Teks -- Mazmur 120:1--134:3 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life -> Mzm 120:1--135:2; Mzm 120:1-7; Mzm 121:2; Mzm 121:5; Mzm 121:8; Mzm 122:1; Mzm 123:1; Mzm 124:1; Mzm 126:1; Mzm 126:5-6; Mzm 127:1-5; Mzm 127:1; Mzm 127:2; Mzm 127:3; Mzm 130:1; Mzm 132:1-18; Mzm 132:17; Mzm 133:1-3; Mzm 134:1-3
Full Life: Mzm 120:1--135:2 - NYANYIAN ZIARAH.
Nas : Mazm 120:1-134:3
Lima belas mazmur ini dalam bahasa Inggris disebut "Songs of
Ascents" (yaitu "Nyanyian Pendakian" atau anak-anak tangga). Be...
Nas : Mazm 120:1-134:3
Lima belas mazmur ini dalam bahasa Inggris disebut "Songs of Ascents" (yaitu "Nyanyian Pendakian" atau anak-anak tangga). Beberapa orang beranggapan bahwa frasa ini mengacu kepada penunjuk waktu dengan bayangan matahari buatan Raja Ahas. Bayangan mundur ke belakang sepuluh derajat pada alat ini sebagai jaminan bahwa Allah menambahkan 15 tahun lagi kepada Raja Hizkia untuk memerintah dengan tenang; mazmur-mazmur ini kemudian dikumpulkan untuk memperingati janji itu (2Raj 20:6-10; Yes 38:5-8). Banyak orang percaya bahwa frasa "Nyanyian Pendakian" mengacu kepada mazmur-mazmur yang dinyanyikan orang Yahudi bersama-sama manakala mereka "naik" ke Yerusalem sebagai peziarah untuk merayakan hari raya kudus mereka.
Full Life: Mzm 120:1-7 - IA MENJAWAB AKU.
Nas : Mazm 120:1-7
Pikiran agung yang terkandung dalam mazmur ziarah ini ialah bahwa
Allah yang menciptakan langit dan bumi meluangkan waktu untuk ...
Nas : Mazm 120:1-7
Pikiran agung yang terkandung dalam mazmur ziarah ini ialah bahwa Allah yang menciptakan langit dan bumi meluangkan waktu untuk memperhatikan dan memperdulikan semua orang yang mengandalkan diri-Nya dan firman-Nya. Kejahatan tidak akan dibiarkan menghancurkan persekutuan mereka dengan Dia (juga lih. Rom 8:28-39).
Full Life: Mzm 121:2 - PERTOLONGANKU IALAH DARI TUHAN.
Nas : Mazm 121:2
Keluarga, sahabat, atau kekayaan jangan sekali-kali dipandang
sebagai sumber pertolongan yang pokok dalam hidup ini. Sumber itulah...
Nas : Mazm 121:2
Keluarga, sahabat, atau kekayaan jangan sekali-kali dipandang sebagai sumber pertolongan yang pokok dalam hidup ini. Sumber itulah Allah, satu-satunya sumber untuk memenuhi kebutuhan jasmaniah dan rohani kita. Kita harus mengandalkan Dia dengan segenap hati kita dan mencari Dia untuk memperoleh kasih karunia untuk "mendapat pertolongan kita pada waktunya"
(lihat cat. --> Ibr 4:16).
[atau ref. Ibr 4:16]
Full Life: Mzm 121:5 - TUHANLAH PENJAGAMU.
Nas : Mazm 121:5
Anak Allah yang setia senantiasa berada di bawah perlindungan,
pembelaan, dan pengawasan Tuhan
(lihat cat. --> 1Pet 1:5)...
Nas : Mazm 121:5
Anak Allah yang setia senantiasa berada di bawah perlindungan, pembelaan, dan pengawasan Tuhan
(lihat cat. --> 1Pet 1:5).
[atau ref. 1Pet 1:5]
Yesus menekankan kebenaran ini ketika mengatakan, "Rambut kepalamu pun terhitung semuanya. Sebab itu janganlah kamu takut" (Mat 10:30-31).
Full Life: Mzm 121:8 - MENJAGA KELUAR MASUKMU.
Nas : Mazm 121:8
Nas ini dapat diterapkan baik kepada kehidupan Kristen sejak
kelahiran rohani hingga kita meninggalkan dunia maupun kepada kehidup...
Nas : Mazm 121:8
Nas ini dapat diterapkan baik kepada kehidupan Kristen sejak kelahiran rohani hingga kita meninggalkan dunia maupun kepada kehidupan jasmaniah kita ketika ke luar untuk bekerja setiap hari dan pulang untuk istirahat. Allah akan memelihara kita; Dialah penjaga kita senantiasa.
Full Life: Mzm 122:1 - RUMAH TUHAN.
Nas : Mazm 122:1
Rumah Allah seharusnya menjadi tempat di mana seorang percaya dengan
penuh sukacita mengalami persekutuan intim dengan Tuhan, pers...
Nas : Mazm 122:1
Rumah Allah seharusnya menjadi tempat di mana seorang percaya dengan penuh sukacita mengalami persekutuan intim dengan Tuhan, persekutuan Roh, dan kasih dari sesama orang percaya.
Full Life: Mzm 123:1 - KEPADA-MU AKU MELAYANGKAN MATAKU.
Nas : Mazm 123:1
Mazmur ini menggambarkan orang percaya yang rendah hati senantiasa
dan dengan penuh harap menantikan Allah mengakhiri kebencian da...
Nas : Mazm 123:1
Mazmur ini menggambarkan orang percaya yang rendah hati senantiasa dan dengan penuh harap menantikan Allah mengakhiri kebencian dan cemooh yang diarahkan kepada mereka. Mazmur ini mengungkapkan seruan orang yang senantiasa menantikan dan mendambakan kedatangan kembali Kristus untuk menyelamatkan umat-Nya dari dunia yang fasik dan bermusuhan (lih. Ibr 12:2; 2Pet 3:12;
lihat cat. --> Mat 24:42;
lihat cat. --> Tit 2:13).
Full Life: Mzm 124:1 - JIKALAU BUKAN TUHAN YANG MEMIHAK KEPADA KITA.
Nas : Mazm 124:1
Jikalau Allah tidak menyertai kita, kita tidak sempat luput dari
jebakan-jebakan hidup atau menangkis musuh rohani kita. Bahaya da...
Nas : Mazm 124:1
Jikalau Allah tidak menyertai kita, kita tidak sempat luput dari jebakan-jebakan hidup atau menangkis musuh rohani kita. Bahaya dan kesukaran yang kita hadapi mungkin tampaknya demikian besar sehingga tidak seorang pun selain Allah dan kuasa-Nya yang ajaib dapat menolong kita; namun, "Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita?" (Rom 8:31) Tidak ada musuh atau situasi dapat mengalahkan kita bila Allah di pihak kita.
Full Life: Mzm 126:1 - MEMULIHKAN KEADAAN SION.
Nas : Mazm 126:1
Sebagian dari pemulihan ini terjadi pada tahun 701 SM ketika ancaman
Sanherib untuk menyerbu Yerusalem digagalkan sebagai penggena...
Nas : Mazm 126:1
Sebagian dari pemulihan ini terjadi pada tahun 701 SM ketika ancaman Sanherib untuk menyerbu Yerusalem digagalkan sebagai penggenapan nubuat dan bangsa-bangsa di sekitar Yehuda mengirim hadiah kepada Hizkia (2Taw 32:22-23). Pemulihan yang lebih besar terjadi ketika orang Yahudi kembali ke Yerusalem dari Babel pada tahun 538 SM.
Full Life: Mzm 126:5-6 - MENABUR DENGAN MENCUCURKAN AIR MATA, AKAN MENUAI DENGAN BERSORAK-SORAI.
Nas : Mazm 126:5-6
Kesedihan yang mendalam dan menabur sambil bergumul dalam doa akan
mendatangkan berkat-berkat dari Allah berupa pembaharuan, keb...
Nas : Mazm 126:5-6
Kesedihan yang mendalam dan menabur sambil bergumul dalam doa akan mendatangkan berkat-berkat dari Allah berupa pembaharuan, kebangunan, dan perbuatan ajaib (bd. Mat 5:4; 2Kor 9:6). Orang percaya diyakinkan bahwa apa yang mereka taburkan dengan rajin sekarang ini akan diberkati dengan berlimpah-limpah oleh Allah di masa depan. Jadi, marilah kita menabur bagi Allah kesetiaan, kebenaran, dan doa syafaat, kendatipun mengalami kepedihan karena mengetahui bahwa akan ada tuaian berkat Allah yang besar (bd. Yer 31:9).
Full Life: Mzm 127:1-5 - JIKALAU BUKAN TUHAN YANG MEMBANGUN.
Nas : Mazm 127:1-5
Hanya yang berasal dari Allah dan diberkati oleh-Nya benar-benar
berarti dalam hidup ini; sebaliknya, jikalau Allah tidak ada da...
Nas : Mazm 127:1-5
Hanya yang berasal dari Allah dan diberkati oleh-Nya benar-benar berarti dalam hidup ini; sebaliknya, jikalau Allah tidak ada dalam hidup kita, kegiatan kita, sasaran dan keluarga kita, maka segala sesuatu itu sia-sia dan akan berakhir dengan kekecewaan dan kegagalan. Karena itu, kita harus mencari berkat dan bimbingan Allah di dalam segala sesuatu sejak permulaan kehidupan kita
(lihat cat. --> Luk 24:50).
[atau ref. Luk 24:50]
Full Life: Mzm 127:1 - MEMBANGUN RUMAH.
Nas : Mazm 127:1
Pada saat kita bekerja membangun rumah Allah di bumi, kita harus
memastikan bahwa kita membangun sesuai dengan pola-Nya dan oleh R...
Nas : Mazm 127:1
Pada saat kita bekerja membangun rumah Allah di bumi, kita harus memastikan bahwa kita membangun sesuai dengan pola-Nya dan oleh Roh-Nya, bukan sekadar menurut gagasan, rencana, dan usaha manusia (bd. Kel 25:9,40;
lihat cat. --> Kis 7:44).
[atau ref. Kis 7:44]
Full Life: Mzm 127:2 - MEMBERIKANNYA KEPADA YANG DICINTAI-NYA PADA WAKTU TIDUR.
Nas : Mazm 127:2
Adalah kehendak Allah bahwa kita menikmati tidur yang tenang dan
hidup tanpa kekhawatiran (lih. Mat 6:25-34; Fili 4:6). Dalam nas ...
Nas : Mazm 127:2
Adalah kehendak Allah bahwa kita menikmati tidur yang tenang dan hidup tanpa kekhawatiran (lih. Mat 6:25-34; Fili 4:6). Dalam nas ini juga tersirat bahwa Allah tetap memberi sekalipun ketika kita tidur.
Full Life: Mzm 127:3 - ANAK-ANAK LELAKI ADALAH MILIK PUSAKA DARIPADA TUHAN.
Nas : Mazm 127:3
Di bawah perjanjian yang lama suatu keluarga besar dianggap suatu
berkat, sedangkan tidak memiliki anak dianggap kutukan (Kej 30:2...
Nas : Mazm 127:3
Di bawah perjanjian yang lama suatu keluarga besar dianggap suatu berkat, sedangkan tidak memiliki anak dianggap kutukan (Kej 30:2,18; Kej 33:5; 48:9; Ul 7:13). Di bawah perjanjian yang baru adanya banyak anak belum tentu menjadi tanda perkenan ilahi, demikian pula tidak mempunyai anak bukan tanda kutukan. Sebuah keluarga besar mungkin merupakan kemalangan apabila anak-anak tidak dipelihara dengan baik dan dituntun kepada keselamatan dalam Kristus; tidak memiliki anak bisa menjadi berkat jikalau hidup dan waktu dibaktikan kepada pelayanan Tuhan (1Kor 7:7-8,32-33).
Semua anak orang percaya harus dipandang sebagai karunia Allah yang menuntut tanggung jawab yang bijaksana dan setia. Hanya apabila jalan-jalan dan perintah-perintah Tuhan diterima, diajar dan ditaati oleh orang-tua dan anak-anak maka mereka akan mengalami berkat Allah (lih. pasal Mazm 128:1-6;
lihat art. ORANG-TUA DAN ANAK-ANAK).
Full Life: Mzm 130:1 - DARI JURANG YANG DALAM AKU BERSERU KEPADA-MU.
Nas : Mazm 130:1
Orang yang menuai kesengsaraan dan siksaan dari dosa-dosa mereka
sendiri dapat berseru kepada Allah dengan kepastian bahwa Dia aka...
Nas : Mazm 130:1
Orang yang menuai kesengsaraan dan siksaan dari dosa-dosa mereka sendiri dapat berseru kepada Allah dengan kepastian bahwa Dia akan mengampuni, menyembuhkan, dan mengembalikan mereka ke dalam persekutuan dengan diri-Nya. Allah ingin menunjukkan kasih setia-Nya kepada semua orang yang dalam kesulitan, menyelamatkan mereka dari perbudakan dosa supaya mereka dapat mengenal kasih, perhatian, dan kebaikan-Nya (ayat Mazm 130:4;
lihat cat. --> Mat 26:28).
[atau ref. Mat 26:28]
Full Life: Mzm 132:1-18 - INGATLAH ... KEPADA DAUD.
Nas : Mazm 132:1-18
Mazmur ini memohon kepada Allah untuk memberkati putra-putra Daud
ketika mereka memerintah Israel (bd. 2Sam 7:8-29;
...
Nas : Mazm 132:1-18
Mazmur ini memohon kepada Allah untuk memberkati putra-putra Daud ketika mereka memerintah Israel (bd. 2Sam 7:8-29;
lihat art. PERJANJIAN ALLAH DENGAN DAUD).
Berkat ini hanya akan menjadi kenyataan apabila Allah tinggal di dalam Bait-Nya dan di antara umat-Nya (ayat Mazm 132:13-18).
Full Life: Mzm 132:17 - MENUMBUHKAN SEBUAH TANDUK BAGI DAUD.
Nas : Mazm 132:17
Harapan dalam doa ini tidak pernah digenapi melalui keturunan Daud
yang menjadi raja Israel dan Yehuda. Karena bangsa Israel meno...
Nas : Mazm 132:17
Harapan dalam doa ini tidak pernah digenapi melalui keturunan Daud yang menjadi raja Israel dan Yehuda. Karena bangsa Israel menolak Tuhan (bd. ayat Mazm 132:12), Allah membinasakan Yerusalem dan bait suci pada tahun 586 SM. Kerinduan yang terkandung dalam doa ini hanya akan digenapi di dalam Yesus Kristus, Putra Daud yang agung, yang "kerajaan-Nya tidak akan berkesudahan" (Luk 1:32-33; bd. Mat 1:1; Luk 1:68-79).
Full Life: Mzm 133:1-3 - APABILA SAUDARA-SAUDARA DIAM BERSAMA DENGAN RUKUN.
Nas : Mazm 133:1-3
Mazmur ini mengungkapkan kebenaran rohani yang sama dengan pasal
Yoh 17:1-26 di mana Yesus berdoa agar para pengikut-Nya ditetap...
Nas : Mazm 133:1-3
Mazmur ini mengungkapkan kebenaran rohani yang sama dengan pasal Yoh 17:1-26 di mana Yesus berdoa agar para pengikut-Nya ditetapkan dalam kasih, kekudusan, dan persatuan. Ia tahu bahwa Roh Kudus tidak dapat bekerja di antara mereka jikalau ada perpecahan yang disebabkan oleh dosa dan ambisi pribadi (lih. 1Kor 1:10-13; 3:1-3). Tetapi kasih yang sungguh-sungguh bagi Allah dan sesama, bersamaan dengan penyucian dalam kebenaran firman Allah, akan membuat Allah mendekati dan mengurapi umat-Nya
(lihat cat. --> Yoh 17:21;
lihat cat. --> Ef 4:3).
Full Life: Mzm 134:1-3 - YANG DATANG MELAYANI DI RUMAH TUHAN PADA WAKTU MALAM.
Nas : Mazm 134:1-3
Mazmur ini berbicara tentang penyembahan dan doa syafaat semalam
suntuk di rumah Allah. Tidakkah umat Allah di bawah perjanjian ...
Nas : Mazm 134:1-3
Mazmur ini berbicara tentang penyembahan dan doa syafaat semalam suntuk di rumah Allah. Tidakkah umat Allah di bawah perjanjian yang baru seharusnya memiliki semangat yang sama untuk terlibat dalam kebaktian semalam suntuk yang disediakan untuk penyembahan rohani dan doa syafaat sungguh-sungguh demi kebangunan di dalam gereja dan penyelamatan orang yang terhilang?
BIS: Mzm 120:5 - Mesekh, ... Kedar Mesekh, ... Kedar: Dua daerah yang berjauhan. Penduduknya dianggap orang biadab.
Mesekh, ... Kedar: Dua daerah yang berjauhan. Penduduknya dianggap orang biadab.
BIS: Mzm 126:1 - memulihkan keadaan Yerusalem memulihkan keadaan Yerusalem atau: membawa kami pulang ke Yerusalem.
memulihkan keadaan Yerusalem atau: membawa kami pulang ke Yerusalem.
Jerusalem -> Mzm 120:1-7; Mzm 120:1; Mzm 120:3; Mzm 120:4; Mzm 120:5; Mzm 120:5; Mzm 121:1-8; Mzm 121:1; Mzm 121:3; Mzm 121:5; Mzm 121:6; Mzm 121:8; Mzm 122:1-9; Mzm 122:3; Mzm 122:4; Mzm 122:4; Mzm 122:5; Mzm 122:6; Mzm 122:6; Mzm 123:1-4; Mzm 123:4; Mzm 123:4; Mzm 124:1-8; Mzm 124:1; Mzm 124:3; Mzm 124:7; Mzm 124:7; Mzm 124:8; Mzm 125:1-5; Mzm 125:1; Mzm 125:3; Mzm 125:5; Mzm 125:5; Mzm 125:5; Mzm 126:1-6; Mzm 126:1; Mzm 126:4; Mzm 126:6; Mzm 127:1-5; Mzm 127:1; Mzm 127:2; Mzm 127:4; Mzm 127:5; Mzm 128:1-6; Mzm 128:1; Mzm 128:1; Mzm 128:3; Mzm 128:3; Mzm 128:5; Mzm 128:6; Mzm 129:1-8; Mzm 129:1; Mzm 129:3; Mzm 129:4; Mzm 129:6; Mzm 129:6; Mzm 129:8; Mzm 130:1-8; Mzm 130:1; Mzm 130:4; Mzm 130:5; Mzm 130:5; Mzm 130:6; Mzm 130:7; Mzm 131:1-3; Mzm 131:3; Mzm 132:1-18; Mzm 132:1; Mzm 132:2; Mzm 132:6; Mzm 132:6; Mzm 132:7; Mzm 132:8; Mzm 132:9; Mzm 132:9; Mzm 132:9; Mzm 132:10; Mzm 132:14; Mzm 132:16; Mzm 132:17; Mzm 132:17; Mzm 132:17; Mzm 132:18; Mzm 133:1-3; Mzm 133:2; Mzm 133:2; Mzm 133:3; Mzm 133:3; Mzm 133:3; Mzm 134:1-3; Mzm 134:2
Jerusalem: Mzm 120:1-7 - Dikejar-kejar fitnah Ratapan dan permohonan ini diucapkan seseorang yang dianiaya dengan fitnah dari pihak kaum sebangsanya, Maz 120:2-4. Lawan itu dibandingkan dengan suk...
Ratapan dan permohonan ini diucapkan seseorang yang dianiaya dengan fitnah dari pihak kaum sebangsanya, Maz 120:2-4. Lawan itu dibandingkan dengan suku-suku bangsa yang biadab dan kejam, Maz 120:5-6. Pemazmur sendiri suka damai, tetapi tidak diterima lawannya, Maz 120:7. Dahulu ia telah mohon agar sekarang juga mendapat pertolongan, Maz 120:2.
Jerusalem: Mzm 120:1 - Nyanyian ziarah Judul ini terdapat di atas Maz 120:1-134:3. Ungkapan Ibrani (nyanyian kenaikan) tidak jelas maksudnya, tetapi agaknya mazmur-mazmur ini dipakai orang ...
Judul ini terdapat di atas Maz 120:1-134:3. Ungkapan Ibrani (nyanyian kenaikan) tidak jelas maksudnya, tetapi agaknya mazmur-mazmur ini dipakai orang Yahudi waktu berziarah, bdk Kel 23:17; Ula 16:16, ke Yerusalem, bdk Maz 84+, "naik" ke bait Allah (seperti kaum muslimin "naik" haji).
Jerusalem: Mzm 120:3 - Apakah... Ini rumus sumpah/kutuk yang lazim, bdk Rut 1:17+; 1Sa 3:17; 14:44; 20:13; 25:22. Hendaknya Allah menimpakan hukuman berat. Pertanyaan Maz 120:3 ini di...
Jerusalem: Mzm 120:4 - Panah-panah Bahasa kiasan ini berarti: Hukuman, kematian yang tiba-tiba secara mendadak mendatangi orang. Demikianpun arti bahasa kiasan: bara kayu arar. Kayu ara...
Bahasa kiasan ini berarti: Hukuman, kematian yang tiba-tiba secara mendadak mendatangi orang. Demikianpun arti bahasa kiasan: bara kayu arar. Kayu arar adalah sejenis kayu yang sangat hebat bakarnya.
Jerusalem: Mzm 120:5 - Mesekh Ialah suatu suku yang tinggal di pegunungan Kaukasus, Kej 10:2; Yeh 27:13; bdk Yeh 38:2
Jerusalem: Mzm 120:5 - Kedar Ialah sebuah suku Badai di gurun Siria Arab, Kej 25:13; Yes 21:16; 42:11; Yeh 27:21. Pemazmur kedua suku (kafir dan kejam) itu sebagai ibarat musuhnya...
Ialah sebuah suku Badai di gurun Siria Arab, Kej 25:13; Yes 21:16; 42:11; Yeh 27:21. Pemazmur kedua suku (kafir dan kejam) itu sebagai ibarat musuhnya pada bangsanya sendiri yang dengan kejam mengejarnya.
Jerusalem: Mzm 121:1-8 - TUHAN, Penjaga Israel Mazmur ini berupa dialog. Ada seseorang yang menyatakan keyakinan bahwa ditolong oleh Tuhan, Maz 121:1-2. Orang lain hanya membenarkan keyakinan itu, ...
Mazmur ini berupa dialog. Ada seseorang yang menyatakan keyakinan bahwa ditolong oleh Tuhan, Maz 121:1-2. Orang lain hanya membenarkan keyakinan itu, sebab Tuhan menolong dan melindungi baik umatNya maupun orang benar terhadap baik semacam bahaya, Maz 121:3-8. Pikiran ini sesuai dengan keadaan kaum ziarah yang pergi ke Yerusalem dengan menempuh jalan sukar dan berbahaya. Begitu pula secara rohani orang beriman menempuh jalan yang sukar menuju Yerusalem sorgawi.
Jerusalem: Mzm 121:1 - ke gunung-gunung Yang dimaksud ialah pegunungan Allah yang menolong, bdk Maz 87:1+; Maz 125:2.
Jerusalem: Mzm 121:3 - Penjagamu Tuhan dibandingkan dengan seorang penjaga yang selalu siap siaga. Sebagai Penjaga seluruh umat (Israel) Tuhan juga Penjaga masing-masing anggota.
Tuhan dibandingkan dengan seorang penjaga yang selalu siap siaga. Sebagai Penjaga seluruh umat (Israel) Tuhan juga Penjaga masing-masing anggota.
Jerusalem: Mzm 121:6 - Matahari.... Matahari dan bulan di sini mengibaratkan macam-macam bencana dan bahaya. Menurut kepercayaan dahulu matahari dan bulan menyebabkan berbagai penyakit d...
Matahari dan bulan di sini mengibaratkan macam-macam bencana dan bahaya. Menurut kepercayaan dahulu matahari dan bulan menyebabkan berbagai penyakit dan bencana.
Ialah seluruh hidup dan karya, bdk Ula 28:6; 31:2; 2Sa 3:25.
Jerusalem: Mzm 122:1-9 - Doa sejahtera untuk Yerusalem Kaum ziarah yang tiba di Yerusalem, Maz 122:2, menyanyikan mazmur Sion yang agak serupa dengan Maz 48:1-14; 84:1-12; bdk Maz 46+, ini. Mereka membangg...
Kaum ziarah yang tiba di Yerusalem, Maz 122:2, menyanyikan mazmur Sion yang agak serupa dengan Maz 48:1-14; 84:1-12; bdk Maz 46+, ini. Mereka membanggakan Kota Suci, pusat bangsa dan agama, Maz 122:3-5. Dengan khidmat mereka memberi salam kepada kota tempat kediaman keturunan Daud dan terlebih kediaman Tuhan, Maz 122:6-9. Ada permainan kata antara "salam" (Ibraninya: syalom) dan Yerusalem (kota syalom), bdk Maz 76:3+
Jerusalem: Mzm 122:3 - bersambung rapat Terjemahan ini tidak pasti. Harafiah: yang bersambung dengan dirinya menjadi satu. Mungkin dimaksudkan bangunan kota yang rapih teratur. Mungkin pula:...
Terjemahan ini tidak pasti. Harafiah: yang bersambung dengan dirinya menjadi satu. Mungkin dimaksudkan bangunan kota yang rapih teratur. Mungkin pula: kota itu mempersatukan di dalam dirinya semuanya. Kalau demikian maka pemazmur mungkin berpikir kepada Yerusalem sebagai pusat bangsa, yang mempersatukan semua suku menjadi satu umat.
Jerusalem: Mzm 122:4 - sesuai dengan peraturan Bdk Kej 23:17; 34:23; Ula 16:16; 1Ra 12:27. Bagian ayat ini juga dapat diterjemahkan sbb: Peraturan (kesaksian) bagi Israel ialah: bersyukur kepada TU...
Bdk Kej 23:17; 34:23; Ula 16:16; 1Ra 12:27. Bagian ayat ini juga dapat diterjemahkan sbb: Peraturan (kesaksian) bagi Israel ialah: bersyukur kepada TUHAN.
Jerusalem: Mzm 122:5 - kursi-kursi pengadilan Sejak raja Daud kota Yerusalem menjadi tempat kedudukan pemerintah pusat, raja keturunan Daud serta jabatan penghakiman, bdk 2Sa 5:9+
Sejak raja Daud kota Yerusalem menjadi tempat kedudukan pemerintah pusat, raja keturunan Daud serta jabatan penghakiman, bdk 2Sa 5:9+
Jerusalem: Mzm 122:6 - berdoalah.... Harafiah: Doakanlah damai sejahtera (Ibraninya: syalom) Yerusalem. Damai sejahtera itu merangkum segala sesuatu yang baik dan yang diinginkan: damai, ...
Jerusalem: Mzm 122:6 - mencintaimu Kasih kepada Sion, bdk Maz 2:6+, merupakan ciri khas kesalehan Yahudi.
Kasih kepada Sion, bdk Maz 2:6+, merupakan ciri khas kesalehan Yahudi.
Jerusalem: Mzm 123:1-4 - Berharap kepada anugerah TUHAN Mazmur yang berupa permohonan ini agaknya diciptakan setelah Israel kembali dari pembuangan dan tengah membangun dirinya kembali sebagai bangsa dan um...
Mazmur yang berupa permohonan ini agaknya diciptakan setelah Israel kembali dari pembuangan dan tengah membangun dirinya kembali sebagai bangsa dan umat di zaman Nehemia. Mereka terancam permusuhan, serangan dan ejekan dari pihak orang Samaria yang kaya dan sombong. Umat membandingkan diri dengan seorang hamba, Maz 123:2, yang penuh kepercayaan minta tolong pada majikannya, yaitu Tuhan Maz 123:1, supaya dibebaskan dari penghinaan, Maz 123:2-4.
Jerusalem: Mzm 123:4 - dengan penghinaan orang-orang yang sombong Naskah Ibrani sukar dimengerti. Tertulis: penghinaan bagi orang-orang sombong. Larik ini barangkali ditambahkan di zaman para Makabe dan melawan orang...
Naskah Ibrani sukar dimengerti. Tertulis: penghinaan bagi orang-orang sombong. Larik ini barangkali ditambahkan di zaman para Makabe dan melawan orang-orang (yang berkebudayaan Yunani). Dengan memisahkan huruf-huruf (mati) Ibrani orang dapat membaca: penghinaan bagi orang-orang sombong, yaitu orang-orang Yunani.
Jerusalem: Mzm 124:1-8 - Terpujilah Penolong Israel Nyanyian syukur umat ini menandaskan bahwa Tuhan satu-satunya pelindung dan penolong umat Israel yang berada dalam keadaan sangat tertolong itu, Maz 1...
Nyanyian syukur umat ini menandaskan bahwa Tuhan satu-satunya pelindung dan penolong umat Israel yang berada dalam keadaan sangat tertolong itu, Maz 124:6-8. Tidak menjadi jelas mana bahaya yang mengancam umat.
Jerusalem: Mzm 124:1 - biarlah... Pemazmur meminta supaya seluruh umat memberikan kesaksiannya, sebab memang seluruh umat mengalami pertolongan Tuhan.
Pemazmur meminta supaya seluruh umat memberikan kesaksiannya, sebab memang seluruh umat mengalami pertolongan Tuhan.
Musuh dibandingkan dengan pemburu.
Jerusalem: Mzm 125:1-5 - Aman dalam lindungan TUHAN Sajak ini berupa penyataan kepercayaan pada Tuhan. Pemazmur mengajak umat supaya menjadikan Tuhan andalannya, sebab Ia tetap melindungi mereka, sama s...
Sajak ini berupa penyataan kepercayaan pada Tuhan. Pemazmur mengajak umat supaya menjadikan Tuhan andalannya, sebab Ia tetap melindungi mereka, sama seperti Kota Suci dilindungi gunung-gunung, Maz 125:1-2, meskipun sekarang umat ditindas orang asing, Maz 125:3. Pesajak meminta supaya Tuhan tetap melindungi orang benar dan menghukum orang fasik, Maz 125:4-5; bdk Maz 5:11+; Maz 52+
Jerusalem: Mzm 125:3 - Tongkat.... Agaknya pemazmur menyinggung penjajahan umat Israel oleh bangsa asing (kafir) yang merampas tanah dan membebankan pajak. Penjajahan itu dapat menyesat...
Agaknya pemazmur menyinggung penjajahan umat Israel oleh bangsa asing (kafir) yang merampas tanah dan membebankan pajak. Penjajahan itu dapat menyesatkan dan merosotkan akhlak dan agama umat Allah.
Jerusalem: Mzm 125:5 - orang-orang yang menyimpang Pemazmur barangkali berpikir kepada orang Yahudi yang murtad dari agamanya. Diminta supaya mereka dihukum sesuai dengan hukum pembalasan. Bdk Maz 18:2...
Ibraninya: syalom, bdk Maz 122:6+
Ialah Israel sejati, orang-orang benar yang setia pada agamanya.
Jerusalem: Mzm 126:1-6 - Pengharapan di tengah-tengah penderitaan Mazmur ini berlatar belakang keadaan umat Israel yang baru kembali dari pembuangan dan mengalami banyak kesusahan. Dalam bagian pertama, Maz 126:1-3, ...
Mazmur ini berlatar belakang keadaan umat Israel yang baru kembali dari pembuangan dan mengalami banyak kesusahan. Dalam bagian pertama, Maz 126:1-3, umat dengan rasa syukur ingat akan pulangnya dari pembuangan. Tetapi keadaan di tanah air sangat mengecewakan, bdk Ezr 4; Neh 1:3; 4; Hag 1:6; 2:16; dst; Neh 5:1-13. Karena itu dalam bagian kedua, Maz 126:4-6, umat memanjatkan dia supaya Tuhan sudi memperbaiki keadaan itu, terutama dengan memberi panen yang melimpah.
Jerusalem: Mzm 126:1 - memulihkan keadaan Sion Terjemahan lain: mengembalikan tawanan Sion, bdk Maz 14:7+
Terjemahan lain: mengembalikan tawanan Sion, bdk Maz 14:7+
Jerusalem: Mzm 126:4 - Tanah Negeb Ialah padang pasir di sebelah selatan Yerusalem. Padang pasir yang tandus itu itu musim rontok setelah hujan turun tiba-tiba berubah menjadi padang hi...
Ialah padang pasir di sebelah selatan Yerusalem. Padang pasir yang tandus itu itu musim rontok setelah hujan turun tiba-tiba berubah menjadi padang hijau berbunga-bunga dan batang-batang air yang biasanya kering (wadi) penuh dengan air yang mengalir dengan derasnya,
Jerusalem: Mzm 126:6 - sambil menabur benih Terjemahan ini tidak pasti. Terjemahan lain: membawa kantung benih.
Terjemahan ini tidak pasti. Terjemahan lain: membawa kantung benih.
Jerusalem: Mzm 127:1-5 - Berkat TUHAN pangkal selamat Sajak ini merupakan renungan seorang berhikmat. Ia yakin bahwa segala daya upaya dan jerih payah manusia sia-sia belaka, jika tidak didukung Tuhan, Ma...
Sajak ini merupakan renungan seorang berhikmat. Ia yakin bahwa segala daya upaya dan jerih payah manusia sia-sia belaka, jika tidak didukung Tuhan, Maz 127:1-2. Sebaliknya, segala anugerah dan berkat orang benar datang dari Tuhan melulu, khususnya sebuah keluarga besar, Maz 127:3-5.
Jerusalem: Mzm 127:1 - Salomo Mazmur ini dikatakan ciptaan Salomo, raja berhikmat yang ternama, oleh karena tersinggung pembuangan rumah (Allah)(Salomo memang mendirikan bait Allah...
Jerusalem: Mzm 127:2 - duduk-duduk sampai jauh malam Artinya: menunda-nunda tidur untuk bekerja lebih lama.
Artinya: menunda-nunda tidur untuk bekerja lebih lama.
Jerusalem: Mzm 127:4 - pada masa muda Anak yang dilahirkan di masa muda setelah menjadi besar dapat menolong dan membela ayah yang sudah lanjut umur. Anak menjadi jaminan hari tua orang tu...
Anak yang dilahirkan di masa muda setelah menjadi besar dapat menolong dan membela ayah yang sudah lanjut umur. Anak menjadi jaminan hari tua orang tua.
Jerusalem: Mzm 127:5 - di pintu gerbang Pada pintu gerbang kota diadakan pengadilan, bdk 2Sa 15:2; Rut 4:1, untuk memutuskan perkara, perselisihan dan pertikaian. Anak-anak (yang dalam Maz 1...
Pada pintu gerbang kota diadakan pengadilan, bdk 2Sa 15:2; Rut 4:1, untuk memutuskan perkara, perselisihan dan pertikaian. Anak-anak (yang dalam Maz 127:5 dibandingkan dengan anak panah) dapat menolong dan membela ayah mereka dalam perkara pengadilan: banyak anak adalah anugerah Tuhan yang menyatakan seseorang benar dan mereka juga mencegah hakim dari memutuskan hukum secara tak adil.
Jerusalem: Mzm 128:1-6 - Berkat atas rumah tangga Sajak kebijaksanaan ini dengan bahasa sederhana mengajarkan, sesuai dengan ajaran tradisionil, bahwa kesejahteraan manusia bergantung pada takwanya, k...
Sajak kebijaksanaan ini dengan bahasa sederhana mengajarkan, sesuai dengan ajaran tradisionil, bahwa kesejahteraan manusia bergantung pada takwanya, ketakutan akan Tuhan, Maz 128:1,4. Kebahagiaan orang benar yang diganjar Tuhan ialah: kemujuran segala usahanya, Maz 128:2, keluarga besar dan hidup panjang, Maz 128:3,6. Dan oleh karena kebahagiaan orang Yahudi tidak lengkap tanpa kesejahteraan kota Yerusalem (tempat tinggal orang benar itu?) maka Pemazmur juga memohon damai-sejahtera bagi Yerusalem, Maz 128:5.
Jerusalem: Mzm 128:1 - jalan yang ditunjukkanNya Harafiah: jalan-jalanNya. Artinya: cara hidup yang ditunjuk Tuhan melalui hukum-hukumNya (Taurat, bdk Maz 119+).
Harafiah: jalan-jalanNya. Artinya: cara hidup yang ditunjuk Tuhan melalui hukum-hukumNya (Taurat, bdk Maz 119+).
Jerusalem: Mzm 128:3 - di dalam rumahmu Yang dimaksud ialah halaman atau pekarangan rumah yang berpagar (tembok). Di situ kerap kali ditanam pokok anggur
Yang dimaksud ialah halaman atau pekarangan rumah yang berpagar (tembok). Di situ kerap kali ditanam pokok anggur
Bdk Maz 20:3,2:6+
Jerusalem: Mzm 128:6 - anak-anak dari anak-anakmu Yang dimaksud ialah umur panjang sebagaimana diidamkan, bdk Kej 50:23; Ayu 42:16; Ams 17:6. Sama seperti Maz 37:40; Ams 3:33, dll, pemazmur belum tahu...
Jerusalem: Mzm 129:1-8 - Terluput dari kesesakan Doa kepercayaan ini menyatakan bahwa umat Israel sejak awal mula dianiaya dan ditindas musuh-musuhnya, Maz 129:1-3, tetapi juga selalu ditolong Tuhan,...
Doa kepercayaan ini menyatakan bahwa umat Israel sejak awal mula dianiaya dan ditindas musuh-musuhnya, Maz 129:1-3, tetapi juga selalu ditolong Tuhan, Maz 129:4. Karena itu pemazmur yakin bahwa demikianpun akan terjadi di masa mendatang, padahal musuh akan jatuh binasa, Maz 129:5-8.
Jerusalem: Mzm 129:1 - masa mudaku Yaitu di masa Israel tinggal di negeri Mesir dan waktu memasuki negeri Kanaan.
Yaitu di masa Israel tinggal di negeri Mesir dan waktu memasuki negeri Kanaan.
Bahasa kiasan ini berarti: menindas, menganiaya, menyiksa.
Jerusalem: Mzm 129:4 - tali-tali Bahasa kiasan Maz 129:3 diteruskan. Israel dibandingkan dengan sapi yang menarik bajak yang dikemudikan musuh. Tuhan memotong tali-tali yang mengikat ...
Bahasa kiasan Maz 129:3 diteruskan. Israel dibandingkan dengan sapi yang menarik bajak yang dikemudikan musuh. Tuhan memotong tali-tali yang mengikat sapi pada bajak, artinya: Tuhan membebaskan umat Israel dari musuhnya.
Jerusalem: Mzm 129:6 - sebelum dicabut Terjemahan ini tidak pasti. Terjemahan lain: sebelum berbulir.
Terjemahan ini tidak pasti. Terjemahan lain: sebelum berbulir.
Jerusalem: Mzm 130:1-8 - Seruan dari dalam kesusahan Ini ratapan dan doa tobat, bdk Maz 6+, terutama mengungkapkan pengharapan pendoa pada Allah, Penyayang dan Pengampunan. Pemazmur insaf akan kedosaanny...
Ini ratapan dan doa tobat, bdk Maz 6+, terutama mengungkapkan pengharapan pendoa pada Allah, Penyayang dan Pengampunan. Pemazmur insaf akan kedosaannya, Maz 130:1-3, namun tetap menaruh percaya pada Tuhan yang berbelas kasih, Maz 130:4-6. Berdasarkan kepercayaan itu pemazmur mengajak umat supaya juga tetap percaya, kendati dosanya, Maz 130:7-8.
Jerusalem: Mzm 130:1 - Jurang yang dalam Bahasa kiasan itu di sini tidak berarti kemalangan dan malapetaka, tetapi kedosaan.
Bahasa kiasan itu di sini tidak berarti kemalangan dan malapetaka, tetapi kedosaan.
Jerusalem: Mzm 130:4 - supaya Pengampunan dosa yang diperoleh dari Tuhan menjadi alasan mengapa orang lain tambah "takut akan Tuhan", bdk Maz 15:4+
Pengampunan dosa yang diperoleh dari Tuhan menjadi alasan mengapa orang lain tambah "takut akan Tuhan", bdk Maz 15:4+
Ialah atau suatu janji Tuhan atau firman pengampunan dosa.
Jerusalem: Mzm 130:6 - pagi Fajar yang melenyapkan kegelapan melambangkan keselamatan, bdk Maz 17:15+
Fajar yang melenyapkan kegelapan melambangkan keselamatan, bdk Maz 17:15+
Jerusalem: Mzm 131:1-3 - Menyerah kepada TUHAN Doa ini dijiwai rasa keagamaan yang halus dan amat mendalam. Dengan hari tenteram pemazmur menyatakan baik kerelaan hatinya, Maz 131:1, maupun keperca...
Jerusalem: Mzm 131:3 - -- Ayat ini nampaknya sebuah tambahan demi keperluan ibadat umat. Umat diajak supaya percaya pasrah seperti terungkap dalam doa ini.
Ayat ini nampaknya sebuah tambahan demi keperluan ibadat umat. Umat diajak supaya percaya pasrah seperti terungkap dalam doa ini.
Jerusalem: Mzm 132:1-18 - Daud dan Sion, pilihan TUHAN Mazmur ini mungkin dipakai dalam sebuah perarakan tabut perjanjian ke Yerusalem dan ke bait Allah. Pemazmur agaknya terpengaruh oleh doa raja Salomo y...
Mazmur ini mungkin dipakai dalam sebuah perarakan tabut perjanjian ke Yerusalem dan ke bait Allah. Pemazmur agaknya terpengaruh oleh doa raja Salomo yang tercantum dalam 1Ra 8; bdk 2Ta 5-6. Tetapi pokok utama sajak ini ialah janji Tuhan kepada raja Daud, bdk 2Sa 7:8-16. Janji itu dianggap sebagai tanggapan Allah terhadap janji dan sumpah Daud (tentang sumpah semacam itu tidak ada berita lain). Mazmur jelas terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama, Maz 132:1-10, berkata tentang sumpah Daud, Maz 132:1-5, dan diangkutnya tabut perjanjian, Maz 132:6-10. Bagian kedua, Maz 132:11-18, berkata mengenai sumpah setia Tuhan bahwa keturunan Daud akan memerintah untuk selama-lamanya, Maz 132:11-13, dan tentang di mana, yakni di Sion, bdk Maz 2:6+, dan bagaimana janji itu akan digenapi, Maz 132:14-18. Tema pokok mazmur 132 ini diuraikan lebih lanjut dalam Maz 89:20-38. Mungkin Maz 132 bergiliran dinyanyikan oleh beberapa kelompok penyanyi, lih Maz 132:6.
Jerusalem: Mzm 132:1 - penderitaannya Mungkin lebih tepat diterjemahkan: susah payahnya (untuk pembangunan bait Allah, 2Sa 7:2-3; 1Ra 8:17).
Jerusalem: Mzm 132:2 - Yang Mahakuat dari Yakub Gelar Allah ini terdapat juga dalam Kej 49:24; Yes 1:24; 49:26; 60:16.
Gelar Allah ini terdapat juga dalam Kej 49:24; Yes 1:24; 49:26; 60:16.
Ialah Betlehem, kota asal Daud
Jerusalem: Mzm 132:6 - padang Yaar Barangkali dapat diterjemahkan: padang hutan. Yang dimaksud ialah Kiryat-Yearim, bdk 1Sa 7:1; 2Sa 6:2+ Yang berbicara ialah bentara dan hamba Daud yan...
Ialah kota Yerusalem (dan bait Allah).
Jerusalem: Mzm 132:9 - berpakaian kebenaran Yang dimaksud kiranya pakaian ibarat. Kurang jelas mengapa disebut: "pakaian kebenaran"
Yang dimaksud kiranya pakaian ibarat. Kurang jelas mengapa disebut: "pakaian kebenaran"
Ialah umat Israel, kaum awam.
Jerusalem: Mzm 132:10 - orang yang Kauurapi Ialah raja yang memerintah waktu mazmur ini diciptakan, bdk Maz 2:2+
Ialah raja yang memerintah waktu mazmur ini diciptakan, bdk Maz 2:2+
Jerusalem: Mzm 132:16 - pakaian keselamatan Ialah pakaian para imam (ibadat), tanda keselamatan yang dikerjakan Tuhan.
Ialah pakaian para imam (ibadat), tanda keselamatan yang dikerjakan Tuhan.
Jerusalem: Mzm 132:17 - menumbuhkan Kata (Ibrani) ini mengingatkan gelar Mesias "Tunas", Yer 23:5; 33:15; Zak 3:8. Begitu mazmur ini melayangkan pandangannya ke masa depan, kepada Mesias...
Kata (Ibrani) ini mengingatkan gelar Mesias "Tunas", Yer 23:5; 33:15; Zak 3:8. Begitu mazmur ini melayangkan pandangannya ke masa depan, kepada Mesias, keturunan Daud
Bdk Maz 18:3+ Di sini kiasan itu berarti: keturunan Daud yang kuat
Jerusalem: Mzm 132:17 - pelita Bdk Maz 18:29+ Di sini "pelita" itu ialah keturunan Daud, bdk 2Sa 21:17; 1Ra 11:36; 15:4; 2Ra 8:19 (menurut naskah Ibrani: terjemahan: keturunan). Mes...
Bdk Maz 18:29+ Di sini "pelita" itu ialah keturunan Daud, bdk 2Sa 21:17; 1Ra 11:36; 15:4; 2Ra 8:19 (menurut naskah Ibrani: terjemahan: keturunan). Mesias diberi bergelar: "terang para bangsa", Yes 42:6; 49:6; Luk 2:32.
Jerusalem: Mzm 132:18 - mahkotanya Mahkota tidak hanya lambang kekuasaan raja, bdk Maz 89:40; 2Sa 1:10; 2Ra 11:12, tetapi juga lambang martabat imam besar, Kel 28:36; 39:30. Mesias ketu...
Mahkota tidak hanya lambang kekuasaan raja, bdk Maz 89:40; 2Sa 1:10; 2Ra 11:12, tetapi juga lambang martabat imam besar, Kel 28:36; 39:30. Mesias keturunan Daud adalah baik raja maupun imam, bdk Maz 110:4
Jerusalem: Mzm 133:1-3 - Persaudaraan yang rukun Mazmur yang meluhurkan persaudaraan ini agaknya berasal dari kalangan kaum rohaniawan (imam-imam dan orang Lewi) di Yerusalem. Kerukunan berahmat di k...
Jerusalem: Mzm 133:2 - minyak Minyak pengurapan para imam bdk Kej 30:22-25,30, melambangkan karunia dan rahmat Tuhan, bdk Maz 92:11+
Minyak pengurapan para imam bdk Kej 30:22-25,30, melambangkan karunia dan rahmat Tuhan, bdk Maz 92:11+
Jerusalem: Mzm 133:2 - ke janggut Harun Maksudnya: janggut seperti janggut Harun. Para imam dilarang memotong janggutnya, Ima 21:5.
Maksudnya: janggut seperti janggut Harun. Para imam dilarang memotong janggutnya, Ima 21:5.
Jerusalem: Mzm 133:3 - embun gunung Hermon Di pegunungan Hermon embun selalu melimpah. Embun itu mengibaratkan anugerah Tuhan, Hos 14:6+
Di pegunungan Hermon embun selalu melimpah. Embun itu mengibaratkan anugerah Tuhan, Hos 14:6+
Jerusalem: Mzm 133:3 - ke sanalah Ialah di Sion, tempat persaudaraan rukun. Berkat Tuhan dipribadikan sebagai pesuruhNya dan menjamin kebahagiaan dan keselamatan untuk selama-lamanya.
Ialah di Sion, tempat persaudaraan rukun. Berkat Tuhan dipribadikan sebagai pesuruhNya dan menjamin kebahagiaan dan keselamatan untuk selama-lamanya.
Jerusalem: Mzm 134:1-3 - Puji-pujian pada malam hari Mazmur ini berupa dialog. Umat mengajak para petugas ini berupa dialog. Umat mengajak para petugas bait Allah untuk beribadat semalam suntuk, Maz 134:...
Mazmur ini berupa dialog. Umat mengajak para petugas ini berupa dialog. Umat mengajak para petugas bait Allah untuk beribadat semalam suntuk, Maz 134:1-2, para imam memberkati umat waktu pulang, Maz 134:3. Barangkali upacara ibadat itu diadakan pada malam pembukaan perayaan Pondok Daun setelah kaum ziarah tiba pada bait Allah.
Ende -> Mzm 120:1-7; Mzm 120:1; Mzm 120:3; Mzm 120:4; Mzm 120:4; Mzm 120:5; Mzm 120:6; Mzm 121:1-8; Mzm 121:1; Mzm 121:3-4; Mzm 121:5; Mzm 121:6; Mzm 121:7; Mzm 122:1-9; Mzm 122:3; Mzm 123:1-4; Mzm 124:1-8; Mzm 125:1-5; Mzm 125:1-2; Mzm 125:3; Mzm 126:1-6; Mzm 126:4; Mzm 126:6; Mzm 127:1-5; Mzm 127:4-5; Mzm 128:1-6; Mzm 129:1-8; Mzm 129:2; Mzm 129:3; Mzm 129:4; Mzm 130:1-8; Mzm 130:1; Mzm 130:4; Mzm 130:5; Mzm 131:1-3; Mzm 132:1-18; Mzm 132:6; Mzm 132:7; Mzm 132:7; Mzm 132:15; Mzm 132:17; Mzm 132:18; Mzm 133:1-3; Mzm 133:3; Mzm 134:1-3; Mzm 134:2
Ende: Mzm 120:1-7 - -- Lagu ratap ini diutjapkan oleh seorang jang dianiaja dengan fitnah dsb. oleh
orang2 sebangsanja (Maz 120:2-4), jang dibandingkan dengan suku2 bangsa
k...
Lagu ratap ini diutjapkan oleh seorang jang dianiaja dengan fitnah dsb. oleh orang2 sebangsanja (Maz 120:2-4), jang dibandingkan dengan suku2 bangsa kafir jang ganas (Maz 120:5-6). Pengarang sendiri suka berdamai, tetapi tidak diterima (Maz 120:7). Dahulu ia telah ditolong Jahwe (Maz 120:1) dan sekarang pula terdjadi hendaknja (Maz 120:2).
Ende: Mzm 120:1 - Njanjian pendakian Kepala ini terdapat djuga atas Maz 121:1-134:3,
hingga Maz 120:1-134:3 merupakan suatu kumpulan mazmur jang
chas. apakah perkataan Hibrani artinja tia...
Kepala ini terdapat djuga atas Maz 121:1-134:3, hingga Maz 120:1-134:3 merupakan suatu kumpulan mazmur jang chas. apakah perkataan Hibrani artinja tiada sama sekali tentu. Agaknja: lagu djiarah (naik ke Jerusjalem) atau arak2an jang lain.
Ende: Mzm 120:3 - -- Pertanjaan ini didjawabkan oleh ajat 4 (Maz 120:4).
Ajat ini berbentuk seperti sumpah (lih. 1Sa 3:17; 14:11; 25:22).
Pertanjaan ini didjawabkan oleh ajat 4 (Maz 120:4).
Ajat ini berbentuk seperti sumpah (lih. 1Sa 3:17; 14:11; 25:22).
Ende: Mzm 120:4 - anak-panah....bara berpidjar Rupanja alat pengepungan ini disini adalah
bahasa kiasan jang maknanja: fitnah dsb. Kedjahatan musuh dibalas dengan jang
sama.
Rupanja alat pengepungan ini disini adalah bahasa kiasan jang maknanja: fitnah dsb. Kedjahatan musuh dibalas dengan jang sama.
Ende: Mzm 120:4 - kaju dadap Kaju jang dimaksudkan disini ialah: Genista, sematjam pohon
jang kajunja sangat ber-njala2.
Kaju jang dimaksudkan disini ialah: Genista, sematjam pohon jang kajunja sangat ber-njala2.
Ende: Mzm 120:5 - Mesjek dan "Kedar" adalah suku2 bangsa, jang satu dekat Kaukasus dan jang
lain dipadang gurun Syriah. Disini ibarat musuh.
dan "Kedar" adalah suku2 bangsa, jang satu dekat Kaukasus dan jang lain dipadang gurun Syriah. Disini ibarat musuh.
Ende: Mzm 120:6 - -- Pengarang tiada diluar negeri, melainkan di-tengah2 bangsanja sendiri, tetapi
disana ia merasa dirinja seperti diluar negeri, di-tengah2 kaum kafir, k...
Pengarang tiada diluar negeri, melainkan di-tengah2 bangsanja sendiri, tetapi disana ia merasa dirinja seperti diluar negeri, di-tengah2 kaum kafir, karena kelakuan musuhnja.
Ende: Mzm 121:1-8 - -- Sematjam dwitjakap diadakan dalam mazmur ini. Orang jang pertama berkata ia
berharap kepada Jahwe Pentjipta (Maz 121:1-2) dan jang lain
membenarkannja...
Sematjam dwitjakap diadakan dalam mazmur ini. Orang jang pertama berkata ia berharap kepada Jahwe Pentjipta (Maz 121:1-2) dan jang lain membenarkannja sadja dan menitikberatkan Jahwe tetap menolong baik umatNja maupun mursjidNja terhadap segala djahat (Maz 121:3,4,5-8).
Ende: Mzm 121:1 - gunung2 agaknja gunung2 Jerusjalem (tudjuan djiarah), tempat tinggal Jahwe
Penolong.
agaknja gunung2 Jerusjalem (tudjuan djiarah), tempat tinggal Jahwe Penolong.
Allah dibandingkan dengan seorang pendjaga.
Disebelah kanan adalah tempat pembela dan pembitjara.
Matahari dan bulan disini adalah ibarat matjam2 bentjana.
ialah seluruh tingkah-laku dan hidup.
Ende: Mzm 122:1-9 - -- Lagu djiarah ini menjerupai Maz 48:1-14; 84:1-12. Dinjanjikan oleh kaum
djiarah, waktu tiba di Jerusjalem (Maz 122:2). Orang2 Jahudi ini
ber-bangga2 a...
Lagu djiarah ini menjerupai Maz 48:1-14; 84:1-12. Dinjanjikan oleh kaum djiarah, waktu tiba di Jerusjalem (Maz 122:2). Orang2 Jahudi ini ber-bangga2 atas kota Jahwe, pusat agamanja (Maz 122:3-4) dan kota keturunan Dawud, pusat bangsanja (Maz 122:5). Dengan chidmat mereka memberi salam kepadanja.
Terdjemahan ini tiada pasti.
Ende: Mzm 123:1-4 - -- Dalam doa permohonan ini umat Israil (aku) membandingkan dirinja dengan budak
(Maz 123:2) dan penuh kepertjajaan ia minta, agar dibebaskan oleh Jahwe
...
Dalam doa permohonan ini umat Israil (aku) membandingkan dirinja dengan budak (Maz 123:2) dan penuh kepertjajaan ia minta, agar dibebaskan oleh Jahwe dari musuh2nja (Maz 123:1,3-4).
Ende: Mzm 124:1-8 - -- Doa sjukur umat ini mengakui, bahwa Jahwe satu2nja jang menolong dan
membebaskannja dari suatu bentjana (Maz 124:1-4). Maka itu umat
berterimakasih at...
Doa sjukur umat ini mengakui, bahwa Jahwe satu2nja jang menolong dan membebaskannja dari suatu bentjana (Maz 124:1-4). Maka itu umat berterimakasih atas pertolongan itu (Maz 124:6-8).
Lagu ini penuh dengan bahasa kiasan jang amat laku (binatang2 Maz 124:3,6, bandjir Maz 124:4, pemburu Maz 124:7).
Ende: Mzm 125:1-5 - -- Pengarang mengadjak orang2 mursjid untuk pertjaja pada Jahwe, jang tetap akan
melindunginja (Maz 125:1-2), walaupun sekarang umat ditindas
(pendjadjah...
Pengarang mengadjak orang2 mursjid untuk pertjaja pada Jahwe, jang tetap akan melindunginja (Maz 125:1-2), walaupun sekarang umat ditindas (pendjadjahan orang2 asing?) (Maz 125:3). ia minta, agar Jahwe menolong orang2 mursjid (Maz 125:4), tetapi menghukum orang2 sebangsanja jang murtad (Maz 125:5).
Ende: Mzm 125:1-2 - -- Seperti Sion, gunung tetap, dan Jerusjalem dibela oleh gunung2 disekitarnja,
demikian orang2 mursjid dibela oleh Jahwe, bentengnja.
Seperti Sion, gunung tetap, dan Jerusjalem dibela oleh gunung2 disekitarnja, demikian orang2 mursjid dibela oleh Jahwe, bentengnja.
Ende: Mzm 125:3 - bagian orang2 djudjur ialah pusaka, miliknja, dan itu tiada dirampas atau
dikenai bea oleh pendjadjah.
ialah pusaka, miliknja, dan itu tiada dirampas atau dikenai bea oleh pendjadjah.
Ende: Mzm 126:1-6 - -- Doa permohonan ini terdiri atas dua bagian. Dalam bagian pertama
(Maz 126:1-3) umat Israil, seraja bersjukur, ingat akan pulangnja dari
pembuangan, ke...
Doa permohonan ini terdiri atas dua bagian. Dalam bagian pertama (Maz 126:1-3) umat Israil, seraja bersjukur, ingat akan pulangnja dari pembuangan, kegembiraan terbesar. akan tetapi keadaan ditanah-airnja mengetjewakan dan menjedihkan (lih. Ezr 4:1-24; Neh 1:3,4; Hag 1:6; 2:16; Nah 3:1-14).
Maka itu dalam bagian kedua (Maz 126:4-6) umat bermohon, agar Jahwe memperbaiki keadaannja.
Ende: Mzm 126:4 - seperti anak sungai....dst. Dipadang gurun disebelah selatan Palestina
anak2 sungainja kering. Tetapi dalam musim dingin bila hudjan djatuh, maka
mereka se-konjong2 penuh dengan ...
Dipadang gurun disebelah selatan Palestina anak2 sungainja kering. Tetapi dalam musim dingin bila hudjan djatuh, maka mereka se-konjong2 penuh dengan air.
Terdjemahan ini tiada pasti.
Ende: Mzm 127:1-5 - -- Lagu kebidjaksanaan ini dahulu menetapkan, bahwasanja segala usaha dan
djerih-pajah insani sia2 belaka (Maz 127:1-2). Semua anugerah dan
kebahagiaan d...
Lagu kebidjaksanaan ini dahulu menetapkan, bahwasanja segala usaha dan djerih-pajah insani sia2 belaka (Maz 127:1-2). Semua anugerah dan kebahagiaan datangnja daripada Allah, seperti anugerah jang terbesar ialah keluarga jang banjak (Maz 127:3-5).
Ende: Mzm 127:4-5 - -- Sebagaimana anak2-panah melindungi lasjkar dalam perang, demikian anak jang
banjak membela ajahnja didepan pengadilan. pada pintu2-gerbang kota diadak...
Sebagaimana anak2-panah melindungi lasjkar dalam perang, demikian anak jang banjak membela ajahnja didepan pengadilan. pada pintu2-gerbang kota diadakan segala perkara umum dan djuga pengadilan.
Ende: Mzm 128:1-6 - -- Dengan bahasa amat bersahadja lagu kebidjaksanaan ini mengadjarkan, bahwa semua
kesedjahteraan bergantung pada ketakutan akan Jahwe (Maz 128:1,4): Lal...
Dengan bahasa amat bersahadja lagu kebidjaksanaan ini mengadjarkan, bahwa semua kesedjahteraan bergantung pada ketakutan akan Jahwe (Maz 128:1,4): Lalu ia melukiskan kebahagiaan si djudjur: kemakmuran perusahaan (Maz 128:2), keluarga besar dan hidup jang pandjang (Maz 128:3,6c-d). Dan oleh karena kebahagiaan seorang Jahudi jang sedjati tiada lengkap tanpa kesedjahteraan ibu kota Jerusjalem (tempat tinggal sidjudjur?) maka djuga bagi Jerusjalem damai dan ketenteraman dipohonkan (Maz 128:5,6b).
Ende: Mzm 129:1-8 - -- Umat Israil sedjak awal-mula dianiaja dan ditindas musuh2 (Maz 129:1-3).
Tetapi Jahwepun selalu menolong (Maz 129:4). Maka dari itu umat
pertjaja dan ...
Umat Israil sedjak awal-mula dianiaja dan ditindas musuh2 (Maz 129:1-3). Tetapi Jahwepun selalu menolong (Maz 129:4). Maka dari itu umat pertjaja dan berharap, bahwa demikianpun akan terdjadi pada masa depan (Maz 129:5-8).
Ende: Mzm 129:2 - masa mudaku ialah pada masa pengungsian umat dari Mesir dan waktu ia baru
masuki negeri Kena'an.
ialah pada masa pengungsian umat dari Mesir dan waktu ia baru masuki negeri Kena'an.
Bahasa kiasan jang artinja: penindasan jang ditanggung Israil.
Ende: Mzm 129:4 - -- Kias tadi diteruskan. Bila tali2 antara badjak dan kerbau2, jang menariknja,
putus, maka pekerdjaan berhenti. Allah memotong tali2 antara umat dan mus...
Kias tadi diteruskan. Bila tali2 antara badjak dan kerbau2, jang menariknja, putus, maka pekerdjaan berhenti. Allah memotong tali2 antara umat dan musuh2nja dan itu berarti: penindasan berhenti. "berbulir". Terdjemahan ini tidak pasti.
Ende: Mzm 130:1-8 - -- Kesadaran akan dosa (Maz 130:1-3) bersama dengan kepertjajaan dan
pengharapan pada kebaikan dan belaskasihan Allah (Maz 130:4-6)
mentjiptakan lagu tob...
Kesadaran akan dosa (Maz 130:1-3) bersama dengan kepertjajaan dan pengharapan pada kebaikan dan belaskasihan Allah (Maz 130:4-6) mentjiptakan lagu tobat ini.
Dan pengarang mengadjak seluruh umatnja, agar ia menaruh kepertjajaan jang sama, kendati dosanja (Maz 130:7-8).
biasanja berarti: derita dan siksaan, tetapi disini adalah lambang dosa.
Maknanja: Pengampunan dosa memadjukan takwa.
ialah entah suatu djandji entah pengampunan dosa.
Ende: Mzm 131:1-3 - -- Rasa keigamaan jang mendalam mengilhamkan doa ini; dengan ini pengarang
menjatakan baik kerendahan hati (Maz 131:1) maupun kepertjajaan dan
penjerahan...
Rasa keigamaan jang mendalam mengilhamkan doa ini; dengan ini pengarang menjatakan baik kerendahan hati (Maz 131:1) maupun kepertjajaan dan penjerahan kepada Allah Bapanja (Maz 131:2-3).
Mungkin ajat 3(Maz 131:3) adalah suatu tambahan untuk ibadat umat.
Ende: Mzm 132:1-18 - -- Agaknja mazmur ini dinjanjikan oleh beberapa golongan penjanji dalam perajaan
ulangtahun dibawanja Peti Perdjandjian ke Bait-Allah di Jerusjalem. Namu...
Agaknja mazmur ini dinjanjikan oleh beberapa golongan penjanji dalam perajaan ulangtahun dibawanja Peti Perdjandjian ke Bait-Allah di Jerusjalem. Namun pokok lagu ini ialah djandji Jahwe kepada radja Dawud (Maz 132:11-12) dan djandji ini dianggap sebagai balasan Jahwe kepada usaha Dawud untuk mendirikan Bait-Allah (Maz 132:1-5) dan untuk membawa Peti perdjandjian ke Jerusjalem (Maz 132:6-10). Jahwe berkenan pada usaha ini dan memilih Jerusjalem mendjadi tempat-tinggalNja dan disana Ia akan memberkati rakjat Dawud (Maz 132:13-16) dan menepati djandjiNja kepada dia (Maz 132:17-18). Pengarang ingat djuga akan Al-Masih, keturunan Dawud (Maz 132:18).
Ende: Mzm 132:6 - kami...dst Dawud dan teman2nja mendengar di Efrata, ialah Betlehem,
tempat-tinggal Dawud, tentang Peti Perdjandjian jang tinggal di "Ja'ar. Apatah
perkataan ini ...
Dawud dan teman2nja mendengar di Efrata, ialah Betlehem, tempat-tinggal Dawud, tentang Peti Perdjandjian jang tinggal di "Ja'ar. Apatah perkataan ini artinja tiada diketahui dengan pasti. Mungkin "tempat berhutan". Tetapi tempat jang dimaksudkan ialah Qirjat Je'arim, tempat peti Perdjandjian tinggal beberapa lamanja.
ialah kediaman Jahwe.
adalah Peti Perdjandjian. Allah dianggap bertachta diatasnja.
Maknanja: tiada kekurangan atau kelaparan di Jerusjalem.
dan "pelita" adalah ibarat keturunan Dawud jang akan naik radja.
ialah seteru2 dan kepala keturunan Dawud (Al-Masih).
Ende: Mzm 133:1-3 - -- Lagu kebidjaksanaan jang ketjil ini membandingkan persaudaraan jang patut
berlaku pada umat (Maz 133:1) dengan minjak pentahbisan imam
(Maz 133:2). Da...
Lagu kebidjaksanaan jang ketjil ini membandingkan persaudaraan jang patut berlaku pada umat (Maz 133:1) dengan minjak pentahbisan imam (Maz 133:2). Dan kalau demikian halnja, maka umat akan diberkati Jahwe, berkah mana dibandingkan dengan embun jang ber-limpah2 (Maz 133:2-3).
jakni: tempat ada persaudaraan.
Ende: Mzm 134:1-3 - -- Suatu dwitjakap antara umat (Maz 134:1-2), jang mengadjak imam2, agar
mereka meneruskan ibadatnja waktu malam, dan imam2 jang memberkati umat waktu
pu...
Suatu dwitjakap antara umat (Maz 134:1-2), jang mengadjak imam2, agar mereka meneruskan ibadatnja waktu malam, dan imam2 jang memberkati umat waktu pulang (Maz 134:3).
ialah gedung pusat Bait-Allah.
ditambahkan menurut maksudnja.
(2x). Menurut terdjemahan Junani dan Latin (Vlg.). Tertulis: "mereka".
ditinggalkan menurut beberapa Naskah Hibrani.
ditambahkan menurut maksudnja.
ditambahkan.
Ref. Silang FULL -> Mzm 120:1; Mzm 120:2; Mzm 120:4; Mzm 120:5; Mzm 121:2; Mzm 121:4; Mzm 121:5; Mzm 121:6; Mzm 121:7; Mzm 121:8; Mzm 122:6; Mzm 122:7; Mzm 122:9; Mzm 123:1; Mzm 123:2; Mzm 124:1; Mzm 124:4; Mzm 124:7; Mzm 124:8; Mzm 125:1; Mzm 125:2; Mzm 125:3; Mzm 125:4; Mzm 125:5; Mzm 126:1; Mzm 126:2; Mzm 126:3; Mzm 126:4; Mzm 126:5; Mzm 126:6; Mzm 127:1; Mzm 127:2; Mzm 127:3; Mzm 127:4; Mzm 127:5; Mzm 128:1; Mzm 128:2; Mzm 128:3; Mzm 128:4; Mzm 128:5; Mzm 128:6; Mzm 129:1; Mzm 129:2; Mzm 129:4; Mzm 129:5; Mzm 129:6; Mzm 129:7; Mzm 129:8; Mzm 130:1; Mzm 130:2; Mzm 130:3; Mzm 130:4; Mzm 130:5; Mzm 130:6; Mzm 130:7; Mzm 130:8; Mzm 131:1; Mzm 131:2; Mzm 131:3; Mzm 132:1; Mzm 132:2; Mzm 132:3; Mzm 132:5; Mzm 132:6; Mzm 132:7; Mzm 132:8; Mzm 132:9; Mzm 132:11; Mzm 132:12; Mzm 132:13; Mzm 132:14; Mzm 132:15; Mzm 132:16; Mzm 132:17; Mzm 132:18; Mzm 133:1; Mzm 133:2; Mzm 133:3; Mzm 134:1; Mzm 134:2; Mzm 134:3
Ref. Silang FULL: Mzm 120:1 - Dalam kesesakanku // kepada Tuhan · Dalam kesesakanku: 2Sam 22:7; 2Sam 22:7; Mazm 118:5; Mazm 118:5
· kepada Tuhan: Mazm 18:7; Mazm 18:7
· Dalam kesesakanku: 2Sam 22:7; [Lihat FULL. 2Sam 22:7]; Mazm 118:5; [Lihat FULL. Mazm 118:5]
Ref. Silang FULL: Mzm 120:2 - bibir dusta // lidah penipu · bibir dusta: Mazm 31:19; Mazm 31:19
· lidah penipu: Mazm 52:6; Mazm 52:6
· bibir dusta: Mazm 31:19; [Lihat FULL. Mazm 31:19]
Ref. Silang FULL: Mzm 121:2 - menjadikan langit // dan bumi · menjadikan langit: Kej 1:1; Kej 1:1
· dan bumi: Mazm 104:5; Mazm 104:5
· menjadikan langit: Kej 1:1; [Lihat FULL. Kej 1:1]
· dan bumi: Mazm 104:5; [Lihat FULL. Mazm 104:5]
· tertidur Penjaga: Mazm 127:1
· sampai selama-lamanya: Ul 28:6
Ref. Silang FULL: Mzm 122:7 - Biarlah kesejahteraan // dalam purimu · Biarlah kesejahteraan: 1Sam 25:6; 1Sam 25:6
· dalam purimu: Mazm 48:4; Mazm 48:4
· mencari kebaikan: Mazm 128:5
Ref. Silang FULL: Mzm 123:1 - yang bersemayam · yang bersemayam: Mazm 68:6; Mazm 68:6; Yes 6:1; 63:15
· yang bersemayam: Mazm 68:6; [Lihat FULL. Mazm 68:6]; Yes 6:1; 63:15
· kepada Tuhan: Mazm 25:15; [Lihat FULL. Mazm 25:15]
· Israel berkata: Mazm 129:1
Ref. Silang FULL: Mzm 124:4 - maka air // telah mengalir · maka air: Mazm 88:18
· telah mengalir: Mazm 18:5; Mazm 18:5
· maka air: Mazm 88:18
Ref. Silang FULL: Mzm 124:7 - jerat penangkap // telah putus · jerat penangkap: Mazm 91:3; Mazm 91:3
· telah putus: Mazm 25:15
· jerat penangkap: Mazm 91:3; [Lihat FULL. Mazm 91:3]
· telah putus: Mazm 25:15
Ref. Silang FULL: Mzm 124:8 - dalam nama // menjadikan langit · dalam nama: 1Sam 17:45; 1Sam 17:45
· menjadikan langit: Kej 1:1; Mazm 115:15; 121:2; 134:3
· dalam nama: 1Sam 17:45; [Lihat FULL. 1Sam 17:45]
· menjadikan langit: Kej 1:1; Mazm 115:15; 121:2; 134:3
Ref. Silang FULL: Mzm 125:1 - gunung Sion // tidak goyang · gunung Sion: Mazm 48:13; Yes 33:20
· tidak goyang: Mazm 46:6; 48:3-6
· gunung Sion: Mazm 48:13; Yes 33:20
· tidak goyang: Mazm 46:6; 48:3-6
Ref. Silang FULL: Mzm 125:2 - Yerusalem // Tuhan sekeliling · Yerusalem: 1Taw 21:15; 1Taw 21:15
· Tuhan sekeliling: Mazm 32:10; Za 2:4-5
· Yerusalem: 1Taw 21:15; [Lihat FULL. 1Taw 21:15]
· Tuhan sekeliling: Mazm 32:10; Za 2:4-5
Ref. Silang FULL: Mzm 125:3 - Tongkat kerajaan // akan tinggal // kepada kejahatan · Tongkat kerajaan: Est 4:11; Est 4:11
· akan tinggal: Mazm 89:23; Ams 22:8; Yes 13:11; 14:5
· kepada kejahatan: 1Sam 24:11
· Tongkat kerajaan: Est 4:11; [Lihat FULL. Est 4:11]
· akan tinggal: Mazm 89:23; Ams 22:8; Yes 13:11; 14:5
· kepada kejahatan: 1Sam 24:11
Ref. Silang FULL: Mzm 125:4 - ya Tuhan // tulus hati · ya Tuhan: Mazm 119:65; Mazm 119:65
· tulus hati: Mazm 36:11; Mazm 36:11
· ya Tuhan: Mazm 119:65; [Lihat FULL. Mazm 119:65]
· tulus hati: Mazm 36:11; [Lihat FULL. Mazm 36:11]
Ref. Silang FULL: Mzm 125:5 - yang menyimpang // ke jalan // Tuhan mengenyahkan // atas Israel · yang menyimpang: Ayub 23:11; Ayub 23:11
· ke jalan: Ams 2:15; Yes 59:8
· Tuhan mengenyahkan: Mazm 92:8
· atas Israel: Ma...
· yang menyimpang: Ayub 23:11; [Lihat FULL. Ayub 23:11]
· ke jalan: Ams 2:15; Yes 59:8
· Tuhan mengenyahkan: Mazm 92:8
· atas Israel: Mazm 128:6; Ams 17:6; Gal 6:16
Ref. Silang FULL: Mzm 126:2 - dengan tertawa // dengan sorak-sorai // perkara besar · dengan tertawa: Kej 21:6; Kej 21:6
· dengan sorak-sorai: Ayub 8:21; Ayub 8:21; Mazm 65:9; Mazm 65:9
· perkara besar: Ul 10:21; ...
Ref. Silang FULL: Mzm 126:3 - perkara besar // kita bersukacita · perkara besar: Mazm 106:21; Yoel 2:21,26
· kita bersukacita: Mazm 9:3; Mazm 9:3; Mazm 16:11
· perkara besar: Mazm 106:21; Yoel 2:21,26
· kita bersukacita: Mazm 9:3; [Lihat FULL. Mazm 9:3]; Mazm 16:11
Ref. Silang FULL: Mzm 126:4 - Pulihkanlah keadaan // Tanah Negeb · Pulihkanlah keadaan: Ul 30:3; Ul 30:3
· Tanah Negeb: Mazm 107:35; Mazm 107:35; Yes 43:19; 51:3
· Pulihkanlah keadaan: Ul 30:3; [Lihat FULL. Ul 30:3]
· Tanah Negeb: Mazm 107:35; [Lihat FULL. Mazm 107:35]; Yes 43:19; 51:3
Ref. Silang FULL: Mzm 126:5 - air mata // akan menuai // dengan bersorak-sorai · air mata: Mazm 6:7; 80:6; Yer 50:4
· akan menuai: Gal 6:9
· dengan bersorak-sorai: Mazm 16:11; 20:6; 23:6; Yes 35:10; 51:11; 60...
· air mata: Mazm 6:7; 80:6; Yer 50:4
· akan menuai: Gal 6:9
· dengan bersorak-sorai: Mazm 16:11; 20:6; 23:6; Yes 35:10; 51:11; 60:15; 61:7; Yer 31:6-7,12
Ref. Silang FULL: Mzm 126:6 - dengan menangis · dengan menangis: Bil 25:6; Bil 25:6; Mazm 30:6; Mazm 30:6
Ref. Silang FULL: Mzm 127:1 - yang membangun // yang mengawal · yang membangun: Mazm 78:69
· yang mengawal: Mazm 121:4
· yang membangun: Mazm 78:69
· yang mengawal: Mazm 121:4
Ref. Silang FULL: Mzm 127:2 - makan roti // yang dicintai-Nya // waktu tidur · makan roti: Kej 3:17; Kej 3:17
· yang dicintai-Nya: Ul 33:12; Ul 33:12; Pengkh 2:25
· waktu tidur: Bil 6:26; Bil 6:26; Ayub 11:...
· makan roti: Kej 3:17; [Lihat FULL. Kej 3:17]
· yang dicintai-Nya: Ul 33:12; [Lihat FULL. Ul 33:12]; Pengkh 2:25
· waktu tidur: Bil 6:26; [Lihat FULL. Bil 6:26]; Ayub 11:18; [Lihat FULL. Ayub 11:18]
· anak-anak panah: Mazm 112:2
Ref. Silang FULL: Mzm 127:5 - semuanya itu // berbicara dengan musuh-musuh // pintu gerbang · semuanya itu: Mazm 128:2-3
· berbicara dengan musuh-musuh: Kej 24:60; Kej 24:60
· pintu gerbang: Kej 23:10; Kej 23:10
· semuanya itu: Mazm 128:2-3
· berbicara dengan musuh-musuh: Kej 24:60; [Lihat FULL. Kej 24:60]
Ref. Silang FULL: Mzm 128:1 - akan Tuhan // menurut jalan · akan Tuhan: Mazm 103:11; Mazm 112:1; Mazm 112:1
· menurut jalan: Mazm 119:1-3
· akan Tuhan: Mazm 103:11; Mazm 112:1; [Lihat FULL. Mazm 112:1]
· menurut jalan: Mazm 119:1-3
Ref. Silang FULL: Mzm 128:2 - jerih payah // tanganmu, berbahagialah · jerih payah: Mazm 58:12; Mazm 58:12; Mazm 109:11; Yes 3:10
· tanganmu, berbahagialah: Kej 39:3; Kej 39:3; Ams 10:22
· jerih payah: Mazm 58:12; [Lihat FULL. Mazm 58:12]; Mazm 109:11; Yes 3:10
· tanganmu, berbahagialah: Kej 39:3; [Lihat FULL. Kej 39:3]; Ams 10:22
Ref. Silang FULL: Mzm 128:3 - pohon anggur // anak-anakmu // pohon zaitun · pohon anggur: Kej 49:22; Kej 49:22
· anak-anakmu: Ayub 29:5; Ayub 29:5
· pohon zaitun: Mazm 52:10; 144:12
· pohon anggur: Kej 49:22; [Lihat FULL. Kej 49:22]
· anak-anakmu: Ayub 29:5; [Lihat FULL. Ayub 29:5]
· pohon zaitun: Mazm 52:10; 144:12
Ref. Silang FULL: Mzm 128:4 - akan diberkati // akan Tuhan · akan diberkati: Mazm 1:1; Mazm 1:1
· akan Tuhan: Mazm 112:1
· akan diberkati: Mazm 1:1; [Lihat FULL. Mazm 1:1]
· akan Tuhan: Mazm 112:1
Ref. Silang FULL: Mzm 128:5 - dari Sion // kebahagiaan Yerusalem · dari Sion: Mazm 20:3; Mazm 20:3
· kebahagiaan Yerusalem: Mazm 122:9
· dari Sion: Mazm 20:3; [Lihat FULL. Mazm 20:3]
· kebahagiaan Yerusalem: Mazm 122:9
Ref. Silang FULL: Mzm 128:6 - dari anak-anakmu // atas Israel · dari anak-anakmu: Kej 48:11; Kej 48:11
· atas Israel: Mazm 125:5; Mazm 125:5
· dari anak-anakmu: Kej 48:11; [Lihat FULL. Kej 48:11]
· atas Israel: Mazm 125:5; [Lihat FULL. Mazm 125:5]
Ref. Silang FULL: Mzm 129:1 - cukup menyesakkan // masa mudaku // Israel berkata · cukup menyesakkan: Kel 1:13; Kel 1:13
· masa mudaku: Mazm 88:16; Mazm 88:16
· Israel berkata: Mazm 124:1
· cukup menyesakkan: Kel 1:13; [Lihat FULL. Kel 1:13]
· masa mudaku: Mazm 88:16; [Lihat FULL. Mazm 88:16]
· Israel berkata: Mazm 124:1
Ref. Silang FULL: Mzm 129:2 - dapat mengalahkan · dapat mengalahkan: Yer 1:19; 15:20; 20:11; Mat 16:18
· dapat mengalahkan: Yer 1:19; 15:20; 20:11; Mat 16:18
Ref. Silang FULL: Mzm 129:4 - itu adil // Ia memotong // orang fasik · itu adil: Kel 9:27; Kel 9:27
· Ia memotong: Mazm 37:9
· orang fasik: Mazm 140:6
Ref. Silang FULL: Mzm 129:5 - membenci Sion // mendapat malu · membenci Sion: Mi 4:11
· mendapat malu: Mazm 70:3; Mazm 70:3
Ref. Silang FULL: Mzm 129:6 - atas sotoh // menjadi layu · atas sotoh: Yes 37:27
· menjadi layu: 2Raj 19:26; 2Raj 19:26; Mazm 102:12
· atas sotoh: Yes 37:27
· menjadi layu: 2Raj 19:26; [Lihat FULL. 2Raj 19:26]; Mazm 102:12
· tangan penyabit: Ul 28:38; [Lihat FULL. Ul 28:38]; Mazm 79:12
· memberkati kamu: Mazm 118:26
Ref. Silang FULL: Mzm 130:1 - yang dalam // berseru kepada-Mu · yang dalam: Ayub 30:19; Ayub 30:19; Mazm 42:8; Rat 3:55
· berseru kepada-Mu: Mazm 22:3; 55:18; 142:6
· yang dalam: Ayub 30:19; [Lihat FULL. Ayub 30:19]; Mazm 42:8; Rat 3:55
· berseru kepada-Mu: Mazm 22:3; 55:18; 142:6
Ref. Silang FULL: Mzm 130:2 - dengarkanlah suaraku // menaruh perhatian // suara permohonanku · dengarkanlah suaraku: Mazm 27:7; Mazm 27:7; Mazm 28:2
· menaruh perhatian: 2Taw 6:40; 2Taw 6:40
· suara permohonanku: Mazm 28:...
Ref. Silang FULL: Mzm 130:3 - dapat tahan · dapat tahan: 1Sam 6:20; 1Sam 6:20; Ezr 9:15; Ezr 9:15; Mazm 143:2; Nah 1:6; Wahy 6:17
Ref. Silang FULL: Mzm 130:4 - ada pengampunan // Engkau ditakuti · ada pengampunan: Kel 34:7; Kel 34:7; 2Sam 24:14; 2Sam 24:14; Yer 31:34; Yer 31:34
· Engkau ditakuti: 1Raj 8:40; 1Raj 8:40
· ada pengampunan: Kel 34:7; [Lihat FULL. Kel 34:7]; 2Sam 24:14; [Lihat FULL. 2Sam 24:14]; Yer 31:34; [Lihat FULL. Yer 31:34]
Ref. Silang FULL: Mzm 130:5 - menanti-nantikan Tuhan // jiwaku menanti-nanti // mengharapkan firman-Nya · menanti-nantikan Tuhan: Mazm 27:14; Mazm 27:14; Yes 8:17; 26:8; 30:18; 49:23
· jiwaku menanti-nanti: Mazm 5:4; Mazm 5:4
· mengh...
· menanti-nantikan Tuhan: Mazm 27:14; [Lihat FULL. Mazm 27:14]; Yes 8:17; 26:8; 30:18; 49:23
· jiwaku menanti-nanti: Mazm 5:4; [Lihat FULL. Mazm 5:4]
· mengharapkan firman-Nya: Mazm 119:74; [Lihat FULL. Mazm 119:74]
Ref. Silang FULL: Mzm 130:6 - pada pengawal // mengharapkan pagi · pada pengawal: Mazm 63:7
· mengharapkan pagi: 2Sam 23:4; 2Sam 23:4
Ref. Silang FULL: Mzm 130:7 - Berharaplah // kasih setia // mengadakan pembebasan · Berharaplah: Mazm 25:5; Mazm 25:5; Mazm 71:14; Mazm 71:14
· kasih setia: 1Taw 21:13; 1Taw 21:13
· mengadakan pembebasan: Mazm...
· Berharaplah: Mazm 25:5; [Lihat FULL. Mazm 25:5]; Mazm 71:14; [Lihat FULL. Mazm 71:14]
· kasih setia: 1Taw 21:13; [Lihat FULL. 1Taw 21:13]
· mengadakan pembebasan: Mazm 111:9; [Lihat FULL. Mazm 111:9]; Rom 3:24; [Lihat FULL. Rom 3:24]
Ref. Silang FULL: Mzm 130:8 - akan membebaskan // segala kesalahannya · akan membebaskan: Luk 1:68
· segala kesalahannya: Kel 34:7; Kel 34:7; Mat 1:21; Mat 1:21
Ref. Silang FULL: Mzm 131:1 - tinggi hati // dengan sombong // mengejar hal-hal // ajaib bagiku · tinggi hati: Mazm 101:5; Yes 2:12; Rom 12:16
· dengan sombong: 2Sam 22:28; 2Sam 22:28; Ayub 41:25; Ayub 41:25
· mengejar hal-ha...
· tinggi hati: Mazm 101:5; Yes 2:12; Rom 12:16
· dengan sombong: 2Sam 22:28; [Lihat FULL. 2Sam 22:28]; Ayub 41:25; [Lihat FULL. Ayub 41:25]
· mengejar hal-hal: Yer 45:5
· ajaib bagiku: Ayub 5:9; [Lihat FULL. Ayub 5:9]; Mazm 139:6
Ref. Silang FULL: Mzm 131:2 - mendiamkan jiwaku // disapih jiwaku · mendiamkan jiwaku: Mazm 116:7; Mazm 116:7
· disapih jiwaku: Mat 18:3; 1Kor 13:11; 14:20
· mendiamkan jiwaku: Mazm 116:7; [Lihat FULL. Mazm 116:7]
· disapih jiwaku: Mat 18:3; 1Kor 13:11; 14:20
Ref. Silang FULL: Mzm 131:3 - Berharaplah // sampai selama-lamanya · Berharaplah: Mazm 25:5; Mazm 25:5; Mazm 119:43; 130:7
· sampai selama-lamanya: Mazm 113:2; Mazm 113:2
· Berharaplah: Mazm 25:5; [Lihat FULL. Mazm 25:5]; Mazm 119:43; 130:7
· sampai selama-lamanya: Mazm 113:2; [Lihat FULL. Mazm 113:2]
Ref. Silang FULL: Mzm 132:1 - segala penderitaannya · segala penderitaannya: 1Sam 18:11; 2Sam 15:14; 2Sam 15:14
· segala penderitaannya: 1Sam 18:11; 2Sam 15:14; [Lihat FULL. 2Sam 15:14]
· dari Yakub: Kej 49:24; [Lihat FULL. Kej 49:24]; Yes 49:26; 60:16
· kemah kediamanku: 2Sam 7:2,27; [Lihat FULL. 2Sam 7:2]; [Lihat FULL. 2Sam 7:27]
Ref. Silang FULL: Mzm 132:6 - di Efrata // padang Yaar · di Efrata: 1Sam 17:12; 1Sam 17:12
· padang Yaar: Yos 9:17; Yos 9:17; 1Sam 7:2; 1Sam 7:2
· di Efrata: 1Sam 17:12; [Lihat FULL. 1Sam 17:12]
· padang Yaar: Yos 9:17; [Lihat FULL. Yos 9:17]; 1Sam 7:2; [Lihat FULL. 1Sam 7:2]
Ref. Silang FULL: Mzm 132:7 - ke kediaman-Nya // tumpuan kaki-Nya · ke kediaman-Nya: 2Sam 15:25; 2Sam 15:25; Mazm 5:8; 122:1
· tumpuan kaki-Nya: 1Taw 28:2; 1Taw 28:2
· ke kediaman-Nya: 2Sam 15:25; [Lihat FULL. 2Sam 15:25]; Mazm 5:8; 122:1
Ref. Silang FULL: Mzm 132:9 - berpakaian kebenaran // yang Kaukasihi · berpakaian kebenaran: Ayub 27:6; Ayub 27:6; Yes 61:3,10; Za 3:4; Mal 3:3; Ef 6:14
· yang Kaukasihi: Mazm 16:3; 30:5; 149:5
· berpakaian kebenaran: Ayub 27:6; [Lihat FULL. Ayub 27:6]; Yes 61:3,10; Za 3:4; Mal 3:3; Ef 6:14
· yang Kaukasihi: Mazm 16:3; 30:5; 149:5
Ref. Silang FULL: Mzm 132:11 - kepada Daud // anak kandungmu · kepada Daud: Mazm 89:4-5,36; Mazm 89:4; Mazm 89:5; Mazm 89:36
· anak kandungmu: 1Taw 17:11-14; 1Taw 17:11 s/d 14; Mat 1:1; Mat 1:1; Lu...
· kepada Daud: Mazm 89:4-5,36; [Lihat FULL. Mazm 89:4]; [Lihat FULL. Mazm 89:5]; [Lihat FULL. Mazm 89:36]
· anak kandungmu: 1Taw 17:11-14; [Lihat FULL. 1Taw 17:11] s/d 14; Mat 1:1; [Lihat FULL. Mat 1:1]; Luk 3:31
Ref. Silang FULL: Mzm 132:12 - pada perjanjian-Ku // atas takhtamu · pada perjanjian-Ku: 2Taw 6:16; Mazm 25:10; Mazm 25:10
· atas takhtamu: Luk 1:32; Kis 2:30
· pada perjanjian-Ku: 2Taw 6:16; Mazm 25:10; [Lihat FULL. Mazm 25:10]
Ref. Silang FULL: Mzm 132:13 - memilih Sion // tempat kedudukan-Nya · memilih Sion: Kel 15:17; Kel 15:17; Mazm 48:2-3; Mazm 68:17; Mazm 68:17
· tempat kedudukan-Nya: 1Raj 8:13; 1Raj 8:13
· memilih Sion: Kel 15:17; [Lihat FULL. Kel 15:17]; Mazm 48:2-3; Mazm 68:17; [Lihat FULL. Mazm 68:17]
Ref. Silang FULL: Mzm 132:14 - perhentian-Ku selama-lamanya // hendak diam · perhentian-Ku selama-lamanya: Mazm 132:8; Mazm 68:17
· hendak diam: 2Sam 6:2; 2Sam 6:2; Mazm 80:2
· perhentian-Ku selama-lamanya: Mazm 132:8; Mazm 68:17
· dengan roti: Mazm 107:9; 147:14
Ref. Silang FULL: Mzm 132:16 - imam-imamnya // dengan girang · imam-imamnya: 2Taw 6:41; 2Taw 6:41
· dengan girang: Ayub 8:21; Ayub 8:21; Mazm 149:5
· imam-imamnya: 2Taw 6:41; [Lihat FULL. 2Taw 6:41]
· dengan girang: Ayub 8:21; [Lihat FULL. Ayub 8:21]; Mazm 149:5
Ref. Silang FULL: Mzm 132:17 - akan menumbuhkan // sebuah pelita // yang Kuurapi · akan menumbuhkan: 1Sam 2:10; 1Sam 2:10; Mazm 92:11; Yeh 29:21; Luk 1:69; Luk 1:69
· sebuah pelita: 1Raj 11:36; 2Raj 8:19; 2Taw 21:7; M...
· akan menumbuhkan: 1Sam 2:10; [Lihat FULL. 1Sam 2:10]; Mazm 92:11; Yeh 29:21; Luk 1:69; [Lihat FULL. Luk 1:69]
· sebuah pelita: 1Raj 11:36; 2Raj 8:19; 2Taw 21:7; Mazm 18:29
· yang Kuurapi: Mazm 84:10; [Lihat FULL. Mazm 84:10]
Ref. Silang FULL: Mzm 132:18 - penuh malu // atas kepalanya · penuh malu: Ayub 8:22; Ayub 8:22
· atas kepalanya: 2Sam 12:30; 2Sam 12:30
· penuh malu: Ayub 8:22; [Lihat FULL. Ayub 8:22]
· atas kepalanya: 2Sam 12:30; [Lihat FULL. 2Sam 12:30]
Ref. Silang FULL: Mzm 133:1 - diam bersama // dengan rukun · diam bersama: Kej 13:8; Kej 13:8; Rom 12:10; Rom 12:10
· dengan rukun: Yoh 17:11
Ref. Silang FULL: Mzm 133:3 - Seperti embun // gunung Hermon // gunung-gunung Sion // memerintahkan berkat // untuk selama-lamanya · Seperti embun: Ayub 29:19; Ams 19:12; Yes 18:4; 26:19; 45:8; Hos 14:6; Mi 5:6
· gunung Hermon: Ul 3:8; Ul 3:8; Ul 4:48; Ul 4:48
&mid...
· Seperti embun: Ayub 29:19; Ams 19:12; Yes 18:4; 26:19; 45:8; Hos 14:6; Mi 5:6
· gunung Hermon: Ul 3:8; [Lihat FULL. Ul 3:8]; Ul 4:48; [Lihat FULL. Ul 4:48]
· gunung-gunung Sion: Kel 15:17; [Lihat FULL. Kel 15:17]; Mazm 2:6; [Lihat FULL. Mazm 2:6]; Mazm 74:2
Ref. Silang FULL: Mzm 134:1 - semua hamba // datang melayani // waktu malam · semua hamba: Mazm 113:1; Mazm 113:1; Mazm 135:1-2; Wahy 19:5
· datang melayani: Bil 16:9; Bil 16:9; 1Taw 15:2; 1Taw 15:2
· wak...
· semua hamba: Mazm 113:1; [Lihat FULL. Mazm 113:1]; Mazm 135:1-2; Wahy 19:5
· datang melayani: Bil 16:9; [Lihat FULL. Bil 16:9]; 1Taw 15:2; [Lihat FULL. 1Taw 15:2]
· waktu malam: 1Taw 23:30; [Lihat FULL. 1Taw 23:30]
Ref. Silang FULL: Mzm 134:2 - Angkatlah tanganmu // tempat kudus // pujilah Tuhan · Angkatlah tanganmu: Mazm 28:2; Mazm 28:2; 1Tim 2:8
· tempat kudus: Mazm 15:1
· pujilah Tuhan: Mazm 33:2; 103:1
· Angkatlah tanganmu: Mazm 28:2; [Lihat FULL. Mazm 28:2]; 1Tim 2:8
· tempat kudus: Mazm 15:1
· pujilah Tuhan: Mazm 33:2; 103:1
Ref. Silang FULL: Mzm 134:3 - menjadikan langit // dari Sion · menjadikan langit: Mazm 124:8; Mazm 124:8
· dari Sion: Im 25:21; Im 25:21; Mazm 20:3; Mazm 20:3
· menjadikan langit: Mazm 124:8; [Lihat FULL. Mazm 124:8]
· dari Sion: Im 25:21; [Lihat FULL. Im 25:21]; Mazm 20:3; [Lihat FULL. Mazm 20:3]