Teks -- Habakuk 1:5-13 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Hab 1:5-11 - AKU MELAKUKAN SUATU PEKERJAAN.
Nas : Hab 1:5-11
Allah menjawab Habakuk dengan mengatakan kepadanya bahwa Ia sudah
mempunyai rencana untuk menghajar Yehuda karena dosa-dosanya. Ia...
Nas : Hab 1:5-11
Allah menjawab Habakuk dengan mengatakan kepadanya bahwa Ia sudah mempunyai rencana untuk menghajar Yehuda karena dosa-dosanya. Ia akan memakai bangsa Babel yang bengis dan kafir untuk menghukum Yehuda. Bahwa Allah akan memakai umat yang demikian jahat dan kafir untuk menghukum Yehuda sangat mengejutkan sang nabi dan sulit diterima umat Allah
(lihat cat. --> Hab 1:12 berikut).
[atau ref. Hab 1:12]
Full Life: Hab 1:12 - BUKANKAH ENGKAU ... DARI DAHULU?
Nas : Hab 1:12
Habakuk terkejut sekali bahwa Allah akan memakai bangsa yang
demikian jahat untuk menyerbu Yehuda, namun dia yakin bahwa Allah tidak...
Nas : Hab 1:12
Habakuk terkejut sekali bahwa Allah akan memakai bangsa yang demikian jahat untuk menyerbu Yehuda, namun dia yakin bahwa Allah tidak akan membiarkan mereka memusnahkan umat-Nya sendiri dan melalui kebinasaan itu membatalkan rencana penebusan-Nya bagi umat manusia.
Full Life: Hab 1:13 - MATA-MU TERLALU SUCI.
Nas : Hab 1:13
Ayat ini tidak berarti bahwa Allah tidak melihat kejahatan, karena
Ia melihat segala sesuatu; Ia Mahatahu
(lihat art. SIFA...
Nas : Hab 1:13
Ayat ini tidak berarti bahwa Allah tidak melihat kejahatan, karena Ia melihat segala sesuatu; Ia Mahatahu
(lihat art. SIFAT-SIFAT KHAS ALLAH).
Akan tetapi, Allah tidak memandang kejahatan untuk memaafkan atau membiarkannya. Yang membingungkan Habakuk ialah: halnya Allah memakai orang Babel yang jahat memberi kesan bahwa Allah membiarkan dosa mereka sedangkan menghukum Yehuda, yang, kendatipun semua kejahatan mereka, masih merupakan bangsa yang lebih benar daripada orang Babel.
Kemungkinan besar artinya: semua orang ... kedatangan mereka.
kekal: Dalam teks Ibrani: kami tidak akan mati.
Jerusalem: Hab 1:5-11 - -- Bagian ini merupakan jawaban Tuhan yang pertama: Allah sendiri membangkitkan orang Kasdim yang mendatangkan kemalangan atas umat. Orang-orang kafir it...
Bagian ini merupakan jawaban Tuhan yang pertama: Allah sendiri membangkitkan orang Kasdim yang mendatangkan kemalangan atas umat. Orang-orang kafir itu menjadi suatu alat keadilan TUhan, tetapi hanya untuk sementara waktu saja. Ams 3:11; Yes 10:5-27; Yer 5:16-20; 25:1-13; 27:6-22; 51:20-23; Ula 28:47 dst; 2Ra 24:2-4. Bdk Nebukadnezar yang disebut "hamba Tuhan", Yer 25:9,27; 27:6; 43:10.
Jerusalem: Hab 1:5 - sebab Aku melakukan.... dalam zamanmu Ini menurut terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani tertulis: suatu pekerjaan akan dikerjakannya di zaman ini.
Ini menurut terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani tertulis: suatu pekerjaan akan dikerjakannya di zaman ini.
Jerusalem: Hab 1:6 - bangsa yang garang.... kiasan-kiasan yang dipakai dalam Hab 1:6-10 untuk menggambarkan serangan musuh, sering kali dipergunakan para nabi, bdk Yes 5:26-29; 13:17-18; Yer 4:5...
kiasan-kiasan yang dipakai dalam Hab 1:6-10 untuk menggambarkan serangan musuh, sering kali dipergunakan para nabi, bdk Yes 5:26-29; 13:17-18; Yer 4:5-7,13,16-17; 5:15-17; 6:22-24; Nah 3:2-3; Yeh 23:22-26; 28:7-20.
Jerusalem: Hab 1:7 - berasal dari padanya sendiri Bangsa itu tidak mengakui Allah penguasa manapun. keberhasilannya dianggap hasil usaha dan kemampuannya sendiri.
Bangsa itu tidak mengakui Allah penguasa manapun. keberhasilannya dianggap hasil usaha dan kemampuannya sendiri.
Jerusalem: Hab 1:9 - Serbuan pasukan depannya seperti angin timur Dalam naskah Ibrani tertulis:: panas terik wajah mereka ke timur. Angin timur (begitu terbaca dalam 1QpHab -- tafsiran atas kitab Habakuk yang diketem...
Dalam naskah Ibrani tertulis:: panas terik wajah mereka ke timur. Angin timur (begitu terbaca dalam 1QpHab -- tafsiran atas kitab Habakuk yang diketemukan di Qumran) ialah angin panas dari gurun pasir. Angin itu kadang-kadang melambangkan serbuan musuh dari sebelah timur, Hos 12:2; 13:15; Yer 18:17; Yeh 17:10 dst.
Tanah ditimbun untuk mengurug sebuah kota yang dikepung.
Jerusalem: Hab 1:11 - seperti angin Seperti angin ribut cepat berlalu dan hanya meninggalkan reruntuhan, begitulah musuh berlalu. Ahli-ahli lain mengartikan bagian ayat ini sbb: maka roh...
Seperti angin ribut cepat berlalu dan hanya meninggalkan reruntuhan, begitulah musuh berlalu. Ahli-ahli lain mengartikan bagian ayat ini sbb: maka roh sudah berlalu dan pergi. Artinya: inspirasi kenabian untuk sementarawaktu berhenti. Lain ahli menterjemahkan: maka ia (penyerbu) merubah minat dan telah melanggar (tugas yang diberikan kepadanya).
Jerusalem: Hab 1:12-17 - -- Keluhan kedua ini melanjutkan yang pertama, Hab 1:2-4: Oleh karena kejayaan orang Kasdim akhirnya disebabkan Tuhan sendiri, Hab 1:5-6, maka Tuhanlah y...
Keluhan kedua ini melanjutkan yang pertama, Hab 1:2-4: Oleh karena kejayaan orang Kasdim akhirnya disebabkan Tuhan sendiri, Hab 1:5-6, maka Tuhanlah yang perlu diminta keteranganNya. Bagaimana mungkin Dia yang adil dan kudus, penegak tata hukum, memperlakukan bangsa-bangsa lain dan umat terpilih dengan cara demikian, Hab 1:14? Adakah Tuhan membiarkan orang fasik menindas orang benar, Hab 1:13; bdk Hab 1:14 dan Hab 11:15-17?
Jerusalem: Hab 1:12 - dari dahulu Yaitu dari masa keluaran umat dari negeri Mesir. Bab 3 mengenangkan masa itu. Masa itu menjadi dasar pengharapan Habakuk
Yaitu dari masa keluaran umat dari negeri Mesir. Bab 3 mengenangkan masa itu. Masa itu menjadi dasar pengharapan Habakuk
Jerusalem: Hab 1:12 - Tidak akan mati kami Begitu memang terbaca dalam naskah Ibrani. Tetapi aselinya kiranya tertulis:(.... Mahakudus) yang tidak mati. Seorang penyalin naskah menganggap keter...
Begitu memang terbaca dalam naskah Ibrani. Tetapi aselinya kiranya tertulis:(.... Mahakudus) yang tidak mati. Seorang penyalin naskah menganggap keterangan itu kurang pantas (seolah-olah Tuhan barangkali dapat mati), sehingga merubah naskah asli menjadi: tidak akan mati kami
Jerusalem: Hab 1:12 - dia yaitu bangsa Kasdim yang oleh Tuhan sendiri diberi tugas melaksanakan penghakiman. Ia tidak boleh melanggar batas tugasnya, bdk Hab 1:5+. Ada penafsir...
yaitu bangsa Kasdim yang oleh Tuhan sendiri diberi tugas melaksanakan penghakiman. Ia tidak boleh melanggar batas tugasnya, bdk Hab 1:5+. Ada penafsir yang berpendapat bahwa yang dimaksud ialah umat Israel yang mesti menjadi wasit para bangsa, ataupun yang dimaksud ialah raja Yehuda. Yoyakim, yang tidak setia pada tugasnya. Menurut tafsir terakhir ini Hab 1:2-4,12-17 dan Hab 2:6-19 melawan raja Yoyakim.
Ende: Hab 1:2--2:4 - -- Bagian pertama ini memuat suatu pertjakapan nabi dengan Allah. Habakuk mengeluh
karena penindasan bangsanja oleh musuh (Hab 1:2-4). Jahwe mendjawab,
b...
Bagian pertama ini memuat suatu pertjakapan nabi dengan Allah. Habakuk mengeluh karena penindasan bangsanja oleh musuh (Hab 1:2-4). Jahwe mendjawab, bahwa musuh itu (orang Chaldai = Babel dikirim oleh Jahwe sendiri untuk menghukum umatNja (Hab 1:5-11). Djawab ini tidak memuaskan nabi, sehingga kembali ia mengeluh, karena keadaan buruk (Hab 1:12-17). Keadaan itu rupa2nja tidak dapat disesuaikan dengan sifat2 Jahwe. Allah lalu mendjawab, bahwa si djudjur jang bertahan dengan sabar dan pertjaja, akan selamat djuga (Hab 2:1-4). Si musuh akan binasa dan si djudjur (Juda) akan diselamatkan. soal jang dibahas dalam bagian ini, jakni bagaimana Jahwe dapat membiarkan jang djahat: hal mana djuga diperdebat dalam kitab Ijob dan muntjul dalam beberapa mazmur dan terdapat pula pada nabi Jeremia.
Ende: Hab 1:7 - -- Bangsa kafir, jang tidak mengenal Allah, menetapkan sendiri apa jang baik dan
adil dan djuga mengira bahwa kebesarannja bersandarkan kekuatannja sendi...
Bangsa kafir, jang tidak mengenal Allah, menetapkan sendiri apa jang baik dan adil dan djuga mengira bahwa kebesarannja bersandarkan kekuatannja sendiri.
Ende: Hab 1:11 - angin berlalu ialah penjerbuan Babel, jang tidak menetap dinegeri, jang
telah direbutnja.
ialah penjerbuan Babel, jang tidak menetap dinegeri, jang telah direbutnja.
Ende: Hab 1:11 - Bersalahlah...dst. Babel jang pertjaja pada kekuatannja sendiri berdosa,
seperti dengan memudja berhala.
Mungkin kalimat ini dikatakan nabi sendiri ataupun ditambahkan k...
Babel jang pertjaja pada kekuatannja sendiri berdosa, seperti dengan memudja berhala.
Mungkin kalimat ini dikatakan nabi sendiri ataupun ditambahkan kemudian.
Ende: Hab 1:12 - telah Kauuntukkan Jahwe, menurut djawaban pertama itu, memanggil orang2
Chaldai untuk melaksanakan hukuman dan siksaan atas Israil. Tapi nabi mengira,
bahwa Babel melam...
Jahwe, menurut djawaban pertama itu, memanggil orang2 Chaldai untuk melaksanakan hukuman dan siksaan atas Israil. Tapi nabi mengira, bahwa Babel melampaui maksud Allah.
diperbaiki. Tertulis: "panas(?) murka mereka".
Endetn: Hab 1:9 - (dikumpulkan)nja diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Naskah Hibrani pakai mufrad.
diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Naskah Hibrani pakai mufrad.
diperbaiki. Tertulis: "kami".
Ref. Silang FULL: Hab 1:5 - dan tercengang-cengang // jika diceriterakan · dan tercengang-cengang: Yes 29:9; Yes 29:9
· jika diceriterakan: Kis 13:41%&
Ref. Silang FULL: Hab 1:6 - orang Kasdim // bujur bumi // bukan kepunyaan · orang Kasdim: Ul 28:49; Ul 28:49; 2Raj 24:2; 2Raj 24:2
· bujur bumi: Wahy 20:9
· bukan kepunyaan: Yer 13:20; Yer 13:20; Yer 21...
· Bangsa: Yes 18:7; Yer 39:5-9
Ref. Silang FULL: Hab 1:8 - lebih cepat // pada serigala · lebih cepat: Yer 4:13; Yer 4:13
· pada serigala: Kej 49:27; Kej 49:27
· mengumpulkan tawanan: Hab 2:5
Ref. Silang FULL: Hab 1:10 - dan penguasa-penguasa // berkubu, ditimbunkannya · dan penguasa-penguasa: 2Taw 36:6; 2Taw 36:6
· berkubu, ditimbunkannya: Yer 33:4; Yer 33:4
Ref. Silang FULL: Hab 1:11 - seperti angin // dengan mendewakan · seperti angin: Yer 4:11-12
· dengan mendewakan: Dan 4:30; Dan 4:30
· seperti angin: Yer 4:11-12
Ref. Silang FULL: Hab 1:12 - dari dahulu // Yang Mahakudus // akan mati // telah Kautetapkan // Gunung Batu · dari dahulu: Kej 21:33; Kej 21:33
· Yang Mahakudus: Yes 31:1; 37:23
· akan mati: Mazm 118:17
· telah Kautetapkan: Yes 10...
· dari dahulu: Kej 21:33; [Lihat FULL. Kej 21:33]
· Yang Mahakudus: Yes 31:1; 37:23
· akan mati: Mazm 118:17
· telah Kautetapkan: Yes 10:6
· Gunung Batu: Kej 49:24; [Lihat FULL. Kej 49:24]; Kel 33:22; [Lihat FULL. Kel 33:22]
Ref. Silang FULL: Hab 1:13 - terlalu suci // memandang kelaliman // Engkau memandangi // berbuat khianat // dari dia · terlalu suci: Mazm 18:27
· memandang kelaliman: Rat 3:34-36; Rat 3:34 s/d 36
· Engkau memandangi: Hab 1:3
· berbuat khia...
· terlalu suci: Mazm 18:27
· memandang kelaliman: Rat 3:34-36; [Lihat FULL. Rat 3:34] s/d 36
· Engkau memandangi: Hab 1:3