Teks -- Hakim-hakim 2:1-14 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Hak 2:1 - MALAIKAT TUHAN.
Nas : Hak 2:1
Malaikat Tuhan menegur Israel atas kegagalan mereka untuk mengusir
orang Kanaan
(lihat cat. --> Kel 3:2;
[atau re...
Nas : Hak 2:1
Malaikat Tuhan menegur Israel atas kegagalan mereka untuk mengusir orang Kanaan
(lihat cat. --> Kel 3:2;
[atau ref. Kel 3:2]
lihat art. PARA MALAIKAT DAN MALAIKAT TUHAN).
Full Life: Hak 2:2 - JANGANLAH KAMU MENGIKAT PERJANJIAN DENGAN PENDUDUK.
Nas : Hak 2:2
Ketidaksediaan Allah untuk membantu orang Israel menghalau musuh itu
sama sekali, sebagian besar disebabkan oleh kegagalan mereka unt...
Nas : Hak 2:2
Ketidaksediaan Allah untuk membantu orang Israel menghalau musuh itu sama sekali, sebagian besar disebabkan oleh kegagalan mereka untuk menjadi umat yang terpisah dan kudus yang membenci cara hidup jahat masyarakat kafir di sekeliling mereka (bd. Ul 7:2,5,16; 12:3; 30:16)
Full Life: Hak 2:3 - AKU TIDAK AKAN MENGHALAU ORANG-ORANG ITU.
Nas : Hak 2:3
Kegagalan kita untuk sungguh-sungguh mencari Allah dan mengikuti
jalan-jalan-Nya yang benar akan menyebabkan Dia menarik pertolongan,...
Nas : Hak 2:3
Kegagalan kita untuk sungguh-sungguh mencari Allah dan mengikuti jalan-jalan-Nya yang benar akan menyebabkan Dia menarik pertolongan, kuasa, dan perlindungan-Nya dari kehidupan kita.
Full Life: Hak 2:10 - BANGKITLAH ... ANGKATAN YANG LAIN.
Nas : Hak 2:10
Pola lingkaran kemerosotan rohani dan pembaharuan dimulai dengan
kematian angkatan tua yang menaklukkan tanah perjanjian dan munculn...
Nas : Hak 2:10
Pola lingkaran kemerosotan rohani dan pembaharuan dimulai dengan kematian angkatan tua yang menaklukkan tanah perjanjian dan munculnya angkatan orang Israel yang baru. Pola yang tercermin dalam Hakim-Hakim berputar sekitar proses berikut:
- (1) angkatan yang baru menyimpang dari komitmen benar yang dibuat orang-tua mereka dan meninggalkan hubungan pribadi dengan Tuhan (ayat Hak 2:10);
- (2) hal ini mengakibatkan penyesuaian diri dengan gaya hidup dan nilai-nilai kebudayaan sekitar dan mengakibatkan kemurtadan umum (ayat Hak 2:11-13);
- (3) hukuman Allah menimpa Israel dalam bentuk penindasan dan perbudakan oleh salah satu musuh mereka (ayat Hak 2:14-15);
- (4) setelah itu bangsa Israel berseru kepada Allah dalam penderitaan mereka dan bertobat dari kemurtadan mereka (ayat Hak 2:15,18);
- (5) Allah membangkitkan seorang pemimpin yang dikuasai Roh Kudus yang menjadi pembebas bangsa Israel dari perbudakan dan memulihkan hubungan mereka dengan Allah (ayat Hak 2:16,18).
Full Life: Hak 2:13 - BAAL DAN PARA ASYTORET.
Nas : Hak 2:13
Baal, penghulu dewa yang dipuja orang Kanaan, menjadi dewa
kesuburan, hujan, dan tanaman. Penyembahan Baal mencakup pelacuran agama
...
Nas : Hak 2:13
Baal, penghulu dewa yang dipuja orang Kanaan, menjadi dewa kesuburan, hujan, dan tanaman. Penyembahan Baal mencakup pelacuran agama dan korban anak-anak. Kompromi Israel dengan Baalisme berkali-kali dikutuk oleh para nabi (pasal 1Raj 17:1-18:46; 22:17-27; 2Raj 1:1-18; 13:1-25; 2Raj 17:1-41; Yer 10:12-16; 14:22; Hos 2:8,16-17). Asytoret, dewi peperangan dan kesuburan dan pasangan wanita dewa Baal, dilukiskan dengan patung besar dan kecil.
BIS -> Hak 2:5
Bokhim: Dalam bahasa Ibrani berarti "mereka yang menangis."
Jerusalem -> Hak 1:1--2:5; Hak 2:1-4; Hak 2:1; Hak 2:1; Hak 2:3; Hak 2:5; Hak 2:6--3:6; Hak 2:10; Hak 2:11-19; Hak 2:13
Jerusalem: Hak 1:1--2:5 - -- Bagian pertama Hakim-hakim ini mengumpulkan beberapa catatan yang menghasilkan sebuah gambar menyeluruh tentang perebutan Tanah Suci. Tetapi gambar it...
Bagian pertama Hakim-hakim ini mengumpulkan beberapa catatan yang menghasilkan sebuah gambar menyeluruh tentang perebutan Tanah Suci. Tetapi gambar itu berbeda sekali dengan kesan yang diberikan kitab Yos 1-12. Menurut Hak 1 Tanah Suci direbut melalui berbagai serbuan yang dilontarkan masing-masing suku atau kelompok orang Israel tersendiri dan terlepas satu sama lain. Dan perebutan itu akhirnya jauh dari lengkap. Catatan-Catatan Hakim mengenai caranya orang Israel menetap di bagian selatan negeri Kanaan jauh lebih dekat dengan kenyataan historis dari pada apa yang dikatakan Yos 10. Dalam Hakim 1 terkumpul tradisi-tradisi Yahwista yang menonjolkan peranan suku Yehuda, bdk Hak 9 dan Hak 17. Tradisi-tradisi itu tidak dimanfaatkan waktu kitab Yosua disusun untuk pertama kalinya, oleh karena kurang sesuai dengan bagan kitab Yosua dan tidak cocok dengan maksud teologis penyusun. Beberapa dari tradisi-tradisi yang mula-mula disingkirkan, kemudian disisipkan ke dalam kitab Yosua waktu untuk kedua kalinya diterbitkan, misalnya Yos 14:6-15; 15:13-19. Penyusun hakim yang berhaluan tradisi Ulangan menyisipkan tradisi-tradisi tsb ke dalam kitabnya pula. Tetapi supaya jangan bertentangan dengan kitab Yosua penyusun Hakim berkata bahwa peristiwa-peristiwa itu terjadi setelah Yosua meninggal, Hak 1:1.
Jerusalem: Hak 2:1-4 - -- Penyusun kitab Hakim yang berhaluan tradisi Ulangan menambah bab 1 pada kitab dan dalam Hak 2:1-5 ia menambah suatu pertimbangan teologis mengapa pere...
Penyusun kitab Hakim yang berhaluan tradisi Ulangan menambah bab 1 pada kitab dan dalam Hak 2:1-5 ia menambah suatu pertimbangan teologis mengapa perebutan negeri tidak berhasil seluruhnya. Pertimbangan ini sesuai dengan pikiran yang terungkap dalam Yos 23:12-13. Pertimbangan teologis itu dipersatukan dengan penjelasan atas nama sebuah tempat di daerah Betel. Hak 2:4-5.
Jerusalem: Hak 2:1 - Malaikat TUHAN itu sama dengan Tuhan sendiri, bdk Kej 16:7+. Bdk penampakan kepada Yosua di Gilgal, Yos 5:13-15. Mengenai Gilgal bdk Yos 4:19+
itu sama dengan Tuhan sendiri, bdk Kej 16:7+. Bdk penampakan kepada Yosua di Gilgal, Yos 5:13-15. Mengenai Gilgal bdk Yos 4:19+
Dalam terjemahan Yunani terbaca: Betel, bdk Hak 2:5.
Jerusalem: Hak 2:3 - musuhmu Ini menurut terjemahan-terjemahan kuno. Dalam naskah Ibrani tertulis: di sisimu.
Ini menurut terjemahan-terjemahan kuno. Dalam naskah Ibrani tertulis: di sisimu.
Jerusalem: Hak 2:5 - Bokhim Nama itu berarti: penangis-penangis. Tempat letaknya tidak diketahui. Barangkali tersinggunglah "Pohon Besar Penangisan" di dekat Betel, Kej 35:8.
Nama itu berarti: penangis-penangis. Tempat letaknya tidak diketahui. Barangkali tersinggunglah "Pohon Besar Penangisan" di dekat Betel, Kej 35:8.
Jerusalem: Hak 2:6--3:6 - -- Bagian ini merupakan kata pendahuluan kedua bagi kitab Hakim, yaitu bagi kumpulan riwayat-riwayat hakim masing-masing. Kata pendahuluan ini terdiri at...
Bagian ini merupakan kata pendahuluan kedua bagi kitab Hakim, yaitu bagi kumpulan riwayat-riwayat hakim masing-masing. Kata pendahuluan ini terdiri atas beberapa unsur. Bagian inti ialah Hak 2:11-19; dalam terbitan kitab yang pertama bagian ini kiranya langsung mendahului Hak 3:7 dst. Hak 2:6-10 kemudian ditambahkan dan langsung menghubungkan kitab Hakim dengan kitab Yosua; memang Hak 2:6-10 mengulangi ayat-ayat penghabisan kitab Yos (24:28-31), sama seperti Ezr 1:1-3 mengulangi 2Ta 36:22-23, Hak 2:20-3:6 ditambah pada Hak 2:11-19 dengan maksud menjelaskan mengapa tetap ada bangsa-bangsa asing di tengah-tengah bangsa Israel.
Jerusalem: Hak 2:10 - Setelah seluruh angkatan..... Ayat ini tidak terdapat dalam bagian Yosua yang sejalan. Wafatnya Yosua serta matinya angkatan yang turut merebut negeri Kanaan membuka jalan untuk ke...
Ayat ini tidak terdapat dalam bagian Yosua yang sejalan. Wafatnya Yosua serta matinya angkatan yang turut merebut negeri Kanaan membuka jalan untuk kemerosotan di bidang agama dan akhlak serta ketidaksetiaan bangsa Israel.
Jerusalem: Hak 2:11-19 - -- Bagian ini berasal dari tangan penyusun pertama kitab Hakim yang berhaluan tradisi Ulangan. Di dalamnya dibentangkan sebuah pikiran yang terulang pada...
Bagian ini berasal dari tangan penyusun pertama kitab Hakim yang berhaluan tradisi Ulangan. Di dalamnya dibentangkan sebuah pikiran yang terulang pada riwayat masing-masing Hakim, bdk Hak 3:7-9,12-15; 4:1 dst Hak 6:1 dst; Hak 10:6 dst, dll. Pikiran itu adalah sbb: Israel tidak setia pada Tuhan dan beribadat kepada Baal; lalu Tuhan membiarkan Israel ditindas musuhnya; maka Israel berseru kepada Tuhan dan Tuhan mengutus kepada Israel seorang penyelamat (Hakim); kemudian hal-hal yang sama terulang. Pandangan teologis terhadap sejarah semacam itu mengandaikan bahwa para Hakim secara teratur susul-menyusul tampil dan bahwa masing-masing Hakim bertindak sebagai penyelamat seluruh Israel, Dan memang begitulah kitab Hakim menggambarkan sejarahnya. Tetapi gambar itu hanya sedikit saja sesuai dengan sejarah yang sebenarnya. Kitab Hakim disusun berdasarkan sejumlah ceritera tersendiri mengenai pahlawan-pahlawan setempat yang tampil di daerah tertentu saja. Aslinya ceritera-ceritera itu tidak berhubung-hubungan. Urutan kegiatan masing-masing Hakim dalam waktu dibuat-buat saja oleh penyusun kitab Hakim.
Jerusalem: Hak 2:13 - Baal dan para Asytoret Ungkapan "Baal dan Asytoret" ataupun "para Baal dan para Asytoret" dalam Kitab Suci lazimnya dipakai untuk menyebut dewa-dewi negeri Kanaan. Baal, art...
Ungkapan "Baal dan Asytoret" ataupun "para Baal dan para Asytoret" dalam Kitab Suci lazimnya dipakai untuk menyebut dewa-dewi negeri Kanaan. Baal, artinya: tuan/tuhan, merupakan dewa utama dan berjenis kelamin laki-laki dan sering dipandang sebagai pemilik tanah. Asytoret yang dapat disamakan dengan dewi Asyur yang bernama Isytar, adalah dewi cinta dan kesuburan. Kerap kali nama Asytoret diganti dengan nama Asyera, Hak 3:7; 2Ra 23:4 dll, ialah seorang dewi lain yang mempunyai ciri-ciri yang sama. Lambang dewi kesuburan itu ialah "tugu berhala" atau "asyera", bdk Kel 34:13+, lalu dewi itu sendiri disebut Asyera juga.
Ende: Hak 2:1-5 - -- Malaekat Jahwe itu sama sadja dengan Jahwe menampakkan diri-Nja. Maksud tjatatan
ini ialah: menerangkan mengapa Israil tak berhasil menduduki Kena'an ...
Malaekat Jahwe itu sama sadja dengan Jahwe menampakkan diri-Nja. Maksud tjatatan ini ialah: menerangkan mengapa Israil tak berhasil menduduki Kena'an seluruhnja (fasal 1)(Hak 1) dan itu mendjadi djuga sebangsa perumusan adjaran jang terkandung dalam seluruh kitab Hakim2, jakni-Israil dianiaja dan ditindas terus, karena tak setia pada Jahwe, makanja Iapun tak setia pada Israel.
dihubungkan dengan kata Hibrani jang berarti: menangis.
Ende: Hak 2:6--3:6 - -- Pendahuluan jang kedua ini memberi keterangan, mengapa sedjarah Israil pada
djaman para Hakim demikian malangnja. Israil tak setia pada Jahwe, maka ia...
Pendahuluan jang kedua ini memberi keterangan, mengapa sedjarah Israil pada djaman para Hakim demikian malangnja. Israil tak setia pada Jahwe, maka ia mesti dihukum. Karena pertobatannja lalu tidak sungguh2, maka jang sama terus diulang sadja, meskipun Jahwe tempo2 menolong dan menjelamatkan.
Ende: Hak 2:10 - tidak mengenal Jahwe dan perbuatanNja berarti: tidak bersjukur kepada
Jahwe dengan berbakti kepadaNja dengan tetap patuh kepada perintah2Nja.
berarti: tidak bersjukur kepada Jahwe dengan berbakti kepadaNja dengan tetap patuh kepada perintah2Nja.
Ende: Hak 2:11 - Ba'al berarti sebagai kata benda djenis "tuan" (pemilik penguasa) dan
dikenakan dengan pada dewa2 setempat (djuga pada dewa2 setempat (djuga pada
Jahwe) dan...
berarti sebagai kata benda djenis "tuan" (pemilik penguasa) dan dikenakan dengan pada dewa2 setempat (djuga pada dewa2 setempat (djuga pada Jahwe) dan demikian mendjadi djuga nama dewa2 setempat.
Ende: Hak 2:13 - 'Asjtoret adalah dewi kesuburan ('Atar, Isjtar, Asjtarte), djodoh Ba'al.
Disini, seperti Ba'al (aj. 11)(Hak 2:11) melingkupi semua dewi setempat
di Kena'an.
Endetn -> Hak 2:3
diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Tertulis: "disisimu".
Ref. Silang FULL: Hak 2:1 - Tuhan pergi // dari Gilgal // ke Bokhim // dari Mesir // nenek moyangmu // dengan kamu · Tuhan pergi: Kej 16:7; Kej 16:7
· dari Gilgal: Ul 11:30; Ul 11:30
· ke Bokhim: Hak 2:5
· dari Mesir: Kel 20:2; Hak 6:8
&...
Ref. Silang FULL: Hak 2:2 - penduduk negeri // mezbah // tidak mendengarkan · penduduk negeri: Kel 23:32; Kel 23:32; Kel 34:12; Kel 34:12; Ul 7:2
· mezbah: Kel 23:24; Kel 23:24; Kel 34:13; Ul 7:5; 2Taw 14:3
&m...
Ref. Silang FULL: Hak 2:3 - dari depanmu // menjadi musuhmu // menjadi jerat · dari depanmu: Yos 23:13
· menjadi musuhmu: Bil 33:55; Bil 33:55
· menjadi jerat: Kel 10:7; Kel 10:7
Ref. Silang FULL: Hak 2:4 - dengan keras · dengan keras: Kej 27:38; Kej 27:38; Bil 25:6; Bil 25:6; 2Raj 17:13
· dengan keras: Kej 27:38; [Lihat FULL. Kej 27:38]; Bil 25:6; [Lihat FULL. Bil 25:6]; 2Raj 17:13
Ref. Silang FULL: Hak 2:11 - yang jahat // mata Tuhan // para Baal · yang jahat: 1Raj 15:26
· mata Tuhan: Hak 3:12; 4:1; 6:1; 10:6
· para Baal: Hak 3:7; 8:33; 1Raj 16:31; 22:53; 2Raj 10:18; 17:16
· yang jahat: 1Raj 15:26
· mata Tuhan: Hak 3:12; 4:1; 6:1; 10:6
· para Baal: Hak 3:7; 8:33; 1Raj 16:31; 22:53; 2Raj 10:18; 17:16
Ref. Silang FULL: Hak 2:12 - mengikuti allah // sekeliling mereka // mereka menyakiti // mereka menyakiti · mengikuti allah: Ul 32:12; Ul 32:12; Mazm 106:36
· sekeliling mereka: Ul 31:16; Ul 31:16; Hak 10:6
· mereka menyakiti: Bil 11:3...
· mengikuti allah: Ul 32:12; [Lihat FULL. Ul 32:12]; Mazm 106:36
· sekeliling mereka: Ul 31:16; [Lihat FULL. Ul 31:16]; Hak 10:6
· mereka menyakiti: Bil 11:33; [Lihat FULL. Bil 11:33]
· mereka menyakiti: Ul 4:25; Mazm 78:58; 106:40
Ref. Silang FULL: Hak 2:13 - mereka meninggalkan // para Asytoret · mereka meninggalkan: 1Sam 7:3; 1Raj 11:5,33; 2Raj 23:13
· para Asytoret: Hak 3:7; 5:8; 6:25; 8:33; 10:6; 1Sam 31:10; Neh 9:26; Mazm 78...
· mereka meninggalkan: 1Sam 7:3; 1Raj 11:5,33; 2Raj 23:13
· para Asytoret: Hak 3:7; 5:8; 6:25; 8:33; 10:6; 1Sam 31:10; Neh 9:26; Mazm 78:56; Yer 11:10