Teks -- Hosea 1:1--3:5 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Hos 1:2 - PEREMPUAN SUNDAL.
Nas : Hos 1:2
Hubungan Allah dengan Israel sering kali disamakan dengan ikatan
pernikahan (mis. Yes 54:5; Yer 3:14; bd. Ef 5:22-32). Tindakan
Israe...
Nas : Hos 1:2
Hubungan Allah dengan Israel sering kali disamakan dengan ikatan pernikahan (mis. Yes 54:5; Yer 3:14; bd. Ef 5:22-32). Tindakan Israel "membelakangi Tuhan" untuk menyembah dewa-dewa dianggap oleh Allah sebagai ketidaksetiaan atau perzinaan rohani. Pernikahan Hosea akan menjadi pelajaran peraga bagi kerajaan utara yang tidak setia. Gomer mungkin sekali bukan seorang pelacur ketika menikah, tetapi kemudian ia akan melakukan perzinaan dan kebejatan jasmaniah, mungkin sebagai pelacur di kuil Baal. Meninggalkan Tuhan bukan hanya membawa dia kepada penyembahan palsu tetapi juga kepada norma kesusilaan yang makin rendah. Pola kehidupan tunasusila yang sama dapat dilihat dewasa ini manakala umat Allah berbalik dari pengabdian sejati kepada-Nya
(lihat cat. --> Ams 5:3).
[atau ref. Ams 5:3]
Full Life: Hos 1:4 - SEDIKIT WAKTU LAGI ... MENGHUKUM KELUARGA YEHU.
Nas : Hos 1:4
Ayat ini sangat mungkin mengacu kembali pada pembantaian ke-70 putra
Ahab oleh Yehu (2Raj 10:1-8). Sekalipun Yehu dipuji karena melak...
Nas : Hos 1:4
Ayat ini sangat mungkin mengacu kembali pada pembantaian ke-70 putra Ahab oleh Yehu (2Raj 10:1-8). Sekalipun Yehu dipuji karena melaksanakan hukuman Allah yang adil atas keluarga Ahab, Yehu terlalu kejam (2Raj 10:30-31).
Full Life: Hos 1:4 - MENGAKHIRI PEMERINTAHAN KAUM ISRAEL.
Nas : Hos 1:4
Allah akan segera menjatuhkan hukuman dan kebinasaan atas kerajaan
utara, Israel. Kemungkinan besar Hosea hidup sampai dapat menyaksi...
Nas : Hos 1:4
Allah akan segera menjatuhkan hukuman dan kebinasaan atas kerajaan utara, Israel. Kemungkinan besar Hosea hidup sampai dapat menyaksikan penggenapan nubuatnya ini pada tahun 722 SM, ketika Asyur merebut Samaria, menawan sekitar 10 persen penduduknya dan menjadikan sisanya bagian dari propinsi kerajaan Asyur.
Full Life: Hos 1:6 - AKU TIDAK AKAN MENYAYANGI LAGI.
Nas : Hos 1:6
Nama "Lo-Ruhama" (har. --"tidak dikasihi") berarti bahwa Allah di
dalam kekudusan-Nya telah menyatakan sudah tiba saat berakhir
kesab...
Nas : Hos 1:6
Nama "Lo-Ruhama" (har. --"tidak dikasihi") berarti bahwa Allah di dalam kekudusan-Nya telah menyatakan sudah tiba saat berakhir kesabaran-Nya; hukuman akhirnya harus dijatuhkan atas umat yang berdosa dan memberontak ini.
Full Life: Hos 1:7 - AKU AKAN ... MENYELAMATKAN MEREKA.
Nas : Hos 1:7
Kerajaan selatan (Yehuda) tidak akan berakhir pada saat yang sama
dengan kerajaan utara (Israel). Karena raja Hizkia sedang memimpin
...
Nas : Hos 1:7
Kerajaan selatan (Yehuda) tidak akan berakhir pada saat yang sama dengan kerajaan utara (Israel). Karena raja Hizkia sedang memimpin rakyatnya dalam pertobatan dan iman, Tuhan menyelamatkan mereka dari nasib Samaria ketika itu (2Raj 19:32-36; Yes 37:36). Kerajaan Yehuda masih bertahan 136 tahun lagi.
Full Life: Hos 1:9 - KAMU INI BUKANLAH UMAT-KU.
Nas : Hos 1:9
Anak Gomer yang ketiga, seorang putra bernama "Lo-Ami" (artinya
"bukan umat-Ku"), diperkirakan bukan anak Hosea. Nama anak ini melamb...
Nas : Hos 1:9
Anak Gomer yang ketiga, seorang putra bernama "Lo-Ami" (artinya "bukan umat-Ku"), diperkirakan bukan anak Hosea. Nama anak ini melambangkan pemutusan hubungan perjanjian karena pemberontakan terus-menerus kepada Allah dan karena penyembahan berhala; penduduk kerajaan utara tidak dapat lagi mengharapkan Allah memberkati mereka dan membebaskan bangsa mereka. Hosea belajar melalui penderitaannya sendiri bagaimana hancur hati Allah atas dosa-dosa umat-Nya.
Full Life: Hos 1:10-11 - SEPERTI PASIR LAUT.
Nas : Hos 1:10-11
Penolakan kerajaan utara oleh Allah sebagai bangsa yang terpisah
tidak berarti bahwa Allah melupakan janji-Nya kepada Abraham, Is...
Nas : Hos 1:10-11
Penolakan kerajaan utara oleh Allah sebagai bangsa yang terpisah tidak berarti bahwa Allah melupakan janji-Nya kepada Abraham, Ishak dan Yakub mengenai negeri dan bangsa itu. Kendatipun dosa Israel, Allah akan menemukan cara untuk memulihkan mereka kembali sebagai anak; Ia akan mempersatukan kedua belas suku itu menjadi satu bangsa di bawah satu pemimpin. Janji penyatuan kembali ini menunjuk kepada pemerintahan Mesias yang akan datang.
Full Life: Hos 1:11 - BESAR HARI YIZREEL ITU.
Nas : Hos 1:11
Yizreel artinya "Allah memencarkan" dan di sini dipakai dalam arti
yang agak berbeda dari ayat Hos 1:4. Allah akan memencarkan umat-...
Nas : Hos 1:11
Yizreel artinya "Allah memencarkan" dan di sini dipakai dalam arti yang agak berbeda dari ayat Hos 1:4. Allah akan memencarkan umat-Nya (ayat Hos 1:4), tetapi kelak Dia akan membawa mereka keluar dari negeri ke mana mereka terpencar dan akan menabur mereka dalam negeri sendiri, sebagaimana seorang petani menebarkan benihnya.
Full Life: Hos 2:2-7 - ADUKANLAH IBUMU.
Nas : Hos 2:1-6
Hosea kembali kepada aneka peringatan tentang hukuman. "Adukanlah"
merupakan istilah hukum untuk menggugat seseorang dengan pengadu...
Nas : Hos 2:1-6
Hosea kembali kepada aneka peringatan tentang hukuman. "Adukanlah" merupakan istilah hukum untuk menggugat seseorang dengan pengaduan dan celaan. Bangsa itu adalah istri dan ibu; orang Israel secara pribadi adalah anak-anak yang telah berbalik kepada penyembahan berhala. Mereka harus bertobat dan meninggalkan "para kekasih" (Hos 2:4), yaitu berbagai dewa Kanaan.
Full Life: Hos 2:6 - SEBAB ITU AKU AKAN MENYEKAT JALANNYA.
Nas : Hos 2:5
Allah berjanji untuk menyekat jalan orang Israel -- tidak untuk
memusnahkan mereka, tetapi untuk menyadarkan mereka bahwa lebih baik ...
Nas : Hos 2:5
Allah berjanji untuk menyekat jalan orang Israel -- tidak untuk memusnahkan mereka, tetapi untuk menyadarkan mereka bahwa lebih baik bagi mereka untuk berbalik kepada Allah. Selalu tepat untuk berdoa agar Allah mengirim berbagai kesulitan ke dalam hidup anggota keluarga kita yang belum selamat, supaya mereka akan belajar bahwa jauh lebih baik untuk berbalik kepada Tuhan dan kebaikan-Nya daripada tetap tinggal dalam penderitaan dosa.
Full Life: Hos 2:8 - DIA TIDAK INSAF.
Nas : Hos 2:7
Orang Israel menghubungkan panen baik mereka dengan para Baal
(dewa-dewa Kanaan), padahal sesungguhnya itulah kemurahan dan kasih kar...
Nas : Hos 2:7
Orang Israel menghubungkan panen baik mereka dengan para Baal (dewa-dewa Kanaan), padahal sesungguhnya itulah kemurahan dan kasih karunia Allah yang memberikan hal-hal baik kepada mereka. Kita harus senantiasa hati-hati untuk mengakui kasih karunia dan berkat-berkat Allah yang diberikan-Nya kepada kita dan bersyukur kepada-Nya dengan hati penuh terima kasih. Lalai melakukan hal ini merupakan langkah pertama untuk meninggalkan Dia.
Full Life: Hos 2:11 - MENGHENTIKAN SEGALA KEGIRANGANNYA.
Nas : Hos 2:10
Allah bermaksud agar hari-hari raya dan hari-hari kudus Israel
menjadi saat untuk bersukacita atas berkat-berkat-Nya; namun sukacita...
Nas : Hos 2:10
Allah bermaksud agar hari-hari raya dan hari-hari kudus Israel menjadi saat untuk bersukacita atas berkat-berkat-Nya; namun sukacita mereka telah berubah menjadi sekadar kegembiraan dan tertawa hampa dari orang-orang yang mencari hiburan. Berbagai perayaan yang diperintahkan Allah tidak lagi menjadi perayaan Allah; sebaliknya telah menjadi perayaan Israel, sekadar pertemuan sosial yang dirayakan dengan upacara kosong.
Full Life: Hos 2:14 - SEBAB ITU ... MEMBUJUK DIA.
Nas : Hos 2:13
Hosea berpindah-pindah di antara peringatan akan hukuman dan
janji-janji harapan dan pemulihan. Kedua ucapan "sebab itu" sebelum ini...
Nas : Hos 2:13
Hosea berpindah-pindah di antara peringatan akan hukuman dan janji-janji harapan dan pemulihan. Kedua ucapan "sebab itu" sebelum ini (ayat Hos 2:5,8) berbicara tentang hukuman; kini Allah menyatakan sebuah kontras yang besar dan menakjubkan. Dalam kasih karunia-Nya Ia masih akan memanggil Israel untuk kembali. Sebagaimana pada saat keluaran ketika Allah mengeluarkan umat-Nya dari Mesir ke padang gurun untuk memberi hukum-Nya dan menuntun mereka ke tanah perjanjian, demikian pula Ia akan mengeluarkan mereka lagi dari keadaan dosa mereka memasuki padang gurun yang baru, di mana Ia akan menuntun, mengajar, dan memulihkan mereka.
Full Life: Hos 2:20 - AKU AKAN MENJADIKAN ENGKAU ISTERI-KU DALAM KESETIAAN
Nas : Hos 2:19
(versi Inggris NIV -- tunangan-Ku dalam kesetiaan). Pada zaman
Alkitab, pertunangan menjadi ikatan perjanjian yang sama kuatnya deng...
Nas : Hos 2:19
(versi Inggris NIV -- tunangan-Ku dalam kesetiaan). Pada zaman Alkitab, pertunangan menjadi ikatan perjanjian yang sama kuatnya dengan ikatan pernikahan itu sendiri. Di sini Allah berjanji untuk memulihkan Israel dalam hubungan perjanjian oleh kasih-Nya yang menebus dan menjadikan mereka mengenal Dia secara nyata dan pribadi. Sebagai balasan, Allah mengharapkan kebenaran, keadilan, kasih setia, kebaikan dan kesetiaan dari umat-Nya. Demikian pula, Allah menginginkan agar kita menunjukkan kesetiaan kepada Dia serta kasih dan belas kasihan yang sungguh-sungguh kepada sesama kita.
Full Life: Hos 2:23 - MENABURKAN DIA BAGI-KU DI BUMI.
Nas : Hos 2:22
Rencana Allah bagi umat-Nya dalam mengeluarkan mereka dari Mesir
ialah untuk menetapkan hubungan perjanjian dengan mereka (Kel 19:4)...
Nas : Hos 2:22
Rencana Allah bagi umat-Nya dalam mengeluarkan mereka dari Mesir ialah untuk menetapkan hubungan perjanjian dengan mereka (Kel 19:4); itu senantiasa merupakan rencana-Nya bagi umat manusia. PB menerapkan bagian terakhir dari ayat ini untuk mengikutsertakan orang-orang bukan Yahudi ke dalam gereja sebagai Israel-Nya yang baru (Rom 9:25-26; 1Pet 2:10).
Full Life: Hos 3:1 - CINTAILAH PEREMPUAN YANG SUKA BERSUNDAL DAN BERZINAH.
Nas : Hos 3:1
Hosea kini harus menggambarkan kasih Allah bagi Israel dengan cara
yang baru. Rupanya Gomer telah meninggalkan Hosea untuk melanjutka...
Nas : Hos 3:1
Hosea kini harus menggambarkan kasih Allah bagi Israel dengan cara yang baru. Rupanya Gomer telah meninggalkan Hosea untuk melanjutkan penyembahan Baal yang amoral itu, tetapi Hosea tidak pernah berhenti mengasihi dia, sekalipun hatinya hancur. Ia harus pergi serta menyatakan kasih dan perhatiannya untuk dia lagi, sama seperti yang dilakukan Allah bagi Israel, sekalipun mereka telah meremukkan hatinya dengan berpaling kepada allah-allah lain dan menyukai "kue kismis."
Full Life: Hos 3:2 - AKU MEMBELI DIA.
Nas : Hos 3:2
Walaupun Gomer saat ini mungkin sekali berutang dan nyaris dijual
sebagai budak, sebagaimana diizinkan hukum, Hosea datang dan membel...
Nas : Hos 3:2
Walaupun Gomer saat ini mungkin sekali berutang dan nyaris dijual sebagai budak, sebagaimana diizinkan hukum, Hosea datang dan membelinya dengan harga yang mahal. Tanggapan Hosea ini melukiskan kasih Allah yang menebus bagi orang berdosa, yang tidak sanggup menebus, membebaskan atau menyelamatkan diri mereka sendiri; satu-satunya harapan kita ialah kasih karunia-Nya.
Full Life: Hos 3:5 - SESUDAH ITU ORANG ISRAEL AKAN BERBALIK.
Nas : Hos 3:5
Setelah lama tanpa raja atau pemimpin dan tanpa korban, Israel akan
kembali kepada Allah dan kepada raja mereka dari keturunan Daud, ...
Nas : Hos 3:5
Setelah lama tanpa raja atau pemimpin dan tanpa korban, Israel akan kembali kepada Allah dan kepada raja mereka dari keturunan Daud, yaitu Mesias. Mereka akan merendahkan diri, datang kepada-Nya dengan dukacita menurut kehendak Allah (2Kor 7:10) dan menyadari bahwa mereka memerlukan Juruselamat, Yesus.
pemerintahan keturunan Yehu: atau Kerajaan Israel.
BIS: Hos 1:11 - Yizreel Yizreel: Dalam bahasa Ibrani Yizreel berarti: Allah menabur. Jadi, kata itu menunjuk kepada pertumbuhan kemakmuran.
Yizreel: Dalam bahasa Ibrani Yizreel berarti: Allah menabur. Jadi, kata itu menunjuk kepada pertumbuhan kemakmuran.
BIS: Hos 2:17 - Baal Baal: Ini nama dewa Kanaan yang berarti "Tuhan"; arti lain dari kata ini ialah "suami".
Baal: Ini nama dewa Kanaan yang berarti "Tuhan"; arti lain dari kata ini ialah "suami".
BIS: Hos 2:22-23 - Israel Israel: Dalam teks Ibrani, Israel dalam ayat ini disebut Yizreel (lihat Hos 1:4, 11).
Israel: Dalam teks Ibrani, Israel dalam ayat ini disebut Yizreel (lihat Hos 1:4, 11).
BIS: Hos 3:1 - mempersembahkan kue kismis kepada berhala mempersembahkan kue kismis kepada berhala: Buah anggur yang sudah dikeringkan dipakai untuk mempersembahkan kurban kepada dewa kesuburan yang menurut ...
mempersembahkan kue kismis kepada berhala: Buah anggur yang sudah dikeringkan dipakai untuk mempersembahkan kurban kepada dewa kesuburan yang menurut kepercayaan dapat meningkatkan hasil panen orang-orang yang menyembahnya.
BIS: Hos 3:2 - gandum gandum: Yang dimaksud di sini adalah jenis gandum yang lebih rendah kwalitetnya.
gandum: Yang dimaksud di sini adalah jenis gandum yang lebih rendah kwalitetnya.
Jerusalem -> Hos 1:1; Hos 1:2; Hos 1:2; Hos 1:2; Hos 1:4; Hos 1:5; Hos 1:6; Hos 1:6; Hos 1:7; Hos 1:9; Hos 1:9; Hos 1:10; Hos 1:10; Hos 1:10; Hos 1:11; Hos 1:11; Hos 2:1; Hos 2:1; Hos 2:2-23; Hos 2:2; Hos 2:2; Hos 2:2; Hos 2:3; Hos 2:3; Hos 2:4; Hos 2:5; Hos 2:6; Hos 2:8; Hos 2:12; Hos 2:13; Hos 2:14; Hos 2:14; Hos 2:15; Hos 2:15; Hos 2:16; Hos 2:18; Hos 2:19; Hos 2:19; Hos 2:19; Hos 2:20; Hos 2:21; Hos 2:23; Hos 2:23; Hos 3:1; Hos 3:2; Hos 3:3; Hos 3:4; Hos 3:4; Hos 3:5; Hos 3:5
Jerusalem: Hos 1:1 - zaman Yerobeam bin Yoas Nabi Hosea berkarya terus di zaman pemerintahan pengganti-pengganti Yerobeam hingga kerajaan Israel (utara) berakhir.
Nabi Hosea berkarya terus di zaman pemerintahan pengganti-pengganti Yerobeam hingga kerajaan Israel (utara) berakhir.
Jerusalem: Hos 1:2 - kawinlah seorang perempuan Seperti nabi-nabi lain melakukan tindakan-tindakan yang merupakan lambang dan nubuat, bdk Yer 18:1+, demikian hidup nabi Hosea menjadi lambang yang me...
Seperti nabi-nabi lain melakukan tindakan-tindakan yang merupakan lambang dan nubuat, bdk Yer 18:1+, demikian hidup nabi Hosea menjadi lambang yang menyingkapkan rahasia rencana Allah. Hosea sampai dua kali mencintai seorang perempuan yang hanya menanggapi cinta kasih nabi dengan ketidaksetiaan. Begitu juga Tuhan terus mengasihi umatNya, Israel, isteriNya yang tidak setia. Tuhan mencobai Israel, tetapi kemudian menganugerahkan kepadanya kebahagiaan kasih pertama itu dam membuat kasih isteriNya menjadi bertahan tak tergoncang lagi (bab 1-3). Agaknya di masa sebelum nabi Hosea orang sudah menyebut ibadat kepada dewa-dewa yang diadakan penduduk negeri Kanaan sebagai "persundalan", oleh karena memang dalam ibadat itu persundalan bakti dipraktekkan (Kel 34:15). Dengan meniru ibadat penduduk Kanaan Israelpun bersundal (Kel 34:16). Tetapi nabi Hosea adalah nabi pertama yang membandingkan persatuan Allah dengan Israel berdasarkan perjanjian yang diikat di gunung Sinai, dengan perkawinan. Karena itu nabi Hosea tidak hanya menyebut pemujaan dewa-dewa sebagai persundalan, tetapi sebagai zinah. Dengan mengikuti nabi Hosea nabi-nabi lain juga berkata demikian, Yes 1:21; Yer 2:2; 3:1; 3:6-12. Nabi Yehezkiel sampai dua kali mengutarakan pikiran itu dalam kiasan yang panjang terperinci, Yeh 16:23. Kitab Deutero-yesaya membandingkan pemulihan umat Israel di masa sesudah pembuangan dengan rujuk isteri yang tidak setia, Yes 50:1; 54:6-7; bdk Yes 62:4-5. Kidung Agung barangkali juga menggambarkan hubungan Allah dengan Israel sebagai hubungan suami-isteri. Dalam Perjanjian Baru Yesus membandingkan kebahagiaan di zaman Mesias dengan pernikahan, Mat 22:1-14; 25:1-13. Ia sendiri adalah mempelai-suami, Mat 9:15; bdk Yoh 3:29. Dengan jalan itu Yesus mengajar bahwa di dalam diriNya sendiri terikatlah perjanjian nikah, Pulau juga memanfaatkan lambang itu, 2Ko 11:2; Efe 5:25-33; bdk 1Ko 6:15-17. Akhirnya kitab Wahyu berkata tentang pernikahan Yerusalem sorgawi, Wah 21:2. - Bab 1-3 kitab Hosea merupakan suatu kesatuan tersendiri. Bab-bab ini dapat dibagi menjadi tiga bagian, masing-masing terdiri atas sejumlah ayat yang mengenai mata sekarang di mana Allah mengecam Israel oleh karena dosanya, dan sejumlah ayat yang mengenai masa depan yang bahagia, Hos 1:2-9,10-11; 2:1-12; 2:13-22; 3:1-4; 3:5
Jerusalem: Hos 1:2 - perempuan sundal Ini dapat diartikan dengan dua cara; Gomer sudah bersundal sebelum diperisteri oleh Hosea, atau: ia menjadi bersundal setelah kawin dengan Hosea (tafs...
Ini dapat diartikan dengan dua cara; Gomer sudah bersundal sebelum diperisteri oleh Hosea, atau: ia menjadi bersundal setelah kawin dengan Hosea (tafsir ini agaknya paling tepat)
Jerusalem: Hos 1:2 - anak-anak sundal Mereka disebut "sundal" bukannya oleh karena lahir dari zinah, tetapi oleh karena mereka ternyata mempunyai sifat sundal ibu mereka; Anak-anak serupa ...
Mereka disebut "sundal" bukannya oleh karena lahir dari zinah, tetapi oleh karena mereka ternyata mempunyai sifat sundal ibu mereka; Anak-anak serupa dengan ibu, bdk Yeh 16:44; Sir 41:5.
Jerusalem: Hos 1:4 - nama Yizreel Allah menyuruh nabi memberi anak-anaknya nama tertentu. Nama-nama itu sebenarnya merupakan nubuat, bdk Yes 1:26+, Yizreel (artinya: Allah menabur, bdk...
Allah menyuruh nabi memberi anak-anaknya nama tertentu. Nama-nama itu sebenarnya merupakan nubuat, bdk Yes 1:26+, Yizreel (artinya: Allah menabur, bdk Hos 2:20-22) adalah nama kota kediaman raja-raja Israel (utara). Di kota itu Yehu membunuh isteri dan segenap keturunan raja Ahab (2Ra 9:15-10:14). Berbeda dengan 2Ra 10:30 nabi Hosea mengutuk pembunuhan itu.
Jerusalem: Hos 1:5 - lembah Yizreel Lembah di sekitar kota (benteng) Megido ini terletak pada ujung jalan yang datang dari daerah pesisir. Ia menjadi tempat lalu lintas biasa antara nege...
Lembah di sekitar kota (benteng) Megido ini terletak pada ujung jalan yang datang dari daerah pesisir. Ia menjadi tempat lalu lintas biasa antara negeri Mesir dan negeri Asyur. Karena itu lembah itu sering menjadi medan pertempuran, bdk Hak 4:12-16; 6:33; 1Sa 28:4; 2Ra 23:29. Di situpun ditempatkan pertempuran di akhir zaman, Zak 12:11; Wah 16:16. tetapi lembah itupun tanah yang subur (ini terungkap dalam namanya Yezreel=Allah menabur), sehingga dapat melambangkan janji Allah mengenai kelahiran suatu umat yang baru, Hos 2:21-22. Itulah "Hari Yizreel", Hos 1:11.
Jerusalem: Hos 1:6 - Lo-Ruhama Nama Ibrani ini berarti: Yang tidak dikasihani, atau: Yang tidak dikasihi
Nama Ibrani ini berarti: Yang tidak dikasihani, atau: Yang tidak dikasihi
Jerusalem: Hos 1:6 - sama sekali tidak akan mengampuni mereka Terjemahan lain: seluruhnya (kasihanKu) akan Kuambil dari mereka.
Terjemahan lain: seluruhnya (kasihanKu) akan Kuambil dari mereka.
Jerusalem: Hos 1:7 - bukan dengan panah... Bdk Hos 14:4; Maz 20:8; Ams 21:31; Mik 5:9; Yes 30:16; 31:1; Zak 4:6. Ayat ini merupakan sebuah sisipan, bdk Hos 3:5+.
Jerusalem: Hos 1:9 - Lo-Ami Nama Ibrani ini berarti: Bukan umatKu. Nama ketiga anak Hosea itu memperlihatkan sikap Allah yang bertambah keras. Kini hubungan Allah dengan Israel t...
Nama Ibrani ini berarti: Bukan umatKu. Nama ketiga anak Hosea itu memperlihatkan sikap Allah yang bertambah keras. Kini hubungan Allah dengan Israel terputus sama sekali
Jerusalem: Hos 1:9 - dan Aku ini bukanlah Allahmu Terjemahan Indonesia ini menurut beberapa naskah Terjemahan. Naskah Ibrani secara harafiah dapat diterjemahkan sbb: Aku tidak lagi ada bagi mereka. Un...
Terjemahan Indonesia ini menurut beberapa naskah Terjemahan. Naskah Ibrani secara harafiah dapat diterjemahkan sbb: Aku tidak lagi ada bagi mereka. Ungkapan "Aku tidak ada" menyinggung nama TUHAN (YHWH) yang dinyatakan kepada Musa, Kel 3:14+. Ternyata Hosea mengerti nama TUHAN itu dengan arti sbb: Aku(Allah perjanjian) hadir guna melindungi dan menyelamatkan.
Jerusalem: Hos 1:10 - seperti pasir laut Ini mengulang janji kepada bapa-bapa bangsa sebagaimana disajikan oleh tradisi Yahwista (Kej 32:12) dan tradisi Elohista (Kej 22:17)
Jerusalem: Hos 1:10 - di tempat di mana Yaitu di Yezreel. Di sana akan terjadi "Hari Tuhan", bdk Ams 5:18+, yang dengan maksud tertentu disebut "Hari Yizreel" dalam Hos 1:11; bdk Hos 1:5+
Jerusalem: Hos 1:11 - akan menduduki negeri ini Terjemahan lain: akan merambat ke luar negeri itu, atau; akan menggenangi negeri itu atau: akan kembali dari negeri (pembuangan) mereka.
Terjemahan lain: akan merambat ke luar negeri itu, atau; akan menggenangi negeri itu atau: akan kembali dari negeri (pembuangan) mereka.
Nama Ibrani ini berarti: umatKu, bdk Hos 1:9+
Jerusalem: Hos 2:1 - Ruhama Nama Ibrani ini berarti: Yang dikasihani, bdk Hos 1:6+. Kedua nama inipun merupakan lambang dan nubuat, lawannya kedua nama yang disebut dalam Hos 1:9...
Jerusalem: Hos 2:2-23 - -- Tuhan sendiri angkat bicara dan memakai bahasa kasih yang ditertawakan. Namun demikian Allah tidak mengganti kasihNya dengan kebencian. Dengan serangk...
Tuhan sendiri angkat bicara dan memakai bahasa kasih yang ditertawakan. Namun demikian Allah tidak mengganti kasihNya dengan kebencian. Dengan serangkaian tindakan penghukuman Tuhan berusaha mengembalikan umat Israel kepada kesetiaan. Dalam hal itu Ia berhasil, lalu menguji kesetiaan Israel sekali lagi dan akhirnya Tuhan kembali menjadikan Israel isteriNya dengan kasih seperti semula dan melimpahkan berkatNya.
Jerusalem: Hos 2:2 - Adukanlah Yaitu di depan pengadilan Para nabi sering memakai kiasan pengadilan dalam menggambarkan caranya Tuhan mencela dan menghukum umatNya, bdk Hos 4:1; Yes...
Yaitu di depan pengadilan Para nabi sering memakai kiasan pengadilan dalam menggambarkan caranya Tuhan mencela dan menghukum umatNya, bdk Hos 4:1; Yes 3:13; Mik 6:1; Yer 2:9, dll. Dalam nas-nas tsb Allah sendiri yang mengadu. Sebaliknya dalam Hos 2:1 anak-anak diajak mengadukan ibu mereka, meskipun anak-anak itu sendiri tidak kurang bersalah dari pada ibu mereka (Hos 1:2+). Dengan jalan itu anak-anak (orang Israel) diajak menjauhkan diri dari ibu mereka(umat)
Jerusalem: Hos 2:2 - dia bukan isteriKu... Di negeri Mesopotamia rumus semacam itu dipakai untuk menjatuhkan talak
Di negeri Mesopotamia rumus semacam itu dipakai untuk menjatuhkan talak
Jerusalem: Hos 2:2 - sundalnya Sundal dan zinah di sini agaknya menyinggung jimat-jimat dan tanda-tanda lain yang dipakai pelacur, bdk Ams 7:10; Kej 38:15.
Jerusalem: Hos 2:3 - sampai dia telanjang Diketahui bahwa di kawasan timur dahulu memang isteri yang tidak setia ditanggalkan pakaiannya. Bdk Yeh 16:37-39; Yes 47:2-3; Yer 13:22; Nah 3:5; Wah ...
Diketahui bahwa di kawasan timur dahulu memang isteri yang tidak setia ditanggalkan pakaiannya. Bdk Yeh 16:37-39; Yes 47:2-3; Yer 13:22; Nah 3:5; Wah 17:16
Jerusalem: Hos 2:3 - seperti padang gurun Padang beralih dari isteri yang tidak setia kepada tanah yang dilambangkan oleh isteri itu. kekayaan negeri Kanaan harus punah lenyap, Hos 4:3; 5:7; 9...
Padang beralih dari isteri yang tidak setia kepada tanah yang dilambangkan oleh isteri itu. kekayaan negeri Kanaan harus punah lenyap, Hos 4:3; 5:7; 9:6; 13:15, sebab kekayaan itulah yang menyebabkan Israel berdosa, Hos 10:1; 13:6.
Jerusalem: Hos 2:5 - mengikuti para kekasihku Harafiah: berjalan di belakang para kekasihku. Artinya: berpaut pada dewa-dewa negeri Kanaan, berbakti kepada mereka.
Harafiah: berjalan di belakang para kekasihku. Artinya: berpaut pada dewa-dewa negeri Kanaan, berbakti kepada mereka.
Jerusalem: Hos 2:6 - jalannya Begitu terbaca dalam terjemahan Yunani dan Siria. Dalam naskah Ibrani tertulis: jalanmu.
Begitu terbaca dalam terjemahan Yunani dan Siria. Dalam naskah Ibrani tertulis: jalanmu.
Jerusalem: Hos 2:8 - dibuat mereka menjadi patung Baal Baal ialah dewa (dewata) negeri Kanaan dan sekitarnya, bdk Hak 2:13+. Naskah Ibrani dapat diterjemahkan juga sbb: dipakai mereka buat Baal. Artinya:di...
Baal ialah dewa (dewata) negeri Kanaan dan sekitarnya, bdk Hak 2:13+. Naskah Ibrani dapat diterjemahkan juga sbb: dipakai mereka buat Baal. Artinya:dijadikan mereka barang-barang yang dipakai untuk memuja Baal.
Jerusalem: Hos 2:12 - pohon anggurnya dan pohon aranya Ini sebuah rumus lazim yang menunjuk keadaan damai, aman dan sejahtera seperti di zaman pemerintahan Salomo (1Ra 4:25). Di zaman Mesias keadaan akan d...
Ini sebuah rumus lazim yang menunjuk keadaan damai, aman dan sejahtera seperti di zaman pemerintahan Salomo (1Ra 4:25). Di zaman Mesias keadaan akan demikian pula, Mik 4:4; Zak 3:10. Di sini ungkapan itu menunjuk kesejahteraan yang membuat umat Israel menjadi murtad, bdk Ula 8:11-20, dan mendorong mereka berbakti kepada dewa-dewa yang dianggap asal kesejahteraan (pertanian) itu, Hos 2:4,11.
Ialah hari-hari besar yang dirayakan untuk menghormati Baal.
Jerusalem: Hos 2:14 - membujuk dia Kata ini perlu dimengerti dengan arti yang sepenuh-penuhnya yaitu: membujuk orang, berusaha menyelewengkannya dari jalan yang harus ditempuhnya, bdk H...
Jerusalem: Hos 2:14 - ke padang gurun Zaman Israel berkelana di padang gurun dahulu dianggap zaman ideal, bdk Ams 5:23; Hos 12:10. Di waktu itu Israel yang masih kanak-kanak, Hos 11:1-4, b...
Zaman Israel berkelana di padang gurun dahulu dianggap zaman ideal, bdk Ams 5:23; Hos 12:10. Di waktu itu Israel yang masih kanak-kanak, Hos 11:1-4, belum mengenal allah-allah lain. Dengan setia umat mengikuti Tuhan yang berupa tiang awan, Hos 2:13-14; Yer 2:2-3 hadir pada umatNya. Mengenai caranya para nabi memanfaatkan gagasan "Keluaran" itu bdk Yes 40:3+.
Jerusalem: Hos 2:15 - lembah Akhor Ialah sebuah lembah di dekat Yerikho. Melalui lembah itu orang masuk ke pedalaman negeri. Di lembah itu pernah dilakukan suatu ketidaksetiaan yang dih...
Ialah sebuah lembah di dekat Yerikho. Melalui lembah itu orang masuk ke pedalaman negeri. Di lembah itu pernah dilakukan suatu ketidaksetiaan yang dihukum keras oleh Tuhan, Yos 7:24-26. Nama itu berarti: Lembah kemalangan, menurut Yos 7:26+. Lembah itu akan menjadi "pintu pengharapan" oleh karena menjadi tempat masuk ke tanah Suci yang dibaharui
Jerusalem: Hos 2:16 - Baalku Suami juga disebut baal. Nama baal itu dahulu memang banyak dipakai dalam nama diri orang, bdk 1Sa 14:49+; 2Sa 2:8, dll; 1Ta 8:33; 9:39-40, dll. Ini t...
Suami juga disebut baal. Nama baal itu dahulu memang banyak dipakai dalam nama diri orang, bdk 1Sa 14:49+; 2Sa 2:8, dll; 1Ta 8:33; 9:39-40, dll. Ini tidak mengandung pemujaan berhala yang juga disebut baal (artinya: tuan, majikan) sebab "baal" yang dimaksud ialah TUHAN sendiri. Orang yang bernama... baal dibaktikan kepada Tuhan. Tetapi di kemudian hari nama baal dianggap jelek oleh karena mengingatkan dewa-dewa baal yang dipuja di negeri Kanaan, Hak 2:13+. Karena itu Hosea melarang memakai nama baal itu, Hos 2:16. Pengertian sebutan baal dengan sebutan suami menyarankan bahwa selanjutnya tekanan terletak pada kemesraan hubungan suami-isteri dan tidak pada takluknya isteri kepada suaminya (baal= tuan, majikan), bdk Yoh 15:15.
Jerusalem: Hos 2:18 - dengan tenteram Pemulihan di zaman Mesias mencakup keadilan dan kebenaran, Hos 2:18-19. Sebaliknya Allah tinggal di tengah-tengah umatNya dan melimpahkannya dengan be...
Pemulihan di zaman Mesias mencakup keadilan dan kebenaran, Hos 2:18-19. Sebaliknya Allah tinggal di tengah-tengah umatNya dan melimpahkannya dengan berkatNya, Ima 26:3-13; Ula 28:1-14. Hujan akan turun pada waktunya dan tanah menghasilkan hasil bumi yang bertumpah ruah. Hos 2:21-22; 14:8-9; Ams 9:13; Yer 31:12,14; Yeh 34:26-27,29; 36:29-30; Yes 30:23-26; 49:10; Yoe 2:19,22-24; 3:18; Zak 8:12. Tidak lagi orang kuatir kalau-kalau orang lain datang merampasnya, Ams 9:15; Yes 65:21-23; bdk Ula 28:30-33, sebab umat Israel tidak lagi akan diserbu oleh musuh, Mik 5:4; Yes 32:17-18; Yoe 2:20; Yer 46:27; bdk Yer 4:5-6. (dijelaskan dalam Yer 25:4-5). Allah mengikat suatu perjanjian dengan binatang-binatang buas, Hos 2:17; Yeh 34:25,28. Damai sejahtera akan merangkum segala bangsa, Yes 2:4= Mik 4:3; bdk Yes 11:6-8+; Yes 65:25, di bawah pemerintahan Raja-Mesias, Yes 9:5-6; Zak 9:10. Sukacita mengganti penderitaan dan air mata, Yes 65:18-19; Yer 31:13; Bar 4:23,29; bdk Wah 21:4, dan kematian akan hilang lenyap, Yes 25:7-8.
Jerusalem: Hos 2:19 - menjadikan.. isteriKu Terjemahan lain: bertunangan dengan engkau. Kata Ibrani yang dipakai di sini dalam Alkitab hanya dipakai berhubungan seorang gadis. Jadi jelaslah Alla...
Terjemahan lain: bertunangan dengan engkau. Kata Ibrani yang dipakai di sini dalam Alkitab hanya dipakai berhubungan seorang gadis. Jadi jelaslah Allah menghapus seluruh masa lampau umat Israel yang seolah-olah menjadi ciptaan baru
Jerusalem: Hos 2:19 - dalam keadilan... Keadilan dst itu merupakan mas kawin yang diberikan suami kepada isterinya (bdk 2Sa 3:14; harafiah: dalam seratus kulit khitan). Tetapi apa yang dalam...
Keadilan dst itu merupakan mas kawin yang diberikan suami kepada isterinya (bdk 2Sa 3:14; harafiah: dalam seratus kulit khitan). Tetapi apa yang dalam pernikahan baru ini diberikan oleh Tuhan bukannya benda-benda berharga, kesejahteraan seperti yang dijanjikan dahulu, Hos 2:7+, tetapi sikap batiniah yang perlu agar supaya umat seterusnya tetap setia. Di sini sudah terdapat bibit ajaran yang sepenuh-penuhnya diperkembangkan oleh nabi Yeremia dan Yehezkiel yang berkata mengenai suatu perjanjian yang baru dan kekal (bdk Hos 2:18 untuk selama-lamanya), tentang hukum yang tertulis dalam hati, hati yang baru dan roh yang baru, Yer 31:31-34; Yeh 36:26-27; bdk Yeh 36:27+
Jerusalem: Hos 2:19 - kasih setia Ini menterjemahkan kata Ibrani hesed. Kata ini pertama-tama mengandung gagasan: ikatan dan keterlibatan. Dalam rangka masyarakat manusia hesed berarti...
Ini menterjemahkan kata Ibrani hesed. Kata ini pertama-tama mengandung gagasan: ikatan dan keterlibatan. Dalam rangka masyarakat manusia hesed berarti: persahabatan, kesetiakawanan dan khususnya kesetiaan, teristimewanya kalau sikap-sikap tsb berdasarkan suatu perjanjian. Kasih setia Allah berarti bahwa Tuhan setia pada perjanjian dan juga baik hati terhadap umat; kebaikan hati itu justru menyatakan kesetiaan Tuhan itu (bdk Kel 34:6; kasihNya). Kasih setia Allah itu sejak nabi Hosea juga dapat disebut: cinta kasih (mengingat hubungan suami-isteri yang dengannya dibandingkan hubungan Allah dengan umatNya). Maz 136:1-26; Yer 31:3, dll. Kasih setia itupun mencakup segala anugerah yang berasal dari cinta kasih Allah, Kel 20:6; Ula 5:10; 2Sa 22:51; Yer 32:18. Hesed dari pihak Tuhan itu menurut hesed dari pihak manusia pula. Hesed pada manusia berarti:: penyerahan diri, persahabatan yang penuh kepercayaan, pasrah, takwa, pendeknya kasih yang menjadi nyata dalam ketaatan gembira kepada Tuhan dan dalam cinta kasih kepada sesama manusia, Hos 4:1; 6:6. Gagasan hesed itu banyak dipakai dalam kitab Mazmur dan ia menjiwai "Kaum Mursid" (Ibraninya: hasidim). 1Ma 2:42+.
Jerusalem: Hos 2:20 - mengenal TUHAN Menurut pandangan nabi Hosea hesed disertai pengenalan akan Tuhan Hos 2:18-19; 4:1; 6:6. Pengenalan itu bukanlah pengetahuan belaka. Sama seperti Alla...
Menurut pandangan nabi Hosea hesed disertai pengenalan akan Tuhan Hos 2:18-19; 4:1; 6:6. Pengenalan itu bukanlah pengetahuan belaka. Sama seperti Allah memperkenalkan diri kepada manusia dalam mengikat perjanjian dengannya dan dalam menyatakan kasihNya (hesed) melalui anugerah-anugerahNya, demikianpun manusia mengenal Allah melalui sikap hati yang mencakup kesetiaan pada perjanjian Tuhan, rasa syukur oleh karena segala anugerah Tuhan. Bdk Ayu 21:14; Ams 2:5; Yes 11:2; 58:2. Dalam kitab-kitab Kebijaksanaan "mengenal" hampir searti dengan berhikmat.
Jerusalem: Hos 2:21 - mendengarkan Perhatikanlah kata "mendengarkan" yang terulang-ulang. Allah mendengarkan (menanggapi) keinginan ciptaanNya; ciptaan mendengarkan pengharapan manusia ...
Perhatikanlah kata "mendengarkan" yang terulang-ulang. Allah mendengarkan (menanggapi) keinginan ciptaanNya; ciptaan mendengarkan pengharapan manusia yang sesuai dengan rencana Allah. Keadaan dan keselarasan itu justru kebalikan dari keadaan sekarang yang terganggu oleh dosa, bdk Hos 4:3; Kej 3:17 dst; Yes 11:6+; Rom 8:19+.
Inilah arti nama Yizreel (Allah menabur)
Jerusalem: Hos 2:23 - menyayangi Lo-Ruhama Kasih setia Allah kepada umatNya meniadakan nama yang melambangkan kemalangan (Yang Tidak dikasihani: Bukan umatKu) bersama-sama dengan kemalangan itu...
Kasih setia Allah kepada umatNya meniadakan nama yang melambangkan kemalangan (Yang Tidak dikasihani: Bukan umatKu) bersama-sama dengan kemalangan itu. Bdk Hos 1:10; 2:12.
Jerusalem: Hos 3:1 - perempuan yang suka bersundal Ini menurut terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani tertulis: yang dikasihi orang lain. Perempuan itu agaknya tidak lain dari Gomer, Hos 1:3 yang dahul...
Ini menurut terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani tertulis: yang dikasihi orang lain. Perempuan itu agaknya tidak lain dari Gomer, Hos 1:3 yang dahulu dikasihi Hosea dan terus dikasihi olehnya. Gomer dahulu tidak setia dan terus tidak setia. Kemurahan hati nabi Hosea kepada isterinya yang tidak setia itu mengibaratkan kasih Tuhan yang tidak kunjung padam kepada umatNya.
Jerusalem: Hos 3:2 - aku membeli dia Hosea menebus isterinya, entah dari majikannya yang baru entah dari sebuah kuil tempat Gomer menjadi sundal bakti. Apa yang dibayar Hosea l.k. sesuai ...
Jerusalem: Hos 3:3 - Lama engkau harus diam.... Suatu masa percobaan - sebagaimana dijelaskan dalam Hos 3:4; bdk Hos 2:5,6,13 - akan mendahului pembaharuan perjanjian Tuhan dengan umat Israel.
Suatu masa percobaan - sebagaimana dijelaskan dalam Hos 3:4; bdk Hos 2:5,6,13 - akan mendahului pembaharuan perjanjian Tuhan dengan umat Israel.
Jerusalem: Hos 3:5 - dan Daud, raja mereka Ini agaknya sebuah sisipan yang ditambahkan pada kitab di negeri Yehuda, sama seperti Hos 1:7. Ayat Hos 1:7 ini kiranya seluruhnya disisipkan oleh pen...
Ini agaknya sebuah sisipan yang ditambahkan pada kitab di negeri Yehuda, sama seperti Hos 1:7. Ayat Hos 1:7 ini kiranya seluruhnya disisipkan oleh pengikut-pengikut nabi Hosea yang melarikan diri ke negeri Yehuda ketika kota Samaria direbut. Begitu mereka mengetrapkan pesan Hosea (yang ditujukan kepada kerajaan utara) pada negeri Yehuda juga.
Ende -> Hos 1:1; Hos 1:2--3:3; Hos 1:2; Hos 1:3; Hos 1:5; Hos 1:6; Hos 1:7; Hos 1:10--2:1; Hos 1:11; Hos 2:1; Hos 2:2; Hos 2:2; Hos 2:2; Hos 2:3; Hos 2:4; Hos 2:5; Hos 2:6; Hos 2:8; Hos 2:10; Hos 2:14-23; Hos 2:15; Hos 2:16; Hos 2:18; Hos 2:19; Hos 2:21-22; Hos 2:23; Hos 3:1-4; Hos 3:1; Hos 3:1; Hos 3:2; Hos 3:4-5
Ende: Hos 1:1 - -- Djudul kitab ini merupakan suatu tambahan. Tampilnja nabi ditanggalkan menurut
wangsa2 keradjaan di Israil dan Juda, jang sedjadjar. Menurut petundjuk...
Djudul kitab ini merupakan suatu tambahan. Tampilnja nabi ditanggalkan menurut wangsa2 keradjaan di Israil dan Juda, jang sedjadjar. Menurut petundjuk ini Hosea mulai bekerdja kira2 742 dan meneruskan tugasnja sampai kira2 700. Tetapi banjak ahli meragukan aselinja Ahaz dan Hizkia. pastilah Hosea bekerdja chususnja waktu pemerintahan radja2 Israil Menahen, Pekahja dan Pekah dan Hosjea' (743-724). Dari nama radja2 Juda dalam ajat ini orang tidak boleh menjimpulkan, bahwa nabi itu djuga bekerdja di Juda.
Persoalan perkawinan Hosea telah dibahas dalam pendahuluan.
Ende: Hos 1:2 - -- Boleh djadi perempuan "tjendala" itu sudah demikian sebelum kawin, tetapi
mungkin djuga, baru sesudahnja sifat ini nampak.
Tidak usahlah diterima, bah...
Boleh djadi perempuan "tjendala" itu sudah demikian sebelum kawin, tetapi mungkin djuga, baru sesudahnja sifat ini nampak.
Tidak usahlah diterima, bahwa nabi sudah tahu tentang makna perkawinannja sebagai lambang ketidak-setiaan Israil terhadap Jahwe, ketika ia kawin dengan Gomer.
Ende: Hos 1:3 - -- Meskipun tidak dikatakan, tetapi anak ini bukan anak Hosea sendiri, melainkan
dari laki2 lain. Isterinja berdjinah
Meskipun tidak dikatakan, tetapi anak ini bukan anak Hosea sendiri, melainkan dari laki2 lain. Isterinja berdjinah
Ende: Hos 1:5 - -- Busur merupakan lambang kekuatan militer Israil. Keruntuhan wangsa Jehu adalah
awal-mula keruntuhan Israil seluruhnja.
Keruntuhan wangsa Jehu disindir...
Busur merupakan lambang kekuatan militer Israil. Keruntuhan wangsa Jehu adalah awal-mula keruntuhan Israil seluruhnja.
Keruntuhan wangsa Jehu disindir oleh ajat ini.
Ende: Hos 1:6 - -- Nama-ibarat ini diambil-alih dari naskah Hibrani dalam bentuk Arab. Artinja:
Tanpa belaskasihan (jaitu dari pihak Jahwe).
Nama-ibarat ini diambil-alih dari naskah Hibrani dalam bentuk Arab. Artinja: Tanpa belaskasihan (jaitu dari pihak Jahwe).
Banjak ahli menganggap ajat ini tambahan, sebab menjindir Juda.
Ende: Hos 1:10--2:1 - -- Djandji keselamatan untuk masa depan: Bangsa besar dan hubungan dengan Jahwe
jang beres kembali. Israil dan Juda akan bersatu lagi dibawah satu kepala...
Djandji keselamatan untuk masa depan: Bangsa besar dan hubungan dengan Jahwe jang beres kembali. Israil dan Juda akan bersatu lagi dibawah satu kepala.
Ende: Hos 1:11 - Jizre'el Nabi main2 dengan makna kata ini (Jahwe menabur): besar, luhurlah
hari Jahwe akan menabur Israil kembali.
Nabi main2 dengan makna kata ini (Jahwe menabur): besar, luhurlah hari Jahwe akan menabur Israil kembali.
Ende: Hos 2:1 - -- Siapa harus mengatakan itu? Rupanja: Jizre'el, anak Hosea jang pertama, kepada
anak2 lainnja (saudara-saudarinja). Nama anak2 itu diganti pula: Bukan
...
Siapa harus mengatakan itu? Rupanja: Jizre'el, anak Hosea jang pertama, kepada anak2 lainnja (saudara-saudarinja). Nama anak2 itu diganti pula: Bukan Umatku=Umatku: La Rahman=Rahman.
Ende: Hos 2:2 - -- Ajat 2:1-3 dipindahkan sesudah Hos 3:5. Disini kurang tjotjok, pada hal
baik2 menutup djandji keselamatan jang termuat dalam Hos 3:4-5.
Ende: Hos 2:2 - IsteriKu Rupa2nja Jahwe berbitjara kepada Israil dan bukannja Hosea kepada
anak2nja.
Rupa2nja Jahwe berbitjara kepada Israil dan bukannja Hosea kepada anak2nja.
Ende: Hos 2:2 - djinah -- persundalan dalam ajat ini agaknja merupakan tanda pelatjur
memperkenalkan diri.
dalam ajat ini agaknja merupakan tanda pelatjur memperkenalkan diri.
Isteri jang ditalaki karena berdjinah kadang2 diusir dengan bertelandjang.
adalah orang Israil, penduduk negeri jang disebut "ibunja".
Ende: Hos 2:5 - kendakku ialah dewata kafir Kena'an, chususnja Ba'al, dewa kesuburan
tanah, hewan dan manusia.
ialah dewata kafir Kena'an, chususnja Ba'al, dewa kesuburan tanah, hewan dan manusia.
Ende: Hos 2:6 - -- Si suami (Jahwe) menghalangi isterinja (Israil) untuk mendjadi tak setia.
Terpaksa isteri kembali (Hos 2:9). Tetapi pertobatannja tidak djudjur
dan su...
Si suami (Jahwe) menghalangi isterinja (Israil) untuk mendjadi tak setia. Terpaksa isteri kembali (Hos 2:9). Tetapi pertobatannja tidak djudjur dan sungguh2.
Ende: Hos 2:8 - -- Ajat ini menggambarkan djaman kesedjahteraan Israil, jang disalahgunakannja
dengan menjembah dewa2, se-akan2 mereka itulah jang menganugerahkannja. Al...
Ajat ini menggambarkan djaman kesedjahteraan Israil, jang disalahgunakannja dengan menjembah dewa2, se-akan2 mereka itulah jang menganugerahkannja. Allah lalu mengambil semua akan hukuman, supaja Israil bertobat (Hos 2:11).
Ende: Hos 2:10 - -- Karena kekurangan makan (Hos 2:11-14) Israil tidak dapat
mempersembahkan kurban kepada Ba'al serta merajakan pesta2nja(Hos 2:13).
Demikian ia "malu" t...
Karena kekurangan makan (Hos 2:11-14) Israil tidak dapat mempersembahkan kurban kepada Ba'al serta merajakan pesta2nja(Hos 2:13). Demikian ia "malu" terhadap kendak2nja (Ba'al).
Ende: Hos 2:14-23 - -- Bagian ini menggambarkan masa depan Israil, bila atas usaha dan desakan Jahwe ia
sungguh2 bertobat dan kembali mendjadi seperti dahulu, waktu ditebus ...
Bagian ini menggambarkan masa depan Israil, bila atas usaha dan desakan Jahwe ia sungguh2 bertobat dan kembali mendjadi seperti dahulu, waktu ditebus oleh Jahwe dari Mesir. Hukuman (Hos 2:11-15) merupakan alat tjinta Jahwe untuk menarik kembali mempelaiNja jang tidak setia.
Ende: Hos 2:15 - Lembah Akor berarti: Lembah Tjelaka (karena Ahan dihukum disana dan dengan
demikian Jahwe melepaskan Israil dari tjelaka?).
Malahan tempat tjelaka ini memberi har...
berarti: Lembah Tjelaka (karena Ahan dihukum disana dan dengan demikian Jahwe melepaskan Israil dari tjelaka?).
Malahan tempat tjelaka ini memberi harapan, artinja: Jahwe sendiri akan ganti menghukum mendjadi harapan Israil.
Ende: Hos 2:16 - -- Ba'al berarti Tuan, dan dipakai djuga sebagai sebutan suami. Tetapi kata itupun
nama dewa Kena'an. Maka Israil tidak mau lagi menjebut Jahwe "Ba'al", ...
Ba'al berarti Tuan, dan dipakai djuga sebagai sebutan suami. Tetapi kata itupun nama dewa Kena'an. Maka Israil tidak mau lagi menjebut Jahwe "Ba'al", supaja segenap kenangan akan dewa itupun lenjap pula
Ende: Hos 2:18 - -- Ajat ini melukiskan masa perdamaian (dan kesedjahteraan) kelak.
Keadaan itu serupa dengan keadaan firdaus semula.
Ajat ini melukiskan masa perdamaian (dan kesedjahteraan) kelak.
Keadaan itu serupa dengan keadaan firdaus semula.
Ende: Hos 2:19 - -- Hubungan Israil dengan Jahwe, jang akan dipulihkan kembali itu, dilukiskan
dengan istilah perkawinan: hubungan tjinta jang paling mesra.
Hubungan Israil dengan Jahwe, jang akan dipulihkan kembali itu, dilukiskan dengan istilah perkawinan: hubungan tjinta jang paling mesra.
Ende: Hos 2:21-22 - -- Jahwe akan mendjawab langit...dst. Machluk2 itu diperorangkan: langit bermohon
kepada Jahwe, agar dapat menurunkan hudjan. Jahwe mendjawab (mengabulka...
Jahwe akan mendjawab langit...dst. Machluk2 itu diperorangkan: langit bermohon kepada Jahwe, agar dapat menurunkan hudjan. Jahwe mendjawab (mengabulkan doa itu.)Demikian bumi berdoa agar menerima hudjan: doanja dikabulkan langit; kesuburan tanah, berkat hudjan itu, mengabulkan doa gandum dll, jang lalu dengan tumbuh mengabulkan doa Jizre'el(=Israil), jang mendapat hasil bumi jang ber-limpah2. Achirnja itu datang dari Jahwe.
Ende: Hos 2:23 - -- Siapa jang ditaburkan ialah Jizre'el (anak pertama Hosea jang mengibaratkan
Israil). Menaburkan disini berarti: menambahkan, kesuburan. Kata Jizre'el
...
Siapa jang ditaburkan ialah Jizre'el (anak pertama Hosea jang mengibaratkan Israil). Menaburkan disini berarti: menambahkan, kesuburan. Kata Jizre'el maknanja: Jahwe menaburkan.
Ajat2 ini meneruskan riwajat hidup Hosea (Hos 1:2-8).
Kuweh buah anggur dipergunakan dalam ibadah Ba'al.
ialah dewa2 itu.
Ende: Hos 3:2 - -- Agaknja Gomer telah mendjadi selir-sahaja pada suaminja jang baru. Karena itu
harus ditebus oleh Hosea.
Agaknja Gomer telah mendjadi selir-sahaja pada suaminja jang baru. Karena itu harus ditebus oleh Hosea.
Ende: Hos 3:4-5 - -- Nabi memberikan keterangan kelakuannja terhadap isterinja (Hos 3:3).
Sebagaimana isterinja terkurung dan terpisah dari laki2 lain, demikian Israil
aka...
Nabi memberikan keterangan kelakuannja terhadap isterinja (Hos 3:3).
Sebagaimana isterinja terkurung dan terpisah dari laki2 lain, demikian Israil akan dipisahkan dari segala sesuatu jang membuatnja murtad dari Jahwe (jakni: radja, pegawai2 tinggi, kurban, tugu angkar, efod-alat untuk menanjai Jahwe -- dewa --, terafim -- berhala rumahtangga, -- singkatnja: hidup kenegaraan dan keigamaan.
Endetn: Hos 2:3 - saudaramu, saudarimu diperbaiki. (Lih. terdjemahan Junani), Tertulis: "para saudara, para saudarimu".
diperbaiki. (Lih. terdjemahan Junani), Tertulis: "para saudara, para saudarimu".
diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Syriah. Tertulis: "(-)mu".
Endetn: Hos 2:15 - membakar dupa diperbaiki menurut Hos 4:13; 11:2. Tertulis: "membuat (menjuruh) bakar".
diperbaiki menurut Hos 4:13; 11:2. Tertulis: "membuat (menjuruh) bakar".
Ref. Silang FULL -> Hos 1:1; Hos 1:2; Hos 1:3; Hos 1:4; Hos 1:5; Hos 1:6; Hos 1:7; Hos 1:8; Hos 1:9; Hos 1:10; Hos 1:11; Hos 2:1; Hos 2:2; Hos 2:3; Hos 2:4; Hos 2:5; Hos 2:6; Hos 2:7; Hos 2:8; Hos 2:9; Hos 2:10; Hos 2:11; Hos 2:12; Hos 2:13; Hos 2:14; Hos 2:15; Hos 2:16; Hos 2:17; Hos 2:18; Hos 2:19; Hos 2:20; Hos 2:21; Hos 2:22; Hos 2:23; Hos 3:1; Hos 3:4; Hos 3:5
Ref. Silang FULL: Hos 1:1 - yang datang // zaman Uzia // Yotam // Ahas // dan Hizkia // raja-raja Yehuda // zaman Yerobeam // raja Israel · yang datang: Yer 1:2; Yer 1:2
· zaman Uzia: 2Raj 14:21; 2Raj 14:21
· Yotam: 1Taw 3:12; 1Taw 3:12
· Ahas: 1Taw 3:13; 1Taw...
· yang datang: Yer 1:2; [Lihat FULL. Yer 1:2]
· zaman Uzia: 2Raj 14:21; [Lihat FULL. 2Raj 14:21]
· Yotam: 1Taw 3:12; [Lihat FULL. 1Taw 3:12]
· Ahas: 1Taw 3:13; [Lihat FULL. 1Taw 3:13]
· dan Hizkia: 1Taw 3:13; [Lihat FULL. 1Taw 3:13]
· raja-raja Yehuda: Yes 1:1; Mi 1:1
· zaman Yerobeam: 2Raj 13:13; [Lihat FULL. 2Raj 13:13]
· raja Israel: Am 1:1
Ref. Silang FULL: Hos 1:2 - perempuan sundal // ini bersundal · perempuan sundal: Yer 3:1; Yer 3:1; Hos 2:1,4; 3:1
· ini bersundal: Ul 31:16; Yer 3:14; Yeh 23:3-21 Hos 5:3
· perempuan sundal: Yer 3:1; [Lihat FULL. Yer 3:1]; Hos 2:1,4; 3:1
· ini bersundal: Ul 31:16; Yer 3:14; Yeh 23:3-21 Hos 5:3
Ref. Silang FULL: Hos 1:4 - nama Yizreel · nama Yizreel: Hos 1:11; 1Sam 29:1; 1Sam 29:1; 1Raj 18:45; 2Raj 10:1-14; Hos 2:21
· nama Yizreel: Hos 1:11; 1Sam 29:1; [Lihat FULL. 1Sam 29:1]; 1Raj 18:45; 2Raj 10:1-14; Hos 2:21
Ref. Silang FULL: Hos 1:5 - lembah Yizreel · lembah Yizreel: Yos 15:56; Yos 15:56; 1Sam 29:1; 1Sam 29:1; 2Raj 15:29
· lembah Yizreel: Yos 15:56; [Lihat FULL. Yos 15:56]; 1Sam 29:1; [Lihat FULL. 1Sam 29:1]; 2Raj 15:29
Ref. Silang FULL: Hos 1:6 - Lalu perempuan // nama Lo-Ruhama // kaum Israel · Lalu perempuan: Hos 1:3
· nama Lo-Ruhama: Hos 1:8; Hos 2:22
· kaum Israel: Hos 2:3
Ref. Silang FULL: Hos 1:7 - Tuhan, Allah // dengan panah · Tuhan, Allah: Za 4:6
· dengan panah: Mazm 44:7; Mazm 44:7
Ref. Silang FULL: Hos 1:9 - bukanlah Allahmu · bukanlah Allahmu: Hos 1:10; Yeh 11:19-20; Yeh 11:19; Yeh 11:20; 1Pet 2:10
· bukanlah Allahmu: Hos 1:10; Yeh 11:19-20; [Lihat FULL. Yeh 11:19]; [Lihat FULL. Yeh 11:20]; 1Pet 2:10
Ref. Silang FULL: Hos 1:10 - dapat dihitung // Anak-anak Allah // Anak-anak Allah · dapat dihitung: Kej 22:17; Kej 22:17; Yer 33:22; Yer 33:22
· Anak-anak Allah: Hos 1:9; Hos 1:9; Hos 2:22; Rom 9:26%&
· Anak-ana...
Ref. Silang FULL: Hos 1:11 - akan berkumpul // satu pemimpin // menduduki negeri // hari Yizreel · akan berkumpul: Yes 11:12,13; Yes 11:12; Yes 11:13
· satu pemimpin: Yer 23:5-8; Yer 23:5 s/d 8; Yer 30:9
· menduduki negeri: Y...
· akan berkumpul: Yes 11:12,13; [Lihat FULL. Yes 11:12]; [Lihat FULL. Yes 11:13]
· satu pemimpin: Yer 23:5-8; [Lihat FULL. Yer 23:5] s/d 8; Yer 30:9
· menduduki negeri: Yeh 37:15-28; [Lihat FULL. Yeh 37:15] s/d 28
Ref. Silang FULL: Hos 2:2 - Adukanlah ibumu // dijauhkannya sundalnya · Adukanlah ibumu: Hos 2:4; Yes 50:1; Yes 50:1; Hos 1:2; Hos 1:2; Hos 4:5
· dijauhkannya sundalnya: Yes 1:21; Yes 1:21; Yeh 23:45; Yeh ...
Ref. Silang FULL: Hos 2:3 - Aku menanggalkan // dia dilahirkan // padang gurun · Aku menanggalkan: Yeh 16:37; Yeh 16:37
· dia dilahirkan: Yeh 16:4,22
· padang gurun: Yes 32:13-14
· Aku menanggalkan: Yeh 16:37; [Lihat FULL. Yeh 16:37]
· dia dilahirkan: Yeh 16:4,22
· padang gurun: Yes 32:13-14
Ref. Silang FULL: Hos 2:4 - Tentang anak-anaknya // anak-anak sundal · Tentang anak-anaknya: Yeh 8:18; Yeh 8:18; Hos 1:6
· anak-anak sundal: Hos 5:7
Ref. Silang FULL: Hos 2:5 - para kekasihku // dan minumanku · para kekasihku: Yer 3:6; Yer 3:6; Hos 1:2; Hos 1:2
· dan minumanku: Yer 44:17-18
· para kekasihku: Yer 3:6; [Lihat FULL. Yer 3:6]; Hos 1:2; [Lihat FULL. Hos 1:2]
· dan minumanku: Yer 44:17-18
Ref. Silang FULL: Hos 2:6 - menemui jalannya · menemui jalannya: Ayub 3:23; Ayub 3:23; Ayub 19:8; Ayub 19:8; Rat 3:9; Rat 3:9
Ref. Silang FULL: Hos 2:7 - mencapai mereka // kepada suamiku // yang pertama // lebih berbahagia · mencapai mereka: Hos 5:13
· kepada suamiku: Yes 54:5; Yes 54:5
· yang pertama: Yer 2:2; Yer 3:1; Yer 3:1
· lebih berba...
Ref. Silang FULL: Hos 2:8 - tidak insaf // dan minyak // dan emas // patung Baal · tidak insaf: Yes 1:3; Yes 1:3
· dan minyak: Bil 18:12; Bil 18:12
· dan emas: Ul 8:18; Ul 8:18
· patung Baal: Hos 2:12; Y...
Ref. Silang FULL: Hos 2:9 - kembali gandum-Ku // dan anggur-Ku · kembali gandum-Ku: Hos 8:7
· dan anggur-Ku: Hos 9:2
Ref. Silang FULL: Hos 2:10 - akan menyingkapkan // para kekasihnya // dari tangan-Ku · akan menyingkapkan: Yeh 23:10
· para kekasihnya: Yer 13:26
· dari tangan-Ku: Yeh 16:37; Yeh 16:37
Ref. Silang FULL: Hos 2:11 - akan menghentikan // segala kegirangannya // segala perayaannya · akan menghentikan: Yer 7:34
· segala kegirangannya: Yes 24:8; Yes 24:8
· segala perayaannya: Yes 1:14; Yes 1:14; Yer 16:9; Hos ...
· akan menghentikan: Yer 7:34
· segala kegirangannya: Yes 24:8; [Lihat FULL. Yes 24:8]
· segala perayaannya: Yes 1:14; [Lihat FULL. Yes 1:14]; Yer 16:9; Hos 3:4; 9:5; Am 5:21; 8:10
Ref. Silang FULL: Hos 2:12 - pohon anggurnya // pohon aranya // para kekasihku // menjadi hutan // akan memakannya · pohon anggurnya: Yes 7:23; Yes 7:23; Yer 8:13; Yer 8:13
· pohon aranya: Yer 5:17; Yer 5:17
· para kekasihku: Yer 3:1; Yer 3:1
&...
Ref. Silang FULL: Hos 2:13 - membakar korban // para Baal // dan kalungnya // para kekasihnya // dan melupakan // firman Tuhan · membakar korban: Yes 65:7
· para Baal: Hos 2:7; Yer 7:9; Yer 7:9; Hos 11:2
· dan kalungnya: Yeh 16:17; Yeh 16:17; Yeh 23:40; Y...
· membakar korban: Yes 65:7
· para Baal: Hos 2:7; Yer 7:9; [Lihat FULL. Yer 7:9]; Hos 11:2
· dan kalungnya: Yeh 16:17; [Lihat FULL. Yeh 16:17]; Yeh 23:40; [Lihat FULL. Yeh 23:40]
· para kekasihnya: Hos 4:13
· dan melupakan: Hos 4:6; 8:14; 13:6
· firman Tuhan: Yer 44:17; [Lihat FULL. Yer 44:17]; Hos 13:1
Ref. Silang FULL: Hos 2:15 - lembah Akhor // merelakan diri // masa mudanya // tanah Mesir · lembah Akhor: Yos 7:24,26; Yos 7:24; Yos 7:26
· merelakan diri: Kel 15:1-18
· masa mudanya: Yer 2:2; Yer 2:2; Yeh 16:22; Yeh 16...
Ref. Silang FULL: Hos 2:17 - dari mulutmu // lagi disebut · dari mulutmu: Kel 23:13; Mazm 16:4
· lagi disebut: Yos 23:7; Yos 23:7; Za 13:2
Ref. Silang FULL: Hos 2:18 - muka bumi // akan meniadakan // dengan tenteram · muka bumi: Ayub 5:22; Ayub 5:22
· akan meniadakan: Mazm 46:10; Mazm 46:10; Yes 2:4; Yes 2:4; Za 9:10
· dengan tenteram: Ayub 5:...
Ref. Silang FULL: Hos 2:19 - akan menjadikan // dan kebenaran // kasih sayang · akan menjadikan: Yes 62:4; Yes 62:4; 2Kor 11:2
· dan kebenaran: Yes 1:27; Yes 1:27
· kasih sayang: Yes 54:8; Yes 54:8
Ref. Silang FULL: Hos 2:20 - akan mengenal // Tuhan · akan mengenal: Yer 31:34; Hos 4:1; 6:6; 13:4
· Tuhan: Yeh 16:8; Yeh 16:8
· akan mengenal: Yer 31:34; Hos 4:1; 6:6; 13:4
· akan mendengarkan: Yes 55:10; Za 8:12; Mal 3:10-11
Ref. Silang FULL: Hos 2:22 - dan minyak // mendengarkan Yizreel · dan minyak: Yer 31:12; Yer 31:12; Hos 14:8; Yoel 2:19
· mendengarkan Yizreel: Yeh 36:29-30; Yeh 36:29; Yeh 36:30; Hos 1:4; Hos 1:4
Ref. Silang FULL: Hos 2:23 - akan menaburkan // menyayangi Lo-Ruhama // Lo-Ami: Umat-Ku // berkata: Allahku · akan menaburkan: Yer 31:27; Yer 31:27
· menyayangi Lo-Ruhama: Hos 1:6; Hos 1:6
· Lo-Ami: Umat-Ku: Hos 1:12; Hos 1:12; Yes 19:...
· akan menaburkan: Yer 31:27; [Lihat FULL. Yer 31:27]
· menyayangi Lo-Ruhama: Hos 1:6; [Lihat FULL. Hos 1:6]
· Lo-Ami: Umat-Ku: Hos 1:12; [Lihat FULL. Hos 1:12]; Yes 19:25; [Lihat FULL. Yes 19:25]; Hos 1:10; [Lihat FULL. Hos 1:10]
· berkata: Allahku: Yer 29:12; [Lihat FULL. Yer 29:12]; Rom 9:25%&; 1Pet 2:10
Ref. Silang FULL: Hos 3:1 - dan berzinah // kue kismis · dan berzinah: Hos 1:2; Hos 1:2
· kue kismis: 2Sam 6:19; 2Sam 6:19
Ref. Silang FULL: Hos 3:4 - tiada pemimpin // tiada korban // tugu berhala // tiada efod // dan terafim · tiada pemimpin: Hos 13:11
· tiada korban: Dan 11:31; Hos 2:10; Hos 2:10
· tugu berhala: Hos 10:1
· tiada efod: Kel 25:7;...
Ref. Silang FULL: Hos 3:5 - akan mencari // Daud, raja // dengan gementar // yang terakhir · akan mencari: Ul 4:29; Ul 4:29; Yes 9:13; Yes 9:13; Yes 10:20; Yes 10:20; Hos 5:15; Mi 4:1-2
· Daud, raja: 1Sam 13:14; 1Sam 13:14
&m...
· akan mencari: Ul 4:29; [Lihat FULL. Ul 4:29]; Yes 9:13; [Lihat FULL. Yes 9:13]; Yes 10:20; [Lihat FULL. Yes 10:20]; Hos 5:15; Mi 4:1-2
· Daud, raja: 1Sam 13:14; [Lihat FULL. 1Sam 13:14]
· dengan gementar: Mazm 18:46; [Lihat FULL. Mazm 18:46]
· yang terakhir: Ul 4:30; [Lihat FULL. Ul 4:30]; Yer 50:4-5; [Lihat FULL. Yer 50:4]; [Lihat FULL. Yer 50:5]; Hos 11:10