Teks -- Yohanes 16:1-15 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Yoh 16:2 - KAMU AKAN DIKUCILKAN.
Nas : Yoh 16:2
Dalam ayat-ayat ini Yesus tidak berbicara tentang penganiayaan dari
orang kafir, tetapi tentang perlawanan dan permusuhan dari kalan...
Nas : Yoh 16:2
Dalam ayat-ayat ini Yesus tidak berbicara tentang penganiayaan dari orang kafir, tetapi tentang perlawanan dan permusuhan dari kalangan keagamaan. Dunia yang dikatakan-Nya membenci orang percaya (Yoh 15:18-19) termasuk juga golongan ini.
- 1) Semua orang dan gereja yang tidak mengikuti ajaran Yesus dan penyataan para rasul, atau tidak berusaha memisahkan diri dari sistem buruk masyarakat ini adalah milik dunia (bd. 1Yoh 4:5-6).
- 2) Orang-orang yang mengaku percaya ini memiliki nilai-nilai yang begitu berbeda dari Injil PB yang benar sehingga pada saat mereka menganiaya atau membunuh pengikut Kristus yang sejati, mereka merasa sedang melayani Tuhan.
Full Life: Yoh 16:7 - JIKALAU AKU PERGI, AKU AKAN MENGUTUS DIA.
Nas : Yoh 16:7
Pencurahan Roh Kudus pada hari Pentakosta akan terjadi hanya setelah
Kristus pergi (bd. Kis 2:33;
lihat art. PEMBAHARUAN ...
Nas : Yoh 16:7
Pencurahan Roh Kudus pada hari Pentakosta akan terjadi hanya setelah Kristus pergi (bd. Kis 2:33;
lihat art. PEMBAHARUAN PARA MURID).
Pencurahan pada hari Pentakosta ini memulaikan zaman Roh Kudus.
Full Life: Yoh 16:8 - MENGINSAFKAN DUNIA.
Nas : Yoh 16:8
Ketika Roh Kudus datang pada hari Pentakosta
(lihat cat. --> Yoh 16:7 di atas;
[atau ref. Yoh 16:7]
Kis 2:4...
Nas : Yoh 16:8
Ketika Roh Kudus datang pada hari Pentakosta
(lihat cat. --> Yoh 16:7 di atas;
[atau ref. Yoh 16:7]
Kis 2:4) tugas utama-Nya yang berhubungan dengan pemberitaan Injil ialah menginsafkan. Istilah "menginsafkan" (Yun. _elencho_) berarti menyingkapkan, membuktikan ketidakbenaran, dan meyakinkan.
- 1) Pelayanan Roh Kudus untuk menginsafkan ini bekerja dalam tiga aspek.
- (a) Dosa. Roh Kudus akan menyatakan dosa dan ketidakpercayaan supaya membangkitkan kesadaran akan kesalahan dan perlunya pengampunan dosa. Keinsafan ini juga menerangkan akibat yang mengerikan jikalau orang berdosa terus berbuat dosa. Setelah diinsafkan ia harus memilih. Hal ini sering kali menghasilkan pertobatan yang sungguh-sungguh untuk berbalik kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat (Kis 2:37-38).
- (b) Kebenaran. Roh Kudus menginsafkan orang bahwa Yesus adalah Anak Allah yang benar, telah bangkit dari orang mati, dimuliakan oleh Allah dan kini Tuhan atas segala sesuatu. Roh Kudus menyadarkan orang akan patokan kebenaran Allah di dalam Kristus, menunjukkan apa dosa itu sebenarnya, serta memberi kuasa untuk mengalahkan dunia (Kis 3:12-16; 7:51-60; 17:31; 1Pet 3:18).
- (c) Penghakiman. Roh Kudus juga menginsafkan orang bahwa Iblis sudah dikalahkan di atas kayu salib (Yoh 12:31; 16:11), penghakiman Allah atas dunia saat ini (Rom 1:18-32) serta penghakiman seluruh umat manusia di masa depan (Mat 16:27; Kis 17:31; 24:25; Rom 14:10; 1Kor 6:2; 2Kor 5:10; Yud 1:14).
- 2) Karya Roh Kudus untuk menginsafkan orang akan dosa, kebenaran, dan
penghakiman akan dinyatakan di dalam semua orang yang dibaptiskan dalam
Roh Kudus dan menjadi orang percaya yang sungguh-sungguh dipenuhi dengan
Roh Kudus. Kristus, ketika dipenuhi dengan Roh (Luk 4:1), bersaksi
kepada dunia bahwa "pekerjaan-pekerjaannya jahat" (lih. Yoh 7:7;
Yoh 15:18) dan mengundang orang untuk bertobat (Mat 4:17).
Yohanes Pembaptis, "penuh dengan Roh Kudus" sejak lahir
(lihat cat. --> Luk 1:15)
[atau ref. Luk 1:15]
menyingkapkan dosa umat Yahudi dan memerintahkan mereka untuk mengubah cara hidupnya(lihat cat. --> Mat 11:7;
[atau ref. Mat 11:7]
Luk 3:1-20). Petrus, "penuh dengan Roh Kudus" (Kis 2:4) menginsafkan 3000 orang berdosa dan mengajak mereka untuk bertobat dan menerima pengampunan dosa (Kis 2:37-41). - 3) Jelaslah, setiap pengkhotbah atau gereja yang tidak menyingkapkan dosa di depan umum dan menuntut pertobatan dan kebenaran alkitabiah bukan dipimpin oleh Roh Kudus. 1Kor 14:24-25 dengan jelas menyatakan bahwa kehadiran Allah di dalam suatu jemaat dikenali dengan penyingkapan dosa orang yang belum percaya (yaitu, rahasia hati mereka) yang diikuti dengan keinsafan untuk bertobat dan menerima keselamatan.
Full Life: Yoh 16:13 - IA AKAN MEMIMPIN KAMU KE DALAM SELURUH KEBENARAN.
Nas : Yoh 16:13
Pekerjaan Roh Kudus yang menginsafkan bukan saja ditujukan kepada
orang yang belum selamat (ayat Yoh 16:7-8), tetapi juga bekerja d...
Nas : Yoh 16:13
Pekerjaan Roh Kudus yang menginsafkan bukan saja ditujukan kepada orang yang belum selamat (ayat Yoh 16:7-8), tetapi juga bekerja dalam orang percaya dan gereja untuk mengajar, membetulkan kesalahan dan menuntun mereka kepada kebenaran (Mat 18:15; 1Tim 5:20; Wahy 3:19).
- 1) Roh Kudus akan meyakinkan orang percaya tentang dosa, kebenaran Kristus serta penghukuman kejahatan supaya
- (a) mereka menjadi seperti Kristus dan hidup sesuai dengan patokan kebenaran (bd. 2Kor 3:18),
- (b) memimpin mereka ke dalam seluruh kebenaran, dan
- (c) memuliakan Kristus (ayat Yoh 16:14). Demikianlah, Roh Kudus bekerja di dalam orang percaya untuk menghasilkan kehidupan Kristus yang kudus di dalam kehidupan mereka.
- 2) Apabila orang percaya yang dipenuhi Roh Kudus menolak pimpinan dan
karya penginsafan-Nya dan jikalau mereka tidak "oleh Roh ... mematikan
perbuatan-perbuatan tubuh" (Rom 8:13), maka mereka akan dijatuhi
hukuman. Hanya mereka yang menerima kebenaran dan "dipimpin Roh Allah"
adalah "anak-anak Allah" (Rom 8:14) dan dengan demikian sanggup hidup
terus dalam kepenuhan Roh
(lihat cat. --> Ef 5:18).
[atau ref. Ef 5:18]
Dosa membinasakan kehidupan dan kepenuhan Roh Kudus di dalam orang percaya (Rom 6:23; 8:13; Gal 5:17; bd. Ef 5:18; 1Tes 5:19).
Full Life: Yoh 16:14 - APA YANG DITERIMA-NYA DARI PADA-KU.
Nas : Yoh 16:14
Roh Kudus menyatakan kepada orang percaya hal-hal yang diterima-Nya
dari Kristus. Dia menjadikan nyata di dalam kehidupan kita keha...
Nas : Yoh 16:14
Roh Kudus menyatakan kepada orang percaya hal-hal yang diterima-Nya dari Kristus. Dia menjadikan nyata di dalam kehidupan kita kehadiran, kasih, pengampunan, kekudusan, kuasa, karunia-karunia rohani, kesembuhan, dan segala hal yang menjadi milik kita melalui hubungan kita dengan Kristus. Melalui Roh Kudus Yesus datang kembali kepada kita untuk menyatakan kasih-Nya, kasih karunia, dan persekutuan pribadi (bd. Yoh 14:16-23). Roh Kudus bekerja di dalam kita untuk melakukan apa yang perlu untuk membangkitkan dan memperdalam kesadaran akan kehadiran Yesus dalam kehidupan kita sambil menarik hati kita kepada Dia dengan iman, kasih, ketaatan, persekutuan, penyembahan, dan pujian
(lihat art. YESUS DAN ROH KUDUS).
Jerusalem -> Yoh 13:2--17:26; Yoh 15:18--16:4; Yoh 16:1; Yoh 16:8; Yoh 16:9; Yoh 16:10; Yoh 16:11; Yoh 16:13; Yoh 16:15
Jerusalem: Yoh 13:2--17:26 - -- Cerita tentang Yesus membasuh kaki murid-muridNya dan wejangan yang menyertainya, Yoh 13:2-20, merupakan pendahuluan bagi wejangan-wejangan besar yang...
Cerita tentang Yesus membasuh kaki murid-muridNya dan wejangan yang menyertainya, Yoh 13:2-20, merupakan pendahuluan bagi wejangan-wejangan besar yang diucapkan Yesus dalam bab 13-17. Sebagaimana disajikan oleh Yohanes wejangan-wejangan itu mempersatukan berbagai wejangan yang disampaikan Yesus pada waktu yang berbeda-beda.Bab 16 adalah majemuk sekali dan agaknya hanya dalam bentuk lain menyajikan sekali lagi apa yang dikatakan Yesus dalam bab 14. Wejangan-wejangan itu oleh Yohanes ditempatkan di sini, yakni pada saat Yesus beralih dari hidup di dunia ke hidup sorgawiNya, dengan maksud menyingkapkan makna hidup Yesus yang terdalam.
Jerusalem: Yoh 15:18--16:4 - -- Dengan kasih timbal-balik di antara murid-muridNya Yesus mempertentangkan kebencian dunia kepada mereka. Nasib mereka nanti sama dengan nasib Guru mer...
Jerusalem: Yoh 16:1 - kecewa dan menolak Aku Harafiah: jatuh tersandung pada batu sandungan. Yesus mengingatkan para rasul sehubungan dengan percobaan-percobaan yang menantikan mereka, supaya kep...
Harafiah: jatuh tersandung pada batu sandungan. Yesus mengingatkan para rasul sehubungan dengan percobaan-percobaan yang menantikan mereka, supaya kepercayaan serta kesetiaan mereka jangan goncang bdk Yoh 13:19.
Jerusalem: Yoh 16:8 - -- Roh Kudus yang diutus Yesus akan menggabungkan kesaksianNya dengan kesaksian Yesus, Yoh 3:11+, supaya kebenaran perkara Juruselamat menjadi nyata bagi...
Roh Kudus yang diutus Yesus akan menggabungkan kesaksianNya dengan kesaksian Yesus, Yoh 3:11+, supaya kebenaran perkara Juruselamat menjadi nyata bagi kaum beriman.
Jerusalem: Yoh 16:9 - akan dosa Dosa dunia ialah tidak mau percaya, Yoh 8:21,24,46; 15:22. Roh Kudus jelas akan memperlihatkan dosa itu.
Dosa dunia ialah tidak mau percaya, Yoh 8:21,24,46; 15:22. Roh Kudus jelas akan memperlihatkan dosa itu.
Jerusalem: Yoh 16:10 - akan kebenaran Roh Kudus akan memperlihatkan bahwa Yesus berhak mengaku diriNya "Anak Allah", bdk Yoh 10:33; 19:7. Buktinya ialah peralihan Yesus kepada Bapa, Yoh 13...
Roh Kudus akan memperlihatkan bahwa Yesus berhak mengaku diriNya "Anak Allah", bdk Yoh 10:33; 19:7. Buktinya ialah peralihan Yesus kepada Bapa, Yoh 13:1; 20:17, sebab peralihan itu menyatakan asal Yesus dan kepribadian surgawiNya, Yoh 6:62.
Jerusalem: Yoh 16:11 - akan penghakiman Roh Kudus akan memperlihatkan makna kematian Yesus ialah kekalahan dan pengutukan Penguasa dunia ini.
Roh Kudus akan memperlihatkan makna kematian Yesus ialah kekalahan dan pengutukan Penguasa dunia ini.
Jerusalem: Yoh 16:13 - hal-hal yang akan datang Ialah keadaan baru yang dihasilkan kematian dan kebangkitan Yesus.
Ialah keadaan baru yang dihasilkan kematian dan kebangkitan Yesus.
Jerusalem: Yoh 16:15 - apa yang diterimanya dari padaKu Roh Kudus memuliakan Yesus Yoh 16:14 dengan membuka seluruh isi-kekayaan Yesus yang tersembunyi. Yesus sendiri memuliakan Bapa, Yoh 14:13; 17:4, yang ...
Roh Kudus memuliakan Yesus Yoh 16:14 dengan membuka seluruh isi-kekayaan Yesus yang tersembunyi. Yesus sendiri memuliakan Bapa, Yoh 14:13; 17:4, yang dari padaNya Ia menerima segala sesuatu, Yoh 3:35; 5:22,26; 13:3; 17:2. Maka pewahyuan adalah satu: ia bersumberkan Bapa, terlaksana melalui Anak dan diselesaikan dalam Roh Kudus demi kemuliaan Anak dan Bapa.
Ende: Yoh 16:2 - Pembaktian Dalam tulisan salah seorang rabi (pengadjar Jahudi) terdapat
utjapan: membunuh seorang pendurhaka (terhadap agama) sama dengan
mempersembahkan kurban ...
Dalam tulisan salah seorang rabi (pengadjar Jahudi) terdapat utjapan: membunuh seorang pendurhaka (terhadap agama) sama dengan mempersembahkan kurban bakaran kepada Allah.
Ende: Yoh 16:8 - Membuktikan mendakwa dunia (jang dimaksudkan disini ialah orang Jahudi)
dan menundjukkan (menjaksikan) dengan seterang-terangnja: "tentang dosa", bahwa
bukan Jesu...
mendakwa dunia (jang dimaksudkan disini ialah orang Jahudi) dan menundjukkan (menjaksikan) dengan seterang-terangnja: "tentang dosa", bahwa bukan Jesus jang berdosa terhadap taurat dan Allah, melainkan merekalah, jang menolakNja, sebagai Mesias, bahkan membunuhNja.
bahwa Jesus sudah dibenarkan oleh Allah dalam kebangkitanNja.
Ende: Yoh 16:11 - tentang hukuman Bahwa orang Jahudi dengan mendjatuhkan hukuman mati atas
Jesus, sebenarnja telah mendjatuhkan hukuman mati-abadi atas mereka sendiri.
Bahwa orang Jahudi dengan mendjatuhkan hukuman mati atas Jesus, sebenarnja telah mendjatuhkan hukuman mati-abadi atas mereka sendiri.
Ende: Yoh 16:13 - Kepada seluruh kebenaran Maksudnja kepada pengertian akan makna dan
maksud adjaran-adjaran Jesus jang sedalam-dalamnja dan sepenuh-penuhnja.
Maksudnja kepada pengertian akan makna dan maksud adjaran-adjaran Jesus jang sedalam-dalamnja dan sepenuh-penuhnja.
Ende: Yoh 16:15 - -- Ajat ini menjatakan dengan seterang-terangnja, bahwa kesatuan hidup ketiga Oknum
(Pribadi) dalam Allah Tritunggal demikian mutlaknja, sehingga tiap-ti...
Ajat ini menjatakan dengan seterang-terangnja, bahwa kesatuan hidup ketiga Oknum (Pribadi) dalam Allah Tritunggal demikian mutlaknja, sehingga tiap-tiap "pekerdjaan" jang dilakukan oleh Oknum jang tertentu, sebenarnja dan semata-mata dilakukan oleh ketiga Oknum bersama-sama.
Ref. Silang FULL: Yoh 16:1 - Semuanya ini // jangan kecewa · Semuanya ini: Yoh 15:18-27
· jangan kecewa: Mat 11:6
· Semuanya ini: Yoh 15:18-27
· jangan kecewa: Mat 11:6
Ref. Silang FULL: Yoh 16:2 - akan dikucilkan // bagi Allah · akan dikucilkan: Yoh 9:22; 12:42
· bagi Allah: Yes 66:5; Kis 26:9,10; Wahy 6:9
· akan dikucilkan: Yoh 9:22; 12:42
· bagi Allah: Yes 66:5; Kis 26:9,10; Wahy 6:9
· maupun Aku: Yoh 15:21; 17:25; 1Yoh 3:1
Ref. Silang FULL: Yoh 16:4 - kamu ingat // dengan kamu · kamu ingat: Yoh 13:19; 14:29
· dengan kamu: Yoh 15:27
· kamu ingat: Yoh 13:19; 14:29
· dengan kamu: Yoh 15:27
Ref. Silang FULL: Yoh 16:5 - mengutus Aku // Engkau pergi · mengutus Aku: Yoh 16:10,17,28; Yoh 7:33
· Engkau pergi: Yoh 13:36; 14:5
· mengutus Aku: Yoh 16:10,17,28; Yoh 7:33
· Engkau pergi: Yoh 13:36; 14:5
· hatimu berdukacita: Yoh 16:22
Ref. Silang FULL: Yoh 16:7 - pergi, Penghibur // Dia kepadamu · pergi, Penghibur: Yoh 14:16,26; 15:26
· Dia kepadamu: Yoh 7:39; 14:26
· pergi, Penghibur: Yoh 14:16,26; 15:26
· Dia kepadamu: Yoh 7:39; 14:26
Ref. Silang FULL: Yoh 16:10 - akan kebenaran // kepada Bapa · akan kebenaran: Kis 3:14; 7:52; Rom 1:17; 3:21,22; 1Pet 3:18
· kepada Bapa: Yoh 16:5; Yoh 16:5
· akan kebenaran: Kis 3:14; 7:52; Rom 1:17; 3:21,22; 1Pet 3:18
Ref. Silang FULL: Yoh 16:13 - Roh Kebenaran // seluruh kebenaran · Roh Kebenaran: Yoh 14:17; Yoh 14:17
· seluruh kebenaran: Mazm 25:5; Yoh 14:26
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)
Hagelberg -> Yoh 16:1; Yoh 15:17--16:4; Yoh 16:1; Yoh 15:1--16:33; Yoh 13:1--20:31; Yoh 16:2; Yoh 16:2; Yoh 16:3; Yoh 16:3; Yoh 16:4-15; Yoh 16:5-6; Yoh 16:5-6; Yoh 16:7; Yoh 16:7; Yoh 16:8; Yoh 16:8; Yoh 16:9; Yoh 16:9; Yoh 16:10; Yoh 16:10; Yoh 16:11; Yoh 16:11; Yoh 16:12; Yoh 16:12; Yoh 16:13; Yoh 16:13; Yoh 16:14; Yoh 16:14; Yoh 16:15; Yoh 16:15
Hagelberg: Yoh 16:1 - -- 16:1 "Semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya kamu jangan kecewa dan menolak1097 Aku.
Memang ada penghiburan dalam pasal-pasal lain, dan ada himbauan ...
16:1 "Semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya kamu jangan kecewa dan menolak1097 Aku.
Memang ada penghiburan dalam pasal-pasal lain, dan ada himbauan di luar pasal 15, tetapi dalam pasal 14 unsur yang lebih menonjol adalah penghiburan, dalam pasal 15 yang menonjol adalah himbauan, dan di dalam pasal ini unsur nubuatan menonjol.1098
Sebelum sore hari itu mereka masih berharap supaya Dia, sebagai Mesias, segera mendirikan Kerajaan Allah, sehingga mereka berada dalam keadaan yang sangat nikmat. Sore hari itu harapan itu hancur. Dia menjelaskan bahwa Dia harus pergi, Dia harus dikhianati. Lagipula mereka akan dibenci dan dianiaya oleh dunia. Realitas yang berat ini dapat menggoncangkan iman mereka, jika Tuhan Yesus tidak menyiapkan mereka. Mereka menghadapi bahaya penganiayaan, bahkan pembunuhan, tetapi menurut pandangan Tuhan Yesus, bahaya utama yang mereka hadapi adalah iman yang goncang sehingga mereka murtad.1099
Hagelberg: Yoh 15:17--16:4 - -- 2. Oposisi dari dunia (15:17-16:4a)
Melalui kiasan pokok anggur dan ranting-ranting serta penjelasannya kita mengerti bahwa kita harus tinggal di dala...
2. Oposisi dari dunia (15:17-16:4a)
Melalui kiasan pokok anggur dan ranting-ranting serta penjelasannya kita mengerti bahwa kita harus tinggal di dalam kasih Kristus, dan bahwa dengan sikap tersebut kita menghasilkan buah. Namun jika ada sikap dan buah tersebut, ada juga perlawanan. Dunia pasti membenci hubungan yang mantap antara murid dan Tuhan Yesus.
Hagelberg: Yoh 16:1 - -- 16:1 "Semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya kamu jangan kecewa dan menolak1097 Aku.
Memang ada penghiburan dalam pasal-pasal lain, dan ada himbauan ...
16:1 "Semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya kamu jangan kecewa dan menolak1097 Aku.
Memang ada penghiburan dalam pasal-pasal lain, dan ada himbauan di luar pasal 15, tetapi dalam pasal 14 unsur yang lebih menonjol adalah penghiburan, dalam pasal 15 yang menonjol adalah himbauan, dan di dalam pasal ini unsur nubuatan menonjol.1098
Sebelum sore hari itu mereka masih berharap supaya Dia, sebagai Mesias, segera mendirikan Kerajaan Allah, sehingga mereka berada dalam keadaan yang sangat nikmat. Sore hari itu harapan itu hancur. Dia menjelaskan bahwa Dia harus pergi, Dia harus dikhianati. Lagipula mereka akan dibenci dan dianiaya oleh dunia. Realitas yang berat ini dapat menggoncangkan iman mereka, jika Tuhan Yesus tidak menyiapkan mereka. Mereka menghadapi bahaya penganiayaan, bahkan pembunuhan, tetapi menurut pandangan Tuhan Yesus, bahaya utama yang mereka hadapi adalah iman yang goncang sehingga mereka murtad.1099
C. Pesan Perpisahan: bagian kedua (15:1-16:33)
Hagelberg: Yoh 13:1--20:31 - -- IV. PENYATAAN YESUS DALAM SALIB-NYA DAN KEMULIAAN-NYA (13:1-20:31)
Usaha untuk memberi tanda dan firman supaya orang banyak percaya kepada-Nya telah b...
IV. PENYATAAN YESUS DALAM SALIB-NYA DAN KEMULIAAN-NYA (13:1-20:31)
Usaha untuk memberi tanda dan firman supaya orang banyak percaya kepada-Nya telah berakhir. Dia meninggalkan orang banyak, dan Dia memperhatikan murid-murid-Nya. Tema kematian-Nya semakin jelas dalam perkataan-Nya kepada mereka.
Hagelberg: Yoh 16:2 - -- 16:2 Kamu akan dikucilkan,1100 bahkan akan datang saatnya1101 bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbuat bakti1102 bagi All...
16:2 Kamu akan dikucilkan,1100 bahkan akan datang saatnya1101 bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbuat bakti1102 bagi Allah.
Penganiayaan yang dinubuatkan dalam nas ini berdasarkan kepentingan agama, bukan kepentingan negara atau suku. Seorang rabi agama Yahudi memberi tafsiran pada Bilangan 25:6-13 (yang menceritakan bagaimana Pinehas membunuh seorang Israel serta istrinya, seorang perempuan Midian) dengan kata, "...jika seseorang mencurahkan darah orang jahat, seolah-olah dia memberi korban (kepada Allah)." Memang tidak dapat dikatakan bahwa tafsiran tersebut dijalankan sebagai kebiasaan yang sah.1103 Namun dalam 2 Korintus 11:24 Rasul Paulus berkatas, "Lima kali aku disesah orang Yahudi, setiap kali empat puluh kurang satu pukulan."
Nubuatan ini memang menjadi realitas bagi mereka, dan bagi banyak murid Tuhan Yesus yang lain. Menurut tradisi, setiap mereka yang mendengarkan firman ini pada malam hari itu mati syahid, kecuali Yohanes sendiri. Akhir riwayat Rasul Petrus dinubuatkan secara khusus dalam pasal 21:18-19.
Pada abad pertama, orang Yahudi menganiaya orang Kristen. Jemaat Kristus harus menyesali kenyataan bahwa sejak itu penganiayaan tersebut dibalas berlipatkaliganda.
Hagelberg: Yoh 16:2 - -- 16:2 Kamu akan dikucilkan,1100 bahkan akan datang saatnya1101 bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbuat bakti1102 bagi All...
16:2 Kamu akan dikucilkan,1100 bahkan akan datang saatnya1101 bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbuat bakti1102 bagi Allah.
Penganiayaan yang dinubuatkan dalam nas ini berdasarkan kepentingan agama, bukan kepentingan negara atau suku. Seorang rabi agama Yahudi memberi tafsiran pada Bilangan 25:6-13 (yang menceritakan bagaimana Pinehas membunuh seorang Israel serta istrinya, seorang perempuan Midian) dengan kata, "...jika seseorang mencurahkan darah orang jahat, seolah-olah dia memberi korban (kepada Allah)." Memang tidak dapat dikatakan bahwa tafsiran tersebut dijalankan sebagai kebiasaan yang sah.1103 Namun dalam 2 Korintus 11:24 Rasul Paulus berkatas, "Lima kali aku disesah orang Yahudi, setiap kali empat puluh kurang satu pukulan."
Nubuatan ini memang menjadi realitas bagi mereka, dan bagi banyak murid Tuhan Yesus yang lain. Menurut tradisi, setiap mereka yang mendengarkan firman ini pada malam hari itu mati syahid, kecuali Yohanes sendiri. Akhir riwayat Rasul Petrus dinubuatkan secara khusus dalam pasal 21:18-19.
Pada abad pertama, orang Yahudi menganiaya orang Kristen. Jemaat Kristus harus menyesali kenyataan bahwa sejak itu penganiayaan tersebut dibalas berlipatkaliganda.
Hagelberg: Yoh 16:3 - -- 16:3 Mereka akan berbuat demikian, karena mereka tidak mengenal baik Bapa maupun Aku.
Orang yang mengenal Dia juga mengenal Allah Bapa, dan orang yang...
16:3 Mereka akan berbuat demikian, karena mereka tidak mengenal baik Bapa maupun Aku.
Orang yang mengenal Dia juga mengenal Allah Bapa, dan orang yang mengenal Allah Bapa juga mengenal Dia. Mereka tidak mengenal baik Bapa maupun Tuhan Yesus. Nas ini berkembang dari pasal 15:18-25.
16:4a Tetapi semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya apabila datang saatnya kamu ingat, bahwa Aku telah mengatakannya kepadamu."
Pada waktu nubuatan ini digenapi dalam kehidupan mereka masing-masing, mereka dapat mengingat bahwa penganiayaan sudah dinubuatkan oleh Tuhan Yesus. Dengan demikian, kesusahan malah menguatkan mereka!
Hagelberg: Yoh 16:3 - -- 16:3 Mereka akan berbuat demikian, karena mereka tidak mengenal baik Bapa maupun Aku.
Orang yang mengenal Dia juga mengenal Allah Bapa, dan orang yang...
16:3 Mereka akan berbuat demikian, karena mereka tidak mengenal baik Bapa maupun Aku.
Orang yang mengenal Dia juga mengenal Allah Bapa, dan orang yang mengenal Allah Bapa juga mengenal Dia. Mereka tidak mengenal baik Bapa maupun Tuhan Yesus. Nas ini berkembang dari pasal 15:18-25.
16:4a Tetapi semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya apabila datang saatnya kamu ingat, bahwa Aku telah mengatakannya kepadamu."
Pada waktu nubuatan ini digenapi dalam kehidupan mereka masing-masing, mereka dapat mengingat bahwa penganiayaan sudah dinubuatkan oleh Tuhan Yesus. Dengan demikian, kesusahan malah menguatkan mereka!
Hagelberg: Yoh 16:4-15 - -- 3. Pekerjaan Roh Kudus (16:4b-15)
16:4b "Hal ini tidak Kukatakan kepadamu dari semula, karena selama ini Aku masih bersama-sama dengan kamu,
Selama Di...
3. Pekerjaan Roh Kudus (16:4b-15)
16:4b "Hal ini tidak Kukatakan kepadamu dari semula, karena selama ini Aku masih bersama-sama dengan kamu,
Selama Dia masih bersama-sama dengan mereka, Dia sendiri adalah sasaran musuh-Nya, sehingga Dia tidak perlu memperingatkan mereka mengenai bahaya yang ada. Perlindungan itu berakhir pada saat Dia dikhianati dalam pasal 18:8-9.
Hagelberg: Yoh 16:5-6 - -- 16:5-6 tetapi sekarang Aku pergi kepada Dia yang telah mengutus Aku, dan tiada seorangpun di antara kamu yang bertanya kepada-Ku: Ke mana Engkau pergi...
16:5-6 tetapi sekarang Aku pergi kepada Dia yang telah mengutus Aku, dan tiada seorangpun di antara kamu yang bertanya kepada-Ku: Ke mana Engkau pergi? Tetapi karena Aku mengatakan hal itu kepadamu, sebab itu hatimu berdukacita.
Dalam pasal 13:36 kita membaca bahwa Petrus bertanya, "Tuhan, ke manakah Engkau pergi?" Tampaknya ada kontradiksi antara pasal 13:36 dan ayat ini, tetapi ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini. Menurut Barrett, Tuhan Yesus menegur mereka karena saat itu mereka tidak bertanya.1104 Carson1105 berpikir bahwa maksud Tuhan Yesus adalah, "...tiada seorangpun di antara kamu yang sungguh bertanya kepada-Ku: Ke mana Engkau pergi?" Dalam rasa kehilangan dan dukacita mereka hanya memikirkan diri mereka sendiri, dan tidak memikirkan Dia, kesusahan-Nya, ataupun tujuan-Nya.
Hagelberg: Yoh 16:5-6 - -- 16:5-6 tetapi sekarang Aku pergi kepada Dia yang telah mengutus Aku, dan tiada seorangpun di antara kamu yang bertanya kepada-Ku: Ke mana Engkau pergi...
16:5-6 tetapi sekarang Aku pergi kepada Dia yang telah mengutus Aku, dan tiada seorangpun di antara kamu yang bertanya kepada-Ku: Ke mana Engkau pergi? Tetapi karena Aku mengatakan hal itu kepadamu, sebab itu hatimu berdukacita.
Dalam pasal 13:36 kita membaca bahwa Petrus bertanya, "Tuhan, ke manakah Engkau pergi?" Tampaknya ada kontradiksi antara pasal 13:36 dan ayat ini, tetapi ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini. Menurut Barrett, Tuhan Yesus menegur mereka karena saat itu mereka tidak bertanya.1104 Carson1105 berpikir bahwa maksud Tuhan Yesus adalah, "...tiada seorangpun di antara kamu yang sungguh bertanya kepada-Ku: Ke mana Engkau pergi?" Dalam rasa kehilangan dan dukacita mereka hanya memikirkan diri mereka sendiri, dan tidak memikirkan Dia, kesusahan-Nya, ataupun tujuan-Nya.
Hagelberg: Yoh 16:7 - -- 16:7 Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan ...
16:7 Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.
Tuhan Yesus telah memberitahukan mereka bahwa mereka akan dianiaya, tetapi dalam nas ini Dia menginsyafkan mereka mengenai "sumber daya utama" yaitu Roh Allah yang akan mereka miliki supaya mereka dapat berdiri teguh dalam penganiayaan tersebut.1106
Dalam pasal 7:39 ditulis, "Roh itu belum datang, karena Yesus belum dimuliakan." Dalam Perjanjian Lama (misalnya Yesaya 32:14-18 dan 44:1-5) Roh Allah akan dicurahkan menjadi berkat yang luas dan indah, tetapi zaman ini harus diawali dengan penebusan yang diperoleh di Golgota. Itulah sebabnya Dia harus pergi. Dia harus pergi ke Yerusalem, dan memperoleh dasar keselamatan, supaya zaman berkat Roh Allah dapat dimulai.1107
Jika Tuhan Yesus dapat berkata bahwa hal itu adalah lebih berguna bagi mereka, maka sebaiknya kita mengaku bahwa keadaan ini juga lebih berguna bagi kita, daripada berjalan bersama Tuhan Yesus di Yerusalem pada tahun itu.
Hagelberg: Yoh 16:7 - -- 16:7 Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan ...
16:7 Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.
Tuhan Yesus telah memberitahukan mereka bahwa mereka akan dianiaya, tetapi dalam nas ini Dia menginsyafkan mereka mengenai "sumber daya utama" yaitu Roh Allah yang akan mereka miliki supaya mereka dapat berdiri teguh dalam penganiayaan tersebut.1106
Dalam pasal 7:39 ditulis, "Roh itu belum datang, karena Yesus belum dimuliakan." Dalam Perjanjian Lama (misalnya Yesaya 32:14-18 dan 44:1-5) Roh Allah akan dicurahkan menjadi berkat yang luas dan indah, tetapi zaman ini harus diawali dengan penebusan yang diperoleh di Golgota. Itulah sebabnya Dia harus pergi. Dia harus pergi ke Yerusalem, dan memperoleh dasar keselamatan, supaya zaman berkat Roh Allah dapat dimulai.1107
Jika Tuhan Yesus dapat berkata bahwa hal itu adalah lebih berguna bagi mereka, maka sebaiknya kita mengaku bahwa keadaan ini juga lebih berguna bagi kita, daripada berjalan bersama Tuhan Yesus di Yerusalem pada tahun itu.
Hagelberg: Yoh 16:8 - -- 16:8 Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan1108 dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman;
Nas ini, ayat 8-11, begitu padat sehingga rumit diartik...
16:8 Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan1108 dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman;
Nas ini, ayat 8-11, begitu padat sehingga rumit diartikan. Penjelasan berikut adalah paham Carson.1109 Setelah Tuhan Yesus pergi, Roh Allah akan datang ke dunia dan meneruskan pelayanan Tuhan Yesus dalam hal memaksa supaya orang memilih: mereka harus melawan Dia atau memihak pada Dia. Pola ini telah menjadi nyata dalam pasal 1-7. Berkali-kali perselisihan mereka diceritakan dalam pasal 7-12 (lihat misalnya pasal 7:12 dan bahasanya).
Pelayanan ini diteruskan oleh Roh Allah setelah Tuhan Yesus pergi. Roh Allah menunjukkan dosa orang kepada orang itu supaya orang itu bertobat. Dia menginsafkan dunia bahwa dunia bersalah dalam tiga hal: mereka salah dari segi dosa mereka, mereka juga salah dari segi kebenaran mereka, dan mereka salah dari segi penghakiman mereka. Tiga ayat yang berikut menjelaskan tiga kesalahan tersebut.
Hagelberg: Yoh 16:8 - -- 16:8 Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan1108 dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman;
Nas ini, ayat 8-11, begitu padat sehingga rumit diartik...
16:8 Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan1108 dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman;
Nas ini, ayat 8-11, begitu padat sehingga rumit diartikan. Penjelasan berikut adalah paham Carson.1109 Setelah Tuhan Yesus pergi, Roh Allah akan datang ke dunia dan meneruskan pelayanan Tuhan Yesus dalam hal memaksa supaya orang memilih: mereka harus melawan Dia atau memihak pada Dia. Pola ini telah menjadi nyata dalam pasal 1-7. Berkali-kali perselisihan mereka diceritakan dalam pasal 7-12 (lihat misalnya pasal 7:12 dan bahasanya).
Pelayanan ini diteruskan oleh Roh Allah setelah Tuhan Yesus pergi. Roh Allah menunjukkan dosa orang kepada orang itu supaya orang itu bertobat. Dia menginsafkan dunia bahwa dunia bersalah dalam tiga hal: mereka salah dari segi dosa mereka, mereka juga salah dari segi kebenaran mereka, dan mereka salah dari segi penghakiman mereka. Tiga ayat yang berikut menjelaskan tiga kesalahan tersebut.
Hagelberg: Yoh 16:9 - -- 16:9 akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku;
Roh Allah menginsafkan dunia mengenai dosa mereka, karena mereka tetap tidak percaya kepa...
16:9 akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku;
Roh Allah menginsafkan dunia mengenai dosa mereka, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Nya. Seandainya mereka percaya kepada-Nya, maka mereka memperoleh pengampunan. Namun mereka belum percaya, dan perlu diinsafkan akan dosa mereka. Dalam pasal 5:24 Dia telah mengatakan, "Sesungguhnya barangsiapa mendengar perkataan-Ku dan percaya kepada Dia yang mengutus Aku, ia mempunyai hidup yang kekal dan tidak turut dihukum, sebab ia sudah pindah dari dalam maut ke dalam hidup." Jika mereka percaya, mereka dipindahkan, dan sudah bukan anggota dunia lagi.
Hagelberg: Yoh 16:9 - -- 16:9 akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku;
Roh Allah menginsafkan dunia mengenai dosa mereka, karena mereka tetap tidak percaya kepa...
16:9 akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku;
Roh Allah menginsafkan dunia mengenai dosa mereka, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Nya. Seandainya mereka percaya kepada-Nya, maka mereka memperoleh pengampunan. Namun mereka belum percaya, dan perlu diinsafkan akan dosa mereka. Dalam pasal 5:24 Dia telah mengatakan, "Sesungguhnya barangsiapa mendengar perkataan-Ku dan percaya kepada Dia yang mengutus Aku, ia mempunyai hidup yang kekal dan tidak turut dihukum, sebab ia sudah pindah dari dalam maut ke dalam hidup." Jika mereka percaya, mereka dipindahkan, dan sudah bukan anggota dunia lagi.
Hagelberg: Yoh 16:10 - -- 16:10 akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi;
Roh Allah menginsafkan dunia akan kebenaran yang mereka punya, yai...
16:10 akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi;
Roh Allah menginsafkan dunia akan kebenaran yang mereka punya, yaitu kebenaran yang palsu. Oleh karena istilah "dosa, kebenaran dan penghakiman" sejajar dalam ayat 8, dan juga ayat 9-11, maka jelaslah bahwa kebenaran dan "penghakiman", sama dengan "dosa", merujuk pada sesuatu yang negatif, dan layak ditinggalkan. Ada banyak contoh kebenaran palsu dalam Injil Yohanes. Misalnya, Bait Allah yang merupakan pusat kebenaran mereka, harus ditahirkan. Orang-orang Farisi rajin memelihara peraturan hukum Taurat, tetapi kebenaran yang mereka peroleh melalui ketaatan itu merupakan kebenaran yang palsu. Hal ini dikembangkan dalam Matius 5:20 (istilah kebenaran diterjemahkan "keagamaan"); Roma 10:3; Filipi 3:6-9; dan Titus 3:5 (ungkapan "dalam kebenaran" diterjemahkan "baik").
Roh Allah melakukan pelayanan ini karena Tuhan Yesus pergi kepada Bapa dan mereka tidak melihat Dia lagi. Selama Dia berjalan dengan mereka, Tuhan Yesus sering menyatakan kemunafikan mereka dan menerangkan kegelapan mereka (pasal 3:19-21; 7:7; 15:22 dan 24). Namun sebentar lagi Dia pergi, sehingga mereka tidak melihat Dia lagi, dan tidak dapat mengamati Dia dan belajar sikap-Nya terhadap kebenaran mereka. Roh Allah akan meneruskan pelayanan ini melalui murid-murid-Nya, meskipun mereka tidak melihat Dia lagi.
Hagelberg: Yoh 16:10 - -- 16:10 akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi;
Roh Allah menginsafkan dunia akan kebenaran yang mereka punya, yai...
16:10 akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi;
Roh Allah menginsafkan dunia akan kebenaran yang mereka punya, yaitu kebenaran yang palsu. Oleh karena istilah "dosa, kebenaran dan penghakiman" sejajar dalam ayat 8, dan juga ayat 9-11, maka jelaslah bahwa kebenaran dan "penghakiman", sama dengan "dosa", merujuk pada sesuatu yang negatif, dan layak ditinggalkan. Ada banyak contoh kebenaran palsu dalam Injil Yohanes. Misalnya, Bait Allah yang merupakan pusat kebenaran mereka, harus ditahirkan. Orang-orang Farisi rajin memelihara peraturan hukum Taurat, tetapi kebenaran yang mereka peroleh melalui ketaatan itu merupakan kebenaran yang palsu. Hal ini dikembangkan dalam Matius 5:20 (istilah kebenaran diterjemahkan "keagamaan"); Roma 10:3; Filipi 3:6-9; dan Titus 3:5 (ungkapan "dalam kebenaran" diterjemahkan "baik").
Roh Allah melakukan pelayanan ini karena Tuhan Yesus pergi kepada Bapa dan mereka tidak melihat Dia lagi. Selama Dia berjalan dengan mereka, Tuhan Yesus sering menyatakan kemunafikan mereka dan menerangkan kegelapan mereka (pasal 3:19-21; 7:7; 15:22 dan 24). Namun sebentar lagi Dia pergi, sehingga mereka tidak melihat Dia lagi, dan tidak dapat mengamati Dia dan belajar sikap-Nya terhadap kebenaran mereka. Roh Allah akan meneruskan pelayanan ini melalui murid-murid-Nya, meskipun mereka tidak melihat Dia lagi.
Hagelberg: Yoh 16:11 - -- 16:11 akan penghakiman, karena penguasa dunia1110 ini telah dihukum.
Roh Allah menginsafkan dunia mengenai penghakiman yang mereka jalankan, terutama ...
16:11 akan penghakiman, karena penguasa dunia1110 ini telah dihukum.
Roh Allah menginsafkan dunia mengenai penghakiman yang mereka jalankan, terutama bahwa mereka menghakimi Dia sebagai yang layak disalibkan. Penghakiman mereka salah. Pada saat Tuhan Yesus menang dalam kebangkitan, Iblis dihukum, dan Roh Allah dapat menginsafkan dunia akan penghakiman mereka. Sumber penghakiman yang salah akan dikalahkan di kubur Tuhan Yesus.
Hagelberg: Yoh 16:11 - -- 16:11 akan penghakiman, karena penguasa dunia1110 ini telah dihukum.
Roh Allah menginsafkan dunia mengenai penghakiman yang mereka jalankan, terutama ...
16:11 akan penghakiman, karena penguasa dunia1110 ini telah dihukum.
Roh Allah menginsafkan dunia mengenai penghakiman yang mereka jalankan, terutama bahwa mereka menghakimi Dia sebagai yang layak disalibkan. Penghakiman mereka salah. Pada saat Tuhan Yesus menang dalam kebangkitan, Iblis dihukum, dan Roh Allah dapat menginsafkan dunia akan penghakiman mereka. Sumber penghakiman yang salah akan dikalahkan di kubur Tuhan Yesus.
Hagelberg: Yoh 16:12 - -- 16:12 Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya.
Agama Kristen tidak merahasiakan ajaran, tetapi ...
16:12 Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya.
Agama Kristen tidak merahasiakan ajaran, tetapi ada ajaran yang tidak dapat dipahami oleh orang-orang tertentu. Ajaran tertentu hanya dapat dipahami oleh orang yang taat, dan mempunyai suatu tingkat kedewasaan rohani. Kebenaran ini juga dikembangkan oleh Tuhan Yesus dalam pasal 8:31-32, "Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu." Demikian juga Surat Ibrani pasal 5:11-12 berkata, "Tentang hal itu banyak yang harus kami katakan, tetapi yang sukar untuk dijelaskan, karena kamu telah lamban dalam hal mendengarkan. Sebab sekalipun kamu, ditinjau dari sudut waktu, sudah seharusnya menjadi pengajar, kamu masih perlu lagi diajarkan asas-asas pokok dari penyataan Allah...." Lihat juga 1 Korintus 2:1 - 3:3 dan Matius 13:13.
Keterbatasan murid-murid Tuhan Yesus merupakan salah satu tema yang nyata dalam keempat Injil. Tuhan Yesus mengerti keterbatasan tersebut, dan tidak membebani mereka dengan hal-hal yang belum dapat dipahami.
Menurut Carson1111 dan Beasley-Murray1112 kelima nas ini yang menceritakan pelayanan Roh Allah bagi murid-murid Tuhan Yesus adalah terfokus pada pelayanan Roh Allah pada kesebelas murid yang bersama Tuhan Yesus waktu itu, dan tidak merupakan janji ilham baru bagi murid-murid Tuhan Yesus pada generasi-generasi yang berikut. Sebagai bukti paham tersebut dia mengemukakan yang merujuk pada keistimewaan mereka sebagai saksi mata. Pasal 14:26 berkata, "...Dialah yang akan... mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu." Pasal 15:27 berkata, "...kamu dari semula bersama-sama dengan Aku." Lagipula pasal 16:12 berkata, "sekarang kamu belum dapat menanggungnya." Ketiga ungkapan tersebut mengemukakan beberapa unsur yang berlaku secara khusus bagi kesebelas murid itu. Jadi menurut Carson dan Beasley-Murray, kelima nas tersebut diucapkan secara khusus kepada mereka, dan hanya dapat diterapkan secara tidak langsung dalam kehidupan dan pengalaman kita.
Hagelberg: Yoh 16:12 - -- 16:12 Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya.
Agama Kristen tidak merahasiakan ajaran, tetapi ...
16:12 Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya.
Agama Kristen tidak merahasiakan ajaran, tetapi ada ajaran yang tidak dapat dipahami oleh orang-orang tertentu. Ajaran tertentu hanya dapat dipahami oleh orang yang taat, dan mempunyai suatu tingkat kedewasaan rohani. Kebenaran ini juga dikembangkan oleh Tuhan Yesus dalam pasal 8:31-32, "Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu." Demikian juga Surat Ibrani pasal 5:11-12 berkata, "Tentang hal itu banyak yang harus kami katakan, tetapi yang sukar untuk dijelaskan, karena kamu telah lamban dalam hal mendengarkan. Sebab sekalipun kamu, ditinjau dari sudut waktu, sudah seharusnya menjadi pengajar, kamu masih perlu lagi diajarkan asas-asas pokok dari penyataan Allah...." Lihat juga 1 Korintus 2:1 - 3:3 dan Matius 13:13.
Keterbatasan murid-murid Tuhan Yesus merupakan salah satu tema yang nyata dalam keempat Injil. Tuhan Yesus mengerti keterbatasan tersebut, dan tidak membebani mereka dengan hal-hal yang belum dapat dipahami.
Menurut Carson1111 dan Beasley-Murray1112 kelima nas ini yang menceritakan pelayanan Roh Allah bagi murid-murid Tuhan Yesus adalah terfokus pada pelayanan Roh Allah pada kesebelas murid yang bersama Tuhan Yesus waktu itu, dan tidak merupakan janji ilham baru bagi murid-murid Tuhan Yesus pada generasi-generasi yang berikut. Sebagai bukti paham tersebut dia mengemukakan yang merujuk pada keistimewaan mereka sebagai saksi mata. Pasal 14:26 berkata, "...Dialah yang akan... mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu." Pasal 15:27 berkata, "...kamu dari semula bersama-sama dengan Aku." Lagipula pasal 16:12 berkata, "sekarang kamu belum dapat menanggungnya." Ketiga ungkapan tersebut mengemukakan beberapa unsur yang berlaku secara khusus bagi kesebelas murid itu. Jadi menurut Carson dan Beasley-Murray, kelima nas tersebut diucapkan secara khusus kepada mereka, dan hanya dapat diterapkan secara tidak langsung dalam kehidupan dan pengalaman kita.
Hagelberg: Yoh 16:13 - -- 16:13 Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya ...
16:13 Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.
Pelayanan Roh Kebenaran yang diceritakan dalam nas ini adalah sesuai dengan ajaran yang dikutip di atas dalam Yohanes 8:31-32; Ibrani 5:11-12; dan 1 Korintus 2:1-3:3. Orang percaya yang tidak taat, yang tidak tinggal di dalam Tuhan Yesus, yang tidak tetap dalam firman-Nya, tidak mampu menerima seluruh kebenaran. Dengan kata lain, dosa menghalangi pemahaman rohani. Namun dengan pertolongan Roh Kebenaran kita dapat mengasihi dan menaati Tuhan Yesus, sehingga kita dapat memahami seluruh kebenaran. Roh Allah siap memimpin kita ke dalam ketaatan itu dan dengan demikian kita juga dipimpin ke dalam seluruh kebenaran.
Ayat 14 dan 15 menjelaskan bahwa seluruh kebenaran itu terpusat pada Tuhan Yesus. Dialah kebenaran, menurut pasal 14:6. Sama seperti Tuhan Yesus selalu melakukan pekerjaan Allah Bapa dan menyampaikan kata-kata dari Allah Bapa,1113 demikian juga segala sesuatu yang didengar oleh Roh Allah itulah yang akan dikatakan-Nya.
Mungkin ungkapan dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang merujuk pada nubuatan yang akan diberikan kepada murid-murid Tuhan Yesus oleh Roh Allah. (Kalau begitu, nas ini tidak menjelaskan mengenai sifat nubuatan ini, apa yang dimaksudkan adalah nubuatan tertulis seperti Kitab Wahyu, atau nubuatan pribadi, yang tidak menjadi bagian Alkitab. Hal itu tidak dikemukakan dalam konteks ini.)
Namun tema akhir zaman bukan merupakan suatu tema besar dalam Injil Yohanes, sehingga Carson1114 berpendapat bahwa ungkapan dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang merujuk pada hal-hal yang terkait dengan arti dan akibat dari kematian, kebangkitan, dan kenaikan Tuhan Yesus. Fokus tersebut adalah sesuai dengan konteks ayat 13-15, dan juga sesuai dengan tema seluruh Injil Yohanes.
Hagelberg: Yoh 16:13 - -- 16:13 Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya ...
16:13 Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.
Pelayanan Roh Kebenaran yang diceritakan dalam nas ini adalah sesuai dengan ajaran yang dikutip di atas dalam Yohanes 8:31-32; Ibrani 5:11-12; dan 1 Korintus 2:1-3:3. Orang percaya yang tidak taat, yang tidak tinggal di dalam Tuhan Yesus, yang tidak tetap dalam firman-Nya, tidak mampu menerima seluruh kebenaran. Dengan kata lain, dosa menghalangi pemahaman rohani. Namun dengan pertolongan Roh Kebenaran kita dapat mengasihi dan menaati Tuhan Yesus, sehingga kita dapat memahami seluruh kebenaran. Roh Allah siap memimpin kita ke dalam ketaatan itu dan dengan demikian kita juga dipimpin ke dalam seluruh kebenaran.
Ayat 14 dan 15 menjelaskan bahwa seluruh kebenaran itu terpusat pada Tuhan Yesus. Dialah kebenaran, menurut pasal 14:6. Sama seperti Tuhan Yesus selalu melakukan pekerjaan Allah Bapa dan menyampaikan kata-kata dari Allah Bapa,1113 demikian juga segala sesuatu yang didengar oleh Roh Allah itulah yang akan dikatakan-Nya.
Mungkin ungkapan dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang merujuk pada nubuatan yang akan diberikan kepada murid-murid Tuhan Yesus oleh Roh Allah. (Kalau begitu, nas ini tidak menjelaskan mengenai sifat nubuatan ini, apa yang dimaksudkan adalah nubuatan tertulis seperti Kitab Wahyu, atau nubuatan pribadi, yang tidak menjadi bagian Alkitab. Hal itu tidak dikemukakan dalam konteks ini.)
Namun tema akhir zaman bukan merupakan suatu tema besar dalam Injil Yohanes, sehingga Carson1114 berpendapat bahwa ungkapan dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang merujuk pada hal-hal yang terkait dengan arti dan akibat dari kematian, kebangkitan, dan kenaikan Tuhan Yesus. Fokus tersebut adalah sesuai dengan konteks ayat 13-15, dan juga sesuai dengan tema seluruh Injil Yohanes.
Hagelberg: Yoh 16:14 - -- 16:14 Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku.
Kerendahan hati Tuhan Yesus nyata dalam nas-nas y...
16:14 Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku.
Kerendahan hati Tuhan Yesus nyata dalam nas-nas yang menceritakan bagaimana Dia mengerjakan kehendak Bapa "yang mengutus" Dia. Demikian juga kita melihat kerendahan hati Roh Kudus, yang tidak mempermuliakan diri-Nya. Fokus pelayanan Roh Allah ada pada Tuhan Yesus, yang menyatakan dan mempermuliakan Allah Bapa.
Hagelberg: Yoh 16:14 - -- 16:14 Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku.
Kerendahan hati Tuhan Yesus nyata dalam nas-nas y...
16:14 Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku.
Kerendahan hati Tuhan Yesus nyata dalam nas-nas yang menceritakan bagaimana Dia mengerjakan kehendak Bapa "yang mengutus" Dia. Demikian juga kita melihat kerendahan hati Roh Kudus, yang tidak mempermuliakan diri-Nya. Fokus pelayanan Roh Allah ada pada Tuhan Yesus, yang menyatakan dan mempermuliakan Allah Bapa.
Hagelberg: Yoh 16:15 - -- 16:15 Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku."
Dalam...
16:15 Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku."
Dalam ayat 14 Tuhan Yesus tidak menghina Bapa-Nya. Dia tidak mengesampingkan Allah Bapa. Jika Roh Allah memberitakan mengenai Tuhan Yesus, dan jika Tuhan Yesus menyatakan Allah Bapa, maka Roh Allah memberitakan mengenai Allah Bapa.
Hagelberg: Yoh 16:15 - -- 16:15 Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku."
Dalam...
16:15 Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku."
Dalam ayat 14 Tuhan Yesus tidak menghina Bapa-Nya. Dia tidak mengesampingkan Allah Bapa. Jika Roh Allah memberitakan mengenai Tuhan Yesus, dan jika Tuhan Yesus menyatakan Allah Bapa, maka Roh Allah memberitakan mengenai Allah Bapa.