kecilkan semua  

Teks -- Wahyu 11:1-14 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Dua saksi Allah
11:1 Kemudian diberikanlah kepadaku sebatang buluh, seperti tongkat pengukur rupanya, dengan kata-kata yang berikut: "Bangunlah dan ukurlah Bait Suci Allah dan mezbah dan mereka yang beribadah di dalamnya. 11:2 Tetapi kecualikan pelataran Bait Suci yang di sebelah luar, janganlah engkau mengukurnya, karena ia telah diberikan kepada bangsa-bangsa lain dan mereka akan menginjak-injak Kota Suci empat puluh dua bulan lamanya." 11:3 Dan Aku akan memberi tugas kepada dua saksi-Ku, supaya mereka bernubuat sambil berkabung, seribu dua ratus enam puluh hari lamanya. 11:4 Mereka adalah kedua pohon zaitun dan kedua kaki dian yang berdiri di hadapan Tuhan semesta alam. 11:5 Dan jikalau ada orang yang hendak menyakiti mereka, keluarlah api dari mulut mereka menghanguskan semua musuh mereka. Dan jikalau ada orang yang hendak menyakiti mereka, maka orang itu harus mati secara itu. 11:6 Mereka mempunyai kuasa menutup langit, supaya jangan turun hujan selama mereka bernubuat; dan mereka mempunyai kuasa atas segala air untuk mengubahnya menjadi darah, dan untuk memukul bumi dengan segala jenis malapetaka, setiap kali mereka menghendakinya. 11:7 Dan apabila mereka telah menyelesaikan kesaksian mereka, maka binatang yang muncul dari jurang maut, akan memerangi mereka dan mengalahkan serta membunuh mereka. 11:8 Dan mayat mereka akan terletak di atas jalan raya kota besar, yang secara rohani disebut Sodom dan Mesir, di mana juga Tuhan mereka disalibkan. 11:9 Dan orang-orang dari segala bangsa dan suku dan bahasa dan kaum, melihat mayat mereka tiga setengah hari lamanya dan orang-orang itu tidak memperbolehkan mayat mereka dikuburkan. 11:10 Dan mereka yang diam di atas bumi bergembira dan bersukacita atas mereka itu dan berpesta dan saling mengirim hadiah, karena kedua nabi itu telah merupakan siksaan bagi semua orang yang diam di atas bumi. 11:11 Tiga setengah hari kemudian masuklah roh kehidupan dari Allah ke dalam mereka, sehingga mereka bangkit dan semua orang yang melihat mereka menjadi sangat takut. 11:12 Dan orang-orang itu mendengar suatu suara yang nyaring dari sorga berkata kepada mereka: "Naiklah ke mari!" Lalu naiklah mereka ke langit, diselubungi awan, disaksikan oleh musuh-musuh mereka. 11:13 Pada saat itu terjadilah gempa bumi yang dahsyat dan sepersepuluh bagian dari kota itu rubuh, dan tujuh ribu orang mati oleh gempa bumi itu dan orang-orang lain sangat ketakutan, lalu memuliakan Allah yang di sorga. 11:14 Celaka yang kedua sudah lewat: lihatlah, celaka yang ketiga segera menyusul.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Mesir descendants of Mizraim
 · Sodom an ancient town somewhere in the region of the Dead Sea that God destroyed with burning sulphur,a town 25 km south of Gomorrah and Masada


Topik/Tema Kamus: Malaikat | Lihat, Penglihatan | Nabi | Wahyu | Pohon Zaitun | Nubuat | Orang Asing Yang Tinggal Di Negeri Israel | Orang Bukan Yahudi | Perang | Gempa Bumi | Aniaya, Penganiayaan | Sodom | Gelar Dan Nama Yang Diberikan; Kepada Roh Kudus | Air Di Bawah | Kaki Kabung | Kota | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Why 11:1 - UKURLAH BAIT SUCI ALLAH. Nas : Wahy 11:1 Pasal Wahy 11:1-19 melanjutkan selingan (dimulai dalam pasal Wahy 10:1-11) yang berbicara mengenai Israel dan Bait Suci dan memberi...

Nas : Wahy 11:1

Pasal Wahy 11:1-19 melanjutkan selingan (dimulai dalam pasal Wahy 10:1-11) yang berbicara mengenai Israel dan Bait Suci dan memberikan penilaian tentang kehidupan rohaninya. Peristiwa-peristiwa yang dicatat di sini terjadi di kota tempat "Tuhan telah disalibkan", yaitu Yerusalem (ayat Wahy 11:8). Pada dasarnya Israel masih berada dalam kondisi tidak percaya selama bagian masa kesengsaraan ini. "Bait Suci Allah" bisa menyirat adanya sebuah Bait Suci di Yerusalem pada saat itu; yang kemudian akan dinajiskan oleh antikristus (lih. Wahy 13:14-15; Dan 9:27; 12:11; 2Tes 2:4;

lihat art. KESENGSARAAN BESAR).

Pengukuran Bait Suci Allah itu menandakan Allah sedang mengukur kondisi rohani umat Yahudi (bd. pasal Yeh 40:1-49; Za 2:1-13).

Full Life: Why 11:2 - MENGINJAK-INJAK KOTA SUCI. Nas : Wahy 11:2 Dalam masa kesengsaraan, Israel dan "Kota Suci" akan ditindas oleh bangsa-bangsa kafir dan akan menderita luar biasa selama 42 bula...

Nas : Wahy 11:2

Dalam masa kesengsaraan, Israel dan "Kota Suci" akan ditindas oleh bangsa-bangsa kafir dan akan menderita luar biasa selama 42 bulan

(lihat cat. --> Luk 21:24).

[atau ref. Luk 21:24]

Israel akan dihakimi secara keras karena penolakannya terhadap Kristus dan percabulan mereka seperti Sodom (ayat Wahy 11:8,13). "Empat puluh dua bulan" barangkali menunjuk kepada tiga setengah tahun terakhir dari masa kesengsaraan itu (bd. Dan 7:25; 12:7;

lihat cat. --> Dan 9:27).

[atau ref. Dan 9:27]

Full Life: Why 11:3 - DUA SAKSI-KU. Nas : Wahy 11:3 Allah akan mengutus dua saksi untuk memberitakan Injil dan bernubuat tentang masa yang akan datang; mereka akan memiliki kuasa adik...

Nas : Wahy 11:3

Allah akan mengutus dua saksi untuk memberitakan Injil dan bernubuat tentang masa yang akan datang; mereka akan memiliki kuasa adikodrati besar (ayat Wahy 11:5-6) dan menjalankan pelayanan mereka dalam kuasa Roh. Mereka akan menjadi ancaman besar kepada antikristus dan segenap dunia yang jahat dalam jangka waktu 1.260 hari dan akan menggagalkan tanda-tanda dan mukjizat-mukjizat yang dibuat oleh para nabi antikristus (Wahy 13:13-14). Dua saksi ini memiliki baik kuasa Musa maupun kuasa Elia

(lihat cat. --> Mal 4:5).

[atau ref. Mal 4:5]

Full Life: Why 11:4 - POHON ZAITUN ... KAKI DIAN. Nas : Wahy 11:4 Dengan cara menggunakan perkataan ini Yohanes mengatakan bahwa dua saksi itu akan diberi kuasa oleh Roh Kudus guna menyatakan teran...

Nas : Wahy 11:4

Dengan cara menggunakan perkataan ini Yohanes mengatakan bahwa dua saksi itu akan diberi kuasa oleh Roh Kudus guna menyatakan terang atau kebenaran Allah

(lihat cat. --> Za 4:2;

lihat cat. --> Za 4:3;

lihat cat. --> Za 4:6;

lihat cat. --> Za 4:7;

lihat cat. --> Za 4:10).

[atau ref. Za 4:2-14]

Full Life: Why 11:7 - BINATANG ... MEMBUNUH MEREKA. Nas : Wahy 11:7 Dua saksi itu dibunuh karena mereka membawa kebenaran Injil dan dengan setia mengecam dosa umat itu. Yerusalem disebut "Sodom" kare...

Nas : Wahy 11:7

Dua saksi itu dibunuh karena mereka membawa kebenaran Injil dan dengan setia mengecam dosa umat itu. Yerusalem disebut "Sodom" karena kebejatannya dan "Mesir" karena keduniawiannya (ayat Wahy 11:8). Binatang tersebut adalah si antikristus (bd. Wahy 13:1; 14:9,11; 15:2; Wahy 16:2; 17:3,13; 19:20; 20:10) atau "manusia durhaka" itu (2Tes 2:3-10). Perhatikanlah bahwa kedua saksi itu tidak dapat dibunuh sebelum mereka menyelesaikan pekerjaannya. Hal ini berlaku bagi semua hamba Allah yang tinggal setia kepada-Nya.

Full Life: Why 11:11 - SEMUA ORANG YANG MELIHAT MEREKA MENJADI SANGAT TAKUT. Nas : Wahy 11:11 Karena kebangkitan dua saksi itu (ayat Wahy 11:11-12) dan hukuman Allah (ayat Wahy 11:13), sisa umat Tuhan di Yerusalem akan mener...

Nas : Wahy 11:11

Karena kebangkitan dua saksi itu (ayat Wahy 11:11-12) dan hukuman Allah (ayat Wahy 11:13), sisa umat Tuhan di Yerusalem akan menerima berita kedua saksi itu serta memuliakan Allah (ayat Wahy 11:13).

Jerusalem: Why 4:1--16:21 - -- Dalam bab-bab ini dahulu Allah digambarkan duduk di atas takhtaNya di sorga diiringi isi sorga, bab 4. Kemudian pandangan merangkum dunia semesta yang...

Dalam bab-bab ini dahulu Allah digambarkan duduk di atas takhtaNya di sorga diiringi isi sorga, bab 4. Kemudian pandangan merangkum dunia semesta yang nasibnya diserahkan kepada Anak Domba. Ini dilambangkan oleh Kitab yang dimeterai, yang diserahkan kepada Anak Domba, bab 5. Lalu menyusullah berbagai penglihatan besar yang berupa lambang. Penglihatan-penglihatan itu, bab 6-16, menyiapkan "Hari Besar", yakni hari murka Allah menimpa para penganiaya, bab 17-19.

Jerusalem: Why 11:1 - dengan kata-kata yang berikut Var: dan malaikat itu berkata sambil berdiri

Var: dan malaikat itu berkata sambil berdiri

Jerusalem: Why 11:1 - Bait Suci Allah Bait Allah yang menjadi pusat Kota Suci Yerusalem itu, Wah 11:2, mengibaratkan Gereja, 1Ko 3:16-17+; Wah 20:9; 21:1+. Ia "diukur", bdk Yer 31:39; Yeh ...

Bait Allah yang menjadi pusat Kota Suci Yerusalem itu, Wah 11:2, mengibaratkan Gereja, 1Ko 3:16-17+; Wah 20:9; 21:1+. Ia "diukur", bdk Yer 31:39; Yeh 41:1-6; Zak 2:5-9, artinya: orang-orang Kristen yang dikelilingi orang-orang yang mengenal Allah, Wah 11:2, akan terluput, bdk Wah 7:4; 14:1-5, seperti "Sisa Israel", Yes 4:3; 6:13; 7:3; 10:19-21; 28:5-6; Amo 3:12; 5:15; 9:8-10; bdk Mik 4:7; 5:2; Zef 2:7,9; 3:12; Yer 3:13; 5:18; Yeh 5:3.

Jerusalem: Why 11:2 - empat puluh dua bulan Bdk Wah 13:5. Sejak Dan 7:25 jangka waktu (tiga setengah tahun) itu menjadi jangka waktu lambang segala penganiayaan, bdk Luk 4:25; Yak 5:17. Yang dim...

Bdk Wah 13:5. Sejak Dan 7:25 jangka waktu (tiga setengah tahun) itu menjadi jangka waktu lambang segala penganiayaan, bdk Luk 4:25; Yak 5:17. Yang dimaksudkan di sini ialah penganiayaan Gereja, dari pihak pemerintah Roma (Binatang yang disebut dalam bab 13; Wah 17:10-14).

Jerusalem: Why 11:4 - -- Dalam Zak 4:3,14 kedua pohon zaitun itu melambangkan Yosua dan Zerubabel, masing-masing pemimpin agama dan politik dari umat yang kembali dari pembuan...

Dalam Zak 4:3,14 kedua pohon zaitun itu melambangkan Yosua dan Zerubabel, masing-masing pemimpin agama dan politik dari umat yang kembali dari pembuangan. Mereka juga membangun kembali Bait Allah di Yerusalem. Di sini pohon-pohon itu agaknya mengibaratkan dua tokoh yang bertugas membangun Bait Allah yang baru, yakni Gereja Kristus. Kedua tokoh itu dalam Wah 11:5-6,11-12 digambarkan serupa dengan Musa dan Elia, bdk Mat 17:3 dsj+. Tidak dapat diketahui lagi siapa kedua tokoh itu. Kerap kali diartikan: Petrus dan Paulus yang mati terbunuh di zaman Kaisar Nero, Wah 11:7-8.

Jerusalem: Why 11:7 - -- Binatang yang muncul dari jurang maut itu ialah Kaisar Nero, bdk Wah 13:1,18; 17:8 serta catatan-catatan, yang melambangkan Antikristus.

Binatang yang muncul dari jurang maut itu ialah Kaisar Nero, bdk Wah 13:1,18; 17:8 serta catatan-catatan, yang melambangkan Antikristus.

Jerusalem: Why 11:8 - kota besar Ialah kota Babel, yaitu Roma, Wah 14:8; 16:19; 17:5,18; 18:2,10,12. Ia disebut "Sodom" dan "Mesir" oleh karena kedua kejahatannya yang terbesar: kemes...

Ialah kota Babel, yaitu Roma, Wah 14:8; 16:19; 17:5,18; 18:2,10,12. Ia disebut "Sodom" dan "Mesir" oleh karena kedua kejahatannya yang terbesar: kemesuman (Sodom) dan penganiayaan orang-orang percaya (Mesir), bdk Wah 17:4-6. Di sini ia juga diserupakan dengan Yerusalem, yang tidak hanya Kota Suci, Wah 11;1, tetapi juga "pembunuh nabi-nabi", Mat 23:37.

Jerusalem: Why 11:12 - orang-orang itu mendengar Var: aku mendengar.

Var: aku mendengar.

Jerusalem: Why 11:13 - tujuh ribu Lambang berupa itu berarti: jumlah besar (1.000) orang dari semua (7) golongan.

Lambang berupa itu berarti: jumlah besar (1.000) orang dari semua (7) golongan.

Jerusalem: Why 11:14 - -- Penggambaran yang terputus dalam Wah 9:21, sekarang diteruskan. Bencana kedua dilukiskan dalam Wah 9:15-19.Bencana ketiga ialah jatuhnya Babel (Roma) ...

Penggambaran yang terputus dalam Wah 9:21, sekarang diteruskan. Bencana kedua dilukiskan dalam Wah 9:15-19.Bencana ketiga ialah jatuhnya Babel (Roma) yang disajikan dalam bab 17.

Ende: Why 11:1 - Tongkat pengukur Lambang diambil dari Zak 2:5, untuk menentukan suatu lapangan dimana orang beriman terlindung terhadap malapetaka-malapetaka jang akan menimpa bumi.

Lambang diambil dari Zak 2:5, untuk menentukan suatu lapangan dimana orang beriman terlindung terhadap malapetaka-malapetaka jang akan menimpa bumi.

Ende: Why 11:2 - -- 42 Bulan 1260 hari (Wah 11:3) sama dengan 3 setengah tahun, adalah angka tidak bulat, djadi melambangkan suatu waktu jang tidak genap dan pasti habisn...

42 Bulan 1260 hari (Wah 11:3) sama dengan 3 setengah tahun, adalah angka tidak bulat, djadi melambangkan suatu waktu jang tidak genap dan pasti habisnja.

Ende: Why 11:3 - Dua saksiku Tokoh-tokoh bersedjarah mana jang dimaksudkan sukar untuk diduga. Genap fasal ini sangat kabur.

Tokoh-tokoh bersedjarah mana jang dimaksudkan sukar untuk diduga. Genap fasal ini sangat kabur.

Ende: Why 11:7 - Bintang Barangkali jang dimaksudkan ialah kaisar Nero.

Barangkali jang dimaksudkan ialah kaisar Nero.

Ende: Why 11:8 - Kota ini barangkali Roma.

ini barangkali Roma.

Ref. Silang FULL: Why 11:1 - tongkat pengukur · tongkat pengukur: Yeh 40:3; Wahy 21:15

· tongkat pengukur: Yeh 40:3; Wahy 21:15

Ref. Silang FULL: Why 11:2 - sebelah luar // bangsa-bangsa lain // Kota Suci // dua bulan · sebelah luar: Yeh 40:17,20 · bangsa-bangsa lain: Luk 21:24 · Kota Suci: Wahy 21:2; Wahy 21:2 · dua bulan: Wahy 11:3; Dan...

· sebelah luar: Yeh 40:17,20

· bangsa-bangsa lain: Luk 21:24

· Kota Suci: Wahy 21:2; [Lihat FULL. Wahy 21:2]

· dua bulan: Wahy 11:3; Dan 7:25; 12:7; Wahy 12:6,14; 13:5

Ref. Silang FULL: Why 11:3 - dua saksi-Ku // sambil berkabung // puluh hari · dua saksi-Ku: Wahy 1:5; 2:13 · sambil berkabung: Kej 37:34; 2Sam 3:31; Neh 9:1; Yun 3:5 · puluh hari: Wahy 11:2; Wahy 11:2

· dua saksi-Ku: Wahy 1:5; 2:13

· sambil berkabung: Kej 37:34; 2Sam 3:31; Neh 9:1; Yun 3:5

· puluh hari: Wahy 11:2; [Lihat FULL. Wahy 11:2]

Ref. Silang FULL: Why 11:4 - pohon zaitun // semesta alam · pohon zaitun: Mazm 52:10; Yer 11:16; Za 4:3,11 · semesta alam: Za 4:14

· pohon zaitun: Mazm 52:10; Yer 11:16; Za 4:3,11

· semesta alam: Za 4:14

Ref. Silang FULL: Why 11:5 - semua musuh // harus mati · semua musuh: 2Sam 22:9; 2Raj 1:10; Yer 5:14; Wahy 9:17,18 · harus mati: Bil 16:29,35

· semua musuh: 2Sam 22:9; 2Raj 1:10; Yer 5:14; Wahy 9:17,18

· harus mati: Bil 16:29,35

Ref. Silang FULL: Why 11:6 - menutup langit // mereka bernubuat // menjadi darah · menutup langit: Luk 4:25; Luk 4:25 · mereka bernubuat: Wahy 11:3 · menjadi darah: Kel 7:17,19; Wahy 8:8

· menutup langit: Luk 4:25; [Lihat FULL. Luk 4:25]

· mereka bernubuat: Wahy 11:3

· menjadi darah: Kel 7:17,19; Wahy 8:8

Ref. Silang FULL: Why 11:7 - maka binatang // jurang maut // memerangi mereka · maka binatang: Wahy 13:1-4 · jurang maut: Luk 8:31; Luk 8:31 · memerangi mereka: Dan 7:21; Wahy 13:7

· maka binatang: Wahy 13:1-4

· jurang maut: Luk 8:31; [Lihat FULL. Luk 8:31]

· memerangi mereka: Dan 7:21; Wahy 13:7

Ref. Silang FULL: Why 11:8 - kota besar // disebut Sodom // mereka disalibkan · kota besar: Wahy 16:19 · disebut Sodom: Yes 1:9; Yer 23:14; Yeh 16:46 · mereka disalibkan: Ibr 13:12

· kota besar: Wahy 16:19

· disebut Sodom: Yes 1:9; Yer 23:14; Yeh 16:46

· mereka disalibkan: Ibr 13:12

Ref. Silang FULL: Why 11:9 - dan kaum // mereka dikuburkan · dan kaum: Wahy 13:7; Wahy 13:7 · mereka dikuburkan: Mazm 79:2,3

· dan kaum: Wahy 13:7; [Lihat FULL. Wahy 13:7]

· mereka dikuburkan: Mazm 79:2,3

Ref. Silang FULL: Why 11:10 - atas bumi // mengirim hadiah · atas bumi: Wahy 3:10; Wahy 3:10 · mengirim hadiah: Neh 8:11,13; Est 9:19,22

· atas bumi: Wahy 3:10; [Lihat FULL. Wahy 3:10]

· mengirim hadiah: Neh 8:11,13; Est 9:19,22

Ref. Silang FULL: Why 11:11 - setengah hari // dalam mereka · setengah hari: Wahy 11:9 · dalam mereka: Yeh 37:5,9,10,14

· setengah hari: Wahy 11:9

· dalam mereka: Yeh 37:5,9,10,14

Ref. Silang FULL: Why 11:12 - ke mari // diselubungi awan · ke mari: Wahy 4:1 · diselubungi awan: 2Raj 2:11; Kis 1:9

· ke mari: Wahy 4:1

· diselubungi awan: 2Raj 2:11; Kis 1:9

Ref. Silang FULL: Why 11:13 - gempa bumi // lalu memuliakan // di sorga · gempa bumi: Wahy 6:12; Wahy 6:12 · lalu memuliakan: Wahy 14:7; 16:9; 19:7 · di sorga: Wahy 16:11

· gempa bumi: Wahy 6:12; [Lihat FULL. Wahy 6:12]

· lalu memuliakan: Wahy 14:7; 16:9; 19:7

· di sorga: Wahy 16:11

Ref. Silang FULL: Why 11:14 - segera menyusul · segera menyusul: Wahy 8:13; Wahy 8:13

· segera menyusul: Wahy 8:13; [Lihat FULL. Wahy 8:13]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Why 11:1 - -- 11:1 Kemudian diberikanlah kepadaku sebatang buluh, seperti tongkat pengukur rupanya, dengan kata-kata yang berikut: "Bangunlah dan ukurlah Bait Suci4...

11:1 Kemudian diberikanlah kepadaku sebatang buluh, seperti tongkat pengukur rupanya, dengan kata-kata yang berikut: "Bangunlah dan ukurlah Bait Suci402 Allah dan mezbah dan mereka yang beribadah di dalamnya.

Oleh karena ada beberapa nubuatan mengenai Bait Suci di bumi pada akhir zaman,403 maka penafsir yang tidak mau menggunakan banyak lambang berpendapat bahwa pada akhir zaman Bait Allah akan dibangun kembali di Yerusalem.

Kegiatan ini mirip dengan apa yang diceritakan di dalam Zakharia 2; Yehezkiel 40:5; dan Wahyu 21:15-17. Demikian pengamatan tentang apa yang terjadi. Tentang makna dibaliknya, masih perlu dipertimbangkan. Mengapa Firman Allah menceritakan peristiwa ini? Apakah gunanya, sehingga para pembaca harus mengetahui bahwa peristiwa ini akan terjadi? Menurut Walvoord404 arti pengukuran ini adalah, bahwa Bait Suci dan penyembah yang di dalamnya dimiliki oleh Allah, dan bahwa mereka yang berbakti di sana akan dihakimi oleh Allah. Menurut Ryrie405, pengukuran ini berarti Allah mengetahui apa yang akan terjadi bagi umat-Nya, dan Dia menentukan batasnya. Menurut Ladd406, pengukuran ini menunjuk pada perlindungan Allah.

Hagelberg: Why 8:7--11:19 - -- 2. Ketujuh Sangkakala (8:7-11:19) Beasley-Murray356 menguraikan bahwa hukuman ketujuh sangkakala sejajar dengan kesepuluh tulah dalam Keluaran 7-11. H...

2. Ketujuh Sangkakala (8:7-11:19)

Beasley-Murray356 menguraikan bahwa hukuman ketujuh sangkakala sejajar dengan kesepuluh tulah dalam Keluaran 7-11. Hubungan tersebut diuraikan dalam pembahasan nas masing-masing.

a. Keempat Sangkakala Pertama (8:7-12)

Sama seperti keempat segel yang pertama menjadi satu kelompok, demikian juga keempat sangkakala yang pertama menjadi satu kelompok.357

Hukuman-hukuman ini penuh dengan hal yang aneh. Rincian-rinciannya sebaiknya ditafsirkan secara harfiah asal arti harfiah itu masuk akal. Misalnya, dalam 8:10 ada sebuah "bintang besar" yang menimpa bumi. Tidak mungkin ini ditafsirkan secara harfiah, karena bintang beribu-ribu kali lebih besar dari bumi ini. Hal ini merupakan suatu kiasan yang menggambarkan peristiwa yang sangat dahsyat.

Hagelberg: Why 11:1 - -- 11:1 Kemudian diberikanlah kepadaku sebatang buluh, seperti tongkat pengukur rupanya, dengan kata-kata yang berikut: "Bangunlah dan ukurlah Bait Suci4...

11:1 Kemudian diberikanlah kepadaku sebatang buluh, seperti tongkat pengukur rupanya, dengan kata-kata yang berikut: "Bangunlah dan ukurlah Bait Suci402 Allah dan mezbah dan mereka yang beribadah di dalamnya.

Oleh karena ada beberapa nubuatan mengenai Bait Suci di bumi pada akhir zaman,403 maka penafsir yang tidak mau menggunakan banyak lambang berpendapat bahwa pada akhir zaman Bait Allah akan dibangun kembali di Yerusalem.

Kegiatan ini mirip dengan apa yang diceritakan di dalam Zakharia 2; Yehezkiel 40:5; dan Wahyu 21:15-17. Demikian pengamatan tentang apa yang terjadi. Tentang makna dibaliknya, masih perlu dipertimbangkan. Mengapa Firman Allah menceritakan peristiwa ini? Apakah gunanya, sehingga para pembaca harus mengetahui bahwa peristiwa ini akan terjadi? Menurut Walvoord404 arti pengukuran ini adalah, bahwa Bait Suci dan penyembah yang di dalamnya dimiliki oleh Allah, dan bahwa mereka yang berbakti di sana akan dihakimi oleh Allah. Menurut Ryrie405, pengukuran ini berarti Allah mengetahui apa yang akan terjadi bagi umat-Nya, dan Dia menentukan batasnya. Menurut Ladd406, pengukuran ini menunjuk pada perlindungan Allah.

Hagelberg: Why 6:1--20:3 - -- B. Masa Kesengsaraan (6:1-20:3) Bentuk Bagian Ini Bentuk bagian yang mengisahkan masa kesengsaraan ini menarik. Ada tujuh segel, tujuh sangkakala, dan...

B. Masa Kesengsaraan (6:1-20:3)

Bentuk Bagian Ini

Bentuk bagian yang mengisahkan masa kesengsaraan ini menarik. Ada tujuh segel, tujuh sangkakala, dan tujuh cawan. (Mungkinkah Mazmur 79:12, yang berkata, "Dan balikkanlah ke atas pangkuan tetangga kami tujuh kali lipat cela yang telah didatangkan kepada-Mu, ya Tuhan!" melatarbelakangi hukuman tujuh segel, tujuh sangkakala, dan tujuh cawan?) Segel, sangkakala, dan cawan ini merupakan kerangka atau garis besar dari bagian ini. Enam segel itu dibuka Tuhan, disertai hukuman atas bumi. Lalu segel yang ketujuh terdiri dari tujuh sangkakala.299 Keenam sangkakala pertama diceritakan, lalu yang ketujuh terdiri dari tujuh cawan. Struktur ini menekankan dahsyatnya hukuman atas "mereka yang diam di bumi". Segel yang ketujuh merupakan ketujuh sangkakala, dan sangkakala yang ketujuh merupakan ketujuh cawan.300 Jadi, sesudah "yang diam di bumi" mengalami hukuman-hukuman dahsyat yang mulai dari segel yang pertama sampai dengan segel yang keenam, mungkin mereka akan berpikir, "Tinggal hanya satu hukuman lagi, bukankah ada tujuh segel?" Tetapi mereka akan heran, sebab yang "satu" lagi itu terdiri dari tujuh hukuman lagi, yang ditandai dengan tujuh sangkakala. Lalu, sesudah hukuman-hukuman dari enam sangkakala, mungkin mereka akan berpikir, "Akhirnya, hanya satu hukuman lagi..." tetapi mereka akan heran, karena yang "satu" lagi itu terdiri dari tujuh hukuman lagi, yang disebut tujuh cawan.301

Struktur ini menekankan betapa dahsyatnya hukuman-hukuman itu. Selain itu, ternyata segel, sangkakala, dan cawan menjadi garis besar, kerangka, atau "rantai" kisah ini. Selain "rantai kisah" ini ada beberapa hal lain yang juga disisipkan. Setiap "tambahan" ini juga merupakan dorongan untuk ketujuh jemaat itu.

Bagian ini menceritakan "Masa Kesengsaraan", yang merupakan "minggu" yang ke-70 dalam Kitab Daniel pasal 9, suatu masa yang berkelanjutan tujuh tahun. Di antara nas-nas yang lain, Amos 5:18-20 menceritakan kesengsaraan yang akan dialami umat Israel pada masa itu.

Menurut tafsiran lain, keenam segel dalam Wahyu 6 melambangkan masa ini, "zaman gereja", yang penuh dengan peperangan dan penderitaan seperti dikatakan di dalam Markus 13:5-13 ("Semua itu barulah permulaan penderitaan menjelang zaman baru").

Tetapi paham tersebut agak sulit diterima, kalau kita membaca 6:8, "Dan kepada mereka diberikan kuasa atas seperempat dari bumi untuk membunuh dengan pedang dan dengan kelaparan dan sampar, dan dengan binatang-binatang buas yang ada di bumi." Jadi kalau segel yang keempat dibuka, paling tidak kira-kira satu milyar orang akan dibunuh. Itu bukan zaman sekarang. Alasan lain berkaitan dengan permintaan Tuhan Yesus, yang disebutkan dalam Wahyu 5 dan Mazmur 2:8. Seandainya enam segel itu menceritakan keadaan kita dalam "zaman gereja", artinya gulungan kitab itu sudah diminta Tuhan, dan segel itu sedang dibuka. Dengan demikian, menurut tafsiran tersebut, pembukaan enam segel menghabiskan waktu 2000 tahun, tetapi tujuh sangkakala dan tujuh cawan hanya makan waktu kurang dari tiga tahun. Ini tidak mustahil, tetapi agak aneh.

Lebih baik, sesuai dengan dahsyatnya pembukaan segel dan kepentingan pengambilan gulungan kitab, pengambilan gulungan kitab dianggap permulaan Masa Kesengsaraan, dan pembukaan segel dianggap sebagai sebagian dari hukuman Allah atas "yang diam di bumi" pada Masa Kesengsaraan. Hukuman yang dahsyat harus mendahului pendirian Kerajaan Allah di bumi, sangat jelas dalam Amos 5:18-20 dan Yesaya 2:12-21.

Isi Bagian Ini

Dari segi isi (bukan bentuk), bagian ini ada kesamaannya dengan Markus 13 (juga Matius 24 dan Lukas 21), saat Tuhan Yesus bernubuat mengenai akhir zaman. Beasley-Murray302 mencatat kesamaan-kesamaan tersebut sebagai berikut:

Markus 13

Wahyu 6

1. Perang-perang

1. Perang-perang

2. Perselisihan inter-

nasional

2. Perselisihan inter-

nasional

3. Gempa bumi

3. Kelaparan

4. Kelaparan

4. Wabah/sampar

5. Penganiayaan

5. Penganiayaan

6. Gerhana, bintang

berjatuhan,

goncangan

kuasa-kuasa langit

6. Gempa bumi, gerhana,

bintang berjatuhan,

pembesar bersembunyi

di gua, langit menyusut

Hagelberg: Why 4:1--22:21 - -- III. Bagian Ketiga: \"... apa yang akan terjadi sesudah ini...\" (4:1-22:21) Dengan membandingkan Wahyu 1:19 ("Tuliskanlah... apa yang akan terjadi s...

III. Bagian Ketiga: \"... apa yang akan terjadi sesudah ini...\" (4:1-22:21)

Dengan membandingkan Wahyu 1:19 ("Tuliskanlah... apa yang akan terjadi sesudah ini") dan 4:1 ("Naiklah kemari dan Aku akan menunjuk kepadamu apa yang harus terjadi sesudah ini") kita mengetahui bahwa pasal 4 merupakan permulaan dari bagian ketiga. Bagian ketiga ini akan menceritakan "apa yang akan/harus terjadi sesudah" hal-hal mengenai ketujuh jemaat. Apa yang dibahas dalam pasal 1-3 sudah terjadi. Ketujuh jemaat itu sudah tidak ada lagi, sedangkan apa yang digambarkan dalam pasal 4-22 belum terjadi.

Fungsi bagian ini:

Memang Tuhan Yesus sudah menjanjikan pahala yang indah dan hebat kepada yang setia, kepada "barangsiapa yang menang", kepada "yang menuruti apa yang tertulis di dalam" Kitab Wahyu. Dalam bagian ketiga ini dibuktikan bahwa janji-janji itu bukan omong kosong, tetapi Dia mampu menggenapi janji-Nya, karena Dia akan mengalahkan musuh-Nya dan mendirikan Kerajaan-Nya. Juga, mereka yang menganiaya anggota jemaat Kristus akan dikalahkan oleh Raja atas segala raja, sehingga mereka yang dianiaya akan dihibur dan didorong untuk setia di dalam penganiayaan.

Struktur bagian ini:

Struktur bagian ini dapat dibagi ke dalam beberapa bagian, sebagai berikut:

Visi Takhta sebagai Pendahuluan, 4:1-5:14

Masa Kesengsaraan, 6:1-20:3

Kerajaan Seribu Tahun, 20:4-15

Yerusalem yang Baru, 21:1-22:5

Penjelasan Akhir dari Penglihatan, 22:6-17

Bagian Penutup dari Kitab, 22:18-21

Hagelberg: Why 11:2 - -- 11:2 Tetapi kecualikan pelataran Bait Suci yang di sebelah luar, janganlah engkau mengukurnya, karena ia telah diberikan kepada bangsa-bangsa lain dan...

11:2 Tetapi kecualikan pelataran Bait Suci yang di sebelah luar, janganlah engkau mengukurnya, karena ia telah diberikan kepada bangsa-bangsa lain dan mereka akan menginjak-injak Kota Suci empat puluh dua bulan lamanya.

Yohanes disuruh mengukur Bait Suci, tetapi bukan pelataran Bait Suci, dengan alasan bahwa bagian itu telah diserahkan kepada bangsa-bangsa, dan bahwa mereka akan menginjak-injak Kota Suci empat puluh dua bulan lamanya. Tuhan Yesus juga memakai kata yang mirip dengan ini dalam Lukas 21:24. Dalam ayat ini disebutkan jangka waktu empat puluh dua bulan. Masa ini adalah separuh dari "satu kali tujuh masa", yaitu tiga setengah tahun, yang dinubuatkan dalam Kitab Daniel 9:27. Masa Kesengsaraan yang diceritakan dalam Kitab Wahyu dan Daniel pasal 9 akan berlangsung tujuh tahun, dan masa ini adalah separuh dari masa itu. Selama masa itu, pelataran Bait Suci tidak mendapat perlindungan yang dilambangkan dengan pengukuran tersebut di atas.

Hagelberg: Why 11:2 - -- 11:2 Tetapi kecualikan pelataran Bait Suci yang di sebelah luar, janganlah engkau mengukurnya, karena ia telah diberikan kepada bangsa-bangsa lain dan...

11:2 Tetapi kecualikan pelataran Bait Suci yang di sebelah luar, janganlah engkau mengukurnya, karena ia telah diberikan kepada bangsa-bangsa lain dan mereka akan menginjak-injak Kota Suci empat puluh dua bulan lamanya.

Yohanes disuruh mengukur Bait Suci, tetapi bukan pelataran Bait Suci, dengan alasan bahwa bagian itu telah diserahkan kepada bangsa-bangsa, dan bahwa mereka akan menginjak-injak Kota Suci empat puluh dua bulan lamanya. Tuhan Yesus juga memakai kata yang mirip dengan ini dalam Lukas 21:24. Dalam ayat ini disebutkan jangka waktu empat puluh dua bulan. Masa ini adalah separuh dari "satu kali tujuh masa", yaitu tiga setengah tahun, yang dinubuatkan dalam Kitab Daniel 9:27. Masa Kesengsaraan yang diceritakan dalam Kitab Wahyu dan Daniel pasal 9 akan berlangsung tujuh tahun, dan masa ini adalah separuh dari masa itu. Selama masa itu, pelataran Bait Suci tidak mendapat perlindungan yang dilambangkan dengan pengukuran tersebut di atas.

Hagelberg: Why 11:3 - -- 11:3 Dan Aku akan memberi tugas kepada dua saksi-Ku, supaya mereka bernubuat sambil berkabung, seribu dua ratus enam puluh hari lamanya."407 Mengenai ...

11:3 Dan Aku akan memberi tugas kepada dua saksi-Ku, supaya mereka bernubuat sambil berkabung, seribu dua ratus enam puluh hari lamanya."407

Mengenai apa hubungan antara pengukuran Bait Suci, 11:1-2, dan pelayanan dua saksi, 11:3-14, masih kurang jelas. Pelayanan mereka berlanjut hingga tiga setengah tahun. Pakaian mereka menegaskan peranan mereka sebagai nabi (Zakharia 13:4) yang memanggil orang untuk bertobat (Yeremia 4:8 dan Matius 11:21).

Identitas mereka dibahas panjang lebar, tetapi tidak dapat dipastikan. Oleh karena Maleakhi 4:5, yang berkata, "Sesungguhnya Aku akan mengutus Nabi Elia kepadamu menjelang datangnya hari Tuhan yang dahsyat dan besar itu", maka ada penafsir yang berpikir bahwa Elia menjadi salah satu dari saksi Allah. Musa juga dicalonkan. Mungkin juga mereka adalah orang biasa yang diangkat untuk tugas tersebut pada zaman itu. Pelayanan dua saksi ini mengikuti pola Musa dan Elia, sesuai dengan yang dilukiskan dalam pasal 11:6, saat mereka berdua memakai kuasa yang dipakai oleh Musa dan Elia.

Namun Bauckham408 menguraikan suatu pendekatan yang sangat menarik mengenai dua saksi ini. Menurut dia, kisah dua saksi ini merupakan suatu perumpamaan yang dimaksudkan untuk mendorong umat Allah dalam melaksanakan tugasnya sebagai saksi/nabi dengan memanggil suku-suku bangsa supaya bertobat. Mereka dilindungi selama kesaksiannya harus berlangsung, tetapi mereka juga mati syahid pada saat yang ditentukan oleh Tuhan sendiri. Menurut Bauckham, pertobatan yang pada umumnya tidak membawa hasil dalam pelayanan nabi-nabi sebelumnya, akhirnya akan sangat berhasil berkat kesaksian umat Allah yang disertai dengan hukuman-hukuman Allah yang dahsyat. Keberhasilan kesaksian umat Allah diceritakan dalam pasal 11:13. Kesaksian dan penderitaan ataupun kesyahidan umat Allah merupakan suatu tema yang pokok dalam tambahan yang lain,409 maka tidak aneh kalau tambahan ini juga menceritakan kesaksian dan penderitaan umat Allah.

Hagelberg: Why 11:3 - -- 11:3 Dan Aku akan memberi tugas kepada dua saksi-Ku, supaya mereka bernubuat sambil berkabung, seribu dua ratus enam puluh hari lamanya."407 Mengenai ...

11:3 Dan Aku akan memberi tugas kepada dua saksi-Ku, supaya mereka bernubuat sambil berkabung, seribu dua ratus enam puluh hari lamanya."407

Mengenai apa hubungan antara pengukuran Bait Suci, 11:1-2, dan pelayanan dua saksi, 11:3-14, masih kurang jelas. Pelayanan mereka berlanjut hingga tiga setengah tahun. Pakaian mereka menegaskan peranan mereka sebagai nabi (Zakharia 13:4) yang memanggil orang untuk bertobat (Yeremia 4:8 dan Matius 11:21).

Identitas mereka dibahas panjang lebar, tetapi tidak dapat dipastikan. Oleh karena Maleakhi 4:5, yang berkata, "Sesungguhnya Aku akan mengutus Nabi Elia kepadamu menjelang datangnya hari Tuhan yang dahsyat dan besar itu", maka ada penafsir yang berpikir bahwa Elia menjadi salah satu dari saksi Allah. Musa juga dicalonkan. Mungkin juga mereka adalah orang biasa yang diangkat untuk tugas tersebut pada zaman itu. Pelayanan dua saksi ini mengikuti pola Musa dan Elia, sesuai dengan yang dilukiskan dalam pasal 11:6, saat mereka berdua memakai kuasa yang dipakai oleh Musa dan Elia.

Namun Bauckham408 menguraikan suatu pendekatan yang sangat menarik mengenai dua saksi ini. Menurut dia, kisah dua saksi ini merupakan suatu perumpamaan yang dimaksudkan untuk mendorong umat Allah dalam melaksanakan tugasnya sebagai saksi/nabi dengan memanggil suku-suku bangsa supaya bertobat. Mereka dilindungi selama kesaksiannya harus berlangsung, tetapi mereka juga mati syahid pada saat yang ditentukan oleh Tuhan sendiri. Menurut Bauckham, pertobatan yang pada umumnya tidak membawa hasil dalam pelayanan nabi-nabi sebelumnya, akhirnya akan sangat berhasil berkat kesaksian umat Allah yang disertai dengan hukuman-hukuman Allah yang dahsyat. Keberhasilan kesaksian umat Allah diceritakan dalam pasal 11:13. Kesaksian dan penderitaan ataupun kesyahidan umat Allah merupakan suatu tema yang pokok dalam tambahan yang lain,409 maka tidak aneh kalau tambahan ini juga menceritakan kesaksian dan penderitaan umat Allah.

Hagelberg: Why 11:4 - -- 11:4 Mereka adalah kedua pohon zaitun dan kedua kaki dian yang berdiri di hadapan Tuhan semesta alam. Mereka disebut pohon zaitun dan kaki dian, tanpa...

11:4 Mereka adalah kedua pohon zaitun dan kedua kaki dian yang berdiri di hadapan Tuhan semesta alam.

Mereka disebut pohon zaitun dan kaki dian, tanpa penjelasan, tetapi sebutan ini juga ditunjukkan dalam Zakharia pasal 4. Pendekatan Bauckham yang diuraikan di atas dikuatkan dengan sebutan ini karena dalam Roma pasal 11:17-24 pohon zaitun melambangkan umat Allah.

Sama seperti minyak zaitun membuat pelita supaya menyala, begitu juga dua saksi Allah dapat melayani "Bukan dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan, melainkan dengan Roh-Ku" (Zakharia 4:6). Ayat ini menegaskan bahwa dua saksi ini melayani dalam kuasa Roh Allah.

Lambang kaki dian ini juga merupakan alasan yang kuat untuk menafsirkan dua saksi itu sebagai lambang dari umat Allah, karena dalam pasal 1:20 ketujuh kaki dian itu diartikan sebagai ketujuh jemaat yang kepadanya ketujuh surat itu dikirim.

Hagelberg: Why 11:4 - -- 11:4 Mereka adalah kedua pohon zaitun dan kedua kaki dian yang berdiri di hadapan Tuhan semesta alam. Mereka disebut pohon zaitun dan kaki dian, tanpa...

11:4 Mereka adalah kedua pohon zaitun dan kedua kaki dian yang berdiri di hadapan Tuhan semesta alam.

Mereka disebut pohon zaitun dan kaki dian, tanpa penjelasan, tetapi sebutan ini juga ditunjukkan dalam Zakharia pasal 4. Pendekatan Bauckham yang diuraikan di atas dikuatkan dengan sebutan ini karena dalam Roma pasal 11:17-24 pohon zaitun melambangkan umat Allah.

Sama seperti minyak zaitun membuat pelita supaya menyala, begitu juga dua saksi Allah dapat melayani "Bukan dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan, melainkan dengan Roh-Ku" (Zakharia 4:6). Ayat ini menegaskan bahwa dua saksi ini melayani dalam kuasa Roh Allah.

Lambang kaki dian ini juga merupakan alasan yang kuat untuk menafsirkan dua saksi itu sebagai lambang dari umat Allah, karena dalam pasal 1:20 ketujuh kaki dian itu diartikan sebagai ketujuh jemaat yang kepadanya ketujuh surat itu dikirim.

Hagelberg: Why 11:5 - -- 11:5 Dan jikalau ada orang yang hendak menyakiti mereka, keluarlah api dari mulut mereka menghanguskan semua musuh mereka. Dan jikalau ada orang yang ...

11:5 Dan jikalau ada orang yang hendak menyakiti mereka, keluarlah api dari mulut mereka menghanguskan semua musuh mereka. Dan jikalau ada orang yang hendak menyakiti mereka, maka orang itu harus mati secara itu.

Kuasa yang diberikan kepada mereka mirip sekali dengan apa yang terjadi dalam 2 Raja-raja 1:10-14, saat Elia dilindungi dengan api yang turun dari surga (bukan keluar dari mulutnya).

Hagelberg: Why 11:5 - -- 11:5 Dan jikalau ada orang yang hendak menyakiti mereka, keluarlah api dari mulut mereka menghanguskan semua musuh mereka. Dan jikalau ada orang yang ...

11:5 Dan jikalau ada orang yang hendak menyakiti mereka, keluarlah api dari mulut mereka menghanguskan semua musuh mereka. Dan jikalau ada orang yang hendak menyakiti mereka, maka orang itu harus mati secara itu.

Kuasa yang diberikan kepada mereka mirip sekali dengan apa yang terjadi dalam 2 Raja-raja 1:10-14, saat Elia dilindungi dengan api yang turun dari surga (bukan keluar dari mulutnya).

Hagelberg: Why 11:6 - -- 11:6 Mereka mempunyai kuasa menutup langit, supaya jangan turun hujan selama mereka bernubuat; dan mereka mempunyai kuasa atas segala air untuk mengub...

11:6 Mereka mempunyai kuasa menutup langit, supaya jangan turun hujan selama mereka bernubuat; dan mereka mempunyai kuasa atas segala air untuk mengubahnya menjadi darah, dan untuk memukul bumi dengan segala jenis malapetaka, setiap kali mereka menghendaki-nya.

Dalam 1 Raja-raja 17:1 Elia menutup langit, supaya jangan turun hujan, dan dalam Keluaran pasal 7 air menjadi darah dalam pelayanan Musa. Apa yang dapat dilakukan oleh umat Allah untuk meneguhkan kesaksian bagi bangsa-bangsa adalah sejajar, bahkan lebih dahsyat lagi daripada apa yang dilakukan oleh Musa dan Elia dalam Perjanjian Lama. Musa dan Elia menjadi teladan yang tepat untuk mengisahkan pelayanan kesaksian umat Allah pada akhir zaman.

Bauckham410 mengamati bahwa adanya malapetaka atau hukuman itu sendiri tidak akan membuahkan pertobatan, sebagaimana ditegaskan dalam pasal 9:20-21. Namun demikian, dalam pelayanan "dua saksi" ini ada dua unsur yang tidak ada dalam rantai hukuman segel dan sangkakala, yaitu kematian saksi, dan berita yang mereka beritakan. Malapetaka dari Allah, kalau tidak disertai dengan berita keselamatan, tidak berdaya untuk membawa orang kepada pertobatan.

Hagelberg: Why 11:6 - -- 11:6 Mereka mempunyai kuasa menutup langit, supaya jangan turun hujan selama mereka bernubuat; dan mereka mempunyai kuasa atas segala air untuk mengub...

11:6 Mereka mempunyai kuasa menutup langit, supaya jangan turun hujan selama mereka bernubuat; dan mereka mempunyai kuasa atas segala air untuk mengubahnya menjadi darah, dan untuk memukul bumi dengan segala jenis malapetaka, setiap kali mereka menghendaki-nya.

Dalam 1 Raja-raja 17:1 Elia menutup langit, supaya jangan turun hujan, dan dalam Keluaran pasal 7 air menjadi darah dalam pelayanan Musa. Apa yang dapat dilakukan oleh umat Allah untuk meneguhkan kesaksian bagi bangsa-bangsa adalah sejajar, bahkan lebih dahsyat lagi daripada apa yang dilakukan oleh Musa dan Elia dalam Perjanjian Lama. Musa dan Elia menjadi teladan yang tepat untuk mengisahkan pelayanan kesaksian umat Allah pada akhir zaman.

Bauckham410 mengamati bahwa adanya malapetaka atau hukuman itu sendiri tidak akan membuahkan pertobatan, sebagaimana ditegaskan dalam pasal 9:20-21. Namun demikian, dalam pelayanan "dua saksi" ini ada dua unsur yang tidak ada dalam rantai hukuman segel dan sangkakala, yaitu kematian saksi, dan berita yang mereka beritakan. Malapetaka dari Allah, kalau tidak disertai dengan berita keselamatan, tidak berdaya untuk membawa orang kepada pertobatan.

Hagelberg: Why 11:7 - -- 11:7 Dan apabila mereka telah menyelesaikan kesaksian mereka, maka binatang yang muncul dari jurang maut, akan memerangi mereka dan mengalahkan serta ...

11:7 Dan apabila mereka telah menyelesaikan kesaksian mereka, maka binatang yang muncul dari jurang maut, akan memerangi mereka dan mengalahkan serta membunuh mereka.

Tanpa kata pengantar Yohanes menyebut binatang yang muncul dari jurang maut. Rupanya binatang ini sama dengan "binatang" yang "keluar dari dalam laut" dalam pasal 13:1.

Pelayanan saksi Allah baru berakhir apabila mereka telah menyelesaikan kesaksian mereka. Dengan kata lain, mereka tidak dapat dibunuh sebelum tugas mereka berakhir. Hal ini menghibur! Kita juga tidak dapat dibunuh semenit pun sebelum tugas kita dari Allah berakhir. Tetapi kesaksian seperti itu, yang menurut pasal 11:13 sangat berhasil, harus disertai dengan sikap rela mati, seperti yang diimbau kepada jemaat Smirna, "Hendaklah engkau setia sampai mati...."

Hagelberg: Why 11:7 - -- 11:7 Dan apabila mereka telah menyelesaikan kesaksian mereka, maka binatang yang muncul dari jurang maut, akan memerangi mereka dan mengalahkan serta ...

11:7 Dan apabila mereka telah menyelesaikan kesaksian mereka, maka binatang yang muncul dari jurang maut, akan memerangi mereka dan mengalahkan serta membunuh mereka.

Tanpa kata pengantar Yohanes menyebut binatang yang muncul dari jurang maut. Rupanya binatang ini sama dengan "binatang" yang "keluar dari dalam laut" dalam pasal 13:1.

Pelayanan saksi Allah baru berakhir apabila mereka telah menyelesaikan kesaksian mereka. Dengan kata lain, mereka tidak dapat dibunuh sebelum tugas mereka berakhir. Hal ini menghibur! Kita juga tidak dapat dibunuh semenit pun sebelum tugas kita dari Allah berakhir. Tetapi kesaksian seperti itu, yang menurut pasal 11:13 sangat berhasil, harus disertai dengan sikap rela mati, seperti yang diimbau kepada jemaat Smirna, "Hendaklah engkau setia sampai mati...."

Hagelberg: Why 11:8 - -- 11:8 Dan mayat mereka akan terletak di atas jalan raya kota besar, yang secara rohani disebut Sodom dan Mesir, di mana juga Tuhan mereka disalibkan. T...

11:8 Dan mayat mereka akan terletak di atas jalan raya kota besar, yang secara rohani disebut Sodom dan Mesir, di mana juga Tuhan mereka disalibkan.

Tidak menguburkan mayat merupakan penghinaan yang sangat besar, seperti dalam 1 Raja-raja 21:23-24; Yeremia 8:1-2; dan 14:16. Rupanya dua saksi ini meninggal di Yerusalem, karena di sana juga Tuhan mereka disalibkan. Pemakaian sebutan Sodom dan Mesir, kalau dipakai dalam konteks ini, berarti kota itu sedang melawan kehendak Allah. Tetapi jika dua saksi itu melambangkan umat Allah yang bersaksi, maka kematian mereka di kota besar yang melawan kehendak Allah tidak menunjuk pada satu tempat tertentu. Umat Allah yang bersaksi dianiaya di mana saja, dan mereka dibunuh, dan mayat mereka dibiarkan di jalan raya di kota-kota besar di seluruh dunia.

Hagelberg: Why 11:8 - -- 11:8 Dan mayat mereka akan terletak di atas jalan raya kota besar, yang secara rohani disebut Sodom dan Mesir, di mana juga Tuhan mereka disalibkan. T...

11:8 Dan mayat mereka akan terletak di atas jalan raya kota besar, yang secara rohani disebut Sodom dan Mesir, di mana juga Tuhan mereka disalibkan.

Tidak menguburkan mayat merupakan penghinaan yang sangat besar, seperti dalam 1 Raja-raja 21:23-24; Yeremia 8:1-2; dan 14:16. Rupanya dua saksi ini meninggal di Yerusalem, karena di sana juga Tuhan mereka disalibkan. Pemakaian sebutan Sodom dan Mesir, kalau dipakai dalam konteks ini, berarti kota itu sedang melawan kehendak Allah. Tetapi jika dua saksi itu melambangkan umat Allah yang bersaksi, maka kematian mereka di kota besar yang melawan kehendak Allah tidak menunjuk pada satu tempat tertentu. Umat Allah yang bersaksi dianiaya di mana saja, dan mereka dibunuh, dan mayat mereka dibiarkan di jalan raya di kota-kota besar di seluruh dunia.

Hagelberg: Why 11:9 - -- 11:9 kaum dan suku dan bahasa dan bangsa

11:9 kaum dan suku dan bahasa dan bangsa

Hagelberg: Why 11:9 - -- 11:9 kaum dan suku dan bahasa dan bangsa

11:9 kaum dan suku dan bahasa dan bangsa

Hagelberg: Why 11:9 - -- 11:9 Dan orang-orang dari segala kaum dan suku dan bahasa dan bangsa,411 melihat mayat mereka tiga setengah hari lamanya dan orang-orang itu tidak mem...

11:9 Dan orang-orang dari segala kaum dan suku dan bahasa dan bangsa,411 melihat mayat mereka tiga setengah hari lamanya dan orang-orang itu tidak memperbolehkan mayat mereka dikuburkan.

Kalau dua pribadi yang bersaksi dimaksudkan dalam kisah ini, maka dapat dikatakan bahwa nas ini menjadi nubuatan tak langsung akan adanya televisi, tetapi kalau kisah dua saksi ini dimaksudkan sebagai perumpamaan, maka umat Allah yang bersaksi dan dibunuh akan dilihat di jalan raya di seluruh bumi, dan nas ini bukan nubuatan tentang televisi!

Lamanya mayat mereka dibiarkan dan dilihat, yaitu tiga setengah hari, sejajar dengan lamanya pelayanan mereka, yaitu "seribu dua ratus enam puluh hari", atau tiga setengah tahun. Bauckham412 mengambil kesimpulan bahwa waktu tiga setengah hari itu juga sejajar dengan lama Tuhan Yesus berada di kubur-Nya, sebelum Dia dibangkitkan. Tuhan Yesus sudah mengalahkan maut serta segala kejahatan dan dusta, tetapi mungkin nas ini berkata bahwa kemenangan Tuhan Yesus, yang sudah nyata di surga itu, akan menjadi nyata di bumi ini melalui ketaatan dan kesaksian umat-Nya!

Hagelberg: Why 11:9 - -- 11:9 Dan orang-orang dari segala kaum dan suku dan bahasa dan bangsa,411 melihat mayat mereka tiga setengah hari lamanya dan orang-orang itu tidak mem...

11:9 Dan orang-orang dari segala kaum dan suku dan bahasa dan bangsa,411 melihat mayat mereka tiga setengah hari lamanya dan orang-orang itu tidak memperbolehkan mayat mereka dikuburkan.

Kalau dua pribadi yang bersaksi dimaksudkan dalam kisah ini, maka dapat dikatakan bahwa nas ini menjadi nubuatan tak langsung akan adanya televisi, tetapi kalau kisah dua saksi ini dimaksudkan sebagai perumpamaan, maka umat Allah yang bersaksi dan dibunuh akan dilihat di jalan raya di seluruh bumi, dan nas ini bukan nubuatan tentang televisi!

Lamanya mayat mereka dibiarkan dan dilihat, yaitu tiga setengah hari, sejajar dengan lamanya pelayanan mereka, yaitu "seribu dua ratus enam puluh hari", atau tiga setengah tahun. Bauckham412 mengambil kesimpulan bahwa waktu tiga setengah hari itu juga sejajar dengan lama Tuhan Yesus berada di kubur-Nya, sebelum Dia dibangkitkan. Tuhan Yesus sudah mengalahkan maut serta segala kejahatan dan dusta, tetapi mungkin nas ini berkata bahwa kemenangan Tuhan Yesus, yang sudah nyata di surga itu, akan menjadi nyata di bumi ini melalui ketaatan dan kesaksian umat-Nya!

Hagelberg: Why 11:10 - -- 11:10 Dan mereka yang diam di atas bumi bergembira dan bersukacita atas mereka itu dan berpesta dan saling mengirim hadiah, karena kedua nabi itu tela...

11:10 Dan mereka yang diam di atas bumi bergembira dan bersukacita atas mereka itu dan berpesta dan saling mengirim hadiah, karena kedua nabi itu telah merupakan siksaan bagi semua orang yang diam di atas bumi.

Menurut Bauckham,413 ayat ini dimaksudkan untuk mengingatkan para pembaca akan Ester 9:19, yang berkata, "Oleh sebab itu orang Yahudi yang di pedusunan, yakni yang diam di perkampungan merayakan hari yang keempat belas bulan Adar itu sebagai hari sukacita dan hari perjamuan, dan sebagai hari gembira untuk antar-mengantar makanan."

Hagelberg: Why 11:10 - -- 11:10 Dan mereka yang diam di atas bumi bergembira dan bersukacita atas mereka itu dan berpesta dan saling mengirim hadiah, karena kedua nabi itu tela...

11:10 Dan mereka yang diam di atas bumi bergembira dan bersukacita atas mereka itu dan berpesta dan saling mengirim hadiah, karena kedua nabi itu telah merupakan siksaan bagi semua orang yang diam di atas bumi.

Menurut Bauckham,413 ayat ini dimaksudkan untuk mengingatkan para pembaca akan Ester 9:19, yang berkata, "Oleh sebab itu orang Yahudi yang di pedusunan, yakni yang diam di perkampungan merayakan hari yang keempat belas bulan Adar itu sebagai hari sukacita dan hari perjamuan, dan sebagai hari gembira untuk antar-mengantar makanan."

Hagelberg: Why 11:11 - -- 11:11 Tiga setengah hari kemudian masuklah roh414 kehidupan dari Allah ke dalam mereka, sehingga mereka bangkit dan semua orang yang melihat mereka me...

11:11 Tiga setengah hari kemudian masuklah roh414 kehidupan dari Allah ke dalam mereka, sehingga mereka bangkit dan semua orang yang melihat mereka menjadi sangat takut.

Peristiwa ini mirip dengan apa yang dicatat dalam Yehezkiel 37. Pasti nas ini mengesankan mereka di Smirna, yang kepadanya dikatakan, "Hendaklah engkau setia sampai mati, dan Aku akan mengaruniakan kepadamu mahkota kehidupan" dan juga, "Inilah Firman dari... yang telah mati dan hidup kembali."

Hagelberg: Why 11:11 - -- 11:11 Tiga setengah hari kemudian masuklah roh414 kehidupan dari Allah ke dalam mereka, sehingga mereka bangkit dan semua orang yang melihat mereka me...

11:11 Tiga setengah hari kemudian masuklah roh414 kehidupan dari Allah ke dalam mereka, sehingga mereka bangkit dan semua orang yang melihat mereka menjadi sangat takut.

Peristiwa ini mirip dengan apa yang dicatat dalam Yehezkiel 37. Pasti nas ini mengesankan mereka di Smirna, yang kepadanya dikatakan, "Hendaklah engkau setia sampai mati, dan Aku akan mengaruniakan kepadamu mahkota kehidupan" dan juga, "Inilah Firman dari... yang telah mati dan hidup kembali."

Hagelberg: Why 11:12 - -- 11:12 Dan orang-orang itu mendengar suara yang nyaring dari surga berkata kepada mereka: "Naiklah kemari!"415 Lalu naiklah mereka ke langit, diselubun...

11:12 Dan orang-orang itu mendengar suara yang nyaring dari surga berkata kepada mereka: "Naiklah kemari!"415 Lalu naiklah mereka ke langit, diselubungi awan, disaksikan oleh musuh-musuh mereka.

Waktu mereka diangkat ke surga mereka diselubungi awan, sama seperti kenaikan Tuhan Yesus. Sekali lagi ada kesamaan antara umat Allah yang bersaksi dan Tuhan Yesus, suatu kesamaan yang memungkinkan keberhasilan pelayanan mereka, yang baru nyata dalam ayat yang berikut.

Hagelberg: Why 11:12 - -- 11:12 Dan orang-orang itu mendengar suara yang nyaring dari surga berkata kepada mereka: "Naiklah kemari!"415 Lalu naiklah mereka ke langit, diselubun...

11:12 Dan orang-orang itu mendengar suara yang nyaring dari surga berkata kepada mereka: "Naiklah kemari!"415 Lalu naiklah mereka ke langit, diselubungi awan, disaksikan oleh musuh-musuh mereka.

Waktu mereka diangkat ke surga mereka diselubungi awan, sama seperti kenaikan Tuhan Yesus. Sekali lagi ada kesamaan antara umat Allah yang bersaksi dan Tuhan Yesus, suatu kesamaan yang memungkinkan keberhasilan pelayanan mereka, yang baru nyata dalam ayat yang berikut.

Hagelberg: Why 11:13 - -- 11:13 Pada saat itu terjadilah gempa bumi yang dahsyat dan sepersepuluh bagian dari kota itu rubuh, dan tujuh ribu orang mati oleh gempa bumi itu dan ...

11:13 Pada saat itu terjadilah gempa bumi yang dahsyat dan sepersepuluh bagian dari kota itu rubuh, dan tujuh ribu orang mati oleh gempa bumi itu dan orang-orang lain sangat ketakutan, lalu memuliakan Allah yang di surga.

Ayat ini merupakan puncak dari kisah kesaksian umat Allah pada Masa Kesengsaraan. Sama seperti kebangkitan Tuhan Yesus disertai gempa bumi, demikian juga kebangkitan umat-Nya yang bersaksi disertai gempa bumi.

Akibat gempa bumi itu, sepersepuluh bagian dari kota itu rubuh. Ternyata hanya di sini dalam seluruh Kitab Wahyu ada istilah sepersepuluh. Kerusakan yang lain lebih berat, misalnya dalam pasal 8-9 kerusakan yang terjadi menjangkau sepertiga dari apa yang ada.

Selain kerusakan tersebut, ada tujuh ribu orang mati oleh gempa bumi itu. Dalam malapetaka yang lain yang dinubuatkan dalam Kitab Wahyu tidak ada angka seperti ini. Angka tujuh ribu ini mengingatkan kepada para pembaca akan 1 Raja-raja 19:14-18 tentang adanya tujuh ribu orang yang tidak menyembah Baal, suatu sisa yang setia. Selain itu, pecahan sepersepuluh juga dipakai dalam Perjanjian Lama untuk menceritakan sisa umat Israel yang tidak terkena hukuman.416

Yang lain, yang tidak mati menjadi sangat ketakutan dan mereka memuliakan Allah yang di surga. Dalam pasal 14:7 dan 15:4 dipakai kata yang hampir sama. Dalam Kitab Wahyu (pasal 4:9; 14:7; 16:9; dan 19:7) ungkapan memuliakan Allah selalu berarti menyembah Dia dari hati yang sudah dibenarkan. Dalam Perjanjian Lama kata ini dapat dipakai dalam konteks pertobatan, sama seperti konteks ini, misalnya dalam Yosua 7:19 ("hormatilah") dan Yeremia 13:16 ("permuliakanlah"), atau dalam konteks yang menceritakan penyembahan Allah di seluruh bumi, seperti dalam Mazmur 96:7-8; Yesaya 24:15-16; dan 42:12. Oleh karena pemakaian ungkapan sangat ketakutan dan memuliakan Allah, maka Bauckham417 menegaskan bahwa pertobatan yang menjadi hasil kesaksian, kesyahidan, kebangkitan, dan kenaikan umat Allah merupakan pertobatan yang sesungguhnya, sehingga bukan minoritas yang setia yang diselamatkan (seperti dalam 1 Raja-raja 19:14-18) tetapi mayoritas yang pada mulanya tidak mau percaya, yang diselamatkan.418 Dengan demikian, pola yang biasa dalam Perjanjian Lama dijungkirbalikkan, dan kesaksian serta darah saksi-saksi dinyatakan lebih berkuasa daripada kuasa malapetaka.

Hagelberg: Why 11:13 - -- 11:13 Pada saat itu terjadilah gempa bumi yang dahsyat dan sepersepuluh bagian dari kota itu rubuh, dan tujuh ribu orang mati oleh gempa bumi itu dan ...

11:13 Pada saat itu terjadilah gempa bumi yang dahsyat dan sepersepuluh bagian dari kota itu rubuh, dan tujuh ribu orang mati oleh gempa bumi itu dan orang-orang lain sangat ketakutan, lalu memuliakan Allah yang di surga.

Ayat ini merupakan puncak dari kisah kesaksian umat Allah pada Masa Kesengsaraan. Sama seperti kebangkitan Tuhan Yesus disertai gempa bumi, demikian juga kebangkitan umat-Nya yang bersaksi disertai gempa bumi.

Akibat gempa bumi itu, sepersepuluh bagian dari kota itu rubuh. Ternyata hanya di sini dalam seluruh Kitab Wahyu ada istilah sepersepuluh. Kerusakan yang lain lebih berat, misalnya dalam pasal 8-9 kerusakan yang terjadi menjangkau sepertiga dari apa yang ada.

Selain kerusakan tersebut, ada tujuh ribu orang mati oleh gempa bumi itu. Dalam malapetaka yang lain yang dinubuatkan dalam Kitab Wahyu tidak ada angka seperti ini. Angka tujuh ribu ini mengingatkan kepada para pembaca akan 1 Raja-raja 19:14-18 tentang adanya tujuh ribu orang yang tidak menyembah Baal, suatu sisa yang setia. Selain itu, pecahan sepersepuluh juga dipakai dalam Perjanjian Lama untuk menceritakan sisa umat Israel yang tidak terkena hukuman.416

Yang lain, yang tidak mati menjadi sangat ketakutan dan mereka memuliakan Allah yang di surga. Dalam pasal 14:7 dan 15:4 dipakai kata yang hampir sama. Dalam Kitab Wahyu (pasal 4:9; 14:7; 16:9; dan 19:7) ungkapan memuliakan Allah selalu berarti menyembah Dia dari hati yang sudah dibenarkan. Dalam Perjanjian Lama kata ini dapat dipakai dalam konteks pertobatan, sama seperti konteks ini, misalnya dalam Yosua 7:19 ("hormatilah") dan Yeremia 13:16 ("permuliakanlah"), atau dalam konteks yang menceritakan penyembahan Allah di seluruh bumi, seperti dalam Mazmur 96:7-8; Yesaya 24:15-16; dan 42:12. Oleh karena pemakaian ungkapan sangat ketakutan dan memuliakan Allah, maka Bauckham417 menegaskan bahwa pertobatan yang menjadi hasil kesaksian, kesyahidan, kebangkitan, dan kenaikan umat Allah merupakan pertobatan yang sesungguhnya, sehingga bukan minoritas yang setia yang diselamatkan (seperti dalam 1 Raja-raja 19:14-18) tetapi mayoritas yang pada mulanya tidak mau percaya, yang diselamatkan.418 Dengan demikian, pola yang biasa dalam Perjanjian Lama dijungkirbalikkan, dan kesaksian serta darah saksi-saksi dinyatakan lebih berkuasa daripada kuasa malapetaka.

Hagelberg: Why 11:14 - -- 11:14 Celaka yang kedua sudah lewat: lihatlah, celaka yang ketiga segera menyusul. Ayat ini merupakan kelanjutan dari pasal 9:21. Pemakaian ayat ini m...

11:14 Celaka yang kedua sudah lewat: lihatlah, celaka yang ketiga segera menyusul.

Ayat ini merupakan kelanjutan dari pasal 9:21. Pemakaian ayat ini menyatakan bahwa pasal 11:1-13, yang mengisahkan buah pertobatan dari kesaksian dan kesyahidan umat Allah, dapat disebut sebagai tambahan yang terpisah dari kerangka narasi Kitab Wahyu. Oleh karena itu, maka kita tidak dapat memastikan kapan peristiwa pertobatan tersebut terjadi dalam Masa Kesukaran.

Dengan pengumuman ini, tentang celaka yang ketiga, kita kembali ke rantai malapetaka yang merupakan kerangka dari seluruh bagian ini. Oleh karena sangkakala yang ketujuh tidak disusul dengan malapetaka khusus, tetapi disusul dengan ketujuh cawan, maka dapat dikatakan bahwa celaka yang ketiga terdiri dari sangkakala yang ketujuh, yang mengandung ketujuh cawan.

iii. Sangkakala Ketujuh (11:15-19)

Dalam bagian ini Yohanes kembali ke rantai utama dari kisah yang disaksikannya. Sudah saatnya sangkakala yang ketujuh ditiup. Bunyi sangkakala itu diikuti tanggapan suara-suara dari surga dan juga dari kedua puluh empat tua-tua. Dua tanggapan ini menegaskan satu tema yang amat penting dalam Kitab Wahyu, yaitu peralihan kekuasaan yang disertai dengan pembagian upah. Setelah itu ada catatan mengenai Bait Suci yang di surga.

Hagelberg: Why 11:14 - -- 11:14 Celaka yang kedua sudah lewat: lihatlah, celaka yang ketiga segera menyusul. Ayat ini merupakan kelanjutan dari pasal 9:21. Pemakaian ayat ini m...

11:14 Celaka yang kedua sudah lewat: lihatlah, celaka yang ketiga segera menyusul.

Ayat ini merupakan kelanjutan dari pasal 9:21. Pemakaian ayat ini menyatakan bahwa pasal 11:1-13, yang mengisahkan buah pertobatan dari kesaksian dan kesyahidan umat Allah, dapat disebut sebagai tambahan yang terpisah dari kerangka narasi Kitab Wahyu. Oleh karena itu, maka kita tidak dapat memastikan kapan peristiwa pertobatan tersebut terjadi dalam Masa Kesukaran.

Dengan pengumuman ini, tentang celaka yang ketiga, kita kembali ke rantai malapetaka yang merupakan kerangka dari seluruh bagian ini. Oleh karena sangkakala yang ketujuh tidak disusul dengan malapetaka khusus, tetapi disusul dengan ketujuh cawan, maka dapat dikatakan bahwa celaka yang ketiga terdiri dari sangkakala yang ketujuh, yang mengandung ketujuh cawan.

iii. Sangkakala Ketujuh (11:15-19)

Dalam bagian ini Yohanes kembali ke rantai utama dari kisah yang disaksikannya. Sudah saatnya sangkakala yang ketujuh ditiup. Bunyi sangkakala itu diikuti tanggapan suara-suara dari surga dan juga dari kedua puluh empat tua-tua. Dua tanggapan ini menegaskan satu tema yang amat penting dalam Kitab Wahyu, yaitu peralihan kekuasaan yang disertai dengan pembagian upah. Setelah itu ada catatan mengenai Bait Suci yang di surga.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Why 11:1-2 - Perintah untuk Mengukur Bait Suci Dalam pasal ini kita temukan penggambaran tentang, ...

Matthew Henry: Why 11:3-13 - Dua Saksi Allah Dua Saksi Allah (11:3-13) ...

Matthew Henry: Why 11:14-19 - Sangkakala Ketujuh Dibunyikan Sangkakala Ketujuh Dibunyikan (11:14-19) ...

SH: Why 11:1-19 - Dua Saksi Allah dan Sangkakala Ketujuh (Rabu, 6 November 2002) Dua Saksi Allah dan Sangkakala Ketujuh Dua Saksi Allah dan Sangkakala Ketujuh. Dalam perikop ini,...

SH: Why 11:1-19 - Gereja bersaksi dalam penderitaan (Senin, 21 November 2005) Gereja bersaksi dalam penderitaan Judul: Gereja bersaksi dalam penderitaan Gereja yaitu umat Allah...

SH: Why 11:1-14 - Tak perlu takut (Sabtu, 29 Desember 2012) Tak perlu takut Judul: Tak perlu takut Tindakan pengukuran sebagai suatu tindakan simbolis bukan hanya...

SH: Why 11:1-14 - Gereja dan Pemeliharaan Allah (Selasa, 27 September 2022) Gereja dan Pemeliharaan Allah Lirik lagu Kidung Jemaat 257:1 berbunyi: "Aku Gereja, kau pun Gereja, kita sama-sam...

Utley: Why 11:1-6 - --NASKAH NASB (UPDATED): Wahy 11:1-6...

Utley: Why 11:7-10 - --NASKAH NASB (UPDATED): Wahy 11:7-10...

Utley: Why 11:11-13 - --NASKAH NASB (UPDATED): Wahy 11:11-13...

Utley: Why 11:14 - --NASKAH NASB (UPDATED): Wahy 11:1414 ...

Topik Teologia: Why 11:1 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Baik Beberapa Orang yang Kepadanya Para Malaikat Baik Menampakkan diri ...

Topik Teologia: Why 11:4 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Deskriptif Allah Tuhan Semesta Bumi ...

Topik Teologia: Why 11:13 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Deskriptif Allah Allah yang Empunya Langit ...

TFTWMS: Why 11:1-2 - Apakah Kita Memenuhi Syarat? Apakah Kita Memenuhi Syarat?(WAHYU 11:1, 2) Sekarang ini kita sedan...

TFTWMS: Why 11:3-4 - Allah Akan Menghargai Anda ALLAH AKAN MENGHARGAI ANDA (Wahyu 11:3, 4) Ketika Anda "bersaks...

TFTWMS: Why 11:4-6 - Allah Akan Melindungi Anda ALLAH AKAN MELINDUNGI ANDA (Wahyu 11:4-6) Manusia mungkin mencoba un...

TFTWMS: Why 11:5-10 - Manusia Mungkin Membenci Anda MANUSIA MUNGKIN MEMBENCI ANDA (Wahyu 11:5, 10) Sayangnya, melakukan...

TFTWMS: Why 11:7-10 - Manusia Mungkin Membunuh Anda MANUSIA MUNGKIN MEMBUNUH ANDA (Wahyu 11:7-10) Setelah membaca tenta...

TFTWMS: Why 11:7 - Binatang Kitab Wahyu "BINATANG" KITAB WAHYU (Wahyu 11:7) Setelah melihat penjelasan Yoh...

TFTWMS: Why 11:11-13 - Pada Akhirnya, Allah Akan Mengupahi Anda! PADA AKHIRNYA, ALLAH AKAN MENGUPAHI ANDA! (Wahyu 11:11-13) Suasana...

TFTWMS: Why 11:14-15 - Pada Titik Tertentu, Kesabaran Tuhan Akan Habis PADA TITIK TERTENTU, KESABARAN TUHAN AKAN HABIS (Wahyu 11:14, 15) ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yohanes Tema : Perjuangan dan Penyelesaian Tanggal Penulisan...

Full Life: Wahyu (Garis Besar) Garis Besar Prolog (Wahy 1:1-8) ...

Matthew Henry: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Tidak semestinya mengurangi nama baik dan wewenang kitab ini bahwa ia sud...

Jerusalem: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHYU KEPADA YOHANES PENGANTAR Kata "Wahyu" dalam judul Kitab in...

Ende: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHJU JOANES KATA PENGANTAR Tjorak chas karangan ini Dalam ajat pertama, mengenai isinja, karangan ini di...

Hagelberg: Wahyu (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Pendahuluan Walaupun kitab ini seringkali ditafsirkan dengan pendekatan yang bermacam-macam, sang...

Hagelberg: Wahyu (Garis Besar) GARIS BESAR wahyu I. Bagian Pertama: "...apa yang telah kaulihat..." (...

Hagelberg: Wahyu DAFTAR PUSTAKA wahyu Daftar Kepustakaan Bauckham, Richard, The Climax of Prophecy: Studies on the B...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (Wahyu 11:1, 2) Sebagian besar dari kita lebih suka mengu...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Mengukur Bait Suci (Wahyu 11:1,2) Penglihatan -> artinya -> penerapa...

TFTWMS: Wahyu (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Secara khusus, kita akan meliput ayat ...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) KEBODOHAN KARENA MENGABAIKAN PERINTAH ALLAH WAHYU 9:20-21 & ...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (Wahyu 9:20-21; 11:14-15) Dengan me...

TFTWMS: Wahyu (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Kisah tentang Harry ini disadur dari Billy Graham, Approaching Hoofbeats: The Four Horsemen...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) "PENGANGKATAN" Meskipun banyak tokoh agama berbicara tentang Pengangkatan, jutaan orang tetap bingung dengan ist...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Para Saksi Allah WAHYU 11:3-6 Untuk tiga pelaj...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (Wahyu 11:3-6) Kita telah memulai diskusi tentang lima fa...

TFTWMS: Wahyu (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Lihat pelajaran "Terima Kasih Allah, Kami Menang!" di Wahyu, 1. ...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Bersediakah Anda Mati? WAHYU 11:7-14 Seperti...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (Wahyu 11:7-14) Dari kisah dua saksi, kita telah menarik...

TFTWMS: Wahyu (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Eddie Cloer, catatan ceramah tentang kitab Wahyu yang tidak dipublikasikan, n. d....

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Sangkakala Terakhir WAHYU 11:14-19 Dalam ur...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (Wahyu 11:14-19) Itulah penglihatan tentang "sangk...

TFTWMS: Wahyu (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Implikasi pengumuman "celaka" adalah bahwa setiap "celaka" baru akan lebih...

BIS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHYU KEPADA YOHANES PENGANTAR Wahyu Kepada Yohanes ini ditulis pada masa orang-orang Kristen ditekan dan dian...

Ajaran: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti ajaran-ajaran yang ada dalam Kitab Wahyu, sehingga mereka melakukannya dal...

Intisari: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Apa yang akan terjadi pada masa depan PENULIS.Penulisnya disebut sebagai 'Yohanes' sebanyak empat kali (...

Garis Besar Intisari: Wahyu (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Wah 1:1-20...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #24: Gunakan Studi Kamus untuk mempelajari dan menyelidiki segala aspek dari 20,000+ istilah/kata. [SEMUA]
dibuat dalam 0.24 detik
dipersembahkan oleh YLSA