Teks -- Ibrani 5:6-14 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Ibr 5:6 - MENURUT PERATURAN MELKISEDEK.
Nas : Ibr 5:6
Melkisedek adalah tokoh PL yang misterius. Ia muncul dalam pasal
Kej 14:1-24 sebagai imam Allah dari Salem (mungkin Yerusalem,
Ibr 7:...
Nas : Ibr 5:6
Melkisedek adalah tokoh PL yang misterius. Ia muncul dalam pasal Kej 14:1-24 sebagai imam Allah dari Salem (mungkin Yerusalem, Ibr 7:1; Kej 14:18; Mazm 110:1-4) sebelum zaman keimaman Lewi. Keimaman Kristus sejenis dengan keimaman Melkisedek
(lihat cat. --> Ibr 7:1;
lihat cat. --> Ibr 7:3).
[atau ref. Ibr 7:1-3]
Full Life: Ibr 5:7 - RATAP TANGIS DAN KELUHAN.
Nas : Ibr 5:7
Ayat ini mungkin menunjuk kepada kehebatan doa Yesus di Taman
Getsemani. Doa Yesus "didengarkan" bukan dalam pengertian bahwa Allah
m...
Nas : Ibr 5:7
Ayat ini mungkin menunjuk kepada kehebatan doa Yesus di Taman Getsemani. Doa Yesus "didengarkan" bukan dalam pengertian bahwa Allah menyingkirkan semua hal yang berhubungan dengan kematian, tetapi dalam pengertian bahwa Ia menerima pertolongan Allah untuk mengalami segala penderitaan yang sudah ditetapkan bagi-Nya. Adakalanya kita juga menghadapi berbagai pencobaan dan doa kita yang sungguh-sungguh tampaknya tidak didengar. Pada saat-saat semacam itu, kita harus ingat bahwa Yesus telah diuji dengan cara yang sama dan bahwa Allah akan memberikan kasih karunia yang cukup kepada kita untuk mengalami penderitaan yang diizinkan-Nya dalam kehidupan kita
(lihat cat. --> Mat 26:39).
[atau ref. Mat 26:39]
Full Life: Ibr 5:8 - IA TELAH BELAJAR MENJADI TAAT.
Nas : Ibr 5:8
Kristus belajar dari pengalaman segala penderitaan dan pengorbanan
yang sering kali merupakan akibat dari ketaatan yang setia kepada ...
Nas : Ibr 5:8
Kristus belajar dari pengalaman segala penderitaan dan pengorbanan yang sering kali merupakan akibat dari ketaatan yang setia kepada Allah di dalam dunia yang bejat ini (bd. Ibr 12:2; Yes 50:4-6; Fili 2:8). Ia menjadi Juruselamat dan Imam Besar yang sempurna karena penderitaan dan kematian-Nya dijalani tanpa dosa. Oleh karena itu, Kristus memenuhi syarat dalam segala hal (ayat Ibr 5:1-6) untuk menyediakan keselamatan kekal bagi kita (ayat Ibr 5:9;
lihat cat. --> Ibr 2:10).
[atau ref. Ibr 2:10]
Full Life: Ibr 5:9 - KESELAMATAN ... BAGI SEMUA ORANG YANG TAAT KEPADA-NYA.
Nas : Ibr 5:9
Keselamatan abadi yang diperoleh melalui penderitaan Yesus (ayat
Ibr 5:8) tersedia hanya bagi mereka yang taat kepada-Nya melalui ima...
Nas : Ibr 5:9
Keselamatan abadi yang diperoleh melalui penderitaan Yesus (ayat Ibr 5:8) tersedia hanya bagi mereka yang taat kepada-Nya melalui iman. Iman yang menyelamatkan adalah iman yang taat (Yoh 8:31; Rom 1:5; 16:26; Yak 2:17-26).
Nas : Ibr 5:12
Lihat art. TIGA JENIS ORANG.
Full Life: Ibr 5:14 - MEMBEDAKAN YANG BAIK DARIPADA YANG JAHAT.
Nas : Ibr 5:14
Mereka yang lemah dan tidak dewasa imannya tidak memiliki kepekaan
dan kebijaksanaan rohani mengenai apa yang baik dan apa yang jaha...
Nas : Ibr 5:14
Mereka yang lemah dan tidak dewasa imannya tidak memiliki kepekaan dan kebijaksanaan rohani mengenai apa yang baik dan apa yang jahat dalam hidup ini, dan apa yang memuliakan Allah dan yang tidak memuliakan Allah. Sebaliknya, orang-orang percaya yang dewasa imannya telah melatih indera mereka untuk membedakan dengan teliti antara yang baik dan yang jahat dengan senantiasa mempraktikkan kebenaran dan ketaatan. Setelah belajar untuk mengasihi keadilan dan membenci kefasikan
(lihat cat. --> Ibr 1:9),
[atau ref. Ibr 1:9]
setelah pikirannya dibaharui menurut prinsip-prinsip kebenaran (Rom 12:1-2), dan setelah mendapat kemampuan dari Roh Kudus untuk melihat berbagai hal dari segi pandangan Allah, mereka menjadi mampu untuk menerima makanan yang keras dari Firman Allah dan bertumbuh mencapai kepenuhan Kristus (bd. Ef 4:13).
Jerusalem: Ibr 5:1-10 - -- Dalam seluruh bagian ini tekanan terletak pada kemanusiaan Imam Besar waktu hidupNya sebagai manusia (harafiah: dalam daging, Ibr 5:7). Untuk dapat me...
Dalam seluruh bagian ini tekanan terletak pada kemanusiaan Imam Besar waktu hidupNya sebagai manusia (harafiah: dalam daging, Ibr 5:7). Untuk dapat mewakili manusia perlulah Ia menjadi sama dengan mereka; untuk dapat merasa kasihan terhadap kemalangan manusia perlulah Ia sendiri ikut serta di dalamnya, bdk Ibr 2:17-18; 4:15. Adapun kemanusiaan "kedagingan" itu, Rom 7:5+, nampak pada Yesus selama seluruh hidupNya, dalam kelemahanNya, Ibr 5:2, dan teristimewa waktu mengalami ketakutan di hadapan kematian dan menjalani kematian itu sendiri.
Jerusalem: Ibr 5:7 - kesalehanNya Istilah Yunani (eulabeis) mengandung rasa hormat dan ketaatan, sehingga searti dengan sungguh-sungguh menjalankan agama, sikap keagamaan yang mendalam...
Istilah Yunani (eulabeis) mengandung rasa hormat dan ketaatan, sehingga searti dengan sungguh-sungguh menjalankan agama, sikap keagamaan yang mendalam. Doa Yesus waktu maut mendekat dijiwai seluruhnya oleh ketaatan kepada kehendak Bapa, bdk Mat 26:39,42. Itulah sebabnya Ia didengar dan doaNya dikabulkan
Jerusalem: Ibr 5:7 - Ia telah didengarkan Doa Yesus tidak dikabulkan begitu rupa sehingga diselamatkan dari kematian (seperti kerap diartikan oleh saudara muslimin), sebab justru untuk itulah ...
Doa Yesus tidak dikabulkan begitu rupa sehingga diselamatkan dari kematian (seperti kerap diartikan oleh saudara muslimin), sebab justru untuk itulah Ia telah datang, Yoh 12:27. Tetapi Yesus diselamatkan dari kekuasaan Maut, Kis 2:24 dst, sehingga kematianNya oleh Allah dirobah menjadi peninggian yang mulia, Yoh 12:27 dst; Yoh 13:31 dst; Yoh 17:5; Fili 2:9-11; Ibr 2:9.
Jerusalem: Ibr 5:8-10 - -- Dalam ayat-ayat ini sudah diketengahkan semua pokok yang diuraikan dalam bab 6-10.
Dalam ayat-ayat ini sudah diketengahkan semua pokok yang diuraikan dalam bab 6-10.
Ialah kesempurnaan Yesus sebagai Imam dan Korban.
Jerusalem: Ibr 5:13 - ajaran tentang kebenaran Istilah ini sama seperti "firman Allah" dapat berarti: Kitab Suci, bdk 2Ti 3:16, atau seluruh ajaran. Tetapi di sini kiranya berarti: ajaran tentang "...
Istilah ini sama seperti "firman Allah" dapat berarti: Kitab Suci, bdk 2Ti 3:16, atau seluruh ajaran. Tetapi di sini kiranya berarti: ajaran tentang "kebenaran" atau "keadilan" Allah yang diwahyukan oleh Kristus, Rom 3:21-26, khususnya ajaran mengenai pengantaran Kristus sebagai Imam yang dilambangkan oleh "raja kebenaran" Melkisedek, Ibr 7:2.
Ende: Ibr 5:7 - HidupNja dalam daging Maksudnja: hidupNja sebagai manusia dalam segala
kelemahan manusiawi.
Dalam ajat ini pengarang tentu ingat akan doa-doa Jesus di Getsemani dan
seruanN...
Maksudnja: hidupNja sebagai manusia dalam segala kelemahan manusiawi.
Dalam ajat ini pengarang tentu ingat akan doa-doa Jesus di Getsemani dan seruanNja kepada BapaNja disalib.
Ende: Ibr 5:7 - Dikabulkan Bukan setjara diluputkan dari sengsaraNja, melainkan dengan
mendapat kekuatan untuk bertahan. Tetapi ia dikabulkan djuga dalam arti, bahwa
Ia mendapat...
Bukan setjara diluputkan dari sengsaraNja, melainkan dengan mendapat kekuatan untuk bertahan. Tetapi ia dikabulkan djuga dalam arti, bahwa Ia mendapat kekuatan untuk bertahan. Tetapi Ia dikabulkan djuga dalam arti, bahwa Ia mendapat kemenangan jang sempurna dengan matiNja disalib dan dalam kebangkitanNja.
Ende: Ibr 5:9 - Mentjapai kesempurnaanNja Dapat ditafsirkan: kesempurnaan ketaatan dan
pengurbananNja dalam mati disalib dengan segala kerelaan, ataupun kesempurnaan
kemuliaanNja jang mutlak d...
Dapat ditafsirkan: kesempurnaan ketaatan dan pengurbananNja dalam mati disalib dengan segala kerelaan, ataupun kesempurnaan kemuliaanNja jang mutlak disebelah kanan Allah.
jaitu tentang misteri Kristus sebagai Imam agung.
Ende: Ibr 5:13 - -- Maksud ajat ini dalam keseluruhan tjukup terang, hanja ungkapan-ungkapan
masing-masing agak kabur. Dapat disadur: "belum tjukup terlatih atau matang
u...
Maksud ajat ini dalam keseluruhan tjukup terang, hanja ungkapan-ungkapan masing-masing agak kabur. Dapat disadur: "belum tjukup terlatih atau matang untuk mengerti lebih dalam dan menikmati kebenaran dan isi sabda Allah.
Ref. Silang FULL: Ibr 5:6 - peraturan Melkisedek // · peraturan Melkisedek: Ibr 5:10; Kej 14:18; Ibr 6:20; 7:1-22
· : Mazm 110:4; Ibr 7:17,21
· peraturan Melkisedek: Ibr 5:10; Kej 14:18; Ibr 6:20; 7:1-22
· : Mazm 110:4; Ibr 7:17,21
Ref. Silang FULL: Ibr 5:7 - dan permohonan // ratap tangis // karena kesalehan-Nya // telah didengarkan · dan permohonan: Luk 22:41-44
· ratap tangis: Mat 27:46,50; Luk 23:46
· karena kesalehan-Nya: Mr 14:36
· telah didengarka...
· dan permohonan: Luk 22:41-44
· ratap tangis: Mat 27:46,50; Luk 23:46
· karena kesalehan-Nya: Mr 14:36
· telah didengarkan: Mazm 22:25
Ref. Silang FULL: Ibr 5:8 - adalah Anak // telah diderita-Nya · adalah Anak: Ibr 1:2; Ibr 1:2
· telah diderita-Nya: Fili 2:8; Fili 2:8
Ref. Silang FULL: Ibr 5:9 - mencapai kesempurnaan-Nya · mencapai kesempurnaan-Nya: Ibr 2:10; Ibr 2:10
Ref. Silang FULL: Ibr 5:10 - Imam Besar // peraturan Melkisedek · Imam Besar: Ibr 5:5; Ibr 2:17; Ibr 2:17
· peraturan Melkisedek: Ibr 5:6; Ibr 5:6
Ref. Silang FULL: Ibr 5:12 - asas-asas pokok // makanan keras · asas-asas pokok: Ibr 6:1
· makanan keras: 1Kor 3:2; 1Pet 2:2
· anak kecil: 1Kor 14:20; [Lihat FULL. 1Kor 14:20]
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)
Hagelberg: Ibr 5:5-10 - -- 2. AnakNya menjadi Imam (5:5-10)
Di dalam bagian ini apa yang sudah dikatakan mengenai persyaratan untuk menjadi imam akan dipertimbangkan dari sudut...
2. AnakNya menjadi Imam (5:5-10)
Di dalam bagian ini apa yang sudah dikatakan mengenai persyaratan untuk menjadi imam akan dipertimbangkan dari sudut Tuhan Yesus. Persyaratan yang keempat ditangani lebih dahulu.
Hagelberg: Ibr 5:1-10 - -- A. Pendahuluan: Imam yang memenuhi persyaratan (5:1-10)
Inti dari pendahuluan ini adalah bahwa Tuhan Yesus memenuhi segala persyaratan untuk menjadi...
A. Pendahuluan: Imam yang memenuhi persyaratan (5:1-10)
Inti dari pendahuluan ini adalah bahwa Tuhan Yesus memenuhi segala persyaratan untuk menjadi Imam Besar.
Hagelberg: Ibr 5:1--10:39 - -- III. Bagian Kedua: Anak/Imam Allah (pasal 5:1-10:39)
Bagian yang pertama sudah menguraikan kepada kita dua kebenaran. 1) bahwa Yesus, yang ditahbis...
III. Bagian Kedua: Anak/Imam Allah (pasal 5:1-10:39)
Bagian yang pertama sudah menguraikan kepada kita dua kebenaran. 1) bahwa Yesus, yang ditahbiskan sebagai Raja oleh Allah, memiliki suatu posisi dan masa depan yang sangat mulia, dan 2) bahwa kita yang mengikuti Dia dengan setia akan menikmati suatu kemenangan/warisan yang mulia. Di dalam bagian itu Yesus direnungkan terutama sebagai Raja kita yang merintis kemenangan. Di dalam bagian yang kedua ini Yesus akan direnungkan terutama sebagai Imam Besar kita. Bukannya unsur ini tidak ada di dalam bagian pertama. Ada juga unsur ini (2:17, 3:1-6, dan 4:14-16), tetapi tidak menonjol sebagai tema utama. Sekarang, di dalam bagian kedua ini, peranan Yesus sebagai Imam Besar kita akan direnungkan, dan, sama dengan apa yang ada dalam bagian pertama, beberapa peringatan akan disisipkan di dalam renungan ini.
Pada hakekatnya bagian ini (pasal 5-10) berkata bahwa Yesus adalah Imam Besar Agung, yang layak, yang lebih baik, dan yang menjadi dasar yang kuat bagi pahala kita, maka kita harus mendekati Tuhan Allah kita.
Hagelberg: Ibr 5:11-14 - -- 1. Masalah ketidak dewasaan (5:11-14)
Tentang hal Imam Besar kita yang menurut peraturan Melkisedek, "banyak yang harus" dia katakan, tetapi dia ragu...
1. Masalah ketidak dewasaan (5:11-14)
Tentang hal Imam Besar kita yang menurut peraturan Melkisedek, "banyak yang harus" dia katakan, tetapi dia ragu-ragu apa mereka dapat menerima ajaran itu. Memang dari 7:1 sampai 10:18 dia akan menceritakan mengenai Imam Besar kita. Tetapi di sini mereka perlu diperingatkan lagi, karena mereka "lamban dalam hal mendengarkan." Sudah cukup lama mereka bertobat dan percaya kepada Kristus. Justru mereka "seharusnya menjadi pengajar." Dia tidak berkata bahwa mereka semua harus mempunyai karunia rohani untuk mengajar, tetapi tidaklah layak orang seperti itu hanya menerima saja, dan tidak melayani orang lain yang masih baru di dalam Kristus. Mereka ditegur lagi dengan mengatakan kepada mereka bahwa mereka "masih memerlukan susu, bukan makanan keras." Susu itu diminum oleh anak-anak yang belum dapat "membedakan yang baik dari pada yang jahat." Ini bukan suatu kekurangan dari intelek mereka. Dari segi pengertian mereka mungkin tidak bodoh. Itu bukan apa yang dimaksudkan di sini. Masalah mereka adalah bahwa mereka tidak terlatih untuk memilih yang baik dan menolak yang jahat. Mungkin mereka sarjana yang berpengetahuan banyak, tetapi mereka tidak memiliki hikmat yang diperoleh melalui ketaatan pada ajaran kebenaran.
Hagelberg: Ibr 5:11--6:20 - -- B. Peringatan Ketiga (5:11-6:20)
Ajaran mengenai Melkisedek itu baru dikemukakan, dan, seperti biasa, suatu peringatan disisipkan di dalam ajaran ini...
B. Peringatan Ketiga (5:11-6:20)
Ajaran mengenai Melkisedek itu baru dikemukakan, dan, seperti biasa, suatu peringatan disisipkan di dalam ajaran ini. Dia semakin jelas dan tegas dengan mereka, dan juga dengan kita! Inti dari peringatan ini adalah bahwa pertumbuhan rohani mereka harus maju, dan tidak dapat macet, karena kalau macet, maka sulit sekali untuk dijalankan kembali.