kecilkan semua  

Teks -- 1 Samuel 7:1-17 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
7:1 Lalu orang-orang Kiryat-Yearim datang, mereka mengangkut tabut TUHAN itu dan membawanya ke dalam rumah Abinadab yang di atas bukit. Dan Eleazar, anaknya, mereka kuduskan untuk menjaga tabut TUHAN itu.
Orang Filistin terpukul kalah dekat Mizpa
7:2 Sejak saat tabut itu tinggal di Kiryat-Yearim berlalulah waktu yang cukup lama, yakni dua puluh tahun, dan seluruh kaum Israel mengeluh kepada TUHAN. 7:3 Lalu berkatalah Samuel kepada seluruh kaum Israel demikian: "Jika kamu berbalik kepada TUHAN dengan segenap hati, maka jauhkanlah para allah asing dan para Asytoret dari tengah-tengahmu dan tujukan hatimu kepada TUHAN dan beribadahlah hanya kepada-Nya; maka Ia akan melepaskan kamu dari tangan orang Filistin." 7:4 Kemudian orang-orang Israel menjauhkan para Baal dan para Asytoret dan beribadah hanya kepada TUHAN. 7:5 Lalu berkatalah Samuel: "Kumpulkanlah segenap orang Israel ke Mizpa; maka aku akan berdoa untuk kamu kepada TUHAN." 7:6 Setelah berkumpul di Mizpa, mereka menimba air dan mencurahkannya di hadapan TUHAN. Mereka juga berpuasa pada hari itu dan berkata di sana: "Kami telah berdosa kepada TUHAN." Dan Samuel menghakimi orang Israel di Mizpa. 7:7 Ketika didengar orang Filistin, bahwa orang Israel telah berkumpul di Mizpa, majulah raja-raja kota orang Filistin mendatangi orang Israel. Serta didengar orang Israel demikian, maka ketakutanlah mereka terhadap orang Filistin. 7:8 Lalu kata orang Israel kepada Samuel: "Janganlah berhenti berseru bagi kami kepada TUHAN, Allah kita, supaya Ia menyelamatkan kami dari tangan orang Filistin itu." 7:9 Sesudah itu Samuel mengambil seekor anak domba yang menyusu, lalu mempersembahkan seluruhnya kepada TUHAN sebagai korban bakaran. Dan ketika Samuel berseru kepada TUHAN bagi orang Israel, maka TUHAN menjawab dia. 7:10 Sedang Samuel mempersembahkan korban bakaran itu, majulah orang Filistin berperang melawan orang Israel. Tetapi pada hari itu TUHAN mengguntur dengan bunyi yang hebat ke atas orang Filistin dan mengacaukan mereka, sehingga mereka terpukul kalah oleh orang Israel. 7:11 Keluarlah orang-orang Israel dari Mizpa, mengejar orang Filistin itu dan memukul mereka kalah sampai hilir Bet-Kar. 7:12 Kemudian Samuel mengambil sebuah batu dan mendirikannya antara Mizpa dan Yesana; ia menamainya Eben-Haezer, katanya: "Sampai di sini TUHAN menolong kita." 7:13 Demikianlah orang Filistin itu ditundukkan dan tidak lagi memasuki daerah Israel. Tangan TUHAN melawan orang Filistin seumur hidup Samuel, 7:14 dan kota-kota yang diambil orang Filistin dari pada Israel, kembali pula kepada Israel, mulai dari Ekron sampai Gat; dan orang Israel merebut daerah sekitarnya dari tangan orang Filistin. Antara orang Israel dan orang Amori ada damai.
Samuel sebagai hakim
7:15 Samuel memerintah sebagai hakim atas orang Israel seumur hidupnya. 7:16 Dari tahun ke tahun ia berkeliling ke Betel, Gilgal dan Mizpa, dan memerintah atas orang Israel di segala tempat itu, 7:17 lalu ia kembali ke Rama, sebab di sanalah rumahnya dan di sanalah ia memerintah atas orang Israel; dan di sana ia mendirikan mezbah bagi TUHAN.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Abinadab the Levite who received the ark back from the Philistines,the son of Jesse, David's brother,the son of Saul of Benjami
 · Amori members of a pre-Israel Semitic tribe from Mesopotamia
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Asytoret a goddess
 · Baal a pagan god,a title of a pagan god,a town in the Negeb on the border of Simeon and Judah,son of Reaiah son of Micah; a descendant of Reuben,the forth son of Jeiel, the Benjamite
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Betel a town of Benjamin bordering Ephraim 18 km north of Jerusalem
 · Eben-Haezer a place just west of Aphek in Manasseh,a place near Bethel in Benjamin
 · Ekron a town in the western foothills of Judah,residents of the town of Ekron
 · Eleazar a son of Eliud; the father of Matthan; an ancestor of Jesus.,a chief priest; son of Aaron,son of Abinadab; caretaker of the Ark at Kiriath-Jearim,son of Dodo the Ahohite; one of David's military elite,son of Mahli the Levite,a priest who participated in the dedication of the wall,a priest under Ezra; son of Phinehas,a layman of the Parosh clan who put away his heathen wife
 · Filistea the country of the Philistines which was the coastal plain of southwestern Palestine
 · Filistin a sea people coming from Crete in 1200BC to the coast of Canaan
 · Galilea a place where Israel encamped between Jericho and the Jordan,a town between Dor and Tirza in the territory of Ephraim (YC),a town just north of Joppa, originally a military base (YC),a place 12 miles south of Shechem now called Jiljiliah (YC)
 · Gat a town of the Anakim and Philistines in Judah 12 km south. of Ekron
 · Gilgal a place where Israel encamped between Jericho and the Jordan,a town between Dor and Tirza in the territory of Ephraim (YC),a town just north of Joppa, originally a military base (YC),a place 12 miles south of Shechem now called Jiljiliah (YC)
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · orang Amori a member of a pre-Israel Semitic tribe,a pre-Israel Semitic tribe from the city of Mari in Mesopotamia
 · orang Filistin a sea people coming from Crete in 1200BC to the coast of Canaan
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Amori members of a pre-Israel Semitic tribe from Mesopotamia
 · orang-orang Filistin a sea people coming from Crete in 1200BC to the coast of Canaan
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Rama a town 8 km north of Jerusalem,a town of Simeon,a town of Benjamin 9 km north of Jerusalem and 8 km south of Bethel (OS),a town on the border of Asher (OS),a town of Ephraim 10 km SE of Aphek, and 25 km east of Joppa,a town in Gilead 50-60 km east of Beth-Shan
 · Samuel son of Ammihud; Moses' land distribution deputy for Simeon,son of Tola son of Issachar
 · seorang Filistin a sea people coming from Crete in 1200BC to the coast of Canaan
 · seorang Ismael a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · suku Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · tanah Filistin the country of the Philistines which was the coastal plain of southwestern Palestine


Topik/Tema Kamus: Samuel | Orang Filistin | Hakim Yang Luar Biasa | Hakim Israel | Astarte | Tabut Perjanjian | Berita Ganda | Korban Bakaran | Imam | Hati | Marah, Kemarahan Tuhan Allah | Puasa | Taat, Ketaatan Kepada Allah | Sembah, Penyembahan Berhala | Orang Amori | Mezbah | Aku, Pengakuan Dosa | Hukum Dan Pembinaan Hukum | Ekron | Sen | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: 1Sam 7:3 - JIKA KAMU BERBALIK KEPADA TUHAN ... MAKA IA AKAN MELEPASKAN KAMU. Nas : 1Sam 7:3 Samuel menekankan prinsip alkitabiah bahwa apabila umat Allah berharap untuk menerima perlindungan dan pembebasan-Nya, mereka pertam...

Nas : 1Sam 7:3

Samuel menekankan prinsip alkitabiah bahwa apabila umat Allah berharap untuk menerima perlindungan dan pembebasan-Nya, mereka pertama-tama harus berbalik kepada-Nya dengan segenap hati dan membuang semua bentuk penyembahan berhala dan kompromi (bd. Rom 12:1-2). Semua orang yang dengan sungguh-sungguh ingin menyenangkan Allah dapat mengharapkan pemeliharaan, berkat, dan pembebasan Allah (bd. Kel 23:22; Ul 20:1-4; Yos 1:5-9).

Full Life: 1Sam 7:8 - JANGANLAH BERHENTI BERSERU ... KEPADA TUHAN. Nas : 1Sam 7:8 Sepanjang hidup kita, kemenangan atas musuh-musuh rohani tergantung pada doa yang tak berkeputusan kepada Allah. Doa membawa Allah k...

Nas : 1Sam 7:8

Sepanjang hidup kita, kemenangan atas musuh-musuh rohani tergantung pada doa yang tak berkeputusan kepada Allah. Doa membawa Allah ke dalam setiap aspek kehidupan kita: pekerjaan, rencana, keluarga, persoalan, dan keberhasilan kita

(lihat cat. --> Luk 18:1;

lihat cat. --> Luk 18:7).

[atau ref. Luk 18:1,7]

Mengabaikan doa membuka diri kita terhadap serangan Iblis dan kekalahan kita. Jawaban Samuel terhadap permohonan bangsa itu (ayat 1Sam 7:9) adalah mempersembahkan seekor anak domba sebagai korban bakaran, selaku tanda pembaharuan penyerahan kepada Tuhan, dan memanjatkan doa-doa demi bangsa itu.

Jerusalem: 1Sam 7:1 - mereka kuduskan Eleazar ditahbiskan menjadi petugas tempat kudus, meskipun ia bukan orang Lewi, bdk Hak 17:5.

Eleazar ditahbiskan menjadi petugas tempat kudus, meskipun ia bukan orang Lewi, bdk Hak 17:5.

Jerusalem: 1Sam 7:2-17 - -- Bab ini tidak meneruskan bab 6. Dalam bab 6 Samuel tidak berperan, sedangkan dalam bab 7 ini ia menjadi pelaku utama. Sementara ahli menganggap bagian...

Bab ini tidak meneruskan bab 6. Dalam bab 6 Samuel tidak berperan, sedangkan dalam bab 7 ini ia menjadi pelaku utama. Sementara ahli menganggap bagian ini sebagai pendahuluan sebuah kisah khusus mengenai diangkatnya raja pertama di Israel. Kisah itu terdapat dalam bab 8;10;17-24 dan 12. Kisah itu menentang pemerintahan berupa kerajaan. Tetapi pendapat itu kiranya kurang tepat. Sebaliknya, 1Sa 7:2-17 merupakan sebuah tradisi khusus yang berasal dari tempat kudus Mizpa. Tradisi itu bermaksud menjelaskan nama Eben-Haezer dengan sebuah tradisi tentang pertolongan yang diberikan Tuhan sebagai tanggapanNya atas sebuah upacara tobat. Samuel berlaku sebagai perantara, mirip dengan Musa, Kel 32:11+; Yer 15:1, dan bertindak sebagai hakim, serupa dengan Musa pula, Kel 18:13 dst. Menurut 1Sa 15-17 Samuel serta anak-anaknya sesudahnya, 1Sa 8:1-3, menjadi "hakim-hakim kecil" yang terakhir, Hak 10:1-5; 12:8-15 1Sa 6:13-14 menjadikan Samuel Hakim besar, seorang penyelamat. Tetapi ini tidak sesuai dengan 1Sa 9:16; 10:5; 13-14. Saul berusaha membebaskan wilayah Israel dan Daudlah yang berhasil.

Jerusalem: 1Sam 7:5 - Mizpa Mizpa adalah sebuah tempat kudus di mana suku-suku dahulu berkumpul, 1Sa 6; 10:17-24; bdk Hak 20:1,3; 21:1,5,8. Mizpa ini perlu dibedakan dengan Mizpa...

Mizpa adalah sebuah tempat kudus di mana suku-suku dahulu berkumpul, 1Sa 6; 10:17-24; bdk Hak 20:1,3; 21:1,5,8. Mizpa ini perlu dibedakan dengan Mizpa yang disebut dalam 1Ra 15:22 dan Yer 40:14. Mizpa ini terletak di tempat yang sekarang disebut Tell en-Nasbeh; tempat ini baru sesudah zaman raja Salomo didiami banyak orang Israel. Mizpa adalah sebuah nama yang lazim; ia berarti: kawalan, penjagaan. Ada orang yang berpendapat bahwa Mizpa yang disebut dalam kitab Hakim dan Samuel sama dengan bukit Nebi-Samwil sekarang. Ini memang sebuah tempat kawalan dan penjagaan yang baik. Ia terletak di sebelah utara kota Yerusalem. Tempat itu dikatakan sama dengan "bukit pengorbanan di Gibeon", bukit pengorbanan yang paling penting di zaman raja Salomo.

Jerusalem: 1Sam 7:11 - Bet-Kar Tidak diketahui di mana letaknya tempat ini.

Tidak diketahui di mana letaknya tempat ini.

Jerusalem: 1Sam 7:12 - Eben-Haezer Nama itu berarti: batu pertolongan. Tempat ini lain dari Eben-Haezer yang disebut dalam 1Sa 4:1.

Nama itu berarti: batu pertolongan. Tempat ini lain dari Eben-Haezer yang disebut dalam 1Sa 4:1.

Ende: 1Sam 4:1--7:1 - -- Disini mulailah suatu kisah lain mengenai Peti Perdjandjian dan peperangan dengan orang2 Felesjet, jang mengalahkan serta hampir membinasakan bangsa I...

Disini mulailah suatu kisah lain mengenai Peti Perdjandjian dan peperangan dengan orang2 Felesjet, jang mengalahkan serta hampir membinasakan bangsa Israil. Untuk mentjegah bahaja jang mahabesar, maka muntjullah keradjaan di Israil. Hubungan2 tjerita ini dengan kisah mengenai Sjemuel sangat tipis sekali. Tokoh Sjemuel disini samasekali tidak nampak.

Ende: 1Sam 7:1 - -- Kirjat-Je'arim adalah sebuah kota jang tidak aseli Jahudi dan penduduknja adalah tjampuran orang Israil dan orang kafir. Demikianlah Peti Perdjandjian...

Kirjat-Je'arim adalah sebuah kota jang tidak aseli Jahudi dan penduduknja adalah tjampuran orang Israil dan orang kafir. Demikianlah Peti Perdjandjian ada dalam daerah jang bukan daerah Israil dan bukan daerah Felesjet, jang ke-dua2nja ditimpa bentjana karena peti itu. Barangkali orang mau dengan djalan ini mentjegah daja jang berbahaja dari Peti itu.

Ende: 1Sam 7:2-17 - -- Disini Sjemuel nampak bukannja sebagai imam sadja, melainkan djuga, dan lebih2 sebagai pemimpin bangsanja dan nabi, dalam djangka waktu jang sengit se...

Disini Sjemuel nampak bukannja sebagai imam sadja, melainkan djuga, dan lebih2 sebagai pemimpin bangsanja dan nabi, dalam djangka waktu jang sengit sekali, lebih sengit daripada digambarkan disini. Iapun tidak memimpin seluruh Israil, melainkan sebagian sadja.

Beberapa peristiwa dari riwajat hidupnja, disambung disini, walaupun sebenarnja tidak tersambung. Gaja bahasa bagian ini sangat serupa dengan gaja bahasa Kitab Hakim@.

Ende: 1Sam 7:4 - -- Ba'al dan Asjtoret adalah dewa-dewi setempat di Kena'an.

Ba'al dan Asjtoret adalah dewa-dewi setempat di Kena'an.

Ende: 1Sam 7:6 - -- Selain ditempat ini "mentjurahkan air" tidak dikenal dalam ibadat Israil. Rupa2nja sematjam upatjara pertapaan, sedjadjar dengan puasa.

Selain ditempat ini "mentjurahkan air" tidak dikenal dalam ibadat Israil. Rupa2nja sematjam upatjara pertapaan, sedjadjar dengan puasa.

Ende: 1Sam 7:12 - -- Batu ini adalah sebuah tugu peringatan dan tjeritera ini mau memberi keterangan, sebab apa tempat tertentu disebut "Eben-ha-'Ezer" (Eben -- batu).

Batu ini adalah sebuah tugu peringatan dan tjeritera ini mau memberi keterangan, sebab apa tempat tertentu disebut "Eben-ha-'Ezer" (Eben -- batu).

Ende: 1Sam 7:14 - -- Orang2 Amor adalah bangsa bumi putera Kena'an.

Orang2 Amor adalah bangsa bumi putera Kena'an.

Ende: 1Sam 7:16 - -- Djadi Sjemuel memimpin hanja wilajah Efraim, bukannja seluruh Israil!

Djadi Sjemuel memimpin hanja wilajah Efraim, bukannja seluruh Israil!

Endetn: 1Sam 7:6 - -- Ditinggalkan "disana", menurut terdjemahan Junani.

Ditinggalkan "disana", menurut terdjemahan Junani.

Ref. Silang FULL: 1Sam 7:1 - mengangkut tabut // rumah Abinadab · mengangkut tabut: Yos 6:7; Yos 6:7 · rumah Abinadab: 2Sam 6:3; 1Taw 13:7

· mengangkut tabut: Yos 6:7; [Lihat FULL. Yos 6:7]

· rumah Abinadab: 2Sam 6:3; 1Taw 13:7

Ref. Silang FULL: 1Sam 7:2 - di Kiryat-Yearim // kepada Tuhan · di Kiryat-Yearim: 1Taw 13:5; Mazm 132:6 · kepada Tuhan: 1Taw 13:3

· di Kiryat-Yearim: 1Taw 13:5; Mazm 132:6

· kepada Tuhan: 1Taw 13:3

Ref. Silang FULL: 1Sam 7:3 - kamu berbalik // maka jauhkanlah // para Asytoret // dan tujukan // beribadahlah hanya // akan melepaskan · kamu berbalik: Ul 30:10; 2Raj 18:5; 23:25; Yer 24:7 · maka jauhkanlah: Kej 31:19; Kej 31:19; Yos 24:14; Yos 24:14 · para Asytor...

· kamu berbalik: Ul 30:10; 2Raj 18:5; 23:25; Yer 24:7

· maka jauhkanlah: Kej 31:19; [Lihat FULL. Kej 31:19]; Yos 24:14; [Lihat FULL. Yos 24:14]

· para Asytoret: Hak 2:12-13; [Lihat FULL. Hak 2:12]; [Lihat FULL. Hak 2:13]; 1Sam 12:10; 31:10

· dan tujukan: Yoel 2:12

· beribadahlah hanya: Ul 6:13; [Lihat FULL. Ul 6:13]; Mat 4:10; Luk 4:8

· akan melepaskan: Hak 2:18; [Lihat FULL. Hak 2:18]

Ref. Silang FULL: 1Sam 7:5 - berkatalah Samuel // ke Mizpa // akan berdoa · berkatalah Samuel: 1Sam 1:20; 1Sam 1:20; Mazm 99:6; Yer 15:1 · ke Mizpa: Yos 11:3; Yos 11:3; Hak 21:5; 1Sam 10:17 · akan berdoa...

· berkatalah Samuel: 1Sam 1:20; [Lihat FULL. 1Sam 1:20]; Mazm 99:6; Yer 15:1

· ke Mizpa: Yos 11:3; [Lihat FULL. Yos 11:3]; Hak 21:5; 1Sam 10:17

· akan berdoa: 1Sam 7:8; [Lihat FULL. 1Sam 7:8]; Kej 20:7; [Lihat FULL. Kej 20:7]; Ul 9:19; [Lihat FULL. Ul 9:19]

Ref. Silang FULL: 1Sam 7:6 - di Mizpa // dan mencurahkannya // Samuel menghakimi · di Mizpa: Yos 11:3; Yos 11:3 · dan mencurahkannya: Rat 2:19 · Samuel menghakimi: Hak 2:16; Hak 2:16; Hak 16:31; Hak 16:31

· di Mizpa: Yos 11:3; [Lihat FULL. Yos 11:3]

· dan mencurahkannya: Rat 2:19

· Samuel menghakimi: Hak 2:16; [Lihat FULL. Hak 2:16]; Hak 16:31; [Lihat FULL. Hak 16:31]

Ref. Silang FULL: 1Sam 7:7 - maka ketakutanlah · maka ketakutanlah: 1Sam 17:11

· maka ketakutanlah: 1Sam 17:11

Ref. Silang FULL: 1Sam 7:8 - berhenti berseru · berhenti berseru: 1Sam 7:5; Kel 32:30; Kel 32:30; Bil 21:7; Bil 21:7; 1Sam 12:19,23; 1Raj 18:24; Yes 37:4; Yer 15:1; 27:18

· berhenti berseru: 1Sam 7:5; Kel 32:30; [Lihat FULL. Kel 32:30]; Bil 21:7; [Lihat FULL. Bil 21:7]; 1Sam 12:19,23; 1Raj 18:24; Yes 37:4; Yer 15:1; 27:18

Ref. Silang FULL: 1Sam 7:9 - itu Samuel // menjawab dia · itu Samuel: Mazm 99:6 · menjawab dia: Kel 32:11; Kel 32:11; Ul 9:19; Ul 9:19

· itu Samuel: Mazm 99:6

· menjawab dia: Kel 32:11; [Lihat FULL. Kel 32:11]; Ul 9:19; [Lihat FULL. Ul 9:19]

Ref. Silang FULL: 1Sam 7:10 - Tuhan mengguntur // dan mengacaukan · Tuhan mengguntur: Kel 9:23; Kel 9:23; 1Sam 2:10; 1Sam 2:10 · dan mengacaukan: Kej 35:5; Kej 35:5; Kel 14:24; Kel 14:24

· Tuhan mengguntur: Kel 9:23; [Lihat FULL. Kel 9:23]; 1Sam 2:10; [Lihat FULL. 1Sam 2:10]

· dan mengacaukan: Kej 35:5; [Lihat FULL. Kej 35:5]; Kel 14:24; [Lihat FULL. Kel 14:24]

Ref. Silang FULL: 1Sam 7:12 - sebuah batu // menamainya Eben-Haezer · sebuah batu: Kej 28:22; Kej 28:22; Ul 27:2; Ul 27:2; Yos 4:9 · menamainya Eben-Haezer: 1Sam 4:1; 1Sam 4:1

· sebuah batu: Kej 28:22; [Lihat FULL. Kej 28:22]; Ul 27:2; [Lihat FULL. Ul 27:2]; Yos 4:9

· menamainya Eben-Haezer: 1Sam 4:1; [Lihat FULL. 1Sam 4:1]

Ref. Silang FULL: 1Sam 7:13 - itu ditundukkan · itu ditundukkan: Hak 13:1,5

· itu ditundukkan: Hak 13:1,5

Ref. Silang FULL: 1Sam 7:14 - dari Ekron // orang Amori · dari Ekron: Yos 13:3; Yos 13:3 · orang Amori: Hak 1:34; Hak 1:34

· dari Ekron: Yos 13:3; [Lihat FULL. Yos 13:3]

· orang Amori: Hak 1:34; [Lihat FULL. Hak 1:34]

Ref. Silang FULL: 1Sam 7:15 - Samuel // sebagai hakim // Israel seumur · Samuel: 1Sam 7:6; 1Sam 12:11 · sebagai hakim: Hak 2:16; Hak 2:16 · Israel seumur: Hak 2:18

· Samuel: 1Sam 7:6; 1Sam 12:11

· sebagai hakim: Hak 2:16; [Lihat FULL. Hak 2:16]

· Israel seumur: Hak 2:18

Ref. Silang FULL: 1Sam 7:16 - ke Betel // Gilgal // dan memerintah · ke Betel: Kej 12:8; Kej 12:8 · Gilgal: Yos 10:43; Yos 10:43; 1Sam 10:8; 1Sam 10:8; Am 5:5 · dan memerintah: 1Sam 7:6; Kis 13:20...

· ke Betel: Kej 12:8; [Lihat FULL. Kej 12:8]

· Gilgal: Yos 10:43; [Lihat FULL. Yos 10:43]; 1Sam 10:8; [Lihat FULL. 1Sam 10:8]; Am 5:5

· dan memerintah: 1Sam 7:6; Kis 13:20

Ref. Silang FULL: 1Sam 7:17 - ke Rama // ia memerintah // mendirikan mezbah · ke Rama: Yos 18:25; Yos 18:25; 1Sam 8:4; 15:34; 19:18; 25:1; 28:3 · ia memerintah: 1Sam 7:6 · mendirikan mezbah: 1Sam 9:12; 14:...

· ke Rama: Yos 18:25; [Lihat FULL. Yos 18:25]; 1Sam 8:4; 15:34; 19:18; 25:1; 28:3

· ia memerintah: 1Sam 7:6

· mendirikan mezbah: 1Sam 9:12; 14:35; 20:6; 2Sam 24:25

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: 1Sam 7:3 - Para Asytoret 3. Para Asytoret. Nama dewi yang oleh orang Babilonia dinamakan Istar dan oleh orang Yunani Astarte (31:10). Dewi Asytoret termasuk dewi yang tertua d...

3. Para Asytoret. Nama dewi yang oleh orang Babilonia dinamakan Istar dan oleh orang Yunani Astarte (31:10). Dewi Asytoret termasuk dewi yang tertua dan paling luas penyebarannya di antara para dewa orang Semit. Di antara bangsa-bangsa Semit barat, dewi ini adalah dewi kesuburan dan hubungan seksual. Oleh karena itu, upacara penyembahan dewi ini sangat menjijikkan secara moral. Nama sang dewi yang sangat mungkin diucapkan sebagai Astart di Palestina (dari situlah kemudian muncul bentuk ucapan Yunani), sedangkan bentuk tradisional, Asytoret, merupakan pengalihan yang disengaja dari huruf hidup kata bosheth ("memalukan") ketika mengucapkan nama dewi ini.

Wycliffe: 1Sam 7:4 - Para Baal 4. Para Baal. Baal merupakan dewa utama di antara bangsa-bangsa Finisia dan Kanaan. Di dalam tulisan-tulisan Ras Shamra dewa ini disebut sebagai putra...

4. Para Baal. Baal merupakan dewa utama di antara bangsa-bangsa Finisia dan Kanaan. Di dalam tulisan-tulisan Ras Shamra dewa ini disebut sebagai putra dewa Dagon dan merupakan ahli Waris takhta El. Baal adalah dewa kesuburan yang bersemayam di langit dari mana dia menyuburkan tanah dan dengan demikian juga mengendalikan alam. Agama Baal sedang populer ketika Israel menyerbu memasuki Kanaan, dan persamaannya yang banyak dengan penyembahan Ibrani terhadap Yehova menjadikan agama Baal dengan cepat bercampur pada banyak komunitas Israel. Pelayanan Nabi Elia dan Elisa ditujukan untuk menentang penyembahan Baal dan sejumlah raja ikut bergabung di dalam usaha tersebut.

Wycliffe: 1Sam 7:5 - Mizpa // Aku akan berdoa untuk kamu kepada Tuhan 5. Mizpa. Mizpa adalah tempat pertemuan sidang nasional pada dua kesempatan penting lain - yaitu saat perang dinyatakan terhadap suku Benyamin (Hak. 2...

5. Mizpa. Mizpa adalah tempat pertemuan sidang nasional pada dua kesempatan penting lain - yaitu saat perang dinyatakan terhadap suku Benyamin (Hak. 20), dan ketika Saul terpilih menjadi raja (I Sam. 10:17). Ada dua tempat serupa yang ditunjukkan: Nebi Samwil, sebuah dataran tinggi yang terletak sekitar lima mil di sebelah utara Yerusalem yang secara tradisional dianggap tempat tinggal Gedalya (gubernur Yehuda yang ditugaskan oleh Nebukadnezar; II Raj. 25:23), dan tempat terjadinya penghinaan nasional yang lain pada zaman pemerintahan Yudas Makabe (1 Mak. 3:44 dst.); serta Gunung Skopus yang terletak langsung di sebelah timur Laut Yerusalem. Akibat kesamaan arti dari kata Mizpa - menara pengawas, dan Skopus - pengawas, sebagian pakar lebih memilih tempat yang disebutkan belakangan. Aku akan berdoa untuk kamu kepada Tuhan. Samuel adalah anak hasil doa dan juga seorang pendoa (8:6; 12:19, 23). Dalam Yeremia 15:1 Musa dan Samuel disebut sebagai orang yang tekun berdoa.

Wycliffe: 1Sam 7:6 - Mencurahkannya // Menghakimi 6. Mencurahkannya. Mencurahkan air sebagai tanda pertobatan hanya terdapat di bagian ini saja. Upacara yang paling mirip ialah pencurahan air dari kol...

6. Mencurahkannya. Mencurahkan air sebagai tanda pertobatan hanya terdapat di bagian ini saja. Upacara yang paling mirip ialah pencurahan air dari kolam Siloam di dalam lingkungan Bait Suci pada hari terakhir Perayaan Pondok Daun selaku peringatan akan penganugerahan air dari gunung batu di dalam Kitab Keluaran. Menghakimi. Samuel mempunyai tugas ganda - sipil dan militer. Sebagai hakim sipil, Samuel melakukan apa yang dilakukan juga oleh Musa - mengadili "antara yang seorang dan yang lain," serta "memberitahukan kepada mereka ketetapan-ketetapan dan keputusan-keputusan Allah" (Kel. 18:16). Selaku hakim militer, Samuel melakukan apa yang juga telah dilakukan oleh Otniel, Ehud, Barak dan Gideon sebelumnya - mengatur dan menyusun umat itu untuk secara berhasil guna melawan para penindas mereka dan menuntun mereka kepada kemenangan.

Wycliffe: 1Sam 7:14 - Orang Amori 14. Orang Amori. Di dalam sejumlah nas di dalam Alkitab, nama Amori (pendatang dari barat) dipakai secara bebas untuk para penduduk asli Kanaan pada u...

14. Orang Amori. Di dalam sejumlah nas di dalam Alkitab, nama Amori (pendatang dari barat) dipakai secara bebas untuk para penduduk asli Kanaan pada umumnya. Hamurabi merupakan tokoh Amori yang terkenal.

Wycliffe: 1Sam 7:16 - Berkeliling 16. Berkeliling. Secara sukarela Samuel melaksanakan tugas sebagai hakim keliling untuk menolong orang-orang yang tinggal di berbagai distrik di neger...

16. Berkeliling. Secara sukarela Samuel melaksanakan tugas sebagai hakim keliling untuk menolong orang-orang yang tinggal di berbagai distrik di negeri itu dan untuk menyelesaikan sengketa-sengketa yang ada. Gilgal. Setelah Silo dihancurkan, Gilgal tampaknya menjadi pusat utama kehidupan religius dan sipil dari bangsa tersebut. Di sanalah Samuel menyelenggarakan pengadilan, sidang nasional diadakan (11:14) serta pasukan dikerahkan (13:4). Letaknya yang jauh dari pusat pemerintahan orang Filistin rupanya merupakan alasan pemilihan tempat itu.

Wycliffe: 1Sam 7:17 - Di sana ia mendirikan Mezbah bagi Tuhan 17. Di sana ia mendirikan Mezbah bagi Tuhan. Penyimpangan dari hukum yang terdapat di Ulangan 12:5, 13 ini mungkin disebabkan oleh kekacauan masyaraka...

17. Di sana ia mendirikan Mezbah bagi Tuhan. Penyimpangan dari hukum yang terdapat di Ulangan 12:5, 13 ini mungkin disebabkan oleh kekacauan masyarakat pada masa itu serta hancurnya Kemah Suci dan mezbahnya. Sebagai seorang yang saleh, Samuel ingin menghidupkan ibadahnya melalui doa dan persembahan kurban. Yehova mengizinkan pendirian altar tersebut dengan menerima tokoh dan pelayanan penyembah yang mendirikannya.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: 1Sam 6:1--7:1 - Mencoba kuasa Tuhan. (Rabu, 26 November 1997) Mencoba kuasa Tuhan. Putus asa melawan kuasa Allah, orang Filistin meminta nasihat kepada imam Dagon dan petenung (ayat 2). Nasihat mereka bertujuan m...

SH: 1Sam 6:19--7:17 - Tobat: kunci kemenangan (Selasa, 17 Juni 2008) Tobat: kunci kemenangan Tabut Allah memang sudah kembali ke wilayah Israel, tetapi perkenan Allah belum! Kekudusan Allah tetap menghajar umat-Nya...

SH: 1Sam 7:2-14 - Saat untuk bertobat. (Kamis, 27 November 1997) Saat untuk bertobat. Kita tidak mengetahui dengan jelas apa yang dibuat Samuel ketika tabut perjanjian ada di tanah Filistin dan di Kiryat-Yearim. Ket...

SH: 1Sam 7:15--8:22 - Bergantung pada manusia. (Jumat, 28 November 1997) Bergantung pada manusia. Ketika Samuel lanjut usia, timbul gagasan mengangkat seorang raja di antara umat Israel. Tiga alasannya: menjadi sama seperti...

Topik Teologia: 1Sam 7:2 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Berkomunikasi dengan Allah Mengaku kepada Allah Hasil-hasil Pengakuan Pen...

Topik Teologia: 1Sam 7:3 - -- Dosa Dosa-dosa Terhadap Allah Dosa-dosa Pencemaran Tempat Suci Penyembahan Berhala Penyembahan Berhala Dilarang ...

Topik Teologia: 1Sam 7:4 - -- Dosa Dosa-dosa Terhadap Allah Dosa-dosa Pencemaran Tempat Suci Penyembahan Berhala Penyembahan Berhala Dilarang ...

Topik Teologia: 1Sam 7:5 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Berkomunikasi dengan Allah Puasa Harus Disertai Pengakuan 1Sa 7:5-6 Neh 9:1-2 Dan 9:3-6...

Topik Teologia: 1Sam 7:6 - -- Pengudusan Pengudusan: Fakta yang Tergenapi dan Proses Pertumbuhan Pengudusan sebagai Pertumbuhan dalam Anugerah Sarana Pertumbuha...

Topik Teologia: 1Sam 7:8 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Berkomunikasi dengan Allah

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: 1 Samuel (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak Diketahui Tema : Kerajaan Teokratis Tanggal Penulisan: Akhir abad ke-10 SM Latar Belakang Di PL Ibrani, 1 dan ...

Full Life: 1 Samuel (Garis Besar) Garis Besar I. Samuel: Seorang Nabi yang Menjadi Pemimpin Israel (1Sam 1:1-8:22) A. Kelahiran Seorang Nabi yang Menja...

Ende: 1 Samuel (Pendahuluan Kitab) SJEMUEL PENDAHULUAN Kedua kitab Sjemuel mula2 hanjalah satu karja besar, jang malahan dilandjutkan dalan I Radja2. Kesatuan ini njatalah baik dari isi...

Wycliffe: 1 Samuel (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN 1 SAMUEL Judul. Judul kedua kitab ini berasal dari nama tokoh utamanya di awal I Samuel. Kata Ibrani Samuel memiliki banyak arti. Sekalip...

Wycliffe: 1 Samuel (Garis Besar) GARIS BESAR 1 SAMUEL I. Kehidupan dan Pelayanan Samuel (I Samuel 1:1-7:17) A. Kelahiran dan Masa Kanak-kanak Samuel (1:1-4:1a) ...

BIS: 1 Samuel (Pendahuluan Kitab) I SAMUEL PENGANTAR Buku I Samuel berisi sejarah Israel dalam masa peralihan dari zaman Hakim-hakim kepada zaman Raja-raja. Perubahan dalam kehidupan

I SAMUEL

PENGANTAR

Buku I Samuel berisi sejarah Israel dalam masa peralihan dari zaman Hakim-hakim kepada zaman Raja-raja. Perubahan dalam kehidupan nasional di Israel itu khususnya berkisar pada tiga orang: Nabi Samuel, Raja Saul, dan Raja Daud. Pengalaman-pengalaman Daud di masa mudanya sebelum ia menjabat raja, terjalin erat dengan kisah Samuel dan Saul.

Pokok buku ini, sama seperti kisah-kisah lainnya dalam Perjanjian Lama, ialah bahwa orang akan berhasil kalau setia kepada Allah, dan celaka kalau mendurhaka. Hal itu dinyatakan dengan jelas dalam 1Sam 2:30 ketika TUHAN berkata kepada Imam Eli, "Yang menghormati Aku, akan Kuhormati, tetapi yang menghina Aku akan Kuhina."

Dalam buku ini kita melihat perasaan yang berbeda-beda mengenai pembentukan kerajaan Israel. Memang TUHAN sendiri sudah dianggap raja di Israel, tetapi untuk menanggapi permohonan rakyat, Ia memilih seorang raja bagi mereka. Hal yang penting ialah bahwa baik raja maupun rakyat Israel hidup di bawah kedaulatan Allah, Hakim mereka (1Sam 2:7-10). Di bawah hukum-hukum Allah, haruslah dijamin hak seluruh rakyat, kaya maupun miskin.

Isi

  1.  Samuel sebagai pemimpin Israel
    1Sam 1:1-7:17
  2.  Saul menjadi raja
    1Sam 8:1-10:27
  3.  Tahun-tahun pertama pemerintahan Saul
    1Sam 11:1-15:35
  4.  Daud dan Saul
    1Sam 16:1-30:31
  5.  Wafatnya Saul dan putra-putranya
    1Sam 31:1-13

Ajaran: 1 Samuel (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya anggota jemaat, dengan mengetahui isi kitab I Samuel, dapat mengerti bahwa kesejahteraan umat Allah tergantung dari kesetiaannya melak

Tujuan

Supaya anggota jemaat, dengan mengetahui isi kitab I Samuel, dapat mengerti bahwa kesejahteraan umat Allah tergantung dari kesetiaannya melaksanakan perintah dan kehendak Allah.

Pendahuluan

Penulis : Samuel.

Isi Kitab: Kitab I Samuel terdiri dari 31 pasal. Kitab I Samuel menceritakan tentang tiga tokoh utama dari bangsa Israel: nabi Samuel, raja Saul, dan raja Daud.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab I Samuel

  1. Pasal 1-8 (1Sam 1:1-8:22).

    Kehidupan Samuel Samuel bekerja dengan penuh usaha membangun kehidupan baik dan ketaatan agama bangsa Israel. Kemudian Samuel memegang jabatan hakim. Ia berhasil mengalahkan bangsa Filistin dan mempersatukan bangsa Israel (pasal 5-7; 1Sam 5:1-7:17).

    Pada waktu Samuel sudah menjadi tua, bangsa Israel ingin memiliki seorang raja, karena itu ia melakukan perintah Tuhan untuk melantik seorang raja, yakni Saul (pasal 8; 1Sam 8:1-22).

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 1Sam 1:20,26-28. Apakah arti nama Samuel? Dan apakah teladan yang baik dari Ibu Samuel?
    2. Bacalah pasal 1Sam 3:19-20; 8:15. Bagaimanakah kehidupan rohani Samuel? Berapa lamakah ia menjadi hakim atas orang Israel?
    3. Bacalah pasal 1Sam 8:19-22. Atas kehendak siapakah orang Israel meminta seorang raja?
  2. Pasal 9-15 (1Sam 9:1-15:35).

    Kehidupan raja Saul Raja Saul memulai pemerintahannya dengan berhasil, tetapi pada akhirnya menjadi tidak taat pada Firman Tuhan. Hal ini membuat Tuhan akhirnya menolak dia sebagai raja.

    Pendalaman

    1. Siapakah yang mengurapi Saul? (1Sam 10:1).
    2. Bacalah pasal 1Sam 15:10-11. Apakah yang menjadi kesalahan Saul? Bagaimanakah dengan kelakuan saudara?
  3. Pasal 16-31 (1Sam 16:1-31:13).

    Kehidupan Raja Daud Setelah Saul ditolak, maka Allah memilih Daud sebagai Raja, menggantikan Saul.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 1Sam 16:11-13. Apakah pekerjaan Daud? Dan apakah yang terjadi setelah Daud diurapi oleh Samuel?
    2. Bacalah pasal 1Sam 17:45-50. Mengapakah Daud merasa tersinggung dan marah terhada orang Filistin?
    3. Bacalah pasal 1Sam 18:6-9. Mengapakah Saul membenci Daud? Apakah saudara sering iri hati juga?
    4. Bacalah pasal 1Sam 31:1-4. Bagaimanakah kematian Saul? Mengapakah ia melakukan hal itu?

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Keberhasilan Samuel di dalam pelayanan merupakan hasil dari kesetiaan pada panggilan, suka berdoa dan tidak kompromi dengan dosa.

  2. Saul memulai pemerintahannya dengan rendah hati, sabar, tetapi diakhiri dengan kesombongan dan menolak Firman Allah. Ini adalah penyebab kegagalannya.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah tokoh-tokoh penting dalam I Samuel? Dan bagaimanakah sifat mereka masing-masing?
  2. Apakah sebabnya Allah menolak Saul?
  3. Apakah kesan yang saudara peroleh dari kehidupan Saul?

Intisari: 1 Samuel (Pendahuluan Kitab) Bagaimana bangsa Israel mendapat seorang raja KISAH TENTANG TIGA ORANGPada mulanya 1 dan 2 Samuel merupakan satu kitab. Namun demikian, karena kitab

Bagaimana bangsa Israel mendapat seorang raja

KISAH TENTANG TIGA ORANG
Pada mulanya 1 dan 2 Samuel merupakan satu kitab. Namun demikian, karena kitab kedua melulu bercerita mengenai raja Daud, maka yang pertama mengisahkan ketiga orang tokoh yang hidupnya saling berkaitan satu sama lain yaitu Samuel, Saul dan Daud. Riwayat yang diceritakan tidak utuh; siapapun yang mengumpulkan seluruh kisah itu tentu mengambilnya dari beberapa sumber. Hal itu tidak menjadi masalah asal kita ingat bahwa bagi para penulis kuno arti suatu kejadian lebih penting daripada ketepatan waktu. Kitab Samuel bukan hanya semata-mata sebagai sejarah, tetapi merupakan cerita tentang bagaimana Allah menangani umat-Nya. Dalam pada itu riwayat yang diceritakan sungguh-sungguh terjadi. Bahkan, pahlawan bangsa seperti Daud digambarkan sebagai orang yang bermasalah dan seorang manusia biasa.

"KAMI MENGINGINKAN SEORANG RAJA"
Kitab Hakim-hakim menyimpulkan bahwa anarki merajalela di Israel pada masa itu, karena "Israel tidak mempunyai raja" (Hak 21:25). Samuel, hakim terakhir, walauoun terkenal tetapi pengaruhnya hanya setempat dan terbatas. Umat Israel memerlukan seorang pemimpin bangsa. Oleh karena itu, permohonan mereka untuk mendapat seorang raja bukanlah semata-mata sebagai suatu kecaman terhadap kepemimpinan Samuel, tetapi menunjukkan betapa manusiawinya pengharapan mereka. Pada kenyataannya hanya Allah yang dapat memimpin mereka untuk memperoleh kemenangan; kekalahan-kekalahan mereka tidak disebabkan karena mereka tidak mempunyai seorang raja, tetapi oleh karena mereka telah melupakan perjanjian dengan Allah (1Sa 10:18,19; 12:6-15). Mereka telah mengikuti cara-cara penyembahan orang kafir. Gagasan mengenai pembentukan kerajaan itu sendiri tidak salah, tetapi mereka menginginkan seorang raja seperti bangsa-bangsa kafir yang ada di sekitar mereka. Samuel memperingatkan mereka bahwa raja-raja mempunyai potensi untuk kebaikan dan kejahatan, seperti yang akan mereka lihat sendiri di kemudian hari.

BANGSA FILISTIN
Oleh karena bangsa Israel tidak membinasakan orang Filistin ketika mereka menduduki Kanaan, maka negara tetangga Israel ini terus menerus menjadi ancaman bagi keamanan mereka. Kita membaca mengenai bangsa Amori, Amalek dan Amon, tetapi kebanyakan mengenai bangsa Filistin. Bangsa-bangsa ini tinggal di lima kota pantai yaitu Asdod, Gat, Ekron, Gaza dan Askelon, dan mereka mengurung Israel (1Sa 13:19-21). Saul dan Yonatan memulai suatu revolusi, tetapi raja Daudlah yang akhirnya menumpas bangsa Filistin dan yang lainnya secara tuntas.

Pesan

1. Samuel, seorang hamba Tuhan
o Samuel adalah jawaban dari doa, dan dedikasi ibunya yang saleh memberikan kepadanya permulaan kehidupan yang terbaik. Ini mungkin berarti bahwa ia harus hidup sebagai seorang Nazir, walaupun biasanya hal ini berarti disumpah sementara dan tidak seumur hidup. 1Sa 1:10,11,27,28; 2:26; Bil 6:1-21.
o Pada waktu suara Tuhan tidak terdengar di Israel. Samuel menonjol sebagai seorang yang kepadanya Tuhan menampakkan diri dan yang mempunyai karunia sebagai peramal -- ia dapat melihat apa yang tidak tampak oleh orang lain. 1Sa 3:1-10, 19-21; 9:9.
o Samuel ternyata seorang hamba Allah yang jujur dan dapat dipercaya. Ia tidak mau melakukan sesuatu yang dapat menguntungkan dirinya, tidak seperti anak-anaknya. Reaksinya terhadap kemunduran Saul menunjukkan bahwa ia lebih mementingkan Allah. 1Sa 9:6; 12:3-5; 15:11,35.

2. Saul, raja yang gagal
o Saul adalah seorang raja yang memulai pemerintahannya dengan baik dan penuh pengharapan yang besar. Dia diurapi sebagai tanda bahwa Allah telah memilihnya dan ia pun rendah hati, berjiwa besar dan penuh kuasa roh serta dapat mengambil keputusan besar pada saat-saat kritis. 1Sa 10:1, 10:22; 11:6, 12, 13.
o Namun demikian, kita dapat melihat kemundurannya yang berangsur-angsur pada saat ia mulai menangani berbagai masalah seorang diri, mengucapkan sumpah dengan gegabah dan tidak taat kepada perintah-perintah Allah. Anaknya, Yonatan, mempermalukannya dengan kebangsawanannya yang sederhana. Sebaliknya, Saul menjadi cemburu, getir dan tertekan dan ia menghabiskan waktu dan tenaganya untuk memburu Daud.
o Dalam keputusasaannya mencari bimbingan, ia jatuh ke dalam spiritualisme yang sebelumnya dilarang olehnya dan akhirnya ia menjadi salah satu kasus bunuh diri yang langka dalam Alkitab. 1Sa 13:8-14; 14:24; 15:9-29; 16:14; 18:8-12; 28:6, 7; 31:4.

3. Daud, pilihan Tuhan
o Sebagai orang yang dipilih Allah untuk menggantikan Saul, Daud adalah seorang yang lurus hati dan yang kesetiaannya besar. Tidak mengherankan jika Yonatan tertarik untuk bersahabat dengannya. Daud yang dalam pekerjaannya diurapi oleh Roh secara istimewa dapat membentuk rakyat jelata menjadi suatu kekuatan tempur yang efektif atau melawan seorang raksasa seorang diri. Ia menunggu saat Allah akan menuntut balas baginya, dan ia dengan setia memohon pimpinan-Nya dan percaya bahwa Allah akan meluputkannya dari bahaya. Ia seorang pemimpin besar yang akan menjadi seorang raja Israel yang terbesar. 1Sa 16:7,13,18; 17:26,34-37, 45-51; 18:1-4; 22:5-15; 23:2,4,9-12; 24:12; 30:6-8, 23-25.
o Daud juga tidak terlepas dari sifat-sifat manusiawi. Ia juga dapat menjadi marah dan tergoda untuk melakukan tindakan yang gegabah dan ia juga dapat berdusta. Perlakuan Allah kepadanya sama dengan apa yang dilakukan kepada kita, yaitu dengan penuh kasih. 1Sa 25:32-34; 27:10-12.

Penerapan

1. Allah menjawab doa
Kitab ini menceritakan bahwa Allah menjawab doa yang sungguh-sungguh, baik doa pribadi orang yang berada dalam kesusahan maupun doa syafaat para pemimpin untuk bangsa mereka. Berdoa merupakan pelayanan yang harus kita lakukan atas nama orang lain. Dalam menjawab doa, Allah memberikan dan melakukan apa yang secara manusiawi tidak mungkin dilakukan.

2. Allah memelihara milik-Nya
Tanpa memandang ketidaktaatan umat-Nya, Allah berjanji untuk melaksanakan misi penyelamatan-Nya dan membela kehormatan-Nya. Jika perlu, Dia dapat melakukannya tanpa bantuan manusia sama sekali. Pada kesempatan lain Dia memberikan kepada umat-Nya pemimpin-pemimpin yang akan membawa mereka pada kemenangan. Jika kita berada dalam kehendak Allah, keberhasilan tidak tergantung pada kekuatan atau keahlian manusia. Dia dapat mengambil yang terlemah dan memakai mereka bagi kemuliaan-Nya jika mereka mempercayai Dia.

3. Kita harus benar di hadapan Allah
Allah memilih dan memakai mereka yang hatinya benar di hadapan-Nya. Dia memberi karunia, kuasa dan berkat bagi mereka yang melayani-Nya. Dia juga dapat menghakimi dan mempermalukan mereka yang tidak taat kepada-Nya. Oleh karena itu, suatu permulaan yang baik bukan merupakan jaminan untuk keberhasilan di masa datang. Kita perlu benar di hadapan-Nya, taat dan percaya, jika kita ingin mengalami berkat-Nya secara berkesinambungan.

Tema-tema Kunci

1. Doa dan pujian
Kitab ini banyak bercerita tentang doa dan pujian. Khususnya, kita melihat bagaimana orang pilihan Allah mencari pimpinan-Nya sebelum mengambil keputusan-keputusan besar. Lihat 1Sa 1:10-18; 2:1-10; 7:5,6,12; 8:6,21; 12:18,19,23; 15:11; 22:15; 23:2-4, 9-12; 30:7,8.

2. Syarat-syarat pengabdian
Ada beberapa persyaratan pokok yang tidak boleh dilupakan jika kita ingin mengenal berkat-berkat Allah. Lihat 1Sa 2:30; 7:3,4; 12:14,15,20-25; 15:22,23,26; 16:7; 26:23. Bandingkanlah dengan ketakhayulan orang Israel yang menganggap bahwa mereka dapat memanipulasi Allah untuk melakukan sesuatu bagi mereka (1Sa 4:1-11). Camkanlah bahwa mereka mempunyai reputasi, tetapi tidak mempunyai kuasa.

3. Karunia roh
Seperti halnya dalam kitab Hakim-hakim, kita melihat bahwa Allah secara khusus mengaruniakan kuasa roh kepada mereka yang melayani Dia. Apabila Roh Allah turun atas mereka, mereka dapat melakukan apa yang pada umumnya tidak dapat mereka lakukan sebelumnya. Lihat 1Sa 10:6,7,9-13; 11:6; 6:13 (Bandingkan 1Sa 19:23,24 Allah seakan-akan mengendalikannya, tetapi tidak memberikan kuasa kepada Saul). Pada saat yang sama kita mendapat bukti bahwa hal ini tidak perlu terjadi secara permanen, juga tidak berarti bahwa mereka seterusnya hidup dalam kekudusan. Tidak ada yang dapat menggantikan hubungan yang berkesinambungan dengan Allah.

Garis Besar Intisari: 1 Samuel (Pendahuluan Kitab) [1] ELI DAN SAMUEL 1Sa 1:1-7:17 1Sa 1:1-2:11Doa Hana dikabulkan 1Sa 2:12-3:21Penghakiman atas keluarga Eli 1Sa 4:1-6:21Tabut Perjanjian hilang da

[1] ELI DAN SAMUEL 1Sa 1:1-7:17

1Sa 1:1-2:11Doa Hana dikabulkan
1Sa 2:12-3:21Penghakiman atas keluarga Eli
1Sa 4:1-6:21Tabut Perjanjian hilang dan ditemukan
1Sa 7:1-17Ebenhaezer: Allah telah menolong kita

[2] SAMUEL DAN SAUL 1Sa 8:1-15:35

1Sa 8:1-22Israel meminta seorang raja
1Sa 9:1-11:15Saul dipilih dan diteguhkan
1Sa 12:1-25 Samuel menyerah
1Sa 13:1-15:35Saul gagal memenuhi persyaratan

[3] SAUL DAN DAUD 1Sa 16:1-31:13

1Sa 16:1-23Daud dipilih: Saul menolak
1Sa 17:1-18:30Daud memperoleh kemenangan: Saul cemburu
1Sa 19:1-26:25Orang pilihan Allah menjadi buronan
1Sa 27:1-12Daud mendua hati
1Sa 28:1-25Saul putus ada
1Sa 29:1-30:31Daud mengalahkan orang Amalek
1Sa 31:1-13Saul bunuh diri
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #11: Klik ikon untuk membuka halaman ramah cetak. [SEMUA]
dibuat dalam 0.27 detik
dipersembahkan oleh YLSA