kecilkan semua  

Teks -- Yohanes 5:1-18 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Penyembuhan pada hari Sabat di kolam Betesda
5:1 Sesudah itu ada hari raya orang Yahudi, dan Yesus berangkat ke Yerusalem. 5:2 Di Yerusalem dekat Pintu Gerbang Domba ada sebuah kolam, yang dalam bahasa Ibrani disebut Betesda; ada lima serambinya 5:3 dan di serambi-serambi itu berbaring sejumlah besar orang sakit: orang-orang buta, orang-orang timpang dan orang-orang lumpuh, yang menantikan goncangan air kolam itu. 5:4 Sebab sewaktu-waktu turun malaikat Tuhan ke kolam itu dan menggoncangkan air itu; barangsiapa yang terdahulu masuk ke dalamnya sesudah goncangan air itu, menjadi sembuh, apapun juga penyakitnya. 5:5 Di situ ada seorang yang sudah tiga puluh delapan tahun lamanya sakit. 5:6 Ketika Yesus melihat orang itu berbaring di situ dan karena Ia tahu, bahwa ia telah lama dalam keadaan itu, berkatalah Ia kepadanya: "Maukah engkau sembuh?" 5:7 Jawab orang sakit itu kepada-Nya: "Tuhan, tidak ada orang yang menurunkan aku ke dalam kolam itu apabila airnya mulai goncang, dan sementara aku menuju ke kolam itu, orang lain sudah turun mendahului aku." 5:8 Kata Yesus kepadanya: "Bangunlah, angkatlah tilammu dan berjalanlah." 5:9 Dan pada saat itu juga sembuhlah orang itu lalu ia mengangkat tilamnya dan berjalan. Tetapi hari itu hari Sabat. 5:10 Karena itu orang-orang Yahudi berkata kepada orang yang baru sembuh itu: "Hari ini hari Sabat dan tidak boleh engkau memikul tilammu." 5:11 Akan tetapi ia menjawab mereka: "Orang yang telah menyembuhkan aku, dia yang mengatakan kepadaku: Angkatlah tilammu dan berjalanlah." 5:12 Mereka bertanya kepadanya: "Siapakah orang itu yang berkata kepadamu: Angkatlah tilammu dan berjalanlah?" 5:13 Tetapi orang yang baru sembuh itu tidak tahu siapa orang itu, sebab Yesus telah menghilang ke tengah-tengah orang banyak di tempat itu. 5:14 Kemudian Yesus bertemu dengan dia dalam Bait Allah lalu berkata kepadanya: "Engkau telah sembuh; jangan berbuat dosa lagi, supaya padamu jangan terjadi yang lebih buruk." 5:15 Orang itu keluar, lalu menceriterakan kepada orang-orang Yahudi, bahwa Yesuslah yang telah menyembuhkan dia. 5:16 Dan karena itu orang-orang Yahudi berusaha menganiaya Yesus, karena Ia melakukan hal-hal itu pada hari Sabat. 5:17 Tetapi Ia berkata kepada mereka: "Bapa-Ku bekerja sampai sekarang, maka Akupun bekerja juga." 5:18 Sebab itu orang-orang Yahudi lebih berusaha lagi untuk membunuh-Nya, bukan saja karena Ia meniadakan hari Sabat, tetapi juga karena Ia mengatakan bahwa Allah adalah Bapa-Nya sendiri dan dengan demikian menyamakan diri-Nya dengan Allah.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Betesda a pool located in Jerusalem near the Sheep Gate
 · Pintu Gerbang Domba the gate in the wall of Jerusalem on northeastern corner,a gate into Jerusalem
 · Yahudi the Jewish religion/beliefs
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall
 · Yerusalem the capital city of Israel,a town; the capital of Israel near the southern border of Benjamin


Topik/Tema Kamus: Yesus | Yohanes, Injil | Sabat | Perbuatan Ajaib Yesus | Mujizat Kristus | Betesda | Bapa | Sakit, Penyakit | Kuasa Kristus | Malaikat | Raya, Perayaan Ulang Tahun | Pintu Gerbang | Orang Kudus Yang Menderita | Air | Tabib | Mandi | Hari Raya | Aniaya, Penganiayaan | Kolam | Kristus, Allah | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Yoh 5:5 - TIGA PULUH DELAPAN TAHUN. Nas : Yoh 5:5 Setelah menderita selama 38 tahun, orang ini telah mengalami kekecewaan yang berkepanjangan, karena tidak disembuhkan sambil tetap me...

Nas : Yoh 5:5

Setelah menderita selama 38 tahun, orang ini telah mengalami kekecewaan yang berkepanjangan, karena tidak disembuhkan sambil tetap mengharapkan pertolongan dari Allah. Namun, akhirnya kesembuhan datang juga. Sebagian besar karena lamanya orang ini menderita maka Yesus dengan belas kasihan, berkenan untuk menolongnya. Jangan sekali-kali kita putus harap bahwa waktu Allah untuk mengulurkan tangan kepada kita mungkin segera akan datang.

Full Life: Yoh 5:9 - SEMBUHLAH ORANG ITU. Nas : Yoh 5:9 Sering kali Yesus menyembuhkan sebagai tanggapan terhadap iman seseorang. Akan tetapi, dalam kasus ini Yesus menyembuhkan tanpa ada u...

Nas : Yoh 5:9

Sering kali Yesus menyembuhkan sebagai tanggapan terhadap iman seseorang. Akan tetapi, dalam kasus ini Yesus menyembuhkan tanpa ada unsur iman; Ia hanya berkata dan orang itu sembuh. Dewasa ini pun orang mungkin disembuhkan menurut maksud Allah sekalipun mereka tidak beriman kepada Yesus. Alkitab mengajarkan bahwa ada tiga hubungan untuk iman yang menyembuhkan:

  1. (1) iman dari penderita yang mau disembuhkan (Mat 9:27-29);
  2. (2) iman orang lain untuk si penderita (Mat 8:5-10; bd. Yoh 17:15-20; Yak 5:14-16); dan
  3. (3) iman dari seseorang yang diurapi untuk menyembuhkan (1Kor 12:9).

Full Life: Yoh 5:14 - JANGAN BERBUAT DOSA LAGI. Nas : Yoh 5:14 Yesus menuntut agar semua orang yang percaya kepada-Nya akan berhenti berbuat dosa; dan orang yang benar-benar selamat akan berhenti...

Nas : Yoh 5:14

Yesus menuntut agar semua orang yang percaya kepada-Nya akan berhenti berbuat dosa; dan orang yang benar-benar selamat akan berhenti. Sekalipun orang yang benar-benar percaya itu tidak sempurna dan kadang-kadang bisa gagal, ia akan mengabdi kepada Kristus sehingga, melalui kuasa Roh Kudus, dosa tidak lagi akan menjadi sifat khas kehidupan mereka (1Pet 1:5; 1Yoh 3:6,9). Pengharapan Yesus untuk orang yang sudah dilahirkan baru sungguh bertentangan dengan mereka yang menekankan bahwa orang percaya akan berbuat dosa terus-menerus dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan sehari-hari.

Full Life: Yoh 5:16 - MENGANIAYA YESUS. Nas : Yoh 5:16 Pada saat ini di dalam Injilnya Yohanes mulai mencatat bahwa sekalipun mukjizat-Nya, dan bahkan karenanya, para pemimpin agama menen...

Nas : Yoh 5:16

Pada saat ini di dalam Injilnya Yohanes mulai mencatat bahwa sekalipun mukjizat-Nya, dan bahkan karenanya, para pemimpin agama menentang Yesus dengan keras.

Full Life: Yoh 5:18-24 - MENYAMAKAN DIRI-NYA DENGAN ALLAH. Nas : Yoh 5:18-24 Di dalam nas ini Yesus membuat beberapa pernyataan yang mengejutkan: 1) Allah adalah Bapa-Nya dalam cara yang unik; 2) ...

Nas : Yoh 5:18-24

Di dalam nas ini Yesus membuat beberapa pernyataan yang mengejutkan:

  1. 1) Allah adalah Bapa-Nya dalam cara yang unik;
  2. 2) Yesus memelihara kesatuan, hubungan, dan kekuasaan bersama-sama dengan Allah (ayat Yoh 5:19-20);
  3. 3) Dia memiliki kuasa untuk memberi hidup dan membangkitkan orang mati (ayat Yoh 5:21);
  4. 4) Dia berhak menghakimi semua orang (ayat Yoh 5:22);
  5. 5) Dia berhak menerima kehormatan ilahi (ayat Yoh 5:23);
  6. 6) Dia berkuasa untuk memberikan hidup yang kekal (ayat Yoh 5:24).

BIS: Yoh 5:2 - Betesda Betesda: beberapa naskah kuno: Betzata.

Betesda: beberapa naskah kuno: Betzata.

Jerusalem: Yoh 5:1 - hari raya Var: hari raya itu. Yang dimaksudkan barangkali hari raya Pentakosta.

Var: hari raya itu. Yang dimaksudkan barangkali hari raya Pentakosta.

Jerusalem: Yoh 5:2 - Betesda Nama ini dalam naskah-naskah Yunani berbeda-beda: Betzata, Betsaida atau Belseta. Betesda berarti: rumah belaskasihan

Nama ini dalam naskah-naskah Yunani berbeda-beda: Betzata, Betsaida atau Belseta. Betesda berarti: rumah belaskasihan

Jerusalem: Yoh 5:2 - lima serambinya Serambi yang kelima itu membagi kolam itu menjadi dua wadah tempat menampung air yang dipergunakan dalam Bait Allah. Di samping kedua wadah itu masih ...

Serambi yang kelima itu membagi kolam itu menjadi dua wadah tempat menampung air yang dipergunakan dalam Bait Allah. Di samping kedua wadah itu masih ada beberapa wadah kecil yang airnya dipergunakan dalam kuil seorang dewa yang dianggap bisa menyembuhkan orang sakit.

Jerusalem: Yoh 5:3 - goncangan air Apapun juga yang menyebabkan goncangan air itu (mungkin pasang surut arus air?), Yesus memanfaatkan hal itu untuk menyatakan diri sebagai penyembuh se...

Apapun juga yang menyebabkan goncangan air itu (mungkin pasang surut arus air?), Yesus memanfaatkan hal itu untuk menyatakan diri sebagai penyembuh sejati yang memulihkan hidup jiwa dan raga, Yoh 5:14; Yoh 3:15+; bdk Wis 16:6-13

Jerusalem: Yoh 5:14 - jangan berbuat dosa lagi Yesus tidak mengatakan bahwa penyakit itu adalah akibat dosa, bdk Yoh 9:2 dst. Ia memperingatkan orang sakit itu bahwa kurnia penyembuhannya mewajibka...

Yesus tidak mengatakan bahwa penyakit itu adalah akibat dosa, bdk Yoh 9:2 dst. Ia memperingatkan orang sakit itu bahwa kurnia penyembuhannya mewajibkan dia untuk bertobat, bdk Mat 9:2-8; kalau lupa bertobat, ia akan tertimpa hal yang lebih buruk daripada penyakit dahulu. Maka mujizat itu adalah sebuah "tanda" kebangkitan rohani, Yoh 5:24.

Jerusalem: Yoh 5:16 - -- Penutup cerita ini terdapat dalam Yoh 7:19-24.

Penutup cerita ini terdapat dalam Yoh 7:19-24.

Jerusalem: Yoh 5:17 - bekerja sampai sekarang Orang-orang Yahudi berusaha mendamaikan satu sama lain "istirahat" Allah sehabis karya penciptaan, yang dilambangkan oleh hari Sabat, Kej 2:2 dst, den...

Orang-orang Yahudi berusaha mendamaikan satu sama lain "istirahat" Allah sehabis karya penciptaan, yang dilambangkan oleh hari Sabat, Kej 2:2 dst, dengan karyaNya terus-menerus untuk menyelenggarakan dunia. Maka dibedakan: karya Pencipta yang sudah selesai dan karya Hakim yang tidak pernah berakhir. Yesus menyamakan karyaNya sendiri dengan karya hakim Tertinggi. Dan itulah sebabnya maka orang-orang Yahudi menjadi marah dan Yesus menyajikan wejangan berikut yang membenarkan keteranganNya itu. Bdk Luk 6:5 dan khususnya Mat 12:1-8 dll.

Ende: Yoh 5:2 - Betseta ialah nama sekelompok kampung keliling kolam itu, artinja "retakan gunung atau djurang". Ada jang membatja edjaan Ibrani sebagai "Betesda", artinja "r...

ialah nama sekelompok kampung keliling kolam itu, artinja "retakan gunung atau djurang".

Ada jang membatja edjaan Ibrani sebagai "Betesda", artinja "rumah rahmat" atau "rumah kerahiman". Lain pula "Betsaida" artinja "pohon ara". Reruntuhan kolam dan gedung-gedung kelilingnja telah ditemukan dan sudah pula digali. Kolam itu pandjangnja 120 m, dan lebarnja 60 m, terbagi atas dua bagian jang sama, dan kedua-duanja dikelilingi serambi.

Ende: Yoh 5:3-4 - -- Achirnja Yoh 5:3: jang menunggu dsl., lagi segenap Yoh 5:4 tidak terdapat dalam kebanjakan naskah tertua, dan dianggap sebagai keterangan ditambah kem...

Achirnja Yoh 5:3: jang menunggu dsl., lagi segenap Yoh 5:4 tidak terdapat dalam kebanjakan naskah tertua, dan dianggap sebagai keterangan ditambah kemudian oleh seorang penjalin.

Ende: Yoh 5:14 - Djangan engkau berbuat dosa lagi Utjapan Jesus itu bukan berarti bahwa penjakit orang itu akibat dosa, atau hukuman atas suatu dosa. Bdl. Yoh 9:2.

Utjapan Jesus itu bukan berarti bahwa penjakit orang itu akibat dosa, atau hukuman atas suatu dosa. Bdl. Yoh 9:2.

Ende: Yoh 5:17 - -- Disini Jesus hendak menandaskan kesatuanNja dengan Allah Bapa. Allah tidak pernah berhenti menjelenggarakan dunia, dan sebab itu Jesuspun berhak berbu...

Disini Jesus hendak menandaskan kesatuanNja dengan Allah Bapa. Allah tidak pernah berhenti menjelenggarakan dunia, dan sebab itu Jesuspun berhak berbuat baik pada hari sabat.

Ref. Silang FULL: Yoh 5:2 - Gerbang Domba // bahasa Ibrani · Gerbang Domba: Neh 3:1; 12:39 · bahasa Ibrani: Yoh 19:13,17,20; 20:16; Kis 21:40; 22:2; 26:14

· Gerbang Domba: Neh 3:1; 12:39

· bahasa Ibrani: Yoh 19:13,17,20; 20:16; Kis 21:40; 22:2; 26:14

Ref. Silang FULL: Yoh 5:8 - dan berjalanlah · dan berjalanlah: Mat 9:5,6

· dan berjalanlah: Mat 9:5,6

Ref. Silang FULL: Yoh 5:9 - hari Sabat · hari Sabat: Mat 12:1-14; Yoh 9:14

· hari Sabat: Mat 12:1-14; Yoh 9:14

Ref. Silang FULL: Yoh 5:10 - orang-orang Yahudi // memikul tilammu · orang-orang Yahudi: Yoh 5:16 · memikul tilammu: Neh 13:15-22; Yer 17:21; Mat 12:2; Mat 12:2

· orang-orang Yahudi: Yoh 5:16

· memikul tilammu: Neh 13:15-22; Yer 17:21; Mat 12:2; [Lihat FULL. Mat 12:2]

Ref. Silang FULL: Yoh 5:14 - berbuat dosa · berbuat dosa: Mr 2:5; Yoh 8:11

· berbuat dosa: Mr 2:5; Yoh 8:11

Ref. Silang FULL: Yoh 5:15 - orang-orang Yahudi · orang-orang Yahudi: Yoh 1:19; Yoh 1:19

· orang-orang Yahudi: Yoh 1:19; [Lihat FULL. Yoh 1:19]

Ref. Silang FULL: Yoh 5:17 - Bapa-Ku // bekerja · Bapa-Ku: Luk 2:49 · bekerja: Yoh 9:4; 14:10

· Bapa-Ku: Luk 2:49

· bekerja: Yoh 9:4; 14:10

Ref. Silang FULL: Yoh 5:18 - untuk membunuh-Nya // dengan Allah · untuk membunuh-Nya: Mat 12:14; Mat 12:14 · dengan Allah: Yoh 10:30,33; 19:7

· untuk membunuh-Nya: Mat 12:14; [Lihat FULL. Mat 12:14]

· dengan Allah: Yoh 10:30,33; 19:7

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Yoh 5:1-15 - -- 5:1-15 Penyembuhan lewat malaikat di kolam, dan lewat kata dari Yesus

5:1-15 Penyembuhan lewat malaikat di kolam, dan lewat kata dari Yesus

Hagelberg: Yoh 5:1-15 - -- 5:1-15 Penyembuhan lewat malaikat di kolam, dan lewat kata dari Yesus

5:1-15 Penyembuhan lewat malaikat di kolam, dan lewat kata dari Yesus

Hagelberg: Yoh 5:1 - -- 5:1 Sesudah itu ada hari raya orang Yahudi, dan Yesus berangkat ke Yerusalem. Dalam pasal 2:13; 6:4; 7:2; 10:22; dan 11:55 Yohanes menjelaskan bahwa T...

5:1 Sesudah itu ada hari raya orang Yahudi, dan Yesus berangkat ke Yerusalem.

Dalam pasal 2:13; 6:4; 7:2; 10:22; dan 11:55 Yohanes menjelaskan bahwa Tuhan Yesus berada di Yerusalem karena hari raya Paskah, Pondok Daun, atau Pentahbisan Bait Allah. Tetapi dalam ayat ini tidak ada penjelasan apa itu hari raya Paskah atau yang lain. Mungkin penjelasan seperti itu tidak mendukung tema Yohanes, maka tidak dicatat.

Hagelberg: Yoh 5:1-15 - -- 1. Penyembuhan di Kolam Betesda (5:1-15) Dalam nas ini kuasa perkataan Tuhan Yesus dibandingkan dengan kuasa malaikat di kolam Betesda. Sekali lagi ki...

1. Penyembuhan di Kolam Betesda (5:1-15)

Dalam nas ini kuasa perkataan Tuhan Yesus dibandingkan dengan kuasa malaikat di kolam Betesda. Sekali lagi kita melihat bahwa Tuhan Yesus jauh melebihi segala yang ada dalam agama dan tradisi orang Yahudi. Yang baru mengalahkan yang lama.

Hagelberg: Yoh 5:1 - -- 5:1 Sesudah itu ada hari raya orang Yahudi, dan Yesus berangkat ke Yerusalem. Dalam pasal 2:13; 6:4; 7:2; 10:22; dan 11:55 Yohanes menjelaskan bahwa T...

5:1 Sesudah itu ada hari raya orang Yahudi, dan Yesus berangkat ke Yerusalem.

Dalam pasal 2:13; 6:4; 7:2; 10:22; dan 11:55 Yohanes menjelaskan bahwa Tuhan Yesus berada di Yerusalem karena hari raya Paskah, Pondok Daun, atau Pentahbisan Bait Allah. Tetapi dalam ayat ini tidak ada penjelasan apa itu hari raya Paskah atau yang lain. Mungkin penjelasan seperti itu tidak mendukung tema Yohanes, maka tidak dicatat.

Hagelberg: Yoh 5:1--7:52 - -- C. Oposisi Timbul: tambah tanda, perbuatan, dan kata (5:1-7:52) Dalam bagian ini pertentangan antara Tuhan Yesus dan pemimpin-pemimpin orang Yahudi ti...

C. Oposisi Timbul: tambah tanda, perbuatan, dan kata (5:1-7:52)

Dalam bagian ini pertentangan antara Tuhan Yesus dan pemimpin-pemimpin orang Yahudi timbul. Apa yang tersirat dalam bagian yang sebelumnya, sudah menjadi nyata dalam bagian ini. Sesuai dengan pasal 1;10, mereka melawan Tuhan Yesus.

Hagelberg: Yoh 1:19--10:42 - -- II. PENYATAAN YESUS DENGAN KATA DAN PERBUATAN (1:19-10:42)

II. PENYATAAN YESUS DENGAN KATA DAN PERBUATAN (1:19-10:42)

Hagelberg: Yoh 5:2 - -- 5:2 Di Yerusalem dekat Pintu Gerbang474 Domba ada sebuah kolam, yang dalam bahasa Ibrani475 disebut Betesda476; ada lima serambinya Ayat 2-5 menjelask...

5:2 Di Yerusalem dekat Pintu Gerbang474 Domba ada sebuah kolam, yang dalam bahasa Ibrani475 disebut Betesda476; ada lima serambinya

Ayat 2-5 menjelaskan latar belakang dari peristiwa ini. Di kota-kota timur tengah, mereka membangun kolam untuk menyimpan dan menikmati air. Di tepi kolam itu, serambi dapat dibangun supaya pengunjung kolam terlindung dari terik mata hari.

Hagelberg: Yoh 5:2 - -- 5:2 Di Yerusalem dekat Pintu Gerbang474 Domba ada sebuah kolam, yang dalam bahasa Ibrani475 disebut Betesda476; ada lima serambinya Ayat 2-5 menjelask...

5:2 Di Yerusalem dekat Pintu Gerbang474 Domba ada sebuah kolam, yang dalam bahasa Ibrani475 disebut Betesda476; ada lima serambinya

Ayat 2-5 menjelaskan latar belakang dari peristiwa ini. Di kota-kota timur tengah, mereka membangun kolam untuk menyimpan dan menikmati air. Di tepi kolam itu, serambi dapat dibangun supaya pengunjung kolam terlindung dari terik mata hari.

Hagelberg: Yoh 5:3 - -- 5:3 dan di serambi-serambi itu berbaring477 sejumlah besar orang sakit: orang-orang buta, orang-orang timpang dan orang-orang lumpuh, yang menantikan ...

5:3 dan di serambi-serambi itu berbaring477 sejumlah besar orang sakit: orang-orang buta, orang-orang timpang dan orang-orang lumpuh, yang menantikan goncangan air kolam itu.

Ternyata kolam Betesda lain dari yang lain. Segala macam orang sakit berkumpul di situ. Alasan mereka untuk menantikan goncangan air kolam itu dijelaskan dalam ayat yang berikut.

Hagelberg: Yoh 5:3 - -- 5:3 dan di serambi-serambi itu berbaring477 sejumlah besar orang sakit: orang-orang buta, orang-orang timpang dan orang-orang lumpuh, yang menantikan ...

5:3 dan di serambi-serambi itu berbaring477 sejumlah besar orang sakit: orang-orang buta, orang-orang timpang dan orang-orang lumpuh, yang menantikan goncangan air kolam itu.

Ternyata kolam Betesda lain dari yang lain. Segala macam orang sakit berkumpul di situ. Alasan mereka untuk menantikan goncangan air kolam itu dijelaskan dalam ayat yang berikut.

Hagelberg: Yoh 5:4 - -- 5:4 Sebab sewaktu-waktu turun malaikat478 ke kolam itu dan menggoncangkan air itu; barangsiapa yang terdahulu masuk ke dalamnya sesudah goncangan air ...

5:4 Sebab sewaktu-waktu turun malaikat478 ke kolam itu dan menggoncangkan air itu; barangsiapa yang terdahulu masuk ke dalamnya sesudah goncangan air itu, menjadi sembuh, apapun juga penyakitnya.479

Rasul Yohanes sering memberi penjelasan kepada para pembaca, supaya kisah yang dia kisahkan lebih mudah ditangkap.480 Hal itu juga dia lakukan dalam ayat ini. Tampaknya tanpa ayat ini kisah ini sulit dipahami.

Ayat ini menceritakan suatu mujizat yang luar biasa. Karena belas kasihan Allah, orang yang paling cepat masuk ke dalam kolamBetesda setelah goncangan air yang disebabkan oleh malaikat Tuhan, menjadi sembuh, apapun juga penyakitnya. Mujizat ini hebat dan luar biasa. Tetapi, ada suatu syarat yang sangat berat bagi hampir semua yang berkumpul di situ: hanya satu orang, yaitu dia yang terdahulu masuk, yang ditolong. Yang lain tidak ditolong, mereka harus menunggu sampai malaikat Tuhan datang lagi. Budak-budak orang kaya cepat mengangkat tuan mereka dan membawa dia ke dalam kolam itu, sehingga dia menjadi sembuh, apapun juga penyakitnya. Namun orang biasa, apa lagi orang miskin, tetap susah, dan tak tertolong.

Keadaan orang biasa di kolamBetesda mencerminkan keadaan orang di bawah Perjanjian Musa ataupun peraturan agama Yahudi. Mudah-mudahan - jika cukup kuat - orang dapat mengumpulkan cukup banyak amal, tetapi berapa banyak amat yang sebenarnya cukup untuk menghapus dosa kita di hadapan yang MahaKudus? Sebenarnya keadaan orang di bawah agama lama berat sekali.

Hagelberg: Yoh 5:4 - -- 5:4 Sebab sewaktu-waktu turun malaikat478 ke kolam itu dan menggoncangkan air itu; barangsiapa yang terdahulu masuk ke dalamnya sesudah goncangan air ...

5:4 Sebab sewaktu-waktu turun malaikat478 ke kolam itu dan menggoncangkan air itu; barangsiapa yang terdahulu masuk ke dalamnya sesudah goncangan air itu, menjadi sembuh, apapun juga penyakitnya.479

Rasul Yohanes sering memberi penjelasan kepada para pembaca, supaya kisah yang dia kisahkan lebih mudah ditangkap.480 Hal itu juga dia lakukan dalam ayat ini. Tampaknya tanpa ayat ini kisah ini sulit dipahami.

Ayat ini menceritakan suatu mujizat yang luar biasa. Karena belas kasihan Allah, orang yang paling cepat masuk ke dalam kolamBetesda setelah goncangan air yang disebabkan oleh malaikat Tuhan, menjadi sembuh, apapun juga penyakitnya. Mujizat ini hebat dan luar biasa. Tetapi, ada suatu syarat yang sangat berat bagi hampir semua yang berkumpul di situ: hanya satu orang, yaitu dia yang terdahulu masuk, yang ditolong. Yang lain tidak ditolong, mereka harus menunggu sampai malaikat Tuhan datang lagi. Budak-budak orang kaya cepat mengangkat tuan mereka dan membawa dia ke dalam kolam itu, sehingga dia menjadi sembuh, apapun juga penyakitnya. Namun orang biasa, apa lagi orang miskin, tetap susah, dan tak tertolong.

Keadaan orang biasa di kolamBetesda mencerminkan keadaan orang di bawah Perjanjian Musa ataupun peraturan agama Yahudi. Mudah-mudahan - jika cukup kuat - orang dapat mengumpulkan cukup banyak amal, tetapi berapa banyak amat yang sebenarnya cukup untuk menghapus dosa kita di hadapan yang MahaKudus? Sebenarnya keadaan orang di bawah agama lama berat sekali.

Hagelberg: Yoh 5:5 - -- 5:5 Di situ ada seorang yang sudah tiga puluh delapan tahun lamanya sakit. Memang antara sekian banyak orang, ada satu yang keadaannya sangat berat se...

5:5 Di situ ada seorang yang sudah tiga puluh delapan tahun lamanya sakit.

Memang antara sekian banyak orang, ada satu yang keadaannya sangat berat sekali, dia sudah tiga puluh delapan tahun lamanya sakit. Dia pasti merasa putus asa.481 Air kolam Betesda belum menyembuhkan dia.

Hagelberg: Yoh 5:5 - -- 5:5 Di situ ada seorang yang sudah tiga puluh delapan tahun lamanya sakit. Memang antara sekian banyak orang, ada satu yang keadaannya sangat berat se...

5:5 Di situ ada seorang yang sudah tiga puluh delapan tahun lamanya sakit.

Memang antara sekian banyak orang, ada satu yang keadaannya sangat berat sekali, dia sudah tiga puluh delapan tahun lamanya sakit. Dia pasti merasa putus asa.481 Air kolam Betesda belum menyembuhkan dia.

Hagelberg: Yoh 5:6 - -- 5:6 Ketika Yesus melihat orang itu berbaring di situ dan karena Ia tahu, bahwa ia telah lama dalam keadaan itu, berkatalah Ia kepadanya: "Maukah engka...

5:6 Ketika Yesus melihat orang itu berbaring di situ dan karena Ia tahu, bahwa ia telah lama dalam keadaan itu, berkatalah Ia kepadanya: "Maukah engkau sembuh?"

Yohanes tidak menjelaskan kepada kita bagaimana caranya Tuhan Yesus mengetahui bahwa ia telah lama dalam keadaan itu. Mungkin Dia bertanya, atau Dia mendengar perkataan orang lain ("Kasian, orang itu sudah tiga puluh delapan tahun lamanya sakit....") Mungkin Dia mengetahui hal itu secara supernatural.482 Hal itu bukan pokok bagi Yohanes, tetapi dia menceritakan suatu pertanyaanyang aneh, yang ditanyakan oleh Tuhan Yesus, yaitu Maukah engkau sembuh? Dengan demikian, Dia mulai menarik perhatian orang itu dari kolam kepada Tuhan Yesus sendiri.

Hagelberg: Yoh 5:6 - -- 5:6 Ketika Yesus melihat orang itu berbaring di situ dan karena Ia tahu, bahwa ia telah lama dalam keadaan itu, berkatalah Ia kepadanya: "Maukah engka...

5:6 Ketika Yesus melihat orang itu berbaring di situ dan karena Ia tahu, bahwa ia telah lama dalam keadaan itu, berkatalah Ia kepadanya: "Maukah engkau sembuh?"

Yohanes tidak menjelaskan kepada kita bagaimana caranya Tuhan Yesus mengetahui bahwa ia telah lama dalam keadaan itu. Mungkin Dia bertanya, atau Dia mendengar perkataan orang lain ("Kasian, orang itu sudah tiga puluh delapan tahun lamanya sakit....") Mungkin Dia mengetahui hal itu secara supernatural.482 Hal itu bukan pokok bagi Yohanes, tetapi dia menceritakan suatu pertanyaanyang aneh, yang ditanyakan oleh Tuhan Yesus, yaitu Maukah engkau sembuh? Dengan demikian, Dia mulai menarik perhatian orang itu dari kolam kepada Tuhan Yesus sendiri.

Hagelberg: Yoh 5:7 - -- 5:7 Jawab orang sakit itu kepada-Nya: "Tuan,483 tidak ada orang yang menurunkan aku ke dalam kolam itu apabila airnya mulai goncang, dan sementara aku...

5:7 Jawab orang sakit itu kepada-Nya: "Tuan,483 tidak ada orang yang menurunkan aku ke dalam kolam itu apabila airnya mulai goncang, dan sementara aku menuju ke kolam itu, orang lain sudah turun mendahului aku."

Penyembuhan yang satu-satunya yang dapat diapikirkan adalah penyembuhan melalui kolam. Tetapi dia selalu terpaksa harus menghadapi keterbatasan berkat kolam Betesda. Selalu ada orang lain yang sudah turun mendahului dia.

Melihat sikap orang ini dalam ayat 11 (dia melemparkan pelanggarannya kepada yang menyebuhkan dia), dalam ayat 13 (dia tidak mengetahui nama Yesus), dan dalam ayat 15 (dia memberitahu kepada orang-orang Yahudi - yang melawan Tuhan Yesus - bahwa Yesuslah yang menyembuhkan dia), tampaknya orang sakit itu tidak begitu baik hati. Dalam ayat ini dia menjawab suatu pertanyaan yang mungkin dia anggap sangat bodoh. Pasti dia mau sembuh!

Hagelberg: Yoh 5:7 - -- 5:7 Jawab orang sakit itu kepada-Nya: "Tuan,483 tidak ada orang yang menurunkan aku ke dalam kolam itu apabila airnya mulai goncang, dan sementara aku...

5:7 Jawab orang sakit itu kepada-Nya: "Tuan,483 tidak ada orang yang menurunkan aku ke dalam kolam itu apabila airnya mulai goncang, dan sementara aku menuju ke kolam itu, orang lain sudah turun mendahului aku."

Penyembuhan yang satu-satunya yang dapat diapikirkan adalah penyembuhan melalui kolam. Tetapi dia selalu terpaksa harus menghadapi keterbatasan berkat kolam Betesda. Selalu ada orang lain yang sudah turun mendahului dia.

Melihat sikap orang ini dalam ayat 11 (dia melemparkan pelanggarannya kepada yang menyebuhkan dia), dalam ayat 13 (dia tidak mengetahui nama Yesus), dan dalam ayat 15 (dia memberitahu kepada orang-orang Yahudi - yang melawan Tuhan Yesus - bahwa Yesuslah yang menyembuhkan dia), tampaknya orang sakit itu tidak begitu baik hati. Dalam ayat ini dia menjawab suatu pertanyaan yang mungkin dia anggap sangat bodoh. Pasti dia mau sembuh!

Hagelberg: Yoh 5:8 - -- 5:8 Kata Yesus kepadanya: "Bangunlah, angkatlah tilammu dan berjalanlah." Dalam Yesus Kristus tidak ada syarat-syarat yang berat. Dia dapat menyembuhk...

5:8 Kata Yesus kepadanya: "Bangunlah, angkatlah tilammu dan berjalanlah."

Dalam Yesus Kristus tidak ada syarat-syarat yang berat. Dia dapat menyembuhkan dengan mengucapkan kata saja. Dengan demikian Tuhan Yesus juah melebihi segala sesuatu yang ada bagi manusia dalam agama lama itu.

Hagelberg: Yoh 5:8 - -- 5:8 Kata Yesus kepadanya: "Bangunlah, angkatlah tilammu dan berjalanlah." Dalam Yesus Kristus tidak ada syarat-syarat yang berat. Dia dapat menyembuhk...

5:8 Kata Yesus kepadanya: "Bangunlah, angkatlah tilammu dan berjalanlah."

Dalam Yesus Kristus tidak ada syarat-syarat yang berat. Dia dapat menyembuhkan dengan mengucapkan kata saja. Dengan demikian Tuhan Yesus juah melebihi segala sesuatu yang ada bagi manusia dalam agama lama itu.

Hagelberg: Yoh 5:9 - -- 5:9 Dan pada saat itu juga sembuhlah orang itu lalu ia mengangkat tilamnya dan berjalan. Tetapi hari itu hari Sabat. Biasanya orang yang disembuhkan p...

5:9 Dan pada saat itu juga sembuhlah orang itu lalu ia mengangkat tilamnya dan berjalan. Tetapi hari itu hari Sabat.

Biasanya orang yang disembuhkan percaya kepada Tuhan Yesus, tetapi dalam peristiwa ini unsur iman tidak nampak. Inisiatif dan iman untuk mujizat ini ada pada Tuhan Yesus, dan bukan pada yang disembuhkan. Jika peristiwa ini dikaitkan dengan tema "tanda yang menyatakan kemuliaan Tuhan Yesus dan menimbulkan iman" yang diuraikan dalam pembahasan pasal 2:22, kita mengamati bahwa melalui tanda ini di Yerusalem kemuliaan Tuhan Yesus dinyatakan sama seperti peristiwa tanda-tanda yang sudah dikisahkan, tetapi dalam nas ini orang yang disembuhkan tidak percaya. Tanda itu yang memang menyatakan kemuliaan Tuhan Yesus tidak menimbulkan iman. Justru orang itu memihak pada mereka yang melawan Tuhan Yesus. Peristiwa ini menyatakan keterbatasan tanda dan mukjizat dalam Injil Yohanes. Tanda tidak selalu menimbulkan iman.

Jika nas ini dibandingkan dengan Markus 2:1-12, ada beberapa kesamaan, dan beberapa perbedaan. Kesamaan yang paling nyata adalah perintah Tuhan Yesus, yaitu "Bangunlah, angkatlah tilammu dan berjalanlah." Perbedaan yang paling menonjol adalah bahwa orang yang disebuhkan dalam Markus 2 mempunyai sehabat yang beriman, sedangkan dalam nas ini sahabat dan iman tidak disebutkan.

Dengan perkataan, tetapi hari itu hari Sabat, masalah besar dikemukakan, yaitu suatu masalah yang pokok dalam Injil Yohanes.

Hagelberg: Yoh 5:9 - -- 5:9 Dan pada saat itu juga sembuhlah orang itu lalu ia mengangkat tilamnya dan berjalan. Tetapi hari itu hari Sabat. Biasanya orang yang disembuhkan p...

5:9 Dan pada saat itu juga sembuhlah orang itu lalu ia mengangkat tilamnya dan berjalan. Tetapi hari itu hari Sabat.

Biasanya orang yang disembuhkan percaya kepada Tuhan Yesus, tetapi dalam peristiwa ini unsur iman tidak nampak. Inisiatif dan iman untuk mujizat ini ada pada Tuhan Yesus, dan bukan pada yang disembuhkan. Jika peristiwa ini dikaitkan dengan tema "tanda yang menyatakan kemuliaan Tuhan Yesus dan menimbulkan iman" yang diuraikan dalam pembahasan pasal 2:22, kita mengamati bahwa melalui tanda ini di Yerusalem kemuliaan Tuhan Yesus dinyatakan sama seperti peristiwa tanda-tanda yang sudah dikisahkan, tetapi dalam nas ini orang yang disembuhkan tidak percaya. Tanda itu yang memang menyatakan kemuliaan Tuhan Yesus tidak menimbulkan iman. Justru orang itu memihak pada mereka yang melawan Tuhan Yesus. Peristiwa ini menyatakan keterbatasan tanda dan mukjizat dalam Injil Yohanes. Tanda tidak selalu menimbulkan iman.

Jika nas ini dibandingkan dengan Markus 2:1-12, ada beberapa kesamaan, dan beberapa perbedaan. Kesamaan yang paling nyata adalah perintah Tuhan Yesus, yaitu "Bangunlah, angkatlah tilammu dan berjalanlah." Perbedaan yang paling menonjol adalah bahwa orang yang disebuhkan dalam Markus 2 mempunyai sehabat yang beriman, sedangkan dalam nas ini sahabat dan iman tidak disebutkan.

Dengan perkataan, tetapi hari itu hari Sabat, masalah besar dikemukakan, yaitu suatu masalah yang pokok dalam Injil Yohanes.

Hagelberg: Yoh 5:10 - -- 5:10 Karena itu orang-orang Yahudi berkata kepada orang yang baru sembuh itu: "Hari ini hari Sabat dan tidak boleh engkau memikul tilammu." Ternyata o...

5:10 Karena itu orang-orang Yahudi berkata kepada orang yang baru sembuh itu: "Hari ini hari Sabat dan tidak boleh engkau memikul tilammu."

Ternyata orang-orang Yahudi484 itu lebih mengutamakan peraturan hari Sabat daripada penyembuhan orang. Dalam hukum Taurat (misalnya Keluaran 20:10) dilarang keras bekerja pada hari Sabat. Arti dari istilah "bekerja" diuraikan oleh rabi-rabi Israel, sehingga peraturan hari Sabat menjadi banyak dan rumit. Dalam Perjanjian Lama ada kesan bahwa pekerjaan yang dilarang adalah pekerjaan orang yang biasanya dilakukannya untuk mencari nafkah atau melakukan tugas-tugas rutin di rumah tangga, tetapi pekerjaan yang dilarang dalam peraturan tradisi orang-orang Yahudi jauh lebih luas. Seolah-olah segala sesuatu yang mungkin dapat dianggap pekerjaan mau dilarang, namun realitas hidup juga harus dipertimbangkan. Misalnya, pada hari Sabat dilarang memakai cuka untuk mengobati gigi yang sakit, tetapi cuka boleh dipakai dengan makanan orang. Jika kebetulan gigi orang disembuhkan karena kebetulan dia memakai cuka, baiklah, tidak apa-apa!485

Hagelberg: Yoh 5:10 - -- 5:10 Karena itu orang-orang Yahudi berkata kepada orang yang baru sembuh itu: "Hari ini hari Sabat dan tidak boleh engkau memikul tilammu." Ternyata o...

5:10 Karena itu orang-orang Yahudi berkata kepada orang yang baru sembuh itu: "Hari ini hari Sabat dan tidak boleh engkau memikul tilammu."

Ternyata orang-orang Yahudi484 itu lebih mengutamakan peraturan hari Sabat daripada penyembuhan orang. Dalam hukum Taurat (misalnya Keluaran 20:10) dilarang keras bekerja pada hari Sabat. Arti dari istilah "bekerja" diuraikan oleh rabi-rabi Israel, sehingga peraturan hari Sabat menjadi banyak dan rumit. Dalam Perjanjian Lama ada kesan bahwa pekerjaan yang dilarang adalah pekerjaan orang yang biasanya dilakukannya untuk mencari nafkah atau melakukan tugas-tugas rutin di rumah tangga, tetapi pekerjaan yang dilarang dalam peraturan tradisi orang-orang Yahudi jauh lebih luas. Seolah-olah segala sesuatu yang mungkin dapat dianggap pekerjaan mau dilarang, namun realitas hidup juga harus dipertimbangkan. Misalnya, pada hari Sabat dilarang memakai cuka untuk mengobati gigi yang sakit, tetapi cuka boleh dipakai dengan makanan orang. Jika kebetulan gigi orang disembuhkan karena kebetulan dia memakai cuka, baiklah, tidak apa-apa!485

Hagelberg: Yoh 5:11 - -- 5:11 Akan tetapi ia menjawab mereka: "Orang yang telah menyembuhkan aku, dia yang mengatakan kepadaku: Angkatlah tilammu dan berjalanlah." Dia yang di...

5:11 Akan tetapi ia menjawab mereka: "Orang yang telah menyembuhkan aku, dia yang mengatakan kepadaku: Angkatlah tilammu dan berjalanlah."

Dia yang disembuhkan membela dirinya dari serangan mereka yang menegakkan peraturan hari Sabat. Sebenarnya tanggapan ini wajar, tetapi sikap orang itu kurang mengaggumi dalam ayat-ayat yang berikut.

Hagelberg: Yoh 5:11 - -- 5:11 Akan tetapi ia menjawab mereka: "Orang yang telah menyembuhkan aku, dia yang mengatakan kepadaku: Angkatlah tilammu dan berjalanlah." Dia yang di...

5:11 Akan tetapi ia menjawab mereka: "Orang yang telah menyembuhkan aku, dia yang mengatakan kepadaku: Angkatlah tilammu dan berjalanlah."

Dia yang disembuhkan membela dirinya dari serangan mereka yang menegakkan peraturan hari Sabat. Sebenarnya tanggapan ini wajar, tetapi sikap orang itu kurang mengaggumi dalam ayat-ayat yang berikut.

Hagelberg: Yoh 5:12 - -- 5:12 Mereka bertanya kepadanya: "Siapakah orang itu yang berkata kepadamu: Angkatlah tilammu dan berjalanlah?" Penyembuhan itu terlupakan, dan mereka ...

5:12 Mereka bertanya kepadanya: "Siapakah orang itu yang berkata kepadamu: Angkatlah tilammu dan berjalanlah?"

Penyembuhan itu terlupakan, dan mereka memusatkan perhatian mereka pada pelanggaran peraturan mereka, dan, secara khusus, identitas orang yang menyebabkan pelanggaran ini.

Hagelberg: Yoh 5:12 - -- 5:12 Mereka bertanya kepadanya: "Siapakah orang itu yang berkata kepadamu: Angkatlah tilammu dan berjalanlah?" Penyembuhan itu terlupakan, dan mereka ...

5:12 Mereka bertanya kepadanya: "Siapakah orang itu yang berkata kepadamu: Angkatlah tilammu dan berjalanlah?"

Penyembuhan itu terlupakan, dan mereka memusatkan perhatian mereka pada pelanggaran peraturan mereka, dan, secara khusus, identitas orang yang menyebabkan pelanggaran ini.

Hagelberg: Yoh 5:13 - -- 5:13 Tetapi orang yang baru sembuh itu tidak tahu siapa orang itu, sebab Yesus telah menghilang ke tengah-tengah orang banyak di tempat itu. Seharusny...

5:13 Tetapi orang yang baru sembuh itu tidak tahu siapa orang itu, sebab Yesus telah menghilang ke tengah-tengah orang banyak di tempat itu.

Seharusnya dia menanyakan identitas Tuhan Yesus, tetapi - mungkin karena keramaian atau kekacauan saat itu (atau mungkin karena dia tidak tahu sikap terima kasih) - orang yang baru sembuh itu tidak tahu siapa orang itu. Tampaknya pemberian lebih diutamakan daripada si Pemberi.

Hagelberg: Yoh 5:13 - -- 5:13 Tetapi orang yang baru sembuh itu tidak tahu siapa orang itu, sebab Yesus telah menghilang ke tengah-tengah orang banyak di tempat itu. Seharusny...

5:13 Tetapi orang yang baru sembuh itu tidak tahu siapa orang itu, sebab Yesus telah menghilang ke tengah-tengah orang banyak di tempat itu.

Seharusnya dia menanyakan identitas Tuhan Yesus, tetapi - mungkin karena keramaian atau kekacauan saat itu (atau mungkin karena dia tidak tahu sikap terima kasih) - orang yang baru sembuh itu tidak tahu siapa orang itu. Tampaknya pemberian lebih diutamakan daripada si Pemberi.

Hagelberg: Yoh 5:14 - -- 5:14 Kemudian Yesus bertemu dengan dia dalam Bait Allah486 lalu berkata kepadanya: "Engkau telah sembuh; jangan berbuat dosa lagi487, supaya padamu ja...

5:14 Kemudian Yesus bertemu dengan dia dalam Bait Allah486 lalu berkata kepadanya: "Engkau telah sembuh; jangan berbuat dosa lagi487, supaya padamu jangan terjadi yang lebih buruk."

Tuhan Yesus tidak hanya memikirkan kesembuhan jasmani. Dia memikirkan seluruh keberadaan orang itu. Oleh karena itu, Dia mencari orang itu dan menasehati dia.

Ayat ini dapat menumbulkan pertanyaan mengenai penyakit dan dosa. Apakah segala penyakit merupakan akibat dosa si penderita itu? Dalam Yohanes 9:2-3 kita membaca, "Murid-murid-Nya bertanya kepada-Nya: 'Rabi, siapakah yang berbuat dosa, orang ini sendiri atau orang tuanya, sehingga ia dilahirkan buta?' Jawab Yesus: 'Bukan dia dan bukan juga orang tuanya, tetapi karena pekerjaan-pekerjaan Allah harus dinyatakan di dalam dia.'" Ini berarti bahwa belum tentu penyakit disebabkan oleh dosa pribadi orang. Namun dalam kasus ini, tampaknya dosa orang dapat menyebabkan penyakit, ataupun sesuatu yang lebih buruk. (Kisah Para Rasul 5:1-11; I Korintus 11:30; dan I Yohanes 5:16 menegaskan kebenaran ini.) Seolah-olah hubungan sebab-akibat antara dosa dan penyakit disangkal dalam Lukas 13:1-5, tetapi nas itu ditujukan kepada orang yang berpikir bahwa mereka yang menderita adalah orang berdosa. Nas itu berkata, "Tetapi jikalau kamu tidak bertobat, kamu semua akan binasa atas cara demikian" (Lukas 13:3 dan 5). Nas itu merupakan peringatan yang ditujukan kepada orang yang menghakimi si penderita, dan bukan nasihat kepada mereka yang menderita.488

Hagelberg: Yoh 5:14 - -- 5:14 Kemudian Yesus bertemu dengan dia dalam Bait Allah486 lalu berkata kepadanya: "Engkau telah sembuh; jangan berbuat dosa lagi487, supaya padamu ja...

5:14 Kemudian Yesus bertemu dengan dia dalam Bait Allah486 lalu berkata kepadanya: "Engkau telah sembuh; jangan berbuat dosa lagi487, supaya padamu jangan terjadi yang lebih buruk."

Tuhan Yesus tidak hanya memikirkan kesembuhan jasmani. Dia memikirkan seluruh keberadaan orang itu. Oleh karena itu, Dia mencari orang itu dan menasehati dia.

Ayat ini dapat menumbulkan pertanyaan mengenai penyakit dan dosa. Apakah segala penyakit merupakan akibat dosa si penderita itu? Dalam Yohanes 9:2-3 kita membaca, "Murid-murid-Nya bertanya kepada-Nya: 'Rabi, siapakah yang berbuat dosa, orang ini sendiri atau orang tuanya, sehingga ia dilahirkan buta?' Jawab Yesus: 'Bukan dia dan bukan juga orang tuanya, tetapi karena pekerjaan-pekerjaan Allah harus dinyatakan di dalam dia.'" Ini berarti bahwa belum tentu penyakit disebabkan oleh dosa pribadi orang. Namun dalam kasus ini, tampaknya dosa orang dapat menyebabkan penyakit, ataupun sesuatu yang lebih buruk. (Kisah Para Rasul 5:1-11; I Korintus 11:30; dan I Yohanes 5:16 menegaskan kebenaran ini.) Seolah-olah hubungan sebab-akibat antara dosa dan penyakit disangkal dalam Lukas 13:1-5, tetapi nas itu ditujukan kepada orang yang berpikir bahwa mereka yang menderita adalah orang berdosa. Nas itu berkata, "Tetapi jikalau kamu tidak bertobat, kamu semua akan binasa atas cara demikian" (Lukas 13:3 dan 5). Nas itu merupakan peringatan yang ditujukan kepada orang yang menghakimi si penderita, dan bukan nasihat kepada mereka yang menderita.488

Hagelberg: Yoh 5:15 - -- 5:15 Orang itu keluar, lalu menceriterakan kepada orang-orang Yahudi, bahwa Yesuslah yang telah menyembuhkan dia. Orang yang disembuhkan memihak pada ...

5:15 Orang itu keluar, lalu menceriterakan kepada orang-orang Yahudi, bahwa Yesuslah yang telah menyembuhkan dia.

Orang yang disembuhkan memihak pada orang-orang Yahudi. Dia tidak mengerti bahwa apa yang terjadi kepadanya hari itu menandai bahwa Dia yang telah menyembuhkan dia layak menerima segala loyalitas kita. Sikap orang itu sangat buruk dibandingkan dengan sikap orang yang disebuhkan dalam pasal 9.489 Meskipun demikian, dia tetap mendapat bagian dari pelayanan Tuhan Yesus. Tuhan Yesus tidak menunjukkan sikap seorang investor, yang hanya mengeluarkan sumber daya jika ada kemungkinan besar bahwa investasi itu akan kembali dalam bentuk bunga atau hasil-hasil investasi yang lain. Kelayakan atau ketidaklayakan orang itu tidak relevan. Dalam hal ini dia yang disembuhkan mirip sembilan orang yang sakit kusta tetapi tidak kembali mengucapkan terima kasih kepada Tuhan Yesus dalam Lukas 17:12-19.

Hagelberg: Yoh 5:15 - -- 5:15 Orang itu keluar, lalu menceriterakan kepada orang-orang Yahudi, bahwa Yesuslah yang telah menyembuhkan dia. Orang yang disembuhkan memihak pada ...

5:15 Orang itu keluar, lalu menceriterakan kepada orang-orang Yahudi, bahwa Yesuslah yang telah menyembuhkan dia.

Orang yang disembuhkan memihak pada orang-orang Yahudi. Dia tidak mengerti bahwa apa yang terjadi kepadanya hari itu menandai bahwa Dia yang telah menyembuhkan dia layak menerima segala loyalitas kita. Sikap orang itu sangat buruk dibandingkan dengan sikap orang yang disebuhkan dalam pasal 9.489 Meskipun demikian, dia tetap mendapat bagian dari pelayanan Tuhan Yesus. Tuhan Yesus tidak menunjukkan sikap seorang investor, yang hanya mengeluarkan sumber daya jika ada kemungkinan besar bahwa investasi itu akan kembali dalam bentuk bunga atau hasil-hasil investasi yang lain. Kelayakan atau ketidaklayakan orang itu tidak relevan. Dalam hal ini dia yang disembuhkan mirip sembilan orang yang sakit kusta tetapi tidak kembali mengucapkan terima kasih kepada Tuhan Yesus dalam Lukas 17:12-19.

Hagelberg: Yoh 5:16 - -- 5:16 Dan karena itu orang-orang Yahudi menganiaya491 Yesus dan berusaha untuk membunuh Dia,492 karena Ia melakukan hal-hal493 itu pada hari Sabat. Pen...

5:16 Dan karena itu orang-orang Yahudi menganiaya491 Yesus dan berusaha untuk membunuh Dia,492 karena Ia melakukan hal-hal493 itu pada hari Sabat.

Penganiayaan terhadap Tuhan Yesus telah menjadi terang-terangan oleh karena Dia menyembuhkan orang pada hari Sabat.

Hagelberg: Yoh 5:16-30 - -- a. Hubungan Yesus dan Bapa-Nya (5:16-30) Sebagai tanggapan kepada mereka yang mau menganiaya Dia, Tuhan Yesus menguraikan hubungan-Nya dengan Allah Ba...

a. Hubungan Yesus dan Bapa-Nya (5:16-30)

Sebagai tanggapan kepada mereka yang mau menganiaya Dia, Tuhan Yesus menguraikan hubungan-Nya dengan Allah Bapa. Uraian ini, yang pertama dalam Injil Yohanes, mendasar, mengejutkan, dan nekat.

Uraian-Nya tidak memadamkan sikap mereka. Tuhan Yesus mengerti bahwa sikap-Nya memaksakan mereka untuk menyerah dan menerima Dia atau menolak dan melawan Dia.

Hagelberg: Yoh 5:16 - -- 5:16 Dan karena itu orang-orang Yahudi menganiaya491 Yesus dan berusaha untuk membunuh Dia,492 karena Ia melakukan hal-hal493 itu pada hari Sabat. Pen...

5:16 Dan karena itu orang-orang Yahudi menganiaya491 Yesus dan berusaha untuk membunuh Dia,492 karena Ia melakukan hal-hal493 itu pada hari Sabat.

Penganiayaan terhadap Tuhan Yesus telah menjadi terang-terangan oleh karena Dia menyembuhkan orang pada hari Sabat.

Hagelberg: Yoh 5:16-47 - -- 2. Tanggapan Yesus pada oposisi (5:16-47) Dalam bagian ini, oposisi yang disebutkan secara sepintas dalam pasal 1:10-11490 sudah berkembang sampai mer...

2. Tanggapan Yesus pada oposisi (5:16-47)

Dalam bagian ini, oposisi yang disebutkan secara sepintas dalam pasal 1:10-11490 sudah berkembang sampai mereka mau membunuh Dia.

Hagelberg: Yoh 5:17 - -- 5:17 Tetapi Ia berkata kepada mereka: "Bapa-Ku bekerja sampai sekarang, maka Akupun bekerja juga." Dalam Keluaran 20:11 dikatakan, "Sebab enam hari la...

5:17 Tetapi Ia berkata kepada mereka: "Bapa-Ku bekerja sampai sekarang, maka Akupun bekerja juga."

Dalam Keluaran 20:11 dikatakan, "Sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya." Namun rabi-rabi Israel mengerti bahwa Dia tidak berhenti secara total. Kedaulatan-Nya berfungsi pada hari Sabat, anak tetap dilahirkan pada hari Sabat, dan orang tetap dapat meninggal pada hari Sabat. Menurut mereka, hanya Allah saja yang boleh bekerja pada hari Sabat. Jadi, pada waktu Dia berkata, "Bapa-Ku bekerja sampai sekarang, maka Akupun bekerja juga" Dia "menyamakan diri-Nya dengan Allah".

Walaupun sebutan Bapa-Ku biasa bagi orang Kristen, kita harus mengerti bahwa sebutan tersebut tidak biasa bagi orang Yahudi. Mereka dapat memakai ungkapan "Bapa kami", dan jika mereka berdoa mereka kadang-kadang memakai ungkapan Bapa-Ku, tetapi sebutan tersebut selalu harus dilengkapi dengan ungkapan "di surga" atau suatu ungkapan yang lain, supaya tidak membawa kesan bahwa ada hubungan yang erat antara yang memakai sebutan itu dan Allah.494 Tetapi Tuhan Yesus tidak menghidari kesan bahwa Dia memiliki suatu hubungan yang sangat erat dengan Allah Bapa.

Firman Allah menyebutkan Allah Bapa, dan memang Allah adalah Bapa. Dalam Efesus 3:14-15 dikatakan, "Itulah sebabnya aku sujud kepada Bapa, yang dari pada-Nya semua turunan yang di dalam sorga dan di atas bumi menerima namanya." Istilah yang diterjemahkan "turunan"495 juga dapat diterjemahkan "keayahan". Dengan kata lain, Allah Bapa adalah Bapa di atas segala bapak. Dia adalah Bapa yang asli. Semua yang lain merupakan tiruan. Hal ini tidak berarti Dia memperanakkan anak secara jasmani. Ciri khas seorang ayah di bumi ini dapat menolong kita untuk lebih mengerti mengenai Allah. Anak-anak yang diperanakkan oleh seorang ayah berasal dari ayah mereka. Demikian juga Allah Bapaadalah sumber kehidupan. Inisiatif dari kehidupan berada dengan Dia.

Mungkin kita dapat membayangkan apa yang seharusnya menjadi ciri khas seorang ayah, dan mungkin pikiran itu mencerminkan suatu kenyataan yang tertanam dalam hati manusia mengenai Allah Bapa.

Hagelberg: Yoh 5:17 - -- 5:17 Tetapi Ia berkata kepada mereka: "Bapa-Ku bekerja sampai sekarang, maka Akupun bekerja juga." Dalam Keluaran 20:11 dikatakan, "Sebab enam hari la...

5:17 Tetapi Ia berkata kepada mereka: "Bapa-Ku bekerja sampai sekarang, maka Akupun bekerja juga."

Dalam Keluaran 20:11 dikatakan, "Sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya." Namun rabi-rabi Israel mengerti bahwa Dia tidak berhenti secara total. Kedaulatan-Nya berfungsi pada hari Sabat, anak tetap dilahirkan pada hari Sabat, dan orang tetap dapat meninggal pada hari Sabat. Menurut mereka, hanya Allah saja yang boleh bekerja pada hari Sabat. Jadi, pada waktu Dia berkata, "Bapa-Ku bekerja sampai sekarang, maka Akupun bekerja juga" Dia "menyamakan diri-Nya dengan Allah".

Walaupun sebutan Bapa-Ku biasa bagi orang Kristen, kita harus mengerti bahwa sebutan tersebut tidak biasa bagi orang Yahudi. Mereka dapat memakai ungkapan "Bapa kami", dan jika mereka berdoa mereka kadang-kadang memakai ungkapan Bapa-Ku, tetapi sebutan tersebut selalu harus dilengkapi dengan ungkapan "di surga" atau suatu ungkapan yang lain, supaya tidak membawa kesan bahwa ada hubungan yang erat antara yang memakai sebutan itu dan Allah.494 Tetapi Tuhan Yesus tidak menghidari kesan bahwa Dia memiliki suatu hubungan yang sangat erat dengan Allah Bapa.

Firman Allah menyebutkan Allah Bapa, dan memang Allah adalah Bapa. Dalam Efesus 3:14-15 dikatakan, "Itulah sebabnya aku sujud kepada Bapa, yang dari pada-Nya semua turunan yang di dalam sorga dan di atas bumi menerima namanya." Istilah yang diterjemahkan "turunan"495 juga dapat diterjemahkan "keayahan". Dengan kata lain, Allah Bapa adalah Bapa di atas segala bapak. Dia adalah Bapa yang asli. Semua yang lain merupakan tiruan. Hal ini tidak berarti Dia memperanakkan anak secara jasmani. Ciri khas seorang ayah di bumi ini dapat menolong kita untuk lebih mengerti mengenai Allah. Anak-anak yang diperanakkan oleh seorang ayah berasal dari ayah mereka. Demikian juga Allah Bapaadalah sumber kehidupan. Inisiatif dari kehidupan berada dengan Dia.

Mungkin kita dapat membayangkan apa yang seharusnya menjadi ciri khas seorang ayah, dan mungkin pikiran itu mencerminkan suatu kenyataan yang tertanam dalam hati manusia mengenai Allah Bapa.

Hagelberg: Yoh 5:18 - -- 5:18 Sebab itu orang-orang Yahudi496 lebih berusaha lagi untuk membunuh-Nya, bukan saja karena Ia meniadakan497 hari Sabat, tetapi juga karena Ia meng...

5:18 Sebab itu orang-orang Yahudi496 lebih berusaha lagi untuk membunuh-Nya, bukan saja karena Ia meniadakan497 hari Sabat, tetapi juga karena Ia mengatakan bahwa Allah adalah Bapa-Nya sendiri dan dengan demikian menyamakan diri-Nya dengan Allah.

Mereka tidak lambat untuk mengerti bahwa Tuhan Yesus berkata Dia ilahi, namun Dia memiliki peranan yang lain dari pada peranan Allah Bapa. Dia sama dengan Allah Bapa dari segi hakekat, tetapi bukan dari segi peranan. Kesamaan dengan Allah yang dimiliki oleh Tuhan Yesus tidak dimengerti oleh orang-orang Yahudi itu, tetapi dalam ayat-ayat berikut Dia menjelaskan mengenai hubungan-Nya dengan Allah Bapa.498

Hagelberg: Yoh 5:18 - -- 5:18 Sebab itu orang-orang Yahudi496 lebih berusaha lagi untuk membunuh-Nya, bukan saja karena Ia meniadakan497 hari Sabat, tetapi juga karena Ia meng...

5:18 Sebab itu orang-orang Yahudi496 lebih berusaha lagi untuk membunuh-Nya, bukan saja karena Ia meniadakan497 hari Sabat, tetapi juga karena Ia mengatakan bahwa Allah adalah Bapa-Nya sendiri dan dengan demikian menyamakan diri-Nya dengan Allah.

Mereka tidak lambat untuk mengerti bahwa Tuhan Yesus berkata Dia ilahi, namun Dia memiliki peranan yang lain dari pada peranan Allah Bapa. Dia sama dengan Allah Bapa dari segi hakekat, tetapi bukan dari segi peranan. Kesamaan dengan Allah yang dimiliki oleh Tuhan Yesus tidak dimengerti oleh orang-orang Yahudi itu, tetapi dalam ayat-ayat berikut Dia menjelaskan mengenai hubungan-Nya dengan Allah Bapa.498

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Yoh 5:1-16 - Penyembuhan di Kolam Betesda Di dalam keempat Injil tercatat dengan benar segala hal yang mulai dilakukan dan diajarkan Yesus (Kis. 1:1). Kedua hal ini saling berkaitan, sebab...

Matthew Henry: Yoh 5:17-30 - Percakapan Kristus dengan Orang-orang Yahudi; Seluruh Penghakiman Diserahkan kepada Kristus; Inti Ke Percakapan Kristus dengan Orang-orang Yahudi; Seluruh Penghakiman Diserahkan kepada Kristus; Inti Kekristenan (5:17-30) Di sini kita dapati perkata...

SH: Yoh 5:1-18 - Yesus dan Hukum Taurat (Rabu, 06 Januari 1999) Yesus dan Hukum Taurat Hari ini kita melihat sebuah adegan baru. Bukan melulu mukjizat yang dibuat Yesus, namun dampak dari perbuatan-Nya. Yesus...

SH: Yoh 5:1-18 - Di mana ungkapan syukur itu? (Sabtu, 5 Januari 2002) Di mana ungkapan syukur itu? Di Yerusalem Tuhan Yesus bertemu dengan seorang yang lumpuh. Meski namanya tidak diberi tahu, namun keadaannya seca...

SH: Yoh 5:1-18 - Anugerah Allah dan respons manusia (Minggu, 8 Januari 2006) Anugerah Allah dan respons manusia Anugerah Allah makin tampak dalam inisiatif Yesus menyembuhkan seorang yang sudah 38 tahun menderita sakit....

SH: Yoh 5:1-18 - Jangan melebihi hukum Tuhan (Selasa, 29 Januari 2008) Jangan melebihi hukum Tuhan Hukum Taurat melarang orang bekerja pada hari Sabat. Ahli-ahli Taurat membuat berbagai peraturan tambahan untuk meno...

SH: Yoh 5:1-18 - Jangan pentingkan diri sendiri (Selasa, 7 Januari 2014) Jangan pentingkan diri sendiri Jika Anda menderita sakit berat menahun lalu sembuh di tangan seorang dokter, bagaimana perasaan Anda? Tentu rasa teri...

SH: Yoh 5:1-18 - Jangan Berdosa Lagi (Minggu, 5 Januari 2020) Jangan Berdosa Lagi Betesda artinya rumah kemurahan. Yesus hadir di sana dan Ia membuat tanda ketiga atas orang yang sudah 38 tahun terbaring sakit. ...

Utley: Yoh 5:1-9 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 5:1-9a1 Sesudah itu ada hari raya orang Yahudi, dan Yesus berangkat ke Yerusalem. 2 Di Yerusalem dekat Pintu Gerbang Domba ...

Utley: Yoh 5:9 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 5:9b-189 bTetapi hari itu hari Sabat. 10 Karena itu orang-orang Yahudi berkata kepada orang yang baru sembuh itu: "Hari ini...

Topik Teologia: Yoh 5:17 - -- Allah yang Berpribadi Allah sebagai Bapa Yesus Kristus Mat 3:17 Mat 11:27 Mar 9:7 Mar 14:36 Luk 2:49 Luk 23:46 Yoh 1:14 Yoh 5:1...

Topik Teologia: Yoh 5:18 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Kebapaan Allah Allah sebagai Bapa Yesus Kristus Mat 3:17 Mat 11:27 Mar 9:7 Mar 14...

TFTWMS: Yoh 5:1-8 - Penyembuhan PENYEMBUHAN (Yohanes 5:1-8) Dekat pintu gerbang domba di Yerusalem ada sebuah kolam yang dikenal dengan nama "Betesda,"2artinya "ruma...

TFTWMS: Yoh 5:9-15 - Kontroversinya KONTROVERSINYA (Yohanes 5:9-15) Dapatkah Anda membayangkan diri Anda lumpuh selama 38 tahun, dan pada hari Anda disembuhkan orang-orang mulai mengec...

TFTWMS: Yoh 5:16-18 - Akibatnya AKIBATNYA (Yohanes 5:16-18) Pada waktu penyembuhannya, orang yang dekat kolam itu tidak memiliki gagasan tentang siapa yang sedang menyuruh dia untu...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yohanes Tema : Yesus, Putra Allah Tanggal Penulisan: 80-95 M Latar Belakang Injil Yohanes adalah unik di antara keem...

Full Life: Yohanes (Garis Besar) Garis Besar Prolog tentang Logos (Yoh 1:1-18) I. Memperkenalkan Kristus kepada Israel (Yoh 1:19-51) A. Oleh Yohan...

Matthew Henry: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Kita tidak sedang membahas kapan dan di mana Injil ini dituliskan. Kita yakin Injil ini diberikan melalui inspirasi Allah kepada Yohanes, saudara Yako...

Jerusalem: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INJIL YOHANES PENGANTAR INJIL YOHANES DAN SURAT-SURAT YOHANES Injil Yohanes Kata Penutup pertama, Yoh 20:31, menyatakan termasuk jenis sastra Injil Yo...

Ende: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN JOANES KATA PENGANTAR Karangan Indjil ini biasa disebut "Indjil keempat". Menurut riwajat lisan (tradisi) jang sangat pa...

Hagelberg: Yohanes (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Prakata Pendahuluan Injil Yohanes dapat diumpamakan sebagai sebuah kolam yang begitu dangkal sehingga seorang anak dapat main di dalam...

Hagelberg: Yohanes (Garis Besar) GARIS BESAR I. KATA PENGANTAR (1:1-18) II. PENYATAAN YESUS DENGAN KATA DAN PERBUATAN (1:19-10:42) A. Pengantar pada Pelayanan Y...

Hagelberg: Yohanes DAFTAR PUSTAKA Daftar Kepustakaan Barrett, C. K., The Gospel According to St. John, an Introduction with Commentary and Notes on the Greek Text, The W...

TFTWMS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) "MAUKAH ENGKAU SEMBUH?" (Yohanes 5:1-18) Menyebut nama "Bethesda" kepada orang Amerika, kemungkinan besar akan membuat dia memba...

TFTWMS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (YOHANES 5:1-18) Pembagian yang tidak menguntungkan antara pasal 4 dan 5 dapat mencegah kita untuk mengaitkan kisah tentang pegawai istana...

TFTWMS: Yohanes (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Gerard Sloyan, John, Interpretation: A Bible Commentary for Teaching and Preaching (Atlanta, Ga.: John Knox Press, 1988), 78. 2...

BIS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH YOHANES PENGANTAR Dalam Kabar Baik yang disampaikan oleh Yohanes ini, Yesus dikemukakan sebagai Sabda Allah yang ab

KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH YOHANES

PENGANTAR

Dalam Kabar Baik yang disampaikan oleh Yohanes ini, Yesus dikemukakan sebagai Sabda Allah yang abadi yang telah menjadi manusia dan tinggal di antara kita. Seperti yang dikatakan dalam buku ini, Kabar Baik ini ditulis dengan maksud supaya para pembacanya dapat percaya bahwa Yesuslah Raja Penyelamat yang dijanjikan -- Ia Anak Allah sendiri. Juga supaya melalui percaya kepada-Nya mereka memperoleh hidup (Yoh 20:31).

Setelah pendahuluan yang mengemukakan bahwa Sabda Allah yang abadi itu adalah Yesus, bagian pertama buku ini mengisahkan berbagai keajaiban yang dibuat oleh-Nya. Keajaiban-keajaiban itu menunjukkan bahwa Yesus adalah Raja Penyelamat yang dijanjikan, Ia Anak Allah. Masing-masing kisah mengenai keajaiban disertai oleh percakapan-percakapan antara Tuhan Yesus dengan orang-orang. Dari percakapan-percakapan itu jelaslah apa yang diungkapkan oleh keajaiban-keajaiban itu. Di dalam bagian ini dikemukakan bahwa ada orang yang percaya kepada Yesus dan menjadi pengikut-Nya, tetapi ada pula yang menentang Dia dan tidak mau percaya kepada-Nya. Pasal 13-17 (Yoh 13:1-17:26) mencatat secara panjang lebar bagaimana akrabnya Yesus dengan pengikut-pengikut-Nya pada malam ketika Ia hendak ditangkap, dan bagaimana Ia mempersiapkan serta menguatkan hati mereka pada malam itu. Pasal-pasal terakhir menguraikan tentang bagaimana Yesus ditangkap dan diadili, bagaimana Ia disalibkan, mati dan bangkit kembali, dan bagaimana Ia memperlihatkan diri-Nya kepada para pengikut-Nya setelah Ia hidup kembali.

Cerita tentang wanita yang tertangkap basah sedang berbuat zinah (\\/BIS Yoh

  1. 8:1-11\\), dimasukkan antara tanda kurung besar karena banyak naskah dan

terjemahan-terjemahan zaman dahulu tidak memuat cerita itu, sedangkan yang lain-lainnya memuatnya di berbagai tempat.

Dalam bukunya ini Yohanes menitikberatkan pemberian, yaitu hidup sejati dan kekal, yang diberikan Allah melalui Kristus. Pemberian itu sudah mulai di dunia, dan dapat dialami oleh orang-orang yang menerima Yesus sebagai jalan kepada Allah, sebagai yang menyatakan Allah, dan sebagai pemberi hidup. Ciri khas Yohanes ialah kiasan-kiasan yang diambilnya dari hal-hal sehari-hari untuk menunjukkan kebenaran-kebenaran rohani, misalnya: air, roti, terang, gembala dan dombanya, pohon anggur dan buahnya.

Isi

  1.  Pendahuluan
    Yoh 1:1-18
  2.  Yohanes Pembaptis dan orang-orang yang pertama-tama menjadi pengikut
    Yesus
    Yoh 1:19-51
  3.  Pelayanan Yesus di tengah-tengah masyarakat
    Yoh 2:1-12:50
  4.  Hari-hari terakhir di Yerusalem dan dekat Yerusalem
    Yoh 13:1-19:42
  5.  Kebangkitan Yesus dan penampakan diri-Nya
    Yoh 20:1-31
  6.  Penutup: suatu penampakan diri lagi di Galilea
    Yoh 21:1-25

Ajaran: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Injil Yohanes, orang-orang Kristen mengerti bahwa Allah mengambil rupa manusia untuk menyelamatkan manusia.

Tujuan

Supaya dengan mengenal isi Kitab Injil Yohanes, orang-orang Kristen mengerti bahwa Allah mengambil rupa manusia untuk menyelamatkan manusia. Dengan demikian diharapkan agar iman mereka semakin dikuatkan dalam mengikuti Yesus, sebagai Tuhan dan Juruselamatnya.

Pendahuluan

Penulis : Rasul Yohanes.

Tahun : Sekitar tahun 91 sesudah Masehi.

Penerima : Setiap orang percaya.

Isi Kitab: Kitab Injil Yohanes ini terdiri atas 21 pasal. Di dalam Kitab ini Tuhan Yesus disaksikan sebagai Firman yang menjadi manusia, Anak Allah. Karena itu, Injil Yohanes ini langsung menantang setiap pembaca untuk segera mengambil keputusan sendiri, yakni _percaya_ kepada Tuhan Yesus untuk mendapat keselamatan, tetapi jika _menolak_ Tuhan Yesus pasti akan mendapat kebinasaan.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Injil Yohanes

Untuk mengerti keseluruhan Kitab ini, perlu dimengerti tiga kata penting berikut ini.

  1. Tanda Pengajaran tentang "tanda-tanda" ajaib yang dilakukan oleh Tuhan Yesus, sebagai bukti bahwa Ia adalah Allah yang menjadi manusia

    Dalam Injil Yohanes, ada tujuh tanda penting yang dibuat oleh Tuhan Yesus, sebagai bukti bahwa Ia adalah Allah yang menjadi manusia.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Yoh 2:1-11. Mujizat air diubah menjadi anggur.
    2. Bacalah pasal Yoh 4:46-54. Tanda mujizat kedua, Tuhan Yesus menyembuhkan ana pegawai yang sakit.
    3. Bacalah pasal Yoh 5:1-47. Tanda mujizat ketiga, Tuhan Yesus menyembuhkan oran sakit di Bethesda.
    4. Bacalah pasal Yoh 6:1-14. Mujizat keempat, Tuhan Yesus memberikan makanan kepad 5010 orang dengan lima potong roti kecil dan dua ekor ikan.
    5. Bacalah pasal Yoh 6:15-21. Tuhan Yesus berjalan di atas air. Ini menunjukkan bahw Ia berkuasa atas alam raya.
    6. Bacalah pasal Yoh 9:1-14. Tuhan Yesus menyembuhkan orang buta.
    7. Bacalah pasal Yoh 11:1-57. Tuhan Yesus membangkitkan Lazarus dari kematian.

Kesemua tanda ajaib ini hanya bisa dilakukan oleh Allah, karena itu tanda-tanda tersebut membuktikan bahwa Yesus adalah Allah yang menjadi manusia. Jadi jika seorang menolak Tuhan Yesus, itu berarti ia menolak Allah. Demikian juga, jika seseorang menerima Tuhan Yesus, ia menjadi anggota keluarga Allah (bacaan Yoh 1:12).

  1. Percaya Pengajaran tentang "percaya" kepada pengakuan Tuhan Yesus tentang dirinya sendiri

    Pada dasarnya berita yang dibawa oleh Tuhan Yesus ialah berita tentang diri-Nya sendiri. Dalam Injil Yohanes ini, Tuhan Yesus memberikan tujuh perumpamaan tentang diri-Nya.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Yoh 6:53,41,48; 14:6. Dalam nats-nats ini Tuhan Yesus menyatakan diri-Nya adalah sumber kehidupan. Ini berarti seseorang hanya dapat memiliki hidup yang kekal dan berarti kalau ia datang kepada Tuhan Yesus.
    2. Bacalah pasal Yoh 8:12. Tuhan Yesus menyatakan diri-Nya sebagai Terang Dunia. Ini berarti Tuhan Yesus sajalah yang dapat memberikan penerangan dalam kehidupan manusia yang berdosa.
    3. Bacalah pasal Yoh 10:7,9. Tuhan Yesus menyatakan diri-Nya sebagai Pintu. Ini berarti hanya melalui Tuhan Yesus sajalah seseorang dapat memasuki Sorga.
    4. Bacalah pasal Yoh 10:11,14. Tuhan Yesus menyatakan diri-Nya sebagai Gembala. Ini berarti bahwa Tuhan Yesus sajalah yang dapat memelihara dan menjaga kehidupan seseorang.
    5. Bacalah pasal Yoh 11:25. Tuhan Yesus menyatakan diri-Nya sebagai Kebangkitan. Ini berarti di dalam diri-Nya tidak ada kematian, atau seseorang yang tidak menginginkan kematian, hanya dapat memperolehnya di dalam Tuhan Yesus.
    6. Bacalah pasal Yoh 14:6. Tuhan Yesus menyatakan diri-Nya sebagai Jalan, Kebenaran dan Hidup. Ini berarti seseorang yang ingin beribadah kepada Allah, hanya dapat memperoleh kalau orang itu pergi dan datang kepada Tuhan Yesus saja.
    7. Bacalah pasal Yoh 15:1-8. Tuhan Yesus menyatakan diri-Nya sebagai Pokok Anggur yang benar. Ini berarti seseorang (orang percaya) dapat memberikan perbuatan dan kehidupan yang benar di hadapan Allah kalau ia tetap hidup dengan menggantungkan diri kepada Tuhan Yesus.
  2. Hidup Pengajaran tentang "hidup" bagi setiap orang yang percaya kepada Tuhan Yesus

    Memilih Tuhan Yesus Kristus dan dimiliki oleh-Nya, berarti memiliki Allah dan hidup yang benar.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Yoh 1:14. Dimanakah hidup ini berada?
    2. Bacalah pasal Yoh 3:36. Apakah yang didapat orang yang percaya? Dan apakah yang didapat orang yang tidak percaya?
    3. Bacalah pasal Yoh 5:24. Kemanakah orang yang percaya berpindah?
    4. Bacalah pasal Yoh 6:40. Apa yang menjadi kehendak Allah?
    5. Bacalah pasal Yoh 11:25-26. Apakah akibatnya percaya kepada Tuhan Yesus?

II. Penutup

Apakah TANDA-TANDA mujizat yang dibuat oleh Tuhan Yesus, dan pengakuan tentang diri-Nya, telah membuat saudara PERCAYA, bahwa Yesuslah Mesias (juruselamat) supaya oleh imanmu (percayamu) kamu beroleh HIDUP di dalam-Nya (Yohanes 20:30-31). Kalau belum, janganlah ditunda lagi, sekarang adalah waktu yang terbaik bagi anda.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Injil Yohanes?
  2. Mujizat apakah yang pertama kali dilakukan oleh Tuhan Yesus?
  3. Berapakah pengakuan yang dinyatakan Tuhan Yesus tentang diri-Nya?
  4. Sudahkah saudara mengakui Tuhan Yesus sebagai Allah yang member kehidupan dan memelihara hidup saudara?
  5. Pelajaran rohani apakah yang saudara terima setelah mempelajari Inji Yohanes?

Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Firman Allah terakhir kepada manusia INJIL YANG BERBEDA.Yohanes mempunyai cara pendekatan tersendiri pada kehidupan dan pekerjaan Yesus. Dibandingkan

Firman Allah terakhir kepada manusia

INJIL YANG BERBEDA.
Yohanes mempunyai cara pendekatan tersendiri pada kehidupan dan pekerjaan Yesus. Dibandingkan dengan Injil-injil yang lain, cara penuturan yang panjang lebar tentang apa yang dikatakan Yesus membuat sebagian orang merasa bahwa Yohanes tidak teliti. Sampai beberapa waktu yang lalu banyak ahli percaya bahwa Injil Yohanes adalah yang paling akhir (sekitar tahun 100 M.) yang paling tidak bersifat Yahudi dan bahwa ia menggunakan acuan dari yang lain; ia juga bukan seorang saksi mata dan bahwa semua kata-kata yang ditulisnya bukan benar-benar perkataan Yesus. Dengan demikian, kita diwarisi sekumpulan pemikiran yang menarik tentang Yesus yang ditulis oleh seorang Kristen pada zaman Kekristenan yang mula-mula. Arkeologi telah mengubah pandangan tersebut. Banyak ahli sekarang mengatakan bahwa Yohanes tidak bergantung pada para penulis Injil lainnya, dan bahwa ia mengenal Palestina bagian selatan dengan baik pada masa Yesus, bahwa ia juga seorang saksi mata dan bahwa ia menulis Injilnya sangat awal atau paling tidak, seawal Injil lainnya.

INJIL YOHANES?
Kita tidak dapat menerka dari Injil itu sendiri siapa penulisnya, atau paling tidak siapa yang menyediakan semua bahan tulisan itu. Penulisnya ialah' murid yang dikasihi Yesus' (Yoh 21:20-24, lihat Yoh 13:23-25). Banyak orang dan gereja mula-mula yang mengatakan bahwa penulisnya adalah Yohanes, saudara Yakobus. Walaupun namanya jelas disebut dalam Injil-injil lain, tetapi tidak disebut dalam Injil ini. Lebih dari itu, boleh jadi ia mendapat tempat di sisi Yesus pada saat Perjamuan Malam. Dengan demikian, ia tentu dapat menyampaikan hal-hal yang sangat pribadi secara terperinci tentang bagaimana Yesus berbicara dan bekerja.

MENGAPA IA MENULIS INJIL ITU?
Ia sendiri mengatakan -'supaya kamu percaya bahwa Yesus itu Kristus' (Yoh 20:30, 31). Oleh karenanya, di sini kita tidak hanya mendapatkan suatu biografi, tetapi lebih mendapatkan semacam traktat Injil yang dipersiapkan dengan saksama. Ia menceritakan kepada kita bahwa ia mempunyai bukti-bukti yang dipilihnya secara khusus. Ia hanya memasukkan tujuh mukjizat Yesus, dan biasanya dilanjutkan dengan pembicaraan yang memberi kepada kita arti yang lebih dalam tentang apa yang dikerjakan Yesus. Yohanes mengetengahkan saksi mata-saksi mata satu persatu, dan pada akhirnya pembaca harus mengambil keputusan mengenai Yesus Kristus. Oleh karena inilah maka, walaupun ia mungkin pertama-tama menulis Injilnya untuk orang bukan Yahudi (ia menjelaskan banyak istilah dan adat istiadat Yahudi), semenjak itu Injil ini telah membawa banyak orang untuk percaya kepada Kristus.

TAMBAHAN PADA TAHAP AWAL.
Dalam Injil Yohanes kita membaca salah satu kisah mengenai belas kasihan Yesus kepada seorang pendosa yang paling sering diceritakan, yaitu seorang wanita yang ditangkap karena berzinah (Yoh 7:53-8:11). Anehnya, bagian kisah tadi tidak merupakan bagian dari naskah-naskah tertua dan tidak selalu muncul pada waktu itu. Namun, banyak orang setuju bahwa kisah ini merupakan kejadian yang sungguh terjadi dalam kehidupan Yesus yang diingat, ditulis dan ditambahkan pada Injil Yohanes pada tahun-tahun pertama sesudah penulisan.

Pesan

1. Bukti
Menjadi saksi mata di persidangan merupakan tema kunci dalam Injil Yohanes.
Terdapat sejumlah kesaksian dari para saksi mata yang diketengahkan untuk
membuktikan kasus mengenai Yesus adalah Kristus dan Anak Allah.
o Perjanjian Lama: Yoh 1:45; 5:39, 46-47; 8:56, lihat Yoh 3:14; 6:32-35
o Yohanes Pembaptis: Yoh 1:6-8, 15, 19-36; 3:25-30; 5:33-36, lihat Yoh 10:40-42
o Orang banyak: Yoh 4:29, 39; 9:13-33, 38;11:27; 12:9, 17
o Para rasul: Yoh 1:41-46, 49; 15:27; 17:20; 20:24-25, 28, lihat Yoh 1:14; 19:35; 20:30-31; 21:24
o Allah Bapa: Yoh 5:31-32, 37; 8:18, 50, 54; 12:27-28
o Roh Kudus: Yoh 14:26; 15:26; 16:12-15
o Pekerjaan Yesus: Yoh 2:11, 23; 5:36; 9:3, 31-33; 10:25, 37-38; 11:4, 42, 45; 14:11; 20:30-31
o Yesus sendiri, kata-kata dan pernyataan Nya: Yoh 3:11, 32; 8:13-14, 38; 6:35, 48, 51; 8:12; 9:5; 10:7, 10, 14; 11:25; 14:6; 15:1, lihat Yoh 8:58 (Kel 3:14). Lihat
tema-tema kunci.

2. Keputusan.
o Mereka yang menolak Dia: Yoh 1:10-11; 3:11; 4:48; 5:43; 6:36, 64, 66; 12:37, 47-48; 15:19, 24.
Dan alasannya: Yoh 3:19-21; 5:44; 6:37, 44, 65; 8:43-47; 9:39-41; 12:37-43; 18:37.
o Mereka yang menanggapi Dia:
- Dengan melihat dan mendengarkan Dia Yoh 1:14; 6:40, 45; 10:3, 16, 27; 12:45, 47; 14:9; 18:37
- Dengan mempercayai Dia Yoh 1:7, 12; 2:11, 22; 3:16, 18; 5:24; 6:29, 47; 8:24; 9: 35-38; 11:25-27, 40; 13:19; 14:1, 11;16:27, 30; 17:8; 20:8, 29, 31
- Dengan datang untuk mengenal Dia Yoh 6:69; 7:17; 8:19; 10:14; 14;7, 9; 17:3, 25
yang berarti hidup di dalam terang Yoh 1:4- 5, 9; 3:19-21; 8:12; 9:39; 11:9; 12:35-36, 46
dan mempelajari kebenaran Yoh 1:14, 17; 4:23-24; 8:32; 14:6; 17:17; 18:37
- Dengan mengasihi Kristus dan sesama Yoh 13:34-35; 14:15, 21-24; 15:9-10, 12; 21:15-17
yang berarti tinggal di dalam Dia Yoh 15:1-10

Penerapan

1. Kristus adalah Firman Allah yang terakhir kepada umat manusia.
Ia menunjukkan kepada kita:
o kebenaran Allah
o kemuliaan Allah
o kasih Allah
dengan kehidupan dan kematian-Nya. Dia adalah jalan satu-satunya untuk kembali
kepada Allah.

2. Tidak bisa tidak kita harus berespons terhadap Dia.
Buktinya adalah nyata:
o Jika kita menolak Dia, hal itu bukan disebabkan karena kita tidak dapat
percaya kepada-Nya - tetapi karena kita tidak mau!
o Jika kita menerima Dia, itu berarti penyerahan sepenuh hati dan ketaatan.

3. Kehidupan kekal dimulai di sIni dan kini. Melalui Roh Kudus Yesus menawarkan
kepada kita:

o kepuasan
o kemerdekaan dari Setan dan dosa
o kemampuan baru
o doa-doa yang dijawab
o sukacita sejati
Apa yang dimulai-Nya sekarang akan disempurnakan-Nya pada waktu Ia datang
kembali.

4. Anda harus menyaksikan iman Anda kepada orang lain.
Walaupun dunia akan membenci Anda seperti dunia telah membenci Yesus, Anda juga
harus menjadi seorang saksi dengan pertolongan Roh Kudus.

Tema-tema Kunci

1. Yesus dan Bapa.
Injil Yohanes penuh dengan hal-hal yang menyatakan bahwa Yesus adalah Anak Allah. Ia terlibat dalam penciptaan, Ia datang ke dalam dunia ini dan ketika Ia naik ke surga, Ia kembali kepada kemuliaan yang adalah hakNya. Gambarkanlah arti semua ini bagi Anda sendiri: Yoh 1:1-18; 3:13, 31, 35; 5:17-23, 26-27, 30; 6:38, 46, 57; 7:16-17, 29; 8:28-29, 38, 42; 10: 15, 29-30, 38; 11:41-42; 12:44-45, 49-50; 13:3, 31-32; 14:7-11, 20, 28, 31; 15:23-24; 16:15, 28, 32; 17:1-2, 4-5, 10-11, 21-23; 20:17.

2. Kematian Kristus bagi orang berdosa.
Lebih daripada yang diceritakan dalam Injil-injil lain, Yohanes memberitahukan kepada kita mengapa Yesus harus mati dan mengenai kasih yang mendorong-Nya untuk rela melakukan itu. Lihat Yoh 1:29, 36; 2:19-22; 3:14-17; 6:51, 53-56; 8:28; 10:11, 15, 18; 11:50-52; 12:24, 27, 32-34; 15:13.

3. Roh Kudus.
o Terdapat lebih banyak uraian mengenai Roh Kudus dalam Injil ini dibandingkan dengan Injil-injil lain. Roh Kudus digambarkan sebagai Pribadi yang akan menggantikan Yesus apabila Ia pergi kepada Bapa. Yoh 1:32-33; 3:5-6, 8, 34; 4:23-24; 6:63; 7:37-39, lihat Yoh 4:13-14; 14:16-17, 25-26; 15:26; 16:7-15; 20:22.

4. Kehidupan kekal.
Inilah yang digambarkan oleh Matius, Markus dan Lukas sebagai Kerajaan Allah. Kehidupan kekal ini dihubungkan dengan kelahiran baru atau kelahiran untuk yang kedua kalinya. Lihat Yoh 1:4, 12-13; 3:3-7, 16, 36; 4:14, 36; 5:21, 24-29; 6:27, 40, 47, 54, 57-58, 68; 10:28; 11:25; 12:25, 50; 17:2-3.

5. Jadwal Allah.
Yohanes memberikan kepada kita gambaran tentang Yesus yang mengendalikan segala sesuatu dari awal sampai akhir. Yesus tahu bahwa Ia sedang mengerjakan suatu rencana induk, oleh karenanya tidak ada sesuatu apa pun, bahkan tidak juga kematian-Nya yang mengejutkan Dia. Pelajarilah ayat-ayat berikut: Yoh 2:4; 7:6-8; 12:23; 13:1; 18:4.

Garis Besar Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Yoh 1:1-51 Yoh 1:1-5Kristus dan penciptaan Yoh 1:6-18Allah menjadi manusia Yoh 1:19-34Anak Domba Allah Yoh 1:35-51Kristus [

[1] PENDAHULUAN Yoh 1:1-51

Yoh 1:1-5Kristus dan penciptaan
Yoh 1:6-18Allah menjadi manusia
Yoh 1:19-34Anak Domba Allah
Yoh 1:35-51Kristus

[2] UTARA DAN SELATAN Yoh 2:1-4:54

Yoh 2:1-12Sekilas pandangan pertama tentang kemuliaan
Yoh 2:13-25Tuhan atas Bait Allah
Yoh 3:1-21Nikodemus menemui Yesus pada malam hari
Yoh 3:22-36Seorang dari atas
Yoh 4:1-42Mesias dan orang yang tersingkir
Yoh 4:43-54Tanda kedua

[3] SEORANG LUMPUH DI HARI SABAT Yoh 5:1-47

[4] LIMA RIBU ORANG DIBERI MAKAN Yoh 6:1-71

[5] PADA PERAYAAN HARI RAYA PONDOK DAUN Yoh 7:1- 9:41

Yoh 7:1-52Air hidup
Yoh 7:53-8:11Perempuan yang berzinah ditangkap
Yoh 8:12-59Terang dunia
Yoh 9:1-41Pemberi penglihatan

[6] GEMBALA YANG BAIK Yoh 10:1-42

[7] PEMULIH KEHIDUPAN Yoh 11:1-57

[8] PASKAH TERAKHIR Yoh 12:1-50

Yoh 12:12-19 Raja masuk ke Yerusalem
Yoh 12:1-11Kasih Maria
Yoh 12:20-36Biji gandum
Yoh 12:37-50Kesimpulan

[9] DI RUANG ATAS Yoh 13:1-30

Yoh 13:1-20Yesus, hamba
Yoh 13:21-30Yudas, pengkhianat

[10] SIAP UNTUK PERGI Yoh 13:31-16:33

Yoh 13:31-14:14Waktu untuk meninggalkan
Yoh 14:15-31Roh Kudus dijanjikan
Yoh 15:1-17Pokok Anggur yang benar
Yoh 15:18-16:11Kesukaran di dalam dunia
Yoh 16:12-33Janji dan kebingungan

[11] YESUS BERDOA BAGI MILIK-NYA Yoh 17:1-26

Yoh 17:1-19Murid-murid-Nya
Yoh 17:20-26Gereja yang akan datang

[12] PENANGKAPAN, PENGADILAN, PENYALIBAN Yoh 18:1-19:42

Yoh 18:1-11Kekacauan di taman Getsemani
Yoh 18:12-27Menyaksikan sendiri
Yoh 18:28-19:16Gubernur dan Raja
Yoh 19:17-42Mati dan dikuburkan

[13] KEBANGKITAN Yoh 20:1-21:25

Yoh 20:1-18Maria berada di kubur Yesus
Yoh 20:19-23Minggu malam
Yoh 20:24-31'Tuhanku dan Allahku!'
Yoh 21:1-14Ikan untuk sarapan
Yoh 21:15-25Gembalakanlah domba-domba-Ku
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #03: Coba gunakan operator (AND, OR, NOT, ALL, ANY) untuk menyaring pencarian Anda. [SEMUA]
dibuat dalam 1.19 detik
dipersembahkan oleh YLSA