Teks -- Yohanes 10:30-38 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life -> Yoh 10:34
Full Life: Yoh 10:34 - KAMU ADALAH ALLAH?
Nas : Yoh 10:34
Pernyataan Yesus ini bagaimanapun juga tidak mengajar bahwa orang
percaya harus menganggap dirinya allah. Justru sebaliknya, mereka...
Nas : Yoh 10:34
Pernyataan Yesus ini bagaimanapun juga tidak mengajar bahwa orang percaya harus menganggap dirinya allah. Justru sebaliknya, mereka yang menyatakan dirinya allah akan dihukum Allah (Yer 10:11).
- 1) Istilah "kamu adalah 'allah' " ini diucapkan Yesus kepada para
pemimpin Israel yang tidak benar karena membela orang fasik serta kejam
terhadap anak-anak (Mazm 82:1-4). Para pemimpin ini yang menganggap
dirinya allah, akan menerima hukuman dan binasa (Mazm 82:7;
lihat cat. --> Mazm 82:6).
[atau ref. Mazm 82:6]
- 2) Menyatakan diri sebagai allah adalah dosa antikristus
(2Tes 2:4,11;
lihat art. ZAMAN ANTIKRISTUS).
Jerusalem: Yoh 10:30 - -- Menurut konteksnya keterangan itu pertama-tama mengenai kekuasaan yang sama pada Bapa dan Anak. Tetapi keterangan itu kurang menentu dan kiranya disen...
Menurut konteksnya keterangan itu pertama-tama mengenai kekuasaan yang sama pada Bapa dan Anak. Tetapi keterangan itu kurang menentu dan kiranya disengaja. Maka melalui keterangan itu orang dapat melihat suatu kesatuan lebih luas dan lebih mendalam. Orang-orang Yahudi tidak keliru dengan mengertinya sebagai keterangan bahwa Yesus adalah Allah, Yoh 10:33. Bdk Yoh 1:1; 8:16,29; 10:38; 14:9-10; 17:11,21 dan Yoh 2:11+.
Jerusalem: Yoh 10:34 - kamu adalah allah Perkataan itu tertuju kepada para hakim yang disebut "ilah" secara kiasan karena jabatannya. Sebab memanglah "penghakiman berasal dari Allah", Ula 1:1...
Perkataan itu tertuju kepada para hakim yang disebut "ilah" secara kiasan karena jabatannya. Sebab memanglah "penghakiman berasal dari Allah", Ula 1:17; 19:17; Kel 21:6; Maz 58. Dengan sebuah argumentasi "a fortiori", sebagaimana lazim di kalangan para rabi, Yesus mengambil kesimpulan: jangan berteriak: Hojat, mana kala Yang Kudus dari Allah dan UtusanNya menyebut diriNya Anak Allah. Selanjutnya nasib Yesus terkait (bdk Yoh 19:7) pada gelar "Anak Allah" itu, Yoh 10:36; bdk Yoh 5:25; 11:4,27; 20:17,31. Lihat Mat 4:3+.
Jang dimaksudkan ialah seluruh Kitab Kudus P.L.
Ende: Yoh 10:34 - Ilah Istilah bahasa Arab ini berarti: orang-orang jang dianggap Allah
atau jang dihormati sebagai Allah. Sering artinja sama dengan dewa, tetapi
disini tid...
Istilah bahasa Arab ini berarti: orang-orang jang dianggap Allah atau jang dihormati sebagai Allah. Sering artinja sama dengan dewa, tetapi disini tidak. Disini dimaksudkan orang jang mempunjai suatu kekuasaan Ilahi jang diberikan kepada mereka oleh Allah. Istilah itu misalnja terdapat dalam Maz 58:1. Dalam "Kitab Mazmur" kita diterdjemahkan, atau lebih tepat disadur dengan "kaum penguasa". Baik disini maupun ditempat-tempat jang lain para hakimpun disebut "ilah" dalam tanggapan, bahwa mereka berbitjara dan mengambil keputusan-keputusan atas nama Allah, seolah-olah Allah sendiri berbitjara dan bertindak dalam mereka.
· adalah satu: Ul 6:4; Yoh 17:21-23
· dengan Allah: Im 24:16; Mat 26:63-66; Yoh 5:18
Ref. Silang FULL: Yoh 10:34 - kitab Taurat // adalah allah · kitab Taurat: Yoh 8:17; 12:34; 15:25; Rom 3:19; 1Kor 14:21
· adalah allah: Mazm 82:6
· kitab Taurat: Yoh 8:17; 12:34; 15:25; Rom 3:19; 1Kor 14:21
· adalah allah: Mazm 82:6
Ref. Silang FULL: Yoh 10:35 - siapa firman // dapat dibatalkan · siapa firman: Ibr 4:12; Ibr 4:12
· dapat dibatalkan: Mat 5:18; Mat 5:18
Ref. Silang FULL: Yoh 10:36 - yang dikuduskan // - // dalam dunia // Anak Allah · yang dikuduskan: Yer 1:5; Yoh 6:69
· -: Yer 1:5; Yoh 6:69
· dalam dunia: Yoh 3:17; Yoh 3:17
· Anak Allah: Yoh 5:17,18
Ref. Silang FULL: Yoh 10:37 - melakukan pekerjaan-pekerjaan · melakukan pekerjaan-pekerjaan: Yoh 10:25
· melakukan pekerjaan-pekerjaan: Yoh 10:25
· dalam Bapa: Yoh 14:10,11,20; 17:21
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)
Hagelberg: Yoh 10:30 - -- 10:30 Aku dan Bapa adalah820 satu821."
Tangan Tuhan Yesus dan tangan Allah Bapa melakukan pekerjaan yang sama, yaitu melindungi domba-domba-Nya. Merek...
10:30 Aku dan Bapa adalah820 satu821."
Tangan Tuhan Yesus dan tangan Allah Bapa melakukan pekerjaan yang sama, yaitu melindungi domba-domba-Nya. Mereka memiliki kesatuan dalam tujuan dan pekerjaan, suatu kesatuan yang unik. Memang menurut pasal 17:22 orang percaya dapat memiliki kesatuan yang mirip, tetapi dalam konteks Injil Yohanes (misalnya pasal 1:1, 18; 8:58; 12:41; dan 20:28) kesatuan yang dimiliki Anak dan Bapa pasti lebih mendasar daripada kesatuan antara orang-orang percaya.822 Tuhan Yesus tidak hanya berkata bahwa Dia dan Allah Bapa mempunyai kesatuan dalam hal tujuan. Dia berkata bahwa mereka memiliki kesatuan dalam hakikat. Tanggapan orang-orang Yahudi dalam ayat berikut mendukung pengertian ini.
a. Yesus adalah Mesias (10:22-30)
Hagelberg: Yoh 10:30 - -- 10:30 Aku dan Bapa adalah820 satu821."
Tangan Tuhan Yesus dan tangan Allah Bapa melakukan pekerjaan yang sama, yaitu melindungi domba-domba-Nya. Merek...
10:30 Aku dan Bapa adalah820 satu821."
Tangan Tuhan Yesus dan tangan Allah Bapa melakukan pekerjaan yang sama, yaitu melindungi domba-domba-Nya. Mereka memiliki kesatuan dalam tujuan dan pekerjaan, suatu kesatuan yang unik. Memang menurut pasal 17:22 orang percaya dapat memiliki kesatuan yang mirip, tetapi dalam konteks Injil Yohanes (misalnya pasal 1:1, 18; 8:58; 12:41; dan 20:28) kesatuan yang dimiliki Anak dan Bapa pasti lebih mendasar daripada kesatuan antara orang-orang percaya.822 Tuhan Yesus tidak hanya berkata bahwa Dia dan Allah Bapa mempunyai kesatuan dalam hal tujuan. Dia berkata bahwa mereka memiliki kesatuan dalam hakikat. Tanggapan orang-orang Yahudi dalam ayat berikut mendukung pengertian ini.
Hagelberg: Yoh 10:22-39 - -- 4. Di hari raya Pentahbisan Bait Allah: klaim-klaim Mesiani dan oposisi yang nyata (10:22-39)
Percakapan ini, yaitu antara Tuhan Yesus dan orang banya...
4. Di hari raya Pentahbisan Bait Allah: klaim-klaim Mesiani dan oposisi yang nyata (10:22-39)
Percakapan ini, yaitu antara Tuhan Yesus dan orang banyak, merupakan percakapan yang terakhir dengan orang banyak dalam Injil Yohanes. Dalam percakapan ini tema-tema yang telah dikemukakan dan dikembangkan (domba, suara gembala, iman karena mukjizat, hidup yang kekal, hubungan Tuhan Yesus dengan Bapa-Nya) dipakai dengan arti yang jelas, sehingga mereka terpaksa mengambil sikap terhadap Dia. Setelah percakapan ini, tinggal satu mukjizat lagi (kebangkitan Lazarus) untuk meyakinkan mereka bahwa Yesuslah Mesias yang mempunyai hubungan yang unik dengan Allah Bapa. Setelah peristiwa itu, Tuhan Yesus tidak ada urusan lagi dengan orang banyak dalam Injil Yohanes.
Hagelberg: Yoh 8:12--10:42 - -- D. Konfrontasi yang Radikal: puncak tanda, perbuatan, dan kata (8:12-10:42)
D. Konfrontasi yang Radikal: puncak tanda, perbuatan, dan kata (8:12-10:42)
II. PENYATAAN YESUS DENGAN KATA DAN PERBUATAN (1:19-10:42)
Hagelberg: Yoh 10:31 - -- 10:31 Sekali lagi orang-orang Yahudi mengambil batu untuk melempari Yesus.
Dalam pasal 5:18 mereka berusaha untuk membunuh Dia, dan dalam pasal 8:59 m...
10:31 Sekali lagi orang-orang Yahudi mengambil batu untuk melempari Yesus.
Dalam pasal 5:18 mereka berusaha untuk membunuh Dia, dan dalam pasal 8:59 mereka "mengambil batu untuk melempari Dia". Dalam ketiga peristiwa itu mereka hendak membunuh Dia karena Dia mengklaim kesatuan dengan Allah. Mereka mau menuruti Imamat 24:16, yang berkata, "Siapa yang menghujat nama TUHAN, pastilah ia dihukum mati dan dilontari dengan batu oleh seluruh jemaah itu...." Peraturan yang ada dalam Perjanjian Lama menuntut proses hukum, tetapi pemerintah Roma tidak mengijinkan pemimpin agama Yahudi untuk menjalankan hukuman mati (pasal 18:31). Oleh karena proses hukum yang sah tidak dapat berjalan, mereka mau melontari Dia dengan batu segera.
b. Yesus adalah Anak Allah (10:31-39)
Hagelberg: Yoh 10:31 - -- 10:31 Sekali lagi orang-orang Yahudi mengambil batu untuk melempari Yesus.
Dalam pasal 5:18 mereka berusaha untuk membunuh Dia, dan dalam pasal 8:59 m...
10:31 Sekali lagi orang-orang Yahudi mengambil batu untuk melempari Yesus.
Dalam pasal 5:18 mereka berusaha untuk membunuh Dia, dan dalam pasal 8:59 mereka "mengambil batu untuk melempari Dia". Dalam ketiga peristiwa itu mereka hendak membunuh Dia karena Dia mengklaim kesatuan dengan Allah. Mereka mau menuruti Imamat 24:16, yang berkata, "Siapa yang menghujat nama TUHAN, pastilah ia dihukum mati dan dilontari dengan batu oleh seluruh jemaah itu...." Peraturan yang ada dalam Perjanjian Lama menuntut proses hukum, tetapi pemerintah Roma tidak mengijinkan pemimpin agama Yahudi untuk menjalankan hukuman mati (pasal 18:31). Oleh karena proses hukum yang sah tidak dapat berjalan, mereka mau melontari Dia dengan batu segera.
Hagelberg: Yoh 10:32 - -- 10:32 Kata Yesus kepada mereka, "Banyak pekerjaan baik yang berasal dari Bapa-Ku yang Kuperlihatkan kepadamu; pekerjaan manakah823 di antaranya yang m...
10:32 Kata Yesus kepada mereka, "Banyak pekerjaan baik yang berasal dari Bapa-Ku yang Kuperlihatkan kepadamu; pekerjaan manakah823 di antaranya yang menyebabkan kamu mau melempari Aku?"
Dalam pasal 8:59 kita membaca bahwa "Yesus menghilang dan meninggalkan Bait Allah", tetapi dalam peristiwa ini Dia tidak segera menghilang. Dia menantang mereka, supaya mereka memikirkannya lagi.
Tantangan yang Dia lemparkan kepada mereka terkait dengan perkerjaan-Nya. Tanda-tanda yang Dia perlihatkan adalah baik dan berasal dari Bapa-Nya. Dia berharap mereka akan memikirkan kontradiksi: apa mungkin orang menghujat Allah dan melakukan mukjizat seperti menyembuhkan mata orang yang buta sejak lahir?
Hagelberg: Yoh 10:32 - -- 10:32 Kata Yesus kepada mereka, "Banyak pekerjaan baik yang berasal dari Bapa-Ku yang Kuperlihatkan kepadamu; pekerjaan manakah823 di antaranya yang m...
10:32 Kata Yesus kepada mereka, "Banyak pekerjaan baik yang berasal dari Bapa-Ku yang Kuperlihatkan kepadamu; pekerjaan manakah823 di antaranya yang menyebabkan kamu mau melempari Aku?"
Dalam pasal 8:59 kita membaca bahwa "Yesus menghilang dan meninggalkan Bait Allah", tetapi dalam peristiwa ini Dia tidak segera menghilang. Dia menantang mereka, supaya mereka memikirkannya lagi.
Tantangan yang Dia lemparkan kepada mereka terkait dengan perkerjaan-Nya. Tanda-tanda yang Dia perlihatkan adalah baik dan berasal dari Bapa-Nya. Dia berharap mereka akan memikirkan kontradiksi: apa mungkin orang menghujat Allah dan melakukan mukjizat seperti menyembuhkan mata orang yang buta sejak lahir?
Hagelberg: Yoh 10:33 - -- 10:33 Jawab orang-orang Yahudi itu, "Bukan karena suatu pekerjaan baik maka kami mau melempari Engkau, melainkan karena Engkau menghujat Allah dan kar...
10:33 Jawab orang-orang Yahudi itu, "Bukan karena suatu pekerjaan baik maka kami mau melempari Engkau, melainkan karena Engkau menghujat Allah dan karena Engkau, sekalipun hanya seorang manusia saja, menyamakan824 diri-Mu dengan Allah."
Mereka tidak siap berpikir. Mereka tidak mau merenungkan perbuatan. Mereka mau bertindak karena perkataan-Nya. Mereka berkata bahwa Dia, yang adalah manusia, menjadikan diri-Nya Allah, sedangkan yang benar adalah bahwa Dia, yang adalah Allah, menjadikan diri-Nya manusia!
Hagelberg: Yoh 10:33 - -- 10:33 Jawab orang-orang Yahudi itu, "Bukan karena suatu pekerjaan baik maka kami mau melempari Engkau, melainkan karena Engkau menghujat Allah dan kar...
10:33 Jawab orang-orang Yahudi itu, "Bukan karena suatu pekerjaan baik maka kami mau melempari Engkau, melainkan karena Engkau menghujat Allah dan karena Engkau, sekalipun hanya seorang manusia saja, menyamakan824 diri-Mu dengan Allah."
Mereka tidak siap berpikir. Mereka tidak mau merenungkan perbuatan. Mereka mau bertindak karena perkataan-Nya. Mereka berkata bahwa Dia, yang adalah manusia, menjadikan diri-Nya Allah, sedangkan yang benar adalah bahwa Dia, yang adalah Allah, menjadikan diri-Nya manusia!
Hagelberg: Yoh 10:34 - -- 10:34 Kata Yesus kepada mereka, "Tidakkah ada tertulis dalam kitab Taurat kamu: 'Aku telah berfirman: Kamu adalah825 allah826?'
Tanggapan-Nya mengarah...
10:34 Kata Yesus kepada mereka, "Tidakkah ada tertulis dalam kitab Taurat kamu: 'Aku telah berfirman: Kamu adalah825 allah826?'
Tanggapan-Nya mengarahkan mereka pada Mazmur 82. Dalam Mazmur 82 TUHAN Allah menegur para pemimpin umat Israel, karena walaupun mereka diberikan jabatan yang mulia, mereka tidak adil. Sebagai hakim-hakim Israel, mereka dapat disebut "allah", dan "anak-anak Yang Mahatinggi". Sebutan tersebut layak karena jabatan yang mulia yang mereka miliki. Mengadili adalah pekerjaan Allah, sehingga mereka dipercayai untuk melakukan suatu pekerjaan ilahi (Ulangan 1:17). Namun mereka manusia biasa, dan mereka harus dihukum. Mereka akan tewas.
Hagelberg: Yoh 10:34 - -- 10:34 Kata Yesus kepada mereka, "Tidakkah ada tertulis dalam kitab Taurat kamu: 'Aku telah berfirman: Kamu adalah825 allah826?'
Tanggapan-Nya mengarah...
10:34 Kata Yesus kepada mereka, "Tidakkah ada tertulis dalam kitab Taurat kamu: 'Aku telah berfirman: Kamu adalah825 allah826?'
Tanggapan-Nya mengarahkan mereka pada Mazmur 82. Dalam Mazmur 82 TUHAN Allah menegur para pemimpin umat Israel, karena walaupun mereka diberikan jabatan yang mulia, mereka tidak adil. Sebagai hakim-hakim Israel, mereka dapat disebut "allah", dan "anak-anak Yang Mahatinggi". Sebutan tersebut layak karena jabatan yang mulia yang mereka miliki. Mengadili adalah pekerjaan Allah, sehingga mereka dipercayai untuk melakukan suatu pekerjaan ilahi (Ulangan 1:17). Namun mereka manusia biasa, dan mereka harus dihukum. Mereka akan tewas.
Hagelberg: Yoh 10:35-36 - -- 10:35-36 Jikalau mereka, kepada siapa firman itu disampaikan, disebut 'allah'--sedang Kitab Suci tidak dapat dibatalkan--, masihkah kamu berkata kepad...
10:35-36 Jikalau mereka, kepada siapa firman itu disampaikan, disebut 'allah'--sedang Kitab Suci tidak dapat dibatalkan--, masihkah kamu berkata kepada Dia yang dikuduskan oleh Bapa dan yang telah diutus-Nya ke dalam dunia: 'Engkau menghujat Allah!' Karena Aku telah berkata: Aku Anak Allah?
Jika hakim-hakim yang tidak adil disebut allah, jelaslah Dia yang mengadakan mukjizat-mukjizat yang baik boleh disebutkan Anak Allah.
Tuhan Yesus memakai argumentasi tersebut bukan untuk membuktikan bahwa Dia boleh menyebut diri-Nya sebagai Anak Allah, tetapi hanya supaya mereka mengambil waktu untuk memikirkan logika mereka, suatu logika yang sangat lemah.
Hagelberg: Yoh 10:35-36 - -- 10:35-36 Jikalau mereka, kepada siapa firman itu disampaikan, disebut 'allah'--sedang Kitab Suci tidak dapat dibatalkan--, masihkah kamu berkata kepad...
10:35-36 Jikalau mereka, kepada siapa firman itu disampaikan, disebut 'allah'--sedang Kitab Suci tidak dapat dibatalkan--, masihkah kamu berkata kepada Dia yang dikuduskan oleh Bapa dan yang telah diutus-Nya ke dalam dunia: 'Engkau menghujat Allah!' Karena Aku telah berkata: Aku Anak Allah?
Jika hakim-hakim yang tidak adil disebut allah, jelaslah Dia yang mengadakan mukjizat-mukjizat yang baik boleh disebutkan Anak Allah.
Tuhan Yesus memakai argumentasi tersebut bukan untuk membuktikan bahwa Dia boleh menyebut diri-Nya sebagai Anak Allah, tetapi hanya supaya mereka mengambil waktu untuk memikirkan logika mereka, suatu logika yang sangat lemah.
Hagelberg: Yoh 10:37 - -- 10:37 Jikalau Aku tidak melakukan pekerjaan-pekerjaan Bapa-Ku, janganlah percaya kepada-Ku,
Dia hanya mau supaya mereka sungguh memikirkan bukti yang ...
10:37 Jikalau Aku tidak melakukan pekerjaan-pekerjaan Bapa-Ku, janganlah percaya kepada-Ku,
Dia hanya mau supaya mereka sungguh memikirkan bukti yang ada, yaitu pekerjaan-pekerjaan yang baik yang telah Dia lakukan, maka Dia mengembalikan pokok pembicaraan pada tema pekerjaan-pekerjaan Bapa-Nya, seperti ayat 25.
Hagelberg: Yoh 10:37 - -- 10:37 Jikalau Aku tidak melakukan pekerjaan-pekerjaan Bapa-Ku, janganlah percaya kepada-Ku,
Dia hanya mau supaya mereka sungguh memikirkan bukti yang ...
10:37 Jikalau Aku tidak melakukan pekerjaan-pekerjaan Bapa-Ku, janganlah percaya kepada-Ku,
Dia hanya mau supaya mereka sungguh memikirkan bukti yang ada, yaitu pekerjaan-pekerjaan yang baik yang telah Dia lakukan, maka Dia mengembalikan pokok pembicaraan pada tema pekerjaan-pekerjaan Bapa-Nya, seperti ayat 25.
Hagelberg: Yoh 10:38 - -- 10:38 tetapi jikalau Aku melakukannya dan kamu tidak mau percaya kepada-Ku, percayalah akan pekerjaan-pekerjaan itu, supaya kamu boleh mengetahui dan ...
10:38 tetapi jikalau Aku melakukannya dan kamu tidak mau percaya kepada-Ku, percayalah akan pekerjaan-pekerjaan itu, supaya kamu boleh mengetahui dan mengerti,827 bahwa Bapa di dalam Aku dan Aku di dalam Bapa."
Sifat yang paling baik adalah percaya kepada Dia, dan yang paling buruk adalah menolak Dia. Mereka juga boleh percaya akan pekerjaan-pekerjaan-Nya. Dorongan percayalah akan pekerjaan-pekerjaan itu sangat mengesankan jika kita mengingat bahwa setelah nas ini Dia membangkitkan Lazarus dari kuburannya.
Iman pada mukjizat-Nya membawa pengetahuan mengenai kesatuan antara Allah Bapa dan Tuhan Yesus.
Hagelberg: Yoh 10:38 - -- 10:38 tetapi jikalau Aku melakukannya dan kamu tidak mau percaya kepada-Ku, percayalah akan pekerjaan-pekerjaan itu, supaya kamu boleh mengetahui dan ...
10:38 tetapi jikalau Aku melakukannya dan kamu tidak mau percaya kepada-Ku, percayalah akan pekerjaan-pekerjaan itu, supaya kamu boleh mengetahui dan mengerti,827 bahwa Bapa di dalam Aku dan Aku di dalam Bapa."
Sifat yang paling baik adalah percaya kepada Dia, dan yang paling buruk adalah menolak Dia. Mereka juga boleh percaya akan pekerjaan-pekerjaan-Nya. Dorongan percayalah akan pekerjaan-pekerjaan itu sangat mengesankan jika kita mengingat bahwa setelah nas ini Dia membangkitkan Lazarus dari kuburannya.
Iman pada mukjizat-Nya membawa pengetahuan mengenai kesatuan antara Allah Bapa dan Tuhan Yesus.