kecilkan semua  

Teks -- Kejadian 14:1-24 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Abram mengalahkan raja-raja di Timur dan menolong Lot
14:1 Pada zaman Amrafel, raja Sinear, Ariokh, raja Elasar, Kedorlaomer, raja Elam, dan Tideal, raja Goyim, terjadilah, 14:2 bahwa raja-raja ini berperang melawan Bera, raja Sodom, Birsya, raja Gomora, Syinab, raja Adma, Syemeber, raja Zeboim dan raja negeri Bela, yakni negeri Zoar. 14:3 Raja-raja yang disebut terakhir ini semuanya bersekutu dan datang ke lembah Sidim, yakni Laut Asin. 14:4 Dua belas tahun lamanya mereka takluk kepada Kedorlaomer, tetapi dalam tahun yang ketiga belas mereka memberontak. 14:5 Dalam tahun yang keempat belas datanglah Kedorlaomer serta raja-raja yang bersama-sama dengan dia, lalu mereka mengalahkan orang Refaim di Asyterot-Karnaim, orang Zuzim di Ham, orang Emim di Syawe-Kiryataim 14:6 dan orang Hori di pegunungan mereka yang bernama Seir, sampai ke El-Paran di tepi padang gurun. 14:7 Sesudah itu baliklah mereka dan sampai ke En-Mispat, yakni Kadesh, dan mengalahkan seluruh daerah orang Amalek, dan juga orang Amori, yang diam di Hazezon-Tamar. 14:8 Lalu keluarlah raja negeri Sodom, raja negeri Gomora, raja negeri Adma, raja negeri Zeboim dan raja negeri Bela, yakni negeri Zoar, dan mengatur barisan perangnya melawan mereka di lembah Sidim, 14:9 melawan Kedorlaomer, raja Elam, Tideal, raja Goyim, Amrafel, raja Sinear, dan Ariokh, raja Elasar, empat raja lawan lima. 14:10 Di lembah Sidim itu di mana-mana ada sumur aspal. Ketika raja Sodom dan raja Gomora melarikan diri, jatuhlah mereka ke dalamnya, dan orang-orang yang masih tinggal hidup melarikan diri ke pegunungan. 14:11 Segala harta benda Sodom dan Gomora beserta segala bahan makanan dirampas musuh, lalu mereka pergi. 14:12 Juga Lot, anak saudara Abram, beserta harta bendanya, dibawa musuh, lalu mereka pergi -- sebab Lot itu diam di Sodom. 14:13 Kemudian datanglah seorang pelarian dan menceritakan hal ini kepada Abram, orang Ibrani itu, yang tinggal dekat pohon-pohon tarbantin kepunyaan Mamre, orang Amori itu, saudara Eskol dan Aner, yakni teman-teman sekutu Abram. 14:14 Ketika Abram mendengar, bahwa anak saudaranya tertawan, maka dikerahkannyalah orang-orangnya yang terlatih, yakni mereka yang lahir di rumahnya, tiga ratus delapan belas orang banyaknya, lalu mengejar musuh sampai ke Dan. 14:15 Dan pada waktu malam berbagilah mereka, ia dan hamba-hambanya itu, untuk melawan musuh; mereka mengalahkan dan mengejar musuh sampai ke Hoba di sebelah utara Damsyik. 14:16 Dibawanyalah kembali segala harta benda itu; juga Lot, anak saudaranya itu, serta harta bendanya dibawanya kembali, demikian juga perempuan-perempuan dan orang-orangnya.
Pertemuan Abram dengan Melkisedek
14:17 Setelah Abram kembali dari mengalahkan Kedorlaomer dan para raja yang bersama-sama dengan dia, maka keluarlah raja Sodom menyongsong dia ke lembah Syawe, yakni Lembah Raja. 14:18 Melkisedek, raja Salem, membawa roti dan anggur; ia seorang imam Allah Yang Mahatinggi. 14:19 Lalu ia memberkati Abram, katanya: "Diberkatilah kiranya Abram oleh Allah Yang Mahatinggi, Pencipta langit dan bumi, 14:20 dan terpujilah Allah Yang Mahatinggi, yang telah menyerahkan musuhmu ke tanganmu." Lalu Abram memberikan kepadanya sepersepuluh dari semuanya. 14:21 Berkatalah raja Sodom itu kepada Abram: "Berikanlah kepadaku orang-orang itu, dan ambillah untukmu harta benda itu." 14:22 Tetapi kata Abram kepada raja negeri Sodom itu: "Aku bersumpah demi TUHAN, Allah Yang Mahatinggi, Pencipta langit dan bumi: 14:23 Aku tidak akan mengambil apa-apa dari kepunyaanmu itu, sepotong benang atau tali kasutpun tidak, supaya engkau jangan dapat berkata: Aku telah membuat Abram menjadi kaya. 14:24 Kalau aku, jangan sekali-kali! Hanya apa yang telah dimakan oleh bujang-bujang ini dan juga bagian orang-orang yang pergi bersama-sama dengan aku, yakni Aner, Eskol dan Mamre, biarlah mereka itu mengambil bagiannya masing-masing."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Abram the son of Terah of Shem
 · Adma a town destroyed with Sodom
 · Amalek members of the nation of Amalek
 · Amori members of a pre-Israel Semitic tribe from Mesopotamia
 · Amrafel king of Shinar in the days of Abraham
 · anak-anak Seir a mountain and adjoining land,a man from the highlands of Seir (OS); father-in-law of Esau
 · Aner an Amorite chief who was an ally of Abram,a town in the territory of Manasseh given to the Kohathites
 · Ariokh king of Ellasar, a town in Mesopotamia,the captain of the Nebuchadnezzar's guard
 · bahasa Ibrani an ancient Jewish language used in the Old Testament
 · bangsa Ibrani a person descended from Heber; an ancient Jew; a Hebrew speaking Jew,any Jew, but particularly one who spoke the Hebrew language
 · bani Amalek members of the nation of Amalek
 · bani Dan residents of the town of Dan; members of the tribe of Dan,the tribe of Dan as a whole; the descendants of Dan in Israel
 · Bela a town near the south end of the Dead Sea,son of Beor; first king of Edom,son of Benjamin son of Israel,son of Azaz; a leader in the tribe of Reuben
 · Bera king of Sodom in Abraham's time
 · Birsya king of Gomorrah in Abraham's time
 · Damsyik a city-state in Syria, located near Mt. Hermon at the edge of the Syrian desert (OS),a town near Mt. Hermon at the edge of the Syrian desert (OS)
 · Dan residents of the town of Dan; members of the tribe of Dan,the tribe of Dan as a whole; the descendants of Dan in Israel
 · Elam son of Shem son of Noah,a country east of the Tigris and Babylon in the territory of Media,son of Shashak of Benjamin,son of Meshelemiah; a Levite gatekeeper,a man whose descendants returned from exile in Babylon; Elam I,forefather of exile returnees with Zerubbabel; Elam II,forefather of returnees headed by Jeshaiah,forefather of Shecaniah who had to put away his heathen wife,an Israelite chief who signed the covenant to obey God's law,a priest who helped Nehemiah dedicate the new wall of Jerusalem
 · Elasar a town in Mesopotamia
 · Eskol brother of Mamre and Aner, Amorites who were allies of Abraham,a valley near Hebron, presumably where Eshcol once lived
 · Gomora an ancient city known for its sin whose ruins are said to be visible from the Masada,a town destroyed with Sodom by burning sulphur
 · Ham a man and nation; son of Noah,a country occupied by the descendants of Ham
 · Hoba a place north of Damascus to which Abraham pursued his enemies
 · Ibrani a person descended from Heber; an ancient Jew; a Hebrew speaking Jew,any Jew, but particularly one who spoke the Hebrew language
 · Kadesh an oasis 100 km south of Gaza & 120 km NNW of Ezion-Geber, where Israel made an encampment
 · Laut Asin the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River,the Mediterranean Sea,the Persian Gulf south east of Babylon,the Red Sea
 · lembah Refaim a tall ancient people in the land east of the Jordan,a fertile valley on the boundary of Judah and Benjamin (OS)
 · lembah Sidim a valley somewhere at the southern end of the Dead Sea
 · Lot a son of Haran; nephew of Abraham,son of Haran son of Terah; nephew of Abraham
 · Mamre a place where Abraham camped, probably a few km north of Hebron,an Amorite chief who was Abraham's ally, with Eshcol and Aner
 · Melkisedek the king of Salem who blessed Abraham and received his tithe,king of Salem who blessed Abraham and received his tithe


Topik/Tema Kamus: Abraham | Nenek Moyang/Patriarka | Hari | Yebus, Orang | Pancakota (Pentapolis) | Arab | Sodom | Amrafel | Tentara | Perintah, Pemerintahan Nenek Moyang | Melkisedek | Lembah | Laut | Gambaran, Teladan Kristus | Sumpah | Kristus, Imam Besar | Orang Amori | Damsyik | Tangan | Gunung, Pegunungan | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Kej 14:13 - ABRAM, ORANG IBRANI ITU. Nas : Kej 14:13 Istilah "Ibrani" mungkin pada mulanya menunjuk kepada orang yang mengembara; kemudian istilah ini secara khusus menunjuk kepada Abr...

Nas : Kej 14:13

Istilah "Ibrani" mungkin pada mulanya menunjuk kepada orang yang mengembara; kemudian istilah ini secara khusus menunjuk kepada Abraham dan keturunannya (bd. Kel 3:18; 5:3).

Full Life: Kej 14:14 - MAKA DIKERAHKANNYALAH ... TIGA RATUS DELAPAN BELAS ORANG. Nas : Kej 14:14 Abram tidak mengembara seorang diri, tetapi seorang pemimpin kaya dari sebuah suku besar. Tiga ratus delapan belas orang terlatihny...

Nas : Kej 14:14

Abram tidak mengembara seorang diri, tetapi seorang pemimpin kaya dari sebuah suku besar. Tiga ratus delapan belas orang terlatihnya menunjukkan bahwa kelompoknya mungkin terdiri atas sekitar 1000 orang.

Full Life: Kej 14:18 - MELKISEDEK, RAJA SALEM. Nas : Kej 14:18 Melkisedek (artinya "raja kebenaran") menjadi baik "raja Salem" (mungkin Yerusalem kuno) maupun "imam Allah yang Mahatinggi." Ia me...

Nas : Kej 14:18

Melkisedek (artinya "raja kebenaran") menjadi baik "raja Salem" (mungkin Yerusalem kuno) maupun "imam Allah yang Mahatinggi." Ia melayani Allah yang esa dan benar, seperti Abram. Melkisedek adalah seorang Kanaan, jadi, seperti Ayub, adalah teladan orang bukan-Israel yang saleh. Melkisedek merupakan lambang atau gambaran dari pangkat raja dan keimaman abadi Yesus Kristus (bd. Mazm 110:4;

lihat cat. --> Ibr 7:1;

lihat cat. --> Ibr 7:3).

[atau ref. Ibr 7:1,3]

Full Life: Kej 14:20 - MEMBERIKAN KEPADANYA SEPERSEPULUH DARI SEMUANYA. Nas : Kej 14:20 Abram memberikan kepada Melkisedek sepersepuluh dari barang rampasan yang diperolehnya (bd. Ibr 7:4) sebagai ungkapan syukur atas p...

Nas : Kej 14:20

Abram memberikan kepada Melkisedek sepersepuluh dari barang rampasan yang diperolehnya (bd. Ibr 7:4) sebagai ungkapan syukur atas pertolongan dan kasih karunia Allah. Inilah untuk pertama kalinya persepuluhan disebut dalam Alkitab.

Full Life: Kej 14:23 - AKU TIDAK AKAN MENGAMBIL APA-APA DARI KEPUNYAANMU. Nas : Kej 14:23 Penolakan Abram untuk menerima kekayaan orang Kanaan menunjukkan ketergantungannya kepada Allah dan berkat-berkat-Nya saja (ayat Ke...

Nas : Kej 14:23

Penolakan Abram untuk menerima kekayaan orang Kanaan menunjukkan ketergantungannya kepada Allah dan berkat-berkat-Nya saja (ayat Kej 14:9;

lihat cat. --> Mat 14:19).

[atau ref. Mat 14:19]

Jerusalem: Kej 14:1-24 - -- Bab 14 ini tidak berasal dari ketiga sumber (Yahwista, Elohista, Para Imam) yang dimanfaatkan kitab Kejadian. tentang nilai historis para ahli berseli...

Bab 14 ini tidak berasal dari ketiga sumber (Yahwista, Elohista, Para Imam) yang dimanfaatkan kitab Kejadian. tentang nilai historis para ahli berselisih pendapat. Rupanya bab ini di zaman agak belakangan disusun dengan meniru zaman dahulu. Nama keempat raja dari sebelah timur itu memang nama-nama kuno, tetapi tidak dapat disamakan dengan seorangpun tokoh dari zaman dahulu yang dikenal. Ditinjau dari segi ilmu sejarah tidak mungkin bahwa seorang raja Elam pernah menguasai kota-kota yang terletak di sebelah selatan Laut Asin dan menjadi pemimpin sebuah persekutuan yang mempersatukan seorang raja bangsa Amori (Amrafel), seorang raja bangsa Hori (Ariokh) dan seorang raja bangsa Het (Tideal). Maksud ceritera itu ialah menghubungkan Abraham dengan sejarah dunia dan memberinya juga kejayaan militer.

Jerusalem: Kej 14:2 - Sodom Mengenai Sodom dan Gomora bdk bab 19; mengenai Adma dan Zeboim bdk Ula 29:23; Hos 11:8.

Mengenai Sodom dan Gomora bdk bab 19; mengenai Adma dan Zeboim bdk Ula 29:23; Hos 11:8.

Jerusalem: Kej 14:3 - Laut Asin Pengarang menyangka bahwa di zaman itu Laut Asin (atau: Laut Mati) belum ada, bdk Kej 13:10; mungkin juga bahwa Lembah Sidim (nama itu hanya terdapat ...

Pengarang menyangka bahwa di zaman itu Laut Asin (atau: Laut Mati) belum ada, bdk Kej 13:10; mungkin juga bahwa Lembah Sidim (nama itu hanya terdapat di sini) hanya merangkum bagian barat Laut Asin, yang memang baru terbentuk di zaman belakangan.

Jerusalem: Kej 14:4 - ketiga belas Begitulah terjemahan-terjemahan kuno. Dalam naskah Ibrani tertulis: tiga belas.

Begitulah terjemahan-terjemahan kuno. Dalam naskah Ibrani tertulis: tiga belas.

Jerusalem: Kej 14:6 - Hori Orang Refaim, orang Zuzim (atau: Zamzumim), orang Emim dan orang Hori adalah penduduk legendaris daerah di seberang sungai Yordan, bdk Ula 2:10; 2:12+...

Orang Refaim, orang Zuzim (atau: Zamzumim), orang Emim dan orang Hori adalah penduduk legendaris daerah di seberang sungai Yordan, bdk Ula 2:10; 2:12+; lihat Ula 1:28+. Kota-kota mereka yang disebut di sini terletak sepanjang jalan raya yang turun ke Laut Merah (Taueber).

Jerusalem: Kej 14:17 - Lembah Raja Lembah ini disebut dalam 2Sa 18:18. Menurut Yosefus lembah ini terletak kira-kira 400 m dari kota Yerusalem.

Lembah ini disebut dalam 2Sa 18:18. Menurut Yosefus lembah ini terletak kira-kira 400 m dari kota Yerusalem.

Jerusalem: Kej 14:18 - Melkisedek, raja Salem Berdasarkan Maz 76:3 seluruh tradisi Yahudi dan sejumlah besar pujangga Gereja berpendapat bahwa Salem itu ialah kota Yerusalem. Raja dan imam kota Sa...

Berdasarkan Maz 76:3 seluruh tradisi Yahudi dan sejumlah besar pujangga Gereja berpendapat bahwa Salem itu ialah kota Yerusalem. Raja dan imam kota Salem itu, yakni Melki-zedek (nama Kanaan, bdk dengan Adoni-Zedek, raja Yerusalem, Yos 10:1) menyembah Allah yang Mahatinggi, Ibraninya: El Elyon. Nama El Elyon adalah nama majemuk. Masing-masing bagiannya dikenal sebagai nama dewa-dewa termasuk dunia kedewataan bangsa Fenisia. Elyon dalam Alkitab, khususnya dalam kitab Mazmur dipakai sebagai gelar Allah, bdk Kej 14:22. Melkisedek diliputi suatu rahasia. Dikatakan bahwa Melkisedek adalah raja kota Yerusalem, yaitu kota yang kemudian dipilih Tuhan sebagai tempat tinggalNya. Melkisedek adalah imam Allah yang Mahatinggi jauh sebelum Israel memiliki lembaga keimaman kaum Lewi. Dalam Maz 110:4 Melkisedek diperkenalkan sebagai pralambang raja Daud. Daud sendiri adalah pralambang Mesias, raja dan imam. Ibr 7 mengetrapkan imamat Melkisedek pada imamat Kristus. Para pujangga Gereja mengolah dan memperkaya tafsiran alegoris itu dengan berkata bahwa roti dan anggur yang dibawa Melkisedek kepada Abraham itu melambangkan Ekaristi dan bahwa roti dan anggur adalah sebuah korban yang mengibaratkan korban Ekaristi. Sejumlah besar pujangga Gereja malahan berkata bahwa dalam diri Melkisedek Anak Allah telah menampakkan diriNya. Dalam Kej 14:18-20 berupa sisipan yang berasal dari zaman kemudian. Melkisedek nampak sebagai teladan imam besar di masa sesudah pembuangan. Di masa itu imam besar memang telah menjadi waris kekuasaan raja dan menjadi kepada para imam. Keturunan Abraham membayar kepadanya bagian sepersepuluh.

Jerusalem: Kej 14:19 - memberkati Abram Berkat adalah firman yang sungguh berdaya, Kej 9:25+, dan tidak dibatalkan lagi, Kej 27:33+; Kej 48:18+. Walaupun diucapkan manusia namun berkat itu s...

Berkat adalah firman yang sungguh berdaya, Kej 9:25+, dan tidak dibatalkan lagi, Kej 27:33+; Kej 48:18+. Walaupun diucapkan manusia namun berkat itu selalu membawa hasil sesuai dengan isinya, sebab sebenarnya Allah sendirilah yang memberi berkat, Kej 1:27,28; 12; 28:3-4; Maz 67:2; 85:2, dll. Akan tetapi pada gilirannya manusiapun "memberkati" (memuji) Allah. Manusia memuji kebesaran dan kebaikan Allah dan sekaligus ingin menyaksikan bahwa kebesaran dan kebaikan Allah itu dinyatakan dan diperluas serta diperbesar, Kej 24:48; Kej 18:10; Ula 8:10; 1Sa 25:32,39, dll. Ayat 19 ini menggabungkan berkat Allah bagi manusia dengan berkat (pujian) manusia bagi Allah. Ibadat umat Israelpun mencakup kedua "berkat" itu, Bil 6:22; Ula 27:14-26; Maz 103:1-2; 144:1; Dan 2:19-23, dll. Bdk Luk 1:68; 2Ko 1:3; Efe 1:3; 1Pe 1:3.

Ende: Kej 14:1 - -- Tjerita ini tidak berasal dari tradisi-tradisi J,E ataupun P, melainkan berasal dari sumber kuno lain. Kissah mengandung beberapa unsur-unsur historis...

Tjerita ini tidak berasal dari tradisi-tradisi J,E ataupun P, melainkan berasal dari sumber kuno lain. Kissah mengandung beberapa unsur-unsur historis, seperti ternjata dari nama-nama, jang hampir menjamai nama-nama para radja dari djaman kuno itu; selandjutnja ternjata pula dari istilah-istilah jang digunakan, dan dari keterangan-keterangan jang kemudian dibubuhkan pada nama-nama kota jang kuno (ajat 2,3,7,8,17)(Kej 14:2,3,7,8,17). Tjerita perang antara para radja, jang bertjorakkan tjerita sedjarah profan djaman itu, bermaksud mengutarakan Berkat dan kemampuan Abram. Peristiwa-peristiwa ini terdjadi seberang sungai Jordan (Transjordania).

Sjinear = wilajah di Mesopotamia; Ellasar = mungkin suatu daerah disebelah timur Charan; Tidal = nama seorang radja Hittit; Goim = bangsa-bangsa asing.

Ende: Kej 14:13 - -- Karena fasal ini terlepas dari fasal 13(Kej 13), disini Abram masih disebutkan sebagai seseorang jang belum dikenal.

Karena fasal ini terlepas dari fasal 13(Kej 13), disini Abram masih disebutkan sebagai seseorang jang belum dikenal.

Ende: Kej 14:18 - -- Malkisedek berarti: "Sedek adalah radja", atau mungkin djuga: "Radjaku adil". Sjalem = Jerusalem (lihat Maz 76:3). Menjadjikan roti dan anggur melamba...

Malkisedek berarti: "Sedek adalah radja", atau mungkin djuga: "Radjaku adil". Sjalem = Jerusalem (lihat Maz 76:3).

Menjadjikan roti dan anggur melambangkan persahabatan dan penghormatan; menjambut seorang pemenang perang dengan resmi.

Jang Mahatinggi (El-elyon) adalah sebutan Tuhan jang sedjati. Dengan tampilnja kemuka seorang radja dari Jerusjalem, jang mendjadi imam pula, pengarang membajangkan adanja hubungan antara Bapa bangsa Israel dan kota Jerusalem, jang kelak akan mendjadi ibu kota keradjaan Israel. Dalam pribadi Malkisedek radja Jerusalem telah tampil kemuka pada djaman Abram. Seperti Malkisedek, begitu pula radja itu adalah imam djuga, jakni perantara Tuhan dan UmatNja, untuk menjampaikan Berkat serta Keselamatan dari Tuhan, meskipun radja tidak berasal dari keturunan imamat Aaron.

Abram mempersembahkan sepersepuluh harta-miliknja kepada Malkisedek. Suatu tanda bahwa Abram mengakui deradjat-kewibawaan Malkisedek. Demikianlah Abram telah menjatakan taatnja terhadap Radja-Imam di Jerusalem dikelak-kemudian hari.

Malkisedek djuga mendjadi pralambang Almasih-Radja, jakni keturunan dari dinasti keradjaan Dawud di Jerusalem lagi imam, bukan karena keturunan Aaron, melainkan karena deradjat sendiri, seperti djuga Malkisedek (Maz 110:4; Ibr 7).

Menurut beberapa orang Bapa Geredja, persembahan roti dan anggur melambangkan pula Ekaristi Sutji (Klemens dari Alexandria, Siprianus).

Penafsiran ini masih kita ketemukan djuga dalam tradisi Geredja (lihat Kanon Misa Sutji).

Endetn: Kej 14:4 - dalam tahun jang ke-13 diperbaiki menurut Junani, Syr., Vulg., Targ. Tertulis: "dan selama 13 tahun".

diperbaiki menurut Junani, Syr., Vulg., Targ. Tertulis: "dan selama 13 tahun".

Endetn: Kej 14:10 - dan radja Gomorra diperbaiki menurut Sam., Junani, Syr. Tertulis: "dan Gomorra".

diperbaiki menurut Sam., Junani, Syr. Tertulis: "dan Gomorra".

Endetn: Kej 14:12 - kemanakan Abram mungkin tambahan.

mungkin tambahan.

Ref. Silang FULL: Kej 14:1 - Raja Sinear // Elasar, Kedorlaomer // raja Elam · Raja Sinear: Kej 10:10; Kej 10:10 · Elasar, Kedorlaomer: Kej 14:4,9,17 · raja Elam: Kej 10:22; Kej 10:22

· Raja Sinear: Kej 10:10; [Lihat FULL. Kej 10:10]

· Elasar, Kedorlaomer: Kej 14:4,9,17

· raja Elam: Kej 10:22; [Lihat FULL. Kej 10:22]

Ref. Silang FULL: Kej 14:2 - raja Zeboim // negeri Zoar · raja Zeboim: Kej 10:19; Kej 10:19 · negeri Zoar: Kej 13:10; Kej 13:10

· raja Zeboim: Kej 10:19; [Lihat FULL. Kej 10:19]

· negeri Zoar: Kej 13:10; [Lihat FULL. Kej 13:10]

Ref. Silang FULL: Kej 14:3 - lembah Sidim // Laut Asin · lembah Sidim: Kej 14:8,10 · Laut Asin: Bil 34:3,12; Ul 3:17; Yos 3:16; 12:3; 15:2,5; 18:19

Ref. Silang FULL: Kej 14:4 - kepada Kedorlaomer · kepada Kedorlaomer: Kej 14:1; Kej 14:1

· kepada Kedorlaomer: Kej 14:1; [Lihat FULL. Kej 14:1]

Ref. Silang FULL: Kej 14:5 - datanglah Kedorlaomer // orang Refaim // orang Emim · datanglah Kedorlaomer: Kej 14:1; Kej 14:1 · orang Refaim: Kej 15:20; Ul 2:11,20; 3:11,13; Yos 12:4; 13:12; 17:15; 1Taw 20:4 · o...

· datanglah Kedorlaomer: Kej 14:1; [Lihat FULL. Kej 14:1]

· orang Refaim: Kej 15:20; Ul 2:11,20; 3:11,13; Yos 12:4; 13:12; 17:15; 1Taw 20:4

· orang Emim: Ul 2:10

Ref. Silang FULL: Kej 14:6 - orang Hori // bernama Seir // ke El-Paran · orang Hori: Kej 36:20; Ul 2:12,22 · bernama Seir: Kej 32:3; 33:14,16; 36:8; Ul 1:2; 2:1,5,22; Yos 11:17; 24:4; 1Taw 4:42; Yes 34:5; Ye...

Ref. Silang FULL: Kej 14:7 - Kadesh // orang Amalek // orang Amori // di Hazezon-Tamar · Kadesh: Kej 16:14; 20:1; Bil 13:26; 20:1; 32:8; Ul 1:2; Yos 10:41; Hak 11:16; Mazm 29:8 · orang Amalek: Kel 17:8; Bil 13:29; 14:25; 24...

Ref. Silang FULL: Kej 14:8 - negeri Gomora // negeri Zeboim // negeri Zoar // lembah Sidim · negeri Gomora: Kej 13:10; Kej 13:10 · negeri Zeboim: Ul 29:23; Hos 11:8 · negeri Zoar: Kej 13:10; Kej 13:10 · lembah Sid...

· negeri Gomora: Kej 13:10; [Lihat FULL. Kej 13:10]

· negeri Zeboim: Ul 29:23; Hos 11:8

· negeri Zoar: Kej 13:10; [Lihat FULL. Kej 13:10]

· lembah Sidim: Kej 14:3; [Lihat FULL. Kej 14:3]

Ref. Silang FULL: Kej 14:9 - melawan Kedorlaomer // raja Elam · melawan Kedorlaomer: Kej 14:1; Kej 14:1 · raja Elam: Kej 10:22; Kej 10:22

· melawan Kedorlaomer: Kej 14:1; [Lihat FULL. Kej 14:1]

· raja Elam: Kej 10:22; [Lihat FULL. Kej 10:22]

Ref. Silang FULL: Kej 14:10 - lembah Sidim // sumur aspal // raja Gomora // ke pegunungan · lembah Sidim: Kej 14:3; Kej 14:3 · sumur aspal: Kej 11:3 · raja Gomora: Kej 14:17,21 · ke pegunungan: Kej 19:17,30; Yos ...

· lembah Sidim: Kej 14:3; [Lihat FULL. Kej 14:3]

· sumur aspal: Kej 11:3

· raja Gomora: Kej 14:17,21

· ke pegunungan: Kej 19:17,30; Yos 2:16; Mazm 11:1

Ref. Silang FULL: Kej 14:11 - harta benda · harta benda: Kej 14:16,21

· harta benda: Kej 14:16,21

Ref. Silang FULL: Kej 14:12 - Juga Lot · Juga Lot: Kej 11:27; Kej 11:27

· Juga Lot: Kej 11:27; [Lihat FULL. Kej 11:27]

Ref. Silang FULL: Kej 14:13 - orang Ibrani // kepunyaan Mamre // saudara Eskol · orang Ibrani: Kej 37:28; 39:14,17; 40:15; 41:12; 43:32; Kel 3:18; 1Sam 4:6; 14:11 · kepunyaan Mamre: Kej 14:24; Kej 14:24; Kej 13:18; ...

· orang Ibrani: Kej 37:28; 39:14,17; 40:15; 41:12; 43:32; Kel 3:18; 1Sam 4:6; 14:11

· kepunyaan Mamre: Kej 14:24; [Lihat FULL. Kej 14:24]; Kej 13:18; [Lihat FULL. Kej 13:18]

· saudara Eskol: Bil 13:23; 32:9; Ul 1:24

Ref. Silang FULL: Kej 14:14 - anak saudaranya // yang terlatih // di rumahnya // ke Dan · anak saudaranya: Kej 14:12 · yang terlatih: Ul 4:9; Ams 22:6 · di rumahnya: Kej 12:5; Kej 12:5 · ke Dan: Ul 34:1; Hak 18...

· anak saudaranya: Kej 14:12

· yang terlatih: Ul 4:9; Ams 22:6

· di rumahnya: Kej 12:5; [Lihat FULL. Kej 12:5]

· ke Dan: Ul 34:1; Hak 18:29; 1Raj 15:20

Ref. Silang FULL: Kej 14:15 - berbagilah mereka // utara Damsyik · berbagilah mereka: Hak 7:16 · utara Damsyik: Kej 15:2; 2Sam 8:5; 1Raj 20:34; 2Raj 16:9; Yes 7:8; 8:4; 10:9; 17:1; Yer 49:23,27; Yeh 27...

Ref. Silang FULL: Kej 14:16 - Dibawanyalah kembali // harta benda · Dibawanyalah kembali: 1Sam 30:8,18 · harta benda: Kej 14:11; Kej 14:11

· Dibawanyalah kembali: 1Sam 30:8,18

· harta benda: Kej 14:11; [Lihat FULL. Kej 14:11]

Ref. Silang FULL: Kej 14:17 - mengalahkan Kedorlaomer // raja Sodom // Lembah Raja · mengalahkan Kedorlaomer: Kej 14:1; Kej 14:1 · raja Sodom: Kej 14:10; Kej 14:10 · Lembah Raja: 2Sam 18:18

· mengalahkan Kedorlaomer: Kej 14:1; [Lihat FULL. Kej 14:1]

· raja Sodom: Kej 14:10; [Lihat FULL. Kej 14:10]

· Lembah Raja: 2Sam 18:18

Ref. Silang FULL: Kej 14:18 - Melkisedek // raja Salem // membawa roti // dan anggur // Yang Mahatinggi · Melkisedek: Mazm 110:4; Ibr 5:6; 7:17,21 · raja Salem: Mazm 76:3; Ibr 7:2 · membawa roti: Kej 3:19; Kej 3:19 · dan anggu...

· Melkisedek: Mazm 110:4; Ibr 5:6; 7:17,21

· raja Salem: Mazm 76:3; Ibr 7:2

· membawa roti: Kej 3:19; [Lihat FULL. Kej 3:19]

· dan anggur: Hak 9:13; 19:19; Est 1:10; Mazm 104:15; Ams 31:6; Pengkh 10:19; Kid 1:2

· Yang Mahatinggi: Kej 14:22; Mazm 7:9,18; Dan 7:27

Ref. Silang FULL: Kej 14:19 - memberkati Abram // Yang Mahatinggi // dan bumi · memberkati Abram: Ibr 7:6 · Yang Mahatinggi: Kej 14:18 · dan bumi: Kej 14:22; Kej 1:1; Kej 1:1; Kej 24:3; Yos 2:11; Mazm 148:5...

· memberkati Abram: Ibr 7:6

· Yang Mahatinggi: Kej 14:18

· dan bumi: Kej 14:22; Kej 1:1; [Lihat FULL. Kej 1:1]; Kej 24:3; Yos 2:11; Mazm 148:5; Mat 11:25

Ref. Silang FULL: Kej 14:20 - Yang Mahatinggi // dari semuanya · Yang Mahatinggi: Kej 9:26; Kej 9:26; Kej 24:27; Kej 24:27 · dari semuanya: Kej 28:22; Ul 14:22; 26:12; Luk 18:12; Ibr 7:4

· Yang Mahatinggi: Kej 9:26; [Lihat FULL. Kej 9:26]; Kej 24:27; [Lihat FULL. Kej 24:27]

· dari semuanya: Kej 28:22; Ul 14:22; 26:12; Luk 18:12; Ibr 7:4

Ref. Silang FULL: Kej 14:21 - raja Sodom // harta benda · raja Sodom: Kej 14:10; Kej 14:10 · harta benda: Kej 14:11; Kej 14:11

· raja Sodom: Kej 14:10; [Lihat FULL. Kej 14:10]

· harta benda: Kej 14:11; [Lihat FULL. Kej 14:11]

Ref. Silang FULL: Kej 14:22 - negeri Sodom // Aku bersumpah // Yang Mahatinggi // dan bumi · negeri Sodom: Kej 14:10; Kej 14:10 · Aku bersumpah: Kel 6:7; Bil 14:30; Ul 32:40; Neh 9:15; Yeh 20:5; Dan 12:7; Wahy 10:5-6 · Y...

· negeri Sodom: Kej 14:10; [Lihat FULL. Kej 14:10]

· Aku bersumpah: Kel 6:7; Bil 14:30; Ul 32:40; Neh 9:15; Yeh 20:5; Dan 12:7; Wahy 10:5-6

· Yang Mahatinggi: Kej 14:18; [Lihat FULL. Kej 14:18]

· dan bumi: Kej 14:19; [Lihat FULL. Kej 14:19]

Ref. Silang FULL: Kej 14:23 - dari kepunyaanmu · dari kepunyaanmu: 1Sam 15:3,19; 2Raj 5:16; Est 8:11; 9:10,15

· dari kepunyaanmu: 1Sam 15:3,19; 2Raj 5:16; Est 8:11; 9:10,15

Ref. Silang FULL: Kej 14:24 - dan Mamre · dan Mamre: Kej 13:18; Kej 13:18

· dan Mamre: Kej 13:18; [Lihat FULL. Kej 13:18]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Kej 12:1--25:18 - -- A. Abraham (12:1-25:18). Di bagian pokok yang kedua dari Kitab Kejadian tampak bahwa di dalam tatanan yang baru orang-orang pilihan Allah harus menge...

A. Abraham (12:1-25:18).

Di bagian pokok yang kedua dari Kitab Kejadian tampak bahwa di dalam tatanan yang baru orang-orang pilihan Allah harus mengenal komunikasi langsung dan kepemimpinan langsung dari Tuhan. Di pasal 12-50 empat tokoh menonjol sebagai orang yang mendengar suara Allah, memahami pimpinan-Nya dan mengatur hidup mereka sesuai dengan kehendak-Nya. Yehovah tetap bertujuan hendak membangun sebuah umat yang akan melaksanakan kehendak-Nya di bumi ini. Di dalam Nuh Dia membuat permulaan yang baru. Sem dipilih untuk melancarkan agama yang benar. Keturunannya, orang Semit, dipersiapkan untuk menjadi misionaris kepada bangsa-bangsa lain di bumi. Di dalam pasal 12 Abram mulai muncul dari antara keturunan Sem sebagai wakil pilihan Yehovah. Kepadanya Yehovah akan memberikan tanggung jawab penuh untuk menerima dan menyalurkan penyataan-Nya kepada semua orang. Dari latar belakang kafir Ur dan Haran muncullah hamba Allah untuk menghadapi saat strategis yaitu penyataan mula-mula dalam Perjanjian Lama.

Wycliffe: Kej 14:1-24 - -- 4) Abram, Lot, Melkisedek (14:1-24). Bukannya hidup dalam ketenangan, kemakmuran dan kebahagiaan, Abram dan Lot justru berada di tengah-tengah pertem...

4) Abram, Lot, Melkisedek (14:1-24).

Bukannya hidup dalam ketenangan, kemakmuran dan kebahagiaan, Abram dan Lot justru berada di tengah-tengah pertempuran. Berbagai pasukan yang kuat dari timur menyerbu tanah Palestina dan mengakibatkan banyak kekacauan. Abram menjadi sangat terlibat di dalam kemelut tersebut karena kasihnya kepada Lot, dan tidak lama kemudian ia menjadi prajurit yang harus diperhitungkan oleh para penyerbu yang hendak menjarah. Lot menjadi tawanan perang ketika kotanya, Sodom, dan berbagai kerajaan di sekitarnya dikalahkan oleh para penyerbu. Lot memang telah mengundang masalah ketika memilih untuk menikmati kenyamanan dan kemudahan Sodom, dan dengan menjadi penduduk kota tersebut. Kini dia harus ikut berbagi aneka bahaya dan tragedi kota itu. Abram langsung tanggap dengan keadaan tersebut dan datang dengan orang-orangnya sebanyak 318 orang untuk berusaha menyelamatkan Lot serta memantapkan diri sebagai sebuah kekuatan yang benar di wilayah tersebut.

Wycliffe: Kej 14:1 - Amrafel, raja Sinear // Sinear, // Amrafel // Ariokh // Elasar, // Kedorlaomer // Susan. Tideal, 1. Amrafel, raja Sinear. Salah satu anggota empat serangkai yang merupakan pasukan penyerbu. Sinear, terletak di Mesopotamia utara, adalah nama dari s...

1. Amrafel, raja Sinear. Salah satu anggota empat serangkai yang merupakan pasukan penyerbu. Sinear, terletak di Mesopotamia utara, adalah nama dari seluruh wilayah di antara sungai Tigris dan sungai Efrat, termasuk Babel. Mesopotamia bawah merupakan pusat peradaban Sumeria, yang bertanggal sekitar 3500 sM. Amrafel adalah raja di wilayah tersebut. Hingga beberapa tahun terakhir ini para sarjana mengidentifikasi dia dengan Raja Hamurabi, salah seorang raja pada masa awal kerajaan Babel. Namun, berbagai penemuan terakhir cenderung menempatkan Hamurabi lebih dekat ke tahun 1700 sM. Amrafel menjadi raja yang memerintah jauh sebelumnya. Ariokh adalah raja Elasar, Larsa dalam bahasa Babel, dan mungkin menguasai wilayah yang jauh lebih luas lagi di bagian selatan Babel.

Kedorlaomer. Raja Elam, sebuah wilayah pegunungan yang terkenal dekat bagian atas Semenanjung Persia. Tampaknya dia merupakan raja terkuat di antara keempat raja lainnya dalam pasukan penyerbu tersebut. Dia berhasil menguasai raja Babel dan Palestina. Namanya, Kudur-Lagamer artinya "hamba Lagamer," salah satu dewa bangsa Elam. Ibu kota Elam adalah Susan. Tideal, raja yang satunya dalam komplotan itu, dinamakan raja dari Goyim, atau raja atas berbagai bangsa. Gelarnya bisa menunjukkan bahwa dia menguasai berbagai kerajaan, atau bahwa dia merupakan pimpinan dari segerombolan penyamun kuat yang pekerjaannya adalah merampok.

Wycliffe: Kej 14:2 - lembah Sidim, 2. Para raja dengan pasukan pilihan mereka ini datang dari wilayah di belakang Damsyik, dan menyerbu wilayah timur Sungai Yordan hingga sampai di pant...

2. Para raja dengan pasukan pilihan mereka ini datang dari wilayah di belakang Damsyik, dan menyerbu wilayah timur Sungai Yordan hingga sampai di pantai selatan Laut Mati (lembah Sidim, ay. 3), bersama dengan lima raja dari wilayah sekitar yang memberontak melawan penguasa mereka dari timur.

Wycliffe: Kej 14:3 - Laut Asin 3. Laut Asin panjangnya 46 mil dan lebarnya adalah 9,5 mil. Karena permukaan laut ini terletak 1292 kaki di bawah permukaan laut Mediterania, dan keda...

3. Laut Asin panjangnya 46 mil dan lebarnya adalah 9,5 mil. Karena permukaan laut ini terletak 1292 kaki di bawah permukaan laut Mediterania, dan kedalamannya adalah 1200 kaki, maka laut ini merupakan "perairan terendah di dunia." Airnya memiliki kadar garam lima kali lebih besar daripada air laut biasa. Para ahli purbakala menegaskan bahwa puing-puing Sodom dan Gomora terletak di dasar ujung selatan laut ini. Adma dan Zeboim (bdg. ay. 2) adalah kota lain yang ikut hancur tertimpa murka Allah , ketika itu. Raja-raja dari timur berhasil melumpuhkan kumpulan pejuang serta menawan mereka dan menjarahi barang-barang mereka ketika kembali. Lot termasuk di antara orang-orang yang ditangkap.

Wycliffe: Kej 14:6 - Orang Hori di pegunungan mereka yang bernama Seir 6. Orang Hori di pegunungan mereka yang bernama Seir. Arkeologi telah banyak membantu dalam memastikan kebenaran dari narasi-narasi awal ini. Orang-or...

6. Orang Hori di pegunungan mereka yang bernama Seir. Arkeologi telah banyak membantu dalam memastikan kebenaran dari narasi-narasi awal ini. Orang-orang yang dinamakan orang Hori kini dikenal sebagai orang Hurian, sebuah kelompok non-Semit. Prasasti-prasasti mereka yang berhasil ditemukan oleh para ahli purbakala di Nuzu telah banyak membantu menjelaskan mengenai adat-istiadat zaman Abram. William F. Albright yakin bahwa orang Hurian ini sudah terkenal sejak 2400 sM dan menjadi saingan bagi orang Het dan orang Sumeria dalam hal supremasi budaya dan pendidikan. Pasti mereka menemukan wilayah Laut Mati selatan cukup dini. Mereka diusir dari wilayah gunung Seir oleh keturunan Esau (Ul. 2:22).

Wycliffe: Kej 14:7 - Kadesy // Orang Amalek 7. Kadesy (tempat suci). Sebuah tempat kuno di mana air menetes dari sebuah batu, dan hukuman diberikan oleh seorang suci yang menerima penyataan ilah...

7. Kadesy (tempat suci). Sebuah tempat kuno di mana air menetes dari sebuah batu, dan hukuman diberikan oleh seorang suci yang menerima penyataan ilahi. Tempat ini terletak di perbatasan Edom, sekitar 50 mil dari Ber-Syeba, dan 70 mil dari Hebron. Di sini selama satu generasi orang Israel menunggu perintah Allah untuk masuk ke Palestina. Miryam dikuburkan di Kadesy, sebuah perjalanan sepanjang 11 hari dari Sinai. Orang Amalek. Gerombolan perampok kasar yang menjelajahi wilayah gurun di selatan Palestina. Mereka merupakan ancaman abadi bagi orang-orang Israel sepanjang masa kerajaan. Di dalam peristiwa ini orang-orang Kanaan memperoleh pukulan keras di tangan penyerbu dari selatan.

Wycliffe: Kej 14:10 - Sumur aspal 10. Sumur aspal (ada terjemahan bahasa Inggris yang menyebutnya sumur lumpur). Sumur minyak yang kadar minyak cairnya telah diambil. Lubang-lubang yan...

10. Sumur aspal (ada terjemahan bahasa Inggris yang menyebutnya sumur lumpur). Sumur minyak yang kadar minyak cairnya telah diambil. Lubang-lubang yang tertinggal mungkin sebagian masih dipenuhi dengan cairan bergelembung. Orang-orang yang bertempur itu, ketika berusaha meloloskan diri dari serbuan hebat musuh, terjerumus ke dalam sumur semacam itu dan tewas. Para penyerbu dari timur berhasil menjarah banyak barang dan memperoleh banyak tawanan yang akan dijadikan budak.

Wycliffe: Kej 14:13 - Abram orang Ibrani itu // Ibrani 13. Abram orang Ibrani itu. Berita tentang pertempuran tersebut cepat sampai ke telinga Abram di Hebron. Dia tidak ikut terlibat di dalam pertempuran ...

13. Abram orang Ibrani itu. Berita tentang pertempuran tersebut cepat sampai ke telinga Abram di Hebron. Dia tidak ikut terlibat di dalam pertempuran tersebut, namun karena keponakannya merupakan tawanan, dia menjadi tambah berkewajiban untuk turun tangan menolong. Inilah pertama kali di dalam Alkitab dipakai istilah Ibrani (ha'ibri). Asal kata sesungguhnya dari istilah ini masih belum diketahui dengan pasti. Kata ini dipakai oleh. orang asing untuk keturunan Abraham dan para leluhur Israel. Mungkin kata itu berarti "keturunan Eber" atau "orang dari seberang" (sungai). Ini berlaku bagi Abram yang bermigrasi dari Mesopotamia. Ada yang menghubungkan orang Ibrani dengan orang Habiru, yang menjadi terkenal di kalangan ahli purbakala melalui penemuan surat-surat Tel el Amarna di Mesir dan berbagai prasasti Mesopotamia di Nuzu dan Mari. Sifat para perampok yang meresahkan ini tidak akan membuat mereka disenangi oleh keturunan Abram.

Wycliffe: Kej 14:14 - (dikerahkannyalah) // Mamre, Eskol // Aner // Dan 14. Kata Ibrani riq (dikerahkannyalah) melukiskan tindakan kilat dari Abram dalam mengumpulkan semua orang yang tersedia untuk mengambil tindakan cepa...

14. Kata Ibrani riq (dikerahkannyalah) melukiskan tindakan kilat dari Abram dalam mengumpulkan semua orang yang tersedia untuk mengambil tindakan cepat. Kata ini secara harfiah diterjemahkan dengan menghunus, seperti pedang dari sarungnya. Tidak seorang laki-lakipun yang tersisa. Terdapat 318 orang laki-laki yang memenuhi panggilan pemimpin yang mereka hormati. Untuk usaha sebesar yang dimiliki Abram, memang diperlukan kekuatan kokoh yang dapat diandalkan. Di samping orang-orang tersebut, Abram membawa bersamanya sejumlah pasukan dari para pemimpin yang bersahabat. Mamre, Eskol dan Aner adalah tokoh-tokoh yang setia kepada sahabat baik mereka pada saat darurat. Para penyerbu yang melarikan diri dari timur dengan cepat menuju ke Dan di perbatasan utara Kanaan. Kota tersebut terletak di kaki Gunung Hermon, barat daya Kaisarea Filipi. Pada saat itu tempat tersebut bernama Lais (bdg. Hak. 18:7) atau Lesem. Beberapa tahun kemudian tempat ini diduduki oleh suku Dan dan mereka kemudian menamakannya Dan.

Wycliffe: Kej 14:15 - Hoba 15. Hoba merupakan kota yang berjarak tidak sampai 50 mil di utara Damsyik. Sesudah Dan diserbu, Abram dan pasukannya mengadakan pengejaran sepanjang ...

15. Hoba merupakan kota yang berjarak tidak sampai 50 mil di utara Damsyik. Sesudah Dan diserbu, Abram dan pasukannya mengadakan pengejaran sepanjang 100 mil untuk mencapai pasukan Kedorlaomer. Di dalam serangan mendadak tersebut, mereka berhasil mengalahkan lawan dan merampas kembali semua barang jarahan dan juga para tawanan. Lot kembali aman di dalam perlindungan pamannya. Kini Abram mantap kekuasaannya di Kanaan, sebab masyarakat sekitar akan segan terhadap tokoh yang sanggup melakukan hal-hal besar semacam itu.

Wycliffe: Kej 14:17 - Syawe // Lembah Raja 17. Ketika kembali ke wilayahnya sendiri, Abram disambut oleh raja Sodom yang menyatakan rasa bersyukurnya atas pertolongan besar tersebut. Mereka ber...

17. Ketika kembali ke wilayahnya sendiri, Abram disambut oleh raja Sodom yang menyatakan rasa bersyukurnya atas pertolongan besar tersebut. Mereka bertemu di sebuah tempat yang bernama Syawe atau Lembah Raja. Kata syawe artinya "sebuah dataran." Mungkin tempat itu terletak di dekat Yerusalem.

Wycliffe: Kej 14:18-20 - Melkisedek, raja Salem // Salem // Yang Mahatinggi 18-20. Melkisedek, raja Salem. Nama dari tokoh misterius ini bisa berarti "raja kebenaran," atau, "rajaku adalah kebenaran," atau "rajaku adalah Sedek...

18-20. Melkisedek, raja Salem. Nama dari tokoh misterius ini bisa berarti "raja kebenaran," atau, "rajaku adalah kebenaran," atau "rajaku adalah Sedek." Zedek adalah kata Ibrani untuk "kebenaran" dan juga nama seorang dewa di Kanaan. Melkisedek adalah imam-raja dari Salem yang merupakan singkatan dari Urusalim, "kota damai," sama dengan Yerusalem. Prasasti-prasasti Tel el Amarna mengaitkan Salem dengan Yerusalem sudah sejak tahun 1400 sM. Shalom adalah istilah Ibrani untuk "damai sejahtera", dan Salem mungkin merupakan dewa damai Kanaan.

Imam-raja yang baik hati ini mengenal keluhuran dan kelayakan Abram, sehingga dia menyediakan minuman dan makanan bagi pejuang yang letih itu dan anak buahnya. Semua pemberian tersebut merupakan tanda persahabatan dan keramahan. Melkisedek memuji El Elyon, Allahnya (Allah Yang Mahatinggi) atas penganugerahan kekuatan kepada Abram untuk mencapai kemenangan. Abram mengenal El Elyon Melkisedek sebagai Yehovah, yaitu Allah yang juga dilayaninya. Nama Allah Yang Mahatinggi terdapat di dalam naskah Ras Shamra yang bertanggal abad ke-14 sM. Jelas bahwa Melkisedek sangat menguasai doktrin-doktrin imannya yang sama benarnya dan sama pentingnya dengan doktrin-doktrin yang dibawa dari Babel oleh Abram. Masing-masing tokoh tersebut memiliki sesuatu untuk diberikan dan sesuatu untuk dipelajari (Lih. Mzm. 110:4; Ibr. 5:9, 10; 7:1-7 untuk perkembangan konsep imamat ideal dan penerapannya kepada doktrin Mesianis). Penulis surat Ibrani menyatakan bahwa Kristus berasal dari urutan imamat yang lebih tua daripada imamat Harun, sehingga keimaman-Nya lebih tinggi daripada keimaman Harun. Selanjutnya untuk mengakui kedudukan Melkisedek sebagai imam, Abram membawa persepuluhan sebagai persembahan keagamaan.

Wycliffe: Kej 14:21-24 - raja Sodom, 21-24. Menghadapi raja Sodom, Abram menolak untuk menerima rampasan yang diperoleh dalam perang. Ia maju berperang bukan untuk memperkaya diri, melain...

21-24. Menghadapi raja Sodom, Abram menolak untuk menerima rampasan yang diperoleh dalam perang. Ia maju berperang bukan untuk memperkaya diri, melainkan untuk memastikan bebasnya Lot. Ia tidak mau mengambil keuntungan dengan cara apa pun, tetapi akan menjaga supaya para sekutunya memiliki jumlah yang cukup untuk mengurus berbagai biaya pengeluaran mereka. Tampaknya di dalam diri Abram tidak ada sifat menganggap remeh, mementingkan diri atau serakah.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Kej 14:1-12 - Lot Ditawan Terdapat empat hal dalam kisah di pasal ini. I. Peperangan dengan raja Sodom dan para sekutunya (ay. 1-11). II. Penawanan Lot dalam pe...

Matthew Henry: Kej 14:13-16 - Lot Dibebaskan Lot Dibebaskan (Kejadian 14:13-16) Di sini diceritakan tentang satu-satunya gerakan militer yang pernah melibatkan Abram. Ia terdorong bukan karena...

Matthew Henry: Kej 14:17-20 - Percakapan Abram dengan Melkisedek Percakapan Abram dengan Melkisedek (Kejadian 14:17-20) Paragraf ini diawali dengan menyebutkan perihal kunjungan kehormatan yang diberikan raja Sod...

Matthew Henry: Kej 14:21-24 - Ketidaktertarikan Abram Ketidaktertarikan Abram (Kejadian 14:21-24) Di sini diceritakan tentang percakapan antara Abram dan raja Sodom yang menggantikan raja Sodom sebelum...

SH: Kej 14:1-16 - Akibat keliru memilih. (Kamis, 29 April 2004) Akibat keliru memilih. Pilihan yang keliru bisa berakibat fatal. Salah memilih pendidikan atau karier bisa menyebabkan kerugian jangka panja...

SH: Kej 14:17-24 - Keberhasilanku adalah anugerah Allah. (Jumat, 30 April 2004) Keberhasilanku adalah anugerah Allah. Keberhasilan bisa membuat orang lupa diri dan sombong. Mudah sekali untuk merasa bahwa semua keberhasi...

Utley: Kej 14:1-12 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kej 14:1-121 Pada zaman Amrafel, raja Sinear, Ariokh, raja Elasar, Kedorlaomer, raja Elam, dan Tideal, raja Goyim, terjadilah, ...

Utley: Kej 14:13-16 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kej 14:13-1613 Kemudian datanglah seorang pelarian dan menceritakan hal ini kepada Abram, orang Ibrani itu, yang tinggal dekat ...

Utley: Kej 14:17-24 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kej 14:17-2417 Setelah Abram kembali dari mengalahkan Kedorlaomer dan para raja yang bersama-sama dengan dia, maka keluarlah ra...

Topik Teologia: Kej 14:18 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Rangkap Allah Allah yang Mahatinggi (Ibr.: El Elyon) ...

Topik Teologia: Kej 14:19 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Yesus Kristus Kristus dalam Perjanjian Lama Kristus dalam Pelambangan Pribadi yang Mel...

Topik Teologia: Kej 14:20 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Rangkap Allah Allah yang Mahatinggi (Ibr.: El Elyon) ...

Topik Teologia: Kej 14:22 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Kejadian (Pendahuluan Kitab) Penulis : Musa Tema : Permulaan Tanggal Penulisan: + 1445 -- 1405 SM Latar Belakang Kejadian cocok sebagai kitab Perjanjian La...

Full Life: Kejadian (Garis Besar) Garis Besar I. Permulaan Sejarah Manusia (Kej 1:1-11:26) A. Asal Mula Alam Semesta dan Kehidupan (Ke...

Matthew Henry: Kejadian (Pendahuluan Kitab) Di hadapan kita sekarang ada Kitab Suci, atau buku, sebab itulah arti kitab. Kita menyebutnya Alkitab, untuk menunjukkan keunggulannya. Sebab kitab...

Jerusalem: Kejadian (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR JUDUL-JUDUL, PEMBAGIAN DAN ISI Kelima buku pertama Kitab Suci merupakan suatu kesatuan yang oleh orang-orang Yahudi diberi nama "Hukum&...

Ende: Kejadian (Pendahuluan Kitab) KEDJADIAN KATA PENDAHULUAN Perintjian Kitab Perdjandjian Lama Perdjandjian Lama terdiri dari 45 kitab, jang tertulis atas Ilham ilahi, dan memuat wahj...

Wycliffe: Kejadian (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN KEJADIAN Judul. Kata Kejadian merupakan terjemahan dari istilah Inggris Genesis yang diambil dari bahasa Yunani melalui bahasa Latin. Di ...

Wycliffe: Kejadian (Garis Besar) GARIS BESAR KEJADIAN I. Aneka Permulaan Pertama (1:1-11:32) A. Penciptaan (1:1-2:25) B. Pencobaan dan Kejatuhan (3:1-24) ...

BIS: Kejadian (Pendahuluan Kitab) KEJADIAN PENGANTAR Buku Kejadian mengisahkan penciptaan alam semesta, asal-usul umat manusia, pangkal dosa dan penderitaan di dunia, serta bagaimana

KEJADIAN

PENGANTAR

Buku Kejadian mengisahkan penciptaan alam semesta, asal-usul umat manusia, pangkal dosa dan penderitaan di dunia, serta bagaimana Allah berhubungan dengan manusia. Buku Kejadian dapat dibagi ke dalam dua bagian yang penting:

  1. 1. Pasal 1-11 (Kej 1:1-11:32). Penciptaan alam semesta dan asal-usul umat manusia. Dalam bagian ini juga diceritakan tentang Adam dan Hawa, Kain dan Habel, Nuh dan banjir besar, serta Menara Babel.
  2. 2. Pasal 12-50 (Kej 12:1-50:26). Asal-usul nenek moyang bangsa Israel. Nenek moyang pertama ialah Abraham. Ia terkenal karena iman dan ketaatannya kepada Allah. Lalu menyusul sejarah Ishak anak Abraham, dan Yakub anak Ishak (Yakub disebut juga Israel). Kemudian sejarah kedua belas anak laki-laki Yakub. Merekalah yang menjadi pendiri kedua belas suku Israel. Penulis memberi perhatian khusus kepada salah seorang anak Yakub yang bernama Yusuf dan peristiwa-peristiwa yang pada akhirnya menyebabkan Yakub bersama anak-anaknya dan keluarga mereka masing-masing pindah ke Mesir.

Meskipun buku ini mengisahkan tentang orang-orang di zaman awal, namun yang mendapat tekanan khusus ialah kisah tentang perbuatan-perbuatan Allah. Buku ini dimulai dengan penegasan bahwa Allah telah menciptakan alam semesta, dan diakhiri dengan janji bahwa Allah akan tetap memperhatikan umat-Nya. Yang memegang peranan utama di seluruh buku ini adalah Allah yang menghakimi dan menghukum barangsiapa yang berbuat salah. Dia pula yang membimbing dan menolong umat-Nya serta membentuk sejarah mereka. Buku yang kuno ini ditulis untuk mencatat kisah tentang iman suatu bangsa dan juga untuk membantu agar iman itu tetap hidup.

Isi

  1.  Penciptaan alam semesta dan manusia
    Kej 1:1-2:25
  2.  Pangkal dosa dan penderitaan
    Kej 3:1-24
  3.  Dari Adam sampai Nuh
    Kej 4:1-5:32
  4.  Nuh dan banjir besar
    Kej 6:1-10:32
  5.  Menara Babel
    Kej 11:1-9
  6.  Dari Sem sampai Abram
    Kej 11:10-32
  7.  Para Kepala Keluarga: Abraham, Ishak, Yakub
    Kej 12:1-35:29
  8.  Keturunan Esau
    Kej 36:1-43
  9.  Yusuf dan saudara-saudaranya
    Kej 37:1-45:28
  10.  Orang Israel di Mesir
    Kej 46:1-50:26

Ajaran: Kejadian (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengetahui isi kitab Kejadian, dapat memahami kekuasaan Allah dalam sejarah penciptaan, serta kuasa dan kehendak Allah terhadap

Tujuan

Supaya dengan mengetahui isi kitab Kejadian, dapat memahami kekuasaan Allah dalam sejarah penciptaan, serta kuasa dan kehendak Allah terhadap ciptaan-Nya.

Pendahuluan

Penulis : Musa.

Isi Kitab: Kitab Kejadian adalah kitab yang pertama dalam Alkitab. Kitab ini dibagi atas 50 pasal dan berisi dua hal penting: Pertama: Sejarah peristiwa- peristiwa penting. Kedua: Sejarah Bapak- bapak orang beriman. Melalui dua pembagian ini, dapat dilihat kemahakuasaan Allah dalam setiap peristiwa penting dan juga kemahakuasaan kehendak Allah yang bekerja dalam kehidupan setiap Bapak orang beriman.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Kejadian

(Bagian I, pasal 1-11; Kej 1:1-11:32). Pasal-pasal pertama sampai sebelas memuat empat peristiwa penting.

  1. Pasal 1-2 (Kej 1:1-2:7).

    Peristiwa penciptaan langit dan bumi, serta segala isinya Peristiwa ini sungguh-sungguh terjadi dan dikerjakan Allah, karena tidak ada seorang pun yang dapat membuat gunung, lautan, matahari, bulan dan bintang, serta manusia yang dapat berpikir, berbicara, bernapas.

    Pendalaman

    Bacalah pasal Kej 1:1; 2:1-7 Apa sajakah yang diciptakan oleh Allah?

  2. Pasal 2-5 (Kej 2:8-5:32).

    Peristiwa jatuhnya manusia ke dalam dosa Setelah Tuhan menciptakan manusia, yaitu Adam dan Hawa, Tuhan menempatkan mereka di taman Eden untuk hidup di sana menurut kehendak Allah. Di taman Eden (Firdaus) ini Adam dan Hawa diperkenankan oleh Allah untuk hidup dengan berkat dan kasih-Nya, tetapi setan menggoda mereka sehingga mereka melanggar perintah Allah dan jatuh ke dalam dosa. Sebagai akibatnya, melalui kejatuhan Adam dan Hawa semua manusia menjadi orang berdosa.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kej 3:9-19.
    2. Apakah yang menyebabkan manusia berdosa? (Kej 3:11,17).
    3. Apakah akibat dosa terhadap:
      1. (1) Iblis? (Kej 3:15).
      2. (2) Ular? (Kej 3:14).
      3. (3) Wanita? (Kej 3:16).
      4. (4) Pria? (Kej 3:17-19).
      5. (5) Sesama manusia? - membenci/membunuh (Kej 4:5-8).
      6. (6) Kepribadian manusia? - berbohong (Kej 4:8-9).
  3. Pasal 6-10 (Kej 6:1-10:32).

    Peristiwa hukuman Allah kepada manusia melalui air bah Melalui Adam dan Hawa yang sudah berdosa itu, keturunannya mulai dari Kain dan Habil sampai pada Set dan seterusnya, menjadi semakin jahat, sehingga akhirnya Tuhan Allah Yang Mahakuasa itu menghukum manusia karena Allah sangat membenci kejahatan. Allah menghukum dan menurunkan hujan selama 40 hari 40 malam yang disebut Air Bah. Dalam hukuman Allah yang sangat dahsyat itu hanya satu keluarga yang diselamatkan oleh Allah yaitu keluarga Nuh dan istrinya serta anak-anak bersama istri mereka. Setelah ini Allah memberi pelangi sebagai tanda janji-Nya bahwa Ia tidak akan menghukum manusia dengan Air Bah lagi.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kej 6:5-8. Apakah yang menyebabkan manusia dimusnahkan?
    2. Bacalah pasal Kej 6:9-12,22. Apa sebabnya Nuh tidak ikut dihukum?
    3. Bacalah pasal Kej 9:8-17. Apa janji Allah tentang Air Bah dan Pelangi?
  4. Pasal 11 (Kej 11:1-32).

    Peristiwa terjadinya bermacam-macam bahasa di dunia Setelah Air Bah manusia mulai berkembang biak dengan pengetahuan dan kemampuan yang tinggi. Dengan demikian manusia berusaha untuk mempertahankan kehidupan bersama dalam satu bangsa dan satu bahasa di daerah tertentu saja, sehingga mereka berusaha untuk membangun suatu menara yang tingginya sampai ke langit. Tetapi maksud ini bertentangan dengan kehendak Allah terhadap manusia, yaitu untuk memenuhi bumi ini. Oleh karena itu Allah menyatakan kemahakuasaan-Nya dengan mengacaukan bahasa mereka sehingga pembangunan menara itu tidak dapat diselesaikan. Karena kekacauan bahasa itu, maka kota dimana pembangunan menara itu dilaksanakan disebut Babel.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kej 11:1-9. Ada berapa macam bahasakah di dunia sebelum pembuatan menara Babel?
    2. Mengapakah di dunia sekarang ada bermacam-macam bahasa?

II. Kesimpulan/Aplikasi (penerapan)

  1. Dalam peristiwa penciptaan, Allah menciptakan dunia da isinya untuk kemuliaan-Nya.
  2. Dalam peristiwa kejatuhan manusia ke dalam dosa, Alla menyatakan kebesaran, kasih dan keadilan-Nya kepada manusia.
  3. Dalam peristiwa Air Bah dan menara Babel Allah menyataka kekudusan dan kemahakuasaan-Nya kepada manusia.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah pencipta dunia dan isinya?
  2. Siapakah manusia pertama yang diciptakan Allah?
  3. Mengapa manusia diusir dari taman Eden?
  4. Mengapa Allah menghukum manusia dengan air bah?
  5. Siapakah yang diselamatkan Allah dari air bah?
  6. Bagaimanakah Allah menggagalkan pembangunan menara Babel?
  7. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan dari pelajaran ini?

2. KITAB KEJADIAN (II)

Tujuan

Agar anggota jemaat mengetahui dan mengerti bahwa Allah yang menjadi pencipta manusia selalu menunjukkan kasih dan kesetiaan-Nya dalam memelihara umat-Nya.

Pendahuluan

Penulis : Musa.

Isi Kitab: Setelah mengetahui dan mengerti betapa besar keagungan dan kemahakuasaan Allah dalam sejarah peristiwa-peristiwa terbesar (pelajaran pertama), maka pelajaran ini merupakan kelanjutan dari pelajaran tersebut. Pelajaran ini berisi bagaimana Allah memelihara umat-Nya melalui kehidupan dari Bapa-bapa orang beriman.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Kejadian

(Bagian II, Pasal 11-50; Kej 11:1-50:26). Dalam pasal-pasal sebelas sampai lima puluh akan diuraikan empat orang tokoh penting sebagai Bapak-bapak orang beriman.

  1. Sejarah kehidupan Abraham Abraham adalah seorang yang kuat imannya. Ia menerima panggilan Allah yang ajaib. Kemudian ia meninggalkan tempat kediamannya untuk mengikuti panggilan Allah. Ia dituntun Allah menetap di Kanaan, dimana Abraham dengan iman menantikan kelahiran putra Allah yang dijanjikan. Karena ketaatan Abraham, maka Allah mengadakan perjanjian berkat bagi Abraham dan keturunannya.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kej 12:1-4. Siapakah yang memanggil Abraham dan apakah janji-Nya?
    2. Apakah nama Abraham pada waktu ia dipanggil oleh Allah? (Kej 12:1). Apakah tanggapan Abraham terhadap panggilan itu? (Kej 12:3).
    3. Bacalah pasal Kej 18:10-15. Apakah janji yang Allah berikan pada Abraham? Apakah janji itu ditepati? (Kej 21:1-3).
    4. Bacalah pasal Kej 22:15-18. Apakah janji yang Allah berikan? Apakah yang menyebabkan Abraham diberkati?
  2. Sejarah kehidupan Ishak Ishak adalah anak perjanjian yang diberikan kepada Abraham. Ishak dilahirkan melalui kelahiran yang ajaib, yaitu pada waktu Sara sudah tua. Ishak adalah perantara yang menggenapi janji Allah. Melalui perjalanan hidup Ishak yang penuh suka dan duka itu, dapatlah dilihat lambang kehidupan orang yang dipakai Tuhan. Ishak diberkati oleh Tuhan.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kej 21:1-3. Apakah Ishak lahir sebagai anak yang dijanjikan?
    2. Bacalah pasal Kej 22:1-3. Apakah perintah Allah kepada Abraham? Dan apakah yang ia lakukan?
    3. Bacalah pasal Kej 22:9-12. Apakah yang terjadi atas diri Ishak?
    4. Bacalah pasal Kej 25:19-26. Siapakah istri Ishak dan siapakah anak-anaknya?
    5. Bacalah pasal Kej 25:23-24. Apakah janji yang diberikan pada Yakub?
  3. Sejarah kehidupan Yakub Ishak mempunyai dua anak kembar yaitu Yakub dan Esau (pasal Kej 25:24). Dalam sejarah Bapak-bapak orang beriman Yakub terkenal karena membeli hak kesulungan kakaknya Esau dengan sepiring kacang merah (Kej 25:34). Yakub sebelum menjadi orang beriman mengalami banyak pengalaman hidup yang sulit, namun terlihat kemahakuasaan Allah dalam memelihara Yakub. Akhirnya Yakub menjadi orang yang sangat beriman dan dalam kehidupannya menjadi orang yang melayani.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kej 25:34; 27:30-36. Apakah yang dilakukan Yakub terhadap kakaknya da terhadap ayahnya?
    2. Bacalah pasal Kej 27:33. Apakah Yakub tetap diberkati?
    3. Bacalah pasal Kej 28:10-22. Apakah janji yang diberikan pada Yakub?
    4. Bacalah pasal Kej 32:22-31. Mengapakah nama Yakub berubah? Dan apakah artinya?
    5. Bacalah pasal Kej 33:1-5. Bagaimanakah hubungan Yakub dengan Esau sekarang?
  4. Sejarah kehidupan Yusuf

    Keturunan dari Yakub menurut kitab Kejadian ada 12 orang dan diantaranya ada seorang yang mempunyai kisah hidup yang selalu berkenan kepada Allah, namanya Yusuf. Dia sangat dibenci oleh saudara-saudaranya, sehingga ia dijual (pasal 37; Kej 37:1-36). Sampai suatu saat dia dimasukkan penjara, tetapi hidupnya tetap berkenan kepada Allah. Allah yang Mahakuasa itu setia membimbing setiap orang yang melakukan kehendak- Nya, sehingga akhirnya Yusuf menjadi penguasa di Mesir (Kej 41:40), karena ia dapat meramalkan mimpi raja Firaun (Kej 41:25-36). Sebagai orang yang penuh dengan roh Allah, Yusuf dalam kehidupannya selalu berkenan kepada Allah. Saudara-saudaranya yang pernah mengkhianati dia tetap dikasihinya dan pada akhirnya semua keluarga Yusuf itu tinggal bersama dengan dia di tanah Mesir (pasal Kej 47:11- 12).

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kej 35:22-26. Berapakah keturunan Yakub?
    2. Uraikanlah dengan singkat penjualan Yusuf ke Mesi (dari pasal 37; Kej 37:1-36).
    3. Uraikanlah dengan singkat ketulusan hati Yusu (pasal 39; Kej 39:1-23).
    4. Bacalah pasal Kej 41:25-36,40. Apakah yang dilakukan Yusuf? Dan apakah yang ia terima?
    5. Uraikan dengan singkat kisah akhir kehidupan Yusu beserta keluarganya (dari pasal Kej 47:1-12).

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Di dalam Allah memanggil seseorang untuk menjadi hamba-Nya, Ia selal memelihara dan mencukupkan kebutuhan hamba-Nya itu.
  2. Ketaatan pada Firman Allah merupakan jalan untuk memperoleh kehidupa yang berkelimpahan.
  3. Ketergantungan mutlak kepada Allah, merupakan jalan untuk mengalami ata menerima kuasa Allah.
  4. Bapa Abraham merupakan contoh iman yang sejati.
  5. Bapa Ishak merupakan contoh akan ketaatan pada kehendak Allah dan oran tua.
  6. Bapa Yakub merupakan contoh akan kemenangan dari penderitaan yang membaw kebahagiaan.
  7. Bapa Yusuf merupakan contoh akan kehidupan yang penuh akan kasih kepad Allah dan sesama.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Apakah yang dilakukan oleh Abraham atas perintah-perintah Allah?
  2. Bagaimanakah sikap Yusuf ketika akan dipersembahkan?
  3. Bagaimanakah Yakub mengalami perubahan nama?
  4. Bagaimanakah sikap Yakub terhadap kesalahan saudara-saudaranya?
  5. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan dari pelajaran ini?

Intisari: Kejadian (Pendahuluan Kitab) Segalanya Bermula Dari Sini PENTINGNYA KITAB KEJADIANIsi Alkitab tidak akan berarti banyak tanpa Kitab Kejadian. Kitab ini menjawab pertanyaan-pertan

Segalanya Bermula Dari Sini

PENTINGNYA KITAB KEJADIAN
Isi Alkitab tidak akan berarti banyak tanpa Kitab Kejadian. Kitab ini menjawab pertanyaan-pertanyaan "penting" seperti mengapa kita berada di sini dari mana kita datang. Kejaian berbicara tentang awal mula dunia, manusia, masyarakat, keluarga, bangsa-bangsa, dosa dan keselamatan. Khususnya, Kejadian bercerita tentang lahirnya bangsa Yahudi.

GAYA PENULISAN KITAB KEJADIAN
1. Kitab Kejadian mengajarkan kebenaran dengan menceritakan kisah-kisah, bukan dengan memberikan pelajaran dalam bentuk yang lebih formal.
2. Kisah-kisah yang diceritakan bersifat sangat manusiawi. Tidak ada upaya untuk menutup-nutupi fakta, bahkan pahlawan-pahlawan besar sekalipun digambarkan apa adanya.
3. Semua kisah diceritakan dengan penuh keagungan dan dengan gaya yang mengharukan. Dinilai dari standar apa pun, disimpulkan bahwa Kitab Kejadian ditulis dengan cemerlang.

PENULIS KITAB KEJADIAN
Penulisnya tidak dikenal, tetapi Perjanjian Baru secara tidak langsung menunjukkan bahwa Kitab Kejadian ditulis oleh Musa dan pendapat ini tidak pernah dipertanyakan oleh gereja sampai saat ini. Kita tidak tahu bagaimana kitab ini ditulis, tetapi cukup beralasan untuk menerima Musa sebagai editor yang mengumpulkan sejumlah kisah dan fakta, yang beberapa di antaranya mungkin sudah lama beredar luas sebelum masa Musa.

NILAI KITAB KEJADIAN
Banyak orang mungkin menilai bahwa ilmu modern dan sejarah telah meremehkan nilai Kitab Kejadian. Kendatipun demikian, kita tetap dapat membaca Kitab Kejadian dengan penuh kepercayaan akan nilai kebenarannya berdasarkan dua alasan, yaitu:
1. Karena di antara semua argumentasi ilmiah atau sejarah yang mempertanyakan ketepatan Kitab Kejadian selalu terdapat lebih dari satu yang mendukung Kitab Kejadian.
2. Sebagian besar dari yang diperdebatkan bukan terutama mengenai kebenaran itu sendiri, melainkan tentang cara-cara pendekatan modern terhadap kebenaran. Apapun anggapan kita tentang kebenaran, Kitab Kejadian tetap merupakan kebenaran. Di atas segalanya, Kitab Kejadian merupakan kebenaran yang diungkapkan oleh Allah sendiri mengenai diri-Nya, kita dan dunia tempat kita hidup.

Pesan

Memerinci pengajaran dari Kitab Kejadian tidak selalu mudah dan apa yang diberikan di bawah ini hanyalah sekadar contoh.

1. Apa yang diajarkan oleh Kitab Kejadian mengenai Allah
o Dia kekal dan hidup. Kej 1:1
o Dia pencipta dan pemberi hidup. Kej 1:1-2:9
o Dia adalah pribadi dan rindu bersekutu dengan manusia. Kej 1:26-2:25; 3:8; 15:1-16
o Dia kudus dan akan menghakimi orang berdosa. Kej 3:8-24; 6:5-8; 11:1-9; 18:16-19:29
o Dia penuh belas kasihan, dalam penghakiman sekalipun. Kej 3:21; 4:15; 6:8; 18:32
o Dia sabar menangani pengikut-pengikut-Nya seperti digambarkan dalam kisah Abraham dan Yakub.
o Dia berdaulat atas segala kuasa. Kej 18:14; 26:12-16; 50:20

2. Apa yang diajarkan oleh Kitab Kejadian mengenai manusia?
o Dia dilahirkan dalam gambar Allah, dan karenanya bernilai serta mempunyai kemampuan kreatif. Kej 1:27-30
o Dia mengikuti kehendak sendiri dan menuruti jalannya yang berdosa tanpa Allah. Kej 3:1-7
o Dosanya sudah tertanam dalam tatanan hidupnya, seperti ditunjukkan oleh Abraham. Kej 20:1-18
o Dia perlu bersekutu dengan penciptanya, seperti diajarkan melalui kehidupan Abraham.
o Dia bisa diubahkan oleh Allah, seperti ditunjukkan melalui kehidupan Yakub.
o Dia berada di bawah kuasa pemeliharaan Allah, seperti ditunjukkan melalui kehidupan Yusuf

3. Apakah yang diajarkan oleh Kitab Kejadian mengenai masyarakat?
o Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial, bukan sebagai pribadi yang menyendiri. Kej 2:1-18
o Banyak terdapat contoh mengenai masalah yang dihadapi manusia dalam kehidupan bersama.
o Kesatuan dasar dari struktur masyarakat ialah perkawinan. Kej 2:24
o Undang-undang pemerintah juga diperlukan untuk membantu manusia hidup dalam dunia yang penuh dosa ini.

Penerapan

Pesan dalam Kitab Kejadian dapat diterapkan ke dalam tiga wilayah hubungan:

1. Ke dalam kehidupan kita dengan Allah.
o Taati Allah. Ini yang terbaik, yaitu mengikuti jalan Allah.
o Berimanlah kepada-Nya. Ini yang paling benar, walaupun kelihatannya tidak masuk akal.
o Percayalah kepada-Nya. Allah sungguh-sungguh memelihara kita.
o Berbicaralah dengan-Nya. Dia harus ditanyai tentang masalah-masalah dan keputusan-keputusan yang kita ambil.
o Biarkan Dia bekerja. Allah mampu mengubah suatu kehidupan yang serusak apa pun menjadi suatu kehidupan yang indah.

2. Ke dalam kehidupan keluarga kita.
o Jujurlah satu dengan yang lain.
o Jangan pilih kasih.
o Hati-hati terhadap perasaan iri.
o Tetap setia dalam keadaan sukar sekalipun.
o Hiduplah menurut perintah Allah, bukan menurut keinginan sendiri.

3. Ke dalam kehidupan kita dalam dunia.
o Kembangkan dan gunakan sumber-sumber alam dengan penuh tanggung jawab.
o Ingatlah bahwa semua orang mempunyai pencipta yang sama dan dibentuk menurut gambar-Nya.
o Ingatlah bahwa Allah juga memperhatikan masalah-masalah internasional, bukan hanya masalah pribadi dan rohani.
o Hiduplah dengan jujur dan jadilah saksi yang baik.

Tema-tema Kunci

1. Pemilihan
Habel, Nuh, Abraham, Yakub dan Yusuf semuanya dipanggil Allah dan dipilih untuk ditempatkan dalam sejarah umat Allah. Kadang-kadang seperti dalam kisah Yakub, pilihan tersebut bertentangan dengan cara-cara tradisional yang lazim dilakukan. Bacalah sekali lagi kisah mengenai panggilan mereka dan catatlah apa yang Anda pelajari tentang bagaimana Allah memilih.

2. Keselamatan
Setelah manusia berdosa, Allah menyatakan dengan jelas bahwa Dia akan menyelamatkannya. Kej 3:15; 4:4; 22:8 menunjuk kepada karya Kristus di kemudian hari. Pengajaran apa lagi mengenai keselamatan yang Anda temukan dalam kitab ini?

3. Kerja
Bahkan sebelum kejatuhannya, manusia sudah mempunyai tugas untuk dikerjakan di dunia ini (Kej 1:28). Manusia diciptakan untuk bekerja. Setelah jatuh ke dalam dosa, tugas itu menjadi kurang menyenangkan (Kej 3:17-19). Pelajaran apa yang dapat kita ambil dalam hubungannya dengan pekerjaan dalam dunia dewasa ini?

4. Istirahat
Gagasan untuk menjadikan satu hari dalam seminggu sebagai waktu untuk beristirahat datang dari pasal-pasal pertama dalam Alkitab (Kej 2:2,3). Perintah itu bukan saja merupakan salah satu dari sepuluh perintah Allah, tetapi merupakan perintah utama dari pencipta kita. Apa pesan semuanya ini bagi masyarakat kita sendiri?

5. Setan
Baca kembali kisah tentang kejatuhan manusia (Kej 3:1-7) dan perhatikan apa yang diajarkan mengenai setan dan cara-cara kerjanya.

6. Maut
Maut mengancam (Kej 3:3), dikalahkan (Kej 5:24) dan dihadapi (contoh Kej 49:1-50:3). Apa yang dapat kita pelajari dari sini?

7. Moralitas
Dalam keseluruhan Kitab Kejadian kita membaca adanya perhatian terhadap kehidupan moral. Apa ciri-ciri utama dari moralitas yang digariskan di sini?

8. Perkawinan
Apa yang diajarkan dalam ayat-ayat Kej2:18-25 mengenai maksud perkawinan?

9. Ibadah
Apa yang diajarkan Kitab Kejadian tentang bagaimana kita seharusnya menyembah Allah (contoh Kej 4:1-7; 28:10-22)?

Garis Besar Intisari: Kejadian (Pendahuluan Kitab) [1] RIWAYAT UMAT MANUSIA Kej 1:1-11:30 Kej 1:1-2:3Penciptaan Dunia Kej 2:4-25Penciptaan laki-laki dan perempuan Kej 3:1-24Kejatuhan manusia

[1] RIWAYAT UMAT MANUSIA Kej 1:1-11:30

Kej 1:1-2:3Penciptaan Dunia
Kej 2:4-25Penciptaan laki-laki dan perempuan
Kej 3:1-24Kejatuhan manusia
Kej 4:1-26Riwayat Kain dan Habil
Kej 5:1-32Ringkasan sejarah -- Adam sampai Nuh
Kej 6:1-9:28Riwayat Nuh
Kej 10:1-32Keluarga Nuh
Kej 11:1-9Menara Babel
Kej 11:10-30Ringkasan sejarah -- Sem sampai Abram

[2] RIWAYAT ABRAHAM Kej 11:31-25:18

Kej 11:31-12:9Abraham memulai perjalanannya
Kej 12:10-20Abraham menghadapi kelaparan dan Mesir
Kej 13:1-18Abraham berpisah dari Lot
Kej 14:1-24Abraham menyelamatkan Lot
Kej 15:1-21Abraham bertemu dengan Allah
Kej 16:1-16Abraham mendapat seorang anak laki-laki dengan caranya sendiri
Kej 17:1-27Abraham bertemu lagi dengan Allah
Kej 18:1-19:38Abraham menerima tiga pengunjung surgawi
Kej 20:1-18Abraham berbohong pada Abimelekh
Kej 21:1-7Abraham mendapat seorang anak laki-laki dengan cara Allah
Kej 21:8-34Abraham menghadapi berbagai masalah
Kej 22:1-24Abraham menghadapi ujian berat
Kej 23:1-20Abraham mengubur istrinya
Kej 24:1-67Abraham merencanakan hari depannya
Kej 25:1-18Hari-hari akhir Abraham

[3] RIWAYAT ISHAK Kej 25:19-27:40

Kej 25:19-34Ishak mendapatkan dua orang anak laki-laki
Kej 26:1-35Ishak menghadapi masalah
Kej 27:1-40Ishak ditipu

[4] RIWAYAT YAKUB Kej 27:41-37:1

Kej 27:41-28:9Yakub bergegas meninggalkan kampung halamannya
Kej 28:10-22Yakub bertemu Allah di Betel
Kej 29:1-31:55Yakub bekerja pada Laban selama bertahun-tahun
Kej 32:1-33:20Yakub akhirnya pulang ke rumah
Kej 34:1-31Yakub berselisih dengan Sikem
Kej 35:1-21Yakub bertemu Allah lagi di Betel
Kej 35:22-37:1Keluarga Yakub

[5] RIWAYAT YUSUF Kej 37:2-50:26

Kej 37:2-11Yusuf dan mimpi kanak-kanaknya
Kej 37:12-36Yusuf dan saudara-saudaranya yang jahat
Kej 38:1-30Yehuda dan Tamar
Kej 39:1-40:23Yusuf di penjara dengan tidak adil
Kej 41:1-57Yusuf dan pembebasannya secara tak terduga
Kej 42:1-45:28Yusuf dan saudara-saudaranya yang kekurangan
Kej 46:1-50:3Yusuf dan ayahnya yang sudah lanjut usia
Kej 50:4-26Yusuf dan hari-hari akhir hidupnya
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #08: Klik ikon untuk memisahkan teks alkitab dan catatan secara horisontal atau vertikal. [SEMUA]
dibuat dalam 0.51 detik
dipersembahkan oleh YLSA