kecilkan semua  

Teks -- 2 Tawarikh 35:1-27 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Yosia merayakan Paskah
35:1 Kemudian Yosia merayakan Paskah bagi TUHAN di Yerusalem. Domba Paskah disembelih pada tanggal empat belas bulan yang pertama. 35:2 Ia menetapkan tugas para imam, dan mendorong mereka menunaikan tugas jabatannya dalam rumah TUHAN. 35:3 Berkatalah ia kepada orang-orang Lewi yang adalah pengajar seluruh Israel dan orang-orang kudus TUHAN: "Tempatkanlah tabut kudus itu di dalam rumah yang telah didirikan Salomo bin Daud, raja Israel. Tidak usah lagi kamu mengusungnya. Sekarang layanilah TUHAN, Allahmu, dan Israel, umat-Nya! 35:4 Bersiaplah menurut puak-puakmu dan menurut rombonganmu sebagaimana yang dituliskan Daud, raja Israel, dan Salomo, anaknya. 35:5 Berdirilah di halaman tempat kudus menurut golongan puak saudara-saudaramu yang lain, yakni kaum awam, dengan satu rombongan puak orang Lewi untuk tiap golongan saudara-saudaramu itu. 35:6 Sembelihlah domba Paskah, kuduskanlah dirimu, dan adakanlah persiapan bagi saudara-saudaramu, supaya dilakukan apa yang difirmankan TUHAN dengan perantaraan Musa." 35:7 Yosia menyumbangkan kepada kaum awam sejumlah tiga puluh ribu ekor kambing domba, yakni domba-domba dan kambing-kambing jantan yang muda, semuanya sebagai korban Paskah bagi semua orang yang hadir. Selain itu disumbangkannya tiga ribu ekor lembu. Semuanya itu dari harta milik raja. 35:8 Juga para panglimanya memberi sumbangan sukarela kepada rakyat, para imam, dan orang-orang Lewi. Kemudian Hilkia, Zakharia dan Yehiel, para pemuka rumah Allah, memberi kepada para imam dua ribu enam ratus ekor kambing domba sebagai korban Paskah dan selain itu tiga ratus ekor lembu. 35:9 Lalu Konanya dan kedua saudaranya, Semaya dan Netaneel, serta Hasabya, Yeiel dan Yozabad, para pemimpin orang-orang Lewi, menyumbangkan kepada orang-orang Lewi lima ribu ekor kambing domba sebagai korban Paskah dan selain itu lima ratus ekor lembu. 35:10 Setelah upacara ibadah disiapkan, berdirilah para imam pada tempatnya dan orang-orang Lewi menurut rombongannya sesuai dengan perintah raja. 35:11 Maka disembelihlah domba Paskah, dan para imam menyiramkan darah yang mereka terima dari orang-orang Lewi, sedang orang-orang Lewi menguliti domba itu. 35:12 Tetapi mereka memisahkan korban bakaran untuk diserahkan kepada kaum awam menurut golongan puak mereka, supaya dipersembahkan kepada TUHAN sebagaimana tertulis dalam kitab Musa. Demikian pula dilakukan mereka dengan lembu-lembu. 35:13 Kemudian mereka memasak domba Paskah di atas api sesuai dengan peraturan, sedang persembahan-persembahan kudus mereka masak dalam kuali, belanga dan pinggan, lalu membawanya cepat-cepat kepada segenap kaum awam. 35:14 Kemudian mereka menyediakannya bagi dirinya dan bagi para imam, karena para imam, yakni anak-anak Harun, sampai malam hari sibuk mempersembahkan korban bakaran dan segala lemak. Oleh sebab itu orang-orang Lewi menyediakannya bagi dirinya dan bagi para imam, yakni anak-anak Harun. 35:15 Para penyanyi, yakni bani Asaf, ada pada tempat mereka sesuai dengan perintah Daud, Asaf, Heman dan Yedutun, pelihat raja itu; juga para penunggu pintu gerbang ada pada tiap-tiap pintu gerbang. Mereka tidak usah meninggalkan tugas mereka, karena saudara-saudara mereka, orang-orang Lewi, menyediakannya untuk mereka. 35:16 Demikianlah seluruh upacara ibadah bagi TUHAN disiapkan pada hari itu untuk merayakan Paskah dan untuk mempersembahkan korban bakaran di atas mezbah TUHAN sesuai dengan perintah raja Yosia. 35:17 Pada waktu itu orang Israel yang hadir di situ merayakan Paskah dan hari raya Roti Tidak Beragi selama tujuh hari. 35:18 Paskah semacam itu tidak pernah lagi dirayakan di Israel sejak nabi Samuel. Seorangpun di antara raja-raja orang Israel tidak pernah merayakan Paskah seperti yang dirayakan Yosia dengan para imam dan orang-orang Lewi, dengan seluruh orang Yehuda dan Israel yang dapat hadir, dan dengan penduduk Yerusalem. 35:19 Paskah itu dirayakan pada tahun kedelapan belas pemerintahan Yosia.
Yosia dibunuh oleh Nekho
35:20 Kemudian dari pada semua ini, setelah Yosia memperbaiki rumah TUHAN, majulah Nekho, raja Mesir, hendak berperang di Karkemis di tepi sungai Efrat. Yosia keluar menghadapinya. 35:21 Ia mengirim utusan kepada Yosia, dengan pesan: "Apakah urusanmu dengan aku, raja Yehuda? Saat ini aku tidak datang melawan engkau, tetapi melawan keluarga raja yang sedang kuperangi. Allah memerintahkan aku supaya segera bertindak. Hentikanlah niatmu menentang Allah yang menyertai aku, supaya engkau jangan dimusnahkan-Nya!" 35:22 Tetapi Yosia tidak berpaling dari padanya, melainkan menyamar untuk berperang melawan dia. Ia tidak mengindahkan kata-kata Nekho, yang merupakan pesan Allah, lalu berperang di lembah Megido. 35:23 Maka pemanah-pemanah menembaki raja Yosia, dan raja berseru kepada orang-orangnya: "Bawa aku dari sini, karena aku luka parah!" 35:24 Orang-orangnya mengangkatnya dari keretanya, lalu mengangkutnya dengan kereta cadangannya lalu membawanya ke Yerusalem. Kemudian matilah ia, lalu dikuburkan di pekuburan nenek moyangnya. Seluruh Yehuda dan Yerusalem berkabung karena Yosia. 35:25 Yeremia membuat suatu syair ratapan mengenai Yosia. Dan sampai sekarang ini semua penyanyi laki-laki dan penyanyi perempuan menyanyikan syair-syair ratapan mengenai Yosia, dan mereka jadikan itu suatu kebiasaan di Israel. Semuanya itu tertulis dalam Syair-syair Ratapan. 35:26 Selebihnya dari riwayat Yosia dan perbuatan-perbuatannya yang saleh yang sesuai dengan yang ada tertulis dalam Taurat TUHAN, 35:27 yakni, riwayatnya dari awal sampai akhir, sesungguhnya semuanya itu tertulis dalam kitab raja-raja Israel dan Yehuda.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · anak-anak Lewi members of the tribe of Levi
 · Asaf father of Joah, Hezekiah's recorder,son of Berechiah the Levite; music minister under David,father of Zichri; a Levite ancestor of some returnees,an official over the (Persian) king's forest in Judah
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · bani Lewi members of the tribe of Levi
 · Daud a son of Jesse of Judah; king of Israel,son of Jesse of Judah; king of Israel
 · Efrat a large river which joins the Tigris river before flowing into the Persian Gulf,a river flowing from eastern Turkey to the Persian Gulf
 · Harun a son of Amram; brother of Moses,son of Amram (Kohath Levi); patriarch of Israel's priests,the clan or priestly line founded by Aaron
 · Hasabya son of Amaziah of Levi; father of Malluch,a Merari Levite whose descendants returned from exile,son of Jeduthun the Levite leader under Jeduthun and King David,overseer of King David's work west of the Jordan River,son of Kemuel; David's chief officer over the Levites,a chief officer of the house of God in Josiah's time,a Levite descendant of Merari who led recruits to Ezra,a layman of the Parosh clan who put away his heathen wife,ruler of Keilah who helped repair the walls of Jerusalem,son of Henadad, a Levite who contracted to obey God's law,son of Bunni of Levi,son of Mattaniah of Asaph of Levi,priest and head of the house of Hilkiah,a chief of the Levites in Nehemiah's time
 · Hilkia father of Eliakim who was head of King Hezekiah's household,a high priest; son of Shalum /Meshulam,son of Amzi of Levi; forefather of returned exiles,son of Hosah; a Levite gatekeeper,priest leader of some who returned from exile with Zerubbabel,a man of Anathoth; father of the prophet Jeremiah
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Karkemis a town on the Euphrates River belonging to the Arameans
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · kaum-kaum Lewi members of the tribe of Levi
 · kaum-kaum suku Lewi members of the tribe of Levi
 · Lewi relating to Levi and the priesthood given to him,a tribal name describing people and ceremonies as sacred
 · Megido a town and a plain of Manasseh
 · Mesir descendants of Mizraim
 · Musa a son of Amram; the Levite who led Israel out of Egypt and gave them The Law of Moses,a Levite who led Israel out of Egypt and gave them the law
 · negeri Megido a town and a plain of Manasseh
 · Netaneel son of Zuar; Moses' officer over the tribe of Issachar,son of Jesse of Judah; brother of David,a priest in David's time,a Levite and father of the scribe Shemaiah in David's time,son of Obed-Edom; a Levite gatekeeper,a prince King Jehoshaphat sent to teach the law around Judah,a chief officer of the house of God in Josiah's time,a priest of the Pashhur Clan who put away his heathen wife,a priest and head of the house of Jedaiah under Joiakim,a Levite musician who helped dedicate Nehemiah's wall
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang Lewi member of the tribe of Levi
 · orang-orang dari bani Lewi members of the tribe of Levi
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Lewi members of the tribe of Levi
 · Orang-orang suku Lewi members of the tribe of Levi
 · para orang Lewi members of the tribe of Levi
 · penduduk Megido a town and a plain of Manasseh
 · salah seorang Lewi members of the tribe of Levi


Topik/Tema Kamus: Yosia | Raja | Hari Raya | Orang Lewi | Neko | Imam | Raya, Perayaan Paskah | Anak Domba | Nekho | Karkemis | Penyanyi Pengembara | Tutup, Tutup Perdamaian | Teladan, Gambaran Dari Anak Domba Paskah | Tabut Perjanjian | Musik | Asaf | Hukum, Hukum Musa | Kambing | Lembah | Nabi | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
SH

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: 2Taw 35:1 - YOSIA MERAYAKAN PASKAH. Nas : 2Taw 35:1 Lihat art. PASKAH.

Nas : 2Taw 35:1

Lihat art. PASKAH.

Full Life: 2Taw 35:22 - TIDAK MENGINDAHKAN KATA-KATA NEKHO, YANG MERUPAKAN PESAN ALLAH. Nas : 2Taw 35:22 Operasi militer Nekho menentang kekuatan Babel yang mulai menguasai dunia adalah dari Tuhan. Yosia, sekalipun ia seorang benar, ga...

Nas : 2Taw 35:22

Operasi militer Nekho menentang kekuatan Babel yang mulai menguasai dunia adalah dari Tuhan. Yosia, sekalipun ia seorang benar, gagal untuk memahami kehendak Allah dalam hal ini sehingga berusaha menghalangi tentara Nekho. Kegagalan Yosia untuk mencari kehendak dan maksud Allah dibayar dengan kematiannya.

Jerusalem: 2Taw 35:1 - Paskah Bdk Kel 12:1.

Bdk Kel 12:1.

Jerusalem: 2Taw 35:2 - Ia menetapkan tugas para imam Harafiah: Ia menetapkan para imam atas (dalam) tugas mereka. Maksudnya: Yosia sehingga kembali menunaikan tugasnya. Ini perlu supaya Paskah dapat dira...

Harafiah: Ia menetapkan para imam atas (dalam) tugas mereka. Maksudnya: Yosia sehingga kembali menunaikan tugasnya. Ini perlu supaya Paskah dapat dirayakan semestinya. Hal yang sama terjadi di masa pemerintahan raja Hizkia, bdk 2Ta 31:2 dst. Pemulihan oleh Yosia itu terjadi sesuai dengan apa yang dikatakan sudah ditetapkan oleh raja Daud. Sebagaimana lazim si Muwarikh memberi perhatian khusus kepada kaum Lewi.

Jerusalem: 2Taw 35:3 - yang adalah pengajar seluruh Israel Harafiah: yang berpengertian bagi seluruh Israel. Adapun "pengertian" adalah sebuah gagasan dari sastera hikmat. Artinya ialah: pengertian tepat menge...

Harafiah: yang berpengertian bagi seluruh Israel. Adapun "pengertian" adalah sebuah gagasan dari sastera hikmat. Artinya ialah: pengertian tepat mengenai hal-hal Allah.

Jerusalem: 2Taw 35:7-18 - -- Dengan panjang lebar dan secara terperinci si Muwarikh berceritera mengenai perayaan Paskah yang hanya tersinggung dalam 2Ra 23:21. Upacara dilangsung...

Dengan panjang lebar dan secara terperinci si Muwarikh berceritera mengenai perayaan Paskah yang hanya tersinggung dalam 2Ra 23:21. Upacara dilangsungkan sesuai dengan tata upacara yang termaktub dalam Ula 16, tetapi ada beberapa tambahan yang agaknya diambil si Muwarikh dari tata upacara yang berlaku di zamannya sendiri. Orang-orang Lewi memegang peranan utama dalam upacara ini. Korban Paskah di sini disertai korban bakaran dan korban-korban keselamatan (bdk lembu-lembu dalam 2Ta 35:7,8,9; lihat 2Ta 35:12,14,16).

Jerusalem: 2Taw 35:11 - orang-orang Lewi menguliti domba itu Menurut Ima 1:6 pekerjaan itu dikerjakan orang awam.

Menurut Ima 1:6 pekerjaan itu dikerjakan orang awam.

Jerusalem: 2Taw 35:13 - persembahan-persembahan kudus Ialah daging korban bakaran dan korban keselamatan.

Ialah daging korban bakaran dan korban keselamatan.

Jerusalem: 2Taw 35:18 - seluruh orang Yerusalem dan Israel Keistimewaan yang baru pada perayaan Paskah oleh Yosia ialah: seluruh umat merayakan di Yerusalem. Ini adalah akibat hukum kitab Ulangan yang hanya me...

Keistimewaan yang baru pada perayaan Paskah oleh Yosia ialah: seluruh umat merayakan di Yerusalem. Ini adalah akibat hukum kitab Ulangan yang hanya mengizinkan satu tempat untuk mempersembahkan korban. Menurut si Muwarikh hukum itu sudah ada pada masa pemerintahan Hizkia, 2Ta 30:15-27. Sebenarnya sepanjang zaman para raja, jadi hingga masa pembuangan, perayaan Paskah sebuah perayaan keluarga. Kalau dalam 2Ta 35:18 ini disebut masa Samuel (2Ra 23:22 menyebut zaman para Hakim), maka maksudnya; menurut si Muwarikh (dan penggubah 2Raja-raja) di zaman itu Paskah sudah dirayakan bersama-sama di salah satu tempat kudus pusat (bait Allah di Yerusalem memang belum ada).

Jerusalem: 2Taw 35:20-27 - -- Rupanya si Muwarikh memakai di sini sebuah sumber lain dari 2Ra 23:29,30. Sumber lain itu lebih terperinci. Nasib malang raja Yosia diartikan sesuai d...

Rupanya si Muwarikh memakai di sini sebuah sumber lain dari 2Ra 23:29,30. Sumber lain itu lebih terperinci. Nasib malang raja Yosia diartikan sesuai dengan teologi si Muwarikh tentang pembalasan, 2Ta 35:22.

Jerusalem: 2Taw 35:22 - melainkan menyamar Bdk 1Ra 22:30. Dalam terjemahan Yunani dengan dengan tepat terbaca: melainkan nekat.

Bdk 1Ra 22:30. Dalam terjemahan Yunani dengan dengan tepat terbaca: melainkan nekat.

Jerusalem: 2Taw 35:25 - syair-syair ratapan Ini bukan kitab Ratapan yang tercantum dalam Alkitab. Yer 22:10 memang menyinggung kematian Yosia, tetapi dalam kitab Ratapan yang dikatakan karangan ...

Ini bukan kitab Ratapan yang tercantum dalam Alkitab. Yer 22:10 memang menyinggung kematian Yosia, tetapi dalam kitab Ratapan yang dikatakan karangan nabi Yeremia tidak ada sesuatu yang khusus mengenai raja Yosia. Karangan yang disebut 2Ta 35:25 ini tidak tersedia lagi.

Ende: 2Taw 35:5-6 - -- Levita2 itu melajani dengan menjembelih serta menjediakan anakdomba paska. Tiap2 kelompok keluarga mendapat kelompok Levita untuk mendjalankan tugasnj...

Levita2 itu melajani dengan menjembelih serta menjediakan anakdomba paska. Tiap2 kelompok keluarga mendapat kelompok Levita untuk mendjalankan tugasnja.

Ende: 2Taw 35:12-13 - -- Ajat2 jang sukar ini boleh diartikan sbb: Sebagian dari anakdomba itu (jang dianggap sebagai kurban bakar) diambil, jakni lemak dan buah pinggang, lal...

Ajat2 jang sukar ini boleh diartikan sbb: Sebagian dari anakdomba itu (jang dianggap sebagai kurban bakar) diambil, jakni lemak dan buah pinggang, lalu dibawa kepada orang jang menjampaikan kurban itu. Kemudian orang itu memberikannja kepada imam untuk dibakar. Dagingnja direbus dan pinggang, lalu dimakan oleh keluarga tertentu.

Ende: 2Taw 35:19-25 - -- Disini diterangkan, mengapa Josjijahu jang saleh itu, gugur dalam perang, hal mana memang suatu hukuman untuk kedjahatan. Jaitu Josjijahu melawan Alla...

Disini diterangkan, mengapa Josjijahu jang saleh itu, gugur dalam perang, hal mana memang suatu hukuman untuk kedjahatan. Jaitu Josjijahu melawan Allah, jang menampakkan kehendakNja dalam maksud dan utjapan radja Mesir, jang disini berlaku sebagai nabi, meskipun ia sendiri tidak tahu.

Ende: 2Taw 35:25 - Lagu ratap ini bukan Lagu Ratap dari Kitab Sutji.

ini bukan Lagu Ratap dari Kitab Sutji.

Endetn: 2Taw 35:4 - sesuai dengan (2x) diperbaiki menurut beberapa naskah Hibrani dan terdjemahan2 kuno. Tertulis: "dalam, atas".

diperbaiki menurut beberapa naskah Hibrani dan terdjemahan2 kuno. Tertulis: "dalam, atas".

Endetn: 2Taw 35:11 - sedikit darah diperbaiki menurut terdjemahan Syriah. Tertulis: "dari tangan mereka".

diperbaiki menurut terdjemahan Syriah. Tertulis: "dari tangan mereka".

Endetn: 2Taw 35:21 - madju diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Tertulis: "engkau".

diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Tertulis: "engkau".

Endetn: 2Taw 35:22 - nekat diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "menjamar" (Ada ahli2 jang mempertahankan kata ini).

diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "menjamar" (Ada ahli2 jang mempertahankan kata ini).

Ref. Silang FULL: 2Taw 35:1 - merayakan Paskah · merayakan Paskah: Kel 12:1-30; Bil 28:16; Bil 28:16

· merayakan Paskah: Kel 12:1-30; Bil 28:16; [Lihat FULL. Bil 28:16]

Ref. Silang FULL: 2Taw 35:3 - adalah pengajar · adalah pengajar: 2Taw 17:7; 2Taw 17:7

· adalah pengajar: 2Taw 17:7; [Lihat FULL. 2Taw 17:7]

Ref. Silang FULL: 2Taw 35:4 - menurut rombonganmu · menurut rombonganmu: 2Taw 35:10; 1Taw 24:1; 1Taw 24:1; Ezr 6:18

· menurut rombonganmu: 2Taw 35:10; 1Taw 24:1; [Lihat FULL. 1Taw 24:1]; Ezr 6:18

Ref. Silang FULL: 2Taw 35:6 - kuduskanlah dirimu · kuduskanlah dirimu: Im 11:44; Im 11:44

· kuduskanlah dirimu: Im 11:44; [Lihat FULL. Im 11:44]

Ref. Silang FULL: 2Taw 35:7 - korban Paskah // harta milik · korban Paskah: 2Taw 30:24; 2Taw 30:24 · harta milik: 2Taw 31:3; 2Taw 31:3

· korban Paskah: 2Taw 30:24; [Lihat FULL. 2Taw 30:24]

· harta milik: 2Taw 31:3; [Lihat FULL. 2Taw 31:3]

Ref. Silang FULL: 2Taw 35:8 - memberi sumbangan // Kemudian Hilkia · memberi sumbangan: 1Taw 29:3; 1Taw 29:3; 2Taw 29:31-36 · Kemudian Hilkia: 1Taw 6:13; 1Taw 6:13

· memberi sumbangan: 1Taw 29:3; [Lihat FULL. 1Taw 29:3]; 2Taw 29:31-36

· Kemudian Hilkia: 1Taw 6:13; [Lihat FULL. 1Taw 6:13]

Ref. Silang FULL: 2Taw 35:9 - Lalu Konanya // dan Yozabad · Lalu Konanya: 2Taw 31:12 · dan Yozabad: 2Taw 31:13

· Lalu Konanya: 2Taw 31:12

· dan Yozabad: 2Taw 31:13

Ref. Silang FULL: 2Taw 35:10 - menurut rombongannya // dengan perintah · menurut rombongannya: 2Taw 35:4; 2Taw 35:4 · dengan perintah: 2Taw 30:16

· menurut rombongannya: 2Taw 35:4; [Lihat FULL. 2Taw 35:4]

· dengan perintah: 2Taw 30:16

Ref. Silang FULL: 2Taw 35:11 - Maka disembelihlah · Maka disembelihlah: 2Taw 30:17; 2Taw 30:17

· Maka disembelihlah: 2Taw 30:17; [Lihat FULL. 2Taw 30:17]

Ref. Silang FULL: 2Taw 35:13 - dengan peraturan · dengan peraturan: Kel 12:2-11

· dengan peraturan: Kel 12:2-11

Ref. Silang FULL: 2Taw 35:14 - segala lemak · segala lemak: Kel 29:13; Kel 29:13

· segala lemak: Kel 29:13; [Lihat FULL. Kel 29:13]

Ref. Silang FULL: 2Taw 35:15 - Para penyanyi · Para penyanyi: 1Taw 25:1; 1Taw 25:1; 1Taw 26:12-19; 1Taw 26:12 s/d 19; 2Taw 29:30; Neh 12:46; Mazm 68:26

· Para penyanyi: 1Taw 25:1; [Lihat FULL. 1Taw 25:1]; 1Taw 26:12-19; [Lihat FULL. 1Taw 26:12] s/d 19; 2Taw 29:30; Neh 12:46; Mazm 68:26

Ref. Silang FULL: 2Taw 35:20 - di Karkemis // sungai Efrat · di Karkemis: Yes 10:9; Yer 46:2 · sungai Efrat: Kej 2:14; Kej 2:14

· di Karkemis: Yes 10:9; Yer 46:2

· sungai Efrat: Kej 2:14; [Lihat FULL. Kej 2:14]

Ref. Silang FULL: 2Taw 35:21 - Allah memerintahkan · Allah memerintahkan: 1Raj 13:18; 1Raj 13:18; 2Raj 18:25; 2Raj 18:25

· Allah memerintahkan: 1Raj 13:18; [Lihat FULL. 1Raj 13:18]; 2Raj 18:25; [Lihat FULL. 2Raj 18:25]

Ref. Silang FULL: 2Taw 35:22 - melainkan menyamar · melainkan menyamar: 1Sam 28:8; 1Sam 28:8

· melainkan menyamar: 1Sam 28:8; [Lihat FULL. 1Sam 28:8]

Ref. Silang FULL: 2Taw 35:23 - Maka pemanah-pemanah · Maka pemanah-pemanah: 1Raj 22:34; 1Raj 22:34

· Maka pemanah-pemanah: 1Raj 22:34; [Lihat FULL. 1Raj 22:34]

Ref. Silang FULL: 2Taw 35:25 - syair-syair ratapan // Syair-syair Ratapan · syair-syair ratapan: Kej 50:10; Kej 50:10; Yer 22:10,15-16 · Syair-syair Ratapan: 2Taw 34:28

· syair-syair ratapan: Kej 50:10; [Lihat FULL. Kej 50:10]; Yer 22:10,15-16

· Syair-syair Ratapan: 2Taw 34:28

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: 2Taw 12:1--36:16 - -- B. Para Pemimpin Yehuda (12:1-36:16). Sembilan belas laki-laki dan satu orang perempuan yang menduduki takhta Daud dari tahun 930 sM hingga 586 sM sa...

B. Para Pemimpin Yehuda (12:1-36:16).

Sembilan belas laki-laki dan satu orang perempuan yang menduduki takhta Daud dari tahun 930 sM hingga 586 sM sangat beragam wataknya mulai dari yang kokoh dan baik hingga yang lemah dan jahat. Nasib setiap bangsa sebagian besar ditentukan oleh kaliber kepemimpinannya, dan hal ini sangat nyata di dalam kehidupan bangsa Israel di mana tangan Allah sering kali ikut campur tangan secara lebih nyata daripada di tempat lainnya. Penulis Tawarikh dengan demikian memberikan dorongan kepada manusia sezamannya untuk menyerahkan diri kepada Allah dengan cara menunjukkan berdasarkan berbagai kelepasan Yehuda secara mukjizat oleh Allah pada masa lalu betapa "iman adalah kemenangan" yang dapat mengalahkan dunia (II Taw. 20:20). Namun pada saat yang bersamaan, dan dari data sejarah yang sama pula, penulis Tawarikh mengingatkan mereka akan bahayanya berkompromi dengan dunia, bersikap acuh terhadap Hukum Taurat dan bertindak menyimpang dari Tuhan. Sebab pola dasar dari sejarah Yehuda adalah kemerosotan religius. Dosa demikian mengakar di dalam kehidupan mereka sehingga seorang Yosia sekalipun tidak mampu membalik arus: "Oleh sebab itu murka Tuhan bangkit terhadap umat-Nya, sehingga tidak mungkin lagi pemulihan" (36;16). Allah bisa menghukum umat yang telah dipilih-Nya! Di dalam hal tertentu 12:1-36:16 sangat sama dengan I Raja-Raja 14:22; II Raja-Raja 24:20. Akan tetapi, sebagian besar dari Kitab Raja-Raja dihilangkan, misalnya: kehidupan para nabi dan, tentu saja, juga seluruh sejarah kerajaan Israel di utara (bdg. Pendahuluan, Tujuan Penulisan). Namun tentang Yehuda, penulis Tawarikh memberikan sejumlah teladan mengesankan tentang iman dan tentang kelepasan yang tidak ada paralelnya di dalam Kitab Raja-Raja.

Wycliffe: 2Taw 34:1--35:27 - -- 16) Yosia (639 *-608 sM; 34:1-35:27). Yosia adalah raja saleh terakhir dari Yehuda, dan di dalam hal tertentu dia juga merupakan Raja Yehuda yang ter...

16) Yosia (639 *-608 sM; 34:1-35:27).

Yosia adalah raja saleh terakhir dari Yehuda, dan di dalam hal tertentu dia juga merupakan Raja Yehuda yang terbesar (lih. taf. 34:2). Karena pembaharuan yang diadakannya pada tahun 621 sM itulah yang mampu memulihkan komitmen Israel kepada Kitab Allah; dan kesetiaan kepada Firman Allah inilah yang memberikan secercah harapan bagi Yudaisme sepanjang masa pembuangan (bdg. Dan. 9:2), dalam pemulihannya yang sulit (Ezr. 7:10; Mal. 4:6), dan bahkan sepanjang beberapa abad hingga kedatangan Kristus (Mat. 5:17, 18). Pasal 34, 35 menganalisis pembaharuan-pembaharuan yang diadakan Yosia pada awal pemerintahannya (34:17); pembaharuan besar yang diadakannya pada tahun kedelapan belas dari pemerintahannya yang diawali dengan perbaikan Bait Allah ketika mana kitab hukum Taurat ditemukan (34:8-33); perayaan Paskah yang diadakan secara khidmat oleh sang raja sesudah itu (35:1-19), dan kematiannya yang tragis (35:20-27). Pokok yang pertama dan yang ketiga hanya diutarakan sekilas saja di II Raja-Raja 22:1-23:30, sedangkan pokok-pokok lainnya (lih. taf. 34:33) memperoleh pembahasan yang lebih luas.

Wycliffe: 2Taw 35:1 - Yosia merayakan Paskah // Bulan yang pertama 35:1. Yosia merayakan Paskah. Penegasan tentang pembaharuan yang diadakan oleh Yosia ini juga bersumber pada ketaatannya kepada Hukum Taurat yang tela...

35:1. Yosia merayakan Paskah. Penegasan tentang pembaharuan yang diadakan oleh Yosia ini juga bersumber pada ketaatannya kepada Hukum Taurat yang telah dipulihkan, "seperti yang tertulis dalam kitab perjanjian ini" (II Raj. 23:21). Bulan yang pertama. Dari tahun kedelapan belas yang hebat itu (ay. 18), yaitu tahun 621 sM; bandingkan dengan Hizkia yang harus menunda perayaan Paskah hingga bulan yang kedua (30:2).

Wycliffe: 2Taw 35:3 - Tempatkanlah tabut kudus itu di dalam rumah yang telah didirikan oleh Salomo 3. Tempatkanlah tabut kudus itu di dalam rumah yang telah didirikan oleh Salomo. Pada saat-saat gelap dalam masa pemerintahan Manasye dan Amon, tabut ...

3. Tempatkanlah tabut kudus itu di dalam rumah yang telah didirikan oleh Salomo. Pada saat-saat gelap dalam masa pemerintahan Manasye dan Amon, tabut itu tampaknya telah dipindahkan oleh orang-orang Lewi yang setia dan diletakkan di tempat lain agar terlindung (bdg. 33:7-17; 28:24).

Wycliffe: 2Taw 35:4 - Menurut rombonganmu sebagaimana yang dituliskan Daud // Dan Salomo 4. Menurut rombonganmu sebagaimana yang dituliskan Daud. Lihat tafsiran I Tawarikh 24:4, 20. Dan Salomo. Lihat 8:14.

4. Menurut rombonganmu sebagaimana yang dituliskan Daud. Lihat tafsiran I Tawarikh 24:4, 20. Dan Salomo. Lihat 8:14.

Wycliffe: 2Taw 35:6 - Adakanlah persiapan bagi saudara-saudaramu // Tiga ribu ekor lembu 6. Adakanlah persiapan bagi saudara-saudaramu. Dengan demikian Yosia dapat mencegah terjadinya kekacauan seperti yang telah terjadi pada zaman Hizkia ...

6. Adakanlah persiapan bagi saudara-saudaramu. Dengan demikian Yosia dapat mencegah terjadinya kekacauan seperti yang telah terjadi pada zaman Hizkia satu abad sebelumnya (bdg. taf. 30:16-18). 7. Tiga ribu ekor lembu (bdg. ay. 8, 9, 13b). Domba-domba yang dipersembahkan adalah untuk domba paskah, namun lembu-lembu ini tampaknya merupakan kurban penghapus salah untuk dimakan saat perayaan Roti Tidak Beragi yang dirayakan sesudah Paskah (bdg. taf. 30:24; taf. I Taw. 29:21).

Wycliffe: 2Taw 35:12 - Mereka memisahkan kurban bakaran // supaya dipersembahkan kepada Tuhan 12. Mereka memisahkan kurban bakaran. Maksudnya, mereka memisahkan beberapa bagian utama dari domba paskah itu supaya dipersembahkan kepada Tuhan (ay....

12. Mereka memisahkan kurban bakaran. Maksudnya, mereka memisahkan beberapa bagian utama dari domba paskah itu supaya dipersembahkan kepada Tuhan (ay. 14), rupanya sesuai dengan pola kurban penghapus salah (Im. 3). Penduduk kemudian membakar dan makan hewan Paskah itu (sesuai Ul. 16:7).

Wycliffe: 2Taw 35:17 - Dan hari raya Roti Tidak Beragi 17. Dan hari raya Roti Tidak Beragi. Lihat tafsiran 30:13.

17. Dan hari raya Roti Tidak Beragi. Lihat tafsiran 30:13.

Wycliffe: 2Taw 35:18 - Paskah semacam itu tidak pernah lagi dirayakan di Israel sejak Nabi Samuel 18. Paskah semacam itu tidak pernah lagi dirayakan di Israel sejak Nabi Samuel. II Raja-Raja 23:22 menambahkan "sejak zaman para hakim." Maksudnya, pe...

18. Paskah semacam itu tidak pernah lagi dirayakan di Israel sejak Nabi Samuel. II Raja-Raja 23:22 menambahkan "sejak zaman para hakim." Maksudnya, perayaan yang diadakan Yosia itu sesuai dengan yang diatur dalam Alkitab dan belum pernah ada yang mengadakan seperti itu sejak zaman Musa dan Yosua.

Wycliffe: 2Taw 35:20 - Kemudian daripada semua ini, // Nekho // Raja Mesir ... keluar menghadapinya 20. Kemudian daripada semua ini, maksudnya: tahun 608 sM (Thiele, Mysterious Numbers, hlm. 158-160). Nekho (II) Raja Mesir ... keluar menghadapinya. P...

20. Kemudian daripada semua ini, maksudnya: tahun 608 sM (Thiele, Mysterious Numbers, hlm. 158-160). Nekho (II) Raja Mesir ... keluar menghadapinya. Para Firaun Mesir dari Dinasti Kedua Puluh Enam gigih sekali berusaha untuk mengganti kepemimpinan kerajaan Asyur. Niniwe jatuh pada tahun 612 sM; dan orang Mesir menentang klaim Babel terhadap rampasan perang dari Niniwe dengan cara bergerak "membela (bukan melawan seperti di dalam terjemahan baru LAI) Raja Asyur di tepi Sungai Efrat" (II Raj. 23:29), dan mereka bertemu di ujung barat yang terletak di dekat kota Karkemis.

Wycliffe: 2Taw 35:21 - tidak datang melawan engkau // keluarga raja yang sedang kuperangi, // Allah memerintahkan aku supaya segera bertindak 21. Aku tidak datang melawan engkau. Nekho hanya ingin berbaris di sepanjang pantai Palestina agar dapat bertemu dengan keluarga raja yang sedang kupe...

21. Aku tidak datang melawan engkau. Nekho hanya ingin berbaris di sepanjang pantai Palestina agar dapat bertemu dengan keluarga raja yang sedang kuperangi, yaitu pasukan Babel yang berada di bawah pimpinan putra mahkota Nebukadnezar. Allah memerintahkan aku supaya segera bertindak. Mungkin ini tidak lebih daripada sekadar basa-basi diplomatik yang dilakukan oleh Nekho (bdg. taf. 2:11; 32:12).

Wycliffe: 2Taw 35:22 - menyamar // kata-kata Nekho // merupakan pesan Allah // Megido 22. Yosia, seperti halnya Ahab, menyamar untuk melindungi dirinya (bdg. taf. 18:29). Sebab sekalipun kenyataan ini mungkin mengejutkan bagi Firaun, ka...

22. Yosia, seperti halnya Ahab, menyamar untuk melindungi dirinya (bdg. taf. 18:29). Sebab sekalipun kenyataan ini mungkin mengejutkan bagi Firaun, kata-kata Nekho sebenarnya merupakan pesan Allah. Karena Allah berkali-kali telah menegaskan kepada Yehuda bahwa mereka harus mengandalkan diri-Nya dan menghindari keterlibatan dalam percaturan politik internasional wilayah itu (bdg. taf. 16:9; 28:16; 32:1, 5). Megido merupakan sebuah jalan strategis yang terletak di antara dataran pantai dan Lembah Esdraelon di sebelah timur laut. Tempat tersebut telah menjadi tempat terjadinya berbagai peperangan penting sejak abad kelima belas sM hingga Perang Dunia Pertama. Pertempuran yang terakhir terhadap Kristus pada saat kedatangan-Nya yang kedua akan terjadi di Harmagedon (Why. 16:16), maksudnya: Gunung Megido.

Wycliffe: 2Taw 35:25 - Yeremia membuat suatu syair ratapan mengenai Yosia, // Tertulis dalam syair-syair ratapan 25. Yeremia membuat suatu syair ratapan mengenai Yosia, yang sangat dihormati olehnya (Yer. 22:15, 16). Tertulis dalam syair-syair ratapan. Ratapan-ra...

25. Yeremia membuat suatu syair ratapan mengenai Yosia, yang sangat dihormati olehnya (Yer. 22:15, 16). Tertulis dalam syair-syair ratapan. Ratapan-ratapan ini jangan dikelirukan dengan ratapan-ratapan Yeremia yang belakangan atas Yoyakim (Yer. 22:10-30) atau atas keruntuhan Yerusalem (Kitab Ratapan).

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: 2Taw 35:1-19 - Perayaan Paskah berdasarkan firman. (Sabtu, 13 Juli 2002) Perayaan Paskah berdasarkan firman. Sejak zaman Samuel tidak ada raja yang pernah merayakan Paskah sebagaimana yang dilakukan Yosia (ayat 18b). Kata-k...

SH: 2Taw 35:20-27 - Ketika Yosia gagal. (Minggu, 14 Juli 2002) Ketika Yosia gagal. Suatu kisah sedih menutup catatan penulis Tawarikh tentang Yosia. Syair-syair ratapan mengenai kematian Yosia bahkan masih dinyan...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: 2 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) Penulis : Ezra (?) Tema : Ibadah, Kebangunan Rohani, dan Pembaharuan Sejati Tanggal Penulisan: 450-420 SM Latar Belakang Karen...

Full Life: 2 Tawarikh (Garis Besar) Garis Besar I. Salomo: Sumbangan-Sumbangan Penting Masa Pemerintahannya (2Taw 1:1-9:31) A. Penegakan Kepemimpinan Sal...

Jerusalem: 2 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) KITAB-KITAB TAWARIKH, EZRA DAN NEHEMIA PENGANTAR Di samping karya sejarah dari tradisi Ulangan yang merangkum kitab Hakim-hakim, Samuel dan Raja-raja,...

Ende: 2 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) KITAB TAWARICH PENDAHULUAN Sebagai pengutji daftar kitab2 sutji tradisi Jahudi di Palestina -- menjimpang dari tradisi Babel dan terdjemahan2 kuno, --...

Wycliffe: 2 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN 2 TAWARIKH LIHAT PENDAHULUAN I TAWARIKH

Wycliffe: 2 Tawarikh (Garis Besar) GARIS BESAR 2 TAWARIKH I. Masa Pemerintahan Salomo (1:1-9:31)> A. Penobatan Salomo (1:1-17) B. Bait Suci Salomo (2:1-7:22) ...

BIS: 2 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) II TAWARIKH PENGANTAR Buku II Tawarikh merupakan lanjutan buku I Tawarikh. Buku ini mulai dengan kisah pemerintahan Raja Salomo sampai wafatnya. Set

II TAWARIKH

PENGANTAR

Buku II Tawarikh merupakan lanjutan buku I Tawarikh. Buku ini mulai dengan kisah pemerintahan Raja Salomo sampai wafatnya. Setelah mengemukakan kisah pemberontakan suku-suku utara di bawah pimpinan Yerobeam melawan Raja Rehabeam, buku ini hanya mengemukakan sejarah Yehuda, yaitu kerajaan selatan, sampai jatuhnya Yerusalem pada tahun 586 Sebelum Masehi.

Isi

  1.  Pemerintahan Salomo
    2Taw 1:1-9:31
    1. a. Tahun-tahun pertama
      2Taw 1:1-17
    2. b. Pembangunan Rumah TUHAN
      2Taw 2:1-7:10
    3. c. Tahun-tahun kemudian
      2Taw 7:11-9:31
  2.  Pemberontakan suku-suku utara
    2Taw 10:1-19
  3.  Raja-raja Yehuda
    2Taw 11:1-36:12
  4.  Jatuhnya Yerusalem
    2Taw 36:13-23

Intisari: 2 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) Pelajaran mengenai Kesetiaan ISI II TAWARIKH II Tawarikh menceritakan kisah umat Allah dengan pemeritahan Raja Salomo. Kitab itu menelusuri berbagai

Pelajaran mengenai Kesetiaan

ISI II TAWARIKH
II Tawarikh menceritakan kisah umat Allah dengan pemeritahan Raja Salomo. Kitab itu menelusuri berbagai kejadian yang menimpa Yehuda selama hampir empat ratus tahun sampai akhirnya negeri itu hancur, rakyatnya dibuang dan ibukotanya dihancurkan (587 SM). Kisah kehancuran ini bukan merupakan kata akhir Tawarikh. Kalimat-kalimat terakhir dari kitab ini menunjuk kepada masa depan yang penuh harapan ketika bangsa ini dipulihkan melalui maklumat raja Kores (2Ta 36:23).

MENGAPA KITAB INI DITULIS
Si penyusun mempunyai tiga alasan untuk menyusun kitab ini:
1. Untuk menafsirkan jalannya sejarah. Ia menerangkan mengapa beberapa raja memerintah dengan damai dan sejahtera sedangkan yang lain memerintah dalam pergolakan. Rahasia keberhasilan itu terletak pada kesetiaan kepada Allah.
2. Untuk mengajar. Si penyusun tidak puas hanya dengan menguraikan masa lalu dalam tulisannya. Ia ingin menghimbau umat Allah untuk belajar dari kesalahan-kesalahan yang terjadi sepanjang sejarah, dan setia kepada-Nya sekarang.
3. Untuk menggugah iman. Banyak orang Yahudi merasa Allah telah meninggalkan mereka. Dengan menjelaskan sebab-sebab dari penderitaan mereka, si penyusun mendorong mereka untuk kembali percaya kepada Allah yang besar dan berkuasa. Untuk komentar terinci mengenai mengapa 2 Tawarikh ditulis bacalah komentar mengenai 1 Tawarikh.

CIRI KHUSUS
1. Si penyusun setia kepada keluarga Daud dan memperlihatkan bagaimana Allah tetap setia memenuhi janji-Nya bahwa takta Daud akan tetap aman (2Ta 21:7) kendati Ia mempunyai alasan untuk tidak melakukannya.
2. Kerajaan Israel Utara dianggap melakukan kesalahan, karena memisahkan diri dari takta Daud (2Ta 13:1-12). Dalam seluruh kitab tindakan bangsa israel dianggap jahat (misalnya 2Ta 21:6,13). Sejarah bangsa Israel diabaikan kecuali kisah yang dapat dipakai sebagai peringatan untuk tidak melakukan kesalahan.
3. Peristiwa dalam sejarah dipakai sedemikian rupa sehingga arti kerohaniannya dapat ditonjolkan. Si penyusun tidak mengada-ada maupun memutarbalikkan sejarah; ia juga bukannya tidak teliti. 1 dan 2 Raja-raja memberikan gambaran sejarah yang lebih lengkap tentang kisah bangsa Israel dan Yehuda, tetapi kedua kitab itu tidak menunjukkan motivasi yang sama untuk menggunakan sejarah guna mengajar masalah rohani.

Pesan

1. Pentingnya perjanjian
Pesan utama II Tawarikh terletak dalam 2Ta 15:2: Tuhan beserta dengan kamu bilamana kamu berserta dengan Dia. Bilamana kamu mencari-Nya. Ia berkenan ditemui olehmu, tetapi bilamana kamu meninggalkannya, kamu akan ditinggalkan-Nya. Hubungan Allah dengan umat-Nya diatur oleh suatu perjanjian, yang didalamnya Allah akan memberkati mereka sepanjang mereka taat kepada-Nya. Kitab ini dengan jelas memberi gambaran mengenai penerapan dari prinsip ini dalam sejarah bangsa Yehuda. Taat pada perjanjian membawa kemakmuran; menyalahi perjanjian membawa kehancuran.

2. Allah perjanjian
o Allah itu besar. 2Ta 2:6; 6:18
o Allah itu baik. 2Ta 5:13
o Allah itu adil. 2Ta 12:6
o Allah itu berkuasa. 2Ta 13:12
o Allah memakmurkan mereka yang percaya kepada-Nya. 2Ta 13:18; 17:5,6; 20:20; 25:7-9; 27:6
o Allah menolong yang lemah. 2Ta 14:11; 20:12, 15-17
o Allah itu panjang sabar. 2Ta 21:7

3. Hukum Allah dalam perjanjian
o Hukum Allah mengemukkan apa yang harus dilakukan oleh manusia untuk dapat menerima kepenuhan berkat Allah. 2Ta 6:16; 33:8
o Mengabaikan hukum Allah akan membawa bencana. 2Ta 12:1,2
o Kebangunan rohani akan menyebarluaskan hukum Allah. 2Ta 17:9
o Hukum Allah menyangkut masalah manusia. 2Ta 19:10
o Hukum Allah menyangkut penyembahan yang benar. 2Ta 23:18; 29:15
o Ketaatan mambawa kemakmuran. 2Ta 31:12
o Oleh karena dosa, manusia sering perlu bertobat dan memperbarui penghayatannya terhadap hukum Allah. 2Ta 14:2-5; 17:6; 24:1-14; 29:1-31:21; 34:1-35:27

4. Manusia perjanjian
o Mereka harus tetap taat sampai pada akhirnya. 2Ta 16:1-14; 24:17-27; 26:16-23
o Mereka harus menyadari bahaya kesombongan. 2Ta 32:24-31
o Mereka harus peka terhadap suara Tuhan. 2Ta 19:2,3; 20:35-37; 35:20-26
o Mereka harus menanggung segala akibat dosa. 2Ta 35:20-25
o Mereka dapat cepat tanggap terhadap berita gembira pengampunan. 2Ta 33:10-20

Penerapan

1. Bagi pemerintahan dunia
o Allah mengatur urusan semua bangsa.
o Allah mengharapkan ketaatan dari semua bangsa.
o Allah memakai nasib setiap bangsa untuk melaksanakan kehendak-Nya.
o Allah lebih kaya dari kekayaan segala bangsa.

2. Bagi orang-orang Kristen yang percaya
o Sebagai pelaku ibadah:
- Ibadah harus berpusat pada kebesaran Allah
- Ibadah memerlukan ketaatan yang sungguh-sungguh
- Ibadah harus dijaga kekudusannya
- Ibadah berarti menaikkan pujian dengan penuh kegembiraan
- Ibadah menyangkut hal memberi dengan suka cita
o Sebagai pekerja:
- Pelayanan atas dasar kemauan
- Pelayanan harus tepat
- Pelayanan harus ditujukan bagi Allah
o Sebagai murid:
- Kita harus sering memperbarui janji kita.
- Kita harus selalu siap menghadapi pencobaan setiap hari.
- Kita harus mendengarkan suara Tuhan dengan hati-hati.
- Kita harus bertekad untuk menjadi murid yang teguh.

Tema-tema Kunci

1. Kebijaksanaan
Pelajarilah permohonan Salomo, dan perhatikan mengapa Allah berkenan atas permohonan itu dan apa yang kemudian terjadi (2Ta 1:7-17). Apakah kita memasukkan kebijaksanaan dalam doa kita?

2. Rumah Tuhan
Tulislah pelajaran apa saja yang dapat dipelajari dari cara Salomo membangun Rumah Tuhan; hal-hal yang dikatakannya kepada Allah dan apa yang dikatakan Allah kepadanya (2Ta 2:1-7:22).

3. Dukungan rohani
Apa yang dapat kita pelajari dari pengalaman beberapa raja (2Ta 22:3; 24:17-19; 26:5) tentang berkat dan bahaya dari persekutuan dengan orang-orang Kristen yang lebih dewasa?

4. Penderitaan
Penderitaan dapat merupakan pembawa pesan dari Tuhan (2Ta 16:12; 32:24,25; 33:10-13); masalah yang penting ialah bagaimana reaksi kita terhadap penderitaan. Dengan cara apa lagi Allah berbicara pada kita dewasa ini?

5. Perubahan
Kitab ini berisi banyak contoh mengenai raja-raja yang berubah menjadi jahat dan seorang raja yang menjadi baik. Siapakah mereka? Bahaya apa yang diperlihatkan oleh mereka yang tidak setia? Apakah Injil kita mengizinkan adanya perubahan drastis (2Ta 33:1-20)?

6. Pujian
Pelajarilah ajaran yang beguna tentang memuji Allah (2Ta 5:11-14; 6:14-42; 20:15-30). Apa yang dapat dipelajari oleh Gereja dewasa ini mengenai dasar dan isi penyembahan kita?

7. Bimbingan
Kesalahan apa yang terdapat pada cara yang dipakai oleh Ahab dalam mencari bimbingan (2Ta 18:1-34)? Sampai dimana kita membuat kesalahan dalam hal ini?

8. Memberi
Pelajaran penting apa yang diajarkan dalam 2 Tawarikh mengenai memberi (2Ta 24:10; 31:2-21)? Carilah pengajaran serupa dalam Perjanjian Baru.

9. Iman
Tulislah segi apa dalam kehidupan Anda yang memerlukan latihan iman Anda, seperti yang dilakukan oleh Yosafat (2Ta 20:20).

Garis Besar Intisari: 2 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) [1] PEMERINTAHAN RAJA SALOMO 2Ta 1:1-9:31 2Ta 1:1-17 Raja Salomo: kebijaksanaan dan kekayaannya 2Ta 2:1-8Persiapan pembuatan Rumah Tuhan

[1] PEMERINTAHAN RAJA SALOMO 2Ta 1:1-9:31

2Ta 1:1-17 Raja Salomo: kebijaksanaan dan kekayaannya
2Ta 2:1-8Persiapan pembuatan Rumah Tuhan
2Ta 3:1-17Pembangunan Rumah Tuhan
2Ta 4:1-5:1Memperlengkapi Rumah Tuhan
2Ta 5:2-14Tabut Perjanjian dibawa ke Rumah Tuhan
2Ta 6:1-42Pidato dan doa Raja Salomo
2Ta 7:1-10 Raja Salomo meresmikan Rumah Tuhan
2Ta 7:1-22Tuhan berbicara kepada Salomo
2Ta 8:1-18Jasa-jasa Salomo yang lain
2Ta 9:1-12Kunjungan Ratu negeri Syeba
2Ta 9:13-28Kekayaan Raja Salomo
2Ta 9:29-31Kematian Raja Salomo

[2] MASA PEMERINTAHAN PARA PENGGANTI SALOMO 2Ta 10:1-36:23

2Ta 10:1-19Kerajaan terpecah
2Ta 11:1-12:16Rehobeam: kebaikan yang dilakukannya
2Ta 13:1-14:1Abia: bersandar kepada Tuhan
2Ta 14:2-16:14Asa: pada mulanya sangat taat kepada Tuhan
2Ta 17:1-21:3Yosafat: bangga melayani Tuhan
2Ta 21:4-20Yehoram: tidak seorang pun meratapi kematiannya
2Ta 22:1-9Ahazia: dibujuk untuk melakukan kejahatan
2Ta 22:10-24:16Yoas: raja muda yang menjadi pembaharu
2Ta 24:17-27Yoas: tidak patuh kepada Tuhan
2Ta 25:1-28Amazia: pengikut Tuhan yang setengah-setengah
2Ta 26:1-23Uzia: kesombongan menyebabkan kejatuhannya
2Ta 27:1-9Yotam: berjalan dengan teguh mengikuti Tuhan
2Ta 28:1-27Ahas: menyebarkan kejahatan
2Ta 29:1-32:33Hizkia: berhasil dalam setiap usahanya
2Ta 33:1-20Manasye: dalam kekalutan ia mencari Tuhan
2Ta 33:21-25Amon: bertambah-tambah dosanya
2Ta 34:1-35:27Yosia: bertindak sesuai dengan undang-undang
2Ta 36:1-14Yoahas: pemerintahan yang singkat
2Ta 36:5-8Yoyakim: melakukan hal-hal yang dibenci Tuhan
2Ta 36:9,10Yoyakim: melakukan kejahatan di mata Tuhan
2Ta 36:11-14Zedekia: tidak mau berpaling kepada Tuhan
2Ta 36:15-22Jatuhnya Yerusalem
2Ta 36:23Pengharapan untuk masa depan
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #19: Centang "Pencarian Tepat" pada Pencarian Universal untuk pencarian teks alkitab tanpa keluarga katanya. [SEMUA]
dibuat dalam 0.33 detik
dipersembahkan oleh YLSA