Teks -- Yohanes 1:41 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
BIS -> Yoh 1:41
(Mesias ... Penyelamat): Lihat kamus di bawah kata Kristus.
Jerusalem -> Yoh 1:41
Var: pagi-pagi benar var lain: pertama-tama.
Ende: Yoh 1:41 - Pagi-pagi Ada jang menterdjemahkannja dengan "pertama-tama". Menurut kata
asli tidak salah, tapi dalam hubungan ini kurang tjotjok. Kedua murid tinggal
Ada jang menterdjemahkannja dengan "pertama-tama". Menurut kata asli tidak salah, tapi dalam hubungan ini kurang tjotjok. Kedua murid tinggal
Ende: Yoh 1:41 - genap hari bersama dengan Jesus, tentu sadja sampai malam, dan keesokan
harinja pagi-pagi buta, Andreas pergi mentjari saudaranja untuk memberi kabar
gembira jan...
bersama dengan Jesus, tentu sadja sampai malam, dan keesokan harinja pagi-pagi buta, Andreas pergi mentjari saudaranja untuk memberi kabar gembira jang mereka alami.
Ref. Silang FULL -> Yoh 1:41
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)
Hagelberg: Yoh 1:41 - -- 1:41 Andreas mula-mula157 bertemu dengan Simon, saudaranya, dan ia berkata kepadanya: "Kami telah menemukan Mesias158 (artinya: Kristus159)."
Murid ya...
1:41 Andreas mula-mula157 bertemu dengan Simon, saudaranya, dan ia berkata kepadanya: "Kami telah menemukan Mesias158 (artinya: Kristus159)."
Murid yang baru, Andreas, menjadi yang pertama yang memahami bahwa hubungan pribadi adalah saluran yang paling efektif untuk memperkenalkan Kristus Yesus. Kesaksian Yohanes Pembaptis begitu mengesankan, sehingga Andreas tidak segan memperkenalkan Yesus sebagai Mesias. Sebagai murid Tuhan Yesus, pengertian Andreas mengenai arti dari sebutan Mesias akan diperluaskan.
Hagelberg: Yoh 1:35-42 - -- 3. Yesus mendapat murid-murid pertama (1:35-42)
Bagian ini menjadi peralihan antara pelayanan Yohanes Pembaptis dan pelayanan Yesus Kristus, karena da...
3. Yesus mendapat murid-murid pertama (1:35-42)
Bagian ini menjadi peralihan antara pelayanan Yohanes Pembaptis dan pelayanan Yesus Kristus, karena dalam bagian ini murid Yohanes menggabungkan diri mereka dengan Yesus.
Jika membandingkan peristiwa ini dengan peristiwa panggilan murid-murid Tuhan Yesus dalam Injil Sinoptik (Matius 4:18-22; Markus pasal 1:16-20; dan Lukas 5:1-11) ada beberapa perbedaan yang menonjol. Dalam ketiga Injil Sinoptik Tuhan Yesus secara aktif memanggil mereka, sedangkan dalam Injil Yohanes murid-murid dan Yohanes Pembaptis adalah yang berinisiatif. Panggilan yang diceritakan oleh Yohanes terjadi "di Betania yang di seberang sungai Yordan, di mana Yohanes membaptis", sedangkan panggilan yang diceritakan dalam Injil Sinoptik terjadi di tepi Danau Galilea. Ternyata data dari keempat Injil berbeda tetapi tidak kontradiktif. Misalnya, tidak ada kata, "Ini panggilan yang satu-satunya...", dan Injil Sinoptik tidak berkata bahwa tidak pernah berbicara dengan mereka di Betania. Setiap penulis Injil mencatat peristiwa yang sesuai dengan tujuan Injilnya masing-masing, dari pengalaman mereka dan dari riset mereka.
Yohanes memakai sebutan "Kedua belas" mengenai kedua belas murid itu (pasal 6:67, 70, 71; dan 20:24)147, tetapi dia tidak memberi daftar nama mereka seperti ada dalam Injil Sinoptik (Matius 10:2-4; Markus 3:16-19; dan Lukas 6:13-16).148 Mungkin daftar nama tidak dicatat oleh Yohanes karena dia tidak mau menyebutkan namanya sendiri.
Hagelberg: Yoh 1:41 - -- 1:41 Andreas mula-mula157 bertemu dengan Simon, saudaranya, dan ia berkata kepadanya: "Kami telah menemukan Mesias158 (artinya: Kristus159)."
Murid ya...
1:41 Andreas mula-mula157 bertemu dengan Simon, saudaranya, dan ia berkata kepadanya: "Kami telah menemukan Mesias158 (artinya: Kristus159)."
Murid yang baru, Andreas, menjadi yang pertama yang memahami bahwa hubungan pribadi adalah saluran yang paling efektif untuk memperkenalkan Kristus Yesus. Kesaksian Yohanes Pembaptis begitu mengesankan, sehingga Andreas tidak segan memperkenalkan Yesus sebagai Mesias. Sebagai murid Tuhan Yesus, pengertian Andreas mengenai arti dari sebutan Mesias akan diperluaskan.
A. Pengantar pada Pelayanan Yesus (1:19-51)
II. PENYATAAN YESUS DENGAN KATA DAN PERBUATAN (1:19-10:42)