kecilkan semua  

Teks -- Roma 11:2-36 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
11:2 Allah tidak menolak umat-Nya yang dipilih-Nya. Ataukah kamu tidak tahu, apa yang dikatakan Kitab Suci tentang Elia, waktu ia mengadukan Israel kepada Allah: 11:3 "Tuhan, nabi-nabi-Mu telah mereka bunuh, mezbah-mezbah-Mu telah mereka runtuhkan; hanya aku seorang dirilah yang masih hidup dan mereka ingin mencabut nyawaku." 11:4 Tetapi bagaimanakah firman Allah kepadanya? "Aku masih meninggalkan tujuh ribu orang bagi-Ku, yang tidak pernah sujud menyembah Baal." 11:5 Demikian juga pada waktu ini ada tinggal suatu sisa, menurut pilihan kasih karunia. 11:6 Tetapi jika hal itu terjadi karena kasih karunia, maka bukan lagi karena perbuatan, sebab jika tidak demikian, maka kasih karunia itu bukan lagi kasih karunia. 11:7 Jadi bagaimana? Israel tidak memperoleh apa yang dikejarnya, tetapi orang-orang yang terpilih telah memperolehnya. Dan orang-orang yang lain telah tegar hatinya, 11:8 seperti ada tertulis: "Allah membuat mereka tidur nyenyak, memberikan mata untuk tidak melihat dan telinga untuk tidak mendengar, sampai kepada hari sekarang ini." 11:9 Dan Daud berkata: "Biarlah jamuan mereka menjadi jerat dan perangkap, penyesatan dan pembalasan bagi mereka. 11:10 Dan biarlah mata mereka menjadi gelap, sehingga mereka tidak melihat, dan buatlah punggung mereka terus-menerus membungkuk."
Israel tersandung, bangsa-bangsa lain selamat
11:11 Maka aku bertanya: Adakah mereka tersandung dan harus jatuh? Sekali-kali tidak! Tetapi oleh pelanggaran mereka, keselamatan telah sampai kepada bangsa-bangsa lain, supaya membuat mereka cemburu. 11:12 Sebab jika pelanggaran mereka berarti kekayaan bagi dunia, dan kekurangan mereka kekayaan bagi bangsa-bangsa lain, terlebih-lebih lagi kesempurnaan mereka. 11:13 Aku berkata kepada kamu, hai bangsa-bangsa bukan Yahudi. Justru karena aku adalah rasul untuk bangsa-bangsa bukan Yahudi, aku menganggap hal itu kemuliaan pelayananku, 11:14 yaitu kalau-kalau aku dapat membangkitkan cemburu di dalam hati kaum sebangsaku menurut daging dan dapat menyelamatkan beberapa orang dari mereka. 11:15 Sebab jika penolakan mereka berarti perdamaian bagi dunia, dapatkah penerimaan mereka mempunyai arti lain dari pada hidup dari antara orang mati? 11:16 Jikalau roti sulung adalah kudus, maka seluruh adonan juga kudus, dan jikalau akar adalah kudus, maka cabang-cabang juga kudus. 11:17 Karena itu apabila beberapa cabang telah dipatahkan dan kamu sebagai tunas liar telah dicangkokkan di antaranya dan turut mendapat bagian dalam akar pohon zaitun yang penuh getah, 11:18 janganlah kamu bermegah terhadap cabang-cabang itu! Jikalau kamu bermegah, ingatlah, bahwa bukan kamu yang menopang akar itu, melainkan akar itu yang menopang kamu. 11:19 Mungkin kamu akan berkata: ada cabang-cabang yang dipatahkan, supaya aku dicangkokkan di antaranya sebagai tunas. 11:20 Baiklah! Mereka dipatahkan karena ketidakpercayaan mereka, dan kamu tegak tercacak karena iman. Janganlah kamu sombong, tetapi takutlah! 11:21 Sebab kalau Allah tidak menyayangkan cabang-cabang asli, Ia juga tidak akan menyayangkan kamu. 11:22 Sebab itu perhatikanlah kemurahan Allah dan juga kekerasan-Nya, yaitu kekerasan atas orang-orang yang telah jatuh, tetapi atas kamu kemurahan-Nya, yaitu jika kamu tetap dalam kemurahan-Nya; jika tidak, kamupun akan dipotong juga. 11:23 Tetapi merekapun akan dicangkokkan kembali, jika mereka tidak tetap dalam ketidakpercayaan mereka, sebab Allah berkuasa untuk mencangkokkan mereka kembali. 11:24 Sebab jika kamu telah dipotong sebagai cabang dari pohon zaitun liar, dan bertentangan dengan keadaanmu itu kamu telah dicangkokkan pada pohon zaitun sejati, terlebih lagi mereka ini, yang menurut asal mereka akan dicangkokkan pada pohon zaitun mereka sendiri.
Penyelamatan Israel
11:25 Sebab, saudara-saudara, supaya kamu jangan menganggap dirimu pandai, aku mau agar kamu mengetahui rahasia ini: Sebagian dari Israel telah menjadi tegar sampai jumlah yang penuh dari bangsa-bangsa lain telah masuk. 11:26 Dengan jalan demikian seluruh Israel akan diselamatkan, seperti ada tertulis: "Dari Sion akan datang Penebus, Ia akan menyingkirkan segala kefasikan dari pada Yakub. 11:27 Dan inilah perjanjian-Ku dengan mereka, apabila Aku menghapuskan dosa mereka." 11:28 Mengenai Injil mereka adalah seteru Allah oleh karena kamu, tetapi mengenai pilihan mereka adalah kekasih Allah oleh karena nenek moyang. 11:29 Sebab Allah tidak menyesali kasih karunia dan panggilan-Nya. 11:30 Sebab sama seperti kamu dahulu tidak taat kepada Allah, tetapi sekarang beroleh kemurahan oleh ketidaktaatan mereka, 11:31 demikian juga mereka sekarang tidak taat, supaya oleh kemurahan yang telah kamu peroleh, mereka juga akan beroleh kemurahan. 11:32 Sebab Allah telah mengurung semua orang dalam ketidaktaatan, supaya Ia dapat menunjukkan kemurahan-Nya atas mereka semua. 11:33 O, alangkah dalamnya kekayaan, hikmat dan pengetahuan Allah! Sungguh tak terselidiki keputusan-keputusan-Nya dan sungguh tak terselami jalan-jalan-Nya! 11:34 Sebab, siapakah yang mengetahui pikiran Tuhan? Atau siapakah yang pernah menjadi penasihat-Nya? 11:35 Atau siapakah yang pernah memberikan sesuatu kepada-Nya, sehingga Ia harus menggantikannya? 11:36 Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya!
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Baal a pagan god,a title of a pagan god,a town in the Negeb on the border of Simeon and Judah,son of Reaiah son of Micah; a descendant of Reuben,the forth son of Jeiel, the Benjamite
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Daud a son of Jesse of Judah; king of Israel,son of Jesse of Judah; king of Israel
 · Elia a prophet from the 9th century B.C.,a prophet from Tishbe in Gilead to Israel in King Ahab's time,son of Jeroham of Benjamin,a priest of the Harim clan who put away his heathen wife,a layman of the Bani Elam clan who put away his heathen wife
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Ismael a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Sion one of the hills on which Jerusalem was built; the temple area; the city of Jerusalem; God's people,a town and citidel; an ancient part of Jerusalem
 · suku Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · umat Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · wilayah bangsa-bangsa lain a non-Jewish person
 · Yakub the second so of a pair of twins born to Isaac and Rebeccaa; ancestor of the 12 tribes of Israel,the nation of Israel,a person, male,son of Isaac; Israel the man and nation


Topik/Tema Kamus: Roma, Surat | Orang Yahudi | Jemaah Israel | Israel | Elia | Tani, Pertanian | Selamat, Keselamatan | Panggil, Panggilan Allah | Belas Kasihan | Pohon Zaitun | Pilih, Pilihan | Roh Kudus Adalah Pribadi | Serah, Penyerahan Diri | Tidak Percaya | Kasih Karunia | Buta, Buta Rohani | Pohon | Pahala Orang-Orang Kudus | Sembah, Penyembahan Berhala | Orang Bukan Yahudi | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg , Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Rm 11:5 - PILIHAN KASIH KARUNIA. Nas : Rom 11:5 Frasa ini menunjuk kepada pola kemurahan Allah dalam mengutus Anak-Nya ke dalam dunia untuk menyelamatkan barangsiapa yang percaya k...

Nas : Rom 11:5

Frasa ini menunjuk kepada pola kemurahan Allah dalam mengutus Anak-Nya ke dalam dunia untuk menyelamatkan barangsiapa yang percaya kepada-Nya. Pemilihan berasal dari maksud keselamatan Allah "sebelum dunia dijadikan" (Ef 1:4). Sejak kedatangan Juruselamat serta kematian dan kebangkitan-Nya, pemilihan ini mencakup semua orang yang percaya dan taat kepada Kristus dan Injil. Jadi, baik Allah maupun manusia aktif dalam pemilihan. Sasaran dari pilihan melalui kasih karunia ialah agar menjadi "tak bercacat dan bercela" di hadapan Allah (Ef 1:4, bd. Rom 3:22; Rom 4:1-5,16; 11:11-24; 2Kor 5:19-20; Ef 2:8-10;

lihat art. PEMILIHAN DAN PREDESTINASI).

Full Life: Rm 11:7 - ORANG-ORANG YANG LAIN TELAH TEGAR HATINYA. Nas : Rom 11:7 Lihat cat. --> Rom 9:18 [atau ref. Rom 9:18] mengenai pengerasan hati.

Nas : Rom 11:7

Lihat cat. --> Rom 9:18

[atau ref. Rom 9:18]

mengenai pengerasan hati.

Full Life: Rm 11:11 - KESELAMATAN TELAH SAMPAI KEPADA BANGSA-BANGSA LAIN. Nas : Rom 11:11 Pelanggaran Israel, yaitu penolakan mereka dan penyaliban Kristus telah mengakibatkan keselamatan sampai kepada seluruh dunia ...

Nas : Rom 11:11

Pelanggaran Israel, yaitu penolakan mereka dan penyaliban Kristus telah mengakibatkan keselamatan sampai kepada seluruh dunia

(lihat cat. --> Yes 49:5-6;

lihat cat. --> Yes 49:6).

[atau ref. Yes 49:5-6]

Full Life: Rm 11:12 - KESEMPURNAAN MEREKA. Nas : Rom 11:12 "Kesempurnaan" Israel mungkin menunjuk kepada saat itu ketika banyak orang Israel akan percaya kepada Yesus Kristus sebagai Putra A...

Nas : Rom 11:12

"Kesempurnaan" Israel mungkin menunjuk kepada saat itu ketika banyak orang Israel akan percaya kepada Yesus Kristus sebagai Putra Allah dan Mesias (lih. ayat Rom 11:15), sehingga membawa berkat yang makin besar bagi dunia

(lihat cat. --> Yes 11:10-16;

lihat cat. --> Yes 29:17-24).

[atau ref. Yes 11:10-16; 29:17-24]

Full Life: Rm 11:14 - MEMBANGKITKAN CEMBURU. Nas : Rom 11:14 Seharusnya menjadi kerinduan dan doa semua gereja bahwa kuasa dan berkat Allah menaungi mereka sedemikian rupa sehingga beberapa or...

Nas : Rom 11:14

Seharusnya menjadi kerinduan dan doa semua gereja bahwa kuasa dan berkat Allah menaungi mereka sedemikian rupa sehingga beberapa orang dari Israel menjadi iri dan berbalik kepada Tuhan. Keselamatan Kristus dan hak istimewa kerajaan-Nya yang berkarya di dalam kita akan membangkitkan keinginan untuk memperoleh berkat yang sama di dalam orang Israel.

Full Life: Rm 11:20 - KARENA KETIDAKPERCAYAAN. Nas : Rom 11:20 Kunci masa depan Israel bukanlah keputusan Allah yang sewenang-wenang, tetapi ketidakpercayaan dan penolakan mereka terhadap kasih ...

Nas : Rom 11:20

Kunci masa depan Israel bukanlah keputusan Allah yang sewenang-wenang, tetapi ketidakpercayaan dan penolakan mereka terhadap kasih karunia Allah di dalam Kristus

(lihat art. ISRAEL DALAM RENCANA KESELAMATAN ALLAH).

Full Life: Rm 11:22 - KAMUPUN AKAN DIPOTONG JUGA. Nas : Rom 11:22 Paulus memberikan suatu peringatan yang penting kepada semua orang percaya bukan Israel, yaitu kepada semua gereja, persekutuan ata...

Nas : Rom 11:22

Paulus memberikan suatu peringatan yang penting kepada semua orang percaya bukan Israel, yaitu kepada semua gereja, persekutuan atau organisasi Kristen.

  1. 1) Ada kemungkinan yang mengerikan bahwa Allah "akan memotong" setiap orang, pelayanan, gereja atau kelompok gereja, jikalau mereka tidak "tetap dalam kemurahan-Nya" dan di dalam iman rasuli PB dan patokan-patokan kebenaran (ayat Rom 11:20).
  2. 2) Jikalau Allah tidak menyayangkan Israel, Dia juga tidak akan menyayangkan suatu gereja atau persekutuan tertentu (ayat Rom 11:21), jikalau mereka menolak jalan Allah dan mengikuti jalan dunia

    (lihat cat. --> Rom 12:2).

    [atau ref. Rom 12:2]

    Oleh karena itu, semua gereja Kristen hendaknya "takut" (ayat Rom 11:20) dengan "perhatikanlah kemurahan Allah dan juga kekerasan-Nya" (ayat Rom 11:22) dan berusaha sebaik-baiknya untuk tetap di dalam iman dan kelakuan rasuli PB. Tidak ada gereja atau pelayanan Kristen yang dapat beranggapan dengan keyakinan bahwa ia tidak akan pernah jatuh di bawah hukuman Allah. "Allah tidak pernah pilih kasih" (Rom 2:11; juga

    lihat cat. --> Wahy 2:2;

    lihat cat. --> Wahy 2:4 dst. catatan-catatan s/d Wahy 3:22

    lihat cat. --> Wahy 3:22)

    [atau ref. Wahy 2:1-3:22]

    dengan gereja atau dengan perseorangan.

Full Life: Rm 11:25 - JUMLAH YANG PENUH DARI BANGSA-BANGSA LAIN. Nas : Rom 11:25 Ungkapan ini menunjukkan penggenapan maksud Allah untuk memanggil ke luar suatu umat dari antara orang bukan Yahudi (Kis 15:14). Mu...

Nas : Rom 11:25

Ungkapan ini menunjukkan penggenapan maksud Allah untuk memanggil ke luar suatu umat dari antara orang bukan Yahudi (Kis 15:14). Mungkin ayat ini juga berhubungan dengan saat di mana kejahatan mereka sudah penuh, yaitu ketika dosa di dunia ini mencapai tingkat tertinggi dalam pemberontakan terhadap Allah (bd. Kej 15:16). Pada saat itu Kristus akan datang untuk menghakimi dunia (Luk 21:24,27; bd. Kej 6:5-7,11-13; 18:20-33; 19:24-25; Luk 17:26-30).

Full Life: Rm 11:26 - SELURUH ISRAEL. Nas : Rom 11:26 Ungkapan "seluruh Israel" harus diartikan orang percaya berbangsa Israel secara keseluruhan. 1) Jumlah orang Yahudi yang perca...

Nas : Rom 11:26

Ungkapan "seluruh Israel" harus diartikan orang percaya berbangsa Israel secara keseluruhan.

  1. 1) Jumlah orang Yahudi yang percaya kepada Kristus akan meningkat pesat dalam hari-hari kesengsaraan besar yang suram (Ul 4:30-31; Hos 5:14-6:3; Wahy 7:1-8). Masa kesengsaraan besar akan berakhir pada saat Kristus membebaskan orang Israel yang percaya dan membinasakan sisa orang Israel yang tidak percaya

    (lihat cat. --> Yes 10:20;

    lihat cat. --> Za 13:8-9).

    [atau ref. Yes 10:20; Za 13:8-9]

    Semua pemberontak (yaitu, orang Yahudi yang tidak percaya) akan dipisahkan

    (lihat cat. --> Yeh 20:34-44).

    [atau ref. Yeh 20:34-44]

  2. 2) Sisa Israel yang percaya (yaitu, mereka yang masih ada pada akhir zaman) dan orang Israel yang setia pada angkatan-angkatan yang lampau menjadi "seluruh Israel"

    (lihat cat. --> Yeh 37:12-14).

    [atau ref. Yeh 37:12-14]

Full Life: Rm 11:29 - KASIH KARUNIA DAN PANGGILAN-NYA. Nas : Rom 11:29 Kata-kata ini menunjuk kepada hak istimewa Israel yang disebutkan dalam Rom 9:4-5 dan Rom 11:26. Konteks jelas menunjukkan kepada I...

Nas : Rom 11:29

Kata-kata ini menunjuk kepada hak istimewa Israel yang disebutkan dalam Rom 9:4-5 dan Rom 11:26. Konteks jelas menunjukkan kepada Israel dan maksud-maksud Allah bagi mereka, dan bukan kepada karunia-karunia Roh Kudus dan panggilan pelayanan yang dihubungkan dengan pekerjaan Roh Kudus di dalam gereja (bd. Rom 12:6-8; 1Kor 12:1-31). Panggilan, penetapan, dan pemeliharaan seorang dalam jabatan gembala atau penilik jemaat harus menurut kualifikasi sifat pribadi dan sejarah rohani orang itu

(lihat art. SYARAT-SYARAT MORAL PENILIK JEMAAT).

BIS: Rm 11:31 - Tetapi nanti mereka juga akan Tetapi nanti mereka juga akan: beberapa naskah kuno: Tetapi sekarang mereka.

Tetapi nanti mereka juga akan: beberapa naskah kuno: Tetapi sekarang mereka.

Jerusalem: Rm 5:1--11:36 - -- Pokok yang diuraikan dalam bagian kedua Roma dapat disebutkan sebagai: pembenaran sebagai jaminan keselamatan orang Kristen yang sudah dibenarkan, bdk...

Pokok yang diuraikan dalam bagian kedua Roma dapat disebutkan sebagai: pembenaran sebagai jaminan keselamatan orang Kristen yang sudah dibenarkan, bdk Rom 1-4, mendapat dalam kasih Allah dan karunia Roh Kudus suatu jaminan keselamatan. Pokok ini diuraikan dalam Rom 5:1-11 dan diuraikan kembali dalam bab 8, sedangkan dalam Rom 5:12-7:25 diperlawankan dengan kebalikannya (dosa, maut, hukum Taurat).

Jerusalem: Rm 9:1--11:36 - -- Bab 9-11 Dalam menguraikan pembenaran melalui iman pikiran Paulus diarahkan kepada pembenaran Abraham, 4. Demikianpun uraian mengenai keselamatan yang...

Bab 9-11 Dalam menguraikan pembenaran melalui iman pikiran Paulus diarahkan kepada pembenaran Abraham, 4. Demikianpun uraian mengenai keselamatan yang dalam Roh Kudus dikurniakan oleh kasih Allah memaksa Paulus untuk memperbincangkan, bab 9-11, masalah Israel yang tidak setia, meskipun sudah diberi janji keselamatan. Jadi bab-bab itu tidak berkata tentang masalah "takdir" masing-masing orang, yang "ditakdirkan" untuk kemuliaan atau bahkan untuk iman. Bab-bab ini menguraikan tentang peranan Israel dalam sejarah, sebab hanya soal itulah yang disodorkan oleh apa yang dikatakan Perjanjian Lama.

Jerusalem: Rm 11:9 - jamuan mereka Mazmur yang dikutip ini menggambarkan hukuman orang terkutuk yang tidak peduli akan sengsara dan haus dari si Benar. Kalau mazmur itu sungguh berkata ...

Mazmur yang dikutip ini menggambarkan hukuman orang terkutuk yang tidak peduli akan sengsara dan haus dari si Benar. Kalau mazmur itu sungguh berkata tentang jamuan korban (begitulah diartikan oleh Targum) maka secara harafiah nubuat itu terlaksana: justru karena orang-orang Yahudi berpegang teguh pada agama mereka, maka mereka terhalang mengenai Yang Benar yang bersengsara.

Jerusalem: Rm 11:11 - sampai kepada bangsa-bangsa lain Ketidak-percayaan orang-orang Yahudi sekarang hanya suatu "pelanggaran", yang dibiarkan Allah, supaya bangsa-bangsa lain bertobat, Rom 9:22; 11:12,19,...

Ketidak-percayaan orang-orang Yahudi sekarang hanya suatu "pelanggaran", yang dibiarkan Allah, supaya bangsa-bangsa lain bertobat, Rom 9:22; 11:12,19,25,30, dan pada pokoknya supaya mereka sendiri bertobat juga: demi keselamatan mereka Allah membuat mereka cemburu, Rom 10:19, terhadap bangsa-bangsa lain.

Jerusalem: Rm 11:13 - bangsa-bangsa bukan-Yahudi Ialah orang-orang Kristen dari "bangsa-bangsa lain", orang-orang kafir yang masuk Kristen. Maka juga sebagai "rasul-rasul bangsa-bangsa lain" Paulus m...

Ialah orang-orang Kristen dari "bangsa-bangsa lain", orang-orang kafir yang masuk Kristen. Maka juga sebagai "rasul-rasul bangsa-bangsa lain" Paulus masih bekerja demi keselamatan "kaum sebangsanya" (harafiah: dagingku).

Jerusalem: Rm 11:15 - hidup dari antara orang mati Ungkapan itu diartikan semacam-macam cara. Mungkin: kalau pertobatan bangsa-bangsa lain dianggap sebagai tahap pertama dalam karya penebusan, ialah pe...

Ungkapan itu diartikan semacam-macam cara. Mungkin: kalau pertobatan bangsa-bangsa lain dianggap sebagai tahap pertama dalam karya penebusan, ialah pertobatan dunia, maka pertobatan Israel merupakan karunia yang begitu besar, sehingga hanya dapat dibandingkan dengan tahap kedua karya penebusan, ialah kebangkitan yang akhir, yang kiranya dimaksudkan Paulus. Tetapi ia tidak berkata bahwa pertobatan Israel baru akan terjadi menjelang kebangkitan umum itu. Kalau tafsirannya demikian maka boleh diterjemahkan: kebangkitan dari antara orang mati. Tafsir lain adalah sbb: Menghidupkan orang mati (=hidup dari antar orang mati) merupakan mujizat yang paling besar, sehingga hanya dapat dikerjakan oleh Allah, Rom 4:17+; 2Ko 1:9. Begitu besar pertobatan Israel: anak hilang yang hidup kembali, tetapi kali ini anak hilang itu ialah anak sulung, bdk Luk 15:24,32.

Jerusalem: Rm 11:16 - seluruh adonan juga kudus Bahkan bagian yang tidak setia tetap termasuk bangsa terpilih dan dengan satu dan lain cara mengambil bagian dalam kekudusannya, tidak ubahnya dengan ...

Bahkan bagian yang tidak setia tetap termasuk bangsa terpilih dan dengan satu dan lain cara mengambil bagian dalam kekudusannya, tidak ubahnya dengan adonan yang seluruhnya dikuduskan oleh persembahan roti pertama, Bil 15:19-21.

Jerusalem: Rm 11:17 - tunas liar Ialah orang kafir yang masuk Kristen

Ialah orang kafir yang masuk Kristen

Jerusalem: Rm 11:17 - di antaranya Terjemahan lain: ganti mereka

Terjemahan lain: ganti mereka

Jerusalem: Rm 11:17 - akar pohon zaitun yang penuh getah Var: (dalam) getah pohon zaitun.

Var: (dalam) getah pohon zaitun.

Jerusalem: Rm 11:21 - Ia juga tidak akan menyayangkan kamu Var: awaslah, kalau-kalau ia juga tidak menyayangkan kamu.

Var: awaslah, kalau-kalau ia juga tidak menyayangkan kamu.

Jerusalem: Rm 11:25 - jumlah penuh Paulus selalu hanya memperhatikan keseluruhan; seluruh dunia Yahudi dan seluruh dunia bangsa-bangsa lain.

Paulus selalu hanya memperhatikan keseluruhan; seluruh dunia Yahudi dan seluruh dunia bangsa-bangsa lain.

Jerusalem: Rm 11:26 - seperti ada tertulis Perjanjian Lama menubuatkan penyucian Israel yang sepenuh-penuhnya sebagai hasil kedatangan Mesias. Paulus mengajar bahwa nubuat yang sebagian sudah d...

Perjanjian Lama menubuatkan penyucian Israel yang sepenuh-penuhnya sebagai hasil kedatangan Mesias. Paulus mengajar bahwa nubuat yang sebagian sudah digenapi karena bangsa-bangsa lain sudah bertobat, juga merangkum pertobatan Israel.

Ende: Rm 11:2 - DikenalNja Tjorak-artinja: dipilih dan ditjintaiNja.

Tjorak-artinja: dipilih dan ditjintaiNja.

Ende: Rm 11:2-3 - -- Kutipan ini terambil dari buku 1Ra 19:10 dan 1Ra 19:14.

Kutipan ini terambil dari buku 1Ra 19:10 dan 1Ra 19:14.

Ende: Rm 11:4 - -- Kutipan ini dari Buku radja-radja pula, 1Ra 19:18.

Kutipan ini dari Buku radja-radja pula, 1Ra 19:18.

Ende: Rm 11:4 - Kusisakan bdl. Rom 9:27-29.

bdl. Rom 9:27-29.

Ende: Rm 11:7 - Tidak tertjapai jaitu kebebasan sedjati dan keselamatan abadi didalam keradjaan Mesias.

jaitu kebebasan sedjati dan keselamatan abadi didalam keradjaan Mesias.

Ende: Rm 11:8 - -- Kutipan ini dari Yes 29:10 dan V Mos. (Ula 29:8). Segalanja itu merupakan hukuman, guna menginsjafkan orang Jahudi.

Kutipan ini dari Yes 29:10 dan V Mos. (Ula 29:8).

Segalanja itu merupakan hukuman, guna menginsjafkan orang Jahudi.

Ende: Rm 11:9 - -- Kutipan ini dari Maz 69:22-23. Penjair mazmur ini sedang dikedjar oleh musuhnja dan ia mohon perlindungan dan pertolongan terhadap mereka. Dalam pada ...

Kutipan ini dari Maz 69:22-23.

Penjair mazmur ini sedang dikedjar oleh musuhnja dan ia mohon perlindungan dan pertolongan terhadap mereka. Dalam pada itu ia meminta hukuman atas musuh-musuhnja itu, sehingga mereka tidak mampu mengedjar dia lagi. Ibaratnja: demikianpun halnja umat Kristus jang diganggu oleh orang Jahudi jang tegar hati, jang tentu akan dikalahkan Allah.

Ende: Rm 11:9 - Medja mendjadi perangkap Medja makan dewasa itu adalah tikar atau permadani terbentang dilantai. Kalau orang tengah makan tiba-tiba disergap dan hendak melarikan diri, tikar a...

Medja makan dewasa itu adalah tikar atau permadani terbentang dilantai. Kalau orang tengah makan tiba-tiba disergap dan hendak melarikan diri, tikar atau permadani itu dapat mendjadi perangkap, djerat atau tempat sandungan bagi mereka, sehingga mereka rebah dan mudah ditangkap. Demikian dapat diartikan ungkapan-ungkapan dan kiasan jang agak aneh itu.

Ende: Rm 11:10 - Punggung bungkuk jaitu dibawah suatu kuasa jang kuat. Barangkali Paulus hendak mengingatkan para pembatjanja akan perhambaan Jahudi dibawah kuasa hukum taurat, jang te...

jaitu dibawah suatu kuasa jang kuat. Barangkali Paulus hendak mengingatkan para pembatjanja akan perhambaan Jahudi dibawah kuasa hukum taurat, jang tetap menekan mereka sebelum mereka bertobat.

Ende: Rm 11:11 - Terlantar rebah untuk tidak bangun kembali.

rebah untuk tidak bangun kembali.

Ende: Rm 11:11 - Tjemburu sebab menjaksikan keselamatan kaum "kafir".

sebab menjaksikan keselamatan kaum "kafir".

Ende: Rm 11:12 - Mendatangkan kekajaan jaitu kekajaan rahmat dan kebenaran. Ketegaran hati orang Jahudi menjebabkan Indjil dapat lebih luas dan giat disiarkan kepada bangsa-bangsa bukan-Jah...

jaitu kekajaan rahmat dan kebenaran.

Ketegaran hati orang Jahudi menjebabkan Indjil dapat lebih luas dan giat disiarkan kepada bangsa-bangsa bukan-Jahudi.

Ende: Rm 11:12 - Djumlah mereka jang utuh Paulus jakin, tentu sadja karena wahju Kristus kepadanja, bahwa achirnja sedjumlah besar dari kaum Israel, malah seluruhnja, akan insjaf dan menjerahk...

Paulus jakin, tentu sadja karena wahju Kristus kepadanja, bahwa achirnja sedjumlah besar dari kaum Israel, malah seluruhnja, akan insjaf dan menjerahkan, hal mana akan diutarakan lebih landjut dalam Rom 25-32.

Ende: Rm 11:15 - Penerimaan mereka Bila mereka achirnja berdjumlah genap akan bertobat dan diterima masuk keradjaan Allah. Kalau itu akan terlangsung, kuasa maut telah musnah habis-habi...

Bila mereka achirnja berdjumlah genap akan bertobat dan diterima masuk keradjaan Allah. Kalau itu akan terlangsung, kuasa maut telah musnah habis-habis, dan seluruh umat manusia akan tetap hidup didalam keradjaan Allah.

Ende: Rm 11:16 - -- Dengan kiasan "adonan sulung" dan "akar" dimaksudkan para bapa-bangsa, chususnja Abraham.

Dengan kiasan "adonan sulung" dan "akar" dimaksudkan para bapa-bangsa, chususnja Abraham.

Ende: Rm 11:16 - Jang sulung Menurut hukum taurat V Mos. Bil 15:17-21 "buah-buah sulung" harus dipersembahkan sebagai kurban kepada Allah. Sebab itu djuga kedua roti pertama jang ...

Menurut hukum taurat V Mos. Bil 15:17-21 "buah-buah sulung" harus dipersembahkan sebagai kurban kepada Allah. Sebab itu djuga kedua roti pertama jang dibakar dari panen baru, harus dipersembahkan kepadaNja. Dengan dipersembahkannja kedua roti pertama itu, seluruh "adonan", jaitu seluruh panen mendjadi sutji dan diberkati.

Ende: Rm 11:17 - Zaiton hutan ialah jang tidak dipelihara orang, tidak berbuah atau buah-buahnja tidak berharga.

ialah jang tidak dipelihara orang, tidak berbuah atau buah-buahnja tidak berharga.

Ende: Rm 11:17 - Ditengah-tengah mereka jaitu diantara tjabang-tjabang asli jang masih berhubungan dengan akar.

jaitu diantara tjabang-tjabang asli jang masih berhubungan dengan akar.

Ende: Rm 11:17 - Bagian dalam akar dan lemak zaiton jaitu dalam segala berkat dan djandji-djandji jang diberikan Allah kepada Abraham dan kaum turunannja.

jaitu dalam segala berkat dan djandji-djandji jang diberikan Allah kepada Abraham dan kaum turunannja.

Ende: Rm 11:20 - Lantaran kepertjajaanmu jaitu melulu sebagai anugerah atas kerahiman Allah dan tidak berdasarkan suatu dirimu sendiri.

jaitu melulu sebagai anugerah atas kerahiman Allah dan tidak berdasarkan suatu dirimu sendiri.

Ende: Rm 11:20 - Takutlah jaitu berawas-awaslah, supaja engkau djangan mendjadikan diri dari Indjil murni dan dari tjita-tjitanja.

jaitu berawas-awaslah, supaja engkau djangan mendjadikan diri dari Indjil murni dan dari tjita-tjitanja.

Ende: Rm 11:25 - Memandang dirimu arif-bidjaksana djangan menjombong terhadap orang-orang Jahudi.

djangan menjombong terhadap orang-orang Jahudi.

Ende: Rm 11:25 - Rahasia suatu kenjataan jang hanja dapat diketahui dari wahju Allah.

suatu kenjataan jang hanja dapat diketahui dari wahju Allah.

Ende: Rm 11:25 - Seluruhnja Atau "dalam keseluruhannja", jaitu bukan dimaksudkan bahwa segala orang penjembah dewa-dewa masing-masing harus bertobat dahulu.

Atau "dalam keseluruhannja", jaitu bukan dimaksudkan bahwa segala orang penjembah dewa-dewa masing-masing harus bertobat dahulu.

Ende: Rm 11:26-27 - -- Kutipan-kutipan terambil dari Yes 40:20; 27:9 dan Yer 32:33. Nubuat-nubuat itu mengenai zaman Mesias, djuga menurut tafsiran umum orang-orang Jahudi d...

Kutipan-kutipan terambil dari Yes 40:20; 27:9 dan Yer 32:33. Nubuat-nubuat itu mengenai zaman Mesias, djuga menurut tafsiran umum orang-orang Jahudi dewasa itu. Asas-asas "rahasia" Paulus adalah terkandung didalamnja. Kalimat nubuat terachir dapat diterdjemahkan sambil dilengkapi: "Dan perdjandjianKu dengan mereka akan dipenuhi, bila Aku akan menghapus dosa-dosa mereka".

Ende: Rm 11:28 - Musuh musuh Allah. "Demi kamu": supaja kamu mendapat kesempatan untuk mengenal dan menerima Indjil.

musuh Allah. "Demi kamu": supaja kamu mendapat kesempatan untuk mengenal dan menerima Indjil.

Ende: Rm 11:30-31 - -- Kedua ajat ini merupakan suatu landjutan dan pendjelasan dari ungkapan "demi kamu" dalam Rom 11:28 tadi. Penolakan orang Jahudi terhadap Indjil, seper...

Kedua ajat ini merupakan suatu landjutan dan pendjelasan dari ungkapan "demi kamu" dalam Rom 11:28 tadi. Penolakan orang Jahudi terhadap Indjil, seperti misalnja pengedjaran mereka terhadap umat di Jerusalem, mendjadi alasan Indjil disebarkan sampai diluar Palestina. Lih. Kis 8 dan Kis 11.

Ende: Rm 11:30-31 - Beralasan kerahiman jang kamu peroleh Dapat ditafsirkan barangkali seperti berikut, jakni bahwa banjak orang Jahudi tidak mau bertobat, sebab tidak mau hidup seumat dan seolah-olah sama de...

Dapat ditafsirkan barangkali seperti berikut, jakni bahwa banjak orang Jahudi tidak mau bertobat, sebab tidak mau hidup seumat dan seolah-olah sama deradjat dengan orang-orang tak bersunat.

Ende: Rm 11:30-31 - Dizaman ini jaitu dizaman Kristus jang landjut sampai achir dunia.

jaitu dizaman Kristus jang landjut sampai achir dunia.

Ende: Rm 11:32 - -- Ajat ini merupakan kesimpulan dari segala uraian didalam surat sampai pada achir Rom 11 ini.

Ajat ini merupakan kesimpulan dari segala uraian didalam surat sampai pada achir Rom 11 ini.

Ende: Rm 11:32 - Menahan membiarkan tertahan.

membiarkan tertahan.

Ref. Silang FULL: Rm 11:2 - menolak umat-Nya // yang dipilih-Nya · menolak umat-Nya: Rom 11:1; Rom 11:1 · yang dipilih-Nya: Rom 8:29; Rom 8:29

· menolak umat-Nya: Rom 11:1; [Lihat FULL. Rom 11:1]

· yang dipilih-Nya: Rom 8:29; [Lihat FULL. Rom 8:29]

Ref. Silang FULL: Rm 11:3 - mencabut nyawaku · mencabut nyawaku: 1Raj 19:10,14

· mencabut nyawaku: 1Raj 19:10,14

Ref. Silang FULL: Rm 11:4 - menyembah Baal · menyembah Baal: 1Raj 19:18

· menyembah Baal: 1Raj 19:18

Ref. Silang FULL: Rm 11:5 - suatu sisa // kasih karunia · suatu sisa: Rom 9:27; Rom 9:27 · kasih karunia: Rom 3:24; Rom 3:24

· suatu sisa: Rom 9:27; [Lihat FULL. Rom 9:27]

· kasih karunia: Rom 3:24; [Lihat FULL. Rom 3:24]

Ref. Silang FULL: Rm 11:6 - karena perbuatan · karena perbuatan: Rom 4:4

· karena perbuatan: Rom 4:4

Ref. Silang FULL: Rm 11:7 - tidak memperoleh // tegar hatinya · tidak memperoleh: Rom 9:31 · tegar hatinya: Rom 11:25; Rom 9:18; Rom 9:18

· tidak memperoleh: Rom 9:31

· tegar hatinya: Rom 11:25; Rom 9:18; [Lihat FULL. Rom 9:18]

Ref. Silang FULL: Rm 11:8 - tidak mendengar // sekarang ini · tidak mendengar: Mat 13:13-15; Mat 13:13 s/d 15 · sekarang ini: Ul 29:4; Yes 29:10

· tidak mendengar: Mat 13:13-15; [Lihat FULL. Mat 13:13] s/d 15

· sekarang ini: Ul 29:4; Yes 29:10

Ref. Silang FULL: Rm 11:10 - tidak melihat // terus-menerus membungkuk · tidak melihat: Rom 11:8 · terus-menerus membungkuk: Mazm 69:23,24

· tidak melihat: Rom 11:8

· terus-menerus membungkuk: Mazm 69:23,24

Ref. Silang FULL: Rm 11:11 - Sekali-kali tidak // bangsa-bangsa lain // mereka cemburu · Sekali-kali tidak: Rom 11:1 · bangsa-bangsa lain: Kis 13:46; Kis 13:46 · mereka cemburu: Rom 11:14; Rom 10:19

· Sekali-kali tidak: Rom 11:1

· bangsa-bangsa lain: Kis 13:46; [Lihat FULL. Kis 13:46]

· mereka cemburu: Rom 11:14; Rom 10:19

Ref. Silang FULL: Rm 11:12 - bangsa-bangsa lain · bangsa-bangsa lain: Rom 11:25

· bangsa-bangsa lain: Rom 11:25

Ref. Silang FULL: Rm 11:13 - bukan Yahudi · bukan Yahudi: Kis 9:15; Kis 9:15

· bukan Yahudi: Kis 9:15; [Lihat FULL. Kis 9:15]

Ref. Silang FULL: Rm 11:14 - membangkitkan cemburu // dapat menyelamatkan · membangkitkan cemburu: Rom 11:11; Rom 10:19; 1Kor 10:33; 1Tes 2:16 · dapat menyelamatkan: Mat 1:21; Mat 1:21; Luk 2:11; Luk 2:11; Yoh ...

· membangkitkan cemburu: Rom 11:11; Rom 10:19; 1Kor 10:33; 1Tes 2:16

· dapat menyelamatkan: Mat 1:21; [Lihat FULL. Mat 1:21]; Luk 2:11; [Lihat FULL. Luk 2:11]; Yoh 3:17; [Lihat FULL. Yoh 3:17]; Kis 4:12; 16:31; 1Kor 1:21; 1Tim 2:4; Tit 3:5

Ref. Silang FULL: Rm 11:15 - berarti perdamaian // orang mati · berarti perdamaian: Rom 5:10; Rom 5:10 · orang mati: Luk 15:24,32

· berarti perdamaian: Rom 5:10; [Lihat FULL. Rom 5:10]

· orang mati: Luk 15:24,32

Ref. Silang FULL: Rm 11:16 - roti sulung · roti sulung: Im 23:10,17; Bil 15:18-21

· roti sulung: Im 23:10,17; Bil 15:18-21

Ref. Silang FULL: Rm 11:17 - telah dipatahkan // di antaranya · telah dipatahkan: Yer 11:16; Yoh 15:2 · di antaranya: Kis 2:39; Ef 2:11-13

· telah dipatahkan: Yer 11:16; Yoh 15:2

· di antaranya: Kis 2:39; Ef 2:11-13

Ref. Silang FULL: Rm 11:18 - menopang kamu · menopang kamu: Yoh 4:22

· menopang kamu: Yoh 4:22

Ref. Silang FULL: Rm 11:20 - karena iman // kamu sombong // tetapi takutlah · karena iman: 1Kor 10:12; 2Kor 1:24 · kamu sombong: 1Tim 6:17 · tetapi takutlah: 1Pet 1:17

· karena iman: 1Kor 10:12; 2Kor 1:24

· kamu sombong: 1Tim 6:17

· tetapi takutlah: 1Pet 1:17

Ref. Silang FULL: Rm 11:22 - perhatikanlah kemurahan // kamu tetap // akan dipotong · perhatikanlah kemurahan: Rom 2:4 · kamu tetap: 1Kor 15:2; Kol 1:23; Ibr 3:6 · akan dipotong: Yoh 15:2

· perhatikanlah kemurahan: Rom 2:4

· kamu tetap: 1Kor 15:2; Kol 1:23; Ibr 3:6

· akan dipotong: Yoh 15:2

Ref. Silang FULL: Rm 11:23 - mereka kembali · mereka kembali: 2Kor 3:16

· mereka kembali: 2Kor 3:16

Ref. Silang FULL: Rm 11:24 - zaitun sejati · zaitun sejati: Yer 11:16

· zaitun sejati: Yer 11:16

Ref. Silang FULL: Rm 11:25 - dirimu pandai // kamu mengetahui // rahasia // menjadi tegar // telah masuk · dirimu pandai: Rom 12:16 · kamu mengetahui: Rom 1:13; 1Kor 10:1; 12:1; 2Kor 1:8; 1Tes 4:13 · rahasia: Rom 16:25; Rom 16:25 &mid...

· dirimu pandai: Rom 12:16

· kamu mengetahui: Rom 1:13; 1Kor 10:1; 12:1; 2Kor 1:8; 1Tes 4:13

· rahasia: Rom 16:25; [Lihat FULL. Rom 16:25]

· menjadi tegar: Rom 11:7; Rom 9:18; [Lihat FULL. Rom 9:18]

· telah masuk: Luk 21:24

Ref. Silang FULL: Rm 11:26 - akan diselamatkan · akan diselamatkan: Yes 45:17; Yer 31:34

· akan diselamatkan: Yes 45:17; Yer 31:34

Ref. Silang FULL: Rm 11:27 - menghapuskan dosa · menghapuskan dosa: Yes 59:20,21; 27:9; Ibr 8:10,12

· menghapuskan dosa: Yes 59:20,21; 27:9; Ibr 8:10,12

Ref. Silang FULL: Rm 11:28 - adalah seteru // nenek moyang · adalah seteru: Rom 5:10 · nenek moyang: Ul 7:8; 10:15; Rom 9:5

· adalah seteru: Rom 5:10

· nenek moyang: Ul 7:8; 10:15; Rom 9:5

Ref. Silang FULL: Rm 11:29 - tidak menyesali // dan panggilan-Nya · tidak menyesali: Ibr 7:21; Ibr 7:21 · dan panggilan-Nya: Rom 8:28; Rom 8:28

· tidak menyesali: Ibr 7:21; [Lihat FULL. Ibr 7:21]

· dan panggilan-Nya: Rom 8:28; [Lihat FULL. Rom 8:28]

Ref. Silang FULL: Rm 11:30 - tidak taat · tidak taat: Ef 2:2; Ef 2:2

· tidak taat: Ef 2:2; [Lihat FULL. Ef 2:2]

Ref. Silang FULL: Rm 11:32 - dalam ketidaktaatan · dalam ketidaktaatan: Rom 3:9; Rom 3:9

· dalam ketidaktaatan: Rom 3:9; [Lihat FULL. Rom 3:9]

Ref. Silang FULL: Rm 11:33 - dalamnya kekayaan // pengetahuan Allah // tak terselami · dalamnya kekayaan: Rom 2:4; Rom 2:4 · pengetahuan Allah: Mazm 92:6; Ef 3:10; Kol 2:3 · tak terselami: Ayub 5:9; 11:7; Mazm 139:...

· dalamnya kekayaan: Rom 2:4; [Lihat FULL. Rom 2:4]

· pengetahuan Allah: Mazm 92:6; Ef 3:10; Kol 2:3

· tak terselami: Ayub 5:9; 11:7; Mazm 139:6; Pengkh 8:17; Yes 40:28

Ref. Silang FULL: Rm 11:34 - menjadi penasihat-Nya · menjadi penasihat-Nya: Yes 40:13,14; Ayub 15:8; 36:22; Yer 23:18; 1Kor 2:16

· menjadi penasihat-Nya: Yes 40:13,14; Ayub 15:8; 36:22; Yer 23:18; 1Kor 2:16

Ref. Silang FULL: Rm 11:35 - harus menggantikannya · harus menggantikannya: Ayub 41:2; 35:7

· harus menggantikannya: Ayub 41:2; 35:7

Ref. Silang FULL: Rm 11:36 - segala sesuatu // selama-lamanya! Amin · segala sesuatu: 1Kor 8:6; 11:12; Kol 1:16; Ibr 2:10 · selama-lamanya! Amin: Rom 16:27; Ef 3:21; 1Tim 1:17; 1Pet 5:11; Yud 1:25; Wahy 5...

· segala sesuatu: 1Kor 8:6; 11:12; Kol 1:16; Ibr 2:10

· selama-lamanya! Amin: Rom 16:27; Ef 3:21; 1Tim 1:17; 1Pet 5:11; Yud 1:25; Wahy 5:13; 7:12

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Rm 11:2-3 - -- 11:2-3 Allah tidak menolak umatNya yang dipilihNya.674 Ataukah kamu tidak tahu, apa yang dikatakan Kitab dalam bagian mengenai Elia,675 waktu ia men...

11:2-3 Allah tidak menolak umatNya yang dipilihNya.674 Ataukah kamu tidak tahu, apa yang dikatakan Kitab dalam bagian mengenai Elia,675 waktu ia mengadukan Israel kepada Allah: "Tuhan, nabi-nabiMu telah mereka bunuh, dan mezbah-mezbahMu telah mereka runtuhkan; hanya aku seorang diri yang masih hidup dan mereka mencari jiwaku."676

Pernyataan Paulus, bahwa Allah tidak menolak umatNya untuk selama-lamanya, adalah tanggapan yang jelas dan tegas pada pertanyaan yang dikemukakan dalam pasal 11:1. Oleh karena kata-kata yang sama dipakai dalam pertanyaan dan tanggapan ini, maka penegasannya ditingkatkan.677

Pernyataan Paulus didukung dengan kutipan dari I Raja-Raja 19. Kaitan doa Elia dengan pokok bagian ini baru menjadi jelas dalam dua ayat yang berikut.

"Tuhan, nabi-nabiMu telah mereka bunuh..."

Memang kata-kata Elia benar, dan Israel tetap berdosa.

"...hanya aku seorang diri yang masih hidup..."

Tetapi sikap Elia, di mana dia mengasihani dirinya sendiri dan mengkritik umat Israel secara berlebih-lebihan, tidak sesuai dengan kasih setia Tuhan Allah terhadap bangsa Israel.678

Hagelberg: Rm 11:1-10 - -- a. Israel Tidak Ditolak secara Menyeluruh 11:1-10 Nats ini merupakan bagian pendahuluan dari tanggapan Rasul Paulus. Sebagai kata pertama, dia meneg...

a. Israel Tidak Ditolak secara Menyeluruh 11:1-10

Nats ini merupakan bagian pendahuluan dari tanggapan Rasul Paulus. Sebagai kata pertama, dia menegaskan bahwa masih ada orang Israel yang percaya kepada Tuhan Yesus, secara individu.

Hagelberg: Rm 11:2-3 - -- 11:2-3 Allah tidak menolak umatNya yang dipilihNya.674 Ataukah kamu tidak tahu, apa yang dikatakan Kitab dalam bagian mengenai Elia,675 waktu ia men...

11:2-3 Allah tidak menolak umatNya yang dipilihNya.674 Ataukah kamu tidak tahu, apa yang dikatakan Kitab dalam bagian mengenai Elia,675 waktu ia mengadukan Israel kepada Allah: "Tuhan, nabi-nabiMu telah mereka bunuh, dan mezbah-mezbahMu telah mereka runtuhkan; hanya aku seorang diri yang masih hidup dan mereka mencari jiwaku."676

Pernyataan Paulus, bahwa Allah tidak menolak umatNya untuk selama-lamanya, adalah tanggapan yang jelas dan tegas pada pertanyaan yang dikemukakan dalam pasal 11:1. Oleh karena kata-kata yang sama dipakai dalam pertanyaan dan tanggapan ini, maka penegasannya ditingkatkan.677

Pernyataan Paulus didukung dengan kutipan dari I Raja-Raja 19. Kaitan doa Elia dengan pokok bagian ini baru menjadi jelas dalam dua ayat yang berikut.

"Tuhan, nabi-nabiMu telah mereka bunuh..."

Memang kata-kata Elia benar, dan Israel tetap berdosa.

"...hanya aku seorang diri yang masih hidup..."

Tetapi sikap Elia, di mana dia mengasihani dirinya sendiri dan mengkritik umat Israel secara berlebih-lebihan, tidak sesuai dengan kasih setia Tuhan Allah terhadap bangsa Israel.678

Hagelberg: Rm 11:1-36 - -- 4. Israel Tidak Ditolak untuk Selama-lamanya 11:1-36 Walaupun Israel layak ditolak, pada zaman ini ada orang Yahudi yang dibenarkan melalui iman pada...

4. Israel Tidak Ditolak untuk Selama-lamanya 11:1-36

Walaupun Israel layak ditolak, pada zaman ini ada orang Yahudi yang dibenarkan melalui iman pada Kristus, dan pada masa depan seluruh Israel akan dibenarkan melalui iman pada Kristus, sehingga janji Allah akan digenapi.

Setelah Rasul Paulus menguraikan bahwa hanya ada satu jalan untuk dibenarkan, yaitu melalui iman saja, dia harus menghadapi masalah bangsa Israel, suatu bangsa yang tidak rela merendahkan dirinya untuk mengikuti jalan iman tersebut. Sesuai dengan Injil Kristus yang diberitakan dan diuraikan Rasul Paulus, mereka harus ditolak, dan tidak dibenarkan. Tetapi kenyataan ini menimbulkan suatu masalah. Dalam pasal 8:31-39 Paulus menegaskan kesetiaan Allah yang membenarkan orang percaya, tetapi rupanya dalam pasal 10 dia berkata bahwa Allah yang telah memilih bangsa Israel, Dia yang telah mengadakan janji-janji yang kekal dengan Israel, sekarang sudah menolak mereka karena mereka tidak mau merendahkan diri mereka dan percaya kepada Tuhan Yesus sehingga mereka dapat dibenarkan. Seolah-olah Dia yang dikatakan setia dalam pasal 8, tidak setia kepada Israel dalam pasal 10! Pasal 11 merupakan tanggapan Rasul Paulus pada masalah tersebut.

Hagelberg: Rm 9:1--11:36 - -- C. Pembenaran karena Iman tidak Meniadakan Janji Allah kepada Israel 9:1-11:36 Bangsa yang dipilih oleh Allah tidak mau dibenarkan sebagai bangsa, te...

C. Pembenaran karena Iman tidak Meniadakan Janji Allah kepada Israel 9:1-11:36

Bangsa yang dipilih oleh Allah tidak mau dibenarkan sebagai bangsa, tetapi pada zaman Ini ada pribadi-pribadi yang dibenarkan, dan pada akhir zaman seluruh Israel akan dibenarkan, dan janji Allah kepada Abraham akan digenapi.

Menurut banyak penafsir, Rasul Paulus menyelesaikan pokok yang diuraikan sejak pasal 1 pada akhir pasal 8. Menurut mereka, pasal 9-11 menguraikan suatu pokok baru, yang tidak berkaitan dengan pasal 1-8. Mereka berkata bahwa Paulus melanjutkan surat ini bukan untuk memperkembangkan pokok itu, tetapi untuk menyatakan beban hatinya mengenai keadaan rohani bangsa Israel, bangsanya sendiri. Menurut pengertian mereka, pasal 9-11 hanya merupakan sisipan saja, dan Surat Roma tidak memiliki kesatuan.

Tetapi kalau kita percaya bahwa Surat Roma merupakan ilham dari Allah dengan bentuk yang sempurna, maka kita menolak pendapat tersebut, dan kita mengamati Surat Roma untuk mengerti susunannya.

Pada akhir pasal 8 Paulus berkata bahwa tidak ada sesuatupun yang "dapat memisahkan kita dari kasih Allah yang ada dalam Kristus Yesus, Tuhan kita." Tetapi bagaimana dengan bangsa Israel? Justru pada waktu kita menikmati kegenapan janji Allah, mereka yang diberi janji-janji itu berada dalam murka Allah. Seolah-olah Allah sendiri tidak setia pada janjiNya. Kalau Allah tidak setia, apa gunanya seluruh diskusi Paulus dalam Roma 1-8? Oleh karena masalah ini, maka Paulus harus menjelaskan tiga hal:556 1. Tuhan Allah yang memberi janji-janji tersebut juga telah menentukan bahwa janji Allah dikhususkan kepada orang yang beriman (9:6-29). 2. Bangsa Israel bertanggung jawab atas penolakannya, karena Israel mau membenarkan dirinya, dan tidak mau dibenarkan karena iman (9:30-10:21). 3. Walaupun zaman ini bangsa Israel ditolak sebagai bangsa, tetapi akan tiba suatu hari di mana seluruh bangsa Israel akan diselamatkan (11:1-36).

Pada waktu pasal 9-11 dipelajari, yang harus dimengerti adalah bahwa memilih bangsa dan memilih pribadi tidak sama. Dalam pasal 1-8 Paulus membicarakan bagaimana individu-individu dipilih dan dibenarkan. Individu yang dipilih tidak mungkin dipisahkan dari kasih Allah, dan tidak mungkin dia masuk neraka. Dalam pasal 9-11 Paulus membicarakan bagaimana bangsa Israel dipilih. Kalau sebuah bangsa dipilih, itu tidak berarti bahwa setiap individu dari bangsa itu akan juga dipilih dan dibenarkan. Kalau sebuah bangsa dipilih maka akan tiba suatu hari di mana seluruh angkatan itu, yaitu setiap warga yang hidup dari bangsa itu, akan dibenarkan oleh iman. Setiap mereka yang masih hidup pada hari itu akan percaya, karena pembenaran harus melalui iman. Tidak ada kontradiksi antara apa yang Paulus katakan mengenai individu yang dipilih, sehingga mereka percaya dan dibenarkan, dan apa yang dia katakan mengenai bangsa Israel yang dipilih.

Pada dasarnya, istilah "Israel" dalam Surat Roma menunjuk pada keturunan jasmani dari Abraham, Ishak, dan Yakub. Memang teolog-teolog tertentu mau memberi definisi yang lain, yaitu bahwa di sana-sini dalam Surat Roma kata "Israel" menunjuk pada jemaat Kristen. Sebaiknya definisi itu diuji. Untuk menguji definisi tersebut, bacalah Roma pasal 9-11, dan gantilah istilah "Israel" dengan istilah "jemaat" di mana perlu. Bukankah nats ini dikacaukan? Cranfield557 berkata bahwa tafsiran itu, yaitu bahwa Allah telah menterlantarkan bangsa Israel, dan menggantikannya dengan jemaat Kristen, adalah "buruk dan tidak Alkitabiah". Dia melanjutkan dengan berkata, "Tiga pasal ini dengan tegas melarang kita mengatakan bahwa jemaat menggantikan bangsa Yahudi untuk selama-lamanya."

Sekali lagi, dalam bagian yang berikut Rasul Paulus akan menjelaskan bahwa keadaan rohani bangsa Israel, bangsa yang dipilih Allah, tidak bertentangan dengan apa yang telah diuraikan dalam pasal 1-8. Sebenarnya tiga pasal yang berikut menguatkan ajaran Rasul Paulus, karena dia menjelaskan bahwa Israel yang sekarang ini mengejar kebenaran melalui perbuatan, yaitu Israel yang pada umumnya menolak kebenaran melalui iman, akan dibenarkan juga, dan itupun melalui iman! Ajaran Rasul Paulus dikuatkan, karena ajaran tersebut didasari pada kemurahan Allah.558 Kita dipilih dan dibenarkan, bukan oleh karena sesuatu yang baik dalam hati kita. Demikian juga Israel dipilih, dan akan dibenarkan, bukan oleh karena sesuatu yang baik dalam mereka, tetapi oleh karena kemurahan Tuhan Allah.

Dengan demikian ajaran Rasul Paulus mengenai kemurahan Allah dikuatkan dalam tiga pasal ini di mana dia menjelaskan bahwa pada suatu hari akan datang seluruh bangsa Israel yang hidup, yang akan percaya dan akan dibenarkan.

Hagelberg: Rm 1:18--15:13 - -- II. Injil 1:18-15:13 Cranfield,65 setelah menyelidiki seluruh bagian ini, menyatakan bahwa Paulus "membiarkan Injil berbicara sendiri... untuk menen...

II. Injil 1:18-15:13

Cranfield,65 setelah menyelidiki seluruh bagian ini, menyatakan bahwa Paulus "membiarkan Injil berbicara sendiri... untuk menentukan bentuk dan isi bagian utama dari suratnya." Perkataan ini tepat. Paulus tidak menyusun bagian ini (1:18-15:13) untuk menangani suatu situasi tertentu di kota Roma, tetapi bagian ini terbentuk sesuai dengan suatu "akal intern" dari Injil Kristus sendiri. Bukan tidak ada pengaruh sama sekali dari situasi di Roma. Mungkin rencana Paulus untuk mengadakan perjalanan ke Spanyol mempengaruhi beberapa perincian dalam surat ini, tetapi secara keseluruhan, bentuk dan isi bagian ini, 1:18-15:13, ditentukan dari logisnya Injil Kristus saja.

Dalam bagian utama ini isi dan akibat kebenaran dari Allah bagi manusia diuraikan.66

Hagelberg: Rm 11:4 - -- 11:4 Tetapi bagaimana tanggapan ilahi679 kepada dia? "Aku meninggalkan tujuh ribu orang bagiKu yang tidak bertekuk lutut kepada Baal." Tuhan Allah b...

11:4 Tetapi bagaimana tanggapan ilahi679 kepada dia? "Aku meninggalkan tujuh ribu orang bagiKu yang tidak bertekuk lutut kepada Baal."

Tuhan Allah berkata bahwa kasih setiaNya dibuktikan dengan adanya tujuh ribu orang yang tidak bertekuk lutut kepada Baal.

Hagelberg: Rm 11:4 - -- 11:4 Tetapi bagaimana tanggapan ilahi679 kepada dia? "Aku meninggalkan tujuh ribu orang bagiKu yang tidak bertekuk lutut kepada Baal." Tuhan Allah b...

11:4 Tetapi bagaimana tanggapan ilahi679 kepada dia? "Aku meninggalkan tujuh ribu orang bagiKu yang tidak bertekuk lutut kepada Baal."

Tuhan Allah berkata bahwa kasih setiaNya dibuktikan dengan adanya tujuh ribu orang yang tidak bertekuk lutut kepada Baal.

Hagelberg: Rm 11:5 - -- 11:5 Maka demikian juga pada waktu ini ada suatu sisa, menurut pilihan kasih karunia. Pada masa Elia, masa Paulus, dan juga masa kita masih ada suatu...

11:5 Maka demikian juga pada waktu ini ada suatu sisa, menurut pilihan kasih karunia.

Pada masa Elia, masa Paulus, dan juga masa kita masih ada suatu sisa dari keturunan Abraham, Ishak, dan Yakub yang setia. Rasul Paulus adalah sebagian dari sisa tersebut. Maka kasih setia Allah tetap nyata oleh karena Dia tetap menjaga supaya selalu ada orang Yahudi yang dipilih untuk percaya kepada Tuhan Yesus, sehingga mereka dibenarkan berkat kasih karunia Allah.

Hagelberg: Rm 11:5 - -- 11:5 Maka demikian juga pada waktu ini ada suatu sisa, menurut pilihan kasih karunia. Pada masa Elia, masa Paulus, dan juga masa kita masih ada suatu...

11:5 Maka demikian juga pada waktu ini ada suatu sisa, menurut pilihan kasih karunia.

Pada masa Elia, masa Paulus, dan juga masa kita masih ada suatu sisa dari keturunan Abraham, Ishak, dan Yakub yang setia. Rasul Paulus adalah sebagian dari sisa tersebut. Maka kasih setia Allah tetap nyata oleh karena Dia tetap menjaga supaya selalu ada orang Yahudi yang dipilih untuk percaya kepada Tuhan Yesus, sehingga mereka dibenarkan berkat kasih karunia Allah.

Hagelberg: Rm 11:6 - -- 11:6 Dan jika menurut kasih karunia, maka tidak lagi dari perbuatan, sebab jika tidak demikian, maka kasih karunia bukan lagi kasih karunia. Tetapi ...

11:6 Dan jika menurut kasih karunia, maka tidak lagi dari perbuatan, sebab jika tidak demikian, maka kasih karunia bukan lagi kasih karunia. Tetapi jika dari perbuatan, maka tidak lagi menurut kasih karunia, sebab jika tidak demikian, maka perbuatan bukan lagi perbuatan.680

Dalam ayat ini Paulus mengembangkan dan menegaskan kata "menurut pilihan kasih karunia" dari pasal 11:5. Harus dimengerti bahwa sisa yang disebut di atas tidak dipilih dari antara bangsa yang sesat karena sifat atau perbuatan mereka yang baik. Sisa dipilih karena kasih karunia Allah.

...sebab jika tidak demikian, maka kasih karunia bukan lagi kasih karunia.

Kalau hal perbuatan dipertimbangkan, maka kasih karunia ditiadakan. Sisa tersebut, dan semua yang dipilih oleh Allah untuk dibenarkan, dipilih hanya karena kasih karunia saja.

Hagelberg: Rm 11:6 - -- 11:6 Dan jika menurut kasih karunia, maka tidak lagi dari perbuatan, sebab jika tidak demikian, maka kasih karunia bukan lagi kasih karunia. Tetapi ...

11:6 Dan jika menurut kasih karunia, maka tidak lagi dari perbuatan, sebab jika tidak demikian, maka kasih karunia bukan lagi kasih karunia. Tetapi jika dari perbuatan, maka tidak lagi menurut kasih karunia, sebab jika tidak demikian, maka perbuatan bukan lagi perbuatan.680

Dalam ayat ini Paulus mengembangkan dan menegaskan kata "menurut pilihan kasih karunia" dari pasal 11:5. Harus dimengerti bahwa sisa yang disebut di atas tidak dipilih dari antara bangsa yang sesat karena sifat atau perbuatan mereka yang baik. Sisa dipilih karena kasih karunia Allah.

...sebab jika tidak demikian, maka kasih karunia bukan lagi kasih karunia.

Kalau hal perbuatan dipertimbangkan, maka kasih karunia ditiadakan. Sisa tersebut, dan semua yang dipilih oleh Allah untuk dibenarkan, dipilih hanya karena kasih karunia saja.

Hagelberg: Rm 11:7 - -- 11:7 Jadi bagaimana? Apa yang dikejar Israel, itu tidak diperoleh, tetapi orang-orang yang terpilih telah memperolehnya, dan orang-orang yang lain d...

11:7 Jadi bagaimana? Apa yang dikejar Israel, itu tidak diperoleh, tetapi orang-orang yang terpilih telah memperolehnya, dan orang-orang yang lain ditegarkan hatinya681

Ayat ini merupakan ringkasan dari keadaan Israel, dan ringkasan ini diikuti dengan kutipan dari Perjanjian Lama sebagai dukungan.

Apa yang dikejar Israel, itu tidak diperoleh...

Kenyataan ini sudah diuraikan dalam pasal 9:31 dan 10:3.

...orang-orang yang lain ditegarkan...

Bagaimana caranya hati mereka jadi ditegarkan sudah dijelaskan dalam pasal 9:14-24.

Hagelberg: Rm 11:7 - -- 11:7 Jadi bagaimana? Apa yang dikejar Israel, itu tidak diperoleh, tetapi orang-orang yang terpilih telah memperolehnya, dan orang-orang yang lain d...

11:7 Jadi bagaimana? Apa yang dikejar Israel, itu tidak diperoleh, tetapi orang-orang yang terpilih telah memperolehnya, dan orang-orang yang lain ditegarkan hatinya681

Ayat ini merupakan ringkasan dari keadaan Israel, dan ringkasan ini diikuti dengan kutipan dari Perjanjian Lama sebagai dukungan.

Apa yang dikejar Israel, itu tidak diperoleh...

Kenyataan ini sudah diuraikan dalam pasal 9:31 dan 10:3.

...orang-orang yang lain ditegarkan...

Bagaimana caranya hati mereka jadi ditegarkan sudah dijelaskan dalam pasal 9:14-24.

Hagelberg: Rm 11:8 - -- 11:8 seperti ada tertulis: "Allah memberi kepada mereka roh bingung,682 mata supaya mereka tidak dapat melihat, dan telinga supaya mereka tidak dapat...

11:8 seperti ada tertulis:

"Allah memberi kepada mereka roh bingung,682

mata supaya mereka tidak dapat melihat,

dan telinga supaya mereka tidak dapat mendengar,

sampai hari sekarang ini."

Ulangan 29:4 dikutip untuk membuktikan bahwa sejak semula hati "orang-orang yang lain", yaitu orang Yahudi yang tidak dipilih, memang "ditegarkan". Paulus tidak segan berkata bahwa Allah sendiri yang memberi kepada mereka kebingungan. Yang diuraikan di sini adalah cara bagaimana Tuhan Allah sendiri memilih orang-orang tertentu dari antara bangsa yang terpilih, dan membingungkan orang-orang lain. Maksud dan rencana Allah dalam pekerjaan yang luar biasa ini menjadi lebih jelas dalam pasal 11:11-32.

Hagelberg: Rm 11:8 - -- 11:8 seperti ada tertulis: "Allah memberi kepada mereka roh bingung,682 mata supaya mereka tidak dapat melihat, dan telinga supaya mereka tidak dapat...

11:8 seperti ada tertulis:

"Allah memberi kepada mereka roh bingung,682

mata supaya mereka tidak dapat melihat,

dan telinga supaya mereka tidak dapat mendengar,

sampai hari sekarang ini."

Ulangan 29:4 dikutip untuk membuktikan bahwa sejak semula hati "orang-orang yang lain", yaitu orang Yahudi yang tidak dipilih, memang "ditegarkan". Paulus tidak segan berkata bahwa Allah sendiri yang memberi kepada mereka kebingungan. Yang diuraikan di sini adalah cara bagaimana Tuhan Allah sendiri memilih orang-orang tertentu dari antara bangsa yang terpilih, dan membingungkan orang-orang lain. Maksud dan rencana Allah dalam pekerjaan yang luar biasa ini menjadi lebih jelas dalam pasal 11:11-32.

Hagelberg: Rm 11:9-10 - -- 11:9-10 Dan Daud berkata: "Biarlah jamuan mereka menjadi jerat dan perangkap, jaring683 dan pembalasan bagi mereka. Biarlah mata mereka menjadi gelap...

11:9-10 Dan Daud berkata:

"Biarlah jamuan mereka menjadi jerat dan perangkap,

jaring683 dan pembalasan bagi mereka.

Biarlah mata mereka menjadi gelap, sehingga mereka tidak dapat melihat,

dan bungkukkanlah punggung mereka terus-menerus.

Mazmur 69:20-29, yaitu sumber kutipan ini, perlu diselidiki. Nats itu, terutama 69:20-22, merupakan nubuatan yang digenapi waktu Tuhan Yesus menderita di kayu salibNya. Mazmur 69:23-29 merupakan semacam kutuk bagi bangsa Israel akibat sikap mereka terhadap penderitaan Kristus. Bangsa Israel dibingungkan seperti orang mabuk, dan jamuan mereka dijadikan jerat, sebagai hukuman karena mereka menolak Kristus. Anggur dan jamuan mereka, atau segala sesuatu yang dimaksudkan sebagai berkat dari atas bagi mereka, dijadikan jerat dan perangkap, jaring dan pembalasan bagi mereka. Sebagai contoh, hukum Taurat, yang dimaksudkan untuk mengantar mereka kepada Kristus dan kebenaran melalui iman, sudah menjadi jerat bagi mereka, karena mereka memakai hukum Taurat sebagai dasar agama mereka, di mana mereka mengejar kebenaran melalui ketaatan atau perbuatan.684

Biarlah mata mereka menjadi gelap...

Oleh karena jamuan mereka sudah menjadi perangkap mereka, maka mereka tidak peka lagi terhadap hal-hal rohani, dan punggung mereka sudah dibungkukkan, yaitu mereka mengalami segala macam penderitaan selama dua ribu tahun belakangan ini.

Jadi, mereka dikutuk, dan sampai hari ini mereka masih mengalami penderitaan yang berasal dari kutuk itu. Kalau seandainya kutuk itu merupakan akhir ceritera bangsa Israel, maka nampaknya Tuhan Allah mengingkari janjiNya. Tetapi jawaban Rasul Paulus pada pertanyaan yang dicatat dalam pasal 11:1 belum selesai.

Hagelberg: Rm 11:9-10 - -- 11:9-10 Dan Daud berkata: "Biarlah jamuan mereka menjadi jerat dan perangkap, jaring683 dan pembalasan bagi mereka. Biarlah mata mereka menjadi gelap...

11:9-10 Dan Daud berkata:

"Biarlah jamuan mereka menjadi jerat dan perangkap,

jaring683 dan pembalasan bagi mereka.

Biarlah mata mereka menjadi gelap, sehingga mereka tidak dapat melihat,

dan bungkukkanlah punggung mereka terus-menerus.

Mazmur 69:20-29, yaitu sumber kutipan ini, perlu diselidiki. Nats itu, terutama 69:20-22, merupakan nubuatan yang digenapi waktu Tuhan Yesus menderita di kayu salibNya. Mazmur 69:23-29 merupakan semacam kutuk bagi bangsa Israel akibat sikap mereka terhadap penderitaan Kristus. Bangsa Israel dibingungkan seperti orang mabuk, dan jamuan mereka dijadikan jerat, sebagai hukuman karena mereka menolak Kristus. Anggur dan jamuan mereka, atau segala sesuatu yang dimaksudkan sebagai berkat dari atas bagi mereka, dijadikan jerat dan perangkap, jaring dan pembalasan bagi mereka. Sebagai contoh, hukum Taurat, yang dimaksudkan untuk mengantar mereka kepada Kristus dan kebenaran melalui iman, sudah menjadi jerat bagi mereka, karena mereka memakai hukum Taurat sebagai dasar agama mereka, di mana mereka mengejar kebenaran melalui ketaatan atau perbuatan.684

Biarlah mata mereka menjadi gelap...

Oleh karena jamuan mereka sudah menjadi perangkap mereka, maka mereka tidak peka lagi terhadap hal-hal rohani, dan punggung mereka sudah dibungkukkan, yaitu mereka mengalami segala macam penderitaan selama dua ribu tahun belakangan ini.

Jadi, mereka dikutuk, dan sampai hari ini mereka masih mengalami penderitaan yang berasal dari kutuk itu. Kalau seandainya kutuk itu merupakan akhir ceritera bangsa Israel, maka nampaknya Tuhan Allah mengingkari janjiNya. Tetapi jawaban Rasul Paulus pada pertanyaan yang dicatat dalam pasal 11:1 belum selesai.

Hagelberg: Rm 11:11 - -- 11:11 Maka aku berkata: Adakah mereka tersandung sehingga mereka jatuh? Sekali-kali tidak! Tetapi oleh pelanggaran mereka, keselamatan telah datan...

11:11 Maka aku berkata: Adakah mereka tersandung sehingga mereka jatuh? Sekali-kali tidak! Tetapi oleh pelanggaran mereka, keselamatan telah datang kepada bangsa-bangsa lain, supaya membuat mereka cemburu.685

Belum tentu orang yang tersandung686 juga jatuh.687 Dalam nats ini Paulus memakai suatu kiasan di mana tersandung berarti "ditolak untuk sementara", dan kata jatuh berarti "ditolak untuk selama-lamanya". Memang, sesuai dengan apa yang dikatakan di atas, Israel ditolak untuk sementara, tetapi Israel tidak ditolak untuk selama-lamanya.

Justru, kasih setia Allah bagi Israel menjadi salah satu sebabnya mengapa keselamatan telah datang kepada bangsa-bangsa lain, yaitu supaya Israel menjadi cemburu.

Hagelberg: Rm 11:11-24 - -- b. Israel Tidak Ditolak untuk Selama-lamanya 11:11-24 Dalam bagian ini Rasul Paulus melengkapi jawabanya pada pertanyaan dari pasal 11:1. Tuhan Alla...

b. Israel Tidak Ditolak untuk Selama-lamanya 11:11-24

Dalam bagian ini Rasul Paulus melengkapi jawabanya pada pertanyaan dari pasal 11:1. Tuhan Allah tidak menolak bangsa Israel secara permanen, bukan hanya karena masih ada orang Israel yang percaya secara individu kepada Tuhan Yesus, tetapi juga karena akan tiba harinya di mana bangsa Israel akan bertobat. Mereka akan diterima oleh Tuhan Allah, dan penerimaan tersebut akan membawa suatu berkat yang sulit dibayangkan kepada seluruh manusia.

Keadaan rohani dari umat yang disebut "saudara-saudaraku, kaum sebangsaku secara jasmani" dalam pasal 9:3, dan "bangsa Israel, yang telah diangkat sebagai anak... keturunan bapa-bapa leluhur" dalam pasal 9:4, adalah pokok pasal 9-11. Kadang-kadang ada penafsir yang mau berkata bahwa bagian ini berarti bahwa jemaat menjadi "Israel Baru", dan jemaat adalah pokok bagian ini. Kami mengajak setiap orang yang mau memahami/mengerti Surat Roma untuk membaca bagian ini terutama, dan mempertimbangkan, apa mungkin ada orang bukan Yahudi dalam kelompok yang disebut "Israel". Arti dari pasal 11:11-16 menjadi sangat membingungkan kalau jemaat dianggap "Israel" dalam bagian ini. Tetapi kalau kita mengerti bahwa "Israel" berarti keturunan jasmani dari Abraham, Ishak, dan Yakub, dan istilah "bukan Yahudi" atau "bangsa-bangsa lain" berarti orang yang bukan keturunan jasmani dari Abraham, Ishak, dan Yakub, maka nats ini tidak sulit untuk dimengerti.

Hagelberg: Rm 11:11 - -- 11:11 Maka aku berkata: Adakah mereka tersandung sehingga mereka jatuh? Sekali-kali tidak! Tetapi oleh pelanggaran mereka, keselamatan telah datan...

11:11 Maka aku berkata: Adakah mereka tersandung sehingga mereka jatuh? Sekali-kali tidak! Tetapi oleh pelanggaran mereka, keselamatan telah datang kepada bangsa-bangsa lain, supaya membuat mereka cemburu.685

Belum tentu orang yang tersandung686 juga jatuh.687 Dalam nats ini Paulus memakai suatu kiasan di mana tersandung berarti "ditolak untuk sementara", dan kata jatuh berarti "ditolak untuk selama-lamanya". Memang, sesuai dengan apa yang dikatakan di atas, Israel ditolak untuk sementara, tetapi Israel tidak ditolak untuk selama-lamanya.

Justru, kasih setia Allah bagi Israel menjadi salah satu sebabnya mengapa keselamatan telah datang kepada bangsa-bangsa lain, yaitu supaya Israel menjadi cemburu.

Hagelberg: Rm 11:12 - -- 11:12 Sebab jika pelanggaran mereka berarti688 kekayaan bagi dunia, dan kekalahan689 mereka kekayaan bagi bangsa-bangsa lain, terlebih-lebih lagi kep...

11:12 Sebab jika pelanggaran mereka berarti688 kekayaan bagi dunia, dan kekalahan689 mereka kekayaan bagi bangsa-bangsa lain, terlebih-lebih lagi kepenuhan mereka!

Baru di sini Rasul Paulus menyatakan bahwa ada masa depan yang cerah bagi umat Israel. Dia memakai bahasa yang mengajak pembaca membayangkan suatu keadaan yang sangat indah bagi dunia ini.

...jika pelanggaran mereka...

Pelanggaran yang dimaksudkan di sini dan dalam pasal 11:11 adalah dosa umat Israel di mana mereka mencari kebenaran yang berdasarkan ketaatan, dan mereka menolak kebenaran melalui iman.

...kekayaan bagi dunia...

Kekayaan yang dimaksudkan adalah Injil Kristus yang diberitakan kepada dunia, atau kepada orang-orang bukan Yahudi. Kekayaan bagi dunia yang disebut di sini diuraikan dalam Efesus 3:2-13. Ternyata dalam Efesus 3:8 istilah kekayaan juga dipakai, dengan arti yang sama.

...kekalahan mereka kekayaan bagi bangsa-bangsa lain...

Apa yang dikatakan di atas ditegaskan dan diulangi di sini. Oleh karena mereka melanggar, maka mereka kalah. Mereka yang disebut "dunia" di atas disebut sebagai bangsa-bangsa lain di sini.

...terlebih-lebih lagi kepenuhan mereka!

Mereka, yaitu bangsa Israel, akan mengalami suatu kepenuhan yang mengherankan, dan kepenuhan itu akan membawa suatu "kekayaan" yang lebih indah lagi dari pada keindahan Injil Kristus, yaitu kehadiran Yesus Kristus di bumi ini, sesuai dengan apa yang dijanjikan sejak dahulu dalam Perjanjian Lama.

Hagelberg: Rm 11:12 - -- 11:12 Sebab jika pelanggaran mereka berarti688 kekayaan bagi dunia, dan kekalahan689 mereka kekayaan bagi bangsa-bangsa lain, terlebih-lebih lagi kep...

11:12 Sebab jika pelanggaran mereka berarti688 kekayaan bagi dunia, dan kekalahan689 mereka kekayaan bagi bangsa-bangsa lain, terlebih-lebih lagi kepenuhan mereka!

Baru di sini Rasul Paulus menyatakan bahwa ada masa depan yang cerah bagi umat Israel. Dia memakai bahasa yang mengajak pembaca membayangkan suatu keadaan yang sangat indah bagi dunia ini.

...jika pelanggaran mereka...

Pelanggaran yang dimaksudkan di sini dan dalam pasal 11:11 adalah dosa umat Israel di mana mereka mencari kebenaran yang berdasarkan ketaatan, dan mereka menolak kebenaran melalui iman.

...kekayaan bagi dunia...

Kekayaan yang dimaksudkan adalah Injil Kristus yang diberitakan kepada dunia, atau kepada orang-orang bukan Yahudi. Kekayaan bagi dunia yang disebut di sini diuraikan dalam Efesus 3:2-13. Ternyata dalam Efesus 3:8 istilah kekayaan juga dipakai, dengan arti yang sama.

...kekalahan mereka kekayaan bagi bangsa-bangsa lain...

Apa yang dikatakan di atas ditegaskan dan diulangi di sini. Oleh karena mereka melanggar, maka mereka kalah. Mereka yang disebut "dunia" di atas disebut sebagai bangsa-bangsa lain di sini.

...terlebih-lebih lagi kepenuhan mereka!

Mereka, yaitu bangsa Israel, akan mengalami suatu kepenuhan yang mengherankan, dan kepenuhan itu akan membawa suatu "kekayaan" yang lebih indah lagi dari pada keindahan Injil Kristus, yaitu kehadiran Yesus Kristus di bumi ini, sesuai dengan apa yang dijanjikan sejak dahulu dalam Perjanjian Lama.

Hagelberg: Rm 11:13-14 - -- 11:13-14 Aku berkata kepada kamu, hai bangsa-bangsa bukan Yahudi. Justru karena aku sendiri adalah rasul untuk bangsa-bangsa bukan Yahudi, aku membe...

11:13-14 Aku berkata kepada kamu, hai bangsa-bangsa bukan Yahudi. Justru karena aku sendiri adalah rasul untuk bangsa-bangsa bukan Yahudi, aku membesarkan690 pelayananku, yaitu kalau-kalau aku dapat membangkitkan cemburu di dalam hati kaum sebangsaku menurut daging dan dapat menyelamatkan beberapa orang dari mereka.

Kerinduan Paulus bagi umat Israel yang disebut dalam pasal 9:1-3 tidak bertentangan dengan pelayanannya sebagai rasul untuk bangsa-bangsa bukan Yahudi, karena makin dikenal pelayanannya, makin banyak orang Yahudi akan menjadi cemburu dan percaya kepada Kristus!

...aku membesarkan pelayananku...

Rupanya kalau Rasul Paulus ketemu dengan orang Yahudi, dia suka berkata, "Mesias yang dijanjikan dalam Kitab Suci yang kamu punya kuberitakan kepada orang-orang bukan Yahudi, dan mereka menerima Dia! Bagaimana dengan kamu, orang Yahudi yang asli? Masa kamu akan ditinggalkan oleh orang-orang kafir itu!"

Hagelberg: Rm 11:13-14 - -- 11:13-14 Aku berkata kepada kamu, hai bangsa-bangsa bukan Yahudi. Justru karena aku sendiri adalah rasul untuk bangsa-bangsa bukan Yahudi, aku membe...

11:13-14 Aku berkata kepada kamu, hai bangsa-bangsa bukan Yahudi. Justru karena aku sendiri adalah rasul untuk bangsa-bangsa bukan Yahudi, aku membesarkan690 pelayananku, yaitu kalau-kalau aku dapat membangkitkan cemburu di dalam hati kaum sebangsaku menurut daging dan dapat menyelamatkan beberapa orang dari mereka.

Kerinduan Paulus bagi umat Israel yang disebut dalam pasal 9:1-3 tidak bertentangan dengan pelayanannya sebagai rasul untuk bangsa-bangsa bukan Yahudi, karena makin dikenal pelayanannya, makin banyak orang Yahudi akan menjadi cemburu dan percaya kepada Kristus!

...aku membesarkan pelayananku...

Rupanya kalau Rasul Paulus ketemu dengan orang Yahudi, dia suka berkata, "Mesias yang dijanjikan dalam Kitab Suci yang kamu punya kuberitakan kepada orang-orang bukan Yahudi, dan mereka menerima Dia! Bagaimana dengan kamu, orang Yahudi yang asli? Masa kamu akan ditinggalkan oleh orang-orang kafir itu!"

Hagelberg: Rm 11:15 - -- 11:15 Sebab jika penolakan mereka berarti perdamaian bagi dunia, dapatkah penerimaan mereka mempunyai arti lain dari pada hidup dari antara orang mat...

11:15 Sebab jika penolakan mereka berarti perdamaian bagi dunia, dapatkah penerimaan mereka mempunyai arti lain dari pada hidup dari antara orang mati?

Dalam ayat ini Paulus kembali pada apa yang dikatakan dalam pasal 11:12. Memang untuk sementara ini Israel ditolak, dan dunia (orang-orang bukan Yahudi) sempat diperdamaikan, tetapi nanti akan ada waktu di mana bangsa Israel diterima, dan penerimaan mereka akan disertai dengan hidup dari antara orang mati, baik bagi Israel, sesuai dengan apa yang dinubuatkan dalam Yehezkiel 37, maupun bagi seluruh dunia, sesuai dengan Roma 8:19-21 dan Matius 19:28,691 di mana aiwn/aion hidup akan dinyatakan dengan segala kepenuhannya.

Hagelberg: Rm 11:15 - -- 11:15 Sebab jika penolakan mereka berarti perdamaian bagi dunia, dapatkah penerimaan mereka mempunyai arti lain dari pada hidup dari antara orang mat...

11:15 Sebab jika penolakan mereka berarti perdamaian bagi dunia, dapatkah penerimaan mereka mempunyai arti lain dari pada hidup dari antara orang mati?

Dalam ayat ini Paulus kembali pada apa yang dikatakan dalam pasal 11:12. Memang untuk sementara ini Israel ditolak, dan dunia (orang-orang bukan Yahudi) sempat diperdamaikan, tetapi nanti akan ada waktu di mana bangsa Israel diterima, dan penerimaan mereka akan disertai dengan hidup dari antara orang mati, baik bagi Israel, sesuai dengan apa yang dinubuatkan dalam Yehezkiel 37, maupun bagi seluruh dunia, sesuai dengan Roma 8:19-21 dan Matius 19:28,691 di mana aiwn/aion hidup akan dinyatakan dengan segala kepenuhannya.

Hagelberg: Rm 11:16 - -- 11:16 Jikalau roti sulung692 adalah kudus, maka seluruh adonan juga kudus, dan jikalau akar adalah kudus, maka cabang-cabang juga kudus. Oleh karena ...

11:16 Jikalau roti sulung692 adalah kudus, maka seluruh adonan juga kudus, dan jikalau akar adalah kudus, maka cabang-cabang juga kudus.

Oleh karena umat Israel telah menolak kebenaran melalui iman, maka zaman ini Injil diberitakan kepada orang-orang kafir dan mereka percaya kepada Mesias, dan memang itu indah, tetapi keindahan itu barulah roti sulung yang menunjuk pada sisa tuaian yang jauh lebih besar. Kisah penolakan Israel bukan merupakan kegagalan, tetapi baru satu tahap dalam seluruh rencana Allah. Nanti umat Israel akan mengalami "kepenuhan" yang disebut dalam pasal 11:12, atau "penerimaan" yang disebut dalam 11:15, dan keindahan keadaan itu akan nampak sebagai cabang-cabang yang bertumbuh dari akar, yaitu keadaan sekarang di mana orang-orang bukan Yahudi menikmati berkat Allah yang ditolak oleh umat Israel.693

Hagelberg: Rm 11:16 - -- 11:16 Jikalau roti sulung692 adalah kudus, maka seluruh adonan juga kudus, dan jikalau akar adalah kudus, maka cabang-cabang juga kudus. Oleh karena ...

11:16 Jikalau roti sulung692 adalah kudus, maka seluruh adonan juga kudus, dan jikalau akar adalah kudus, maka cabang-cabang juga kudus.

Oleh karena umat Israel telah menolak kebenaran melalui iman, maka zaman ini Injil diberitakan kepada orang-orang kafir dan mereka percaya kepada Mesias, dan memang itu indah, tetapi keindahan itu barulah roti sulung yang menunjuk pada sisa tuaian yang jauh lebih besar. Kisah penolakan Israel bukan merupakan kegagalan, tetapi baru satu tahap dalam seluruh rencana Allah. Nanti umat Israel akan mengalami "kepenuhan" yang disebut dalam pasal 11:12, atau "penerimaan" yang disebut dalam 11:15, dan keindahan keadaan itu akan nampak sebagai cabang-cabang yang bertumbuh dari akar, yaitu keadaan sekarang di mana orang-orang bukan Yahudi menikmati berkat Allah yang ditolak oleh umat Israel.693

Hagelberg: Rm 11:17 - -- 11:17 Tetapi jika beberapa cabang telah dipatahkan dan kamu sebagai tunas liar telah dicangkokkan di antaranya dan turut mendapat bagian dalam akar d...

11:17 Tetapi jika beberapa cabang telah dipatahkan dan kamu sebagai tunas liar telah dicangkokkan di antaranya dan turut mendapat bagian dalam akar dan kesuburan694 pohon zaitun,

"Akar" dan "cabang-cabang" dalam pasal 11:16 merupakan batu locatan bagi kiasan yang dikembangkan dalam bagian ini, yaitu pasal 11:17-24, di mana istilah cabang dan akar diberi arti baru, yang berbeda dari arti dari dua istilah itu dalam pasal 11:16.695

Dalam bagian ini kiasan cabang dan akar menjadi peringatan bagi suku-suku bangsa bukan Yahudi, supaya mereka tidak menjadi sombong, karena kalau mereka menjadi sombong, lalu mereka berkata, "Bangsa kami telah menjadi umat pilihan Allah karena kami melakukan itu dan ini" maka mereka sudah menjadi sama dengan Israel, yang mau dibenarkan berdasarkan perbuatan, dan bukan berdasarkan kasih karunia.

Dalam kiasan ini, cabang-cabang yang asli adalah bangsa Israel yang sudah ditolak (untuk sementara) seperti apa yang dikatakan dalam pasal 9:30-10:21. Akar melambangkan bapa-bapa leluhur, yang telah menerima janji-janji Allah yang tidak akan diingkari. Semua berkat yang ditumpahkan Allah bagi manusia di muka bumi berakar dalam janji-janji yang diberikan kepada bapa-bapa leluhur.

Dengan kata lain, kita, yaitu orang-orang bukan Yahudi yang sudah percaya kepada Mesias, seolah-olah "menumpang" dalam janji yang diberikan kepada mereka.

Kiasan ini menarik, karena dalam kiasan ini hubungan antara Israel dan Jemaat Kristus menjadi nampak. Pohon zaitun itu melambangkan umat Allah, yang punya akar dalam janji-janji Allah dengan Abraham. Dulu, semua cabang pohon itu adalah orang Yahudi, tetapi bangsa Israel ditolak (untuk sementara) maka beberapa cabang dicabut, dan orang-orang bukan Yahudi "dicangkokkan di antaranya". Ada cabang-cabang yang lama yang tidak dicabut, karena masih ada orang Yahudi yang percaya kepada Tuhan Yesus, sesuai dengan apa yang dikatakan dalam pasal 11:1-10. Paulus tidak berkata bahwa pohon itu, dengan akar bapa-bapa leluhur, ditebang, dan pohon baru ditanam.696

Walaupun dikatakan bahwa beberapa cabang telah dipatahkan, tetapi ini tidak berarti bahwa ada individu-individu tertentu dari bangsa Israel yang keselamatannya hilang. Paulus tidak berkata bahwa individu yang telah dibenarkan melalui iman dapat menjadi orang yang tidak dibenarkan lagi. Dia berkata bahwa bangsa Israel yang terpilih menjadi bangsa yang ditolak untuk sementara.

Hagelberg: Rm 11:17 - -- 11:17 Tetapi jika beberapa cabang telah dipatahkan dan kamu sebagai tunas liar telah dicangkokkan di antaranya dan turut mendapat bagian dalam akar d...

11:17 Tetapi jika beberapa cabang telah dipatahkan dan kamu sebagai tunas liar telah dicangkokkan di antaranya dan turut mendapat bagian dalam akar dan kesuburan694 pohon zaitun,

"Akar" dan "cabang-cabang" dalam pasal 11:16 merupakan batu locatan bagi kiasan yang dikembangkan dalam bagian ini, yaitu pasal 11:17-24, di mana istilah cabang dan akar diberi arti baru, yang berbeda dari arti dari dua istilah itu dalam pasal 11:16.695

Dalam bagian ini kiasan cabang dan akar menjadi peringatan bagi suku-suku bangsa bukan Yahudi, supaya mereka tidak menjadi sombong, karena kalau mereka menjadi sombong, lalu mereka berkata, "Bangsa kami telah menjadi umat pilihan Allah karena kami melakukan itu dan ini" maka mereka sudah menjadi sama dengan Israel, yang mau dibenarkan berdasarkan perbuatan, dan bukan berdasarkan kasih karunia.

Dalam kiasan ini, cabang-cabang yang asli adalah bangsa Israel yang sudah ditolak (untuk sementara) seperti apa yang dikatakan dalam pasal 9:30-10:21. Akar melambangkan bapa-bapa leluhur, yang telah menerima janji-janji Allah yang tidak akan diingkari. Semua berkat yang ditumpahkan Allah bagi manusia di muka bumi berakar dalam janji-janji yang diberikan kepada bapa-bapa leluhur.

Dengan kata lain, kita, yaitu orang-orang bukan Yahudi yang sudah percaya kepada Mesias, seolah-olah "menumpang" dalam janji yang diberikan kepada mereka.

Kiasan ini menarik, karena dalam kiasan ini hubungan antara Israel dan Jemaat Kristus menjadi nampak. Pohon zaitun itu melambangkan umat Allah, yang punya akar dalam janji-janji Allah dengan Abraham. Dulu, semua cabang pohon itu adalah orang Yahudi, tetapi bangsa Israel ditolak (untuk sementara) maka beberapa cabang dicabut, dan orang-orang bukan Yahudi "dicangkokkan di antaranya". Ada cabang-cabang yang lama yang tidak dicabut, karena masih ada orang Yahudi yang percaya kepada Tuhan Yesus, sesuai dengan apa yang dikatakan dalam pasal 11:1-10. Paulus tidak berkata bahwa pohon itu, dengan akar bapa-bapa leluhur, ditebang, dan pohon baru ditanam.696

Walaupun dikatakan bahwa beberapa cabang telah dipatahkan, tetapi ini tidak berarti bahwa ada individu-individu tertentu dari bangsa Israel yang keselamatannya hilang. Paulus tidak berkata bahwa individu yang telah dibenarkan melalui iman dapat menjadi orang yang tidak dibenarkan lagi. Dia berkata bahwa bangsa Israel yang terpilih menjadi bangsa yang ditolak untuk sementara.

Hagelberg: Rm 11:18 - -- 11:18 jangan bermegah terhadap cabang-cabang itu! Jikalau kamu bermegah, ingatlah, bahwa bukan kamu yang menopang akar itu, melainkan akar itu yang ...

11:18 jangan bermegah terhadap cabang-cabang itu! Jikalau kamu bermegah, ingatlah, bahwa bukan kamu yang menopang akar itu, melainkan akar itu yang menopang kamu.

Paulus menegur orang yang menumpang yang bermegah, seolah-olah mereka pemilik asli! Salah satu alasan untuk menegur orang yang bersikap seperti itu adalah bahwa akar itu... menopang kamu, dan bukan sebaliknya. Kita, orang-orang bukan Yahudi, berhutang budi kepada bangsa Israel, yang adalah akar rohani kita. Pada waktu nenek moyang kita menyembah berhala, nenek moyang umat Israel melayani Tuhan Allah. Sikap antipati terhadap orang Yahudi (suatu sikap yang sudah nampak pada zaman itu dalam karangan-karangan penulis Yunani dan Roma)697 sangat bertentangan dengan Firman Allah.

Hagelberg: Rm 11:18 - -- 11:18 jangan bermegah terhadap cabang-cabang itu! Jikalau kamu bermegah, ingatlah, bahwa bukan kamu yang menopang akar itu, melainkan akar itu yang ...

11:18 jangan bermegah terhadap cabang-cabang itu! Jikalau kamu bermegah, ingatlah, bahwa bukan kamu yang menopang akar itu, melainkan akar itu yang menopang kamu.

Paulus menegur orang yang menumpang yang bermegah, seolah-olah mereka pemilik asli! Salah satu alasan untuk menegur orang yang bersikap seperti itu adalah bahwa akar itu... menopang kamu, dan bukan sebaliknya. Kita, orang-orang bukan Yahudi, berhutang budi kepada bangsa Israel, yang adalah akar rohani kita. Pada waktu nenek moyang kita menyembah berhala, nenek moyang umat Israel melayani Tuhan Allah. Sikap antipati terhadap orang Yahudi (suatu sikap yang sudah nampak pada zaman itu dalam karangan-karangan penulis Yunani dan Roma)697 sangat bertentangan dengan Firman Allah.

Hagelberg: Rm 11:19 - -- 11:19 Jadi kamu berkata: "Ada cabang-cabang yang dipatahkan, supaya aku698 dicangkokkan." Perkataan ini memang benar, tetapi sikap yang tersirat jauh...

11:19 Jadi kamu berkata: "Ada cabang-cabang yang dipatahkan, supaya aku698 dicangkokkan."

Perkataan ini memang benar, tetapi sikap yang tersirat jauh dari kerendahan hati yang sesuai dengan kesadaran yang penuh bahwa kita dibenarkan hanya karena kasih karunia saja, dan bukan karena sesuatu dari diri kita sendiri. Bukankah sikap ini mirip sekali dengan sikap orang Yahudi yang telah ditolak? Sama seperti bangsa Israel, sebagai suku bangsa, telah kehilangan tempatnya karena mereka mau membenarkan diri mereka, demikian juga banyak suku bangsa yang dulunya percaya kepada Mesias telah kehilangan tempat mereka. Di Timur Tengah, di Afrika Utara, dan di Eropa dulu Injil Kristus dipercayai oleh banyak orang, dan di antara mereka banyak juga yang terkenal sebagai tokoh bapa-bapa gereja. "Cabang" mereka telah dicabut. Sulit sekali mendapatkan orang percaya di sana sekarang. Katanya di Perancis ada lebih banyak dukun dari pada orang percaya!

Hagelberg: Rm 11:19 - -- 11:19 Jadi kamu berkata: "Ada cabang-cabang yang dipatahkan, supaya aku698 dicangkokkan." Perkataan ini memang benar, tetapi sikap yang tersirat jauh...

11:19 Jadi kamu berkata: "Ada cabang-cabang yang dipatahkan, supaya aku698 dicangkokkan."

Perkataan ini memang benar, tetapi sikap yang tersirat jauh dari kerendahan hati yang sesuai dengan kesadaran yang penuh bahwa kita dibenarkan hanya karena kasih karunia saja, dan bukan karena sesuatu dari diri kita sendiri. Bukankah sikap ini mirip sekali dengan sikap orang Yahudi yang telah ditolak? Sama seperti bangsa Israel, sebagai suku bangsa, telah kehilangan tempatnya karena mereka mau membenarkan diri mereka, demikian juga banyak suku bangsa yang dulunya percaya kepada Mesias telah kehilangan tempat mereka. Di Timur Tengah, di Afrika Utara, dan di Eropa dulu Injil Kristus dipercayai oleh banyak orang, dan di antara mereka banyak juga yang terkenal sebagai tokoh bapa-bapa gereja. "Cabang" mereka telah dicabut. Sulit sekali mendapatkan orang percaya di sana sekarang. Katanya di Perancis ada lebih banyak dukun dari pada orang percaya!

Hagelberg: Rm 11:20 - -- 11:20 Baiklah! Oleh karena ketidakpercayaan, maka mereka dipatahkan, dan oleh karena iman kamu699 berdiri tegak.700 Janganlah sombong, tetapi takut...

11:20 Baiklah! Oleh karena ketidakpercayaan, maka mereka dipatahkan, dan oleh karena iman kamu699 berdiri tegak.700 Janganlah sombong, tetapi takutlah!

Nats ini tidak berarti bahwa kita harus takut bahwa keselamatan kita akan dicabut. Keselamatan kita kekal. Dalam bagian ini Rasul Paulus tidak menguraikan keadaan akhir dari individu, tetapi dia menjelaskan keadaan rohani dari suku-suku bangsa. Istilah kamu yang dipakai dalam pasal 11:17-24 adalah tunggal, karena yang dimaksudkan adalah seluruh suku bangsa bukan Yahudi, sebagai suku bangsa, dan bukan individu. Suku yang selamat dapat menjadi suku yang tidak selamat, setelah generasi yang percaya diganti dengan generasi baru yang tidak percaya (sehingga "cabang" mereka dicabut). Istilah "kamu" yang dipakai dalam pasal 11:13 dan pasal 11:25 adalah jamak karena dalam dua nats itu Paulus berbicara kepada orang-orang bukan Yahudi sebagai individu-individu, bukan sebagai suku-suku bangsa.

Jadi Paulus berkata, takutlah! kepada kita, bukan karena akan ada kemungkinan kita yang sudah percaya kepada Tuhan Yesus tidak masuk sorga, tetapi karena walaupun suku atau bangsa kita, di mana sekarang ada banyak orang yang dibenarkan dapat dikatakan berdiri tegak, tetapi mungkin bangsa kita juga akan dicabut, sama seperti Israel, kalau bangsa kita tidak tetap terdiri dari banyak orang yang percaya kepada Kristus. Jangan-jangan di sini akan menjadi seperti di Eropa, di mana ada gedung gereja yang sangat mewah dan luas, tetapi hanya ada segelintir orang saja yang hadir pada kebaktian hari Minggu.

Hagelberg: Rm 11:20 - -- 11:20 Baiklah! Oleh karena ketidakpercayaan, maka mereka dipatahkan, dan oleh karena iman kamu699 berdiri tegak.700 Janganlah sombong, tetapi takut...

11:20 Baiklah! Oleh karena ketidakpercayaan, maka mereka dipatahkan, dan oleh karena iman kamu699 berdiri tegak.700 Janganlah sombong, tetapi takutlah!

Nats ini tidak berarti bahwa kita harus takut bahwa keselamatan kita akan dicabut. Keselamatan kita kekal. Dalam bagian ini Rasul Paulus tidak menguraikan keadaan akhir dari individu, tetapi dia menjelaskan keadaan rohani dari suku-suku bangsa. Istilah kamu yang dipakai dalam pasal 11:17-24 adalah tunggal, karena yang dimaksudkan adalah seluruh suku bangsa bukan Yahudi, sebagai suku bangsa, dan bukan individu. Suku yang selamat dapat menjadi suku yang tidak selamat, setelah generasi yang percaya diganti dengan generasi baru yang tidak percaya (sehingga "cabang" mereka dicabut). Istilah "kamu" yang dipakai dalam pasal 11:13 dan pasal 11:25 adalah jamak karena dalam dua nats itu Paulus berbicara kepada orang-orang bukan Yahudi sebagai individu-individu, bukan sebagai suku-suku bangsa.

Jadi Paulus berkata, takutlah! kepada kita, bukan karena akan ada kemungkinan kita yang sudah percaya kepada Tuhan Yesus tidak masuk sorga, tetapi karena walaupun suku atau bangsa kita, di mana sekarang ada banyak orang yang dibenarkan dapat dikatakan berdiri tegak, tetapi mungkin bangsa kita juga akan dicabut, sama seperti Israel, kalau bangsa kita tidak tetap terdiri dari banyak orang yang percaya kepada Kristus. Jangan-jangan di sini akan menjadi seperti di Eropa, di mana ada gedung gereja yang sangat mewah dan luas, tetapi hanya ada segelintir orang saja yang hadir pada kebaktian hari Minggu.

Hagelberg: Rm 11:21 - -- 11:21 Sebab kalau Allah tidak menyayangkan cabang-cabang asli, mungkin701 juga Dia tidak akan menyayangkan kamu. Jadi, sama seperti bangsa Israel dit...

11:21 Sebab kalau Allah tidak menyayangkan cabang-cabang asli, mungkin701 juga Dia tidak akan menyayangkan kamu.

Jadi, sama seperti bangsa Israel ditolak sebagai bangsa, demikian juga suku atau bangsa kita bisa menjadi tegar terhadap Injil. Maka jelas, seperti apa yang dikatakan di atas, nats ini sama sekali tidak mengemukakan hal keselamatan yang hilang.

Hagelberg: Rm 11:21 - -- 11:21 Sebab kalau Allah tidak menyayangkan cabang-cabang asli, mungkin701 juga Dia tidak akan menyayangkan kamu. Jadi, sama seperti bangsa Israel dit...

11:21 Sebab kalau Allah tidak menyayangkan cabang-cabang asli, mungkin701 juga Dia tidak akan menyayangkan kamu.

Jadi, sama seperti bangsa Israel ditolak sebagai bangsa, demikian juga suku atau bangsa kita bisa menjadi tegar terhadap Injil. Maka jelas, seperti apa yang dikatakan di atas, nats ini sama sekali tidak mengemukakan hal keselamatan yang hilang.

Hagelberg: Rm 11:22 - -- 11:22 Sebab itu renungkanlah kemurahan Allah dan juga kekerasanNya, yaitu kekerasan atas orang-orang yang telah jatuh, tetapi atas kamu kemurahan, ji...

11:22 Sebab itu renungkanlah kemurahan Allah dan juga kekerasanNya, yaitu kekerasan atas orang-orang yang telah jatuh, tetapi atas kamu kemurahan, jika kamu tetap dalam kemurahanNya; jika tidak, kamupun akan ditolak.

Pada waktu bangsa-bangsa bukan Yahudi "dicangkokkan", kemurahan Allah dinyatakan. KekerasanNya dinyatakan pada waktu bangsa Israel dipotong dari "pohon zaitun" itu. Dia tidak main-main. Bangsa-bangsa bukan Yahudi di mana gereja bertumbuh dengan cepat haruslah hati-hati, harus memeliki rasa takut, karena mereka juga dapat ditolak, jika mereka menjadi sama seperti Israel, yang berusaha untuk membenarkan dirinya.

Hagelberg: Rm 11:22 - -- 11:22 Sebab itu renungkanlah kemurahan Allah dan juga kekerasanNya, yaitu kekerasan atas orang-orang yang telah jatuh, tetapi atas kamu kemurahan, ji...

11:22 Sebab itu renungkanlah kemurahan Allah dan juga kekerasanNya, yaitu kekerasan atas orang-orang yang telah jatuh, tetapi atas kamu kemurahan, jika kamu tetap dalam kemurahanNya; jika tidak, kamupun akan ditolak.

Pada waktu bangsa-bangsa bukan Yahudi "dicangkokkan", kemurahan Allah dinyatakan. KekerasanNya dinyatakan pada waktu bangsa Israel dipotong dari "pohon zaitun" itu. Dia tidak main-main. Bangsa-bangsa bukan Yahudi di mana gereja bertumbuh dengan cepat haruslah hati-hati, harus memeliki rasa takut, karena mereka juga dapat ditolak, jika mereka menjadi sama seperti Israel, yang berusaha untuk membenarkan dirinya.

Hagelberg: Rm 11:23 - -- 11:23 Tetapi merekapun akan dicangkokkan kembali, jika mereka tidak tetap dalam ketidakpercayaan mereka, sebab Allah berkuasa untuk mencangkokkan mer...

11:23 Tetapi merekapun akan dicangkokkan kembali, jika mereka tidak tetap dalam ketidakpercayaan mereka, sebab Allah berkuasa untuk mencangkokkan mereka kembali.

Dari pasal 11:17 sampai pasal 11:22 yang dibicarakan bersifat negatif: Israel dipotong dari pohon. Tetapi di sini Paulus kembali pada apa yang positif: merekapun akan dicangkokkan kembali. Akan tiba harinya di mana bangsa Israel akan kembali menikmati posisi sebagai umat pilihan Allah, dan mereka akan menikmati segala berkat yang menyertai persekutuan dengan Tuhan Allah. Ada satu syarat pada janji ini: mereka harus percaya. Dalam ayat ini Paulus tidak berkata bahwa syarat ini akan digenapi, tetapi dalam ayat yang berikut dia menjanjikan penggenapan syarat iman.

...Allah berkuasa untuk mencangkokkan mereka kembali.

Tetapi kalau hal ini akan terjadi, maka seluruh umat Israel harus percaya kepada Yesus Kristus sebagai Juruselamat pribadi mereka masing-masing. Mungkin pertobatan masal seperti itu belum pernah terjadi di muka bumi ini. Betul, tetapi itu tidak jadi masalah, karena Allah berkuasa untuk mencangkokkan mereka kembali. Jadi, Yang Maha Kuasa akan bertindak sehingga seluruh umat Israel meninggalkan ketidakpercayaan mereka, dan bangsa Israel akan dicangkokkan kembali.

Hagelberg: Rm 11:23 - -- 11:23 Tetapi merekapun akan dicangkokkan kembali, jika mereka tidak tetap dalam ketidakpercayaan mereka, sebab Allah berkuasa untuk mencangkokkan mer...

11:23 Tetapi merekapun akan dicangkokkan kembali, jika mereka tidak tetap dalam ketidakpercayaan mereka, sebab Allah berkuasa untuk mencangkokkan mereka kembali.

Dari pasal 11:17 sampai pasal 11:22 yang dibicarakan bersifat negatif: Israel dipotong dari pohon. Tetapi di sini Paulus kembali pada apa yang positif: merekapun akan dicangkokkan kembali. Akan tiba harinya di mana bangsa Israel akan kembali menikmati posisi sebagai umat pilihan Allah, dan mereka akan menikmati segala berkat yang menyertai persekutuan dengan Tuhan Allah. Ada satu syarat pada janji ini: mereka harus percaya. Dalam ayat ini Paulus tidak berkata bahwa syarat ini akan digenapi, tetapi dalam ayat yang berikut dia menjanjikan penggenapan syarat iman.

...Allah berkuasa untuk mencangkokkan mereka kembali.

Tetapi kalau hal ini akan terjadi, maka seluruh umat Israel harus percaya kepada Yesus Kristus sebagai Juruselamat pribadi mereka masing-masing. Mungkin pertobatan masal seperti itu belum pernah terjadi di muka bumi ini. Betul, tetapi itu tidak jadi masalah, karena Allah berkuasa untuk mencangkokkan mereka kembali. Jadi, Yang Maha Kuasa akan bertindak sehingga seluruh umat Israel meninggalkan ketidakpercayaan mereka, dan bangsa Israel akan dicangkokkan kembali.

Hagelberg: Rm 11:24 - -- 11:24 Sebab jika kamu telah dipotong sebagai cabang dari pohon zaitun liar, dan bertentangan dengan keadaanmu itu kamu telah dicangkokkan pada pohon ...

11:24 Sebab jika kamu telah dipotong sebagai cabang dari pohon zaitun liar, dan bertentangan dengan keadaanmu itu kamu telah dicangkokkan pada pohon zaitun sejati, terlebih lagi mereka ini, yang menurut asal mereka akan dicangkokkan pada pohon zaitun mereka sendiri.

Dengan kata lain, mudah sekali untuk menerima bahwa Allah yang disembah oleh Abraham, Ishak, dan Yakub akan mengangkat keturunan dari Abraham, Ishak, dan Yakub, tetapi yang sulit diterima, yang luar biasa, adalah bahwa orang seperti kita, orang dari bangsa-bangsa kafir, dapat diangkat oleh Allah yang disembah Abraham, Ishak, dan Yakub.

Jadi pohon zaitun itu adalah pohon zaitun mereka sendiri, dan mereka, yaitu bangsa Israel, keturunan jasmani dari Abraham, Ishak, dan Yakub, pasti akan diangkat kembali. Mereka tidak akan "tetap dalam ketidakpercayaan mereka", karena mereka akan dicangkokkan pada pohon zaitun mereka sendiri.

Hagelberg: Rm 11:24 - -- 11:24 Sebab jika kamu telah dipotong sebagai cabang dari pohon zaitun liar, dan bertentangan dengan keadaanmu itu kamu telah dicangkokkan pada pohon ...

11:24 Sebab jika kamu telah dipotong sebagai cabang dari pohon zaitun liar, dan bertentangan dengan keadaanmu itu kamu telah dicangkokkan pada pohon zaitun sejati, terlebih lagi mereka ini, yang menurut asal mereka akan dicangkokkan pada pohon zaitun mereka sendiri.

Dengan kata lain, mudah sekali untuk menerima bahwa Allah yang disembah oleh Abraham, Ishak, dan Yakub akan mengangkat keturunan dari Abraham, Ishak, dan Yakub, tetapi yang sulit diterima, yang luar biasa, adalah bahwa orang seperti kita, orang dari bangsa-bangsa kafir, dapat diangkat oleh Allah yang disembah Abraham, Ishak, dan Yakub.

Jadi pohon zaitun itu adalah pohon zaitun mereka sendiri, dan mereka, yaitu bangsa Israel, keturunan jasmani dari Abraham, Ishak, dan Yakub, pasti akan diangkat kembali. Mereka tidak akan "tetap dalam ketidakpercayaan mereka", karena mereka akan dicangkokkan pada pohon zaitun mereka sendiri.

Hagelberg: Rm 11:25 - -- 11:25 Sebab, saudara-saudara, aku tidak mau supaya kamu bodoh mengenai rahasia703 ini, sehingga kamu menganggap dirimu pandai:704 Sebagian dari Isra...

11:25 Sebab, saudara-saudara, aku tidak mau supaya kamu bodoh mengenai rahasia703 ini, sehingga kamu menganggap dirimu pandai:704 Sebagian dari Israel telah menjadi tegar sampai jumlah yang penuh dari bangsa-bangsa lain telah masuk.

Menurut Cranfield705, pemakaian kata sebab menunjuk pada hubungan logis antara pasal 11:25-32 dengan pasal 11:11-24, secara khusus ayat yang ke 24b. Israel akan kembali mengalami dan menikmati posisi sebagai umat pilihan Allah, dan oleh sebab itu, maka mereka harus mengerti rahasia ini.

...aku tidak mau supaya kamu bodoh mengenai rahasia ini, sehingga kamu menganggap dirimu pandai...

Kita tidak diajak untuk mengerti rahasia supaya kita dapat menyusun teologia yang lebih bagus dari pada teologia yang dipunyai orang lain, sehingga kita jadi lebih pandai. Justru sebaliknya, kita diberitahu hal ini supaya kita lebih rendah hati. Jadi dalam ayat ini tekanan sifat yang sudah muncul dalam pasal 11:18-20 ditegaskan lagi.

Sebagian dari Israel telah menjadi tegar...

Hal ini sudah dikatakan dalam pasal 11:7.

...sampai jumlah yang penuh dari bangsa-bangsa lain telah masuk.

Keadaan "tegar" akan tetap berlangsung bagi sebagian dari Israel, sampai saat di mana semua individu-individu yang terpilih dari antara orang-orang bukan Yahudi percaya kepada Kristus.

Hagelberg: Rm 11:25-32 - -- c. Ringkasan: Tiga Tahap dalam Rencana Allah 11:25-32 Bagian ini, yang disebut "tanggapan utama dari masalah penolakan Israel,"702 merupakan puncak ...

c. Ringkasan: Tiga Tahap dalam Rencana Allah 11:25-32

Bagian ini, yang disebut "tanggapan utama dari masalah penolakan Israel,"702 merupakan puncak dari diskusi mengenai Israel dalam pasal 9-11. Kesungguhan dan pentingnya dari tanggapan yang terkandung di dalam ini digaris bawahi dengan pemakaian istilah "rahasia" dalam pasal 11:25. Setelah Paulus selesai dengan pasal 11:25-32 dia hanya dapat memuji Tuhan Allah. Apa yang dikatakan secara tidak langsung di atas tadi, dikatakan secara langsung dan jelas dalam bagian ini, yaitu bahwa 1) sebagian dari Israel ditegarkan untuk sementara, 2) sementara itu setiap orang dari bangsa-bangsa bukan Yahudi yang dipilih untuk percaya kepada Kristus akan percaya, dan 3) akhirnya seluruh Israel akan diselamatkan.

Hagelberg: Rm 11:25 - -- 11:25 Sebab, saudara-saudara, aku tidak mau supaya kamu bodoh mengenai rahasia703 ini, sehingga kamu menganggap dirimu pandai:704 Sebagian dari Isra...

11:25 Sebab, saudara-saudara, aku tidak mau supaya kamu bodoh mengenai rahasia703 ini, sehingga kamu menganggap dirimu pandai:704 Sebagian dari Israel telah menjadi tegar sampai jumlah yang penuh dari bangsa-bangsa lain telah masuk.

Menurut Cranfield705, pemakaian kata sebab menunjuk pada hubungan logis antara pasal 11:25-32 dengan pasal 11:11-24, secara khusus ayat yang ke 24b. Israel akan kembali mengalami dan menikmati posisi sebagai umat pilihan Allah, dan oleh sebab itu, maka mereka harus mengerti rahasia ini.

...aku tidak mau supaya kamu bodoh mengenai rahasia ini, sehingga kamu menganggap dirimu pandai...

Kita tidak diajak untuk mengerti rahasia supaya kita dapat menyusun teologia yang lebih bagus dari pada teologia yang dipunyai orang lain, sehingga kita jadi lebih pandai. Justru sebaliknya, kita diberitahu hal ini supaya kita lebih rendah hati. Jadi dalam ayat ini tekanan sifat yang sudah muncul dalam pasal 11:18-20 ditegaskan lagi.

Sebagian dari Israel telah menjadi tegar...

Hal ini sudah dikatakan dalam pasal 11:7.

...sampai jumlah yang penuh dari bangsa-bangsa lain telah masuk.

Keadaan "tegar" akan tetap berlangsung bagi sebagian dari Israel, sampai saat di mana semua individu-individu yang terpilih dari antara orang-orang bukan Yahudi percaya kepada Kristus.

Hagelberg: Rm 11:26 - -- 11:26 Dan dengan jalan demikian seluruh Israel akan diselamatkan, seperti ada tertulis: "Dari Sion akan datang Penolong706 Ia akan menyingkirkan sega...

11:26 Dan dengan jalan demikian seluruh Israel akan diselamatkan, seperti ada tertulis:

"Dari Sion akan datang Penolong706

Ia akan menyingkirkan segala kefasikan dari pada Yakub.

Kalau hanya ayat 26a yang dibaca, mungkin ada kesan bahwa dengan jalan demikian, yaitu dengan "jumlah yang penuh dari bangsa-bangsa lain" yang akan diselamatkan, maka seluruh Israel... sudah diselamatkan. Mungkin timbul kesan bahwa orang-orang bukan Yahudi yang diselamatkan merupakan semacam Israel Baru, dan itulah yang dimaksudkan dengan kata seluruh Israel akan diselamatkan. Tetapi kesan tersebut tidak tahan uji. Kalau orang-orang bukan Yahudi yang menjadi orang percaya dapat disebut "Israel", maka pasal 11:28 tidak masuk akal. Siapakah mereka yang disebut "seteru" dalam pasal 11:28? Israel yang jasmani. Dan Israel yang jasmani itu juga merupakan "kekasih oleh karena bapa-bapa leluhur".

Maka kita dapat mengerti bahwa istilah seluruh Israel menunjuk pada semua orang-orang Yahudi, keturunan jasmani dari Yakub. Menurut nats ini mereka akan diselamatkan, tetapi ada urutan yang telah ditetapkan oleh Tuhan Allah sendiri, yaitu, pertama, "sebagian dari Israel telah menjadi tegar", ke dua, "jumlah yang penuh dari bangsa-bangsa lain... masuk", dan ke tiga, seluruh Israel akan diselamatkan. Cranfield707 berkata bahwa istilah dan dengan jalan demikian708 dapat berarti bahwa syarat-syarat tersebut harus digenapi lebih dulu.

Hagelberg: Rm 11:26 - -- 11:26 Dan dengan jalan demikian seluruh Israel akan diselamatkan, seperti ada tertulis: "Dari Sion akan datang Penolong706 Ia akan menyingkirkan sega...

11:26 Dan dengan jalan demikian seluruh Israel akan diselamatkan, seperti ada tertulis:

"Dari Sion akan datang Penolong706

Ia akan menyingkirkan segala kefasikan dari pada Yakub.

Kalau hanya ayat 26a yang dibaca, mungkin ada kesan bahwa dengan jalan demikian, yaitu dengan "jumlah yang penuh dari bangsa-bangsa lain" yang akan diselamatkan, maka seluruh Israel... sudah diselamatkan. Mungkin timbul kesan bahwa orang-orang bukan Yahudi yang diselamatkan merupakan semacam Israel Baru, dan itulah yang dimaksudkan dengan kata seluruh Israel akan diselamatkan. Tetapi kesan tersebut tidak tahan uji. Kalau orang-orang bukan Yahudi yang menjadi orang percaya dapat disebut "Israel", maka pasal 11:28 tidak masuk akal. Siapakah mereka yang disebut "seteru" dalam pasal 11:28? Israel yang jasmani. Dan Israel yang jasmani itu juga merupakan "kekasih oleh karena bapa-bapa leluhur".

Maka kita dapat mengerti bahwa istilah seluruh Israel menunjuk pada semua orang-orang Yahudi, keturunan jasmani dari Yakub. Menurut nats ini mereka akan diselamatkan, tetapi ada urutan yang telah ditetapkan oleh Tuhan Allah sendiri, yaitu, pertama, "sebagian dari Israel telah menjadi tegar", ke dua, "jumlah yang penuh dari bangsa-bangsa lain... masuk", dan ke tiga, seluruh Israel akan diselamatkan. Cranfield707 berkata bahwa istilah dan dengan jalan demikian708 dapat berarti bahwa syarat-syarat tersebut harus digenapi lebih dulu.

Hagelberg: Rm 11:27 - -- 11:27 Dan inilah perjanjianKu dengan mereka, apabila Aku menghapuskan dosa mereka." Menurut pengertian Cranfield tata bahasa ayat ini agak janggal,70...

11:27 Dan inilah perjanjianKu dengan mereka, apabila Aku menghapuskan dosa mereka."

Menurut pengertian Cranfield tata bahasa ayat ini agak janggal,709 tetapi artinya sangat jelas. Tuhan Allah sudah mengadakan perjanjian dengan Israel, dan pada waktu Dia menghapuskan dosa orang-orang Yahudi maka perjanjian tersebut akan digenapi.

Hagelberg: Rm 11:27 - -- 11:27 Dan inilah perjanjianKu dengan mereka, apabila Aku menghapuskan dosa mereka." Menurut pengertian Cranfield tata bahasa ayat ini agak janggal,70...

11:27 Dan inilah perjanjianKu dengan mereka, apabila Aku menghapuskan dosa mereka."

Menurut pengertian Cranfield tata bahasa ayat ini agak janggal,709 tetapi artinya sangat jelas. Tuhan Allah sudah mengadakan perjanjian dengan Israel, dan pada waktu Dia menghapuskan dosa orang-orang Yahudi maka perjanjian tersebut akan digenapi.

Hagelberg: Rm 11:28 - -- 11:28 Mengenai Injil mereka adalah seteru oleh karena kamu, tetapi mengenai pilihan mereka adalah kekasih oleh karena bapa-bapa leluhur. Ayat ini mer...

11:28 Mengenai Injil mereka adalah seteru oleh karena kamu, tetapi mengenai pilihan mereka adalah kekasih oleh karena bapa-bapa leluhur.

Ayat ini meringkaskan apa yang dikatakan dalam pasal 11:25-26a, mengenai tiga tahapan dalam rencana Allah. Hati umat Israel ditegarkan oleh Tuhan Allah, sehingga dari segi penginjilan mereka adalah seteru. Ternyata perseteruan tersebut diadakan oleh karena kamu. Dengan kata lain, oleh karena Israel ditegarkan, maka pintu-pintu keselamatan dibuka bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi.

Tetapi perseteruan itu hanya sementara, sedangkan status mereka sebagai pilihan tetap berlangsung. Paulus berkata, oleh karena bapa-bapa leluhur, yaitu oleh karena perjanjian Allah dengan Abraham, Ishak, dan Yakub, maka bangsa Israel tetap merupakan umat pilihan Allah yang dikasihi.

Hagelberg: Rm 11:28 - -- 11:28 Mengenai Injil mereka adalah seteru oleh karena kamu, tetapi mengenai pilihan mereka adalah kekasih oleh karena bapa-bapa leluhur. Ayat ini mer...

11:28 Mengenai Injil mereka adalah seteru oleh karena kamu, tetapi mengenai pilihan mereka adalah kekasih oleh karena bapa-bapa leluhur.

Ayat ini meringkaskan apa yang dikatakan dalam pasal 11:25-26a, mengenai tiga tahapan dalam rencana Allah. Hati umat Israel ditegarkan oleh Tuhan Allah, sehingga dari segi penginjilan mereka adalah seteru. Ternyata perseteruan tersebut diadakan oleh karena kamu. Dengan kata lain, oleh karena Israel ditegarkan, maka pintu-pintu keselamatan dibuka bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi.

Tetapi perseteruan itu hanya sementara, sedangkan status mereka sebagai pilihan tetap berlangsung. Paulus berkata, oleh karena bapa-bapa leluhur, yaitu oleh karena perjanjian Allah dengan Abraham, Ishak, dan Yakub, maka bangsa Israel tetap merupakan umat pilihan Allah yang dikasihi.

Hagelberg: Rm 11:29 - -- 11:29 Sebab karunia-karunia dan panggilan Allah tidak disesali. Walaupun "mereka adalah seteru" dari segi penginjilan, tetapi Allah tidak menyesali j...

11:29 Sebab karunia-karunia dan panggilan Allah tidak disesali.

Walaupun "mereka adalah seteru" dari segi penginjilan, tetapi Allah tidak menyesali janjiNya yang diberikan kepada bangsa Israel berdasarkan kasih karuniaNya. Walaupun umat Israel menentang pekabaran Injil, tetapi panggilan yang dikaruniakan kepada Abraham dan keturunannya tidak akan ditarik kembali. Pernyataan singkat ini sangat mendukung segala sesuatu yang dikatakan mengenai pembenaran dalam pasal 3:21-4:25. Manusia dipilih, bukan berdasarkan kesetiaannya, tetapi berdasarkan pilihan Allah.

Hagelberg: Rm 11:29 - -- 11:29 Sebab karunia-karunia dan panggilan Allah tidak disesali. Walaupun "mereka adalah seteru" dari segi penginjilan, tetapi Allah tidak menyesali j...

11:29 Sebab karunia-karunia dan panggilan Allah tidak disesali.

Walaupun "mereka adalah seteru" dari segi penginjilan, tetapi Allah tidak menyesali janjiNya yang diberikan kepada bangsa Israel berdasarkan kasih karuniaNya. Walaupun umat Israel menentang pekabaran Injil, tetapi panggilan yang dikaruniakan kepada Abraham dan keturunannya tidak akan ditarik kembali. Pernyataan singkat ini sangat mendukung segala sesuatu yang dikatakan mengenai pembenaran dalam pasal 3:21-4:25. Manusia dipilih, bukan berdasarkan kesetiaannya, tetapi berdasarkan pilihan Allah.

Hagelberg: Rm 11:30-31 - -- 11:30-31 Sebab sama seperti kamu dahulu tidak taat kepada Allah, tetapi sekarang beroleh kemurahan oleh ketidaktaatan mereka, demikian juga mereka se...

11:30-31 Sebab sama seperti kamu dahulu tidak taat kepada Allah, tetapi sekarang beroleh kemurahan oleh ketidaktaatan mereka, demikian juga mereka sekarang tidak taat, supaya oleh kemurahan yang telah kamu peroleh, mereka juga akan beroleh kemurahan.

Apa yang diuraikan dalam pasal 11:11-29 diringkaskan secara padat dalam dua ayat ini. Paulus membandingkan keadaan mereka, yaitu Israel, dengan keadan orang-orang bukan Yahudi.

...sama seperti kamu dahulu... demikian juga mereka sekarang...

Kesejajaran antara dua ayat ini nampak kalau disusun seperti berikut:

kamu dahulu tidak taat

mereka sekarang tidak taat

sekarang beroleh kemurahan

akan beroleh kemurahan

oleh ketidaktaatan mereka

oleh kemurahan yang telah kamu peroleh

Sebab sama seperti kamu dahulu tidak taat kepada Allah, tetapi sekarang beroleh kemurahan oleh ketidaktaatan mereka...

Oleh karena beberapa "cabang" dari Israel sudah dicabut dari pohon zaitun, maka kita dapat dicangkokkan di antara cabang-cabang Israel yang dibiarkan. Dengan kata lain, oleh karena ketegaran hati Israel, maka bangsa-bangsa bukan Yahudi sempat diangkat.

...demikian juga mereka sekarang tidak taat, supaya oleh kemurahan yang telah kamu peroleh, mereka juga akan beroleh kemurahan.

Hati bangsa Israel, bangsa yang terpilih, ditegarkan oleh Allah sendiri supaya mereka dapat mengalami kemurahan sama seperti apa yang sudah dialami oleh orang-orang bukan Yahudi. Bangsa Israel serta bangsa-bangsa kafir yang sekarang sudah percaya kepada Tuhan Yesus, akan menjadi piala yang menyatakan kemurahan Allah yang amat besar.

Hagelberg: Rm 11:30-31 - -- 11:30-31 Sebab sama seperti kamu dahulu tidak taat kepada Allah, tetapi sekarang beroleh kemurahan oleh ketidaktaatan mereka, demikian juga mereka se...

11:30-31 Sebab sama seperti kamu dahulu tidak taat kepada Allah, tetapi sekarang beroleh kemurahan oleh ketidaktaatan mereka, demikian juga mereka sekarang tidak taat, supaya oleh kemurahan yang telah kamu peroleh, mereka juga akan beroleh kemurahan.

Apa yang diuraikan dalam pasal 11:11-29 diringkaskan secara padat dalam dua ayat ini. Paulus membandingkan keadaan mereka, yaitu Israel, dengan keadan orang-orang bukan Yahudi.

...sama seperti kamu dahulu... demikian juga mereka sekarang...

Kesejajaran antara dua ayat ini nampak kalau disusun seperti berikut:

kamu dahulu tidak taat

mereka sekarang tidak taat

sekarang beroleh kemurahan

akan beroleh kemurahan

oleh ketidaktaatan mereka

oleh kemurahan yang telah kamu peroleh

Sebab sama seperti kamu dahulu tidak taat kepada Allah, tetapi sekarang beroleh kemurahan oleh ketidaktaatan mereka...

Oleh karena beberapa "cabang" dari Israel sudah dicabut dari pohon zaitun, maka kita dapat dicangkokkan di antara cabang-cabang Israel yang dibiarkan. Dengan kata lain, oleh karena ketegaran hati Israel, maka bangsa-bangsa bukan Yahudi sempat diangkat.

...demikian juga mereka sekarang tidak taat, supaya oleh kemurahan yang telah kamu peroleh, mereka juga akan beroleh kemurahan.

Hati bangsa Israel, bangsa yang terpilih, ditegarkan oleh Allah sendiri supaya mereka dapat mengalami kemurahan sama seperti apa yang sudah dialami oleh orang-orang bukan Yahudi. Bangsa Israel serta bangsa-bangsa kafir yang sekarang sudah percaya kepada Tuhan Yesus, akan menjadi piala yang menyatakan kemurahan Allah yang amat besar.

Hagelberg: Rm 11:32 - -- 11:32 Sebab Allah telah mengurung semua orang dalam ketidaktaatan, supaya Ia dapat menunjukkan kemurahanNya atas mereka semua. Dalam Roma pasal 1:24-...

11:32 Sebab Allah telah mengurung semua orang dalam ketidaktaatan, supaya Ia dapat menunjukkan kemurahanNya atas mereka semua.

Dalam Roma pasal 1:24-28 kita membaca bagaimana Allah telah menyerahkan manusia ke dalam dosanya, dan dalam pasal 9:18 dan 11:7b kita membaca bahwa Allah "menegarkan" hati Israel. Di sini dua pikiran itu diringkas secara padat: Allah telah mengurung semua orang dalam ketidaktaatan. Pertama dia mengatakan hal ini mengenai bangsa-bangsa kafir, kemudian mengenai bangsa Israel. Dalam ayat ini dia mengatakan hal ini mengenai semua, yaitu baik orang Yahudi maupun orang bukan Yahudi. Sebelum kita menyalahkan Allah karena Dia melakukan sesuatu yang nampaknya tidak baik, sebaiknya kita mengingat apa yang ditegaskan dalam pasal 9:14-24, di mana tema ini dikemukakan untuk pertama kalinya, dari segi pengalaman bangsa Israel.

...supaya Ia dapat menunjukkan kemurahanNya atas mereka semua.

Tujuan Allah bukanlah supaya manusia menderita, tetapi supaya mereka dapat merasakan kemurahanNya yang lebih mendalam. Pada saat Israel menentang penginjilan, tetapi masih ada harapan yang sangat indah bagi mereka, karena ketegaran hati mereka hanya merupakan suatu tahapan dalam sejarah mereka yang didalangi oleh Allah sendiri. Ia akan menunjukkan kemurahanNya atas mereka. Secara praktis, nats ini juga berarti bahwa kita tidak usah kecil hati kalau ada orang yang diinjili yang menentang Injil. Mungkinkah sifat mereka dibiarkan untuk sementara supaya pada kemudian hari mereka sungguh dapat merasakan sentuhan kemurahan Allah?

Kata mereka semua tidak berarti bahwa setiap orang akan mengalami kemurahan Allah. Maksudnya ialah bahwa Allah tidak pandang bulu. Tanpa melihat suku bangsa atau ras, tingkat ekonomi atau latar belakang, Allah akan menunjukkan kemurahanNya atas segala macam manusia.

Allah kita begitu besar lebih daripada apa yang dapat dibayangkan, dan kemurahanNya lebih indah daripada apa yang dapat dipikirkan! Dia sudah menegarkan hati umat Israel, sehingga mereka menyusahkan, bahkan membunuh hambaNya, dan mereka melawan, menghina, dan menghujat Dia. Hati mereka ditegarkan, dan mereka diterjunkan ke dalam dosa. Mereka berdosa sehingga Allah yang penuh dengan kemurahan dapat mengangkat mereka dari dosa yang menghancurkan, sehingga sentuhan kemurahan Allah dapat mereka alami.

Kalau seandainya Dia hanya langsung menyelamatkan mereka saja, tanpa program yang diuraikan secara khusus dalam pasal 11:30-32 (dan secara umum dalam pasal 9-11), maka besarnya keselamatanNya tidak dirasakan sepenuhnya, karena besarnya dosa manusia tersembunyi dalam hati manusia yang gelap.

Allah merelakan diriNya untuk dibenci, supaya kemuliaan kemurahanNya dapat dinyatakan. Implikasi-implikasi kebenaran ini harus direnungkan. Setiap kali pelayanan penginjilan dan pendirian jemaat dilawan, dan setiap kali kekasih-kekasih Allah dibingungkan, dihina, dan disakiti oleh orang yang menindas kebenaran dengan kelaliman, kemuliaan kemurahan Allah mengherankan kita, karena tidak mustahil banyak dari antara mereka yang melawan Allah akan menerima kemurahanNya. Kebenaran ini membawa makna baru pada perlawanan dan penderitaan!

Hagelberg: Rm 11:32 - -- 11:32 Sebab Allah telah mengurung semua orang dalam ketidaktaatan, supaya Ia dapat menunjukkan kemurahanNya atas mereka semua. Dalam Roma pasal 1:24-...

11:32 Sebab Allah telah mengurung semua orang dalam ketidaktaatan, supaya Ia dapat menunjukkan kemurahanNya atas mereka semua.

Dalam Roma pasal 1:24-28 kita membaca bagaimana Allah telah menyerahkan manusia ke dalam dosanya, dan dalam pasal 9:18 dan 11:7b kita membaca bahwa Allah "menegarkan" hati Israel. Di sini dua pikiran itu diringkas secara padat: Allah telah mengurung semua orang dalam ketidaktaatan. Pertama dia mengatakan hal ini mengenai bangsa-bangsa kafir, kemudian mengenai bangsa Israel. Dalam ayat ini dia mengatakan hal ini mengenai semua, yaitu baik orang Yahudi maupun orang bukan Yahudi. Sebelum kita menyalahkan Allah karena Dia melakukan sesuatu yang nampaknya tidak baik, sebaiknya kita mengingat apa yang ditegaskan dalam pasal 9:14-24, di mana tema ini dikemukakan untuk pertama kalinya, dari segi pengalaman bangsa Israel.

...supaya Ia dapat menunjukkan kemurahanNya atas mereka semua.

Tujuan Allah bukanlah supaya manusia menderita, tetapi supaya mereka dapat merasakan kemurahanNya yang lebih mendalam. Pada saat Israel menentang penginjilan, tetapi masih ada harapan yang sangat indah bagi mereka, karena ketegaran hati mereka hanya merupakan suatu tahapan dalam sejarah mereka yang didalangi oleh Allah sendiri. Ia akan menunjukkan kemurahanNya atas mereka. Secara praktis, nats ini juga berarti bahwa kita tidak usah kecil hati kalau ada orang yang diinjili yang menentang Injil. Mungkinkah sifat mereka dibiarkan untuk sementara supaya pada kemudian hari mereka sungguh dapat merasakan sentuhan kemurahan Allah?

Kata mereka semua tidak berarti bahwa setiap orang akan mengalami kemurahan Allah. Maksudnya ialah bahwa Allah tidak pandang bulu. Tanpa melihat suku bangsa atau ras, tingkat ekonomi atau latar belakang, Allah akan menunjukkan kemurahanNya atas segala macam manusia.

Allah kita begitu besar lebih daripada apa yang dapat dibayangkan, dan kemurahanNya lebih indah daripada apa yang dapat dipikirkan! Dia sudah menegarkan hati umat Israel, sehingga mereka menyusahkan, bahkan membunuh hambaNya, dan mereka melawan, menghina, dan menghujat Dia. Hati mereka ditegarkan, dan mereka diterjunkan ke dalam dosa. Mereka berdosa sehingga Allah yang penuh dengan kemurahan dapat mengangkat mereka dari dosa yang menghancurkan, sehingga sentuhan kemurahan Allah dapat mereka alami.

Kalau seandainya Dia hanya langsung menyelamatkan mereka saja, tanpa program yang diuraikan secara khusus dalam pasal 11:30-32 (dan secara umum dalam pasal 9-11), maka besarnya keselamatanNya tidak dirasakan sepenuhnya, karena besarnya dosa manusia tersembunyi dalam hati manusia yang gelap.

Allah merelakan diriNya untuk dibenci, supaya kemuliaan kemurahanNya dapat dinyatakan. Implikasi-implikasi kebenaran ini harus direnungkan. Setiap kali pelayanan penginjilan dan pendirian jemaat dilawan, dan setiap kali kekasih-kekasih Allah dibingungkan, dihina, dan disakiti oleh orang yang menindas kebenaran dengan kelaliman, kemuliaan kemurahan Allah mengherankan kita, karena tidak mustahil banyak dari antara mereka yang melawan Allah akan menerima kemurahanNya. Kebenaran ini membawa makna baru pada perlawanan dan penderitaan!

Hagelberg: Rm 11:33 - -- 11:33 O, alangkah dalamnya kekayaan, hikmat, dan pengetahuan Allah! Sungguh tak terselidiki keputusan-keputusanNya dan tak terselami jalan-jalanNya!...

11:33 O, alangkah dalamnya kekayaan, hikmat, dan pengetahuan Allah! Sungguh tak terselidiki keputusan-keputusanNya dan tak terselami jalan-jalanNya!

Setelah Paulus menulis mengenai keputusan-keputusan dan jalan-jalan Allah berkaitan dengan programNya untuk menyatakan kemurahanNya secara penuh kepada semua manusia, dia sangat terkesan dengan kekayaan, hikmat, dan pengetahuan Allah yang menghasilkan rencana yang begitu indah.

Hagelberg: Rm 11:33-36 - -- d. Pujian 11:33-36 Keindahan rencana Allah dengan umat Israel dan bangsa-bangsa kafir begitu mengherankan Rasul Paulus sehingga dia hanya dapat memuj...

d. Pujian 11:33-36

Keindahan rencana Allah dengan umat Israel dan bangsa-bangsa kafir begitu mengherankan Rasul Paulus sehingga dia hanya dapat memuji Tuhan Allah.

Hagelberg: Rm 11:33 - -- 11:33 O, alangkah dalamnya kekayaan, hikmat, dan pengetahuan Allah! Sungguh tak terselidiki keputusan-keputusanNya dan tak terselami jalan-jalanNya!...

11:33 O, alangkah dalamnya kekayaan, hikmat, dan pengetahuan Allah! Sungguh tak terselidiki keputusan-keputusanNya dan tak terselami jalan-jalanNya!

Setelah Paulus menulis mengenai keputusan-keputusan dan jalan-jalan Allah berkaitan dengan programNya untuk menyatakan kemurahanNya secara penuh kepada semua manusia, dia sangat terkesan dengan kekayaan, hikmat, dan pengetahuan Allah yang menghasilkan rencana yang begitu indah.

Hagelberg: Rm 11:34 - -- 11:34 Sebab, siapakah yang mengetahui pikiran Tuhan? Atau siapakah yang pernah menjadi penasihatNya?710 Sesuai dengan pemakaian istilah "rahasia" dal...

11:34 Sebab, siapakah yang mengetahui pikiran Tuhan?

Atau siapakah yang pernah menjadi penasihatNya?710

Sesuai dengan pemakaian istilah "rahasia" dalam pasal 11:25, nats ini mengingatkan kita bahwa program Allah tidak dapat dimengerti oleh manusia tanpa ilham dari Dia. Efesus pasal 3:20 berkata bahwa Dia "dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan...."

Hagelberg: Rm 11:34 - -- 11:34 Sebab, siapakah yang mengetahui pikiran Tuhan? Atau siapakah yang pernah menjadi penasihatNya?710 Sesuai dengan pemakaian istilah "rahasia" dal...

11:34 Sebab, siapakah yang mengetahui pikiran Tuhan?

Atau siapakah yang pernah menjadi penasihatNya?710

Sesuai dengan pemakaian istilah "rahasia" dalam pasal 11:25, nats ini mengingatkan kita bahwa program Allah tidak dapat dimengerti oleh manusia tanpa ilham dari Dia. Efesus pasal 3:20 berkata bahwa Dia "dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan...."

Hagelberg: Rm 11:35 - -- 11:35 Atau siapakah yang pernah memberikan sesuatu kepadaNya, sehingga Ia harus menggantikannya? Sesuai dengan Injil yang diuraikan dalam Surat Roma,...

11:35 Atau siapakah yang pernah memberikan sesuatu kepadaNya,

sehingga Ia harus menggantikannya?

Sesuai dengan Injil yang diuraikan dalam Surat Roma, dalam pujian ini Paulus menegaskan bahwa Allah tidak pernah berhutang, dan manusia tidak memberikan apa-apa kepada Dia. Kita sudah menerima segala sesuatu yang kita punya dari Dia.

Hagelberg: Rm 11:35 - -- 11:35 Atau siapakah yang pernah memberikan sesuatu kepadaNya, sehingga Ia harus menggantikannya? Sesuai dengan Injil yang diuraikan dalam Surat Roma,...

11:35 Atau siapakah yang pernah memberikan sesuatu kepadaNya,

sehingga Ia harus menggantikannya?

Sesuai dengan Injil yang diuraikan dalam Surat Roma, dalam pujian ini Paulus menegaskan bahwa Allah tidak pernah berhutang, dan manusia tidak memberikan apa-apa kepada Dia. Kita sudah menerima segala sesuatu yang kita punya dari Dia.

Hagelberg: Rm 11:36 - -- 11:36 Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan melalui Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya! Amin. Walaupun kita masih b...

11:36 Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan melalui Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya! Amin.

Walaupun kita masih belum mengerti semua apa yang dikatakan oleh Rasul Paulus dalam bagian ini, atau dalam seluruh pasal 1-11, tetapi kalau kita sudah mengikuti jalan pikirannya dari pasal ke pasal, maka kita sudah mulai menyadari besarnya kemuliaanNya, dan kita mulai mengerti bahwa Dia layak dipuji selama-lamanya. Amin.

Dalam Surat Roma pasal 1-8 Paulus menguraikan bagaimana orang yang dibenarkan melalui iman dapat sungguh menikmati kepenuhan hidup yang disediakan bagi mereka oleh Tuhan Allah. Dalam pasal 9-11 Paulus menjelaskan bahwa keberadaan janji-janji Allah kepada bangsa Israel, yang pada umumnya saat ini tidak mempunyai iman yang benar, tidak bertentangan dengan kesetiaan Allah ataupun pembenaran melalui iman, karena akhirnya mereka juga akan mengalami kemurahan Allah dalam program Allah yang "tak terselami".

Siapa dapat membentuk suatu rencana yang begitu indah? Allah mengasihi Israel, tetapi Israel tidak mengasihi Allah. Israel yang sombong yang mencari pembenaran melalui ketaatan pada hukum Taurat, dan sampai sekarang kebanyakan mereka tidak mengerti bahwa mereka tidak berhasil. Sikap ini sangat nyata dalam Matius 19:16-21 (terutama ayat 20) dan Lukas 10:25-37 (terutama ayat 29). Oleh karena kemurahanNya yang begitu besar, maka Allah menegarkan hati mereka, dan membuat mereka iri hati karena tahu-tahu orang kafir sudah mempelajari Kitab Suci mereka dan mengasihi Allah mereka, dengan tujuan supaya mereka bertobat.

Orang-orang bukan Yahudi harus sadar bahwa mereka diselamatkan sebagai bagian dari rencana Allah untuk menyelamatkan Israel. Kesadaran ini akan menjadi dorongan agar mereka menerapkan kebenaran-kebenaran mengenai kepenuhan hidup yang diuraikan dalam pasal 5-8.

Israel harus sadar bahwa Allah mau membenarkan mereka melalui iman, bukan dengan perbuatan mereka. Baik orang Yahudi maupun orang bukan Yahudi harus mengerti bahwa tidak ada orang "yang pernah memberikan sesuatu kepadaNya, sehingga Ia harus menggantikannya." Segala sesuatu yang kita punya adalah karena kemurahanNya. Maka oleh karena itu, layaklah kalau Paulus mendasari uraian kehendak Allah, yaitu pasal 12-16, pada kemurahan Allah.711

Hagelberg: Rm 11:36 - -- 11:36 Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan melalui Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya! Amin. Walaupun kita masih b...

11:36 Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan melalui Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya! Amin.

Walaupun kita masih belum mengerti semua apa yang dikatakan oleh Rasul Paulus dalam bagian ini, atau dalam seluruh pasal 1-11, tetapi kalau kita sudah mengikuti jalan pikirannya dari pasal ke pasal, maka kita sudah mulai menyadari besarnya kemuliaanNya, dan kita mulai mengerti bahwa Dia layak dipuji selama-lamanya. Amin.

Dalam Surat Roma pasal 1-8 Paulus menguraikan bagaimana orang yang dibenarkan melalui iman dapat sungguh menikmati kepenuhan hidup yang disediakan bagi mereka oleh Tuhan Allah. Dalam pasal 9-11 Paulus menjelaskan bahwa keberadaan janji-janji Allah kepada bangsa Israel, yang pada umumnya saat ini tidak mempunyai iman yang benar, tidak bertentangan dengan kesetiaan Allah ataupun pembenaran melalui iman, karena akhirnya mereka juga akan mengalami kemurahan Allah dalam program Allah yang "tak terselami".

Siapa dapat membentuk suatu rencana yang begitu indah? Allah mengasihi Israel, tetapi Israel tidak mengasihi Allah. Israel yang sombong yang mencari pembenaran melalui ketaatan pada hukum Taurat, dan sampai sekarang kebanyakan mereka tidak mengerti bahwa mereka tidak berhasil. Sikap ini sangat nyata dalam Matius 19:16-21 (terutama ayat 20) dan Lukas 10:25-37 (terutama ayat 29). Oleh karena kemurahanNya yang begitu besar, maka Allah menegarkan hati mereka, dan membuat mereka iri hati karena tahu-tahu orang kafir sudah mempelajari Kitab Suci mereka dan mengasihi Allah mereka, dengan tujuan supaya mereka bertobat.

Orang-orang bukan Yahudi harus sadar bahwa mereka diselamatkan sebagai bagian dari rencana Allah untuk menyelamatkan Israel. Kesadaran ini akan menjadi dorongan agar mereka menerapkan kebenaran-kebenaran mengenai kepenuhan hidup yang diuraikan dalam pasal 5-8.

Israel harus sadar bahwa Allah mau membenarkan mereka melalui iman, bukan dengan perbuatan mereka. Baik orang Yahudi maupun orang bukan Yahudi harus mengerti bahwa tidak ada orang "yang pernah memberikan sesuatu kepadaNya, sehingga Ia harus menggantikannya." Segala sesuatu yang kita punya adalah karena kemurahanNya. Maka oleh karena itu, layaklah kalau Paulus mendasari uraian kehendak Allah, yaitu pasal 12-16, pada kemurahan Allah.711

Wycliffe: Rm 9:1--11:36 - -- III. Israel dan Orang Bukan Israel dalam Rencana Allah (9:1-11:36). Paulus memperhatikan bahwa rencana Allah berkaitan dengan dua golongan umat manus...

III. Israel dan Orang Bukan Israel dalam Rencana Allah (9:1-11:36).

Paulus memperhatikan bahwa rencana Allah berkaitan dengan dua golongan umat manusia yang dilihat olehnya sebagai orang Yahudi - yaitu bangsa Yahudi dan bangsa bukan Yahudi.

Wycliffe: Rm 11:2-5 - b-5 // Demikian juga pada waktu ini ada tinggal suatu sisa // menurut pilihan kasih karunia 2b-5. Dengan menunjukkan bahwa ada sekelompok sisa orang Israel yang tetap setia, Paulus membuktikan bahwa Allah tidak menolak umat-Nya. Sang rasul me...

2b-5. Dengan menunjukkan bahwa ada sekelompok sisa orang Israel yang tetap setia, Paulus membuktikan bahwa Allah tidak menolak umat-Nya. Sang rasul mengingatkan para pembacanya bahwa pada zaman Elia terdapat sekelompok sisa orang saleh, dan ia menyatakan bahwa sekelompok sisa semacam itu juga terdapat pada zamannya sendiri (Rm. 11:5). Demikian juga pada waktu ini ada tinggal suatu sisa (lih. Arndt, ginomai, 11.5, hlm. 159) menurut pilihan kasih karunia (lih. Arndt, ekloge, 1, hlm. 242). Kasih karunia itu menghasilkan atau menjadikan ada pilihan ini. 6. Kebenaran ini dinyatakan ulang. Pemilihan dilakukan karena kasih karunia atau perkenan Allah - bukan karena perbuatan manusia. Perbuatan menunjuk kepada legalisme dan meniadakan kasih karunia.

Wycliffe: Rm 11:7 - Israel tidak memperoleh apa yang dikejarnya, tetapi orang-orang yang terpilih telah memperolehnya. Dan orang-orang yang lain telah tegar hatinya 7. Lalu bagaimana semua ini akan kita simpulkan? Kita akan menyimpulkan bahwa saat ini ada sekelompok sisa orang Israel yang setia dan ada sebagian be...

7. Lalu bagaimana semua ini akan kita simpulkan? Kita akan menyimpulkan bahwa saat ini ada sekelompok sisa orang Israel yang setia dan ada sebagian besar lain, yang tidak setia. Israel tidak memperoleh apa yang dikejarnya, tetapi orang-orang yang terpilih telah memperolehnya. Dan orang-orang yang lain telah tegar hatinya. Seorang penafsir pasti bertanya, apakah yang dikejar oleh Israel tetapi tidak diperolehnya? Paulus sudah menjawab pertanyaan ini di dalam 9:23 dan 10:3. Israel mengejar kebenaran. Tetapi bukannya tunduk kepada kebenaran Allah, Israel berusaha menciptakan kebenaran mereka sendiri. Orang-orang pilihan memperoleh kebenaran yang dicurahkan oleh Allah.

Wycliffe: Rm 11:8 - tegar hatinya 8. Orang-orang yang lain tegar hatinya. Hati mereka dijadikan tegar karena mereka tidak tunduk kepada kebenaran Allah. Di sini kembali Allah bertindak...

8. Orang-orang yang lain tegar hatinya. Hati mereka dijadikan tegar karena mereka tidak tunduk kepada kebenaran Allah. Di sini kembali Allah bertindak menghukum. Ketika seseorang diperhadapkan pada kebenaran Allah, tetapi ia bertekad untuk mengikuti keinginannya sendiri, maka ketenaran, kekerasan hati dan kebutaan merupakan hasil yang diperolehnya. Paulus memakai kata-kata dalam Perjanjian Lama itu untuk angkatannya sendiri. Kutipannya yang pertama diambil dari Ulangan 29:4, dengan penambahan sedikit dari Yesaya 29:9, 10. Sang rasul mempertajam nas Perjanjian Lama ini untuk menekankan tindakan menghukum dalam bentuk mengeraskan hati. Allah memberikan kepada mereka kelelapan (bdg. Yes. 10), mata untuk tidak melihat, dan telinga untuk tidak mendengar.

Wycliffe: Rm 11:9-10 - -- 9,10. Akhirnya, sang rasul mengutip Mazmur 29:23-24 - dari terjemahan LXX - di mana pemazmur melukiskan meja perjamuan para musuhnya dalam keadaan men...

9,10. Akhirnya, sang rasul mengutip Mazmur 29:23-24 - dari terjemahan LXX - di mana pemazmur melukiskan meja perjamuan para musuhnya dalam keadaan menyedihkan, mata mereka digelapkan dan punggung mereka membungkuk karena kerja keras. Jadi, Paulus bermaksud mengatakan bahwa sekalipun sebagian besar umat Allah saat ini sedang menderita hukuman ilahi, adanya sekelompok sisa minoritas membuktikan bahwa Yang Mahakuasa tidak menolak umat-Nya.

Wycliffe: Rm 11:11-36 - -- E. Prospek-prospek Bagi Masa Depan Israel (11:11-36). Di dalam bagian ini Paulus menyimpulkan pembahasannya tentang kedudukan Israel dan tentang bang...

E. Prospek-prospek Bagi Masa Depan Israel (11:11-36).

Di dalam bagian ini Paulus menyimpulkan pembahasannya tentang kedudukan Israel dan tentang bangsa-bangsa lainnya di dalam rencana Allah. Tujuan dari tindakan Allah di dalam sejarah ialah agar Dia dapat mencurahkan betas kasihan atas semua orang - baik Yahudi maupun bukan Yahudi. Peranan Israel paling mengesankan baik di dalam penolakan maupun di dalam penerimaan. Ruang lingkup sejarah, sikap dan tanggapan Israel dan bangsa-bangsa lain, serta hikmat Allah di dalam hubungan timbal balik dua kelompok ini terjalin menjadi satu dalam sebuah gambaran yang indah. Di dalam perumpamaan pohon ara kita melihat kesatuan yang mengesankan antara umat Allah dari kedua perjanjian.

Wycliffe: Rm 11:11 - Adakah mereka tersandung dan harus jatuh? Sekali-kali tidak 11. Seperti biasanya Paulus mulai dengan mengajukan pertanyaan. Adakah mereka tersandung dan harus jatuh? Sekali-kali tidak. Sebaliknya, justru karena...

11. Seperti biasanya Paulus mulai dengan mengajukan pertanyaan. Adakah mereka tersandung dan harus jatuh? Sekali-kali tidak. Sebaliknya, justru karena dosa (pelanggaran) Israellah keselamatan datang kepada bangsa-bangsa lain untuk membuat Israel iri hati.

Wycliffe: Rm 11:12 - Sebab jika pelanggaran mereka berarti kekayaan bagi dunia, dan kekurangan mereka kekayaan bagi bangsa-bangsa lain, terlebih-lebih lagi kesempurnaan mereka 12. Dosa atau pelanggaran apakah yang dimaksudkan? Dosa ketidakpercayaan: Sebab jika pelanggaran mereka berarti kekayaan bagi dunia, dan kekurangan me...

12. Dosa atau pelanggaran apakah yang dimaksudkan? Dosa ketidakpercayaan: Sebab jika pelanggaran mereka berarti kekayaan bagi dunia, dan kekurangan mereka kekayaan bagi bangsa-bangsa lain, terlebih-lebih lagi kesempurnaan mereka. Dosa ketidakpercayaan Israel dan kekurangan mereka merupakan sarana Allah untuk menyalurkan berkat kepada bangsa-bangsa lain. Penjelasan sang rasul mengarah dari yang kecil kepada yang lebih besar: jadi kita dapat melihat bahwa tindakan positif orang Yahudi - yaitu memenuhi tuntutan Allah (lih. pleroma, Arndt, 4, hlm. 687) - akan mendatangkan berkat yang justru lebih besar lagi.

Wycliffe: Rm 11:13 - Aku berkata kepada kamu, hai bangsa-bangsa bukan Yahudi 13. Penulis mengingatkan bangsa-bangsa bukan Yahudi bahwa berkat ini telah datang kepada mereka - Aku berkata kepada kamu, hai bangsa-bangsa bukan Yah...

13. Penulis mengingatkan bangsa-bangsa bukan Yahudi bahwa berkat ini telah datang kepada mereka - Aku berkata kepada kamu, hai bangsa-bangsa bukan Yahudi. Paulus memperbesar kenyataan bahwa tugasnya adalah pelayanan kepada bangsa-bangsa yang bukan Yahudi.

Wycliffe: Rm 11:14-15 - Sebab jika penolakan mereka berarti perdamaian bagi dunia, dapatkan penerimaan mereka mempunyai arti lain daripada hidup dari antara orang mati? // hidup dari antara orang mati 14, 15. Dia berharap untuk dengan demikian dapat menimbulkan rasa iri saudara-saudara sebangsanya sehingga dapat menuntun sebagian dari mereka kepada ...

14, 15. Dia berharap untuk dengan demikian dapat menimbulkan rasa iri saudara-saudara sebangsanya sehingga dapat menuntun sebagian dari mereka kepada keselamatan. Sebab jika penolakan mereka berarti perdamaian bagi dunia, dapatkan penerimaan mereka mempunyai arti lain daripada hidup dari antara orang mati? Perhatikan bahwa Paulus melanjutkan penjelasan itu Bari yang kecil kepada yang lebih besar. Penolakan Israel berarti pendamaian dunia. Baik orang Yahudi maupun orang bukan Yahudi telah diperdamaikan satu dengan yang lain dan dengan Allah di dalam Kristus. Ini merupakan hasil yang penting. Tetapi penerimaan Israel oleh Allah akan menghasilkan sesuatu yang lebih penting lagi - hidup dari antara orang mati. Tidak diragukan lagi bahwa hal ini mengacu kepada puncak pendamaian ketika Kristus datang kembali, kebangkitan orang mati, pelepasan, alam ciptaan dari perbudakan kehancuran (8:21) dan pemerintahan agung oleh Kristus.

Wycliffe: Rm 11:16-21 - -- 2) Orang Bukan Yahudi Tidak Memiliki Dasar untuk Bermegah (11:16-21). Kita harus ingat bahwa surat Roma ini ditujukan kepada kelompok tertentu di Rom...

2) Orang Bukan Yahudi Tidak Memiliki Dasar untuk Bermegah (11:16-21).

Kita harus ingat bahwa surat Roma ini ditujukan kepada kelompok tertentu di Roma. Di dalam ayat 13 penulis menjelaskan hal ini, "Aku berkata kepada kamu (jamak), hai bangsa-bangsa bukan Yahudi." Tetapi di dalam 11:17-24 yang ia maksudkan adalah setiap pembaca individu bukan Yahudi. Di dalam ayat-ayat ini terdapat delapan buah kata ganti orang dan tiga belas kata kerja dalam bentuk kata ganti orang kedua tunggal. Sekalipun sebagian besar orang Israel telah dikalahkan dan ditolak, tidak ada seorang pun dari bangsa lain yang berani memegahkan diri. Oleh karena itu kepada setiap orang bukan Yahudi Paulus memberitahukan tentang kedudukan mereka dalam hubungan dengan orang Israel. Di dalam ayat 25 Paulus kembali kepada "kamu" (jamak) dan memandang orang-orang bukan Yahudi dan orang Yahudi yang percaya sebagai dua kelompok.

Wycliffe: Rm 11:16 - roti sulung // seluruh adonan; // akar // cabang-cabang 16. Di dalam ayat ini dijumpai dua perumpamaan: roti sulung dan seluruh adonan; serta akar dan cabang-cabang. Yang dimaksud dengan roti sulung dan aka...

16. Di dalam ayat ini dijumpai dua perumpamaan: roti sulung dan seluruh adonan; serta akar dan cabang-cabang. Yang dimaksud dengan roti sulung dan akar adalah Abraham dan para leluhur lainnya (Ishak dan Yakub; lihat penekanan Paulus dalam 9:5 dan 11:28). Keseluruhan adonan dan akar-akar mengacu kepada umat Allah yakni Israel, yang adalah keturunan para leluhur tersebut. Kekudusan yang merupakan sifat dari bagian dan keseluruhan, serta dari akar dan cabang-cabang, ialah kekudusan karena diabdikan, disucikan. dikhususkan bagi Allah. Ini adalah kekudusan yang sah bagi kelompok tersebut sebab mereka adalah bangsa pilihan Allah.

Wycliffe: Rm 11:17-24 - turut mendapat bagian dalam akar pohon zaitun yang penuh getah // bukan kamu yang menopang akar itu, melainkan akar itu yang menopang kamu // aku 17-24. Paulus mengembangkan perumpamaan kedua dalam ayat 17-24. Beberapa cabang dipatahkan (ay. 17). Setiap orang bukan Yahudi sebagai cabang pohon za...

17-24. Paulus mengembangkan perumpamaan kedua dalam ayat 17-24. Beberapa cabang dipatahkan (ay. 17). Setiap orang bukan Yahudi sebagai cabang pohon zaitun liar telah dicangkokkan di antara cabang-cabang pohon yang asli; Jadi cabang liar ini, yaitu individu bukan Yahudi, turut mendapat bagian dalam akar pohon zaitun yang penuh getah (ay. 17). Tetapi Paulus kemudian mengingatkan orang bukan Yahudi tersebut untuk berhenti memegahkan diri terhadap cabang-cabang yang lain. Dia tidak memiliki alasan untuk bermegah: bukan kamu yang menopang akar itu, melainkan akar itu yang menopang kamu (tunggal; ay. 18). Yang ditekankan di sini adalah kesatuan yang adalah ciri khas umat Allah dari kedua perjanjian. Sang rasul kemudian membicarakan argumentasi bahwa cabang-cabang itu dipatahkan supaya aku (si orang bukan Yahudi) dapat dicangkokkan.

Wycliffe: Rm 11:20-21 - Baiklah! Mereka dipatahkan karena ketidakpercayaan mereka, dan kamu tegak tercacak karena iman. Janganlah kamu sombong, tetapi takutlah! Sebab kalau Allah tidak menyayangkan cabang-cabang asli, Ia juga tidak akan menyayangkan kamu 20, 21. Baiklah! Mereka dipatahkan karena ketidakpercayaan mereka, dan kamu tegak tercacak karena iman. Janganlah kamu sombong, tetapi takutlah! Sebab...

20, 21. Baiklah! Mereka dipatahkan karena ketidakpercayaan mereka, dan kamu tegak tercacak karena iman. Janganlah kamu sombong, tetapi takutlah! Sebab kalau Allah tidak menyayangkan cabang-cabang asli, Ia juga tidak akan menyayangkan kamu (tunggal). Perbedaan antara cabang yang dipatahkan dengan cabang yang dicangkokkan terletak pada adanya iman. Tidak percaya berarti penolakan. Percaya berarti penerimaan. Karena itu daripada bermegah di dalam suatu perasaan aman yang palsu, si orang bukan Yahudi hendaknya takut. Takut yang sungguh-sungguh akan Allah dan sikap hormat kepada Dia merupakan landasan untuk kepastian yang sejati. Allah mematahkan cabang-cabang asli karena ketidakpercayaan mereka (ay. 20). Apabila Dia tidak mau menerima ketidakpercayaan di dalam mereka, Dia juga tidak akan mau menerima ketidakpercayaan di dalam diri Anda.

Wycliffe: Rm 11:22 - Sebab itu // Perhatikanlah kemurahan Allah dan juga kekerasan // Nya, yaitu kekerasan atas orang-orang yang telah jatuh, tetapi atas kamu // kemurahan-Nya, yaitu jika kamu // kemurahan-Nya; jika tidak // kamupun // akan dipotong juga // tetap dalam kemurahan-Nya // tetap, // jika tidak // akan dipotong juga." // jika kamu tetap dalam kemurahan-Nya, 22. Sebab itu. Penulis sedang menyimpulkan perumpamaannya tentang akar dan cabang. Perhatikanlah kemurahan Allah dan juga kekerasan-Nya, yaitu kekeras...

22. Sebab itu. Penulis sedang menyimpulkan perumpamaannya tentang akar dan cabang. Perhatikanlah kemurahan Allah dan juga kekerasan-Nya, yaitu kekerasan atas orang-orang yang telah jatuh, tetapi atas kamu (tunggal) kemurahan-Nya, yaitu jika kamu tetap dalam kemurahan-Nya; jika tidak (tinggal di dalam kemurahan Allah), kamupun (tunggal) akan dipotong juga. Paulus mendorong si orang bukan Yahudi untuk tetap tinggal di dalam kemurahan Allah. Hal ini, tentu saja, berarti terus tinggal di dalam iman (ay. 20), tetapi Paulus menekankan bahwa Allah memelihara orang-orang yang percaya kepada-Nya. Karena itu, ungkapan tetap dalam kemurahan-Nya melukiskan kenyataan ini dengan baik sekali. Kemurahan ini akan merupakan bagian orang bukan Yahudi tersebut jika dia tetap, setia bertahan terus (lih. Arndt, epimeno, 2, hlm. 296) dalam kemurahan itu. Kemudian muncul sebuah anak kalimat yang melukiskan sebuah kontras, jika tidak (epei, lihat Arndt, 2. hlm. 283). Sebagaimana dalam konteks lainnya dari surat Roma di mana istilah jika tidak (Yunani, epei) dipakai. pembaca yang ingin menangkap maksudnya harus membalik alur berpikir sebelumnya lalu menarik kesimpulan. Dengan demikian ayat ini akan berbunyi, "Jika kamu (tunggal) tidak tinggal tetap di dalam kemurahan Allah, maka kamupun (tunggal) akan dipotong juga." Kata-kata yang sangat serius dari sang rasul ini mengingatkan kita akan perkataan Yesus, "Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya" (Yoh. 15:2a); "Barangsiapa tidak tinggal di dalam Aku, ia dibuang ke luar seperti ranting" (Yoh. 15:6a). Untuk memastikan bahwa peringatan ini diperhatikan dengan benar, susunan kalimat Yunaninya memperlihatkan bahwa Paulus tidak menyebutkan apakah orang itu mau tetap di dalam kemurahan Tuhan atau tidak: jika kamu tetap dalam kemurahan-Nya, kemurahan-Nya akan menjadi bagianmu.

Paulus yang sama ini menulis dalam Roma 8:28-30 bahwa rencana Allah bagi orang-orang yang mengasihi Dia berawal dari pemilihan dan penentuan Allah sejak semula serta berakhir dengan pemuliaan mereka. Allah belum menunjukkan semua aspek dari rencana-Nya dan semua yang tercakup di dalam pemilihan-Nya. Hal yang sudah Ia beritahukan berinti pada kenyataan bahwa orang-orang percaya dipilih di dalam Kristus (Ef. 1:4). Sang jelas bahwa Tuhan telah bertindak "untuk" dan "di dalam" orang-orang yang berada "di dalam Kristus." Tetapi juga jelas bahwa orang-orang yang "di dalam Kristus" harus bertindak: mereka harus terus-menerus berada "di dalam Kristus;" mereka harus berbuah. Tindakan mereka, menurut penulis, sama pentingnya dengan tindakan Allah untuk membawa mereka kepada-Nya dan untuk menempatkan mereka di dalam Kristus. Apabila seorang pengajar meremehkan salah satu dari dua aspek ini - tindakan Allah atau tanggapan si orang percaya - berarti pengajar tersebut sudah menyimpang dari Perjanjian Baru. Apabila seseorang beranggapan bahwa ia sudah memahami sepenuhnya hubungan antara kedua faktor ini, berarti dia lupa bahwa Allah tetap menyimpan beberapa hal yang baru akan diungkapkan pada masa yang akan datang (bdg. Ef. 2:7).

Wycliffe: Rm 11:23-24 - merekapun akan dicangkokkan kembali 23, 24. Apabila orang-orang yang dari Israel tidak terus-menerus atau tidak tetap dalam ketidakpercayaan, merekapun akan dicangkokkan kembali. Sekaran...

23, 24. Apabila orang-orang yang dari Israel tidak terus-menerus atau tidak tetap dalam ketidakpercayaan, merekapun akan dicangkokkan kembali. Sekarang Paulus menekankan kemampuan Allah. Allah itu mahakuasa, kuat dan perkasa - Dia mampu mencangkokkan kembali orang-orang ini. Karena, menurut bahasa perumpamaan ini, Tuhan melakukan sesuatu yang bertentangan dengan alam, Dia pasti mampu mengembalikan cabang-cabang pohon zaitun asli ke pohon zaitun sejati.

Wycliffe: Rm 11:24 - Terlebih lagi 24. Terlebih lagi menunjukkan keyakinan Paulus akan rencana Allah.

24. Terlebih lagi menunjukkan keyakinan Paulus akan rencana Allah.

Wycliffe: Rm 11:25 - kamu; // sebagian dari Israel telah menjadi tegar sampai jumlah yang penuh dari bangsa-bangsa lain telah masuk // Sebagian // jumlah yang penuh 25. Rahasia yang Paulus ingin agar jangan sampai tidak diketahui oleh para pembacanya (perhatikan kamu; jamak) ialah bahwa sebagian dari Israel telah ...

25. Rahasia yang Paulus ingin agar jangan sampai tidak diketahui oleh para pembacanya (perhatikan kamu; jamak) ialah bahwa sebagian dari Israel telah menjadi tegar sampai jumlah yang penuh dari bangsa-bangsa lain telah masuk (untuk ikut menikmati berkat yang telah dijanjikan). Jikalau para pembacanya tidak menyadari kenyataan ini, mereka bisa menganggap diri mereka pandai menurut ukuran mereka sendiri. Sebagian. Gaya mengecilkan yang khas Paulus. "Bagian" yang dimaksudkan di sini adalah bagian yang sangat besar, tetapi diimbangi dengan jumlah yang penuh dari bangsa-bangsa bukan Yahudi - yaitu mereka yang telah dipilih dan telah ditentukan Allah dari semula (bdg. 8:28-30).

Wycliffe: Rm 11:26 - Dengan jalan demikian seluruh Israel akan diselamatkan. Seluruh Israel // dari Yakub // Seluruh // dengan jalan demikian // dengan 26. Dengan jalan demikian seluruh Israel akan diselamatkan. Seluruh Israel. Bangsa Israel. Bandingkan dengan dari Yakub di dalam kutipan berikutnya. S...

26. Dengan jalan demikian seluruh Israel akan diselamatkan. Seluruh Israel. Bangsa Israel. Bandingkan dengan dari Yakub di dalam kutipan berikutnya. Seluruh. Belum tentu setiap orang, tetapi cukup banyak orang untuk menjadikan orang-orang percaya di dalam Kristus itu sebagai mewakili bangsa Israel. Frasa dengan jalan demikian berhubungan dengan kutipan dari Yesaya 59:20, 21 dan 27:9). Keselamatan Israel berkaitan langsung dengan tindakan pribadi sang Penebus, Yesus sang Mesias. Kata dengan (kai) yang membuka ayat 26 merupakan kata sambung yang memadukan. Ini menunjukkan bahwa karya sang Penebus (Kristus) di dalam menyingkirkan kefasikan dari Yakub dan membawa seluruh Israel kepada keselamatan berjalan seiring dengan masuknya jumlah yang penuh dari bangsa-bangsa lain ke dalam berkat dan kemurahan Allah. Sesudah memandang ke masa depan ini. Paulus kembali ke zamannya sendiri.

Wycliffe: Rm 11:28 - Mengenai Injil mereka adalah seteru Allah oleh karena kamu // Tetapi mengenai pilihan mereka adalah kekasih Allah // karena nenek moyang 28. Sebagian besar orang Yahudi pada zaman Paulus. sejauh yang menyangkut kabar baik tentang Kristus, bersikap bermusuhan terhadap orang-orang Kristen...

28. Sebagian besar orang Yahudi pada zaman Paulus. sejauh yang menyangkut kabar baik tentang Kristus, bersikap bermusuhan terhadap orang-orang Kristen di Roma. Tetapi karena orang-orang Yahudi masih merupakan bangsa pilihan Allah, maka orang-orang Kristen di Roma harus memandang orang-orang Yahudi sebagai saudara mengingat para leluhur mereka. Perhatikan di sini adanya sekelompok orang yang, sekalipun terpilih, hidup jauh dari Allah. Para pembaca surat Paulus yang bukan Yahudi memiliki hubungan yang bersifat bertentangan dengan orang-orang Yahudi. Mengenai Injil mereka adalah seteru Allah oleh karena kamu. Setelah menolak Injil, sebagian besar orang Yahudi menjadi memusuhi orang-orang Kristen. Karena Allah telah menolak mereka, dan mencurahkan kemurahan-Nya kepada orang-orang bukan Yahudi, maka mereka memusuhi orang-orang Kristen bangsa lain itu. Tetapi mengenai pilihan mereka adalah kekasih Allah oleh karena nenek moyang. Ini mengacu pada pemilihan seluruh bangsa Yahudi, dan kenyataan bahwa mereka adalah kekasih Allah karena nenek moyang mereka. Pemilihan bisa mencakup seluruh bangsa, seperti di sini; bisa mencakup sekelompok sisa saja, seperti dalam 11:5; bisa mencakup kelompok yang lebih kecil lagi, seperti Dua Belas Rasul (Yoh. 6:71). Di dalam setiap kasus ini, pemilihan menyangkut suatu tugas khusus yang dipercayakan Allah kepada kelompok tersebut.

Wycliffe: Rm 11:29 - tidak menyesali kasih karunia dan panggilan-Nya. Kasih karunia 29. Paulus mengajarkan kesetiaan Allah ketika ia mengatakan: Allah tidak menyesali kasih karunia dan panggilan-Nya. Kasih karunia. Hak-hak istimewa ya...

29. Paulus mengajarkan kesetiaan Allah ketika ia mengatakan: Allah tidak menyesali kasih karunia dan panggilan-Nya. Kasih karunia. Hak-hak istimewa yang dinikmati oleh bangsa Israel (bdg. 9:4, 5). Panggilan. Pernyataan Allah kepada Israel atau Yakub bahwa dia dan keturunannya adalah umat Allah (bdg. Yes. 48:12). Bangsa-bangsa lain, yang tidak menaati Allah. memperoleh kemurahan karena atau melalui, ketidaktaatan Israel. Nah, karena kemurahan Allah sudah dialami oleh bangsa-bangsa bukan Yahudi, bangsa Israel akan mengalami kemurahan itu.

Wycliffe: Rm 11:32 - Allah telah mengurung semua orang dalam ketidaktaatan, supaya Ia dapat menunjukkan kemurahan-Nya atas mereka semua // semua // Kemurahan-Nya atas mereka semua 32. Kesimpulan Paulus ialah bahwa Allah telah mengurung semua orang dalam ketidaktaatan, supaya Ia dapat menunjukkan kemurahan-Nya atas mereka semua. ...

32. Kesimpulan Paulus ialah bahwa Allah telah mengurung semua orang dalam ketidaktaatan, supaya Ia dapat menunjukkan kemurahan-Nya atas mereka semua. Setiap kata semua di dalam ayat ini mengacu kepada orang Yahudi dan orang bukan Yahudi. Allah mengurung manusia dengan tujuan membebaskan mereka. Kemurahan-Nya atas mereka semua. Bukan keselamatan semua orang. Ajaran Paulus tentang orang-orang yang menganggap sepi kebaikan Allah juga berlaku bagi orang-orang yang menganggap sepi kemurahan-Nya (lih. 2:4).

Wycliffe: Rm 11:33-36 - -- 6) Kehebatan dan Kemuliaan Allah - Sumber, Penopang dan Tujuan dari Segala Sesuatu (11:33-36). Rencana Allah di dalam sejarah memungkinkan Allah untu...

6) Kehebatan dan Kemuliaan Allah - Sumber, Penopang dan Tujuan dari Segala Sesuatu (11:33-36).

Rencana Allah di dalam sejarah memungkinkan Allah untuk menunjukkan kemurahan-Nya kepada bangsa Israel dan bangsa-bangsa lainnya sehingga Ia dapat menunjukkan kemurahan-Nya atas mereka semua. Dia juga mampu menjadikan pemberontakan manusia berguna untuk suatu maksud dalam rencana-Nya.

Wycliffe: Rm 11:33 - Dalam // Keputusan-keputusan // Jalan-jalan-Nya - 33. Dalam. Kekayaan, hikmat dan pengetahuan Allah tidak ada habis-habisnya. Keputusan-keputusan atau ketetapan-ketetapan-Nya melampaui kemampuan manus...

33. Dalam. Kekayaan, hikmat dan pengetahuan Allah tidak ada habis-habisnya. Keputusan-keputusan atau ketetapan-ketetapan-Nya melampaui kemampuan manusia untuk memahaminya. Jalan-jalan-Nya - keseluruhan tindakan-Nya - tidak dapat ditelusuri dan diikuti. Tidak ada orang yang cukup hebat untuk dapat melihat seluruh tindakan Allah dan mengikutinya kutipan-kutipan dari Perjanjian Lama (Yes. 40:13; Ayb. 41:11) menunjukkan betapa Allah tidak bergantung pada manusia.

Wycliffe: Rm 11:36 - -- 36. Akhirnya, dengan suatu dorongan kuat untuk berbakti, Paulus memberikan kemuliaan bagi Allah untuk selama-lamanya, yaitu Allah yang adalah Sumber, ...

36. Akhirnya, dengan suatu dorongan kuat untuk berbakti, Paulus memberikan kemuliaan bagi Allah untuk selama-lamanya, yaitu Allah yang adalah Sumber, Penopang dan Sasaran dari segala sesuatu.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Rm 11:1-32 - Kemurahan Allah atas Bangsa Yahudi dan Bukan Yahudi Sang Rasul, setelah menyelaraskan kebenaran agung tentang penolakan terhadap orang-orang Yahudi dengan janji yang diucapkan kepada para bapa leluh...

Matthew Henry: Rm 11:33-36 - Kedaulatan Ilahi Kedaulatan Ilahi (Roma 11:33-36) Rasul Paulus, setelah dengan amat panjang lebar, dalam sebagian besar pasal ini, berusaha menyelaraskan penolakan...

SH: Rm 11:1-12 - Keajaiban Anugerah Allah (Jumat, 4 Agustus 2006) Keajaiban Anugerah Allah Israel adalah umat pilihan Allah. Akan tetapi, mereka telah menyia-nyiakan Injil sehingga tidak dapat menikmati hak sebagai...

SH: Rm 11:1-10 - Allah tidak menolak umat-Nya. (Selasa, 9 Juni 1998) Allah tidak menolak umat-Nya. Meskipun mayoritas Israel menegarkan hati, ada sebagian kecil yang menerima kasih karunia Allah. Mereka di sebut "sisa I...

SH: Rm 11:11-24 - Kecemburuan yang menantang pertobatan. (Rabu, 10 Juni 1998) Kecemburuan yang menantang pertobatan. Ketidakpercayaan dan ketidaktaatan Israel telah membawa keselamatan bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi supaya Isra...

SH: Rm 11:13-24 - Jangan sombong (Sabtu, 5 Agustus 2006) Jangan sombong Dari pergumulan Paulus yang berat tentang saudara-saudara sebangsanya, lahirlah pemahaman teologis indah tentang rencana keselamatan ...

SH: Rm 11:25-36 - Takjub akan hikmat Allah (Minggu, 6 Agustus 2006) Takjub akan hikmat Allah Kapan terakhir kali Anda memuji Allah dari hati yang takjub terhadap-Nya? Sesering apa Anda memuji Tuhan karena ketakjuban?...

SH: Rm 11:25-36 - Rahasia rencana keselamatan. (Kamis, 11 Juni 1998) Rahasia rencana keselamatan. Untuk mencegah kesombongan orang-orang Kristen bukan Yahudi terhadap orang Yahudi, Rasul Paulus menganggap penting untuk ...

Utley: Rm 11:1-6 - --NASKAH NASB (UPDATED): Rom 11:1-61 Maka aku bertanya: Adakah Allah mungkin telah menolak umat-Nya? Sekali-kali tidak! Karena aku sendiripun orang Isra...

Utley: Rm 11:7-10 - --NASKAH NASB (UPDATED): Rom 11:7-107 Jadi bagaimana? Israel tidak memperoleh apa yang dikejarnya, tetapi orang-orang yang terpilih telah memperolehnya....

Utley: Rm 11:11-16 - --NASKAH NASB (UPDATED): Rom 11:11-1611 Maka aku bertanya: Adakah mereka tersandung dan harus jatuh? Sekali-kali tidak! Tetapi oleh pelanggaran mereka, ...

Utley: Rm 11:17-24 - --NASKAH NASB (UPDATED): Rom 11:17-2417 Karena itu apabila beberapa cabang telah dipatahkan dan kamu sebagai tunas liar telah dicangkokkan di antaranya ...

Utley: Rm 11:25-32 - --NASKAH NASB (UPDATED): Rom 11:25-3225 Sebab, saudara-saudara, supaya kamu jangan menganggap dirimu pandai, aku mau agar kamu mengetahui rahasia ini: S...

Utley: Rm 11:33-36 - --NASKAH NASB (UPDATED): Rom 11:33-3633 O, alangkah dalamnya kekayaan, hikmat dan pengetahuan Allah! Sungguh tak terselidiki keputusan-keputusan-Nya dan...

Topik Teologia: Rm 11:2 - -- Keselamatan Keselamatan adalah Bukan Atas Dasar Perbuatan Kita Kis 15:7-11 Rom 3:28 Rom 4:1-16,25 Rom 9:30-33 Rom 11:2,5-6 Gal 2:16...

Topik Teologia: Rm 11:3 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia sebagai Suatu Kesatuan Hidup Keutuhan Manusia Direpresentasikan oleh Jiwa Kej 2:7 Kej 12:5 Ke...

Topik Teologia: Rm 11:5 - -- Allah yang Berpribadi Atribut-Atribut Allah Allah itu Pengasih Kel 34:6 2Ra 13:23 2Ta 30:9 Ezr 9:8 Neh 9:17 Neh 9:31 Maz 86:15 ...

Topik Teologia: Rm 11:6 - -- Allah yang Berpribadi Atribut-Atribut Allah Allah itu Pengasih Kel 34:6 2Ra 13:23 2Ta 30:9 Ezr 9:8 Neh 9:17 Neh 9:31 Maz 86:15 ...

Topik Teologia: Rm 11:7 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Pemilihan Allah Pemilihan Allah dan Kebebasan Manusia Penolakan oleh...

Topik Teologia: Rm 11:8 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Pemilihan Allah Pemilihan Allah dan Kebebasan Manusia Penolakan oleh...

Topik Teologia: Rm 11:9 - -- Keselamatan Panggilan Tanggapan Terhadap Panggilan Hasil dari Suatu Tanggapan Negatif Terhadap Panggilan Allah Keterpisa...

Topik Teologia: Rm 11:11 - -- Keselamatan Kematian Kristus sebagai Tindakan Penyelamatan Mereka yang Baginya Kristus Telah Mati Yesus Mati bagi Orang Kafir ...

Topik Teologia: Rm 11:13 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan dan Kejahatan Pemeliharaan dan Kejahatan itu Sendiri Pemelihar...

Topik Teologia: Rm 11:14 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan dan Kejahatan Pemeliharaan dan Kejahatan itu Sendiri Pemelihar...

Topik Teologia: Rm 11:17 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Natur yang Terkait dari Umat Manusia Kesatuan Orang Percaya di Dalam Kristus Orang Percaya sebagai Israe...

Topik Teologia: Rm 11:18 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Natur yang Terkait dari Umat Manusia Kesatuan Orang Percaya di Dalam Kristus Orang Percaya sebagai Israe...

Topik Teologia: Rm 11:19 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Natur yang Terkait dari Umat Manusia Kesatuan Orang Percaya di Dalam Kristus Orang Percaya sebagai Israe...

Topik Teologia: Rm 11:20 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Natur yang Terkait dari Umat Manusia Kesatuan Orang Percaya di Dalam Kristus Orang Percaya sebagai Israe...

Topik Teologia: Rm 11:21 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Natur yang Terkait dari Umat Manusia Kesatuan Orang Percaya di Dalam Kristus Orang Percaya sebagai Israe...

Topik Teologia: Rm 11:22 - -- Allah yang Berpribadi Atribut-Atribut Allah Allah Memperlihatkan Kasih Setia Kel 15:13 Maz 6:5 Maz 18:51 Maz 89:31-35 Maz 103:8...

Topik Teologia: Rm 11:23 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Aktif Allah Aktif dalam Sejarah Bangsa Israel Kej 12:1-3 ...

Topik Teologia: Rm 11:24 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Aktif Allah Aktif dalam Sejarah Bangsa Israel Kej 12:1-3 ...

Topik Teologia: Rm 11:25 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Aktif Allah Aktif dalam Sejarah Bangsa Israel Kej 12:1-3 ...

Topik Teologia: Rm 11:26 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Aktif Allah Aktif dalam Sejarah Bangsa Israel Kej 12:1-3 ...

Topik Teologia: Rm 11:27 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Aktif Allah Aktif dalam Sejarah Bangsa Israel Kej 12:1-3 ...

Topik Teologia: Rm 11:28 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Pemilihan Allah Pemilihan Allah atas Israel Kej 25:22-23 Ula 4:37...

Topik Teologia: Rm 11:29 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Pemilihan Allah Pemilihan Allah atas Israel Kej 25:22-23 Ula 4:37...

Topik Teologia: Rm 11:30 - -- Allah yang Berpribadi Atribut-Atribut Allah Allah itu Murah Hati Kel 33:19 Ula 4:31 Ula 13:17-18 Neh 9:31 Maz 25:6 Maz 78:38 Ye...

Topik Teologia: Rm 11:32 - -- Allah yang Berpribadi Atribut-Atribut Allah Allah itu Murah Hati Kel 33:19 Ula 4:31 Ula 13:17-18 Neh 9:31 Maz 25:6 Maz 78:38 Ye...

Topik Teologia: Rm 11:33 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Allah itu Mahatahu Kej 6:5 Kel 3:7 1Ra 8:39 2Ra 19:27 2Ta 16:9 Ayu 9:4 Ayu 12:13 Ayu 28:12-...

Topik Teologia: Rm 11:34 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Kehendak Allah Ekspresi Kehendak A...

Topik Teologia: Rm 11:35 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Tunggal Allah Allah (Yun.: Theos) Mat 1:23 Mat 5...

Topik Teologia: Rm 11:36 - -- Allah yang Berpribadi Allah (Yun.: Theos) Mat 1:23 Mat 5:8-9 Mat 23:22 Mar 10:27 Mar 12:29-30 Luk 1:47 Yoh 3:16 Yoh 4:24 Ki...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Roma (Pendahuluan Kitab) Penulis : Paulus Tema : Kebenaran Allah telah Dinyatakan Tanggal Penulisan: Sekitar tahun 57 Latar Belakang Surat Roma ini mer...

Full Life: Roma (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (Rom 1:1-17) I. Kebutuhan Mendesak Manusia Akan Kebenaran (Rom 1:18-3:20) A. Kebutuhan Or...

Matthew Henry: Roma (Pendahuluan Kitab) Jika kita boleh membandingkan satu kitab dengan kitab lainnya dan meminta pendapat dari beberapa orang beriman dan saleh, akan disimpulk...

Jerusalem: Roma (Pendahuluan Kitab) SURAT-SURAT PAULUS PENGANTAR Kronologi kehidupan Paulus Dengan menggunakan Kisah Para Rasul dan surat-surat Paulus, maka tokoh ini lebih kita kenal da...