kecilkan semua  

Teks -- Yesaya 5:1-30 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Nyanyian tentang kebun anggur
5:1 Aku hendak menyanyikan nyanyian tentang kekasihku, nyanyian kekasihku tentang kebun anggurnya: Kekasihku itu mempunyai kebun anggur di lereng bukit yang subur. 5:2 Ia mencangkulnya dan membuang batu-batunya, dan menanaminya dengan pokok anggur pilihan; ia mendirikan sebuah menara jaga di tengah-tengahnya dan menggali lobang tempat memeras anggur; lalu dinantinya supaya kebun itu menghasilkan buah anggur yang baik, tetapi yang dihasilkannya ialah buah anggur yang asam. 5:3 Maka sekarang, hai penduduk Yerusalem, dan orang Yehuda, adililah antara Aku dan kebun anggur-Ku itu. 5:4 Apatah lagi yang harus diperbuat untuk kebun anggur-Ku itu, yang belum Kuperbuat kepadanya? Aku menanti supaya dihasilkannya buah anggur yang baik, mengapa yang dihasilkannya hanya buah anggur yang asam? 5:5 Maka sekarang, Aku mau memberitahukan kepadamu apa yang hendak Kulakukan kepada kebun anggur-Ku itu: Aku akan menebang pagar durinya, sehingga kebun itu dimakan habis, dan melanda temboknya, sehingga kebun itu diinjak-injak; 5:6 Aku akan membuatnya ditumbuhi semak-semak, tidak dirantingi dan tidak disiangi, sehingga tumbuh puteri malu dan rumput; Aku akan memerintahkan awan-awan, supaya jangan diturunkannya hujan ke atasnya. 5:7 Sebab kebun anggur TUHAN semesta alam ialah kaum Israel, dan orang Yehuda ialah tanam-tanaman kegemaran-Nya; dinanti-Nya keadilan, tetapi hanya ada kelaliman, dinanti-Nya kebenaran tetapi hanya ada keonaran.
Peringatan tentang pelbagai keburukan
5:8 Celakalah mereka yang menyerobot rumah demi rumah dan mencekau ladang demi ladang, sehingga tidak ada lagi tempat bagi orang lain dan hanya kamu sendiri yang tinggal di dalam negeri! 5:9 Di telingaku terdengar firman TUHAN semesta alam: "Sesungguhnya banyak rumah akan menjadi sunyi sepi; rumah-rumah yang besar dan yang baik tidak akan ada penghuninya. 5:10 Sebab kebun anggur yang luasnya sepuluh hari membajak akan menghasilkan hanya satu bat anggur; dan satu homer benih akan menghasilkan hanya satu efa gandum." 5:11 Celakalah mereka yang bangun pagi-pagi dan terus mencari minuman keras, dan duduk-duduk sampai malam hari, sedang badannya dihangatkan anggur! 5:12 Kecapi dan gambus, rebana dan suling, serta anggur terdapat dalam perjamuan-perjamuan mereka, tetapi perbuatan TUHAN tidak dipandangnya dan pekerjaan TUHAN tidak dilihatnya. 5:13 Sebab itu umat-Ku harus pergi ke dalam pembuangan, oleh sebab mereka tidak mengerti apa-apa; orang-orang yang mulia akan mati kelaparan, dan khalayak ramai akan menderita kehausan. 5:14 Sebab itu dunia orang mati akan membuka kerongkongannya lapang-lapang dan akan mengangakan mulutnya lebar-lebar dengan tiada terhingga, sehingga lenyap ke dalamnya segala kesemarakan dan keramaian Yerusalem, segala kegaduhannya dan orang-orang yang bersukaria di kota itu. 5:15 Maka manusia akan ditundukkan, dan orang akan direndahkan, ya, orang-orang sombong akan direndahkan. 5:16 Tetapi TUHAN semesta alam akan ternyata maha tinggi dalam keadilan-Nya, dan Allah yang maha kudus akan menyatakan kekudusan-Nya dalam kebenaran-Nya. 5:17 Maka domba-domba akan makan rumput di situ seperti di padangnya sendiri dan kambing-kambing akan mencari makan dalam reruntuhan gedung-gedung orang kaya. 5:18 Celakalah mereka yang memancing kesalahan dengan tali kedustaan dan dosa seperti dengan tali gerobak, 5:19 yang berkata: "Baiklah Allah lekas-lekas dan cepat-cepat melakukan tindakan-Nya, supaya kita lihat; dan baiklah keputusan Yang Mahakudus, Allah Israel, datang mendekat, supaya kita tahu." 5:20 Celakalah mereka yang menyebutkan kejahatan itu baik dan kebaikan itu jahat, yang mengubah kegelapan menjadi terang dan terang menjadi kegelapan, yang mengubah pahit menjadi manis, dan manis menjadi pahit. 5:21 Celakalah mereka yang memandang dirinya bijaksana, yang menganggap dirinya pintar! 5:22 Celakalah mereka yang menjadi jago minum dan juara dalam mencampur minuman keras; 5:23 yang membenarkan orang fasik karena suap dan yang memungkiri hak orang benar. 5:24 Sebab itu seperti lidah api memakan jerami, dan seperti rumput kering habis lenyap dalam nyala api, demikian akar-akar mereka akan menjadi busuk, dan kuntumnya akan beterbangan seperti abu, oleh karena mereka telah menolak pengajaran TUHAN semesta alam dan menista firman Yang Mahakudus, Allah Israel.
Bangsa asing sebagai alat murka TUHAN
5:25 Sebab itu bangkitlah murka TUHAN terhadap umat-Nya, diacungkan-Nya tangan-Nya terhadap mereka dan dipukul-Nya mereka; gunung-gunung akan gemetar, dan mayat-mayat mereka akan seperti kotoran di tengah jalan. Sekalipun semuanya ini terjadi, murka-Nya belum surut, dan tangan-Nya masih teracung. 5:26 Ia akan melambaikan panji-panji kepada bangsa yang dari jauh, dan akan bersuit memanggil mereka dari ujung bumi; sesungguhnya mereka akan datang dengan segera, dengan cepat! 5:27 Tiada yang lelah dan tiada yang tersandung di antaranya; mereka tidak terlelap dan tidak tertidur, tidak terlepas ikat pinggangnya dan tali kasutnya tidak terputus; 5:28 anak panahnya ditajamkan, dan segala busurnya dilentur; kuku kudanya keras seperti batu api dan roda keretanya seperti puting beliung. 5:29 Aumnya seperti singa betina, mereka mengaum seperti singa muda; mereka meraung dan menangkap mangsanya, membawanya lari dan tidak ada yang melepaskan. 5:30 Pada hari itu mereka akan diliputi oleh suara seperti suara laut menderu. Jika orang memandang ke bumi, sesungguhnya, ada gelap yang menyesakkan, dan terang menjadi gelap oleh awan-awan!
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · dunia maut the place of the dead
 · dunia orang mati the place of the dead
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Ismael a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · suku Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · umat Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Yakub the second so of a pair of twins born to Isaac and Rebeccaa; ancestor of the 12 tribes of Israel,the nation of Israel,a person, male,son of Isaac; Israel the man and nation
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall
 · Yerusalem the capital city of Israel,a town; the capital of Israel near the southern border of Benjamin


Topik/Tema Kamus: Yesaya | Kebun Anggur | Perumpamaan | Tidak Berterima Kasih Kepada Allah | Nabi | Anggur | Mikha | Asyur | Tani, Pertanian | Dosa Suatu Bangsa | Pagar | Ejekan, Pengejek | Mabuk | Senang, Kesenangan Orang Fasik | Senang, Kesenangan Dunia | Dosa | Pohon Anggur | Ukur, Ukuran | Gelap, Kegelapan | Air Anggur | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Yes 5:1-7 - KEBUN ANGGUR. Nas : Yes 5:1-7 Nyanyian kebun anggur ini menunjukkan bahwa Allah berusaha sedapat-dapatnya untuk menjadikan Yehuda bangsa yang benar dan produktif...

Nas : Yes 5:1-7

Nyanyian kebun anggur ini menunjukkan bahwa Allah berusaha sedapat-dapatnya untuk menjadikan Yehuda bangsa yang benar dan produktif. Hanya ketika mereka gagal menjadi apa yang diinginkan-Nya barulah Allah membinasakan kebun anggur-Nya (bd. perumpamaan Yesus tentang penggarap-penggarap kebun anggur dalam Mat 21:33-44). Perumpamaan Yesaya secara historis menunjuk kepada kebinasaan Yerusalem dan kerajaan Yehuda pada tahun 586 SM.

Full Life: Yes 5:8 - CELAKALAH MEREKA. Nas : Yes 5:8-32 Enam ucapan celaka (yaitu pernyataan hukuman) diucapkan atas enam macam dosa: (1) Keserakahan yang mementingkan diri (ayat Ye...

Nas : Yes 5:8-32

Enam ucapan celaka (yaitu pernyataan hukuman) diucapkan atas enam macam dosa:

  1. (1) Keserakahan yang mementingkan diri (ayat Yes 5:8),
  2. (2) perilaku bermabuk-mabukan (ayat Yes 5:11-12),
  3. (3) cemoohan terhadap kuasa Allah untuk menghukum dosa mereka (ayat Yes 5:18-19),
  4. (4) pemutarbalikan standar-standar moral Allah (ayat Yes 5:20),
  5. (5) keangkuhan dan kesombongan (ayat Yes 5:21), dan
  6. (6) pemerkosaan keadilan (ayat Yes 5:22-23; bd. enam ucapan celaka Kristus kepada golongan agama yang munafik;

    lihat cat. --> Mat 23:13;

    lihat cat. --> Mat 23:28).

    [atau ref. Mat 23:13; Mat 23:28]

Full Life: Yes 5:20 - MENYEBUTKAN KEJAHATAN ITU BAIK. Nas : Yes 5:20 Pada satu pihak, masyarakat sering kali mengagungkan dosa dengan menyebutkan kebobrokan akhlak itu kekuatan jantan, atau dengan meny...

Nas : Yes 5:20

Pada satu pihak, masyarakat sering kali mengagungkan dosa dengan menyebutkan kebobrokan akhlak itu kekuatan jantan, atau dengan menyebutkan kebejatan dan perbuatan tidak wajar itu kebajikan sejati dan kebebasan yang patut dipuji; pada pihak yang lain, masyarakat menentang kebenaran dengan menyebutnya kejahatan. Perhatikan kedua contoh umum ini di mana pola ini terjadi:

  1. 1) Ketidakwajaran seksual (mis. homoseksualitas atau lesbianisme) disebut sebagai gaya hidup alternatif yang sah yang harus diterima secara terbuka, sedangkan penentang perilaku semacam itu, yaitu orang yang menerima standar alkitabiah, disebut orang fanatik yang mengabadikan prasangka yang menindas

    (lihat art. NORMA-NORMA MORALITAS SEKSUAL).

  2. 2) Golongan yang menyetujui pengguguran kandungan disebut orang "peka" dengan komitmen tinggi kepada hak-hak asasi seorang wanita, sedangkan golongan pro-hidup aktif disebut "ekstremis" atau "fanatik agama". Akan tetapi, orang percaya tetap harus mengabdi dengan sepenuh hati dan tidak goyah kepada semua standar Allah mengenai baik dan buruk sebagaimana dinyatakan dalam Firman-Nya yang tertulis.

Full Life: Yes 5:24 - MENOLAK PENGAJARAN TUHAN. Nas : Yes 5:24 Yesaya mengajarkan doktrin tentang hukuman yang sepadan atas dosa. Menolak hukum-hukum Allah dan menghina firman-Nya akan mengakibat...

Nas : Yes 5:24

Yesaya mengajarkan doktrin tentang hukuman yang sepadan atas dosa. Menolak hukum-hukum Allah dan menghina firman-Nya akan mengakibatkan orang diserahkan kepada semua akibat dosa mereka dan hukuman ilahi (ayat Yes 5:25; bd. Hos 4:6).

Full Life: Yes 5:26 - BANGSA YANG DARI JAUH. Nas : Yes 5:26 Yesaya melukiskan pembinasaan Yehuda yang akan datang oleh bangsa yang dari jauh. Pembinasaan itu sudah dekat dan pasti terjadi, dan...

Nas : Yes 5:26

Yesaya melukiskan pembinasaan Yehuda yang akan datang oleh bangsa yang dari jauh. Pembinasaan itu sudah dekat dan pasti terjadi, dan Yehuda tidak mempunyai kekuatan apa-apa untuk menolak musuh. Pastilah Yesaya bernubuat mengenai penyerbuan Asyur yang tentaranya menjarah Yehuda pada tahun 701 SM dan tentara Babel yang mulai menyerang tahun 605 SM. Allah sering kali memakai bangsa asing untuk menghukum kemurtadan umat-Nya

(lihat cat. --> Mat 5:13).

[atau ref. Mat 5:13]

BIS: Yes 5:17 - -- Dalam naskah Ibrani ayat ini tidak jelas artinya.

Dalam naskah Ibrani ayat ini tidak jelas artinya.

BIS: Yes 5:26 - bangsa yang jauh Kemungkinan besar artinya bangsa yang jauh; naskah Ibrani: bangsa-bangsa yang jauh.

Kemungkinan besar artinya bangsa yang jauh; naskah Ibrani: bangsa-bangsa yang jauh.

Jerusalem: Yes 5:1-7 - -- Sajak ini agaknya diciptakan nabi Yesaya pada masa awal karyanya. Ia mungkin mencontoh sebuah nyanyian iringan pemetikan buah anggur. Kiasan ini, yakn...

Sajak ini agaknya diciptakan nabi Yesaya pada masa awal karyanya. Ia mungkin mencontoh sebuah nyanyian iringan pemetikan buah anggur. Kiasan ini, yakni kebun atau pohon anggur ialah Israel yang dipilih lalu ditolak, sudah mulai dipakai oleh nabi Hosea, Yes 10:1 dan kemudian kembali dipergunakan nabi Yeremia, Yer 2:21; 5:10; 6:9; 12:10, dan nabi Yehezkiel, Yes 15:1-8; 17:3-10; 19:10-14. Bdk Maz 80:9-19; Yes 27:2-5. Yesuspun memanfaatkannya dalam perumpamaan tentang penggarap-penggarap kebun anggur, Mat 21:33-41+ (lihat juga pohon ara yang dikutuk, Mat 21:18-19+). Dalam Yohanes Yesus menyingkapkan rahasia "pokok anggur yang benar", Yoh 15:1-2+. Dalam Ula 32:32-33; Sir 24:17 kiasan itu dipakai secara lain.

Jerusalem: Yes 5:2 - pokok anggur pilihan Ibraninya sorek, ialah nama sejenis pokok anggur yang istimewa, Yes 16:8; Yer 2:21; bdk Kej 49:11, yang disebut demikian oleh karena warna buahnya.

Ibraninya sorek, ialah nama sejenis pokok anggur yang istimewa, Yes 16:8; Yer 2:21; bdk Kej 49:11, yang disebut demikian oleh karena warna buahnya.

Jerusalem: Yes 5:8-24 - -- Kutukan-kutukan ini dilontarkan nabi Yesaya pada awal karyanya. Mungkin tidak semua diucapkan pada waktu yang sama. Pada keenam kutukan yang tercantum...

Kutukan-kutukan ini dilontarkan nabi Yesaya pada awal karyanya. Mungkin tidak semua diucapkan pada waktu yang sama. Pada keenam kutukan yang tercantum dalam Yes 5:2-24 oleh sementara ahli ditambahkan kutukan yang termaktub dalam Yes 10:1-4 yang serba kebetulan terlepas dari rangkaian kutukan itu. Kutukan semacam itu terdapat juga dalam Ams 6:1-7; Mik 2:1-5; Yer 22:13-19; Hab 2:6-20; Luk 6:24-25; Mat 23.

Jerusalem: Yes 5:10 - sepuluh hari membajak Ibraninya: sepuluh semed, ialah l.k. 2,5 hektare

Ibraninya: sepuluh semed, ialah l.k. 2,5 hektare

Jerusalem: Yes 5:10 - satu bat ialah l.k. 40 liter

ialah l.k. 40 liter

Jerusalem: Yes 5:10 - homer ialah 10 efa

ialah 10 efa

Jerusalem: Yes 5:10 - efa Ialah l.k. 40 liter (satu bat).

Ialah l.k. 40 liter (satu bat).

Jerusalem: Yes 5:14-16 - -- Ayat-ayat ini terasa kurang sesuai dengan konteknya. Sebaik-baiknya dihubungkan dengan sajak yang tercantum dalam Yes 2:6-22 Ulangannya (Yes 5;9,11) t...

Ayat-ayat ini terasa kurang sesuai dengan konteknya. Sebaik-baiknya dihubungkan dengan sajak yang tercantum dalam Yes 2:6-22 Ulangannya (Yes 5;9,11) tampil dalam Yes 5:15 juga.

Jerusalem: Yes 5:16 - keadilanNya KekudusanNya memisahkan Allah dari segenap ciptaan, Yes 1:26+; Yes 6:3+. Ia melampaui makhluk dan tidak terkena oleh yang tidak kudus. Tetapi kekudusa...

KekudusanNya memisahkan Allah dari segenap ciptaan, Yes 1:26+; Yes 6:3+. Ia melampaui makhluk dan tidak terkena oleh yang tidak kudus. Tetapi kekudusan Allah yang transenden itu menyata dalam hubunganNya dengan manusia melalui keadilan. Begitu kekudusan Allah menyangkut tata susila. Allah mengganjar yang baik dan menghukum yang jahat waktu penghakimanNya terlaksana. Dengan keadilan itu tidak dilawankan kebaikan Allah yang berbelas kasih. Sebab justru oleh karena keadilanNya maka Allah yang setia pada janji-janjiNya mengampuni Israel dan orang berdosa yang menyesal, Mik 7:9; Maz 51:16. Ciri khas kerajaan Mesias kelak ialah keadilan, justru oleh karena Allah menjadikan umatNya penyerta dalam kekudusan ilahi, Yes 1:26; 4:3; bdk Mat 5:48. Mengenai pengertian "keadilan" bdk Ima 19:15+.

Jerusalem: Yes 5:17 - kambing-kambing Begitulah menurut terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani tertulis: orang-orang asing

Begitulah menurut terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani tertulis: orang-orang asing

Jerusalem: Yes 5:17 - dalam reruntuhan gedung-gedung orang kaya Terjemahan lain: di padang rumput terbasmi, milik ternak tambun.

Terjemahan lain: di padang rumput terbasmi, milik ternak tambun.

Jerusalem: Yes 5:19 - tindakanNya Ialah "Hari TUHAN" yang sudah disebut dalam Yes 2:12. Orang yang ragu-ragu dengan menantang Tuhan mempercepat kedatangan hari itu.

Ialah "Hari TUHAN" yang sudah disebut dalam Yes 2:12. Orang yang ragu-ragu dengan menantang Tuhan mempercepat kedatangan hari itu.

Jerusalem: Yes 5:25-30 - -- Ayat-ayat ini termasuk sajak yang tercantum dalam Yes 9:7-20. Ulangannya, Yes 5:25, terdapat dalam Yes 9:11,16,20(10:4).

Ayat-ayat ini termasuk sajak yang tercantum dalam Yes 9:7-20. Ulangannya, Yes 5:25, terdapat dalam Yes 9:11,16,20(10:4).

Jerusalem: Yes 5:26-30 - -- Sajak ini mungkin mengenai salah satu serangan yang di masa Yesaya dilontarkan kerajaan Asyur, oleh Tiglat Pileser III, th 735 atau 732, oleh Salmanes...

Sajak ini mungkin mengenai salah satu serangan yang di masa Yesaya dilontarkan kerajaan Asyur, oleh Tiglat Pileser III, th 735 atau 732, oleh Salmaneser, th 722, oleh Sargon, th 711, atau oleh Sanherib, th 701. Tetapi nama penyerbu tidak sampai disebut. Barangkali sajak itu hanya mau mengungkapkan pikiran umum ini: Allah memanggil suatu bangsa kuasa buat menimpakan balasanNya, bdk Ula 28:49-52; Yes 10:5+.

Jerusalem: Yes 5:26 - bangsa yang dari jauh Dalam naskah Ibrani tertulis: bangsa-bangsa yang jauh.

Dalam naskah Ibrani tertulis: bangsa-bangsa yang jauh.

Jerusalem: Yes 5:30 - mereka akan diliputi Harafiah: ia akan diliputi. Yang dimaksud ialah negeri Yehuda, bukannya penyerbu

Harafiah: ia akan diliputi. Yang dimaksud ialah negeri Yehuda, bukannya penyerbu

Jerusalem: Yes 5:30 - ada gelap Yaitu kegelapan Hari TUHAN, Ams 5:18,20.

Yaitu kegelapan Hari TUHAN, Ams 5:18,20.

Ende: Yes 5:1 - -- Umat Jahwe seringkali dibandingkan dengan "kebon anggur", jang ditanam serta dipelihara oleh Jahwe sendiri.

Umat Jahwe seringkali dibandingkan dengan "kebon anggur", jang ditanam serta dipelihara oleh Jahwe sendiri.

Ende: Yes 5:2 - mertju Dalam kebon anggur dibangun sebuah menara untuk mendjagai dan melindungi kebun itu terhadap binatang liar.

Dalam kebon anggur dibangun sebuah menara untuk mendjagai dan melindungi kebun itu terhadap binatang liar.

Ende: Yes 5:7 - djeritan ialah dari orang jang ditindas.

ialah dari orang jang ditindas.

Ende: Yes 5:8 - -- Orang jang dengan tak adil menambahkan harga miliknja diketjam. Seperti beberapa nabi lain Jesajapun sering mentjela ketidakadilan sosial. Disini chus...

Orang jang dengan tak adil menambahkan harga miliknja diketjam. Seperti beberapa nabi lain Jesajapun sering mentjela ketidakadilan sosial.

Disini chususnja tuan2 tanah diketjam oleh sebab memiliki banjak tanah dengan mengisap rakjat djelata.

Ende: Yes 5:10 - satu bat ialah l.k.40 liter; "satu homer" ialah satu bat.

ialah l.k.40 liter; "satu homer" ialah satu bat.

Ende: Yes 5:11-12 - -- Kaum terkemuka dan kaja raya ber-foja2 sadja, tapi akan tiba2 dihukum; musuh akan menjerbu dan merebut negeri dan kota Jerusjalem.

Kaum terkemuka dan kaja raya ber-foja2 sadja, tapi akan tiba2 dihukum; musuh akan menjerbu dan merebut negeri dan kota Jerusjalem.

Ende: Yes 5:12 - perbuatan2 Jahwe ialah peristiwa2 jang merupakan hukuman dan pengadilan dari pihak Allah.

ialah peristiwa2 jang merupakan hukuman dan pengadilan dari pihak Allah.

Ende: Yes 5:14-16 - -- Ajat2 ini mungkin tidak ada pada tempatnja dan kiranja harus dihubungkan dengan Yes 2:6-22(bdk.aj.15(Yes 5:15) dengan Yes 2:9,11,17).

Ajat2 ini mungkin tidak ada pada tempatnja dan kiranja harus dihubungkan dengan Yes 2:6-22(bdk.aj.15(Yes 5:15) dengan Yes 2:9,11,17).

Ende: Yes 5:14 - -- Pratala (tempat tinggal orang mati) dibajangkan sebagai naga raksasa jang menelan penduduk sebuah kota.

Pratala (tempat tinggal orang mati) dibajangkan sebagai naga raksasa jang menelan penduduk sebuah kota.

Ende: Yes 5:16 - -- Keadilan Jahwe, jang nampak dalam hukuman, menjatakan, bahwa Allah "kudus", artinja terpisah dari segala sesuatu dan djauh mengatasi segala2nja. Oleh ...

Keadilan Jahwe, jang nampak dalam hukuman, menjatakan, bahwa Allah "kudus", artinja terpisah dari segala sesuatu dan djauh mengatasi segala2nja. Oleh sebab Allah "kudus", maka sempurna tanpa kekurangan apapun. Karena itu Ia menghukum segala sesuatu jang buruk dan tak sempurna, hal mana menjatakan betapa utuh-sempurna, kudus, Allah adanja.

Ende: Yes 5:17 - -- Ajat ini menggambarkan negeri jang dirusakkan dan jang penduduknja dibinasakan. Ajat2 17(Yes 5:17) dst. meneruskan aj. 13(Yes 5:13).

Ajat ini menggambarkan negeri jang dirusakkan dan jang penduduknja dibinasakan. Ajat2 17(Yes 5:17) dst. meneruskan aj. 13(Yes 5:13).

Ende: Yes 5:18-19 - -- Orang2 jang tidak pertjaja akan antjaman (jang diutjap Jahwe), melainkan mengedjek sadja (aj. 19)(Yes 5:19), menarik (memantjing) hukuman (kelaliman d...

Orang2 jang tidak pertjaja akan antjaman (jang diutjap Jahwe), melainkan mengedjek sadja (aj. 19)(Yes 5:19), menarik (memantjing) hukuman (kelaliman dan dosa jang akan dialami mereka sendiri dari pihak musuh;aj.19)(Yes 5:19).

Ende: Yes 5:18-19 - tali2 penipuan Banjak ahli memperbaiki teksnja mendjadi "tali sapi". Kami mempertahankan naskah Hibrani dan artinja ialah: penipuan, ketidakadilan, jang menarik huku...

Banjak ahli memperbaiki teksnja mendjadi "tali sapi". Kami mempertahankan naskah Hibrani dan artinja ialah: penipuan, ketidakadilan, jang menarik hukumannja.

Ende: Yes 5:20 - -- Ajat ini lebih landjut melukiskan "penipuan" dari aj. 18(Yes 5:18).

Ajat ini lebih landjut melukiskan "penipuan" dari aj. 18(Yes 5:18).

Ende: Yes 5:21 - -- Ditjelalah semua orang jang menganggap dirinja bidjaksana dan budiman, sehingga tidak mau menerima nasehat dan peringatan dari nabi.

Ditjelalah semua orang jang menganggap dirinja bidjaksana dan budiman, sehingga tidak mau menerima nasehat dan peringatan dari nabi.

Ende: Yes 5:24 - akar....bunga.... Dengan demikian dikatakanlah, bahwa kaum durhaka itu dibinasakan seluruhnja.

Dengan demikian dikatakanlah, bahwa kaum durhaka itu dibinasakan seluruhnja.

Ende: Yes 5:24 - Taurat ialah setiap perintah allah.

ialah setiap perintah allah.

Ende: Yes 5:24 - sabda adalah kabar Jahwe jang disampaikan seorang nabi.

adalah kabar Jahwe jang disampaikan seorang nabi.

Ende: Yes 5:25 - -- Ada ahli jang menggandingkan ajat ini dengan Yes 9:7-10:4 (bdk. Yes 9:11,16,20; 10:4).

Ada ahli jang menggandingkan ajat ini dengan Yes 9:7-10:4 (bdk. Yes 9:11,16,20; 10:4).

Ende: Yes 5:26-30 - -- Asjur merupakan alat ditangan Jahwe untuk menghukum Juda. Ia "dipanggil" oleh Allah.

Asjur merupakan alat ditangan Jahwe untuk menghukum Juda. Ia "dipanggil" oleh Allah.

Ende: Yes 5:27 - -- Ajat ini menggambarkan tjepatnja tentara musuh madju.

Ajat ini menggambarkan tjepatnja tentara musuh madju.

Ende: Yes 5:30 - pada hari itu jakni hari hukuman.

jakni hari hukuman.

Ende: Yes 5:30 - kegelapan adalah bahasa kiasan jang lazim artinja: kesesakan dan darurat; gedjala jang termasuk kedalam "hari Jahwe".

adalah bahasa kiasan jang lazim artinja: kesesakan dan darurat; gedjala jang termasuk kedalam "hari Jahwe".

Endetn: Yes 5:9 - (bersumpah) ditambahkan dengan bersandarkan terdjemahan Junani.

ditambahkan dengan bersandarkan terdjemahan Junani.

Endetn: Yes 5:13 - mati diperbaiki dengan merobah huruf2 hidup naskah Hibrani sesuai dengan dua naskah Hibrani dan beberapa terdjemahan kuno.

diperbaiki dengan merobah huruf2 hidup naskah Hibrani sesuai dengan dua naskah Hibrani dan beberapa terdjemahan kuno.

Endetn: Yes 5:17 - jaitu bandot diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "pengembara".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "pengembara".

Endetn: Yes 5:23 - orang diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Naskah Hibrani pakai djamak.

diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Naskah Hibrani pakai djamak.

Endetn: Yes 5:26 - bangsa diperbaiki menurut kiraan. Naskah Hibrani pakai djamak.

diperbaiki menurut kiraan. Naskah Hibrani pakai djamak.

Endetn: Yes 5:29 - ia diperbaiki sedikit.

diperbaiki sedikit.

Ref. Silang FULL: Yes 5:1 - tentang kebun · tentang kebun: Mazm 80:9-10; Yes 27:2; Yoh 15:1

· tentang kebun: Mazm 80:9-10; Yes 27:2; Yoh 15:1

Ref. Silang FULL: Yes 5:2 - pokok anggur // menara jaga // memeras anggur // yang asam · pokok anggur: Kel 15:17; Kel 15:17; Yes 16:8 · menara jaga: 1Sam 2:9; Yes 27:3; 31:5; 49:8; Mat 21:33 · memeras anggur: Ayub 24...

· pokok anggur: Kel 15:17; [Lihat FULL. Kel 15:17]; Yes 16:8

· menara jaga: 1Sam 2:9; Yes 27:3; 31:5; 49:8; Mat 21:33

· memeras anggur: Ayub 24:11; [Lihat FULL. Ayub 24:11]

· yang asam: Mat 21:19; Mat 11:13; Luk 13:6

Ref. Silang FULL: Yes 5:3 - anggur-Ku itu · anggur-Ku itu: Mat 21:40

· anggur-Ku itu: Mat 21:40

Ref. Silang FULL: Yes 5:4 - Kuperbuat kepadanya // yang asam · Kuperbuat kepadanya: 2Taw 36:15; 2Taw 36:15; Yer 2:5-7; Mi 6:3-4; Mat 23:37 · yang asam: Yer 2:21; 24:2; 29:17

· Kuperbuat kepadanya: 2Taw 36:15; [Lihat FULL. 2Taw 36:15]; Yer 2:5-7; Mi 6:3-4; Mat 23:37

· yang asam: Yer 2:21; 24:2; 29:17

Ref. Silang FULL: Yes 5:5 - dimakan habis // melanda temboknya // itu diinjak-injak · dimakan habis: 2Taw 36:21; Yes 6:12; 27:10 · melanda temboknya: Mazm 80:13; Mazm 80:13; Yes 22:5; Yes 22:5 · itu diinjak-injak:...

· dimakan habis: 2Taw 36:21; Yes 6:12; 27:10

· melanda temboknya: Mazm 80:13; [Lihat FULL. Mazm 80:13]; Yes 22:5; [Lihat FULL. Yes 22:5]

· itu diinjak-injak: Yes 10:6; 26:6; 28:3,18; 41:25; 63:3; Yer 12:10; 34:22; Rat 1:15; Hos 2:11; Mi 7:10; Mal 4:3; Luk 21:24; [Lihat FULL. Luk 21:24]

Ref. Silang FULL: Yes 5:6 - ditumbuhi semak-semak // dan rumput // diturunkannya hujan · ditumbuhi semak-semak: Kej 6:13; Kej 6:13; Im 26:32; Im 26:32; Yes 6:13; 49:17,19; 51:3; Yoel 1:10 · dan rumput: Yes 5:10,17; 2Sam 23:...

· ditumbuhi semak-semak: Kej 6:13; [Lihat FULL. Kej 6:13]; Im 26:32; [Lihat FULL. Im 26:32]; Yes 6:13; 49:17,19; 51:3; Yoel 1:10

· dan rumput: Yes 5:10,17; 2Sam 23:6; [Lihat FULL. 2Sam 23:6]; Yes 7:23,24; 32:13; 34:13; 55:13; Yeh 28:24; Hos 2:11; Ibr 6:8

· diturunkannya hujan: Ul 28:24; [Lihat FULL. Ul 28:24]; 2Sam 1:21; [Lihat FULL. 2Sam 1:21]; Am 4:7

Ref. Silang FULL: Yes 5:7 - kebun anggur // kegemaran-Nya; dinanti-Nya keadilan // kelaliman, dinanti-Nya kebenaran // ada keonaran · kebun anggur: Mazm 80:9; Yes 17:10; 18:5; 37:30 · kegemaran-Nya; dinanti-Nya keadilan: Yes 10:2; 29:21; 32:7; 59:15; 61:8; Yeh 9:9; 22...

· kebun anggur: Mazm 80:9; Yes 17:10; 18:5; 37:30

· kegemaran-Nya; dinanti-Nya keadilan: Yes 10:2; 29:21; 32:7; 59:15; 61:8; Yeh 9:9; 22:29

· kelaliman, dinanti-Nya kebenaran: Yes 1:21; [Lihat FULL. Yes 1:21]

· ada keonaran: Mazm 12:6; [Lihat FULL. Mazm 12:6]

Ref. Silang FULL: Yes 5:8 - Celakalah // demi ladang · Celakalah: Yes 5:11,18,20; Yes 6:5; 10:1; 24:16; Yer 22:13 · demi ladang: Ayub 20:19; Mi 2:2; Hab 2:9-12

Ref. Silang FULL: Yes 5:9 - telingaku terdengar // firman Tuhan // sunyi sepi · telingaku terdengar: Yes 22:14 · firman Tuhan: Yer 44:11 · sunyi sepi: Yes 6:11-12; Mat 23:38

· telingaku terdengar: Yes 22:14

· firman Tuhan: Yer 44:11

· sunyi sepi: Yes 6:11-12; Mat 23:38

Ref. Silang FULL: Yes 5:10 - efa gandum · efa gandum: Yes 5:6; Yes 5:6; Im 26:26; Ul 28:38; Ul 28:38; Za 8:10

· efa gandum: Yes 5:6; [Lihat FULL. Yes 5:6]; Im 26:26; Ul 28:38; [Lihat FULL. Ul 28:38]; Za 8:10

Ref. Silang FULL: Yes 5:11 - Celakalah // dihangatkan anggur · Celakalah: Yes 5:8; Yes 5:8 · dihangatkan anggur: 1Sam 25:36; 1Sam 25:36; Ams 23:29-30; Ams 23:29; Ams 23:30

· Celakalah: Yes 5:8; [Lihat FULL. Yes 5:8]

· dihangatkan anggur: 1Sam 25:36; [Lihat FULL. 1Sam 25:36]; Ams 23:29-30; [Lihat FULL. Ams 23:29]; [Lihat FULL. Ams 23:30]

Ref. Silang FULL: Yes 5:12 - gambus, rebana // dan suling // tidak dipandangnya // dan pekerjaan · gambus, rebana: Mazm 68:26; Yes 24:8 · dan suling: Ayub 21:12; Ayub 21:12 · tidak dipandangnya: 1Sam 12:24; 1Sam 12:24 ·...

· gambus, rebana: Mazm 68:26; Yes 24:8

· dan suling: Ayub 21:12; [Lihat FULL. Ayub 21:12]

· tidak dipandangnya: 1Sam 12:24; [Lihat FULL. 1Sam 12:24]

· dan pekerjaan: Mazm 28:5; Yeh 26:13

Ref. Silang FULL: Yes 5:13 - dalam pembuangan // tidak mengerti // yang mulia // menderita kehausan · dalam pembuangan: Yes 49:21 · tidak mengerti: Ams 10:21; Ams 10:21; Yes 1:3; Yes 1:3; Hos 4:6 · yang mulia: Ayub 22:8; Ayub 22:...

· dalam pembuangan: Yes 49:21

· tidak mengerti: Ams 10:21; [Lihat FULL. Ams 10:21]; Yes 1:3; [Lihat FULL. Yes 1:3]; Hos 4:6

· yang mulia: Ayub 22:8; [Lihat FULL. Ayub 22:8]

· menderita kehausan: Yes 3:1; [Lihat FULL. Yes 3:1]

Ref. Silang FULL: Yes 5:14 - itu dunia // membuka kerongkongannya // yang bersukaria · itu dunia: Ams 30:16; Ams 30:16 · membuka kerongkongannya: Bil 16:30; Bil 16:30 · yang bersukaria: Yes 22:2,13; 23:7; 24:8

· itu dunia: Ams 30:16; [Lihat FULL. Ams 30:16]

· membuka kerongkongannya: Bil 16:30; [Lihat FULL. Bil 16:30]

· yang bersukaria: Yes 22:2,13; 23:7; 24:8

Ref. Silang FULL: Yes 5:15 - akan ditundukkan // akan direndahkan // orang-orang sombong · akan ditundukkan: Yes 10:33 · akan direndahkan: Yes 2:9; Yes 2:9 · orang-orang sombong: Yes 2:11; Yes 2:11

· akan ditundukkan: Yes 10:33

· akan direndahkan: Yes 2:9; [Lihat FULL. Yes 2:9]

· orang-orang sombong: Yes 2:11; [Lihat FULL. Yes 2:11]

Ref. Silang FULL: Yes 5:16 - maha tinggi // dalam keadilan-Nya // menyatakan kekudusan-Nya · maha tinggi: Mazm 97:9; Yes 33:10 · dalam keadilan-Nya: Yes 28:17; 30:18; 33:5; 61:8 · menyatakan kekudusan-Nya: Im 10:3; Im 10...

· maha tinggi: Mazm 97:9; Yes 33:10

· dalam keadilan-Nya: Yes 28:17; 30:18; 33:5; 61:8

· menyatakan kekudusan-Nya: Im 10:3; [Lihat FULL. Im 10:3]; Yes 29:23; Yeh 36:23

Ref. Silang FULL: Yes 5:17 - di padangnya · di padangnya: Yes 7:25; 17:2; 32:14; Zef 2:6,14

· di padangnya: Yes 7:25; 17:2; 32:14; Zef 2:6,14

Ref. Silang FULL: Yes 5:18 - Celakalah // dengan tali // dan dosa · Celakalah: Yes 5:8; Yes 5:8 · dengan tali: Hos 11:4 · dan dosa: Yes 59:4-8; Yer 23:14

· Celakalah: Yes 5:8; [Lihat FULL. Yes 5:8]

· dengan tali: Hos 11:4

· dan dosa: Yes 59:4-8; Yer 23:14

Ref. Silang FULL: Yes 5:19 - dan cepat-cepat // Yang Mahakudus // kita tahu · dan cepat-cepat: Yes 60:22 · Yang Mahakudus: Yes 1:4; Yes 1:4; Yes 29:23; 30:11,12 · kita tahu: Yer 17:15; Yeh 12:22; 2Pet 3:4...

· dan cepat-cepat: Yes 60:22

· Yang Mahakudus: Yes 1:4; [Lihat FULL. Yes 1:4]; Yes 29:23; 30:11,12

· kita tahu: Yer 17:15; Yeh 12:22; 2Pet 3:4

Ref. Silang FULL: Yes 5:20 - Celakalah // itu baik // itu jahat // menjadi kegelapan // menjadi pahit · Celakalah: Yes 5:8; Yes 5:8 · itu baik: Kej 18:25; Kej 18:25; 1Raj 22:8; 1Raj 22:8 · itu jahat: Mazm 94:21; Mazm 94:21 ·...

· Celakalah: Yes 5:8; [Lihat FULL. Yes 5:8]

· itu baik: Kej 18:25; [Lihat FULL. Kej 18:25]; 1Raj 22:8; [Lihat FULL. 1Raj 22:8]

· itu jahat: Mazm 94:21; [Lihat FULL. Mazm 94:21]

· menjadi kegelapan: Ayub 24:13; [Lihat FULL. Ayub 24:13]; Mat 6:22-23; Luk 11:34-35

· menjadi pahit: Am 5:7

Ref. Silang FULL: Yes 5:21 - memandang dirinya · memandang dirinya: Ams 3:7; Ams 3:7; Yes 47:10; Rom 12:16; 1Kor 3:18-20

· memandang dirinya: Ams 3:7; [Lihat FULL. Ams 3:7]; Yes 47:10; Rom 12:16; 1Kor 3:18-20

Ref. Silang FULL: Yes 5:22 - jago minum // mencampur minuman · jago minum: 1Sam 25:36; 1Sam 25:36; Ams 23:20; Ams 23:20; Yes 22:13; Yes 22:13 · mencampur minuman: Ams 31:4; Ams 31:4; Yes 65:11; Yer...

· jago minum: 1Sam 25:36; [Lihat FULL. 1Sam 25:36]; Ams 23:20; [Lihat FULL. Ams 23:20]; Yes 22:13; [Lihat FULL. Yes 22:13]

· mencampur minuman: Ams 31:4; [Lihat FULL. Ams 31:4]; Yes 65:11; Yer 7:18

Ref. Silang FULL: Yes 5:23 - karena suap // memungkiri hak // orang benar · karena suap: Kel 23:8; Kel 23:8; Yeh 22:12; Yeh 22:12 · memungkiri hak: Yes 5:7; Yes 1:17; Yes 1:17; Yes 10:2; 29:21; 59:4,13-15 &mid...

· karena suap: Kel 23:8; [Lihat FULL. Kel 23:8]; Yeh 22:12; [Lihat FULL. Yeh 22:12]

· memungkiri hak: Yes 5:7; Yes 1:17; [Lihat FULL. Yes 1:17]; Yes 10:2; 29:21; 59:4,13-15

· orang benar: Mazm 94:21; [Lihat FULL. Mazm 94:21]; Am 5:12; Yak 5:6

Ref. Silang FULL: Yes 5:24 - lidah api // memakan jerami // menjadi busuk // seperti abu // menista firman // Yang Mahakudus · lidah api: Yes 1:31; Yes 1:31 · memakan jerami: Yes 47:14; Nah 1:10 · menjadi busuk: 2Raj 19:30; 2Raj 19:30; Ayub 18:16; Ayub 1...

· lidah api: Yes 1:31; [Lihat FULL. Yes 1:31]

· memakan jerami: Yes 47:14; Nah 1:10

· menjadi busuk: 2Raj 19:30; [Lihat FULL. 2Raj 19:30]; Ayub 18:16; [Lihat FULL. Ayub 18:16]

· seperti abu: Ayub 24:24; [Lihat FULL. Ayub 24:24]; Yes 40:8

· menista firman: Mazm 107:11; Yes 8:6; 30:9,12

· Yang Mahakudus: Ayub 6:10; Yes 1:4; 10:20; 12:6

Ref. Silang FULL: Yes 5:25 - bangkitlah murka // akan gemetar // dan mayat-mayat // seperti kotoran // tengah jalan // belum surut // masih teracung · bangkitlah murka: 2Raj 22:13; 2Raj 22:13; Ayub 40:6; Ayub 40:6; Yes 10:17; 26:11; 31:9; 66:15; Yer 6:12; Yer 6:12 · akan gemetar: Kel ...

· bangkitlah murka: 2Raj 22:13; [Lihat FULL. 2Raj 22:13]; Ayub 40:6; [Lihat FULL. Ayub 40:6]; Yes 10:17; 26:11; 31:9; 66:15; Yer 6:12; [Lihat FULL. Yer 6:12]

· akan gemetar: Kel 19:18; [Lihat FULL. Kel 19:18]

· dan mayat-mayat: Mazm 110:6; [Lihat FULL. Mazm 110:6]

· seperti kotoran: 2Raj 9:37; [Lihat FULL. 2Raj 9:37]

· tengah jalan: 2Sam 22:43; [Lihat FULL. 2Sam 22:43]

· belum surut: Yer 4:8; Dan 9:16

· masih teracung: Yes 9:11,16,20; 10:4

Ref. Silang FULL: Yes 5:26 - melambaikan panji-panji // akan bersuit // ujung bumi · melambaikan panji-panji: Mazm 20:6; Mazm 20:6 · akan bersuit: Yes 7:18; Za 10:8 · ujung bumi: Ul 28:49; Yes 13:5; 18:3

· melambaikan panji-panji: Mazm 20:6; [Lihat FULL. Mazm 20:6]

· akan bersuit: Yes 7:18; Za 10:8

· ujung bumi: Ul 28:49; Yes 13:5; 18:3

Ref. Silang FULL: Yes 5:27 - yang lelah // terlepas ikat // pinggangnya // tidak terputus · yang lelah: Yes 14:31; 40:29-31 · terlepas ikat: Yes 22:21; Yeh 23:15 · pinggangnya: Ayub 12:18; Ayub 12:18 · tidak terp...

· yang lelah: Yes 14:31; 40:29-31

· terlepas ikat: Yes 22:21; Yeh 23:15

· pinggangnya: Ayub 12:18; [Lihat FULL. Ayub 12:18]

· tidak terputus: Yoel 2:7-8

Ref. Silang FULL: Yes 5:28 - panahnya ditajamkan // segala busurnya // kuku // puting beliung · panahnya ditajamkan: Ayub 39:26; Ayub 39:26; Mazm 45:6 · segala busurnya: Mazm 7:13; Mazm 7:13 · kuku: Yeh 26:11 · putin...

· panahnya ditajamkan: Ayub 39:26; [Lihat FULL. Ayub 39:26]; Mazm 45:6

· segala busurnya: Mazm 7:13; [Lihat FULL. Mazm 7:13]

· kuku: Yeh 26:11

· puting beliung: 2Raj 2:1; [Lihat FULL. 2Raj 2:1]; Ayub 1:19; [Lihat FULL. Ayub 1:19]

Ref. Silang FULL: Yes 5:29 - seperti singa // dan menangkap // yang melepaskan · seperti singa: 2Raj 17:25; 2Raj 17:25; Yer 51:38; Zef 3:3; Za 11:3 · dan menangkap: Yes 10:6; 49:24-25 · yang melepaskan: Yes 4...

· seperti singa: 2Raj 17:25; [Lihat FULL. 2Raj 17:25]; Yer 51:38; Zef 3:3; Za 11:3

· dan menangkap: Yes 10:6; 49:24-25

· yang melepaskan: Yes 42:22; Mi 5:7

Ref. Silang FULL: Yes 5:30 - Pada hari // suara laut // ada gelap // yang menyesakkan // menjadi gelap · Pada hari: Yes 2:11; Yes 2:11 · suara laut: Mazm 93:3; Mazm 93:3; Yer 50:42; Luk 21:25 · ada gelap: 1Sam 2:9; 1Sam 2:9; Ayub 21...

· Pada hari: Yes 2:11; [Lihat FULL. Yes 2:11]

· suara laut: Mazm 93:3; [Lihat FULL. Mazm 93:3]; Yer 50:42; Luk 21:25

· ada gelap: 1Sam 2:9; [Lihat FULL. 1Sam 2:9]; Ayub 21:30; [Lihat FULL. Ayub 21:30]; Mazm 18:29; 44:20; Mazm 82:5; [Lihat FULL. Mazm 82:5]

· yang menyesakkan: Hak 6:2; [Lihat FULL. Hak 6:2]; Yes 22:5; 33:2; Yer 4:23-28

· menjadi gelap: Yes 13:10; 50:3; Yoel 2:10

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Yes 5:1-7 - -- A. HASIL YANG BURUK DARI KEBUN ANGGUR TUHAN (5:1-7) Inilah kali pertama, secara kronologis, muncul kebun anggur sebagai kiasan tentang Israel. Dalam ...

A. HASIL YANG BURUK DARI KEBUN ANGGUR TUHAN (5:1-7)

Inilah kali pertama, secara kronologis, muncul kebun anggur sebagai kiasan tentang Israel. Dalam Perjanjian Lama, kiasan tersebut muncul lagi dalam. Yeremia 12:10 dan Mazmur 80. Dalam Perjanjian Baru, kiasan ini muncul dalam Perumpamaan tentang Penggarap-penggarap Kebun Anggur yang Jahat (Injil-injil Sinoptik), dan dengan penyesuaian khusus muncul dalam Khotbah Yesus tentang Pokok Anggur yang Benar (Yoh. 15). Kekasihku barangkali bukan merujuk kepada Allah (sebab kata ini, dôd, tidak pernah dipakai di tempat lain), melainkan kepada teman Yesaya yang mengalami kekecewaan karena kebun anggurnya. Tetapi, cara nabi ini mengidentifikasikan diri dengan "kekasih" dalam Yesaya 5:4 menunjukkan kesatuan mistis di antara mereka, yaitu kesatuan yang paling cocok untuk menggambarkan hubungan nabi dengan Allah yang menggunakan sang nabi sebagai juru bicara. Sungguh, dosa Israel tak termaafkan karena menghasilkan buah yang masam, padahal Allah telah memberikan semua kemudahan berupa tanah yang baik dan subur. Mereka harus menghadapi hukuman yang tidak bisa ditolak, pagar perlindungan mereka diangkat, dan para penyerang masuk merusakkan mereka.

Wycliffe: Yes 5:8-9 - -- 8, 9. Bersalah karena ketamakan untuk kepentingan diri sendiri. Dengan menyita harta yang digadaikan atau memaksa orang menjual tanahnya, para tuan ta...

8, 9. Bersalah karena ketamakan untuk kepentingan diri sendiri. Dengan menyita harta yang digadaikan atau memaksa orang menjual tanahnya, para tuan tanah yang kaya mendapatkan semua tanah yang berdampingan untuk dijadikan tanah milik yang luas. Tetapi, ini semua pasti akan dirampas dari tangan mereka: rumah-rumah besar mereka akan ditinggalkan hancur terbakar, area tanah mereka yang subur akan berubah tandus ketika penyerang asing melaksanakan pekerjaan mereka yang menyeramkan.

Wycliffe: Yes 5:11-17 - -- 11-17. Bersalah karena mengejar kesenangan yang tidak keruan serta perbuatan foya-foya yang jahat. Mereka bangun pagi-pagi, bukan untuk mengawali hari...

11-17. Bersalah karena mengejar kesenangan yang tidak keruan serta perbuatan foya-foya yang jahat. Mereka bangun pagi-pagi, bukan untuk mengawali hari itu dengan berdoa kepada Allah, melainkan mengawalinya dengan botol-botol anggur dalam kemabukan. Dan mereka mengakhiri harinya dengan pesta minuman keras dan musik gambus. Karena mereka mengabaikan Allah dan maksud-Nya yang kudus bagi kehidupan mereka, maka hukuman sementara mereka adalah perbudakan, pembuangan dan kelaparan (ay. 13); dan hukuman kekal mereka adalah kehancuran dalam dunia orang mati bersama semua harta benda mereka yang mewah. Kebun-kebun mereka yang bagus akan kembali menjadi padang (ay. 17). Keadilan Allah akan sepenuhnya terbukti kebenarannya melalui nasib mereka (ay. 16).

Wycliffe: Yes 5:18-19 - -- 18, 19. Bersalah karena materialisme yang bersifat mengejek. Seperti para penyembah berhala menarik tali gerobak pengangkut berhala dalam arak-arakan ...

18, 19. Bersalah karena materialisme yang bersifat mengejek. Seperti para penyembah berhala menarik tali gerobak pengangkut berhala dalam arak-arakan penuh kegembiraan, orang-orang murtad ini menyeret berhala ketidakadilan mereka, sambil menantang Yang Mahakudus Allah Israel, seakan-akan Dia tidak berdaya untuk campur tangan dalam sejarah manusia dan melaksanakan kedaulatan-Nya.

Wycliffe: Yes 5:20 - 20. Bersalah karena memutarbalikkan standar-standar moralitas. Mereka menyebut kemerosotan karakter sebagai kekuatan yang perkasa, dan kenajisan yang ...

20. Bersalah karena memutarbalikkan standar-standar moralitas. Mereka menyebut kemerosotan karakter sebagai kekuatan yang perkasa, dan kenajisan yang membangkitkan nafsu sebagai kebajikan dan kekuatan sejati.

Wycliffe: Yes 5:21 - -- 21. Bersalah karena kesombongan intelektual dan menganggap diri serba mampu. Mereka mengira diri mereka lebih bijaksana daripada Allah atau lebih berp...

21. Bersalah karena kesombongan intelektual dan menganggap diri serba mampu. Mereka mengira diri mereka lebih bijaksana daripada Allah atau lebih berpengalaman daripada angkatan-angkatan yang lalu.

Wycliffe: Yes 5:22 - -- 22. Bersalah karena gemar alkohol. Hal berfoya-foya dan pemborosan menjadi ukuran kekuatan mereka.

22. Bersalah karena gemar alkohol. Hal berfoya-foya dan pemborosan menjadi ukuran kekuatan mereka.

Wycliffe: Yes 5:23 - -- 23. Bersalah karena akhlak yang bobrok. Mereka menjual kejujuran mereka demi mendapatkan perak untuk dapat membebaskan terdakwa dari tuntutan publik, ...

23. Bersalah karena akhlak yang bobrok. Mereka menjual kejujuran mereka demi mendapatkan perak untuk dapat membebaskan terdakwa dari tuntutan publik, dan menghilangkan hak-hak hukum orang-orang miskin tidak bersalah dalam perkara-perkara peradilan.

Wycliffe: Yes 5:24-30 - -- C. HUKUMAN ALLAH: KALAH DAN DIHANCURKAN OLEH MUSUH ASING (5:24-30). Seperti tanaman yang layu dan akar yang membusuk, mereka tiba-tiba diterbangkan a...

C. HUKUMAN ALLAH: KALAH DAN DIHANCURKAN OLEH MUSUH ASING (5:24-30).

Seperti tanaman yang layu dan akar yang membusuk, mereka tiba-tiba diterbangkan angin, atau seperti jerami kering yang tiba-tiba menderu menyala oleh percikan api kecil, sedemikian cepatnya Israel akan jatuh. Kerohanian Israel kering dan busuk karena mereka menolak dengan memandang rendah pengajaran Allah (ay. 24). Karena itu, Tuhan murka, diacungkan-Nya tangan-Nya (ay. 25); yakni kuasa-Nya yang mengerjakan mukjizat akan melawan mereka, bukan melawan musuh-musuh Mereka. Mayat-mayat mereka bergelimpangan seperti kotoran di tengah jalan. Yang menjadi alat pembalasan ini adalah para penyerang dari negeri jauh (yaitu, Asyur atau Babel) - bukan dari Siria atau negeri-negeri sekitar - dan serangan mereka pasti terjadi secara tiba-tiba serta luar biasa. Para prajurit musuh pasti bengis serta tidak kenal kasihan, dan Bala tentara mereka pasti menggulung Palestina seperti gelombang pasang. (hal-hal ini digenapi melalui Nebukadnezar sesudah dia memenangkan perang di Karkemis tahun 605 SM).

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Yes 5:1-7 - Israel Diumpamakan sebagai Kebun Anggur Dalam pasal ini sang nabi, dalam nama Allah, menunjukkan kepada umat Allah pelanggaran-pelanggaran mereka, yaitu kepada kaum keturunan Yakub, aka...

Matthew Henry: Yes 5:8-17 - Pikiran Duniawi Ditegur; Hukuman terhadap Orang yang Menuruti Hawa Nafsu Pikiran Duniawi Ditegur; Hukuman terhadap Orang yang Menuruti Hawa Nafsu (5:8-17) Dunia dan daging adalah dua musuh besar yang mengancam akan mengu...

Matthew Henry: Yes 5:18-30 - Celaan-celaan terhadap Dosa Celaan-celaan terhadap Dosa (5:18-30) Di sini ada, I. Dosa-dosa yang digambarkan, yang akan mendatangkan hukuman-hukuman atas sebuah ...

SH: Yes 4:2--5:7 - Cinta yang tak berbalas. (Jumat, 10 Oktober 2003) Cinta yang tak berbalas. Allah mengasihi manusia. Kasih-Nya nyata melalui penciptaan, pemeliharaan dan penebusan manusia. Fakta kasih terseb...

SH: Yes 5:1-7 - Harapan Allah dikecewakan. (Senin, 21 September 1998) Harapan Allah dikecewakan. Syair cinta yang Yesaya nyanyikan sebenarnya adalah syair cinta Allah sendiri yang dikecewakan terhadap umat-Nya. Cinta All...

SH: Yes 5:8-30 - Dosa dan hukumannya (Rabu, 19 November 2008) Dosa dan hukumannya Bagaimanakah keadilan Allah dinyatakan? Dengan membalaskan tiap dosa setimpal dengan perbuatan. Inilah berita nubuat perikop ...

SH: Yes 5:8-30 - Kapitalisme. (Sabtu, 11 Oktober 2003) Kapitalisme. Situasi pada zaman Yesaya di abad ke-8 SM tidak terlalu jauh berbeda dengan keadaan dunia yang begitu kapitalis sekarang ini. ...

SH: Yes 5:8-24 - Celakalah kamu"! (Selasa, 22 September 1998) Celakalah kamu"! Ucapan "celaka" adalah teriakan pedih atau derita yang bila datang dari Tuhan berarti hukuman yang membawa malapetaka. Tujuh celaka d...

SH: Yes 5:25-30 - Allah berdaulat. (Rabu, 23 September 1998) Allah berdaulat. Penyataan firman bahwa Allah adalah Tuhan yang berdaulat mengendalikan segala kekuatan, bukanlah omong kosong. Seluruh unsur dan keku...

Utley: Yes 5:1-2 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yes 5:1-21 Aku hendak menyanyikan nyanyian tentang kekasihku, nyanyian kekasihku tentang kebun anggurnya: Kekasihku itu mempuny...

Utley: Yes 5:3-6 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yes 5:3-63 Maka sekarang, hai penduduk Yerusalem, dan orang Yehuda, adililah antara Aku dan kebun anggur-Ku itu. 4 Apatah lagi ...

Utley: Yes 5:7 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yes 5:77 Sebab kebun anggur TUHAN semesta alam ialah kaum Israel, dan orang Yehuda ialah tanam-tanaman kegemaran-Nya; dinanti-N...

Utley: Yes 5:8-12 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yes 5:8-128 Celakalah mereka yang menyerobot rumah demi rumah dan mencekau ladang demi ladang, sehingga tidak ada lagi tempat b...

Utley: Yes 5:13-17 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yes 5:13-1713 Sebab itu umat-Ku harus pergi ke dalam pembuangan, oleh sebab mereka tidak mengerti apa-apa; orang-orang yang mul...

Utley: Yes 5:18-23 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yes 5:18-2318 Celakalah mereka yang memancing kesalahan dengan tali kedustaan dan dosa seperti dengan tali gerobak, 19 yang ber...

Utley: Yes 5:24-25 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yes 5:24-2524 Sebab itu seperti lidah api memakan jerami, dan seperti rumput kering habis lenyap dalam nyala api, demikian akar...

Utley: Yes 5:26-30 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yes 5:26-3026 Ia akan melambaikan panji-panji kepada bangsa yang dari jauh, dan akan bersuit memanggil mereka dari ujung bumi; ...

Topik Teologia: Yes 5:8 - -- Dosa Dosa-dosa Terhadap Sesama Ambisi 2Ra 14:8-10 Maz 49:12-14 Yes 5:8 Hab 2:5-6 Mat 4:8-10 Mat 23:11-12 Mar 9:33-37 Mar 10:35-45 Luk 9:...

Topik Teologia: Yes 5:12 - -- Keselamatan Pertobatan Hasil Pertobatan Hasil dari Kegagalan Bertobat Orang yang Tidak Menyesali Dosa Tidak Menghormati ...

Topik Teologia: Yes 5:16 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Tunggal Allah Allah (Ibr.: El) Kej 16:13 Kel 34:14 Bil 23:19 Ul...

Topik Teologia: Yes 5:19 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Deskriptif Allah Yang Kudus dari Israel 2Ra 19:2...

Topik Teologia: Yes 5:20 - -- Dosa Dosa Menyebabkan Bencana Sementara Ima 26:23-25 Ula 28:15 1Sa 12:25 Ayu 5:12-13 Ayu 15:20,27-29 Ayu 27:13,16-17 Maz 9:16-17 Ma...

Topik Teologia: Yes 5:21 - -- Dosa Dosa Menyebabkan Bencana Sementara Ima 26:23-25 Ula 28:15 1Sa 12:25 Ayu 5:12-13 Ayu 15:20,27-29 Ayu 27:13,16-17 Maz 9:16-17 Ma...

Topik Teologia: Yes 5:22 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Mengalami Kedongkalan Moral Mereka Dapat Menjadi Dongko...

Topik Teologia: Yes 5:23 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Mengalami Kedongkalan Moral Mereka Dapat Menjadi Dongko...

Topik Teologia: Yes 5:24 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan Berlaku di Dalam Israel Penyediaan Hukuman Allah atas Israel ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Yesaya (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yesaya Tema : Hukuman dan Keselamatan Tanggal Penulisan: + 700-680 SM Latar Belakang Latar belakang sejarah bagi pel...

Full Life: Yesaya (Garis Besar) Garis Besar I. Berbagai Nubuat Mengenai Hukuman dan Teguran (Yes 1:1-35:10) A. Latar Belakang Nubuat Yesaya ...

Matthew Henry: Yesaya (Pendahuluan Kitab) Nabi adalah sebuah gelar yang kedengarannya sangat hebat bagi orang-orang yang memahaminya, walaupun di mata dunia, banyak orang yang dimuliakan...

Jerusalem: Yesaya (Pendahuluan Kitab) PARA NABI PENGANTAR Dalam Alkitab Ibrani kitab-kitab Yesaya, Yeremia, Yehezkiel dan kedua belas nabi lainnya merupakan suatu kelompok yang disebut &qu...

Ende: Yesaya (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR KITAB PARA NABI PENDAHULUAN Kitab para nabi, jang terdjemahan Indonesianja kami sadjikan bersama ini, memuat sedjumlah tulisan kenabian, jak...

Ende: Yesaya (Pendahuluan Kitab) JESAJA Pendahuluan Dalam terdjemahan ini kitab Jesaja djelas dibagi atas tiga bagian besar, jakni pasal 13-9, 40-55, 56-66. Bahkan bagian2 itu dipisah...

Wycliffe: Yesaya (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN YESAYA Tanggal dan Kepenulisan. Yesaya bin Amos rupanya adalah orang sangat terhormat di Yerusalem yang mempunyai kebebasan untuk masuk k...

Wycliffe: Yesaya (Garis Besar) GARIS BESAR YESAYA (Bagian-bagian pokok garis besar ini mengikuti analisis sangat bagus dari B. F. Copass dalam The Prince of the Prophets.) JIL...

BIS: Yesaya (Pendahuluan Kitab) YESAYA PENGANTAR Buku ini disebut menurut nama seorang nabi besar yang hidup di Yerusalem dalam bagian kedua abad kedelapan sebelum Masehi. Seluruhn

YESAYA

PENGANTAR

Buku ini disebut menurut nama seorang nabi besar yang hidup di Yerusalem dalam bagian kedua abad kedelapan sebelum Masehi. Seluruhnya dapat dibagi dalam tiga bagian:

  1. 1. Pasal 1-39 (Yes 1:1-39:8) berasal dari zaman ketika Yehuda, kerajaan selatan, diancam oleh Asyur, negara tetangga yang sangat kuat. Yesaya menyadari bahwa yang sesungguhnya mengancam kehidupan Yehuda bukanlah kekuatan Asyur, tetapi dosa bangsa Yehuda sendiri, karena bangsa itu tidak taat dan kurang percaya kepada Allah. Baik dengan kata-kata, maupun dengan perbuatan, Nabi Yesaya mendorong rakyat serta para pemimpin mereka untuk hidup menurut kehendak Allah dan berlaku adil. Ia mengingatkan bahwa umat Allah akan celaka dan binasa kalau tidak mau mendengarkan TUHAN. Yesaya juga meramalkan perdamaian dunia dan kedatangan seorang keturunan Daud yang akan menjadi raja yang diidam- idamkan.
  2. 2. Pasal 40-55 (Yes 40:1-55:13) berasal dari masa pembuangan orang-orang Yehuda di Babel. Mereka dalam keadaan hancur tanpa harapan. Yesaya memberitakan bahwa tak lama lagi Allah membebaskan umat-Nya dan membawa mereka pulang ke Yerusalem, untuk memulai suatu hidup baru. Tema penting bagian ini ialah bahwa Allah itu TUHAN yang menguasai sejarah, dan bahwa Ia merencanakan untuk mengutus umat-Nya ke segala bangsa yang akan diberkati melalui Israel. Ayat-ayat tentang "Hamba TUHAN" merupakan salah satu bagian yang paling terkenal dari Perjanjian Lama.
  3. 3. Pasal 56-66 (Yes 56:1-66:24) sebagian besar ditujukan kepada bangsa yang sudah kembali di Yerusalem. Mereka perlu diyakinkan lagi bahwa Allah akan memenuhi janji-janji-Nya kepada bangsa itu. Perhatian khusus diberikan kepada cara hidup yang benar dan keadilan; juga kepada cara merayakan hari Sabat, mempersembahkan kurban dan doa. Ayat-ayat penting ialah Yes 61:1-2 yang dipakai Yesus untuk menyatakan panggilan-Nya ketika Ia memulai tugas- Nya di dunia.

Isi

  1.  Peringatan dan janji
    Yes 1:1-12:6
  2.  Hukuman untuk bangsa-bangsa
    Yes 13:1-23:18
  3.  Pengadilan Allah terhadap dunia
    Yes 24:1-27:13
  4.  Peringatan lebih lanjut dan janji
    Yes 28:1-35:10
  5.  Raja Hizkia dari Yehuda dan orang-orang Asyur
    Yes 36:1-39:8
  6.  Pesan penuh janji dan harapan
    Yes 40:1-55:13
  7.  Peringatan dan janji
    Yes 56:1-66:24

Ajaran: Yesaya (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal Kitab Yesaya, anggota jemaat mengerti dan percaya bahwa anugerah Allah hanya dapat diperoleh di dalam Tuhan Yesus Kris

Tujuan

Supaya dengan mengenal Kitab Yesaya, anggota jemaat mengerti dan percaya bahwa anugerah Allah hanya dapat diperoleh di dalam Tuhan Yesus Kristus, yang menjelma menjadi "hamba" yang menderita dan mati sebagai korban dosa manusia.

Pendahuluan

Penulis : Nabi Yesaya.

Isi Kitab: Kitab Yesaya terbagi atas 66 pasal. Isi Kitab ini dibagi ke dalam dua bagian utama. Bagian pertama adalah nubuatan tentang hukuman yang akan jatuh atas bangsa Israel dan bangsa-bangsa lain. Bagian kedua adalah penghiburan tentang anugerah Allah yang ada di dalam Yesus Kristus, di mana kelahiran, penderitaan dan kemenangan Yesus dinubuatkan dengan jelas.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Yesaya

  1. Pasal 1-35 (Yes 1:1-35:10).

    Israel, Umat Allah yang tidak setia

    Pasal-pasal ini menjelaskan tentang beberapa hal penting berikut ini.

    1. Dosa bangsa ini (Yes 1:1-31; 3:1-26; 5:1-30).
    2. Keadaan masa depanny (Yes 2:1-22; 4:1-6; 9:1-21; 11:1-16; 12:1-6; 25:1-35:10).
    3. Panggilan nabi Yesaya (Yes 6:1-13).
    4. Raja-raja bangsa ini yang tidak percaya (Yes 7:1-25).
    5. Hukuman Allah atas bangsa-bangsa yang memusuhi-Nya.
      1. (1) Babel (pasal Yes 13:1-22; 14:1-32; 21:1-17).
      2. (2) Asyur (Yes 14:24-27).
      3. (3) Filistin (Yes 14:28-32).
      4. (4) Moab (pasal 15-16; Yes 15:1-16:14).
      5. (5) Damsyik (pasal 17; Yes 17:1-14).
      6. (6) Etiopia (pasal 18; Yes 18:1-7).
      7. (7) Mesir (pasal 19-20; Yes 19:1-20:6).
      8. (8) Arabia (Yes 21:13-17).
      9. (9) Tirus (pasal 23; Yes 23:1-18). (10) Edom (Yes 34:5-15). (11) Bangsa-bangsa di dunia (pasal 24-25; Yes 24:1-25:12).

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Yes 1:1-9. Sebagai gambaran dosa bangsa ini.
    2. Bacalah pasal Yes 1:10-20.
    3. Bacalah pasal Yes 2:1-5. Sebagai gambaran masa depan umat Allah.
  2. Pasal 36-39 (Yes 36:1-39:8).

    Hizkia, hamba Allah yang penakut

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Yes 37:1-7. Ia sangat takut kepada raja Asyur.
    2. Bacalah pasal Yes 38:1-3. Ia sangat takut kepada kematian.
    3. Bacalah pasal Yes 39:1-8. Hizkia sangat takut kepada Babel, sehingga i memperlihatkan semua apa yang ada dalam kerajaannya.
  3. Pasal 40-66 (Yes 40:1-66:24).

    Nubuatan tentang Yesus Kristus, hamba Allah yang setia

    Dalam pasal-pasal ini, ada 3 bagian besar, yaitu:

    1. Pemberitaan tentang kemuliaan Allah dalam memberika penyelamatan dan penghiburan kepada bangsa Israe (pasal 40-48; Yes 40:1-48:22).
    2. Pemberitaan tentang kedatangan seorang penyelamat bangs Israel dan penyelamat bangsa lain. Dan juga pemberitaa tentang penderitaan yang akan dialami oleh penyelama (pasal 49-53; Yes 49:1-53:12).
    3. Pemberitaan keselamatan dan keadaan masa depan dala pemerintahan raja (Penyelamat) yang keka (pasal 54-66; Yes 54:1-66:24).

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Yes 40:1-11. Apakah yang terjadi dengan bangsa Israel?
    2. Perhatikanlah pasal 52 (Yes 52:1-15). Apakah yang terjadi dengan Penyelamat?
    3. Bacalah pasal Yes 66:22-24. Apakah yang terjadi pada masa depan?

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Kitab Yesaya mengajarkan tentang kekudusan Allah, karena Allah juga menuntut hidup yang kudus dari umat-Nya.

  2. Kitab Yesaya mengajarkan bahwa kelahiran dan penderitaan dari Tuhan Yesus sudah menjadi rencana Allah.

  3. Kitab Yesaya menegaskan bahwa Yesus Kristus adalah perwujudan daripada Allah yang perkasa, Penasehat yang Ajaib, Bapa yang kekal, dan Raja Damai.

  4. Kitab Yesaya mengajarkan bahwa dunia akan mengalami masa penghukuman atau kehancuran.

  5. Kitab Yesaya menegaskan bahwa Kristus Yesus merupakan korban dari dosa- dosa manusia.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Yesaya?
  2. Apakah isi Kitab Yesaya?
  3. Pelajaran rohani apakah yang saudara terima dar mempelajari Kitab Yesaya?

Intisari: Yesaya (Pendahuluan Kitab) Keselamatan dan penghakiman PESANNYA"Yesaya" berarti "Tuhan adalah keselamatan" dan dia adalah nabi keselamatan. Namun, keselamatan dan penghakiman s

Keselamatan dan penghakiman

PESANNYA
"Yesaya" berarti "Tuhan adalah keselamatan" dan dia adalah nabi keselamatan. Namun, keselamatan dan penghakiman selalu bersama-sama dalam Alkitab; jika Anda tidak mau diselamatkan, maka Anda akan dihakimi. Oleh karena itu, Yesaya menggabungkan kedua tema ini: penghakiman (Yes 1:1-35:10) dan keselamatan (Yes 40:1-66:24). Kedua tema utama ini dipadukan dengan adanya bagian bersejarah tentang Raja Hizkia (Yes 36:1-39:8).

WAKTU
Yesaya menerima visinya pada masa pemerintahan empat orang raja yaitu Uzia, Yotam, Ahas dan Hizkia (Yes 1:1). Raja Uzia wafat pada tahun 740 sebelum Masehi (lihat Yes 6:1), dan Hizkia pada tahun 687 sebelum Masehi, dengan demikian visi-visi Yesaya mencakup kurun waktu setengah abad.

NUBUATAN
Yesaya adalah seorang nabi, bukan semata-mata seorang pengkhotbah dan Kitab Yesaya merupakan buku nubuatan, bukan hanya buku sejarah. Yesaya tidak hanya mampu menganalisis keadaan, tetapi juga mempunyai banyak visi. Nubuatan mengatakan bahwa ada Allah yang mengetahui hari depan dan yang mengungkapkan sebagian rencana-Nya kepada para nabi.

LATAR BELAKANG
Waktu Yesaya mulai bekerja, Israel sedang berada di ambang kehancuran. Dalam tahun 722 sebelum Masehi kerajaan utara dengan kesepuluh sukunya dikalahkan oleh bangsa Asyur (2Ra 17). Tetapi kerajaan selatan, Yehuda, sedang menuju nasib yang sama. Secara sosial, politis mereka sudah rusak, demikian juga iman percaya mereka. Kerajaan utama telah dihukum dan musnah. Tetapi, Yehuda berbeda. Negeri itu harus dihakimi, tetapi oleh karena adanya perjanjian abadi dengan Allah, maka Yehuda juga akan diselamatkan. Pada suatu saat, dari Yehuda akan datang seorang Hamba Tuhan, Sang Juruselamat yang akan menyelamatkan bukan hanya Yehuda, tetapi seluruh dunia.

CARA PENULISAN DAN KESATUAN
Menurut pasal Yes 1:1, penulisnya ialah Yesaya. Namun demikian, seringkali orang beranggapan bahwa ketiga bagian kitab Yesaya (Yes 1:1-35:10; Yes 36:1-39:8; Yes 40:1-46:13) ditulis oleh penulis yang berbeda-beda. Alasan ini didasarkan pada bentuk penulisan yang jelas berbeda antara pasal Yes 1:1-35:10 dengan bagian lain, juga munculnya nama-nama Bel dan Nebo, dewa-dewa Babel dan bahkan nama Koresy, penakluk dari kerajaan Babel dan nubuatan Yesaya mengenai kembalinya bangsa Yehuda dari pembuangan jauh sebelum pembuangan itu sendiri terjadi. Tetapi kitab itu sendiri menekankan mengenai kemampuan Allah untuk mengungkapkan hari depan (misalnya Yes 41:21-27; 42:8,9; 44:6-8; 48:3). Tidak ada bukti tertulis bahwa terdapat dua atau lebih kitab Yesaya dan tidak ada bukti tentang penulis-penulis lainnya. Perjanjian Baru mengutip dari berbagai bagian dari kitab ini dan mengacunya ke Yesaya.

Pesan

1. Kesucian
o Allah adalah "Allah Israel yang mahakudus". Yes 1:4; 5:19: 5:24; 10:20; 12:6; 17:7; 29:19
o Yesaya dipanggil oleh Allah yang kudus. Yes 6:3
o Allah memanggil Yesaya dari "Tempat yang mahakudus" dalam Rumah-Nya Yes 6:1-4
o Walaupun Yehuda akan dibinasakan, sisanya yang kudus akan diselamatkaan Yes 6:13
o Gunung Sion, tempat Yerusalem akan didirikan, harus menjadi gunung yang kudus. Yes 11:9; 27:13
o Menjadi suci berarti menjadi lain, "memisahkan diri"; ini adalah terjemahan kata "kudus" dari bahasa Ibrani dalam ayat ini. Yes 23:18
o "Jalan" yang ditempuh oleh umat Allah adalah jalan kekudusan. Dahulu salah satu panggilan untuk Kekristenan adalah "Jalan" (Kis 9:2; 19:9,23; 22:4; 24:22). Yes 35:8

2. Kebenaran
o Keadilan dan kebenaran berjalan bersama-sama. Orang yang "benar secara rohani" akan menjadi orang yang "adil dalam masyarakat" Yes 1:21
o Iman dan kebenaran juga berjalan berdampingan; iman kepada Allah membawa kita untuk bersikap benar terhadap Allah, yang akhirnya akan membuat kita menjadi adil, bijaksana terhadap orang lain. Yes 1:26
o Alkitab mengajarkan bahwa pada akhirnya kebenaran itu akan membawa kebaikan. Yes 3:10; 26:2
o Kebenaran merupakan ciri penghakiman Allah: Allah tidak terpengaruh oleh kekayaan atau kedudukan manusia. Yes 11:3,4
o Kebenaran tidak dapat "dipelajari" oleh orang yang melakukan kesalahan. Lingkungan yang baik dari seseorang tidak akan menjadikan orang itu baik. Yes 26:10
o Pemerintahan Mesias akan merupakan pemerintahan yang adil. Yes 32:1

3. Penghakiman
Menurut Yesaya ada dua macam penghakiman:
o Penghakiman manusia. Kita harus berlaku adil, terbuka, jujur dalam segala hal yang menyangkut penghakiman. Yes 1:17,21,26; 5:20-23; 10:1-4; 33:12-16
o Penghakiman Allah. Kita tidak dapat menghindari hal ini. Dengan cara inilah Allah membereskan hal-hal yang dipandang tidak adil dalam kehidupan. Yes 1:24-28; 2:6-21; 3:13-15; 5:18-30; 11:1-5; 28:16-29; 33:2-6

4. Hari kedatangan Tuhan
Hari kedatangan Tuhan erat hubungannya dengan penghakiman. Tetapi, Hari itu juga merupakan hari pada waktu segalanya dibereskan: damai memerintah. Kedua aspek dari Hari Kedatangan Tuhan inilah yang selalu menjadi tema Yesaya. Yes 2:6-22; 13:9-22; 22:5-14; 24:1-23; 2:1-5; 4:2-6; 11:1-16; 12:1-6; 14:1-8; 25:1-9

Penerapan

Penghakiman dan kasih Allah Bagian pertama nubuat Yesaya menyangkut penghakiman dan hal ini merupakan tema yang sering berulang dalam Alkitab. Dalam Kejadian 4 ada kisah mengenai penghakiman atas Kain, banjir dalam Kejadian 7, Sodom dan Gomora dalam Kejadian 19. Ada penghakiman atas Mesir dalam Keluaran 12 dan penghakiman atas bangsa Israel dalam Keluaran 32. Dalam Perjanjian Baru kita membaca kisah Ananias dan Safira dan mengenai raja Herodes dalam Kis 12. Elimas si tukang sihir mendapat ganjaran dalam Kis 13. Dan tentu saja ada gambaran mengenai penghakiman dalam Wahyu 20. Yesus bercerita mengenai kisah seorang kaya yang disiksa dalam neraka (Lukas 16). Namun demikian, banyak orang, bahkan orang Kristen, yang sukar menerima ide mengenai penghakiman ini. Yesaya mengemukakan dengan jelas mengenai dua aspek penghakiman yaitu: sekarang dan yang akan datang, sementara dan kekal. Pasal Yes 2 memfokuskan mengenai penghakiman akhir dan peringatan mengenai Hari itu, yaitu Hari Kedatangan Tuhan. Sebagian besar dari kita mempunyai suatu pengertian mengenai keadilan. Kita sering mengeluh, "Itu tidak adil". Penghakimanlah yang membuatnya adil. Nyatanya banyak terdapat hal yang tidak adil dewasa ini. Jika hidup ini memang berarti, maka hal itu baru dapat dirasakan setelah hidup itu berakhir. Kristus mati untuk membebaskan kita dari penghakiman semacam itu. Jika ada orang yang dihakimi maka hal ini disebabkan karena mereka menolak jalan keluar yang diberikan Allah. Tetapi umat Kristen harus tahu bahwa ada penghakiman selama hidup di dunia sekarang ini. Yesaya 3 memperingatkan Yehuda mengenai penghakiman yang akan terjadi masa itu, mengenai pengasingan dan pembuangan. Orang Kristen harus sadar akan kenyataan penghakiman selama di dunia ini (Ibrani 12:1- 29).

Tema-tema Kunci

1. Allah (pasal 6)
Pasal Yes 6 mencatat mengenai penglihatan yang diberikan kepada Yesaya untuk menunjukkan dengan jelas kepadanya siapakah Allah dan apa yang dikerjakan-Nya.
o Penglihatan (Yes 6:1-4): Apa ciri-ciri Allah seperti yang digambarkan di sini?
o Jawaban (Yes 6:5-7): Apa arti dari "mezbah pembakaran" dan dari mana asalnya (Keluaran 30:1-10)?
o Panggilan (Yes 6:8): "Siapakah yang akan Kuutus?" Allah mengutus dan mengundang para sukarelawan. Apa syarat pertama untuk menjadi misionaris? (Lihat juga Yohanes 20:21-23)?
o Kenyataan (Yes 6:9-13): Seorang utusan tidak dijamin mendapat sukses besar, tetapi ia dijamin untuk sukses dalam beberapa hal (lihat juga Yesaya 55:11). Referensi untuk ayat Yes 6:9 diambil dari Perjanjian Baru: Matius 13:1-17; Yohanes 12:23-43; Kisah 28:23-28; Roma 11:1-8.

2. Menafsirkan nubuatan (pasal 7)
Nubuatan biasanya diberikan kepada orang-orang tertentu pada suatu saat yang tertentu pula. Dalam menafsirkan suatu nubuatan kita harus mengajukan dua pertanyaan:
- Apa arti kata-kata dalam nubuatan itu bagi mereka?
- Apa arti kata-kata dalam nubuatan itu bagi kita?
Biasanya nubuatan mengacu kepada kejadian-kejadian pada saat nabi itu hidup dan masa yang akan datang. Demikian juga halnya dengan Yesaya 7:14. Baca dengan cermat Yes 7:1-25; 2Ra 15:27-16:9; 2Ta 28:1-21. Penggenapan pertama dari nubuatan itu terjadi ketika seorang wanita muda melahirkan seorang bayi dan pada saat bayi itu masih belum dapat memilih makanannya sendiri, tentara Israel dan Siria yang sedang mengepung Yehuda mengundurkan diri tanpa alasan yang jelas. Penggenapan kedua terjadi pada waktu seorang perawan melahirkan bayi Kristus. Baca Matius 1:18-23.

3. Kebun anggur (pasal 5)
Umat Allah, bangsa Yahudi, membanggakan diri mereka sebagai pokok anggur Allah. Dalam masa Perjanjian Baru sebuah pokok anggur yang besar terbuat dari emas menghiasi tembok luar Rumah Allah. Pelajarilah pasal Yes 5. Apa yang dikerjakan oleh pemilik kebun anggur dalam kebun anggurnya? Oleh karena kisah ini merupakan perumpamaan, apa penafsiran Anda untuk semua yang dilakukannya? Seandainya kita adalah "kebun anggur" Allah, apa yang akan dilakukan-Nya atas kita? Mengapa pemilik kebun anggur itu melakukan segalanya seorang diri? Apa yang diharapkan Allah dari umat-Nya dewasa ini? Baca Matius 21:33-46; 20:1-16. Apa yang ditambahkan oleh pasal-pasal ini terhadap pengertian kita mengenai apa yang dilukiskan Yesaya?

YESAYA (2)

Keselamatan dan Hamba

Bagian Kitab Yesaya ini bertema keselamatan. Utusan Tuhan membawa penghiburan kepada umat-Nya. Penghakiman (Yes 1:1-39:8) tidak dapat dihilangkan dari setiap tulisan yang berhubungan dengan penyelamatan, tetapi pasal-pasal ini, Yes 40:1-66:24, membicarakan mengenai Allah yang siap untuk menyelamatkan, berapa pun harganya.

UNTUK SIAPA BERITA INI DITULIS? Pesan Yesaya terutama ditulis untuk bangsa Yehuda yang berada dalam pengasingan di Babel. Pengasingan ini merupakan konsekuensi dari Yesaya bagian pertama, "Penghakiman". Tetapi, sekarang Yesaya mendapat kata baru yaitu "keselamatan". Bangsa Yehuda di Babel tidak boleh putus asa: Allah akan menghampiri mereka dan mereka akan diselamatkan. Tentu saja pasal-pasal ini juga ditulis untuk kita juga. Babel merupakan suatu kota yang nyata, tetapi seringkali kata itu dipakai sebagai gambaran mengenai kerajaan Setan. Bangsa Yahudi berada dalam belenggu dosa, demikian juga halnya dengan kita; mereka perlu diselamatkan, begitu pula kita. Pesan ini ditulis buat mereka, juga untuk kita.

HAMBA TUHAN Empat pasal Yesaya disebut Nyanyian Hamba Tuhan: Yes 42:1-4; 49:1-6; 50:4-9; 52:13-53:12. Kata "hamba" dan panggilan "Hamba Tuhan" muncul dalam pasal Yes 41:8-53:12, dan pada kenyataannya kata "hamba" sangat sering ditemukan dalam seluruh kitab Yesaya. Hamba Allah digambarkaan dalam tiga cara: 1. Semua keturunan Abraham 2. Hanya keturunan Abraham yang setia 3. Seseorang yang tak bernama yang dalam Perjanjian Baru disebut Yesus

Perhatikan dengan saksama ayat-ayat Yes 49:1-6; 52:13-53:12. Kedua "nyanyian" ini merupakan gambaran seorang hamba yang bukan mewakili Israel, melainkan merupakan seorang oknum.

KERENDAHAN HATI ALLAH Pasal Yes 63:1-65:25 merupakan kesaksian yang luar biasa mengenai kerendahan hati Allah. Dalam pasal Yes 63 Yesaya menengok fakta sejarah untuk melihat apa yang telah dilakukan Allah bagi umat-Nya di masa lampau. Dalam pasal Yes 64 Yesaya memohon kepada Allah untuk menunjukkan bahwa Dia masih mempunyai kuasa yang sama. Bahkan Yesaya seakan-akan mempertanyakan keadilan Allah: "Ya Tuhan, janganlah murka amat sangat; janganlah mengingat-ingat dosa untuk seterusnya" (Yes 64:9). Pasal Yes 65:1-5 merupakan jawaban Allah. Dia memberi petunjuk kepada mereka yang tidak menanyakan-Nya; berkenan ditemukan oleh orang yang tidak mencari Dia; Dia menjawab mereka yang tidak memanggil nama- Nya; Dia menawarkan anugerah kepada orang-orang yang sungguh-sungguh telah berdosa.

Pesan

1. Penghibur ditawarkan kepada umat Allah
o Allah berbicara kepada Yesaya: suatu tugas baru diberikan: "Hiburkanlah umatku" Yes 40:1,2
o Dua suara yang berseru-seru: mereka mempersiapkan jalan, Yes 40:3,6
o Yesaya berkata. Suaranya hanya suara pengkhotbah yang putus asa. Tetapi "firman Allah tetap selama-lamanya". Yes 40:6-8
o Ada suara lain yang berseru-seru dan meminta supaya berita kelepasan itu diberitakan sekarang. Dia melihat Allah datang! Yes 40:9-11

2. Iman berarti iman kepada satu Allah saja
o Umat Allah dan apa yang dilakukan Allah. Tetapi ini tidak cukup untuk memberi kelepasan. Umat Allah harus memilih, Allah yang satu itu ataukah ilah-ilah yang lain. Yes 44:1-23
o Israel bangsa yang terpilih. Harus menjadi bangsa "yang lurus" ("Jeshurun" berarti "Yang lurus") Yes 44:1-5
o Allah Israel: Raja, Penyelamat, Allah yang Mahakuasa, Yang Pertama, Yang Terakhir, Satu-satunya, Batu Karang. Yes 44:6-8
o Pilihan lain: ilah-ilah yang tidak dapat memberi anugerah apa-apa, bahkan kepada pencipta mereka sendiri! Yes 44:9-20
o Saat pengambilan keputusan: "Kembalilah kepadaku". Masa lalu dapat diampuni, disapu bagaikan awan. Yes 44:21-23

3. Iman adalah iman pada kebesaran perbuatan Allah
o Hamba yang menderita. Allah yang diungkapkan kepada kita dalam Alkitab tidak bisa semata-mata mengampuni dosa. Dosa harus dilunasi, oleh si pendosa atau oleh Sang Penebus. Gereja Kristen selalu mengartikan ini sebagai Kristus. Yes 52:13-53:12
o Penderitaan dan kemuliaan. Pasal ini dimulai dengan kemuliaan; pada suatu hari Hamba Tuhan akan sangat ditinggikan (Filipi 2:1-11). Tetapi penderitaan dialami terlebih dahulu. Seperti terjadi pada Hamba Tuhan, maka demikian pula halnya dengan para hamba Tuhan sekarang ini. Yes 52:13-15
o Penderitaan. Masa kecil Hamba Tuhan tidaklah mudah (sebagai tunas dari tanah kering), hidup dan kematian-Nya pun tidak mudah. Tetapi, semua itu terjadi demi kita: kelemahan kita, kesusahan kita, pemberontakan kita, kejahatan kita. Yes 53:1-9
o Penjelasan. Penderitaan Hamba Tuhan ini bukan suatu yang kebetulan, bukan merupakan kegagalan keadilan: "Tuhan berkehendak meremukkan dia" Yes 53:10-11
o Kemuliaan. Kemudian Allah Bapa memanggil kembali Hamba-Nya yang "membagi-bagikan barang rampasan" dan kita kembali kepada akhir dari Nyanyian Hamba Tuhan: "Ia akan ditinggikan, disanjung dan dimuliakan". Yes 52:13, 53:12

Penerapan

Sifat Allah
Yesaya merupakan kitab misionaris. Allah telah memilih suatu bangsa untuk menjadi saksi-Nya. Tetapi kesaksian tentang Allah harus datang dari mereka yang mempunyai hubungan yang benar dengan Allah, hidup sesuai dengan kehendak Allah. "Kebenaran" merupakan kata yang sering dipakai oleh Yesaya untuk menggambarkan apa yang Allah kehendaki dari para saksi-Nya. Allah menuntut kesalehan dari umat-Nya. Allah itu "kudus", istimewa oleh karena itu umat-Nya pun harus istimewa. Masalah kita ialah bahwa kita tidak layak. Kita tidak melakukan apa yang benar. Keadaan ini diikuti oleh dua kemungkinan. Jika kita tidak dapat menghasilkan suatu kebenaran yang dituntut oleh Allah, dan jika Allah tidak melakukan apa-apa untuk membuat kita benar, maka hukuman tidak dapat dihindari. Dan ini merupakan berita buruk, sebab menurut Allah "perbuatan kita yang saleh" adalah seperti "kain kotor" (Yesaya 64:6). Sifat Allah juga terlihat jelas dengan adanya pemberitaan bahwa Allah mau membereskan masalah kita. Hamba Tuhan datang dan Dia menderita oleh karena pemberontakan kita, kejahatan kita (Yes 53:5). Kemudian Yesaya memberi gambaran jelas tentang Allah yang kudus, yang menuntut hal yang tidak mungkin yaitu kesalehan kita, dan kemudian Dia sendiri membuka jalan keselamatan bagi kita. Dan semua ini semata-mata karena anugerah Allah. Ada satu hal lagi yang perlu disebutkan, yaitu bahwa Allah itu tidak ada bandingan-Nya: "Dengan siapa engkau dapat membandingkan Aku? (Yes 40:18-25; 44:7; 46:5,9). Firman yang maha penting dewasa ini adalah Firman Allah sendiri: "Aku, Akulah Tuhan dan tidak ada Juruselamat selain daripada-Ku" (Yes 43:11).

Tema-tema Kunci

1. Hamba Tuhan
Bacalah dengan saksama pasal Yes 40-66 dan catatlah setiap kata yang mengacu pada "hambaku". Kemudian bagilah acuan ini ke dalam tiga kelompok: yang mengacu kepada "Yakub" atau "Israel"; bagian yang mengenai kesetiaan Yakub atau Israel, dan bagian yang mengacu kepada suatu oknum. Arti dari pengajaran Yesaya mengenai hamba digambarkan sebagai suatu segitiga dengan Israel berada di bagian paling bawah, sisa bangsa yang masih setia di tengah dan Mesias di puncak. Bagaimana hal ini dapat diaplikasikan dengan gereja? Pelajarilah "Hamba" yang terdapat dalam Perjanjian Baru seperti dalam Yohanes 13:1-20; Markus 10:32-45 dan Matius 10:24-42.

2. Keunikan Allah
Dari pasal Yes 40:1-49:26 kita menemukan hal-hal yang menunjukkan keunikan Allah. Dia bersifat unik:
o sebagai pencipta alam semesta;
o sebagai pemberi hidup kepada manusia;
o sebagai perencana hari depan;
o Allah dari perjanjian dan panggilan;
o satu-satunya Juruselamat dan Penebus.
Cocokkan pasal-pasal yang sesuai dengan pokok-pokok di atas.

3. Kebodohan pemujaan berhala
Ada tiga pasal yang membicarakan tema ini:
o Yes 40:18-24, berhala yang tidak dapat bergerak. Terbelenggu atau tertindih, tidak mempunyai ciri utama kehidupan, yaitu gerak.
o Yes 44:9-20, berhala yang tidak dapat memberikan berkat. Mereka bahkan tidak dapat memberkati para pandai besi dan tukang kayu yang menciptakan mereka!
o Yes 46:1-7, berhala yang menjadi beban. Pada waktu suatu kerajaan jatuh, maka dewa-dewa mereka diangkut ke pembuangan bersama-sama dengan rakyat mereka. Beban yang harus mereka pikul! Catatlah komentar Allah sendiri: tetapi Aku selalu menggendong kamu.
Bukan hanya ketiga pasal di atas yang membicarakan mengenai penyembahan kepada berhala. Carilah pasal-pasal lain. Apa yang diajarkan oleh Yesaya mengenai berhala? Apa hubungannya dengan agama-agama lain? Lihat Kis 19:21-41 dan Efesus 2:11-16.

4. Kedaulatan Allah Kita mudah melupakan bahwa Allah adalah Tuhan dari raja kafir Koresy sebagaimana juga Dia adalah Allah gereja. Perhatikan berbagai hal yang berhubungan dengan Koresy (Yes 44:28; 45:1; 41:25; 46:11) dan lihatlah penggenapan dari nubuatan dalam 2Ko 3:6 dan Ezra 1. Tetapi mengapa harus repot-repot mencari kehendak Allah dalam hidup saya? Lihat Roma 12:1,2.

Garis Besar Intisari: Yesaya (Pendahuluan Kitab) [1] PENGHAKIMAN Yes 1:1-5:30 Yes 1:1-31Penghukuman; Yehuda bangsa pemberontak Yes 2:1-22Hari Kedatangan Tuhan: penghakiman yang akan datang Yes

[1] PENGHAKIMAN Yes 1:1-5:30

Yes 1:1-31Penghukuman; Yehuda bangsa pemberontak
Yes 2:1-22Hari Kedatangan Tuhan: penghakiman yang akan datang
Yes 3:1-26Yerusalem dan Yehuda: penghakiman pada saat itu
Yes 4:1-6Hari penghakiman: cabangnya
Yes 5:1-30Yehuda: Kebun anggur yang tidak berguna karena tidak berbuah

[2] VISI DAN PENGUTUSAN Yes 6:1-13

[3] IMMANUEL Yes 7:1-12:6

Yes 7:1-25Tanda-tanda Immanuel
Yes 8:1-22Tanda-tanda anak Yesaya sendiri
Yes 9:1-7Tanda Raja Damai
Yes 9:8-10:19Penghakiman: Israel dan Asyur
Yes 10:20-34Sisanya akan selamat
Yes 11:1-16Tunas, cabang dan panji-panji
Yes 12:1-6Nyanyian keselamatan

[4] MUSUH-MUSUH NEGERI Yes 13:1-24:23

Yes 13:1-14:23Melawan Babel I
Yes 14:24-27Melawan Asyur
Yes 14:28-32Melawan Filistin
Yes 15:1-16:14Melawan Moab
Yes 17:1-14Melawan Damsyik
Yes 18:1-7Melawan Etiopia
Yes 19:1-20:6Melawan Mesir
Yes 21:1-10Melawan Babel II
Yes 21:11-12Melawan Edom
Yes 21:13-17Melawan Arabia
Yes 22:1-25Melawan Yerusalem
Yes 23:1-18Melawan Tirus
Yes 24:1-23Sebuah nubuatan

[5] NYANYIAN KESELAMATAN Yes 25:1-27:13

[6] MUSUH ANAK-ANAK ALLAH Yes 28:1-31:9

Yes 28:1-29Nubuatan terhadap kerajaan utara
Yes 29:1-24Nubuatan terhadap kerajaan selatan
Yes 30:1-33Nubuatan terhadap bangsa yang keras kepala
Yes 31:1-9Nubuatan terhadap para oportunistis politik

[7] RAJA YANG MEMBAWA KEADILAN Yes 32:1-33:10

Yes 33:11-24 Raja yang ditinggikan
Yes 32:1-8 Raja dan kerajaannya
Yes 32:9-20Penghakiman, keadilan dan kebenaran
Yes 34:1-17Penghakiman dan bangsa bangsa
Yes 35:1-10Kerajaan damai

[8] SUMBANGAN BERSEJARAH Yes 36:1-39:8

Yes 36:1-22Ancaman Sanherib
Yes 37:1-20Reaksi Raja Hizkia
Yes 37:21-38Sanherib dikalahkan
Yes 38:9-20Nyanyian syukur raja Hizkia
Yes 39:1-8Utusan dari Babel

[1] PENGANTAR Yes 40:1-11

[2] ALLAH YANG TIDAK ADA BANDINGANNYA Yes 40:12-48:22

Yes 40:12-31Allah: dan kebodohan pemujaan patung I
Yes 41:1-24Allah: penolong bangsa Israel
Yes 41:25-29Allah: Tuhan hal-hal yang akan datang
Yes 42:1-9Hamba Tuhan!
Yes 42:10-17Nyanyian pujian bagi Allah
Yes 42:18-25Hamba yang buta dan bisu
Yes 43:1-13Allah: penyelamat Israel
Yes 43:14-28Hamba yang tidak berterima kasih
Yes 44:1-5Allah: Tuhan dan pemberi kehidupan
Yes 44:6-23Allah: dan kebodohan pemujaan patung II
Yes 44:24-45:7Koresy, hamba yang tidak mengenal Tuhan
Yes 45:8-13Allah: penjunan yang ahli
Yes 45:14-25Allah: Tuhan yang besar
Yes 46:1-13Allah: dan kebodohan pemujaan patung III
Yes 47:1-15Ratapan bagi Babel
Yes 48:1-22Israel yang tegar hati, Allah yang penyabar

[3] PENDERITAAN DAN KESELAMATAN Yes 49:1-55:13

Yes 49:1-6Hamba Tuhan II
Yes 49:7-26Keselamatan: Israel dipulihkan
Yes 50:1-3Israel: dipisahkan tetapi tidak pernah diceraikan
Yes 50:4-11Hamba Tuhan III
Yes 51:1-16Keselamatan dan kebenaran
Yes 51:17-23Keselamatan dan murka Allah
Yes 52:1-12Keselamatan dan pengampunan
Yes 52:13-53:12Hamba Tuhan IV
Yes 54:1-17Keselamatan: sekilas kemuliaan
Yes 55:1-13Keselamatan: undangan bagi yang dahaga

[4] MENGGUGAH SUARA HATI Yes 56:1-59:21

Yes 56:1-8Mengapa memisahkan orang asing?
Yes 56:9-57:13Mengapa tidak mengecualikan bangsa Israel?
Yes 57:14-21Panggilan untuk pertobatan
Yes 58:1-14Panggilan untuk berpuasa dengan benar
Yes 59:1-21Dosa, keselamatan dan Roh Allah

[5] KESELAMATAN SUDAH DATANG! Yes 60:1-63:6

Yes 60:1-22Nubuatan Yerusalem baru
Yes 61:1-11Nubuatan mengenai kemenangan
Yes 62:1-12Nubuatan mengenai Juruselamat
Yes 63:1-6Keselamatan dan penghakiman

[6] KERENDAHAN HATI ALLAH Yes 63:7-65:16

Yes 63:7-10Mengenang kembali: siapakah Allah?
Yes 63:11-64:12Gugatan: di manakah Dia sekarang?
Yes 65:1-16Jawaban: Aku selalu berada di sini

[7] SURGA DAN DUNIA YANG BARU Yes 65:17-66:24

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #15: Gunakan tautan Nomor Strong untuk mempelajari teks asli Ibrani dan Yunani. [SEMUA]
dibuat dalam 2.30 detik
dipersembahkan oleh YLSA