kecilkan semua  

Teks -- 1 Tawarikh 24:1-31 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Para imam dibagi dalam rombongan
24:1 Inilah rombongan-rombongan anak-anak Harun. Anak-anak Harun ialah Nadab, Abihu, Eleazar dan Itamar. 24:2 Tetapi Nadab dan Abihu mati lebih dahulu dari pada ayah mereka dengan tidak mempunyai anak laki-laki, maka yang memegang jabatan imam ialah Eleazar dan Itamar. 24:3 Daud, bersama-sama Zadok dari bani Eleazar dan Ahimelekh dari bani Itamar, membagi-bagi mereka menurut jabatan mereka dalam penyelenggaraan ibadah. 24:4 Lalu ternyata bahwa di antara keturunan Eleazar ada lebih banyak kepala kaum dari pada di antara keturunan Itamar, sebab itu orang membagi-bagi mereka sebagai berikut: untuk bani Eleazar enam belas orang kepala puak, tetapi untuk bani Itamar delapan orang kepala puak. 24:5 Dan orang membagi-bagi mereka dengan membuang undi tanpa mengadakan perbedaan, sebab ada "pemimpin-pemimpin kudus" dan "pemimpin-pemimpin Allah", baik di antara keturunan Eleazar maupun di antara keturunan Itamar. 24:6 Dan Semaya bin Netaneel, panitera itu, seorang Lewi, menulis nama mereka di depan raja, di depan pembesar-pembesar, imam Zadok, Ahimelekh bin Abyatar dan di depan kepala-kepala puak para imam dan orang Lewi; setiap kali satu puak diambil dari Eleazar, dan demikian pula satu puak dari Itamar. 24:7 Undian yang pertama jatuh pada Yoyarib; yang kedua pada Yedaya; 24:8 yang ketiga pada Harim; yang keempat pada Seorim; 24:9 yang kelima pada Malkia; yang keenam pada Miyamin; 24:10 yang ketujuh pada Hakos; yang kedelapan pada Abia; 24:11 yang kesembilan pada Yesua; yang kesepuluh pada Sekhanya; 24:12 yang kesebelas pada Elyasib; yang kedua belas pada Yakim; 24:13 yang ketiga belas pada Hupa; yang keempat belas pada Yesebeab; 24:14 yang kelima belas pada Bilga; yang keenam belas pada Imer; 24:15 yang ketujuh belas pada Hezir; yang kedelapan belas pada Hapizes; 24:16 yang kesembilan belas pada Petahya; yang kedua puluh pada Yehezkel; 24:17 yang kedua puluh satu pada Yakhin; yang kedua puluh dua pada Gamul; 24:18 yang kedua puluh tiga pada Delaya; yang kedua puluh empat pada Maazya. 24:19 Itulah jabatan mereka dalam menyelenggarakan ibadah setelah mereka masuk rumah TUHAN, sesuai dengan peraturan yang diberikan kepada mereka dengan perantaraan Harun, bapa leluhur mereka, seperti yang diperintahkan kepadanya oleh TUHAN, Allah Israel.
Puak-puak orang Lewi
24:20 Golongan yang masih tinggal dari bani Lewi, dari anak-anak Amram ialah Subael, dari anak-anak Subael ialah Yehdeya; 24:21 dari anak-anak Rehabya ialah Yisia, seorang kepala; 24:22 dari orang Yizhar ialah Selomot; dari anak-anak Selomot ialah Yahat. 24:23 Anak-anak Hebron ialah Yeria, seorang kepala, Amarya, anak yang kedua, Yahaziel, anak yang ketiga, dan Yekameam, anak yang keempat. 24:24 Anak Uziel ialah Mikha; dari anak-anak Mikha ialah Samir. 24:25 Saudara Mikha ialah Yisia; dari anak-anak Yisia ialah Zakharia. 24:26 Keturunan Merari ialah Mahli dan Musi, juga anak-anak Yaazia, anaknya. 24:27 Keturunan Merari dari pihak Yaazia, anaknya, ialah Syoham, Zakur dan Hibri. 24:28 Dari Mahli ialah Eleazar; dia ini tidak mempunyai anak. 24:29 Dari Kish: anak Kish, yakni Yerahmeel. 24:30 Anak-anak Musi ialah Mahli, Eder dan Yerimot. Itulah bani Lewi menurut puak mereka. 24:31 Mereka inipun, sama seperti saudara-saudara sesuku mereka, anak-anak Harun, membuang undi di depan raja Daud, di depan Zadok, Ahimelekh dan para kepala puak, para imam dan orang Lewi. Dalam hal ini seorang kepala puak sama dengan saudaranya yang terkecil.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Abiam the son and successor of King Rehoboam
 · Abihu son of Aaron the high priest
 · Abyatar a son of Ahimelech; a high priest and counselor of David,son of Ahimelech (Ahitub I Ithamar Aaron); counselor of David
 · Ahimelekh priest (Eli Ithamar) of Nob, whom Saul killed; Ahimelech I,a priest, Ahimelech II; son of Abiathar son of Ahimelech I,a man who was part of David's fugitive band; a Hittite
 · Amarya a Levite (Hebron Kohath); founder of a sub-clan of Hebron,the chief priest, Amariah I; son of Marioth I; 1100 BC,son of Azariah II; chief priest under Jehoshaphat; Amariah II,a Levite temple assistant to Kore under King Hezekiah; 725 BC,son of King Hezekiah; 700 BC,an Israelite (Binnui) who put away his heathen wife; 458 BC,a priestly leader who returned with Zerubbabel 537 BC (NIVsn),son of Shephatiah of Judah
 · Amram son of Kohath son of Levi,an Israelite (Bani) who put away his heathen wife
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · anak-anak Lewi members of the tribe of Levi
 · anaknya a Levite of the clan of Merari
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · bani Lewi members of the tribe of Levi
 · Bilga chief of a division of priests serving in David's Sanctuary,priest and leader who pledged to obey God's law
 · Daud a son of Jesse of Judah; king of Israel,son of Jesse of Judah; king of Israel
 · Delaya son of Eli-O-Enai (Hananiah Zerubbabel David Judah),chief of a division of priests serving in David's sanctuary,head of a clan of returnees lacking proof of being Israelites,son of Mehetabel; father of Shemaiah who tempted Nehemiah,son of Shemaiah; a prince of Judah under Jehoiakim
 · Eder a place with a watch tower,a town of south-eastern Judah,son of Beriah of Benjamin,son of Mushi son of Merari son of Levi
 · Eleazar a son of Eliud; the father of Matthan; an ancestor of Jesus.,a chief priest; son of Aaron,son of Abinadab; caretaker of the Ark at Kiriath-Jearim,son of Dodo the Ahohite; one of David's military elite,son of Mahli the Levite,a priest who participated in the dedication of the wall,a priest under Ezra; son of Phinehas,a layman of the Parosh clan who put away his heathen wife
 · Elyasib chief of a division of priests serving in David's sanctuary,son of Eli-O-Enai, (Hananiah Zerubbabel David),high priest in the days of Nehemiah,a Levite singer who agreed to put away his heathen wife,a layman of the Zattu clan who put away his heathen wife,a layman of the Bani clan who put away his heathen wife,a chief priest; son of Joiakim
 · Gamul chief of a division of priests serving in David's sanctuary
 · Hakos chief of a division of priests serving in David's sanctuary,head of a clan of returnees lacking proof of being priests,father of Uriah, during the exile
 · Hapizes chief of a division of priests serving in David's sanctuary
 · Harim a chief of a division of priests serving in David's sanctuary,a priest leader of some who returned from exile with Zerubbabel,the forefather of certain men who put away their heathen wives,a priest who signed the covenant to keep God's law,an Israelite chief who signed the covenant to keep God's law
 · Harun a son of Amram; brother of Moses,son of Amram (Kohath Levi); patriarch of Israel's priests,the clan or priestly line founded by Aaron
 · Hebron a valley and town of Judah 25 km west of the dead sea,son of Kohath son of Levi,son of Mareshah of Judah
 · Hezir chief of a division of priests serving in David's sanctuary,an Israelite chief who signed the covenant to obey God's law
 · Hibri a Levite of the clan of Merari
 · Hupa chief of a division of priests serving in David's sanctuary
 · Imer chief of a division of priests serving in David's sanctuary; father of Meshillemoth,a town of Babylon where Israeli exiles once lived,father of Zadok who helped rebuild the walls of Jerusalem,father of Pashhur the priest in Jeremiah's time
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Itamar son of Aaron
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"


Topik/Tema Kamus: Daud | Imam | Raja | Abihu | Yehdeya | Yaasiel | Yedaya | Yaazja | Yesebeab | Zakharia | Ahli Taurat | Abia | Seorim | Yesua | Selomot | Harim | Hezir | Hapizes | Hakos | Delaya | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
SH

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: 1Taw 24:1 - ROMBONGAN-ROMBONGAN ANAK-ANAK HARUN. Nas : 1Taw 24:1 Pasal 1Taw 24:1-31 membahas penataan imam-imam. Tugas mereka terdiri atas mempersembahkan korban-korban yang dengannya umat dapat m...

Nas : 1Taw 24:1

Pasal 1Taw 24:1-31 membahas penataan imam-imam. Tugas mereka terdiri atas mempersembahkan korban-korban yang dengannya umat dapat menghampiri Allah untuk menerima pengampunan dan memberikan ketaatan kepada kehendak-Nya; tugas itu berakhir dengan datangnya Yesus Kristus dan penetapan perjanjian yang baru dengan darah-Nya (lih. Ibr 3:1; 4:14-16; Ibr 7:23-25; 8:1-13;

lihat art. PERJANJIAN LAMA DAN PERJANJIAN BARU).

Secara ironis, pada zaman PB, para imam sudah demikian menyimpang dari kebenaran firman Allah sehingga merekalah yang menyebabkan penyaliban Yesus (Mat 27:1,6,20). Kini semua orang percaya harus menjadi keimaman yang kudus

(lihat cat. --> 1Pet 2:5).

[atau ref. 1Pet 2:5]

Jerusalem: 1Taw 21:1--29:30 - -- Bagian ini merupakan bagian inti seluruh kitab Tawarikh. Daud mengatur seluruh ibadat dan menetapkan para petugasnya bagi jemaah Daud, yaitu jemaah ya...

Bagian ini merupakan bagian inti seluruh kitab Tawarikh. Daud mengatur seluruh ibadat dan menetapkan para petugasnya bagi jemaah Daud, yaitu jemaah yang bertumpu pada janji tentang Mesias, yang disampaikan oleh nabi Natan.

Jerusalem: 1Taw 24:3 - bani Itamar Zadok dan Ahimelekh di sini tampil bersama dengan sederajat. Ini berdasarkan kenyataan bahwa pada akhir masa pembuangan kedua kaum imam yang dahulu be...

Zadok dan Ahimelekh di sini tampil bersama dengan sederajat. Ini berdasarkan kenyataan bahwa pada akhir masa pembuangan kedua kaum imam yang dahulu bersaing itu, sudah sepakat. Sebelum masa pembuangan keturunan Zadok saja yang pertugas dalam bait Allah di Yerusalem, sedangkan keturunan Abyatar (dan Eli) disingkirkan oleh raja Salomo, 1Ra 2:27. Lalu keturunan Zadok dan keturunan Abyatar (Eli) masing-masing diberi seorang anak Harun sebagai moyang bdk 1Ta 24:1: Zadok dihubungkan dengan Eleazar, bdk 1Ta 6:4-8,50-53, dan Abyatar yang memang keturunan Lewi, bdk 1Sa 2:27, dihubungkan dengan Itamar, meskipun silsilahnya tidak sampai disajikan. Begitu semua imam dijadikan keturunan Harun.

Jerusalem: 1Taw 24:6 - setiap kali.... Naskah Ibrani kurang jelas, bdk 1Ta 24:4.

Naskah Ibrani kurang jelas, bdk 1Ta 24:4.

Jerusalem: 1Taw 24:10 - Abia Zakharia, ayah Yohanes Pembaptis, termasuk puak (rombongan) Abia ini, Luk 1:5.

Zakharia, ayah Yohanes Pembaptis, termasuk puak (rombongan) Abia ini, Luk 1:5.

Jerusalem: 1Taw 24:18 - kedua puluh empat Dalam Neh 12 terdapat dua daftar puak-puak imam yang masing-masing hanya memuat 22 (atau 21) nama Pengelompokan oleh 1Tawarikh ini dibuat sesudah Nehe...

Dalam Neh 12 terdapat dua daftar puak-puak imam yang masing-masing hanya memuat 22 (atau 21) nama Pengelompokan oleh 1Tawarikh ini dibuat sesudah Nehemia.

Ende: 1Taw 23:1--26:32 - -- Lihat keterangan pada 1Ta 15:1

Lihat keterangan pada 1Ta 15:1

Ende: 1Taw 24:5 - penghulu sutji dan penghulu Allah Apa artinja istilah ini kurang terang. Mungkin: penghulu sutji ialah: pemimpin dalam ibadah di Jerusjalem; penghulu Allah ialah: pemimpin ibadah di Gi...

Apa artinja istilah ini kurang terang. Mungkin: penghulu sutji ialah: pemimpin dalam ibadah di Jerusjalem; penghulu Allah ialah: pemimpin ibadah di Gibe'on. Tetapi apa jang mau dikatakan ialah: kedua golongan itu setara dan semartabat.

Endetn: 1Taw 24:5 - diantara diperbaiki sedikit menurut "Diantara" pertama. Tetapi apa jang tertulis djuga dapat diterdjemahkan demikian.

diperbaiki sedikit menurut "Diantara" pertama. Tetapi apa jang tertulis djuga dapat diterdjemahkan demikian.

Endetn: 1Taw 24:23 - Anak2 Hebron diperbaiki menurut beberapa naskah Hibrani. Tertulis: "Dan Benai".

diperbaiki menurut beberapa naskah Hibrani. Tertulis: "Dan Benai".

Endetn: 1Taw 24:23 - (jang pertama) ditambahkan menurut satu naskah terdjemahan Junani (Luc.).

ditambahkan menurut satu naskah terdjemahan Junani (Luc.).

Ref. Silang FULL: 1Taw 24:1 - Inilah rombongan-rombongan // anak-anak Harun // dan Itamar · Inilah rombongan-rombongan: 1Taw 23:6; 28:13; 2Taw 5:11; 8:14; 23:8; 31:2; 35:4,5; Ezr 6:18 · anak-anak Harun: Bil 3:2-4 · dan ...

· Inilah rombongan-rombongan: 1Taw 23:6; 28:13; 2Taw 5:11; 8:14; 23:8; 31:2; 35:4,5; Ezr 6:18

· anak-anak Harun: Bil 3:2-4

· dan Itamar: Kel 6:22; [Lihat FULL. Kel 6:22]

Ref. Silang FULL: 1Taw 24:2 - ayah mereka · ayah mereka: Im 10:1-2

· ayah mereka: Im 10:1-2

Ref. Silang FULL: 1Taw 24:3 - bersama-sama Zadok · bersama-sama Zadok: 2Sam 8:17; 2Sam 8:17

· bersama-sama Zadok: 2Sam 8:17; [Lihat FULL. 2Sam 8:17]

Ref. Silang FULL: 1Taw 24:5 - membuang undi · membuang undi: 1Taw 24:31; 1Taw 25:8; 26:13

· membuang undi: 1Taw 24:31; 1Taw 25:8; 26:13

Ref. Silang FULL: 1Taw 24:6 - Zadok, Ahimelekh · Zadok, Ahimelekh: 1Taw 18:16

· Zadok, Ahimelekh: 1Taw 18:16

Ref. Silang FULL: 1Taw 24:7 - pada Yedaya · pada Yedaya: Ezr 2:36; Neh 12:6

· pada Yedaya: Ezr 2:36; Neh 12:6

Ref. Silang FULL: 1Taw 24:8 - pada Harim · pada Harim: Ezr 2:39; 10:21; Neh 10:5

· pada Harim: Ezr 2:39; 10:21; Neh 10:5

Ref. Silang FULL: 1Taw 24:10 - pada Abia · pada Abia: Neh 12:4,17; Luk 1:5

· pada Abia: Neh 12:4,17; Luk 1:5

Ref. Silang FULL: 1Taw 24:14 - pada Imer · pada Imer: Ezr 2:37; 10:20; Yer 20:1

· pada Imer: Ezr 2:37; 10:20; Yer 20:1

Ref. Silang FULL: 1Taw 24:15 - pada Hezir · pada Hezir: Neh 10:20

· pada Hezir: Neh 10:20

Ref. Silang FULL: 1Taw 24:20 - bani Lewi · bani Lewi: 1Taw 23:6; 1Taw 23:6

· bani Lewi: 1Taw 23:6; [Lihat FULL. 1Taw 23:6]

Ref. Silang FULL: 1Taw 24:21 - anak-anak Rehabya · anak-anak Rehabya: 1Taw 23:17

· anak-anak Rehabya: 1Taw 23:17

Ref. Silang FULL: 1Taw 24:23 - Anak-anak Hebron · Anak-anak Hebron: 1Taw 23:19; 1Taw 23:19

· Anak-anak Hebron: 1Taw 23:19; [Lihat FULL. 1Taw 23:19]

Ref. Silang FULL: 1Taw 24:26 - Keturunan Merari · Keturunan Merari: 1Taw 6:19; 1Taw 6:19

· Keturunan Merari: 1Taw 6:19; [Lihat FULL. 1Taw 6:19]

Ref. Silang FULL: 1Taw 24:31 - membuang undi · membuang undi: 1Taw 24:5; 1Taw 24:5

· membuang undi: 1Taw 24:5; [Lihat FULL. 1Taw 24:5]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: 1Taw 21:1--29:30 - -- C. Masa Akhir Daud (21:1-29:30). Dosa Daud dengan Batsyeba telah menimbulkan rantai kejahatan yang panjang (bdg. kejahatan yang dilakukan Amnon putra...

C. Masa Akhir Daud (21:1-29:30).

Dosa Daud dengan Batsyeba telah menimbulkan rantai kejahatan yang panjang (bdg. kejahatan yang dilakukan Amnon putra Raja Daud, II Sam. 13:4), yang semuanya berkisar pada pangeran Absalom dan berlangsung sepanjang sebelas tahun penuh (II Sam. 13:23, 38; 14:28; 15:7), atau dari sekitar tahun 990-979 sM. Akan tetapi, perilaku yang sangat tidak terpuji semacam itu tidak mendukung tujuan Ezra untuk mewujudkan manusia yang saleh pada zamannya sendiri yang mengikuti teladan Daud. Sebagian besar peristiwa yang tercatat di II Samuel 11-19, dengan demikian, tidak dicantumkan di dalam kisah Tawarikh ini (bdg. Pendahuluan, Tujuan penulisan). Yang juga tidak dikemukakan ialah pemberontakan Syeba (II Sam. 20); sehingga baru sesudah tahun 975 sM, yaitu tahun-tahun terakhir kehidupan Daud, analisis sejarah Kitab Tawarikh ini dilanjutkan. Waktu itu kitab ini menelusuri jalannya sensus yang dilakukan oleh Daud (ps. 21), yang menghasilkan penyataan Allah tentang tempat yang akan dipakai untuk mendirikan Bait Allah serta sejumlah persiapan pembangunannya (ps. 22). Hasil dari kepiawaian Daud di dalam mengatur bidang kehidupan religius (ps. 23-26) maupun urusan kenegaraan (ps. 27) dikisahkan di bagian ini yang dilanjutkan dengan perintah terakhir kepada bangsa itu agar mereka tetap setia kepada Allah mereka (28-29). Hanya pasal 21 yang juga dikisahkan di kitab yang lain.

Wycliffe: 1Taw 23:1--26:32 - -- 3) Pengaturan orang Lewi (23:1-26:32). Salah satu sumbangan penting yang paling abadi dari Daud bagi keturunannya adalah pengaturan pelayanan suku Le...

3) Pengaturan orang Lewi (23:1-26:32).

Salah satu sumbangan penting yang paling abadi dari Daud bagi keturunannya adalah pengaturan pelayanan suku Lewi. Kepiawaiannya yang tampak di dalam mengatur jadwal pelayanan suku Lewi membantu memelihara keteraturan pelayanan suku tersebut di bawah para penggantinya, memberikan tenaga administrasi untuk penghidupan kembali teokrasi Musa di bawah pimpinan Ezra (lih. ps. 6, pendahuluan), yang berfungsi terus sebagai dasar untuk organisasi keagamaan Israel hingga ke zaman Perjanjian Baru. Kebijakan dasar Daud antara lain ialah membagi tiga puluh delapan ribu orang Lewi pada zamannya menjadi empat kelompok (23:3-5). Sesudah sebuah uraian tentang berbagai kaum dan keluarga suku Lewi (ay. 7-23) dan sebuah ulasan singkat tentang tugas mereka (ay. 24-32), keempat kelompok tersebut disebutkan satu persatu: dua puluh empat ribu merupakan kelompok yang melanjutkan tugas-tugas di rumah Allah (ps. 24), keturunan Harun juga termasuk kelompok ini (24:1-19) maupun orang-orang Lewi lainnya yang membantu keluarga tersebut; empat ribu orang Lewi yang bertugas sebagai penyanyi (ps. 25); empat ribu orang Lewi yang bertugas sebagai penjaga pintu gerbang dan juga harta kekayaan Bait Allah (26:1-28); dan akhirnya para pejabat dan para hakim yang bertugas untuk mengatur urusan-urusan luar bangsa Israel (26:29-32). Para imam, orang-orang Lewi di Bait Allah (?) serta para penyanyi kemudian diatur lebih lanjut ke dalam dua puluh empat kelompok yang pergantian tugasnya disesuaikan dengan masa-masa ibadah bulanan.

Wycliffe: 1Taw 24:1 - Anak-anak Harun 24:1. Anak-anak Harun. Untuk masukan tentang keluarga para imam, bandingkan 6:3-15 dengan tafsiran-tafsirannya.

24:1. Anak-anak Harun. Untuk masukan tentang keluarga para imam, bandingkan 6:3-15 dengan tafsiran-tafsirannya.

Wycliffe: 1Taw 24:3 - Daud bersama-sama dengan Zadok ... dan Ahimelekh ... membagi-bagi mereka 3. Daud bersama-sama dengan Zadok ... dan Ahimelekh ... membagi-bagi mereka. Ahimelekh II adalah putra Abyatar (ay. 6) dan cucu Ahimelekh I yang telah...

3. Daud bersama-sama dengan Zadok ... dan Ahimelekh ... membagi-bagi mereka. Ahimelekh II adalah putra Abyatar (ay. 6) dan cucu Ahimelekh I yang telah menjadi imam besar pada masa awal kehidupan Daud.

Wycliffe: 1Taw 24:4 - Enam belas // delapan 4. Enam belas dan delapan. Kedua puluh empat rombongan imam (23:6) terus melaksanakan tugas mereka secara bergantian hingga masa Perjanjian Baru. Seka...

4. Enam belas dan delapan. Kedua puluh empat rombongan imam (23:6) terus melaksanakan tugas mereka secara bergantian hingga masa Perjanjian Baru. Sekalipun beberapa rombongan kemudian tidak ada lagi atau harus bergabung dengan rombongan yang lain, diciptakan rombongan baru untuk menggantikan rombongan yang sudah tidak ada itu. Ketika kembali dari pembuangan pada tahun 538 sM, terdapat empat buah rombongan yang ikut kembali, yaitu rombongan Daud yang kedua, ketiga, keenam belas dan sebuah regu yang baru, yaitu regu Pasyhur (Ezr. 2:36-39); dan pada tahun 520 sM kembali terdapat dua puluh dua rombongan (Neh. 12:1-7; bdg. ay. 12-21; 10:2-8).

Wycliffe: 1Taw 24:10 - Yang kedelapan pada Abia 10. Yang kedelapan pada Abia. Dalam rombongan ini terdapat Zakharia ayah Yohanes Pembaptis (Luk. 1:5).

10. Yang kedelapan pada Abia. Dalam rombongan ini terdapat Zakharia ayah Yohanes Pembaptis (Luk. 1:5).

Wycliffe: 1Taw 24:20 - Golongan yang masih tinggal dari Bani Lewi // Amram, // Subael // Sebuel // Yehdeya, 20. Golongan yang masih tinggal dari Bani Lewi. Rombongan-rombongan yang dikemukakan berikut (ay. 20-30) adalah rombongan dari bani Lewi yang membantu...

20. Golongan yang masih tinggal dari Bani Lewi. Rombongan-rombongan yang dikemukakan berikut (ay. 20-30) adalah rombongan dari bani Lewi yang membantu tugas di Bait Allah yang dapat disamakan dengan rombongan imam. Sembilan rombongan yang pertama (ay. 20-25) sama dengan sembilan bagian keluarga (23:12-20) yang berasal dari empat putra Kohat, putra Harun: Amram, Yizhar, Hebron, dan Uziel. Bagi masing-masing rombongan, misalnya Subael atau Sebuel (23:16) terdapat seorang pemimpin yang ditentukan Daud, misalnya Yehdeya, terkecuali nama dari para ketua rombongan Hebron yang mungkin sudah tidak ada lagi ketika Ezra menulis Kitab Tawarikh ini.

Wycliffe: 1Taw 24:22 - Selomot 22. Selomot. Atau, Selomit (23:18).

22. Selomot. Atau, Selomit (23:18).

Wycliffe: 1Taw 24:26 - keturunan Merari // Anak-anak Yaazia // Mahli // Musi, 26. Rombongan yang disusun dari keturunan Merari (ay. 26-30) mencakup empat rombongan yang sama dengan keempat bagian keluarga (23:21-23), sekalipun s...

26. Rombongan yang disusun dari keturunan Merari (ay. 26-30) mencakup empat rombongan yang sama dengan keempat bagian keluarga (23:21-23), sekalipun satu-satunya nama kepala rombongan yang dikemukakan adalah Yerahmeel (24:29) untuk rombongan gabungan Eleazar dan Kisy, anak-anak Mahli (23:22). Anak-anak Yaazia. Yaazia ini menurut konteks dibedakan dengan Mahli dan Musi, putra-putra Merari, yang sesungguhnya, sehingga mungkin merupakan anggota kelompok Merari yang belakangan yang jumlah keturunannya sudah berkembang sampai pada tingkat bisa dikenal secara tersendiri sebagai rombongan yang ditetapkan oleh Daud.

Wycliffe: 1Taw 24:31 - Mereka inipun ... membuang undi di depan ... para orang Lewi; 31. Mereka inipun ... membuang undi di depan ... para orang Lewi; maksudnya para kepala rombongan orang Lewi dari keturunan non-Harun yang disebutkan ...

31. Mereka inipun ... membuang undi di depan ... para orang Lewi; maksudnya para kepala rombongan orang Lewi dari keturunan non-Harun yang disebutkan di atas. Jika sembilan bagian dari keluarga Gerson sebagaimana disebutkan sebelumnya (23:7-11) dimasukkan sebagai rombongan dan jika putra-putra Yaazia Beno (atau Bani; bdg. LXX dan ICC) dan Syoham, Zakur dan Hibri (24:27) dianggap sebagai dua rombongan yang terpisah, beserta dengan kepala rombongan masing-masing, maka keseluruhan dua puluh dua bagian keluarga orang Lewi (tafsiran 23:22) akan merupakan dua puluh empat rombongan yang masing-masing terdiri dari sekitar seribu orang, sama dengan dua puluh empat rombongan imam.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: 1Taw 24:1-31 - Tugas penatalayanan. (Rabu, 20 Februari 2002) Tugas penatalayanan. Dalam setiap pribadi Tuhan telah memberi karunia-karunia khusus dan unik sebagai perlengkapan untuk tugas-tugas yang akan ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: 1 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) Penulis : Ezra (?) Tema : Sejarah "Penebusan" Israel Tanggal Penulisan: 450-420 SM Latar Belakang Sejarah yang tercatat dalam ...

Full Life: 1 Tawarikh (Garis Besar) Garis Besar I. Silsilah-Silsilah: Adam Sampai Pemulihan (1Taw 1:1-9:44) A. Adam Sampai Abraham (1Taw ...

Jerusalem: 1 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) KITAB-KITAB TAWARIKH, EZRA DAN NEHEMIA PENGANTAR Di samping karya sejarah dari tradisi Ulangan yang merangkum kitab Hakim-hakim, Samuel dan Raja-raja,...

Ende: 1 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) KITAB TAWARICH PENDAHULUAN Sebagai pengutji daftar kitab2 sutji tradisi Jahudi di Palestina -- menjimpang dari tradisi Babel dan terdjemahan2 kuno, --...

Wycliffe: 1 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN 1 TAWARIKH (untuk I & II Tawarikh) Judul. Di dalam Alkitab Ibrani, Kitab Tawarikh berjudul dibrê hãy-yamîm, "...

Wycliffe: 1 Tawarikh (Garis Besar) GARIS BESAR 1 TAWARIKH I. Daftar Keturunan (1:1-9:44) A. Para Leluhur (1:1-54) B. Yehuda (2:1-4:23) 1....

BIS: 1 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) I TAWARIKH PENGANTAR Buku I dan II Tawarikh sebagian besar berisi kejadian-kejadian yang telah diceritakan dalam buku Samuel dan buku Raja-raja. Tet

I TAWARIKH

PENGANTAR

Buku I dan II Tawarikh sebagian besar berisi kejadian-kejadian yang telah diceritakan dalam buku Samuel dan buku Raja-raja. Tetapi di dalam buku Tawarikh kejadian-kejadian itu diceritakan dari segi pandangan lain. Sejarah kerajaan Israel dalam buku Tawarikh ditulis dengan dua maksud utama:

  1. 1. Untuk menunjukkan bahwa sekalipun kerajaan Israel dan Yehuda ditimpa kemalangan, namun Allah masih memegang janji-Nya kepada bangsa itu, dan melaksanakan rencana-Nya untuk umat-Nya melalui orang-orang yang tinggal di Yehuda. Penulis yakin mengenai hal itu karena ia ingat akan hal-hal besar yang telah dicapai oleh Daud dan Salomo, serta pembaruan-pembaruan yang diusahakan oleh Yosafat, Hizkia dan Yosia. Juga karena masih ada orang-orang yang tetap setia menyembah Allah.
  2. 2. Untuk menguraikan asal mula upacara ibadat di Rumah TUHAN di Yerusalem, terutama mengenai susunan jabatan imam dan orang-orang Lewi yang bertugas dalam upacara-upacara ibadat itu. Sekalipun Rumah TUHAN di Yerusalem itu dibangun oleh Salomo, namun di dalam buku Tawarikh ini Daud dikemukakan sebagai pendiri yang sesungguhnya dari Rumah TUHAN itu dan upacara-upacara ibadatnya.

Isi

  1.  Silsilah dan nama-nama
    1Taw 1:1-9:44
  2.  Wafatnya Saul
    1Taw 10:1-14
  3.  Pemerintahan Daud
    1Taw 11:1-29:30
    1. a. Kesukaran-kesukaran yang dialaminya dan hal-hal yang dicapainya
      1Taw 11:1-22:1
    2. b. Persiapan untuk pembangunan Rumah TUHAN
      1Taw 22:2-29:30

Ajaran: 1 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengetahui isi Kitab I dan II Tawarikh, Jemaat dapat mengetahui perjalanan bangsa Israel sebagai umat Allah dalam rencana Tuhan

Tujuan

Supaya dengan mengetahui isi Kitab I dan II Tawarikh, Jemaat dapat mengetahui perjalanan bangsa Israel sebagai umat Allah dalam rencana Tuhan.

Pendahuluan

Penulis : Kitab I-II Tawarikh kemungkinan besar ditulis oleh Ezra.

Isi Kitab: Kitab I Tawarikh terdiri dari 29 pasal. Kitab II Tawarikh terdiri dari 36 pasal. Isi dari kedua Kitab ini khususnya ialah daftar nama- nama atau silsilah bangsa Israel, dan pengulangan sejarah kerajaan Daud. Namun untuk mengerti lebih jelas akan isi Kitab ini, lihatlah uraian berikut.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab I Tawarikh

  1. Pasal 1-9 (1Taw 1:1-9:44).

    Daftar silsilah bangsa Israel

    Bagian ini menjelaskan daftar silsilah-silsilah.

    1. Daftar silsilah Adam sampai kepada Abraham dan sampa kepada Esau. 1Taw 1:1-54.
    2. Daftar silsilah keturunan Yehuda. 1Taw 2:1-3:24.
    3. Daftar keturunan Simeon, Lewi, dan Benyamin. 1Taw 4:1-8:28.
    4. Daftar silsilah Saul. 1Taw 8:29-40.
    5. Daftar penduduk Yerusalem sesudah peperangan bangs Israel di Babel. 1Taw 9:1-44.
  2. Pasal 10-29 (1Taw 10:1-29:30).

    Riwayat Daud dan kerajaannya.

    Isi pasal-pasal ini diawali dengan riwayat kematian raja Saul, yang kemudian dilanjutkan dengan riwayat raja Daud. Pada akhir pemerintahannya raja Daud memberi amanat kepada Salomo, anaknya, untuk membangun Bait Allah bagi umat Israel.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 1Taw 10:13-14. Apakah sebabnya raja Saul dihukum oleh Allah? Hal ini berarti apa bagi kita sekarang?
    2. Bacalah pasal 1Taw 11:1-3. Apakah tugas Daud menurut ayat-ayat ini?
    3. Bacalah pasal 1Taw 28:1-11. Apakah amanat pertama Daud kepada Salomo? (1Taw 28:9). Dan apakah amanat yang kedua? Bagaimanaka amanat-amanat ini diterapkan dalam hidup saudara?
    4. Bagaimanakah pemerintahan raja Salomo? (1Taw 29:20-25).

II. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab II Tawarikh

  1. Pasal 1-9 (2Taw 1:1-9:31).

    Riwayat tentang Salomo dan kerajaannya Pasal-pasal ini menjelaskan bagaimana setelah Salomo diresmikan menjadi raja bangsa Israel, dia mulai membangun Rumah Tuhan sebagaimana dipesan oleh Daud, kemudian Salomo mentahbiskan Rumah Tuhan yang telah didirikannya itu, dengan memberikan kurban persembahan yang berkenan kepada Tuhan. Dalam pemerintahan Salomo yang berkenan kepada Tuhan itu, dia menerima berkat kebesaran dan kemuliaan-Nya, akhir pasal 9; 2Taw 9:1-31 menyebutkan wafatnya Salomo.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 2Taw 1:7-13. Apakah isi permintaan Salomo kepada Tuhan? Dan apakah yang diterimanya? Bagaimana dengan isi permohonan doa kita pada Tuhan?
    2. Kejayaan kerajaan Salomo disebabkan karena hikmat yan ada padanya. Dari manakah datangnya hikmat Salomo? (2Taw 9:22). Apakah saudara mempunyai hikmat dari Allah?
  2. Pasal 10-36 (2Taw 10:1-36:23).

    Riwayat tentang raja-raja dalam kerajaan Yehuda Dalam pasal-pasal ini, dijelaskan tentang raja-raja kerajaan Yehuda yang kebanyakan dari mereka tidak mengindahkan Firman Tuhan. Akhirnya kerajaan Yehuda runtuh.

    Pendalaman

    Kebanyakan dari raja-raja kerajaan Yehuda setelah Salomo bersifat seperti yang terdapat dalam pasal 2Taw 36:11-16. Itulah sebabnya mereka dihukum oleh Allah. Sifat-sifat bagaimanakah yang diberkati Tuhan? (Banding sifat jelek pada pasal 2Taw 36:11-16).

III. Kesimpulan/penerapan

  1. Keberhasilan hanya dapat diperoleh apabila berada di pihak Allah.

  2. Allah tidak segan untuk melimpahkan berkat-berkatnya kepada orang yang percaya dan tulus hati.

  3. Pertolongan yang sejati hanya ada pada Allah yang adalah sumber kekuasaan.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Apakah isi dari kitab I-II Tawarikh?
  2. Sebutkanlah pelajaran rohani yang saudara terima setelah pelajaran ini.

Intisari: 1 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) Sejarah kerohanian bangsa Israel TENTANG APA I TAWARIKH? I Tawarikh merupakan buku sejarah yang khususnya menceritakan pemerintahan Raja Daud (1000-9

Sejarah kerohanian bangsa Israel

TENTANG APA I TAWARIKH?
I Tawarikh merupakan buku sejarah yang khususnya menceritakan pemerintahan Raja Daud (1000-961 SM). Pasal-pasal pembukaan (1Ta 1-9) merupakan ringkasan tentang sejarah mula-mula bangsa Israel dengan menuliskan silsilah keturunan yang dimulai dari Adam dan seterusnya. Kitab ini secara singkat juga menyebutkan kejatuhan Saul dan kenaikan Salomo. Tetapi, sisanya melulu bercerita mengenai Daud.

BAGAIMANA CARA PENULISAN I TAWARIKH?
I Tawarikh tidak ditulis oleh seorang penulis, tetapi oleh seorang penyusun tulisan yang dengan pandainya menggabungkan sejumlah tulisan yang terdahulu (lihat 1Ta 9:1; 29:29,30) untuk dijadikan suatu kesatuan sejarah. Tradisi Yahudi menegaskan bahwa si penyusun itu ialah Ezra.
Kitab ini merupakan bagian dari suatu karya yang terdiri dari empat jilid, yang termasuk didalamnya 2 Tawarikh, Ezra dan Nehemia.
Ada beberapa usul mengenai masa penyusunan kitab itu. Jika Ezra dianggap sebagai penyunting, maka kitab itu boleh jadi disusun dalam abad keempat sebelum Masehi.

MENGAPA I TAWARIKH DITULIS?
Kisah sejarah yang terdapat dalam I Tawarikh ditulis dengan suatu tujuan tertentu; tidak hanya mencatat fakta-fakta sejarah, tetapi juga mengemukakan arti dari apa yang terjadi. 1 Tawarikh merupakan kitab sejarah yang ditulis menurut pandangan Tuhan. Kitab ini ditulis pada waktu umat Allah hidup dalam lingkungan yang bersiifat sangat duniawi. Negeri mereka telah hancur karena perang, akibatnya banyak dari mereka yang runtuh imannya. Mereka tidak lagi dapat melihat campur tangan Allah dalam masalah-masalah mereka atau percaya bahwa Dia adalah Allah yang menepati apa yang telah dijanjikannya. I Tawarikh menjelaskan mengapa peristiwa sejarah berjalan sedemikian rupa dan mengapa masih mungkin menekuni iman.

APAKAH 1 TAWARIKH DAPAT DIPERCAYA?
Si penyusun seakan-akan memilih peristiwa sejarah untuk membuktikan argumentasinya, dan sebagai akibatnya banyak fakta sejarah bangsa Israel yang terlewatkan dan gambaran sejarah yang disusunnya agak berbeda dengan yang ditemukan dalam Samuel atau Raja-raja. Dari kisah-kisah yang dihilangkan terdapat kisah Elia dan peristiwa-peristiwa yang kurang berkenan dalam kehidupan Daud. Walaupun demikian, tidak dapat dikatakan bahwa I Tawarikh tidak akurat. Si penyusun tidak mengada-ada, ia semata-mata memakai apa yang ada untuk menarik pelajaran tertentu untuk masa itu. Sejarah masih ditulis dengan cara seperti itu. Sebenarnya, sukar untuk menulis sejarah tanpa memilih fakta yang dapat dibuktikan. dan itulah yang dilakukan oleh si Penyusun.

Pesan

I Tawarikh semata-mata berisi tentang hubungan bangsa Israel dengan Allah. Kitab itu menekankan hal-hal berikut:

1. Perlunya beribadah
o Ibadah seharusnya dilaksanakan dengan:
o Penuh suka cita. Penyampaian rasa terima kasih kepada Allah banyak kita jumpai dalam kitab ini. 1Ta 13:8; 15:16; 16:4-36; 29:22
o Diwarnai dengan musik. Musik ditambahkan ke dalam suka cita dan pujian. 1Ta 13:8; 15:16,28; 25:3,6,7
o Benar. Mereka tidak terbawa arus suka cita dan tidak menyembah Allah semau mereka sendiri. Ibadah mereka dilakukan sesuai dengan hukum Allah. 1Ta 15:2,12-15; 16:1,40; 23:31; 24:19
o Murni. Baik penyucian maupun pengakuan dosa amat penting supaya ibadah kita menyenangkan hati Tuhan. 1Ta 15:12-15; 23:28
o Kerendahan hati. Doa-doa Daud menekankan betapa murahnya Allah dan tidak layaknya kita untuk menerima kemurahan-Nya. Daud merasa ia tidak layak di hadapan Allah. 1Ta 16:29,30; 17:16-27; 29:10-19

2. Perlunya ketaatan
o Saul digulingkan karena ketidaktaatan. 1Ta 10:13,14; 1Sa 28:3-25
o Uza dibunuh karena ketidaktaatan. 1Ta 13:9,10; 15:2
o Daud diberkati karena keinginan untuk mencari kehendak Allah dan menaatinya. 1Ta 14:2; 14:10,14; 17:1-27; 22:13

3. Perlunya percaya
Allah dapat dipercaya karena:
o Janji-janji-Nya menjadi kenyataan. 1Ta 11:2,3; 12:23; 17:26; 27:23
o Ia menentukan hasil peperangan. 1Ta 14:10-17; 18:13; 19:13
o Ia mengendalikan hari depan. 1Ta 17:9-14

4. Perlunya pelayanan
o yang terbaik bagi Allah 1Ta 13:7; 22:5
o yang menjadikan waspada terhadap godaan. 1Ta 21:1
o yang penuh pengorbanan. 1Ta 21:24
o yang sepenuh hati. 1Ta 28:9
o yang penuh keikhlasan 1Ta 28:9

Penerapan

1. Pesan untuk Gereja
o Ibadah harus merupakan:
- suatu upacara yang menyenangkan.
- pernyataan terima kasih yang diwarnai dengan musik.
- perayaan yang penuh hormat.
- pemujaan dengan penuh kerendahan hati.
o Pelayanan harus:
- dengan motivasi yang benar.
- dengan roh yang benar.
- tidak dengan sikap acuh tak acuh.
- yang terbaik bagi Allah.
o Pembangunan harus:
- mencerminkan kebesaran Allah.
- tidak membatasi visi kita tentang Allah.

2. Pesan bagi orang Kristen
o Percaya kepada Allah dengan sepenuh hati.
o Taatilah Allah dengan sungguh-sungguh.
o Layanilah Allah dengan penuh suka cita.

3. Pesan bagi orang yang belum percaya
o Allah bekerja di balik semua yang terjadi di dunia ini.
o Allah tidak boleh dipandang enteng.
o Tidak boleh berlaku jahat terhadap umat Allah.

Tema-tema Kunci

1. Apa yang dapat kita pelajari tentang doa
Pelajarilah doa-doa Daud (1Ta 16:8-36; 17:16-27; 29:10-19). Dengan cara bagaimana doa-doa Daud itu memberikan kepada kita suatu pola bagi doa-doa kita sendiri?

2. Apa yang dapat kita pelajari tentang pelayanan
Mudah saja untuk menghilangkan daftar nama-nama yang ada, tetapi dengan berbuat demikian berarti kita akan kehilangan beberapa fakta penting. Lihatlah beberapa daftar nama itu (misalnya 1Ta 12:23-37; 25:1-8) dan catatlah apa yang dapat kita pelajari tentang pelayanan Kristen melalui cara orang-orang ini melayani Daud.

3. Apa yang dapat kita pelajari tentang kegagalan
Dosa Daud dengan mengadakan sensus menunjukkan kepada kita bahwa kita harus selalu waspada godaan. Pelajarilah insiden itu (1Ta 21:1-22) dan lihatlah bagaimana Daud telah melakukan suatu kesalahan; bagaimana Daud menanggung segala akibatnya; pelajaran apa yang didapat oleh Daud, dan apa reaksinya, serta bagaimana pada akhirnya segala sesuatu berjalan dengan baik.

4. Apa yang dapat kita pelajari mengenai pembangunan
Orang Kristen dewasa ini sangat menekankan masalah pembangunan. Pelajarilah penolakan Allah untuk mengizinkan Daud membangun Rumah Tuhan (1Ta 17:3-15) dan persiapan yang dilakukan oleh Daud untuk Rumah Tuhan (1Ta 22:2-19). Sebutkan bahaya yang menyangkut pembangunan dan prinsip-prinsip apa yang dapat diungkapkan dari masalah itu?

5. Apa yang dapat kita pelajari mengenai pemilihan
Tema utama dari 1 Tawarikh ialah bahwa Allah memilih Daud dan keluarganya untuk memerintah Israel di Yerusalem (1Ta 16:13; 28:4-6,10; 29:1). Mengapa fakta ini ditekankan di sini, dan apa tujuan praktis dari doktrin mengenai pemilihan?

6. Apa yang dapat kita pelajari mengenai memberi
Prinsip apa yang diajarkan berkenaan dengan memberi bagi pekerjaan Allah (1Ta 29:3-5)? Telusurilah pengajaran dalam Perjanjian Baru (1Ko 16:1,2; 2Korintus 8 dan 2Ko 9) dan tulislah prinsip-prinsip lain yang Anda temukan disitu.

Garis Besar Intisari: 1 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) [1] SEJARAH KETURUNAN BANGSA ISRAEL 1Ta 1:1-9:44 1Ta 1:1-2:2Dari Adam sampai anak-anak Yakub 1Ta 2:3-4:23Keturunan Yehuda 1Ta 4:24-43Keturunan Si

[1] SEJARAH KETURUNAN BANGSA ISRAEL 1Ta 1:1-9:44

1Ta 1:1-2:2Dari Adam sampai anak-anak Yakub
1Ta 2:3-4:23Keturunan Yehuda
1Ta 4:24-43Keturunan Simeon
1Ta 5:1-10Keturunan Ruben
1Ta 5:11-22Keturunan Gad
1Ta 5:23-26Pemimpin-pemimpin suku Manasye yang berdosa
1Ta 6:1-53Keturuan Lewi
1Ta 6:54-81Kota-kota bangsa Lewi
1Ta 7:1-5Keturuan Isakhar
1Ta 7:6-12Keturunan Benyamin
1Ta 7:13Keturunan Naftali
1Ta 7:14-19Keturunan Manasye
1Ta 7:20-29Keturunan Efraim
1Ta 7:30-40Keturunan Asher
1Ta 8:1-40Keturunan Benyamin
1Ta 9:1-44Penduduk pertama Yerusalem sesudah pembuangan

[2] SEJARAH PEMERINTAHAN DAUD 1Ta 10:1-29:30

1Ta 10:1-14Hari-hari terakhir Saul
1Ta 11:1-3Daud menjadi raja
1Ta 11:4-9Daud menduduki Yerusalem
1Ta 11:10-47Pejuang-pejuang Daud yang gagah perkasa
1Ta 12:1-22Pendukung-pendukung Daud di Ziklag
1Ta 12:23-40Pasukan Daud di Hebron
1Ta 13:1-14Usaha yang gagal untuk memindahkan Tabut Perjanjian ke Yerusalem
1Ta 14:1-17Daud-raja seluruh Israel
1Ta 15:1-29Tabut perjanjian dibawa ke Yerusalem
1Ta 16:1-43Rasa syukur di Yerusalem
1Ta 17:1-27Permohonan Daud untuk membangun Rumah Tuhan ditolak
1Ta 18:1-20:8Kemenangan-kemenangan pasukan Daud
1Ta 21:1-22:1Daud mengadakan sensus dan hasilnya
1Ta 22:2-23:1Persiapan untuk mendirikan Rumah Tuhan
1Ta 23:2-26:32Daftar orang Lewi
1Ta 27:1-34Daftar pejabat pemerintahan

Kata-kata terakhir Daud:

1Ta 28:1-8kepada para pejabat
1Ta 28:9-21kepada Salomo
1Ta 29:1-9Kepada rakyatnya
1Ta 29:10-19Kepada Allahnya
1Ta 29:20-30Daud meninggal
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #10: Klik ikon untuk merubah tampilan teks alkitab menjadi per baris atau paragraf. [SEMUA]
dibuat dalam 0.44 detik
dipersembahkan oleh YLSA