kecilkan semua  

Teks -- 1 Korintus 12:4-13 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
12:4 Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh. 12:5 Dan ada rupa-rupa pelayanan, tetapi satu Tuhan. 12:6 Dan ada berbagai-bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah adalah satu yang mengerjakan semuanya dalam semua orang. 12:7 Tetapi kepada tiap-tiap orang dikaruniakan penyataan Roh untuk kepentingan bersama. 12:8 Sebab kepada yang seorang Roh memberikan karunia untuk berkata-kata dengan hikmat, dan kepada yang lain Roh yang sama memberikan karunia berkata-kata dengan pengetahuan. 12:9 Kepada yang seorang Roh yang sama memberikan iman, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menyembuhkan. 12:10 Kepada yang seorang Roh memberikan kuasa untuk mengadakan mujizat, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk bernubuat, dan kepada yang lain lagi Ia memberikan karunia untuk membedakan bermacam-macam roh. Kepada yang seorang Ia memberikan karunia untuk berkata-kata dengan bahasa roh, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menafsirkan bahasa roh itu. 12:11 Tetapi semuanya ini dikerjakan oleh Roh yang satu dan yang sama, yang memberikan karunia kepada tiap-tiap orang secara khusus, seperti yang dikehendaki-Nya.
Banyak anggota, tetapi satu tubuh
12:12 Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula Kristus. 12:13 Sebab dalam satu Roh kita semua, baik orang Yahudi, maupun orang Yunani, baik budak, maupun orang merdeka, telah dibaptis menjadi satu tubuh dan kita semua diberi minum dari satu Roh.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Yahudi the Jewish religion/beliefs
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall
 · Yunani the language used by the people of Greece


Topik/Tema Kamus: Roh Kudus | Bahasa Roh | Lidah | Gembala, Surat-Surat ~G/Pastoral) | Anugerah Roh Kudus Yang Ajaib | Tritunggal | Roh Kudus Adalah Allah | Jemaat | Penting, Mementingkan Diri Sendiri | Baptis, Baptisan | Pecah, Berpecahan (Perselisihan) | Sakit | Sekutu, Persekutuan Dengan Allah | Satu, Persatuan Dengan Kristus | Nubuat | Roh Kudus Adalah Pribadi | Roh Kudus, Pengajar | Iman | Bahasa yang Ajaib (Bahasa Roh) | Rasul | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: 1Kor 12:1-6 - KARUNIA-KARUNIA ROHANI. Nas : 1Kor 12:1-6 Istilah yang dipakai oleh Alkitab untuk karunia rohani menyatakan sifatnya. 1) "Karunia-karunia rohani" (Yun. _pneumatika_, ...

Nas : 1Kor 12:1-6

Istilah yang dipakai oleh Alkitab untuk karunia rohani menyatakan sifatnya.

  1. 1) "Karunia-karunia rohani" (Yun. _pneumatika_, berasal dari kata _pneuma_, artinya "Roh") menunjuk kepada manifestasi adikodrati yang datang sebagai karunia dari Roh Kudus yang bekerja melalui orang percaya demi kebaikan bersama (ayat 1Kor 12:1,7; 14:1).
  2. 2) "Karunia-karunia" (Yun. _charismata_, berasal dari kata _charis_, artinya "kasih karunia") menunjukkan bahwa karunia rohani mencakup baik motivasi batin dan kuasa untuk menyelenggarakan pelayanan (yaitu, pemberian kesanggupan), yang diterima dari Roh Kudus; karunia semacam itu memberi kekuatan rohani kepada tubuh Kristus dan mereka yang memerlukan pertolongan rohani (ayat 1Kor 12:4; Ef 4:11; 1Pet 4:10;

    lihat cat. --> Rom 12:6;

    [atau ref. Rom 12:6]

    lihat art. KARUNIA-KARUNIA PELAYANAN GEREJA).

  3. 3) "Pelayanan" atau "pelayanan-pelayanan" (Yun. _diakoniai_, berasal dari kata _diakonia_, artinya "pelayanan") menekankan bahwa ada berbagai cara pelayanan dan bahwa karunia tertentu meliputi penerimaan kesanggupan dan kuasa untuk menolong orang lain (ayat 1Kor 12:4-5,27-31; Ef 4:7,11-13). Paulus menunjukkan bahwa segi pelayanan karunia itu mencerminkan pelayanan yang bersifat "hamba" dari kehidupan Tuhan Yesus. Demikianlah, pekerjaan karunia-karunia didefinisikan berkenaan dengan kehadiran dan pekerjaan Kristus di antara kita (bd. ayat 1Kor 12:3; 1:4).
  4. 4) "Pekerjaan" atau "pengaruh-pengaruh" (Yun. _energemata_, berasal dari kata _energes_, artinya "aktif atau penuh tenaga") menandakan bahwa karunia rohani itu adalah pekerjaan langsung dari kuasa Allah Bapa dan membuahkan hasil-hasil tertentu (ayat 1Kor 12:6,10).
  5. 5) "Manifestasi Roh" (Yun. _phanerosis_, berasal dari kata _phaneros_, artinya "terwujud") menekankan bahwa karunia rohani itu menjadi manifestasi langsung dari pekerjaan dan kehadiran Roh Kudus di dalam perhimpunan jemaat (ayat 1Kor 12:7-11).

Full Life: 1Kor 12:7 - PENYATAAN ROH. Nas : 1Kor 12:7 Untuk ulasan mengenai karunia-karunia rohani sebagai penyataan Roh, serta uraian tentang berbagai karunia yang didaftarkan di sini,...

Nas : 1Kor 12:7

Untuk ulasan mengenai karunia-karunia rohani sebagai penyataan Roh, serta uraian tentang berbagai karunia yang didaftarkan di sini,

lihat art. KARUNIA ROHANI BAGI ORANG PERCAYA).

Full Life: 1Kor 12:12 - DEMIKIAN PULA KRISTUS. Nas : 1Kor 12:12 Lihat cat. --> 1Kor 12:1 [atau ref. 1Kor 12:1] tentang karunia rohani dan tubuh Kristus.

Nas : 1Kor 12:12

Lihat cat. --> 1Kor 12:1

[atau ref. 1Kor 12:1]

tentang karunia rohani dan tubuh Kristus.

Full Life: 1Kor 12:13 - DALAM SATU ROH KITA SEMUA ... TELAH DIBAPTIS. Nas : 1Kor 12:13 Baptisan "dalam satu Roh" tidak menunjuk kepada baptisan air ataupun baptisan orang percaya dalam Roh Kudus, seperti yang terjadi ...

Nas : 1Kor 12:13

Baptisan "dalam satu Roh" tidak menunjuk kepada baptisan air ataupun baptisan orang percaya dalam Roh Kudus, seperti yang terjadi pada hari Pentakosta (lih. Mr 1:8;

lihat cat. --> Kis 2:4).

[atau ref. Kis 2:4]

Sebaliknya, itu menunjuk kepada tindakan Roh membaptis orang percaya ke dalam tubuh Kristus, yang menyatukan mereka ke dalam tubuh itu dan menjadikan mereka satu secara rohani dengan orang percaya lainnya. Ini suatu perubahan rohani (yaitu, pembaharuan/kelahiran kembali) yang terjadi pada waktu pertobatan dan menempatkan orang percaya itu "dalam Kristus"

(lihat art. PEMBAHARUAN).

Jerusalem: 1Kor 12:1--14:40 - -- Ketiga bab ini, 12-14, membahas penggunaan baik dari karunia-karunia Roh Kudus (karismata). Karunia-karunia itu dianugerahkan kepada jemaat sebagai ta...

Ketiga bab ini, 12-14, membahas penggunaan baik dari karunia-karunia Roh Kudus (karismata). Karunia-karunia itu dianugerahkan kepada jemaat sebagai tanda bukti kelihatan dari kehadiran Roh Kudus. Karunia-karunia itu juga dimaksudkan untuk menanggapi keadaan jemaat yang masih baru, yang mentalitas kafirnya dahulu belum juga diresapi kepercayaan Kristen. Orang-orang Korintus mengutamakan karunia-karunia yang paling mengherankan lalu digunakan dalam suasana yang tidak keruan. Dalam hal itu mereka meniru upacara-upacara kafir. Paulus turun tangan dengan menandaskan, bahwa karunia-karunia itu dianugerahkan buat pembinaan jemaat, sehingga tidak boleh menimbulkan persaingan (bab 12). Kemudian Paulus menjelaskan bahwa ada urutan nilai dalam karunia-karunia itu sekedar memberi sumbangannya bagi pembinaan jemaat.

Jerusalem: 1Kor 12:4-6 - -- Perhatikanlah bagaimana ketiga diri ilahi disebut asal-usul segala karunia, bdk 2Ko 13:13+.

Perhatikanlah bagaimana ketiga diri ilahi disebut asal-usul segala karunia, bdk 2Ko 13:13+.

Jerusalem: 1Kor 12:8 - berkata-kata dengan hikmat Ini kiranya tidak lain dari kemampuan untuk menjelaskan kebenaran-kebenaran paling tinggi dari agama Kristen mengenai kehidupan ilahi dan kehidupan Al...

Ini kiranya tidak lain dari kemampuan untuk menjelaskan kebenaran-kebenaran paling tinggi dari agama Kristen mengenai kehidupan ilahi dan kehidupan Allah di dalam diri kita, ialah "ajaran sempurna" yang disebutkan dalam Ibr 6:1. Lihat juga 1Ko 2:6-16

Jerusalem: 1Kor 12:8 - berkata-kata dengan pengetahuan Ialah kemampuan untuk menjelaskan "asas-asas pertama dari ajaran tentang Kristus", Ibr 6:1.

Ialah kemampuan untuk menjelaskan "asas-asas pertama dari ajaran tentang Kristus", Ibr 6:1.

Jerusalem: 1Kor 12:9 - iman Ialah tingkat iman yang luar biasa, bdk 1Ko 13:2.

Ialah tingkat iman yang luar biasa, bdk 1Ko 13:2.

Jerusalem: 1Kor 12:10 - karunia untuk membedakan Ialah kemampuan untuk menentukan manakah asal-usul (Allah, atau kodrat, atau Yang Jahat) gejala-gejala karismatis

Ialah kemampuan untuk menentukan manakah asal-usul (Allah, atau kodrat, atau Yang Jahat) gejala-gejala karismatis

Jerusalem: 1Kor 12:10 - karunia untuk berkata-kata dengan bahasa roh Karunia "glossolalia" ini ialah: karunia untuk memuji dengan mengucapkan bunyi-bunyi yang tidak dapat dimengerti dan dengan terbawa oleh Roh Kudus dal...

Karunia "glossolalia" ini ialah: karunia untuk memuji dengan mengucapkan bunyi-bunyi yang tidak dapat dimengerti dan dengan terbawa oleh Roh Kudus dalam keadaan yang kurang lebih ekstatis. Paulus menyebut karunia itu dengan dua ungkapan, yaitu: berkata-kata dengan bahasa roh (1Ko 14:5,6,18,23,39) atau berkata-kata dengan bahas roh (1Ko 14:2,4,9,13,14,19,26,27). Terjemahan Indonesia ini tidak membedakan kedua ungkapan itu. Karunia ini pada awal mula sudah ditemukan pada jemaat Kristen, yaitu waktu untuk pertama kalinya dituruni Roh Kudus yang a.l. menyebabkan glossolalia. Lih. Kis 2:3-4; 10:44-46 dan 1Ko 11:15; 16:6.

Jerusalem: 1Kor 12:12-30 - -- Meskipun menggunakan perbandingan yang lazim dalam dunia yang berkebudayaan Yunani-Romawi antara sebuah masyarakat dengan tubuh yang terdiri atas berb...

Meskipun menggunakan perbandingan yang lazim dalam dunia yang berkebudayaan Yunani-Romawi antara sebuah masyarakat dengan tubuh yang terdiri atas berbagai anggota, namun Paulus tidak mengambil gagasannya tentang Tubuh Kristus dari perbandingan itu. Gagasan ini sebenarnya berasal dari pengalaman Paulus sendiri waktu mulai percaya, bdk Kis 9:4 dst; Gal 1:15 dst, ialah dari kepercayaan kepada Yesus yang dibangkitkan dengan tubuhNya yang dihidupkan oleh Roh Kudus, Rom 1:4+, sebagai yang pertama dari dunia baru, 1Ko 15:23; orang Kristen bahkan dalam tubuhnya, Rom 8:11+, dipersatukan dengan tubuh Yesus itu melalui upacara baptisan, 1Ko 12:13; bdk Rom 6:4+, dan Ekaristi, 1Ko 10:16 dst. Dengan jalan itu orang Kristen menjadi "anggota" tubuh Yesus yang bangkit itu, 1Ko 6:15, dan bersama denganNya menjadi "Tubuh Kristus" yang kita menyebutkannya sebagai "Tubuh Mistik", 1Ko 12:27; bdk Rom 12:4 dst. Pikiran yang sangat realistis ini mulai tampil dalam 1 Korintus, kemudian dalam "surat-surat dari penjara" (Efesus, Kolose) diperkembangkan lebih jauh. Memanglah perdamaian manusia yang menjadi anggota tubuh Kristus, Efe 5:30, selalu dikerjakan melalui tubuh Kristus yang disalibkan "menurut daging" tetapi dihidupkan "menurut Roh", Efe 2:14-18; Kol 1:22. Hanya persatuan Tubuh yang mengumpulkan semua orang Kristen dalam Roh yang sama, Efe 4:4; Kol 3:15, serta penyamaan dengan Gereja, Efe 1:22 dst; Efe 5:23; Kol 1:18,24, dalam surat-surat dari penjara itu lebih ditekankan. Dengan jalan itu gagasan "tubuh Kristus" dijadikan lebih bersifat pribadi, Efe 4:12 dst; Kol 2:19, dan selanjutnya Kristus ditonjolkan sebagai "kepala", Efe 1:22; 4:15 dst; Efe 5:23; Kol 1:18; 2:19 (bandingkan dengan 1Ko 12:21); dalam hal ini Paulus kiranya terpengaruh oleh pikirannya tentang Kristus sebagai "Kepala semua pemerintah dan penguasa", Kol 2:10. Akhirnya "tubuh Kristus" bahkan sampai merangkum, entahlah bagaimana, seluruh jagat raya yang dipersatukan di bawah kekuasaan Kyrios, Tuhan Kristus, Efe 1:23+, bdk Yoh 2:21+.

Jerusalem: 1Kor 12:12 - demikian pula Kristus Seperti tubuh manusia membuat anggota-anggotanya yang banyak menjadi satu, demikianpun Kristus sebagai asas pemersatu GerejaNya membuat semua orang Kr...

Seperti tubuh manusia membuat anggota-anggotanya yang banyak menjadi satu, demikianpun Kristus sebagai asas pemersatu GerejaNya membuat semua orang Kristen menjadi satu sebagai TubuhNya.

Ende: 1Kor 12:8 - Perkataan kebidjaksanaan Diduga bahwa mereka jang diberi kurnia ini, mendapat pengertian djelas dan dalam-dalam tentang rahasia agama, guna memberikan keterangan kepada umat.

Diduga bahwa mereka jang diberi kurnia ini, mendapat pengertian djelas dan dalam-dalam tentang rahasia agama, guna memberikan keterangan kepada umat.

Ende: 1Kor 12:8 - Perkataan pengetahuan Pengetahuan barangkali dalam arti 1Ko 8:1.

Pengetahuan barangkali dalam arti 1Ko 8:1.

Ende: 1Kor 12:9 - Kepertjajaan Inilah tentu sadja kepertjajaan jang dimaksudkan Jesus dalam Mat 17:19-21; 21:21 dan Luk 17:6.

Inilah tentu sadja kepertjajaan jang dimaksudkan Jesus dalam Mat 17:19-21; 21:21 dan Luk 17:6.

Ende: 1Kor 12:10 - Kurnia bernubuat Terdjemahan sebenarnja kurang tepat. Maksudnja berbitjara sebagai nabi, tetapi jang dinamakan "nabi" didalam geredja purba, ialah mereka jang atas dor...

Terdjemahan sebenarnja kurang tepat. Maksudnja berbitjara sebagai nabi, tetapi jang dinamakan "nabi" didalam geredja purba, ialah mereka jang atas dorongan Roh Kudus mengadjar dalam perkumpulan-perkumpulan umat, dan dengan ilham Roh Kudus memberi peringatan-peringatan dan nasehat-nasehat, kadang-kadang djuga menjatakan hal-hal jang tersembunji. Menilik ajat 28 (1Ko 12:28), "nabi" merupakan suatu pangkat jang tetap djuga, sedjadjar dengan "rasul" dan "pengadjar".

Ende: 1Kor 12:10 - Membedakan roh-roh jaitu apakah pernjataan-pernjataan adjaib benar-benar berasal dari Roh Kudus atau tidak.

jaitu apakah pernjataan-pernjataan adjaib benar-benar berasal dari Roh Kudus atau tidak.

Ende: 1Kor 12:10 - Bahasa gaib Terdjemahan istilah asli jang kabur maknanja sukar dalam tiap-tiap bahasa. Terdjemahan lurus kira-kira "tuturan lidah". Maksudnja barangkali" tuturan ...

Terdjemahan istilah asli jang kabur maknanja sukar dalam tiap-tiap bahasa. Terdjemahan lurus kira-kira "tuturan lidah". Maksudnja barangkali" tuturan jang diutjapkan oleh lidah sadja tanpa berpikir. Kenjataannja ialah: seorang tampil ke muka memuliakan Allah dengan suara berlaku, penuh keterharuan, tetapi tidak djelas bentuk kata-kata dan kalimat-kalimatnja, maupun artinja sehingga tidak dapat dipahami oleh seorangpun, kalau tidak ditafsirkan oleh seorang jang diberi "kurnia penafsiran". Kurnia bahasa gaib ini terlalu digemari dan dinilai orang Korintus, hal mana tidak dibenarkan Paulus, malah sangat diketjamnja.

Ende: 1Kor 12:12-26 - -- Mengenai seluruh uraian fasal ini hendaklah diperhatikan keterangan jang berikut: Paulus membandingkan umat (seluruh umat Kristus atau "Geredja") deng...

Mengenai seluruh uraian fasal ini hendaklah diperhatikan keterangan jang berikut: Paulus membandingkan umat (seluruh umat Kristus atau "Geredja") dengan tubuh manusia, sebagai perpaduan banjak anggota mendjadi kesatuan jang bulat utuh dan berdjiwa satu, ialah Roh Kudus. Tetapi dalam ajat 12 (1Ko12:12) ganti istilah "umat Kristus" Paulus menamakan umat sendiri "Kristus". Hal itu mengandung makna jang penting dan dalam. Didepan mata batin rasul terbajanglah seluruh umat Kristus, bagaikan tubuh Kristus didalam kemuliaanNja surgawi. Tubuh Kristus sedjak kebangkitanNja bersifat roh, dalam arti tidak terikat lagi pada hukum alami dan misalnja tidak dibatasi oleh ruangan dan waktu. Tubuh Kristus jang mulai dan bersifat roh itu dapat merangkum seluruh umat disegala tempat dan segala waktu. Malahan tubuh mulia ini barulah mendapat kelengkapannja jang sempurna dalam kesatuannja dengan seluruh umatnja itu.

Kesatuan ini biasanja disebut "Tubuh Mistik Kristus". Istilah ini djangan ditanggap sebagai suatu kiasan atau gambaran chajal sadja, melainkan jang tepat merupakan suatu kenjataan jang benar-benar ada dan hidup, hanja tidak kelihatan pada mata djasmani. Kristus jang dengan sendirinja berdjiwa Roh Allah, dalam kesatuan dengan umatNja memberi Roh Allah itu kepada seluruh tubuh dan sekalian anggota masing-masing, sehingga seluruh tubuh (umat bersama-sama dengan Kristus) berdjiwa satu jang sama, ialah Roh Allah atau Roh Kudus.

Untuk mengerti baik ungkapan-ungkapan jang mungkin terasa aneh dan kabur, baiklah kalau diperhatikan, bahwa Paulus dalam uraian bab ini tidak tegas membedakan antara gambaran (kiasan) dan apa jang digambarkan. Jang satu melebur sadja dalam jang lain. Bila Paulus berkata tentang tubuh manusia, pandangan mata batinnja tetap berlekat pada apa jang dikiaskannja, ialah umat Kristus dan anggota-anggota tertentu. Demikian misalnja ia menggambarkan anggota tubuh manusia sebagai berpribadi, jaitu sebagai manusia jang berpikir dan berkata.

Dalam seluruh uraian pula, terbajang didepan mata Rasul, sebagai pokok uraian, kenjataan bahwa ada perselisihan, perpetjahan dan kurang tjinta-kasih didalam umat. Sebab itu seluruh uraian mengandung peringatan-peringatan dan nasehat-nasehat, pun teguran-teguran seperti jang berikut. Anggota-anggota jang merasa kurang diindahkan, kurang diberi kurnia jang njata, atau tidak mempunjai suatu djabatan, djangan merasa malu atau ketjil hati sebab itu, seolah-olah mereka kurang dipenuhi Roh Kudus. Mereka djangan iri hati atau tjemburu, sebab kurnia-kurnia jang diberikan untuk kepentingan orang lain (seluruh umat), ataupun suatu kedudukan tinggi dalam urusan umat, sedikitpun tidak mengenai martabat dan kemuliaan hakiki sebagai anggota tubuh Kristus, anak Allah dan waris surga. Sebaliknja mereka jang diberi kurnia-kurnia atau suatu djabatan dalam umat djangan sombong dan angkuh hati terhadap saudara-saudaranja jang kurang dikurniai dan rupa-rupanja lemah. Jang nampaknja kurang kehormatan lahiriah dalam lingkungan umat, harus setjara istimewa ditjintai dan dihormati oleh seluruh umat, sebagaimana Allah sendiri memberi tjontoh (ajat 24) 1Ko 12:24. Lagi pula demi kesatuan dalam Kristus tak boleh dibiarkan timbul perselisihan, perpetjahan atau pembedaan didalam umat. Segala anggota harus dengan tulus-ichlas saling tjinta-mentjintai dan tolong-menolong, tanpa membeda-bedakan.

Ref. Silang FULL: 1Kor 12:4 - satu Roh · satu Roh: 1Kor 12:8-11; Rom 12:4-8; Ef 4:11; Ibr 2:4

Ref. Silang FULL: 1Kor 12:6 - tetapi Allah // semua orang · tetapi Allah: Ef 4:6 · semua orang: Fili 2:13; Fili 2:13

· tetapi Allah: Ef 4:6

· semua orang: Fili 2:13; [Lihat FULL. Fili 2:13]

Ref. Silang FULL: 1Kor 12:7 - kepentingan bersama · kepentingan bersama: 1Kor 14:12; Ef 4:12

· kepentingan bersama: 1Kor 14:12; Ef 4:12

Ref. Silang FULL: 1Kor 12:8 - dengan hikmat // dengan pengetahuan · dengan hikmat: 1Kor 2:6 · dengan pengetahuan: 2Kor 8:7; 2Kor 8:7

· dengan hikmat: 1Kor 2:6

· dengan pengetahuan: 2Kor 8:7; [Lihat FULL. 2Kor 8:7]

Ref. Silang FULL: 1Kor 12:9 - memberikan iman // untuk menyembuhkan · memberikan iman: Mat 17:19,20; 1Kor 13:2 · untuk menyembuhkan: 1Kor 12:28,30; Mat 10:1

· memberikan iman: Mat 17:19,20; 1Kor 13:2

· untuk menyembuhkan: 1Kor 12:28,30; Mat 10:1

Ref. Silang FULL: 1Kor 12:10 - memberikan kuasa // untuk bernubuat // bermacam-macam roh // bahasa roh · memberikan kuasa: 1Kor 12:28-30; Gal 3:5 · untuk bernubuat: Ef 4:11; Ef 4:11 · bermacam-macam roh: 1Yoh 4:1 · bahasa roh...

· memberikan kuasa: 1Kor 12:28-30; Gal 3:5

· untuk bernubuat: Ef 4:11; [Lihat FULL. Ef 4:11]

· bermacam-macam roh: 1Yoh 4:1

· bahasa roh: Mr 16:17; [Lihat FULL. Mr 16:17]

Ref. Silang FULL: 1Kor 12:11 - oleh Roh · oleh Roh: 1Kor 12:4; 1Kor 12:4

· oleh Roh: 1Kor 12:4; [Lihat FULL. 1Kor 12:4]

Ref. Silang FULL: 1Kor 12:12 - satu tubuh // pula Kristus · satu tubuh: Rom 12:5; Rom 12:5 · pula Kristus: 1Kor 12:27

· satu tubuh: Rom 12:5; [Lihat FULL. Rom 12:5]

· pula Kristus: 1Kor 12:27

Ref. Silang FULL: 1Kor 12:13 - satu Roh // orang merdeka // telah dibaptis // diberi minum · satu Roh: Ef 2:18 · orang merdeka: Gal 3:28; Kol 3:11 · telah dibaptis: Mr 1:8; Mr 1:8 · diberi minum: Yoh 7:37-39

· satu Roh: Ef 2:18

· orang merdeka: Gal 3:28; Kol 3:11

· telah dibaptis: Mr 1:8; [Lihat FULL. Mr 1:8]

· diberi minum: Yoh 7:37-39

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: 1Kor 12:1-11 - Mengenai Karunia Rohani Di pasal ini, Rasul Paulus, ...

Matthew Henry: 1Kor 12:12-26 - Paulus Menganjurkan Supaya Bersatu Paulus Menganjurkan Supaya Bersatu (1 Korintus 12:12-26) ...

SH: 1Kor 12:1-13 - Dari mana asal percaya? (Jumat, 5 September 1997) Dari mana asal percaya? Dari mana asal percaya? Kadang kita dengar komentar angkuh warga gereja terten...

SH: 1Kor 12:1-11 - Satu Roh, satu Tuhan (Senin, 22 September 2003) Satu Roh, satu Tuhan Satu Roh, satu Tuhan. Surat 1 Korintus berisi banyak kritikan dari Rasul Paulus ...

SH: 1Kor 12:1-11 - Karunia-karunia rohani (Sabtu, 24 Oktober 2009) Karunia-karunia rohani Judul: Karunia-karunia rohani Harus kita akui bahwa pemahaman dan praktik tentang k...

SH: 1Kor 12:1-11 - Berbagai jenis pelayanan (Sabtu, 31 Oktober 2009) Berbagai jenis pelayanan Judul: Berbagai jenis pelayanan Tahukah Anda ada jenis burung yang terbang ribuan...

SH: 1Kor 12:1-11 - Karunia Roh untuk kepentingan bersama (Sabtu, 11 Mei 2013) Karunia Roh untuk kepentingan bersama Judul: Karunia Roh untuk kepentingan bersama Mengutamakan kepent...

SH: 1Kor 12:1-11 - Karunia Rohani (Jumat, 26 April 2019) Karunia Rohani Setiap orang memiliki kelebihan serta kekurangan. Jika kita membandingkan—apalagi mempertandingkan...

SH: 1Kor 12:6 - Karunia mengadakan Mukjizat (Sabtu, 7 November 2009) Karunia mengadakan Mukjizat Judul: Karunia mengadakan Mukjizat Sadarkah bahwa sikap atau tafsiran kita ten...

SH: 1Kor 12:8 - Karunia Bahasa Roh (Sabtu, 21 November 2009) Karunia Bahasa Roh Judul: Karunia Bahasa Roh Mana lebih baik bagi hidup di dunia ini menurut Anda, hanya a...

SH: 1Kor 12:9 - Karunia menyembuhkan (Sabtu, 14 November 2009) Karunia menyembuhkan Judul: Karunia menyembuhkan Saya takjub saat mempelajari karunia menyembuhkan. Kenapa...

SH: 1Kor 12:10 - Karunia mengadakan Mukjizat (Sabtu, 7 November 2009) Karunia mengadakan Mukjizat Judul: Karunia mengadakan Mukjizat Sadarkah bahwa sikap atau tafsiran kita ten...

SH: 1Kor 12:10 - Karunia Bahasa Roh (Sabtu, 21 November 2009) Karunia Bahasa Roh Judul: Karunia Bahasa Roh Mana lebih baik bagi hidup di dunia ini menurut Anda, hanya a...

SH: 1Kor 12:12-31 - Keragaman dalam satu tubuh (Selasa, 23 September 2003) Keragaman dalam satu tubuh Keragaman dalam satu tubuh. "Bhineka Tunggal Ika." Semboyan ini menunjukka...

SH: 1Kor 12:12-31 - Kesederajatan anggota tubuh Kristus (Senin, 13 Mei 2013) Kesederajatan anggota tubuh Kristus Judul: Kesederajatan anggota tubuh Kristus Hampir dapat dipastikan...

SH: 1Kor 12:12-31 - Bekerja Sama (Sabtu, 27 April 2019) Bekerja Sama Gereja terdiri atas banyak anggota dan mempunyai karunia berbeda. Oleh sebab itu, gereja rentan meng...

SH: 1Kor 12:12-20 - Berbeda tetapi satu (Sabtu, 30 Mei 2009) Berbeda tetapi satu Judul: Berbeda tetapi satu Bagaimana kesan dan perasaan Anda tentang gereja? Bangg...

Utley: 1Kor 12:4-11 - --NASKAH NASB (UPDATED): 1Kor 12:4-11...

Utley: 1Kor 12:12-13 - --NASKAH NASB (UPDATED): 1Kor 12:12-13...

Topik Teologia: 1Kor 12:4 - -- Allah yang Berpribadi Allah sebagai Tritunggal Ketritunggalan Allah Tritunggal dalam Pengajaran Perjanjian Baru ...

Topik Teologia: 1Kor 12:5 - -- Allah yang Berpribadi Allah sebagai Tritunggal Ketritunggalan Allah Tritunggal dalam Pengajaran Perjanjian Baru ...

Topik Teologia: 1Kor 12:6 - -- Allah yang Berpribadi Allah itu Imanen Kej 2:7 ...

Topik Teologia: 1Kor 12:7 - -- Roh Kudus Roh yang Memberi Karunia 1Ko 12:7-11 ...

Topik Teologia: 1Kor 12:8 - -- Roh Kudus Pribadi Roh Kudus Roh Melimpahkan Karunia 1K...

Topik Teologia: 1Kor 12:9 - -- Roh Kudus Roh yang Memberi Karunia 1Ko 12:7-11 ...

Topik Teologia: 1Kor 12:10 - -- Roh Kudus Roh yang Memberi Karunia 1Ko 12:7-11 ...

Topik Teologia: 1Kor 12:11 - -- Roh Kudus Pribadi Roh Kudus Kuasa Kej 1:2 ...

Topik Teologia: 1Kor 12:12 - -- Roh Kudus Menyatukan Seluruh Orang Percaya dengan Tubuh Kristus Rom...

Topik Teologia: 1Kor 12:13 - -- Roh Kudus Roh Kudus dalam Gereja Roh Kudus dalam Diri Orang-orang Percaya Pengudusan Roh Kudu...

TFTWMS: 1Kor 12:4-11 - Rupa-rupa Karunia "RUPA-RUPA KARUNIA" (1 Korintus 12:4-11) 4 Ada rupa-rupa ...

TFTWMS: 1Kor 12:12-13 - Satu Tubuh "SATU TUBUH" (1 Korintus 12:12, 13) 12 Karena sama seper...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: 1 Korintus (Pendahuluan Kitab) Penulis : Paulus Tema : Masalah-Masalah Jemaat dan Pemecahannya Tangga...

Full Life: 1 Korintus (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (1Kor 1:1-9) ...

Matthew Henry: 1 Korintus (Pendahuluan Kitab) Korintus adalah sebuah kota Yunani yang terpenting di bagian wilayah khusus ...

Jerusalem: 1 Korintus (Pendahuluan Kitab) SURAT-SURAT PAULUS PENGANTAR Kronologi kehidupan Paulus ...

Ende: 1 Korintus (Pendahuluan Kitab) SURAT PERTAMA RASUL PAULUS KEPADA UMAT KORINTUS KATA PENGANTAR Kota Korintus jang termasjhur dalam sedjarah Junani kuno...

TFTWMS: 1 Korintus (Pendahuluan Kitab) PASAL 12 KESATUAN DAN KARUNIA-KARUNIA ROHANI Dua persoala...

TFTWMS: 1 Korintus (Pendahuluan Kitab) PENERAPAN(1 KORINTUS 12) "Lihatlah Gereja Kristus Lewat" ...

TFTWMS: 1 Korintus (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Penggunaan tudung kepala seperti yang dibahas di ...

BIS: 1 Korintus (Pendahuluan Kitab) SURAT PAULUS YANG PERTAMA KEPADA JEMAAT DI KORINTUS PENGANTAR Surat Paulus Yang Pertama Kepada Jemaat di Korintus...

Ajaran: 1 Korintus (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti ajaran-ajaran utama dalam Kitab I Korintus, dan melakukannya di dalam kehi...

Intisari: 1 Korintus (Pendahuluan Kitab) Surat kepada gereja yang terpecah belah BAGAIMANA GEREJA DI KORINTUS DIMULAI.Paulus pertama kali mengunjungi Korintus pad...

Garis Besar Intisari: 1 Korintus (Pendahuluan Kitab) [1] PENGANTAR 1Ko 1:1-9...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #06: Pada Tampilan Alkitab, Tampilan Daftar Ayat dan Bacaan Ayat Harian, seret panel kuning untuk menyesuaikan layar Anda. [SEMUA]
dibuat dalam 0.15 detik
dipersembahkan oleh YLSA