Teks -- Matius 8:1--9:38 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Mat 5:1--8:28 - KHOTBAH DI BUKIT.
Nas : Mat 5:1-7:29
Pasal Mat 5:1-7:29, yang biasanya disebut Khotbah Kristus di
Bukit, berisi penyataan dari prinsip-prinsip kebenaran Allah dengan...
Nas : Mat 5:1-7:29
Pasal Mat 5:1-7:29, yang biasanya disebut Khotbah Kristus di Bukit, berisi penyataan dari prinsip-prinsip kebenaran Allah dengan mana semua orang Kristen harus hidup oleh iman kepada Anak Allah (Gal 2:20) dan oleh kuasa Roh Kudus yang tinggal di dalam diri kita (Rom 8:2-14; Gal 5:16-25). Semua orang yang menjadi anggota Kerajaan Allah harus lapar dan haus akan kebenaran yang diajarkan dalam Khotbah Kristus
(lihat cat. --> Mat 5:6).
[atau ref. Mat 5:6]
Full Life: Mat 8:10 - IMAN SEBESAR INI.
Nas : Mat 8:10
Iman perwira Romawi itu melampaui iman yang dilihat Yesus di
kalangan orang Yahudi karena memadukan keprihatinan penuh kasih sayang
...
Nas : Mat 8:10
Iman perwira Romawi itu melampaui iman yang dilihat Yesus di kalangan orang Yahudi karena memadukan keprihatinan penuh kasih sayang terhadap orang lain dengan kepercayaan yang besar pada Kristus. Kisah ini, bersama dengan penerapan terhadap orang Yahudi yang kurang percaya akan Kristus sendiri (ayat Mat 8:11-12), mengingatkan kita bahwa kita mungkin tidak diikutsertakan dari apa yang sedang dilakukan Allah karena menganut tradisi manusia atau karena tidak percaya akan kuasa Kerajaan Allah.
Full Life: Mat 8:16-17 - MENYEMBUHKAN ORANG-ORANG YANG MENDERITA SAKIT.
Nas : Mat 8:16-17
Lihat art. PENYEMBUHAN ILAHI.
Nas : Mat 8:16-17
Lihat art. PENYEMBUHAN ILAHI.
Full Life: Mat 8:22 - BIARLAH ORANG-ORANG MATI MENGUBURKAN ORANG-ORANG MATI MEREKA.
Nas : Mat 8:22
Perkataan Kristus ini artinya, "Biarlah orang yang mati secara
rohani menguburkan orang yang mati secara jasmani". Murid yang disebu...
Full Life: Mat 8:28 - ORANG YANG KERASUKAN SETAN.
Nas : Mat 8:28
Lihat cat. --> Mat 17:17 dan
[atau ref. Mat 17:17]
lihat art. KUASA ATAS IBLIS DAN SETAN-SETAN.
Nas : Mat 8:28
Lihat cat. --> Mat 17:17 dan
[atau ref. Mat 17:17]
lihat art. KUASA ATAS IBLIS DAN SETAN-SETAN.
Full Life: Mat 9:11 - MAKAN BERSAMA-SAMA DENGAN ... ORANG BERDOSA.
Nas : Mat 9:11
Dalam ayat Mat 9:11-13 Yesus memberikan pedoman untuk bergaul
dengan orang yang belum percaya. Pergaulan tersebut hendaknya bukan un...
Nas : Mat 9:11
Dalam ayat Mat 9:11-13 Yesus memberikan pedoman untuk bergaul dengan orang yang belum percaya. Pergaulan tersebut hendaknya bukan untuk kesenangan atau persahabatan yang akrab namun untuk berbuat baik kepada mereka dan menunjuk jalan keselamatan kepada mereka (ayat Mat 9:12; Mazm 1:1). Orang percaya seharusnya tidak berpacaran apalagi menikahi orang yang tidak percaya (1Kor 7:39;
lihat art. PEMISAHAN ROHANI ORANG PERCAYA).
Full Life: Mat 9:15 - PADA WAKTU ITULAH MEREKA AKAN BERPUASA.
Nas : Mat 9:15
Jelaslah bahwa Yesus mengharapkan orang percaya berpuasa setelah Dia
kembali ke sorga. Masa ini adalah masa ketidakhadiran "mempelai...
Nas : Mat 9:15
Jelaslah bahwa Yesus mengharapkan orang percaya berpuasa setelah Dia kembali ke sorga. Masa ini adalah masa ketidakhadiran "mempelai laki-laki", yaitu dari saat kenaikan-Nya ke sorga sampai kedatangan-Nya kembali. Gereja menantikan kedatangan kembali mempelai laki-laki (Mat 25:6;
lihat cat. --> Yoh 14:3).
[atau ref. Yoh 14:3]
Oleh karena itu, berpuasa pada masa ini adalah
Full Life: Mat 9:17 - ANGGUR YANG BARU ... KE DALAM KANTONG KULIT YANG TUA.
Nas : Mat 9:17
Ada bermacam-macam tafsiran mengenai ayat ini. Dua pandangan adalah:
1) "Anggur yang baru" adalah sari buah anggur yang segar. ...
Nas : Mat 9:17
Ada bermacam-macam tafsiran mengenai ayat ini. Dua pandangan adalah:
- 1) "Anggur yang baru" adalah sari buah anggur yang segar. Pada saat sari buah itu mulai memuai, maka kantong kulit yang baru akan mengembang namun tidak akan koyak, sedangkan kantong kulit yang lama akan pecah. "Anggur yang baru" melambangkan Injil yang mengembang dan mengadakan perubahan yang tidak dapat ditahan oleh Yudaisme kuno. Akan tetapi pandangan ini kurang dapat diterima karena mereka yang mengenal proses fermentasi sari buah anggur mengatakan bahwa kantong kulit yang terbaru dan yang terkuat sekalipun apabila ditutup tetap akan pecah akibat kehebatan proses fermentasi itu (lih. Ayub 32:19).
- 2) Penafsiran yang kedua mengatakan bahwa perumpamaan ini menekankan pentingnya memelihara baik anggur yang baru maupun kantong kulit yang baru.
- (a) "Anggur yang baru" merupakan sari buah anggur segar yang belum beragi, yang melambangkan berita keselamatan yang asli dari Yesus Kristus dan kuasa Roh Kudus yang disalurkan pada hari Pentakosta. Perhatian terutama Yesus ialah bahwa Injil yang asli dan kuasa penebusan Roh Kudus tetap terpelihara dari semua perubahan atau pencemaran. Penafsiran ini didukung oleh perhatian Kristus agar Injil (anggur yang baru) tidak diubah oleh ajaran (ragi) orang Farisi dan Yudaisme (ragi merupakan zat yang mengadakan fermentasi atau perubahan; bd. Mat 16:6,12; Kel 12:19; 1Kor 5:7).
- (b) Pada zaman dahulu, untuk menjaga agar sari buah anggur tetap
manis untuk jangka waktu tertentu, orang akan menyaring atau
mendidihkan sari buah tersebut, memasukkannya ke dalam botol lalu
menempatkannya di suatu tempat yang sejuk
(lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN BARU (1)
lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN BARU (2).
Kantong kulit yang baru diperlukan karena kantong itu bebas dari semua bekas unsur fermentasi, mis. sel-sel ragi yang sudah matang. Apabila sari buah anggur yang baru dimasukkan ke dalam kantong kulit yang lama, maka sari buah itu akan lebih cepat meragi karena sudah ada sel-sel ragi di dalam kantong kulit yang lama itu. Fermentasi yang terjadi dengan demikian akan merusak baik sari anggur yang baru maupun kantong kulitnya (yang akan pecah karena tekanan proses peragian). Columella, seorang Romawi yang ahli di bidang pertanian pada abad I, menulis bahwa untuk menjaga agar sari buah anggur "tetap manis", maka sari buah tersebut harus dimasukkan ke dalam suatu wadah baru yang tertutup rapat-rapat (On Agriculture, 12.29).
Full Life: Mat 9:17 - ANGGUR YANG ... TERPELIHARALAH.
Nas : Mat 9:17
Di sini Kristus menekankan perlunya mengawetkan anggur yang baru
selama mungkin (lih. catatan sebelumnya). Untuk mengetahui berbagai...
Nas : Mat 9:17
Di sini Kristus menekankan perlunya mengawetkan anggur yang baru selama mungkin (lih. catatan sebelumnya). Untuk mengetahui berbagai metode yang dipakai pada zaman Alkitab untuk menjaga agar anggur tetap manis dan tidak meragi, lihatlah kedua
lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN BARU (1)
lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN BARU (2).
Full Life: Mat 9:37 - TUAIAN MEMANG BANYAK.
Nas : Mat 9:37
Yesus memperingatkan semua orang percaya agar selalu mengingat bahwa
orang yang terhilang mempunyai jiwa abadi yang sangat berharga ...
Nas : Mat 9:37
Yesus memperingatkan semua orang percaya agar selalu mengingat bahwa orang yang terhilang mempunyai jiwa abadi yang sangat berharga dan harus tinggal di sorga atau di neraka, dan bahwa banyak dari mereka dapat diselamatkan apabila ada yang memberitakan Injil kepada mereka
(lihat cat. --> Mat 10:28).
[atau ref. Mat 10:28]
Full Life: Mat 9:38 - MINTALAH KEPADA TUAN ... MENGIRIMKAN.
Nas : Mat 9:38
Ayat ini mengungkapkan salah satu prinsip rohani Allah sendiri.
Sebelum Ia bertindak, biasanya Allah memanggil umat-Nya untuk berdoa...
Nas : Mat 9:38
Ayat ini mengungkapkan salah satu prinsip rohani Allah sendiri. Sebelum Ia bertindak, biasanya Allah memanggil umat-Nya untuk berdoa. Hanya setelah umat-Nya berdoa barulah Allah melakukan pekerjaan-Nya. Dengan kata lain, Allah membatasi diri-Nya pada doa-doa umat-Nya. Jelaslah dari konteksnya (Mat 9:35-10:1,8) bahwa macam pekerja yang diinginkan Yesus dalam kerajaan-Nya adalah mereka yang
- (1) mengajar dan memberitakan Injil Kerajaan (Mat 9:35),
- (2) menyembuhkan orang sakit (Mat 9:35; 10:1,8) dan
- (3) mengusir roh-roh jahat (Mat 10:1,8).
BIS: Mat 8:2 - berpenyakit kulit yang mengerikan berpenyakit kulit yang mengerikan: Menurut peraturan agama Yahudi, penyakit ini menyebabkan penderitanya tidak layak menyembah Allah di tempat ibadat....
berpenyakit kulit yang mengerikan: Menurut peraturan agama Yahudi, penyakit ini menyebabkan penderitanya tidak layak menyembah Allah di tempat ibadat. (Lihat kamus).
kampung halaman-Nya: Kapernaum (lih. Mat 4:13).
di rumah Matius: atau di rumahnya (yaitu rumah Yesus).
Jerusalem: Mat 8:3 - Seketika itu juga tahirlah orang itu dari pada kustanya Dengan mujizat-mujizatNya Yesus menyatakan kekuasaanNya atas alam, Mat 8:23-27; Mat 14:22-23, dsj., khususnya atas penyakit, Mat 8:1-4,5-13,14-15; Mat...
Dengan mujizat-mujizatNya Yesus menyatakan kekuasaanNya atas alam, Mat 8:23-27; Mat 14:22-23, dsj., khususnya atas penyakit, Mat 8:1-4,5-13,14-15; Mat 9:1-8,20-22,27-31; Mat 14:34-36; Mat 15:30; Mat 20:29-34 dsj; Mar 7:32-37; 8:22-26; Luk 14:1-6; 17:11-19; Yoh 5:1-16; 9:1-41, atas kematian, Mat 9:23-26 dsj.; Luk 7:11-17; Yoh 11:1-44, dan atas roh-roh jahat, Mat 8:29+. Mujizat-mujizat Yesus karena kesederhanaanNya sangat berbeda dengan keajaiban-keajaiban yang lazim terjadi baik dalam dunia yang berkebudayaan Yunani maupun di kalangan Rabi (=guru) Yahudi. Tetapi mujizat-mujizat Yesus terutama berbeda karena makna rohaninya dan karena berupa lambang. Mujizat-mujizat itu melambangkan hukuman-hukuman, Mat 21:18-22dsj, dan karunia-karunia zaman Mesias, Mat 11:5; Mat 14:13-21; Mat 15:32-39 dsj; Luk 5:4-11; Yoh 2:1-11; Yoh 21:4-14, dan memulai kemenangan Roh Allah atas kerajaan Iblis, Mat 8:29+, kekuasaan jahat dan dosa, Mat 9:2+, serta penyakit, Mat 8:17+. Ada kalanya Yesus membuat mujizat karena belas kasihanNya, Mat 20:34; Mar 1:41; Luk 7:13, tetapi mujizat-mujizat terutama dimaksudkan buat meneguhkan iman, Mat 8:10+; Yoh 2:11+; maka Yesus mengerjakan mujizat dengan sengaja dan menuntut bahwa mujizat dirahasiakan oleh mereka yang menikmatinya, Mar 1:34+, sementara menyimpan dalam hati maksud memberikan mujizat yang memutuskan, yakni kebangkitanNya nanti, Mat 12:39-40. Kuasa untuk menyembuhkan itu oleh Yesus juga diberikan kepada rasul-rasulnya waktu mereka diutusNya untuk mewartakan Kerajaan Allah, Mat 10:1,8 dsj. Itulah sebabnya maka Matius menempatkan sepuluh mujizat, Mat 8-9, sebelum pengutusan para rasul; mujizat-mujizat itu merupakan tanda buat para misionaris, Mar 16:17 dst; Kis 2:22; bdk Mat 1:8+.
Jerusalem: Mat 8:10 - iman Iman yang oleh Yesus dituntut sejak awal mula karyanya, Mar 1:15+ dan terus menerus dituntut olehNya itu ialah kepercayaan dan penyerahan kepada Allah...
Iman yang oleh Yesus dituntut sejak awal mula karyanya, Mar 1:15+ dan terus menerus dituntut olehNya itu ialah kepercayaan dan penyerahan kepada Allah yang oleh karenanya maupun manusia tidak lagi percaya pada kekuatan dan pikirannya sendiri, tetapi menaklukkan diri kepada firman dan kekuatan yang merupakan milik Dia yang dipercayai, Luk 1:20,45; Mat 21:25 dsj. Khususnya Yesus menuntut iman tersebut bilamana Ia membuat mujizat, Mat 8:13; Mat 9:2 dsj, Mat 22 dsj, Mat 28:20; Mat 15:28; Mar 5:36 dsj; Mar 10:52 dsj; Luk 17:19, sebab mujizat itu bukanlah pertama-tama tindakan belas kasihan, tetapi "tanda" bahwa Yesus benar-benar diutus Allah dan tanda Kerajaan Allah sudah dekat, Mat 8:3+, bdk Yoh 2:11+. Karena itu Yesus tidak dapat mengerjakan mujizat, kecuali kalau iman yang memberi makna kepada mujizat itu terdapat dari manusia, Mat 13:58 dsj; Mat 12:38-39; Mat 16:1-4. Oleh karena menuntut suatu korban rohani dan seluruh manusia maka iman itu adalah sebuah perbuatan kerendahan hati yang sukar, Mat 18:6 dsj. Banyak orang tidak mau mengambil tindakan yang sukar itu, khususnya di antara orang Israel, Mat 8:10 dsj; Mat 15:28; Mat 27:42 dsj; Luk 18:8, atau hanya sampai setengah percaya, Mar 9:24; Luk 8:13. Murid-murid Yesus sendiri lambat dalam percaya, Mat 8:26 dsj; Mat 14:31; Mat 16:8; Mat 17:20 dsj, bahkan sesudah kebangkitan, Mat 28:17; Mar 16:11-14; Luk 24:11,25,41. Iman jujur Kepala mereka, "Sang Batu Karang" Mat 16:16-18 sendiri terantuk pada batu sandungan sengsara Yesus, Mat 26:69-75 dsj, tetapi akhirnya iman mereka akan menang juga, Luk 22:32. Kalau iman itu kuat, ia sanggup mengerjakan keajaiban, Mat 17:20 dsj, Mat 21:21 dsj; Mar 16:17, memperoleh segala sesuatunya, Mat 21:22 dsj; Mar 9:23, teristimewa pengampunan dosa, Mat 9:2 dsj; Luk 7:50, dan keselamatan yang mempunyai sebagai pra-syarat justru iman itu, Luk 8:12; Mar 16:16; bdk Kis 3:16+.
Jerusalem: Mat 8:11 - bersantap harafiah: berbaring makan, sesuai dengan adat kebiasaan Yunani-Romawi yang di zaman Yesus sudah diambil alih oleh orang Yahudi. Sesuai dengan Yes 25:6...
harafiah: berbaring makan, sesuai dengan adat kebiasaan Yunani-Romawi yang di zaman Yesus sudah diambil alih oleh orang Yahudi. Sesuai dengan Yes 25:6; Yes 55:1-2; Maz 22:27 dll orang Yahudi sering kali melukiskan sukacita zaman Mesias sebagai sebuah perjamuan pesta: bdk Mat 22:2-14; Mat 26:29 dsj; Luk 14:15; Wah 3:20; Wah 19:9.
Jerusalem: Mat 8:12 - anak-anak Kerajaan Ialah orang yang menjadi bawahan Pemerintahan Allah. Yang dimaksudkan ialah orang Yahudi yang merupakan ahli waris perjanjian yang wajar. Mereka yang ...
Ialah orang yang menjadi bawahan Pemerintahan Allah. Yang dimaksudkan ialah orang Yahudi yang merupakan ahli waris perjanjian yang wajar. Mereka yang tidak percaya kepada Kristus akan diganti dengan bangsa-bangsa lain yang lebih layak dari pada mereka. ratapan dan kertakan gigi Gambaran alkitabiah yang lazim untuk melukiskan kemarahan dan rasa menyesal orang fasik terhadap orang benar: bdk Maz 35:16; Maz 37:12; Maz 112:10; Ayu 16:9. Dalam Matius gambaran itu melukiskan hukuman orang fasik dalam neraka.
Jerusalem: Mat 8:17 - Dialah yang memikul... Menurut Yesaya Hamba Tuhan menanggung penderitaan kita melalui sengsaraNya yang menyilih dosa kita. Matius menafsirkan ayat Yesaya itu begitu rupa, se...
Menurut Yesaya Hamba Tuhan menanggung penderitaan kita melalui sengsaraNya yang menyilih dosa kita. Matius menafsirkan ayat Yesaya itu begitu rupa, sehingga Yesus "mengambil" penderitaan itu melalui penyembuhan orang sakit. Penafsiran itu nampaknya dibuat-buat saja, tetapi sesungguhnya mengandung suatu kebenaran keagamaan yang mendalam: oleh karena menanggungkan pada diriNya penyilihan dosa, maka Yesus, Hamba Tuhan, dapat juga membebaskan orang dari kemalangan jasmaniah, yang merupakan akibat dan hukuman dosa.
Yaitu ke tepi timur danau Tiberias..
Jerusalem: Mat 8:20 - Anak Manusia Sebutan ini, Yoh 3:14+, hanya terdapat dalam keempat Injil, kalau Kis 7:56 dan Wah 1:13; Wah 14:14 dikecualikan. Sudah pasti bahwa Yesus sendiri sungg...
Sebutan ini, Yoh 3:14+, hanya terdapat dalam keempat Injil, kalau Kis 7:56 dan Wah 1:13; Wah 14:14 dikecualikan. Sudah pasti bahwa Yesus sendiri sungguh-sungguh mengetrapkan sebutan itu pada diriNya dan mengutamakannya dari gelar-gelar yang lain. Ada kalanya Yesus menggunakan sebutan Anak Manusia dalam membicarakan perendahanNya, Mat 8:20; Mat 11:19; Mat 20:28, khususnya sengsaraNya, Mat 17:22, dll., dan juga dalam menggambarkan kemenanganNya yang akhir, yaitu kebangkitanNya, Mat 17:9, kedatanganNya yang mulia, Mat 24:30, dan penghakiman, Mat 25:31. Sebutan itu diambil dari bahasa Aram di mana dipakai sehubungan dengan Penyelamat, sedangkan aslinya hanya berarti "manusia", Yeh 2:1. Sebutan yang sedikit ganjil itu menarik perhatian orang kepada kerendahan dan sifat manusiawi Yesus. Tetapi sebutan itu oleh Dan 7:13 dan kesusasteraan Apokaliptik Yahudi (buku Henokh) selanjutnya diterapkan juga pada seorang tokoh ilahi dan sorgawi yang menerima dari Allah pemerintahan (kerajaan) ilahi di akhir zaman. Maka sebutan Anak Manusia dengan cukup jelas kalaupun samar-samar, bdk Mat 13:13+; Mar 1:34+, menyarankan ciri hakiki martabat Yesus sebagai Mesias. Keterangan tegas di hadapan Mahkamah Agama, Mat 26:64+, menghilangkan segala kegelapan dan keraguan dari sebutan itu.
Jerusalem: Mat 8:28 - dua orang yang kerasukan setan Menurut Markus dan Lukas hanya ada seorang saja. Begitupun halnya dengan dua orang buta di Yerikho, Mat 20:30, dan orang buta di Betsaida, Mat 9:27 (m...
Jerusalem: Mat 8:28 - Gadara ialah sebuah kota yang terletak di sebelah tenggara danau. Ada sebuah var: orang Gerasa (Markus, Lukas),sebuah kota lain, yaitu barangkali Khorsia. Ad...
ialah sebuah kota yang terletak di sebelah tenggara danau. Ada sebuah var: orang Gerasa (Markus, Lukas),sebuah kota lain, yaitu barangkali Khorsia. Ada var lain lagi, yaitu: orang Gergesa yang berasal dari dugaan yang pernah dikemukakan oleh Origenes.
Jerusalem: Mat 8:29 - sebelum waktunya Dengan menantikan penghakimannya kelak setan-setan mempunyai kebebasan terbatas untuk bekerja di dunia, Wah 9:5, terutama dengan merasuki orang, Mat 1...
Dengan menantikan penghakimannya kelak setan-setan mempunyai kebebasan terbatas untuk bekerja di dunia, Wah 9:5, terutama dengan merasuki orang, Mat 12:43-45+. Keadaan orang semacam itu sering disertai penyakit. Penyakit itu sendiri sebagai akibat dosa merupakan sebuah tanda kekuasaan setan yang lain, Luk 13:16. Maka pengusiran-pengusiran setan yang diceritakan Injil-injil kadang-kadang hanya pengusiran saja, bdk Mat 15:21-28 dsj; Mar 1:23-28 dsj; Luk 8:2, tetapi kerap berupa penyembuhan orang sakit juga, Mat 9:32-34; Mat 12:22-24 dsj; Mat 17:14-18 dsj; Luk 13:10-17. Dengan kekuasaanNya atas roh-roh jahat Yesus menghancurkan kekuasaan iblis, Mat 12:28 dsj; Luk 10:17-19; bdk Luk 4:6; Yoh 12:31+, dan memulai pemerintahan Mesias, yang janjinya yang khas ialah janji Roh Kudus, Yes 11:2; Yoe 3:1 dst. Manusia tidak mau mengerti hal itu, Mat 12:24-32, tetapi setan-setan baik-baik memahami duduknya perkara, Mat 9:29; Mar 1:24 dsj; Mar 3:11 dsj; Luk 4:41; Kis 16:16; Kis 19:15. Kekuasaan mengusir setan oleh Yesus diberikan juga kepada murid-muridNya bersama dengan kekuasaan menyembuhkan orang sakit, Mat 10:1 dsj; oleh karena kekuasaan terakhir ini bersangkutan dengan yang pertama, Mat 8:3+; Mat 4:24; Mat 8:16 dsj; Luk 13:32.
Jerusalem: Mat 9:2 - dosamu sudah diampuni Yesus mengutamakan "penyembuhan" jiwa dari penyembuhan badan; yang terakhir ini hanya dikerjakan demi untuk yang pertama. Tetapi perkataan ini sudah m...
Yesus mengutamakan "penyembuhan" jiwa dari penyembuhan badan; yang terakhir ini hanya dikerjakan demi untuk yang pertama. Tetapi perkataan ini sudah mengandung janji penyembuhan badan juga, oleh karena penyakit dianggap sebagai akibat dosa yang oleh orang sakit sendiri atau oleh orang tuanya, bdk Mat 8:29+; Yoh 5:14; Yoh 9:2.
Jerusalem: Mat 9:5 - Manakah lebih mudah Mengampuni dosa pada dirinya lebih sukar dari pada menyembuhkan badan yang sakit. Tetapi lebih mudah mengatakannya, sebab pengampunan dosa tidak dapat...
Mengampuni dosa pada dirinya lebih sukar dari pada menyembuhkan badan yang sakit. Tetapi lebih mudah mengatakannya, sebab pengampunan dosa tidak dapat dibuktikan.
Jerusalem: Mat 9:8 - kepada manusia Oleh karena "manusia" berbentuk jamak (banyak) maka Matius jelas berpikir kepada pejabat-pejabat umat, yang mendapat kekuasaan dari Kristus, Mat 18:18...
Oleh karena "manusia" berbentuk jamak (banyak) maka Matius jelas berpikir kepada pejabat-pejabat umat, yang mendapat kekuasaan dari Kristus, Mat 18:18.
Dalam Markus dan Lukas orang ini bernama Lewi.
Jerusalem: Mat 9:10 - orang berdosa Orang yang karena kelakuannya sendiri atau karena jabatannya mendapat nama buruk, Mat 5:46+, menurut pandangan Yahudi menajiskan dan tidak boleh diaja...
Orang yang karena kelakuannya sendiri atau karena jabatannya mendapat nama buruk, Mat 5:46+, menurut pandangan Yahudi menajiskan dan tidak boleh diajak bergaul. Terutama mereka agaknya tidak menepati sekian banyak hukum mengenai makanan yang halal dan haram. Karena itu ada masalah apakah orang boleh makan bersama mereka, Mar 7:3-4,14-23 dsj; Kis 10:15+; Mat 15:20+; Gal 2:12; bdk 1Ko 8-9; Rom 14.
Jerusalem: Mat 9:13 - bukan persembahan Allah mengutamakan sikap hati yang jujur dan berbelas kasih dari pada pelaksanaan hukum Taurat yang ketat tapi lahiriah belaka. Ini sebuah pikiran pok...
Allah mengutamakan sikap hati yang jujur dan berbelas kasih dari pada pelaksanaan hukum Taurat yang ketat tapi lahiriah belaka. Ini sebuah pikiran pokok yang kerap diketengahkan para nabi, Amo 5:21.
Jerusalem: Mat 9:14 - murid-murid Yohanes Yohanes Pembaptis, murid-muridnya dan orang Farisi berpuasa lebih banyak dari yang diperintahkan oleh hukum. Maksudnya ialah dengan kesalehan memperce...
Yohanes Pembaptis, murid-muridnya dan orang Farisi berpuasa lebih banyak dari yang diperintahkan oleh hukum. Maksudnya ialah dengan kesalehan mempercepat kedatangan Kerajaan Allah.
Jerusalem: Mat 9:15 - mempelai itu bersama mereka Mempelai itu ialah Yesus dan teman-temanNya tidak dapat berpuasa oleh karena berkat Yesus zaman Mesias sudah dimulai
Mempelai itu ialah Yesus dan teman-temanNya tidak dapat berpuasa oleh karena berkat Yesus zaman Mesias sudah dimulai
Jerusalem: Mat 9:15 - diambil dari mereka Ini suatu nubuat yang cukup jelas mengenai kematian Yesus nanti.
Ini suatu nubuat yang cukup jelas mengenai kematian Yesus nanti.
Jerusalem: Mat 9:16-17 - -- Baju tua, kantong kulit tua ialah agama Yahudi, sejauh di dalamnya ada unsur-unsur tata penyelamatan yang sudah usang dan ketinggalan zaman. Kain yang...
Baju tua, kantong kulit tua ialah agama Yahudi, sejauh di dalamnya ada unsur-unsur tata penyelamatan yang sudah usang dan ketinggalan zaman. Kain yang belum susut, anggur yang baru melambangkan semangat baru dari Kerajaan Allah. Kesalehan tambahan sebagaimana dilakukan oleh murid Yohanes dan orang Farisi hanya menurunkan nilai tata penyelamatan lama, oleh karena mereka dengan jalan itu mau memperbaharuinya. Dengan menolak tambahan dan tambalan, Yesus mau menciptakan sesuatu yang baru benar-benar dengan meningkatkan semangat hukum Taurat sendiri, bdk Mat 5:17 dst.
Jerusalem: Mat 9:18 - kepala rumah ibadah Harafiah: kepala. Tetapi yang dimaksudkan benar-benar seorang kepala sinagoga yang menurut Markus dan Lukas bernama Yairus.
Harafiah: kepala. Tetapi yang dimaksudkan benar-benar seorang kepala sinagoga yang menurut Markus dan Lukas bernama Yairus.
Tanda-tanda perkabungan yang lazim di situ.
Jerusalem: Mat 9:27 - Anak Daud ialah sebuah gelar dan sebutan Mesias, 2Sa 7:1; bdk Luk 1:32; Kis 2:30; Rom 1:3, yang lazim di antara orang Yahudi, Mar 12:35; Yoh 7:42. Matius menonj...
ialah sebuah gelar dan sebutan Mesias, 2Sa 7:1; bdk Luk 1:32; Kis 2:30; Rom 1:3, yang lazim di antara orang Yahudi, Mar 12:35; Yoh 7:42. Matius menonjolkan bahwa sebutan itu diterapkan pada Yesus, Mat 1:1; Mat 12:23; Mat 15:22; Mat 20:30 dsj; Mat 21:9,15. Tetapi Yesus hanya dengan hati-hati membiarkan diriNya disebut demikian, oleh karena di dalamnya terkandung suatu pandangan yang terlalu manusiawi saja terhadap Mesias, Mat 22:41-46; bdk Mar 1:34+. Yesus lebih suka akan sebutan Anak Manusia yang lebih samar-samar, Mat 8:20+.
Ayat ini tidak terdapat dalam naskah-naskah yang memuat "teks barat".
Ende: Mat 8:4 - Djanganlah itu kautjeritakan Larangan jang demikian kerap kali tersua dalam
Indjil. Maksud Jesus agaknja seperti berikut. Ia memang hendak mejakinkan orang
bahwa Ia Mesias dan Put...
Larangan jang demikian kerap kali tersua dalam Indjil. Maksud Jesus agaknja seperti berikut. Ia memang hendak mejakinkan orang bahwa Ia Mesias dan Putera Allah, djuga dengan mukdjizat-mukdjizat, tetapi selangkah demi selangkah. Ia hendak menghindarkan orang banjak terpesona sehingga mau mengangkatnja sebagai radja (bdl. Yoh 6:15), dan tidak mau meneguhkan mereka dalam kepertjajaannja, bahwa Mesias akan muntjul sebagai radja mulia jang pertama-tama hendak membebaskan kaum Israel dari pendjadjahan dan memulihkan keradjaan David dalam segala kegemilangannja. Ia baru hendak dikenal sebagai Mesias dan Putera Allah dengan sepenuhnja, sesudah orang mengerti, bahwa keradjaannja bukan dari dunia ini, melainkan serba rohani dan menuntut roh kemiskinan dan penjangkalan diri.
Ende: Mat 8:4 - Tundjukkanlah dirimu kepada imam Selain karena bahaja perdjangkitan,
orang-orang berkusta dilarang bergaul dengan masjarakat, sebab mereka dipandang
nadjis", artinja tidak bersih (sut...
Selain karena bahaja perdjangkitan, orang-orang berkusta dilarang bergaul dengan masjarakat, sebab mereka dipandang nadjis", artinja tidak bersih (sutji) dalam arti keagamaan. Barangkali djustru penjakit buruk ini dianggap sebagai akibat dosa. Sebab itu orang berkusta jang telah sembuh harus "ditahirkan" dahulu dengan suatu upatjara agama, sebelum diidjinkan bergaul dengan orang-orang lain.
Ende: Mat 8:5 - Perwira Aslinja "centurio", artinja kepala pasukan seratus orang. Perwira
ini seorang Romawi beragama kafir.
Aslinja "centurio", artinja kepala pasukan seratus orang. Perwira ini seorang Romawi beragama kafir.
Ende: Mat 8:9 - -- Maksud perkataan perwira: seperti bawahan saja patuh kepada saja, demikian
tentu segala penjakit (roh-roh jang menjebabkan penjakit) patuh kepada Tuan...
Maksud perkataan perwira: seperti bawahan saja patuh kepada saja, demikian tentu segala penjakit (roh-roh jang menjebabkan penjakit) patuh kepada Tuan, sehingga satu kata tjukup untuk menjembuhkan orang sakit dari djauh djuga.
Ende: Mat 8:11 - Banjak dari Timur dan Barat jaitu "banjak orang kafir", "Putera-putera
keradjaan", ialah orang Jahudi, jang dari semula telah dipilih dan dipelihara
Allah untuk pertama-tama masu...
jaitu "banjak orang kafir", "Putera-putera keradjaan", ialah orang Jahudi, jang dari semula telah dipilih dan dipelihara Allah untuk pertama-tama masuk keradjaan Allah jang baru.
Ende: Mat 8:16 - -- Sesudah matahari terbenam barulah orang Jahudi diidjinkan bekerdja, djadi
membawa orang-orang sakit kepada Jesus djuga.
Sesudah matahari terbenam barulah orang Jahudi diidjinkan bekerdja, djadi membawa orang-orang sakit kepada Jesus djuga.
Ende: Mat 8:20 - Putera manusia Jesus gemar menamakan diri demikian. Barangkali maksudnja
untuk mengesankan, bahwa meskipun Ia Mesias dan Putera Allah namun manusia
tulen djuga, jang...
Jesus gemar menamakan diri demikian. Barangkali maksudnja untuk mengesankan, bahwa meskipun Ia Mesias dan Putera Allah namun manusia tulen djuga, jang dapat dan harus menderita dan mati. Kalau diutjapkan didepan parisi, mungkin djuga dianggap sebagai sindiran, misalnja: Aku ini, biarpun dalam pandanganmu seorang manusia biasa, namun berkuasa mengampuni dosa, mengadakan mukdjizat-mukdjizat atas nama Allah, dan menjembuhkan pada hari sabat djuga. Lain tafsiran lagi: Jesus hendak memperkenalkan diri sebagai Putera manusia jang digambarkan dalam nubuat Daniel, bab 7 (Dan 7), sebagai jang diberi seluruh pemerintahan, kemuliaan dan kekuasaan Keradjaan abadi, sampai segala bangsa takluk kepadanja.
Ende: Mat 8:22 - Orang-orang mati Itu dalam awal kalimat berarti orang-orang jang tidak
mempunjai kehidupan Keradjaan Allah, jaitu belum masuk mendjadi murid Jesus.
Utjapan Jesus dalam...
Itu dalam awal kalimat berarti orang-orang jang tidak mempunjai kehidupan Keradjaan Allah, jaitu belum masuk mendjadi murid Jesus. Utjapan Jesus dalam ajat ini agak kasar dan berlebih-lebihan bunjinja tetapi hanja untuk menginsjafkan benar-benar, bahwa para pengikutnja harus bersedia berkurban seberat-beratnja, untuk memperoleh keradjaan Allah, Jesus samasekali tidak hendak mempersalahkan penghormatan kepada orang mati.
Sebuah kota ditenggara tasik Genesaret. Mk. dan Lk. menamakannja "Gerase".
Rumah ini menurut Mk. dan Lk. rumah Mateus sendiri.
Ende: Mat 9:14 - Berpuasa jang dimaksudkan bukan puasa resmi, melainkan jang dilakukan dengan
suka rela. Orang parisi membangga, bahwa mereka berpuasa dua kali seminggu
(Luk 18...
jang dimaksudkan bukan puasa resmi, melainkan jang dilakukan dengan suka rela. Orang parisi membangga, bahwa mereka berpuasa dua kali seminggu (Luk 18:12).
Ende: Mat 9:16-17 - -- Tjita-tjita Keradjaan Allah baru, dan nilai-nilai Indjil jang mahaluhur tidak
patut dan tidak mungkin ditampung dalam bentuk kesalehan lahiriah dan
ke...
Tjita-tjita Keradjaan Allah baru, dan nilai-nilai Indjil jang mahaluhur tidak patut dan tidak mungkin ditampung dalam bentuk kesalehan lahiriah dan kemunafikan orang parisi, maupun dalam bentuk ibadat hukum taurat umumnja.
Orang sedang meratap-tangisi anak jang benar-benar telah mati.
Ini gelaran Mesias jang sangat lazim.
Ref. Silang FULL -> Mat 8:2; Mat 8:4; Mat 8:6; Mat 8:8; Mat 8:10; Mat 8:11; Mat 8:12; Mat 8:13; Mat 8:16; Mat 8:17; Mat 8:18; Mat 8:20; Mat 8:22; Mat 8:26; Mat 8:28; Mat 8:29; Mat 8:34; Mat 9:1; Mat 9:2; Mat 9:3; Mat 9:4; Mat 9:6; Mat 9:8; Mat 9:9; Mat 9:11; Mat 9:13; Mat 9:14; Mat 9:15; Mat 9:18; Mat 9:20; Mat 9:22; Mat 9:23; Mat 9:24; Mat 9:25; Mat 9:26; Mat 9:27; Mat 9:28; Mat 9:29; Mat 9:30; Mat 9:31; Mat 9:32; Mat 9:33; Mat 9:34; Mat 9:35; Mat 9:36; Mat 9:37
Ref. Silang FULL: Mat 8:2 - sakit kusta // menyembah Dia · sakit kusta: Im 13:45; Mat 10:8; 11:5; 26:6; Luk 5:12; 17:12
· menyembah Dia: Mat 9:18; 15:25; 18:26; 20:20
· sakit kusta: Im 13:45; Mat 10:8; 11:5; 26:6; Luk 5:12; 17:12
· menyembah Dia: Mat 9:18; 15:25; 18:26; 20:20
Ref. Silang FULL: Mat 8:4 - kepada siapapun // kepada imam // yang diperintahkan · kepada siapapun: Mat 9:30; 12:16; Mr 5:43; 7:36; Mr 8:30; Mr 8:30; Luk 4:41
· kepada imam: Luk 17:14
· yang diperintahkan: Im...
· kepada siapapun: Mat 9:30; 12:16; Mr 5:43; 7:36; Mr 8:30; [Lihat FULL. Mr 8:30]; Luk 4:41
· kepada imam: Luk 17:14
· yang diperintahkan: Im 14:2-32
· akan sembuh: Mazm 107:20
· sesungguhnya iman: Mat 15:28
Ref. Silang FULL: Mat 8:11 - dan Barat // Kerajaan Sorga · dan Barat: Mazm 107:3; Yes 49:12; 59:19; Mal 1:11
· Kerajaan Sorga: Luk 13:29
· dan Barat: Mazm 107:3; Yes 49:12; 59:19; Mal 1:11
· Kerajaan Sorga: Luk 13:29
Ref. Silang FULL: Mat 8:12 - Kerajaan itu // kertak gigi · Kerajaan itu: Mat 13:38
· kertak gigi: Mat 13:42,50; 22:13; 24:51; 25:30; Luk 13:28
· Kerajaan itu: Mat 13:38
· kertak gigi: Mat 13:42,50; 22:13; 24:51; 25:30; Luk 13:28
· menderita sakit: Mat 4:23,24; [Lihat FULL. Mat 4:23]; [Lihat FULL. Mat 4:24]
Ref. Silang FULL: Mat 8:17 - supaya genaplah // penyakit kita · supaya genaplah: Mat 1:22; Mat 1:22
· penyakit kita: Yes 53:4
Ref. Silang FULL: Mat 8:20 - Anak Manusia · Anak Manusia: Dan 7:13; Mat 12:8,32,40; 16:13,27,28; 17:9; 19:28; Mr 2:10; 8:31
· Anak Manusia: Dan 7:13; Mat 12:8,32,40; 16:13,27,28; 17:9; 19:28; Mr 2:10; 8:31
Ref. Silang FULL: Mat 8:26 - kurang percaya // menjadi teduh · kurang percaya: Mat 6:30; Mat 6:30
· menjadi teduh: Mazm 65:8; 89:10; 107:29
· kurang percaya: Mat 6:30; [Lihat FULL. Mat 6:30]
· menjadi teduh: Mazm 65:8; 89:10; 107:29
Ref. Silang FULL: Mat 8:29 - dengan kami // sebelum waktunya · dengan kami: Hak 11:12; 2Sam 16:10; 1Raj 17:18; Mr 1:24; Luk 4:34; Yoh 2:4
· sebelum waktunya: 2Pet 2:4
· dengan kami: Hak 11:12; 2Sam 16:10; 1Raj 17:18; Mr 1:24; Luk 4:34; Yoh 2:4
· sebelum waktunya: 2Pet 2:4
Ref. Silang FULL: Mat 9:2 - seorang lumpuh // melihat iman // Percayalah // sudah diampuni · seorang lumpuh: Mat 4:24; Mat 4:24
· melihat iman: Mat 9:22; Mat 9:22
· Percayalah: Yoh 16:33
· sudah diampuni: Luk 7:48...
Ref. Silang FULL: Mat 9:4 - pikiran mereka · pikiran mereka: Mazm 94:11; Mat 12:25; Luk 6:8; 9:47; 11:17; Yoh 2:25
· pikiran mereka: Mazm 94:11; Mat 12:25; Luk 6:8; 9:47; 11:17; Yoh 2:25
Ref. Silang FULL: Mat 9:8 - memuliakan Allah · memuliakan Allah: Mat 5:16; 15:31; Luk 7:16; 13:13; 17:15; 23:47; Yoh 15:8; Kis 4:21; 11:18; 21:20
· memuliakan Allah: Mat 5:16; 15:31; Luk 7:16; 13:13; 17:15; 23:47; Yoh 15:8; Kis 4:21; 11:18; 21:20
Ref. Silang FULL: Mat 9:11 - orang berdosa · orang berdosa: Mat 11:19; Luk 5:30; 15:2; 19:7; Gal 2:15
· orang berdosa: Mat 11:19; Luk 5:30; 15:2; 19:7; Gal 2:15
Ref. Silang FULL: Mat 9:13 - bukan persembahan // orang berdosa · bukan persembahan: Hos 6:6; Mi 6:6-8; Mat 12:7
· orang berdosa: Luk 19:10; 1Tim 1:15
Ref. Silang FULL: Mat 9:14 - murid-murid Yohanes // Farisi berpuasa · murid-murid Yohanes: Mat 3:1; Mat 3:1
· Farisi berpuasa: Mat 11:18,19; Luk 18:12
· murid-murid Yohanes: Mat 3:1; [Lihat FULL. Mat 3:1]
· Farisi berpuasa: Mat 11:18,19; Luk 18:12
Ref. Silang FULL: Mat 9:15 - bersama mereka // akan berpuasa · bersama mereka: Yoh 3:29
· akan berpuasa: Kis 13:2,3; 14:23
· bersama mereka: Yoh 3:29
· akan berpuasa: Kis 13:2,3; 14:23
Ref. Silang FULL: Mat 9:18 - menyembah Dia // tangan-Mu atasnya · menyembah Dia: Mat 8:2; Mat 8:2
· tangan-Mu atasnya: Mr 5:23; Mr 5:23
Ref. Silang FULL: Mat 9:20 - jumbai jubah-Nya · jumbai jubah-Nya: Mat 14:36; Mr 3:10; 6:56; Luk 6:19
· jumbai jubah-Nya: Mat 14:36; Mr 3:10; 6:56; Luk 6:19
Ref. Silang FULL: Mat 9:22 - Teguhkanlah hatimu // menyelamatkan engkau // saat itu · Teguhkanlah hatimu: Mat 9:2; Yoh 16:33
· menyelamatkan engkau: Mat 9:29; Mat 8:13; Mr 10:52; Luk 7:50; 17:19; 18:42
· saat itu:...
· banyak ribut: 2Taw 35:25; Yer 9:17,18
Ref. Silang FULL: Mat 9:24 - tidak mati // tetapi tidur · tidak mati: Kis 20:10
· tetapi tidur: Dan 12:2; Mazm 76:6; Yoh 11:11-14; Kis 7:60; 13:36; 1Kor 11:30; 15:6,18,20; 1Tes 4:13-16
· tidak mati: Kis 20:10
· tetapi tidur: Dan 12:2; Mazm 76:6; Yoh 11:11-14; Kis 7:60; 13:36; 1Kor 11:30; 15:6,18,20; 1Tes 4:13-16
Ref. Silang FULL: Mat 9:26 - daerah itu · daerah itu: Mat 9:31; Mat 4:24; 14:1; Mr 1:28,45; Luk 4:14,37; 5:15; 7:17
· daerah itu: Mat 9:31; Mat 4:24; 14:1; Mr 1:28,45; Luk 4:14,37; 5:15; 7:17
Ref. Silang FULL: Mat 9:27 - Anak Daud · Anak Daud: Mat 1:1; Mat 1:1; Mat 12:23; 15:22; 20:30,31; 21:9,15; 22:42; Mr 10:47
· Anak Daud: Mat 1:1; [Lihat FULL. Mat 1:1]; Mat 12:23; 15:22; 20:30,31; 21:9,15; 22:42; Mr 10:47
Ref. Silang FULL: Mat 9:32 - seorang bisu // kerasukan setan · seorang bisu: Mat 12:22-24
· kerasukan setan: Mat 4:24; Mat 4:24
· seorang bisu: Mat 12:22-24
Ref. Silang FULL: Mat 9:36 - kepada mereka // tidak bergembala · kepada mereka: Mat 14:14; 15:32; Mr 8:2
· tidak bergembala: Bil 27:17; 1Raj 22:17; Yeh 34:5,6; Za 10:2
· kepada mereka: Mat 14:14; 15:32; Mr 8:2
· tidak bergembala: Bil 27:17; 1Raj 22:17; Yeh 34:5,6; Za 10:2