Teks -- Kisah Para Rasul 17:1-30 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Kis 17:11 - SETIAP HARI MEREKA MENYELIDIKI KITAB SUCI.
Nas : Kis 17:11
Tindakan jemaat di Berea merupakan teladan bagi semua yang
mendengarkan pengkhotbah dan guru menguraikan Alkitab. Tidak ada satu
pe...
Nas : Kis 17:11
Tindakan jemaat di Berea merupakan teladan bagi semua yang mendengarkan pengkhotbah dan guru menguraikan Alkitab. Tidak ada satu penafsiran atau ajaran pun yang harus diterima secara pasif. Sebaliknya, harus diperiksa secara cermat dengan menyelidiki Alkitab sendiri. Kata yang diterjemahkan "menyelidiki" (Yun. _anakrino_) berarti "mengayak, menyelidiki dengan sangat teliti dan cermat". Khotbah yang alkitabiah harus menjadikan setiap pendengarnya orang yang gemar belajar Firman Allah. Kebenaran setiap doktrin harus diselidiki menurut Firman Allah
(lihat cat. --> Ef 2:20).
[atau ref. Ef 2:20]
Full Life: Kis 17:16 - PAULUS ... SANGAT SEDIH HATINYA.
Nas : Kis 17:16
Ketika melihat penyembahan berhala dan pencemaran kesusilaan, Paulus
menjadi sangat sedih
(lihat cat. --> Ibr 1:9);
...
Nas : Kis 17:16
Ketika melihat penyembahan berhala dan pencemaran kesusilaan, Paulus menjadi sangat sedih
(lihat cat. --> Ibr 1:9);
[atau ref. Ibr 1:9]
rohnya menangisi mereka yang terhilang dan membutuhkan keselamatan. Sikap Paulus ini sama dengan sikap Yesus sendiri terhadap dosa dan pekerjaannya yang merusak
(lihat cat. --> Yoh 11:33).
[atau ref. Yoh 11:33]
Sikap marah yang kudus terhadap dosa dan kedursilaan seharusnya menjadi ciri dari semua orang yang memiliki Roh Kristus. Demi Kristus dan keselamatan orang yang terhilang, roh kita harus memberontak terhadap dosa yang dicela dalam Alkitab, yang menyakiti Allah dan merusak manusia (bd. 1Kor 6:17).
Full Life: Kis 17:30 - SEMUA MEREKA HARUS BERTOBAT.
Nas : Kis 17:30
Di masa lampau, sebelum pengenalan sempurna akan Allah datang
melalui Yesus Kristus, Allah banyak mengabaikan dosa dan kebodohan ma...
Nas : Kis 17:30
Di masa lampau, sebelum pengenalan sempurna akan Allah datang melalui Yesus Kristus, Allah banyak mengabaikan dosa dan kebodohan manusia tentang diri-Nya (bd. Rom 3:25). Kini karena telah datang penyataan yang penuh dan sempurna dengan penampakan Kristus, semua orang disuruh bertobat dan menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat. Kini tidak ada perkecualian, karena Allah tidak akan mengabaikan dosa siapapun. Semua orang harus berbalik dari dosa atau dihukum. Pertobatan, dengan kata lain, sangat penting bagi keselamatan
(lihat cat. --> Mat 3:2).
[atau ref. Mat 3:2]
BIS -> Kis 17:18
BIS: Kis 17:18 - Yesus dan tentang hidup kembali sesudah mati Yesus dan tentang hidup kembali sesudah mati: atau Yesus dan tentang kebangkitan: Dalam Yunani, kata benda "kebangkitan" dapat diartikan sebagai nama ...
Yesus dan tentang hidup kembali sesudah mati: atau Yesus dan tentang kebangkitan: Dalam Yunani, kata benda "kebangkitan" dapat diartikan sebagai nama seorang dewi.
Jerusalem: Kis 17:4 - Beberapa orang dari mereka Termasuk kiranya Aristarkhus, seorang teman Paulus yang setia, bdk Kis 20:4; Kol 4:10
Jerusalem: Kis 17:4 - Orang Yunani yang takut kepada Allah Var: orang yang takut akan Allah dan orang Yunani. Menurut teks ini maka ada dua macam orang, yakni orang yang takut akan Allah, bdk Kis 10:2+, dan or...
Var: orang yang takut akan Allah dan orang Yunani. Menurut teks ini maka ada dua macam orang, yakni orang yang takut akan Allah, bdk Kis 10:2+, dan orang Yunani yang belum menjadi sasaran propaganda Yahudi. Adapun jemaat di Tesalonika terutama terdiri atas orang Kristen bekas kafir, bdk 1Te 1:9-10, dll.
Barangkali Yason yang disebutkan dalam Rom 16:21.
Jerusalem: Kis 17:7 - raja Pada kenyataannya orang-orang Kristen mencegah diri dari menyebut Yesus sebagai "raja" (basileus), sebuah gelar Kaisar. Orang-orang Kristen lebih suka...
Pada kenyataannya orang-orang Kristen mencegah diri dari menyebut Yesus sebagai "raja" (basileus), sebuah gelar Kaisar. Orang-orang Kristen lebih suka akan gelar "Kristus" (Mesias) dan "Tuhan".
Jerusalem: Kis 17:10 - berangkat Keberangkatan Paulus dan Silas itu tidak menghentikan pengejaran di Tesalonika, bdk 1Te 2:14.
Keberangkatan Paulus dan Silas itu tidak menghentikan pengejaran di Tesalonika, bdk 1Te 2:14.
Jerusalem: Kis 17:15 - lalu kembali Lukas menyingkat dan menyederhanakan. Sebenarnya Timotius menyertai Paulus, sebab dari Atena Paulus mengutusnya kembali ke Tesalonika, 1Te 3:1 dst. Da...
Jerusalem: Kis 17:16 - Atena Kota yang menjadi pusat rohani kebudayaan Yunani ini oleh Lukas dianggap sebagai sebuah lambang. Ini nampak dalam wejangan yang diucapkan Paulus. Weja...
Kota yang menjadi pusat rohani kebudayaan Yunani ini oleh Lukas dianggap sebagai sebuah lambang. Ini nampak dalam wejangan yang diucapkan Paulus. Wejangan ini satu-satunya contoh pewartaan Paulus kepada orang-orang kafir, yang tercantum dalam Kisah para rasul. Dan hanya dalam wejangan ini sajalah Paulus menggunakan "hikmat" (filsafat) keduniaan untuk menentang kekafiran.
Jerusalem: Kis 17:17 - di pasar Hanya di sini Kisah para rasul dengan jelas berkata tentang pewartaan semacam itu (lih. Kis 14:7 dst).
Hanya di sini Kisah para rasul dengan jelas berkata tentang pewartaan semacam itu (lih. Kis 14:7 dst).
Jerusalem: Kis 17:18 - golongan Epikuros dan Stoa Ini merupakan kedua mazhab filsafat utama di zaman itu
Ini merupakan kedua mazhab filsafat utama di zaman itu
Jerusalem: Kis 17:18 - si peleter ini Perkataan dari bahasa pasar Atena ini secara harafiah berarti "pengumpul biji-bijian". Juga nama burung gagak jenis tertentu. Dalam bahasa harian dipa...
Perkataan dari bahasa pasar Atena ini secara harafiah berarti "pengumpul biji-bijian". Juga nama burung gagak jenis tertentu. Dalam bahasa harian dipakai juga untuk mencaci maki orang petualang yang memungut makanannya di mana saja atau orang yang suka mengulang bagaikan piringan hitam apa yang dikatakan orang lain
Jerusalem: Kis 17:18 - dewa-dewa asing Dengan kata yang sama dirumuskan tuduhan yang dilontarkan kepada Sokrates
Dengan kata yang sama dirumuskan tuduhan yang dilontarkan kepada Sokrates
Jerusalem: Kis 17:18 - kebangkitanNya Bdk Kis 17:32. Kata "kebangkitan" (Yunaninya: anastasis) diartikan sebagai nama dewi "isteri" Yesus.
Bdk Kis 17:32. Kata "kebangkitan" (Yunaninya: anastasis) diartikan sebagai nama dewi "isteri" Yesus.
Jerusalem: Kis 17:19 - Areopagus Nama itu merupakan nama sebuah bukit yang terletak di bagian selatan pasar Atena. Juga nama dewan pemerintahan Atena yang dahulu bersidang di bukit it...
Nama itu merupakan nama sebuah bukit yang terletak di bagian selatan pasar Atena. Juga nama dewan pemerintahan Atena yang dahulu bersidang di bukit itu. Teks Yunani dapat dimengerti dengan dua cara: para filsuf mengantar Paulus ke (bukit) Areopagus supaya lebih tenang untuk mendengarkan Paulus; atau (kiranya lebih tepat): mereka membawa Paulus ke hadapan (dewan) Areopagus.
Jerusalem: Kis 17:22-31 - -- Wejangan Paulus ini tersusun sbb: Sesudah kata pendahuluan yang mengenai pengalaman Paulus di Atena, Kis 17:22-23, Paulus memberitakan Allah sejati, y...
Wejangan Paulus ini tersusun sbb: Sesudah kata pendahuluan yang mengenai pengalaman Paulus di Atena, Kis 17:22-23, Paulus memberitakan Allah sejati, yang diperlawankan dengan pikiran orang bukan Yahudi tentang ilah:
1) Allah menciptakan alam semesta oleh karena itu orang tidak boleh menyangka Allah berkediaman dalam kuil atau membutuhkan kebaktian yang ditujukan kepadaNya,
Jerusalem: Kis 17:23 - Allah yang tidak dikenal Kaum kafir membaktikan mezbah-mezbah kepada "ilah yang tidak dikenal" karena takut kalau-kalau ada salah seorang ilah yang tidak dikenal menjadi murka...
Kaum kafir membaktikan mezbah-mezbah kepada "ilah yang tidak dikenal" karena takut kalau-kalau ada salah seorang ilah yang tidak dikenal menjadi murka. Paulus mengartikan pembaktian semacam itu secara lain, yaitu sebagai kejahilan yang menurut Kitab Suci ada pada orang yang tidak mengenal Allah, 1Te 4:5; 2Te 1:8; Gal 4:8; 1Ko 15:34; Efe 4:17-19; 1Pe 1:14; Yer 10:25; Ayu 18:21; Wis 13:1; 14:22. Dengan jalan itu Paulus menolak tuduhan bahwa mewartakan ilah baru.
Jerusalem: Kis 17:25 - dilayani oleh tangan manusia Ini sebuah pikiran yang lazim di antara orang-orang Yunani dan Yahudi; inipun sesuai dengan pikiran lama sebagaimana tercantum dalam Kitab Suci, bdk A...
Ini sebuah pikiran yang lazim di antara orang-orang Yunani dan Yahudi; inipun sesuai dengan pikiran lama sebagaimana tercantum dalam Kitab Suci, bdk Amo 5:21 dst; 1Ta 29:10 dst; Maz 50:9-13; 2Ma 14:35 dll.
Jerusalem: Kis 17:26 - satu orang saja Harafiah: satu saja.
Var: satu darah, atau satu bangsa, satu rumpun bangsa
Harafiah: satu saja. Var: satu darah, atau satu bangsa, satu rumpun bangsa
Jerusalem: Kis 17:26 - musim-musim Harafiah: waktu-waktu yang ditentukan terlebih dahulu. Yang dimaksudkan agaknya musim-musim yang secara teratur gilir berganti dan menjamin penghidupa...
Jerusalem: Kis 17:26 - batas-batas yang kiranya dimaksudkan ialah: batas-batas yang memisahkan daratan yang dapat didiami dan lautan, Kej 1:9-10; Maz 104:9; Ayu 38:8-11; Ams 8:28-29; bd...
yang kiranya dimaksudkan ialah: batas-batas yang memisahkan daratan yang dapat didiami dan lautan, Kej 1:9-10; Maz 104:9; Ayu 38:8-11; Ams 8:28-29; bdk Yer 5:22-24; Maz 74:17. Menurut tafsir lain "waktu-waktu yang ditentukan terlebih dahulu" dan "batas-batas" itu ialah masa dan daerah yang ditentukan Allah bagi masing-masing bangsa, Kej 10; Ula 32:8 dst. Tetapi bagaimanapun juga, apa yang dimaksudkan ialah tata susunan jagat raya dapat mengantar manusia kepada pengetahuan tentang Allah.
Var: Allah; atau: Tuhan.
Jerusalem: Kis 17:28 - -- Propaganda monoteisme oleh orang Yahudi sudah biasa mengemukakan bahwa manusia dijadikan "menurut gambar dan rupa Allah", Kej 1:26-27; Wis 2:23; Sir 1...
Propaganda monoteisme oleh orang Yahudi sudah biasa mengemukakan bahwa manusia dijadikan "menurut gambar dan rupa Allah", Kej 1:26-27; Wis 2:23; Sir 17:1-8, dengan maksud memperlihatkan betapa bodohnya penyembahan berhala
Jerusalem: Kis 17:28 - pujangga-pujangga Var: orang-orang berhikmat, atau: beberapa orang di antara kamu
Var: orang-orang berhikmat, atau: beberapa orang di antara kamu
Jerusalem: Kis 17:28 - Sebab kita ini Kutipan dari karya yang berjudul Phenomenes, karangan Aratus, pujangga atau penyair yang berasal dari pulau Sisilia (abad III seb. Mas.). Seorang fils...
Kutipan dari karya yang berjudul Phenomenes, karangan Aratus, pujangga atau penyair yang berasal dari pulau Sisilia (abad III seb. Mas.). Seorang filsuf dari mazhab Stoa, Kleantes (abad III seb. Mas.) mengutarakan pikirannya dengan rumusan yang hampir sama.
Kota tertua ini masih tetap pusat utama kebudajaan Junani.
Ende: Kis 17:19 - Areopagos Ini sebenarnja nama suatu bukit didalam kota, tetapi chususnja
nama gedung tempat madjelis agung dari kota bersidang jang berdiri diatasnja,
dan madje...
Ini sebenarnja nama suatu bukit didalam kota, tetapi chususnja nama gedung tempat madjelis agung dari kota bersidang jang berdiri diatasnja, dan madjelis itu sendiri dinamakan demikian pula. Boleh djadi Paulus dibawa kesitu sebab suasana disitu lebih tenteram untuk berbitjara, tetapi mungkin djuga untuk dihadapkan kepada madjelis pengadilan.
Ende: Kis 17:22 - Mengangkat bitjara Paulus berusaha menjesuaikan pidatonja dengan dunia
pikiran, selera dan ketjerdasan filsuf-filsuf Junani jang tentu merupakan bagian
besar dari penden...
Paulus berusaha menjesuaikan pidatonja dengan dunia pikiran, selera dan ketjerdasan filsuf-filsuf Junani jang tentu merupakan bagian besar dari pendengar-pendengarnja. Meski pidato ini rapi teratur dan gajanja bagus, namun tidak berhasil. Paulus sangat ketjewa.
Ende: Kis 17:28 - Pudjangga kamu Kutipan ini terdapat dalam karja Epimanides dari Ngasos,
jang hidup dalam abad keenam seb. Kr. Pudjangga ini djuga dimaksudkan Paulus
dalam Tit 1:12.
...
Kutipan ini terdapat dalam karja Epimanides dari Ngasos, jang hidup dalam abad keenam seb. Kr. Pudjangga ini djuga dimaksudkan Paulus dalam Tit 1:12.
Utjapan "kita adalah sebangsa dengan Dia" berasal dari seorang pudjangga bernama Aratus jang hidup dalam abad ketiga seb.Kr.
Ende: Kis 17:30 - Zaman kedjahilan zaman orang belum mengenal Allah jang Mahaesa dan tidak
berbakti kepadaNja.
zaman orang belum mengenal Allah jang Mahaesa dan tidak berbakti kepadaNja.
Ref. Silang FULL -> Kis 17:1; Kis 17:2; Kis 17:3; Kis 17:4; Kis 17:5; Kis 17:6; Kis 17:7; Kis 17:9; Kis 17:10; Kis 17:11; Kis 17:12; Kis 17:13; Kis 17:14; Kis 17:15; Kis 17:17; Kis 17:18; Kis 17:19; Kis 17:21; Kis 17:22; Kis 17:23; Kis 17:24; Kis 17:25; Kis 17:26; Kis 17:27; Kis 17:28; Kis 17:29; Kis 17:30
Ref. Silang FULL: Kis 17:1 - di Tesalonika · di Tesalonika: Kis 17:11,13; Fili 4:16; 1Tes 1:1; 2Tes 1:1; 2Tim 4:10
· di Tesalonika: Kis 17:11,13; Fili 4:16; 1Tes 1:1; 2Tes 1:1; 2Tim 4:10
Ref. Silang FULL: Kis 17:2 - ibadat itu // hari Sabat // Kitab Suci · ibadat itu: Kis 9:20; Kis 9:20
· hari Sabat: Kis 13:14; Kis 13:14
· Kitab Suci: Kis 8:35; 18:28
· ibadat itu: Kis 9:20; [Lihat FULL. Kis 9:20]
· hari Sabat: Kis 13:14; [Lihat FULL. Kis 13:14]
· Kitab Suci: Kis 8:35; 18:28
Ref. Silang FULL: Kis 17:3 - harus menderita // orang mati // Inilah Mesias · harus menderita: Luk 24:26; Kis 3:18
· orang mati: Luk 24:46; Kis 2:24; Kis 2:24
· Inilah Mesias: Kis 9:22; Kis 9:22
Ref. Silang FULL: Kis 17:5 - kota itu // rumah Yason · kota itu: Kis 17:13; 1Tes 2:16; 1Tes 2:16
· rumah Yason: Rom 16:21
Ref. Silang FULL: Kis 17:6 - mereka menyeret // beberapa saudara // seluruh dunia // ke mari · mereka menyeret: Kis 16:19; Kis 16:19
· beberapa saudara: Kis 1:16; Kis 1:16
· seluruh dunia: Mat 24:14; Mat 24:14
· ke ...
Ref. Silang FULL: Kis 17:10 - dan Silas // ke Berea // rumah ibadat · dan Silas: Kis 15:22; Kis 15:22
· ke Berea: Kis 17:13; Kis 20:4
· rumah ibadat: Kis 9:20; Kis 9:20
Ref. Silang FULL: Kis 17:11 - di Tesalonika // Kitab Suci // benar demikian · di Tesalonika: Kis 17:1; Kis 17:1
· Kitab Suci: Luk 16:29; Yoh 5:39
· benar demikian: Ul 29:29
Ref. Silang FULL: Kis 17:14 - Tetapi saudara-saudara // tetapi Silas // dan Timotius · Tetapi saudara-saudara: Kis 9:30; Kis 9:30
· tetapi Silas: Kis 15:22; Kis 15:22
· dan Timotius: Kis 16:1; Kis 16:1
Ref. Silang FULL: Kis 17:15 - di Atena // selekas mungkin · di Atena: Kis 17:16,21,22; Kis 18:1; 1Tes 3:1
· selekas mungkin: Kis 18:5
· di Atena: Kis 17:16,21,22; Kis 18:1; 1Tes 3:1
· selekas mungkin: Kis 18:5
Ref. Silang FULL: Kis 17:18 - memberitakan Injil // tentang kebangkitan-Nya · memberitakan Injil: Kis 13:32; Kis 13:32
· tentang kebangkitan-Nya: Kis 17:31,32; Kis 4:2
· memberitakan Injil: Kis 13:32; [Lihat FULL. Kis 13:32]
· tentang kebangkitan-Nya: Kis 17:31,32; Kis 4:2
Ref. Silang FULL: Kis 17:19 - sidang Areopagus // ajaran baru · sidang Areopagus: Kis 17:22
· ajaran baru: Mr 1:27
Ref. Silang FULL: Kis 17:22 - atas Areopagus // sangat beribadah · atas Areopagus: Kis 17:19
· sangat beribadah: Kis 17:16
· tanpa mengenalnya: Yoh 4:22
Ref. Silang FULL: Kis 17:24 - segala isinya // dan bumi // buatan tangan · segala isinya: Yes 42:5; Kis 14:15
· dan bumi: Ul 10:14; Yes 66:1,2; Mat 11:25
· buatan tangan: 1Raj 8:27; Kis 7:48
· segala sesuatu: Mazm 50:10-12; Yes 42:5
· batas-batas kediaman: Ul 32:8; Ayub 12:23
Ref. Silang FULL: Kis 17:27 - kita masing-masing · kita masing-masing: Ul 4:7; Yes 55:6; Yer 23:23,24
· kita masing-masing: Ul 4:7; Yes 55:6; Yer 23:23,24
· kita ada: Ul 30:20; Ayub 12:10; Dan 5:23
· dan keahlian: Yes 40:18-20; Rom 1:23