kecilkan semua  

Teks -- Kejadian 29:1-35 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Yakub di rumah Laban
29:1 Kemudian berangkatlah Yakub dari situ dan pergi ke negeri Bani Timur. 29:2 Ketika ia memandang sekelilingnya, dilihatnya ada sebuah sumur di padang, dan ada tiga kumpulan kambing domba berbaring di dekatnya, sebab dari sumur itulah orang memberi minum kumpulan-kumpulan kambing domba itu. Adapun batu penutup sumur itu besar; 29:3 dan apabila segala kumpulan kambing domba itu digiring berkumpul ke sana, maka gembala-gembala menggulingkan batu itu dari mulut sumur, lalu kambing domba itu diberi minum; kemudian dikembalikanlah batu itu lagi ke mulut sumur itu. 29:4 Bertanyalah Yakub kepada mereka: "Saudara-saudara, dari manakah kamu ini?" Jawab mereka: "Kami ini dari Haran." 29:5 Lagi katanya kepada mereka: "Kenalkah kamu Laban, cucu Nahor?" Jawab mereka: "Kami kenal." 29:6 Selanjutnya katanya kepada mereka: "Selamatkah ia?" Jawab mereka: "Selamat! Tetapi lihat, itu datang anaknya perempuan, Rahel, dengan kambing dombanya." 29:7 Lalu kata Yakub: "Hari masih siang, belum waktunya untuk mengumpulkan ternak; berilah minum kambing dombamu itu, kemudian pergilah menggembalakannya lagi." 29:8 Tetapi jawab mereka: "Kami tidak dapat melakukan itu selama segala kumpulan binatang itu belum berkumpul; barulah batu itu digulingkan dari mulut sumur dan kami memberi minum kambing domba kami." 29:9 Selagi ia berkata-kata dengan mereka, datanglah Rahel dengan kambing domba ayahnya, sebab dialah yang menggembalakannya. 29:10 Ketika Yakub melihat Rahel, anak Laban saudara ibunya, serta kambing domba Laban, ia datang mendekat, lalu menggulingkan batu itu dari mulut sumur, dan memberi minum kambing domba itu. 29:11 Kemudian Yakub mencium Rahel serta menangis dengan suara keras. 29:12 Lalu Yakub menceritakan kepada Rahel, bahwa ia sanak saudara ayah Rahel, dan anak Ribka. Maka berlarilah Rahel menceritakannya kepada ayahnya. 29:13 Segera sesudah Laban mendengar kabar tentang Yakub, anak saudaranya itu, berlarilah ia menyongsong dia, lalu mendekap dan mencium dia, kemudian membawanya ke rumahnya. Maka Yakub menceritakan segala hal ihwalnya kepada Laban. 29:14 Kata Laban kepadanya: "Sesungguhnya engkau sedarah sedaging dengan aku." Maka tinggallah Yakub padanya genap sebulan lamanya. 29:15 Kemudian berkatalah Laban kepada Yakub: "Masakan karena engkau adalah sanak saudaraku, engkau bekerja padaku dengan cuma-cuma? Katakanlah kepadaku apa yang patut menjadi upahmu." 29:16 Laban mempunyai dua anak perempuan; yang lebih tua namanya Lea dan yang lebih muda namanya Rahel. 29:17 Lea tidak berseri matanya, tetapi Rahel itu elok sikapnya dan cantik parasnya. 29:18 Yakub cinta kepada Rahel, sebab itu ia berkata: "Aku mau bekerja padamu tujuh tahun lamanya untuk mendapat Rahel, anakmu yang lebih muda itu." 29:19 Sahut Laban: "Lebih baiklah ia kuberikan kepadamu dari pada kepada orang lain; maka tinggallah padaku." 29:20 Jadi bekerjalah Yakub tujuh tahun lamanya untuk mendapat Rahel itu, tetapi yang tujuh tahun itu dianggapnya seperti beberapa hari saja, karena cintanya kepada Rahel. 29:21 Sesudah itu berkatalah Yakub kepada Laban: "Berikanlah kepadaku bakal isteriku itu, sebab jangka waktuku telah genap, supaya aku akan kawin dengan dia." 29:22 Lalu Laban mengundang semua orang di tempat itu, dan mengadakan perjamuan. 29:23 Tetapi pada waktu malam diambilnyalah Lea, anaknya, lalu dibawanya kepada Yakub. Maka Yakubpun menghampiri dia. 29:24 Lagipula Laban memberikan Zilpa, budaknya perempuan, kepada Lea, anaknya itu, menjadi budaknya. 29:25 Tetapi pada waktu pagi tampaklah bahwa itu Lea! Lalu berkatalah Yakub kepada Laban: "Apakah yang kauperbuat terhadap aku ini? Bukankah untuk mendapat Rahel aku bekerja padamu? Mengapa engkau menipu aku?" 29:26 Jawab Laban: "Tidak biasa orang berbuat demikian di tempat kami ini, mengawinkan adiknya lebih dahulu dari pada kakaknya. 29:27 Genapilah dahulu tujuh hari perkawinanmu dengan anakku ini; kemudian anakku yang lainpun akan diberikan kepadamu sebagai upah, asal engkau bekerja pula padaku tujuh tahun lagi." 29:28 Maka Yakub berbuat demikian; ia menggenapi ketujuh hari perkawinannya dengan Lea, kemudian Laban memberikan kepadanya Rahel, anaknya itu, menjadi isterinya. 29:29 Lagipula Laban memberikan Bilha, budaknya perempuan, kepada Rahel, anaknya itu, menjadi budaknya. 29:30 Yakub menghampiri Rahel juga, malah ia lebih cinta kepada Rahel dari pada kepada Lea. Demikianlah ia bekerja pula pada Laban tujuh tahun lagi.
Anak-anak Yakub
29:31 Ketika TUHAN melihat, bahwa Lea tidak dicintai, dibuka-Nyalah kandungannya, tetapi Rahel mandul. 29:32 Lea mengandung, lalu melahirkan seorang anak laki-laki, dan menamainya Ruben, sebab katanya: "Sesungguhnya TUHAN telah memperhatikan kesengsaraanku; sekarang tentulah aku akan dicintai oleh suamiku." 29:33 Mengandung pulalah ia, lalu melahirkan seorang anak laki-laki, maka ia berkata: "Sesungguhnya, TUHAN telah mendengar, bahwa aku tidak dicintai, lalu diberikan-Nya pula anak ini kepadaku." Maka ia menamai anak itu Simeon. 29:34 Mengandung pulalah ia, lalu melahirkan seorang anak laki-laki, maka ia berkata: "Sekali ini suamiku akan lebih erat kepadaku, karena aku telah melahirkan tiga anak laki-laki baginya." Itulah sebabnya ia menamai anak itu Lewi. 29:35 Mengandung pulalah ia, lalu melahirkan seorang anak laki-laki, maka ia berkata: "Sekali ini aku akan bersyukur kepada TUHAN." Itulah sebabnya ia menamai anak itu Yehuda. Sesudah itu ia tidak melahirkan lagi.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · anak-anak Lewi members of the tribe of Levi
 · bani Lewi members of the tribe of Levi
 · bani Ruben the tribe of Reuben
 · bani Simeon the tribe of Simeon
 · Bilha Rachel's maid; third wife of Jacob; mother of Dan and Naphtali,a town of Simeon and Judah inhabited by the clan of Shime-i
 · Haran a town of upper Mesopotamia,an English name representing two different Hebrew names,as representing the Hebrew name 'Haran',son of Terah; brother of Abraham,a Levitical chief of the descendants of Ladan under King David; son of Shimei,as representing the Hebrew name 'Xaran', beginning with a velar fricative,son of Caleb of Judah and Ephah his concubine
 · kaum-kaum Lewi members of the tribe of Levi
 · kaum-kaum orang Ruben the tribe of Reuben
 · kaum-kaum suku Lewi members of the tribe of Levi
 · Laban son of Bethuel; brother of Rebecca; father of Leah and Rachel; uncle and father-in-law of Jacob,a town in Moab
 · Lea daughter of Laban; wife of Jacob; mother of Reuben, Simeon, Levi, Judah, Issachar, Zebulun and Dinah
 · Lewi relating to Levi and the priesthood given to him,a tribal name describing people and ceremonies as sacred
 · Nahor a son of Serug; the father of Terah; an ancestor of Jesus.,son of Serug of Shem; father of Terah,son of Terah; brother of Abraham,town in Mesopotamia
 · orang Lewi member of the tribe of Levi
 · orang Ruben the tribe of Reuben
 · orang Simeon the tribe of Simeon
 · orang-orang dari bani Lewi members of the tribe of Levi
 · orang-orang Lewi members of the tribe of Levi
 · Orang-orang suku Lewi members of the tribe of Levi
 · para orang Lewi members of the tribe of Levi
 · Rahel a daughter of Laban; wife of Jacob; mother of Joseph and Benjamin,Jacob's favorite wife
 · Ribka daughter of Bethuel, nephew of Abraham
 · Ruben a tribe of the nation Israel descended from the oldest son of Jacob and Leah,son of Jacob and Leah,the tribe of Reuben
 · salah seorang Lewi members of the tribe of Levi
 · semua orang Lewi members of the tribe of Levi
 · seorang Lewi member of the tribe of Levi
 · Simeon a son of Jonas and brother of Andrew; an apostle of Jesus Christ,a man who was one of the apostles of Christ and also called 'the Zealot',a brother of Jesus,a man who was a well-know victim of leprosy who had been healed by Jesus (NIV note),a man from Cyrene who was forced to carry the cross of Jesus,a Pharisee man in whose house Jesus' feet were washed with tears and anointed,the father of Judas Iscariot,a man who was a sorcerer in Samaria and who wanted to buy the gifts of the Spirit,a man who was a tanner at Joppa and with whom Peter was staying when Cornelius sent for him
 · Simon a son of Jonas and brother of Andrew; an apostle of Jesus Christ,a man who was one of the apostles of Christ and also called 'the Zealot',a brother of Jesus,a man who was a well-know victim of leprosy who had been healed by Jesus (NIV note),a man from Cyrene who was forced to carry the cross of Jesus,a Pharisee man in whose house Jesus' feet were washed with tears and anointed,the father of Judas Iscariot,a man who was a sorcerer in Samaria and who wanted to buy the gifts of the Spirit,a man who was a tanner at Joppa and with whom Peter was staying when Cornelius sent for him
 · Yakub the second so of a pair of twins born to Isaac and Rebeccaa; ancestor of the 12 tribes of Israel,the nation of Israel,a person, male,son of Isaac; Israel the man and nation
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall
 · Zilpa Leah's maid


Topik/Tema Kamus: Yakub | Rahel | Lea | Laban | Batu | Perkawinan | Kawin, Perkawinan | Domba | Ruben | Sumur | Lewi | Minggu | Hadiah | Simeon | Gembala | Perempuan | Orang Lewi | Suku Ruben | Suku Simeon | Bilha | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , Utley

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Kej 29:5 - LABAN. Nas : Kej 29:5 Laban adalah paman Yakub. Yakub sedang mencari keluarga ibunya di dekat Haran (ayat Kej 29:10; bd. Kej 24:15,50).

Nas : Kej 29:5

Laban adalah paman Yakub. Yakub sedang mencari keluarga ibunya di dekat Haran (ayat Kej 29:10; bd. Kej 24:15,50).

Full Life: Kej 29:25 - MENGAPA ENGKAU MENIPU AKU? Nas : Kej 29:25 Mungkin Allah mengizinkan Yakub ditipu oleh Laban dan Lea untuk menghukum dan menyadarkannya akan kejahatan dan derita yang disebab...

Nas : Kej 29:25

Mungkin Allah mengizinkan Yakub ditipu oleh Laban dan Lea untuk menghukum dan menyadarkannya akan kejahatan dan derita yang disebabkannya ketika menipu ayah dan kakaknya sendiri (bd. pasal Kej 27:1-46). Kita harus mengerti bahwa sekalipun Allah mengampuni kita untuk suatu dosa tertentu dan memulihkan kita, pada saat yang bersamaan Ia mungkin menghukum kita untuk dosa tersebut (lih. 2Sam 12:7-14). Prinsip Allah tetap sama, "Jangan sesat! ... apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya" (Gal 6:7; bd. Ams 22:8; Hos 8:7; 10:12-13).

Full Life: Kej 29:28 - LABAN MEMBERIKAN KEPADANYA RAHEL, ANAKNYA ITU, MENJADI ISTERINYA. Nas : Kej 29:28 Pernikahan Yakub dengan dua orang bersaudara bertentangan dengan peraturan ciptaan Allah bahwa pernikahan hanya boleh terdiri dari ...

Nas : Kej 29:28

Pernikahan Yakub dengan dua orang bersaudara bertentangan dengan peraturan ciptaan Allah bahwa pernikahan hanya boleh terdiri dari satu orang laki-laki dan satu orang perempuan

(lihat cat. --> Kej 2:24;

[atau ref. Kej 2:24]

bd. Kel 20:17; Ul 5:21). Kemudian, di dalam Hukum Musa, Allah secara khusus melarang bentuk pernikahan Yakub (Im 18:18). PB memandang monogami (satu istri dan satu suami) sebagai satu-satunya bentuk pernikahan yang sah (Mat 19:4-6; Mr 10:4-9). Allah mungkin membiarkan poligami dalam PL karena mereka tidak memahami sepenuhnya kehendak Allah mengenai pernikahan dan karena hati mereka keras. Berbagai dampak buruk dari poligami digambarkan dalam ayat Kej 29:30; 30:1; 35:22; 1Raj 11:1-12.

Full Life: Kej 29:31 - TUHAN MELIHAT, BAHWA LEA TIDAK DICINTAI. Nas : Kej 29:31 Allah mengizinkan Lea mempunyai anak. Dari Lea lahirlah Yehuda, dan dari keturunan Yehuda lahirlah Kristus (Mat 1:3,16). Sering kal...

Nas : Kej 29:31

Allah mengizinkan Lea mempunyai anak. Dari Lea lahirlah Yehuda, dan dari keturunan Yehuda lahirlah Kristus (Mat 1:3,16). Sering kali Allah berada di pihak orang yang ditindas atau diperlakukan tidak adil (bd. Mazm 9:19; 22:25; Luk 4:18). Ketidakadilan tidak dapat diterima oleh Allah, khususnya antara umat perjanjian-Nya

(lihat cat. --> Kol 3:25).

[atau ref. Kol 3:25]

BIS: Kej 29:17 - indah indah atau tidak berseri.

indah atau tidak berseri.

BIS: Kej 29:32 - Ruben Ruben: Nama ini bunyinya seperti kata Ibrani yang berarti "lihatlah, seorang putra" dan "sudah melihat kesusahanku".

Ruben: Nama ini bunyinya seperti kata Ibrani yang berarti "lihatlah, seorang putra" dan "sudah melihat kesusahanku".

BIS: Kej 29:33 - Simeon Simeon: Nama ini bunyinya seperti kata Ibrani yang berarti "dengar".

Simeon: Nama ini bunyinya seperti kata Ibrani yang berarti "dengar".

BIS: Kej 29:34 - Lewi Lewi: Nama ini bunyinya seperti kata Ibrani yang berarti "terikat".

Lewi: Nama ini bunyinya seperti kata Ibrani yang berarti "terikat".

BIS: Kej 29:35 - Yehuda Yehuda: Nama ini bunyinya seperti kata Ibrani yang berarti "puji".

Yehuda: Nama ini bunyinya seperti kata Ibrani yang berarti "puji".

Jerusalem: Kej 29:1-14 - -- Kisah ini berasal dari tradisi Yahwista dan melanjutkan bab 28 serta berkaitan dengan Kej 27:41-45.

Kisah ini berasal dari tradisi Yahwista dan melanjutkan bab 28 serta berkaitan dengan Kej 27:41-45.

Jerusalem: Kej 29:13 - segala hal ihwalnya Yaitu bentrokan Yakub dengan Esau, bab 27.

Yaitu bentrokan Yakub dengan Esau, bab 27.

Jerusalem: Kej 29:15-30 - -- Kisah mengenai perkawinan-perkawinan Yakub ini berasal dari tradisi Yahwista dan melanjutkan Kej 29:1-14.

Kisah mengenai perkawinan-perkawinan Yakub ini berasal dari tradisi Yahwista dan melanjutkan Kej 29:1-14.

Jerusalem: Kej 29:25 - bahwa itu Lea Penipuan Laban itu dapat berhasil oleh karena menurut adat bakal isteri tetap bertudung sampai malam perkawinan, bdk Kej 24:65. Dewasa ini adat itu ma...

Penipuan Laban itu dapat berhasil oleh karena menurut adat bakal isteri tetap bertudung sampai malam perkawinan, bdk Kej 24:65. Dewasa ini adat itu masih dipertahankan di Palestina.

Jerusalem: Kej 29:27 - tujuh hari Pesta pernikahan berlangsung genap tujuh hari, Hak 14:12,17; bdk Tob 8:20; 10:8

Pesta pernikahan berlangsung genap tujuh hari, Hak 14:12,17; bdk Tob 8:20; 10:8

Jerusalem: Kej 29:27 - anakku yang lainpun Perkawinan dengan dua perempuan kakak beradik baru dilarang oleh hukum Ima 18:18.

Perkawinan dengan dua perempuan kakak beradik baru dilarang oleh hukum Ima 18:18.

Jerusalem: Kej 29:29 - #/TB Kej 29:31-30:24 Bagian ini berasal dari tradisi Yahwista tetapi dengan sisipan-sisipan dari tradisi Elohista. Maksud ceritera ini ialah menghubungkan suku-suku Israel...

Bagian ini berasal dari tradisi Yahwista tetapi dengan sisipan-sisipan dari tradisi Elohista. Maksud ceritera ini ialah menghubungkan suku-suku Israel dengan keturunan bapa-bapa bangsa melalui kedua belas anak Yakub. Ini permulaan lembaga kedua belas suku. Lembaga itu menempuh perkembangan melalui beberapa tahap. Di sini jumlah dua belas terujud dengan memasukkan ke dalamnya juga Dina. Kemudian Dina diganti dengan Benyamin yang lahir di negeri Kanaan, Kej 35:16 dst. Setelah suku Lewi menjadi suku para Imam, jumlah kedua belas dipertahankan melalui kedua anak Yusuf (Efraim dan Manasye). Lembaga kedua belas suku Israel baru terbentuk setelah Israel menetap di negeri Kanaan. Kebanyakan dari "kedua belas anak Yakub" itu tidak berperan dalam kisah kitab Kejadian dan beberapa di antaranya bahkan tidak disebutkan lagi namanya. Kedua belas anak Yakub sebenarnya "moyang" yang memberi nama kepada kedua belas suku Israel setelah suku-suku itu terbentuk dan menjadi lembaga kedua belas suku, bdk Kej 49.

Jerusalem: Kej 29:31 - tidak dicintai Kata Ibrani yang dipakai berarti: dibenci. Tetapi dalam perkawinan poligam "dibenci" berarti: kurang dicintai dari pada isteri lain.

Kata Ibrani yang dipakai berarti: dibenci. Tetapi dalam perkawinan poligam "dibenci" berarti: kurang dicintai dari pada isteri lain.

Jerusalem: Kej 29:32 - kesengsaraanku Persaingan antara Lea dan Rahel dipakai untuk secara kerakyatan yang kadang-kadang sukar dimengerti menjelaskan nama kedua belas suku Israel. Ruben di...

Persaingan antara Lea dan Rahel dipakai untuk secara kerakyatan yang kadang-kadang sukar dimengerti menjelaskan nama kedua belas suku Israel. Ruben dihubungkan dengan ra'a be'onyi = melihat kesengsaraanku; Simeon dihubungkan dengan syama = Ia mendengarkan; Lewi dihubungkan dengan yillawe = lebih erat kepadaku; Yehuda dihubungkan dengan 'ode = bersyukur/memuji; Dan dihubungkan dengan dananni = ia memberi aku keadilan; Naftali dihubungkan dengan niftali = aku bergulat; Gad dihubungkan dengan gad = mujur; Asyer dihubungkan dengan asyeri = kebahagiaanku dan dengan isysyeruni = mereka memuji aku bahagia; Isakhar dihubungkan dengan sakar = upah; Zebulon dihubungkan dengan yizbeleni - Ia memberikan hadiah; Yusuf dihubungkan dengan asal = dihapus, dan dengan yosef = Ia menambah.

Ende: Kej 29:3 - -- Dengan demikian sudah tjukup orang mengangkat tutup perigi jang amat berat itu satu kali sehari.

Dengan demikian sudah tjukup orang mengangkat tutup perigi jang amat berat itu satu kali sehari.

Ende: Kej 29:9 - -- Nama Rachel artinja "domba". Ini sekali-kali bukan suatu penghinaan karena dalam masjarakat gembala-gembala ternak merupakan milik jang terpenting, dj...

Nama Rachel artinja "domba". Ini sekali-kali bukan suatu penghinaan karena dalam masjarakat gembala-gembala ternak merupakan milik jang terpenting, djadi sangat dihargai.

Ende: Kej 29:13 - -- Jakub mentjeritakan kesukaran-kesukaran jang dialaminja dengan Esau. Dalam fasal ini lagi alasan kepergiannja jang terpenting ialah: permusuhannja den...

Jakub mentjeritakan kesukaran-kesukaran jang dialaminja dengan Esau.

Dalam fasal ini lagi alasan kepergiannja jang terpenting ialah: permusuhannja dengan Esau.

Ende: Kej 29:15 - -- Laban bermaksud mengikat Jakub akan dirinja; ia mendjadikan Jakub gembala kawanan-kawanannja.

Laban bermaksud mengikat Jakub akan dirinja; ia mendjadikan Jakub gembala kawanan-kawanannja.

Ende: Kej 29:18 - -- Sebelum perkawinan dilangsungkan, kepada ajah pengantin perempuan harus dibajarkan uang-ganti (mohar). Jakub memenuhi sjarat ini dengan bekerdja disit...

Sebelum perkawinan dilangsungkan, kepada ajah pengantin perempuan harus dibajarkan uang-ganti (mohar). Jakub memenuhi sjarat ini dengan bekerdja disitu.

Ende: Kej 29:23 - -- Menurut adat mempelai perempuan diantarkan kepada suaminja dengan muka terselubung, sehingga Jakub tidak mengetahui bahwa ia tertipu. Jakub, jang sebe...

Menurut adat mempelai perempuan diantarkan kepada suaminja dengan muka terselubung, sehingga Jakub tidak mengetahui bahwa ia tertipu.

Jakub, jang sebelumnja menundjukkan kelitjikannja, sekarang ditipu sendiri.

Ende: Kej 29:27 - -- Pesta perkawinan berlangsung selama tudjuh hari. Disini ternjata lagi, betapa kikir Laban itu. Perkawinan dengan kakak/adik perempuan isteri sendiri k...

Pesta perkawinan berlangsung selama tudjuh hari. Disini ternjata lagi, betapa kikir Laban itu.

Perkawinan dengan kakak/adik perempuan isteri sendiri kemudian di Israel dilarang (lihat Ima 18:18)

Ende: Kej 29:30 - -- Banjak para Bapa Geredja kemudian menganggap Lea lambang bangsa jahudi, dan Rachel lambang Geredja. Geredja lebih ditjintai oleh Kristus daripada bang...

Banjak para Bapa Geredja kemudian menganggap Lea lambang bangsa jahudi, dan Rachel lambang Geredja. Geredja lebih ditjintai oleh Kristus daripada bangsa Jahudi. Geredja itulah tudjuan karja-penjelamatanNja.

Ende: Kej 29:31 - -- Dalam ajat-ajat berikutnja diterangkan arti nama-nama para putera Jakub, disusun selaras dengan adanja persaingan antar Rachel dan Lea. Putera-putera ...

Dalam ajat-ajat berikutnja diterangkan arti nama-nama para putera Jakub, disusun selaras dengan adanja persaingan antar Rachel dan Lea.

Putera-putera Jakub adalah para Bapa dari keduabelas suku Israel. Tetapi dalam tjerita ini tidak kita ketemukan tanda-tanda, seakan-akan pengarang bermaksud mengenakan sifat-sifat serta watak-watak suku-suku pada Bapa-suku masing-masing. Sifat realistis tjerita ini, jang menggambarkan persaingan antar kedua Ibu-suku Rachel dan Lea, kiranja menundjukkan, bahwa inti tjerita ini suatu tradisi historis kuno. Keterangan nama-nama sering bersifat dibuat-buat.

Ende: Kej 29:32 - -- Ruben disini dihubungkan dengan "ra'ah be'ony" = "melihat kedinaanku". Arti jang lebih mudah dipahami ialah: "Re'u-ben" = "Lihatlah, anak laki-laki"

Ruben disini dihubungkan dengan "ra'ah be'ony" = "melihat kedinaanku". Arti jang lebih mudah dipahami ialah: "Re'u-ben" = "Lihatlah, anak laki-laki"

Ende: Kej 29:33 - -- Sjimeon dari "sjama" = mendengar, mendengarkan.

Sjimeon dari "sjama" = mendengar, mendengarkan.

Ende: Kej 29:34 - -- Levi disini dihubungkan dengan "yillaweh" = melekat, mendjadi karib.

Levi disini dihubungkan dengan "yillaweh" = melekat, mendjadi karib.

Ende: Kej 29:35 - -- Jehuda berasal dari "'odeh" = aku memuliakan.

Jehuda berasal dari "'odeh" = aku memuliakan.

Endetn: Kej 29:25 - Jakub tambahan menurut Junani; tidak tertulis dalam teks Hibrani.

tambahan menurut Junani; tidak tertulis dalam teks Hibrani.

Endetn: Kej 29:27 - akan kuberikan menurut Sam., Junani, Syr., Vulg., Targ. Dalam Hibrani: "marilah kami berikan" atau "akan diberikan".

menurut Sam., Junani, Syr., Vulg., Targ. Dalam Hibrani: "marilah kami berikan" atau "akan diberikan".

Endetn: Kej 29:30 - -- Hibrani: "lebih tjinta kepada Rachel djuga daripada...."; kata "djuga" dihapuskan dengan Junani dan Vulg.

Hibrani: "lebih tjinta kepada Rachel djuga daripada...."; kata "djuga" dihapuskan dengan Junani dan Vulg.

Ref. Silang FULL: Kej 29:1 - Bani Timur · Bani Timur: Kej 25:6; Kej 25:6

· Bani Timur: Kej 25:6; [Lihat FULL. Kej 25:6]

Ref. Silang FULL: Kej 29:2 - dari sumur // Adapun batu · dari sumur: Kej 24:11; Kej 24:11 · Adapun batu: Kej 29:3,8,10

· dari sumur: Kej 24:11; [Lihat FULL. Kej 24:11]

· Adapun batu: Kej 29:3,8,10

Ref. Silang FULL: Kej 29:3 - gembala-gembala menggulingkan // kambing domba · gembala-gembala menggulingkan: Kej 29:2; Kej 29:2 · kambing domba: Kej 29:8

· gembala-gembala menggulingkan: Kej 29:2; [Lihat FULL. Kej 29:2]

· kambing domba: Kej 29:8

Ref. Silang FULL: Kej 29:4 - kamu ini // dari Haran · kamu ini: Kej 42:7; Hak 19:17 · dari Haran: Kej 11:31; Kej 11:31

· kamu ini: Kej 42:7; Hak 19:17

· dari Haran: Kej 11:31; [Lihat FULL. Kej 11:31]

Ref. Silang FULL: Kej 29:5 - Laban, cucu · Laban, cucu: Kej 11:29; Kej 11:29

· Laban, cucu: Kej 11:29; [Lihat FULL. Kej 11:29]

Ref. Silang FULL: Kej 29:6 - perempuan, Rahel // kambing dombanya · perempuan, Rahel: Kej 30:22-24; 35:16; 46:19,22 · kambing dombanya: Kel 2:16

· perempuan, Rahel: Kej 30:22-24; 35:16; 46:19,22

· kambing dombanya: Kel 2:16

Ref. Silang FULL: Kej 29:8 - barulah batu // memberi minum · barulah batu: Kej 29:2; Kej 29:2 · memberi minum: Kej 24:13; Kej 24:13

· barulah batu: Kej 29:2; [Lihat FULL. Kej 29:2]

· memberi minum: Kej 24:13; [Lihat FULL. Kej 24:13]

Ref. Silang FULL: Kej 29:9 - kambing domba · kambing domba: Kel 2:16

· kambing domba: Kel 2:16

Ref. Silang FULL: Kej 29:10 - melihat Rahel // menggulingkan batu // memberi minum // kambing domba · melihat Rahel: Kej 29:16 · menggulingkan batu: Kej 29:2; Kej 29:2 · memberi minum: Kej 24:11; Kej 24:11 · kambing domba:...

· melihat Rahel: Kej 29:16

· menggulingkan batu: Kej 29:2; [Lihat FULL. Kej 29:2]

· memberi minum: Kej 24:11; [Lihat FULL. Kej 24:11]

· kambing domba: Kej 29:3; Kel 2:17

Ref. Silang FULL: Kej 29:11 - Yakub mencium // suara keras · Yakub mencium: Kej 29:13 · suara keras: Kej 33:4; 42:24; 43:30; 45:2,14-15; 46:29; 50:1,17; Rut 1:9

Ref. Silang FULL: Kej 29:12 - sanak saudara // anak Ribka // kepada ayahnya · sanak saudara: Kej 29:15 · anak Ribka: Kej 24:29; Kej 24:29 · kepada ayahnya: Kej 24:28

· sanak saudara: Kej 29:15

· anak Ribka: Kej 24:29; [Lihat FULL. Kej 24:29]

· kepada ayahnya: Kej 24:28

Ref. Silang FULL: Kej 29:13 - sesudah Laban // lalu mendekap · sesudah Laban: Kej 24:29; Kej 24:29 · lalu mendekap: Kej 33:4; 45:14-15; 48:10; Kel 4:27; 18:7; Luk 15:20

· sesudah Laban: Kej 24:29; [Lihat FULL. Kej 24:29]

· lalu mendekap: Kej 33:4; 45:14-15; 48:10; Kel 4:27; 18:7; Luk 15:20

Ref. Silang FULL: Kej 29:14 - sedarah sedaging · sedarah sedaging: Kej 2:23; 37:27; Hak 9:2; 2Sam 5:1; 19:12-13; 20:1; Neh 5:5; Yes 58:7

Ref. Silang FULL: Kej 29:15 - sanak saudaraku // menjadi upahmu · sanak saudaraku: Kej 29:12 · menjadi upahmu: Kej 30:28,32; 31:7,41

· sanak saudaraku: Kej 29:12

· menjadi upahmu: Kej 30:28,32; 31:7,41

Ref. Silang FULL: Kej 29:16 - namanya Lea // namanya Rahel · namanya Lea: Kej 29:17,23,28,30; Kej 30:9; 35:23; 47:30; 49:31; Rut 4:11 · namanya Rahel: Kej 29:9-10

Ref. Silang FULL: Kej 29:17 - tetapi Rahel // dan cantik · tetapi Rahel: Kej 29:16; Kej 29:16 · dan cantik: Kej 12:11; Kej 12:11

· tetapi Rahel: Kej 29:16; [Lihat FULL. Kej 29:16]

· dan cantik: Kej 12:11; [Lihat FULL. Kej 12:11]

Ref. Silang FULL: Kej 29:18 - kepada Rahel // mendapat Rahel · kepada Rahel: Kej 24:67; Kej 24:67 · mendapat Rahel: Kej 29:20,27,30; Kej 30:26; Hos 12:13

· kepada Rahel: Kej 24:67; [Lihat FULL. Kej 24:67]

· mendapat Rahel: Kej 29:20,27,30; Kej 30:26; Hos 12:13

Ref. Silang FULL: Kej 29:20 - mendapat Rahel // kepada Rahel · mendapat Rahel: Kej 29:18; Kej 29:18; Kej 31:15 · kepada Rahel: Kid 8:7; Hos 12:13

· mendapat Rahel: Kej 29:18; [Lihat FULL. Kej 29:18]; Kej 31:15

· kepada Rahel: Kid 8:7; Hos 12:13

Ref. Silang FULL: Kej 29:21 - dengan dia · dengan dia: Hak 15:1

· dengan dia: Hak 15:1

Ref. Silang FULL: Kej 29:22 - mengadakan perjamuan · mengadakan perjamuan: Hak 14:10; Yes 25:6; Yoh 2:1-2

· mengadakan perjamuan: Hak 14:10; Yes 25:6; Yoh 2:1-2

Ref. Silang FULL: Kej 29:23 - diambilnyalah Lea · diambilnyalah Lea: Kej 29:16; Kej 29:16

· diambilnyalah Lea: Kej 29:16; [Lihat FULL. Kej 29:16]

Ref. Silang FULL: Kej 29:24 - memberikan Zilpa // menjadi budaknya · memberikan Zilpa: Kej 30:9 · menjadi budaknya: Kej 16:1; Kej 16:1

· memberikan Zilpa: Kej 30:9

· menjadi budaknya: Kej 16:1; [Lihat FULL. Kej 16:1]

Ref. Silang FULL: Kej 29:25 - terhadap aku // menipu aku · terhadap aku: Kej 12:18; Kej 12:18 · menipu aku: Kej 27:36; Kej 27:36

· terhadap aku: Kej 12:18; [Lihat FULL. Kej 12:18]

· menipu aku: Kej 27:36; [Lihat FULL. Kej 27:36]

Ref. Silang FULL: Kej 29:26 - pada kakaknya · pada kakaknya: Hak 15:2; 1Sam 14:49; 18:17,20; 2Sam 6:23

Ref. Silang FULL: Kej 29:27 - hari perkawinanmu // tujuh tahun · hari perkawinanmu: Hak 14:12 · tujuh tahun: Kej 29:18; Kej 29:18; Kej 31:41

· hari perkawinanmu: Hak 14:12

· tujuh tahun: Kej 29:18; [Lihat FULL. Kej 29:18]; Kej 31:41

Ref. Silang FULL: Kej 29:28 - menjadi isterinya · menjadi isterinya: Kej 29:16; Kej 29:16; Kej 4:19; Kej 4:19

· menjadi isterinya: Kej 29:16; [Lihat FULL. Kej 29:16]; Kej 4:19; [Lihat FULL. Kej 4:19]

Ref. Silang FULL: Kej 29:29 - memberikan Bilha // menjadi budaknya · memberikan Bilha: Kej 30:3; 35:22; 49:4; Ul 22:30; 1Taw 5:1 · menjadi budaknya: Kej 16:1; Kej 16:1

· memberikan Bilha: Kej 30:3; 35:22; 49:4; Ul 22:30; 1Taw 5:1

· menjadi budaknya: Kej 16:1; [Lihat FULL. Kej 16:1]

Ref. Silang FULL: Kej 29:30 - kepada Lea // tujuh tahun · kepada Lea: Kej 29:16; Kej 29:16 · tujuh tahun: Kej 29:20; Kej 29:20

· kepada Lea: Kej 29:16; [Lihat FULL. Kej 29:16]

· tujuh tahun: Kej 29:20; [Lihat FULL. Kej 29:20]

Ref. Silang FULL: Kej 29:31 - tidak dicintai // dibuka-Nyalah kandungannya · tidak dicintai: Kej 29:33; Ul 21:15-17 · dibuka-Nyalah kandungannya: Kej 11:30; Kej 11:30; Kej 16:2; Kej 16:2; Rut 4:13; 1Sam 1:19; ...

· tidak dicintai: Kej 29:33; Ul 21:15-17

· dibuka-Nyalah kandungannya: Kej 11:30; [Lihat FULL. Kej 11:30]; Kej 16:2; [Lihat FULL. Kej 16:2]; Rut 4:13; 1Sam 1:19; Mazm 127:3

Ref. Silang FULL: Kej 29:32 - anak laki-laki // menamainya Ruben // memperhatikan kesengsaraanku · anak laki-laki: Kej 30:23; Rut 4:13; 1Sam 1:20 · menamainya Ruben: Kej 37:21; 46:8; 48:5,14; 49:3; Kel 6:13; Bil 1:5,20; 26:5; Ul 33:6...

· anak laki-laki: Kej 30:23; Rut 4:13; 1Sam 1:20

· menamainya Ruben: Kej 37:21; 46:8; 48:5,14; 49:3; Kel 6:13; Bil 1:5,20; 26:5; Ul 33:6; Yos 4:12; 1Taw 5:1,3

· memperhatikan kesengsaraanku: Kej 16:11; [Lihat FULL. Kej 16:11]

Ref. Silang FULL: Kej 29:33 - tidak dicintai // itu Simeon · tidak dicintai: Kej 29:31; Kej 29:31 · itu Simeon: Kej 34:25; 46:10; 48:5; 49:5; Kel 6:14; Bil 1:6,22; 34:20; 1Taw 4:24; Yeh 48:24

· tidak dicintai: Kej 29:31; [Lihat FULL. Kej 29:31]

· itu Simeon: Kej 34:25; 46:10; 48:5; 49:5; Kel 6:14; Bil 1:6,22; 34:20; 1Taw 4:24; Yeh 48:24

Ref. Silang FULL: Kej 29:34 - erat kepadaku // itu Lewi · erat kepadaku: Kej 30:20; 1Sam 1:2-4 · itu Lewi: Kej 34:25; 46:11; 49:5-7; Kel 2:1; 6:15,18; Bil 1:47; 3:17-20; 26:57; Ul 33:8; 1Taw 6...

Ref. Silang FULL: Kej 29:35 - itu Yehuda // tidak melahirkan · itu Yehuda: Kej 35:23; 37:26; 38:1; 43:8; 44:14,18; 46:12; 49:8; 1Taw 2:3; 4:1; Yes 48:1; Mat 1:2-3 · tidak melahirkan: Kej 30:9

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Kej 29:1-12 - Kemudian berangkatlah Yakub dari situ // menangis dengan suara keras, 29:1-12. Kemudian berangkatlah Yakub dari situ (ay. 1). Ungkapan Ibrani, mengangkat kakinya, menunjukkan tanggapan pemuda itu terhadap dorongan ilahi....

29:1-12. Kemudian berangkatlah Yakub dari situ (ay. 1). Ungkapan Ibrani, mengangkat kakinya, menunjukkan tanggapan pemuda itu terhadap dorongan ilahi. Dia sedang dalam perjalanan menuju ke Padan-Aram mencari keluarga ibunya yang tinggal di dekat Haran. Tidak mudah mengadakan perjalanan sejauh itu, tetapi Yakub tampaknya tidak mempunyai pilihan lain. Akhirnya dia berdiri di tepi sebuah sumur di tengah-tengah kawanan domba serta para gembala dari hewan-hewan itu yang menunggu batu besar di mulut sumur itu digulingkan supaya domba-domba mereka dapat diberi minum. Mungkin sumur itu adalah sumur yang sama dengan sumur di mana Eliezer bertemu dengan Ribka. Sekalipun sudah lewat banyak tahun, Laban masih hidup, sebagaimana diketahui oleh Yakub dari para gembala tersebut, dan anaknya Rahel yang menggembalakan kawanan domba Laban (ay. 6). Ketika Rahel datang dengan kawanan domba Laban, Yakub maju untuk menggulingkan batu besar itu dan memberi air kepada domba-domba yang haus. Kemudian dia mencium misannya sambil mengungkapkan identitasnya. Karena sangat terharu oleh segala hal yang sudah menimpanya dan oleh perjumpaan pertamanya dengan kaum kerabatnya, Yakub menangis dengan suara keras, sedangkan Rahel berlari pulang untuk menceritakan kepada Laban, ayahnya, bahwa keponakannya datang.

Wycliffe: Kej 29:13-14 - -- 13, 14. Laban, saudara laki-laki Ribka dan cucu dari Nahor, sangat senang menyambut kedatangan keluarganya sendiri. Sudah lama saudara perempuannya pe...

13, 14. Laban, saudara laki-laki Ribka dan cucu dari Nahor, sangat senang menyambut kedatangan keluarganya sendiri. Sudah lama saudara perempuannya pergi untuk menjadi istri Ishak. Dia dengan gembira menerima Yakub di kalangan keluarganya. Mungkin dia ingat akan kekayaan yang dibawa oleh Eliezer. Mungkin dia juga terkesan oleh kekuatan pemuda tersebut yang bisa dijadikan gembala yang baik. Hampir pasti dia memikirkan kemungkinan Yakub menjadi suami anak-anak perempuannya. Lea dan Rahel sudah memasuki usia siap menikah. Laban tidak pernah melewatkan sebuah kesempatan emas. Keponakan yang masih muda dari wilayah perbukitan itu akan belajar untuk menghadapi dirinya dengan hati-hati. Sesungguhnya Yakub akan belajar untuk mengecoh sang kepala penipu dari semua "orang-orang dari sebelah timur."

Wycliffe: Kej 29:15-20 - Yakub cinta kepada Rahel 15-20. Rahel sangat cantik dan menarik, sehingga Yakub langsung tertarik kepadanya. Alkitab mengatakan Yakub cinta kepada Rahel (ay. 18). Lea, kakak R...

15-20. Rahel sangat cantik dan menarik, sehingga Yakub langsung tertarik kepadanya. Alkitab mengatakan Yakub cinta kepada Rahel (ay. 18). Lea, kakak Rahel, jauh dari cantik. Matanya tidak memiliki kilauan, cahaya dan daya tarik yang disenangi laki-laki. Sekalipun demikian, Lea akan menduduki tempat yang demikian kokoh di dalam sejarah suci sehingga angkatan-angkatan selanjutnya tentu harus mengingatnya. Adalah salah satu dari putra Lea yang akan dipilih untuk berada pada garis keturunan Mesianis. Keempat tokoh ini - Laban, Yakub, Lea dan Rahel - akan merupakan tokoh-tokoh penting di dalam tindakan Allah terhadap dan melalui umat-Nya.

Wycliffe: Kej 29:21-30 - -- 21-30. Sesudah bekerja selama tujuh tahun untuk memperoleh putri Laban yang bungsu, Yakub tertipu sehingga menikahi Lea. Sesudah pesta pernikahan deng...

21-30. Sesudah bekerja selama tujuh tahun untuk memperoleh putri Laban yang bungsu, Yakub tertipu sehingga menikahi Lea. Sesudah pesta pernikahan dengan Lea, Yakub menikahi adiknya, Rahel, tetapi ia harus bekerja tujuh tahun lagi untuk membayarnya. Dengan demikian Yakub memiliki dua orang istri yang sejajar derajatnya. Kasih Yakub yang membara terhadap Rahel menjadikan hubungannya dengan Lea agak janggal dan mengecewakan. Lea pasti sangat menderita karena sadar bahwa suaminya tidak mencintai dirinya. Sekalipun demikian, dia bertahan dengan harapan bahwa suatu saat suaminya akan berubah dan mencintai dirinya.

Wycliffe: Kej 29:31-35 - tidak dicintai 31-35. Pada mulanya baik Rahel maupun Lea tidak dapat memberikan anak kepada Yakub. Pada waktu itu keadaan mandul merupakan suatu peristiwa yang menye...

31-35. Pada mulanya baik Rahel maupun Lea tidak dapat memberikan anak kepada Yakub. Pada waktu itu keadaan mandul merupakan suatu peristiwa yang menyedihkan. Akan tetapi, pada waktunya, Yehovah datang menolong Lea dan menyembuhkan kemandulannya sehingga Lea menjadi seorang ibu. Satu demi satu anak laki-lakinya lahir sehingga dia mempunyai enam anak laki-laki. Seorang anak perempuan, Dina, kemudian ditambahkan. Dengan kepedihan yang terus-menerus Lea melahirkan seorang anak laki-laki dengan mengatakan, "Sekarang tentulah aku akan dicintai oleh suamiku." Tetapi Yakub tidak memberikan ucapan penghargaan. Kata yang diterjemahkan menjadi tidak dicintai berarti "tidak diperhatikan seperti satunya." Kata ini tidak menunjukkan suatu kebencian.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Kej 29:1-8 - Kedatangan Yakub di Padan Aram Pasal ini memberi kita sebuah kesaksian tentang berbagai tindakan pemeliharaan Allah terhadap Yakub, sesuai dengan janji-janji yang diberikan kepa...

Matthew Henry: Kej 29:9-14 - Kerendahan Hati dan Ketekunan Rahel Kerendahan Hati dan Ketekunan Rahel (Kejadian 29:9-14) Di sini kita melihat, 1. Kerendahan hati dan ketekunan Rahel: Dia menggembalakan kamb...

Matthew Henry: Kej 29:15-30 - Pernikahan Yakub Pernikahan Yakub (Kejadian 29:15-30) Inilah, I. Perjanjian yang adil yang dibuat antara Laban dan Yakub, selama sebulan yang dihabiskan Yaku...

Matthew Henry: Kej 29:31-35 - Pertumbuhan Keluarga Yakub dari Lea Pertumbuhan Keluarga Yakub dari Lea (Kejadian 29:31-35) Kita mendapati di sini kelahiran keempat anak Yakub, semuanya dari Lea. Amatilah, 1....

Utley: Kej 29:1-3 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kej 29:1-31 Kemudian berangkatlah Yakub dari situ dan pergi ke negeri Bani Timur. 2 Ketika ia memandang sekelilingnya, dilihatn...

Utley: Kej 29:4-8 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kej 29:4-84 Bertanyalah Yakub kepada mereka: "Saudara-saudara, dari manakah kamu ini?" Jawab mereka: "Kami ini dari Haran." 5 L...

Utley: Kej 29:9-12 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kej 29:9-129 Selagi ia berkata-kata dengan mereka, datanglah Rahel dengan kambing domba ayahnya, sebab dialah yang menggembalak...

Utley: Kej 29:13-14 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kej 29:13-1413 Segera sesudah Laban mendengar kabar tentang Yakub, anak saudaranya itu, berlarilah ia menyongsong dia, lalu men...

Utley: Kej 29:15-20 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kej 29:15-2015 Kemudian berkatalah Laban kepada Yakub: "Masakan karena engkau adalah sanak saudaraku, engkau bekerja padaku den...

Utley: Kej 29:21-30 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kej 29:21-3021 Kemudian berkatalah Laban kepada Yakub: "Masakan karena engkau adalah sanak saudaraku, engkau bekerja padaku den...

Utley: Kej 29:31-35 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kej 29:31-3531 Ketika TUHAN melihat, bahwa Lea tidak dicintai, dibuka-Nyalah kandungannya, tetapi Rahel mandul. 32 Lea mengandu...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Kejadian (Pendahuluan Kitab) Penulis : Musa Tema : Permulaan Tanggal Penulisan: + 1445 -- 1405 SM Latar Belakang Kejadian cocok sebagai kitab Perjanjian La...

Full Life: Kejadian (Garis Besar) Garis Besar I. Permulaan Sejarah Manusia (Kej 1:1-11:26) A. Asal Mula Alam Semesta dan Kehidupan (Ke...

Matthew Henry: Kejadian (Pendahuluan Kitab) Di hadapan kita sekarang ada Kitab Suci, atau buku, sebab itulah arti kitab. Kita menyebutnya Alkitab, untuk menunjukkan keunggulannya. Sebab kitab...

Jerusalem: Kejadian (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR JUDUL-JUDUL, PEMBAGIAN DAN ISI Kelima buku pertama Kitab Suci merupakan suatu kesatuan yang oleh orang-orang Yahudi diberi nama "Hukum&...

Ende: Kejadian (Pendahuluan Kitab) KEDJADIAN KATA PENDAHULUAN Perintjian Kitab Perdjandjian Lama Perdjandjian Lama terdiri dari 45 kitab, jang tertulis atas Ilham ilahi, dan memuat wahj...

Wycliffe: Kejadian (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN KEJADIAN Judul. Kata Kejadian merupakan terjemahan dari istilah Inggris Genesis yang diambil dari bahasa Yunani melalui bahasa Latin. Di ...

Wycliffe: Kejadian (Garis Besar) GARIS BESAR KEJADIAN I. Aneka Permulaan Pertama (1:1-11:32) A. Penciptaan (1:1-2:25) B. Pencobaan dan Kejatuhan (3:1-24) ...

BIS: Kejadian (Pendahuluan Kitab) KEJADIAN PENGANTAR Buku Kejadian mengisahkan penciptaan alam semesta, asal-usul umat manusia, pangkal dosa dan penderitaan di dunia, serta bagaimana

KEJADIAN

PENGANTAR

Buku Kejadian mengisahkan penciptaan alam semesta, asal-usul umat manusia, pangkal dosa dan penderitaan di dunia, serta bagaimana Allah berhubungan dengan manusia. Buku Kejadian dapat dibagi ke dalam dua bagian yang penting:

  1. 1. Pasal 1-11 (Kej 1:1-11:32). Penciptaan alam semesta dan asal-usul umat manusia. Dalam bagian ini juga diceritakan tentang Adam dan Hawa, Kain dan Habel, Nuh dan banjir besar, serta Menara Babel.
  2. 2. Pasal 12-50 (Kej 12:1-50:26). Asal-usul nenek moyang bangsa Israel. Nenek moyang pertama ialah Abraham. Ia terkenal karena iman dan ketaatannya kepada Allah. Lalu menyusul sejarah Ishak anak Abraham, dan Yakub anak Ishak (Yakub disebut juga Israel). Kemudian sejarah kedua belas anak laki-laki Yakub. Merekalah yang menjadi pendiri kedua belas suku Israel. Penulis memberi perhatian khusus kepada salah seorang anak Yakub yang bernama Yusuf dan peristiwa-peristiwa yang pada akhirnya menyebabkan Yakub bersama anak-anaknya dan keluarga mereka masing-masing pindah ke Mesir.

Meskipun buku ini mengisahkan tentang orang-orang di zaman awal, namun yang mendapat tekanan khusus ialah kisah tentang perbuatan-perbuatan Allah. Buku ini dimulai dengan penegasan bahwa Allah telah menciptakan alam semesta, dan diakhiri dengan janji bahwa Allah akan tetap memperhatikan umat-Nya. Yang memegang peranan utama di seluruh buku ini adalah Allah yang menghakimi dan menghukum barangsiapa yang berbuat salah. Dia pula yang membimbing dan menolong umat-Nya serta membentuk sejarah mereka. Buku yang kuno ini ditulis untuk mencatat kisah tentang iman suatu bangsa dan juga untuk membantu agar iman itu tetap hidup.

Isi

  1.  Penciptaan alam semesta dan manusia
    Kej 1:1-2:25
  2.  Pangkal dosa dan penderitaan
    Kej 3:1-24
  3.  Dari Adam sampai Nuh
    Kej 4:1-5:32
  4.  Nuh dan banjir besar
    Kej 6:1-10:32
  5.  Menara Babel
    Kej 11:1-9
  6.  Dari Sem sampai Abram
    Kej 11:10-32
  7.  Para Kepala Keluarga: Abraham, Ishak, Yakub
    Kej 12:1-35:29
  8.  Keturunan Esau
    Kej 36:1-43
  9.  Yusuf dan saudara-saudaranya
    Kej 37:1-45:28
  10.  Orang Israel di Mesir
    Kej 46:1-50:26

Ajaran: Kejadian (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengetahui isi kitab Kejadian, dapat memahami kekuasaan Allah dalam sejarah penciptaan, serta kuasa dan kehendak Allah terhadap

Tujuan

Supaya dengan mengetahui isi kitab Kejadian, dapat memahami kekuasaan Allah dalam sejarah penciptaan, serta kuasa dan kehendak Allah terhadap ciptaan-Nya.

Pendahuluan

Penulis : Musa.

Isi Kitab: Kitab Kejadian adalah kitab yang pertama dalam Alkitab. Kitab ini dibagi atas 50 pasal dan berisi dua hal penting: Pertama: Sejarah peristiwa- peristiwa penting. Kedua: Sejarah Bapak- bapak orang beriman. Melalui dua pembagian ini, dapat dilihat kemahakuasaan Allah dalam setiap peristiwa penting dan juga kemahakuasaan kehendak Allah yang bekerja dalam kehidupan setiap Bapak orang beriman.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Kejadian

(Bagian I, pasal 1-11; Kej 1:1-11:32). Pasal-pasal pertama sampai sebelas memuat empat peristiwa penting.

  1. Pasal 1-2 (Kej 1:1-2:7).

    Peristiwa penciptaan langit dan bumi, serta segala isinya Peristiwa ini sungguh-sungguh terjadi dan dikerjakan Allah, karena tidak ada seorang pun yang dapat membuat gunung, lautan, matahari, bulan dan bintang, serta manusia yang dapat berpikir, berbicara, bernapas.

    Pendalaman

    Bacalah pasal Kej 1:1; 2:1-7 Apa sajakah yang diciptakan oleh Allah?

  2. Pasal 2-5 (Kej 2:8-5:32).

    Peristiwa jatuhnya manusia ke dalam dosa Setelah Tuhan menciptakan manusia, yaitu Adam dan Hawa, Tuhan menempatkan mereka di taman Eden untuk hidup di sana menurut kehendak Allah. Di taman Eden (Firdaus) ini Adam dan Hawa diperkenankan oleh Allah untuk hidup dengan berkat dan kasih-Nya, tetapi setan menggoda mereka sehingga mereka melanggar perintah Allah dan jatuh ke dalam dosa. Sebagai akibatnya, melalui kejatuhan Adam dan Hawa semua manusia menjadi orang berdosa.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kej 3:9-19.
    2. Apakah yang menyebabkan manusia berdosa? (Kej 3:11,17).
    3. Apakah akibat dosa terhadap:
      1. (1) Iblis? (Kej 3:15).
      2. (2) Ular? (Kej 3:14).
      3. (3) Wanita? (Kej 3:16).
      4. (4) Pria? (Kej 3:17-19).
      5. (5) Sesama manusia? - membenci/membunuh (Kej 4:5-8).
      6. (6) Kepribadian manusia? - berbohong (Kej 4:8-9).
  3. Pasal 6-10 (Kej 6:1-10:32).

    Peristiwa hukuman Allah kepada manusia melalui air bah Melalui Adam dan Hawa yang sudah berdosa itu, keturunannya mulai dari Kain dan Habil sampai pada Set dan seterusnya, menjadi semakin jahat, sehingga akhirnya Tuhan Allah Yang Mahakuasa itu menghukum manusia karena Allah sangat membenci kejahatan. Allah menghukum dan menurunkan hujan selama 40 hari 40 malam yang disebut Air Bah. Dalam hukuman Allah yang sangat dahsyat itu hanya satu keluarga yang diselamatkan oleh Allah yaitu keluarga Nuh dan istrinya serta anak-anak bersama istri mereka. Setelah ini Allah memberi pelangi sebagai tanda janji-Nya bahwa Ia tidak akan menghukum manusia dengan Air Bah lagi.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kej 6:5-8. Apakah yang menyebabkan manusia dimusnahkan?
    2. Bacalah pasal Kej 6:9-12,22. Apa sebabnya Nuh tidak ikut dihukum?
    3. Bacalah pasal Kej 9:8-17. Apa janji Allah tentang Air Bah dan Pelangi?
  4. Pasal 11 (Kej 11:1-32).

    Peristiwa terjadinya bermacam-macam bahasa di dunia Setelah Air Bah manusia mulai berkembang biak dengan pengetahuan dan kemampuan yang tinggi. Dengan demikian manusia berusaha untuk mempertahankan kehidupan bersama dalam satu bangsa dan satu bahasa di daerah tertentu saja, sehingga mereka berusaha untuk membangun suatu menara yang tingginya sampai ke langit. Tetapi maksud ini bertentangan dengan kehendak Allah terhadap manusia, yaitu untuk memenuhi bumi ini. Oleh karena itu Allah menyatakan kemahakuasaan-Nya dengan mengacaukan bahasa mereka sehingga pembangunan menara itu tidak dapat diselesaikan. Karena kekacauan bahasa itu, maka kota dimana pembangunan menara itu dilaksanakan disebut Babel.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kej 11:1-9. Ada berapa macam bahasakah di dunia sebelum pembuatan menara Babel?
    2. Mengapakah di dunia sekarang ada bermacam-macam bahasa?

II. Kesimpulan/Aplikasi (penerapan)

  1. Dalam peristiwa penciptaan, Allah menciptakan dunia da isinya untuk kemuliaan-Nya.
  2. Dalam peristiwa kejatuhan manusia ke dalam dosa, Alla menyatakan kebesaran, kasih dan keadilan-Nya kepada manusia.
  3. Dalam peristiwa Air Bah dan menara Babel Allah menyataka kekudusan dan kemahakuasaan-Nya kepada manusia.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah pencipta dunia dan isinya?
  2. Siapakah manusia pertama yang diciptakan Allah?
  3. Mengapa manusia diusir dari taman Eden?
  4. Mengapa Allah menghukum manusia dengan air bah?
  5. Siapakah yang diselamatkan Allah dari air bah?
  6. Bagaimanakah Allah menggagalkan pembangunan menara Babel?
  7. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan dari pelajaran ini?

2. KITAB KEJADIAN (II)

Tujuan

Agar anggota jemaat mengetahui dan mengerti bahwa Allah yang menjadi pencipta manusia selalu menunjukkan kasih dan kesetiaan-Nya dalam memelihara umat-Nya.

Pendahuluan

Penulis : Musa.

Isi Kitab: Setelah mengetahui dan mengerti betapa besar keagungan dan kemahakuasaan Allah dalam sejarah peristiwa-peristiwa terbesar (pelajaran pertama), maka pelajaran ini merupakan kelanjutan dari pelajaran tersebut. Pelajaran ini berisi bagaimana Allah memelihara umat-Nya melalui kehidupan dari Bapa-bapa orang beriman.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Kejadian

(Bagian II, Pasal 11-50; Kej 11:1-50:26). Dalam pasal-pasal sebelas sampai lima puluh akan diuraikan empat orang tokoh penting sebagai Bapak-bapak orang beriman.

  1. Sejarah kehidupan Abraham Abraham adalah seorang yang kuat imannya. Ia menerima panggilan Allah yang ajaib. Kemudian ia meninggalkan tempat kediamannya untuk mengikuti panggilan Allah. Ia dituntun Allah menetap di Kanaan, dimana Abraham dengan iman menantikan kelahiran putra Allah yang dijanjikan. Karena ketaatan Abraham, maka Allah mengadakan perjanjian berkat bagi Abraham dan keturunannya.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kej 12:1-4. Siapakah yang memanggil Abraham dan apakah janji-Nya?
    2. Apakah nama Abraham pada waktu ia dipanggil oleh Allah? (Kej 12:1). Apakah tanggapan Abraham terhadap panggilan itu? (Kej 12:3).
    3. Bacalah pasal Kej 18:10-15. Apakah janji yang Allah berikan pada Abraham? Apakah janji itu ditepati? (Kej 21:1-3).
    4. Bacalah pasal Kej 22:15-18. Apakah janji yang Allah berikan? Apakah yang menyebabkan Abraham diberkati?
  2. Sejarah kehidupan Ishak Ishak adalah anak perjanjian yang diberikan kepada Abraham. Ishak dilahirkan melalui kelahiran yang ajaib, yaitu pada waktu Sara sudah tua. Ishak adalah perantara yang menggenapi janji Allah. Melalui perjalanan hidup Ishak yang penuh suka dan duka itu, dapatlah dilihat lambang kehidupan orang yang dipakai Tuhan. Ishak diberkati oleh Tuhan.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kej 21:1-3. Apakah Ishak lahir sebagai anak yang dijanjikan?
    2. Bacalah pasal Kej 22:1-3. Apakah perintah Allah kepada Abraham? Dan apakah yang ia lakukan?
    3. Bacalah pasal Kej 22:9-12. Apakah yang terjadi atas diri Ishak?
    4. Bacalah pasal Kej 25:19-26. Siapakah istri Ishak dan siapakah anak-anaknya?
    5. Bacalah pasal Kej 25:23-24. Apakah janji yang diberikan pada Yakub?
  3. Sejarah kehidupan Yakub Ishak mempunyai dua anak kembar yaitu Yakub dan Esau (pasal Kej 25:24). Dalam sejarah Bapak-bapak orang beriman Yakub terkenal karena membeli hak kesulungan kakaknya Esau dengan sepiring kacang merah (Kej 25:34). Yakub sebelum menjadi orang beriman mengalami banyak pengalaman hidup yang sulit, namun terlihat kemahakuasaan Allah dalam memelihara Yakub. Akhirnya Yakub menjadi orang yang sangat beriman dan dalam kehidupannya menjadi orang yang melayani.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kej 25:34; 27:30-36. Apakah yang dilakukan Yakub terhadap kakaknya da terhadap ayahnya?
    2. Bacalah pasal Kej 27:33. Apakah Yakub tetap diberkati?
    3. Bacalah pasal Kej 28:10-22. Apakah janji yang diberikan pada Yakub?
    4. Bacalah pasal Kej 32:22-31. Mengapakah nama Yakub berubah? Dan apakah artinya?
    5. Bacalah pasal Kej 33:1-5. Bagaimanakah hubungan Yakub dengan Esau sekarang?
  4. Sejarah kehidupan Yusuf

    Keturunan dari Yakub menurut kitab Kejadian ada 12 orang dan diantaranya ada seorang yang mempunyai kisah hidup yang selalu berkenan kepada Allah, namanya Yusuf. Dia sangat dibenci oleh saudara-saudaranya, sehingga ia dijual (pasal 37; Kej 37:1-36). Sampai suatu saat dia dimasukkan penjara, tetapi hidupnya tetap berkenan kepada Allah. Allah yang Mahakuasa itu setia membimbing setiap orang yang melakukan kehendak- Nya, sehingga akhirnya Yusuf menjadi penguasa di Mesir (Kej 41:40), karena ia dapat meramalkan mimpi raja Firaun (Kej 41:25-36). Sebagai orang yang penuh dengan roh Allah, Yusuf dalam kehidupannya selalu berkenan kepada Allah. Saudara-saudaranya yang pernah mengkhianati dia tetap dikasihinya dan pada akhirnya semua keluarga Yusuf itu tinggal bersama dengan dia di tanah Mesir (pasal Kej 47:11- 12).

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kej 35:22-26. Berapakah keturunan Yakub?
    2. Uraikanlah dengan singkat penjualan Yusuf ke Mesi (dari pasal 37; Kej 37:1-36).
    3. Uraikanlah dengan singkat ketulusan hati Yusu (pasal 39; Kej 39:1-23).
    4. Bacalah pasal Kej 41:25-36,40. Apakah yang dilakukan Yusuf? Dan apakah yang ia terima?
    5. Uraikan dengan singkat kisah akhir kehidupan Yusu beserta keluarganya (dari pasal Kej 47:1-12).

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Di dalam Allah memanggil seseorang untuk menjadi hamba-Nya, Ia selal memelihara dan mencukupkan kebutuhan hamba-Nya itu.
  2. Ketaatan pada Firman Allah merupakan jalan untuk memperoleh kehidupa yang berkelimpahan.
  3. Ketergantungan mutlak kepada Allah, merupakan jalan untuk mengalami ata menerima kuasa Allah.
  4. Bapa Abraham merupakan contoh iman yang sejati.
  5. Bapa Ishak merupakan contoh akan ketaatan pada kehendak Allah dan oran tua.
  6. Bapa Yakub merupakan contoh akan kemenangan dari penderitaan yang membaw kebahagiaan.
  7. Bapa Yusuf merupakan contoh akan kehidupan yang penuh akan kasih kepad Allah dan sesama.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Apakah yang dilakukan oleh Abraham atas perintah-perintah Allah?
  2. Bagaimanakah sikap Yusuf ketika akan dipersembahkan?
  3. Bagaimanakah Yakub mengalami perubahan nama?
  4. Bagaimanakah sikap Yakub terhadap kesalahan saudara-saudaranya?
  5. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan dari pelajaran ini?

Intisari: Kejadian (Pendahuluan Kitab) Segalanya Bermula Dari Sini PENTINGNYA KITAB KEJADIANIsi Alkitab tidak akan berarti banyak tanpa Kitab Kejadian. Kitab ini menjawab pertanyaan-pertan

Segalanya Bermula Dari Sini

PENTINGNYA KITAB KEJADIAN
Isi Alkitab tidak akan berarti banyak tanpa Kitab Kejadian. Kitab ini menjawab pertanyaan-pertanyaan "penting" seperti mengapa kita berada di sini dari mana kita datang. Kejaian berbicara tentang awal mula dunia, manusia, masyarakat, keluarga, bangsa-bangsa, dosa dan keselamatan. Khususnya, Kejadian bercerita tentang lahirnya bangsa Yahudi.

GAYA PENULISAN KITAB KEJADIAN
1. Kitab Kejadian mengajarkan kebenaran dengan menceritakan kisah-kisah, bukan dengan memberikan pelajaran dalam bentuk yang lebih formal.
2. Kisah-kisah yang diceritakan bersifat sangat manusiawi. Tidak ada upaya untuk menutup-nutupi fakta, bahkan pahlawan-pahlawan besar sekalipun digambarkan apa adanya.
3. Semua kisah diceritakan dengan penuh keagungan dan dengan gaya yang mengharukan. Dinilai dari standar apa pun, disimpulkan bahwa Kitab Kejadian ditulis dengan cemerlang.

PENULIS KITAB KEJADIAN
Penulisnya tidak dikenal, tetapi Perjanjian Baru secara tidak langsung menunjukkan bahwa Kitab Kejadian ditulis oleh Musa dan pendapat ini tidak pernah dipertanyakan oleh gereja sampai saat ini. Kita tidak tahu bagaimana kitab ini ditulis, tetapi cukup beralasan untuk menerima Musa sebagai editor yang mengumpulkan sejumlah kisah dan fakta, yang beberapa di antaranya mungkin sudah lama beredar luas sebelum masa Musa.

NILAI KITAB KEJADIAN
Banyak orang mungkin menilai bahwa ilmu modern dan sejarah telah meremehkan nilai Kitab Kejadian. Kendatipun demikian, kita tetap dapat membaca Kitab Kejadian dengan penuh kepercayaan akan nilai kebenarannya berdasarkan dua alasan, yaitu:
1. Karena di antara semua argumentasi ilmiah atau sejarah yang mempertanyakan ketepatan Kitab Kejadian selalu terdapat lebih dari satu yang mendukung Kitab Kejadian.
2. Sebagian besar dari yang diperdebatkan bukan terutama mengenai kebenaran itu sendiri, melainkan tentang cara-cara pendekatan modern terhadap kebenaran. Apapun anggapan kita tentang kebenaran, Kitab Kejadian tetap merupakan kebenaran. Di atas segalanya, Kitab Kejadian merupakan kebenaran yang diungkapkan oleh Allah sendiri mengenai diri-Nya, kita dan dunia tempat kita hidup.

Pesan

Memerinci pengajaran dari Kitab Kejadian tidak selalu mudah dan apa yang diberikan di bawah ini hanyalah sekadar contoh.

1. Apa yang diajarkan oleh Kitab Kejadian mengenai Allah
o Dia kekal dan hidup. Kej 1:1
o Dia pencipta dan pemberi hidup. Kej 1:1-2:9
o Dia adalah pribadi dan rindu bersekutu dengan manusia. Kej 1:26-2:25; 3:8; 15:1-16
o Dia kudus dan akan menghakimi orang berdosa. Kej 3:8-24; 6:5-8; 11:1-9; 18:16-19:29
o Dia penuh belas kasihan, dalam penghakiman sekalipun. Kej 3:21; 4:15; 6:8; 18:32
o Dia sabar menangani pengikut-pengikut-Nya seperti digambarkan dalam kisah Abraham dan Yakub.
o Dia berdaulat atas segala kuasa. Kej 18:14; 26:12-16; 50:20

2. Apa yang diajarkan oleh Kitab Kejadian mengenai manusia?
o Dia dilahirkan dalam gambar Allah, dan karenanya bernilai serta mempunyai kemampuan kreatif. Kej 1:27-30
o Dia mengikuti kehendak sendiri dan menuruti jalannya yang berdosa tanpa Allah. Kej 3:1-7
o Dosanya sudah tertanam dalam tatanan hidupnya, seperti ditunjukkan oleh Abraham. Kej 20:1-18
o Dia perlu bersekutu dengan penciptanya, seperti diajarkan melalui kehidupan Abraham.
o Dia bisa diubahkan oleh Allah, seperti ditunjukkan melalui kehidupan Yakub.
o Dia berada di bawah kuasa pemeliharaan Allah, seperti ditunjukkan melalui kehidupan Yusuf

3. Apakah yang diajarkan oleh Kitab Kejadian mengenai masyarakat?
o Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial, bukan sebagai pribadi yang menyendiri. Kej 2:1-18
o Banyak terdapat contoh mengenai masalah yang dihadapi manusia dalam kehidupan bersama.
o Kesatuan dasar dari struktur masyarakat ialah perkawinan. Kej 2:24
o Undang-undang pemerintah juga diperlukan untuk membantu manusia hidup dalam dunia yang penuh dosa ini.

Penerapan

Pesan dalam Kitab Kejadian dapat diterapkan ke dalam tiga wilayah hubungan:

1. Ke dalam kehidupan kita dengan Allah.
o Taati Allah. Ini yang terbaik, yaitu mengikuti jalan Allah.
o Berimanlah kepada-Nya. Ini yang paling benar, walaupun kelihatannya tidak masuk akal.
o Percayalah kepada-Nya. Allah sungguh-sungguh memelihara kita.
o Berbicaralah dengan-Nya. Dia harus ditanyai tentang masalah-masalah dan keputusan-keputusan yang kita ambil.
o Biarkan Dia bekerja. Allah mampu mengubah suatu kehidupan yang serusak apa pun menjadi suatu kehidupan yang indah.

2. Ke dalam kehidupan keluarga kita.
o Jujurlah satu dengan yang lain.
o Jangan pilih kasih.
o Hati-hati terhadap perasaan iri.
o Tetap setia dalam keadaan sukar sekalipun.
o Hiduplah menurut perintah Allah, bukan menurut keinginan sendiri.

3. Ke dalam kehidupan kita dalam dunia.
o Kembangkan dan gunakan sumber-sumber alam dengan penuh tanggung jawab.
o Ingatlah bahwa semua orang mempunyai pencipta yang sama dan dibentuk menurut gambar-Nya.
o Ingatlah bahwa Allah juga memperhatikan masalah-masalah internasional, bukan hanya masalah pribadi dan rohani.
o Hiduplah dengan jujur dan jadilah saksi yang baik.

Tema-tema Kunci

1. Pemilihan
Habel, Nuh, Abraham, Yakub dan Yusuf semuanya dipanggil Allah dan dipilih untuk ditempatkan dalam sejarah umat Allah. Kadang-kadang seperti dalam kisah Yakub, pilihan tersebut bertentangan dengan cara-cara tradisional yang lazim dilakukan. Bacalah sekali lagi kisah mengenai panggilan mereka dan catatlah apa yang Anda pelajari tentang bagaimana Allah memilih.

2. Keselamatan
Setelah manusia berdosa, Allah menyatakan dengan jelas bahwa Dia akan menyelamatkannya. Kej 3:15; 4:4; 22:8 menunjuk kepada karya Kristus di kemudian hari. Pengajaran apa lagi mengenai keselamatan yang Anda temukan dalam kitab ini?

3. Kerja
Bahkan sebelum kejatuhannya, manusia sudah mempunyai tugas untuk dikerjakan di dunia ini (Kej 1:28). Manusia diciptakan untuk bekerja. Setelah jatuh ke dalam dosa, tugas itu menjadi kurang menyenangkan (Kej 3:17-19). Pelajaran apa yang dapat kita ambil dalam hubungannya dengan pekerjaan dalam dunia dewasa ini?

4. Istirahat
Gagasan untuk menjadikan satu hari dalam seminggu sebagai waktu untuk beristirahat datang dari pasal-pasal pertama dalam Alkitab (Kej 2:2,3). Perintah itu bukan saja merupakan salah satu dari sepuluh perintah Allah, tetapi merupakan perintah utama dari pencipta kita. Apa pesan semuanya ini bagi masyarakat kita sendiri?

5. Setan
Baca kembali kisah tentang kejatuhan manusia (Kej 3:1-7) dan perhatikan apa yang diajarkan mengenai setan dan cara-cara kerjanya.

6. Maut
Maut mengancam (Kej 3:3), dikalahkan (Kej 5:24) dan dihadapi (contoh Kej 49:1-50:3). Apa yang dapat kita pelajari dari sini?

7. Moralitas
Dalam keseluruhan Kitab Kejadian kita membaca adanya perhatian terhadap kehidupan moral. Apa ciri-ciri utama dari moralitas yang digariskan di sini?

8. Perkawinan
Apa yang diajarkan dalam ayat-ayat Kej2:18-25 mengenai maksud perkawinan?

9. Ibadah
Apa yang diajarkan Kitab Kejadian tentang bagaimana kita seharusnya menyembah Allah (contoh Kej 4:1-7; 28:10-22)?

Garis Besar Intisari: Kejadian (Pendahuluan Kitab) [1] RIWAYAT UMAT MANUSIA Kej 1:1-11:30 Kej 1:1-2:3Penciptaan Dunia Kej 2:4-25Penciptaan laki-laki dan perempuan Kej 3:1-24Kejatuhan manusia

[1] RIWAYAT UMAT MANUSIA Kej 1:1-11:30

Kej 1:1-2:3Penciptaan Dunia
Kej 2:4-25Penciptaan laki-laki dan perempuan
Kej 3:1-24Kejatuhan manusia
Kej 4:1-26Riwayat Kain dan Habil
Kej 5:1-32Ringkasan sejarah -- Adam sampai Nuh
Kej 6:1-9:28Riwayat Nuh
Kej 10:1-32Keluarga Nuh
Kej 11:1-9Menara Babel
Kej 11:10-30Ringkasan sejarah -- Sem sampai Abram

[2] RIWAYAT ABRAHAM Kej 11:31-25:18

Kej 11:31-12:9Abraham memulai perjalanannya
Kej 12:10-20Abraham menghadapi kelaparan dan Mesir
Kej 13:1-18Abraham berpisah dari Lot
Kej 14:1-24Abraham menyelamatkan Lot
Kej 15:1-21Abraham bertemu dengan Allah
Kej 16:1-16Abraham mendapat seorang anak laki-laki dengan caranya sendiri
Kej 17:1-27Abraham bertemu lagi dengan Allah
Kej 18:1-19:38Abraham menerima tiga pengunjung surgawi
Kej 20:1-18Abraham berbohong pada Abimelekh
Kej 21:1-7Abraham mendapat seorang anak laki-laki dengan cara Allah
Kej 21:8-34Abraham menghadapi berbagai masalah
Kej 22:1-24Abraham menghadapi ujian berat
Kej 23:1-20Abraham mengubur istrinya
Kej 24:1-67Abraham merencanakan hari depannya
Kej 25:1-18Hari-hari akhir Abraham

[3] RIWAYAT ISHAK Kej 25:19-27:40

Kej 25:19-34Ishak mendapatkan dua orang anak laki-laki
Kej 26:1-35Ishak menghadapi masalah
Kej 27:1-40Ishak ditipu

[4] RIWAYAT YAKUB Kej 27:41-37:1

Kej 27:41-28:9Yakub bergegas meninggalkan kampung halamannya
Kej 28:10-22Yakub bertemu Allah di Betel
Kej 29:1-31:55Yakub bekerja pada Laban selama bertahun-tahun
Kej 32:1-33:20Yakub akhirnya pulang ke rumah
Kej 34:1-31Yakub berselisih dengan Sikem
Kej 35:1-21Yakub bertemu Allah lagi di Betel
Kej 35:22-37:1Keluarga Yakub

[5] RIWAYAT YUSUF Kej 37:2-50:26

Kej 37:2-11Yusuf dan mimpi kanak-kanaknya
Kej 37:12-36Yusuf dan saudara-saudaranya yang jahat
Kej 38:1-30Yehuda dan Tamar
Kej 39:1-40:23Yusuf di penjara dengan tidak adil
Kej 41:1-57Yusuf dan pembebasannya secara tak terduga
Kej 42:1-45:28Yusuf dan saudara-saudaranya yang kekurangan
Kej 46:1-50:3Yusuf dan ayahnya yang sudah lanjut usia
Kej 50:4-26Yusuf dan hari-hari akhir hidupnya
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #27: Arahkan mouse pada tautan ayat untuk menampilkan teks ayat dalam popup. [SEMUA]
dibuat dalam 0.53 detik
dipersembahkan oleh YLSA