kecilkan semua  

Teks -- Galatia 2:1-21 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Paulus diakui oleh para rasul
2:1 Kemudian setelah lewat empat belas tahun, aku pergi pula ke Yerusalem dengan Barnabas dan Tituspun kubawa juga. 2:2 Aku pergi berdasarkan suatu penyataan. Dan kepada mereka kubentangkan Injil yang kuberitakan di antara bangsa-bangsa bukan Yahudi -- dalam percakapan tersendiri kepada mereka yang terpandang --, supaya jangan dengan percuma aku berusaha atau telah berusaha. 2:3 Tetapi kendatipun Titus, yang bersama-sama dengan aku, adalah seorang Yunani, namun ia tidak dipaksa untuk menyunatkan dirinya. 2:4 Memang ada desakan dari saudara-saudara palsu yang menyusup masuk, yaitu mereka yang menyelundup ke dalam untuk menghadang kebebasan kita yang kita miliki di dalam Kristus Yesus, supaya dengan jalan itu mereka dapat memperhambakan kita. 2:5 Tetapi sesaatpun kami tidak mau mundur dan tunduk kepada mereka, agar kebenaran Injil dapat tinggal tetap pada kamu. 2:6 Dan mengenai mereka yang dianggap terpandang itu -- bagaimana kedudukan mereka dahulu, itu tidak penting bagiku, sebab Allah tidak memandang muka -- bagaimanapun juga, mereka yang terpandang itu tidak memaksakan sesuatu yang lain kepadaku. 2:7 Tetapi sebaliknya, setelah mereka melihat bahwa kepadaku telah dipercayakan pemberitaan Injil untuk orang-orang tak bersunat, sama seperti kepada Petrus untuk orang-orang bersunat 2:8 -- karena Ia yang telah memberikan kekuatan kepada Petrus untuk menjadi rasul bagi orang-orang bersunat, Ia juga yang telah memberikan kekuatan kepadaku untuk orang-orang yang tidak bersunat. 2:9 Dan setelah melihat kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku, maka Yakobus, Kefas dan Yohanes, yang dipandang sebagai sokoguru jemaat, berjabat tangan dengan aku dan dengan Barnabas sebagai tanda persekutuan, supaya kami pergi kepada orang-orang yang tidak bersunat dan mereka kepada orang-orang yang bersunat; 2:10 hanya kami harus tetap mengingat orang-orang miskin dan memang itulah yang sungguh-sungguh kuusahakan melakukannya.
Paulus bertentangan dengan Petrus
2:11 Tetapi waktu Kefas datang ke Antiokhia, aku berterang-terang menentangnya, sebab ia salah. 2:12 Karena sebelum beberapa orang dari kalangan Yakobus datang, ia makan sehidangan dengan saudara-saudara yang tidak bersunat, tetapi setelah mereka datang, ia mengundurkan diri dan menjauhi mereka karena takut akan saudara-saudara yang bersunat. 2:13 Dan orang-orang Yahudi yang lainpun turut berlaku munafik dengan dia, sehingga Barnabas sendiri turut terseret oleh kemunafikan mereka. 2:14 Tetapi waktu kulihat, bahwa kelakuan mereka itu tidak sesuai dengan kebenaran Injil, aku berkata kepada Kefas di hadapan mereka semua: "Jika engkau, seorang Yahudi, hidup secara kafir dan bukan secara Yahudi, bagaimanakah engkau dapat memaksa saudara-saudara yang tidak bersunat untuk hidup secara Yahudi?"
Yang terutama, juga untuk orang Kristen keturunan Yahudi
2:15 Menurut kelahiran kami adalah orang Yahudi dan bukan orang berdosa dari bangsa-bangsa lain. 2:16 Kamu tahu, bahwa tidak seorangpun yang dibenarkan oleh karena melakukan hukum Taurat, tetapi hanya oleh karena iman dalam Kristus Yesus. Sebab itu kamipun telah percaya kepada Kristus Yesus, supaya kami dibenarkan oleh karena iman dalam Kristus dan bukan oleh karena melakukan hukum Taurat. Sebab: "tidak ada seorangpun yang dibenarkan" oleh karena melakukan hukum Taurat. 2:17 Tetapi jika kami sendiri, sementara kami berusaha untuk dibenarkan dalam Kristus ternyata adalah orang-orang berdosa, apakah hal itu berarti, bahwa Kristus adalah pelayan dosa? Sekali-kali tidak. 2:18 Karena, jikalau aku membangun kembali apa yang telah kurombak, aku menyatakan diriku sebagai pelanggar hukum Taurat. 2:19 Sebab aku telah mati oleh hukum Taurat untuk hukum Taurat, supaya aku hidup untuk Allah. Aku telah disalibkan dengan Kristus; 2:20 namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku. 2:21 Aku tidak menolak kasih karunia Allah. Sebab sekiranya ada kebenaran oleh hukum Taurat, maka sia-sialah kematian Kristus.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Antiokhia a city in Syria located 15 miles inland from the Mediterranean Sea on the Orontes River,a principal city of the province of Pisidia in Asia Minor, west of Iconium.
 · Barnabas a man who was Paul's companion on several of his journeys
 · Kefas a nickname for Simon, son of John
 · Petrus a man who was a leader among the twelve apostles and wrote the two epistles of Peter
 · Titus a Christian Greek man who accompanied Paul and was left in Crete to settle the churches there
 · wilayah bangsa-bangsa lain a non-Jewish person
 · Yahudi the Jewish religion/beliefs
 · Yakobus a son of Zebedee; brother of John; an apostle,a son of Alpheus; an apostle,a brother of Jesus; writer of the epistle of James,the father (or brother) of the apostle Judas
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall
 · Yerusalem the capital city of Israel,a town; the capital of Israel near the southern border of Benjamin
 · Yohanes a son of Zebedee; younger brother of James; the beloved disciple of Christ,a relative of Annas the high priest,a son of Mary the sister of Barnabas, and surnamed Mark,the father of Simon Peter
 · Yunani the language used by the people of Greece


Topik/Tema Kamus: Paulus | Yakobus | Petrus | Barnabas | Sunat | Benar Kebenaran Di Hadapan Allah | Titus | Gembala, Surat-Surat ~G/Pastoral) | Iman | Injil | Benar, Kebenaran Rohani | Orang Bukan Yahudi | Cari, Mencari Allah | Hidup Rohani | Yohanes | Mati, Kematian Kristus | Merdeka, Kemerdekaan Kristen | Orang Miskin | Sekutu, Persekutuan Dengan | Tiang | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Galilah , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Gal 2:5 - SESAATPUN KAMI TIDAK MAU MUNDUR DAN TUNDUK KEPADA MEREKA. Nas : Gal 2:5 Paulus bersikap toleran dan sabar terhadap banyak hal (bd. 1Kor 13:4-7), tetapi tegar dalam hal "kebenaran Injil". Penyataan yang dit...

Nas : Gal 2:5

Paulus bersikap toleran dan sabar terhadap banyak hal (bd. 1Kor 13:4-7), tetapi tegar dalam hal "kebenaran Injil". Penyataan yang diterimanya dari Kristus (Gal 1:12) adalah satu-satunya Injil yang memiliki kuasa untuk menyelamatkan semua orang yang percaya (Rom 1:16). Paulus memahami bahwa Injil ini sama sekali tidak boleh berkompromi demi kedamaian, kesatuan atau pendapat mutakhir. Kemuliaan Kristus dan keselamatan orang yang terhilang itu dipertaruhkan. Dewasa ini, kalau kita meniadakan satu bagian dari Injil menurut penyataan PB, kita mulai merusakkan satu-satunya amanat yang menyelamatkan kita dari kebinasaan abadi (bd. Mat 18:6).

Full Life: Gal 2:6 - ALLAH TIDAK MEMANDANG MUKA. Nas : Gal 2:6 Allah tidak pernah pilih kasih terhadap orang berdasarkan keturunan, reputasi, kedudukan atau prestasinya (bd. Im 19:15; Ul 10:17; Ay...

Nas : Gal 2:6

Allah tidak pernah pilih kasih terhadap orang berdasarkan keturunan, reputasi, kedudukan atau prestasinya (bd. Im 19:15; Ul 10:17; Ayub 34:19; Kis 10:34; Ef 6:9).

  1. 1) Allah melihat dan menilai hati, yaitu bagian batin seorang, dan Ia menyenangi mereka yang hatinya sungguh-sungguh berpaling kepada-Nya dalam kasih, iman, dan kekudusan (bd. 1Sam 16:7; Mat 23:28; Luk 16:15; Yoh 7:24; 2Kor 10:7;

    lihat cat. --> 1Kor 13:1).

    [atau ref. 1Kor 13:1]

  2. 2) Demikianlah, Allah tidak lebih memperhatikan kasih, persekutuan, dan doa orang yang terpelajar daripada yang tidak terpelajar, yang kaya lebih daripada yang miskin, yang berkuasa daripada yang lemah; prinsip abadi Allah ialah bahwa Dia menerima "setiap orang dari bangsa manapun yang takut akan Dia dan yang mengamalkan kebenaran" (Kis 10:35).

Full Life: Gal 2:10 - MENGINGAT ORANG-ORANG MISKIN. Nas : Gal 2:10 Tema yang disebut berkali-kali dalam Alkitab adalah pentingnya menolong orang miskin (Kel 23:10-11; Ul 15:7-11; Yer 22:16; Am 2:6-7;...

Nas : Gal 2:10

Tema yang disebut berkali-kali dalam Alkitab adalah pentingnya menolong orang miskin (Kel 23:10-11; Ul 15:7-11; Yer 22:16; Am 2:6-7; Mat 6:2-4; Yoh 13:29). Di sekitar kita senantiasa akan ada orang yang memerlukan bantuan. Orang miskin, khususnya "kawan-kawan kita seiman" (Gal 6:10) memerlukan bantuan jasmaniah dan doa kita

(lihat art. PEMELIHARAAN ORANG MISKIN DAN MELARAT).

Full Life: Gal 2:11 - AKU BERTERANG-TERANG MENENTANGNYA. Nas : Gal 2:11 Siapa pun gembala atau pimpinan rohani yang bersalah atau munafik (ayat Gal 2:13) harus dilawan dan ditegur (bd. 1Tim 5:20). Ini har...

Nas : Gal 2:11

Siapa pun gembala atau pimpinan rohani yang bersalah atau munafik (ayat Gal 2:13) harus dilawan dan ditegur (bd. 1Tim 5:20). Ini harus dilakukan tanpa pilih kasih; bahkan orang yang terkemuka seperti rasul Petrus, yang dipakai Tuhan dengan luar biasa, memerlukan teguran membangun (ayat Gal 2:11-17; bd. 1Tim 5:20-21). Alkitab menunjukkan bahwa Petrus menyadari kesalahannya dan menerima teguran Paulus dengan rendah hati dan sikap menyesal. Kemudian hari, ia menyebut Paulus "saudara kita yang kekasih" (2Pet 3:15).

Full Life: Gal 2:12 - TAKUT AKAN SAUDARA-SAUDARA YANG BERSUNAT. Nas : Gal 2:12 "Saudara-saudara yang bersunat" adalah orang Kristen Yahudi, khususnya dalam jemaat di Yerusalem, yang percaya bahwa tanda sunat dar...

Nas : Gal 2:12

"Saudara-saudara yang bersunat" adalah orang Kristen Yahudi, khususnya dalam jemaat di Yerusalem, yang percaya bahwa tanda sunat dari PL masih diperlukan untuk semua orang percaya dari perjanjian yang baru. Mereka juga mengajar bahwa orang Kristen Yahudi tidak boleh makan bersama-sama dengan orang percaya bukan Yahudi yang tidak mengikuti kebiasaan dan peraturan makanan orang Yahudi. Walaupun Petrus mengetahui bahwa Allah menerima orang percaya bukan Yahudi tanpa sikap memihak (Kis 10:34-35), dia menyangkal keyakinannya sendiri karena takut kecaman dan kemungkinan kehilangan kekuasaan di gereja Yerusalem. Pengunduran dirinya dari meja persekutuan dengan orang Kristen bukan Yahudi mendukung kesalahpahaman bahwa ada dua tubuh Kristus -- Yahudi dan bukan Yahudi.

Full Life: Gal 2:16 - DIBENARKAN ... OLEH KARENA IMAN. Nas : Gal 2:16 Di sini Paulus membahas pertanyaan bagaimana orang berdosa dapat dibenarkan, yaitu diampuni dosanya, diterima oleh Allah dan memilik...

Nas : Gal 2:16

Di sini Paulus membahas pertanyaan bagaimana orang berdosa dapat dibenarkan, yaitu diampuni dosanya, diterima oleh Allah dan memiliki hubungan yang benar dengan-Nya. Hal itu tidak akan terjadi dengan "melakukan hukum Taurat," tetapi oleh iman yang hidup dalam Kristus Yesus

(lihat art. KATA-KATA ALKITABIAH UNTUK KESELAMATAN).

Full Life: Gal 2:19 - AKU TELAH MATI ... UNTUK HUKUM TAURAT. Nas : Gal 2:19 Teks : Lihat cat. --> Rom 7:4 [atau ref. Rom 7:4] mengenai arti mati terhadap hukum Taurat; lih...

Nas : Gal 2:19

Teks :

Lihat cat. --> Rom 7:4

[atau ref. Rom 7:4]

mengenai arti mati terhadap hukum Taurat;

lihat cat. --> Mat 5:17

[atau ref. Mat 5:17]

mengenai hubungan orang percaya dengan hukum Taurat;

lihat art. HUKUM PERJANJIAN LAMA.

Full Life: Gal 2:19 - AKU TELAH DISALIBKAN DENGAN KRISTUS. Nas : Gal 2:19 Paulus menggambarkan hubungannya dengan Kristus dari segi kasih sayang pribadi yang mendalam dan ketergantungan kepada Tuhannya. Mer...

Nas : Gal 2:19

Paulus menggambarkan hubungannya dengan Kristus dari segi kasih sayang pribadi yang mendalam dan ketergantungan kepada Tuhannya. Mereka yang beriman kepada Kristus hidup dalam kesatuan intim dengan Tuhan mereka, baik dalam kematian maupun kebangkitan-Nya.

  1. 1) Semua orang percaya telah disalibkan bersama Yesus di kayu salib. Mereka telah mati terhadap hukum Taurat sebagai jalan keselamatan dan kini hidup untuk Allah melalui Kristus (ayat Gal 2:19). Karena keselamatan dalam Kristus, dosa tidak lagi berkuasa atas mereka

    (lihat cat. --> Rom 6:11;

    [atau ref. Rom 6:11]

    bd. Rom 6:4,8,14; Gal 5:24; 6:14; Kol 2:12,20).
  2. 2) Kita yang sudah disalibkan bersama Kristus kini hidup bersama Dia dalam hidup kebangkitan-Nya. Kristus dan kekuatan-Nya tinggal dalam kita, menjadi sumber segenap kehidupan kita dan pusat semua pikiran, perkataan, dan perbuatan kita (Yoh 15:1-6; Ef 3:17). Hidup kebangkitan Yesus terus-menerus disalurkan kepada kita melalui Roh Kudus (Yoh 16:13-14; Rom 8:10-11).
  3. 3) Keikutsertaan kita dalam kematian dan kebangkitan Kristus terjadi oleh iman, yaitu keyakinan yang kokoh, kasih, pengabdian, dan kesetiaan kita kepada Anak Allah yang mengasihi kita dan menyerahkan diri-Nya untuk kita (bd. Yoh 3:16;

    lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA).

    Hidup beriman ini dapat dilihat sebagai hidup oleh Roh (Gal 3:3; Gal 5:25; bd. Rom 8:9-11).

Full Life: Gal 2:21 - KEBENARAN. Nas : Gal 2:21 Pengertian Paulus mengenai pembenaran (ayat Gal 2:16-17) dan kebenaran meliputi lebih daripada sekadar suatu pernyataan yang sah ole...

Nas : Gal 2:21

Pengertian Paulus mengenai pembenaran (ayat Gal 2:16-17) dan kebenaran meliputi lebih daripada sekadar suatu pernyataan yang sah oleh Allah. Kebenaran yang datang melalui iman meliputi perubahan moral (ayat Gal 2:19), kasih karunia Allah (ayat Gal 2:21), dan hubungan dengan Kristus yang membuat kita mengambil bagian dalam hidup kebangkitan-Nya (ayat Gal 2:20). Kenyataan ini diperkuat dalam Gal 3:21 di mana Paulus menjelaskan bahwa kebenaran yang datang oleh iman dalam Kristus memberikan hidup, suatu kehidupan yang dipandang sebagai menerima Roh (Gal 3:2-3,14;

lihat art. KATA-KATA ALKITABIAH UNTUK KESELAMATAN).

BIS: Gal 2:10 - justru senang justru senang: atau telah sungguh-sungguh.

justru senang: atau telah sungguh-sungguh.

Jerusalem: Gal 2:1 - empat belas tahun Terhitung mulai dengan pertobatan Paulus atau mulai dengan perjumpaannya yang terakhir dengan Petrus. Boleh jadi jangka waktu tiga tahun (Gal 1:18) da...

Terhitung mulai dengan pertobatan Paulus atau mulai dengan perjumpaannya yang terakhir dengan Petrus. Boleh jadi jangka waktu tiga tahun (Gal 1:18) dan empat belas tahun (Gal 2:1) sebenarnya hanya dua setengah dan tiga belas setengah tahun. Sebab menurut kebiasaan orang dahulu seluruh tahun-tahun turut diperhitungkan, meskipun hampir-hampir berakhir atau baru mulai.

Jerusalem: Gal 2:2 - -- Paulus tentu saja tidak menyangsikan kebenaran Injilnya. Tetapi dalam mendirikan jemaat-jemaatnya, ia tidak mau memutuskan hubungan dengan jemaat indu...

Paulus tentu saja tidak menyangsikan kebenaran Injilnya. Tetapi dalam mendirikan jemaat-jemaatnya, ia tidak mau memutuskan hubungan dengan jemaat induk di Yerusalem. Itulah sebabnya maka pengumpulan uang guna orang-orang miskin di Yerusalem dianggap sangat penting, bdk 1Ko 16:1+; lihat juga Gal 2:10.

Jerusalem: Gal 2:3 - tidak dipaksa untuk menyunatkan dirinya Sehubungan dengan Timotius yang mempunyai ibu Yahudi, sikap Paulus lebih lunak, Kis 16:3; bdk 1Ko 9:20.

Sehubungan dengan Timotius yang mempunyai ibu Yahudi, sikap Paulus lebih lunak, Kis 16:3; bdk 1Ko 9:20.

Jerusalem: Gal 2:6 - yang dianggap terpandang itu Ialah keduabelas rasul

Ialah keduabelas rasul

Jerusalem: Gal 2:6 - sesuatu yang lain Sesuatu yang lain dari Injil Paulus, Gal 2:2.

Sesuatu yang lain dari Injil Paulus, Gal 2:2.

Jerusalem: Gal 2:9 - Yakobus, Kefas dan Yohanes Var: Yakobus, Petrus dan Yohanes. Var lain: Yakobus dan Yohanes

Var: Yakobus, Petrus dan Yohanes. Var lain: Yakobus dan Yohanes

Jerusalem: Gal 2:9 - supaya kami pergi ... dan mereka ... pembagian ini lebih bersifat pembagian wilayah kerja dari pada pembagian bangsa-bangsa. "Orang-orang yang bersunat" terutama orang-orang Yahudi di dae...

pembagian ini lebih bersifat pembagian wilayah kerja dari pada pembagian bangsa-bangsa. "Orang-orang yang bersunat" terutama orang-orang Yahudi di daerah Palestina. Sebab Paulus sendiri selalu lebih dahulu menghadapi orang Yahudi untuk mewartakan Injil kepada mereka, Kis 13:5+.

Jerusalem: Gal 2:11 - sebab ia salah Pada dirinya kelakuan Petrus itu dapat dibenarkan. Paulus sendiri ada kalanya berlaku demikian juga, Kis 16:3; 21:26; 1Ko 8:13; Rom 14:21; bdk 1Ko 9:2...

Pada dirinya kelakuan Petrus itu dapat dibenarkan. Paulus sendiri ada kalanya berlaku demikian juga, Kis 16:3; 21:26; 1Ko 8:13; Rom 14:21; bdk 1Ko 9:20. Hanya dalam situasi di Antiokhia itu ada kesan seolah-olah hanya orang-orang Yahudi yang menepati hukum Taurat sajalah orang Kristen sejati. Dan kelakuan Petrus dalam situasi itu dapat mengakibatkan munculnya dua jemaat terpisah, bahkan juga dalam perayaan perjamuan Ekaristi. Terlebih kelakuan Petrus itu "menyembunyikan" pendapatnya yang sebenarnya, Gal 2:13, pada hal semestinya dinyatakan dengan terus terang.

Jerusalem: Gal 2:12 - saudara-saudara yang tidak bersunat Harafiah: bangsa-bangsa lain; yaitu orang-orang Kristen bekas kafir, bdk Gal 2:14

Harafiah: bangsa-bangsa lain; yaitu orang-orang Kristen bekas kafir, bdk Gal 2:14

Jerusalem: Gal 2:12 - saudara-saudara yang bersunat Harafiah: dari yang bersunat. Maksudnya orang-orang Yahudi yang masuk Kristen. Mereka sama dengan "orang-orang Yahudi" dalam Gal 2:13.

Harafiah: dari yang bersunat. Maksudnya orang-orang Yahudi yang masuk Kristen. Mereka sama dengan "orang-orang Yahudi" dalam Gal 2:13.

Jerusalem: Gal 2:13 - orang-orang Yahudi Ialah orang-orang Kristen keturunan Yahudi. Mereka juga disebut "saudara-saudara yang bersunat", Gal 2:12.

Ialah orang-orang Kristen keturunan Yahudi. Mereka juga disebut "saudara-saudara yang bersunat", Gal 2:12.

Jerusalem: Gal 2:15-21 - -- Bagian ini lebih-lebih ditujukan kepada orang-orang Kristen yang ke-Yahudi-an, terutama di daerah Galatia, dan bukanlah kepada Petrus.

Bagian ini lebih-lebih ditujukan kepada orang-orang Kristen yang ke-Yahudi-an, terutama di daerah Galatia, dan bukanlah kepada Petrus.

Jerusalem: Gal 2:15 - orang berdosa dari bangsa-bangsa lain Ungkapan ini berupa ironi yang halus. Sebenarnya Paulus tidak pernah menyangkal adanya keistimewaan-keistimewaan bangsa Yahudi, Rom 1:16; 3:1; 9:4-5, ...

Ungkapan ini berupa ironi yang halus. Sebenarnya Paulus tidak pernah menyangkal adanya keistimewaan-keistimewaan bangsa Yahudi, Rom 1:16; 3:1; 9:4-5, walaupun mereka untuk sementara waktu tidak sampai percaya, Rom 11:12, dst.

Jerusalem: Gal 2:17 - orang-orang berdosa Yaitu oleh karena tidak menaati hukum Taurat.

Yaitu oleh karena tidak menaati hukum Taurat.

Jerusalem: Gal 2:19 - aku telah mati ... untuk hukum Taurat Ungkapan yang pendek padat ini diartikan dengan macam-macam cara. Dapat diartikan: oleh karena disalibkan bersama dengan Kristus, maka orang Kristen b...

Ungkapan yang pendek padat ini diartikan dengan macam-macam cara. Dapat diartikan: oleh karena disalibkan bersama dengan Kristus, maka orang Kristen bersama dengan Kristus dan di dalam Dia sudah mati bagi hukum Taurat, bdk Rom 7:1 dst, oleh karena hukum Taurat itu sendiri yang menjatuhkan hukuman mati, Gal 3:13; lalu orang Kristen menjadi penyerta dalam hidup Kristus yang dibangkitkan, Rom 6:4-10; 7:4-6 serta catatannya. Sementara ahli lain mengartikan kalimat itu: Orang Kristen meninggalkan hukum Taurat justru untuk mentaati Perjanjian Lama, Gal 3:19,24; Rom 10:4; atau: Orang Kristen telah mati untuk hukum Taurat, supaya mentaati hukum lain, yakni hukum iman atau hukum Roh Kudus, Rom 8:2.

Jerusalem: Gal 2:20 - Kristus yang hidup di dalam aku Oleh karena iman, Rom 1:16, Kristus sendiri entah bagaimanapun juga menjadi pelaku segala perbuatan hidup Kristen, Rom 8:2,10-11+; Fili 1:21; bdk Kol ...

Oleh karena iman, Rom 1:16, Kristus sendiri entah bagaimanapun juga menjadi pelaku segala perbuatan hidup Kristen, Rom 8:2,10-11+; Fili 1:21; bdk Kol 3:3+

Jerusalem: Gal 2:20 - di dalam daging Meskipun masih "di dalam daging", Rom 7:5+, namun hidup seorang Kristen sudah "dirohanikan" berkat iman, bdk Efe 3:17. Mengenai keadaan yang tegang it...

Meskipun masih "di dalam daging", Rom 7:5+, namun hidup seorang Kristen sudah "dirohanikan" berkat iman, bdk Efe 3:17. Mengenai keadaan yang tegang itu, bdk Rom 8:18-27

Jerusalem: Gal 2:20 - oleh iman dalam Anak Allah Var: oleh iman dalam Allah dan dalam Kristus.

Var: oleh iman dalam Allah dan dalam Kristus.

Jerusalem: Gal 2:21 - tidak menolak kasih-karunia Allah Yaitu dengan kembali kepada Hukum Taurat, bdk Gal 3:17.

Yaitu dengan kembali kepada Hukum Taurat, bdk Gal 3:17.

Ende: Gal 2:1 - Empatbelas tahun Tidak terang apakah itu terhitung, dari ketika bertobatnja atau kundjungannja ke Jerusalem jang diberitakan dalam Gal 1:18. Dan dianggap, bahwa keperg...

Tidak terang apakah itu terhitung, dari ketika bertobatnja atau kundjungannja ke Jerusalem jang diberitakan dalam Gal 1:18. Dan dianggap, bahwa kepergian ini samalah dengan perdjalanan jang ditjeritakan dalam Kis 15:2-4.

Ende: Gal 2:2 - Jang dianggap berwenang jang oleh pengandjur-pengandjur Jahudi dinamakan rasul sedjati dan resmi, dan memang merupakan putjuk pimpinan umat induk di Jerusalem, jaitu Jakobus ...

jang oleh pengandjur-pengandjur Jahudi dinamakan rasul sedjati dan resmi, dan memang merupakan putjuk pimpinan umat induk di Jerusalem, jaitu Jakobus sebagai uskup Jerusalem, lagipun Petrus dan Joanes.

Ende: Gal 2:3 - -- "Berlari". Paulus gemar mengandjurkan kegiatan dalam agama dengan menggunakan kiasan-kiasan dari dunia olah-raga. Menempuh djalan menudju kesempurnaan...

"Berlari". Paulus gemar mengandjurkan kegiatan dalam agama dengan menggunakan kiasan-kiasan dari dunia olah-raga. Menempuh djalan menudju kesempurnaan hidup dan hidup abadi dinamakan "berdjalan", kalau ditempuh dengan lebih giat dan bersemangat, digunakannja istilah "berlari" atau "berlumba".

Ende: Gal 2:4 - Saudara-saudara palsu jang bukan sadja adjaran dan andjuran-andjurannja palsu, tetapi tidak djudjur djuga.

jang bukan sadja adjaran dan andjuran-andjurannja palsu, tetapi tidak djudjur djuga.

Ende: Gal 2:4 - Kebebasan kita kebebasan dari persunatan dan penganutan hukum Jahudi dengan segala larangan dan ketentuan-ketentuannja jang pitjik dan tak berguna.

kebebasan dari persunatan dan penganutan hukum Jahudi dengan segala larangan dan ketentuan-ketentuannja jang pitjik dan tak berguna.

Ende: Gal 2:4 - Memperbudakkan jaitu memaksa "anak-anak Allah" mendjadi hamba hukum Jahudi.

jaitu memaksa "anak-anak Allah" mendjadi hamba hukum Jahudi.

Ende: Gal 2:5 - Kebenaran Indjil jang dimaksudkan disini, ialah "kebebasan dalam Kristus".

jang dimaksudkan disini, ialah "kebebasan dalam Kristus".

Ende: Gal 2:6 - Tidak mewadjibkan apa-apa jaitu tidak suatupun perubahan pada "Indjil"nja. Ada jang menterdjemahkan: tidak menambahkan apa-apa.

jaitu tidak suatupun perubahan pada "Indjil"nja. Ada jang menterdjemahkan: tidak menambahkan apa-apa.

Ende: Gal 2:7-9 - Mengulurkan tangannja rela berdjabat tangan sebagai tanda persetudjuan dan pengakuan, bahwa Paulus rasul sedjati, sederadjat dan seberwenang dengan mereka. Pembagian pekerd...

rela berdjabat tangan sebagai tanda persetudjuan dan pengakuan, bahwa Paulus rasul sedjati, sederadjat dan seberwenang dengan mereka.

Pembagian pekerdjaan kerasulan jang ditentukan dalam Gal 2:9, bukan dimaksudkan sebagai mutlak. Disegala tempat Paulus pertama-tama pergi mengadjar didalam sinagoga-sinagoga, dan baik Petrus, maupun rasul-rasul lain, selalu berusaha mempertobatkan orang-orang bukan Jahudi djuga. Buktinja jang djelas, ialah umat Roma.

Ende: Gal 2:10 - Kaum miskin Orang Galatia sudah tahu, siapa jang dimaksudkan, jaitu orang-orang miskin didalam umat-induk di Jerusalem. Pendermaan itu terutama dianggap sebagai t...

Orang Galatia sudah tahu, siapa jang dimaksudkan, jaitu orang-orang miskin didalam umat-induk di Jerusalem. Pendermaan itu terutama dianggap sebagai tanda persatuan antara sekalian umat dan chususnja dengan umat induk itu. Maksud itu sangat ditekankan Paulus dalam mengandjurkan pendermaan itu. Batjalah 2Ko 9:13-14.

Ende: Gal 2:11-14 - -- Peristiwa ini tentu sadja diadjukan Paulus, pertama-tama untuk membuktikan bahwa Petrus, meskipun pernah bersikap mendua, namun sependapat dengannja. ...

Peristiwa ini tentu sadja diadjukan Paulus, pertama-tama untuk membuktikan bahwa Petrus, meskipun pernah bersikap mendua, namun sependapat dengannja. Ketjaman jang agak tadjam menjatakan kegelisahan dan kesungguhan Paulus, sebab takutnja, kalau-kalau teladan Petrus dan orang Jahudi lainnja, chususnja Barnabas, meragu-ragukan dan menggelisahkan umat-umat jang seperti Antiochia sebagian besar terdiri dari orang-orang bekas penjembah dewa-dewa. Sikap itu merusakkan djuga perasaan persaudaraan dan kesatuan umat.

Ende: Gal 2:11 - Kefas Demikian bunjinja nama djulukan dalam bahasa Aramea jang diberikan Jesus kepada "Simon" (Mat 16:18), terdjemahannja dalam bahasa Junani "Petros" atau ...

Demikian bunjinja nama djulukan dalam bahasa Aramea jang diberikan Jesus kepada "Simon" (Mat 16:18), terdjemahannja dalam bahasa Junani "Petros" atau "Petra" (batu).

Ende: Gal 2:12 - Dari lingkungan Jakobus Aslinja "dari Jakobus", tetapi itu tidak berarti, bahwa mereka dikirim oleh Jakobus. Itu sudah bertentangan dengan sikap Jakobus dalam Kis 15:24. Mere...

Aslinja "dari Jakobus", tetapi itu tidak berarti, bahwa mereka dikirim oleh Jakobus. Itu sudah bertentangan dengan sikap Jakobus dalam Kis 15:24. Mereka adalah anggota umat Jerusalem jang dipimpin oleh Jakobus, dan dalam umat itu masih banjak orang segan melepaskan diri dari hukum dan adat-istiadat Jahudi.

Ende: Gal 2:12 - Makan semedja Bagi orang Jahudi terlarang keras makan bersama dengan orang-orang takbersunat, sebab orang ini sendiri dan makanan mereka dianggap "nadjis".

Bagi orang Jahudi terlarang keras makan bersama dengan orang-orang takbersunat, sebab orang ini sendiri dan makanan mereka dianggap "nadjis".

Ende: Gal 2:12 - Sebab takut Tentu sadja bukan sebab ia takut dihardik, melainkan sebab ia tidak mau menjinggung perasaan pendatang-pendatang itu.

Tentu sadja bukan sebab ia takut dihardik, melainkan sebab ia tidak mau menjinggung perasaan pendatang-pendatang itu.

Ende: Gal 2:14 - Terhadap kebenaran Indjil Segi kebenaran jang dimaksudkan disini diuraikan dalam fasal berikut.

Segi kebenaran jang dimaksudkan disini diuraikan dalam fasal berikut.

Ende: Gal 2:14 - Bangsa-bangsa penjembah dewa-dewa Kami mengelakkan pemakaian kata "kafir" (kufur) sebab mengandung tjorak penghinaan dalam pemakaian umum. Bunjinja terlalu kasar dalam mulut Paulus jan...

Kami mengelakkan pemakaian kata "kafir" (kufur) sebab mengandung tjorak penghinaan dalam pemakaian umum. Bunjinja terlalu kasar dalam mulut Paulus jang tentu hormat terhadap bangsa-bangsa jang diserahkan pertobatannja kepadanja, dan anggota-anggota umat-umat jang bekas penjembah dewa-dewa itu.

Ende: Gal 2:15 - -- Benar djuga kalimat ini. Bdl. Rom 9:4-5. Tetapi disini sangat bertjorak sindiran terhadap orang-orang Jahudi, para pengandjur palsu, jang masih memand...

Benar djuga kalimat ini. Bdl. Rom 9:4-5. Tetapi disini sangat bertjorak sindiran terhadap orang-orang Jahudi, para pengandjur palsu, jang masih memandang saudara-saudara takbersunat sebagai tidak sederadjat dengan mereka, malah sebagai "nadjis".

Ende: Gal 2:16 - -- Apa jang dikatakan Paulus disini dengan ringkas, akan mendjadi atjara utama suratnja kepada umat Roma.

Apa jang dikatakan Paulus disini dengan ringkas, akan mendjadi atjara utama suratnja kepada umat Roma.

Ende: Gal 2:16 - Dibenarkan Tentang istilah "kebenaran" dan "membenarkan" batjalah uraian Kata Pendahuluan II, fasal 3, halaman 536 (tjetakan V 1968).

Tentang istilah "kebenaran" dan "membenarkan" batjalah uraian Kata Pendahuluan II, fasal 3, halaman 536 (tjetakan V 1968).

Ende: Gal 2:16 - Hukum dalam surat-surat Paulus hampir selalu berarti hukum taurat atau hukum Jahudi dengan segala ketentuan adat-istiadat. Batjalah uraian Kata Pendahuluan ...

dalam surat-surat Paulus hampir selalu berarti hukum taurat atau hukum Jahudi dengan segala ketentuan adat-istiadat. Batjalah uraian Kata Pendahuluan II fasal 9 halaman 547 (tjetakan V 1968).

Ende: Gal 2:17-18 - -- Kedua kalimat padat dan agak kabur ini dapat ditafsirkan barangkali seperti berikut:

Kedua kalimat padat dan agak kabur ini dapat ditafsirkan barangkali seperti berikut:

Ende: Gal 2:17-18 - Masih berdosa masih berdosa, sebab belum tjukup dibenarkan oleh kepertjajaan dan permandian, kalau untuk dibenarkan perlu lagi disunat dan mengamalkan hukum taurat....

masih berdosa, sebab belum tjukup dibenarkan oleh kepertjajaan dan permandian, kalau untuk dibenarkan perlu lagi disunat dan mengamalkan hukum taurat. Lagi pula saudara-saudara Jahudi, termasuk pengandjur-pengandjur palsu sendiri, jang pertjaja dan mengandjurkan, bahwa penganutan hukum perlu untuk diselamatkan, dengan itu mengakui, bahwa mereka mendjadi orang berdosa (pelanggar), dengan bertobat kepada Kristus dan dengan itu keluar dari lingkungan hukum taurat. Demikian pula saudara-saudara bukan Jahudi jang mempertjajai dan mengikuti pengandjur-pengandjur palsu itu, mengakui bahwa mereka pun belum dibenarkan sepenuhnja oleh permandian dan sebab itu masih orang berdosa.

Lain dari itu, semua mereka itu menjatakan, seolah-olah Kristus telah menipu mereka, dan menjebabkan mereka berdosa, dengan mengadjar bahwa hukum taurat telah dibatalkan.

Ende: Gal 2:19 - -- Oleh karena hukum aku telah terhadap hukum". "Oleh karena hukum" dapat ditafsirkan: penjelidikan buku-buku Perdjandjian Lama telah mejakinkan Paulus, ...

Oleh karena hukum aku telah terhadap hukum". "Oleh karena hukum" dapat ditafsirkan: penjelidikan buku-buku Perdjandjian Lama telah mejakinkan Paulus, dan sebenarnja harus mejakinkan tiap-tiap orang Jahudi, bahwa nubuat-nubuat Perdjandjian Lama telah dipenuhi dalam Jesus, lagi bahwa tugas Perdjandjian Lama sudah selesai dan diganti dengan hukum Indjil. Lain tafsiran lagi, berhubung dengan kalimat "aku telah disalibkan bersama dengan Kristus", ialah: Kristus dihukum mati berdasarkan (pura-pura berdasarkan) tuntutan-tuntutan hukum taurat. Dengan itu Ia sebenarnja dikeluarkan (dikutjilkan) dari lingkungan hukum taurat, djadi lepas dari padanja. Demikian halnja Paulus dan sekalian orang Jahudi jang pertjaja akan Kristus dan dalam permandian turut mati (disalibkan) denganNja. Bdl. Rom 7:1-4.

Ende: Gal 2:20 - Bukan aku sendiri jang hidup dll Artinja dalam segala pikiran dan tindakan aku semata-mata dan melulu didjiwai tjita-tjita Kristus, dan hidup bagi Kristus.

Artinja dalam segala pikiran dan tindakan aku semata-mata dan melulu didjiwai tjita-tjita Kristus, dan hidup bagi Kristus.

Ende: Gal 2:21 - Tidak mengingkari rahmat seperti pengandjur-pengandjur palsu dan para pengikutnja. Paulus tidak mau berlagak seolah-olah rahmat Allah dan kepertjajaan akan Kristus tidak tjuku...

seperti pengandjur-pengandjur palsu dan para pengikutnja. Paulus tidak mau berlagak seolah-olah rahmat Allah dan kepertjajaan akan Kristus tidak tjukup, bukan satu-satunja sjarat keselamatan.

Ref. Silang FULL: Gal 2:1 - ke Yerusalem // dengan Barnabas // dan Tituspun · ke Yerusalem: Kis 15:2 · dengan Barnabas: Kis 4:36; Kis 4:36 · dan Tituspun: 2Kor 2:13; 2Kor 2:13

· ke Yerusalem: Kis 15:2

· dengan Barnabas: Kis 4:36; [Lihat FULL. Kis 4:36]

· dan Tituspun: 2Kor 2:13; [Lihat FULL. 2Kor 2:13]

Ref. Silang FULL: Gal 2:2 - suatu penyataan // bukan Yahudi // aku berusaha · suatu penyataan: 1Kor 2:10; 1Kor 2:10 · bukan Yahudi: Kis 15:4,12 · aku berusaha: 1Kor 9:24; 1Kor 9:24

· suatu penyataan: 1Kor 2:10; [Lihat FULL. 1Kor 2:10]

· bukan Yahudi: Kis 15:4,12

· aku berusaha: 1Kor 9:24; [Lihat FULL. 1Kor 9:24]

Ref. Silang FULL: Gal 2:3 - kendatipun Titus // seorang Yunani · kendatipun Titus: Gal 2:1; 2Kor 2:13; 2Kor 2:13 · seorang Yunani: Kis 16:3; 1Kor 9:21

· kendatipun Titus: Gal 2:1; 2Kor 2:13; [Lihat FULL. 2Kor 2:13]

· seorang Yunani: Kis 16:3; 1Kor 9:21

Ref. Silang FULL: Gal 2:4 - saudara-saudara palsu // yang menyelundup // menghadang kebebasan · saudara-saudara palsu: Kis 1:16; Kis 1:16; 2Kor 11:26 · yang menyelundup: Yud 1:4 · menghadang kebebasan: Gal 5:1,13

· saudara-saudara palsu: Kis 1:16; [Lihat FULL. Kis 1:16]; 2Kor 11:26

· yang menyelundup: Yud 1:4

· menghadang kebebasan: Gal 5:1,13

Ref. Silang FULL: Gal 2:5 - kebenaran Injil · kebenaran Injil: Gal 2:14

· kebenaran Injil: Gal 2:14

Ref. Silang FULL: Gal 2:6 - dianggap terpandang // memandang muka // memaksakan sesuatu · dianggap terpandang: Gal 2:2 · memandang muka: Kis 10:34; Kis 10:34; Wahy 2:23; Wahy 2:23 · memaksakan sesuatu: 1Kor 15:11

· dianggap terpandang: Gal 2:2

· memandang muka: Kis 10:34; [Lihat FULL. Kis 10:34]; Wahy 2:23; [Lihat FULL. Wahy 2:23]

· memaksakan sesuatu: 1Kor 15:11

Ref. Silang FULL: Gal 2:7 - telah dipercayakan // tak bersunat // kepada Petrus · telah dipercayakan: 1Tes 2:4; 1Tim 1:11 · tak bersunat: Kis 9:15; Kis 9:15 · kepada Petrus: Gal 2:9,11,14

· telah dipercayakan: 1Tes 2:4; 1Tim 1:11

· tak bersunat: Kis 9:15; [Lihat FULL. Kis 9:15]

· kepada Petrus: Gal 2:9,11,14

Ref. Silang FULL: Gal 2:8 - menjadi rasul // kekuatan kepadaku · menjadi rasul: Kis 1:25 · kekuatan kepadaku: 1Kor 1:1; 1Kor 1:1

· menjadi rasul: Kis 1:25

· kekuatan kepadaku: 1Kor 1:1; [Lihat FULL. 1Kor 1:1]

Ref. Silang FULL: Gal 2:9 - dianugerahkan kepadaku // maka Yakobus // Kefas // sebagai sokoguru // dengan Barnabas // tidak bersunat · dianugerahkan kepadaku: Rom 12:3; Rom 12:3 · maka Yakobus: Kis 15:13; Kis 15:13 · Kefas: Gal 2:7,11,14 · sebagai sokogur...

· dianugerahkan kepadaku: Rom 12:3; [Lihat FULL. Rom 12:3]

· maka Yakobus: Kis 15:13; [Lihat FULL. Kis 15:13]

· Kefas: Gal 2:7,11,14

· sebagai sokoguru: 1Tim 3:15; Wahy 3:12

· dengan Barnabas: Gal 2:1; Kis 4:36; [Lihat FULL. Kis 4:36]

· tidak bersunat: Kis 9:15; [Lihat FULL. Kis 9:15]

Ref. Silang FULL: Gal 2:10 - orang-orang miskin · orang-orang miskin: Kis 24:17; Kis 24:17

· orang-orang miskin: Kis 24:17; [Lihat FULL. Kis 24:17]

Ref. Silang FULL: Gal 2:11 - waktu Kefas // ke Antiokhia · waktu Kefas: Gal 2:7,9,14 · ke Antiokhia: Kis 11:19; Kis 11:19

· waktu Kefas: Gal 2:7,9,14

· ke Antiokhia: Kis 11:19; [Lihat FULL. Kis 11:19]

Ref. Silang FULL: Gal 2:12 - kalangan Yakobus // tidak bersunat // yang bersunat · kalangan Yakobus: Kis 15:13; Kis 15:13 · tidak bersunat: Kis 11:3 · yang bersunat: Kis 10:45; 11:2

· kalangan Yakobus: Kis 15:13; [Lihat FULL. Kis 15:13]

· tidak bersunat: Kis 11:3

· yang bersunat: Kis 10:45; 11:2

Ref. Silang FULL: Gal 2:13 - sehingga Barnabas · sehingga Barnabas: Gal 2:1; Kis 4:36; Kis 4:36

· sehingga Barnabas: Gal 2:1; Kis 4:36; [Lihat FULL. Kis 4:36]

Ref. Silang FULL: Gal 2:14 - kebenaran Injil // kepada Kefas // secara Yahudi // secara Yahudi · kebenaran Injil: Gal 2:5 · kepada Kefas: Gal 2:7,9,11 · secara Yahudi: Kis 10:28 · secara Yahudi: Gal 2:12

· kebenaran Injil: Gal 2:5

· kepada Kefas: Gal 2:7,9,11

· secara Yahudi: Kis 10:28

· secara Yahudi: Gal 2:12

Ref. Silang FULL: Gal 2:15 - Menurut kelahiran // orang berdosa · Menurut kelahiran: Fili 3:4,5 · orang berdosa: 1Sam 15:18; Luk 24:7

· Menurut kelahiran: Fili 3:4,5

· orang berdosa: 1Sam 15:18; Luk 24:7

Ref. Silang FULL: Gal 2:16 - hukum Taurat // Kristus Yesus // yang dibenarkan · hukum Taurat: Rom 3:28; Rom 3:28 · Kristus Yesus: Rom 9:30; Rom 9:30 · yang dibenarkan: Rom 3:28; Rom 3:28; Rom 4:25; Rom 4:2...

· hukum Taurat: Rom 3:28; [Lihat FULL. Rom 3:28]

· Kristus Yesus: Rom 9:30; [Lihat FULL. Rom 9:30]

· yang dibenarkan: Rom 3:28; [Lihat FULL. Rom 3:28]; Rom 4:25; [Lihat FULL. Rom 4:25]

Ref. Silang FULL: Gal 2:17 - orang-orang berdosa // Sekali-kali tidak · orang-orang berdosa: Gal 2:15 · Sekali-kali tidak: Gal 3:21

· orang-orang berdosa: Gal 2:15

· Sekali-kali tidak: Gal 3:21

Ref. Silang FULL: Gal 2:19 - hukum Taurat // untuk Allah // dengan Kristus · hukum Taurat: Rom 7:4; Rom 7:4 · untuk Allah: Rom 6:10,11,14; 2Kor 5:15 · dengan Kristus: Rom 6:6; Rom 6:6

· hukum Taurat: Rom 7:4; [Lihat FULL. Rom 7:4]

· untuk Allah: Rom 6:10,11,14; 2Kor 5:15

· dengan Kristus: Rom 6:6; [Lihat FULL. Rom 6:6]

Ref. Silang FULL: Gal 2:20 - dalam aku // Anak Allah // mengasihi aku // untuk aku · dalam aku: Rom 8:10; Rom 8:10; 1Pet 4:2 · Anak Allah: Mat 4:3; Mat 4:3 · mengasihi aku: Rom 8:37; Rom 8:37 · untuk aku: ...

· dalam aku: Rom 8:10; [Lihat FULL. Rom 8:10]; 1Pet 4:2

· Anak Allah: Mat 4:3; [Lihat FULL. Mat 4:3]

· mengasihi aku: Rom 8:37; [Lihat FULL. Rom 8:37]

· untuk aku: Gal 1:4; [Lihat FULL. Gal 1:4]

Ref. Silang FULL: Gal 2:21 - hukum Taurat · hukum Taurat: Gal 3:21

· hukum Taurat: Gal 3:21

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Gal 2:1 - mereka 1. Perbedaan di antara kunjungannya yang pertama dengan yang kedua ini sangat jelas. Kali ini Paulus tidak pergi sendiri, tetapi disertai Barnabas. da...

1. Perbedaan di antara kunjungannya yang pertama dengan yang kedua ini sangat jelas. Kali ini Paulus tidak pergi sendiri, tetapi disertai Barnabas. dan dia pergi dengan maksud untuk membahas Injil, dan lebih khusus lagi penerapan Injil bagi orang-orang bukan Yahudi. Tidak mudah untuk mencocokkan kunjungan ini dengan narasi dalam Kisah Para Rasul. Orang-orang yang cenderung beranggapan bahwa kunjungan ini adalah yang berkaitan dengan bencana kelaparan sebagaimana tercatat dalam Kisah Para Rasul 11:27-30 dapat menunjuk kepada fakta bahwa Barnabas ada bersama Paulus ketika itu. Mereka beranggapan bahwa Paulus berkewajiban untuk menyebutkan setiap kontak yang dilakukannya dengan jemaat di Yerusalem. Tetapi cara berpikir semacam ini berbahaya. Kontak-kontak yang perlu diperhatikan hanyalah kontak-kontak yang mungkin menghasilkan komunikasi tentang Injil dengan dia. Karena hanya para penatua yang disebutkan dalam hubungan dengan penerimaan sumbangan dari jemaat di Yerusalem, tidak mungkin Paulus ada kontak dengan para rasul ketika itu. Ketika itu mereka berada di dalam masa penganiayaan (Kis. 12:1-3) sehingga mereka mungkin tidak dapat dihubungi untuk konsultasi.

Jika masalah penerimaan orang-orang Yahudi ke dalam Gereja sudah tuntas pada saat kunjungan waktu bahaya kelaparan (yang ditunjukkan dalam penyamaan Kis. 11 dengan Gal. 2), maka aneh rasanya jika masih diperlukan konferensi lainnya untuk membahas masalah yang sama (Kis. 15). Selanjutnya, adalah sangat tidak sopan bagi para rasul untuk bersikukuh bahwa Paulus harus mengingat mereka yang miskin (Gal. 2:10) padahal dia baru saja menyerahkan sumbangan dari jemaat Antiokhia kepada orang-orang kudus di Yerusalem. Akhirnya, menyamakan Galatia 2 dengan Kisah Para Rasul 11 secara kronologis pada dasarnya adalah mustahil. Kunjungan waktu bahaya kelaparan itu berlangsung sekitar saat kematian Herodes, yang terjadi tahun 44 M. Dengan menambahkan empat belas tahun (Gal. 2:1) kepada tiga tahun dari 1:18 dan kemudian mengurangi tahun 44 dengan tujuh betas, maka kita sampai pada tahun 27 sebagai tanggal pertobatan Paulus, suatu tanggal yang terlalu dini. Bahkan apabila empat belas tahun dari Galatia 2:1 mengacu kepada saat pertobatan dan bukan pada kunjungan pertama ke Yerusalem sekalipun, tanggal terjadinya pertobatan tetap terlalu dini; dengan tanggal ini tidak ada masa sela di antara kebangkitan Kristus dengan pertobatan Paulus.

Penyamaan Galatia 2 dengan Kisah Para Rasul 15 memiliki kekuatannya di dalam kenyataan bahwa pokok bahasan keduanya sama dam bahwa baik Petrus dan Yakobus maupun Paulus dam Barnabas ditonjolkan di dalam kedua nas ini. Memang penyamaan ini ada kesulitannya. Kisah Para Rasul 15 memberikan kesan adanya suatu perkumpulan besar. sedangkan Galatia 2:2 melukiskan suatu pertemuan tertutup. Penyelarasan dimungkinkan berdasarkan anggapan bahwa pertentangan yang disebutkan dalam Kisah Para Rasul 15:5, 6 tentu bisa menyebabkan para pemimpin jemaat menunda pertemuan tersebut dan melanjutkan pembahasan di dalam ruang tertutup sebagaimana dilaporkan dalam Galatia 2. Berlandaskan pada pengertian yang dicapai di dalam pertemuan tersebut, Petrus dan Yakobus tentu saja kemudian memainkan peranan sebagai pemimpin yang menentukan di bagian umum terakhir dari konferensi yang dilaporkan dalam Kisah Para Rasul 15:7-21. Mungkin kata mereka dalam Galatia 2:2 menunjuk kepada jemaat secara keseluruhan dan bukan para rasul, dengan siapa Paulus dan Barnabas kemudian melanjutkan pertemuan secara pribadi. Kesulitan lain yang harus dihadapi ialah bahwa Paulus tidak menyebutkan apa yang dinamakan keputusan rasuli di dalam Galatia 2:1-10, padahal keputusan tersebut memperoleh tempat tersendiri di dalam kisah Lukas (Kis. 15:20, 28, 29; 16:4; 21:25). Sekalipun demikian karena di dalam seluruh bagian ini Paulus membahas Injil, dan karena keputusan tersebut tidak ada hubungan langsung dengan Injil, tetapi hanya membuka peluang terjalinnya hubungan yang baik di antara orang percaya yang Yahudi dengan yang bukan Yahudi. Paulus tidak berkewajiban untuk mencantumkan keputusan tersebut di dalam argumentasinya.

Wycliffe: Gal 2:2 - penyataan, // mereka yang terpandang // Paulus // percuma 2. Kunjungan Paulus yang kedua ke Yerusalem merupakan perintah yang disampaikan melalui penyataan, selaras dengan penekanan kuat pada aspek adikodrati...

2. Kunjungan Paulus yang kedua ke Yerusalem merupakan perintah yang disampaikan melalui penyataan, selaras dengan penekanan kuat pada aspek adikodrati dalam pasal sebelumnya. Penyataan ini mungkin disampaikan sebelum keputusan jemaat di Antiokhia untuk mengutus Paulus, atau mungkin juga sesudah keputusan tersebut dan memperkuat keputusan jemaat baginya (Kis. 15:2). Dia dan Barnabas menjumpai mereka yang terpandang. Secara harfiah, mereka yang tampaknya, istilah yang agak aneh bagi para rasul. Ungkapan yang sama dipakai lagi dua kali dalam 2:6 dan kemudian dalam 2:9 di mana ditambahkan istilah "sokoguru". Mungkin Paulus beranggapan bahwa jemaat sedang dalam bahaya mendewakan para rasul ini dengan terlalu tunduk kepada mereka. Apakah Paulus memang memiliki ketakutan bahwa semua usahanya sesudah pertobatan berkemungkinan percuma saja, yaitu bahwa dirinya mungkin salah tentang Injil sehingga kini perlu diluruskan lagi? Sama sekali tidak. Tetapi situasi mengharuskan dia menyerahkan pandangannya kepada para rasul, sebab hanya dengan cara ini dia dapat berharap untuk membungkam para musuhnya, penganut Yudaisme, serta orang-orang yang sudah terpengaruh oleh hasutan golongan itu.

Wycliffe: Gal 2:3-5 - dipaksa untuk menyunatkan dirinya // saudara-saudara palsu // kebebasan // kebenaran Injil 3-5. Sekarang alasan Paulus membawa serta Titus bersamanya (ay. 1) menjadi jelas. Dia harus menjadi batu ujian dalam soal penerimaan orang-orang bukan...

3-5. Sekarang alasan Paulus membawa serta Titus bersamanya (ay. 1) menjadi jelas. Dia harus menjadi batu ujian dalam soal penerimaan orang-orang bukan Yahudi ke dalam Gereja. Jika dia dipaksa untuk menyunatkan dirinya maka dengan sendirinya semua orang percaya bukan Yahudi juga harus disunat. Jika dia keluar dari konferensi tersebut tanpa disunat, maka semua orang percaya bukan Yahudi lainnya yang telah beriman kepada Kristus dapat menikmati kebebasan mereka tanpa ada kekhawatiran akan dipersoalkan. Paulus tampaknya mengatakan bahwa ada pihak-pihak tertentu yang memaksa agar Titus disunat (bdg. Kis. 15:5). Sangat mustahil kalau tekanan tersebut berasal dari para rasul sebab mereka berada di pihak Paulus (Kis. 15:19). Yang mengacau adalah saudara-saudara palsu yang telah menyusup masuk ke dalam kalangan orang-orang percaya. Mereka menamakan diri mereka Kristen, tetapi mereka menentang kebebasan yang terdapat di dalam Injil yang diberitakan Paulus - yakni kebebasan dari keterikatan kepada hukum Taurat, termasuk bebas untuk tidak disunat. Perlawanan Paulus terhadap golongan Yudaisme tersebut tidak bersumber pada sikap keras kepala atau pada perasaan lebih unggul. Paulus melihat bahwa persoalan sunat ini menyangkut kebenaran Injil (2:5). Memaksakan orang bukan Yahudi menerima tanda perjanjian yang diberikan kepada Abraham dan keturunannya berarti mengesampingkan kesederhanaan dari iman yang menyelamatkan dengan penekanan pada perlunya perbuatan tertentu. Jika perbuatan ini diperlukan untuk menjadi anggota Gereja, nanti perbuatan lain juga akin dinyatakan sebagai diperlukan.

Wycliffe: Gal 2:6-8 - tidak memaksakan sesuatu yang lain // pemberitaan Injil untuk orang-orang yang tidak bersunat 6-8. Di dalam pembicaraan dengan Paulus, para rasul tidak dapat menjumpai kesalahan di dalam Injil yang diberitakannya. Mereka tidak memaksakan sesuat...

6-8. Di dalam pembicaraan dengan Paulus, para rasul tidak dapat menjumpai kesalahan di dalam Injil yang diberitakannya. Mereka tidak memaksakan sesuatu yang lain dari penyataan yang telah diterimanya dari Tuhan. Tetapi mereka melihat bahwa kepadanya telah dipercayakan pemberitaan Injil untuk orang-orang yang tidak bersunat. Dia bertanggung jawab atas orang-orang bukan Yahudi khususnya (Rm. 1:5). Karena itu Tuhan tidak mengizinkan dia melayani di Yerusalem (Kis. 22:17-21). Panggilan khusus ini tidak menutup kemungkinan bagi Paulus untuk melayani orang-orang Yahudi ketika dia berada di dalam rumah ibadat di mana orang-orang Yahudi dan bukan Yahudi (mereka yang takut akan Allah) berkumpul. Petrus yang ditugaskan untuk memberitakan Injil kasih karunia yang sama diwajibkan untuk memberitakannya di kalangan orang bersunat, orang-orang Yahudi. Nama Aramnya, Kefas, dipakai dengan tepat di sini. Keberhasilan kedua orang ini di dalam melaksanakan tugas masing-masing membuktikan panggilan ilahi mereka.

Wycliffe: Gal 2:9-10 - kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku // berjabat tangan 9, 10. Kehormatan bagi Paulus sebagai pemberita Injil kepada orang-orang bukan Yahudi disebutkan sebagai kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku (bd...

9, 10. Kehormatan bagi Paulus sebagai pemberita Injil kepada orang-orang bukan Yahudi disebutkan sebagai kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku (bdg. I Kor. 15:9, 10; Ef. 3:2). Para pemimpin di Yerusalem mengakui kasih karunia ini melalui berjabat tangan dengan Paulus dan Barnabas. Tindakan ini bukan formalitas biasa, melainkan suatu dukungan yang berarti terhadap amanat kasih karunia bebas yang telah diberitakan kedua orang ini kepada orang-orang bukan Yahudi. Para rasul tersebut juga menyetujui pembagian tugas yang membuat satu kelompok penginjil bertugas memberitakan Injil kepada orang-orang Yahudi dan kelompok lainnya kepada orang-orang bukan Yahudi. Sekalipun demikian, mereka memohon agar para pemberita Injil kepada orang-orang bukan Yahudi itu tidak memisahkan diri dari orang-orang percaya Yahudi - khususnya orang-orang di Yerusalem yang sangat miskin (Rm. 15:26) - sehingga melupakan kebutuhan mereka. Bukti bahwa Paulus sungguh-sungguh memenuhi permohonan ini ialah usahanya mengumpulkan sumbangan di kalangan jemaat-jemaat bukan Yahudi bagi jemaat di Yerusalem itu (I Kor. 16:1-4), yang kemudian diserahkan olehnya dan orang-orang yang bersama-sama dengannya ketika berkunjung untuk terakhir kalinya ke Yerusalem.

Wycliffe: Gal 2:11-21 - -- D. Otoritas Bebasnya Dibenarkan Dalam Perjumpaannya dengan Petrus di Antiokhia (2:11-21). Di sini Paulus berjumpa dengan Petrus untuk ketiga kalinya....

D. Otoritas Bebasnya Dibenarkan Dalam Perjumpaannya dengan Petrus di Antiokhia (2:11-21).

Di sini Paulus berjumpa dengan Petrus untuk ketiga kalinya. Kali pertama dia hanya berjumpa saja dengan Petrus; pada kesempatan berikutnya dia menemukan kesatuan dan kesetaraan mereka; dan kali ini dia tergerak untuk mengambil sikap yang berbeda dan menegur Petrus. Hal ini memperkuat kenyataan bahwa maksud Paulus di dalam menulis surat ini adalah untuk menunjukkan kedudukannya sebagai rasul yang bebas.

Wycliffe: Gal 2:11-12 - mengundurkan diri 11, 12. Paulus menentang Petrus sebab perilakunya memberikan kesan keliru bahwa Paulus melepaskan pendirian yang telah ditetapkannya di Yerusalem. Tin...

11, 12. Paulus menentang Petrus sebab perilakunya memberikan kesan keliru bahwa Paulus melepaskan pendirian yang telah ditetapkannya di Yerusalem. Tindakan dewan dalam soal keputusan tersebut (Kis. 15:28, 29) telah membuka jalan bagi kebebasan untuk menjalin hubungan sosial antara orang Yahudi dengan orang bukan Yahudi dalam jemaat Antiokhia, sebuah kebebasan yang dengan sukacita ikut dinikmati oleh Petrus. Dia bahkan ikut makan bersama dengan orang-orang bukan Yahudi (bdg. Kis. 10:28; 11:3). Tetapi kedatangan beberapa orang anak buah Yakobus, pemimpin yang diakui dari jemaat di Yerusalem, telah menimbulkan ketakutan di dalam hati Petrus mengingat bahwa jemaat induk tersebut telah menegur dirinya karena berkumpul dan makan bersama dengan orang-orang bukan Yahudi di rumah Kornelius (Kis. 11:1-18). Tidak mungkin kita mengetahui apa hubungan antara para pengunjung tersebut dengan Yakobus dan untuk apa sebenarnya mereka datang. Petrus kemudian mengundurkan diri dari saudara-saudara seimannya yang bukan Yahudi secara perlahan-lahan, sebagaimana ditunjukkan oleh bahasa aslinya, mungkin dengan tidak hadir dalam satu perjamuan pada suatu hari, dalam dua perjamuan pada hari berikutnya, hingga akhirnya sama sekali tidak ikut ambil bagian lagi.

Wycliffe: Gal 2:13 - munafik // Barnabas sendiri, 13. Tindakan Petrus mempengaruhi orang-orang lain. Kata munafik berarti tidak ada keselarasan di antara tindakan lahiriah seseorang dengan keadaan hat...

13. Tindakan Petrus mempengaruhi orang-orang lain. Kata munafik berarti tidak ada keselarasan di antara tindakan lahiriah seseorang dengan keadaan hatinya. Dalam hal orang Farisi, tindakan lahiriah mereka baik, tetapi keadaan hati mereka sering kali busuk. Di dalam kasus Petrus, keyakinan hatinya benar sebab dia mendukung pandangan kesetaraan orang bukan Yahudi di Gereja, tetapi tindakannya mengingkari keyakinannya itu. Di sini terdapat nada sedih - Barnabas sendiri, seakan-akan Paulus mengharapkan lebih banyak dari dia dibandingkan dengan dari orang percaya Yahudi lainnya.

Wycliffe: Gal 2:14 - hidup secara kafir 14. Pernyataan bahwa Petrus bertindak tidak sesuai dengan kebenaran Injil perlu dijelaskan. Dia adalah seorang Yahudi sehingga tidak diwajibkan untuk ...

14. Pernyataan bahwa Petrus bertindak tidak sesuai dengan kebenaran Injil perlu dijelaskan. Dia adalah seorang Yahudi sehingga tidak diwajibkan untuk hidup secara kafir sebagaimana telah dilakukannya ketika ikut perjamuan. Tetapi, setelah bertindak sejauh itu dan kemudian mengundurkan diri, maka itu artinya dia memaksa orang-orang yang bukan Yahudi untuk hidup seperti orang Yahudi, yaitu menerima kewajiban untuk disunat dan mengikuti hukum makanan Yahudi, dengan begitu membuang semua penghalang yang ada di antara mereka dengan orang-orang seperti Petrus. Tetapi jika orang-orang percaya bukan Yahudi itu melakukan hal ini, maka mereka mengorbankan kebenaran Injil yang telah disepakati di Yerusalem. Gereja telah memutuskan bahwa orang-orang bukan Yahudi tidak usah diwajibkan melakukan hukum-hukum tersebut. Seluruh prinsip kasih karunia sedang dipertaruhkan. Akibat yang dapat diduga dari tindakan Petrus ialah meyahudikan orang-orang Kristen bukan Yahudi atau memaksa didirikannya jemaat Yahudi di samping jemaat bukan Yahudi, sehingga kesatuan tubuh Kristus akan terpecah. Jadi, yang dipermasalahkan adalah kebenaran Injil.

Wycliffe: Gal 2:15-18 - karena melakukan hukum Taurat // pelayan dosa 15-18. Paulus memaksa Petrus untuk mengakui bahwa mereka berdua, selaku orang Yahudi asli yang telah menikmati berbagai keuntungan khusus dari Yudaism...

15-18. Paulus memaksa Petrus untuk mengakui bahwa mereka berdua, selaku orang Yahudi asli yang telah menikmati berbagai keuntungan khusus dari Yudaisme, termasuk memiliki hukum Taurat, toh harus sampai pada keadaan hanya mengandalkan Kristus untuk memperoleh keselamatan, sama seperti yang harus dilakukan oleh setiap orang bukan Yahudi yang malang. Petrus harus setuju sebab komitmennya sendiri terhadap pandangan ini (Kis. 15:11). Perjanjian Lama sendiri bersaksi bahwa pembenaran tidak dihasilkan oleh karena melakukan hukum Taurat (bdg. Mzm. 143:2). Dibenarkan artinya dinyatakan sebagai benar dan dianggap benar oleh Allah, dibebaskan dari setiap tuduhan berdosa yang diakibatkan oleh kegagalan menaati hukum kudus Allah. Direndahkannya orang Yahudi hingga setara dengan orang bukan Yahudi ini tampaknya melibatkan Kristus, yaitu dengan menjadikan Dia pelayan dosa karena Dia melepaskan manusia dari keterikatan kepada hukum Taurat, sebab beriman kepada Yesus Kristus merupakan syarat setara untuk memperoleh keselamatan bagi orang Yahudi maupun bagi orang bukan Yahudi. Tetapi Paulus menolak kesimpulan ini, sebab berlandaskan pada dasar pemikiran yang salah, yaitu membayangkan orang Yahudi lebih unggul daripada orang bukan Yahudi. Di sini secara halus Paulus mengumpamakan dirinya sebagai Petrus. Pelanggar yang sesungguhnya bukanlah Kristus, tetapi seseorang, seperti Petrus yang berusaha membangun kembali sesuatu yang sudah diruntuhkan. Petrus melakukan hal itu dengan mengundurkan diri dari persekutuan dengan orang-orang bukan Yahudi, sehingga memberi kesan seakan-akan orang-orang percaya Yahudi merupakan kelompok orang Yang lebih unggul.

Wycliffe: Gal 2:19-21 - untuk Allah. Aku telah disalibkan dengan Kristus // Hidupku yang kuhidupi sekarang ini // menolak 19-21. Hukum Taurat telah berjasa bagi Paulus sekalipun tidak menuntun dia kepada pembenaran. Melalui hukum Taurat dia telah mati terhadap hukum Taura...

19-21. Hukum Taurat telah berjasa bagi Paulus sekalipun tidak menuntun dia kepada pembenaran. Melalui hukum Taurat dia telah mati terhadap hukum Taurat itu sendiri, sebab hukum Taurat telah menghasilkan kesadaran akan dosa yang akhirnya membawa dirinya kepada Kristus. Hukum Taurat juga telah membawa Kristus ke kayu salib agar Dia dapat menebus mereka yang telah melanggar hukum Taurat ini. Kristus merupakan wakil Paulus dalam kematian terhadap hukum Taurat tersebut. Hasilnya adalah sebuah hidup yang baru untuk Allah. Aku telah disalibkan dengan Kristus. Bentuk waktu perfect menekankan baik peristiwa masa lalu maupun dampak-dampaknya yang berlanjut terus. Kematian ini menghasilkan hidup, tetapi bukan hidup lama dengan segenap kerapuhan manusia alamiah, tetapi suatu hidup yang sama sekali baru; bukan sekadar hidup ilahi yang dianugerahkan begitu saja, tetapi Kristus yang hidup itu sendiri yang berdiam di dalam diri orang yang sudah ditebus. Sekalipun demikian, di dalam hidup yang baru ini, kepribadian manusia tidak dibenamkan - Hidupku yang kuhidupi sekarang ini. Hidup yang baru dijalani berlandaskan prinsip iman kepada Kristus (bdg. 2:16) bukan berlandaskan prinsip ketaatan pada hukum. Iman ini didasarkan pada fakta tentang kasih Sang Juruselamat secara pribadi kepada orang-orang yang bagi mereka Ia mati (bdg. Ef. 5:2). Tidak mengandalkan Kristus secara ini berarti menolak (mengesampingkan) kasih karunia Allah. Jika kebenaran dapat diperoleh melalui hukum Taurat, maka kematian Kristus tentu tidak dapat dipahami; tindakan tersebut akan merupakan tindakan yang tidak ada gunanya.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Gal 2:1-10 - Perjalanan Rasul Paulus ke Yerusalem; Keputusan dan Keteguhannya Di dalam pasal ini Rasul Paulus melanjutkan penjelasan yang telah ia mulai pada pasal sebelumnya mengenai hubungan kehidupan serta sikap dan perb...

Matthew Henry: Gal 2:11-21 - Rasul Petrus Ditegur oleh Rasul Paulus Rasul Petrus Ditegur oleh Rasul Paulus (2:11-21) I. Dari penjelasan yang diberikan oleh Rasul Paulus mengenai apa yang terjadi di antara dirin...

SH: Gal 2:1-10 - Gereja sejati mendukung PI (Senin, 6 Juni 2005) Gereja sejati mendukung PI Misi pengabaran Injil adalah tugas gereja. Itu sebabnya, setiap badan misi harus bekerja sama dengan gereja. Sebalikny...

SH: Gal 2:11-21 - Tolak standar ganda! (Selasa, 7 Juni 2005) Tolak standar ganda! Joni adalah salah seorang simpatisan Kristen yang akhirnya menolak untuk dibaptiskan karena melihat kelakuan dari seorang ...

Utley: Gal 2:1-10 - --NASKAH NASB (UPDATED): Gal 2:1-101 Kemudian setelah lewat empat belas tahun, aku pergi pula ke Yerusalem dengan Barnabas dan Tituspun kubawa juga. 2 A...

Utley: Gal 2:11-21 - --NASKAH NASB (UPDATED): Gal 2:11-2111 Tetapi waktu Kefas datang ke Antiokhia, aku berterang-terang menentangnya, sebab ia salah. 12 Karena sebelum bebe...

Galilah: Gal 2:1-10 - Injil Anugerah Didukung oleh Para Rasul Galatia 2:1-10 Sub Tema: Injil Anugerah Didukung oleh Para Rasul Kemudian, setelah lewat empat belas tahun, saya naik lagi ke Yerusalem dengan Barna...

Galilah: Gal 2:11-14 - Pengalaman Paulus Membela Injil Anugerah Galatia 2:11-14 Sub Tema: Pengalaman Paulus Membela Injil Anugerah Tetapi waktu Kefas datang ke Antiokhia, saya menentang bertatap muka dengan dia ...

Galilah: Gal 2:15-21 - Injil Anugerah Diringkas Galatia 2:15-21 Sub Tema: Injil Anugerah Diringkas Menurut kelahiran, kita adalah orang Yahudi dan bukan “orang kafir yang berdosa”, namun kita ...

Topik Teologia: Gal 2:4 - -- Dosa Deskripsi tentang Dosa-dosa dan Pendosa Pengudusan Pekerjaan Allah di dalam Pengudusan Kita Pengudusan dan Anak Kita ...

Topik Teologia: Gal 2:5 - -- Gereja Masalah-masalah Yang Dihadapi Gereja Masalah Teologis dalam Gereja Kesalahan-kesalahan Doktrinal Legalisme (Agama...

Topik Teologia: Gal 2:7 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama dan Alam Tanggung Jawab Terhadap Sesama Tugas Terhadap Orang Lain Pada Umumnya atau Terh...

Topik Teologia: Gal 2:9 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Unsur-unsur Pembentuk Keindividualitas Manusia Bagian dari Tubuh Manusia sebagai Aspek Moral Kemanusiaan ...

Topik Teologia: Gal 2:10 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama dan Alam Tanggung Jawab Terhadap Sesama Menyenangkan Orang Lain (Altruisme) 1Ko 10:24 ...

Topik Teologia: Gal 2:11 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia sebagai Suatu Kesatuan Hidup Keutuhan Manusia Direpresentasikan oleh Wajah Kej 32:30 Kej 33:1...

Topik Teologia: Gal 2:13 - -- Dosa Dosa-dosa Terhadap Sesama Dosa-dosa Penipuan Kemunafikan Ayu 17:1-9 Maz 5:10 Maz 26:4 Maz 50:16-23 Yes 29:13 Yes...

Topik Teologia: Gal 2:14 - -- Keselamatan Iman yang Menyelamatkan Hubungan Iman yang Menyelamatkan dengan Perbuatan Keselamatan adalah oleh Iman, Bukan Perbuata...

Topik Teologia: Gal 2:15 - -- Keselamatan Iman yang Menyelamatkan Hubungan Iman yang Menyelamatkan dengan Perbuatan Keselamatan adalah oleh Iman, Bukan Perbuata...

Topik Teologia: Gal 2:16 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Keselamatan Keselamatan adalah Bukan Atas Dasar Perbuatan Kit...

Topik Teologia: Gal 2:17 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Keselamatan Keselamatan adalah oleh Iman, Bukan Perbuatan Yoh 5:24 Kis 13:38-39 Rom 3:2...

Topik Teologia: Gal 2:18 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Klaim Perjanjian Baru atas Keilahian Yesus Yesus Disejajarkan dengan Allah Kita Harus Pe...

Topik Teologia: Gal 2:20 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Umat Manusia Pada Umumnya Unsur-unsur Pembentuk Keindividualitas Manusia Kedagingan Manusia (Human...

Topik Teologia: Gal 2:21 - -- Keselamatan Keselamatan adalah Bukan Atas Dasar Perbuatan Kita Kis 15:7-11 Rom 3:28 Rom 4:1-16,25 Rom 9:30-33 Rom 11:2,5-6 Gal 2:16...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Galatia (Pendahuluan Kitab) Penulis : Paulus Tema : Keselamatan Karena Kasih Karunia oleh Iman Tanggal Penulisan: Sekitar 49 TM Latar Belakang Paulus menu...

Full Life: Galatia (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (Gal 1:1-10) A. Salam (Gal 1:1-5) B. Keheranan Karena Jemaat Galatia Meninggalkan I...

Matthew Henry: Galatia (Pendahuluan Kitab) Surat Paulus ini tidak ditujukan kepada satu atau banyak jemaat di suatu kota, seperti beberapa surat lain, melainkan kepada jemaat-jemaat di sua...

Galilah: Galatia (Garis Besar) Bibliografi Arichea, D. C., & Nida, E. A. A handbook on Paul’s letter to the Galatians. New York: United Bible Societies. 1976. Bruce, F....

Galilah: Galatia (Pendahuluan Kitab) GALILAH Surat Galatia Simon Pyatt M.Th Galilah – Tafsiran Galatia Oleh: Simon Pyatt Copyright © 2014 - 2019 Simon M C Pyatt Diterbit...

Galilah: Galatia (Pendahuluan Kitab) Pendahuluan Galatia Sangat jelas bahwa penulis dari surat Galatia ini adalah Paulus sendiri. Kita tidak perlu kembali melihat siapkah dia dari Fi...

Jerusalem: Galatia (Pendahuluan Kitab) SURAT-SURAT PAULUS PENGANTAR Kronologi kehidupan Paulus Dengan menggunakan Kisah Para Rasul dan surat-surat Paulus, maka tokoh ini lebih kita kenal da...

Ende: Galatia (Pendahuluan Kitab) SURAT RASUL PAULUS KEPADA UMAT-UMAT GALATIA KATA PENGANTAR Pada perdjalanan pertama (Kis. Ras. 15:2-14:28) Paulus dan Barnabas mendjeladjah Siprus, la...

Wycliffe: Galatia (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN GALATIA Alasan Penulisan. Jemaat-jemaat di Galatia didirikan sebagai hasil dari usaha pemberitaan Injil yang dilakukan Paulus. Oleh karen...

Wycliffe: Galatia (Garis Besar) GARIS BESAR GALATIA I. Pendahuluan (1:1-9) A. Salam. (1:1-5) B. Tema Surat Ini (1:6-9) II. Paulus Membela Kerasula...

BIS: Galatia (Pendahuluan Kitab) SURAT PAULUS KEPADA JEMAAT-JEMAAT DI GALATIA PENGANTAR Setelah Kabar Baik tentang Yesus mulai diberitakan dan diterima di antara orang-orang bukan Y

SURAT PAULUS KEPADA JEMAAT-JEMAAT DI GALATIA

PENGANTAR

Setelah Kabar Baik tentang Yesus mulai diberitakan dan diterima di antara orang-orang bukan Yahudi, timbullah pertanyaan apakah untuk menjadi seorang Kristen yang sejati orang harus mentaati hukum agama Yahudi. Paulus mengemukakan bahwa hal itu tidak perlu -- bahwa sesungguhnya satu-satunya dasar yang baik untuk kehidupan Kristen adalah percaya kepada Kristus. Dengan kepercayaan itu hubungan manusia dengan Allah menjadi baik kembali. Tetapi orang-orang yang menentang Paulus telah datang ke jemaat-jemaat di Galatia, yaitu sebuah provinsi Roma di Asia Kecil. Mereka berpendapat bahwa untuk berbaik kembali dengan Allah, orang harus melaksanakan hukum agama Yahudi.

Surat Paulus Kepada Jemaat-jemaat di Galatia ini ditulis untuk menolong orang-orang yang telah disesatkan oleh ajaran-ajaran salah itu, supaya mereka kembali taat kepada ajaran yang benar. Paulus mulai dengan mengatakan bahwa ia berhak disebut rasul Yesus Kristus. Dengan tegas Paulus mengatakan bahwa panggilannya untuk menjadi rasul berasal dari Allah, bukan dari manusia. Juga bahwa tugasnya ditujukan terutama sekali kepada orang bukan Yahudi (pasal 1-2 Gal 1:1-2:21). Setelah itu Paulus membentangkan pendiriannya bahwa hubungan manusia dengan Allah menjadi baik kembali hanya melalui percaya kepada Allah (pasal 3-4 Gal 3:1-4:31). Di dalam pasal-pasal terakhir buku ini (pasal 5-6 Gal 5:1-6:18), Paulus menunjukkan bahwa cinta kasih yang timbul pada diri orang Kristen karena ia percaya kepada Kristus, akan dengan sendirinya menyebabkan orang itu melakukan perbuatan-perbuatan Kristen.

Isi

  1.  Pendahuluan
    Gal 1:1-10
  2.  Hak Paulus sebagai rasul
    Gal 1:11-2:21
  3.  Kabar Baik tentang rahmat Allah
    Gal 3:1-4:31
  4.  Kebebasan dan kewajiban orang Kristen
    Gal 5:1-6:10
  5.  Penutup
    Gal 6:11-18

Ajaran: Galatia (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti bahwa hidup sebagai orang Kristen bukanlah hidup yang di bawah atau diperintah Hukum Taurat. Pendahuluan

Tujuan

Supaya orang-orang Kristen mengerti bahwa hidup sebagai orang Kristen bukanlah hidup yang di bawah atau diperintah Hukum Taurat.

Pendahuluan

Penulis : Rasul Paulus.

Tahun : Sekitar tahun 49 sesudah Masehi.

Penerima : Jemaat Kristen di kota Galatia. (Dan juga setiap orang Kristen/jemaat Kristen di seluruh dunia). Keadaan mereka sedang dibingungkan oleh orang-orang yang menjelek-jelekkan dan memfitnah Rasul Paulus; mereka juga mengajarkan Injil lain (ajaran sesat).

Isi Kitab: Kitab Galatia terbagi atas 6 pasal. Di dalamnya kita dapat melihat dengan jelas uraian Rasul Paulus, bahwa orang-orang Kristen hidup oleh iman, bukan oleh hukum, serta buah kehidupan Kristen timbul dari Roh, bukan dari daging.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Galatia

  1. Pasal 1 (Gal 1:1-10).

    Pengajaran tentang Injil yang benar

    Dalam nats ini Rasul Paulus mengatakan bahwa hanya ada satu Injil di dunia ini, yaitu Injil Yesus Kristus.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Gal 1:8-9. _Tanyakan_: Apa akibatnya bagi orang yang memberitakan Injil yang tidak benar?
  2. Pasal 1-2 (Gal 1:11-2:21).

    Pengajaran tentang riwayat hidup Rasul Paulus dan kerasulannya Dalam bagian ini, Rasul Paulus menceritakan siapa dirinya sebelum menjadi Rasul dan sesudah menjadi Rasul.

  3. Pasal 3-4 (Gal 3:1-4:31).

    Pengajaran tentang arti Injil Kristus yang benar

    Dalam pasal-pasal ini Rasul Paulus menjelaskan bahwa Yesus Kristus adalah penggenapan atas janji Allah kepada Abraham sebagai Bapa orang beriman dalam arti menjadi anak-anak Allah karena penebusan Tuhan Yesus.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Gal 3:6. _Tanyakan_: Mengapa Abraham dibenarkan Allah?
    2. Bacalah pasal Gal 3:26-27. _Tanyakan_: Apakah yang menjadikan orang-orang Kristen anak-anak Allah?
  4. Pasal 5-6 (Gal 5:1-6:18).

    Pengajaran tentang orang-orang Kristen hidup dalam kemerdekaan dari hukum Taurat

    Dalam bagian ini Rasul Paulus menjelaskan bahwa bila Yesus Kristus sudah membebaskan orang percaya dari Hukum Taurat, mengapa harus memberikan diri hidup di dalam perhambaan Hukum Taurat lagi.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Gal 5:1-6,13-26. _Tanyakan_: Apakah yang terpenting bagi seorang Kristen? (lihat ayat 6; Gal 5:6). Bagaimanakah orang Kristen mempergunakan kemerdekaannya? (ayat 13-15; Gal 5:13-15). Apakah yang dikatakan tentang buah-buah daging? (Gal 5:19-21). Apakah yang dikatakan tentang buah-buah Roh? (Gal 5:22).
    2. Bacalah pasal Gal 6:11. _Tanyakan_: Apakah yang dihasilkan perbuatan manusia? Bagaimanakah perintah Allah tentang sikap orang Kriste terhadap sesamanya?

II. Kesimpulan

Melalui Kitab Galatia ini, jelaslah kita lihat bahwa orang Kristen tidak berada di bawah Hukum Taurat lagi. Orang Kristen sudah merdeka dari perhambaan Hukum Taurat, sebab Injil Yesus Kristus lebih berkuasa daripada Hukum Taurat. Tetapi walaupun demikian orang Kristen tidaklah boleh mempergunakan kemerdekaannya itu dengan sembarangan.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah yang menulis Kitab Galatia?
  2. Apakah isi pengajaran Kitab Galatia?
  3. Apakah arti kemerdekaan bagi orang Kristen?
  4. Mengapakah orang Kristen tidak berada di bawah perhambaan hukum Taurat?

Intisari: Galatia (Pendahuluan Kitab) Sepucuk surat tentang Injil yang sejati MENGAPA SURAT INI DITULIS.Paulus menulis surat yang sangat penting ini, karena orang-orang Kristen di Galatia

Sepucuk surat tentang Injil yang sejati

MENGAPA SURAT INI DITULIS.
Paulus menulis surat yang sangat penting ini, karena orang-orang Kristen di Galatia telah menyimpang dari pengertian yang benar tentang iman Kristen (Gal 1:6). Mereka dibingungkan oleh orang Kristen keturunan Yahudi yang ingin membebani mereka dengan kebiasaan sunat dan dengan menaati hukum-hukum Yahudi lainnya (Gal 3:1) yang mengatakan bahwa hanya dengan jalan ini mereka dapat menikmati hubungan istimewa dengan Allah. Paulus sangat yakin jika mereka bersandar pada hukum Yahudi dalam hubungan mereka dengan Allah, berarti mereka menyangkal inti Injil, yaitu bahwa hubungan Allah dengan manusia bergantung pada iman, bukan pada perbuatan. Dalam surat ini Paulus menjelaskan hubungannya dengan gereja di Yerusalem. Ia juga menerangkan tentang sifat kebebasan Kristen yang timbul apabila orang Kristen beriman terhadap Kristus dan bukan mencoba untuk menyenangkan Allah melalui ketaatan kepada hukum Taurat.

PENULIS DAN PEMBACANYA.

1. Penulis: Surat Galatia ditulis oleh Rasul Paulus (Gal 1:1), berisi inti ajaran tentang iman. Argumentasinya yang kuat mengungkapkan kepribadiannya dan menunjukkan bahwa ia adalah seorang pengkhotbah dan orang yang tidak takut untuk berpendirian. Surat ini memberikan kepada kita gambaran rinci mengenai kehidupannya yang tidak disebut dalam tulisannya yang lain.

2. Pembacanya: Paulus telah berkhotbah kepada pembacanya (Gal 1:8, 9; 4:13) dan mereka menikmati hubungan yang akrab (Gal 4:15). Beberapa orang mengatakan bahwa ia menulis kepada orang Kristen di Galatia Utara (Asia Kecil) yang berbangsa Gaul, yang dikunjungi oleh Paulus dalam perjalanan misionarisnya yang kedua. Tetapi, ada juga yang mengatakan bahwa ia menulis untuk orang di propinsi Galatia Selatan yang dikuasai orang Romawi (termasuk Antiokhia, Ikonum, Derbe dan Listra) yang telah dikunjungi oleh Paulus pada perjalanan misionarisnya yang pertama.

WAKTU PENULISAN.
Kapan surat ini ditulis tergantung pada kepada siapa surat ini ditulis. Kebanyakan orang percaya bahwa surat ini ditulis untuk Galatia Selatan dan ini berarti bahwa surat ini ditulis pada sekitar tahun 48 M. Jika surat ini untuk Galatia Utara maka ditulis lebih belakang, tetapi ini masih termasuk dalam surat-surat yang paling awal dalam Perjanjian Baru.

CIRI-CIRI KHUSUS.
1. Surat ini merupakan surat perjuangan. Paulus menolak untuk berkompromi, ia menulis dalam bahasa yang keras untuk mendukung tema utamanya dengan memakai berbagai argumentasi yang berbeda.
2. Surat ini merupakan surat kasih, karena ditulis dengan penuh perhatian dan kekuatiran dari seorang gembala yang besar.
3. Surat ini singkat, dianggap 'sebuah garis besar' dari surat Roma yang pesannya sama, namun dikembangkan lebih luas dan ditujukan bagi situasi yang tidak terlalu buruk.
4. Surat ini merupakan surat yang memberi kesan yang dalam dan berisi ajaran-ajaran yang mudah diingat, misalnya Gal 2:20; 5:1, 5:22, 23; 6:14.

Pesan

1. Hukum Taurat merupakan jalan buntu.
Keprihatinan utama Paulus ialah untuk menunjukkan bahwa manusia tidak mungkin
dibenarkan di hadapan Allah melalui perbuatan baik atau menaati hukum Taurat.
Hukum Taurat:
o Tidak membenarkan manusia di hadapan Allah. Gal 2:16
o Bertentangan dengan cara Kristus. Gal 2:19;5:4
o Tidak dapat memberikan Roh Kudus. Gal 3:2, 5; 5:18
o Hanya menghasilkan kutuk. Gal 3:10-14
o Merupakan interupsi sementara dalam rencana jangka panjang Allah. Gal 3:17
o Mempunyai suatu maksud. Gal 3:21-29
o Membebankan tuntutan kepada manusia. Gal 5:3
o Mudah diringkas. Gal 5:14

2. Iman merupakan jalan satu-satunya kepada Allah.
Tujuan utama Kristus adalah untuk membuat supaya iman merupakan jalan satu-satunya kepada Allah.
o Iman membenarkan manusia di hadapan Allah. Gal 2:16; 3:11
o Kristen harus terus melatih iman. Gal 2:20;3:3
o Roh Kudus datang melalui iman. Gal 3:2, 5,14
o Sejarah panjang dari iman. Gal 3:6-9
o Akibat kedatangan iman. Gal 3:22-26
o Cara iman memperlihatkan dirinya. Gal 5:6
o Kristen membentuk'kekeluargaan dalam iman'. Gal 6:10

3. Yesus berarti kemerdekaan.
o Yesus membawa kemerdekaan dari penindasan hukum Taurat. Gal 3:1-4:7
o Tradisi besar kemerdekaan. Gal 4:21-31
o Kemerdekaan perlu dijaga. Gal 5:1
o Cara yang benar dan salah untuk menyatakan kemerdekaan. Gal 5:13-6:10

Penerapan

Masalah sunat bukan lagi menjadi bahan perdebatan yang hangat dewasa ini, tetapi pesan Paulus masih relevan:

1. Bagi orang Kristen legalls.
Banyak orang masih berpendapat bahwa kemampuan seseorang untuk dapat dibenarkan di hadapan Allah bergantung kepada berapa banyak peraturan yang ditaatinya dan seberapa terhormatnya dia. Paulus menunjukkan bahwa yang penting adalah iman, bukan perbuatan.

2. Bagi orang Kristen yang prinsip hidupnya kendur.
Kemerdekaan yang dibawa oleh Kristus tidak berarti bahwa seorang Kristen boleh bertindak semaunya. Hidupnya tidak boleh didasari oleh keinginan untuk memuaskan diri sendiri dan hawa nafsunya. Ia mempunyai tanggung jawab baru untuk menyatakan buah Roh di dalam sifat, tingkah laku dan hubungan-hubungannya dengan orang lain.

Surat ini juga mengajar kepada kita tentang dua masalah penting lainnya:

1. Tentang doktrin Kristen.
Gereja tidak mempunyai wewenang untuk mempercayai apa saja yang disukainya atau secara bebas menentukan doktrinnya sendiri. Kebenaran Kristen sudah diungkapkan oleh Allah dan tidak dapat diganggu gugat. Paulus menekankan bahwa mempercayai sesuatu yang berbeda dengan apa yang telah Allah ungkapkan itu berbahaya, karena hal itu bukan saja tidak benar tetapi juga akan membawa kepada penghukuman. Kebenaran itu sudah diatur oleh para rasul dan juga dalam Galatia, Paulus menekankan mengenai wewenang kerasulannya.

2. Tentang kesatuan Alkitab.
Banyak orang percaya bahwa hanya terdapat sedikit hubungan antara Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru dan mereka berbicara tentang dua Allah dengan dua tuntutan berbeda terhadap manusia. Paulus menunjukkan bahwa Allah hanya satu dan terdapat suatu kesatuan dalam seluruh isi Alkitab.

Tema-tema Kunci

Selain satu pesan utama Paulus, terdapat pemikiran-pemikiran lainnya.

1. Daging.
Paulus menggunakan kata ini dalam beberapa cara yang berbeda. Sebutkan! Gal 1:16; 2:20; 3:3; 4:23, 29; 5:13, 16, 17, 19, 24; 6:8, 12, 13.

2. Perhambaan.
Demikianlah Paulus menggambarkan keadaan manusia sebelum mereka menjadi Kristen. Apa masalahnya sekarang? Gal 4:8; 2:4.

3. Salib.
Untuk kebanyakan orang salib merupakan gangguan (Gal 5:11; 6:12) tetapi untuk Paulus salib merupakan alasan untuk bermegah (Gal 6:14). Apalagi hal lainnya yang ditulisnya tentang kematian Yesus?

4. Anak Allah.
Ini merupakan gambaran dari seorang Kristen yang paling disukainya. Panggilan itu merupakan kebalikan dari menjadi seorang hamba. Bagaimana Paulus menggambarkan hak-hak istimewa menjadi seorang anak Allah? Gal 3:7, 26; 4:5, 6, 22.

5. Roh Kudus.
Galatia penuh dengan referensi tentang Roh Kudus. Carilah dalam ayat-ayat di bawah ini dan kelompokkan ayat-ayat itu di bawah tema-tema pokok dalam ajaran Paulus mengenai Roh Kudus.

Tema-tema itu adalah: menerima Roh; menghasilkan buah-buah Roh; berjalan dan hidup dalam Roh. Gal 3:2, 3, 5, 14; 4:6; 5:16, 17, 18, 22, 25; 6:1, 8, 18.

Garis Besar Intisari: Galatia (Pendahuluan Kitab) [1] PAULUS MEMBERI SALAM KEPADA PARA PEMBACANYA Gal 1:1-5 Gal 1:1-2Rasul dan para pembacanya Gal 1:3-5Salam Paulus [2] PAULUS MENYATAKAN TUJ

[1] PAULUS MEMBERI SALAM KEPADA PARA PEMBACANYA Gal 1:1-5

Gal 1:1-2Rasul dan para pembacanya
Gal 1:3-5Salam Paulus

[2] PAULUS MENYATAKAN TUJUANNYA Gal 1:6-10

Gal 1:6Keprihatinannya
Gal 1:7-9Keyakinannya
Gal 1:10Motivasinya

[3] PAULUS MENERANGKAN KESAKSIANNYA DENGAN SINGKAT Gal 1:11-2:21

Gal 1:11-12Sumber ajarannya
Gal 1:13-17Kisah panggilannya
Gal 1:18-2:10Hubungannya dengan Yerusalem
Gal 2:11-14Perdebatannya dengan Petrus
Gal 2:15-21Pengertiannya tentang Injil

[4] PAULUS MENGEMBANGKAN ARGUMENTASINYA Gal 3:1-4:31

Gal 3:1-5Pengalaman orang Galatia
Gal 3:6-9Contoh dari Abraham
Gal 3:10-14Kutuk hukum Taurat
Gal 3:15-18Keuntungan dari janji hukum Taurat
Gal 3:19-29Maksud hukum Taurat
Gal 4:1-11Sifat Keanakan
Gal 4:12-20Imbauan pribadi
Gal 4:21-31Dua macam 'anak'

[5] PAULUS MENJELASKAN TENTANG KEMERDEKAAN KRISTEN Gal 5:1-6:10

Gal 5:1Jangan mau lagi diperhamba
Gal 5:2-6Bebas dari sunat
Gal 5:7-12Imbauan pribadi lainnya Bagaimana menggunakan kemerdekaan: kasih
Gal 5:16-21Apa yang bukan kemerdekaan
Gal 5:22-24Apa kemerdekaan itu
Gal 5:25-6:10Kemerdekaan dan hubungan hubungan kita

[6] PAULUS MENANDATANGANI SURATNYA

Gal 6:11-15Paulus menggarisbawahi pokok ajarannya
Gal 6:16-18Salam penutup
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #12: Klik ikon untuk membuka halaman teks alkitab saja. [SEMUA]
dibuat dalam 1.27 detik
dipersembahkan oleh YLSA