Teks -- Roma 15:16 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Jerusalem -> Rm 15:16
Jerusalem: Rm 15:16 - pelayanan pemberitaan Injil Harafiah: dengan menunaikan jabatan imam. Memanglah lebih dari pada hidup Kristen pada umumnya, Rom 12:1; bdk Fili 2:17, karya kerasulan merupakan seb...
Ende -> Rm 15:16
Ende: Rm 15:16 - Imam Indjil Paulus memandang dirinja disini sebagai bertugas melakukan
upatjara resmi untuk mempersiapkan dan mempersembahkan bangsa-bangsa penjembah
dewa-dewa se...
Paulus memandang dirinja disini sebagai bertugas melakukan upatjara resmi untuk mempersiapkan dan mempersembahkan bangsa-bangsa penjembah dewa-dewa sebagai suatu "kurban" jang berkenan pada Allah.
Dan memang dapat dikatakan kurban, sebab hidup menurut Indjil merupakan suatu pengurbanan terus-menerus kepada Allah. Paulus akan menghadapkan pengurbanan mereka kepada Allah, atau lebih baik, mereka mengurbankan diri sendiri dengan perantaraan Paulus sebagai imam.
Ref. Silang FULL -> Rm 15:16
Ref. Silang FULL: Rm 15:16 - bukan Yahudi // Injil Allah // sebagai persembahan · bukan Yahudi: Kis 9:15; Kis 9:15
· Injil Allah: Rom 15:19; Rom 1:1; Rom 1:1
· sebagai persembahan: Yes 66:20
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)
Hagelberg: Rm 15:16 - -- 15:16 yaitu supaya aku menjadi pelayan891 Kristus Yesus bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi, yang melayani Injil Allah, supaya bangsa-bangsa bukan Yahudi...
15:16 yaitu supaya aku menjadi pelayan891 Kristus Yesus bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi, yang melayani Injil Allah, supaya bangsa-bangsa bukan Yahudi menjadi persembahan yang berkenan, yang disucikan oleh Roh Kudus.
Demikian "kasih karunia" yang diberikan kepada Paulus. Dalam pasal 1:5 Paulus berkata, "Dengan perantaraanNya kami menerima kasih karunia dan jabatan rasul untuk menuntun semua bangsa supaya mereka percaya dan taat demi kepentingan namaNya." Inilah beban dan panggilan Rasul Paulus,892 suatu beban yang harus mulai dengan penginjilan, dan tidak berhenti di situ, tetapi menjangkau memuridkan suku-suku bangsa. Sama seperti seorang imam melayani supaya persembahan manusia berkenan kepada Allah, demikian juga Paulus melayani supaya bangsa-bangsa bukan Yahudi menjadi persembahan yang berkenan. Dalam pasal 1:16 Paulus mengatakan bahwa "...Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang yang percaya, pertama-tama orang Yahudi, tetapi juga orang Yunani." Dia tidak menyangkal bahwa Injil harus diberitakan kepada orang Yahudi, tetapi panggilan dia sendiri adalah kepada "orang Yunani", atau, dengan kata lain, kepada suku-suku bangsa, dan bukan kepada orang Yahudi.
Rupanya Paulus memperoleh gambaran ini, di mana orang-orang bukan Yahudi digambarkan sebagai persembahan, dari Yesaya 66:20,893 tetapi gambaran yang hampir sama sudah dipakai dalam pasal 12:1. Tujuan pelayanan Rasul Paulus adalah supaya mereka di Roma, dan semua orang-orang bukan Yahudi, menjadi persembahan yang sangat berkenan kepada Allah. Sesuai dengan pemakaian kata ini dalam pasal 12:1, istilah ini menunjukkan lebih dari sekedar pembenaran, tetapi kehidupan, tingkah laku dan hati, yang suci. Maka Injil Allah membawa "keselamatan" supaya kita yang sudah dibenarkan dapat mengatasi kuasa dosa dan menjadi semakin suci.
Hagelberg: Rm 15:14-21 - -- A. Paulus Menulis Surat Roma Karena Dia Rasul bagi Bangsa-Bangsa Bukan Yahudi 15:14-21
Sebagai rasul bagi suku-suku bangsa, Paulus menulis kepada me...
A. Paulus Menulis Surat Roma Karena Dia Rasul bagi Bangsa-Bangsa Bukan Yahudi 15:14-21
Sebagai rasul bagi suku-suku bangsa, Paulus menulis kepada mereka dan bermegah dalam pelayanan perintisan yang dianugerahkan kepadanya.
Setelah dia menulis uraian yang lengkap kepada mereka mengenai arti teologis dari Injil, Rasul Paulus kembali pada nada yang lebih sederhana dan akrab, di mana dia berbicara kepada mereka sebagai teman yang membuka hati. Bagi Dunn,887 suasana dan pokok pasal 1:8-15 diteruskan di sini, seolah-olah seluruh pasal 1:16 sampai 15:13 ditutup dalam kurung.
Dalam bagian ini arti dari Injil Kristus (yang diuraikan di atas) diceritakan. Dia dipanggil untuk merintis pemberitaan Injil kepada suku-suku bangsa yang dahulu dalam kegelapan.
Dia menegaskan hubungannya antara dia dan mereka. Sebagai rasul bagi suku-suku bangsa, dia menulis kepada mereka, bukan karena suatu kekurangan dalam keadaan mereka. Bagian ini menjadi jembatan sehubungan dengan rencana Paulus untuk mengunjungi mereka, suatu rencana yang diceritakan dalam pasal 15:22-33.
Hagelberg: Rm 15:16 - -- 15:16 yaitu supaya aku menjadi pelayan891 Kristus Yesus bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi, yang melayani Injil Allah, supaya bangsa-bangsa bukan Yahudi...
15:16 yaitu supaya aku menjadi pelayan891 Kristus Yesus bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi, yang melayani Injil Allah, supaya bangsa-bangsa bukan Yahudi menjadi persembahan yang berkenan, yang disucikan oleh Roh Kudus.
Demikian "kasih karunia" yang diberikan kepada Paulus. Dalam pasal 1:5 Paulus berkata, "Dengan perantaraanNya kami menerima kasih karunia dan jabatan rasul untuk menuntun semua bangsa supaya mereka percaya dan taat demi kepentingan namaNya." Inilah beban dan panggilan Rasul Paulus,892 suatu beban yang harus mulai dengan penginjilan, dan tidak berhenti di situ, tetapi menjangkau memuridkan suku-suku bangsa. Sama seperti seorang imam melayani supaya persembahan manusia berkenan kepada Allah, demikian juga Paulus melayani supaya bangsa-bangsa bukan Yahudi menjadi persembahan yang berkenan. Dalam pasal 1:16 Paulus mengatakan bahwa "...Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang yang percaya, pertama-tama orang Yahudi, tetapi juga orang Yunani." Dia tidak menyangkal bahwa Injil harus diberitakan kepada orang Yahudi, tetapi panggilan dia sendiri adalah kepada "orang Yunani", atau, dengan kata lain, kepada suku-suku bangsa, dan bukan kepada orang Yahudi.
Rupanya Paulus memperoleh gambaran ini, di mana orang-orang bukan Yahudi digambarkan sebagai persembahan, dari Yesaya 66:20,893 tetapi gambaran yang hampir sama sudah dipakai dalam pasal 12:1. Tujuan pelayanan Rasul Paulus adalah supaya mereka di Roma, dan semua orang-orang bukan Yahudi, menjadi persembahan yang sangat berkenan kepada Allah. Sesuai dengan pemakaian kata ini dalam pasal 12:1, istilah ini menunjukkan lebih dari sekedar pembenaran, tetapi kehidupan, tingkah laku dan hati, yang suci. Maka Injil Allah membawa "keselamatan" supaya kita yang sudah dibenarkan dapat mengatasi kuasa dosa dan menjadi semakin suci.
Hagelberg: Rm 15:14--16:27 - -- III. Penutup 15:14-16:27
Summary.
Bagian ini, yaitu pasal 15:14-16:27, merupakan penutup Surat Roma, di mana Paulus menyampaikan berita yang bersifa...
III. Penutup 15:14-16:27
Summary.
Bagian ini, yaitu pasal 15:14-16:27, merupakan penutup Surat Roma, di mana Paulus menyampaikan berita yang bersifat pribadi, salam kepada beberapa orang dan kelompok, teguran, dan salam dari beberapa orang.