kecilkan semua  

Teks -- Yohanes 17:15-17 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
17:15 Aku tidak meminta, supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari pada yang jahat. 17:16 Mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia. 17:17 Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Yoh 17:17 - KUDUSKANLAH MEREKA DALAM KEBENARAN. Nas : Yoh 17:17 "Menguduskan" artinya menjadikan kudus atau mengasingkan. Pada malam sebelum disalibkan Yesus berdoa supaya umat-Nya menjadi kudus,...

Nas : Yoh 17:17

"Menguduskan" artinya menjadikan kudus atau mengasingkan. Pada malam sebelum disalibkan Yesus berdoa supaya umat-Nya menjadi kudus, terpisah dari dunia dan dosa dengan maksud melayani dan menyembah Allah. Mereka harus terpisah agar dekat dengan Allah, hidup bagi Allah dan meneladani Allah. Pengudusan ini tercapai melalui pengabdian kepada kebenaran yang dinyatakan kepada mereka oleh Roh Kebenaran itu (bd. Yoh 14:17; 16:13). Kebenaran itu adalah baik Firman Allah yang hidup (lih. Yoh 1:1) maupun penyataan Firman Allah yang tertulis

(lihat art. PENGUDUSAN).

Jerusalem: Yoh 13:2--17:26 - -- Cerita tentang Yesus membasuh kaki murid-muridNya dan wejangan yang menyertainya, Yoh 13:2-20, merupakan pendahuluan bagi wejangan-wejangan besar yang...

Cerita tentang Yesus membasuh kaki murid-muridNya dan wejangan yang menyertainya, Yoh 13:2-20, merupakan pendahuluan bagi wejangan-wejangan besar yang diucapkan Yesus dalam bab 13-17. Sebagaimana disajikan oleh Yohanes wejangan-wejangan itu mempersatukan berbagai wejangan yang disampaikan Yesus pada waktu yang berbeda-beda.Bab 16 adalah majemuk sekali dan agaknya hanya dalam bentuk lain menyajikan sekali lagi apa yang dikatakan Yesus dalam bab 14. Wejangan-wejangan itu oleh Yohanes ditempatkan di sini, yakni pada saat Yesus beralih dari hidup di dunia ke hidup sorgawiNya, dengan maksud menyingkapkan makna hidup Yesus yang terdalam.

Jerusalem: Yoh 17:1-26 - -- Inilah doa agung Juruselamat yang pada saat korbanNya mempersembahkan diriNya dan mendoakan semua manusia.

Inilah doa agung Juruselamat yang pada saat korbanNya mempersembahkan diriNya dan mendoakan semua manusia.

Jerusalem: Yoh 17:15 - yang jahat Terjemahan lain: Yang jahat (ialah Iblis), bdk Mat 6:13.

Terjemahan lain: Yang jahat (ialah Iblis), bdk Mat 6:13.

Jerusalem: Yoh 17:17 - Kuduskanlah mereka Secara harafiah: kata kerja "menguduskan" berarti: menyendirikan bagi Allah, membaktikan, menyucikan kepada Allah, bdk Kis 9:13+.

Secara harafiah: kata kerja "menguduskan" berarti: menyendirikan bagi Allah, membaktikan, menyucikan kepada Allah, bdk Kis 9:13+.

Ende: Yoh 17:15 - Dari jang djahat Umum ditafsirkan: dari pengaruh dunia jang djahat atau dari kedjahatan dunia jang mengedjar mereka.

Umum ditafsirkan: dari pengaruh dunia jang djahat atau dari kedjahatan dunia jang mengedjar mereka.

Ende: Yoh 17:17 - Kuduskanlah mereka Menguduskan disini berarti: mementjilkan mereka dari dunia untuk dan bekerdja semata-mata bagi Allah sebagai milikNja, "Dalam kebenaran": supaja merek...

Menguduskan disini berarti: mementjilkan mereka dari dunia untuk dan bekerdja semata-mata bagi Allah sebagai milikNja, "Dalam kebenaran": supaja mereka sendiri tetap kudus dan berpegang pada kebenaran.

Ref. Silang FULL: Yoh 17:15 - yang jahat · yang jahat: Mat 5:37; Mat 5:37

· yang jahat: Mat 5:37; [Lihat FULL. Mat 5:37]

Ref. Silang FULL: Yoh 17:16 - dari dunia · dari dunia: Yoh 17:14

· dari dunia: Yoh 17:14

Ref. Silang FULL: Yoh 17:17 - adalah kebenaran · adalah kebenaran: Yoh 15:3; Yoh 15:3; 2Sam 7:28; 1Raj 17:24

· adalah kebenaran: Yoh 15:3; [Lihat FULL. Yoh 15:3]; 2Sam 7:28; 1Raj 17:24

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Yoh 17:15 - -- 17:15 Aku tidak meminta, supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari pada si jahat. Walaupun Dia minta perl...

17:15 Aku tidak meminta, supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari pada si jahat.

Walaupun Dia minta perlindungan bagi mereka, Dia tidak minta supaya mereka diambil dari dunia. Sebaliknya, menurut ayat 18, Dia mengutus mereka ke dalam dunia, karena mereka mempunyai tugas di dunia.

Ungkapan yang diterjemahkan si jahat di atas juga dapat diterjemahkan "yang jahat",1185 tetapi dalam konteks Injil Yohanes terjemahan si jahat lebih tepat, karena walaupun Iblis dikalahkan di kayu salib (12:31; 14:30; dan 16:11), dia masih dapat merusak kehidupan orang-orang yang tidak dilindungi.

Murid-murid Tuhan Yesus, dan para pembaca yang sedang diinjili, harus merenungkan doa ini. Pengikut Tuhan Yesus tidak boleh kompromi dengan dunia, dan pelarian juga tidak diperbolehkan.1186 Pengikut Tuhan Yesus ikut dibenci oleh dunia yang jahat, dan ikut dikejar oleh si jahat.

Hagelberg: Yoh 17:11-16 - -- b. Doa supaya murid-murid-Nya dilindungi (17:11b-16) Setelah menguatkan doa-Nya dengan menyebutkan dasar-dasar doa, Dia sampai pada permohonan-Nya sen...

b. Doa supaya murid-murid-Nya dilindungi (17:11b-16)

Setelah menguatkan doa-Nya dengan menyebutkan dasar-dasar doa, Dia sampai pada permohonan-Nya sendiri, yaitu supaya mereka dilindungi.

17:11b Ya Bapa yang kudus, peliharalah1177 mereka oleh1178 nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita.

Julukan Bapa yang kudus hanya muncul sekali dalam seluruh Perjanjian Baru. Dia yang layak digambarkan sebagai kudus juga boleh disebut Bapa! Tuhan Yesus begitu akrab dengan yang MahaKudus, sehingga dapat memanggil Dia Bapa.

Dalam pasal 10:28-29 Tuhan Yesus berkata, "...Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorangpun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku. Bapa-Ku, yang memberikan mereka kepada-Ku, lebih besar dari pada siapapun, dan seorangpun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa." Sampai saat yang dikisahkan dalam pasal 17, Tuhan Yesus telah menjaga mereka supaya seorangpun tidak dapat merebut mereka dari tangan-Nya, namun Dia mengerti bahwa Dia harus menyerahkan mereka ke dalam perlindungan Bapa-Nya karena Dia harus "pergi". Doa ini adalah doa penyerahan-Nya. Keamanan mereka dalam tangan Allah terjamin oleh doa Tuhan Yesus.

Tujuan pertama dari pemeliharaan itu adalah supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita. Murid-murid Tuhan Yesus dilindungi demi kepentingan kesatuan mereka. Kesatuan itu diuraikan lebih lanjut dalam doa ini (dan juga dalam pasal 10:16, 30; dan 11:56), namun dapat dikatakan bahwa kesatuan yang digarisbawahi di sini tidak boleh mengkompromikan nama Allah, yang di dalamnya mereka dilindungi. Dengan kata lain, jika lembaga-lembaga Kristen menyatu, tetapi dalam proses itu mereka tidak menjaga kebenaran nama Allah, yaitu sifat, kemuliaan, dan karakter-Nya, maka kesatuan tersebut bukan kesatuan yang diceritakan dalam doa ini. Kesatuan yang dimaksudkan dalam nas ini adalah kesatuan hati, bukan kesatuan lembaga yang belum tentu menyentuh masalah hati orang! Kesatuan ini adalah kesatuan hati yang tunduk pada sifat, kemuliaan, dan karakter Allah yang diilhamkan dalam Firman-Nya.

Ungkapan sama seperti Kita mengingatkan kita bahwa standar kesatuan yang diwajibkan bagi kita adalah kesatuan yang dinikmati oleh Tuhan Yesus dan Allah Bapa.

Hagelberg: Yoh 17:15 - -- 17:15 Aku tidak meminta, supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari pada si jahat. Walaupun Dia minta perl...

17:15 Aku tidak meminta, supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari pada si jahat.

Walaupun Dia minta perlindungan bagi mereka, Dia tidak minta supaya mereka diambil dari dunia. Sebaliknya, menurut ayat 18, Dia mengutus mereka ke dalam dunia, karena mereka mempunyai tugas di dunia.

Ungkapan yang diterjemahkan si jahat di atas juga dapat diterjemahkan "yang jahat",1185 tetapi dalam konteks Injil Yohanes terjemahan si jahat lebih tepat, karena walaupun Iblis dikalahkan di kayu salib (12:31; 14:30; dan 16:11), dia masih dapat merusak kehidupan orang-orang yang tidak dilindungi.

Murid-murid Tuhan Yesus, dan para pembaca yang sedang diinjili, harus merenungkan doa ini. Pengikut Tuhan Yesus tidak boleh kompromi dengan dunia, dan pelarian juga tidak diperbolehkan.1186 Pengikut Tuhan Yesus ikut dibenci oleh dunia yang jahat, dan ikut dikejar oleh si jahat.

Hagelberg: Yoh 17:6-19 - -- 2. Yesus mendoakan murid-murid-Nya (17:6-19) Doa Tuhan Yesus mengenai diri-Nya singkat dan tepat, padahal penderitaan salib-Nya semakin dekat. Namun D...

2. Yesus mendoakan murid-murid-Nya (17:6-19)

Doa Tuhan Yesus mengenai diri-Nya singkat dan tepat, padahal penderitaan salib-Nya semakin dekat. Namun Dia beralih mendoakan murid-murid-Nya, karena mereka juga menghadapi semacam krisis, dan perlu doa. Dengan demikian kasih-Nya nyata.

Hagelberg: Yoh 17:1-26 - -- D. Doa Yesus (17:1-26) Sejak abad keenambelas, doa ini disebutkan "Doa Tuhan Yesus sebagai Imam Besar", namun juga dapat dijuluki "Doa Penyerahan" ata...

D. Doa Yesus (17:1-26)

Sejak abad keenambelas, doa ini disebutkan "Doa Tuhan Yesus sebagai Imam Besar", namun juga dapat dijuluki "Doa Penyerahan" atau "Doa Kemenangan". Morris1149 menekankan suasana kemenangan yang ditekankan dalam doa ini. Tuhan Yesus menang, karena Dia berhasil melakukan tugas yang ditetapkan bagi Dia oleh Allah Bapa.

Pesan perpisahan dapat disertai dengan doa, seperti dalam Kejadian 49, sehingga doa ini tidak boleh dipisahkan dari konteks salib. Tuhan Yesus telah mengajar dan menghiburkan murid-murid-Nya. Melalui doa ini Dia juga meneguhkan iman mereka.

Pasal ini merupakan doa Tuhan Yesus yang Dia sungguh doakan kepada Bapa-Nya, namun unsur ajaran1150 terlihat dalam ayat 13, yang berbunyi, "Tetapi sekarang, Aku datang kepada-Mu dan Aku mengatakan semuanya ini sementara Aku masih ada di dalam dunia, supaya penuhlah sukacita-Ku di dalam diri mereka". Unsur ajaran juga terlihat dalam doa-Nya yang tercantum dalam pasal 11:42, yaitu doa Tuhan Yesus di kubur Lazarus: "Aku tahu, bahwa Engkau selalu mendengarkan Aku, tetapi oleh karena orang banyak yang berdiri di sini mengelilingi Aku, Aku mengatakannya, supaya mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku."

Injil Yohanes hanya menceritakan isi tiga doa Tuhan Yesus,1151 tetapi doa-Nya di Taman Getsemani tidak dicatat dalam Injil Yohanes. Doa ini dapat dibandingkan dengan doa Tuhan Yesus di Taman Getsemani. Dua doa tersebut saling mengisi. Dalam Yohanes pasal 17 Tuhan Yesus lebih memikirkan pekerjaan-Nya seperti yang diperintahkan oleh Bapa-Nya, dan keadaan murid-murid-Nya yang Dia serahankan ke dalam perlindungan Bapa-Nya.

Hagelberg: Yoh 13:1--20:31 - -- IV. PENYATAAN YESUS DALAM SALIB-NYA DAN KEMULIAAN-NYA (13:1-20:31) Usaha untuk memberi tanda dan firman supaya orang banyak percaya kepada-Nya telah b...

IV. PENYATAAN YESUS DALAM SALIB-NYA DAN KEMULIAAN-NYA (13:1-20:31)

Usaha untuk memberi tanda dan firman supaya orang banyak percaya kepada-Nya telah berakhir. Dia meninggalkan orang banyak, dan Dia memperhatikan murid-murid-Nya. Tema kematian-Nya semakin jelas dalam perkataan-Nya kepada mereka.

Hagelberg: Yoh 17:16 - -- 17:16 Mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia. Pengulangan nas ini dari ayat 14 menegaskan bahwa mereka asing di dunia, sama sepert...

17:16 Mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia.

Pengulangan nas ini dari ayat 14 menegaskan bahwa mereka asing di dunia, sama seperti Dia asing di dunia.

Hagelberg: Yoh 17:16 - -- 17:16 Mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia. Pengulangan nas ini dari ayat 14 menegaskan bahwa mereka asing di dunia, sama sepert...

17:16 Mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia.

Pengulangan nas ini dari ayat 14 menegaskan bahwa mereka asing di dunia, sama seperti Dia asing di dunia.

Hagelberg: Yoh 17:17 - -- 17:17 Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran. Pada dasarnya istilah "kudus" berarti "terpisah" atau "dikhususkan". Dalam konte...

17:17 Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran.

Pada dasarnya istilah "kudus" berarti "terpisah" atau "dikhususkan". Dalam konteks Firman Allah, kata ini menceritakan bahwa Allah adalah lain dari ciptaan-Nya. Dia berbeda dari ciptaan-Nya. Dengan demikian barang-barang ataupun oknum yang dikhususkan bagi Dia dapat disebut "kudus". Menurut pasal 10:36 Tuhan Yesus dikuduskan (atau dikhususkan) untuk tugas supaya Dia diutus ke dalam dunia. Jika mereka dikuduskan (ayat ini), mereka juga dapat diutus (ayat berikut). Ini berarti bahwa mereka, sama seperti Tuhan Yesus, harus dikhususkan untuk tugas yang ditentukan bagi mereka oleh Allah Bapa.

Tugas itu diuraikan dalam ayat berikut, sedangkan ayat ini menceritakan bagaimana caranya mereka dapat dikuduskan atau dikhususkan. Melalui1187 kebenaran mereka dapat dikuduskan. Namun bukan sembarang kebenaran. Kebenaran yang mampu mengkuduskan orang percaya adalah firman Allah. Carson1188 berkata, "Pengikut Tuhan Yesus dikhususkan dari dunia, dan dikhususkan bagi pekerjaan Allah hanya sejauh pikiran dan kelakuan mereka disesuaikan dengan kebenaran, yaitu firman wahyu (ayat 6) yang dinyatakan terutama dalam Tuhan Yesus (Dia sendiri adalah kebenaran menurut pasal 14:6, dan Dia sendiri adalah firman Allah yang menjelma menjadi manusia menurut pasal 1:1 dan 14) yang sekarang tercantum dalam kitab ini." Dengan kata lain, kita harus menghayati firman Allah jika kita ingin dipakai oleh Dia. Jadilah kudus dan khusus melalui pemahaman firman Allah!

Konsep ini, yang Dia katakan kepada mereka sebelum Dia dikhianati, tidak jauh berbeda dari apa yang Dia katakan kepada mereka yang percaya kepada-Nya dalam pasal 8:31, yaitu bahwa kebenaran memerdekakan.

Hagelberg: Yoh 17:17-19 - -- c. Doa supaya murid-murid-Nya dikuduskan (17:17-19)

c. Doa supaya murid-murid-Nya dikuduskan (17:17-19)

Hagelberg: Yoh 17:17 - -- 17:17 Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran. Pada dasarnya istilah "kudus" berarti "terpisah" atau "dikhususkan". Dalam konte...

17:17 Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran.

Pada dasarnya istilah "kudus" berarti "terpisah" atau "dikhususkan". Dalam konteks Firman Allah, kata ini menceritakan bahwa Allah adalah lain dari ciptaan-Nya. Dia berbeda dari ciptaan-Nya. Dengan demikian barang-barang ataupun oknum yang dikhususkan bagi Dia dapat disebut "kudus". Menurut pasal 10:36 Tuhan Yesus dikuduskan (atau dikhususkan) untuk tugas supaya Dia diutus ke dalam dunia. Jika mereka dikuduskan (ayat ini), mereka juga dapat diutus (ayat berikut). Ini berarti bahwa mereka, sama seperti Tuhan Yesus, harus dikhususkan untuk tugas yang ditentukan bagi mereka oleh Allah Bapa.

Tugas itu diuraikan dalam ayat berikut, sedangkan ayat ini menceritakan bagaimana caranya mereka dapat dikuduskan atau dikhususkan. Melalui1187 kebenaran mereka dapat dikuduskan. Namun bukan sembarang kebenaran. Kebenaran yang mampu mengkuduskan orang percaya adalah firman Allah. Carson1188 berkata, "Pengikut Tuhan Yesus dikhususkan dari dunia, dan dikhususkan bagi pekerjaan Allah hanya sejauh pikiran dan kelakuan mereka disesuaikan dengan kebenaran, yaitu firman wahyu (ayat 6) yang dinyatakan terutama dalam Tuhan Yesus (Dia sendiri adalah kebenaran menurut pasal 14:6, dan Dia sendiri adalah firman Allah yang menjelma menjadi manusia menurut pasal 1:1 dan 14) yang sekarang tercantum dalam kitab ini." Dengan kata lain, kita harus menghayati firman Allah jika kita ingin dipakai oleh Dia. Jadilah kudus dan khusus melalui pemahaman firman Allah!

Konsep ini, yang Dia katakan kepada mereka sebelum Dia dikhianati, tidak jauh berbeda dari apa yang Dia katakan kepada mereka yang percaya kepada-Nya dalam pasal 8:31, yaitu bahwa kebenaran memerdekakan.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Yoh 17:11-16 - Doa Syafaat Kristus Doa Syafaat Kristus (17:11-16) Setelah Kristus...

Matthew Henry: Yoh 17:17-19 - Doa Syafaat Kristus Doa Syafaat Kristus (17:17-19) Hal berikut yan...

SH: Yoh 17:14-26 - Bersatu karena Injil (Minggu, 9 April 2006) Bersatu karena Injil Judul: Bersatu karena Injil Permohonan doa yang ketiga dari doa syafaat Yesus...

SH: Yoh 17:6-19 - Mendoakan milik Allah (Sabtu, 23 Maret 2002) Mendoakan milik Allah Mendoakan milik Allah. Yesus kini mendoakan para murid-Nya. Ia menyebut para murid-...

SH: Yoh 17:6-19 - Milik Allah yang diutus (Kamis, 10 April 2014) Milik Allah yang diutus Judul: Milik Allah yang diutus Pada bagian kedua doa ini, terlihat jelas apa s...

SH: Yoh 17:6-13 - Pemeliharaan Bapa (Sabtu, 8 April 2006) Pemeliharaan Bapa Judul: Pemeliharaan Bapa Pokok doa kedua dari doa syafaat Yesus kepada Bapa adal...

SH: Yoh 17:1-19 - Doa Imam Besar (Kamis, 11 Maret 1999) Doa Imam Besar Doa Imam Besar. Inilah saat yang paling menentukan bagi Yesus. Dia menghadapi saat ...

SH: Yoh 17:1-26 - Aku Memelukmu dengan Doaku (Sabtu, 27 Maret 2021) Aku Memelukmu dengan Doaku Ungkapan "Aku memelukmu dengan doaku" sering digunakan oleh orang-orang yang ingin mem...

Utley: Yoh 17:6-19 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 17:6-19...

Topik Teologia: Yoh 17:15 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan Allah Berlaku di Dalam Kehidupan Orang-orang Percaya Pem...

Topik Teologia: Yoh 17:16 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kristus Memiliki Natur Moral Manusia Yesus Sadar Akan Allah Dia Be...

Topik Teologia: Yoh 17:17 - -- Allah yang Berpribadi Atribut-Atribut Allah Allah itu Kebenaran Bil 23:1...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yohanes Tema : Yesus, Putra Allah Tanggal Penulisan: 80-95 M...

Full Life: Yohanes (Garis Besar) Garis Besar Prolog tentang Logos (Yoh 1:1-18)...

Matthew Henry: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Kita tidak sedang membahas kapan dan di mana Injil ini dituliskan. Kita yakin Injil ini diberikan melalui inspirasi Allah kepada Yohanes, saudara Y...

Jerusalem: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INJIL YOHANES PENGANTAR INJIL YOHANES DAN SURAT-SURAT YOHANES Injil Yoh...

Ende: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN JOANES KATA PENGANTAR Karangan Indjil ini biasa disebut "Indjil keempat". Menurut riwajat...

Hagelberg: Yohanes (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Prakata Pendahuluan Injil Yohanes dapat diumpamakan sebagai sebuah kolam yang b...

Hagelberg: Yohanes (Garis Besar) GARIS BESAR I. KATA PENGANTAR (1:1-18...

Hagelberg: Yohanes DAFTAR PUSTAKA Daftar Kepustakaan Barrett, C. K., The Gospel According to St. John, an Introduction with C...

BIS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH YOHANES PENGANTAR Dalam Kabar Baik yang disampaikan oleh Yohanes ini, Yesus d...

Ajaran: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Injil Yohanes, orang-orang Kristen mengerti bahwa Allah mengambil rupa manusi...

Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Firman Allah terakhir kepada manusia INJIL YANG BERBEDA.Yohanes mempunyai cara pendekatan tersendiri pada kehidupan dan p...

Garis Besar Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Yoh 1:1-51...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #11: Klik ikon untuk membuka halaman ramah cetak. [SEMUA]
dibuat dalam 0.39 detik
dipersembahkan oleh YLSA