa mereka ditipu sama seperti rakyat, yang mereka hina dan anggap tidak terpelajar.

Hagelberg: Yoh 7:47 - -- 7:47 Jawab orang-orang Farisi itu kepada mereka, "Adakah kamu juga disesatkan? Teguran orang-orang Farisi bukan bahwa mereka harus menuruti perintah, ...

7:47 Jawab orang-orang Farisi itu kepada mereka, "Adakah kamu juga disesatkan?

Teguran orang-orang Farisi bukan bahwa mereka harus menuruti perintah, tetapi bahwa mereka ditipu sama seperti rakyat, yang mereka hina dan anggap tidak terpelajar.

Hagelberg: Yoh 7:48 - -- 7:48 Adakah seorang di antara pemimpin-pemimpin yang percaya kepada-Nya, atau seorang di antara orang-orang Farisi? Menurut mereka, hanya pemimpin-pem...

7:48 Adakah seorang di antara pemimpin-pemimpin yang percaya kepada-Nya, atau seorang di antara orang-orang Farisi?

Menurut mereka, hanya pemimpin-pemimpin dan orang-orang Farisi yang boleh menilai orang itu. Mereka juga mengucapkan perkataan yang ironis, karena sebentar lagi Nikodemus, yang disebutkan "pengajar Israel" dalam pasal 3:10, akan menyatakan sikap yang simpatis. Sekali lagi, mereka mau membela sikap mereka, tetapi perkataan mereka ternyata menjadi bukti bahwa mereka tidak terbuka terhadap Tuhan Yesus, dan tidak mempunyai alasan yang baik untuk menolak Dia. Dalam pasal 12:42 kita membaca bahwa "banyak juga di antara pemimpin yang percaya kepada-Nya, tetapi oleh karena orang-orang Farisi mereka tidak mengakuinya berterus terang...."

Hagelberg: Yoh 7:48 - -- 7:48 Adakah seorang di antara pemimpin-pemimpin yang percaya kepada-Nya, atau seorang di antara orang-orang Farisi? Menurut mereka, hanya pemimpin-pem...

7:48 Adakah seorang di antara pemimpin-pemimpin yang percaya kepada-Nya, atau seorang di antara orang-orang Farisi?

Menurut mereka, hanya pemimpin-pemimpin dan orang-orang Farisi yang boleh menilai orang itu. Mereka juga mengucapkan perkataan yang ironis, karena sebentar lagi Nikodemus, yang disebutkan "pengajar Israel" dalam pasal 3:10, akan menyatakan sikap yang simpatis. Sekali lagi, mereka mau membela sikap mereka, tetapi perkataan mereka ternyata menjadi bukti bahwa mereka tidak terbuka terhadap Tuhan Yesus, dan tidak mempunyai alasan yang baik untuk menolak Dia. Dalam pasal 12:42 kita membaca bahwa "banyak juga di antara pemimpin yang percaya kepada-Nya, tetapi oleh karena orang-orang Farisi mereka tidak mengakuinya berterus terang...."

Hagelberg: Yoh 7:49 - -- 7:49 Tetapi orang banyak ini yang tidak mengenal hukum Taurat, terkutuklah mereka!" Sikap orang-orang Farisi memang sangat sombong terhadap rakyat yan...

7:49 Tetapi orang banyak ini yang tidak mengenal hukum Taurat, terkutuklah mereka!"

Sikap orang-orang Farisi memang sangat sombong terhadap rakyat yang tidak mengikuti pendidikan orang Farisi.678 Menurut mereka, orang yang tidak mempelajari hukum Taurat dengan saksama pasti tidak mampu menaatinya, sehingga mereka najis. Penjaga-penjaga disamakan dengan rakyat yang hina itu.

Mungkin mereka mendasari kutuk mereka pada Ulangan 27:26, yang berkata "Terkutuklah orang yang tidak menepati perkataan hukum Taurat ini dengan perbuatan".

Hagelberg: Yoh 7:49 - -- 7:49 Tetapi orang banyak ini yang tidak mengenal hukum Taurat, terkutuklah mereka!" Sikap orang-orang Farisi memang sangat sombong terhadap rakyat yan...

7:49 Tetapi orang banyak ini yang tidak mengenal hukum Taurat, terkutuklah mereka!"

Sikap orang-orang Farisi memang sangat sombong terhadap rakyat yang tidak mengikuti pendidikan orang Farisi.678 Menurut mereka, orang yang tidak mempelajari hukum Taurat dengan saksama pasti tidak mampu menaatinya, sehingga mereka najis. Penjaga-penjaga disamakan dengan rakyat yang hina itu.

Mungkin mereka mendasari kutuk mereka pada Ulangan 27:26, yang berkata "Terkutuklah orang yang tidak menepati perkataan hukum Taurat ini dengan perbuatan".

Hagelberg: Yoh 7:50-51 - -- 7:50-51 Nikodemus, seorang dari mereka, yang dahulu telah datang kepada-Nya, berkata kepada mereka, "Apakah hukum Taurat kita menghukum seseorang, seb...

7:50-51 Nikodemus, seorang dari mereka, yang dahulu telah datang kepada-Nya, berkata kepada mereka, "Apakah hukum Taurat kita menghukum seseorang, sebelum ia didengar dan sebelum orang mengetahui apa yang telah dibuat-Nya?"

Nikodemus tidak membela Tuhan Yesus, dan dia tidak mengaku percaya kepada-Nya. Dia hanya mengemukakan suatu masalah prosedur yang dia anggap kurang tepat. Tampaknya dia terbuka pada Tuhan Yesus, tetapi sikap hatinya belum nyata. Dengan demikian, Nikodemus mewakili setiap pemimpin yang tidak siap melawan Tuhan Yesus.679

Secara tidak langsung, Nikodemus menuduh mereka, karena mereka melanggar Ulangan 1:16-17. Seharusnya, jika mereka mau menyembah Allah dalam Roh dan kebenaran, mereka memeriksa diri mereka, dan bertobat. Sikap hati mereka nyata. Mereka tidak dapat membela prosedur yang salah, jadi mereka menyerang dia.

Hagelberg: Yoh 7:50-51 - -- 7:50-51 Nikodemus, seorang dari mereka, yang dahulu telah datang kepada-Nya, berkata kepada mereka, "Apakah hukum Taurat kita menghukum seseorang, seb...

7:50-51 Nikodemus, seorang dari mereka, yang dahulu telah datang kepada-Nya, berkata kepada mereka, "Apakah hukum Taurat kita menghukum seseorang, sebelum ia didengar dan sebelum orang mengetahui apa yang telah dibuat-Nya?"

Nikodemus tidak membela Tuhan Yesus, dan dia tidak mengaku percaya kepada-Nya. Dia hanya mengemukakan suatu masalah prosedur yang dia anggap kurang tepat. Tampaknya dia terbuka pada Tuhan Yesus, tetapi sikap hatinya belum nyata. Dengan demikian, Nikodemus mewakili setiap pemimpin yang tidak siap melawan Tuhan Yesus.679

Secara tidak langsung, Nikodemus menuduh mereka, karena mereka melanggar Ulangan 1:16-17. Seharusnya, jika mereka mau menyembah Allah dalam Roh dan kebenaran, mereka memeriksa diri mereka, dan bertobat. Sikap hati mereka nyata. Mereka tidak dapat membela prosedur yang salah, jadi mereka menyerang dia.

Hagelberg: Yoh 7:52 - -- 7:52 Jawab mereka, "Apakah engkau juga orang Galilea? Selidikilah Kitab Suci dan engkau akan tahu bahwa tidak ada nabi yang datang dari Galilea." Mema...

7:52 Jawab mereka, "Apakah engkau juga orang Galilea? Selidikilah Kitab Suci dan engkau akan tahu bahwa tidak ada nabi yang datang dari Galilea."

Memang Nikodemus hanya mengemukakan masalah prosedur, tetapi tanggapan mereka cepat dan kasar. Pertanyaan mereka, Apakah engkau juga orang Galilea? adalah suatu penghinaan. Keberatan mereka, yang tampaknya begitu beradab dan berakal, merosot menjadi penghinaan yang hampa pada waktu Nikodemus menyatakan sikap yang relatif terbuka.

Kemarahan mereka menyatakan sikap hati mereka. Sebenarnya bukan rakyat yang tidak mengetahui hukum Taurat, tetapi mereka sendiri. Mereka mau menghukum seseorang tanpa mendengarkan dari orangnya sendiri, dan mereka membela sikap mereka dengan pernyataan bahwa Yesus pasti bukan seorang nabi, karena tidak ada nabi yang datang dari Galilea, padahal Nabi Yunus datang dari Galilea.680 Selain itu, Yesaya 9:1-2 menceritakan bahwa suatu kemuliaan yang akan dialami oleh penghuni Zebulon di wilayah Galilea.

Penyisipan: Perempuan yang tertangkap dalam perzinaan (7:53-8:11)

Ternyata Yesaya 9:2, yang berkata "Bangsa yang berjalan di dalam kegelapan telah melihat terang yang besar; mereka yang diam di negeri kekelaman, atasnya terang telah bersinar" menjadi peralihan yang sangat tepat buat perikop yang berikut, karena di dalam pasal 8:1-11 mereka yang tinggal dalam kegelapan "melihat terang yang besar" dan terang itu bersinar atas mereka. Dia bersinar, dan satu per satu mereka mudur dari terang itu. Lebih-lebih, peristiwa itu terjadi "pagi-pagi benar" mungkin saat mata hari terbit di atas mereka. Setelah peristiwa itu selesai, Tuhan Yesus berkata, "Akulah terang dunia". Pasal 8:1-11 tepat sekali dalam konteks ini.

Menurut tulisan rabi-rabi Israel, hukum Taurat adalah Terang Dunia, tetapi menurut Injil Yohanes, Tuhan Yesus adalah Terang Dunia. Dengan demikian nas ini mengandung kontras yang menonjol antara Terang Dunia yang lama dan Terang Dunia yang baru. Terang Dunia yang lama menyatakan seorang perempuan yang harus dihukum mati, sedangkan Terang Dunia yang baru menyatakan seorang perempuan yang dapat diselamatkan dari hukuman mati, dan beberapa laki-laki yang kesombongannya direndahkan. Terang yang lama hanya dapat membawah maut, sedangkan Terang yang baru membawa pengampunan dan kebenaran.

Nas ini tidak ada dalam beberapa naskah kuno,681 sehingga banyak sarjana Perjanjian Baru meragukan keasliannya. Memang, pasti ada naskah yang sangat kuno, yang tidak mengandung nas ini, dan naskah itu disalin dan mempengaruhi naskah yang lain, tetapi kenyataan itu tidak membuktikan bahwa nas ini harus ditolak. Pada abad-abad yang awal, umat Kristen sangat tegas dengan dosa perjinahan. Menjaga kekudusan jemaat Kristus lebih penting bagi mereka dari pada mengampuni. Tidak sulit membayangkan bahwa orang seperti itu ikut meragukan nas ini. Mungkin mereka takut bahwa nas ini ringan terhadap dosa perjinahan. (Padahal sebenarnya nas ini keras terhadap kemunafikan!)

7:53-8:1 Lalu mereka pulang, masing-masing ke rumahnya, tetapi Yesus pergi ke bukit Zaitun.

Selama hari raya Pondok Daun berlangsung, mereka menginap di dalam podok daun yang didirikan khusus untuk merayakan hari raya ini. Setelah hari terakhir, mereka pulang, masing-masing ke rumahnya. Dia tidak mempunyai rumah tetapi, sesuai dengan kebiasaan-Nya, Dia menginap di bukit Zaitun.

Hagelberg: Yoh 7:52 - -- 7:52 Jawab mereka, "Apakah engkau juga orang Galilea? Selidikilah Kitab Suci dan engkau akan tahu bahwa tidak ada nabi yang datang dari Galilea." Mema...

7:52 Jawab mereka, "Apakah engkau juga orang Galilea? Selidikilah Kitab Suci dan engkau akan tahu bahwa tidak ada nabi yang datang dari Galilea."

Memang Nikodemus hanya mengemukakan masalah prosedur, tetapi tanggapan mereka cepat dan kasar. Pertanyaan mereka, Apakah engkau juga orang Galilea? adalah suatu penghinaan. Keberatan mereka, yang tampaknya begitu beradab dan berakal, merosot menjadi penghinaan yang hampa pada waktu Nikodemus menyatakan sikap yang relatif terbuka.

Kemarahan mereka menyatakan sikap hati mereka. Sebenarnya bukan rakyat yang tidak mengetahui hukum Taurat, tetapi mereka sendiri. Mereka mau menghukum seseorang tanpa mendengarkan dari orangnya sendiri, dan mereka membela sikap mereka dengan pernyataan bahwa Yesus pasti bukan seorang nabi, karena tidak ada nabi yang datang dari Galilea, padahal Nabi Yunus datang dari Galilea.680 Selain itu, Yesaya 9:1-2 menceritakan bahwa suatu kemuliaan yang akan dialami oleh penghuni Zebulon di wilayah Galilea.

Penyisipan: Perempuan yang tertangkap dalam perzinaan (7:53-8:11)

Ternyata Yesaya 9:2, yang berkata "Bangsa yang berjalan di dalam kegelapan telah melihat terang yang besar; mereka yang diam di negeri kekelaman, atasnya terang telah bersinar" menjadi peralihan yang sangat tepat buat perikop yang berikut, karena di dalam pasal 8:1-11 mereka yang tinggal dalam kegelapan "melihat terang yang besar" dan terang itu bersinar atas mereka. Dia bersinar, dan satu per satu mereka mudur dari terang itu. Lebih-lebih, peristiwa itu terjadi "pagi-pagi benar" mungkin saat mata hari terbit di atas mereka. Setelah peristiwa itu selesai, Tuhan Yesus berkata, "Akulah terang dunia". Pasal 8:1-11 tepat sekali dalam konteks ini.

Menurut tulisan rabi-rabi Israel, hukum Taurat adalah Terang Dunia, tetapi menurut Injil Yohanes, Tuhan Yesus adalah Terang Dunia. Dengan demikian nas ini mengandung kontras yang menonjol antara Terang Dunia yang lama dan Terang Dunia yang baru. Terang Dunia yang lama menyatakan seorang perempuan yang harus dihukum mati, sedangkan Terang Dunia yang baru menyatakan seorang perempuan yang dapat diselamatkan dari hukuman mati, dan beberapa laki-laki yang kesombongannya direndahkan. Terang yang lama hanya dapat membawah maut, sedangkan Terang yang baru membawa pengampunan dan kebenaran.

Nas ini tidak ada dalam beberapa naskah kuno,681 sehingga banyak sarjana Perjanjian Baru meragukan keasliannya. Memang, pasti ada naskah yang sangat kuno, yang tidak mengandung nas ini, dan naskah itu disalin dan mempengaruhi naskah yang lain, tetapi kenyataan itu tidak membuktikan bahwa nas ini harus ditolak. Pada abad-abad yang awal, umat Kristen sangat tegas dengan dosa perjinahan. Menjaga kekudusan jemaat Kristus lebih penting bagi mereka dari pada mengampuni. Tidak sulit membayangkan bahwa orang seperti itu ikut meragukan nas ini. Mungkin mereka takut bahwa nas ini ringan terhadap dosa perjinahan. (Padahal sebenarnya nas ini keras terhadap kemunafikan!)

7:53-8:1 Lalu mereka pulang, masing-masing ke rumahnya, tetapi Yesus pergi ke bukit Zaitun.

Selama hari raya Pondok Daun berlangsung, mereka menginap di dalam podok daun yang didirikan khusus untuk merayakan hari raya ini. Setelah hari terakhir, mereka pulang, masing-masing ke rumahnya. Dia tidak mempunyai rumah tetapi, sesuai dengan kebiasaan-Nya, Dia menginap di bukit Zaitun.

Wycliffe: Yoh 7:1-53 - -- J. Yesus pada Perayaan Pondok Daud (7:1-53) Seluruh pasal ini berpusat pada Kristus dalam arti bahwa Kristus merupakan pokok dari banyak pembahasan s...

J. Yesus pada Perayaan Pondok Daud (7:1-53)

Seluruh pasal ini berpusat pada Kristus dalam arti bahwa Kristus merupakan pokok dari banyak pembahasan serta dari bermacam-macam reaksi dan juga merupakan tema penyingkapan diri Yesus.

Wycliffe: Yoh 7:1 - Sesudah itu 1. Sesudah itu. Yang dimaksudkan tampaknya ialah rangkaian peristiwa dalam pasal yang lalu. Sekalipun telah ditinggal oleh begitu banyak murid, Yesus ...

1. Sesudah itu. Yang dimaksudkan tampaknya ialah rangkaian peristiwa dalam pasal yang lalu. Sekalipun telah ditinggal oleh begitu banyak murid, Yesus menganggap lebih aman untuk tetap tinggal di Galilea daripada kembali ke Yudea di mana terdapat permusuhan terbuka.

Wycliffe: Yoh 7:2 - -- 2. Periode yang dilalui di Galilea dibatasi oleh Paskah dan hari raya Pondok Daun, suatu jangka waktu sepanjang enam bulan lebih sedikit. Berdasarkan ...

2. Periode yang dilalui di Galilea dibatasi oleh Paskah dan hari raya Pondok Daun, suatu jangka waktu sepanjang enam bulan lebih sedikit. Berdasarkan masukan dari kitab-kitab Injil Sinoptis, sebagian besar waktu Yesus di Galilea ini diluangkan oleh Yesus di tempat-tempat terpencil sambil mengajar para murid-Nya.

Wycliffe: Yoh 7:3-9 - Murid-murid- // perbuatan-perbuatan-Nya // percaya // di tempat tersembunyi, // di muka umum // jahat // Aku belum pergi ke situ // belum 3-9. Dengan mendekatnya perayaan musim gugur ini, yang membuat tertarik orang Yahudi dari. mana-mana untuk ikut merayakannya, saudara-saudara Yesus me...

3-9. Dengan mendekatnya perayaan musim gugur ini, yang membuat tertarik orang Yahudi dari. mana-mana untuk ikut merayakannya, saudara-saudara Yesus melihat kesempatan untuk memperluas pengaruh-Nya. Murid-murid-Nya yang ada di Yudea, mungkin termasuk banyak orang Galilea yang telah dilukai perasaannya atau sudah tidak bersemangat, dapat dimenangkan karena melihat perbuatan-perbuatan-Nya. Para saudara-Nya itu merupakan bentuk mini dari sebagian besar bangsa itu, tidak mempersoalkan realitas dari perbuatan-perbuatan-Nya, tetapi tidak dapat percaya kepada-Nya. Nasihat mereka ialah bahwa, mengingat Yesus tetap tinggal di tempat tersembunyi, Dia perlu dikenal di muka umum. Pada dasarnya inilah hal yang Iblis berusaha sarankan kepada Tuhan kita dalam pencobaan yang kedua. Waktu Yesus belum tiba (di tempat lain sering disebut "saat-Ku" - saat manifestasi kematian-Nya). Para saudara Yesus tidak memiliki peraturan rohani semacam itu untuk berbagai gerakan mereka. Mereka tidak mengenal kebencian dunia ini sebab mereka merupakan bagian dari dunia. Di sisi lain, Yesus, sebagai kebenaran, harus bersaksi menentang yang jahat di dalam dunia. Dia tidak bisa pergi ke Yerusalem hanya untuk memperoleh popularitas. Jika Dia pergi ke sana, maka tujuan-Nya ialah mengungkapkan dosa. Aku belum pergi ke situ. Kata belum tidak terdapat di dalam banyak sumber yang baik, di mana yang dipakai adalah kata tidak. Mungkin ini merupakan tambahan si penyalin untuk meniadakan pertentangan dengan ayat 10. Dengan penolakan ini Yesus memaksudkan bahwa Dia tidak akan pergi ke Yerusalem dengan tujuan sebagaimana diusulkan saudara-saudara-Nya. Dia akan pergi pada waktu-Nya dan dengan cara-Nya sendiri, tetapi untuk sementara waktu Dia akan tetap tinggal di Galilea.

Wycliffe: Yoh 7:10-13 - diam-diam, // orang-orang Yahudi // orang baik // menyesatkan rakyat 10-13. Pada saat Dia berangkat ke perayaan tersebut, Ia pergi dengan tidak mencolok mata, secara diam-diam, tidak terang-terangan. Sementara itu, oran...

10-13. Pada saat Dia berangkat ke perayaan tersebut, Ia pergi dengan tidak mencolok mata, secara diam-diam, tidak terang-terangan. Sementara itu, orang-orang Yahudi (para pemimpin) terus mencari Dia di antara orang banyak sambil bertanya, "Di manakah Dia?" Orang-orang juga membicarakan Dia, dengan pandangan yang agak berbeda, berbagai penilaian berkisar antara menganggap Dia orang baik dan orang yang menyesatkan rakyat. Ketakutan kepada para pemimpin membuat percakapan itu dilakukan dengan berbisik-bisik (7:13; bdg. 9:22).

Wycliffe: Yoh 7:14-15 - Waktu pesta itu sedang berlangsung, 14, 15. Waktu pesta itu sedang berlangsung, maksudnya di tengah-tengah minggu perayaan itu yang berakhir dengan suatu pertemuan pada hari kedelapan (I...

14, 15. Waktu pesta itu sedang berlangsung, maksudnya di tengah-tengah minggu perayaan itu yang berakhir dengan suatu pertemuan pada hari kedelapan (Im. 23:36). Ketika sudah masuk ke Bait Suci, Yesus mulai mengajar. Para pemimpin heran atas paparan-paparan-Nya, khususnya mengingat bahwa Dia bukan lulusan dari salah satu tempat pendidikan para rabi (berbeda dengan Paulus, Kis. 22:3).

Wycliffe: Yoh 7:16-18 - hormat 16-18. Tampaknya yang membuat orang-orang itu heran ialah isi dari ajaran-ajaran-Nya dan bukan cara-Nya mengajar. Bukannya membanggakan kemampuan-Nya,...

16-18. Tampaknya yang membuat orang-orang itu heran ialah isi dari ajaran-ajaran-Nya dan bukan cara-Nya mengajar. Bukannya membanggakan kemampuan-Nya, Yesus justru menjelaskan bahwa ajaran yang disampaikan-Nya adalah milik Oknum yang mengutus Dia, yang kalau ditelusuri langsung adalah Allah sendiri. Ia tidak mengakui jasa-jasa seorang guru manusiawi sebagaimana biasa dilakukan oleh para ahli Taurat. Setiap orang yang secara moral bertujuan hendak menyenangkan Allah (melakukan kehendak-Nya) pasti mampu untuk menentukan apakah pengajaran Yesus tersebut merupakan ajaran-Nya sendiri, atau suatu reproduksi yang tepat dari ajaran ilahi. Orang itu akan mengetahui bahwa Yesus tidak sedang mencari hormat bagi diri-Nya sendiri, tetapi kehormatan bagi Oknum yang telah mengutusNya. Orang semacam itu akan langsung tertarik kepada Yesus.

Wycliffe: Yoh 7:19-24 - perbuatan // heran, // nenek moyang // hari Sabat! // jadi 19-24. Yesus menuduh para pemimpin itu sebagai gagal menaati hukum Taurat. Dalam hal ini mereka tidak melakukan kehendak Allah. Oleh karena itu, bagai...

19-24. Yesus menuduh para pemimpin itu sebagai gagal menaati hukum Taurat. Dalam hal ini mereka tidak melakukan kehendak Allah. Oleh karena itu, bagaimana mungkin mereka dapat menerima Dia yang telah diutus oleh Allah? Keinginan mereka untuk membunuh Dia sudah merupakan pelanggaran atas perintah keenam. Orang banyak, yang berpihak pada para pemimpin mereka tanpa mengetahui rencana para pemimpin tersebut, berpikir bahwa Yesus pasti gila, dikuasai oleh roh jahat, sehingga Ia membayangkan bahwa diri-Nya terancam bahaya (ay. 20). Layaklah bagi Tuhan untuk berusaha membongkar akar dari permusuhan para pemimpin itu. Satu-satunya perbuatan yang telah dilakukan-Nya di Yerusalem yang membuat orang heran, tetapi membuat para pemimpin memusuhi diri-Nya ialah penyembuhan orang lumpuh pada hari Sabat (ps. 5). Musa sendiri yang demikian dihormati oleh orang-orang Yahudi memerintahkan sunat (sekalipun kebiasaan itu berasal dari para nenek moyang dan bukan dari Musa), dan harus dilaksanakan pada hari kedelapan (Im. 12:3) sekalipun hari itu merupakan hari Sabat! Kata jadi (Yoh. 7:22) di sini tidak sepenuhnya jelas hubungannya dengan masalah ini. Mungkin kata itu menunjuk pada jalan pikiran ini - bahwa penyunatan pada hari Sabat dapat disetujui dan sebetulnya menunjuk kepada perbuatan seperti yang dilakukan oleh Yesus, sebab menyembuhkan seseorang baik secara jasmaniah maupun rohaniah lebih penting daripada melaksanakan tanda perjanjian itu.

Wycliffe: Yoh 7:25-27 - berbicara dengan leluasa // tidak ada seorang pun yang tahu dari mana asal-Nya 25-27. Di sini kita menjumpai berbagai pemikiran mengenai Yesus dari sekelompok orang yang pasti berbeda dengan "orang banyak" dalam ayat 20. Mereka i...

25-27. Di sini kita menjumpai berbagai pemikiran mengenai Yesus dari sekelompok orang yang pasti berbeda dengan "orang banyak" dalam ayat 20. Mereka ini adalah penduduk Yerusalem yang mengetahui bahwa rencana para pemimpin itu adalah hendak membunuh Yesus. Akan tetapi, kenyataan bahwa Yesus bisa berbicara dengan leluasa di hadapan umum membuat mereka berpikir apakah para pemimpin tersebut sudah mengubah pikiran mereka dan sekarang berkesimpulan bahwa Dia adalah Kristus (ay. 26). Pemikiran tentang masalah tersebut selanjutnya telah membuat mereka mengesampingkan kemungkinan tersebut, sebab asal-usul Yesus. tidak memungkinkan Dia itu adalah Kristus (bdg. 6:42). Mesias pastilah orang yang asal-usul-Nya tidak diketahui - tidak ada seorang pun yang tahu dari mana asal-Nya (bdg. Mat. 24:24-26).

Wycliffe: Yoh 7:28-31 - mukjizat 28-31. Sebagai titik tolak, Yesus mengakui bahwa para pendengar-Nya mengenal diri-Nya dan asal-usul-Nya (ay. 28). Namun hal yang di dunia pun mereka t...

28-31. Sebagai titik tolak, Yesus mengakui bahwa para pendengar-Nya mengenal diri-Nya dan asal-usul-Nya (ay. 28). Namun hal yang di dunia pun mereka tidak mengetahui secara tepat. karena mereka tidak mengetahui tempat kelahiran-Nya dan mungkin juga keadaan di balik kelahiran-Nya (bdg. ay. 52). Mereka tidak mengetahui keilahian diri-Nya, sehingga mereka menunjukkan ketidaktahuan mereka mengenai Allah yang mengutus-Nya. Teguran ini menghasilkan sikap tidak senang. Orang-orang Yerusalem sudah siap untuk memukul Yesus, tetapi Allah mencegah mereka melaksanakan rencana tersebut (ay. 30). Saat Kristus adalah waktu kematian-Nya yang telah ditentukan oleh Allah. Sebagian dari orang banyak itu tidak siap untuk menolak kemungkinan bahwa Yesus mungkin adalah Kristus. Tetapi kelihatannya mereka percaya kepada-Nya hanya berdasarkan berbagai mukjizat yang dilakukan-Nya dan dengan demikian mereka tidak berbeda dengan orang-orang percaya terdahulu yang hanya namanya saja yang percaya (bdg. 2:23-25).

Wycliffe: Yoh 7:32-36 - orang-orang Farisi // imam-imam kepala // penjaga-penjaga Bait Allah // tinggal sedikit // di antara orang Yunani 32-36. Karena peka dengan apa yang dikatakan oleh masyarakat di jalan, orang-orang Farisi dan imam-imam kepala (orang Saduki) menyuruh penjaga-penjaga...

32-36. Karena peka dengan apa yang dikatakan oleh masyarakat di jalan, orang-orang Farisi dan imam-imam kepala (orang Saduki) menyuruh penjaga-penjaga Bait Allah menangkap Yesus. Tindakan semacam ini terulang lagi di Taman Getsemani (18:3, 12). Para penjaga tersebut merupakan satuan polisi Yahudi untuk wilayah Bait Allah. Mengingat perkembangan ini, Yesus menandaskan bahwa waktu-Nya yang tinggal sedikit (bdg. 16:16) bukan diatur oleh komplotan manusia yang menentang diri-Nya, tetapi oleh penyelesaian pekerjaan-Nya dan kembalinya Dia kepada Bapa (ay. 33). Sesudah itu orang akan mencari diri-Nya dengan sia-sia. Waktu yang tertinggal bagi mereka yang ingin mencari Dia sudah makin berkurang. Yang dimaksudkan dengan di antara orang Yunani (secara harfiah: penyebaran Gang Yunani) mungkin ialah penyebaran orang-orang Yahudi di antara orang-orang Yunani, yang memungkinkan mereka dijangkau untuk datang di tempat-tempat ibadah orang-orang Yahudi. Hal inilah yang kemudian dilakukan oleh Yesus melalui gereja-Nya, jadi secara tidak disadari pernyataan ini bersifat nubuat (bdg. 11:52).

Wycliffe: Yoh 7:37-39 - Pada hari terakhir ... perayaan itu // haus // aliran-aliran air hidup (7:38) // Kitab Suci // Roh, // Dimuliakan, 37-39. Pada hari terakhir ... perayaan itu. Yang dimaksudkan bisa hari ketujuh bisa pula hari kedelapan. Hari kedelapan merupakan semacam tambahan pad...

37-39. Pada hari terakhir ... perayaan itu. Yang dimaksudkan bisa hari ketujuh bisa pula hari kedelapan. Hari kedelapan merupakan semacam tambahan pada perayaan tersebut dan juga akhir dari rangkaian perayaan dalam satu tahun. Apabila yang dimaksudkan oleh Kristus dengan haus memang berkaitan dengan kebiasaan para imam untuk membawa kendi-kendi emas berisi air dari kolam Siloam untuk dicurahkan di atas mezbah setiap hari, maka seruan undangan Yesus memiliki arti khusus pada hari kedelapan ketika tampaknya upacara ini tidak dilaksanakan. Kehausan selama perjalanan di padang gurun dipenuhi secara ilahi, tetapi kehausan itu muncul kembali. Yesus menawarkan kepuasan rohani yang tidak akan pernah habis (bdg. 4:14). Sekali lagi Yudaisme tersingkap sebagai tidak memuaskan. Ide itu berkembang; karena orang yang percaya kepada Yesus, yang menemukan kepuasan ini, pada gilirannya menjadi berkat bagi orang lain selaku penyalur aliran-aliran air hidup (7:38). Setiap kiasan tentang Kristus sendiri bersifat meragukan (bdg. 19:34). Yang dimaksudkan dengan Kitab Suci tidak dapat diketahui. Beberapa ayat kemungkinan diacu ialah Keluaran 17:6, Yesaya 44:3, 4; 58:11; Yehezkiel 47:1-9; Zakharia 14:8. Sebuah alternatif lain ialah bahwa Yohanes tidak mengacu kepada ayat Alkitab tertentu. tetapi kepada konsensus beberapa ayat. Janji hidup baru yang berkelimpahan di sini dikaitkan dengan Roh, yang diberikan kepada semua orang yang percaya. Tetapi pada saat ini Roh belum datang seperti pada zaman Pentakosta (bdg. 14:26; 15:26; 16:7). Dimuliakan, maksudnya, mencapai tujuan misinya di dalam kematian, kebangkitan dan kenaikan. Roh menjadi penengah antara Kristus yang dimuliakan dengan manusia.

Wycliffe: Yoh 7:40-44 - -- 40-44. Seruan nyaring dan sifat dari kata-kata Yesus membuat banyak pendengar-Nya mengindentifikasi Dia sebagai nabi yang akan datang (Ul. 18:15; Yoh....

40-44. Seruan nyaring dan sifat dari kata-kata Yesus membuat banyak pendengar-Nya mengindentifikasi Dia sebagai nabi yang akan datang (Ul. 18:15; Yoh. 1:21, 6:14). Orang-orang yang lain bersedia untuk menganggap Dia sebagai Mesias. Kenyataan ini menimbulkan persoalan tentang asal-usul-Nya. Untuk memenuhi persyaratan Alkitab. Mesias harus berasal dari keturunan Daud dan dari kota Daud, yaitu Betlehem. Di dalam ketidaktahuan, orang-orang itu menganggap Yesus hanya sebagai seorang Galilea. Orang-orang yang memandang Dia sebagai pembohong dan penyesat cenderung hendak menangkap Dia, tetapi oleh Allah mereka dikekang (7:44).

Wycliffe: Yoh 7:45-49 - pemimpin-pemimpin // orang-orang Farisi // Adakah seorang di antara pemimpin-pemimpin yang percaya? 45-49. Para penjaga Bait Allah yang sebelumnya telah dikirim untuk menangkap Yesus (ay. 32) sekarang melaporkan lagi dengan tangan kosong. Seperti hal...

45-49. Para penjaga Bait Allah yang sebelumnya telah dikirim untuk menangkap Yesus (ay. 32) sekarang melaporkan lagi dengan tangan kosong. Seperti halnya orang-orang yang lain (ay. 30, 44), mereka dikekang sehingga tidak dapat menyentuh Anak Allah, dan mereka hanya dapat menjelaskan kegagalan mereka dengan mengatakan bahwa belum pernah ada orang yang berbicara seperti Dia. Mereka merasakan adanya sesuatu yang adikodrati dalam diri-Nya sehingga mereka tidak mampu melaksanakan tugas mereka. Jawaban orang-orang Farisi ialah bahwa mereka seharusnya lebih mengandalkan bimbingan atasan mereka. Sejauh ini pemimpin-pemimpin (anggota Sanhedrin) dan orang-orang Farisi (guru-guru bangsa itu) telah secara keras menentang Yesus. Adakah seorang di antara pemimpin-pemimpin yang percaya? Hal ini tetap berlaku, tetapi tidak untuk waktu yang lama, sebab seorang dari antara para pemimpin itu akan memihak Yesus, atau setidak-tidaknya membela Dia. Orang-orang Farisi berusaha memberi alasan mengapa orang-orang tertarik pada Yesus dengan mengatakan bahwa bangsa itu tidak mengenal hukum Taurat dan karena itu mereka dikutuk (bdg. Ul. 28:15). Sumber-sumber Yahudi menunjukkan bahwa sering kali terdapat perasaan tidak baik di antara orang-orang Farisi dengan am ha-ares atau umat negeri itu.

Wycliffe: Yoh 7:50-51 - -- 50, 51. Sekalipun orang-orang Farisi cukup mengetahui hukum Taurat, mereka sendiri tidak menaatinya, sebagaimana dengan berani dikemukakan oleh Nikode...

50, 51. Sekalipun orang-orang Farisi cukup mengetahui hukum Taurat, mereka sendiri tidak menaatinya, sebagaimana dengan berani dikemukakan oleh Nikodemus. Mereka berusaha menangkap seseorang karena dianggap melanggar hukum Taurat, padahal hukum Taurat mengharuskan orang didengar dulu pendapatnya sebelum ia dapat ditahan seperti itu (Ul. 1:16). Dengan demikian para pemimpin ini tidak taat kepada hukum Taurat mereka sendiri, yang atasnya mereka sangat membanggakan diri (bdg. ay. 19). Apa yang dikemukakan diabaikan oleh orang-orang Farisi dengan menyebut soal kesukuan sebagaimana mereka baru saja mengacu pada golongan. Nikodemus berusaha membela seorang yang berasal dari Galilea seakan-akan dia sendiri berasal dari sang. Apa yang dapat ditawarkan oleh Galilea? Belum pernah tempat itu menghasilkan seorang nabi. Dengan tidak mengakui Yesus sebagai termasuk golongan para nabi. orang-orang Farisi menunjukkan bahwa mereka sendiri tidak mengenal Alkitab, sebab setidak-tidaknya Yunus berasal dari wilayah ini (II Raj. 14:25; bdg. Yos. 19:13).

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Yoh 7:1-13 - Percakapan Kristus dengan Saudara-saudara-Nya; Desas-desus mengenai Kristus Dalam pasal ini diceritakan tentang: I. Penolakan Kristus selama beberapa waktu untuk tampil di depan umum di Yudea (ay. 1). II. Rencana-Nya...

Matthew Henry: Yoh 7:14-36 - Kristus pada Perayaan Pondok Daun Kristus pada Perayaan Pondok Daun (7:14-36) Di sini terdapat: I. Pengajaran Kristus di hadapan orang banyak di Bait Allah (ay. 14): Dia masuk k...

Matthew Henry: Yoh 7:37-44 - Undangan Injil Undangan Injil (7:37-44) Dalam ayat-ayat ini diceritakan tentang: I. Perkataan Kristus, disertai dengan penjelasannya (ay. 37-39). Pernyataan y...

Matthew Henry: Yoh 7:45-53 - Kesaksian Penjaga-penjaga tentang Kristus Kesaksian Penjaga-penjaga tentang Kristus (7:45-53) Imam-imam kepala dan orang-orang Farisi di sini sedang berkomplot secara rahasia, menyusun renc...

SH: Yoh 7:1-13 - Berani pro Yesus? (Rabu, 6 Februari 2008) Berani pro Yesus? Yesus bekerja bukan untuk mencari popularitas. Juga bukan untuk mengikuti kemauan banyak orang. Sebaliknya Ia senantiasa bekerj...

SH: Yoh 7:1-13 - Strategi pemasaran? (Selasa, 17 Januari 2006) Strategi pemasaran? Di akhir pasal 6, tampaknya misi Tuhan Yesus akan segera usai. Bukan saja kebanyakan orang Yahudi tidak percaya, sebagian be...

SH: Yoh 7:1-9 - Yesus tidak mencari ketenaran. (Minggu, 13 Januari 2002) Yesus tidak mencari ketenaran. Yesus tidak mencari ketenaran. Adik-adik Tuhan Yesus masih belum percaya kepada-Nya (ayat 5) dan mereka memandang ...

SH: Yoh 7:1-24 - KOSONG (Jumat, 15 Januari 1999) KOSONG

SH: Yoh 7:1-24 - KOSONG (Kamis, 14 Januari 1999) KOSONG

SH: Yoh 7:10-31 - Yesus menyebabkan manusia terbagi dua kelompok. (Senin, 14 Januari 2002) Yesus menyebabkan manusia terbagi dua kelompok. Kesaksian Yesus membagi manusia menjadi dua kelompok. Sebagian percaya kepada-Nya. Sebagian lagi ...

SH: Yoh 7:14-24 - Nyata di depan Yesus (Kamis, 7 Februari 2008) Nyata di depan Yesus Pertentangan antara orang Yahudi dengan Yesus semakin terbuka. Namun pertentangan ini justru menjadi kesempatan bagi Yesus u...

SH: Yoh 7:14-24 - Ajaran dari Allah (Rabu, 18 Januari 2006) Ajaran dari Allah Sesuai dengan strategi-Nya, Tuhan Yesus muncul di Bait Allah saat perayaan Pondok Daun sedang berlangsung. Ia langsung mengaja...

SH: Yoh 7:25-36 - Asal usul Yesus (Jumat, 8 Februari 2008) Asal usul Yesus Tidak mudah memberi penjelasan kepada orang yang mau tahu, tetapi tak mau mengerti. Sebenarnya orang-orang Yerusalem sedang bingu...

SH: Yoh 7:25-36 - Identitas Tuhan Yesus (Kamis, 19 Januari 2006) Identitas Tuhan Yesus Mengapa banyak orang sulit percaya bahwa Tuhan Yesus sungguh-sungguh Mesias dari Allah yang telah dinubuatkan PL? Apa yang...

SH: Yoh 7:25-36 - Mengetahui namun tidak mengenal. (Sabtu, 16 Januari 1999) Mengetahui namun tidak mengenal. Kebanyakan orang Yahudi pada masa itu, beranggapan bahwa mereka mengetahui asal-usul Tuhan Yesus tetapi darim...

SH: Yoh 7:32-52 - Perpecahan lebih tajam. (Selasa, 15 Januari 2002) Perpecahan lebih tajam. Kesaksian Tuhan Yesus dalam ayat 37-38 telah menimbulkan perpecahan yang tajam di kalangan pendengar-Nya. Penulis Yohanes...

SH: Yoh 7:37-52 - Merespons Yesus (Sabtu, 9 Februari 2008) Merespons Yesus Pengajaran Yesus tentang air hidup (ayat 37-39) menimbulkan berbagai tanggapan. Perbedaan tanggapan memunculkan konflik di antara...

SH: Yoh 7:37-52 - Kristus: Sumber Air Hidup (Jumat, 20 Januari 2006) Kristus: Sumber Air Hidup Puncak perayaan Pondok Daun adalah hari ketujuh saat para imam mengadakan prosesi pengambilan air dari kolam Siloam un...

SH: Yoh 7:37-52 - Respons panggilan. (Minggu, 17 Januari 1999) Respons panggilan. Banyak orang mengikut Tuhan Yesus, menikmati mukjizat-Nya dan mendengar ajaran-Nya, namun mereka masih terus bertanya: ...

SH: Yoh 7:53--8:11 - Pengampunan dan pertobatan (Minggu, 10 Februari 2008) Pengampunan dan pertobatan Karena masih diburu oleh keinginan untuk menangkap Yesus, para pemimpin agama Yahudi mencari cara untuk menjerat Dia. ...

SH: Yoh 7:53--8:11 - Belas kasih bukan hukuman (Sabtu, 21 Januari 2006) Belas kasih bukan hukuman Gagal menangkap Tuhan Yesus dari sisi pengajaran-Nya, para pemimpin Yahudi berusaha mencari kelemahan-Nya dari sisi ke...

SH: Yoh 7:53--8:11 - Adakah orang yang tidak berdosa? (Senin, 18 Januari 1999) Adakah orang yang tidak berdosa? Usaha orang Farisi untuk mencelakakan Tuhan Yesus terus dilakukan tanpa henti. Bahkan demi menjerat Dia, mere...

Utley: Yoh 6:66--7:1 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 6:66-7:166 Mulai dari waktu itu banyak murid-murid-Nya mengundurkan diri dan tidak lagi mengikut Dia. 67 Maka kata Yesus ke...

Utley: Yoh 7:1-9 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 7:1-91 Sesudah itu Yesus berjalan keliling Galilea, sebab Ia tidak mau tetap tinggal di Yudea, karena di sana orang-orang Y...

Utley: Yoh 7:10-13 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 7:10-1310 Tetapi sesudah saudara-saudara Yesus berangkat ke pesta itu, Iapun pergi juga ke situ, tidak terang- terangan tet...

Utley: Yoh 7:14-18 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 7:14-1814 Waktu pesta itu sedang berlangsung, Yesus masuk ke Bait Allah lalu mengajar di situ. 15 Maka heranlah orang-orang...

Utley: Yoh 7:19-24 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 7:19-2419"Bukankah Musa yang telah memberikan hukum Taurat kepadamu? Namun tidak seorangpun di antara kamu yang melakukan h...

Utley: Yoh 7:25-31 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 7:25-3125 Beberapa orang Yerusalem berkata: "Bukankah Dia ini yang mereka mau bunuh? 26 Dan lihatlah, Ia berbicara dengan l...

Utley: Yoh 7:32-36 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 7:32-3632 Orang-orang Farisi mendengar orang banyak membisikkan hal-hal itu mengenai Dia, dan karena itu imam-imam kepala d...

Utley: Yoh 7:37-39 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 7:37-3937 Dan pada hari terakhir, yaitu pada puncak perayaan itu, Yesus berdiri dan berseru: "Barangsiapa haus, baiklah ia ...

Utley: Yoh 7:40-44 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 7:40-4440 Beberapa orang di antara orang banyak, yang mendengarkan perkataan-perkata itu, berkata: "Dia ini benar-benar nab...

Utley: Yoh 7:45-52 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 7:45-5245 Maka penjaga-penjaga itu pergi kepada imam-imam kepala dan orang-orang Farisi, yang berkata kepada mereka: "Menga...

Topik Teologia: Yoh 7:14 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kristus Memiliki Natur Intelektual Manusia Yesus Berpengetahuan Luas Dia Belajar Luk 2...

Topik Teologia: Yoh 7:16 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Dia Seorang Pengajar Mat 5:1-2 Mar 6:34 Mar 14:14 Luk 19:47 Luk 24:27 Yoh 7:16 Yoh 8:2 ...

Topik Teologia: Yoh 7:17 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Wahyu Allah Mode atau Cara Wahyu Wahyu...

Topik Teologia: Yoh 7:18 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus

Topik Teologia: Yoh 7:19 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus

Topik Teologia: Yoh 7:21 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Pandangan Yesus Atas Perjanjian Lama Kristus Memakai Perjanjian Lama Secara Otoritatif Yesus Me...

Topik Teologia: Yoh 7:22 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus

Topik Teologia: Yoh 7:23 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Dosa Dosa-dosa Terhadap Sesama Dosa-dosa Kebencian Amarah Kej 49:5-7 Maz 37:8 Maz 106:33 Ams 12:1...

Topik Teologia: Yoh 7:24 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Pandangan Yesus Atas Perjanjian Lama Kristus Memakai Perjanjian Lama Secara Otoritatif Yesus Me...

Topik Teologia: Yoh 7:27 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kristus Dipanggil sebagai Manusia oleh Banyak Orang Para Pemimpin Yahudi Menyebut-Nya Seorang Ma...

Topik Teologia: Yoh 7:37 - -- Roh Kudus Kiasan-kiasan untuk Roh Kudus Air Yes 32:15 Yes 44:3-4 Yoh 4:14 Yoh 7:37-39 Wahyu Allah Wahyu Khusus Pa...

Topik Teologia: Yoh 7:38 - -- Yesus Kristus Yesus Menjanjikan Kedamaian dan Keteduhan Bagi yang Percaya Kepada-Nya Mat 11:28-30 Yoh 6:29 Yoh 7:38 Yoh 14:...

Topik Teologia: Yoh 7:39 - -- Roh Kudus Roh yang Disebut Roh Bil 11:17,25 1Ta 12:18 Yes 32:15 Yeh 2:2 Yeh 8:3 Mar 1:12 Yoh 7:39 Kis 11:28 Kis 20:22 Kis 2...

Topik Teologia: Yoh 7:40 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Nabi Luk 24:19 Yoh 7:40 Kis 3:22

Topik Teologia: Yoh 7:42 - -- Yesus Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus Wahyu Allah Wahyu Khusus Kuasa Ilahi Kitab Suci Nama-nama untuk Alkitab (Atau ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yohanes Tema : Yesus, Putra Allah Tanggal Penulisan: 80-95 M Latar Belakang Injil Yohanes adalah unik di antara keem...

Full Life: Yohanes (Garis Besar) Garis Besar Prolog tentang Logos (Yoh 1:1-18) I. Memperkenalkan Kristus kepada Israel (Yoh 1:19-51) A. Oleh Yohan...

Matthew Henry: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Kita tidak sedang membahas kapan dan di mana Injil ini dituliskan. Kita yakin Injil ini diberikan melalui inspirasi Allah kepada Yohanes, saudara Yako...

Jerusalem: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INJIL YOHANES PENGANTAR INJIL YOHANES DAN SURAT-SURAT YOHANES Injil Yohanes Kata Penutup pertama, Yoh 20:31, menyatakan termasuk jenis sastra Injil Yo...