Teks -- Keluaran 33:11-14 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Kel 33:11 - SEPERTI ... TEMANNYA.
Nas : Kel 33:11
Allah memandang Musa sebagai sahabat karib-Nya yang dengannya Ia
dapat berbicara berhadapan muka. Hubungan yang khusus ini sebagian...
Nas : Kel 33:11
Allah memandang Musa sebagai sahabat karib-Nya yang dengannya Ia dapat berbicara berhadapan muka. Hubungan yang khusus ini sebagian disebabkan oleh kenyataan bahwa Musa sungguh-sungguh berserah kepada Allah, dan kepada perkara, keinginan, dan maksud-Nya. Musa begitu menyatu dengan Roh Allah sehingga ia turut merasakan perasaan Allah, menderita ketika Allah menderita dan berdukacita ketika Allah bersedih atas dosa (bd. Kel 32:19). Setiap orang percaya harus berusaha melalui doa, untuk mengetahui cara-cara Allah dan semakin menyatu dengan Dia dan maksud-maksud-Nya sehingga ia sungguh-sungguh menjadi sahabat Allah.
Full Life: Kel 33:11 - YOSUA ... TIDAKLAH MENINGGALKAN KEMAH ITU.
Nas : Kel 33:11
Yosua bukan hanya melayani Musa yang diurapi Allah dengan setia,
tetapi ia sendiri juga dengan rajin mengembangkan persekutuan prib...
Nas : Kel 33:11
Yosua bukan hanya melayani Musa yang diurapi Allah dengan setia, tetapi ia sendiri juga dengan rajin mengembangkan persekutuan pribadi dengan Allah. Sejak masa mudanya, ia belajar untuk meluangkan waktu dengan Tuhan. Pengabdian semacam itu mempersiapkannya untuk menjadi pengganti Musa.
Full Life: Kel 33:12 - BERKATALAH MUSA.
Nas : Kel 33:12
Melalui doa Musa, Allah menyesal, mengubah keputusan-Nya (bd. ayat
Kel 33:3) dan setuju untuk pergi bersama Musa dan umat-Nya (ayat...
Full Life: Kel 33:13 - BERITAHUKANLAH KIRANYA JALAN-MU KEPADAKU.
Nas : Kel 33:13
Semua anak Tuhan harus dengan sungguh-sungguh berdoa agar mengenal
jalan-jalan Tuhan, yaitu hati, tujuan, hikmat, prinsip-prinsip k...
Nas : Kel 33:13
Semua anak Tuhan harus dengan sungguh-sungguh berdoa agar mengenal jalan-jalan Tuhan, yaitu hati, tujuan, hikmat, prinsip-prinsip kudus, dan bahkan penderitaan-Nya; dengan demikian kita mengenal diri-Nya Allah.
Jerusalem: Kel 19:1--40:38 - -- Sebagian besar dari bagian terakhir kitab Keluaran ini, yaitu Kel 19:1-2; 24:15-31:18; 34:29-35:8, berasal dari tradisi Para Imam. Bagian yang memuat ...
Sebagian besar dari bagian terakhir kitab Keluaran ini, yaitu Kel 19:1-2; 24:15-31:18; 34:29-35:8, berasal dari tradisi Para Imam. Bagian yang memuat Kitab (Hukum) Perjanjian, Kel 20:22-23:33, harus dipisahkan, sebab baru belakangan dihubungkan dengan peristiwa di gunung Sinai. Bagian-bagian lain berasal dari sumber-sumber yang lebih tua usianya. Sering sukar menentukan bagian manakah berasal dari tradisi Yahwista dan bagian manakah berasal dari tradisi Elohista. Menurut pandangan penyusun terakhir kisah ini maka perjanjian yang diadakan Musa meneguhkan kepilihan bangsa Israel serta janji-janji yang telah diberikan kepadanya, Kel 6:5-7, sama seperti perjanjian dengan Abraham (yang disinggung dalam Kel 6:4) meneguhkan janji-janji yang terdahulu, Kej 17. Akan tetapi perjanjian dengan Abraham diadakan dengan seorang saja (walaupun perjanjian itu menyangkut keturunannya) dan disertai satu perintah saja (sunat). Perjanjian di gunung Sinai langsung menyangkut seluruh bangsa yang menerima hukum: kesepuluh perintah (Allah) serta Kitab Perjanjian. Bersama dengan semua tambahannya dari zaman kemudian hukum tsb menjadi piagam agama Yahudi, Sir 24:9-27 menyamakan Hukum Taurat itu dengan Hikmat Allah. Tetapi sekaligus hukum itu "menjadi suatu saksi terhadap bangsa Israel", Ula 31:26, artinya: pelanggaran hukum Taurat oleh umat Israel akan membatalkan segala janji dan akan mendatangkan kutuk Allah. Maka hukum Taurat hanya berperan sebagai pengajaran dan paksaan untuk menyiapkan manusia bagi kedatangan Kristus yang akan mengadakan suatu perjanjian yang baru. Peranan sementara dari hukum Taurat itu diterangkan Paulus dalam uraiannya melawan orang Kristen yang hendak memaksakan hukum Taurat kepada orang Kristen bukan Yahudi, Gal 3; Rom 7.
Jerusalem: Kel 32:1--34:35 - -- Kalau bab Kel 32:1-34:35 diuraikan, maka nampaklah dua tradisi yang bercampur di dalamnya, yaitu tradisi Elohista dan tradisi Yahwista. Hampir tak mun...
Kalau bab Kel 32:1-34:35 diuraikan, maka nampaklah dua tradisi yang bercampur di dalamnya, yaitu tradisi Elohista dan tradisi Yahwista. Hampir tak mungkin lagi memisahkan kedua tradisi itu. Tetapi dalam penggabungan kedua tradisi itu. Tetapi dalam penggabungan kedua tradisi itu terjadilah bahwa perjanjian yang diikat Tuhan dengan Israel menurut tradisi Yahwista (ceriteranya tercantum dalam bab 34)tampil sebagai pembaharuan perjanjian yang diikat Tuhan dengan Israel menurut tradisi Elohista (ceriteranya tercantum dalam bab Kel 24). Perjanjian ini dianggap dibatalkan oleh pemberontakan bangsa Israel yang menyembah anak lembu emas, bab Kel 32:1-33:23. Urutan yang menghasilkan dua pengikatan perjanjian itu dibuat-buat saja. Ceritera tentang anak lembu emas disisipkan di antara kedua tradisi tsb, supaya dua-duanya dapat dipertahankan.
Jerusalem: Kel 33:1-23 - -- Bab Kel 33 mengumpulkan berbagai unsur yang tidak bersangkutan satu sama lain, kecuali bahwa semua berpusatkan kehadiran Tuhan pada umatNya.
Bab Kel 33 mengumpulkan berbagai unsur yang tidak bersangkutan satu sama lain, kecuali bahwa semua berpusatkan kehadiran Tuhan pada umatNya.
Jerusalem: Kel 33:14 - ketenteraman Ini pikiran (dan ungkapan) yang digemari tradisi Ulangan. Ula 3:20; 12:10; 25:19; Yos 1:13; 22:4; 23:1, dan juga Maz 95:11. Dengan jalan itu janji Tuh...
Ini pikiran (dan ungkapan) yang digemari tradisi Ulangan. Ula 3:20; 12:10; 25:19; Yos 1:13; 22:4; 23:1, dan juga Maz 95:11. Dengan jalan itu janji Tuhan digenapi. Dalam ayat-ayat lain kata Ibrani itu diterjemahkan dengan "keamanan".
Ende: Kel 33:11 - -- Pada umumnja dalam Perdjandjian Lama nampak adanja sikap chidmat jang amat
mendalam terhadap Kesutjian Tuhan, jang tidak dapat didekati oleh manusia j...
Pada umumnja dalam Perdjandjian Lama nampak adanja sikap chidmat jang amat mendalam terhadap Kesutjian Tuhan, jang tidak dapat didekati oleh manusia jang berdosa. Maka dari itu tidak mungkinlah manusia setjara langsung melihat Tuhan (aj.20)(Kel 33:20). Namun dalam tradisi ada pula keinsjafan jang sangat mendalam, bahwa Tuhan itu dekat dan mungkin djuga bergaul dengan Tuhan setjara intim. Ini ternjata pada para Bapa Bangsa, para Nabi, dan chususnja pada Musa. Terutama dalam tradisi J Tuhan nampak sangat dekat. Djuga ajat ini mengungkapkan hidup keagamaan jang sangat meresap
Ende: Kel 33:12 - -- Lihat aj. 3(Kel 33:3) dan Kel 33:5. Musa tidak mau berangkat
tanpa dilindungi Hadirnja Tuhan sendiri. Djustru disinilah terletak perbedaan
antara Umat...
Ref. Silang FULL: Kel 33:11 - berhadapan muka // abdinya, Yosua · berhadapan muka: Bil 12:8; Ul 5:4; 34:10
· abdinya, Yosua: Kel 17:9; Kel 17:9
· berhadapan muka: Bil 12:8; Ul 5:4; 34:10
Ref. Silang FULL: Kel 33:12 - bangsa ini // mengenal namamu // kasih karunia · bangsa ini: Kel 3:10; Kel 15:17; Kel 15:17
· mengenal namamu: Kel 33:17; Yes 43:1; 45:3; 49:1; Yoh 10:14-15; 2Tim 2:19
· kasi...
· bangsa ini: Kel 3:10; Kel 15:17; [Lihat FULL. Kel 15:17]
· mengenal namamu: Kel 33:17; Yes 43:1; 45:3; 49:1; Yoh 10:14-15; 2Tim 2:19
Ref. Silang FULL: Kel 33:13 - kiranya jalan-Mu // ini umat-Mu · kiranya jalan-Mu: Mazm 25:4; 27:11; 51:15; 86:11; 103:7; 143:8
· ini umat-Mu: Kel 3:7; Ul 9:26,29; Mazm 77:16
· kiranya jalan-Mu: Mazm 25:4; 27:11; 51:15; 86:11; 103:7; 143:8
· ini umat-Mu: Kel 3:7; Ul 9:26,29; Mazm 77:16
Ref. Silang FULL: Kel 33:14 - Aku // memberikan ketenteraman · Aku: Kel 13:21; Kel 13:21; Ul 4:37; Yes 63:9; Hag 1:13; 2:5
· memberikan ketenteraman: Ul 12:9,10; 25:19; Yos 1:13; 11:23; 21:44; 22:4...
· Aku: Kel 13:21; [Lihat FULL. Kel 13:21]; Ul 4:37; Yes 63:9; Hag 1:13; 2:5
· memberikan ketenteraman: Ul 12:9,10; 25:19; Yos 1:13; 11:23; 21:44; 22:4; 23:1; 1Raj 8:56; Yes 63:14; Yer 31:2; Mat 11:28; Ibr 4:1-11