Teks -- 1 Korintus 15:20-23 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Jerusalem: 1Kor 15:1-58 - -- Sementara orang Kristen di Korintus tidak dapat menerima kebangkitan orang-orang mati 1Ko 15:12. Orang-orang Yunani menganggap gagasan kebangkitan seb...
Sementara orang Kristen di Korintus tidak dapat menerima kebangkitan orang-orang mati 1Ko 15:12. Orang-orang Yunani menganggap gagasan kebangkitan sebagai gagasan yang terlalu kasar, Kis 17:32+, sedangkan orang-orang Yahudi dahulu sudah memfirasatkannya,Maz 16:10, Ayu 19:25; Yeh 37:10, dan kemudian dengan tegas mengajarkannya, Dan 12:2,3; 2Ma 7:9. Dengan maksud menentang pendapat orang-orang Korintus yang salah itu, Paulus bertitik tolak ajaran dasari dari pemberitaan Injil, yaitu: peristiwa Paskah: Yesus wafat dan dibangkitkan, 1Ko 14:3-4 (bdk Rom 1:4; Gal 1:2-4; 1Te 1:10, dll). Ajaran itu diuraikan dengan menyebut sejumlah penampakan Yesus yang dibangkitkan, 1Ko 14:5-11, bdk Kis 1:8+. Dengan bertitik tolak demikian Paulus memperlihatkan betapa pendapat orang-orang Korintus itu tidak masuk akal, 1Ko 14:12-34, bdk 1Ko 15:13+. Kristus dibangkitkan sebagai yang sulung dari antara orang-orang mati dan Iapun akan menyebabkan kebangkitan orang-orang lain, 1Ko 14:20-28, bdk Rom 8:11+. Pada akhir uraiannya Paulus menanggapi kesulitan-kesulitan mengenai caranya orang-orang mati akan bangkit, 1Ko 15:35-53. Seluruh pembahasan itu ditutup dengan pengucapan syukur kepada Allah, 1Ko 15:54-57.
Jerusalem: 1Kor 15:22 - dihidupkan kembali Hidup yang dipulihkan tidak hanya hidup jasmani dan badani saja, tetapi juga hidup yang merangkum seluruh manusia: kematian rohani oleh karena dosa di...
Hidup yang dipulihkan tidak hanya hidup jasmani dan badani saja, tetapi juga hidup yang merangkum seluruh manusia: kematian rohani oleh karena dosa diatasi, hidup dipulihkan dalam kebenaran dan kasih. Perlu diperhatikan bahwa kebangkitan yang dimaksudkan di sini hanya kebangkitan orang benar. Kebangkitan orang berdosa disebutkan dalam Yoh 5:29; Kis 24:15; bdk Dan 12:2.
Jerusalem: 1Kor 15:23 - kedatanganNya Ini menterjemahkan kata Yunani "parusia". Adapun kata "parusia" itu berasal dari dunia yang berkebudayaan Yunani dan diambil alih oleh umat Kristen di...
Ini menterjemahkan kata Yunani "parusia". Adapun kata "parusia" itu berasal dari dunia yang berkebudayaan Yunani dan diambil alih oleh umat Kristen di dunia Yunani itu. Dengan itu dimaksudkan kedatangan Kristus kelak dengan mulia dan kuasa pada "HariNya" 1Ko 1:8+, di akhir zaman, Mat 24:3+; bdk juga 1Te 2:19; 3:13; 4:15; 5:23; 2Te 2:1; Yak 5:7,8; 2Pe 1:16; 3:4,12; 1Yo 2:28. Dalam 2Te 2:8,9 istilah yang sama dikenakan pada kedatangan si Pendurhaka. Bandingkanlah istilah yang searti "penyataan", 1Ko 1:7+, dan "penampakan" (terj.: menyatakan diriNya), 1Ti 6:14+.
Ende -> 1Kor 15:20; 1Kor 15:21-22
Ende: 1Kor 15:20 - Jang sulung Djika seseorang dinamakan "jang sulung", biasanja ia beradik.
Demikian, kalau dikatakan bahwa Ia dibangkitkan sebagai "jang sulung", maka ada
saudara-...
Djika seseorang dinamakan "jang sulung", biasanja ia beradik. Demikian, kalau dikatakan bahwa Ia dibangkitkan sebagai "jang sulung", maka ada saudara-saudaraNja (adik-adikNja) jang menjusul, jaitu umatNja.
Dan ini lagi: menurut hukum Jahudi buah-buah jang sulung (jang pertama-tama) dari segala tanaman harus dipersembahkan kepada Allah. Dengan itu seluruh panen dianggap sutji dan menaruh berkat. Demikian seluruh umat Kristus mendjadi kudus berkat kurban Jesus, sehingga mereka akan turut dibangkitkan.
Ende: 1Kor 15:21-22 - -- Pertentangan antara Adam dan Kristus, lebih landjut diuraikan dalam Rom 5:12-19.
Jang hendak ditekankan disini, ialah, bahwa dosa jang dibuat oleh seo...
Pertentangan antara Adam dan Kristus, lebih landjut diuraikan dalam Rom 5:12-19. Jang hendak ditekankan disini, ialah, bahwa dosa jang dibuat oleh seorang manusia tertentu, jang mewakili seluruh bangsa manusia sebagai bapak- asalnja menurut rentjana Allah harus disilih dan dihapuskan oleh seorang manusia jang mewakili seluruh bangsa manusia pula, jang mendjadi pokok-pangkal hidup baru.
Ref. Silang FULL: 1Kor 15:20 - orang mati // yang sulung // telah meninggal · orang mati: 1Pet 1:3
· yang sulung: 1Kor 15:23; Kis 26:23; Kis 26:23
· telah meninggal: 1Kor 15:6,18; Mat 9:24; Mat 9:24
· orang mati: 1Pet 1:3
· yang sulung: 1Kor 15:23; Kis 26:23; [Lihat FULL. Kis 26:23]
· telah meninggal: 1Kor 15:6,18; Mat 9:24; [Lihat FULL. Mat 9:24]
Ref. Silang FULL: 1Kor 15:21 - orang manusia // orang mati · orang manusia: Rom 5:12; Rom 5:12
· orang mati: 1Kor 15:12
· orang manusia: Rom 5:12; [Lihat FULL. Rom 5:12]
· orang mati: 1Kor 15:12
Ref. Silang FULL: 1Kor 15:22 - dihidupkan kembali · dihidupkan kembali: Rom 5:14-18; 1Kor 6:14; 1Kor 6:14
· dihidupkan kembali: Rom 5:14-18; 1Kor 6:14; [Lihat FULL. 1Kor 6:14]
Ref. Silang FULL: 1Kor 15:23 - buah sulung // menjadi milik-Nya // waktu kedatangan-Nya · buah sulung: 1Kor 15:20
· menjadi milik-Nya: 1Kor 3:23; 1Kor 3:23
· waktu kedatangan-Nya: 1Kor 15:52; 1Tes 2:19; 1Tes 2:19
· buah sulung: 1Kor 15:20
· menjadi milik-Nya: 1Kor 3:23; [Lihat FULL. 1Kor 3:23]
· waktu kedatangan-Nya: 1Kor 15:52; 1Tes 2:19; [Lihat FULL. 1Tes 2:19]