Teks -- Galatia 2:1-14 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Gal 2:5 - SESAATPUN KAMI TIDAK MAU MUNDUR DAN TUNDUK KEPADA MEREKA.
Nas : Gal 2:5
Paulus bersikap toleran dan sabar terhadap banyak hal (bd.
1Kor 13:4-7), tetapi tegar dalam hal "kebenaran Injil". Penyataan yang
dit...
Nas : Gal 2:5
Paulus bersikap toleran dan sabar terhadap banyak hal (bd. 1Kor 13:4-7), tetapi tegar dalam hal "kebenaran Injil". Penyataan yang diterimanya dari Kristus (Gal 1:12) adalah satu-satunya Injil yang memiliki kuasa untuk menyelamatkan semua orang yang percaya (Rom 1:16). Paulus memahami bahwa Injil ini sama sekali tidak boleh berkompromi demi kedamaian, kesatuan atau pendapat mutakhir. Kemuliaan Kristus dan keselamatan orang yang terhilang itu dipertaruhkan. Dewasa ini, kalau kita meniadakan satu bagian dari Injil menurut penyataan PB, kita mulai merusakkan satu-satunya amanat yang menyelamatkan kita dari kebinasaan abadi (bd. Mat 18:6).
Full Life: Gal 2:6 - ALLAH TIDAK MEMANDANG MUKA.
Nas : Gal 2:6
Allah tidak pernah pilih kasih terhadap orang berdasarkan keturunan,
reputasi, kedudukan atau prestasinya (bd. Im 19:15; Ul 10:17;
Ay...
Nas : Gal 2:6
Allah tidak pernah pilih kasih terhadap orang berdasarkan keturunan, reputasi, kedudukan atau prestasinya (bd. Im 19:15; Ul 10:17; Ayub 34:19; Kis 10:34; Ef 6:9).
- 1) Allah melihat dan menilai hati, yaitu bagian batin seorang, dan Ia
menyenangi mereka yang hatinya sungguh-sungguh berpaling kepada-Nya
dalam kasih, iman, dan kekudusan (bd. 1Sam 16:7; Mat 23:28;
Luk 16:15; Yoh 7:24; 2Kor 10:7;
lihat cat. --> 1Kor 13:1).
[atau ref. 1Kor 13:1]
- 2) Demikianlah, Allah tidak lebih memperhatikan kasih, persekutuan, dan doa orang yang terpelajar daripada yang tidak terpelajar, yang kaya lebih daripada yang miskin, yang berkuasa daripada yang lemah; prinsip abadi Allah ialah bahwa Dia menerima "setiap orang dari bangsa manapun yang takut akan Dia dan yang mengamalkan kebenaran" (Kis 10:35).
Full Life: Gal 2:10 - MENGINGAT ORANG-ORANG MISKIN.
Nas : Gal 2:10
Tema yang disebut berkali-kali dalam Alkitab adalah pentingnya
menolong orang miskin (Kel 23:10-11; Ul 15:7-11; Yer 22:16; Am 2:6-7;...
Nas : Gal 2:10
Tema yang disebut berkali-kali dalam Alkitab adalah pentingnya menolong orang miskin (Kel 23:10-11; Ul 15:7-11; Yer 22:16; Am 2:6-7; Mat 6:2-4; Yoh 13:29). Di sekitar kita senantiasa akan ada orang yang memerlukan bantuan. Orang miskin, khususnya "kawan-kawan kita seiman" (Gal 6:10) memerlukan bantuan jasmaniah dan doa kita
(lihat art. PEMELIHARAAN ORANG MISKIN DAN MELARAT).
Full Life: Gal 2:11 - AKU BERTERANG-TERANG MENENTANGNYA.
Nas : Gal 2:11
Siapa pun gembala atau pimpinan rohani yang bersalah atau munafik
(ayat Gal 2:13) harus dilawan dan ditegur (bd. 1Tim 5:20). Ini
har...
Nas : Gal 2:11
Siapa pun gembala atau pimpinan rohani yang bersalah atau munafik (ayat Gal 2:13) harus dilawan dan ditegur (bd. 1Tim 5:20). Ini harus dilakukan tanpa pilih kasih; bahkan orang yang terkemuka seperti rasul Petrus, yang dipakai Tuhan dengan luar biasa, memerlukan teguran membangun (ayat Gal 2:11-17; bd. 1Tim 5:20-21). Alkitab menunjukkan bahwa Petrus menyadari kesalahannya dan menerima teguran Paulus dengan rendah hati dan sikap menyesal. Kemudian hari, ia menyebut Paulus "saudara kita yang kekasih" (2Pet 3:15).
Full Life: Gal 2:12 - TAKUT AKAN SAUDARA-SAUDARA YANG BERSUNAT.
Nas : Gal 2:12
"Saudara-saudara yang bersunat" adalah orang Kristen Yahudi,
khususnya dalam jemaat di Yerusalem, yang percaya bahwa tanda sunat dar...
Nas : Gal 2:12
"Saudara-saudara yang bersunat" adalah orang Kristen Yahudi, khususnya dalam jemaat di Yerusalem, yang percaya bahwa tanda sunat dari PL masih diperlukan untuk semua orang percaya dari perjanjian yang baru. Mereka juga mengajar bahwa orang Kristen Yahudi tidak boleh makan bersama-sama dengan orang percaya bukan Yahudi yang tidak mengikuti kebiasaan dan peraturan makanan orang Yahudi. Walaupun Petrus mengetahui bahwa Allah menerima orang percaya bukan Yahudi tanpa sikap memihak (Kis 10:34-35), dia menyangkal keyakinannya sendiri karena takut kecaman dan kemungkinan kehilangan kekuasaan di gereja Yerusalem. Pengunduran dirinya dari meja persekutuan dengan orang Kristen bukan Yahudi mendukung kesalahpahaman bahwa ada dua tubuh Kristus -- Yahudi dan bukan Yahudi.
BIS -> Gal 2:10
justru senang: atau telah sungguh-sungguh.
Jerusalem: Gal 2:1 - empat belas tahun Terhitung mulai dengan pertobatan Paulus atau mulai dengan perjumpaannya yang terakhir dengan Petrus. Boleh jadi jangka waktu tiga tahun (Gal 1:18) da...
Terhitung mulai dengan pertobatan Paulus atau mulai dengan perjumpaannya yang terakhir dengan Petrus. Boleh jadi jangka waktu tiga tahun (Gal 1:18) dan empat belas tahun (Gal 2:1) sebenarnya hanya dua setengah dan tiga belas setengah tahun. Sebab menurut kebiasaan orang dahulu seluruh tahun-tahun turut diperhitungkan, meskipun hampir-hampir berakhir atau baru mulai.
Jerusalem: Gal 2:2 - -- Paulus tentu saja tidak menyangsikan kebenaran Injilnya. Tetapi dalam mendirikan jemaat-jemaatnya, ia tidak mau memutuskan hubungan dengan jemaat indu...
Paulus tentu saja tidak menyangsikan kebenaran Injilnya. Tetapi dalam mendirikan jemaat-jemaatnya, ia tidak mau memutuskan hubungan dengan jemaat induk di Yerusalem. Itulah sebabnya maka pengumpulan uang guna orang-orang miskin di Yerusalem dianggap sangat penting, bdk 1Ko 16:1+; lihat juga Gal 2:10.
Jerusalem: Gal 2:3 - tidak dipaksa untuk menyunatkan dirinya Sehubungan dengan Timotius yang mempunyai ibu Yahudi, sikap Paulus lebih lunak, Kis 16:3; bdk 1Ko 9:20.
Ialah keduabelas rasul
Sesuatu yang lain dari Injil Paulus, Gal 2:2.
Jerusalem: Gal 2:9 - Yakobus, Kefas dan Yohanes Var: Yakobus, Petrus dan Yohanes. Var lain: Yakobus dan Yohanes
Var: Yakobus, Petrus dan Yohanes. Var lain: Yakobus dan Yohanes
Jerusalem: Gal 2:9 - supaya kami pergi ... dan mereka ... pembagian ini lebih bersifat pembagian wilayah kerja dari pada pembagian bangsa-bangsa. "Orang-orang yang bersunat" terutama orang-orang Yahudi di dae...
pembagian ini lebih bersifat pembagian wilayah kerja dari pada pembagian bangsa-bangsa. "Orang-orang yang bersunat" terutama orang-orang Yahudi di daerah Palestina. Sebab Paulus sendiri selalu lebih dahulu menghadapi orang Yahudi untuk mewartakan Injil kepada mereka, Kis 13:5+.
Jerusalem: Gal 2:11 - sebab ia salah Pada dirinya kelakuan Petrus itu dapat dibenarkan. Paulus sendiri ada kalanya berlaku demikian juga, Kis 16:3; 21:26; 1Ko 8:13; Rom 14:21; bdk 1Ko 9:2...
Pada dirinya kelakuan Petrus itu dapat dibenarkan. Paulus sendiri ada kalanya berlaku demikian juga, Kis 16:3; 21:26; 1Ko 8:13; Rom 14:21; bdk 1Ko 9:20. Hanya dalam situasi di Antiokhia itu ada kesan seolah-olah hanya orang-orang Yahudi yang menepati hukum Taurat sajalah orang Kristen sejati. Dan kelakuan Petrus dalam situasi itu dapat mengakibatkan munculnya dua jemaat terpisah, bahkan juga dalam perayaan perjamuan Ekaristi. Terlebih kelakuan Petrus itu "menyembunyikan" pendapatnya yang sebenarnya, Gal 2:13, pada hal semestinya dinyatakan dengan terus terang.
Jerusalem: Gal 2:12 - saudara-saudara yang tidak bersunat Harafiah: bangsa-bangsa lain; yaitu orang-orang Kristen bekas kafir, bdk Gal 2:14
Harafiah: bangsa-bangsa lain; yaitu orang-orang Kristen bekas kafir, bdk Gal 2:14
Jerusalem: Gal 2:12 - saudara-saudara yang bersunat Harafiah: dari yang bersunat. Maksudnya orang-orang Yahudi yang masuk Kristen. Mereka sama dengan "orang-orang Yahudi" dalam Gal 2:13.
Harafiah: dari yang bersunat. Maksudnya orang-orang Yahudi yang masuk Kristen. Mereka sama dengan "orang-orang Yahudi" dalam Gal 2:13.
Ende: Gal 2:1 - Empatbelas tahun Tidak terang apakah itu terhitung, dari ketika bertobatnja
atau kundjungannja ke Jerusalem jang diberitakan dalam Gal 1:18. Dan
dianggap, bahwa keperg...
Tidak terang apakah itu terhitung, dari ketika bertobatnja atau kundjungannja ke Jerusalem jang diberitakan dalam Gal 1:18. Dan dianggap, bahwa kepergian ini samalah dengan perdjalanan jang ditjeritakan dalam Kis 15:2-4.
Ende: Gal 2:2 - Jang dianggap berwenang jang oleh pengandjur-pengandjur Jahudi dinamakan
rasul sedjati dan resmi, dan memang merupakan putjuk pimpinan umat induk di
Jerusalem, jaitu Jakobus ...
jang oleh pengandjur-pengandjur Jahudi dinamakan rasul sedjati dan resmi, dan memang merupakan putjuk pimpinan umat induk di Jerusalem, jaitu Jakobus sebagai uskup Jerusalem, lagipun Petrus dan Joanes.
Ende: Gal 2:3 - -- "Berlari". Paulus gemar mengandjurkan kegiatan dalam agama dengan menggunakan
kiasan-kiasan dari dunia olah-raga. Menempuh djalan menudju kesempurnaan...
"Berlari". Paulus gemar mengandjurkan kegiatan dalam agama dengan menggunakan kiasan-kiasan dari dunia olah-raga. Menempuh djalan menudju kesempurnaan hidup dan hidup abadi dinamakan "berdjalan", kalau ditempuh dengan lebih giat dan bersemangat, digunakannja istilah "berlari" atau "berlumba".
Ende: Gal 2:4 - Saudara-saudara palsu jang bukan sadja adjaran dan andjuran-andjurannja
palsu, tetapi tidak djudjur djuga.
jang bukan sadja adjaran dan andjuran-andjurannja palsu, tetapi tidak djudjur djuga.
Ende: Gal 2:4 - Kebebasan kita kebebasan dari persunatan dan penganutan hukum Jahudi dengan
segala larangan dan ketentuan-ketentuannja jang pitjik dan tak berguna.
kebebasan dari persunatan dan penganutan hukum Jahudi dengan segala larangan dan ketentuan-ketentuannja jang pitjik dan tak berguna.
jaitu memaksa "anak-anak Allah" mendjadi hamba hukum Jahudi.
jang dimaksudkan disini, ialah "kebebasan dalam Kristus".
Ende: Gal 2:6 - Tidak mewadjibkan apa-apa jaitu tidak suatupun perubahan pada "Indjil"nja.
Ada jang menterdjemahkan: tidak menambahkan apa-apa.
jaitu tidak suatupun perubahan pada "Indjil"nja. Ada jang menterdjemahkan: tidak menambahkan apa-apa.
Ende: Gal 2:7-9 - Mengulurkan tangannja rela berdjabat tangan sebagai tanda persetudjuan dan
pengakuan, bahwa Paulus rasul sedjati, sederadjat dan seberwenang dengan
mereka.
Pembagian pekerd...
rela berdjabat tangan sebagai tanda persetudjuan dan pengakuan, bahwa Paulus rasul sedjati, sederadjat dan seberwenang dengan mereka.
Pembagian pekerdjaan kerasulan jang ditentukan dalam Gal 2:9, bukan dimaksudkan sebagai mutlak. Disegala tempat Paulus pertama-tama pergi mengadjar didalam sinagoga-sinagoga, dan baik Petrus, maupun rasul-rasul lain, selalu berusaha mempertobatkan orang-orang bukan Jahudi djuga. Buktinja jang djelas, ialah umat Roma.
Ende: Gal 2:10 - Kaum miskin Orang Galatia sudah tahu, siapa jang dimaksudkan, jaitu orang-orang
miskin didalam umat-induk di Jerusalem. Pendermaan itu terutama dianggap sebagai
t...
Orang Galatia sudah tahu, siapa jang dimaksudkan, jaitu orang-orang miskin didalam umat-induk di Jerusalem. Pendermaan itu terutama dianggap sebagai tanda persatuan antara sekalian umat dan chususnja dengan umat induk itu. Maksud itu sangat ditekankan Paulus dalam mengandjurkan pendermaan itu. Batjalah 2Ko 9:13-14.
Ende: Gal 2:11-14 - -- Peristiwa ini tentu sadja diadjukan Paulus, pertama-tama untuk membuktikan
bahwa Petrus, meskipun pernah bersikap mendua, namun sependapat dengannja.
...
Peristiwa ini tentu sadja diadjukan Paulus, pertama-tama untuk membuktikan bahwa Petrus, meskipun pernah bersikap mendua, namun sependapat dengannja. Ketjaman jang agak tadjam menjatakan kegelisahan dan kesungguhan Paulus, sebab takutnja, kalau-kalau teladan Petrus dan orang Jahudi lainnja, chususnja Barnabas, meragu-ragukan dan menggelisahkan umat-umat jang seperti Antiochia sebagian besar terdiri dari orang-orang bekas penjembah dewa-dewa. Sikap itu merusakkan djuga perasaan persaudaraan dan kesatuan umat.
Ende: Gal 2:11 - Kefas Demikian bunjinja nama djulukan dalam bahasa Aramea jang diberikan
Jesus kepada "Simon" (Mat 16:18), terdjemahannja dalam bahasa Junani
"Petros" atau ...
Demikian bunjinja nama djulukan dalam bahasa Aramea jang diberikan Jesus kepada "Simon" (Mat 16:18), terdjemahannja dalam bahasa Junani "Petros" atau "Petra" (batu).
Ende: Gal 2:12 - Dari lingkungan Jakobus Aslinja "dari Jakobus", tetapi itu tidak berarti,
bahwa mereka dikirim oleh Jakobus. Itu sudah bertentangan dengan sikap Jakobus
dalam Kis 15:24. Mere...
Aslinja "dari Jakobus", tetapi itu tidak berarti, bahwa mereka dikirim oleh Jakobus. Itu sudah bertentangan dengan sikap Jakobus dalam Kis 15:24. Mereka adalah anggota umat Jerusalem jang dipimpin oleh Jakobus, dan dalam umat itu masih banjak orang segan melepaskan diri dari hukum dan adat-istiadat Jahudi.
Ende: Gal 2:12 - Makan semedja Bagi orang Jahudi terlarang keras makan bersama dengan orang-orang
takbersunat, sebab orang ini sendiri dan makanan mereka dianggap
"nadjis".
Bagi orang Jahudi terlarang keras makan bersama dengan orang-orang takbersunat, sebab orang ini sendiri dan makanan mereka dianggap "nadjis".
Ende: Gal 2:12 - Sebab takut Tentu sadja bukan sebab ia takut dihardik, melainkan sebab ia
tidak mau menjinggung perasaan pendatang-pendatang itu.
Tentu sadja bukan sebab ia takut dihardik, melainkan sebab ia tidak mau menjinggung perasaan pendatang-pendatang itu.
Ende: Gal 2:14 - Terhadap kebenaran Indjil Segi kebenaran jang dimaksudkan disini diuraikan
dalam fasal berikut.
Segi kebenaran jang dimaksudkan disini diuraikan dalam fasal berikut.
Ende: Gal 2:14 - Bangsa-bangsa penjembah dewa-dewa Kami mengelakkan pemakaian kata "kafir"
(kufur) sebab mengandung tjorak penghinaan dalam pemakaian umum. Bunjinja
terlalu kasar dalam mulut Paulus jan...
Kami mengelakkan pemakaian kata "kafir" (kufur) sebab mengandung tjorak penghinaan dalam pemakaian umum. Bunjinja terlalu kasar dalam mulut Paulus jang tentu hormat terhadap bangsa-bangsa jang diserahkan pertobatannja kepadanja, dan anggota-anggota umat-umat jang bekas penjembah dewa-dewa itu.
Ref. Silang FULL: Gal 2:1 - ke Yerusalem // dengan Barnabas // dan Tituspun · ke Yerusalem: Kis 15:2
· dengan Barnabas: Kis 4:36; Kis 4:36
· dan Tituspun: 2Kor 2:13; 2Kor 2:13
Ref. Silang FULL: Gal 2:2 - suatu penyataan // bukan Yahudi // aku berusaha · suatu penyataan: 1Kor 2:10; 1Kor 2:10
· bukan Yahudi: Kis 15:4,12
· aku berusaha: 1Kor 9:24; 1Kor 9:24
· suatu penyataan: 1Kor 2:10; [Lihat FULL. 1Kor 2:10]
· bukan Yahudi: Kis 15:4,12
Ref. Silang FULL: Gal 2:3 - kendatipun Titus // seorang Yunani · kendatipun Titus: Gal 2:1; 2Kor 2:13; 2Kor 2:13
· seorang Yunani: Kis 16:3; 1Kor 9:21
Ref. Silang FULL: Gal 2:4 - saudara-saudara palsu // yang menyelundup // menghadang kebebasan · saudara-saudara palsu: Kis 1:16; Kis 1:16; 2Kor 11:26
· yang menyelundup: Yud 1:4
· menghadang kebebasan: Gal 5:1,13
· saudara-saudara palsu: Kis 1:16; [Lihat FULL. Kis 1:16]; 2Kor 11:26
· yang menyelundup: Yud 1:4
· menghadang kebebasan: Gal 5:1,13
Ref. Silang FULL: Gal 2:6 - dianggap terpandang // memandang muka // memaksakan sesuatu · dianggap terpandang: Gal 2:2
· memandang muka: Kis 10:34; Kis 10:34; Wahy 2:23; Wahy 2:23
· memaksakan sesuatu: 1Kor 15:11
Ref. Silang FULL: Gal 2:7 - telah dipercayakan // tak bersunat // kepada Petrus · telah dipercayakan: 1Tes 2:4; 1Tim 1:11
· tak bersunat: Kis 9:15; Kis 9:15
· kepada Petrus: Gal 2:9,11,14
· telah dipercayakan: 1Tes 2:4; 1Tim 1:11
· tak bersunat: Kis 9:15; [Lihat FULL. Kis 9:15]
· kepada Petrus: Gal 2:9,11,14
Ref. Silang FULL: Gal 2:8 - menjadi rasul // kekuatan kepadaku · menjadi rasul: Kis 1:25
· kekuatan kepadaku: 1Kor 1:1; 1Kor 1:1
Ref. Silang FULL: Gal 2:9 - dianugerahkan kepadaku // maka Yakobus // Kefas // sebagai sokoguru // dengan Barnabas // tidak bersunat · dianugerahkan kepadaku: Rom 12:3; Rom 12:3
· maka Yakobus: Kis 15:13; Kis 15:13
· Kefas: Gal 2:7,11,14
· sebagai sokogur...
Ref. Silang FULL: Gal 2:11 - waktu Kefas // ke Antiokhia · waktu Kefas: Gal 2:7,9,14
· ke Antiokhia: Kis 11:19; Kis 11:19
· waktu Kefas: Gal 2:7,9,14
Ref. Silang FULL: Gal 2:12 - kalangan Yakobus // tidak bersunat // yang bersunat · kalangan Yakobus: Kis 15:13; Kis 15:13
· tidak bersunat: Kis 11:3
· yang bersunat: Kis 10:45; 11:2
· kalangan Yakobus: Kis 15:13; [Lihat FULL. Kis 15:13]
· tidak bersunat: Kis 11:3
· yang bersunat: Kis 10:45; 11:2
Ref. Silang FULL: Gal 2:14 - kebenaran Injil // kepada Kefas // secara Yahudi // secara Yahudi · kebenaran Injil: Gal 2:5
· kepada Kefas: Gal 2:7,9,11
· secara Yahudi: Kis 10:28
· secara Yahudi: Gal 2:12
· kebenaran Injil: Gal 2:5
· kepada Kefas: Gal 2:7,9,11
· secara Yahudi: Kis 10:28
· secara Yahudi: Gal 2:12