kecilkan semua  

Teks -- Yohanes 1:3-9 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
1:3 Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan. 1:4 Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia. 1:5 Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya. 1:6 Datanglah seorang yang diutus Allah, namanya Yohanes; 1:7 ia datang sebagai saksi untuk memberi kesaksian tentang terang itu, supaya oleh dia semua orang menjadi percaya. 1:8 Ia bukan terang itu, tetapi ia harus memberi kesaksian tentang terang itu. 1:9 Terang yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang, sedang datang ke dalam dunia.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Yohanes a son of Zebedee; younger brother of James; the beloved disciple of Christ,a relative of Annas the high priest,a son of Mary the sister of Barnabas, and surnamed Mark,the father of Simon Peter


Topik/Tema Kamus: Yohanes | Wahyu | Yohanes, Injil | Mulia, Kemulian Kristus | Terang | Gelap, Kegelapan | Urim dan Tumim | Manusia | Tritunggal | Kuasa Kristus | Saksi, Kesaksian Roh Kudus | Gambaran, Teladan Kristus | Iman | Hidup | Cipta, Penciptaan | Buta, Buta Rohani | Gelar Dan Nama Yang Diberikan; Kepada Kristus | Cipta, Ciptaan | Kristus, Allah | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Yoh 1:4 - HIDUP ITU ADALAH TERANG MANUSIA. Nas : Yoh 1:4 Hidup yang benar dan sejati terdapat di dalam Kristus (bd. Yoh 14:6; 17:3). Hidup-Nya adalah terang bagi semua orang, maksudnya, kebe...

Nas : Yoh 1:4

Hidup yang benar dan sejati terdapat di dalam Kristus (bd. Yoh 14:6; 17:3). Hidup-Nya adalah terang bagi semua orang, maksudnya, kebenaran, sifat, dan kuasa Allah kini tersedia bagi semua orang lewat Dia (Yoh 8:12; 12:35-36,46).

Full Life: Yoh 1:5 - TERANG ITU BERCAHAYA DI DALAM KEGELAPAN. Nas : Yoh 1:5 Terang Kristus itu bersinar di dalam dunia yang jahat dan berdosa yang dikuasai oleh Iblis. Sebagian besar dunia belum menerima teran...

Nas : Yoh 1:5

Terang Kristus itu bersinar di dalam dunia yang jahat dan berdosa yang dikuasai oleh Iblis. Sebagian besar dunia belum menerima terang atau hidup-Nya, namun kegelapan tidak "menguasainya" (maksudnya, mengatasinya, mengalahkannya).

Full Life: Yoh 1:9 - TERANG ... YANG MENERANGI SETIAP ORANG. Nas : Yoh 1:9 Kristus menerangi setiap orang yang mendengarkan Injil-Nya dengan memberikan sekedar kasih karunia dan pemahaman supaya mereka dapat ...

Nas : Yoh 1:9

Kristus menerangi setiap orang yang mendengarkan Injil-Nya dengan memberikan sekedar kasih karunia dan pemahaman supaya mereka dapat memilih dengan bebas untuk menerima atau menolak berita tersebut. Terlepas dari terang Kristus ini, tidak ada terang lain yang dengannya kita dapat melihat kebenaran dan diselamatkan.

BIS: Yoh 1:4 - Sabda itu sumber hidup Sabda itu sumber hidup: atau Segala sesuatu yang diciptakan, mempunyai hidup dalam bersatu dengan Sabda.

Sabda itu sumber hidup: atau Segala sesuatu yang diciptakan, mempunyai hidup dalam bersatu dengan Sabda.

Jerusalem: Yoh 1:3-4 - dari segala yang telah dijadikan. Dalam dia ada hidup Kata-kata ini juga dapat dihubungkan secara lain, sehingga menjadi: Dari segala yang telah dijadikan, Dialah hidup (nya).

Kata-kata ini juga dapat dihubungkan secara lain, sehingga menjadi: Dari segala yang telah dijadikan, Dialah hidup (nya).

Jerusalem: Yoh 1:4 - Dalam Dia ada hidup Var: Dialah hidup.

Var: Dialah hidup.

Jerusalem: Yoh 1:5 - tidak menguasainya Terang (kebaikan, Firman) terluput dari genggaman kegelapan (Yang jahat, kekuasaan jahat), bdk Yoh 7:33 dst; Yoh 8:21; 12:21; 12:31,32; 14:30; 1Yo 2:8...

Terang (kebaikan, Firman) terluput dari genggaman kegelapan (Yang jahat, kekuasaan jahat), bdk Yoh 7:33 dst; Yoh 8:21; 12:21; 12:31,32; 14:30; 1Yo 2:8,14; 4:4; 5:18. Terjemahan lain: Dan kegelapan itu tidak mengertinya.

Jerusalem: Yoh 1:6-8 - -- Ayat-ayat ini berupa sebuah sisipan mengenai tugas Yohanes Pembaptis, Yoh 1:15; bdk Mat 3:1 dsj, dll.

Ayat-ayat ini berupa sebuah sisipan mengenai tugas Yohanes Pembaptis, Yoh 1:15; bdk Mat 3:1 dsj, dll.

Jerusalem: Yoh 1:9 - -- terjemahan lain: (Firman itu) adalah terang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang; Ia datang ke dalam dunia. Atau: Ia (Firman) adalah terang yang ...

terjemahan lain: (Firman itu) adalah terang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang; Ia datang ke dalam dunia. Atau: Ia (Firman) adalah terang yang sesungguhnya yang menerangi setiap orang yang datang ke dalam dunia.

Ende: Yoh 1:1-18 - -- Kata pembukaan bertjorak madah ini mengandung atjara pokok, inti-sari dan suasana seluruh karangan Indjil ini.

Kata pembukaan bertjorak madah ini mengandung atjara pokok, inti-sari dan suasana seluruh karangan Indjil ini.

Ende: Yoh 1:4 - Hidup Jesus mempunjai hidup Ilahi dengan sepenuhnja, dan Ia datang untuk memberi kita bagian didalamnja.

Jesus mempunjai hidup Ilahi dengan sepenuhnja, dan Ia datang untuk memberi kita bagian didalamnja.

Ende: Yoh 1:4 - Tjahaja Istilah ini dalam Indjil keempat umumnja berarti: kemuliaan abadi.

Istilah ini dalam Indjil keempat umumnja berarti: kemuliaan abadi.

Ende: Yoh 1:5 - -- Pertentangan "tjahaja"dan "kegelapan" merupakan satu gagasan jang istimewa sepandjang karangan Joanes. "Kegelapan", ialah dunia jang pertjaja dan seba...

Pertentangan "tjahaja"dan "kegelapan" merupakan satu gagasan jang istimewa sepandjang karangan Joanes. "Kegelapan", ialah dunia jang pertjaja dan sebab itu mempunjai kemuliaan (hidup) abadi.

Ende: Yoh 1:7 - Memberi kesaksian Tudjuan chusus karangan Indjil ini, ialah membuktikan dan mendjelaskan bahwa Jesus benar-benar Putera Allah jang diutus Allah sebagai Mesias. Tugas Jo...

Tudjuan chusus karangan Indjil ini, ialah membuktikan dan mendjelaskan bahwa Jesus benar-benar Putera Allah jang diutus Allah sebagai Mesias. Tugas Joanes Pemandi disini melulu ditindjau dari sudut, bahwa ia diutus untuk mendahului Jesus, guna memperkenalkanNja sebagai Mesias kepada umat Israel. Demikian pula Yoh 1:15 dan Yoh 1:19-36.

Ende: Yoh 1:9 - Datang kedunia "Dunia dalam karangan ini kadang-kadang berarti alam semesta atau seluruh bumi, tetapi umumnja kalangan-kalangan manusia jang bertjita-tjita serba dja...

"Dunia dalam karangan ini kadang-kadang berarti alam semesta atau seluruh bumi, tetapi umumnja kalangan-kalangan manusia jang bertjita-tjita serba djasmani dan duniawi, mengabaikan nilai-nilai abadi dan menolak Indjil.

Ref. Silang FULL: Yoh 1:3 - telah dijadikan · telah dijadikan: Yoh 1:10; 1Kor 8:6; Kol 1:16; Ibr 1:2

· telah dijadikan: Yoh 1:10; 1Kor 8:6; Kol 1:16; Ibr 1:2

Ref. Silang FULL: Yoh 1:4 - ada hidup // adalah terang · ada hidup: Yoh 5:26; Yoh 5:26; Yoh 6:57; 11:25; 14:6; Kis 3:15; Ibr 7:16; 1Yoh 1:1,2; 5:20; Wahy 1:18 · adalah terang: Mazm 36:10; Yo...

Ref. Silang FULL: Yoh 1:5 - dalam kegelapan // tidak menguasainya · dalam kegelapan: Mazm 18:29 · tidak menguasainya: Yoh 3:19

· dalam kegelapan: Mazm 18:29

· tidak menguasainya: Yoh 3:19

Ref. Silang FULL: Yoh 1:6 - namanya Yohanes · namanya Yohanes: Mat 3:1; Mat 3:1

· namanya Yohanes: Mat 3:1; [Lihat FULL. Mat 3:1]

Ref. Silang FULL: Yoh 1:7 - memberi kesaksian // menjadi percaya · memberi kesaksian: Yoh 1:15,19,32; Yoh 3:26; 5:33 · menjadi percaya: Yoh 1:12; Yoh 3:15; Yoh 3:15

· memberi kesaksian: Yoh 1:15,19,32; Yoh 3:26; 5:33

· menjadi percaya: Yoh 1:12; Yoh 3:15; [Lihat FULL. Yoh 3:15]

Ref. Silang FULL: Yoh 1:9 - Terang // setiap orang · Terang: 1Yoh 2:8 · setiap orang: Yes 49:6

· Terang: 1Yoh 2:8

· setiap orang: Yes 49:6

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Yoh 1:3 - -- 1:3 Segala sesuatu dijadikan melalui50 Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan. Setelah membahas hubunga...

1:3 Segala sesuatu dijadikan melalui50 Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.

Setelah membahas hubungan antara Firman dan Allah Bapa, Yohanes membahas peranan Firman dalam ciptaan. Ini sangat wajar, karena justru dalam menciptakan, Allah menyatakan diri-Nya.51 Ayat ini dapat dibagi dua. Apa yang dikatakan dalam bagian pertama, yaitu Segala sesuatu dijadikan melalui Dia, diulangi dalam bentuk negatif dalam bagian kedua, yaitu tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan. Pengulangan seperti ini sering terdapat dalam Injil Yohanes. Pengulangan ini menekankan pernyataan bagian pertama. Dalam kasus ini Yohanes menekankan bahwa segala sesuatu diciptakan melalui Firman.52

Hagelberg: Yoh 1:1-18 - -- I. KATA PENGANTAR (1:1-18) 1:1-5 Pendahuluan Kelima ayat ini begitu singkat dan padat, sehingga sungguh membangkitkan rasa keingintahuan kita, "Bag...

I. KATA PENGANTAR (1:1-18)

1:1-5 Pendahuluan

Kelima ayat ini begitu singkat dan padat, sehingga sungguh membangkitkan rasa keingintahuan kita, "Bagaimana mungkin terjadi bahwa 'Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah'?" Tema-tema yang sangat besar dimasukkan dalam "ruangan" yang begitu sempit, yaitu lima ayat, 61 kata Yunani, 61 kata yang singkat dan biasa. Tema-tema yang dikemukakan antara lain persekutuan antara Firman dan Allah Bapa, keilahian Firman, hidup dan terang yangdibawa kepada manudia oleh Firman itu, penjelmaan, dan perlawanan. Tema-tema yang diceritakan dengan kata yang biasa, sehingga semula kita merasa bahwa segala yang dia katakan mudah dimengerti. Namun, jika direnungkan kita mulai menyadari bahwa dia menulis kebenaran yang amat dalam dan sulit dipahami.

Kedelapan belas ayat yang pertama dalam Injil Yohanes mengemukakan tema-tema yang pokok dan istilah-istilah yang khas, yang dikembangkan lebih lanjut dalam pasal 1:19-21:25.33 Dengan demikian, para pembaca bagian ini, yang rindu untuk memperoleh kasih karunia dan terang melalui Dia yang menjelma menjadi manusia menjadi tertarik untuk membaca seluruh Injil Yohanes.

Dari segi bentuk bagian ini, Culpepper34 mengamati beberapa ayat yang begitu sejajar, sehingga bentuk "baji" muncul, di mana pasal 1:12b menjadi matanya. Menurut dia, pasal 1:1-2 sejajar dengan 1:18, 1:3 sejajar dengan 1:17, 1:4-5 sejajar dengan 1:16, 1:6-8 sejajar dengan 1:15, 1:9-10 sejajar dengan 1:14, 1:11 sejajar dengan 1:13, 1:12a sejajar dengan 1:12c.

Pengamatannya digambarkan di bawah ini:

1:1-2

1:18

Ternyata bentuk "baji"35 ini tidak jarang dalam Firman Allah, dan tidak asing bagi para pembaca pertama. Struktur ini menekankan ayat yang menjadi matanya atau engselnya. Dalam kasus ini pasal 12:b menjadi engselnya. Struktur ini menekankan kepentingan "diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah". Penekanan ini sesuai dengan tujuan Injil Yohanes, yaitu penginjilan.

Hagelberg: Yoh 1:3 - -- 1:3 Segala sesuatu dijadikan melalui50 Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan. Setelah membahas hubunga...

1:3 Segala sesuatu dijadikan melalui50 Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.

Setelah membahas hubungan antara Firman dan Allah Bapa, Yohanes membahas peranan Firman dalam ciptaan. Ini sangat wajar, karena justru dalam menciptakan, Allah menyatakan diri-Nya.51 Ayat ini dapat dibagi dua. Apa yang dikatakan dalam bagian pertama, yaitu Segala sesuatu dijadikan melalui Dia, diulangi dalam bentuk negatif dalam bagian kedua, yaitu tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan. Pengulangan seperti ini sering terdapat dalam Injil Yohanes. Pengulangan ini menekankan pernyataan bagian pertama. Dalam kasus ini Yohanes menekankan bahwa segala sesuatu diciptakan melalui Firman.52

Hagelberg: Yoh 1:4 - -- 1:4 Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia. Pasal 1:3 membahas penciptaan "segala sesuatu". Dalam ayat ini adanya hidup dalam ciptaan...

1:4 Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia.

Pasal 1:3 membahas penciptaan "segala sesuatu". Dalam ayat ini adanya hidup dalam ciptaan Allah dibahas. Yohanes tidak mengatakan bahwa hidup itu diciptakan "oleh" atau "melalui" Firman. Dia hanya dapat mengatakan bahwa hidup itu ada dalam Firman. Rupanya hidup yang sebenarnya itu tidak mempunyai keberadaan di luar Firman.53

Di dalam Perjanjian Lama arti yang tepat bagi istilah hidup (atau "hayat") dapat ditemui. Mazmur 36:9 berkata, "Sebab pada-Mu ada sumber hayat, di dalam terang-Mu kami melihat terang." Seluruh Mazmur 133 menguraikan ciri khas hidup.

Hagelberg: Yoh 1:4 - -- 1:4 Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia. Pasal 1:3 membahas penciptaan "segala sesuatu". Dalam ayat ini adanya hidup dalam ciptaan...

1:4 Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia.

Pasal 1:3 membahas penciptaan "segala sesuatu". Dalam ayat ini adanya hidup dalam ciptaan Allah dibahas. Yohanes tidak mengatakan bahwa hidup itu diciptakan "oleh" atau "melalui" Firman. Dia hanya dapat mengatakan bahwa hidup itu ada dalam Firman. Rupanya hidup yang sebenarnya itu tidak mempunyai keberadaan di luar Firman.53

Di dalam Perjanjian Lama arti yang tepat bagi istilah hidup (atau "hayat") dapat ditemui. Mazmur 36:9 berkata, "Sebab pada-Mu ada sumber hayat, di dalam terang-Mu kami melihat terang." Seluruh Mazmur 133 menguraikan ciri khas hidup.

Hagelberg: Yoh 1:5 - -- 1:5 Terang itu bercahaya54 di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.55 Kalau konteks ayat ini, yang membahas penciptaan "segala yang ad...

1:5 Terang itu bercahaya54 di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.55

Kalau konteks ayat ini, yang membahas penciptaan "segala yang ada", dipertimbangkan, maka ayat ini dapat diartikan secara jasmani, yaitu bahwa terang yang dimaksudkan adalah terang jasmani. Pada waktu Allah Bapa menciptakan semesta alam melalui Firman, apa yang sebelumnya gelap menjadi terang. Tetapi kalau seluruh Injil Yohanes dibaca, maka arti kiasan bagi dua hal ini sudah jelas. Istilah terang merujuk pada keselamatan dalam Yesus Kristus, dan istilah kegelapan merujuk pada kuasa dosa.

Hagelberg: Yoh 1:5 - -- 1:5 Terang itu bercahaya54 di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.55 Kalau konteks ayat ini, yang membahas penciptaan "segala yang ad...

1:5 Terang itu bercahaya54 di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.55

Kalau konteks ayat ini, yang membahas penciptaan "segala yang ada", dipertimbangkan, maka ayat ini dapat diartikan secara jasmani, yaitu bahwa terang yang dimaksudkan adalah terang jasmani. Pada waktu Allah Bapa menciptakan semesta alam melalui Firman, apa yang sebelumnya gelap menjadi terang. Tetapi kalau seluruh Injil Yohanes dibaca, maka arti kiasan bagi dua hal ini sudah jelas. Istilah terang merujuk pada keselamatan dalam Yesus Kristus, dan istilah kegelapan merujuk pada kuasa dosa.

Hagelberg: Yoh 1:6 - -- 1:6 Datanglah seorang yang diutus Allah, namanya Yohanes;56 Pengantar Injil Yohanes membahas tema-tema yang amat penting dalam Injil Yohanes. Oleh kar...

1:6 Datanglah seorang yang diutus Allah, namanya Yohanes;56

Pengantar Injil Yohanes membahas tema-tema yang amat penting dalam Injil Yohanes. Oleh karena itu, maka rasanya aneh bahwa Rasul Yohanes membahas Yohanes Pembaptis dalam tiga ayat ini. Yohanes Pembaptis memang penting, tetapi apakah dia sepenting tema penciptaan, dan tema penjelman Firman, sehingga dicatat dalam Pengantar Injil Yohanes? Menurut Morris,57 kepentingan dan batas kepentingan Yohanes Pembaptis diuraikan dalam Pengantar ini karena, walaupun Yohanes Pembaptis sendiri sangat jelas bahwa dia hanya datang untuk bersaksi mengenai Yesus Kristus, tetapi rupanya antara penganutnya ada yang menganggap dia sebagai oknum yang lebih penting daripada Yesus Kristus. Sikap mereka cukup nyata dalam Lukas 3:15; Kisah Para Rasul 19:3; dan 18:25. Menurut Carson,58 Yohanes Pembaptis dikemukakan dalam Pengantar Injil Yohanes karena justru dengan pelayanan Yohanes Pembaptis, kisah pelayanan Firman itu dimulai.

Kata kerja yang dipakai mengenai Firman dan mengenai Yohanes dapat dibandingkan. Firman itu "sudah ada",59 sedangkan Yohanes Pembaptis datang.60 Demikian juga Yohanes disebutkan sebagai seorang, sedangkan Tuhan Yesus disebut "Firman". Tetapi Rasul Yohanes tidak menyepelekan Yohanes Pembaptis. Dia berkata bahwa Yohanes Pembaptis diutus Allah. Misi Yohanes tidak berasal dari manusia, tetapi dari Allah.

Penulis Injil Yohanes sangat teliti dengan nama-nama yang dapat menimbulkan kebingungan. Sikat ini terlihat misalnya dalam pasal 13:26 dan 14:22. Tetapi penulis tidak menjelaskan bahwa Yohanes yang dimaksudkan di sini adalah Yohanes Pembaptis, dan bukan Rasul Yohanes. Dia tidak menyebut Rasul Yohanes, karena dia tidak mau menyebut dirinya sendiri.61

Hagelberg: Yoh 1:6 - -- 1:6 Datanglah seorang yang diutus Allah, namanya Yohanes;56 Pengantar Injil Yohanes membahas tema-tema yang amat penting dalam Injil Yohanes. Oleh kar...

1:6 Datanglah seorang yang diutus Allah, namanya Yohanes;56

Pengantar Injil Yohanes membahas tema-tema yang amat penting dalam Injil Yohanes. Oleh karena itu, maka rasanya aneh bahwa Rasul Yohanes membahas Yohanes Pembaptis dalam tiga ayat ini. Yohanes Pembaptis memang penting, tetapi apakah dia sepenting tema penciptaan, dan tema penjelman Firman, sehingga dicatat dalam Pengantar Injil Yohanes? Menurut Morris,57 kepentingan dan batas kepentingan Yohanes Pembaptis diuraikan dalam Pengantar ini karena, walaupun Yohanes Pembaptis sendiri sangat jelas bahwa dia hanya datang untuk bersaksi mengenai Yesus Kristus, tetapi rupanya antara penganutnya ada yang menganggap dia sebagai oknum yang lebih penting daripada Yesus Kristus. Sikap mereka cukup nyata dalam Lukas 3:15; Kisah Para Rasul 19:3; dan 18:25. Menurut Carson,58 Yohanes Pembaptis dikemukakan dalam Pengantar Injil Yohanes karena justru dengan pelayanan Yohanes Pembaptis, kisah pelayanan Firman itu dimulai.

Kata kerja yang dipakai mengenai Firman dan mengenai Yohanes dapat dibandingkan. Firman itu "sudah ada",59 sedangkan Yohanes Pembaptis datang.60 Demikian juga Yohanes disebutkan sebagai seorang, sedangkan Tuhan Yesus disebut "Firman". Tetapi Rasul Yohanes tidak menyepelekan Yohanes Pembaptis. Dia berkata bahwa Yohanes Pembaptis diutus Allah. Misi Yohanes tidak berasal dari manusia, tetapi dari Allah.

Penulis Injil Yohanes sangat teliti dengan nama-nama yang dapat menimbulkan kebingungan. Sikat ini terlihat misalnya dalam pasal 13:26 dan 14:22. Tetapi penulis tidak menjelaskan bahwa Yohanes yang dimaksudkan di sini adalah Yohanes Pembaptis, dan bukan Rasul Yohanes. Dia tidak menyebut Rasul Yohanes, karena dia tidak mau menyebut dirinya sendiri.61

Hagelberg: Yoh 1:7 - -- 1:7 ia datang sebagai saksi untuk memberi kesaksian tentang terang itu, supaya melalui62 dia semua orang menjadi percaya. Tema bersaksi dan kesaksian ...

1:7 ia datang sebagai saksi untuk memberi kesaksian tentang terang itu, supaya melalui62 dia semua orang menjadi percaya.

Tema bersaksi dan kesaksian sering dibahas dalam Injil Yohanes.63 Ini masuk akal, jika memang Injil Yohanes ditulis supaya orang percaya "bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah."

Walaupun dalam Injil Matius, Markus, dan Lukas dia disebut "Yohanes Pembaptis", tetapi julukan itu tidak dipakai dalam Injil Yohanes. Hanya lima ayat dalam Injil Yohanes (yaitu 1:26, 28; 3:23; 4:1; dan 10:40) menyebutkan bahwa Yohanes membaptiskan orang. Peranan Yohanes sebagai saksi, dan bukan sebagai Pembaptis, ditekankan dalam Injil Yohanes. Demikian juga ungkapan supaya melalui dia semua orang menjadi percaya sesuai dengan tujuan seluruh Injil Yohanes yang disebutkan di atas. Morris berkata bahwa menurut beban Rasul Yohanes, "Yohanes Pembaptis datang untuk memberi kesaksian tentang terang itu, dan kepentingan hal-hal lain yang dia lakukan" (misalkan membaptiskan orang) "tidak dapat dibandingkan dengan kepentingan hal kesaksian."64

Hagelberg: Yoh 1:7 - -- 1:7 ia datang sebagai saksi untuk memberi kesaksian tentang terang itu, supaya melalui62 dia semua orang menjadi percaya. Tema bersaksi dan kesaksian ...

1:7 ia datang sebagai saksi untuk memberi kesaksian tentang terang itu, supaya melalui62 dia semua orang menjadi percaya.

Tema bersaksi dan kesaksian sering dibahas dalam Injil Yohanes.63 Ini masuk akal, jika memang Injil Yohanes ditulis supaya orang percaya "bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah."

Walaupun dalam Injil Matius, Markus, dan Lukas dia disebut "Yohanes Pembaptis", tetapi julukan itu tidak dipakai dalam Injil Yohanes. Hanya lima ayat dalam Injil Yohanes (yaitu 1:26, 28; 3:23; 4:1; dan 10:40) menyebutkan bahwa Yohanes membaptiskan orang. Peranan Yohanes sebagai saksi, dan bukan sebagai Pembaptis, ditekankan dalam Injil Yohanes. Demikian juga ungkapan supaya melalui dia semua orang menjadi percaya sesuai dengan tujuan seluruh Injil Yohanes yang disebutkan di atas. Morris berkata bahwa menurut beban Rasul Yohanes, "Yohanes Pembaptis datang untuk memberi kesaksian tentang terang itu, dan kepentingan hal-hal lain yang dia lakukan" (misalkan membaptiskan orang) "tidak dapat dibandingkan dengan kepentingan hal kesaksian."64

Hagelberg: Yoh 1:8 - -- 1:8 Ia bukan terang itu, tetapi ia harus memberi kesaksian tentang terang itu. Tujuan Rasul Yohanes kurang jelas dalam ayat ini. Mungkin dia menulis a...

1:8 Ia bukan terang itu, tetapi ia harus memberi kesaksian tentang terang itu.

Tujuan Rasul Yohanes kurang jelas dalam ayat ini. Mungkin dia menulis ayat ini untuk melawan orang yang sepaham dengan mereka yang disebutkan dalam Lukas 3:15; Kisah Para Rasul 18:25; dan 19:3, yaitu pengikut Yohanes pembaptis yang belum mengenal Yesus Kristus. Tetapi mungkin juga ayat ini ditulis sebagai persiapan untuk lebih menegaskan apa yang dikatakan dalam ayat yang berikut.

Yohanes Pembaptis mau memberi kesaksian tentang terang itu, sedangkan mereka di Qumran diperintahkan supaya tidak ada "peringatan atau pertikaian dengan manusia jurang (maut), karena nasihat hukum Taurat harus disembunyikan dari manusia khilaf."65 Kerinduhan Tuhan supaya berita kesukaan diberitakan, dan tidak disembunyikan, nyata dalam Injil Yohanes.

Ada tujuh yang bersaksi mengenai Yesus:

1. Allah Bapa: 5:31, 34, 37; 8:18

2. Anak Allah: 8:14, 18; 3:11, 32; 8:37

3. Roh Kudus: 15:26; 16:14

4. Perbuatan Tuhan Yesus: 5:36; 10:25; 14:11; 15:24

5. Perjanjian Lama: 5:39, 45

6. Yohanes Pembaptis: 1:7, 8, 15, 19, 32, 34, 3:26; 5:33

7. Beberapa orang lain: murid-murid-Nya 15:27, wanita Samaria 4:39, orang banyak 12:17

Secara umum, kesaksian menolong orang untuk menentukan kebenaran. Fungsi ini perlu direnungkan berkaitan dengan maksud Injil Yohanes yang dinyatakan di dalam pasal 20:30-31.

Hagelberg: Yoh 1:8 - -- 1:8 Ia bukan terang itu, tetapi ia harus memberi kesaksian tentang terang itu. Tujuan Rasul Yohanes kurang jelas dalam ayat ini. Mungkin dia menulis a...

1:8 Ia bukan terang itu, tetapi ia harus memberi kesaksian tentang terang itu.

Tujuan Rasul Yohanes kurang jelas dalam ayat ini. Mungkin dia menulis ayat ini untuk melawan orang yang sepaham dengan mereka yang disebutkan dalam Lukas 3:15; Kisah Para Rasul 18:25; dan 19:3, yaitu pengikut Yohanes pembaptis yang belum mengenal Yesus Kristus. Tetapi mungkin juga ayat ini ditulis sebagai persiapan untuk lebih menegaskan apa yang dikatakan dalam ayat yang berikut.

Yohanes Pembaptis mau memberi kesaksian tentang terang itu, sedangkan mereka di Qumran diperintahkan supaya tidak ada "peringatan atau pertikaian dengan manusia jurang (maut), karena nasihat hukum Taurat harus disembunyikan dari manusia khilaf."65 Kerinduhan Tuhan supaya berita kesukaan diberitakan, dan tidak disembunyikan, nyata dalam Injil Yohanes.

Ada tujuh yang bersaksi mengenai Yesus:

1. Allah Bapa: 5:31, 34, 37; 8:18

2. Anak Allah: 8:14, 18; 3:11, 32; 8:37

3. Roh Kudus: 15:26; 16:14

4. Perbuatan Tuhan Yesus: 5:36; 10:25; 14:11; 15:24

5. Perjanjian Lama: 5:39, 45

6. Yohanes Pembaptis: 1:7, 8, 15, 19, 32, 34, 3:26; 5:33

7. Beberapa orang lain: murid-murid-Nya 15:27, wanita Samaria 4:39, orang banyak 12:17

Secara umum, kesaksian menolong orang untuk menentukan kebenaran. Fungsi ini perlu direnungkan berkaitan dengan maksud Injil Yohanes yang dinyatakan di dalam pasal 20:30-31.

Hagelberg: Yoh 1:9 - -- 1:9 Terang yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang, datang66 ke dalam dunia. Yesus Kristus adalah Terang yang sesungguhnya. Memang ada terang p...

1:9 Terang yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang, datang66 ke dalam dunia.

Yesus Kristus adalah Terang yang sesungguhnya. Memang ada terang palsu, terang tiruan, yang seolah-olah menerangi kita, tetapi akhirnya mengabaikan kita di dalam kegelapan. Sebenarnya rabi-rabi Israel menyebutkan Taurat Musa sebagai Terang Dunia, maka orang Yahudi yang membaca nas ini ditantang memilih, apakan Yesus atau Taurat Musa adalah Terang Dunia. Yang lama dan yang baru, yaitu Taurat dan Tuhan Yesus, dikontraskan dalam ayat ini.

Dalam bagian ini, yaitu pasal 1:9-14, Yohanes membahas penjelmaan Tuhan Yesus dan juga Yohanes menguraikan hal menerangi setiap orang.

Ada tiga kemungkinan untuk tafsiran ungkapan menerangi setiap orang. Kalau ungkapan setiap orang diartikan secara harfiah, maka nas ini menunjuk pada apa yang diajarkan di dalam Mazmur 19:1-6 ("Langit menceritakan kemuliaan Allah, dan cakrawala memberitakan pekerjaan tangan-Nya..."); Yakobus 1:17 ("Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang..."); dan Roma 1:20 ("Sebab apa yang tidak nampak dari pada-Nya, yaitu kekuatan-Nya yang kekal dan keilahian-Nya, dapat nampak kepada pikiran dari karya-Nya sejak dunia diciptakan..."). Menurut pengertian tersebut, Tuhan Yesus menyatakan ilham secara umum kepada segala manusia, ilham yang terkait pada keberadaan Yang Mahakuasa.

Tetapi seringkali istilah setiap dapat diterjemahkan "segala macam".67 Kalau arti "segala macam" adalah arti yang dimaksudkan dalam ayat ini, maka ada kemungkinan bahwa ayat ini menunjuk pada terang keselamatan yang dianugerahkan kepada manusia dari segala suku dan setiap tingkap ekonomi dan sosial yang ada. Memang pengertian ini sesuai dengan konteks nas ini, yang membahas keterbatasan penerimaan keselamatan yang ditawarkan kepada manusia: "dunia tidak mengenal-Nya... orang-orang kepunyaan-Nya itu tidak menerima-Nya...."

Kemungkinan yang ketiga adalah bahwa Terang yang sesungguhnya, yaitu Yesus Kristus, sudah ada di bumi, dan manusia dibagi dua oleh karena Dia telah datang. Manusia terpaksa harus bersikap pro atau kontra. Dunia ini sudah didatangi oleh Terang, dan Terang itu menyatakan sikap hati setiap orang. Ada yang menerima Dia, dan ada yang menolak Dia. Ada yang datang kepada Terang itu, dan ada yang membenci Dia. Nampaknya tafsiran ini lebih sesuai dengan pola pikir yang ada dalam Injil Yohanes, misalkan dalam pasal 3:19-21; 7:12-13, 30-31, 42-44; dan 9:39-41.

Morris68 dan Ladd69 menjelaskan mengenai arti-arti yang terkandung dalam istilah dunia:70

1. hiasan (1 Petrus 3:3)

2. semesta alam (Yohanes 1:10; 17:5, dan 24)

3. bumi (Yohanes 11:9; 16:21, 33; dan 21:25)71

4. orang banyak (Yohanes 12:19)

5. manusia secara umum (Yohanes 7:4; 12:19; 14:22; dan 18:20)

6. seluruh manusia, yang selalu melawan Allah (Yohanes 7:7; 15:18; dan 16:20)

Ternyata arti yang keenam merupakan suatu perkembangan baru bagi kata dunia, suatu perkembangan yang hanya nampak dalam tulisan Yohanes dan Paulus.72 Sebelum Perjanjian Baru ditulis, arti yang keenam itu tidak dipakai dalam segala sastra, filsafat, dan surat-surat Yunani.73

Dalam Injil Yohanes, istilah dunia hampir selalu membawa kesan yang negatif, dan tidak pernah ada kesan yang jelas positif.74 Istilah dunia tidak dipakai mengenai bumi ini yang dibaharui setelah Tuhan Yesus datang dan mendirikan Kerajaan-Nya di bumi ini.

Hagelberg: Yoh 1:9 - -- 1:9 Terang yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang, datang66 ke dalam dunia. Yesus Kristus adalah Terang yang sesungguhnya. Memang ada terang p...

1:9 Terang yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang, datang66 ke dalam dunia.

Yesus Kristus adalah Terang yang sesungguhnya. Memang ada terang palsu, terang tiruan, yang seolah-olah menerangi kita, tetapi akhirnya mengabaikan kita di dalam kegelapan. Sebenarnya rabi-rabi Israel menyebutkan Taurat Musa sebagai Terang Dunia, maka orang Yahudi yang membaca nas ini ditantang memilih, apakan Yesus atau Taurat Musa adalah Terang Dunia. Yang lama dan yang baru, yaitu Taurat dan Tuhan Yesus, dikontraskan dalam ayat ini.

Dalam bagian ini, yaitu pasal 1:9-14, Yohanes membahas penjelmaan Tuhan Yesus dan juga Yohanes menguraikan hal menerangi setiap orang.

Ada tiga kemungkinan untuk tafsiran ungkapan menerangi setiap orang. Kalau ungkapan setiap orang diartikan secara harfiah, maka nas ini menunjuk pada apa yang diajarkan di dalam Mazmur 19:1-6 ("Langit menceritakan kemuliaan Allah, dan cakrawala memberitakan pekerjaan tangan-Nya..."); Yakobus 1:17 ("Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang..."); dan Roma 1:20 ("Sebab apa yang tidak nampak dari pada-Nya, yaitu kekuatan-Nya yang kekal dan keilahian-Nya, dapat nampak kepada pikiran dari karya-Nya sejak dunia diciptakan..."). Menurut pengertian tersebut, Tuhan Yesus menyatakan ilham secara umum kepada segala manusia, ilham yang terkait pada keberadaan Yang Mahakuasa.

Tetapi seringkali istilah setiap dapat diterjemahkan "segala macam".67 Kalau arti "segala macam" adalah arti yang dimaksudkan dalam ayat ini, maka ada kemungkinan bahwa ayat ini menunjuk pada terang keselamatan yang dianugerahkan kepada manusia dari segala suku dan setiap tingkap ekonomi dan sosial yang ada. Memang pengertian ini sesuai dengan konteks nas ini, yang membahas keterbatasan penerimaan keselamatan yang ditawarkan kepada manusia: "dunia tidak mengenal-Nya... orang-orang kepunyaan-Nya itu tidak menerima-Nya...."

Kemungkinan yang ketiga adalah bahwa Terang yang sesungguhnya, yaitu Yesus Kristus, sudah ada di bumi, dan manusia dibagi dua oleh karena Dia telah datang. Manusia terpaksa harus bersikap pro atau kontra. Dunia ini sudah didatangi oleh Terang, dan Terang itu menyatakan sikap hati setiap orang. Ada yang menerima Dia, dan ada yang menolak Dia. Ada yang datang kepada Terang itu, dan ada yang membenci Dia. Nampaknya tafsiran ini lebih sesuai dengan pola pikir yang ada dalam Injil Yohanes, misalkan dalam pasal 3:19-21; 7:12-13, 30-31, 42-44; dan 9:39-41.

Morris68 dan Ladd69 menjelaskan mengenai arti-arti yang terkandung dalam istilah dunia:70

1. hiasan (1 Petrus 3:3)

2. semesta alam (Yohanes 1:10; 17:5, dan 24)

3. bumi (Yohanes 11:9; 16:21, 33; dan 21:25)71

4. orang banyak (Yohanes 12:19)

5. manusia secara umum (Yohanes 7:4; 12:19; 14:22; dan 18:20)

6. seluruh manusia, yang selalu melawan Allah (Yohanes 7:7; 15:18; dan 16:20)

Ternyata arti yang keenam merupakan suatu perkembangan baru bagi kata dunia, suatu perkembangan yang hanya nampak dalam tulisan Yohanes dan Paulus.72 Sebelum Perjanjian Baru ditulis, arti yang keenam itu tidak dipakai dalam segala sastra, filsafat, dan surat-surat Yunani.73

Dalam Injil Yohanes, istilah dunia hampir selalu membawa kesan yang negatif, dan tidak pernah ada kesan yang jelas positif.74 Istilah dunia tidak dipakai mengenai bumi ini yang dibaharui setelah Tuhan Yesus datang dan mendirikan Kerajaan-Nya di bumi ini.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Yoh 1:1-5 - Keilahian Kristus Tujuan dan maksud utama dari pasal ini adalah untuk meneguhkan iman kita kepada Kristus sebagai Anak Allah yang kekal, dan seb...

Matthew Henry: Yoh 1:6-14 - Yohanes Pembaptis Saksi Firman; Inkarnasi Firman Yohanes Pembaptis Saksi Firman; Inkarnasi Firman (1:6-14) ...

SH: Yoh 1:1-9 - Dalam Dia ada hidup. (Kamis, 24 Desember 1998) Dalam Dia ada hidup. Dalam Dia ada hidup. Dalam Injil Matius, Markus dan Lukas, di catat peristiwa kel...

SH: Yoh 1:1-9 - Bagaimana mengenal Allah? (Minggu, 23 Desember 2001) Bagaimana mengenal Allah? Bagaimana mengenal Allah? Injil Yohanes dibuka dengan penegasan bahwa Yesus ad...

SH: Yoh 1:1-9 - Terang yang memberi hidup (Minggu, 25 Desember 2005) Terang yang memberi hidup Judul: Terang yang memberi hidup Salah satu kebutuhan dalam peradaban ma...

SH: Yoh 1:1-9 - Sambutlah Sang Terang (Selasa, 25 Desember 2007) Sambutlah Sang Terang Judul : Sambutlah Sang Terang Sebagian besar orang tidak suka berada di dalam kegela...

SH: Yoh 1:1-9 - Ini Bukan Kisahku (Jumat, 22 Desember 2017) Ini Bukan Kisahku Tenzing Norgay adalah seorang pribadi yang berada di balik kesuksesan Sir Edmund Hillary mencap...

SH: Yoh 1:1-13 - Apa hubungannya dengan saya? (Selasa, 24 Desember 2013) Apa hubungannya dengan saya? Judul: Apa hubungannya dengan saya? Suatu ketika, Anda diminta menonton s...

SH: Yoh 1:1-18 - Miliki Pengenalan yang Berkualitas (Rabu, 25 Desember 2019) Miliki Pengenalan yang Berkualitas Saksi mata adalah mereka yang menyaksikan sendiri sebuah peristiwa. Jika saksi...

Utley: Yoh 1:1-5 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 1:1-5...

Utley: Yoh 1:6-8 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 1:6-8...

Utley: Yoh 1:9-13 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 1:9-13...

Topik Teologia: Yoh 1:3 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Keberadaan Allah Keberadaan Allah Didukung oleh Gerak Hati (Intuisi) Manusia ...

Topik Teologia: Yoh 1:4 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Keberadaan Allah Keberadaan Allah Didukung oleh Gerak Hati (Intuisi) Manusia ...

Topik Teologia: Yoh 1:5 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Keberadaan Allah Keberadaan Allah Didukung oleh Gerak Hati (Intuisi) Manusia ...

Topik Teologia: Yoh 1:6 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Terang Dunia ...

Topik Teologia: Yoh 1:7 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Terang Dunia ...

Topik Teologia: Yoh 1:8 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Terang Dunia ...

Topik Teologia: Yoh 1:9 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Keberadaan Allah Keberadaan Allah Didukung oleh Gerak Hati (Intuisi) Manusia ...

TFTWMS: Yoh 1:1-5 - Firman FIRMAN (Yohanes 1:1-5) "Pada mulanya adalah Firman; Firman itu b...

TFTWMS: Yoh 1:6-8 - Terang Hidup TERANG HIDUP (Yohanes 1:6-8) Menyusul pernyataannya yang mengejutkan ...

TFTWMS: Yoh 1:9-11 - Orang Yang Ditolak ORANG YANG DITOLAK (Yohanes 1:9-11) Jika Yesus benar-benar Firman il...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yohanes Tema : Yesus, Putra Allah Tanggal Penulisan: 80-95 M...

Full Life: Yohanes (Garis Besar) Garis Besar Prolog tentang Logos (Yoh 1:1-18)...

Matthew Henry: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Kita tidak sedang membahas kapan dan di mana Injil ini dituliskan. Kita yakin Injil ini diberikan melalui inspirasi Allah kepada Yohanes, saudara Y...

Jerusalem: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INJIL YOHANES PENGANTAR INJIL YOHANES DAN SURAT-SURAT YOHANES Injil Yoh...

Ende: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN JOANES KATA PENGANTAR Karangan Indjil ini biasa disebut "Indjil keempat". Menurut riwajat...

Hagelberg: Yohanes (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Prakata Pendahuluan Injil Yohanes dapat diumpamakan sebagai sebuah kolam yang b...

Hagelberg: Yohanes (Garis Besar) GARIS BESAR I. KATA PENGANTAR (1:1-18...

Hagelberg: Yohanes DAFTAR PUSTAKA Daftar Kepustakaan Barrett, C. K., The Gospel According to St. John, an Introduction with C...

TFTWMS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) "FIRMAN ITU ADALAH ALLAH" (Yohanes 1:1-13) Sampul depan te...

TFTWMS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) KATA PENGANTAR INJIL YOHANES Donald Guthrie, dalam bukunya New Testament Introduction mempersembahkan hampir seratu...

TFTWMS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) YOHANES: PERJALANAN IMAN "KAMI SENDIRI TELAH MENDENGAR" Stephen Covey, dalam bukunya yang berjudul ...

TFTWMS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (YOHANES 1:1-13) Apakah semua pembicaraan mengenai permul...

TFTWMS: Yohanes (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Jeffery L. Sheler, "Who Was Jesus?" U.S. News & World Report (20 December...

BIS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH YOHANES PENGANTAR Dalam Kabar Baik yang disampaikan oleh Yohanes ini, Yesus d...

Ajaran: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Injil Yohanes, orang-orang Kristen mengerti bahwa Allah mengambil rupa manusi...

Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Firman Allah terakhir kepada manusia INJIL YANG BERBEDA.Yohanes mempunyai cara pendekatan tersendiri pada kehidupan dan p...

Garis Besar Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Yoh 1:1-51...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #14: Gunakan Boks Temuan untuk melakukan penyelidikan lebih jauh terhadap kata dan ayat yang Anda cari. [SEMUA]
dibuat dalam 0.15 detik
dipersembahkan oleh YLSA