kecilkan semua  

Teks -- Roma 2:12-15 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
2:12 Sebab semua orang yang berdosa tanpa hukum Taurat akan binasa tanpa hukum Taurat; dan semua orang yang berdosa di bawah hukum Taurat akan dihakimi oleh hukum Taurat. 2:13 Karena bukanlah orang yang mendengar hukum Taurat yang benar di hadapan Allah, tetapi orang yang melakukan hukum Tauratlah yang akan dibenarkan. 2:14 Apabila bangsa-bangsa lain yang tidak memiliki hukum Taurat oleh dorongan diri sendiri melakukan apa yang dituntut hukum Taurat, maka, walaupun mereka tidak memiliki hukum Taurat, mereka menjadi hukum Taurat bagi diri mereka sendiri. 2:15 Sebab dengan itu mereka menunjukkan, bahwa isi hukum Taurat ada tertulis di dalam hati mereka dan suara hati mereka turut bersaksi dan pikiran mereka saling menuduh atau saling membela.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · wilayah bangsa-bangsa lain a non-Jewish person


Topik/Tema Kamus: Roma, Surat | Orang Kafir (Tidak Bertuhan) | Hakim Penghakiman | Hukum, Hukum Allah | Hati Nurani | Suara Hati (Hati Nurani) | Orang Bukan Yahudi | Manusia | Hukum, Hukum Musa | Benar Kebenaran Di Hadapan Allah | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Rm 2:12-15 - AKAN BINASA. Nas : Rom 2:12-15 Semua orang yang tetap di dalam dosa, sekalipun mereka tidak mengetahui hukum Allah, akan binasa karena mereka memiliki sedikit p...

Nas : Rom 2:12-15

Semua orang yang tetap di dalam dosa, sekalipun mereka tidak mengetahui hukum Allah, akan binasa karena mereka memiliki sedikit pengetahuan mengenai apa yang benar dan salah (ayat Rom 2:14-15). Allah tidak akan secara otomatis menyelamatkan mereka yang tidak pernah mendengarkan Injil, dan tidak akan memberikan mereka kesempatan kedua setelah mereka mati. Akibat abadi yang dihadapi mereka yang tidak berkesempatan cukup untuk mengerti Injil seharusnya menyebabkan kita berusaha sebaik-baiknya untuk membawa Injil kepada setiap orang dalam setiap negara

(lihat cat. --> Mat 4:19;

lihat cat. --> Mat 9:37).

[atau ref. Mat 4:19; 9:37]

Full Life: Rm 2:13 - ORANG YANG MELAKUKAN HUKUM TAURATLAH YANG AKAN DIBENARKAN. Nas : Rom 2:13 Paulus tidak memakai istilah "Taurat" dalam arti serangkaian peraturan yang dapat kita taati dan mendapat keselamatan tanpa kasih ka...

Nas : Rom 2:13

Paulus tidak memakai istilah "Taurat" dalam arti serangkaian peraturan yang dapat kita taati dan mendapat keselamatan tanpa kasih karunia. "Hukum Taurat" di sini mewakili kehendak Allah yang dinyatakan kepada manusia. Sekadar mendengarkan Firman Allah tidak ada gunanya kecuali disertai iman, penyerahan, dan ketaatan. Harus ada "ketaatan yang bersumber dari iman" (Rom 1:5; bd. Rom 16:26), yang terungkap melalui kasih (Gal 5:6).

Jerusalem: Rm 1:18--3:20 - -- Uraian mengenai Kebenaran Allah yang menyatakan diri melalui Injil, yang nanti akan dilanjutkan dalam Rom 3:21 dst, disusul suatu uraian tentang kebal...

Uraian mengenai Kebenaran Allah yang menyatakan diri melalui Injil, yang nanti akan dilanjutkan dalam Rom 3:21 dst, disusul suatu uraian tentang kebalikannya ialah: di luar Injil hanya "kemurkaan Allah" yang menampakkan diri, baik dalam dunia orang-orang kafir, Rom 1:18-32, maupun dalam bangsa Yahudi, Rom 2:1-3:10. Kemurkaan itu pertama-tama menyatakan dirinya dalam diperbanyaknya dosa manusia. Dalam penghakiman terakhir akan disingkapkan seluruhnya, Rom 2:6+; Mat 3:7+.

Jerusalem: Rm 2:1--3:20 - -- Sekarang Paulus berkata kepada orang Yahudi. Mula-mula, Rom 2:1-16, ia belum menyebutkan mereka, tetapi kemudian, Rom 2:17-3:20, ia berkata dengan ter...

Sekarang Paulus berkata kepada orang Yahudi. Mula-mula, Rom 2:1-16, ia belum menyebutkan mereka, tetapi kemudian, Rom 2:17-3:20, ia berkata dengan terus terang. Orang-orang Yahudi mau main hakim terhadap orang-orang lain, tetapi mereka sendiri tidak terluput, kalau berlaku seperti orang-orang lain itu, Rom 2:1-5,17-24. Hukum Taurat, Rom 2:12-13, sunat, Rom 2:25-29, dan Kitab Suci yang berharga, Rom 3:1-8, tidak membebaskan mereka dari sikap hati yang tepat. Baik orang Yahudi maupun orang kafir dapat dituntut di hadapan pengadilan Allah, Rom 2:6-11; dan kenyataannya kedua-duanya telah menjadi hamba dosa, Rom 3:9-20.

Jerusalem: Rm 2:14 - menjadi hukum Taurat bagi diri mereka Artinya: berlaku sesuai dengan hati nurani, 1Ko 4:4+, meskipun tidak ditolong oleh hukum yang diwahyukan. Hukum Taurat bukan prinsip keselamatan, teta...

Artinya: berlaku sesuai dengan hati nurani, 1Ko 4:4+, meskipun tidak ditolong oleh hukum yang diwahyukan. Hukum Taurat bukan prinsip keselamatan, tetapi hanya petunjuk jalan. Itulah sebabnya maka hukum kodrat yang tertera pada hati manusia dapat mengganti hukum Taurat.

Jerusalem: Rm 2:15 - -- Terjemahan ayat ini sulit. Terjemahan lain: Sebab mereka menunjukkan, bahwa isi hukum Taurat tertulis dalam hati mereka; buktinya ialah: suara hati me...

Terjemahan ayat ini sulit. Terjemahan lain: Sebab mereka menunjukkan, bahwa isi hukum Taurat tertulis dalam hati mereka; buktinya ialah: suara hati mereka dan penilaian batiniah yang dengannya mereka saling tuduh-menuduh atau saling bela-membela, atau:...yang dengannya mereka mempersalahkan atau membela perbuatan mereka sendiri.

Ende: Rm 2:14-15 - Berdasarkan kodrat Hukum kodrat seolah-olah terekam didalam hati-nurani mereka. Setjara berintuisi mereka tahu membedakan jang baik dan jang djahat, dan sekedar merasa, ...

Hukum kodrat seolah-olah terekam didalam hati-nurani mereka. Setjara berintuisi mereka tahu membedakan jang baik dan jang djahat, dan sekedar merasa, bahwa siapa sadja melakukan jang djahat patut dihukum.

Ref. Silang FULL: Rm 2:12 - hukum Taurat · hukum Taurat: Rom 3:19; 6:14; 1Kor 9:20,21; Gal 4:21; 5:18; Rom 7:4; Rom 7:4

· hukum Taurat: Rom 3:19; 6:14; 1Kor 9:20,21; Gal 4:21; 5:18; Rom 7:4; [Lihat FULL. Rom 7:4]

Ref. Silang FULL: Rm 2:13 - yang melakukan · yang melakukan: Yak 1:22,23,25

· yang melakukan: Yak 1:22,23,25

Ref. Silang FULL: Rm 2:14 - hukum Taurat · hukum Taurat: Kis 10:35

· hukum Taurat: Kis 10:35

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Rm 2:12 - -- 2:12 Sebab semua orang yang berdosa tanpa hukum Taurat akan binasa tanpa hukum Taurat; dan semua orang yang berdosa di bawah hukum Taurat akan dihaki...

2:12 Sebab semua orang yang berdosa tanpa hukum Taurat akan binasa tanpa hukum Taurat; dan semua orang yang berdosa di bawah hukum Taurat akan dihakimi melalui hukum Taurat.

Sebenarnya pernyataan 2:12a sudah dibuktikan dalam pasal satu, dan tidak dipermasalahkan di sini, tetapi dia dicatat di sini sebagai dasar untuk menguatkan 2:12b.

...dan semua orang yang berdosa di bawah hukum Taurat akan dihakimi melalui hukum Taurat.

Bukan saja bahwa mereka dihakimi, tetapi justru yang diharapkan sebagai penolong akan menjadi alat di tangan Tuhan untuk menghakimi mereka! Mereka berusaha untuk memakai hukum Taurat sebagai alasan dosa, tetapi sebenarnya Taurat dimaksudkan sebagai standar kekudusan. Mereka tidak sampai mencapai standar tersebut, maka mereka dihakimi oleh hukum Taurat.

Paulus tidak menyangkal bahwa ada perbedaan antara orang Yahudi dan orang bukan Yahudi. Orang Yahudi memiliki hukum Taurat, sedangkan orang bukan Yahudi tidak memilikinya. Perbedaan ini dia terima. Akan tetapi dari segi penghukuman tidak ada perbedaan, karena baik orang Yahudi maupun orang bukan Yahudi harus dihakimi menurut perbuatannya.

Kata semua dalam ayat ini menandai tujuan Paulus bagi bagian ini, karena belum lama lagi dia akan berkata, "Tidak ada yang benar, seorangpun tidak.... Semua orang telah menyeleweng, mereka semua tidak berguna..." (3:10-12).

Hagelberg: Rm 2:1--3:8 - -- b. Murka Allah Dinyatakan melawan Manusia yang Mengusahakan Kebenaran dari Hukum Taurat 2:1-3:8 Mungkin manusia dalam Adam kasar dan jahat, seperti ...

b. Murka Allah Dinyatakan melawan Manusia yang Mengusahakan Kebenaran dari Hukum Taurat 2:1-3:8

Mungkin manusia dalam Adam kasar dan jahat, seperti apa yang digambarkan dalam pasal 1:18-1:32, dan mungkin juga dia halus dan beradab seperti yang digambarkan dalam pasal 2:1-3:20, tetapi dia pasti harus menghadap murka Allah karena dia berada dalam aiwn/aion maut.

Siapa yang dibicarakan dalam pasal 2:1-16 agak sulit ditentukan. Beberapa penafsir84 berpikir bahwa orang Yunani yang beradab, yang memiliki kebudayaan dan moril yang tinggi, yang dimaksudkan di sini. Menurut mereka, baru dengan pasal 2:17 Paulus mulai membicarakan orang Yahudi.

Cranfield85 mencatat beberapa faktor yang mendukung pengertian dia, yaitu bahwa di sini Paulus sudah beralih dari orang Yunani untuk membicarakan orang Yahudi secara khusus. Antara lain, Cranfield mencatat bahwa:

i) Kata-kata Paulus mirip dengan Kebijaksanaan Salomo 11-15, sebuah karangan Yahudi yang menjadi bagian dari Apokripa.

ii) Tegasnya pasal 2:4 mengenai kesabaran Allah sesuai dengan sikap Paulus terhadap bangsa Israel.

iii) Pola di mana manusia dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu "Yahudi" dan "bukan Yahudi" (1:16, 2:9, 2:10, 3:9) sudah biasa untuk Paulus.

iv) Rasanya pasal 2:17 tidak disusun sebagai peralihan dari satu kelompok (bukan Yahudi) pada kelompok yang lain (Yahudi).

v) Sikap kesombongan terhadap orang bukan Yahudi sudah biasa untuk orang Yahudi, seperti nyata dalam pasal 2:18-20.

Orang Yahudi yang tidak percaya kepada Tuhan Yesus pasti mengaminkan dengan penuh semangat apa yang dikatakan mengenai orang bukan Yahudi di atas. Akan tetapi Paulus menjelaskan bahwa agama mereka tidak melindungi mereka dari murka, karena hidup keagamaan mereka masih ada dalam aiwn/aion lama sehingga harus dimurkai.

i. Dia yang Menghakimi dan Melakukan yang Sama Tidak akan Luput dari Hukuman 2:1-11

Menurut karangan mereka sendiri, orang Yahudi tidak merasa terancam oleh hukuman Allah, walaupun mereka rela mengaku bahwa mereka juga berdosa.86

Hagelberg: Rm 2:12 - -- 2:12 Sebab semua orang yang berdosa tanpa hukum Taurat akan binasa tanpa hukum Taurat; dan semua orang yang berdosa di bawah hukum Taurat akan dihaki...

2:12 Sebab semua orang yang berdosa tanpa hukum Taurat akan binasa tanpa hukum Taurat; dan semua orang yang berdosa di bawah hukum Taurat akan dihakimi melalui hukum Taurat.

Sebenarnya pernyataan 2:12a sudah dibuktikan dalam pasal satu, dan tidak dipermasalahkan di sini, tetapi dia dicatat di sini sebagai dasar untuk menguatkan 2:12b.

...dan semua orang yang berdosa di bawah hukum Taurat akan dihakimi melalui hukum Taurat.

Bukan saja bahwa mereka dihakimi, tetapi justru yang diharapkan sebagai penolong akan menjadi alat di tangan Tuhan untuk menghakimi mereka! Mereka berusaha untuk memakai hukum Taurat sebagai alasan dosa, tetapi sebenarnya Taurat dimaksudkan sebagai standar kekudusan. Mereka tidak sampai mencapai standar tersebut, maka mereka dihakimi oleh hukum Taurat.

Paulus tidak menyangkal bahwa ada perbedaan antara orang Yahudi dan orang bukan Yahudi. Orang Yahudi memiliki hukum Taurat, sedangkan orang bukan Yahudi tidak memilikinya. Perbedaan ini dia terima. Akan tetapi dari segi penghukuman tidak ada perbedaan, karena baik orang Yahudi maupun orang bukan Yahudi harus dihakimi menurut perbuatannya.

Kata semua dalam ayat ini menandai tujuan Paulus bagi bagian ini, karena belum lama lagi dia akan berkata, "Tidak ada yang benar, seorangpun tidak.... Semua orang telah menyeleweng, mereka semua tidak berguna..." (3:10-12).

Hagelberg: Rm 1:18--3:20 - -- 1. Murka Allah Dinyatakan melawan... 1:18-3:20 (aiwn/aion kematian) Dalam bagian ini Paulus membuktikan bahwa murka dari Allah menimpa setiap orang ...

1. Murka Allah Dinyatakan melawan... 1:18-3:20

(aiwn/aion kematian)

Dalam bagian ini Paulus membuktikan bahwa murka dari Allah menimpa setiap orang yang tidak mencari kebenaran dan setiap orang yang mencari kebenaran berdasarkan Taurat.

Nygren67 menjelaskan bahwa bagi kita garis besar yang masuk akal adalah seperti berikut:

1. Kebenaran dari Manusia

a) kefasikan manusia

b) kebenaran manusia melalui Taurat

2. Kebenaran dari Allah

Tetapi garis besar tersebut bukanlah garis besar yang dipakai oleh Rasul Paulus. Oleh karena Paulus selalu berpikir secara theosentris, maka garis besar yang dia pakai adalah seperti yang berikut:

1. Murka Allah...

a) ...melawan kefasikan

b) ...melawan kebenaran manusia yang berdasarkan Taurat

2. Kebenaran Allah

Maka dalam bagian ini (1:18-3:20) Paulus menguraikan apa yang dapat diharapkan dari aiwn/aion kematian yang berada di dunia ini. Aiwn/aion Adam harus dimengerti lebih dahulu, kemudian baru aiwn/aion Kristus dapat dimengerti. Paulus menegaskan bahwa sikap Allah terhadap segala sesuatu dari aiwn/aion ini dapat diringkaskan dengan satu kata, yaitu murka. Dia mulai dengan menguraikan sikap Allah terhadap manusia yang tidak berusaha untuk menjadi benar.

Hagelberg: Rm 1:18--4:25 - -- A. Orang yang Dibenarkan karena Iman 1:18-4:25 Allah memurkai setiap orang, baik orang bukan Yahudi yang tidak benar, maupun orang Yahudi yang mengej...

A. Orang yang Dibenarkan karena Iman 1:18-4:25

Allah memurkai setiap orang, baik orang bukan Yahudi yang tidak benar, maupun orang Yahudi yang mengejar kebenaran dengan Taurat Musa. Yang dibenarkan hanyalah mereka yang percaya kepada Kristus.

Mulai di sini sampai dengan pasal 8 Paulus menguraikan tema yang dikemukakan di dalam pasal 1:16-17. Untuk menguraikan bagaimana kebenaran Allah dinyatakan dalam Injil yang menyelamatkan, dia harus lebih dahulu menyatakan bahwa murka Allah sedang dinyatakan atas dosa segala manusia. Dia harus membuktikan perlunya keselamatan itu. Kebenaran Allah adalah kebenaran yang satu-satunya, dan kebenaran itu hanya dinyatakan "dari iman kepada iman."

Di sini layak dicatat bahwa di dalam bagian ini bukanlah Paulus yang menghakimi angkatan itu, tetapi Injil Kristus yang menghakimi semua manusia. Bukan berarti angkatan itu lebih buruk dari pada angkatan-angkatan yang terdahulu, atau yang kemudian, tetapi mengingat kebenaran Allah semua manusia buruk.

Hagelberg: Rm 1:18--15:13 - -- II. Injil 1:18-15:13 Cranfield,65 setelah menyelidiki seluruh bagian ini, menyatakan bahwa Paulus "membiarkan Injil berbicara sendiri... untuk menen...

II. Injil 1:18-15:13

Cranfield,65 setelah menyelidiki seluruh bagian ini, menyatakan bahwa Paulus "membiarkan Injil berbicara sendiri... untuk menentukan bentuk dan isi bagian utama dari suratnya." Perkataan ini tepat. Paulus tidak menyusun bagian ini (1:18-15:13) untuk menangani suatu situasi tertentu di kota Roma, tetapi bagian ini terbentuk sesuai dengan suatu "akal intern" dari Injil Kristus sendiri. Bukan tidak ada pengaruh sama sekali dari situasi di Roma. Mungkin rencana Paulus untuk mengadakan perjalanan ke Spanyol mempengaruhi beberapa perincian dalam surat ini, tetapi secara keseluruhan, bentuk dan isi bagian ini, 1:18-15:13, ditentukan dari logisnya Injil Kristus saja.

Dalam bagian utama ini isi dan akibat kebenaran dari Allah bagi manusia diuraikan.66

Hagelberg: Rm 2:13 - -- 2:13 Karena bukanlah orang yang mendengar hukum Taurat yang benar di hadapan Allah, tetapi orang yang melakukan hukum Tauratlah yang akan dibenarkan....

2:13 Karena bukanlah orang yang mendengar hukum Taurat yang benar di hadapan Allah, tetapi orang yang melakukan hukum Tauratlah yang akan dibenarkan.

Kebenaran ini tidak asing bagi orang Yahudi,104 tetapi rupanya mereka tidak memikirkannya sampai titik ini.

...orang yang melakukan hukum Tauratlah yang akan dibenarkan.

Waktu Tuhan Yesus melayani orang muda yang kaya dalam Matius 19:21 Dia menyatakan pikiran yang sama dengan nats ini.105 Juga dalam Lukas 10:28 Tuhan berkata, "Perbuatlah demikian, maka kamu akan hidup."106

Hagelberg: Rm 2:13 - -- 2:13 Karena bukanlah orang yang mendengar hukum Taurat yang benar di hadapan Allah, tetapi orang yang melakukan hukum Tauratlah yang akan dibenarkan....

2:13 Karena bukanlah orang yang mendengar hukum Taurat yang benar di hadapan Allah, tetapi orang yang melakukan hukum Tauratlah yang akan dibenarkan.

Kebenaran ini tidak asing bagi orang Yahudi,104 tetapi rupanya mereka tidak memikirkannya sampai titik ini.

...orang yang melakukan hukum Tauratlah yang akan dibenarkan.

Waktu Tuhan Yesus melayani orang muda yang kaya dalam Matius 19:21 Dia menyatakan pikiran yang sama dengan nats ini.105 Juga dalam Lukas 10:28 Tuhan berkata, "Perbuatlah demikian, maka kamu akan hidup."106

Hagelberg: Rm 2:14 - -- 2:14 Apabila bangsa-bangsa lain yang tidak memiliki hukum Taurat oleh dorongan diri sendiri107 melakukan apa yang dituntut hukum Taurat, maka, walaup...

2:14 Apabila bangsa-bangsa lain yang tidak memiliki hukum Taurat oleh dorongan diri sendiri107 melakukan apa yang dituntut hukum Taurat, maka, walaupun mereka tidak memiliki hukum Taurat, mereka menjadi hukum Taurat bagi diri mereka sendiri.

Dari segi penghukuman kekal, orang Yahudi dan orang bukan Yahudi sama. Orang bukan Yahudi tidak memiliki hukum Taurat, tetapi mereka mempunyai hati nurani yang dapat dipakai sebagai standar bagi hukuman mereka. Perkataan ini tidak berarti bahwa ada orang bukan Yahudi yang dengan sempurna menuruti kehendak Allah, sehingga mereka tidak layak dihukum. Dalam pasal satu108 Paulus sudah menjelaskan bahwa semua mereka layak dihukum. Dalam konteks ini Paulus menjelaskan kepada orang Yahudi bahwa dari segi penghukuman, Yahudi atau bukan Yahudi sama saja, karena mereka semua sama-sama gagal di hadapan Tuhan yang Maha Kudus.

Hagelberg: Rm 2:14 - -- 2:14 Apabila bangsa-bangsa lain yang tidak memiliki hukum Taurat oleh dorongan diri sendiri107 melakukan apa yang dituntut hukum Taurat, maka, walaup...

2:14 Apabila bangsa-bangsa lain yang tidak memiliki hukum Taurat oleh dorongan diri sendiri107 melakukan apa yang dituntut hukum Taurat, maka, walaupun mereka tidak memiliki hukum Taurat, mereka menjadi hukum Taurat bagi diri mereka sendiri.

Dari segi penghukuman kekal, orang Yahudi dan orang bukan Yahudi sama. Orang bukan Yahudi tidak memiliki hukum Taurat, tetapi mereka mempunyai hati nurani yang dapat dipakai sebagai standar bagi hukuman mereka. Perkataan ini tidak berarti bahwa ada orang bukan Yahudi yang dengan sempurna menuruti kehendak Allah, sehingga mereka tidak layak dihukum. Dalam pasal satu108 Paulus sudah menjelaskan bahwa semua mereka layak dihukum. Dalam konteks ini Paulus menjelaskan kepada orang Yahudi bahwa dari segi penghukuman, Yahudi atau bukan Yahudi sama saja, karena mereka semua sama-sama gagal di hadapan Tuhan yang Maha Kudus.

Hagelberg: Rm 2:15 - -- 2:15 Sebab dengan itu mereka menunjukkan, bahwa isi hukum Taurat ada tertulis di dalam hati mereka dan suara hati mereka bersaksi kepada diri mereka,...

2:15 Sebab dengan itu mereka menunjukkan, bahwa isi hukum Taurat ada tertulis di dalam hati mereka dan suara hati mereka bersaksi kepada diri mereka, dan pikiran mereka antara mereka menuduh dan bahkan membela mereka.

Nats ini sulit diterjemahkan, tetapi terjemahan yang dipakai di atas mencerminkan pengertian Cranfield.109 Kadang-kadang mereka benar, dan kadang-kadang mereka salah. Suara hati110 mereka dapat memberitahukannya kepada mereka.

Hagelberg: Rm 2:15 - -- 2:15 Sebab dengan itu mereka menunjukkan, bahwa isi hukum Taurat ada tertulis di dalam hati mereka dan suara hati mereka bersaksi kepada diri mereka,...

2:15 Sebab dengan itu mereka menunjukkan, bahwa isi hukum Taurat ada tertulis di dalam hati mereka dan suara hati mereka bersaksi kepada diri mereka, dan pikiran mereka antara mereka menuduh dan bahkan membela mereka.

Nats ini sulit diterjemahkan, tetapi terjemahan yang dipakai di atas mencerminkan pengertian Cranfield.109 Kadang-kadang mereka benar, dan kadang-kadang mereka salah. Suara hati110 mereka dapat memberitahukannya kepada mereka.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Rm 2:1-16 - Keadilan Pemerintahan Ilahi Tujuan dua pasal pertama dari Surat Roma ini dapat disimpulkan dari pasal ...

SH: Rm 2:12-16 - Dua Standar Penghakiman (Kamis, 13 Oktober 2016) Dua Standar Penghakiman Dalam hidup ini, kita sering melihat kasus di mana ada orang yang kedapatan mencuri baran...

SH: Rm 2:1-16 - Hukuman Allah mulai dari kita. (Selasa, 12 Mei 1998) Hukuman Allah mulai dari kita. Hukuman Allah mulai dari kita. Kebanyakan orang cenderung memperhatikan...

SH: Rm 2:1-16 - Penghakiman yang adil (Jumat, 26 Mei 2006) Penghakiman yang adil Judul: Penghakiman yang adil Sangat mungkin ada orang yang membaca perikop t...

SH: Rm 2:1-16 - Penghakiman Allah (Rabu, 6 Mei 2009) Penghakiman Allah Judul: Penghakiman Allah Standar kekudusan Allah adalah standar tertinggi yang sulit...

SH: Rm 2:1-16 - Membius hati nurani (Jumat, 13 April 2012) Membius hati nurani Judul: Membius hati nurani Adakah seorang manusia yang bisa lepas dari kejahatan-k...

SH: Rm 2:1-11 - Hukuman, Kebenaran, dan Perbuatan (Rabu, 12 Oktober 2016) Hukuman, Kebenaran, dan Perbuatan Setelah menjelaskan hukuman Allah atas orang-orang berdosa (...

Utley: Rm 2:12-16 - --NASKAH NASB (UPDATED): Rom 2:12-16...

Topik Teologia: Rm 2:13 - -- Wahyu Allah Wahyu Umum Tuntutan Moral Allah Dinyatakan Prinsip Dasar Moral Dinyatakan ...

Topik Teologia: Rm 2:14 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Wahyu Allah Mode atau Cara Wahyu Prinsip Dasar Moral Dinyataka...

Topik Teologia: Rm 2:15 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Wahyu Allah Mode atau Cara Wahyu Prinsip Dasar Moral Dinyataka...

TFTWMS: Rm 2:12-16 - Penghakiman Adil Allah PENGHAKIMAN ADIL ALLAH (Roma 2:12-16) 12 Sebab semua orang yang ber...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Roma (Pendahuluan Kitab) Penulis : Paulus Tema : Kebenaran Allah telah Dinyatakan Tanggal Penul...

Full Life: Roma (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (Rom 1:1-17) ...

Matthew Henry: Roma (Pendahuluan Kitab) Jika kita boleh membandingkan satu kitab dengan kitab lainnya dan me...

Jerusalem: Roma (Pendahuluan Kitab) SURAT-SURAT PAULUS PENGANTAR Kronologi kehidupan Paulus ...

Ende: Roma (Pendahuluan Kitab) SURAT RASUL PAULUS KEPADA UMAT ROMA KATA PENGANTAR Menurut pendapat paling umum, surat kepada umat Roma ini ditulis ole...

Hagelberg: Roma (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Pendahuluan Keunikan Surat Roma Surat Roma adalah satu-satunya surat yang ditulis o...

Hagelberg: Roma (Garis Besar) GARIS BESAR roma I. Pendahuluan 1:1-1:17 ...

Hagelberg: Roma DAFTAR PUSTAKA roma Daftar Kepustakaan Barclay, William, Pemahaman Alkitab Setiap Hari: Roma...

TFTWMS: Roma (Pendahuluan Kitab) Kebaikan Moral Dan Keselamatan (Roma 2:12) Saya telah berpergian ke banyak t...

TFTWMS: Roma (Pendahuluan Kitab) Berita Buruk Lebih Dulu (Roma 1:18-3:20) Pada suatu kesempatan, ...

TFTWMS: Roma (Pendahuluan Kitab) PASAL 2 BAGAIMANA TENTANG ORANG-ORANG YAHUDI? Da...

TFTWMS: Roma (Pendahuluan Kitab) PENERAPAN Roma 2(ROMA 2) Lima ayat pertama ...

TFTWMS: Roma (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 W. E. Vine, Merrill F. Unger, and William White, Jr., Vine's Complete Expository Dictiona...

TFTWMS: Roma (Pendahuluan Kitab) Semua Orang Punya Kebutuhan (Roma 2:14, 15) Pertanyaan. Keti...

BIS: Roma (Pendahuluan Kitab) SURAT PAULUS KEPADA JEMAAT DI ROMA PENGANTAR Surat Paulus Kepada Jemaat di Roma ditulis untuk mempersiapkan me...

Ajaran: Roma (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti ajaran-ajaran utama Kitab Roma dan yakin bahwa manusia diselamatkan hanya...

Intisari: Roma (Pendahuluan Kitab) Inti InjilMENGAPA ROMA?Dalam Kisah para Rasul kita saksikan Paulus memulai gereja-gereja di tempat-tempat yang sekarang ki...

Garis Besar Intisari: Roma (Pendahuluan Kitab) [1] 'MENGAPA SAYA MENULIS...' Rom 1:1-7...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #21: Untuk mempelajari Sejarah/Latar Belakang kitab/pasal Alkitab, gunakan Boks Temuan pada Tampilan Alkitab. [SEMUA]
dibuat dalam 0.12 detik
dipersembahkan oleh YLSA