Teks -- Yesaya 57:3-9 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Yes 40:1--Yer 2:4 - HIBURKANLAH.
Nas : Yes 40:1-66:24
Pasal-pasal ini ditulis selama tahun-tahun akhir hidup Yesaya. Allah
menyatakan nubuat-nubuat ini supaya memberikan pengharapa...
Nas : Yes 40:1-66:24
Pasal-pasal ini ditulis selama tahun-tahun akhir hidup Yesaya. Allah menyatakan nubuat-nubuat ini supaya memberikan pengharapan dan penghiburan kepada umat-Nya selama mereka tertawan di Babel 150 tahun sesudah zaman Yesaya (lih. Yes 39:5-8); pasal-pasal ini penuh dengan penyataan nubuat mengenai Mesias yang akan datang dan kerajaan-Nya di bumi kelak. Beberapa peristiwa yang dinubuatkan digenapi berhubungan dengan tertawannya Yehuda oleh Babel dan pemulihannya. Banyak nubuat lain lebih khusus berhubungan dengan datangnya Yesus Kristus ke bumi, dan yang lain lagi masih menunggu penggenapan. Secara umum, pasal Yes 40:1-48:22 menekankan pelepasan, pasal Yes 49:1-57:21 penebusan, dan Yes 58:1-66:24 kemuliaan.
Full Life: Yes 49:1--59:6 - DENGARKANLAH AKU.
Nas : Yes 49:1-57:21
Pasal-pasal ini berisi banyak nubuat tentang "Hamba Tuhan" yang
akhirnya adalah Yesus Kristus. Pelayanan-Nya membawa pendamaia...
Nas : Yes 49:1-57:21
Pasal-pasal ini berisi banyak nubuat tentang "Hamba Tuhan" yang akhirnya adalah Yesus Kristus. Pelayanan-Nya membawa pendamaian bagi dosa, keselamatan bagi semua bangsa, pemulihan Israel, dan hukuman atas orang fasik.
Full Life: Yes 57:3-14 - ANAK-ANAK DARI PEREMPUAN-PEREMPUAN SIHIR.
Nas : Yes 57:3-14
Penduduk Yehuda meninggalkan Tuhan dan sebaliknya memilih untuk
menyembah dewa-dewa dari bangsa-bangsa asing. Ibadah tersebut men...
Nas : Yes 57:3-14
Penduduk Yehuda meninggalkan Tuhan dan sebaliknya memilih untuk menyembah dewa-dewa dari bangsa-bangsa asing. Ibadah tersebut mencakup kebejatan, pelacuran, sihir, dan pengorbanan manusia. Tetapi Allah tidak akan membiarkan seorang pun lolos dari hukuman dosa; orang yang melanggar hukum-Nya akan menuai apa yang mereka taburkan dan kehilangan jauh lebih banyak daripada yang mereka harap akan didapatnya dengan kefasikan mereka.
Jerusalem -> Yes 56:1--66:24; Yes 56:9--57:5; Yes 57:1-5; Yes 57:5; Yes 57:5; Yes 57:6-13; Yes 57:7; Yes 57:8; Yes 57:8; Yes 57:9
Mengenai bagian terakhir kitab Yesaya ini lihat Pengantar.
Jerusalem: Yes 56:9--57:5 - -- Rupanya nabi mau memperlawankan "gembala-gembala", artinya pemimpin umat yang tertinggi, dengan pemimpin-pemimpin lebih rendah. Golongan pertama serup...
Rupanya nabi mau memperlawankan "gembala-gembala", artinya pemimpin umat yang tertinggi, dengan pemimpin-pemimpin lebih rendah. Golongan pertama serupa anjing malas yang tidak berbuat apa-apa. Golongan kedua sebenarnya rajin "menggembalakan", tetapi hanya untuk kepentingan sendiri dengan memeras rakyat jelata, orang benar dan takwa, yang dilindungi Tuhan. Binatang-binatang yang disebut dalam Yes 56:9 agaknya melambangkan musuh yang didatangkan untuk menghukum para pemimpin. nubuat ini mungkin berasal dari zaman sebelum pembuangan. Sebab pikiran yang terungkap (kecaman atas para pemimpin yang dibandingkan dengan gembala) ditemukan pada nabi-nabi lain menjelang masa pembuangan Yer 2:8; 26-27; 5:4-5,31; 10-21; 23:1-2,11-12; bdk Yeh 8:11-13; 34:1-31.
Jerusalem: Yes 57:1-5 - -- Kurang jelas bagaimana ayat-ayat ini mesti dihubungkan. Yes 57:1-2. Tetapi kurang terang apakah Yes 57:3-5 masih termasuk kecaman atas pemimpin yang j...
Kurang jelas bagaimana ayat-ayat ini mesti dihubungkan. Yes 57:1-2. Tetapi kurang terang apakah Yes 57:3-5 masih termasuk kecaman atas pemimpin yang juga menyembah berhala, atau termasuk bagian berikut, Yes 57:6 dst yang mencela pemujaan berhala.
Jerusalem: Yes 57:5 - menyembelih anak-anak Bdk Ima 18:21+. Tetapi tidak pasti bahwa anak-anak itu dipersembahkan kepada Molokh.
Bdk Ima 18:21+. Tetapi tidak pasti bahwa anak-anak itu dipersembahkan kepada Molokh.
Jerusalem: Yes 57:6-13 - -- Sama seperti Yes 56:10-57:5 demikianpun nubuat melawan pemujaan berhala ini mungkin berasal dari akhir zaman para raja menjelang pembuangan. Sebab di ...
Sama seperti Yes 56:10-57:5 demikianpun nubuat melawan pemujaan berhala ini mungkin berasal dari akhir zaman para raja menjelang pembuangan. Sebab di masa itu pemujaan berhala tersebar luas pada bangsa Israel. Tetapi pemujaan itu berjalan terus selama pembuangan dan sesudahnya juga, Yes 66:3-4,17. Sajak ini memang bernada pedas sebagaimana dipakai nabi-nabi yang berkarya selama abad VII-VI, seb Mas, Yer 1:16; 7:8, dll; bdk Yes 8; Yes 2:6-8. Ada beberapa ucapan kafir disinggung yang tidak jelas lagi bagi kita sekarang.
Jerusalem: Yes 57:7 - menaruh petiduranmu Ayat ini agaknya mencela pelacuran bakti, bdk Ula 23:18+, yang banyak dipraktekkan dalam agama negeri Kanaan untuk memuja dewa-dewa kesuburan, bdk Bil...
Ayat ini agaknya mencela pelacuran bakti, bdk Ula 23:18+, yang banyak dipraktekkan dalam agama negeri Kanaan untuk memuja dewa-dewa kesuburan, bdk Bil 25. Pelacuran bakti itu kadang-kadang tersebar pada orang Israel juga, 1Ra 14:24; 22:47; 2Ra 23:7; Hos 4:14, meskipun keras dilarang oleh hukum Taurat, Ula 23:17-18. Hanya perlu diingat pula bahwa para nabi dalam mencela pemujaan berhala pada umumnya suka memakai istilah "sundal, zinah" dsb untuk mengecam ketidaksetiaan umat Israel terhadap Tuhan.
Jerusalem: Yes 57:8 - lambang berhalamu Harafiah: tanda peringatan. Kurang jelas apa yang dimaksudkan, tetapi pasti salah satu benda yang dipakai dalam pemujaan berhala
Harafiah: tanda peringatan. Kurang jelas apa yang dimaksudkan, tetapi pasti salah satu benda yang dipakai dalam pemujaan berhala
Jerusalem: Yes 57:8 - lingga Kata Ibrani yang dipakai berarti: tangan. Tetapi wilayah arti kata itu luas sekali. Mungkin di sini dimaksudkan lambang (berupa) kemaluan.
Kata Ibrani yang dipakai berarti: tangan. Tetapi wilayah arti kata itu luas sekali. Mungkin di sini dimaksudkan lambang (berupa) kemaluan.
Jerusalem: Yes 57:9 - Molokh Dalam naskah Ibrani tertulis: melek, artinya: raja. Gelar itu diberi kepada beberapa dewa yang dipuja bangsa-bangsa Semit, a.l. Molokh, bdk Ima 18:21+...
Dalam naskah Ibrani tertulis: melek, artinya: raja. Gelar itu diberi kepada beberapa dewa yang dipuja bangsa-bangsa Semit, a.l. Molokh, bdk Ima 18:21+. Yang dimaksudkan di sini kiranya Melkart, dewa yang dipuja di kota Tirus sebagai dewa dunia orang mati (yang disebut pada akhir ayat ini).
Ibadah kafir disindir. Anak2 dipersembahkan sebagai kurban kepada dewa.
Ende: Yes 57:6 - -- Ibadah kafir disindir. Seharusnja Jahwe adalah bagian Israil, tapi Ia ditukar
mereka dengan dewa2 kafir.
Ibadah kafir disindir. Seharusnja Jahwe adalah bagian Israil, tapi Ia ditukar mereka dengan dewa2 kafir.
Pelatjuran sutji dalam ibadah disindir.
itu adalah gambaran dewa rumah.
Ende: Yes 57:8 - djauh dari Aku.... Dengan menjembah dewata Israil "berdjinah",oleh sebab
Jahwelah suaminja.
Dengan menjembah dewata Israil "berdjinah",oleh sebab Jahwelah suaminja.
Ende: Yes 57:8 - kemaluannja Kata Hibrani jang dipakai ada pelbagai maknanja. Jang pertama
dan lebih umum ialah: tangan. Tapi kata "tangan" itu sering dipakai untuk
kemaluan.
Kata Hibrani jang dipakai ada pelbagai maknanja. Jang pertama dan lebih umum ialah: tangan. Tapi kata "tangan" itu sering dipakai untuk kemaluan.
Ende: Yes 57:9 - Melek Kurang djelas maknanja. Kata Hibrani pada dirinja berarti "radja',
tapi disini kiranja nama dewa
Kurang djelas maknanja. Kata Hibrani pada dirinja berarti "radja', tapi disini kiranja nama dewa
itu kiranja diutus kepada dewa2.
Mungkin hanja bahasa penghebat sadja.
diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Tertulis: "engkau berdjinah".
diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "dibawah".
Ref. Silang FULL: Yes 57:3 - perempuan-perempuan sihir // yang berzinah // perempuan sundal · perempuan-perempuan sihir: Kel 22:18; Kel 22:18; Mal 3:5
· yang berzinah: Yes 57:7-8; Mat 16:4; Yak 4:4
· perempuan sundal: Yes...
Ref. Silang FULL: Yes 57:5 - pohon-pohon keramat // yang rimbun // menyembelih anak-anak · pohon-pohon keramat: Yes 1:29; Yes 1:29
· yang rimbun: Ul 12:2; Ul 12:2; 2Raj 16:4
· menyembelih anak-anak: Im 18:21; Im 18:21;...
Ref. Silang FULL: Yes 57:6 - batu-batu licin // korban curahan // Aku sabar · batu-batu licin: 2Raj 17:10; 2Raj 17:10; Yer 3:9; Hab 2:19
· korban curahan: Yer 7:18; 19:13; 44:18
· Aku sabar: Yer 5:9,29; 9:...
· batu-batu licin: 2Raj 17:10; [Lihat FULL. 2Raj 17:10]; Yer 3:9; Hab 2:19
· korban curahan: Yer 7:18; 19:13; 44:18
· Aku sabar: Yer 5:9,29; 9:9
Ref. Silang FULL: Yes 57:7 - atas gunung // korban sembelihan · atas gunung: Yer 3:6; Yeh 6:3; 16:16; 20:29
· korban sembelihan: Yes 65:7; Yer 13:27; Yeh 6:13; 20:27-28
· atas gunung: Yer 3:6; Yeh 6:3; 16:16; 20:29
· korban sembelihan: Yes 65:7; Yer 13:27; Yeh 6:13; 20:27-28
Ref. Silang FULL: Yes 57:8 - yang kauingini // memandangi lingga · yang kauingini: Yeh 16:26; 23:7
· memandangi lingga: Yeh 16:15,36; 23:18
· yang kauingini: Yeh 16:26; 23:7
· memandangi lingga: Yeh 16:15,36; 23:18