kecilkan semua  

Teks -- Yohanes 3:17 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
3:17 Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Topik/Tema Kamus: Nikodemus | Selamat, Keselamatan | Marah, Kemarahan Tuhan Allah | Yesus | Yohanes, Injil | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Ref. Silang FULL: Yoh 3:17 - dalam dunia // oleh Dia · dalam dunia: Yoh 6:29,57; 10:36; 11:42; 17:8,21; 20:21 · oleh Dia: Yes 53:11; Mat 1:21; Mat 1:21; Luk 2:11; Luk 2:11; Luk 19:10; Yoh ...

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Yoh 3:1-21 - -- 3:1-21 Lahir jasmani, dan lahir dari Roh

3:1-21 Lahir jasmani, dan lahir dari Roh

Hagelberg: Yoh 3:1-21 - -- 3:1-21 Lahir jasmani, dan lahir dari Roh

3:1-21 Lahir jasmani, dan lahir dari Roh

Hagelberg: Yoh 3:17 - -- 3:17 Sebab Allah mengutus310 Anak-Nya311 ke dalam dunia bukan untuk menghukum312 dunia, melainkan untuk menyelamatkannya313 oleh Dia. Seolah-olah Yoha...

3:17 Sebab Allah mengutus310 Anak-Nya311 ke dalam dunia bukan untuk menghukum312 dunia, melainkan untuk menyelamatkannya313 oleh Dia.

Seolah-olah Yohanes berkata, "Meskipun waktu itu kami, sebagai orang Yahudi, berpikir bahwa Mesias harus datang dan menghakimi Kerajaan Roma yang menindas kami, tetapi kami keliru. Ternyata kerinduan kami untuk kemenangan yang bersifat politis adalah sangat dangkal. Dia datang untuk memperjuangkan suatu kemenangan yang jauh lebih mendasar, kemenangan yang bersifat moril. Kami, dan mereka di Roma juga, perlu diselamatkan. Mungkin setelah hal itu sudah beres, barulah kemenangan-Nya secara politis diurus."

Morris314 mengutip Holtzmann, yang berkata, "Mata hari tidak datang untuk mengadakan bayangan. Demikian juga Kristus tidak datang untuk menghukum, tetapi hukuman (sama seperti bayangan itu) merupakan akibat dari hakekat dan situasi dunia ini." Dengan demikian tidak ada kontradiksi antara ayat ini dan kata Tuhan Yesus dalam pasal 9:39, yaitu, "Aku datang ke dalam dunia untuk menghakimi, supaya barangsiapa yang tidak melihat, dapat melihat, dan supaya barangsiapa yang dapat melihat, menjadi buta." Menyelamatkan dan menghukum adalah "dua belah dari satu uang logam".315 Dengan kata lain, jika ada orang yang diselamatkan, ada juga orang yang tidak diselamatkan, atau dihukum.

Hagelberg: Yoh 3:16-21 - -- 6. Penjelasan panjang I (3:16-21) Zaman itu bahasa Yunani tidak memakai tanda kutip untuk menandai permulaan atau akhir percakapan, sehingga kadang-ka...

6. Penjelasan panjang I (3:16-21)

Zaman itu bahasa Yunani tidak memakai tanda kutip untuk menandai permulaan atau akhir percakapan, sehingga kadang-kadang agak sulit memastikan siapa berbicara. Nas ini merupakan salah satu kasus kesulitan tersebut. Ada sarjana yang berkata bahwa seluruh pasal 3:1-21 menceritakan percakapan antara Tuhan Yesus dan Nikodemus.300 Namun beberapa sarjana yang lain301 berpikir bahwa kata Tuhan Yesus beakhir dengan ayat 15, dan ayat 16-21 merupakan renungan atau penjelasan Rasul Yohanes.

Hal ini tidak dapat ditentukan secara pasti. Memang jika seluruh Perjanjian Baru diterima sebagai Firman Allah, maka kata Tuhan Yesus dan kata Rasul Yohanes sama-sama diterima sebagai Firman Allah. Meskipun demikian, penulis berpikir bahwa ayat 16-21 merupakan renungan Rasul Yohanes, karena:

1. Di dalamnya ada istilah tertentu yang tidak dipakai oleh Tuhan Yesus.302

2. Istilah "telah mengaruniakan"303 menceritakan sesuatu yang sudah terjadi, tetapi penyaliban-Nya belum terjadi pada waktu Tuhan Yesus berbicara dengan Nikodemus. Pada waktu Rasul Yohanes menulis Injil Yohanes, memang, Allah "telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal."304

Ternyata puncak percakapan Tuhan Yesus dengan Nikodemus, yaitu pasal 3:15, mengandung kebenaran yang begitu indah sehingga Yohanes merasa bahwa dia harus mengembangkan pokok itu bagi para pembaca. Nampaknya ayat 15 menimbulkan pikiran yang perlu dia catat bagi kita. Apa yang dia catat bagi kita belum dapat dikatakan kepada Nikodemus, yang sudah menjadi bingung, dan saat itu belum siap bertumbuh dalam iman, tetapi para pembaca, yang telah membaca pasal 1-2, dapat menangkap apa yang diuraikan dalam nas ini.

Hagelberg: Yoh 3:17 - -- 3:17 Sebab Allah mengutus310 Anak-Nya311 ke dalam dunia bukan untuk menghukum312 dunia, melainkan untuk menyelamatkannya313 oleh Dia. Seolah-olah Yoha...

3:17 Sebab Allah mengutus310 Anak-Nya311 ke dalam dunia bukan untuk menghukum312 dunia, melainkan untuk menyelamatkannya313 oleh Dia.

Seolah-olah Yohanes berkata, "Meskipun waktu itu kami, sebagai orang Yahudi, berpikir bahwa Mesias harus datang dan menghakimi Kerajaan Roma yang menindas kami, tetapi kami keliru. Ternyata kerinduan kami untuk kemenangan yang bersifat politis adalah sangat dangkal. Dia datang untuk memperjuangkan suatu kemenangan yang jauh lebih mendasar, kemenangan yang bersifat moril. Kami, dan mereka di Roma juga, perlu diselamatkan. Mungkin setelah hal itu sudah beres, barulah kemenangan-Nya secara politis diurus."

Morris314 mengutip Holtzmann, yang berkata, "Mata hari tidak datang untuk mengadakan bayangan. Demikian juga Kristus tidak datang untuk menghukum, tetapi hukuman (sama seperti bayangan itu) merupakan akibat dari hakekat dan situasi dunia ini." Dengan demikian tidak ada kontradiksi antara ayat ini dan kata Tuhan Yesus dalam pasal 9:39, yaitu, "Aku datang ke dalam dunia untuk menghakimi, supaya barangsiapa yang tidak melihat, dapat melihat, dan supaya barangsiapa yang dapat melihat, menjadi buta." Menyelamatkan dan menghukum adalah "dua belah dari satu uang logam".315 Dengan kata lain, jika ada orang yang diselamatkan, ada juga orang yang tidak diselamatkan, atau dihukum.

Hagelberg: Yoh 2:1--4:45 - -- B. Pelayanan yang Awal: Tanda, Perbuatan, dan Kata (2:1-4:45)

B. Pelayanan yang Awal: Tanda, Perbuatan, dan Kata (2:1-4:45)

Hagelberg: Yoh 1:19--10:42 - -- II. PENYATAAN YESUS DENGAN KATA DAN PERBUATAN (1:19-10:42)

II. PENYATAAN YESUS DENGAN KATA DAN PERBUATAN (1:19-10:42)

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Yoh 3:1-21 - Percakapan Kristus dengan Nikodemus Dalam pasal ini diceritakan tentang: I. Percakapan Kristus dengan ...

SH: Yoh 3:14-21 - Berilah respons yang tepat! (Rabu, 23 Januari 2008) Berilah respons yang tepat! Judul : Berilah respons yang tepat! Yesus menerangkan bahwa "Dilahirkan kembal...

SH: Yoh 3:13-21 - Menerima karya salib (Senin, 2 Januari 2006) Menerima karya salib Judul: Menerima karya salib Dosa membuat manusia mengalami hukuman Allah. Huk...

SH: Yoh 3:13-21 - Hidup Kekal (Rabu, 1 Januari 2020) Hidup Kekal Istilah kelahiran baru merupakan konsep yang sama sekali tidak dipahami oleh Nikodemus. Ia memaknai k...

SH: Yoh 3:1-21 - Terpikat oleh karya Allah. (Kamis, 31 Desember 1998) Terpikat oleh karya Allah. Terpikat oleh karya Allah. Pelayanan Tuhan Yesus yang begitu menakjubkan, y...

SH: Yoh 3:1-21 - Iman vs moralisme (Minggu, 30 Desember 2001) Iman vs moralisme Iman vs moralisme. Kepada orang yang memiliki moral dan etika yang tinggi, berita kes...

SH: Yoh 3:1-12 - Harus Terlahir Kembali (Selasa, 31 Desember 2019) Harus Terlahir Kembali Kerohanian tidak ditentukan dari gelar yang disandangnya. Ada orang yang memiliki jabatan ...

Utley: Yoh 3:16-21 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 3:16-21...

Topik Teologia: Yoh 3:17 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Aktif Allah Aktif dalam Kehidupan Yesus ...

TFTWMS: Yoh 3:1-36 - Engkau Harus Dilahirkan Kembali "ENGKAU HARUS DILAHIRKAN KEMBALI" (Yohanes 3:1-36) Kadang-...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yohanes Tema : Yesus, Putra Allah Tanggal Penulisan: 80-95 M...

Full Life: Yohanes (Garis Besar) Garis Besar Prolog tentang Logos (Yoh 1:1-18)...

Matthew Henry: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Kita tidak sedang membahas kapan dan di mana Injil ini dituliskan. Kita yakin Injil ini diberikan melalui inspirasi Allah kepada Yohanes, saudara Y...

Jerusalem: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INJIL YOHANES PENGANTAR INJIL YOHANES DAN SURAT-SURAT YOHANES Injil Yoh...

Ende: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN JOANES KATA PENGANTAR Karangan Indjil ini biasa disebut "Indjil keempat". Menurut riwajat...

Hagelberg: Yohanes (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Prakata Pendahuluan Injil Yohanes dapat diumpamakan sebagai sebuah kolam yang b...

Hagelberg: Yohanes (Garis Besar) GARIS BESAR I. KATA PENGANTAR (1:1-18...

Hagelberg: Yohanes DAFTAR PUSTAKA Daftar Kepustakaan Barrett, C. K., The Gospel According to St. John, an Introduction with C...

TFTWMS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (YOHANES 3:1-36) Beginilah ceritanya bahwa George Whitefi...

TFTWMS: Yohanes (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Hanya di sini kita menemukan perkataan "kerajaan Allah" di dalam Injil Yohanes. Ia m...

BIS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH YOHANES PENGANTAR Dalam Kabar Baik yang disampaikan oleh Yohanes ini, Yesus d...

Ajaran: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Injil Yohanes, orang-orang Kristen mengerti bahwa Allah mengambil rupa manusi...

Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Firman Allah terakhir kepada manusia INJIL YANG BERBEDA.Yohanes mempunyai cara pendekatan tersendiri pada kehidupan dan p...

Garis Besar Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Yoh 1:1-51...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #03: Coba gunakan operator (AND, OR, NOT, ALL, ANY) untuk menyaring pencarian Anda. [SEMUA]
dibuat dalam 0.08 detik
dipersembahkan oleh YLSA