kecilkan semua  

Teks -- Kisah Para Rasul 5:1-42 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Ananias dan Safira
5:1 Ada seorang lain yang bernama Ananias. Ia beserta isterinya Safira menjual sebidang tanah. 5:2 Dengan setahu isterinya ia menahan sebagian dari hasil penjualan itu dan sebagian lain dibawa dan diletakkannya di depan kaki rasul-rasul. 5:3 Tetapi Petrus berkata: "Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu? 5:4 Selama tanah itu tidak dijual, bukankah itu tetap kepunyaanmu, dan setelah dijual, bukankah hasilnya itu tetap dalam kuasamu? Mengapa engkau merencanakan perbuatan itu dalam hatimu? Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah." 5:5 Ketika mendengar perkataan itu rebahlah Ananias dan putuslah nyawanya. Maka sangatlah ketakutan semua orang yang mendengar hal itu. 5:6 Lalu datanglah beberapa orang muda; mereka mengapani mayat itu, mengusungnya ke luar dan pergi menguburnya. 5:7 Kira-kira tiga jam kemudian masuklah isteri Ananias, tetapi ia tidak tahu apa yang telah terjadi. 5:8 Kata Petrus kepadanya: "Katakanlah kepadaku, dengan harga sekiankah tanah itu kamu jual?" Jawab perempuan itu: "Betul sekian." 5:9 Kata Petrus: "Mengapa kamu berdua bersepakat untuk mencobai Roh Tuhan? Lihatlah, orang-orang yang baru mengubur suamimu berdiri di depan pintu dan mereka akan mengusung engkau juga ke luar." 5:10 Lalu rebahlah perempuan itu seketika itu juga di depan kaki Petrus dan putuslah nyawanya. Ketika orang-orang muda itu masuk, mereka mendapati dia sudah mati, lalu mereka mengusungnya ke luar dan menguburnya di samping suaminya. 5:11 Maka sangat ketakutanlah seluruh jemaat dan semua orang yang mendengar hal itu.
Tanda-tanda dan mujizat-mujizat
5:12 Dan oleh rasul-rasul diadakan banyak tanda dan mujizat di antara orang banyak. Semua orang percaya selalu berkumpul di Serambi Salomo dalam persekutuan yang erat. 5:13 Orang-orang lain tidak ada yang berani menggabungkan diri kepada mereka. Namun mereka sangat dihormati orang banyak. 5:14 Dan makin lama makin bertambahlah jumlah orang yang percaya kepada Tuhan, baik laki-laki maupun perempuan, 5:15 bahkan mereka membawa orang-orang sakit ke luar, ke jalan raya, dan membaringkannya di atas balai-balai dan tilam, supaya, apabila Petrus lewat, setidak-tidaknya bayangannya mengenai salah seorang dari mereka. 5:16 Dan juga orang banyak dari kota-kota di sekitar Yerusalem datang berduyun-duyun serta membawa orang-orang yang sakit dan orang-orang yang diganggu roh jahat. Dan mereka semua disembuhkan.
Rasul-rasul dilepaskan dari penjara
5:17 Akhirnya mulailah Imam Besar dan pengikut-pengikutnya, yaitu orang-orang dari mazhab Saduki, bertindak sebab mereka sangat iri hati. 5:18 Mereka menangkap rasul-rasul itu, lalu memasukkan mereka ke dalam penjara kota. 5:19 Tetapi waktu malam seorang malaikat Tuhan membuka pintu-pintu penjara itu dan membawa mereka ke luar, katanya: 5:20 "Pergilah, berdirilah di Bait Allah dan beritakanlah seluruh firman hidup itu kepada orang banyak." 5:21 Mereka mentaati pesan itu, dan menjelang pagi masuklah mereka ke dalam Bait Allah, lalu mulai mengajar di situ. Sementara itu Imam Besar dan pengikut-pengikutnya menyuruh Mahkamah Agama berkumpul, yaitu seluruh majelis tua-tua bangsa Israel, dan mereka menyuruh mengambil rasul-rasul itu dari penjara. 5:22 Tetapi ketika pejabat-pejabat datang ke penjara, mereka tidak menemukan rasul-rasul itu di situ. Lalu mereka kembali dan memberitahukan, 5:23 katanya: "Kami mendapati penjara terkunci dengan sangat rapihnya dan semua pengawal ada di tempatnya di muka pintu, tetapi setelah kami membukanya, tidak seorangpun yang kami temukan di dalamnya." 5:24 Ketika kepala pengawal Bait Allah dan imam-imam kepala mendengar laporan itu, mereka cemas dan bertanya apa yang telah terjadi dengan rasul-rasul itu. 5:25 Tetapi datanglah seorang mendapatkan mereka dengan kabar: "Lihat, orang-orang yang telah kamu masukkan ke dalam penjara, ada di dalam Bait Allah dan mereka mengajar orang banyak."
Rasul-rasul di hadapan Mahkamah Agama -- Nasihat Gamaliel
5:26 Maka pergilah kepala pengawal serta orang-orangnya ke Bait Allah, lalu mengambil kedua rasul itu, tetapi tidak dengan kekerasan, karena mereka takut, kalau-kalau orang banyak melempari mereka. 5:27 Mereka membawa keduanya dan menghadapkan mereka kepada Mahkamah Agama. Imam Besar mulai menanyai mereka, 5:28 katanya: "Dengan keras kami melarang kamu mengajar dalam Nama itu. Namun ternyata, kamu telah memenuhi Yerusalem dengan ajaranmu dan kamu hendak menanggungkan darah Orang itu kepada kami." 5:29 Tetapi Petrus dan rasul-rasul itu menjawab, katanya: "Kita harus lebih taat kepada Allah dari pada kepada manusia. 5:30 Allah nenek moyang kita telah membangkitkan Yesus, yang kamu gantungkan pada kayu salib dan kamu bunuh. 5:31 Dialah yang telah ditinggikan oleh Allah sendiri dengan tangan kanan-Nya menjadi Pemimpin dan Juruselamat, supaya Israel dapat bertobat dan menerima pengampunan dosa. 5:32 Dan kami adalah saksi dari segala sesuatu itu, kami dan Roh Kudus, yang dikaruniakan Allah kepada semua orang yang mentaati Dia." 5:33 Mendengar perkataan itu sangatlah tertusuk hati mereka dan mereka bermaksud membunuh rasul-rasul itu. 5:34 Tetapi seorang Farisi dalam Mahkamah Agama itu, yang bernama Gamaliel, seorang ahli Taurat yang sangat dihormati seluruh orang banyak, bangkit dan meminta, supaya orang-orang itu disuruh keluar sebentar. 5:35 Sesudah itu ia berkata kepada sidang: "Hai orang-orang Israel, pertimbangkanlah baik-baik, apa yang hendak kamu perbuat terhadap orang-orang ini! 5:36 Sebab dahulu telah muncul si Teudas, yang mengaku dirinya seorang istimewa dan ia mempunyai kira-kira empat ratus orang pengikut; tetapi ia dibunuh dan cerai-berailah seluruh pengikutnya dan lenyap. 5:37 Sesudah dia, pada waktu pendaftaran penduduk, muncullah si Yudas, seorang Galilea. Ia menyeret banyak orang dalam pemberontakannya, tetapi ia juga tewas dan cerai-berailah seluruh pengikutnya. 5:38 Karena itu aku berkata kepadamu: Janganlah bertindak terhadap orang-orang ini. Biarkanlah mereka, sebab jika maksud dan perbuatan mereka berasal dari manusia, tentu akan lenyap, 5:39 tetapi kalau berasal dari Allah, kamu tidak akan dapat melenyapkan orang-orang ini; mungkin ternyata juga nanti, bahwa kamu melawan Allah." Nasihat itu diterima. 5:40 Mereka memanggil rasul-rasul itu, lalu menyesah mereka dan melarang mereka mengajar dalam nama Yesus. Sesudah itu mereka dilepaskan. 5:41 Rasul-rasul itu meninggalkan sidang Mahkamah Agama dengan gembira, karena mereka telah dianggap layak menderita penghinaan oleh karena Nama Yesus. 5:42 Dan setiap hari mereka melanjutkan pengajaran mereka di Bait Allah dan di rumah-rumah orang dan memberitakan Injil tentang Yesus yang adalah Mesias.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Ananias the husband of Sapphira,a man of Damascus who was told of Saul's conversion by the Lord,a high priest at Jerusalem
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Farisi a religious group or sect of the Jews
 · Galilea a place where Israel encamped between Jericho and the Jordan,a town between Dor and Tirza in the territory of Ephraim (YC),a town just north of Joppa, originally a military base (YC),a place 12 miles south of Shechem now called Jiljiliah (YC)
 · Gamaliel a man who was a highly regarded Pharisee and a member of the Sanhedrin,son of Pedahzur; Moses' officer over the tribe of Manasseh
 · Iblis a person, male (evil angelic),an angel that has rebelled against God
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · orang Galilea an inhabitant of Galilee.
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Galilea an inhabitant of Galilee.
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Petrus a man who was a leader among the twelve apostles and wrote the two epistles of Peter
 · Safira the wife of Ananias
 · Salma the tenth son of David; the father of Rehoboam; an ancestor of Jesus; the third king of Israel.,son of David and Bath-Sheba; successor of King David
 · Salomo the tenth son of David; the father of Rehoboam; an ancestor of Jesus; the third king of Israel.,son of David and Bath-Sheba; successor of King David
 · seorang Galilea an inhabitant of Galilee.
 · seorang Ismael a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · suku Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Teudas man who led an unsuccessful rebellion against Rome
 · umat Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Yakub the second so of a pair of twins born to Isaac and Rebeccaa; ancestor of the 12 tribes of Israel,the nation of Israel,a person, male,son of Isaac; Israel the man and nation
 · Yerusalem the capital city of Israel,a town; the capital of Israel near the southern border of Benjamin
 · Yudas a son of Mary and Joseph; half-brother of Jesus)


Topik/Tema Kamus: Petrus | Herodes | Bait Allah /Bait Suci | Yohanes (Rasul) | Ananias | Gamaliel | Hukum, Hukuman | Serakah, Keserakahan | Sidang, Persidangan Pengadilan | Orang Fasik | Imam Besar | Bijaksana, Kebijaksanaan | Aku, Pengakuan Terhadap Kristus | Mukjizat Melalui Perantaraan | Kubur, Penguburan | Orang Saduki | Pendamaian (Korban Kristus) | Mati, Kematian Orang Fasik | Taat | Gelar Dan Nama Yang Diberikan; Kepada Roh Kudus | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Kis 5:3 - MENDUSTAI ROH KUDUS. Nas : Kis 5:3 Supaya mendapat nama dan ketenaran, Ananias dan Safira berdusta kepada gereja tentang pemberian mereka. Allah memandang dusta ini seb...

Nas : Kis 5:3

Supaya mendapat nama dan ketenaran, Ananias dan Safira berdusta kepada gereja tentang pemberian mereka. Allah memandang dusta ini sebagai pelanggaran berat terhadap Roh Kudus. Kematian mereka berdua dimaksudkan sebagai tanda dari sikap Allah terhadap hati yang suka menipu di antara mereka yang mengaku pernah lahir kembali dan dipenuhi dengan Roh. Perhatikan bahwa berdusta pada Roh Kudus itu sama dengan berdusta kepada Allah (ayat Kis 5:3,4;

lihat cat. --> Wahy 22:15; dan

[atau ref. Wahy 22:15]

lihat art. AJARAN TENTANG ROH KUDUS).

Full Life: Kis 5:4 - MENGAPA ENGKAU MERENCANAKAN PERBUATAN ITU. Nas : Kis 5:4 Akar dosa Ananias dan Safira adalah cinta mereka akan uang dan pujian orang lain. Hal ini menyebabkan mereka menentang Roh Kudus (aya...

Nas : Kis 5:4

Akar dosa Ananias dan Safira adalah cinta mereka akan uang dan pujian orang lain. Hal ini menyebabkan mereka menentang Roh Kudus (ayat Kis 5:9). Setelah cinta akan uang dan pujian manusia memenuhi seseorang, rohnya terbuka terhadap segala macam kejahatan Iblis (1Tim 6:10). Orang tidak dapat mencintai uang dan pada waktu yang sama mencintai dan melayani Allah (Mat 6:24; Yoh 5:41-44).

Full Life: Kis 5:5 - REBAHLAH ANANIAS DAN PUTUSLAH NYAWANYA. Nas : Kis 5:5 Allah dengan tegas menghukum Ananias dan Safira (ayat Kis 5:5,10) supaya menunjukkan kebencian-Nya terhadap semua penipuan dan ketida...

Nas : Kis 5:5

Allah dengan tegas menghukum Ananias dan Safira (ayat Kis 5:5,10) supaya menunjukkan kebencian-Nya terhadap semua penipuan dan ketidakjujuran dalam kerajaan Allah. Salah satu dosa yang paling buruk ialah menipu umat Allah mengenai hubungan saudara dengan Yesus Kristus, pekerjaan saudara bagi Dia dan luasnya pelayananmu. Bertindak secara munafik ini berarti menggunakan darah Kristus yang sudah tercurah untuk mempermuliakan diri di hadapan orang lain. Dosa ini mengabaikan maksudnya Kristus menderita dan mati (Ef 1:4; Ibr 13:12), yang menunjukkan bahwa kita tidak takut akan Allah (ayat Kis 5:5,11) dan tidak menghormati Roh Kudus (ayat Kis 5:3); jelas sikap itu layak menerima hukuman Allah yang adil (bd. Ul 6:1,2).

Full Life: Kis 5:11 - SANGAT KETAKUTANLAH SELURUH JEMAAT. Nas : Kis 5:11 Hukuman Allah atas Ananias dan Safira menyebabkan peningkatan sifat rendah hati, rasa kagum dan ketakutan. Tanpa ketakutan yang patu...

Nas : Kis 5:11

Hukuman Allah atas Ananias dan Safira menyebabkan peningkatan sifat rendah hati, rasa kagum dan ketakutan. Tanpa ketakutan yang patut terhadap Allah yang suci dan murka-Nya terhadap dosa, umat Allah akan segera kembali kepada cara-cara dunia yang jahat, tidak lagi mengalami pencurahan Roh dan kehadiran Allah yang ajaib, serta terputus dari aliran kasih karunia Allah. Takut akan Tuhan merupakan unsur yang perlu dalam iman dan kekristenan alkitabiah masa kini

(lihat art. TAKUT AKAN TUHAN).

Full Life: Kis 5:16 - MEREKA SEMUA DISEMBUHKAN. Nas : Kis 5:16 Para rasul melakukan apa yang dilakukan oleh Tuhan sendiri; mereka menyembuhkan orang yang dirasuk setan (lih. Mr 1:34). Kenyataan i...

Nas : Kis 5:16

Para rasul melakukan apa yang dilakukan oleh Tuhan sendiri; mereka menyembuhkan orang yang dirasuk setan (lih. Mr 1:34). Kenyataan ini menjadi tanda yang terpenting bahwa kerajaan Allah telah datang dengan kuasa di antara manusia

(lihat art. KUASA ATAS IBLIS DAN SETAN-SETAN).

Tidak pernah salah untuk berdoa supaya melalui Roh Kudus kita dapat melakukan hal-hal yang baik dan menyembuhkan mereka yang sakit dan dikuasai setan (Kis 4:30;

lihat art. PENYEMBUHAN ILAHI).

Full Life: Kis 5:29 - LEBIH TAAT KEPADA ALLAH DARIPADA KEPADA MANUSIA. Nas : Kis 5:29 Pertanyaan yang harus senantiasa ditanyakan oleh orang percaya ialah, "Apa yang berkenan di hadapan Allah?" dan bukan, "Apakah hal i...

Nas : Kis 5:29

Pertanyaan yang harus senantiasa ditanyakan oleh orang percaya ialah, "Apa yang berkenan di hadapan Allah?" dan bukan, "Apakah hal itu bijaksana, aman, menyenangkan dan disukai orang lain?" (bd. Gal 1:10).

Full Life: Kis 5:32 - ROH KUDUS ... KEPADA SEMUA ORANG YANG MENAATI DIA. Nas : Kis 5:32 Apabila tidak ada ketaatan yang benar kepada Kristus atau usaha yang sungguh-sungguh untuk mencari kebenaran kerajaan Allah (Mat 6:3...

Nas : Kis 5:32

Apabila tidak ada ketaatan yang benar kepada Kristus atau usaha yang sungguh-sungguh untuk mencari kebenaran kerajaan Allah (Mat 6:33; Rom 14:17), maka setiap pengakuan dipenuhi oleh Roh Kudus tidak sah. Pentakosta tanpa ke-Tuhanan Kristus itu mustahil (bd. Kis 2:38-42), karena Roh Kudus dengan penuh kuasa diberikan hanya kepada mereka yang hidup "taat kepada nama-Nya" (Rom 1:5;

lihat art. KRITERIA UNTUK BAPTISAN DALAM ROH).

Jerusalem: Kis 5:10 - menguburnya di samping suaminya Kesalahan Ananias dan Safira ialah: karena terlalu suka akan uang mereka berusaha menipu para rasul dan dengan jalan itu tengah saudara-saudara.

Kesalahan Ananias dan Safira ialah: karena terlalu suka akan uang mereka berusaha menipu para rasul dan dengan jalan itu tengah saudara-saudara.

Jerusalem: Kis 5:11 - jemaat Istilah (ekklesia/gereja) itu diambil dari peristilahan perjanjian dahulu, bdk Kis 7:38, dan diterapkan pada jemaat Mesias, Mat 16:18+. Dengan berkemb...

Istilah (ekklesia/gereja) itu diambil dari peristilahan perjanjian dahulu, bdk Kis 7:38, dan diterapkan pada jemaat Mesias, Mat 16:18+. Dengan berkembangnya agama Kristen maka arti istilah itu semakin diperluas: mula-mula jemaat ialah jemaat di Yerusalem, Kis 8:1; 11:22, dll lalu semua jemaat di daerah Yudea, Gal 1:22; 1Te 2:14; bdk Kis 9:31, dan yang di antara orang-orang bukan Yahudi, Kis 13:1; 14:23; 15:41; 16:5; Rom 16:1,4; 1Ko 1:2+, dll; Yak 5:14; 3Yo 9; Wah 1:4; 2:1 dll, sidang jemaat-jemaat itu, 1Ko 11:18; 14:23,34, dll, bdk Kis 19:32, dan tempat mereka berkumpul, Rom 16:5; Kol 4:15; File 2, dan akhirnya Gereja dengan arti teologis, Kis 20:28; 1Ko 10:32; 12:28, dll, sebagai Tubuh dan Mempelai Kristus, Kol 1:18+; Efe 5:23-32, serta kepenuhanNya yang bersifat kosmis, Efe 1:23+.

Jerusalem: Kis 5:12-16 - -- Ringkasan yang ketiga ini menonjolkan kekuasaan para rasul dalam membuat mujizat, bdk Kis 2:43; 4:33. Kis 5:12-14 memutuskan jalan pikiran.

Ringkasan yang ketiga ini menonjolkan kekuasaan para rasul dalam membuat mujizat, bdk Kis 2:43; 4:33. Kis 5:12-14 memutuskan jalan pikiran.

Jerusalem: Kis 5:12 - Semua orang percaya Teks Yunani hanya berkata: semua. Tetapi yang dimaksudkan kiranya bukan para rasul, melainkan semua orang percaya.

Teks Yunani hanya berkata: semua. Tetapi yang dimaksudkan kiranya bukan para rasul, melainkan semua orang percaya.

Jerusalem: Kis 5:14 - jumlah orang yang percaya kepada Tuhan Terjemahan lain tetapi kiranya kurang tepat: "semakin banyak orang menggabungkan diri (dengan jemaat), mereka yang percaya kepada Tuhan". Bdk Kis 11:2...

Terjemahan lain tetapi kiranya kurang tepat: "semakin banyak orang menggabungkan diri (dengan jemaat), mereka yang percaya kepada Tuhan". Bdk Kis 11:24.

Jerusalem: Kis 5:17 - Imam Besar Var: Hanas, Imam Besar. Bdk Kis 4:6.

Var: Hanas, Imam Besar. Bdk Kis 4:6.

Jerusalem: Kis 5:20 - seluruh firman hidup Maksudnya kabar keselamatan, Kis 13:26. Pewartaan Kristen justru mengenai "keselamatan", bdk Kis 4:12; 11:14; 15:11; 16:17,30-31, dan "kehidupan", bdk...

Maksudnya kabar keselamatan, Kis 13:26. Pewartaan Kristen justru mengenai "keselamatan", bdk Kis 4:12; 11:14; 15:11; 16:17,30-31, dan "kehidupan", bdk Kis 3:15; 11:18; 13:46,48, yang dijanjikan kepada mereka "yang berseru kepada nama Tuhan", Kis 2:21,40,47; 4:12.

Jerusalem: Kis 5:21 - majelis tua-tua Ini sama dengan Mahkamah Agama, ialah Sanhedrin Agung di Yerusalem bdk Luk 22:66+.

Ini sama dengan Mahkamah Agama, ialah Sanhedrin Agung di Yerusalem bdk Luk 22:66+.

Jerusalem: Kis 5:28-29 - -- Teks barat dalam ayat-ayat ini berbeda dengan teks yang lazim. Bunyinya: bukankah dengan keras kami melarang kamu mengajar dalam Nama itu? Namun terny...

Teks barat dalam ayat-ayat ini berbeda dengan teks yang lazim. Bunyinya: bukankah dengan keras kami melarang kamu mengajar dalam Nama itu? Namun ternyata kamu...Tetapi Petrus menjawab, katanya: "Kepada siapakah orang harus taat, kepada Allah atau kepada manusia?" Jawabnya: "Kepada Allah". Maka berkatalah Petrus: Allah nenek moyang...

Jerusalem: Kis 5:30 - kamu gantungkan pada kayu salib Ungkapan ini terulang dalamKis 10:39 (bdk Kis 13:29). Ia menyinggung Ula 21:23, yang dikutip dalam Gal 3:13, bdk 1Pe 2:24.

Ungkapan ini terulang dalamKis 10:39 (bdk Kis 13:29). Ia menyinggung Ula 21:23, yang dikutip dalam Gal 3:13, bdk 1Pe 2:24.

Jerusalem: Kis 5:31 - Pemimpin dan Juruselamat Ungkapan ini adalah searti dengan "Pemimpin kepada hidup", Kis 3:15+; iapun bersesuaian dengan julukan "pemimpin dan penyelamat", sebagaimana yang dik...

Ungkapan ini adalah searti dengan "Pemimpin kepada hidup", Kis 3:15+; iapun bersesuaian dengan julukan "pemimpin dan penyelamat", sebagaimana yang dikatakan tentang Musa, Kis 7:35 (bdk Kis 7:25), yang merupakan pralambang Kristus. Lihat juga Ibr 2:10,12:2. Ada sebuah kesejajaran tersembunyi antara Yesus dan Musa.

Jerusalem: Kis 5:32 - kami dan Roh Kudus Bdk Mat 10:20 dsj; Yoh 15:26-27; Kis 1:8; Luk 12:12.

Jerusalem: Kis 5:34 - Gamaliel Ialah Gamaliel I yang menjadi guru Paulus, Kis 22:3. Ia merupakan ahli waris pemikiran Rabi Hillel dan menjadi wakil utama dari aliran antara kaum Far...

Ialah Gamaliel I yang menjadi guru Paulus, Kis 22:3. Ia merupakan ahli waris pemikiran Rabi Hillel dan menjadi wakil utama dari aliran antara kaum Farisi yang lebih lunak dan manusiawi dalam mengetrapkan hukum Taurat. Turun tangannya di sini bersesuaian dengan sikap umum kalangan kaum Farisi, bdk Kis 4:1+.

Jerusalem: Kis 5:36 - si Teudas Pemberontak Teudas dan Yudas (bdk Kis 5:37) disebutkan juga oleh sejarawan Yahudi Yosefus. Tetapi waktu yang ditentukan oleh Yosefus kurang pasti. Ked...

Pemberontak Teudas dan Yudas (bdk Kis 5:37) disebutkan juga oleh sejarawan Yahudi Yosefus. Tetapi waktu yang ditentukan oleh Yosefus kurang pasti. Kedua pemberontakan tsb. kiranya terjadi sekitar waktu Yesus lahir.

Jerusalem: Kis 5:38-39 - -- Ada sebuah var dalam ayat-ayat ini yang menekankan ketahiran rituil. Bunyinya sbb; ... Biarkanlah mereka dan jangan menajiskan tanganmu. Sebab jika ma...

Ada sebuah var dalam ayat-ayat ini yang menekankan ketahiran rituil. Bunyinya sbb; ... Biarkanlah mereka dan jangan menajiskan tanganmu. Sebab jika maksud ... kamu, atau raja-raja atau penguasa-penguasa tidak akan dapat melenyapkan orang-orang ini, kalau-kalau nanti kamu melawan Allah.

Jerusalem: Kis 5:41 - Nama Yesus Yunaninya: Nama itu. Nama itu, yang oleh karenanya para rasul menderita, bdk Kis 21:13; 1Pe 4:14; 3Yo 7, yang mereka wartakan, Kis 4:10,12,17-18; 5:28...

Yunaninya: Nama itu. Nama itu, yang oleh karenanya para rasul menderita, bdk Kis 21:13; 1Pe 4:14; 3Yo 7, yang mereka wartakan, Kis 4:10,12,17-18; 5:28,40; bdk Kis 3:6,16; 9:15,16,27,28, dan yang kepadaNya orang-orang Kristen berseru, Kis 2:21; 4:12; 9:14,21; 22:16, ialah Nama Yesus yang tak terpisahkan dari pribadiNya, Kis 3:16+, dan yang diterimaNya waktu dibangkitkan, Kis 2:36+, ialah nama Tuhan yang sampai waktu itu merupakan hak khusus Allah, Fili 2:9-11+.

Jerusalem: Kis 5:42 - Injil Injil Kerajaan, Mar 1:1+, yang oleh murid-murid Yesus diberitakan, yaitu "firman" (Injil) yang mereka wartakan, Kis 8:4,25,40; 14:7,15,21; 16:10+; bdk...

Injil Kerajaan, Mar 1:1+, yang oleh murid-murid Yesus diberitakan, yaitu "firman" (Injil) yang mereka wartakan, Kis 8:4,25,40; 14:7,15,21; 16:10+; bdk juga Kis 15:7; 20:24, itu bagi umat Kristen semula mengenai diri Yesus, Kis 8:35, yang oleh Allah dibangkitkan dari antara orang mati, Kis 13:32 dst; Kis 17:18; bdk Kis 2:23+; Kis 9:20, dan telah menjadi Anak Allah yang berkuasa, bdk Rom 1:1+, atau "Kristus" (Mesias), Kis 5:42; 8:12; bdk Kis 9:22, dan Tuhan. Kis 10:36; 11:20; 15:35; bdk Kis 2:36+.

Ende: Kis 5:4 - Kaubohongi Kesalahan Ananias bukan karena ia menjembunjikan bagian uang itu, melainkan sebab ia berpura-pura dan berdusta.

Kesalahan Ananias bukan karena ia menjembunjikan bagian uang itu, melainkan sebab ia berpura-pura dan berdusta.

Ende: Kis 5:11 - Umat Kata asli bahasa ialah "ekklesia". Istilah itu digunakan dalam Septuaginta untuk seluruh umat Israel. Terdapat pula dalam Mat 16:18 untuk seluruh Kera...

Kata asli bahasa ialah "ekklesia". Istilah itu digunakan dalam Septuaginta untuk seluruh umat Israel. Terdapat pula dalam Mat 16:18 untuk seluruh Keradjaan Allah jang baru.Dalam Kis. Ras. (dan surat-surat Paulus) dipakai untuk umat Jerusalem, umat-umat setempat, seluruh umat Kristus, dan untuk perkumpulan-perkumpulan umat jang resmi. Sedapat mungkin dalam teks kami menterdjemahkan tetap dengan "umat". Kami rasa istilah ini lebih mengesankan daripada istilah "geredja".

Ende: Kis 5:20 - Indjil kehidupan jang memperkenalkan hidup abadi dan mewudjudkannja.

jang memperkenalkan hidup abadi dan mewudjudkannja.

Ende: Kis 5:34 - Gamaliel Djuga Paulus pernah duduk beladjar didepan kakinja (Kis 22:3).

Djuga Paulus pernah duduk beladjar didepan kakinja (Kis 22:3).

Ende: Kis 5:36-37 - -- Pemberontakan ini djadi kira-kira diwaktu kelahiran Jesus.

Pemberontakan ini djadi kira-kira diwaktu kelahiran Jesus.

Ende: Kis 5:40 - Dengan nama Jesus dengan menjebut nama Jesus, tetapi jang dimaksudkan sebenarnja: tentang Jesus.

dengan menjebut nama Jesus, tetapi jang dimaksudkan sebenarnja: tentang Jesus.

Ref. Silang FULL: Kis 5:2 - penjualan itu // depan kaki · penjualan itu: Yos 7:11 · depan kaki: Kis 4:35,37

· penjualan itu: Yos 7:11

· depan kaki: Kis 4:35,37

Ref. Silang FULL: Kis 5:3 - mengapa hatimu // dikuasai Iblis // Roh Kudus // tanah itu · mengapa hatimu: Yoh 13:2,27 · dikuasai Iblis: Mat 4:10; Mat 4:10 · Roh Kudus: Kis 5:9 · tanah itu: Ul 23:21

· mengapa hatimu: Yoh 13:2,27

· dikuasai Iblis: Mat 4:10; [Lihat FULL. Mat 4:10]

· Roh Kudus: Kis 5:9

· tanah itu: Ul 23:21

Ref. Silang FULL: Kis 5:4 - dalam kuasamu // mendustai Allah · dalam kuasamu: Ul 23:22 · mendustai Allah: Im 6:2

· dalam kuasamu: Ul 23:22

· mendustai Allah: Im 6:2

Ref. Silang FULL: Kis 5:5 - putuslah nyawanya // sangatlah ketakutan · putuslah nyawanya: Kis 5:10; Mazm 5:7 · sangatlah ketakutan: Kis 5:11

· putuslah nyawanya: Kis 5:10; Mazm 5:7

· sangatlah ketakutan: Kis 5:11

Ref. Silang FULL: Kis 5:6 - mayat itu · mayat itu: Yoh 19:40

· mayat itu: Yoh 19:40

Ref. Silang FULL: Kis 5:8 - Betul sekian · Betul sekian: Kis 5:2

· Betul sekian: Kis 5:2

Ref. Silang FULL: Kis 5:9 - Roh Tuhan · Roh Tuhan: Kis 5:3

· Roh Tuhan: Kis 5:3

Ref. Silang FULL: Kis 5:10 - putuslah nyawanya // samping suaminya · putuslah nyawanya: Kis 5:5 · samping suaminya: Kis 5:6

· putuslah nyawanya: Kis 5:5

· samping suaminya: Kis 5:6

Ref. Silang FULL: Kis 5:11 - sangat ketakutanlah · sangat ketakutanlah: Kis 5:5; Kis 19:17

· sangat ketakutanlah: Kis 5:5; Kis 19:17

Ref. Silang FULL: Kis 5:12 - dan mujizat // selalu berkumpul // Serambi Salomo · dan mujizat: Yoh 4:48; Yoh 4:48; Kis 2:43 · selalu berkumpul: Kis 4:32 · Serambi Salomo: Yoh 10:23; Kis 3:11

· dan mujizat: Yoh 4:48; [Lihat FULL. Yoh 4:48]; Kis 2:43

· selalu berkumpul: Kis 4:32

· Serambi Salomo: Yoh 10:23; Kis 3:11

Ref. Silang FULL: Kis 5:13 - orang banyak · orang banyak: Kis 2:47; 4:21

· orang banyak: Kis 2:47; 4:21

Ref. Silang FULL: Kis 5:14 - bertambahlah jumlah · bertambahlah jumlah: Kis 2:41; Kis 2:41

· bertambahlah jumlah: Kis 2:41; [Lihat FULL. Kis 2:41]

Ref. Silang FULL: Kis 5:15 - Petrus lewat · Petrus lewat: Kis 19:12

· Petrus lewat: Kis 19:12

Ref. Silang FULL: Kis 5:16 - semua disembuhkan · semua disembuhkan: Mat 8:16; Mr 16:17; Mr 16:17

· semua disembuhkan: Mat 8:16; Mr 16:17; [Lihat FULL. Mr 16:17]

Ref. Silang FULL: Kis 5:17 - dari mazhab // Saduki · dari mazhab: Kis 15:5 · Saduki: Kis 4:1; Kis 4:1

· dari mazhab: Kis 15:5

· Saduki: Kis 4:1; [Lihat FULL. Kis 4:1]

Ref. Silang FULL: Kis 5:18 - dalam penjara · dalam penjara: Kis 4:3

· dalam penjara: Kis 4:3

Ref. Silang FULL: Kis 5:19 - seorang malaikat // penjara itu // ke luar · seorang malaikat: Kej 16:7; Kel 3:2; Mat 1:20; 2:13,19; 28:2; Luk 1:11; 2:9; Yoh 20:12; Yoh 20:12; Kis 8:26; 10:3; 12:7,23; 27:23 · pe...

· seorang malaikat: Kej 16:7; Kel 3:2; Mat 1:20; 2:13,19; 28:2; Luk 1:11; 2:9; Yoh 20:12; [Lihat FULL. Yoh 20:12]; Kis 8:26; 10:3; 12:7,23; 27:23

· penjara itu: Kis 16:26

· ke luar: Mazm 34:8

Ref. Silang FULL: Kis 5:20 - hidup itu · hidup itu: Yoh 6:63,68

· hidup itu: Yoh 6:63,68

Ref. Silang FULL: Kis 5:21 - dan pengikut-pengikutnya // Mahkamah Agama · dan pengikut-pengikutnya: Kis 4:5,6 · Mahkamah Agama: Kis 5:27,34,41; Mat 5:22; Mat 5:22

· dan pengikut-pengikutnya: Kis 4:5,6

· Mahkamah Agama: Kis 5:27,34,41; Mat 5:22; [Lihat FULL. Mat 5:22]

Ref. Silang FULL: Kis 5:22 - di situ · di situ: Kis 12:18,19

· di situ: Kis 12:18,19

Ref. Silang FULL: Kis 5:24 - imam-imam kepala · imam-imam kepala: Kis 4:1

· imam-imam kepala: Kis 4:1

Ref. Silang FULL: Kis 5:26 - orang banyak · orang banyak: Kis 4:21

· orang banyak: Kis 4:21

Ref. Silang FULL: Kis 5:27 - Mahkamah Agama · Mahkamah Agama: Mat 5:22; Mat 5:22

· Mahkamah Agama: Mat 5:22; [Lihat FULL. Mat 5:22]

Ref. Silang FULL: Kis 5:28 - Nama itu // menanggungkan darah · Nama itu: Kis 4:18 · menanggungkan darah: Mat 23:35; 27:25; Kis 2:23,36; 3:14,15; 7:52

· Nama itu: Kis 4:18

· menanggungkan darah: Mat 23:35; 27:25; Kis 2:23,36; 3:14,15; 7:52

Ref. Silang FULL: Kis 5:29 - kepada manusia · kepada manusia: Kel 1:17; Kis 4:19

· kepada manusia: Kel 1:17; Kis 4:19

Ref. Silang FULL: Kis 5:30 - nenek moyang // telah membangkitkan // kayu salib · nenek moyang: Kis 3:13; Kis 3:13 · telah membangkitkan: Kis 2:24; Kis 2:24 · kayu salib: Kis 10:39; 13:29; Gal 3:13

· nenek moyang: Kis 3:13; [Lihat FULL. Kis 3:13]

· telah membangkitkan: Kis 2:24; [Lihat FULL. Kis 2:24]

· kayu salib: Kis 10:39; 13:29; Gal 3:13

Ref. Silang FULL: Kis 5:31 - tangan kanan-Nya // dan Juruselamat // pengampunan dosa · tangan kanan-Nya: Mr 16:19; Mr 16:19 · dan Juruselamat: Luk 2:11; Luk 2:11 · pengampunan dosa: Mat 1:21; Mat 1:21; Mr 1:4; Luk ...

· tangan kanan-Nya: Mr 16:19; [Lihat FULL. Mr 16:19]

· dan Juruselamat: Luk 2:11; [Lihat FULL. Luk 2:11]

· pengampunan dosa: Mat 1:21; [Lihat FULL. Mat 1:21]; Mr 1:4; Luk 24:47; Kis 2:38; 3:19; 10:43

Ref. Silang FULL: Kis 5:32 - sesuatu itu // Roh Kudus · sesuatu itu: Luk 24:48; Luk 24:48 · Roh Kudus: Yoh 15:26

· sesuatu itu: Luk 24:48; [Lihat FULL. Luk 24:48]

· Roh Kudus: Yoh 15:26

Ref. Silang FULL: Kis 5:33 - tertusuk hati · tertusuk hati: Kis 2:37; 7:54

· tertusuk hati: Kis 2:37; 7:54

Ref. Silang FULL: Kis 5:34 - bernama Gamaliel // ahli Taurat · bernama Gamaliel: Kis 22:3 · ahli Taurat: Luk 2:46; 5:17

· bernama Gamaliel: Kis 22:3

· ahli Taurat: Luk 2:46; 5:17

Ref. Silang FULL: Kis 5:37 - pendaftaran penduduk · pendaftaran penduduk: Luk 2:1,2

· pendaftaran penduduk: Luk 2:1,2

Ref. Silang FULL: Kis 5:38 - akan lenyap · akan lenyap: Mat 15:13

· akan lenyap: Mat 15:13

Ref. Silang FULL: Kis 5:39 - melawan Allah · melawan Allah: 2Taw 13:12; Ams 21:30; Yes 46:10; Kis 7:51; 11:17

Ref. Silang FULL: Kis 5:40 - lalu menyesah · lalu menyesah: Mat 10:17; Mat 10:17

· lalu menyesah: Mat 10:17; [Lihat FULL. Mat 10:17]

Ref. Silang FULL: Kis 5:41 - dengan gembira // Nama Yesus · dengan gembira: Mat 5:12; Mat 5:12 · Nama Yesus: Yoh 15:21; Yoh 15:21

· dengan gembira: Mat 5:12; [Lihat FULL. Mat 5:12]

· Nama Yesus: Yoh 15:21; [Lihat FULL. Yoh 15:21]

Ref. Silang FULL: Kis 5:42 - Bait Allah // memberitakan Injil // adalah Mesias · Bait Allah: Kis 2:46; Kis 2:46 · memberitakan Injil: Kis 13:32; Kis 13:32 · adalah Mesias: Kis 9:22; Kis 9:22

· Bait Allah: Kis 2:46; [Lihat FULL. Kis 2:46]

· memberitakan Injil: Kis 13:32; [Lihat FULL. Kis 13:32]

· adalah Mesias: Kis 9:22; [Lihat FULL. Kis 9:22]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Kis 5:1-16 - -- C. Kematian Ananias dan Safira (5:1-16). Kejadian ini menunjukkan bahwa gereja mula-mula tidak bebas dari masalah-masalah internal. Lukas tidak berus...

C. Kematian Ananias dan Safira (5:1-16).

Kejadian ini menunjukkan bahwa gereja mula-mula tidak bebas dari masalah-masalah internal. Lukas tidak berusaha untuk menutupi situasi itu, tetapi mengisahkan peristiwa tersebut dengan suasana menyedihkan.

Wycliffe: Kis 5:1-2 - sebidang tanah // dengan setahu istrinya, 1, 2. Safira dalam bahasa Aram artinya cantik. Seperti Barnabas, Safira dan suaminya menjual sebidang tanah. Ananias, dengan setahu istrinya, menetapk...

1, 2. Safira dalam bahasa Aram artinya cantik. Seperti Barnabas, Safira dan suaminya menjual sebidang tanah. Ananias, dengan setahu istrinya, menetapkan rencana untuk hanya menyerahkan sebagian uang yang diperoleh dari penjualan itu kepada para rasul, tetapi dengan berpura-pura bahwa mereka menyerahkan seluruh hasil penjualan tersebut.

Wycliffe: Kis 5:3 - -- 3. Tidak diceritakan bagaimana Petrus mengetahui penipuan ini; mungkin melalui pencerahan ilahi. Petrus tidak menuduh bahwa Ananias menipu dia, tetapi...

3. Tidak diceritakan bagaimana Petrus mengetahui penipuan ini; mungkin melalui pencerahan ilahi. Petrus tidak menuduh bahwa Ananias menipu dia, tetapi bahwa Ananias berusaha menipu Roh Kudus. Roh Kudus jelas merupakan satu Oknum, dan ayat 4 menunjukkan bahwa Roh Kudus adalah juga Allah.

Wycliffe: Kis 5:4 - -- 4. Program membagi kekayaan di gereja mula-mula merupakan suatu tindakan sukarela murni dan bukan kewajiban yang dipaksakan. Selama sebidang tanah itu...

4. Program membagi kekayaan di gereja mula-mula merupakan suatu tindakan sukarela murni dan bukan kewajiban yang dipaksakan. Selama sebidang tanah itu menjadi miliknya, adalah hak Ananias sepenuhnya untuk mempersembahkan sesuai dengan kerelaannya; dan bahkan sesudah ia menjual sebidang tanah itu, uang hasil penjualannya dapat dibagikan sesuai dengan keinginannya. Dosa Ananias tidak terletak pada menahan sebagian dari uang itu, tetapi pada kelakuannya seakan-akan menyerahkan sepenuhnya kepada Allah padahal dengan sengaja tetap menyimpan sebagian uang tersebut. Ini merupakan dosa penyerahan yang tidak sungguh-sungguh, sebab berarti menipu Allah.

Wycliffe: Kis 5:5 - putuslah nyawanya 5. Ketika diperhadapkan dengan kehebatan dosanya. Ananias menjadi tidak berdaya sama sekali dan segera rebah serta putuslah nyawanya. Kita tidak diber...

5. Ketika diperhadapkan dengan kehebatan dosanya. Ananias menjadi tidak berdaya sama sekali dan segera rebah serta putuslah nyawanya. Kita tidak diberitahu apa yang menyebabkan serangan jantung tersebut. Jelas bukan Petrus yang menyebabkan kematian itu. Entah Ananias meninggal akibat kejutan emosional atau bukan, yang jelas kematiannya merupakan hukuman Allah terhadap pengabdian diri yang munafik.

Wycliffe: Kis 5:6 - -- 6. Pada zaman dulu di Timur Tengah, karena kebusukan mayat nyaris langsung terjadi sesudah kematian, penguburan langsung dilaksanakan tanpa penundaan.

6. Pada zaman dulu di Timur Tengah, karena kebusukan mayat nyaris langsung terjadi sesudah kematian, penguburan langsung dilaksanakan tanpa penundaan.

Wycliffe: Kis 5:7 - -- 7. Safira pasti berada agak jauh dari tempat itu, sebab berita tentang kematian suaminya tidak begitu cepat sampai kepadanya.

7. Safira pasti berada agak jauh dari tempat itu, sebab berita tentang kematian suaminya tidak begitu cepat sampai kepadanya.

Wycliffe: Kis 5:9 - Mencobai 9. Petrus menuduh Safira berkomplot dalam meremehkan Allah. Mencobai Tuhan (Kel. 17:2; 6:16), yaitu menguji sampai sejauh mana seseorang dapat memanfa...

9. Petrus menuduh Safira berkomplot dalam meremehkan Allah. Mencobai Tuhan (Kel. 17:2; 6:16), yaitu menguji sampai sejauh mana seseorang dapat memanfaatkan kebaikan Allah, merupakan dosa yang menakutkan. Ini merupakan salah satu dari pencobaan yang dihadapi Tuhan kita (Mat. 4:7).

Wycliffe: Kis 5:10 - -- 10. Nasib yang menimpa Ananias juga menimpa Safira, dia terjatuh dan meninggal dunia. Tidak ada alasan untuk beranggapan bahwa Ananias dan Safira buka...

10. Nasib yang menimpa Ananias juga menimpa Safira, dia terjatuh dan meninggal dunia. Tidak ada alasan untuk beranggapan bahwa Ananias dan Safira bukan orang-orang yang sudah diselamatkan. Kematian jasmaniah mereka merupakan hukuman ilahi atas mereka yang tidak melibatkan masalah keselamatan mereka. Kenyataan bahwa mereka adalah orang percaya justru menentukan kehebatan dari dosa mereka. Mereka berpura-pura "menyerahkan semua" padahal dengan sengaja menahan sebagian dari Allah. Dosa semacam ini hanya dapat dilakukan oleh seorang Kristen.

Wycliffe: Kis 5:11 - -- 11. Peristiwa ini mendatangkan rasa hormat dan takut luar biasa terhadap Allah ke dalam jemaat dan juga peristiwa ini memiliki pengaruh memurnikan. Di...

11. Peristiwa ini mendatangkan rasa hormat dan takut luar biasa terhadap Allah ke dalam jemaat dan juga peristiwa ini memiliki pengaruh memurnikan. Di sini untuk pertama kali di dalam kitab Kisah Para Rasul ini kata untuk gereja, ekklesia, muncul. Artinya, dipanggil, dan menunjuk pada pemanggilan para warga Yunani dari rumah mereka untuk berkumpul di tempat umum bagi maksud-maksud kesejahteraan bersama. Kata ini diambil alih oleh Perjanjian Lama berbahasa Yunani dan dipakai untuk Israel selaku umat Allah. Penggunaannya di dalam Perjanjian Baru dengan demikian menunjukkan bahwa Gereja adalah umat baru milik Allah. Kata ini tidak pernah dipakai untuk pengertian bangunan. Yang dimaksudkan adalah gereja secara keseluruhan (5:11; 9:31; 20:28) dan juga kumpulan-kumpulan orang percaya setempat (11:26; 13:1).

Wycliffe: Kis 5:12 - -- 12. Orang-orang Kristen mula-mula tidak memiliki gedung sendiri untuk beribadah, tetapi bertemu di Serambi Salomo, yang berbatasan dengan bagian timur...

12. Orang-orang Kristen mula-mula tidak memiliki gedung sendiri untuk beribadah, tetapi bertemu di Serambi Salomo, yang berbatasan dengan bagian timur wilayah Bait Allah yang luas.

Wycliffe: Kis 5:13-14 - -- 13, 14. Kematian Ananias dan Safira memiliki pengaruh yang demikian memurnikan sehingga tidak seorang pun berani bergabung dalam persekutuan baru ini ...

13, 14. Kematian Ananias dan Safira memiliki pengaruh yang demikian memurnikan sehingga tidak seorang pun berani bergabung dalam persekutuan baru ini dengan alasan-alasan manusiawi semata. Bagaimanapun juga, gereja sangat dihormati oleh masyarakat. Hanya orang-orang yang sungguh-sungguh mengalami karya penyelamatan oleh Allah sajalah yang berani bergabung dengan gereja; tetapi terdapat sejumlah besar orang percaya semacam itu.

Wycliffe: Kis 5:17-42 - -- D. Perlawanan Kedua Dari Para Pemimpin Yahudi (5:17-42). Popularitas orang-orang percaya kembali membuat mereka diperhatikan oleh Imam Besar dan oran...

D. Perlawanan Kedua Dari Para Pemimpin Yahudi (5:17-42).

Popularitas orang-orang percaya kembali membuat mereka diperhatikan oleh Imam Besar dan orang-orang Saduki. Salah satu tema pokok dari kitab Kisah Para Rasul ialah penolakan Injil oleh bangsa Yahudi. Bagian ini menelusuri langkah selanjutnya dalam penolakan dan penganiayaan oleh para pejabat Yahudi.

Wycliffe: Kis 5:17 - Mazhab 17. Mazhab (sekte) hanya berarti golongan dan sama sekali tidak mengandung konotasi negatif sebagaimana arti kata sekte saat ini.

17. Mazhab (sekte) hanya berarti golongan dan sama sekali tidak mengandung konotasi negatif sebagaimana arti kata sekte saat ini.

Wycliffe: Kis 5:18 - -- 18. Kali ini semua rasul ditangkap dan dimasukkan penjara selama semalam untuk disidangkan di Sanhedrin keesokan harinya.

18. Kali ini semua rasul ditangkap dan dimasukkan penjara selama semalam untuk disidangkan di Sanhedrin keesokan harinya.

Wycliffe: Kis 5:19-20 - Hidup itu 19, 20. Para rasul itu dibebaskan secara adikodrati pada malam harinya dan diberi semangat untuk terus bersaksi kepada orang-orang tentang jalan hidup...

19, 20. Para rasul itu dibebaskan secara adikodrati pada malam harinya dan diberi semangat untuk terus bersaksi kepada orang-orang tentang jalan hidup dan keselamatan. Hidup itu. Sebutan yang tidak biasa bagi amanat Kristen.

Wycliffe: Kis 5:21 - Menjelang pagi // Mahkamah Agama // majelis tua-tua 21. Menjelang pagi Sanhedrin atau Mahkamah Agama (juga dinamakan majelis tua-tua), yang terdiri dari orang Farisi dan Saduki. berkumpul dan memerintah...

21. Menjelang pagi Sanhedrin atau Mahkamah Agama (juga dinamakan majelis tua-tua), yang terdiri dari orang Farisi dan Saduki. berkumpul dan memerintahkan agar para rasul dihadapkan kepada mereka.

Wycliffe: Kis 5:22-23 - -- 22, 23. Para pengawal pergi ke penjara dan menemukan segala sesuatu di dalam keadaan yang wajar, pintu-pintu tahanan tetap terkunci dan para penjaga t...

22, 23. Para pengawal pergi ke penjara dan menemukan segala sesuatu di dalam keadaan yang wajar, pintu-pintu tahanan tetap terkunci dan para penjaga tetap waspada: tetapi para rasul itu sudah menghilang.

Wycliffe: Kis 5:24 - Kepala pengawal Bait Allah // Imam-imam kepala 24. Kepala pengawal Bait Allah adalah anggota Sanhedrin. Imam-imam kepala. Pemimpin dari beberapa keluarga Imam Besar dan imam-imam yang sebelumnya me...

24. Kepala pengawal Bait Allah adalah anggota Sanhedrin. Imam-imam kepala. Pemimpin dari beberapa keluarga Imam Besar dan imam-imam yang sebelumnya memegang jabatan Imam Besar dan yang terus mempertahankan gelar itu. Para pejabat Sanhedrin ini tampaknya berpikir bahwa orang-orang Kristen telah berhasil membuat bertobat beberapa anggota pengawal Bait Allah, dan kelihatannya gerakan baru ini akan berkembang secara tidak terkendali.

Wycliffe: Kis 5:25 - mengajar orang banyak 25. Di tengah-tengah perundingan, sampailah sebuah berita di Sanhedrin bahwa para rasul kembali mengajar orang banyak di Bait Allah.

25. Di tengah-tengah perundingan, sampailah sebuah berita di Sanhedrin bahwa para rasul kembali mengajar orang banyak di Bait Allah.

Wycliffe: Kis 5:26 - Kepala pengawal, 26. Kepala pengawal, dengan bawahannya. membujuk para rasul itu untuk ikut secara sukarela menghadap Sanhedrin. Kepala pengawal tidak berani menggunak...

26. Kepala pengawal, dengan bawahannya. membujuk para rasul itu untuk ikut secara sukarela menghadap Sanhedrin. Kepala pengawal tidak berani menggunakan kekerasan waktu mengambil para rasul itu karena takut reaksi keras masyarakat yang sangat menghormati para pengkhotbah dam penyembuh ini.

Wycliffe: Kis 5:27 - -- 27. 28. Para rasul mengikuti para pengawal meninggalkan wilayah Bait Allah menuju ke tempat pertemuan Sanhedrin. Imam Besar menuduh mereka dengan dua ...

27. 28. Para rasul mengikuti para pengawal meninggalkan wilayah Bait Allah menuju ke tempat pertemuan Sanhedrin. Imam Besar menuduh mereka dengan dua tuduhan: pertama, mereka tidak menaati perintah Sanhedrin sebelumnya untuk berhenti mengajar dalam nama Yesus. Kedua, mereka berusaha menuduh Sanhedrin sebagai yang bertanggung jawab atas penyaliban Yesus. Para rasul, tentu saja, tidak memiliki maksud demikian, tetapi khotbah mereka mengenai salib memberikan kesan semacam itu.

Wycliffe: Kis 5:29 - -- 29. Petrus menjawab bahwa keputusan Sanhedrin itu menghadapkan mereka dengan pilihan menaati manusia atau menaati Allah.

29. Petrus menjawab bahwa keputusan Sanhedrin itu menghadapkan mereka dengan pilihan menaati manusia atau menaati Allah.

Wycliffe: Kis 5:30 - Allah nenek moyang kita, 30. Di dalam situasi semacam itu, hanya satu pilihan yang dapat diambil, terutama karena Allah telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati. Yesus...

30. Di dalam situasi semacam itu, hanya satu pilihan yang dapat diambil, terutama karena Allah telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati. Yesus yang telah dibunuh oleh para pemimpin Yahudi itu. Melalui ungkapan. Allah nenek moyang kita, Petrus menunjukkan bahwa dia masih menganggap dirinya orang Yahudi. Gereja mula-mula tidak memutuskan persekutuan dengan orang-orang Yahudi, tetapi berada sebagai suatu persekutuan di dalam Yudaisme.

Wycliffe: Kis 5:31 - Pemimpin // Juruselamat 31. Sekalipun orang Yahudi telah merendahkan Yesus melalui penyaliban (Ul. 21:23), Allah telah memberikan kehormatan tertinggi kepada-Nya dengan menja...

31. Sekalipun orang Yahudi telah merendahkan Yesus melalui penyaliban (Ul. 21:23), Allah telah memberikan kehormatan tertinggi kepada-Nya dengan menjadikan Dia Pemimpin atau Pangeran dan Juruselamat.

Wycliffe: Kis 5:32 - -- 32. Pemberitaan para rasul dilandaskan pada kenyataan bahwa mereka telah menyaksikan hal-hal yang mereka kemukakan. Lagi pula, mereka tidak berbicara ...

32. Pemberitaan para rasul dilandaskan pada kenyataan bahwa mereka telah menyaksikan hal-hal yang mereka kemukakan. Lagi pula, mereka tidak berbicara hanya sebagai individu-individu secara pribadi, tetapi kesaksian mereka diberi kuasa oleh Roh Kudus yang berbicara melalui mereka. Roh Kudus diberikan bukan hanya kepada para rasul, tetapi kepada semua orang yang mau menaati Dia.

Wycliffe: Kis 5:33 - menusuk 33. Kata-kata Petrus ini menusuk hati para imam dan membuat mereka naik pitam. Kata yang diterjemahkan dengan menusuk di sini berarti memotong hingga ...

33. Kata-kata Petrus ini menusuk hati para imam dan membuat mereka naik pitam. Kata yang diterjemahkan dengan menusuk di sini berarti memotong hingga terbelah. Unsur Saduki di dalam Sanhedrin langsung merencanakan untuk membunuh para rasul.

Wycliffe: Kis 5:34 - ahli Taurat yang sangat dihormati 34. Rencana jahat mereka digagalkan oleh seorang ahli Taurat yang sangat dihormati bernama Gamaliel. Yosefus, si sejarawan Yahudi, mengatakan bahwa go...

34. Rencana jahat mereka digagalkan oleh seorang ahli Taurat yang sangat dihormati bernama Gamaliel. Yosefus, si sejarawan Yahudi, mengatakan bahwa golongan Farisi berjumlah sedikit. tetapi memiliki popularitas dan pengaruh demikian kuat di masyarakat sehingga orang Saduki tidak berani mengambil tindakan yang bertentangan dengan orang Farisi. Pengaruh nasihat Gamaliel mencerminkan situasi ini. Di samping itu, Gamaliel adalah salah seorang rabi yang paling terkemuka pada zaman itu. Saul dari Tarsis adalah mantan muridnya (22:3). dan dia dikenal luas sebagai guru paling hebat pada zamannya dalam bidang hukum Taurat.

Wycliffe: Kis 5:35 - -- 35. Gamaliel memperingatkan orang-orang Saduki yang cenderung mengambil tindakan tanpa dukungan mayoritas golongan Farisi agar tidak melakukan tindaka...

35. Gamaliel memperingatkan orang-orang Saduki yang cenderung mengambil tindakan tanpa dukungan mayoritas golongan Farisi agar tidak melakukan tindakan yang gegabah.

Wycliffe: Kis 5:36 - -- 36. Dia menyebut berbagai peristiwa sejarah yang baru saja terjadi untuk mengingatkan mereka bahwa di antara orang Yahudi telah muncul berbagai geraka...

36. Dia menyebut berbagai peristiwa sejarah yang baru saja terjadi untuk mengingatkan mereka bahwa di antara orang Yahudi telah muncul berbagai gerakan lain yang tidak menghasilkan apa-apa, sehingga tidak ada alasan untuk mengkhawatirkan kelompok baru yang memberitakan Yesus sebagai Mesias ini. Yosefus mengatakan bahwa pada masa yang tidak tenang itu terdapat banyak sekali gerakan. Gamaliel mengingatkan mereka akan seorang tokoh bernama Teudas, yang mengklaim dirinya sebagai orang yang sangat penting dan yang berhasil meyakinkan sekitar empat ratus orang Yahudi untuk mengikut dia. Gerakan ini dipadamkan dan Teudas dibunuh. Kita tidak mengetahui apa-apa lagi tentang orang ini. Sekitar tahun 45 M, seorang tukang sihir dengan nama yang sama berhasil mengajak sejumlah besar orang Yahudi ke sungai Yordan, dengan janji bahwa ia dapat membelah air sungai itu sehingga mereka dapat menyeberang di tanah yang kering. Gubernur Roma, Krispus Fadus, mengirimkan tentara berkuda dan memadamkan gerakan tersebut. Tetapi, mesias palsu ini adalah orang yang berbeda dengan yang disebut oleh Gamaliel.

Wycliffe: Kis 5:37 - Yudas, seorang Galilea // pendaftaran penduduk 37. Pemberontakan lain ditimbulkan oleh Yudas, seorang Galilea. Sewaktu Herodes Arkhelaus, salah seorang putra Herodes Agung (Mat. 2:1, 22), diturunka...

37. Pemberontakan lain ditimbulkan oleh Yudas, seorang Galilea. Sewaktu Herodes Arkhelaus, salah seorang putra Herodes Agung (Mat. 2:1, 22), diturunkan dari jabatannya sebagai gubernur Yudea, wilayah tersebut diserahkan kepada seorang gubernur Romawi; dan diadakan suatu pendaftaran penduduk untuk mengetahui jumlah pajak yang dapat ditarik dari rakyat. Yudas mengobarkan suatu pemberontakan yang bersifat religius dan kebangsaan berlandaskan anggapan bahwa hanya Allah yang merupakan Raja Israel dan bahwa hanya Dia yang berhak memerintah atas bangsa Yahudi. Gerakan ini merupakan awal dari golongan yang kemudian dikenal dengan nama Zelot; tetapi pemberontakan di bawah Yudas itu berhasil dipadamkan oleh pemerintah Roma.

Wycliffe: Kis 5:38-39 - -- 38, 39. Gamaliel menasihati Sanhedrin untuk mengandalkan pengaturan Allah. Apabila Allah ada di dalam gerakan tersebut maka gerakan itu akan berkemban...

38, 39. Gamaliel menasihati Sanhedrin untuk mengandalkan pengaturan Allah. Apabila Allah ada di dalam gerakan tersebut maka gerakan itu akan berkembang pesat; apabila tidak demikian gerakan itu akan berhenti dengan sendirinya.

Wycliffe: Kis 5:40 - -- 40. Pengaruh Gamaliel demikian besar sehingga ia mempengaruhi keputusan yang diambil oleh Sanhedrin. Sebuah hukuman kecil berupa pengesahan dikenakan ...

40. Pengaruh Gamaliel demikian besar sehingga ia mempengaruhi keputusan yang diambil oleh Sanhedrin. Sebuah hukuman kecil berupa pengesahan dikenakan atas mereka, mungkin dengan tiga puluh sembilan pukulan (II Kor. 11:24), karena tidak menaati perintah Sanhedrin sebelumnya.

Wycliffe: Kis 5:41-42 - pengajaran ... dan memberitakan Injil tentang Yesus yang adalah Mesias, // di Bait Allah 41, 42. Para rasul sama sekali tidak berkurang semangatnya, sebab mereka menganggap penderitaan karena nama Yesus adalah suatu kehormatan. Mereka mela...

41, 42. Para rasul sama sekali tidak berkurang semangatnya, sebab mereka menganggap penderitaan karena nama Yesus adalah suatu kehormatan. Mereka melanjutkan terus pengajaran ... dan memberitakan Injil tentang Yesus yang adalah Mesias, baik secara umum di Pelataran untuk Bangsa Bukan Yahudi di Bait Allah dan di dalam perkumpulan-perkumpulan Kristen di rumah-rumah milik perseorangan.

Wycliffe: Kis 5:42 - -- II. Gereja di Yerusalem (3:1; 5:42) Gereja mula-mula pada awalnya tidak menunjukkan kecenderungan untuk melancarkan suatu misi pemberitaan Injil ke s...

II. Gereja di Yerusalem (3:1; 5:42)

Gereja mula-mula pada awalnya tidak menunjukkan kecenderungan untuk melancarkan suatu misi pemberitaan Injil ke seluruh dunia. Orang-orang Kristen yang pertama adalah orang-orang Yahudi yang tinggal di Yerusalem yang telah menemukan bahwa Yesus adalah penggenapan nubuat Perjanjian Lama. Lukas memilih beberapa episode untuk melukiskan tahun-tahun awal ini.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Kis 5:1-11 - Perkara Ananias dan Safira Dalam pasal ini terdapat, I. Dosa dan penghukuman Ananias dan Safira, yang, karena berdusta kepada Roh Kudus, tewas seketika oleh perk...

Matthew Henry: Kis 5:12-16 - Kemajuan Injil Kemajuan Injil ( Kis 5:12-16) Di sini kita menjumpai gambaran tentang kemajuan Injil, meskipun penghakiman dahsyat menimpa dua orang munafik. ...

Matthew Henry: Kis 5:17-25 - Malaikat Tuhan Membebaskan Para Rasul dari Penjara Malaikat Tuhan Membebaskan Para Rasul dari Penjara ( Kis 5:17-25) Tidak pernah ada pekerjaan baik yang memiliki harapan untuk berhasil terus berlan...

Matthew Henry: Kis 5:26-42 - Penangkapan dan Pemeriksaan Para Rasul; Nasihat Gamaliel Penangkapan dan Pemeriksaan Para Rasul; Nasihat Gamaliel ( Kis 5:26-42) Kita tidak diberi tahu apa yang dikhotbahkan para rasul kepada orang bany...

SH: Kis 5:1-11 - Disiplin untuk memurnikan umat (Rabu, 17 Juni 2009) Disiplin untuk memurnikan umat Apa tujuan disiplin gereja ditegakkan? Agar dosa tidak dianggap sepele. Kita tahu bahwa Perjanjian Lama sangat men...

SH: Kis 5:1-11 - Hormati Tuhan. (Rabu, 18 Juni 2003) Hormati Tuhan. Kisah Ananias dan Safira merupakan salah satu kisah paling tragis yang dicatat di Alkitab. Tragis karena beberapa penyebab. ...

SH: Kis 5:1-11 - Musuh dalam selimut. (Senin, 31 Mei 1999) Musuh dalam selimut. Gereja yang dipenuhi Roh Kudus, tidak menjamin bahwa semuanya penuh keindahan dan kebenaran. Setelah musuh dari luar tida...

SH: Kis 5:12-16 - Kuasa Allah dan persekutuan umat (Kamis, 18 Juni 2009) Kuasa Allah dan persekutuan umat Apa yang membedakan gereja perdana dengan gereja-gereja masa kini pada umumnya? Gereja mula-mula penuh dengan ke...

SH: Kis 5:12-20 - Beriman meski tidak melihat. (Kamis, 19 Juni 2003) Beriman meski tidak melihat. Kekristenan bukanlah filsafat manusia; kekristenan adalah iman pada Allah yang hidup yang telah menyatakan diri-N...

SH: Kis 5:12-25 - Kehadiran Allah dalam gereja yang berkembang terus. (Selasa, 1 Juni 1999) Kehadiran Allah dalam gereja yang berkembang terus. Banyak orang datang untuk mendengarkan khotbah mereka dan melihat banyak orang sakit disem...

SH: Kis 5:17-25 - Tak ada kata menyerah (Jumat, 19 Juni 2009) Tak ada kata menyerah Bagaimana sikap seharusnya gereja menghadapi penganiayaan? Adalah fakta di negara kita bahwa jumlah gereja yang dibakar, di...

SH: Kis 5:21-33 - Tidak selalu berani tetapi tidak selalu takut. (Jumat, 20 Juni 2003) Tidak selalu berani tetapi tidak selalu takut. Corrie ten Boom memahami artinya penjara dan ketidakadilan. Beserta dengan keluarganya ia ditan...

SH: Kis 5:26-42 - Batu uji kebenaran (Minggu, 21 Juni 2009) Batu uji kebenaran Apa yang membuat kekristenan bertahan bahkan terus menjadi terang firman Allah bagi dunia yang dalam kegelapan ini? Bukan kare...

SH: Kis 5:26-42 - Tekanan yang semakin berat. (Rabu, 2 Juni 1999) Tekanan yang semakin berat. Para rasul kembali ditangkap, namun Petrus tetap memiliki keberanian untuk memberitakan Yesus : "yang kamu gantung...

SH: Kis 5:34-42 - Bagaimanakah Tuhan menolong kita? (Sabtu, 21 Juni 2003) Bagaimanakah Tuhan menolong kita? Ada banyak cara yang Tuhan gunakan untuk menolong anak-anak-Nya, salah satunya adalah dengan menempatkan ora...

Utley: Kis 5:1-6 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 5:1-61 Ada seorang lain yang bernama Ananias. Ia beserta isterinya Safira menjual sebidang tanah, 2 aDengan setahu isteriny...

Utley: Kis 5:7-11 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 5:7-117 Kira-kira tiga jam kemudian, masuklah isteri Ananias, tetapi ia tidak tahu apa yang telah terjadi. 8 Kata Petrus ke...

Utley: Kis 5:12-16 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 5:12-1612 Dan oleh rasul-rasul diadakan banyak tanda dan mujizat di antara orang banyak. Semua orang percaya selalu berkump...

Utley: Kis 5:17-26 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 5:17-2617 Akhirnya mulailah Imam Besar dan pengikut-pengikutnya, yaitu orang-orang dari mazhab Saduki, bertindak sebab mere...

Utley: Kis 5:27-32 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 5:27-3227 Mereka membawa keduanya dan menghadapkan mereka kepada Mahkamah Agama. Imam Besar mulai menanyai mereka, 28 katan...

Utley: Kis 5:33-39 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 5:33-3933 Mendengar perkataan itu sangatlah tertusuk hati mereka dan mereka bermaksud membunuh rasul-rasul itu. 34 Tetapi s...

Utley: Kis 5:40-42 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 5:40-4240 Nasihat itu diterima. Mereka memanggil rasul-rasul itu, lalu menyesah mereka dan melarang mereka mengajar dalam N...

Topik Teologia: Kis 5:1 - -- Gereja Penyalahgunaan Persembahan Kis 5:1-2 Disiplin dalam Gereja Mat 18:15-18 Yoh 20:23 Kis 5:1-10 Rom 14:1 Rom 15:1 Rom...

Topik Teologia: Kis 5:3 - -- Roh Kudus Roh yang Dapat Didustai Kis 5:3-4 Roh yang Disebut Allah Kis 5:3-4 Mendustai Roh ...

Topik Teologia: Kis 5:4 - -- Roh Kudus Roh yang Dapat Didustai Kis 5:3-4 Roh yang Disebut Allah Kis 5:3-4 Gereja Gereja M...

Topik Teologia: Kis 5:5 - -- Gereja Gereja Mengalami Disiplin Ilahi Kis 5:3-11 Ibr 12:7-11 Wah 3:18-19 Disiplin dalam Gereja Mat 18:15-18 Yoh 20:23 Kis 5:...

Topik Teologia: Kis 5:7 - -- Dosa Dosa-dosa Terhadap Sesama Dosa-dosa Penipuan Dusta dan Kepalsuan Kel 20:16 Ayu 15:35 Ayu 21:34 Ayu 24:25 Ayu 31:...

Topik Teologia: Kis 5:9 - -- Roh Kudus Roh yang Dapat Diuji Kis 5:9 Roh Tuhan Yes 11:2 Luk 4:18 Kis 5:9 Kis 8:39 Mendusta...

Topik Teologia: Kis 5:11 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Memuliakan Allah Takut kepada Allah Contoh-contoh Mereka yang Takut kepada Allah ...

Topik Teologia: Kis 5:12 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Mujizat-mujizat sebagai Pemeliharaan Khusus dari Allah Pengesahan Mujizat-mujizat ...

Topik Teologia: Kis 5:13 - -- Pengudusan Nama dan Kiasan untuk Umat yang Dikuduskan Nama-nama Untuk Orang Kristen Orang Kristen Disebut Orang-orang Percaya Kis ...

Topik Teologia: Kis 5:14 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita dan Peranannya Dalam Agama Wanita Dalam Jemaat yang Mula-mula Wanita-wanita adalah Bagian dari Komunit...

Topik Teologia: Kis 5:16 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Iblis-iblis

Topik Teologia: Kis 5:17 - -- Dosa Dosa-dosa Terhadap Sesama Dosa-dosa Keinginan Iri Hati dan Cemburu Bil 11:28-30 Bil 12:2 Ayu 5:2 Maz 37:1 Maz 73...

Topik Teologia: Kis 5:19 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Baik

Topik Teologia: Kis 5:20 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Baik Beberapa Orang yang Kepadanya Para Malaikat Baik Menampakkan diri Para Murid ...

Topik Teologia: Kis 5:28 - -- Yesus Kristus Nama Kristus Orang-orang Percaya Mengalami Banyak Hal di dalam Nama Yesus Orang-orang Percaya Berbicara, Berkhotbah,...

Topik Teologia: Kis 5:29 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Klaim Perjanjian Baru atas Keilahian Yesus Yesus Disejajarkan dengan Allah Kita Harus Me...

Topik Teologia: Kis 5:30 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Deskriptif Allah Allah Nenek Moyang Kita Ezr 7:2...

Topik Teologia: Kis 5:31 - -- Yesus Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus Keilahian Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Roh Kudus Sifat Ilahi Roh Kud...

Topik Teologia: Kis 5:32 - -- Roh Kudus Roh yang Bersaksi Yoh 15:26 Kis 5:32 Rom 8:16 Ibr 10:15 1Yo 4:2 1Yo 5:6-8 Roh yang Bersaksi Yoh ...

Topik Teologia: Kis 5:38 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan dan Manusia Dunia Pemeliharaan Allah di Dalam Perilaku Manusia ...

Topik Teologia: Kis 5:40 - -- Yesus Kristus Nama Kristus Orang-orang Percaya Mengalami Banyak Hal di dalam Nama Yesus Orang-orang Percaya Berbicara, Berkhotbah,...

Topik Teologia: Kis 5:41 - -- Yesus Kristus Nama Kristus Orang-orang Percaya Mengalami Banyak Hal di dalam Nama Yesus Orang-orang Percaya Menderita Demi Nama-Ny...

Topik Teologia: Kis 5:42 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Kristus Mat 1:16 Mat 16:20 Mar 14:61 Luk 2:11 Luk 9:20 Luk 23:2 Luk 23:3...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Penulis : Lukas Tema : Penyebaran Injil yang Penuh Keberhasilan Melalui Kuasa Roh Kudus Tanggal Penulis...

Full Life: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (Kis 1:1-11) I. Pencurahan Roh Kudus (Kis 1:12-2:41) A. Persiapan untuk Perjanjian ...

Matthew Henry: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Dengan rasa puas hati yang melimpah kita sudah menyaksikan bagaimana dasar agama kita yang kudus dibangun di atas sejarah Juruselamat kita ...

Jerusalem: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH PARA RASUL PENGANTAR Injil ketiga dan Kisah para Rasul aslinya merupakan hanya satu karya saja, yang sekarang kiranya dapat diberi judul: "...

Ende: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH RASUL-RASUL KATA PENGANTAR Tentang isi dan maksud karangan ini umumnja Mula-mula sebagai landjutan langsung dari "Indjil ketiga" karangan ini be...

Wycliffe: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN KISAH PARA RASUL Judul. Judul kitab ini sebagaimana kita ketahui tidak menyatu dengan kitab yang aslinya, tetapi berasal dari abad kedua ...

Wycliffe: Kisah Para Rasul (Garis Besar) GARIS BESAR KISAH PARA RASUL PENDIRIAN DAN PERTUMBUHAN GEREJA I. Permulaan Gereja (1:1-2:47) A. Persiapan: pelayanan pasca-kebangki...

BIS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH RASUL-RASUL PENGANTAR Kisah Rasul-rasul adalah lanjutan buku Kabar Baik yang disampaikan oleh Lukas. Tujuan utama Kisah Rasul-rasul ini ialah

KISAH RASUL-RASUL

PENGANTAR

Kisah Rasul-rasul adalah lanjutan buku Kabar Baik yang disampaikan oleh Lukas. Tujuan utama Kisah Rasul-rasul ini ialah menguraikan mengenai bagaimana pengikut-pengikut Yesus - dengan pimpinan Roh Allah - menyebarkan Kabar Baik tentang Yesus "di Yerusalem, di seluruh Yudea, di Samaria, dan sampai ke ujung bumi" (Kis 1:8). Buku ini adalah cerita tentang pergerakan Kristen yang dimulai di antara orang Yahudi lalu meluas menjadi suatu agama untuk seluruh dunia. Penulis buku ini merasa perlu pula meyakinkan para pembacanya bahwa orang-orang Kristen bukanlah suatu bahaya politik subversif terhadap kerajaan Roma, tetapi bahwa agama Kristen merupakan penyempurnaan agama Yahudi.

Kisah Rasul-rasul bisa dibagi dalam tiga bagian. Di dalam ketiga bagian itu nampak meluasnya wilayah di mana Kabar Baik tentang Yesus disiarkan dan gereja didirikan:

  1. (1) permulaan pergerakan Kristen di Yerusalem setelah Yesus terangkat naik ke surga;
  2. (2) perluasan ke daerah-daerah lain di Palestina; dan
  3. (3) perluasan yang lebih besar lagi ke negeri-negeri di sekitar Laut Tengah sampai sejauh Roma.

Satu hal yang khas dan penting dalam buku Kisah Rasul-rasul ini ialah pekerjaan Roh Allah yang datang dengan kuasa ke atas orang-orang percaya di Yerusalem pada hari Pentakosta. Di dalam seluruh peristiwa-peristiwa yang tercatat dalam buku ini nyatalah bahwa Roh Allah itu terus-menerus memimpin dan menguatkan gereja beserta pemimpin-pemimpinnya. Berita yang diajarkan oleh agama Kristen pada masa-masa permulaan ini diringkaskan dalam sejumlah khotbah. Peristiwa-peristiwa yang dicatat dalam buku ini menunjukkan pula betapa berkuasanya berita itu di dalam kehidupan orang-orang Kristen dan di dalam ikatan persaudaraan gereja.

Isi

  1.  Persiapan untuk pemberitaan
    Kis 1:1-26
    1. a. Perintah yang terakhir dan janji dari Tuhan Yesus
      Kis 1:1-14
    2. b. Pengganti Yudas
      Kis 1:15-26
  2.  Pemberitaan di Yerusalem
    Kis 2:1-8:3
  3.  Pemberitaan di Yudea dan Samaria
    Kis 8:4-12:25
  4.  Pelayanan Paulus
    Kis 13:1-28:31
    1. a. Perjalanan pertama untuk penyebaran Kabar Baik
      Kis 13:1-14:28
    2. b. Musyawarah di Yerusalem
      Kis 15:1-35
    3. c. Perjalanan kedua untuk penyebaran Kabar Baik
      Kis 15:36-18:22
    4. d. Perjalanan ketiga untuk penyebaran Kabar Baik
      Kis 18:23-21:16
    5. e. Paulus sebagai tahanan di Yerusalem, Kaisarea, dan Roma
      Kis 21:17-28:31

Ajaran: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti bagaimana Tuhan Yesus mendirikan Gereja-Nya di dunia, dan betapa besar Kasih Karunia Allah kepada bangsa-

Tujuan

Supaya orang-orang Kristen mengerti bagaimana Tuhan Yesus mendirikan Gereja-Nya di dunia, dan betapa besar Kasih Karunia Allah kepada bangsa-bangsa di dunia.

Pendahuluan

Penulis : Lukas.

Tahun : Sekitar tahun 61 sesudah Masehi.

Penerima : Seorang yang bernama Theofilus (Kis 1:1). (Dan kepada setiap orang yang percaya kepada Tuhan Yesus).

Isi Kitab: Kitab Para Rasul terbagi atas 28 pasal. Di dalam Kitab ini terdapat sejarah berdirinya Gereja Kristen, khotbah-khotbah para Rasul, penganiayaan terhadap umat Kristen, penginjilan kepada bangsa-bangsa lain, serta permulaan adanya sebutan Kristen.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Kisah Para Rasul

  1. Pasal 1-5 (Kis 1:1-5:42).

    Pengajaran tentang kelahiran gereja Tuhan Yesus pertama kali

    Bagian ini menceritakan tentang amanat Tuhan Yesus yang diberikan kepada murid-murid-Nya sebelum Ia naik ke Sorga. Dan tentang orang-orang percaya setelah mendengar khotbah Rasul Petrus yang dikuasai oleh Roh Kudus.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kis 1:8; 2:1-3,36-41. Nats ini menyatakan perkataan Tuhan Yesus bahwa murid-murid-Nya akan menerima kuasa setelah menerima Roh Kudus, dan perkataan Tuhan Yesus itu digenapi ketika Para Rasul berkumpul di Yerusalem. _Tanyakan_: Apakah saudara yakin sudah menerima Roh Kudus dan memiliki kuasa-Nya? Kalau sudah apakah yang harus saudara perbuat?
    2. Bacalah pasal Kis 2:41-47; 4:32-37.

      Nats ini menceritakan kehidupan orang-orang percaya pada abad pertama penuh dengan kasih terhadap sesama dan ketekunan dalam beribadah kepada Allah. _Tanyakan_: Bagaimanakah sifat saudara terhadap anggota gereja yang lain? Apakah saudara rajin ke Gereja, baca Alkitab dan berdoa?

  2. Pasal 6-12 (Kis 6:1-12:25).

    Pengajaran tentang perkembangan gereja yang berada dalam penganiayaan terhadap orang-orang percaya

    Orang-orang percaya di kota Yerusalem mengalami penganiayaan dari orang- orang Yahudi, sehingga mereka melarikan diri ke penjuru dunia. Tetapi di dalam segala penderitaan dan penganiayaan itu mereka tetap memberitakan Injil Tuhan Yesus.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kis 7:54-60; 8:1-4. Nats-nats ini menceritakan bagaimana beratnya penderitaan dan aniaya yang dialami oleh orang-orang percaya, tetapi walaupun di dalam penderitaan dan aniaya itu mereka tetap setia beribadah dan memberitakan Injil. _Tanyakan_: Bagaimanakah sikap saudara kalau saudara diancam setelah masuk Kristen?
    2. Bacalah pasal Kis 9:1-22. Nats ini menceritakan tentang Saulus (Paulus) yang adalah seorang penganiaya orang-orang percaya, mengalami pertobatan dan akhirnya menjadi Rasul. Ini mengajarkan bahwa kuasa Tuhan Yesus dapat mengubah kehidupan seseorang yang sangat jahat sekalipun. _Tanyakan_: Sudahkah kehidupan saudara diubah oleh Tuhan Yesus menjadi kehidupan yang benar?
  3. Pasal 13-15 (Kis 13:1-15:41).

    Pengajaran tentang jemaat (gereja) setempat yang menginjil

    Bagian ini menjelaskan tentang kehidupan orang-orang percaya di kota Antiokhia, dan sebutan Kristen pertama kali diberikan kepada murid-murid Tuhan Yesus.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kis 11:23-26. _Tanyakan_: Mengapa orang-orang percaya di Antiokhia disebut Kristen?
    2. Bacalah pasal Kis 13:1-6.

      Nats ini menceritakan tentang jemaat Antiokhia, yang mengirimkan penginjil-penginjil kepada bangsa-bangsa lain karena taat pada Roh Kudus. Ini mengajarkan pada setiap gereja untuk mempunyai beban penginjilan pada setiap orang yang belum mengenal Tuhan Yesus.

      _Tanyakan_: Apakah di gereja saudara mempunyai beban penginjilan?

  4. Pasal 16-28 (Kis 16:1-28:31).

    Pengajaran tentang nama Tuhan Yesus diberitakan ke seluruh dunia

    Dalam bagian ini, dijelaskan bagaimana Kasih Karunia Allah yang ada dalam Tuhan Yesus, diberitakan pada setiap suku bangsa, baik yang menjadi rakyat biasa, maupun yang menjadi tentara dan orang-orang istana.

    Pendalaman

    Bacalah pasal Kis 23:11. Ayat ini menyatakan tentang perkataan Tuhan Yesus kepada Paulus untuk bersaksi dengan penuh keberanian di kota Roma. Ini juga mengajarkan pada setiap orang Kristen tetap mempunyai keberanian untuk bersaksi kepada setiap orang.

    _Tanyakan_: Sudahkah saudara bersaksi dengan berani kepada setiap orang?

II. Kesimpulan

Melalui Kitab Kisah Para Rasul dapatlah diketahui bahwa perkembangan Gereja Tuhan Yesus dan Kasih Karunia Allah yang diberikan pada setiap bangsa mendapat tantangan dari kuasa dunia dan orang-orang yang tidak mau mengenal Allah. Tetapi melalui Kemahakuasaan-Nya, Tuhan Yesus mengalahkan semua kuasa dunia itu, dan Gereja tetap bertumbuh.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Kisah Para Rasul?
  2. Dengan kuasa apakah Rasul Paulus berkhotbah Yerusalem?
  3. Bagaimanakah kehidupan orang percaya pada abad pertama?
  4. Bagaimanakah beban penginjilan di jemaat Antiokhia?
  5. Dari manakah datangnya keberanian Rasul Paulus untuk bersaksi?

Intisari: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Kisah tentang gereja yang bersaksi SIAPAKAH YANG MENULIS KITAB INI?Kitab ini ditulis oleh tabib Lukas. Kitab ini boleh juga diberi judul Kisah Roh Ku

Kisah tentang gereja yang bersaksi

SIAPAKAH YANG MENULIS KITAB INI?
Kitab ini ditulis oleh tabib Lukas. Kitab ini boleh juga diberi judul Kisah Roh Kudus, karena menceritakan apa yang terjadi setelah Roh Kudus turun atas para rasul pada hari Pentakosta. Lukas, satu-satunya penulis Perjanjian Baru yang bukan orang Yahudi, menulis Kisah para Rasul sebagai kelanjutan dari tulisan sebelumnya yakni Injil yang memakai namanya.

APAKAH ISI KITAB INI?
12 pasal pertama terutama meliput kegiatan rasul Petrus, sementara pasal-pasal selanjutnya sebagian besar tentang pekerjaan rasul Paulus. Yesus telah mengatakan kepada para murid-Nya bahwa apabila Roh Kudus turun ke atas mereka, mereka akan menjadi saksi-saksi-Nya. Kitab Kisah para Rasul memperlihatkan bagaimana hal ini digenapi. Dari kitab Kisah para Rasul, kita banyak sekali belajar tentang gereja mula-mula, suka dan dukanya, kemenangan dan kesusahannya, tetapi yang terpenting ialah perkembangan gereja yang dalam jangka waktu beberapa tahun sudah dibangun di seluruh dunia yang telah beradab. Kita tahu bahwa tabib Lukas adalah seorang sejarawan yang cermat dan kita boleh yakin bahwa dalam kitab ini kita memperoleh catatan yang benar tentang kekristenan yang mula-mula.

APA CIRI-CIRI UTAMANYA?
Kata 'saksi' dipakai lebih dari 30 kali, mengingatkan kita bahwa gereja yang sejati adalah gereja yang bersaksi dan setiap Kristen dipanggil untuk menjadi saksi. Sungguh menakjubkan bahwa hanya dalam satu generasi, orang-orang Kristen mula-mula ini telah mengabarkan Injil ke seluruh dunia yang sudah beradab. Kisah para Rasul merupakan buku pedoman misi yang terbaik yang pernah ditulis. Kisah para Rasul berakhir dengan tiba-tiba - seolah-olah tidak selesai. Suatu cara mengakhiri yang tepat, karena gereja yang bersaksi harus terus maju sampai Kristus datang kembali. Kitab-kitab Injil memperlihatkan apa yang mulai dilakukan oleh Kristus ketika Ia ada di dunia dan Kisah para Rasul menunjukkan apa yang dilakukan-Nya selanjutnya oleh Roh-Nya yang kudus melalui murid-murid-Nya. Kitab ini dimulai dengan pemberitaan Injil di Yerusalem, ibu kota agama bangsa Yahudi; diakhiri dengan pemberitaan Injil di kota Roma, ibu kota dari dunia yang beradab pada waktu itu.

KAPAN KITAB INI DITULIS?
Hampir dapat dipastikan bahwa tabib Lukas menulis Kisah para Rasul pada awal atau pertengahan tahun enam puluhan abad pertama - pada akhir masa dua tahun hukuman penjara rasul Paulus di Roma. Kitab itu mencakup masa dari pendirian gereja di Yerusalem sampai masa hukuman penjara rasul Paulus di Roma - yaitu kurang lebih tiga puluh tahun

Pesan

1. Gereja menanti dan menerIma kuasa Roh Kudus.
o Amanat agung diulangi. Kis 1:8
o Tuhan yang bangkit naik ke surga. Kis 1:9
o Para rasul berdoa. Kis 1:14
o Roh yang dijanjikan diberikan. Kis 2:4
o Disusul dengan khotbah yang penuh kuasa. Kis 2:37

2. Gereja mempertunjukkan persekutuan Kristen.
o Dalam kehidupan bersama. Kis 2:44; 4:32
o Dalam ibadah bersama. Kis 2:46

3. Gereja segera mengalami baik kemenangan maupun kesusahan.
o Penyembuhan orang lumpuh. Kis 3:2
o Penipuan Ananias dan Safira. Kis 5:1

4. Gereja mengangkat 'para pejabat' yang pertama -'Kelompok Tujuh Orang' (Kis 6:3).

5. Martir pertama gereja - Stefanus (Kis 7:60).

6. Gereja menerima seorang petobat baru yang luar biasa - Saulus dari Tarsus (Kis 9:1-19).

7. Gereja membuktikan kuasa doa.
o Persekutuan doa yang membuka pintu penjara. Kis 12:5

8. Gereja mengadakan sidangnya yang pertama yang di dalamnya kebebasan orang
bukan Yahudi dilindungi (Kis 15:19).

Penerapan

1.Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita apa yang harus dilaksanakan oleh gereja Perjanjian Baru:
o Pengajaran
o Persekutuan
o Pemecahan roti
o Kebaktian (doa-doa)

2. Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita bagaimana seharusnya persekutuan Kristen itu:
o Saling berbagi hidup dan memperhatikan

3. Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita bagaimana seharusnya pekerjaan misi dilaksanakan:
o Oleh setiap orang yang dipanggil oleh Allah - bukan suatu golongan elit tertentu
o Di bawah pimpinan Roh Kudus
o Mengunjungi tempat-tempat yang strategis

4. Kisah para Rasul mengingatkan kita bahwa Kristen yang sungguh-sungguh sekalipun, kadang-kadang berbeda pendapat dan berpisah.
o Paulus dan Barnabas mengambil sikap yang berbeda terhadap Yohanes Markus ketika ia meninggalkan mereka, tetapi perbedaan ini kemudian dipulihkan.

5. Kisah para Rasul memperkenalkan kita kepada para pemimpin pertama yang diangkat dalam gereja Kristen dan memberitahukan kepada kita apa persyaratan mereka.

Tema-tema Kunci

1. Bersaksi.
Kata Yunani yang diterjemahkan menjadi 'saksi' berhubungan dengan kata 'martir'.
Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita betapa tinggi harga yang harus dibayar
dalam bersaksi - Stefanus harus membayar dengan nyawanya dan kesaksian Petrus
dan Paulus menyebabkan mereka dipenjarakan.
Carilah ayat-ayat lain yang mengandung kata' saksi'. Bandingkan siksaan yang
diterima oleh Stefanus dengan kematian Kristus di kayu salib (Luk. 23:34; Kis. 7:60).

2. Pertobatan.
Kisah para Rasul mencatat sejumlah peristiwa pertobatan yang unik. Keempat
contoh di bawah ini memperlihatkan bagaimana Allah membawa laki-laki dan
perempuan kepadaNya dengan berbagai cara: O Sida-sida dari Etiopia yang dibawa
kepada Kristus melalui pembacaan Kitab Suci (Kis 8:30).
o Saulus dari Tarsus, yang hidupnya berubah secara tiba-tiba dan dramatis (Kis 9:1-19).
o Lidia, wanita yang taat beribadah, yang telah siap menerima Injil (Kis 16:14).
o Kepala penjara Filipi yang mencari keselamatan karena didorong oleh rasa takut
(Kis 16:29, 30).
Carilah ayat-ayat yang berhubungan dengan keempat pertobatan di atas serta
bandingkanlah cara-cara yang Allah pakai waktu itu dan sekarang untuk membawa
orang kepada-Nya.

3.Tim penginjilan.
Kita melihat di dalam Kisah para Rasul pola kerja misionaris. Paulus tidak saja
menetapkan tempat-tempat yang strategis dan berusaha menyebarkan kabar baik di
daerah sekelilingnya, tetapi ia juga mempunyai rekan penolong.

Perhatikanlah kampanye Paulus yang berbeda-beda dalam perjalanan misionarisnya
yang tercatat dalam Kisah para Rasul.

Garis Besar Intisari: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) [1] PENGANTAR Kis 1:1-26 Masa empat puluh hari dan sesudahnya: Kis 1:1-11Janji tentang Roh Kudus Kis 1:12-14Para murid yang menanti Kis 1:15-2

[1] PENGANTAR Kis 1:1-26

Masa empat puluh hari dan sesudahnya:

Kis 1:1-11Janji tentang Roh Kudus
Kis 1:12-14Para murid yang menanti
Kis 1:15-26Penggantian Yudas

[2] BERSAKSI DI YERUSALEM Kis 2:1-7:60

Kis 2:1-47Kuasa diberikan dan khotbah penuh kuasa
Kis 3:1-26Mukjizat pertama yang dicatat dalam gereja mula-mula
Kis 4:1-31Timbulnya kaum oposisi
Kis 4:32-5:16Berkat dan cela
Kis 5:17-42Lebih menaati Allah daripada manusia
Kis 6:1-7:60Martir Kristen pertama

[3] BERSAKSI DI SAMARIA Kis 8

[4] BERSAKSI DI TEMPAT YANG LEBIH JAUH Kis 9:1-13:3

Kis 9Pertobatan yang luar biasa
Kis 10:1-11:30Mata Petrus terbuka
Kis 12:1-25 Petrus ditangkap
Kis 13:1-3Paulus dan Barnabas diutus

[5] BERSAKSI SAMPAI KE UJUNG DUNIA Kis 13:4-28:31

Kis 13:4-15:35Perjalanan misionaris yang pertama

o Siprus (Kis 13:4-12)

o Perga (Kis 13:13)

o Pisidia Antiokhia (Kis 13:14-52)

o Ikonium (Kis 14:1-6)

o Listra (Kis 14:6-20)

o Derbe (Kis 14:20-21)

o Sidang di Yerusalem (Kis 15:1-35)

Kis 15:36-18:22Perjalanan misionaris yang kedua

o Paulus dan Barnabas berpisah (Kis 15:36-41)

o Paulus mengunjungi Listra (Kis 16:1-3)

o Berbagai kota di Asia Kecil (Kis 16:4-11)

o Filipi (Kis 16:12-40)

o Tesalonika (Kis 17:1-9)

o Berea (Kis 17:10-14)

o Atena(Kis 17:15-34)

o Korintus (Kis 18:1-17)

o Kembali ke Antiokhia
Kis 18:23-21:17Perjalanan misionaris yang ketiga

o Paulus mengunjungi Efesus (Kis 18:23-19:40)

o Berangkat ke Yerusalem (Kis 20:1-16)

o Berpidato di depan para penatua di Efesus (Kis 20:17-38)

o dan akhirnya tiba di Yerusalem (Kis 21:1-17)

Kis 21:18-28:3Paulus berhadapan dengan para penguasa

o Didakwa dan ditangkap (Kis 21:18-40)

o Membela diri (Kis 22-26)

o Dalam perjalanan ke Roma (Kis 27:1-28:15)

o Paulus masih berkhotbah (Kis 28:16-31)

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #21: Untuk mempelajari Sejarah/Latar Belakang kitab/pasal Alkitab, gunakan Boks Temuan pada Tampilan Alkitab. [SEMUA]
dibuat dalam 0.95 detik
dipersembahkan oleh YLSA