kecilkan semua  

Teks -- 2 Tawarikh 12:1-16 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Sisak menyerang Yerusalem
12:1 Rehabeam beserta seluruh Israel meninggalkan hukum TUHAN, ketika kerajaannya menjadi kokoh dan kekuasaannya menjadi teguh. 12:2 Tetapi pada tahun kelima zaman raja Rehabeam, majulah Sisak, raja Mesir, menyerang Yerusalem -- karena mereka berubah setia terhadap TUHAN -- 12:3 dengan seribu dua ratus kereta dan enam puluh ribu orang berkuda, sedang rakyat yang mengikutinya dari Mesir, yakni orang Libia, orang Suki dan orang Etiopia, tidak terhitung banyaknya. 12:4 Ia merebut kota-kota benteng yang di Yehuda, bahkan mendekati Yerusalem. 12:5 Nabi Semaya datang kepada Rehabeam dan pemimpin-pemimpin Yehuda yang berkumpul di Yerusalem berhubung dengan ancaman Sisak, dan berkata kepada mereka: "Beginilah firman TUHAN: Kamu telah meninggalkan Aku, oleh sebab itu Akupun meninggalkan kamu juga dalam kuasa Sisak." 12:6 Maka pemimpin-pemimpin Israel dan raja merendahkan diri dan berkata: "Tuhanlah yang benar!" 12:7 Ketika TUHAN melihat bahwa mereka merendahkan diri, datanglah firman TUHAN kepada Semaya, bunyinya: "Mereka telah merendahkan diri, oleh sebab itu Aku tidak akan memusnahkan mereka. Aku segera akan meluputkan mereka dan kehangatan murka-Ku tidak akan dicurahkan atas Yerusalem dengan perantaraan Sisak. 12:8 Tetapi mereka akan menjadi hamba-hambanya, supaya mereka tahu membedakan antara mengabdi kepada-Ku dan mengabdi kepada kerajaan-kerajaan duniawi." 12:9 Maka majulah Sisak, raja Mesir itu, menyerang Yerusalem. Ia merampas barang-barang perbendaharaan rumah TUHAN dan barang-barang perbendaharaan rumah raja; semuanya dirampasnya. Ia merampas juga perisai-perisai emas yang dibuat Salomo. 12:10 Sebagai gantinya raja Rehabeam membuat perisai-perisai tembaga, yang dipercayakannya kepada pemimpin-pemimpin bentara yang menjaga pintu istana raja. 12:11 Setiap kali raja masuk ke rumah TUHAN, bentara-bentara datang membawa masuk perisai-perisai itu, dan mereka pula yang mengembalikannya ke kamar jaga para bentara. 12:12 Oleh sebab raja merendahkan diri, surutlah murka TUHAN dari padanya, sehingga ia tidak dimusnahkan-Nya sama sekali. Lagipula masih terdapat hal-hal yang baik di Yehuda. 12:13 Raja Rehabeam menunjukkan dirinya kuat dalam pemerintahannya di Yerusalem. Rehabeam berumur empat puluh satu tahun pada waktu ia menjadi raja, dan tujuh belas tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem, kota yang dipilih TUHAN dari antara segala suku Israel untuk membuat nama-Nya tinggal di sana. Nama ibunya ialah Naama, seorang perempuan Amon. 12:14 Ia berbuat yang jahat, karena ia tidak tekun mencari TUHAN. 12:15 Bukankah riwayat Rehabeam dari awal sampai akhir semuanya tertulis dalam riwayat Semaya, nabi itu, dan Ido, pelihat itu, -- yang juga memuat daftar silsilah. Antara Rehabeam dan Yerobeam terus-menerus ada perang. 12:16 Kemudian Rehabeam mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangnya, dan ia dikuburkan di kota Daud. Maka Abia, anaknya, menjadi raja menggantikan dia.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Abiam the son and successor of King Rehoboam
 · Amon a son of Manasseh; the father of Josiah and an ancestor of Jesus,governor of the Town of Samaria under King Ahab,son and successor of King Manasseh,a man who, with his sons, were servants of Solomon
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · bani Amon the tribe/nation of people descended from Ben-Ammi, Lot's son,Territory of the tribe/nation of Ammon
 · Daud a son of Jesse of Judah; king of Israel,son of Jesse of Judah; king of Israel
 · Ido father of Ahinadab, Solomon's deputy for food from Mahanaim,son of Joah of Gershom son of Levi,son of Zechariah; chief over Manasseh in Gilead under David,a prophet who wrote about the times of Solomon,grandfather of the prophet Zechariah; father of Berekiah,priest leader of some who returned from exile with Zerubbabel,a leader of the Jews in Casiphia of Babylon
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · istana Daud the capital of Israel, on the border of Benjamin and Judah
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Kota Daud the capital of Israel, on the border of Benjamin and Judah
 · Libia residents of Libya
 · Mesir descendants of Mizraim
 · Naama daughter of Lamech; sister of Tubal-Cain,the Ammonitess wife of Solomon; mother of Rehoboam,a town in the western foothills of Judah
 · orang Amon member(s) of the tribe/nation of Ammon
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang Libia residents of Libya
 · orang-orang Amon the tribe/nation of people descended from Ben-Ammi, Lot's son,Territory of the tribe/nation of Ammon
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Libia residents of Libya
 · perempuan Amon the tribe/nation of people descended from Ben-Ammi, Lot's son,Territory of the tribe/nation of Ammon
 · Rehabeam a son of Solomon; the father of Abijah; an ancestor of Jesus,son and successor of King Solomon
 · Salma the tenth son of David; the father of Rehoboam; an ancestor of Jesus; the third king of Israel.,son of David and Bath-Sheba; successor of King David
 · Salomo the tenth son of David; the father of Rehoboam; an ancestor of Jesus; the third king of Israel.,son of David and Bath-Sheba; successor of King David
 · Semaya a prophet in the days of Rehoboam,son of Shecaniah (Hananiah Zerubbabel David Judah),forefather of Ziza, a prince of the tribe of Simeon,son of Joel of Reuben,son of Hasshub; a Levite leader of some returned exiles,son of Galal; a Levite whose descendants returned from exile,son of Elizaphan (Kohath Levi),son of Nethanel, a Levite and scribe in David's time,son of Obed-Edom; a pre-exile Levite gatekeeper,a Levite whom Jehoshaphat sent to teach the law around Judah,a Levite leader of the Jeduthun Clan in Hezekiah's time,a Levite manager of temple offerings under King Hezekiah,a chief officer of the house of God in Josiah's time,a leader of the Adonikam Clan back from exile,one of the leaders Ezra sent to Iddo to ask for recruits,a priest of the Harim Clan who put away his heathen wife,a layman of the Harim Clan who put away his heathen wife,son of Shecaniah; keeper of the East Gate under Nehemiah,son of Delaiah son of Mehetabel; an agent of Nehemiah's enemies,son of Mattaniah; priestly leader among the returned exiles,a Levite musician who helped Zechariah dedicate Nehemiah's wall,a priest who helped dedicate the wall,father of a prophet (Uriah?) from Kiriath-Jearim that Jehoiakim executed,a deceived leader in exile who demanded Jeremiah's execution,father of Delaiah, a prince of Judah in the time of Jehoiakim
 · seorang Etiopia a man of Ethiopia,a member of the nation of Ethiopia
 · seorang Ismael a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang perempuan Amon member(s) of the tribe/nation of Ammon
 · Sisak the king of Egypt in the time of Solomon


Topik/Tema Kamus: Raja | Yerobeam | Rehabeam | Yerusalem | Dosa Suatu Bangsa | Libia | Nabi | Tinggal, Meninggalkan Allah | Rendah, Kerendahan Hati | Tegur, Teguran | Logam | Silsilah | Sifat Hati Yang Tidak Dibarui | Istana | Bait Suci Yang Pertama | Abia | Suk | Cari, Mencari Allah | Hukum, Hukum Allah | Kitab | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: 2Taw 12:1 - SELURUH ISRAEL. Nas : 2Taw 12:1 Di sini penulis memakai istilah "seluruh Israel" bagi kerajaan selatan (yaitu, Yehuda) saja (bd. ayat 2Taw 12:4). Di saat yang lain...

Nas : 2Taw 12:1

Di sini penulis memakai istilah "seluruh Israel" bagi kerajaan selatan (yaitu, Yehuda) saja (bd. ayat 2Taw 12:4). Di saat yang lain "seluruh Israel" mengacu kepada kerajaan utara (2Taw 10:16) atau kedua kerajaan ini (2Taw 9:30). Oleh karena itu, maknanya harus ditentukan dari konteks.

Full Life: 2Taw 12:5 - KAMU TELAH MENINGGALKAN AKU, OLEH SEBAB ITU. Nas : 2Taw 12:5 Penulis Tawarikh sering kali menekankan bahwa berkat-berkat Allah mengikuti ketaatan (2Taw 11:17) sedangkan hukuman mengikuti ketid...

Nas : 2Taw 12:5

Penulis Tawarikh sering kali menekankan bahwa berkat-berkat Allah mengikuti ketaatan (2Taw 11:17) sedangkan hukuman mengikuti ketidaktaatan (2Taw 12:1-6). Ketika raja Rehabeam berubah setia, Allah berhenti melindunginya dari musuh-musuhnya (ayat 2Taw 12:5). Kita tidak dapat mengharapkan Allah melindungi kita dari berbagai bahaya kehidupan atau serangan Iblis jikalau kita tidak setia kepada-Nya dan kehendak-Nya. Kuasa perlindungan Allah sampai kepada kita hanya melalui iman yang hidup pada Kristus

(lihat cat. --> Rom 8:28;

lihat cat. --> 1Pet 1:5).

[atau ref. Rom 8:28; 1Pet 1:5]

"Tuhan beserta dengan kamu apabila kamu beserta dengan Dia" (2Taw 15:2).

Full Life: 2Taw 12:7 - MEREKA TELAH MERENDAHKAN DIRI. Nas : 2Taw 12:7 Jikalau kita telah berbuat dosa dan dihukum karenanya, kita harus merendahkan diri di hadapan Allah dan mengaku bahwa hukuman-Nya i...

Nas : 2Taw 12:7

Jikalau kita telah berbuat dosa dan dihukum karenanya, kita harus merendahkan diri di hadapan Allah dan mengaku bahwa hukuman-Nya itu adil (ayat 2Taw 12:6; bd.

lihat cat. --> 2Taw 7:14).

[atau ref. 2Taw 7:14]

Tuhan akan mengampuni dosa-dosa kita dan memulihkan kita kepada kasih karunia dan perkenan-Nya, dan Dia bahkan mungkin mengurangi hukuman yang harus kita derita.

Full Life: 2Taw 12:14 - IA BERBUAT YANG JAHAT ... TIDAK TEKUN MENCARI TUHAN. Nas : 2Taw 12:14 Ada kaitan langsung di antara dengan tekun mencari Allah dan kekuatan-Nya dan menolak kejahatan. Agar dapat bertekun di dalam iman...

Nas : 2Taw 12:14

Ada kaitan langsung di antara dengan tekun mencari Allah dan kekuatan-Nya dan menolak kejahatan. Agar dapat bertekun di dalam iman, kita harus dengan teguh memutuskan untuk senantiasa mencari muka Allah di dalam doa yang sungguh-sungguh; dengan melakukan hal itu, kita akan dapat menolak dosa, membenci dunia, menaati Firman Allah serta mengikuti pimpinan Roh Kudus hingga tiba saatnya kita pulang kepada Allah. Pada pihak lain, tanpa ketetapan teguh ini dalam hati kita, kita akan segera meninggalkan Allah dan keselamatan-Nya dan menyesuaikan diri dengan cara-cara fasik masyarakat sekeliling kita.

BIS: 2Taw 12:12 - -- Ayat ini bisa juga diterjemahkan sebagai berikut: Karena raja merendahkan diri kepada TUHAN, maka redalah kemarahan TUHAN kepadanya, dan TUHAN tidak m...

Ayat ini bisa juga diterjemahkan sebagai berikut: Karena raja merendahkan diri kepada TUHAN, maka redalah kemarahan TUHAN kepadanya, dan TUHAN tidak membinasakan dia sama sekali. Keadaan di Yehuda pun menjadi baik.

Jerusalem: 2Taw 12:1-16 - -- Pada berita mengenai serangan Sisak yang disajikan 1Ra 14, si Muwarikh menambah 2Ta 12:2-8 dan 2Ta 12:12. Ini dipungutnya dari sebuah sumber lain, bar...

Pada berita mengenai serangan Sisak yang disajikan 1Ra 14, si Muwarikh menambah 2Ta 12:2-8 dan 2Ta 12:12. Ini dipungutnya dari sebuah sumber lain, barangkali tulisan nabi Semaya yang disebut dalam 2Ta 12:15.

Jerusalem: 2Taw 12:15 - yang juga memuat daftar silsilah Naskah Ibrani kurang jelas maksudnya dan terjemahannya dikira-kirakan saja.

Naskah Ibrani kurang jelas maksudnya dan terjemahannya dikira-kirakan saja.

Ende: 2Taw 12:7 - merendahkan diri merupakan istilah biasa Kitab Tawarich, jang berarti: bertobat, hal mana sangat ditekan kitab ini.

merupakan istilah biasa Kitab Tawarich, jang berarti: bertobat, hal mana sangat ditekan kitab ini.

Ref. Silang FULL: 2Taw 12:1 - seluruh Israel // meninggalkan // menjadi kokoh // menjadi teguh · seluruh Israel: 1Taw 9:1; 1Taw 9:1 · meninggalkan: 2Taw 7:19; 2Taw 7:19 · menjadi kokoh: 2Taw 12:13; 2Taw 1:1 · menjadi ...

· seluruh Israel: 1Taw 9:1; [Lihat FULL. 1Taw 9:1]

· meninggalkan: 2Taw 7:19; [Lihat FULL. 2Taw 7:19]

· menjadi kokoh: 2Taw 12:13; 2Taw 1:1

· menjadi teguh: 2Taw 11:17

Ref. Silang FULL: 2Taw 12:2 - majulah Sisak // berubah setia · majulah Sisak: 1Raj 11:40 · berubah setia: 1Raj 14:22-24; 1Taw 5:25; 1Taw 5:25

· majulah Sisak: 1Raj 11:40

· berubah setia: 1Raj 14:22-24; 1Taw 5:25; [Lihat FULL. 1Taw 5:25]

Ref. Silang FULL: 2Taw 12:3 - orang Libia // orang Etiopia · orang Libia: Dan 11:43 · orang Etiopia: Kej 10:6; Kej 10:6; 2Taw 14:9; 16:8; Yes 18:2; Am 9:7; Nah 3:9

· orang Libia: Dan 11:43

· orang Etiopia: Kej 10:6; [Lihat FULL. Kej 10:6]; 2Taw 14:9; 16:8; Yes 18:2; Am 9:7; Nah 3:9

Ref. Silang FULL: 2Taw 12:4 - merebut kota-kota · merebut kota-kota: 2Taw 11:10; 2Taw 11:10

· merebut kota-kota: 2Taw 11:10; [Lihat FULL. 2Taw 11:10]

Ref. Silang FULL: 2Taw 12:5 - Nabi Semaya // Akupun meninggalkan · Nabi Semaya: 2Taw 11:2 · Akupun meninggalkan: Ul 28:15; Ul 28:15

· Nabi Semaya: 2Taw 11:2

· Akupun meninggalkan: Ul 28:15; [Lihat FULL. Ul 28:15]

Ref. Silang FULL: 2Taw 12:6 - merendahkan diri // yang benar · merendahkan diri: Im 26:41; Im 26:41; 2Taw 6:37; 2Taw 6:37 · yang benar: Kel 9:27; Ezr 9:15; Mazm 11:7; 116:5; Dan 9:14

· merendahkan diri: Im 26:41; [Lihat FULL. Im 26:41]; 2Taw 6:37; [Lihat FULL. 2Taw 6:37]

· yang benar: Kel 9:27; Ezr 9:15; Mazm 11:7; 116:5; Dan 9:14

Ref. Silang FULL: 2Taw 12:7 - akan meluputkan // kehangatan murka-Ku · akan meluputkan: Mazm 78:38 · kehangatan murka-Ku: Ul 9:19; Mazm 69:25; Yer 7:20; 42:18; Yeh 5:13

· akan meluputkan: Mazm 78:38

· kehangatan murka-Ku: Ul 9:19; Mazm 69:25; Yer 7:20; 42:18; Yeh 5:13

Ref. Silang FULL: 2Taw 12:8 - menjadi hamba-hambanya · menjadi hamba-hambanya: Ul 28:48

· menjadi hamba-hambanya: Ul 28:48

Ref. Silang FULL: 2Taw 12:9 - juga perisai-perisai · juga perisai-perisai: 2Taw 9:16

· juga perisai-perisai: 2Taw 9:16

Ref. Silang FULL: 2Taw 12:12 - merendahkan diri // yang baik · merendahkan diri: 2Taw 6:37; 2Taw 6:37 · yang baik: 1Raj 14:13; 1Raj 14:13; 2Taw 19:3

· merendahkan diri: 2Taw 6:37; [Lihat FULL. 2Taw 6:37]

· yang baik: 1Raj 14:13; [Lihat FULL. 1Raj 14:13]; 2Taw 19:3

Ref. Silang FULL: 2Taw 12:13 - menunjukkan dirinya // membuat nama-Nya · menunjukkan dirinya: 2Taw 12:1; 2Taw 12:1; 1Raj 2:12; 1Raj 2:12 · membuat nama-Nya: Kel 20:24; Kel 20:24; Ul 12:5

· menunjukkan dirinya: 2Taw 12:1; [Lihat FULL. 2Taw 12:1]; 1Raj 2:12; [Lihat FULL. 1Raj 2:12]

· membuat nama-Nya: Kel 20:24; [Lihat FULL. Kel 20:24]; Ul 12:5

Ref. Silang FULL: 2Taw 12:15 - riwayat Semaya · riwayat Semaya: 2Taw 11:2; 2Taw 11:2

· riwayat Semaya: 2Taw 11:2; [Lihat FULL. 2Taw 11:2]

Ref. Silang FULL: 2Taw 12:16 - Kemudian Rehabeam // Maka Abia · Kemudian Rehabeam: 1Taw 3:10; 1Taw 3:10 · Maka Abia: 2Taw 11:20; 2Taw 11:20

· Kemudian Rehabeam: 1Taw 3:10; [Lihat FULL. 1Taw 3:10]

· Maka Abia: 2Taw 11:20; [Lihat FULL. 2Taw 11:20]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: 2Taw 12:1--36:16 - -- B. Para Pemimpin Yehuda (12:1-36:16). Sembilan belas laki-laki dan satu orang perempuan yang menduduki takhta Daud dari tahun 930 sM hingga 586 sM sa...

B. Para Pemimpin Yehuda (12:1-36:16).

Sembilan belas laki-laki dan satu orang perempuan yang menduduki takhta Daud dari tahun 930 sM hingga 586 sM sangat beragam wataknya mulai dari yang kokoh dan baik hingga yang lemah dan jahat. Nasib setiap bangsa sebagian besar ditentukan oleh kaliber kepemimpinannya, dan hal ini sangat nyata di dalam kehidupan bangsa Israel di mana tangan Allah sering kali ikut campur tangan secara lebih nyata daripada di tempat lainnya. Penulis Tawarikh dengan demikian memberikan dorongan kepada manusia sezamannya untuk menyerahkan diri kepada Allah dengan cara menunjukkan berdasarkan berbagai kelepasan Yehuda secara mukjizat oleh Allah pada masa lalu betapa "iman adalah kemenangan" yang dapat mengalahkan dunia (II Taw. 20:20). Namun pada saat yang bersamaan, dan dari data sejarah yang sama pula, penulis Tawarikh mengingatkan mereka akan bahayanya berkompromi dengan dunia, bersikap acuh terhadap Hukum Taurat dan bertindak menyimpang dari Tuhan. Sebab pola dasar dari sejarah Yehuda adalah kemerosotan religius. Dosa demikian mengakar di dalam kehidupan mereka sehingga seorang Yosia sekalipun tidak mampu membalik arus: "Oleh sebab itu murka Tuhan bangkit terhadap umat-Nya, sehingga tidak mungkin lagi pemulihan" (36;16). Allah bisa menghukum umat yang telah dipilih-Nya! Di dalam hal tertentu 12:1-36:16 sangat sama dengan I Raja-Raja 14:22; II Raja-Raja 24:20. Akan tetapi, sebagian besar dari Kitab Raja-Raja dihilangkan, misalnya: kehidupan para nabi dan, tentu saja, juga seluruh sejarah kerajaan Israel di utara (bdg. Pendahuluan, Tujuan Penulisan). Namun tentang Yehuda, penulis Tawarikh memberikan sejumlah teladan mengesankan tentang iman dan tentang kelepasan yang tidak ada paralelnya di dalam Kitab Raja-Raja.

Wycliffe: 2Taw 12:1-16 - -- 1) Rehabeam (12:1-16). Putra Salomo, Rehabeam, menggantikannya sebagai raja pada tahun 930 sM dan memerintah sampai 913 sM. Pasal 12 memuat kisah ten...

1) Rehabeam (12:1-16).

Putra Salomo, Rehabeam, menggantikannya sebagai raja pada tahun 930 sM dan memerintah sampai 913 sM. Pasal 12 memuat kisah tentang pemerintahan Rehabeam dengan peneguhan kekuasaannya sebagai raja (ay. 1) sesudah perpecahan kerajaan Salomo menjadi sesuatu yang tidak bisa diubah lagi (ps. 10;11). Kemudian dikisahkan tentang hukuman yang dikenakan kepadanya karena meninggalkan hukum Taurat (ay. 1-6) dan pemulihannya sesudah menyerahkan diri kepada Allah (ay. 7-12). Sebuah rangkuman tentang masa pemerintahannya sepanjang tujuh belas tahun mengakhiri bagian ini (ay. 13-16). Kisah yang sama dalam bentuk yang lebih ringkas terdapat di I Raja-Raja 14:21-31.

Wycliffe: 2Taw 12:1 - Rehabeam ... meninggalkan hukum Tuhan // Pada tahun kelima, // majulah Sisak ... menyerang 1. Rehabeam ... meninggalkan hukum Tuhan. Dengan melakukan hal-hal yang tidak senonoh dan menyembah dewa-dewa Kanaan (I Raj. 14:23, 23; 15:12). Inilah...

1. Rehabeam ... meninggalkan hukum Tuhan. Dengan melakukan hal-hal yang tidak senonoh dan menyembah dewa-dewa Kanaan (I Raj. 14:23, 23; 15:12). Inilah penyebab yang menentukan terjadinya serangan Sisak (ay. 2). 2. Pada tahun kelima, yaitu tahun 925* sM, (Tanda * menunjuk kepada kemungkinan terjadinya peristiwa bersangkutan pada bulan-bulan terakhir tabun sebelumnya; lih. Edwin R. Thiele, The Mysterious Numbers of the Hebrew Kings, On. 55) majulah Sisak ... menyerang. Serangan Sisak I ini, sang pendiri Dinasti Kedua puluh dua di Mesir yang bersifat energik, telah dipertegas oleh daftar kota-kota di Palestina yang ditaklukkannya, yang terukir pada tembok-tembok dari kuil Amon di Karnak. Daftar ini memperlihatkan bahwa Sisak menjarah Israel di utara maupun Yehuda di selatan.

Wycliffe: 2Taw 12:3 - Orang Libia // Orang Suki 3. Orang Libia. Orang Libia dari Afrika Utara. Orang Suki. Tetap tidak teridentifikasi hingga sekarang.

3. Orang Libia. Orang Libia dari Afrika Utara. Orang Suki. Tetap tidak teridentifikasi hingga sekarang.

Wycliffe: 2Taw 12:5 - Semaya // Mereka merendahkan diri 5. Semaya. Lihat tafsiran 11:2. 7. Mereka merendahkan diri dan tertolong (ay. 12), jadi mengilustrasikan suatu prinsip yang umum (I Ptr. 5:6) walaupun...

5. Semaya. Lihat tafsiran 11:2. 7. Mereka merendahkan diri dan tertolong (ay. 12), jadi mengilustrasikan suatu prinsip yang umum (I Ptr. 5:6) walaupun Rehabeam tampaknya tidak terlalu terpengaruh oleh rangkaian peristiwa ini (12:14).

Wycliffe: 2Taw 12:8 - Supaya mereka tahu membedakan ... mengabdi kepada-Ku 8. Supaya mereka tahu membedakan ... mengabdi kepada-Ku. Dibandingkan dengan mengabdi kepada dunia. Alangkah jauh lebih baik untuk mengabdi kepada All...

8. Supaya mereka tahu membedakan ... mengabdi kepada-Ku. Dibandingkan dengan mengabdi kepada dunia. Alangkah jauh lebih baik untuk mengabdi kepada Allah (Mat. 11:28-30)?

Wycliffe: 2Taw 12:9 - Sisak ... merampas juga perisai-perisai emas 9. Sisak ... merampas juga perisai-perisai emas. Lihat tafsiran 9:15.

9. Sisak ... merampas juga perisai-perisai emas. Lihat tafsiran 9:15.

Wycliffe: 2Taw 12:10 - Sebagai gantinya raja Rehabeam membuat perisai-perisai tembaga 10. Sebagai gantinya raja Rehabeam membuat perisai-perisai tembaga. Ketidaksetiaan menjadikan dia hanya meniru kemuliaan masa lalu.

10. Sebagai gantinya raja Rehabeam membuat perisai-perisai tembaga. Ketidaksetiaan menjadikan dia hanya meniru kemuliaan masa lalu.

Wycliffe: 2Taw 12:11 - Bentara-bentara ... pula yang mengembalikannya, 11. Bentara-bentara ... pula yang mengembalikannya, maksudnya: menaruh kembali sesudah dipakai.

11. Bentara-bentara ... pula yang mengembalikannya, maksudnya: menaruh kembali sesudah dipakai.

Wycliffe: 2Taw 12:12 - Terdapat hal-hal yang baik di Yehuda 12. Terdapat hal-hal yang baik di Yehuda. Penyerahan diri yang sungguh-sungguh berlanjut terus.

12. Terdapat hal-hal yang baik di Yehuda. Penyerahan diri yang sungguh-sungguh berlanjut terus.

Wycliffe: 2Taw 12:13 - Tuhan ... membuat nama-Nya tinggal di sana, 13. Tuhan ... membuat nama-Nya tinggal di sana, maksudnya: di Yerusalem. Lihat tafsiran 6:6.

13. Tuhan ... membuat nama-Nya tinggal di sana, maksudnya: di Yerusalem. Lihat tafsiran 6:6.

Wycliffe: 2Taw 12:15 - Riwayat ... Ido ... yang juga memuat daftar silsilah. Isi 15. Riwayat ... Ido ... yang juga memuat daftar silsilah. Isi riwayat tersebut mungkin sebagian besar terdiri atas silsilah.

15. Riwayat ... Ido ... yang juga memuat daftar silsilah. Isi riwayat tersebut mungkin sebagian besar terdiri atas silsilah.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: 2Taw 12:1-16 - Sesat ketika membuang Allah dan firman-Nya. (Senin, 20 Mei 2002) Sesat ketika membuang Allah dan firman-Nya. Perkara-perkara yang terjadi dalam dunia ini tidak saja tergantung pada hal-hal yang terkait dengan aspek ...

Topik Teologia: 2Taw 12:6 - -- Allah yang Berpribadi Tuhan yang Benar 2Ta 12:6 Allah itu Adil Kel 34:6-7 Ula 32:4 2Ta 12:6 Neh 9:33 Ayu 34:17-30 Maz...

Topik Teologia: 2Taw 12:14 - -- Dosa Dosa-dosa Terhadap Allah Dosa-dosa Penolakan Tidak Mencari Allah 2Ta 12:14 2Ta 16:12 Ayu 31:24-25,28 Maz 10:13 Maz 14:1-3 Maz...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: 2 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) Penulis : Ezra (?) Tema : Ibadah, Kebangunan Rohani, dan Pembaharuan Sejati Tanggal Penulisan: 450-420 SM Latar Belakang Karen...

Full Life: 2 Tawarikh (Garis Besar) Garis Besar I. Salomo: Sumbangan-Sumbangan Penting Masa Pemerintahannya (2Taw 1:1-9:31) A. Penegakan Kepemimpinan Sal...

Jerusalem: 2 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) KITAB-KITAB TAWARIKH, EZRA DAN NEHEMIA PENGANTAR Di samping karya sejarah dari tradisi Ulangan yang merangkum kitab Hakim-hakim, Samuel dan Raja-raja,...

Ende: 2 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) KITAB TAWARICH PENDAHULUAN Sebagai pengutji daftar kitab2 sutji tradisi Jahudi di Palestina -- menjimpang dari tradisi Babel dan terdjemahan2 kuno, --...

Wycliffe: 2 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN 2 TAWARIKH LIHAT PENDAHULUAN I TAWARIKH

Wycliffe: 2 Tawarikh (Garis Besar) GARIS BESAR 2 TAWARIKH I. Masa Pemerintahan Salomo (1:1-9:31)> A. Penobatan Salomo (1:1-17) B. Bait Suci Salomo (2:1-7:22) ...

BIS: 2 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) II TAWARIKH PENGANTAR Buku II Tawarikh merupakan lanjutan buku I Tawarikh. Buku ini mulai dengan kisah pemerintahan Raja Salomo sampai wafatnya. Set

II TAWARIKH

PENGANTAR

Buku II Tawarikh merupakan lanjutan buku I Tawarikh. Buku ini mulai dengan kisah pemerintahan Raja Salomo sampai wafatnya. Setelah mengemukakan kisah pemberontakan suku-suku utara di bawah pimpinan Yerobeam melawan Raja Rehabeam, buku ini hanya mengemukakan sejarah Yehuda, yaitu kerajaan selatan, sampai jatuhnya Yerusalem pada tahun 586 Sebelum Masehi.

Isi

  1.  Pemerintahan Salomo
    2Taw 1:1-9:31
    1. a. Tahun-tahun pertama
      2Taw 1:1-17
    2. b. Pembangunan Rumah TUHAN
      2Taw 2:1-7:10
    3. c. Tahun-tahun kemudian
      2Taw 7:11-9:31
  2.  Pemberontakan suku-suku utara
    2Taw 10:1-19
  3.  Raja-raja Yehuda
    2Taw 11:1-36:12
  4.  Jatuhnya Yerusalem
    2Taw 36:13-23

Intisari: 2 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) Pelajaran mengenai Kesetiaan ISI II TAWARIKH II Tawarikh menceritakan kisah umat Allah dengan pemeritahan Raja Salomo. Kitab itu menelusuri berbagai

Pelajaran mengenai Kesetiaan

ISI II TAWARIKH
II Tawarikh menceritakan kisah umat Allah dengan pemeritahan Raja Salomo. Kitab itu menelusuri berbagai kejadian yang menimpa Yehuda selama hampir empat ratus tahun sampai akhirnya negeri itu hancur, rakyatnya dibuang dan ibukotanya dihancurkan (587 SM). Kisah kehancuran ini bukan merupakan kata akhir Tawarikh. Kalimat-kalimat terakhir dari kitab ini menunjuk kepada masa depan yang penuh harapan ketika bangsa ini dipulihkan melalui maklumat raja Kores (2Ta 36:23).

MENGAPA KITAB INI DITULIS
Si penyusun mempunyai tiga alasan untuk menyusun kitab ini:
1. Untuk menafsirkan jalannya sejarah. Ia menerangkan mengapa beberapa raja memerintah dengan damai dan sejahtera sedangkan yang lain memerintah dalam pergolakan. Rahasia keberhasilan itu terletak pada kesetiaan kepada Allah.
2. Untuk mengajar. Si penyusun tidak puas hanya dengan menguraikan masa lalu dalam tulisannya. Ia ingin menghimbau umat Allah untuk belajar dari kesalahan-kesalahan yang terjadi sepanjang sejarah, dan setia kepada-Nya sekarang.
3. Untuk menggugah iman. Banyak orang Yahudi merasa Allah telah meninggalkan mereka. Dengan menjelaskan sebab-sebab dari penderitaan mereka, si penyusun mendorong mereka untuk kembali percaya kepada Allah yang besar dan berkuasa. Untuk komentar terinci mengenai mengapa 2 Tawarikh ditulis bacalah komentar mengenai 1 Tawarikh.

CIRI KHUSUS
1. Si penyusun setia kepada keluarga Daud dan memperlihatkan bagaimana Allah tetap setia memenuhi janji-Nya bahwa takta Daud akan tetap aman (2Ta 21:7) kendati Ia mempunyai alasan untuk tidak melakukannya.
2. Kerajaan Israel Utara dianggap melakukan kesalahan, karena memisahkan diri dari takta Daud (2Ta 13:1-12). Dalam seluruh kitab tindakan bangsa israel dianggap jahat (misalnya 2Ta 21:6,13). Sejarah bangsa Israel diabaikan kecuali kisah yang dapat dipakai sebagai peringatan untuk tidak melakukan kesalahan.
3. Peristiwa dalam sejarah dipakai sedemikian rupa sehingga arti kerohaniannya dapat ditonjolkan. Si penyusun tidak mengada-ada maupun memutarbalikkan sejarah; ia juga bukannya tidak teliti. 1 dan 2 Raja-raja memberikan gambaran sejarah yang lebih lengkap tentang kisah bangsa Israel dan Yehuda, tetapi kedua kitab itu tidak menunjukkan motivasi yang sama untuk menggunakan sejarah guna mengajar masalah rohani.

Pesan

1. Pentingnya perjanjian
Pesan utama II Tawarikh terletak dalam 2Ta 15:2: Tuhan beserta dengan kamu bilamana kamu berserta dengan Dia. Bilamana kamu mencari-Nya. Ia berkenan ditemui olehmu, tetapi bilamana kamu meninggalkannya, kamu akan ditinggalkan-Nya. Hubungan Allah dengan umat-Nya diatur oleh suatu perjanjian, yang didalamnya Allah akan memberkati mereka sepanjang mereka taat kepada-Nya. Kitab ini dengan jelas memberi gambaran mengenai penerapan dari prinsip ini dalam sejarah bangsa Yehuda. Taat pada perjanjian membawa kemakmuran; menyalahi perjanjian membawa kehancuran.

2. Allah perjanjian
o Allah itu besar. 2Ta 2:6; 6:18
o Allah itu baik. 2Ta 5:13
o Allah itu adil. 2Ta 12:6
o Allah itu berkuasa. 2Ta 13:12
o Allah memakmurkan mereka yang percaya kepada-Nya. 2Ta 13:18; 17:5,6; 20:20; 25:7-9; 27:6
o Allah menolong yang lemah. 2Ta 14:11; 20:12, 15-17
o Allah itu panjang sabar. 2Ta 21:7

3. Hukum Allah dalam perjanjian
o Hukum Allah mengemukkan apa yang harus dilakukan oleh manusia untuk dapat menerima kepenuhan berkat Allah. 2Ta 6:16; 33:8
o Mengabaikan hukum Allah akan membawa bencana. 2Ta 12:1,2
o Kebangunan rohani akan menyebarluaskan hukum Allah. 2Ta 17:9
o Hukum Allah menyangkut masalah manusia. 2Ta 19:10
o Hukum Allah menyangkut penyembahan yang benar. 2Ta 23:18; 29:15
o Ketaatan mambawa kemakmuran. 2Ta 31:12
o Oleh karena dosa, manusia sering perlu bertobat dan memperbarui penghayatannya terhadap hukum Allah. 2Ta 14:2-5; 17:6; 24:1-14; 29:1-31:21; 34:1-35:27

4. Manusia perjanjian
o Mereka harus tetap taat sampai pada akhirnya. 2Ta 16:1-14; 24:17-27; 26:16-23
o Mereka harus menyadari bahaya kesombongan. 2Ta 32:24-31
o Mereka harus peka terhadap suara Tuhan. 2Ta 19:2,3; 20:35-37; 35:20-26
o Mereka harus menanggung segala akibat dosa. 2Ta 35:20-25
o Mereka dapat cepat tanggap terhadap berita gembira pengampunan. 2Ta 33:10-20

Penerapan

1. Bagi pemerintahan dunia
o Allah mengatur urusan semua bangsa.
o Allah mengharapkan ketaatan dari semua bangsa.
o Allah memakai nasib setiap bangsa untuk melaksanakan kehendak-Nya.
o Allah lebih kaya dari kekayaan segala bangsa.

2. Bagi orang-orang Kristen yang percaya
o Sebagai pelaku ibadah:
- Ibadah harus berpusat pada kebesaran Allah
- Ibadah memerlukan ketaatan yang sungguh-sungguh
- Ibadah harus dijaga kekudusannya
- Ibadah berarti menaikkan pujian dengan penuh kegembiraan
- Ibadah menyangkut hal memberi dengan suka cita
o Sebagai pekerja:
- Pelayanan atas dasar kemauan
- Pelayanan harus tepat
- Pelayanan harus ditujukan bagi Allah
o Sebagai murid:
- Kita harus sering memperbarui janji kita.
- Kita harus selalu siap menghadapi pencobaan setiap hari.
- Kita harus mendengarkan suara Tuhan dengan hati-hati.
- Kita harus bertekad untuk menjadi murid yang teguh.

Tema-tema Kunci

1. Kebijaksanaan
Pelajarilah permohonan Salomo, dan perhatikan mengapa Allah berkenan atas permohonan itu dan apa yang kemudian terjadi (2Ta 1:7-17). Apakah kita memasukkan kebijaksanaan dalam doa kita?

2. Rumah Tuhan
Tulislah pelajaran apa saja yang dapat dipelajari dari cara Salomo membangun Rumah Tuhan; hal-hal yang dikatakannya kepada Allah dan apa yang dikatakan Allah kepadanya (2Ta 2:1-7:22).

3. Dukungan rohani
Apa yang dapat kita pelajari dari pengalaman beberapa raja (2Ta 22:3; 24:17-19; 26:5) tentang berkat dan bahaya dari persekutuan dengan orang-orang Kristen yang lebih dewasa?

4. Penderitaan
Penderitaan dapat merupakan pembawa pesan dari Tuhan (2Ta 16:12; 32:24,25; 33:10-13); masalah yang penting ialah bagaimana reaksi kita terhadap penderitaan. Dengan cara apa lagi Allah berbicara pada kita dewasa ini?

5. Perubahan
Kitab ini berisi banyak contoh mengenai raja-raja yang berubah menjadi jahat dan seorang raja yang menjadi baik. Siapakah mereka? Bahaya apa yang diperlihatkan oleh mereka yang tidak setia? Apakah Injil kita mengizinkan adanya perubahan drastis (2Ta 33:1-20)?

6. Pujian
Pelajarilah ajaran yang beguna tentang memuji Allah (2Ta 5:11-14; 6:14-42; 20:15-30). Apa yang dapat dipelajari oleh Gereja dewasa ini mengenai dasar dan isi penyembahan kita?

7. Bimbingan
Kesalahan apa yang terdapat pada cara yang dipakai oleh Ahab dalam mencari bimbingan (2Ta 18:1-34)? Sampai dimana kita membuat kesalahan dalam hal ini?

8. Memberi
Pelajaran penting apa yang diajarkan dalam 2 Tawarikh mengenai memberi (2Ta 24:10; 31:2-21)? Carilah pengajaran serupa dalam Perjanjian Baru.

9. Iman
Tulislah segi apa dalam kehidupan Anda yang memerlukan latihan iman Anda, seperti yang dilakukan oleh Yosafat (2Ta 20:20).

Garis Besar Intisari: 2 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) [1] PEMERINTAHAN RAJA SALOMO 2Ta 1:1-9:31 2Ta 1:1-17 Raja Salomo: kebijaksanaan dan kekayaannya 2Ta 2:1-8Persiapan pembuatan Rumah Tuhan

[1] PEMERINTAHAN RAJA SALOMO 2Ta 1:1-9:31

2Ta 1:1-17 Raja Salomo: kebijaksanaan dan kekayaannya
2Ta 2:1-8Persiapan pembuatan Rumah Tuhan
2Ta 3:1-17Pembangunan Rumah Tuhan
2Ta 4:1-5:1Memperlengkapi Rumah Tuhan
2Ta 5:2-14Tabut Perjanjian dibawa ke Rumah Tuhan
2Ta 6:1-42Pidato dan doa Raja Salomo
2Ta 7:1-10 Raja Salomo meresmikan Rumah Tuhan
2Ta 7:1-22Tuhan berbicara kepada Salomo
2Ta 8:1-18Jasa-jasa Salomo yang lain
2Ta 9:1-12Kunjungan Ratu negeri Syeba
2Ta 9:13-28Kekayaan Raja Salomo
2Ta 9:29-31Kematian Raja Salomo

[2] MASA PEMERINTAHAN PARA PENGGANTI SALOMO 2Ta 10:1-36:23

2Ta 10:1-19Kerajaan terpecah
2Ta 11:1-12:16Rehobeam: kebaikan yang dilakukannya
2Ta 13:1-14:1Abia: bersandar kepada Tuhan
2Ta 14:2-16:14Asa: pada mulanya sangat taat kepada Tuhan
2Ta 17:1-21:3Yosafat: bangga melayani Tuhan
2Ta 21:4-20Yehoram: tidak seorang pun meratapi kematiannya
2Ta 22:1-9Ahazia: dibujuk untuk melakukan kejahatan
2Ta 22:10-24:16Yoas: raja muda yang menjadi pembaharu
2Ta 24:17-27Yoas: tidak patuh kepada Tuhan
2Ta 25:1-28Amazia: pengikut Tuhan yang setengah-setengah
2Ta 26:1-23Uzia: kesombongan menyebabkan kejatuhannya
2Ta 27:1-9Yotam: berjalan dengan teguh mengikuti Tuhan
2Ta 28:1-27Ahas: menyebarkan kejahatan
2Ta 29:1-32:33Hizkia: berhasil dalam setiap usahanya
2Ta 33:1-20Manasye: dalam kekalutan ia mencari Tuhan
2Ta 33:21-25Amon: bertambah-tambah dosanya
2Ta 34:1-35:27Yosia: bertindak sesuai dengan undang-undang
2Ta 36:1-14Yoahas: pemerintahan yang singkat
2Ta 36:5-8Yoyakim: melakukan hal-hal yang dibenci Tuhan
2Ta 36:9,10Yoyakim: melakukan kejahatan di mata Tuhan
2Ta 36:11-14Zedekia: tidak mau berpaling kepada Tuhan
2Ta 36:15-22Jatuhnya Yerusalem
2Ta 36:23Pengharapan untuk masa depan
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #08: Klik ikon untuk memisahkan teks alkitab dan catatan secara horisontal atau vertikal. [SEMUA]
dibuat dalam 0.20 detik
dipersembahkan oleh YLSA