kecilkan semua  

Teks -- Hakim-hakim 11:1-33 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Yefta dan Gilead
11:1 Adapun Yefta, orang Gilead itu, adalah seorang pahlawan yang gagah perkasa, tetapi ia anak seorang perempuan sundal; ayah Yefta ialah Gilead. 11:2 Juga isteri Gilead melahirkan anak-anak lelaki baginya. Setelah besar anak-anak isterinya ini, maka mereka mengusir Yefta, katanya kepadanya: "Engkau tidak mendapat milik pusaka dalam keluarga kami, sebab engkau anak dari perempuan lain." 11:3 Maka larilah Yefta dari saudara-saudaranya itu dan diam di tanah Tob; di sana berkumpullah kepadanya petualang-petualang yang pergi merampok bersama-sama dengan dia. 11:4 Beberapa waktu kemudian bani Amon berperang melawan orang Israel. 11:5 Dan ketika bani Amon itu berperang melawan orang Israel, pergilah para tua-tua Gilead menjemput Yefta dari tanah Tob. 11:6 Kata mereka kepada Yefta: "Mari, jadilah panglima kami dan biarlah kita berperang melawan bani Amon." 11:7 Tetapi kata Yefta kepada para tua-tua Gilead itu: "Bukankah kamu sendiri membenci aku dan mengusir aku dari keluargaku? Mengapa kamu datang sekarang kepadaku, pada waktu kamu terdesak?" 11:8 Kemudian berkatalah para tua-tua Gilead kepada Yefta: "Memang, kami datang kembali sekarang kepadamu, ikutilah kami dan berperanglah melawan bani Amon, maka engkau akan menjadi kepala atas kami, atas seluruh penduduk Gilead." 11:9 Kata Yefta kepada para tua-tua Gilead: "Jadi, jika kamu membawa aku kembali untuk berperang melawan bani Amon, dan TUHAN menyerahkan mereka kepadaku, maka akulah yang akan menjadi kepala atas kamu?" 11:10 Lalu kata para tua-tua Gilead kepada Yefta: "Demi TUHAN yang mendengarkannya sebagai saksi antara kita: Kami akan berbuat seperti katamu itu." 11:11 Maka Yefta ikut dengan para tua-tua Gilead, lalu bangsa itu mengangkat dia menjadi kepala dan panglima mereka. Tetapi Yefta membawa seluruh perkaranya itu ke hadapan TUHAN, di Mizpa.
Yefta dan bani Amon
11:12 Kemudian Yefta mengirim utusan kepada raja bani Amon dengan pesan: "Apakah urusanmu dengan aku, sehingga engkau mendatangi aku untuk memerangi negeriku?" 11:13 Jawab raja bani Amon kepada utusan Yefta: "Orang Israel, ketika berjalan keluar dari Mesir, telah merampas tanahku, dari sungai Arnon sampai ke sungai Yabok dan sampai ke sungai Yordan. Maka sekarang, kembalikanlah semuanya itu dengan jalan damai." 11:14 Lalu Yefta mengirim pula utusan kepada raja bani Amon 11:15 dengan pesan: "Beginilah kata Yefta: orang Israel tidak merampas tanah orang Moab atau tanah bani Amon. 11:16 Sebab ketika berjalan keluar dari Mesir, orang Israel melalui padang gurun sampai ke Laut Teberau dan tiba di Kadesh. 11:17 Ketika itu orang Israel mengirim utusan kepada raja negeri Edom dengan permintaan: Izinkanlah kiranya kami berjalan melalui negerimu ini. Tetapi raja negeri Edom tidak mau mendengar. Mereka mengirim juga utusan kepada raja negeri Moab, tetapi raja ini menolak. Maka orang Israel tinggal di Kadesh. 11:18 Kemudian mereka berjalan melalui padang gurun, menempuh jalan keliling tanah Edom dan tanah Moab, lalu sampai ke sebelah timur tanah Moab, maka berkemahlah mereka di seberang sungai Arnon, dengan tidak masuk daerah Moab, sebab sungai Arnon itulah batas daerah Moab. 11:19 Lalu orang Israel mengirim utusan kepada Sihon, raja orang Amori, raja di Hesybon, dan orang Israel meminta kepadanya: Izinkanlah kiranya kami berjalan melalui negerimu ini sampai ke tempat yang kami tuju. 11:20 Tetapi Sihon tidak percaya kepada orang Israel yang hendak berjalan melalui daerahnya itu, maka dikumpulkannyalah seluruh rakyatnya. Ia berkemah di Yahas, lalu berperang melawan orang Israel. 11:21 Tetapi TUHAN, Allah Israel, menyerahkan Sihon dengan seluruh rakyatnya ke dalam tangan orang Israel, dan mereka dikalahkan, sehingga orang Israel menduduki seluruh negeri kepunyaan orang Amori, penduduk negeri itu. 11:22 Demikianlah dimiliki orang Israel seluruh daerah orang Amori itu, dari sungai Arnon sampai ke sungai Yabok dan dari padang gurun sampai ke sungai Yordan. 11:23 Maka sekarang TUHAN, Allah Israel, telah merebut milik orang Amori, bagi Israel, umat-Nya. Apakah engkau hendak memiliki pula tanah mereka itu? 11:24 Bukankah engkau akan memiliki apa yang diberi oleh Kamos, allahmu? Demikianlah kami memiliki segala yang direbut bagi kami oleh TUHAN, Allah kami. 11:25 Lagipula, apakah engkau lebih baik dari Balak bin Zipor, raja Moab? Pernahkah ia menuntut hak kepada orang Israel atau pernahkah ia berperang melawan mereka? 11:26 Ketika orang Israel diam di Hesybon dengan segala anak kotanya, di Aroer dengan segala anak kotanya, dan di segala kota sepanjang kedua tepi sungai Arnon selama tiga ratus tahun, mengapa pada waktu itu engkau tidak melepaskan kota-kota itu? 11:27 Jadi aku tidak bersalah terhadap engkau, tetapi engkau berbuat jahat terhadap aku dengan berperang melawan aku. TUHAN, Hakim itu, Dialah yang menjadi hakim pada hari ini antara orang Israel dan bani Amon." 11:28 Tetapi raja bani Amon tidak mendengarkan perkataan yang disampaikan kepadanya oleh utusan-utusan Yefta.
Nazar Yefta
11:29 Lalu Roh TUHAN menghinggapi Yefta; ia berjalan melalui daerah Gilead dan daerah Manasye, kemudian melalui Mizpa di Gilead, dan dari Mizpa di Gilead ia berjalan terus ke daerah bani Amon. 11:30 Lalu bernazarlah Yefta kepada TUHAN, katanya: "Jika Engkau sungguh-sungguh menyerahkan bani Amon itu ke dalam tanganku, 11:31 maka apa yang keluar dari pintu rumahku untuk menemui aku, pada waktu aku kembali dengan selamat dari bani Amon, itu akan menjadi kepunyaan TUHAN, dan aku akan mempersembahkannya sebagai korban bakaran." 11:32 Kemudian Yefta berjalan terus untuk berperang melawan bani Amon, dan TUHAN menyerahkan mereka ke dalam tangannya. 11:33 Ia menimbulkan kekalahan yang amat besar di antara mereka, mulai dari Aroer sampai dekat Minit -- dua puluh kota banyaknya -- dan sampai ke Abel-Keramim, sehingga bani Amon itu ditundukkan di depan orang Israel.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Amon a son of Manasseh; the father of Josiah and an ancestor of Jesus,governor of the Town of Samaria under King Ahab,son and successor of King Manasseh,a man who, with his sons, were servants of Solomon
 · Amori members of a pre-Israel Semitic tribe from Mesopotamia
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · anak-anak perempuan Manasye the tribe of Manasseh.
 · Arnon a river forming the southern border of Ammon east of the Dead Sea
 · Aroer a town by the Wadi Arnon on the border of Reuben and Gad,a town in the desert of Judah
 · Aroër a town by the Wadi Arnon on the border of Reuben and Gad,a town in the desert of Judah
 · Balak a son of Zippor,son of Zippor, King of Moab, who hired Balaam against Israel
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · bani Amon the tribe/nation of people descended from Ben-Ammi, Lot's son,Territory of the tribe/nation of Ammon
 · bani Gilead member(s) of the clan, or residents of the region of Gilead
 · bani Manasye the tribe of Manasseh.
 · bani Moab resident(s) of the country of Moab
 · Edom resident(s) of the region of Edom
 · Habel the second son of Adam and Eve; the brother of Cain,an English name representing two different Hebrew names,as representing the Hebrew name 'Hebel' or 'Habel',the second son of Adam,as representing the Hebrew name 'Abel',a town in northern Israel near Dan (OS)
 · Hesmon a town of south-eastern Judah
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Kadesh an oasis 100 km south of Gaza & 120 km NNW of Ezion-Geber, where Israel made an encampment
 · Kamos a pagan god; the national god of Moab
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · kaum orang Gilead member(s) of the clan, or residents of the region of Gilead
 · Laut Merah the ocean between Egypt and the Sinai Peninsula,the sea between Egypt and Arabia
 · Manasye member of the tribe of Manasseh
 · Mesir descendants of Mizraim
 · Minit a town of Ammon which gives its name to a kind of grain (OS)
 · Moab resident(s) of the country of Moab
 · orang Amon member(s) of the tribe/nation of Ammon
 · orang Amori a member of a pre-Israel Semitic tribe,a pre-Israel Semitic tribe from the city of Mari in Mesopotamia
 · orang dari Moab resident(s) of the country of Moab
 · orang Gilead member(s) of the clan, or residents of the region of Gilead


Topik/Tema Kamus: Yefta | Arnon | Hakim Israel | Orang Amon | Amori | Kurban | Sumpah | Molokh | Sihon | Orang Moab | Aroer | Nazar | Jalan, Perjalanan Israel Melalui | Tentara | Hakim Yang Luar Biasa | Suku Manasye | Orang Edom | Hukuman, Penghukuman | Tob | Minit | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Hak 11:29 - ROH TUHAN. Nas : Hak 11:29 Lihat cat. --> Hak 3:10. [atau ref. Hak 3:10]

Nas : Hak 11:29

Lihat cat. --> Hak 3:10.

[atau ref. Hak 3:10]

Jerusalem: Hak 10:6--12:7 - -- Yefta yang riwayatnya dimuat di sini adalah seorang "Hakim kecil". Sebab tentang dia disajikan catatan sama seperti tentang "hakim-hakim kecil" lain: ...

Yefta yang riwayatnya dimuat di sini adalah seorang "Hakim kecil". Sebab tentang dia disajikan catatan sama seperti tentang "hakim-hakim kecil" lain: mengenai keluarganya, Hak 11:1-2; mengenai zaman tampilnya dan tempat kuburnya, Hak 12:7. Tetapi mengenai Yefta beredar sebuah ceritera yang menggambarkannya sebagai penyelamat yang mirip dengan "Hakim-hakim besar". Kata pendahuluan ceritera itu, Hak 10:6-18, sangat diperluas oleh penyusun kitab Hakim, sehingga serupa dengan Hak 2:6-19. Pada kisah mengenai perang pembebasan dengan orang Amon, Hak 11:1-11,29,32-33, ditambah catatan buatan penyusun kitab mengenai pesan yang disampaikan Yefta kepada raja orang Amon, Hak 11:12-28, dan juga ceritera tentang nazar Yefta, Hak 11:30-31,34-40. Akhirnya masih ditambah juga sebuah ceritera mengenai bentrokan antara suku Efraim dengan kaum Gilead, Hak 12:1-6.

Jerusalem: Hak 11:1 - Gilead Gilead jelas nama sebuah daerah dalam Hak 10:18 dan Hak 11:8, yaitu daerah yang didiami orang Gad, bdk Bil 32:1+. Di sini nama itu dipakai sebagai nam...

Gilead jelas nama sebuah daerah dalam Hak 10:18 dan Hak 11:8, yaitu daerah yang didiami orang Gad, bdk Bil 32:1+. Di sini nama itu dipakai sebagai nama diri seseorang; hal itu sering terjadi dalam silsilah-silsilah, bdk Bil 26:29.

Jerusalem: Hak 11:3 - petualang-petualang Yefta bertindak sama seperti Abimelekh, Hak 9:4 dan Daud, 1Sa 22:1-2; 25:13, dll.

Yefta bertindak sama seperti Abimelekh, Hak 9:4 dan Daud, 1Sa 22:1-2; 25:13, dll.

Jerusalem: Hak 11:9 - menjadi kepala atas kamu Hal ihwal Yefta ini barangkali sebuah contoh bagaimana seorang "hakim" dipilih di Israel: Yefta sudah menyelamatkan rakyat; tampil ciri karismatis, Ha...

Hal ihwal Yefta ini barangkali sebuah contoh bagaimana seorang "hakim" dipilih di Israel: Yefta sudah menyelamatkan rakyat; tampil ciri karismatis, Hak 11:29. Kedua ciri tsb tampil kembali dalam satu tradisi mengenai dipilihnya Saul menjadi raja, 1Sa 11. Mengenai gelar "raja" tidak tampil dalam ceritera mengenai Yefta, tetapi Yefta memang menurut dan mendapat kuasa seorang raja. Berbeda sekali kelakuan Gideon yang menolak tawaran menjadi raja; berbeda pula Abimelekh yang menerima tawaran, tetapi mencelakakan rakyat. Kisah mengenai Yefta membuktikan bahwa perbedaan antara "Hakim besar" dan "Hakim kecil" tidak boleh diperuncing. Pengangkatan seorang "hakim" sudah menyiapkan pengangkatan raja di hari kemudian.

Jerusalem: Hak 11:11 - ke hadapan TUHAN Ternyata di Mizpa ada sebuah tempat kudus, tempat orang dapat memanggil Tuhan sebagai saksi.

Ternyata di Mizpa ada sebuah tempat kudus, tempat orang dapat memanggil Tuhan sebagai saksi.

Jerusalem: Hak 11:12-28 - -- Ringkasan sejarah ini dibuat atas dasar Bil 20-21 dan Ula 2. Tetapi penulisnya keliru dengan menukar orang Moab dengan orang Amos. Sebab wilayah yang ...

Ringkasan sejarah ini dibuat atas dasar Bil 20-21 dan Ula 2. Tetapi penulisnya keliru dengan menukar orang Moab dengan orang Amos. Sebab wilayah yang menurut Hak 11:13 dan Hak 11:26 direbut Israel bukan wilayah Amon, tetapi wilayah Moab dan Kamos yang disebut sebagai dewa (utama) Amon sebenarnya dewa utama Moab, sedangkan dewa utama Amon bernama Milkom.

Jerusalem: Hak 11:29-40 - -- Ceritera mengenai nazar Yefta, Hak 11:30-31,34-40, ini aslinya bermaksud menjelaskan asal usul sebuah pesta tahunan yang dirayakan di Gilead, Hak 11:4...

Ceritera mengenai nazar Yefta, Hak 11:30-31,34-40, ini aslinya bermaksud menjelaskan asal usul sebuah pesta tahunan yang dirayakan di Gilead, Hak 11:40; arti sebenarnya perayaan itu tidak diketahui. Isi ceritera ini jangan diperlemah: Yefta benar-benar mempersembahkan anak perempuannya sebagai korban, Hak 11:39, agar jangan mengingkari nazarnya, Hak 11:31. Umat Israel tidak pernah membenarkan korban manusia semacam itu, hal mana sudah nampak dalam Kej 22. Penulis Hakim tidak mencela kelakuan Yefta itu, tetapi sebaliknya mau menekankan bahwa orang harus menepati nazar yang diikrarkan.

Ende: Hak 10:6--12:7 - -- Kisah mengenai Jeftah itu penuh makna. Jeftah adalah kepala gerombolan, tetapi seorang jang setia pada agama Jahwe. Sesungguhnja ia tidak mengertinja ...

Kisah mengenai Jeftah itu penuh makna. Jeftah adalah kepala gerombolan, tetapi seorang jang setia pada agama Jahwe. Sesungguhnja ia tidak mengertinja dengan baik2. Ia mempersembahkan puterinja sebagai sebagai kurban kepada Jahwe, hal mana dilarang dengan keras oleh agama Jahudi. Tetapi Jeftah menganggap itu sebagai kewadjibannja terhadap Allah dan, betapapun beratnja, ia mau setia. Dalam kisah ini muntjullah pula suatu usaha untuk mentjiptakan suatu keradjaan. Tjeritera itu achirnja memuat tradisi2 jang kuno sekali (beberapa mungkin mengenai hal jang sama) dari marga Gile'ad, suku Gad jang daerahnja diseberang Jarden.

Ende: Hak 11:17 - -- Wanita jang tak beranak, dahulu tidak dihormati, tetapi dinistakan sadja. Karenanja puteri Jeftah mau menangisi keprawanannja.

Wanita jang tak beranak, dahulu tidak dihormati, tetapi dinistakan sadja. Karenanja puteri Jeftah mau menangisi keprawanannja.

Ende: Hak 11:24 - -- Kemosj biasanja disebut dewa Moab. Milkom adalah dewa 'Amon. Jeftah keliru ataukah si pengarang? Bahwa dewa memberi tanah kepada sukunja sendiri bersa...

Kemosj biasanja disebut dewa Moab. Milkom adalah dewa 'Amon. Jeftah keliru ataukah si pengarang? Bahwa dewa memberi tanah kepada sukunja sendiri bersandarkan anggapan, bawah masing2 dewa mempunjai wilajahnja sendiri. Jeftah memindahkan pikiran itu kepada Jahwe pula, meskipun sesungguhnja Jahwe memiliki segala sesuatu (Hak 11:27). Jeftah hanja mau mejakinkan orang2 'Amon dengan anggapannja sendiri. Israil berhak memiliki daerah jang dipersengketakan itu.

Endetn: Hak 11:13 - itu diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Tertulis: "mereka (kota2 itu).

diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Tertulis: "mereka (kota2 itu).

Endetn: Hak 11:29 - (terus menudju ke) ditambahkan menurut beberapa naskah Hibrani.

ditambahkan menurut beberapa naskah Hibrani.

Ref. Silang FULL: Hak 11:1 - Adapun Yefta // seorang pahlawan // perempuan sundal // ialah Gilead · Adapun Yefta: Hak 12:1; 1Sam 12:11; Ibr 11:32 · seorang pahlawan: Hak 6:12 · perempuan sundal: Kej 38:15; Kej 38:15 · ia...

· Adapun Yefta: Hak 12:1; 1Sam 12:11; Ibr 11:32

· seorang pahlawan: Hak 6:12

· perempuan sundal: Kej 38:15; [Lihat FULL. Kej 38:15]

· ialah Gilead: Bil 26:29

Ref. Silang FULL: Hak 11:3 - tanah Tob // kepadanya petualang-petualang · tanah Tob: Hak 11:5; 2Sam 10:6,8 · kepadanya petualang-petualang: Hak 9:4; Hak 9:4

· tanah Tob: Hak 11:5; 2Sam 10:6,8

· kepadanya petualang-petualang: Hak 9:4; [Lihat FULL. Hak 9:4]

Ref. Silang FULL: Hak 11:4 - bani Amon · bani Amon: Hak 10:9; Hak 10:9

· bani Amon: Hak 10:9; [Lihat FULL. Hak 10:9]

Ref. Silang FULL: Hak 11:7 - dari keluargaku · dari keluargaku: Kej 26:16; Kej 26:16

· dari keluargaku: Kej 26:16; [Lihat FULL. Kej 26:16]

Ref. Silang FULL: Hak 11:8 - menjadi kepala · menjadi kepala: Hak 10:18; Hak 10:18

· menjadi kepala: Hak 10:18; [Lihat FULL. Hak 10:18]

Ref. Silang FULL: Hak 11:10 - sebagai saksi · sebagai saksi: Kej 31:50; Kej 31:50; Yes 1:2; Yes 1:2

· sebagai saksi: Kej 31:50; [Lihat FULL. Kej 31:50]; Yes 1:2; [Lihat FULL. Yes 1:2]

Ref. Silang FULL: Hak 11:11 - para tua-tua // seluruh perkaranya // di Mizpa · para tua-tua: 1Sam 8:4; 2Sam 3:17 · seluruh perkaranya: Kel 19:9; 1Sam 8:21 · di Mizpa: Yos 11:3; Yos 11:3

· para tua-tua: 1Sam 8:4; 2Sam 3:17

· seluruh perkaranya: Kel 19:9; 1Sam 8:21

· di Mizpa: Yos 11:3; [Lihat FULL. Yos 11:3]

Ref. Silang FULL: Hak 11:13 - sungai Arnon // sungai Yabok · sungai Arnon: Bil 21:13; Bil 21:13 · sungai Yabok: Bil 21:24; Bil 21:24

· sungai Arnon: Bil 21:13; [Lihat FULL. Bil 21:13]

· sungai Yabok: Bil 21:24; [Lihat FULL. Bil 21:24]

Ref. Silang FULL: Hak 11:15 - orang Moab // bani Amon · orang Moab: Ul 2:9 · bani Amon: Ul 2:19

· orang Moab: Ul 2:9

· bani Amon: Ul 2:19

Ref. Silang FULL: Hak 11:16 - Laut Teberau // Kadesh · Laut Teberau: Bil 14:25; Ul 1:40; Ul 1:40 · Kadesh: Kej 14:7; Kej 14:7

· Laut Teberau: Bil 14:25; Ul 1:40; [Lihat FULL. Ul 1:40]

· Kadesh: Kej 14:7; [Lihat FULL. Kej 14:7]

Ref. Silang FULL: Hak 11:17 - mengirim utusan // melalui negerimu // negeri Moab // ini menolak · mengirim utusan: Hak 11:19; Kej 32:3; Kej 32:3; Bil 20:14 · melalui negerimu: Bil 20:17; Bil 20:17 · negeri Moab: Yer 48:1 &mid...

· mengirim utusan: Hak 11:19; Kej 32:3; [Lihat FULL. Kej 32:3]; Bil 20:14

· melalui negerimu: Bil 20:17; [Lihat FULL. Bil 20:17]

· negeri Moab: Yer 48:1

· ini menolak: Yos 24:9; [Lihat FULL. Yos 24:9]

Ref. Silang FULL: Hak 11:18 - tanah Edom // sebelah timur // sungai Arnon · tanah Edom: Bil 20:21; Bil 20:21 · sebelah timur: Ul 2:8 · sungai Arnon: Bil 21:13; Bil 21:13

· tanah Edom: Bil 20:21; [Lihat FULL. Bil 20:21]

· sebelah timur: Ul 2:8

· sungai Arnon: Bil 21:13; [Lihat FULL. Bil 21:13]

Ref. Silang FULL: Hak 11:19 - mengirim utusan // di Hesybon // ke tempat · mengirim utusan: Hak 11:17; Hak 11:17 · di Hesybon: Yos 12:2; Yos 12:2 · ke tempat: Bil 21:21-22

· mengirim utusan: Hak 11:17; [Lihat FULL. Hak 11:17]

· di Hesybon: Yos 12:2; [Lihat FULL. Yos 12:2]

· ke tempat: Bil 21:21-22

Ref. Silang FULL: Hak 11:20 - orang Israel · orang Israel: Bil 21:23

· orang Israel: Bil 21:23

Ref. Silang FULL: Hak 11:22 - sungai Yordan · sungai Yordan: Bil 21:21-26; Ul 2:26; Ul 2:26

· sungai Yordan: Bil 21:21-26; Ul 2:26; [Lihat FULL. Ul 2:26]

Ref. Silang FULL: Hak 11:24 - oleh Kamos // bagi kami · oleh Kamos: Bil 21:29; Bil 21:29; Yos 3:10; Yos 3:10 · bagi kami: Ul 2:36

· oleh Kamos: Bil 21:29; [Lihat FULL. Bil 21:29]; Yos 3:10; [Lihat FULL. Yos 3:10]

· bagi kami: Ul 2:36

Ref. Silang FULL: Hak 11:25 - bin Zipor // melawan mereka · bin Zipor: Bil 22:2 · melawan mereka: Yos 24:9; Yos 24:9

· bin Zipor: Bil 22:2

· melawan mereka: Yos 24:9; [Lihat FULL. Yos 24:9]

Ref. Silang FULL: Hak 11:26 - Israel diam // di Aroer · Israel diam: Bil 21:25 · di Aroer: Bil 32:34; Bil 32:34; Yos 13:9; Yos 13:9

· Israel diam: Bil 21:25

· di Aroer: Bil 32:34; [Lihat FULL. Bil 32:34]; Yos 13:9; [Lihat FULL. Yos 13:9]

Ref. Silang FULL: Hak 11:27 - Tuhan, Hakim // menjadi hakim // bani Amon · Tuhan, Hakim: Kej 18:25; Kej 18:25 · menjadi hakim: Kej 16:5; Kej 16:5 · bani Amon: 2Taw 20:12

· Tuhan, Hakim: Kej 18:25; [Lihat FULL. Kej 18:25]

· menjadi hakim: Kej 16:5; [Lihat FULL. Kej 16:5]

· bani Amon: 2Taw 20:12

Ref. Silang FULL: Hak 11:29 - Lalu Roh // melalui Mizpa // bani Amon · Lalu Roh: Hak 3:10; Hak 3:10 · melalui Mizpa: Kej 31:49; Kej 31:49 · bani Amon: Hak 10:17; Hak 10:17

· Lalu Roh: Hak 3:10; [Lihat FULL. Hak 3:10]

· melalui Mizpa: Kej 31:49; [Lihat FULL. Kej 31:49]

· bani Amon: Hak 10:17; [Lihat FULL. Hak 10:17]

Ref. Silang FULL: Hak 11:30 - Lalu bernazarlah // sungguh-sungguh menyerahkan · Lalu bernazarlah: Kej 28:20; Kej 28:20; Bil 30:10; 1Sam 1:11; Ams 31:2 · sungguh-sungguh menyerahkan: Kej 28:21

· Lalu bernazarlah: Kej 28:20; [Lihat FULL. Kej 28:20]; Bil 30:10; 1Sam 1:11; Ams 31:2

· sungguh-sungguh menyerahkan: Kej 28:21

Ref. Silang FULL: Hak 11:31 - korban bakaran · korban bakaran: Kej 8:20; Kej 8:20; Im 1:3; Hak 13:16

· korban bakaran: Kej 8:20; [Lihat FULL. Kej 8:20]; Im 1:3; Hak 13:16

Ref. Silang FULL: Hak 11:33 - dekat Minit · dekat Minit: Yeh 27:17

· dekat Minit: Yeh 27:17

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Hak 11:1-3 - Pengangkatan Yefta Pasal ini menceritakan tentang riwayat Yefta, seorang hakim lain dari hakim-...

Matthew Henry: Hak 11:4-11 - Pengangkatan Yefta Pengangkatan Yefta (11:4-11) ...

Matthew Henry: Hak 11:12-28 - Perang Melawan Bani Amon Perang Melawan Bani Amon (11:12-28) ...

Matthew Henry: Hak 11:29-40 - Nazar Yefta Nazar Yefta (11:29-40) ...

SH: Hak 11:1-28 - Kepribadian. (Sabtu, 18 Oktober 1997) Kepribadian. Kepribadian. Allah mengubah kepribadian Yefta dari golongan terbuang, perampok, petualang...

SH: Hak 11:1-28 - Libatkan Allah (Sabtu, 24 Mei 2008) Libatkan Allah Judul: Libatkan Allah Ketika Malaysia mengklaim pulau Anbalat sebagai bagian dari wilay...

SH: Hak 11:1-11 - Jangan salahkan masa lalu (Senin, 9 September 2013) Jangan salahkan masa lalu Judul: Jangan salahkan masa lalu Yefta, seorang prajurit yang gagah berani, ...

SH: Hak 11:1-11 - Merespons Panggilan Tuhan (Kamis, 30 Juli 2020) Merespons Panggilan Tuhan Ketika membaca kisah tentang Abimelekh, kita akan melihat kisah seorang anak dari Gideo...

SH: Hak 11:12-28 - Selesaikan konflik dengan dialog (Selasa, 10 September 2013) Selesaikan konflik dengan dialog Judul: Selesaikan konflik dengan dialog Kata strategi berasal dari ba...

SH: Hak 11:12-28 - Batasan (Jumat, 31 Juli 2020) Batasan Pernahkah kita terlibat dalam sebuah percakapan yang bertujuan untuk cari tahu tentang urusan orang lain?...

SH: Hak 11:29-40 - Prajurit Tuhan yang perkasa (Minggu, 19 Oktober 1997) Prajurit Tuhan yang perkasa Prajurit Tuhan yang perkasa Biasanya orang yang telah dirubah Tuhan memili...

SH: Hak 11:29-40 - Jangan sembarangan bernazar (Minggu, 25 Mei 2008) Jangan sembarangan bernazar Judul: Jangan sembarangan bernazar Nama Yefta disebut juga di dalam Kitab ...

SH: Hak 11:29-40 - Kesalahan yang tidak perlu (Rabu, 11 September 2013) Kesalahan yang tidak perlu Judul: Kesalahan yang tidak perlu Di bagian awal perikop ini, dinyatakan ba...

SH: Hak 11:29-40 - Janji bagi Tuhan (Selasa, 11 Agustus 2020) Janji bagi Tuhan Nazar adalah janji pada diri sendiri hendak berbuat sesuatu jika maksud tercapai. Biasanya, naza...

Topik Teologia: Hak 11:29 - -- Roh Kudus Roh Yahweh Hak 3:10 ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak Diketahui Tema : Kemurtadan dan Pembebasan Tanggal Pen...

Full Life: Hakim-hakim (Garis Besar) Garis Besar I. Ketidaktaatan dan Kemurtadan Israel Diperkenalkan (...

Matthew Henry: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) Kitab ini dalam bahasa Ibrani disebut Syefer Syoftim, yaitu Kitab ...

Ende: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) HAKIM-HAKIM PENDAHULUAN Kitab “Hakim2” mendapat namanja dari tokoh2 jang memainkan peranan utama dalam kisah...

TFTWMS: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) LAWANLAH AJAKAN DUNIA HAL APAKAH YANG TELAH HILANG? (HAKIM-HAKIM 10; 1...

TFTWMS: Hakim-hakim (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 John L. Kachelman, Jr., in Studies in Judges (Abilene, Tex.: Quality Publications, 1985...

BIS: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) HAKIM-HAKIM PENGANTAR Buku Hakim-hakim berisi kisah-kisah dari suatu zaman dalam sejarah Israel sebelum bangsa...

Ajaran: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan melihat isi kitab Hakim-hakim setiap anggota jemaat mengerti akan kebesaran kasih Allah dalam me...

Intisari: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) Lingkaran Dosa HAKIM-HAKIMHakim-hakim merupakan kitab yang penting karena memberikan gambaran mengenai hubungan antara Yo...

Garis Besar Intisari: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) [1] PENDUDUKAN KANAAN Hak 1:1-2:5...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #02: Coba gunakan wildcards "*" atau "?" untuk hasil pencarian yang leb?h bai*. [SEMUA]
dibuat dalam 0.44 detik
dipersembahkan oleh YLSA